Cari Blog Ini

Selasa, Januari 03, 2012

31 Berita Edukasi Terkini

1 ) Olimpiade Fisika Tingkat Dunia
Indonesia Raih Dua Medali Emas
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/01/03/288744/293/14/Indonesia-Raih-Dua-Medali-Emas

Selasa, 03 Januari 2012 06:53 WIB  
MATARAM--MICOM: Dua putra terbaik Indonesia berhasil mempersembahkan emas dalam ajang olimpiade fisika tingkat dunia atau World Physics Olympiad (WoPhO) ke-1, yang diselanggarakan di Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 28  Desember – 2 Januari 2011. Mereka adalah Christian George Emor dari Manado Sulawesi Utara, yang adalah juga alumni SMA St Nikolaus, Lokon, Manado, dan Evan Laksono, dari  SMA Kristen IPEKA, Tomang, Jakarta. Bersama evan dan Christian, 8 peserta dari negara lain juga berhasil meraih emas, yaitu Atila Zsabo (Hongaria), Eugene Hruska (Jerman), Danila Parinov (Rusia), Lin Sen (SIngapura), Ants Remm (Estonia), Jan Pulmann (Slovakia), Lev Arsamavksy (Rusia), dan Kexin Yi (China).  Christian yang saat ini menjadi mahasiswa di National University of Singapore adalah juga pemenang medali emas di ajang olimpiade fisika internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) ke-41 di Kroasia pada 2010 lalu. Samahalnya Evan, juga pernah meraih emas di ajang olimpiade fisika tingkat Asia atau Asian Physics Olympiad (APhO) ke-12 di Tel Aviv, Israel pada Mei 2011 lalu. Selain Christian dan Evan, dua pelajar Indonesia lain berhasil meraih medali perak, yaitu Samuel Wiradjaya dan Limiardi Eka Sancerio. Dua-duanya dari SMA Kristen Penabur Bumi Serpong Damai, Tangerang.

...dst

2 ) Aturan Pemberian Beasiswa Olimpiade Dikaji Ulang
http://www.jpnn.com/read/2012/01/02/112970/Aturan-Pemberian-Beasiswa-Olimpiade-Dikaji-Ulang-

Senin, 02 Januari 2012 , 16:16:00
JAKARTA—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan pengkajian ulang terhadap aturan pemberian beasiswa bagi para pemenang olimpiade. Menurutnya, implementasinya di lapangan sangat kaku, dan dikhawatirkan tidak maksimal. "Dalam hal ini memang harus ada evaluasi. Karena tidak selamannya anak-anak yang menang olimpiade Biologi, Matematika dan lainnya harus masuk jurusan yang sama di perguruan tinggi," ungkap Nuh kepada JPNN di Jakarta, Senin (2/1).
Seperti diketahui, saat ini banyak para pemenang olimpiade yang enggan untuk mengambil beasiswa yang diberikan oleh pemerintah dan memilih beasiswa di luar negeri. Hal ini disebabkan karena mereka diwajibkan untuk mengambil jurusan yang sama dengan bidang olimpiade yang tekuni dan dimenangkannya. "Padahal sebenarnya, pemenang olimpiade bidang Biologi itu bisa masuk di jurusan sejenis yang berbasis bidangnya, tak harus Biologi. Misalnya, mereka bisa masuk di Fakultas Kedokteran dan lainnya," jelas Nuh. Oleh karena itu, lanjut Nuh, harus ada evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan pemberian beasiswa terhadap para pemenang olimpiade. Dikatakan, dalam hal ini tidak boleh ada pakem yang mutlak sepanjang jaman.

...dst

3 ) Bunga Dana Abadi untuk Beasiswa Umum  
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/457012/

Tuesday, 03 January 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan beasiswa strata 2 (S-2) dan strata 3 (S-3) bagi masyarakat umum melalui dana bunga abadi.  Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, anggaran bantuan pendidikan yang akan dikeluarkan untuk beasiswa ini akan mencapai Rp300 miliar. Menurutnya,dana itu diperoleh dari bunga dana abadi yang totalnya mencapai Rp5 triliun. M Nuh menambahkan,program beasiswa ini untuk mendongkrak lulusan S-2 dan S-3 karena para lulusan S-1 banyak yang tidak mampu mengakses ke pendidikan selanjutnya. "Pokoknya kita bebaskan biaya. Kuotanya nanti tinggal kita hitung saja. Anak-anak kalau melanjutkan S-2 dan S-3 itu kan memang harus kita garap,"katanya di Kemendikbud kemarin. Masyarakat yang tertarik dapat langsung mendaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud. Dalam program ini, lanjut Nuh, memang tidak dibuka untuk semua bidang,tetapi diarahkan pada jurusan yang mendukung Lembaga Penelitian,Pengembangan, dan Pengkajian Ekonomi Indonesia (LP3EI). "Jurusan tersebut antara lain bidang science,engineering, dan pertanian. Kita dorong orang-orang yang S-2 dan S-3. Kalau nanti mereka mau jadi dosen, ya silakan.  

...dst

4 ) Keterbatasan Tak Halangi Lutfi Ukir Berbagai Prestasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/02/373/550546/keterbatasan-tak-halangi-lutfi-ukir-berbagai-prestasi

Senin, 02 Januari 2012 18:03 wib
JAKARTA - Keterbatasan bukanlah halangan untuk mengukir prestasi setinggi mungkin. Hal ini yang coba dibuktikan Luthfi Mu'awan, mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB. Tidak ada yang berbeda ketika melihat sosok mahasiswa angkatan 2011 ini. Namun ternyata, Lutfi hanya menggunakan satu tangan dalam menjalankan berbagai rutinitasnya. Sebab, tangan kirinya tidak dapat digunakan sejak lahir. Namun, bukannya minder, Lutfi justru terpacu untuk membangun kepercayaan diri di tengah perbedaan dengan teman-temannya. "Bapak saya selalu bilang, Tuhan itu Maha Adil. Kalau saya dilahirkan dengan kekurangan, pasti saya juga punya kelebihan. Tinggal saya yang harus mencari tahu dan menggali kelebihan saya agar bisa berhasil dan berprestasi," kata Luthfi seperti dikutip dari laman ITB, Senin (2/1/2012).

...dst

5 ) Hasil UN Bisa Jadi Syarat PTN  
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/456967/

Tuesday, 03 January 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai tahun ini akan menerapkan nilai ujian nasional (UN) sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN).  Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan bahwa integrasinya memang perlu waktu. Namun, dia memastikan akan berlaku mulai tahun ini. Menurut dia, kemungkinan nilai UN menjadi syarat masuk PTN sangat besar."Ide dasarnya terinspirasi dari digunakannya nilai UN pada jenjang SD dan SMP sebagai prasyarat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," katanya di Jakarta kemarin. Namun sebelum rencana kebijakan tersebut direalisasikan, perlu ada peningkatan kredibilitas UN terlebih dahulu. Melalui peningkatan itu diharapkan bisa menjadi bagian dari upaya menyatukan sistem. Lebih lanjut Mendikbud mengungkapkan, adanya UN yang menggunakan sistem 60–40% mampu menurunkan jumlah ketidaklulusan siswa di SMA hingga 1,4% dan di SMK 3,4%. "Nilai rata-rata juga tergeser dari 6,15 menjadi 6,17," jelasnya. Menurut dia,hasil UN menjadi prasyarat masuk PTN merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas SMA. Karena itu, jika implementasi ini berhasil akan berdampak positif bagi sistem pendidikan.

...dst

6 ) Pakar: UN syarat masuk PTN penghargaan prestasi siswa
http://www.antaranews.com/berita/291113/pakar-un-syarat-masuk-ptn-penghargaan-prestasi-siswa

Senin, 2 Januari 2012 20:00 WIB
Padang (ANTARA News) - Guru Besar Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Prof Jamaris Jamna mengemukakan, rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan menjadikan Ujian Nasional 2012 sebagai syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan penghargaan terhadap prestasi siswa. "Rencana tersebut bisa dalam satu sisi dapat mengangkat kredibilitas Ujian Nasional, sehingga UN tidak sebatas uji kompetensi siswa pada akhir pelajaran," katanya di Padang, Senin. Dengan menjadi UN sebagai syarat masuk PTN, menurut dia, maksud diadakannya UN sebenarnya singkron dengan fungsi PTN itu sendiri. PTN merupakan bagian dari pemerintah, sementara UN juga salah satu program pemerintah, dengan begitu sangatlah tepat jika keduanya dikaitkan satu sama lain, katanya.  "Dengan demikian masyarakat bisa lebih menghargai pelaksanaan Ujian Nasional sebagai program pemerintah di bidang pendidikan," katanya.

...dst

7 ) Kejahatan di Malam Pergantian Tahun
UPI Berbelasungkawa Atas Kematian Mahasiswanya
http://regional.kompas.com/read/2012/01/02/12320752/UPI.Berbelasungkawa.Atas.Kematian.Mahasiswanya

Senin, 2 Januari 2012 | 12:32 WIB
BANDUNG, KOMPAS- Kematian Andri Wardiansyah (22), mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, akibat penusukan di malam tahun baru, benar-benar menyentak semua pihak, termasuk pihak kampus. Berdasarkan informasi yang dirilis kepolisian dan dihimpun kampus, pria kelahiran 10 April 1989 ini adalah seorang peniup saksofon yang sedang pulang menuju kosnya di Jalan Setiabudhi. Pada malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2011), dia tampil di sebuah resor di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Selepas Jl Cipaganti yang tersambung dengan Jl Setiabudhi, dia diduga dikeroyok oleh pelaku lebih dari satu. Selama pergulatan itu, Andri ditusuk di dada bagian kiri yang kemungkinan menyebabkan kematiannya. Hingga kini, belum diketahui motif kejadian tersebut. Hanya, kematian Andri benar-benar membuat pihak kampus bersedih. Pasalnya, Andri dianggap sebagai mahasiswa cemerlang yang memiliki masa depan yang cerah sebagai pengajar musik atau sebagai pemusik.

...dst

8 ) Mahasiswa UPI Gelar Doa Bersama
http://www.pikiran-rakyat.com/node/171525

Senin, 02/01/2012 - 13:27
BANDUNG, (PRLM).- Sekitar 100-an mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar doa bersama di ruang orkestra Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UPI, Senin (2/1). Mereka menggelar doa bersama atas meninggalnya salah satu mahasiswa seni musik UPI, Andri Wardiansyah yang tewas dibunuh pada Minggu (1/1) dini hari di kawasan Cipaganti-Setiabudhi Bandung. Mahasiswa angkatan 2007 ini meninggal dikeroyok saat Andri dalam perjalanan pulang menuju ke kosannya di kawasan Setiabudhi. Malam itu Andri baru saja mengisi sebuah acara dengan bermain saxophone di kawasan Jatinangor. (A-157/das)***

.a.dst

9 ) Anggota Tim Transisi UI Terbentuk
http://cetak.kompas.com/read/2012/01/03/02211844/anggota.tim.transisi.ui.terbentuk

Selasa, 03 Januari 2012
Jakarta, Kompas - Majelis Wali Amanah dan Rektorat Universitas Indonesia telah memilih enam perwakilan di dalam tim transisi yang akan membentuk Senat Akademik Universitas yang baru. Adapun tim transisi sudah dibentuk pada Desember 2011 atas mediasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai respons atas konflik internal universitas tersebut. Nama-nama dari keenam perwakilan itu adalah Tommy Ilyas (Guru Besar Fakultas Teknik Sipil), Anwar Nasution (mantan Ketua BPK), Muhammad Nasifin (Guru Besar Teknik Kimia), Harkristuti Harkrisnowo (Guru Besar Hukum Pidana), Fuad (mahasiswa), dan Wawan Kusnawan (karyawan). "Tim ini menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama masa transisi, termasuk peraturan, seperti peraturan presiden," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh ketika dihubungi, Senin (2/1). Nuh mengaku sudah menandatangani surat keputusan (SK) pembentukan tim khusus tersebut. Tanggal 22 Januari 2012, tim itu akan diundang untuk membahas tugas-tugasnya.
Berhubung link cetak Kompas tidak bisa akses bila tak bayar, berita selengkapnya bisa baca di http://www.kopertis12.or.id/2012/01/03/anggota-tim-transisi-ui-terbentuk.html

...dst

10 ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Usung 3 T
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/01/02/288675/293/14/Kementerian-Pendidikan-dan-Kebudayaan-Usung-3-T

Senin, 02 Januari 2012 22:03 WIB  
JAKARTA--MICOM: Memasuki tahun 2012, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh akan memfokuskan cakupan pembangunan pendidikan di wilayah terdepan, terluar, dan terbelakang (3 T). "Seluruh resources kita akan arahkan ke daerah tak terjangkau yang kita istilahkan 3 T yaitu terdepan, terluar, dan terbelakang. Namun tidak berarti satu tahun ini selesai karena baru akan terasa 10 tahun mendatang," ungkap M Nuh pada Refleksi Pendidikan Akhir Tahun 2011 di Jakarta, Senin (2/1). Salah satu wilayah 3 T yang akan difokuskan pendidikannya adalah Papua, dan Papua Barat. Menurut M Nuh secara nasional Papua telah tertinggal pendidikannya selama 12,6 tahun. Sedangkan Papua Barat tertinggal 24,3 tahun. "Kalau tidak dilakukan percepatan akan semakin tertinggal, maka penting intervensi di sini," cetusnya. 

...dst

11 ) Indonesia Raih Penghargaan
http://nasional.kompas.com/read/2012/01/03/0144268/Indonesia.Raih.Penghargaan

Selasa, 3 Januari 2012 | 01:44 WIB
PASADENA, KOMPAS.com - Indonesia meraih penghargaan President's Trophy dalam ajang parade mawar Tournament of Roses ke-123 yang digelar di Pasadena, Amerika Serikat, Senin (2/1). Kendaraan pawai Indonesia berwujud Garuda Wisnu Kencana dengan tema "Wonderful Indonesia" mendapat sambutan meriah sepanjang 5,5 mil (8,85 kilometer) rute parade. Dalam ajang ini, kendaraan pawai dari Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, juga turut mendampingi di muka kendaraan pawai utama. Demikian dilaporkan wartawan Kompas Sarie Febriane semalam. President's Trophy merupakan penghargaan untuk kategori peserta dengan penggunaan bunga yang paling efektif dengan presentasi yang baik.

...dst

12 ) Syarat PT Menjadi Universitas Riset Dinilai Sulit
http://www.detiknews.com/read/2012/01/02/175628/1804897/10/syarat-pt-menjadi-universitas-riset-dinilai-sulit?n991103605

Senin, 02/01/2012 17:56 WIB
Yogyakarta - Menjadikan sebuah Perguruan Tinggi (PT) sebagai universitas riset rupanya memiliki banyak syarat. Diantaranya adalah 25 persen pembiayaan operasional berasal dari kegiatan riset, kerjasama industri dan hak kekayaan intelektual. PT yang bersangkutan juga harus menghasilkan 50 orang doktor per tahun. "Syarat seperti yang tercantum dalam RUU Perguruan Tinggi (PT) sangat berat untuk mengangkat lebih banyak PT riset," ungkap Mantan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Prof Ir Bambang Soehendro, MSc, PhD dalam acara diskusi 'Riset dan Pengabdian' di Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (2/1/2012). Meski sejumlah PT telah menamakan diri sebagai PT riset, lanjut Bambang, PT yang bersangkutan bisa dipastikan jauh dari memenuhi persyaratan. PT juga dibebani untuk mencari dana sendiri minimum 25 persen dari keseluruhan operasional."Gagasan yang ada di RUU PT tersebut tidak masuk akal dan tidak fair," kata Bambang saat berbicara di depan para dosen dan peneliti di lingkungan UGM.

...dst

13 ) UGM Alokasikan Dana Penelitian di Bawah 10%
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/457124/

Tuesday, 03 January 2012
YOGYAKARTA – Dana penelitian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun ini di bawah 10% dari biaya operasional perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut. Berdasarkan rencana kegiatan dan anggaran tahunan (RKAT) UGM 2012, untuk penelitian hanya dialokasikan 6,68% dari total RKAT senilai Rp1,8 triliun. Anggaran terbesar untuk kegiatan pendukung Tri Darma senilai 62,65%, disusul untuk pendidikan 28,80%,dan yang paling sedikit pengabdian masyarakat 1,87%. "Untuk pendukung Tri Darma, kegiatan paling banyak untuk kegiatan pendidikan 60,13%, penelitian 25,47%, dan pengabdian masyarakat 14,40%," ungkap anggota MajelisWali Amanat (MWA) UGM Bambang Soehendro saat memaparkan kebijakan penelitian pada Refleksi Akhir Tahun Riset dan Pengabdian di UGM 2011 di Ruang Sidang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UGM, kemarin. 

...dst

14 ) PTN Akan Optimalkan Aset
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/03/172192/PTN-Akan-Optimalkan-Aset

03 Januari 2012
SEMARANG-Perguruan tinggi negeri (PTN) terus berupaya merealisasi pendidikan murah dan berkualitas bagi mahasiswa, terutama dari kalangan keluarga tidak mampu. Upaya yang juga hendak diwujudkan pemerintah itu, dilaksanakan PTN dengan mengoptimalisasi aset-aset. Penyelenggaraan pendidikan di PTN saat ini bersifat badan layanan umum (BLU) sumber pembiayaan yang berasal dari negara 40%-50% dari APBN murni. Sementara 50%-60% dari pendapatan negara bukan pajak, seperti pungutan terhadap mahasiswa, penyewaan rusunawa, dan aset-aset yang dimiliki PTN. Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Prof Sudharto P Hadi Phd mengatakan, pihaknya sangat menyetujui pendidikan murah sesuai dengan prinsip education for all. Namun, prinsip tersebut hanya diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sebab, bagaimanapun mereka memiliki kesempatan sama untuk bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Jadi, untuk kalangan tersebut harus ada keringanan biaya pendidikan. Bahkan, kalau bisa gratis.

...dst

15 ) Biaya di UNS Masih Termurah
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/03/172190/Biaya-di-UNS-Masih-Termurah-

03 Januari 2012
KOMERSIALISASI pendidikan. Kata itu mulai sering muncul memasuki 2011 yang sudah berakhir Sabtu lalu. Tuduhan pendidikan —terutama perguruan tinggi— yang jadi ajang mengeruk keuntungan dari masyarakat dengan menerapkan biaya tinggi pada mahasiswa. Meski anggaran PTN dari APBN sudah diberi dengan porsi sangat besar, hampir 50% dari anggaran sektor pendidikan, keluhan masyarakat tentang biaya tinggi di PTN masih muncul. Benarkah UNS sebagai institusi pendidikan tinggi terbesar di Jateng dan khususnya di Solo juga terjangkiti soal itu? Muhtar SSos MSi, kandidat doktor akuntansi yang juga Direktur Badan Layanan Umum (BLU) UNS memberikan jawaban sangat gamblang soal itu. Kepada Suara Merdeka, dia mengutip pernyataan Rektor UNS Prof Ravik Karsidi dan juga sebelumnya, Prof Muh Syamsulhadi, UNS masih menjadi perguruan tinggi dengan biaya termurah.

...dst

16 ) Alokasi Anggaran bagi Peneliti di Daerah
http://cetak.kompas.com/read/2012/01/03/02310550/alokasi.anggaran.bagi.peneliti.di.daerah

Selasa, 03 Januari 2012
Jakarta, Kompas - Kementerian Riset dan Teknologi akan mengalokasikan anggaran riset bagi peneliti di daerah yang berada di enam koridor ekonomi. Dana riset berasal dari program insentif bagi peneliti yang telah dilaksanakan selama ini. Hal ini disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi, Gusti M Hatta dalam dialog dan ramah tamah dengan karyawan di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi, Senin (2/1). Upaya menggalang partisipasi peneliti di daerah, demikian Gusti, dilakukan untuk mendukung Masterplan Percepatan Pembangunan serta Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Selama ini, menurut dia, akses pendanaan bagi peneliti di daerah sangat sedikit. Hal ini antara lain yang menyebabkan partisipasi mereka kurang. Karena itu, demi pemerataan anggaran dan kesempatan, Kementerian Riset dan Teknologi menawarkan pendanaan penelitian bagi mereka.

...dst

17 ) Rektorat Pindah ke Jatinangor
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/457072/
    
Tuesday, 03 January 2012
BANDUNG– Hari ini (Selasa, 3/1),Rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad) secara resmi tidak lagi menempati kampus Unpad di Dipatiukur. Seluruh biro dipindahkan ke kampus Unpad di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Rencananya, acara seremonial kepindahan rektorat yang sudah direncanakan selama bertahun-tahun itu akan dilaksanakan Kamis (5/1) mendatang. Menurut Kepala UPT Humas Unpad Weny Widyowati,seluruh pelayanan administrasi Unpad yang pindah meliputi lima biro, yaitu Akademik, Umum, Keuangan, Kemahasiswaan,Kerja Sama,dan Perencanaan Sistem Informasi."Kepindahan Rektorat Unpad ke kampus Jatinangor bertujuan untuk mendekatkan pelayanan pada civitas akademika yang jumlahnya lebih banyak di kampus Jatinangor, sehingga pelayanan bisa lebih optimal," kata Weny saat ditemui di Unpad,kemarin. 

...dst

18 ) UI Gelar Sidang Promosi Doktor Kedokteran
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/02/373/550216/ui-gelar-sidang-promosi-doktor-kedokteran

Senin, 02 Januari 2012 10:45 wib
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menggelar sidang terbuka, yakni upacara promosi Dipl. Ing. Sari Yohana Panjaitan. Sari Yohana menjadi Doktor dalam Ilmu Biomedik atas dasar disertasinya dengan judul, Kondrogenesis Sel Punca Mesenkim dengan Metode Elektroporasi untuk Menunjang Perbaikan Kerusakan Tulang Rawan Sendi pada Hewan Coba PWG micropig.  Seperti dikutip dari keterangan tertulis UI kepada okezone, promotor dalam hal ini adalah Prof. dr. Fransiscus D. Suyatna, PhD., SpFK

...dst

19 ) Rencana Merombak ISI
Sekolah Menengah Seni Masih Dibutuhkan
http://cetak.kompas.com/read/2012/01/03/02200311/rencana.merombak.isi

Selasa, 03 janurari 2012 
Jakarta, Kompas - Pemerintah berencana mengubah Institut Seni Indonesia dan sekolah tinggi serupa lain menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia. Perubahan itu diharapkan memperkuat pengajaran soal kebudayaan. Namun, rencana itu dinilai tak perlu dilakukan. Wacana mengubah Institut Seni Indonesia (ISI) menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap bidang kebudayaan. Namun, Nuh sendiri belum bisa menjabarkan konsep ISBI karena masih akan mencari masukan. Ketua Forum Guru Besar dan Empu Seni sekaligus Guru Besar Institut Kesenian Jakarta Sardono W Kusumo, Senin (2/1), mengatakan, sebelum melontarkan pembentukan ISBI itu, para rektor ISI dan sekolah tinggi seni lainnya tak pernah diajak bicara. Mereka baru dipanggil Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti setelah ide itu dilontarkan Nuh dalam dialog antarbudayawan dan kalangan akademisi.

...dst

20 ) Lomba Debat FH Untag
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/03/172193/Lomba-Debat-FH-Untag-

03 Januari 2012
SEMARANG-Fakultas Hukum (FH) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), Rabu dan Kamis (4-5/1), akan mengadakan lomba debat mahasiswa bertema "Membangun Hukum yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945". Lomba yang memperebutkan piala Dekan Fakultas Hukum Untag Semarang itu diselenggarakan pukul 09.00 di ruang Peradilan Semu FH  Untag, Jl Bendan Duwur. Menurut Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Yonas Randan Bua, kegiatan ini dilandasi kesadaran bahwa secara umum mahasiswa merupakan kaum intelektual yang memiliki potensi berbeda-beda, tanggung jawab sebagai agen perubahan, dan agen pengontrol di masyarakat. Hal ini dapat diwujudkan dalam setiap bidang keilmuan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Mahasiswa Fakultas Hukum dituntut memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis serta yuridis, untuk mengembangkan kemampuan dalam pengetahuan hukum, baik dalam berargumentasi maupun merancang peraturan perundang-undangan.

...dst

21 ) Heroes CT ITS Ciptakan Plush Toys dan Recycle Toys
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/02/373/550392/heroes-ct-its-ciptakan-plush-toys-dan-recycle-toys

Senin, 02 Januari 2012 14:38 wib
JAKARTA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah yang disediakan oleh setiap kampus untuk menampung berbagai bakat mahasiswa. Meski telah memiliki UKM, mahasiswa Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya juga membentuk sejumlah komunitas. Fasilitas ini tidak hanya sebagai pemuas kreativitas diri, tapi juga menyulap hasil karya mereka menjadi pundi-pundi uang. Salah satu komunitas unik besutan para mahasiswa ini adalah Heroes CT. Awalnya, komunitas bagi para pecinta mainan ini hanya memproduksi mainan berjenis paper toys. Seiring berjalannya waktu, komunitas  ini mulai membuat jenis-jenis mainan lain seperti plush toys, clay toys, danrecycle toys.

...dst

22 ) Wajib Belajar 12 Tahun Sempat Ditolak Kemendikbud, Kok Bisa?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/02/lx6bvf-wajib-belajar-12-tahun-sempat-ditolak-kemendikbud-kok-bisa

Senin, 02 Januari 2012 20:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Gagasan Program Wajib Belajar 12 Tahun yang akan digulirkan pada 2012 sempat ditolak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Alasannya, tak ada dana untuk program itu. Namun, setelah melalui perjuangan yang alot, Program Wajib Belajar 12 Tahun itu akhirnya disetujui Kemendikbud. Pernyataan itu diungkapkan Pimpinan Fraksi Partai Golkar di Komisi X DPR RI (bidang pendidikan), Ferdiansyah. "Terus terang, sempat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tidak setuju (menerapkan Program Wajib Belajar atau Wajar 12 Tahun itu), dengan alasan dananya tidak ada," ujar Fediansyah kepada ANTARA Riau, Senin (2/1). Menurut dia, alasan tidak adanya dana itu sebetulnya tak bisa jadi pengganggu. ''Tengok saja dana BOS. Pada awalnya kan untuk SD dan SMP pun juga dimulai dengan tidak (mengunakan dana) besar. Jadi, hal ini sebenarnya hanya soal kemauan politik," ungkapnya. Menurut Ferdiansyah, sejumlah fraksi pendukung lainnya melihat sikap Mendikbud beserta jajarannya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang awalnya tidak setuju (penerapan Program Wajar 12 Tahun), bisa dianggap sikap tidak konsisten.

...dst

23 ) Pendidikan-Perbaikan 13.000 Ruang Kelas Jadi Prioritas  
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/456968/

Tuesday, 03 January 2012
JAKARTA– Kementerian Agama tahun ini memprioritaskan perbaikan 13.000 ruang kelas madrasah yang mengalami kerusakan berat. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Mohammad Ali mengatakan, jumlah keseluruhan ruang kelas madrasah yang mengalami rusak berat dan ringan seluruhnya 30.000 unit. Dari jumlah tersebut, 13.000 di antaranya masuk kategori rusak berat."Rencananya tahun ini, 13.000 ruang kelas tersebut menjadi prioritas untuk diperbaiki.,"ungkap Ali di Jakarta kemarin. Ali menargetkan, perbaikan keseluruhan ruang kelas yang rusak berat dan ringan selesai pada 2014. Lamanya target tersebut, kata dia, karena besarnya biaya yang dibutuhkan. Apalagi, anggaran khusus fungsi pendidikan tidak hanya diperuntukkan bagi ruang kelas, tetapi juga pada upaya peningkatan kualitas guru. Pada 2011, lanjutnya, anggaran yang terserap untuk bantuan ma-drasah mencapai 96%.  

...dst

24 ) Kemdikbud Bangun Sekolah Berasrama
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/03/172191/Kemdikbud-Bangun-Sekolah-Berasrama

03 Januari 2012
JAKARTA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana untuk membangun sekolah berasrama. Terobosan itu dilakukan sebagai komitmen pemerintah guna memberikan pelayanan pendidikan, khususnya di daerah pelosok dan perbatasan. Direktur Jenderal Pendidikan Menengah (Dirjen Dikmen) Kemdikbud, Hamid Muhammad mengatakan, pihaknya akan membangun sejumlah unit sekolah baru di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, tidak sebanyak yang diharapkan, kemungkinan hanya sekitar 60 unit sekolah baru."Termasuk juga kita akan membangun sekolah baru, yang diprioritaskan di daerah perbatasan dan daerah nelayan, yaitu sekolah berasrama," ujar Hamid, di Gedung Kemdikbud, belum lama ini.

...dst 

24 ) Takut Diuji, Guru Dinilai Tak Profesional
http://www.jpnn.com/read/2012/01/02/112991/Takut-Diuji,-Guru-Dinilai-Tak-Profesional-

Senin, 02 Januari 2012 , 22:33:00
JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai bahwa guru yang takut mengikuti ujian kompetensi berarti adalah guru yang tidak profesional. Menurutnya, ketakutan para guru tersebut sangat tidak mendasar. "Kalau diuji takut begitu, malah kami curiga ada apa sebenarnya? Kalau gurunya takut ikut ujian, lantas bagaimana kualitas muridnya? Kalau guru takut diuji berarti tidak professional," ungkap Nuh kepada JPNN di Jakarta, Senin (2/1). Mantan Rektor ITS ini mengatakan, soal yang akan diujikan di dalam uji kompetensi tersebut tentunya akan disesuaikan dengan keahlian dan jenjang pendidikan di mana guru itu mengajar. Selain itu, bahan-bahan materi ujian yang diujikan pun juga disesuaikan dengan mata pelajaran yang sering diajarkan sang guru di sekolah.

...dst

25 ) Nuh: Uji Kompetensi Guru tak Langgar Aturan
http://www.jpnn.com/read/2012/01/02/112980/Nuh:-Uji-Kompetensi-Guru-tak-Langgar-Aturan-

Senin, 02 Januari 2012 , 17:40:00
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan pelaksanaan uji kompetensi di dalam proses sertifikasi guru tidak melanggar aturan. Penegasan M Nuh ini disampaikan menanggapi berbagai kritikan yang disampaikan menanggapi rencana Kemendikbud melakukan uji kompetensi kepada para guru."Pelaksanaan uji kompetensi ini untuk apa? Untuk mengukur tingkat kompetensi dan kemampuan guru. Katanya kan guru itu profesi, nah maka itu harus diuji kompetensinya. Semua guru harus siap diuji. Yang terpenting ini tidak melanggar aturan atau PP seperti yang diberitakan," tegas Nuh kepada JPNN di Jakarta, Senin (2/1).

...dst

26 ) Mulai 2012, Gita Wirjawan Wajibkan PNS-nya Punya TOEFL 600  
http://finance.detik.com/read/2012/01/01/110315/1804071/4/mulai-2012-gita-wirjawan-wajibkan-pns-nya-punya-toefl-600

Minggu, 01/01/2012 11:03 WIB
Jakarta - Belum seumur jagung menjabat sebagai menteri perdagangan, Gita Wirjawan kembali melakukan gebrakan. Seperti yang ia lakukan sebelumnya di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita akan mewajibkan jajaran 'anak buahnya' di kementerian perdagangan memiliki skor TOEFL (Test of English as a Foreign Language) minimal 600.
Hal ini bagian dari rencana aksinya di 2012 dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kementerian yang ia pegang. Langkah ini, kabarnya membuat resah kalangan PNS di kementeriannya, termasuk jajaran eselon di kementerian perdagangan. 

...dst

27 ) Wajibkan PNS TOEFL 600, Gita Wirjawan Bakal Tak Punya Pegawai
http://finance.detik.com/read/2012/01/01/131337/1804114/4/wajibkan-pns-toefl-600-gita-wirjawan-bakal-tak-punya-pegawai 

Minggu, 01/01/2012 13:13 WIB
Jakarta - Rencana Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pada 2012 yang akan mewajibkan pegawainya (PNS) harus ber-TOEFL 600 dinilai tidak wajar. Jika langkah ini benar-benar dilakukan maka menteri lulusan Universitas Harvard ini bisa-bisa tak memiliki pegawai. Pengamat Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago mengatakan skor TOEFL sebesar 600 itu untuk standar PNS sangat tinggi sekali. Menurutnya standar TOEFL 600 biasanya standar untuk seorang doktor atau S3. "Kalau diterapkan bagi pegawainya, yang datang dari daerah bahkan desa, ya mana ada yang sanggup tembus standar untuk seorang doktor bergelar S3, bisa jadi Gita Wirjawan tidak punya pegawai," ujarnya kepada detikFinance, Minggu (1/1/2012). Menurut Andrinof, jika memang ingin pegawainya ber-TOEFL 600, maka bisa saja hanya untuk beberapa bagian jabatan atau posisi tertentu saja di Kementerian Perdagangan.

...dst 

28 ) Jokowi: Saya Bangga Gunakan Mobil Rakitan Anak-anak SMK
http://regional.kompas.com/read/2012/01/02/21113765/Jokowi.Saya.Bangga.Gunakan.Mobil.Rakitan.Anak-anak.SMK

Senin, 2 Januari 2012 | 21:11 WIB
SOLO, KOMPAS.com — Wali Kota Solo Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi dan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan kebanggaannya bisa menggunakan mobil dinas hasil rakitan siswa-siswa SMK. Mereka akan menggunakan mobil rakitan yang diberi nama Esemka itu sebagai mobil dinas mulai Selasa (3/1/2011)."Saya sangat bangga bisa menggunakan mobil rakitan anak-anak SMK dan Kiat Motor yang pertama. Mobil ini juga tidak kalah dengan mobil-mobil lainnya, silakan dicek dan dicoba. Mobil ini nantinya juga akan saya pergunakan bepergian untuk dinas," kata Jokowi saat penyerahan mobil tersebut di halaman Balaikota Surakarta, Senin tadi.

...dst

29 ) Dana Bos 2011 Masih Tersisa
http://www.jpnn.com/read/2012/01/02/112937/Dana-Bos-2011-Masih-Tersisa-

Senin, 02 Januari 2012 , 11:49:00
TERNATE--Ancaman Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono yang akan mempidanakan 8 daerah di Maluku Utara (Malut) lantaran terlambat menyalurkan dana Bos (bantuan operasional sekolah), membuat dinas pendidikan di daerah angkat bicara. Halmahera Tengah (Halteng) misalnya,--satu dari 8 kabupaten di Malut yang telat menyalurkan dana Bos triwulan IV tahun anggaran 2011, punya alasan tersendiri. Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Diknas)  Halteng M Taher Mujuddin, mengatakan keterlambatan pencairan dana Bos triwulan IV akibat besaran alokasi dana Bos  triwulan IV,  berbeda dengan alokasi dana Bos triwulan I, II, dan III.  Dikatakan Taher, alokasi dana Bos triwulan IV lebih besar, sementara  data siswa penerima Bos masih tetap mengikuti dana Bos triwulan I, II dan III. "Sehingga ada kelebihan sekitar Rp 400 juta, khusus Halteng. Karena itu, kita siapkan data siswa lagi, sebagai penerima Bos. Ini salah satu faktor penyebab keterlambatan," katanya kepada Malut Post (Group JPNN) di Hotel Surya akhir pekan lalu. 

30 ) Fenomena Langit Langka Akan Terjadi Tahun 2012
http://sains.kompas.com/read/2012/01/02/15164957/Fenomena.Langit.Langka.Akan.Terjadi.Tahun.2012

Senin, 2 Januari 2012 | 15:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena langit langka akan terjadi pada pertengahan tahun ini, tepatnya 6 Juni 2012. Venus akan singgah di muka Matahari yang dalam astronomi dikenal sebagai transit Venus. Saat transit Venus terjadi, Bumi, Venus, dan Matahari ada dalam posisi segaris. Venus berada di antara Bumi dan Matahari. Posisi tersebut mirip seperti saat gerhana Bulan, yaitu saat Bulan, Bumi, dan Matahari ada dalam posisi segaris. Perbedaannya, saat transit Venus, piringan Venus tidak cukup besar untuk bisa menutupi piringan Matahari yang lebih besar.Transit Venus terjadi hanya dua kali dalam seabad. Berdasarkan informasi NASA, fenomena ini baru terjadi tujuh kali sejak teleskop ditemukan, yakni tahun 1631, 1639, 1761, 1769, 1874, 1882, dan 2004. Transit Venus terjadi dalam periode waktu dengan formula 8, 121, 5, 8, dan 105,5 tahun.

...dst

OOT:

31 ) Amar Buta dan Dipenjara, Keluarga Tidak Tahu Makan Apa
http://www.detiknews.com/read/2012/01/02/181357/1804913/10/amar-buta-dan-dipenjara-keluarga-tidak-tahu-makan-apa?n991103605

Senin, 02/01/2012 18:13 WIB
Jakarta - Amar Abdullah (38) selain menjadi buta kini juga harus mendekam di penjara. Instruktur fitnes yang pernah menggondol juara program TV 'Asal' mirip Gusti Randa ini, harus meringkuk di penjara hanya karena menendang pintu pagar orang. "Amar tulang punggung keluarga. Setelah dia dipenjara, ya bagaimana lagi," kata istri Amar, Neneng (35), saat ditemui detikcom di rumahnya, Jalan Kenari VI, Kayu Manis, Jakarta Timur, Senin (2/1/2011). Ditemui detikcom di rumah bercat putih kusam, Neneng ditemani oleh ibu serta adiknya. Di rumah petak tersebut, Neneng harus berbagi bersama 7 jiwa yaitu Amar, kedua orang tua Neneng dan adik-adiknya. Dari tempat detikcom duduk, terlihat seluruh isi rumah, dari tempat tidur, dapur hingga kamar mandi. Menuju tempat tinggal Amar, setiap kendaraan sepeda motor harus berbagi jalan.

...ds

Tidak ada komentar: