Cari Blog Ini

Rabu, Januari 25, 2012

Untuk Daftar Sertifikasi, LPMP Temukan Ratusan Ijazah Palsu


1 ) Persiapan SNMPTN-Jalur Undangan Prioritas Prodi Sepi Peminat  

Wednesday, 25 January 2012
JAKARTA – Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) memprioritaskan jalur undangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) khusus untuk program studi yang tidak populer atau sepi peminat. Wakil Rektor IPB Yonny Kusmaryono mengatakan,porsi untuk jalur undangan di SNMPTN yang ditetapkan pemerintah minimal 60% dan jalur tertulis 40%. Dari 60% itu,80% calon mahasiswa yang diundang merupakan calon untuk program studi sepi peminat, seperti pertanian, perikanan, dan peternakan.Menurut dia,minat masuk pertanian semakin menurun karena generasi muda memandang pertanian sebagai ilmu yang tidak menjanjikan kesejahteraan...cut...Program studi yang tidak populer ini, jelasnya, perlu dipertahankan, sebab sangat bermanfaat bagi negara.Pertanian misalnya, perlu ada lulusan yang kompeten di bidangnya karena jika hanya mengandalkan kemampuan petani yang sifatnya hanya subsistem, maka hasil yang diproduksi hanya cukup untuk menafkahi keluarganya dan bukan untuk 200 juta warga Indonesia. 

...dst

2 ) Digodok Aturan SPP Tunggal PTN

Rabu, 25 Januari 2012 , 08:48:00
JAKARTA - Para calon mahasiswa baru tetap harus merogoh kocek dalam-dalam setiap mendaftar ke kampus idamannya. Sebab, hingga saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum memiliki aturan baku untuk penetapan biaya kuliah. Penetapan besaran biaya kuliah, diberikan seluas-luasnya kepada kampus. Wakil Mendikbud bidang Pendidikan Musliar Kasim kemarin (24/1) menjelaskan, aturan untuk membuat rambu-rambu penetapan besaran biaya kuliah, termasuk SPP, memang belum ada. "Tetapi rencana ke arah situ sudah ada. Sedang digodok Dikti (Ditjen Pendidikan Tinggi, Red)," ujar Musliar. Meski belum ada aturan atau rambu-rambu menetapkan biaya kuliah, mantan rektor Universitas Andalas (Unand), Padang ini mengatakan, tahun ini belum muncul indikasi kampus negeri menaikkan besaran SPP. Pengalaman terakhir mempimpin Unand, Musliar menetapkan besaran SPP untuk program IPS Rp 750 ribu per semester dan  SPP program IPA Rp 1.050.000 per semester.

...dst

3 ) IPB: Yang Diterima Hanya yang Lulus UN

Selasa, 24 Januari 2012 | 16:07 WIB
JAKARTA,  - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB) Yoni Koesmaryono mengatakan, IPB akan menggunakan hasil Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu syarat masuk di universitas tersebut. Menurutnya, hal ini untuk menepis kekhawatiran bahwa nilai rapor siswa tidak kompatibel. Terutama, bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan. Seperti diketahui, untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) para calon mahasiswa sebelumnya harus lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Adapun, seleksi nasional itu dibagi dalam dua jalur, yaitu jalur undangan dan jalur ujian tertulis.

...dst

4 ) UGM Siapkan Jalur Undangan dan Tertulis

25 Januari 2012
YOGYAKARTA-Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun ini membuka kesempatan 3.343 kursi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Pendaftaran mulai dibuka pada 1 Februari hingga 8 Maret. Calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur undangan ini diharuskan mengisi formulir Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA), dan dikumpulkan 12 Maret. Hasil seleksi akan diumumkan pada 25 Mei. Direktur Administrasi Akademik UGM Dr Ir Budi Prasetyo mengatakan, tahun ini UGM tidak mengadakan seleksi mandiri. Tes masuk hanya dilakukan melalui dua jalur, yakni undangan dan ujian tertulis. "Pada 2012 ini, UGM menyiapkan daya tampung sekitar 7.000 kursi untuk 65 program studi. Proporsi kuota ujian tertulis dan jalur undangan bervariasi tiap prodi, kisaran perbandingannya antara 20-75," jelas Budi, Selasa (24/1).

...dst

5 ) 20 PTN Gunakan Cash Management Bank Mandiri

01/24/2012 
Jakarta – Bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan panitia SNMPTN pada tahun 2012 ini merupakan kali ke lima bagi Bank Mandiri. Bahkan dua tahun terakhir telah terkoneksi dari Bank Mandiri ke sistem SNMPTN. "Sistem terus kami perbaiki setiap tahunnya," ujar Direktur Institutional Banking Bank Mandiri, Abdul Rachman, saat bertemu wartawan di kantor Kemdikbud, Kamis (19/01). Untuk pembayaran pendaftaran, Bank Mandiri telah menyiapkan 8996 ATM, dan fasilitas internet banking serta sms banking. "Kita melihat semua anak-anak itu kan melek internet, ngapain mesti antri?" ujarnya.

...dst

6 ) Jalur Mandiri Masuk PTN Dicurigai Elitis

Selasa, 24 Januari 2012 , 23:03:00
JAKARTA—Upaya beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur undangan atau jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru,justru dinilai sebagai bentuk kebijakan diskriminasi. Jalur mandiri dianggap lebih memihak pada kalangan elit. Pengamat pendidikan, Dharmanintyas mengungkapkan, semakin besar dibukanya jalur undangan maupun mandiri, menandakan sebuah kemunduran bagi akses masyarakat ke pendidikan tinggi."Ini kemunduran dari sisi akses masyarakat, perekrutan dari jalur non tulis kontrolnya lemah. Potensi untuk merekrut yang punya kemampuan ekonomi tinggi lebih terbuka di jalur undangan, maupun mandiri," kata Dharmaningtyas saat dihubungi di Jakarta, Selasa (24/1).

...dst

7 ) Percetakan Naskah UN Mulai Ditenderkan

25 Januari 2012
JAKARTA-Saat ini sudah ada 300 proposal percetakan yang ikut serta dalam proses tender naskah Ujian Nasional (UN). Dari jumlah tersebut, hanya akan terpilih enam perusahaan percetakan yang memiliki hak untuk mencetak naskah UN 2012. Proses tender ditargetkan selesai pertengahan Februari 2012. "Saat ini sudah 300 proposal yang masuk ke kementerian. Nanti kami hanya pilih enam perusahaan yang sesuai dengan syarat dan kriteria pemerintah, karena kami hanya akan membuka enam zona percetakan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Chairil Anwar Notodiputro, di Jakarta, baru-baru ini.

...dst

8 ) Format kelulusan UN tidak ada perubahan

Rabu, 25 Januari 2012 07:26 WIB 
Gorontalo  - Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi Gorontalo, Weni Liputo, Rabu, menyatakan bahwa format kelulusan ujian nasional tetap seperti tahun 2011 lalu. "Komponen penilaian lulus UN sama seperti tahun lalu, 40 persen dari akumulasi rata-rata nilai ujian sekolah dan 60 persen dari nilai UN," ungkapnya. Secara rinci, lanjutnya, untuk dinyatakan lulus setiap siswa harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Juga memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, olahraga, jasmani dan kesehatan."Selain itu siswa harus lulus ujian nasional," katanya.

...dst

9 ) Reaksi IKJ atas 'Xenia Maut' Terlalu Ekstrim

Selasa, 24 Januari 2012 18:06 wib
JAKARTA - Pihak keamanan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menginstruksikan segenap civitas academica IKJ mencopot semua atribut IKJ pada kendaraannya, terutama bagi mereka yang sering melintasi kawasan Tugu Tani. Instruksi ini beredar setelah tabrakan maut di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, diketahui melibatkan alumnus IKJ. Si alumnus merupakan pengendara Daihatsu Xenia bernomor polisi B 2479 XI yang menabrak belasan pejalan kaki. Meski merupakan langkah pencegahan dari kekhawatiran amuk massa, Psikolog dari Mabes Polri Arif Nurcahyo menilai, aksi ini terlalu ekstrim. Pasalnya, Afriani bertanggung jawab penuh atas tindakan kriminal yang dilakukannya. Hal ini, kata Nurcahyo, tidak ada hubungannya dengan IKJ sebagai almamaternya. 

...dst

10 ) 'Rojo Segoro' ITS Berlayar ke Irlandia

Selasa, 24 Januari 2012 18:38 wib
SURABAYA - Kapal 'Rojo Segoro' buatan Tim Maritime Challenge (MC) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) telah siap mengikuti 'Atlantic Challenge International 2012' di Bantry, Irlandia pada 21-31 Juli 2012 mendatang. Kapal Rojo Segoro ini merupakan kapal ketiga yang dibuat oleh tim tersebut. Menurut Pembina Tim ITS MC Daniel M Rosyid, lomba di Irlandia itu merupakan kali keenam yang diikuti ITS sejak 2002 lalu. Rojo Segoro merupakan kapal ketiga yang diberangkatkan sejak 2002 lalu. Sedangkan generasi pertama adalah Kapal Merdeka I dan yang kedua adalah Kapal Merdeka II. Tim MC ITS ini merupakan satu-satunya wakil dari Asia Pasifik yang sudah mengikuti ajang Bahari International sejak 2002. Pada tahun itu, Tim MC ITS menggunakan Kapal Merdeka I untuk berlaga pada Atlantic Challenge di AS dengan meraih penghargaan sebagai kapal tercantik dan tropi Spirit Challenge sebagai tim yang sportif dan memiliki spirit.

...dst

11 ) Rayon I Jateng Siap Ikuti Peksimida

25 Januari 2012
SEMARANG-Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Rayon I Jateng siap menurunkan tim pada Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida). Untuk persiapan itu, mereka akan menggelar rapat kerja di Le Beringin Hotel Salatiga, 27-28 Januari. Hal itu diungkapkan Ketua Rayon I Jateng, Iswoyo SPt MP, kemarin. Menurutnya, kegiatan akan diikuti 82 perguruan tinggi. Selain membahas persiapan menghadapi Peksimida, evaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2011 dan penyusunan program kerja Rayon I tahun 2012. Kegiatan akan dibuka Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng, Prof Drs Mustafid MEng PhD. ''Pembicara dari Dinas Pendidikan Jateng dan dari IAIN Walisongo,'' ujarnya. Pendaftaran ditutup 25 Januari di kampus Universitas Semarang (USM) Jl Soekarno-Hatta telepon 6702757 faksimile 6702272 atau Hp 081326357910. (B18-75)

....dst

12 ) Cari Presiden yang Ideal, UII Buat panggung Akademik Politik Bagi Capres

Selasa, 24 Januari 2012 23:17 WIB
 YOGYAKARTA -- Menjelang Pemilu 2014, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta berencana membuat panggung akademik politik bagi para tokoh negeri ini yang sudah, akan, atau digadang publik maupun partai politik untuk menjadi calon presiden. ''Gagasan itu bertujuan untuk mencari sosok presiden yang ideal, memiliki akseptabilitas dan kapasitas memadai, mempunyai pengalaman birokrasi yang baik, jujur, tegas, berani, cepat mengambil keputusan, dan tidak tersandera persoalan masa lalu," kata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia, bangsa ini perlu mencari pemimpin yang betul-betul negarawan, mengayomi semua kalangan, dan memiliki kemampuan prima. "Indonesia menghadapi persoalan besar yang belum selesai, meskipun sudah 67 tahun merdeka. Kemiskinan, pengangguran, korupsi, dan ketidakadilan masih menjadi persoalan besar negeri.

...dst

13 ) Butuh Insentif Pemerintah untuk Prodi Pertanian

Rabu, 25 Januari 2012 | 09:02 WIB
JAKARTA,  - Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB) Yoni Koesmaryono mengatakan, penyebab turunnya minat masyarakat pada program studi (prodi) pertanian dipicu oleh dua hal. Kedua faktor tersebut adalah, pertama, kurangnya insentif kebijakan dari pemerintah, dan kedua, harga produk pertanian yang belum memadai. Ia mengatakan, kurangnya insentif kebijakan yang diberikan pemerintah membuat pemerataan pembangunan pertanian menjadi sulit dilakukan. Hal itu, menurutnya, berdampak pada enggannya para ahli pertanian untuk terjun ke daerah-daerah yang seharusnya menjadi peta kekuatan membangun sektor pertanian.

...dst

14 ) Minat Prodi Pertanian Menurun

Selasa, 24 Januari 2012 | 18:06 WIB
JAKARTA,  - Minat siswa-siswi yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi untuk mengambil program studi (prodi) pertanian semakin menurun. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yoni Koesmaryono mengungkapkan, indikator terjadinya penurunan minat pada prodi tersebut dapat dilihat dari rasio penerimaan mahasiswa pertanian selain di IPB. "Silakan dilihat. Ada prodi yang kapasitasnya untuk 20 orang tapi peminatnya cuma lima," kata Yoni, di Jakarta, Selasa (24/1/2012). Menurutnya, sepinya minat siswa pada prodi pertanian harus menjadi perhatian. Sebab, kata Yoni, mustahil membangun peta pertanian di wilayah Indonesia yang luas tanpa para ahli di bidangnya. Oleh karena itu, sebagai institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada ilmu pertanian, IPB memfasilitasi para pelajar untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan.

...dst

15 ) Mantap, Unsyiah akan Luncurkan Rumah Tahan Gempa

Selasa, 24 Januari 2012 22:57 WIB
BANDA ACEH -- Tsunami Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh akan meluncurkan rumah tahan gempa berbahan busa. "Rumah tahan gempa ini akan dibangun di sejumlah kabupaten/kota di Aceh yang merupakan kawasan rawan gempa," kata Humas TDMRC Unsyiah Neubrina Riskia di Banda Aceh, Selasa. Hal itu disampaikan terkait akan diluncurkannya rumah riset tahan gempa oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal, Rabu (25/1) di halaman kantor TDMRC Unsyiah, Banda Aceh. Dijelaskannya, pembangunan rumah tahan gempa yang turut didukung MDF dan UNDP DRR-A telah diusulkan dan dibangun di sejumlah kawasan dengan bahan yang berbeda-beda. "Semua model rumah yang dibangun memiliki kelebihan dan kekurangan," katanya.

...dst

16 ) Rektor UI : Penggunaan Lahan Bekas Asrama Diketahui Menteri Keuangan

Selasa, 24 Januari 2012 16:02 WIB
 JAKARTA -- Hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terhadap proyek kerjasama antara Rektor Universitas Indonesia (UI)  dan PT NLL  terkait  alih fungsi lahan bekas asrama Pegangsaan Timur (PGT) di daerah Cikini, Jakarta Pusat, dianggap menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 41 miliar. Pasalnya, kerjasama itu dilakukan tanpa sepengetahuan Menteri Keuangan yang ditunjuk sebagai pengelola aset negara.  Namun, Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri membantahnya. Menurutnya, kerjasama itu diketahui oleh Menteri Keuangan.  "Saya kira tidak seperti itu faktanya," kata Gumilar kepada  Republika di kantornya, Selasa (24/1). Gumilar mengatakan, kerja sama itu bukanlah pelepasan aset tetapi penggunaan aset yang dilakukan oleh pihak swasta. Selain itu, kerjasama itu juga dilakukan dengan diketahui oleh Menteri Keuangan.

...dst

17 ) Mahasiswa Unsoed Ikut Diplomasi Simulasi Sidang PBB

Selasa, 24/01/2012 - 02:59
PURWOKERTO - Enam mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah mewakili Indonesia dalam kompetisi diplomasi simulasi sidang PBB di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Mereka salah satu dari 600 delegasi di dunia. Ke enam mahasiwa akan berperan sebagai satu tim perwakilan PBB untuk negara Uzbekistan. Dalam ajang yang didukung program Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan Nasional, enam mahasiswa Unsoed yang akan berkompetisi pada Februari 2012, masing-masing Arbi Wienandar (ketua delegasi), Shofri Darmawan, Hany Anggut, Ulfa Melissa Handoko Putri, Catur Haryati, dan Hana Kusuma Hayuningtyas. Mereka akan mewakili Uzbekistan dalam tiga bidang PBB yaitu WHO (World Health Organization), SOCHUM (Social, Humanitarian, and Cultural Committee), dan SPECPOL (Special Politicial and Decolonization Committee). 

...dst

18 ) UII siapkan alumni mampu ciptakan lapangan kerja

Selasa, 24 Januari 2012 23:26 WIB 
Yogyakarta   - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta berkomitmen tidak hanya menyiapkan alumni siap kerja tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja, kata Rektor perguruan tinggi swasta itu Edy Suandi Hamid. "Hal itu seiring dengan hasil kajian 2010 yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan sekitar delapan persen alumni Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi wirausahawan," katanya di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia, jika dilihat dari sisi program studi, jumlahnya akan semakin besar. Program Studi Teknik Lingkungan, misalnya, sekitar 28,6 persen alumninya menjadi wirausahawan, diikuti Program Studi Statistika (25 persen), dan Program Studi Manajemen (18,2 persen).

...dst

19 ) Tri Darma Perguruan Tinggi - UNY Latih Warga Tata Busana      

Wednesday, 25 January 2012
YOGYAKARTA – Jurusan Busana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan pelatihan usaha tata busana kepada warga Catur Tunggal,Depok, Sleman.Pelatihan selama delapan hari, yaitu Selasa (17/1) hingga Rabu (25/1) tersebut diikuti 12 ibu rumah tangga dari keluarga kurang mampu. Instruktur tata busana UNY Prapti Karomah mengatakan dalam pelatihan ini peserta tidak hanya diberikan materi, tapi juga praktik.Jadi setelah mengikuti kegiatan, mereka diharapkan dapat membuka lapangan kerja, khususnya dalam bidang tata busana. "Materi yang diberikan kepada peserta pelatihan di antaranya mengenai kewirausahaan dan jenis-jenis produksi tata busana, seperti busana santai, kerja, gamis, dan kebaya," kata dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana UNY ini. 

...dst

20 ) Marwah: Mahasiswa Harus Miliki Impian

Rabu, 25 Januari 2012 , 01:25:00
MAKASSAR - Impian seseorang sejak kecil yang terpatri dalam dirinya akan berpengaruh dalam kehidupannya. Sebab impian itu turut  membentuk karakternya demi meraih cita-cita yang diidamkan. Tanpa impian yang kuat, roda kehidupan seseorang akan biasa-biasa saja. Maka setiap dari kita, terutama mahasiswa memiliki impian yang dipupuk sejak awal masuk kuliah. Kekuatan mimpi ini disampaikan Penemu Metode Pelatihan Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD), Marwah Daud Ibrahim di depan sekira 600 mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi di Ruang Auditorium Amanagappa, Universitas Negeri Makassar (UNM), Selasa, 24 Januari.

....dst

21 ) Kemdikbud Akan Turunkan Tim

25 Januari 2012
JAKARTA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  akan menurunkan tim Inspektorat Jenderal Kemdikbud  ke sejumlah kabupaten/kota, yang  sampai sekarang belum menuntaskan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), triwulan keempat pada 2011. "Tim Itjen akan segera diturunkan ke daerah-daerah yang bermasaah itu. Semua sudah diatur," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud, Suyanto, di Jakarta, baru-baru ini. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya pengawasan serta kontrol terhadap proses penyaluran dana BOS. Tim tersebut nantinya memeriksa sekolah-sekolah atau kabupaten/kota yang masih memiliki "utang" dana BOS tahun kemarin.

...dst

22 ) Untuk Daftar Sertifikasi, LPMP Temukan Ratusan Ijazah Palsu

Selasa, 24/01/2012 - 16:53
BOGOR,  -Ratusan ijazah palsu marak beredar dan digunakan oleh sejumlah oknum guru untuk mendapatkan sertifikasi menjelang pelaksanaan sertifikasi yang digelar oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Bahkan, Rektor Universitas Pakuan, Bibin Rubini menemukan puluhan ijazah Universitas Pakuan palsu yang digunakan oleh oknum guru sebagai salah satu persyaratan sertifikasi. "Dugaan kami, ada ratusan ijazah palsu yang beredar, baik itu ijazah Universitas Pakuan maupun ijazah perguruan tinggi lain yang menyelenggarakan pendidikan keguruan. Ironisnya, semua terungkap setelah sampai ke LPMP, bukan ketika melengkapi berkas di tingkat sekolah atau dinas pendidikan," kata Bibin yang ditemui, Selasa (24/1). Hal ini dikhawatirkan akan membuat sejumlah pihak meragukan kemampuan para guru yang telah lolos sertifikasi. Lebih lanjut dikatakan Bibin, pihaknya menemukan ijazah palsu itu di wilayah Indramayu, Bogor, Sragen, Solo dan beberapa wilayah lain. "Kebetulan kami ikut menjadi asesor sehingga langsung ketahuan jika ijazahnya palsu.

...dst

23 ) 134.495 Blanko Ijazah Dibakar  

Wednesday, 25 January 2012
BANDUNG – Sebanyak 134.495 sisa blanko ijazah tahun pelajaran 2010/2011 dari berbagai tingkatan pendidikan di Jawa Barat dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Dinas Pendidikan (Disdik). Diharapkan dengan pemusnahan ini tidak terjadi praktik penyalahgunaan ijazah palsu. Sisa blanko ijazah yang dimusnahkan paling banyak berasal dari tingkat sekolah dasar (SD) 66.282 lembar, sekolah menengah pertama (SMP) 39.865 lembar,dan SMPLB 221 lembar. Di tingkat sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 11.974 lembar, SMALB 82 lembar, dan sekolah menengah kejuruan (SMK) 15.565 lembar. "Pemusnahan diberlakukan untuk ijazah yang rusak, gagal cetak, serta yang dikembalikan karena ada kesalahan dan sisa.

...dst

24 ) Rp7 Miliar untuk Beasiswa Gakin  

Wednesday, 25 January 2012
BANDUNG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung telah mengalokasikan Rp7 miliar untuk beasiswa bagi siswa sekolah menengah atas (SMA) dari keluarga miskin (gakin). Dana yang dialokasikan dalam APBD 2012 itu, setiap siswa gakin menerima beasiswa sebesar Rp1 juta pada tahun ajaran 2011/2012.Siswa penerima bantuan gakin sebanyak 7.550siswa. Kepala Dinas Pendidikandan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung Juhana mengatakan, tujuan beasiswa ini agar lulusan SMP/MTs dari keluarga kurang mampu, tetap bisa melanjutkan sekolah ke tingkat menengah. 

...dst

25 ) Jokowi Paparkan Esemka di DPR  

Wednesday, 25 January 2012
SOLO– Dukungan terhadap pengembangan mobil Esemka terus saja mengalir. Hari ini, Wali Kota Solo, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan menghadiri rapat dengar pendapat dan pemaparan rencana bisnis Mobil Esemka di Komisi VI DPR."Jam 10.00 WIB besok (hari ini) rapat dengar pendapat di Komisi VI. Undangan tertuju kepada wali kota Solo, tim Esemka dan Solo Technopark (STP)," ucap Jokowi, kemarin. Pada pemaparan di Komisi VI hari ini, Jokowi akan menekankan permintaan dukungan pemerintah pusat menuju produksi massal produk automotif ini.Adapun dukungan tersebut utamanya di jalur perakitan, jalur penyelesaian produk dan kontrol kualitas. 

...dst

26 ) Jerman Akan Buka 4 Pusat Studi Islam

Selasa, 24 Januari 2012 16:08 wib
JERMAN - Jerman berencana membangun empat pusat studi Islam terbaru. Salah satu pusat studi resmi dibuka pekan lalu, di University of Tübingen di Jerman Selatan. Semua pusat studi akan memulai kegiatan belajar mengajar, akhir tahun ini. Di Tübingen, ada 36 mahasiswa yang telah mendaftar di jurusan teologi Islam. Kegiatan kuliah dimulai pada musim dingin mendatang. Pusat studi Islam ini juga akan berlokasi di Münster University dan University of Osnabrück serta di Frankfurt University dan University of Giesse. Keduanya akan dibuka secara resmi akhir tahun ini. Sementara yang keempat, yang berlokasi di Erlangen dan Nuremberg, secara resmi akan mulai beroperasi pada semester musim dingin 2012/2013.

...dst

27 ) Pameran di Makassar, Indonesia Gandeng Jerman

Rabu, 25 Januari 2012 , 08:37:00
MAKASSAR - Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) dipilih menjadi lokasi pelaksanaan pemeran kerja sama Jerman dan Indonesia (Jerin). Rencananya, pameran ini akan dimulai 30 Januari hingga 2 Februari mendatang di gedung Mother and Child Center. Pameran ini dicanangkan Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Republik Federal Jerman. Pameran ini intens diselenggarakan BMZ Federal Jerman di sejumlah negara dengan tujuan mengembangkan kapasitas pembangunan infrastruktur antara kedua negara, tenaga kerja yang berkualitas, dan program simpan pinjam. Pameran akan dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis. 

...dst

28 ) RI dan Jerman bangun kemitraan strategis

Selasa, 24 Januari 2012 08:50 WIB
London  - Dubes RI di Jerman Dr. Eddy Pratomo mengatakan sudah saatnya Indonesia dan Jerman membangun kemitraan strategis.
Hal itu dinyatakan Dubes RI Dr. Eddy Pratomo di depan kalangan media massa di Jerman dalam acara "Indonesian Update" yang diselenggarakan KBRI Berlin, demikian Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake kepada ANTARA London,Selasa . "Indonesian Update" diadakan untuk media secara berkala setiap tahun, kali ini menawarkan format lain dengan mengundang insan pers berbicara mengenai pengalaman dan pandangan mereka mengenai hubungan kedua negara dari perspektif seorang jurnalis. 

...dst

29 ) Usaha Mikro akan Dibebaskan dari Pajak

Selasa, 24/01/2012 - 19:35
JAKARTA,  - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarifuddin mengatakan, saat ini pemerintah sedang menggodok pembebasan pajak bagi UKM dengan omzet di bawah Rp 300 juta. Pasalnya, menurut dia, UKM dengan omzet tersebut tergolong pengusaha mikro yang baru merintis usaha. "Pajak UKM belum final. Bulan depan finalisasi. Kebijakan ini bertujuan membantu menumbuhkan usahanya dan berlaku hingga dia kuat," katanya di Gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jln. Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (24/1/12). Dengan demikian, lanjutnya, pajak hanya akan diberlakukan untuk pengusaha dengan omzet mulai dari Rp 300 juta ke atas. Rentang pajak yang dikenakan sebesar 0,5% sampai 3%.

...dst

30 ) Kasihan...Ibu HAMIL PALSU Terancam Dipenjara (Berbohong karena takut diceraikan)  

Wednesday, 25 January 2012
SEMARANG – Sarubi Niati Cholisoh, 28, yang mengaku diculik serta dipaksa melahirkan janin yang dikandungnya berusia 8 bulan, kini terancam sanksi pidana....cut...Suaminya sering marah-marah dan berniat menceraikan jika tidak bisa hamil atau tidak punya keturunan. Inilah yang mendorong si istri nekat melakukan rekayasa penculikan hingga kehamilannya yang hilang...cut...Kriminolog dari Universitas Diponegoro Semarang Budi Wicaksono mengkhawatirkan tindak pidana dengan modus penculikan ibu hamil dan pemaksaan kelahiran untuk selanjutnya bayinya diambil dapat menjadi tren kejahatan di masyarakat...cut...Psikolog dari Universitas Diponegoro Semarang Hastaning Sakti menilai tindakan sang istri adalah sebuah tindakan di luar batas kewajaran. "Ini terkait keinginan sang istri mengaku hamil,"ungkapnya. Dia berharap peristiwa seperti ini bisa segera dicarikan solusinya. Pihak keluarga menjadi pihak pertama yang bisa membina hubungan pasutri tersebut.

...dst

31 ) Pakar Rusia Klaim Ada Scorpion di Venus

Rabu, 25 Januari 2012 , 09:00:00
MOSKOW--Kehidupan kemungkinan tak hanya ada di Bumi. Belum lama ini, seorang ilmuwan Rusia mengklaim telah menemukan jejak kehidupan di Venus yang dikenal sebagai planet terpanas dalam tata surya. Klaim itu muncul setelah Leonid Ksanfomaliti, pakar dari Institut Riset Luar Angkasa Akademi Sains Rusia, meneliti secara ulang foto-foto yang diambil dari permukaan Venus. Dengan menggunakan peranti canggih, Ksanfomaliti lalu menganalisis foto yang diambil di permukaan Venus dalam misi wahana Venera-13 pada 1982. "Dalam dokumen (foto) berusia 30 tahun itu, terlihat sesuatu benda mirip dengan kalajengking (scorpion), sebuah cakram dan ujung berwarna hitam yang bergerak-gerak," katanya. Dia lantas melaporkan hasil analisisnya dalam majalah jurnal Rusia, Solar System Research.

...dst  

31 ) 2030, Manusia Bisa Tinggal di Bulan

Selasa, 24 Januari 2012 , 21:45:00
MOSKOW- Badan antariksa Rusia, Eropa, dan Amerika Serikat sedang dalam pembicaraan serius membahas pembangunan koloni manusia di bulan. Tengah dibahas apakah bentuk koloni berada di permukaan atau stasiun angkasa yang mengorbit di bulan."Kami tak ingin hanya sekadar melangkah di atasnya (permukaan bulan)," kata Vladimir Popovkin, Kepala badan antariksa Rusia, Roscosmos, membocorkan bentuk koloni yang tengah dibicarakan dengan pejabat NASA dan European Space Agency (ESA) seperti diberitakan The Register, Selasa (24/1). 

...dst

Tidak ada komentar: