Cari Blog Ini

Minggu, Januari 29, 2012

Mengenal Sistem Ujian di AS .. Apa Sih GMAT, GRE, dan LSAT Itu?


1 ) ITB Bangun Sekolah Tahan Gempa

Minggu, 29 Januari 2012 08:34 WIB
PANGALENGAN -- Rekonstruksi bangunan sekolah dengan struktur tahan gempa di SD Puncak Raya, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, akhirnya rampung. Rekonstruksi yang dikonseptori oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Bandung (HMS-ITB) tersebut memakan waktu empat bulan dengan anggaran sebesar Rp 300 juta. Bangunan sekolah dasar yang sempat luluh lantak akibat gempa tasik 2009 silam itu kini siap kembali difungsikan untuk kegiatan belajar siswa. Bangunan rekonstruksi mahasiswa teknik sipil ITB tersebut merupakan bagian dari program Sipil Bangun Desa (Sibades) ITB 2011. Program Sibades merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan HMS-ITB tiap tahunnya. Untuk program Sibades kali ini, HMS melibatkan sebanyak 100 kepanitiaan inti dengan partisipasi mahasiswa jurusan sipil dari ITB sebanyak 1.700 mahasiswa. Mereka menggandeng PT Perkebunan Nusantara VIII selaku donatur. Pembangunan untuk tiga ruang kelas, satu gudang dan dua MCK tersebut menghabiskan dana hingga Rp 300 juta.

...dst

2 ) IPB Kirim Mahasiswa Perencana Ekowisata ke Indramayu

Minggu, 29 Januari 2012 07:45 WIB 
Bogor - Program Ekowisata Institut Pertanian Bogor mengirimkan mahasiswa tingkat akhir untuk melakukan perencanaan ekowisata desa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. "Untuk tahun 2012 ini, kami mengirimkan mahasiswa ke berbagai daerah otonomi di Indonesia, dan untuk Kabupaten Indramayu ditugaskan sebanyak 16 mahasiswa," kata Dr Ir Ricky Avenzora, M.Sc, dosen Program Ekowisata IPB yang menggagas kolaborasi dengan berbagai daerah otonomi di Indonesia di Bogor, Minggu pagi. Selain ke Indramayu, katanya, sebanyak enam mahasiswa dikirim ke Kabupaten Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan enam mahasiswa ke berbagai kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Dia menjelaskan, pengiriman mahasiswa tersebut berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban mahasiswa untuk menyusun tugas akhir dan praktik kerja lapang. "Mereka akan berada di lapangan selama empat bulan untuk mengidentifikasi berbagai potensi ekowisata desa, baik berupa potensi maupun adat dan budaya," kata Ricky yang juga doktor lulusan Universitas Goettingen, Jerman itu. Pada Sabtu (28/1), katanya, 16 mahasiswa yang akan ke Indramayu telah secara khusus dijemput oleh Pemkab Indramayu ke Kampus IPB Gunung Gede.

...dst

3 ) IPB Petakan Potensi Pertanian Aceh

Sabtu, 28 Januari 2012 15:06 wib
JAKARTA - Dalam waktu dekat, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan memetakan potensi pertanian di Provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie. Bupati Pidie Mirza Ismail menggandeng IPB dalam program Survei Pemetaan Data Potensi Produk dan Rancang Bangun Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kehutanan dan Perkebunan di wilayahnya. Menurut Mirza, selama ini IPB telah menjadi kiblat pertanian Indonesia. "Hal inilah yang mendorong kami melakukan kerja sama survei tersebut," papar Mirza seperti dikutip dari keterangan tertulis IPB kepada okezone, Sabtu (28/1/2012). Mirza berharap, survei tersebut akan memberinya data potensi pertanian di wilayah yang dipimpinnya tersebut. Dengan begitu, mereka akan memiliki acuan dalam menetapkan kebijakan sesuai keunggulan produk masing-masing daerah serta menemukan pasar bagi produk tersebut.

...dst 

4 ) UI Akan Pecat Miranda Setelah Terbukti Korupsi

Sabtu, 28/01/2012 09:10 WIB
Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan Miranda S Goeltom sebagai tersangka kasus suap cek pelawat. Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, Miranda tetap bisa mengajar di kampus Universitas Indonesia. "Pertama, sebagai guru besar UI tetap bisa mengajar selama belum ada keputusan final dari pengadilan," ujar Chief of Staff UI Devie Rahmawati kepada detikcom, Sabtu (28/1/2012). Devie mengatakan UI menyerahkan sepenuhnya kepada KPK untuk proses hukum yang sedang berjalan. Pihaknya juga tidak akan melakukan perlakukan khusus kepada Miranda. "Kami tetap menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah," imbuhnya.

...dst

5 ) Mahasiswa Miskin Tak Boleh Di-DO

Sabtu, 28 Januari 2012 10:48 wib
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, perguruan tinggi tidak boleh mengeluarkan mahasiswanya karena dia miskin. Menurut mendikbud, sebagai jenjang tertinggi di dunia pendidikan, perguruan tinggi menjadi pusat kemuliaan negara. Karena itu, dia menekankan, perguruan tinggi harus menjaga keramahan sosialnya. Salah satu caranya, kampus harus menjaga agar jangan sampai ada mahasiswanya yang dikeluarkan karena tidak mampu secara ekonomi. "Tidak boleh mereka (mahasiswa) didrop-out (DO) karena miskin, mereka bisa di-DO jika tidak mampu secara akademik," tegas M Nuh usai melantik tiga rektor baru di gedung Kemendikbud, kemarin. 
Selain masalah keramahan sosial, mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, ini juga menginginkan agar perguruan tinggi bisa lebih intensif berdialog dengan mahasiswanya. Karena menurutnya, mahasiswa merupakan anak bangsa yang patut diberi kasih sayang, perhatian, dan didengarkan aspirasinya.

...dst

6 ) 10 PTN Bantu Ikut Seleksi CPNS-Mendikbud Beri Sanksi PTN yang Tidak Transparan  

Sunday, 29 January 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menunjuk 10 perguruan tinggi negeri (PTN) untuk ikut menyeleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, 10 PTN yang tergabung dalam konsorsium PTN diminta untuk menyeleksi CPNS seperti menilai proses akademik. PTN ini juga harus mampu menghilangkan unsur korupsi,kolusi,dan nepotisme. "Kami menekankan tidak boleh ada intervensi dari mana pun terkait hasil seleksi. Berikan hasilnya apa adanya. Jangan ada cekungisasi dan cembungisasi," ucapnya di Jakarta kemarin. Mendikbud juga menegaskan, pimpinan perguruan tinggi juga harus menempatkan kampusnya sebagai lembaga independen. Independensi ini akan menjamin tidak ada modus titip-menitip uang ataupun anak pejabat lainnya di bawah tangan perguruan tinggi. Menurut dia, kekhawatiran pemerintah provinsi akan bermain dengan PTN itu tidak akan terjadi. Dia memastikan selaku pejabat yang mengangkat rektor akan memberikan sanksi jika hal ini terjadi.

...dst

7 ) Dubes Jerman Jajal Mobil Esemka Solo  

Sunday, 29 January 2012 
SOLO –Duta Besar (Dubes) Republik Federal Jerman untuk Indonesia Nobert Baas merekomendasikan investasi bisnis di Kota Solo.Adapun infrastruktur di Kota Bengawan menunjukkan kesiapannya menerima peluang-peluang besar di bidang tersebut. "Solo tempat yang menakjubkan. Kami membaca banyak hal tentang potensi-potensi kota ini.Terutama infrastrukturnya dan lalu lintas yang humanis. Solo tempat yang bagus untuk berinvestasi. Saya merekomendasikannya," ujar Dubes di Hotel Novotel, beberapa saat sebelum melanjutkan kunjungan di Solo Technopark (STP),kemarin. Nobert Baas mengatakan Kota Solo selain cocok dijadikan lahan berinvestasi bisnis juga menyimpan potensi yang perlu dikembangkan. Ini terbukti pada penataan transportasi yang cukup berhasil mengatasi permasalahan lalu lintas mendatang. Perihal tersebut memberikan nilai lebih Kota Solo di mata publik."Para pelaku usaha akan sangat tertarik dengan kota ini.Apalagi infrastruktur di dalamnya sangat mendukung. Di Pulau Jawa, Solo sudah sangat terkenal. Ini yang mendorong ketertarikan itu,"paparnya. Kedatangannya di Kota Solo dalam rangka meninjau program pertukaran pelajar di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). 

...dst

8 ) UIN Dirikan Pusat Studi Kesehatan Spiritual  

Sunday, 29 January 2012
YOGYAKARTA – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta meresmikan pusat studi kesehatan Center For Neuroscience Health and Spirituality atau C-NET,Sabtu (28/1). Pusat studi tersebut diharapkan menjadi embrio pendorong segera terwujudnya Fakultas Kedokteran di UIN. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Dr Musa Asy'rie mengatakan, berbagai persoalan yang muncul di Indonesia saat ini menunjukkan perlunya menguatkan upaya kesehatan spiritualitas." Selama ini dari pengalaman pribadi saya saja, ilmu kesehatan kita hanya mempertimbangkan manusia sebagai onggokan daging, darah, dan tulang," ujarnya kemarin Budaya kekerasan yang terlihat di Indonesia sebagai akibat pelaksanaan demokrasi yang tidak diikuti dengan penguatan spiritualitas.

...dst

9 ) Sekolah Kedinasan Perlu Dihapus?

Sabtu, 28 Januari 2012 08:02 wib
JAKARTA - Wacana seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melibatkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tentu menuai reaksi berbeda di berbagai kalangan. Namun, anggota Komisi X DPR Rohmani Iskandar mengaku belum mengetahui adanya rencana keterlibatan PTN dalam seleksi PNS. "Saya malah belum mendengar wacana ini," kata Rohmani kepada okezone di Restoran Puang Oca Senayan, Jakarta Selatan, kemarin. Hal senada diungkapkan anggota Komisi X DPR lain yang turut hadir, yakni Soemandjaja. Namun, Kang Soenman, begitu dia biasa disapa, justru mengkritisi sekolah kedinasan yang bersaing dengan PTN. "Jika ingin kembali ke pendidikan nasional, maka sekolah-sekolah kedinasan perlu dievaluasi. Pasalnya, sekolah kedinasan justru bersaing dengan sekolah umum. Kecuali untuk sekolah militer. Misalnya, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan universitas lainnya memiliki fakultas ekonomi dan jurusan akuntasi, namun mengapa masih ada Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) yang lulusannya memiliki ikatan dinas?" kata Kang Soenman.

...dst

10 ) Usung Kalimilk, Fauzan Raih Rp50 Juta

Sabtu, 28 Januari 2012 16:11 wib
JAKARTA - Fauzan Rachmansyah melirik potensi Kaliurang, Yogyakarta, sebagai penghasil susu untuk ide bisnisnya. Ternyata, ide itu sukses mendapuknya sebagai juara dalam kompetisi bisnis helatan sebuah bank nasional. Fauzan menyabet gelar Juara I Tingkat Nasional pada acara Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2011 melalui brand Kalimilk-PT Farbis Indonesia. Asyiknya, sebagai juara pertama, Fauzan pun berhak atas hadiah uang Rp50 juta. Pada kompetisi bisnis tahunan bank BUMN tersebut Fauzan bertarung pada kategori mahasiswa program diploma dan sarjana bidang usaha boga. Kalimilk sendiri merupakan usaha pengolahan susu dengan sentra produksinya adalah peternakan sapi di daerah Kaliurang, Yogyakarta. Lokasi peternakan itulah yang membuat mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) ini menamai produknya dengan 'Kaliurang Milk' atau Kalimilk. 

...dst

11 ) 4.673 Peserta UN Program Paket, Lulus

Sabtu, 28 Januari 2012, 12:18:00
MEDAN- Sebanyak 4.673 peserta Ujian Nasional (UN) program paket A, B dan C periode kedua tahun 2011, dinyatakan lulus. "Pelaksanaan ujian berlangsung dengan lancar dimana dari 7.142 peserta yang mengikuti ujian paket 4.673 dinyatakan lulus," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumutera Utara (Kadisdiksu), Syaiful Syafri, Jumat (27/1). Penggunaan izajah paket ini, kata Syaiful, setara dengan ijazah UN reguler dari sekolah. "Bagi lulusan paket A, bisa melanjutkan ke SMP, dan lulusan paket B bisa melanjutkan ke SMA, serta lulusan paket C bisa melanjutkan ke perguruan tinggi manapun. Karena untuk hasil lulusan kesetaraan ujian paket ini tidak boleh ada bentuk diskriminasi," sebutnya. 

...dst

12 ) Mengenal Sistem Ujian di AS (1)
Apa Sih GMAT, GRE, dan LSAT Itu?

Sabtu, 28 Januari 2012 11:47 wib
SISTEM pendidikan tinggi di Amerika Serikat (AS) tergantung kepada tes atau standar khusus, yang harus diikuti calon mahasiswa jika ingin mendaftar ke perguruan tinggi atau program tertentu. Hasil ujian ini menjadi penting karena menawarkan perguruan tinggi dasar penilaian dari kemampuan calon mahasiswa yang ingin melamar. Berikut jenis-jenis ujian masuk perguruan tinggi di Amerika seperti dikutip dari International Student Guide to the USA, Sabtu (28/1/2012).

...dst

13 ) Menyedihkan, Orangutan Kalimantan Justru Diselamatkan oleh Warga Inggris

Sabtu, 28 Januari 2012 08:44 WIB
Meski terus dikecam, ternyata pembunuhan terhadap orangutan terus terjadi. Bahkan, peristiwa itu nyaris terulang bila tidak ada kelompok pelindung binatang dari Inggris yang peduli dengan hal ini. Adalah Four Paws, kelompok pelindung binatang internasional yang berbasis di Inggris, yang berhasil menyelamatkan nyawa sepasang ibu dan anak ini. Mereka tiba pada waktunya ketika para penjagal siap membunuh orangutan ini. ''Kedatangan kami sangat tepat waktu,'' ujar Signe Preuschoft, ahli primata dari Four Paws.

...dst

14 ) Hendak Ditembak Pemburu, Induk Orangutan Peluk Anaknya

Sabtu, 28/01/2012 18:33 WIB
London - Sungguh dramatis. Seekor orangutan betina yang tengah hamil dan anaknya hanya bisa saling berpelukan saat dikepung dan hendak dibunuh oleh sekelompok pemburu di Kalimantan. Beruntung, sepasang ibu dan anak orangutan tersebut berhasil selamat setelah aktivis penyelamat hewan dari Inggris datang. Aktivis penyelamat hewan liar bernama Four Paws, yang bermarkas di Inggris, menghentikan aksi pembantaian yang akan dilakukan oleh para pemburu tersebut tepat pada waktunya. Kedua orangutan tersebut akhirnya diamankan ke sebuah hutan terpencil dan aman dari para pemburu. Namun, pihak Four Paws memasangkan alat pelacak pada keduanya agar mereka bisa dipantau pergerakannya demi keselamatan mereka. Demikian seperti diberitakan oleh media Inggris, Daily Mail, Sabtu (28/1/2012).

...dst

Tidak ada komentar: