Cari Blog Ini

Jumat, Januari 13, 2012

Beasiswa S2/S3 ke Arab Saudi dan Informasi Lain

1 ) Digagas SPP tunggal di PTN

Kamis, 12 Januari 2012 23:48 WIB 
Makassar ) - Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Prof Dr Idrus A Paturusi mengatakan, dalam rapat rektor PTN se-Indonesia 20 Januari 2012 akan coba digagas pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) tunggal di PTN.  "Dengan SPP tunggal tersebut, tidak ada lagi pembayaran lain di perguruan tinggi negeri," kata Idrus Paturusi yang juga Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Kamis, ketika membuka Pertemuan Para Dekan Fakultas Teknik/Politeknik se-Indonesia Bagian Timur bagi Menguatkan Jaringan. Di Unhas sekarang, selain pembayaran SPP, juga ada pembayaran untuk biaya wisuda dan KKN. Nanti itu tidak ada lagi, tetapi masih harus dihitung `unit cost' (rincian pembayaran)-nya, ujar Idrus. Menurut dia, hanya yang menjadi masalah adalah jika terjadi kenaikan SPP pasti akan dapat reaksi dari para mahasiswa, sehingga hal ini harus diperhitungkan matang-matang "Social cost" (biaya dan harga sosial)-nya lebih tinggi.

...dst

2 ) ITB Jalin Kerja Sama dengan Finlan

Kamis, 12/01/2012 - 15:36
BANDUNG, .- Finlandia sebagai negara dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) cukup tinggi, bisa menjadi contoh bagi Jawa Barat yang terus menggenjot peningkatan IPM warganya. Satu kebijakan yang dilakukan Finlandia dalam peningkatan IPM itu adalah melalui pendidikan. Hal yang sama telah dilakukan Pemprov Jabar dengan memberi porsi 20 persen di APBD. Atas dasar itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sangat mengapresiasi kerja sama pendidikan yang dilakukan Finlandia dengan perguruan tinggi negeri di Jabar yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Minat Finlandia tersebut terungkap saat Duta Besar Finlandia COurtesy Call, bersilaturahmi dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kamis (12/1) di Gedung Sate, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung.

...dst

3 ) Beasiswa S2/S3 ke Arab Saudi 

Dalam rangka sosialisasi program penelitian dan beasiswa bagi civitas
akademika UGM yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 ke Arab Saudi, Prof. Suliman Al Homidan dari King Fahd University for Petroleum and Minerals (KFUPM) Arab Saudi akan memberikan seminar dan presentasi terkait kegiatan tersebut. Acara ini akan diselenggarakan pada :
Hari/Tanggal : Senin, 23 Januari 2012
Waktu : 10.00 – 12.00 WIB
Tempat : Ruang Multimedia, Gedung Rektorat UGM, Lantai III sayap utara

>>>

4 ) Laboratorium Terpadu Mudahkan Riset FKM Undip

Kamis, 12 Januari 2012 18:19 wib
JAKARTA - Sekarang, riset civitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro (Undip) dipermudah dengan hadirnya laboratorium terpadu.  Laboratorium terpadu ini memadukan laboratorium kering, laboratorium basah, dan laboratorium kesehatan masyarakat yang sebelumnya sudah dimiliki FKM Undip.Dekan FKM Undip Tinuk Istiarti memaparkan, pengintegrasian ketiga laboratorium itu akan mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium dalam mendukung capaian riset university terutama pada peningkatan kuantitas dan kualitas hasil riset. "Laboratorium terpadu dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat yang dilakukan baik oleh mahasiswa maupun dosen.

...dst

5 ) Yuk, Datang ke Mechanical's Charity Act ITB

Kamis, 12 Januari 2012 17:15 wib
BANDUNG - Perkembangan teknologi makin pesat. Berbagai macam inovasi telah diciptakan. Namun, kemajuan teknologi saat ini tidak dirasakan secara merata oleh masyarakat. Pengurus Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Institut Teknologi Bandung (ITB) Matheus Budiawan Saputra menilai, hanya kalangan tertentu yang merasakan kemudahan akibat kemajuan teknologi. Kemajuan ini tidak diikuti dengan kemudahan akses masyarakat atas teknologi. "Padahal masyarakat tidak hanya membutuhkan kemajuan teknologi, melainkan kemudahan dalam mendapatkannya," ungkap Matheus di Kampus ITB, Bandung, Kamis (12/1/2012). Matheus mengimbuhkan, civitas akademika kurang memerhatikan masalah yang terjadi di masyarakat. Sementara, masyarakat berharap civitas akademika bisa berkiprah lebih banyak lagi dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi. 

...dst

6 ) Energi Terbarukan
"Eco Power Booster" Karya Mahasiswa Universitas Nasional

Kamis, 12 Januari 2012 | 09:02 WIB
JAKARTA, - Pengembangan energi terbarukan kini banyak dilakukan berbagai pihak. Hal ini dilakukan menyusul kenaikan harga minyak dunia yang menimbulkan kekhawatiran di masyarakat akan melambungnya harga bahan bakar minyak (BBM), terutama premium. Padahal bahan bakar merupakan kebutuhan yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi harga bahan pokok lainnya. Pemerintah pun mulai membatasi penggunaan BBM khususnya premium dengan melakukan sosialisasi penggunaan Pertamax bagi masyarakat mampu. Sayangnya, hal tersebut tidak membuat masyarakat beralih mengunakan bahan bakar premium. Alhasil, subsidi BBM masih terus membengkak. Pengembangan energi terbarukan pun terus dilakukan, di antaranya, melalui Biomasa, Biogas, Solarcell dan Hydrocell. Tak terkecuali oleh kalangan perguruan tinggi, melalui karya yang diciptakan oleh para mahasiswanya.

...dst

7 ) KREASI MAHASISWA ITB-Ciptakan Mesin Pencacah Sampah 1 Ton/Hari  

Friday, 13 January 2012
Karya kreasi anak bangsa dalam menciptakan terobosan baru terus bermunculan.Belum lama ini mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menciptakan mesin pencacah sampah dengan kapasitas 1 ton sampah organik per hari. Mesin yang telah diuji coba pada November 2011 itu akan diserahterimakan pada Dinas Kebersihan Kota Bandung, Jawa Barat akhir Januari ini. Seorang tim pembuat mesin, Fanit Akmal,berharap keberadaan mesin tersebut mampu mengatasi masalah sampah di Kota Bandung.Berdasarkan survei yang mereka lalukan, sampah masih menjadi masalah utama yang makin mencuat dan harus segera ditemukan cara untuk menanggulanginya. 

...dst

8 ) PT Inti Siap Pasarkan Hasil Riset Perguruan Tinggi

KAMIS, 12 JANUARI 2012 | 17:14 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Direktur Utama PT Inti Irfan Setiaputra mengungkapkan perusahaannya siap untuk "membeli" hasil penelitian perguruan tinggi untuk dipasarkan. "Kita kerja sama, produk yang mereka develop, kita yang bungkus, kemudian eksklusif marketing-nya, kita," katanya di Bandung, Kamis, 12 Januari 2012. Skema kerja sama semacam ini sudah dikerjakan sejak dua tahun lalu oleh PT Inti. Di antaranya dengan menjual secara ekslusif hasil penelitian BPPT, yakni E-Risalah, serta hasil penelitian LIPI berupa radar lepas pantai. "Tahun ini kita masuk ke universitas," kata Irfan.

...dst

9 ) Putri GKR Pembayun : Yogjakarta jadi provinsi cyber pertama

Kamis, 12 Januari 2012 06:01 WIB
London  - Putri sulung Sri Sultan Hamengkubowono X, GKR Pembayun, mengungkapkan bahwa ayahnya bermaksud menjadikan Yogyakarta sebagai provinsi cyber pertama, dengan akses Internet untuk semua orang. Hal itu diungkapkan Putri Pembayun saat memberikan keynote speech pada pertemuan The Education World Forum 2012 yang diadakan di gedung The Queen Elizabeth II Conference Centre, London, Inggris yang berlangsung selama tiga hari dari 9 hingga 11 Januari.  Forum Pendidikan dihadiri sekitar 63 menteri pendidikan atau wakilnya di seluruh dunia, sementara Indonesia diwakili Atase Pendidikan KBRI T. A. Fauzi Soelaiman, mendapat dukungan Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, Departemen Pendidikan, Departemen Inovasi Bisnis dan Keterampilan, British Council dan mitra industri diantaranya Microsoft dan Intel.

...dst

10 ) Prof.Dr.Suherli Kusmana, M.Ed Pimpin Unigal

Kamis, 12/01/2012 - 14:54
CIAMIS, (PRLM).-Prof. Dr. Suherli Kusmana, M.Ed resmi memimpin Universitas Galuh periode 2012-2016. Permasalahan keterbatasan sumber daya manusia, baik pengajar maupun staf pendukung menjadi target pertama yang segera dituntaskan. Suherli yang ditemui seusai pelantikan, Kamis (12/1) menuturkan penataan SDM dan peningkatan kompetensi mutlak dibutuhkan. Termasuk terkait jumlah guru besar yang ada di kampus tersebut. Ia memaparkan saat ini, secara akademis seluruh dosen pengajar di Unigal telah memenuhi persyaratan, yakni mengantongi jazah S2. Namun, dari sisi kesesuaian pendidikan masih ditemukan yang tidak linier. Sehingga, diperlukan adanya pendalaman keilmuan melalui karya ilmiah, penulisan buku, seminar.

...dst

11 ) Mahasiswa Minta Bagian Dana Bos?

Kamis, 12 Januari 2012 , 08:45:00
TANGSEL-Pencairan dana BOS untuk siswa SD dan SMP di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kisruh. Pasalnya, mahasiswa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Tangsel dituding melakukan pemerasan terhadap institusi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangsel sebesar Rp 20 juta terkait pencairan dana BOS tersebut.  Informasi yang dihimpun INDOPOS (Grup JPNN), dugaan pemerasan itu terjadi saat BEM se-Kota Tangsel hendak menggelar demonstrasi, Senin (9/1) ke Pemkot Tangsel guna mengkritisi pencairan dana BOS triwulan I tahun 2012.  Namun, aksi demo ini urung digelar lantaran perwakilan demonstran menggelar pertemuan dengan perwakilan pejabat Disdik Kota Tangsel. Dalam pertemuan itu, dua oknum mahasiswa meminta uang Rp 20 juta yang akan diperuntukkan membangun sekretariat BEM se-Kota Tangsel. Di sisi lain, Disdik Kota Tangsel menyiapkan anggaran Rp 1 juta- Rp 5 juta untuk mengganti ongkos transportasi perwakilan mahasiswa yang datang usai menggelar pertemuan tersebut.

...dst

12 ) Korupsi di Bidang Pendidikan Masih Tinggi

12 Januari 2012
Jakarta, Kompas - Penindakan hukum atas kasus korupsi di bidang pendidikan pada tahun 2011 menurun dibandingkan tiga tahun terakhir. Penindakan hukum korupsi pendidikan paling banyak dilakukan tahun 2008, yakni 73 kasus, dengan kerugian negara Rp 144,1 miliar."Korupsi dana alokasi khusus dan bantuan operasional sekolah adalah dua kasus yang paling banyak ditindak," kata Koordinator Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Hendri, Kamis (12/1), saat memaparkan hasil pemantauan ICW sejak tahun 2004 hingga 9 Desember 2011. "Tahun 2008 banyak penindakan karena banyak penyimpangan yang ditemukan dari hasil audit BPK. Temuan BPK dijadikan dasar laporan ke aparat hukum," ujarnya.

...dst

13 ) Anggaran Ganda & Beasiswa Rawan Dikorupsi Kampus

Kamis, 12 Januari 2012 15:39 wib
JAKARTA - Anggaran ganda serta sejumlah proyek pemerintah ditengarai sebagai titik rawan korupsi di tingkat perguruan tinggi (PT).Koordinator Divisi Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Henri menjelaskan, anggaran ganda (double budget) di kampus berupa penggunaan dua sumber dana berbeda, misalnya dari APBN dan uang mahasiswa, untuk kegiatan atau acara tertentu. "Jika hal itu dilakukan, maka termasuk bentuk korupsi di tingkat perguruan tinggi," kata Febri kepadaokezone di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2012). Selain anggaran ganda bagi kegiatan tertentu, sejumlah proyek besutan pemerintah disebut-sebut sebagai titik rawan korupsi berikutnya. 

...dst

14 ) Pemotongan Gunakan Gaji Pokok 2010

Kamis, 12 Januari 2012 , 09:38:00
BOGOR--Pemotongan tunjangan sertifikasi yang diklaim Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor telah sesuai peraturan perundang-undangan, mendapat tentangan dari sejumlah guru. Mereka mengaku pemotongan tersebut tidak sesuai dengan jumlah gaji pokok para guru. Sehingga, meminta agar pajak penghasilan (pph) sebesar 5 hingga 15 persen dikaji kembali.Berdasarkan informasi yang diterima Radar Bogor (Group JPNN), penghitungan tunjangan sertifikasi menggunakan gaji pokok 2010 yakni sebesar Rp2.670.000. Padahal, tahun lalu ada kenaikan sekitar 15 persen sehingga gaji yang diterima guru menjadi Rp3.030.000. Namun, pada kenyataannya yang dijadikan dasar pemotongan pph adalah gaji pokok 2010.

...dst

15 ) Metro Mini Dibajak Perampok, Mahasiswi Binus Terluka

Kamis, 12/01/2012 21:24 WIB
Jakarta - Situasi di atas Metro Mini 91 jurusan Batusari-Tanah Abang tiba-tiba mencekam. Seorang pria bercadar tiba-tiba menodongkan sebilah pisau ke arah penumpang Metro Mini. Pria tersebut meminta penumpang untuk menyerahkan barang-barang berharga. Dalam peristiwa itu, seorang mahasiswi Universitas Bina Nusantara (Binus), Monica Alexandra (20), terluka akibat goresan pisau pelaku. Tidak hanya itu, pelaku yang hanya seorang diri itu mengambil satu unit BlackBerry dan dompet berisi uang Rp 150 ribu milik Monica.

...dst

Tidak ada komentar: