Cari Blog Ini

Rabu, Januari 18, 2012

Berita Edukasi 18 Januari 2012

1 ) Penelitian Ilmiah UGM- Kembangkan Kurkumin Menjadi Obat Terapi Kanker  

Wednesday, 18 January 2012
YOGYAKARTA– Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengembangkan kurkumin menjadi molekul baru yang mempunyai efek analgetika-anti inflamasi sebagai terapi kanker. Temuan tersebut sudah dipatenkan.Kurkumin merupakan senyawa turunan fenolik dari hasil isolasi rimpang tanaman kunyit. "Ada seratus molekul baru yang kami temukan. Dari jumlah ini delapan di antaranya sudah dipatenkan," ujar peneliti kurkumin Fakultas Farmasi UGM Supardjan di sela-sela seminar Kunyit (Curcuma Longa) Tinjauan Filosofis dan Ilmiah di UGM kemarin. Dari hasil penelitiannya, kurkuminoid yaitu senyawa berwarna kuning di dalam kunyit ternyata mengandung molekul kurkumin, demetoksin kurkumin, dan bisdemetoksin kurkumin.  

...dst

2 ) UGM temukan 100 molekul baru kurkumin kunyit 

Selasa, 17 Januari 2012 16:02 WIB 
Yogyakarta - Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menemukan 100 molekul baru kurkumin kunyit (curcuma longa) yang delapan di antaranya telah dipatenkan. "Kurkumin telah dikembangkan menjadi molekul baru yang mempunyai efek analgetika-antiinflamasi dan bisa dimanfaatkan sebagai terapi kanker," kata peneliti kurkumin dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Supardjan, di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia di sela-sela seminar Kunyit Tinjauan Filosofis dan Ilmiah, berdasarkan penelitiannya, kunyit terbukti mengandung senyawa kurkuminoid yang berwarna kuning ternyata mengandung molekul kurkumin, demetoksin kurkumin, dan bisdemetoksin kurkumin. "Untuk turunannya kurkumin ini bahkan sudah diteliti lebih lanjut. Turunan yang merah lebih ke antiinflamasi, sedangkan yang berwarna kuning lebih untuk melindungi hati (hepatotoksik)," katanya.

...dst

3 ) 400.000 Mahasiswa di Jabar dan Banten Terancam Tak Wisuda

Wednesday, 18 January 2012
CIMAHI– Ratusan ribu mahasiswa perguruan tinggi (PT) swasta di Jawa Barat (Jabar) dan Banten terancam gagal lulus akibat terganjal aturan yang mengharuskan PT swasta berpredikat terakreditasi. Pasalnya, sekitar 70% PT swasta di kedua provinsi tersebut belum terakreditasi.Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV, Jawa Barat dan Banten Abdul Hakim Halim,mengatakan,baru sekitar 30% dari 475 PT swasta di wilayah Jabar dan Banten yang sudah terakreditasi. Alhasil, kondisi tersebut mengancam kelulusan mahasiswanya. Pasalnya, berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), apabila sampai Juni 2012 predikat terakreditasi belum dimiliki PT swasta, maka PT swasta yang bersangkutan tidak diperbolehkan meluluskan mahasiswanya. "Di Jawa Barat dan Banten, jumlah mahasiswa yang berkuliah di PT swasta mencapai sekitar 400.000 orang, 70% terancam gagal wisuda jika hingga Juni 2012 PT swasta yang bersangkutan tak mampu memperoleh predikat akreditasi,"kata Abdul Hakim usai Seminar Penjaminan Mutu Pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Budi Luhur, di Jalan Kerkoff,Kota Cimahi,kemarin. Pihaknya mengaku terus mendorong PT swasta segera melakukan berbagai pembenahan guna meraih predikat akreditasi.

...dst

4 ) Anggaran Internet Sekolah Ditahan DPR
Bayar Internet dengan Dana BOS

Rabu, 18 Januari 2012 , 04:24:00
JAKARTA - Sambungan internet sekolah dalam rangka Program Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas) tahun ini sedikit terganggu. Soalnya, anggaran khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk Jardiknas masih ditahan DPR. Selama setahun, anggaran yang dikelola untuk Jardiknas ini mencapai Rp 162 miliar. Program Jardiknas selama ini dijalankan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pusetekom) Kemendikbud. Kapustekom Kemendikbud Ari Santoso mengatakan, pihaknya harus memutar utak dengan keputusan DPR yang menahan duit Jardiknas ini. "Dalam APBN, pos anggaran Jardiknas ini diberi tanda bintang (tanda tidak dicairkan dulu, Red)," ujarnya. Ari mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan sikap DPR yang menunda dulu pengucuran dana untuk Jardiknas ini. Ketika diputuskan dana Jardiknas ditunda pencairannya, Ari menjelaskan pihaknya langsung putar otak. Dia mengatakan harus mencari alternatif pembiayaan.

...dst

5 ) Ubah Image Pertanian, IPB Gandeng PT Bina Pertiwi

Selasa, 17 Januari 2012 19:22 wib
JAKARTA - Demi menyukseskan ketahanan pangan, Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerja sama dengan PT Bina Pertiwi. Kerja sama ini meliputi pengembangan pertanian industri melalui pendampingan akademis dan kemitraan kerja.Penandatanganan nota kesepahaman antarkedua belah pihak dilakukan di Lobby Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt. 2 oleh Rektor IPB Herry Suhardiyanto dan Bugie Laksmana selaku Predisen Direktur PT Bina Pertiwi. Melalui kerja sama ini, Herry berharap dapat mengubah citra pertanian di mata masyarakat. "Dengan adanya kerjasama ini mampu mengubah citra dan melakukan rebranding pertanian. Dari pertanian yang dianggap kumuh dan tidak menguntungkan berubah citranya menjadi sesuatu yang menguntungkan dan membanggakan di mata generasi muda," ujar Herry seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Selasa (17/1/2012).

...dst

6 ) AMIKOM-Wakom Sepakat Kembangkan Industri Animasi  

Wednesday, 18 January 2012
YOGYAKARTA – STMIK AMIKOM sepakat menjalin kerja sama pengembangan industri kreatif animasi di Indonesia dengan perusahaan pentabletWacom dari Singapura.  Penandatanganan kerja sama dilakukan kemarin di Kampus AMIKOM antara Ketua STMIK AMIKOM M Suyanto dan Marketing Executive Wacom PT Datascrip Lucia Melanie. Kerja sama menjadi terobosan bagi AMIKOM untuk menjadi lokomotif industri kreatif, khususnya dunia animasi. Hal itu didukung posisi AMIKOM sebagai satu-satunya institusi yang mendapat lisensi tersebut di Tanah Air. "AMIKOM dan Wacom sudah lama melakukan penjajakan kerja sama ini, tapi baru terealisir 14 Desember 2011 lalu," kata Suyanto.

...dst  

7 ) Mahfud Minta 75 Kampus Nilai Kinerja MK

Selasa, 17 Januari 2012 | 19:56 WIB
JAKARTA,- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, tujuan kerja sama MK dengan 75 Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta untuk menilai kinerja MK dalam memutus suatu perkara persidangan. "Kerja sama yang melibatkan 75 Perguruan Tinggi ini bertujuan agar pikiran-pikiran kampus masuk ke dalam tubuh MK dan melakukan penilaian terhadap putusan-putusan perkara persidangan oleh Hakim MK," ujar Mahfud kepada wartawan usai menghadiri penandatanganan Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi se-Indonesia di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (17/1/2012). Kerja sama ini, menurut Mahfud, tidak menyangkut persoalan konkret suatu perkara dalam persidangan, melainkan di bidang akademis yang bersifat abstrak untuk materi pembelajaran dalam lingkungan kampus.

...dst

8 ) Badan Kehormatan: Plagiat Pelanggaran Etika Berat 

RABU, 18 JANUARI 2012 | 01:41 WIB
Jakarta - Ketua Badan Kehormatan DPR Muhammad Prakosa menilai plagiat merupakan pelanggaran etika berat. Ketentuan itu berlaku untuk semua orang, termasuk anggota DPR."Anggota Dewan tidak boleh dan tidak layak (plagiat)," kata Prakosa di gedung MPR/DPR, Selasa, 17 Januari 2011. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menilai plagiat merupakan pelanggaran paling berat terhadap hasil karya. Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Marwan Ja'far diduga memplagiat karya Jusman Dalle, aktivis mahasiswa Makassar. Jusman menilai Marwan menjiplak 80 persen karyanya dalam tulisan yang dikirim atas nama Marwan ke Koran Tempo. Tulisan Marwan itu dimuat di rubrik opini pada 13 Januari 2011.

...dst

9 ) Rektor UMS Raih Opini Terbaik  

Wednesday, 18 January 2012
JAKARTA– Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Bambang Setiaji berhasil meraih penghargaan dalam bidang tulisan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tulisan Bambang berjudul "Kesulitan Menilai Kinerja" yang dimuat di harian Seputar Indonesia(SINDO) edisi 17 Oktober 2011 terpilih sebagai opini terbaik pertama. Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Ketua BPK Hadi Poernomo bersamaan dengan Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-65 BPK di Jakarta kemarin.Bambang mengaku tidak menyangka opini yang ditulisnya bersama Ibrahim Fatwa Wijaya, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) itu, terpilih sebagai tulisan terbaik. Menurut dia, tujuannya menulis sama sekali bukan untuk dilombakan.

...dst

10 ) Mobil Esemka Sah secara Hukum

Selasa, 17 Januari 2012 | 16:08 WIB
JAKARTA, — Sejumlah mahasiswa program doktoral Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) memaparkan pandangan hukum terhadap keberadaan mobil Esemka. Kajian ini merupakan wujud keikutsertaan dan komitmen dalam rangka mendukung kemandirian bangsa terkait keberadaan dan pengembangan mobil Esemka. Adapun legal opinion yang disampaikan adalah, pertama, lahirnya mobil Esemka yang merupakan rintisan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah wujud pelaksanaan tujuan pembentukan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 45 sebagai konstitusi negara. Menurut salah seorang tim pengkaji, Idris F Sihite, pada alinea keempat Pembukaan UUD 45 tercantum tujuan dibentuknya negara Indonesia, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

...dst

11 ) Dukung Mobil Esemka, SBY Diminta Terbitkan Inpres

Selasa, 17 Januari 2012 , 21:04:00
JAKARTA — Banyaknya dukungan dan apresiasi dari kalangan pemerintah hingga masyarakat terhadap mobil Esemka buatan siswa SMK ternyata dinilai belum mampu memberikan jaminan seutuhnya terhadap kelangsungan produksi mobil tersebut. Para dosen, mahasiswa doctoral, dan kalangan akademisi dari beberapa universitas menyampaikan, harus ada dukungan dalam bentuk konkrit dari pemerintah. Yakni, adanya Instruksi Presiden (Inpres) yang digunakan sebagai payung  dan perlindungan hukum bagi mobil Esemka. "Saya rasa, tanpa adanya Inpres, maka keberlangsungan produksi mobil Esemka tidak akan berjalan meskipun kuatnya dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. Tapi jika adanya Inpres, maka ketika Esemka ini menjadi cikal bakal mobil nasional dan kebanggan Indonesia bisa semakin lebih lancar," ungkap Dosen Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember, Bayu Dwi Anggono di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (17/1).

...dst

12 ) UAD Siapkan Sekolah Vokasi

Wednesday, 18 January 2012
YOGYAKARTA– Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berencana membuka sekolah vokasi di kampus tersebut.Selain mempersiapkan tenaga ahli bidang tertentu, sekaligus respons atas keberhasilan pelajar sekolah menegah kejuruan (SMK) yang sukses menciptakan sejumlah produk dan teknologi tepat guna. Misalnya, mobil Esemka dan laptop. Rektor UAD Kasiyarno mengatakan untuk kepentingan tersebut, saat ini pihaknya mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan dan praktik.Beberapa di antaranya gedung, laboratorium, bengkel, serta fasilitas penunjang lainnya.UAD saat ini merencanakan membangun kampus baru di daerah Wirosaban, tepatnya di utara ringroad selatan. 

...dst

13 ) Menristek: sektor industri masih tergantung teknologi asing

Selasa, 17 Januari 2012 15:16 WIB 
Semarang  - Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta menilai, sektor industri di Indonesia masih sangat tergantung pada teknologi luar negeri. "Orang Indonesia  belum yakin dengan teknologinya sendiri," kata Hatta usai membuka workshop "Mengembangkan Kisah Sukses Penguatan Sistem Inovasi" di Semarang, Selasa. Menurut dia, lebih dari 90 persen industri di Indonesia, teknologi yang digunakan berasal dari luar. Selain itu, lanjut dia, sebagian besar industri farmasi dikuasai oleh asing dan bahan baku obatnya masih diimpor.Ia meminta seluruh bidang di kementerian yang dipimpinnya untuk menginvetarisasi berbagai teknologi yang telah ditemukan, kemudian di pilah-pilah.

...dst

14 ) Mutu Pendidikan Dokter Belum Rata
Fakultas Kedokteran Tak Boleh Berakreditasi C

Jakarta,  - Pendirian sejumlah fakultas kedokteran di sejumlah daerah pada tahun 2008-2010 tidak diimbangi penyediaan dosen ataupun sarana dan prasarana yang memadai. Akibatnya, sebagian fakultas kedokteran hanya memiliki akreditasi C, bahkan belum terakreditasi. Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Menaldi Rasmin, Selasa (17/1), di Jakarta, mengatakan, tahun 2008 hanya ada 52 fakultas kedokteran. Namun, tahun 2010 jumlahnya menjadi 72 fakultas kedokteran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2009 menyebut, ada 69 fakultas kedokteran. Sebanyak 31 fakultas dikelola universitas negeri dan 38 fakultas dikelola swasta. Data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun yang sama menunjukkan hanya 16 fakultas kedokteran terakreditasi A, 18 terakreditasi B, dan 10 terakreditasi C. Sisanya belum terakreditasi.

...dst

15 ) Sejumlah Penghargaan Diraih UNJ

Selasa, 17 Januari 2012 21:43 WIB
JAKARTA- Tahun 2011 merupakan tahun prestasi untuk Universitas Negeri Jakarta (UNJ), karena selama 2001 sejumlah penghargaan diraih UNJ. Penghargaan yang dicapai bukan dari bidang akademik saja, tetapi juga dari nonakademik, baik secara nasional maupun internasional. Kepala Humas UNJ Widya Parimita dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Selasa (17/1) menyebutkan, dua mahasiswa UNJ yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Pencinta Alam (KMPA) Eka Citra, yakni Putra Dwinanda dan Muhammad Syanusi, berhasil mendaki puncak Mount Elbrus di Rusia, sebagai hadiah ulang tahun ke-30 KMPA Eka Citra. Selain itu, kata Widya, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ yang juga penerima beasiswa Bidik, Ince Dian Aprilyani, menerima penghargaan The Global Young Leader Award dari Harvard BA. 

...dst

16 ) UBH-UTM Malaysia gelar konferensi internasional konstruksi industri

Selasa, 17 Januari 2012 07:37 WIB
Padang - Program studi Teknik Ekonomi Konstruksi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta (UBH) Padang bekerja sama dengan University Teknologi Malaysia (UTM) menggelar konferensi internasional tentang "Konstruksi industri 2012". Konferensi dengan nama "The 3rd International Conference on Construction Industry 2012", digelar dalam rangka meningkatkan kerja sama UBH-UTM yang sudah lama terjalin dengan baik selama ini, kata Ketua Panitia Konferensi, Zulherman ST MSc di Padang, Senin. Kegiatan yang akan dilaksanakan 9 hingga 11 April 2012 itu mengambil tema "Governance and Best Practice towards Growth of Sustainable Construction", tambahnya. Ia menjelaskan, penyelenggaraan konferensi tersebut adalah sebagai forum ilmiah bagi masyarakat konstruksi yakni, para praktisi, akademisi dan birokrasi, dalam menyampaikan gagasan, perkembangan atau isu terkini dalam sektor industri konstruksi.

...dst

17 ) Wagub Jatim Sambangi Stan IPB di Jombang

Selasa, 17 Januari 2012 13:56 wib
JAKARTA - Stan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang digelar dalam Pameran Perguruan Tinggi/Pendidikan Profesi bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Jombang, Jawa Timur mendapat kunjungan dari tamu istimewa, yakni Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf.Saat memasuki stand IPB, Syaifullah melontarkan sapaan ramah dan lantang khas Jawa Timur. "Halo IPB! Wah hebat IPB," kata Syaiful seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Selasa (17/1/2012). Ketika mengunjungi stand IPB, pria yang biasa disapa Gus Ipul ini mencicipi jambu kristal yang merupakan hasil inovasi mahasiswa dan telah dibudidayakan para petani, bahkan menembus pangsa ekspor. "Ini Jambu hasil penelitian IPB?" ujarnya seolah tidak percaya.

...dst

18 ) Beasiswa Pertamina Foundation untuk "Laskar Pelangi"

Selasa, 17 Januari 2012 | 21:00 WIB
JAKARTA, — Para pemeran film "Laskar Pelangi" mendapat beasiswa dari Pertamina Foundation untuk meneruskan pendidikan ke jenjang S-1. Beasiswa diberikan sebagai penghargaan dan komitmen terhadap anak-anak berpotensi untuk bisa meraih cita-cita mereka. Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono saat menemui pemain "Laskar Pelangi" di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (17/1/2012), mengemukakan bahwa beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup selama delapan semester atau sekitar empat tahun di perguruan tinggi negeri atau swasta yang beakreditasi A. Dari 12 pemain, yang mendapatkan beasiswa pendidikan S-1 sebanyak 11 orang.

...dst

19 ) Masih Terbuka, Beasiswa Master ke Belanda! 

Selasa, 17 Januari 2012 | 19:05 WIB
Pendaftaran beasiswa StuNed atau Studeren in Nederland (studi di Belanda) untuk program master akan ditutup 15 Maret 2012. Pelamar diharuskan mendapatkan surat penerimaan terlebih dahulu dari universitas tujuan studinya di Belanda. Stuned adalah program beasiswa yang diberikan Pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerja sama bilateral antara Pemerintah Belanda dan Indonesia. Program beasiswa ini menjadi bagian dari kebijakan kerja sama pembangunan Pemerintah Belanda untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan milenium (MDG) pada 2015 mendatang.

...dst

20 ) Mahasiswa Pekanbaru keluhkan "pungli" surat riset

Selasa, 17 Januari 2012 10:46 WIB 
Pekanbaru  - Para mahasiswa di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menyesalkan dengan masih adanya "pungutan liar" (pungli) saat mengurus surat riset untuk kegiatan penelitian terkait tugas akhir mereka di Kantor Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Politik atau Kesbanglinmaspol. "Sebenarnya tidak ditetapkan berapa angkanya, tapi mereka (staf Badan Kesbanglinmaspol Pekanbaru) selalu minta. Katanya uang administrasi sukarela. Bahasa merekanya, `tinggalkan uang administrasinya berapa aja`," kata seorang mahasiswa Usman, Selasa. Mahasiswa Universitas Islam Nasional Sutan Syarif Kashim (UIN Suska) Riau ini mengaku, dia dan beberapa rekannya pernah mengalaminya, ketika mengurus surat riset di Kantor Badan Kesbanglinmaspol Pekanbaru. Karenanya, dia pun mengakui sangat keberatan sekali dengan sikap yang dilakukan oleh beberapa pegawai di Badan Kesbanglinmas tersebut. Dikatakannya, mahasiswa yang seharusnya dibantu, malah dimintai bayaran ketika pembuatan surat selembaran tersebut.

...dst

21 ) Tunjangan Guru Honorer Rp300 Ribu per Bulan

Selasa, 17 Januari 2012 , 08:54:00
BANDUNG - Pemkot Bandung akan mengalokasikan anggaran Rp50 miliar dalam APBD Kota Bandung 2012 untuk tunjangan guru honorer. Rencananya, setiap guru honorer akan mendapatkan tunjangan  penghasilan sebesar Rp 300 ribu per bulan. Yang menjadi masalah sekarang, ada perbedaan data jumlah guru honorer di Dinas Pendidikan Kota Bandung(Disdik) dengan beberapa asosiasi guru honorer di Kota Bandung. Karenanya, saat ini mendesak untuk segera dilakukan verifikasi jumlah guru honorer."Di lapangan terdapat banyak kesulitan untuk melakukan verifikasi guru honorer di Kota Bandung. Jumlah antara Disdik dan asosiasi guru honorer berbeda, makanya verifikasi harus dilakukan lebih mendetail," kata Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bandung, Katmadja, ketika ditemui di ruang kerjanya, kemarin (16/1).

...dst

22 ) Uji Kompetensi Bagi Guru yang Belum Dapat Sertifikasi

01/16/2012
Jakarta --- Kompetensi guru tetap menjadi fokus perhatian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M.Nuh menyatakan, profesionalisme guru harus mencakup empat kompetensi yaitu akademik, sosial, profesi, dan pedagogik. Untuk itu, uji kompetensi akan diberlakukan tahun ini kepada para guru, terutama guru baru yang belum mendapatkan sertifikasi. Hal yang terpenting, uji kompetensi itu tidak akan melampaui batasan guru yang bertugas. Artinya, materi yang diujikan adalah materi sesuai dengan jenjang pendidikan yang diajar...cut...Mendikbud menambahkan, uji kompetensi hanya diberlakukan bagi para guru yang belum mendapat sertifikasi. "Jadi, bagi guru yang sudah sertifikasi terus berjalan seperti biasa." (Grace)

...dst

23 ) Penyaluran Dana BOS Catat Rekor Baru

01/17/2012
Jakarta --- Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2012 mencatat rekor baru. Pada pekan ketiga triwulan pertama, penyaluran dana ini sudah mencapai 92,41 persen dari total anggaran pada periode ini, atau Rp5,18 triliun dari Rp6,8 triliun. Dibandingkan 2010 dan 2011, yang penyaluran dana BOS baru mencapai 90 persen pada bulan kedua dan ketiga pada triwulan pertama, tahun ini adalah yang terbaik. Untuk memastikan apakah penyaluran dana BOS benar-benar telah sampai ke sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengecek langsung kepada kepala dinas pendidikan, kepala sekolah, orang tua siswa, bahkan kepada siswa, melalui telekonferensi ke tujuh perguruan tinggi negeri.  Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Cenderawasih Jayapura, Universitas Negeri Semarang, Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Samratulangi Manado, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Nusa Cendana, dan Universitas Negeri Jambi.

...dst

24 ) Tidak Boleh Ada Pungutan UN

Selasa, 17 Januari 2012 | 19:53 WIB
JAKARTA, — Biaya penyelenggaraan ujian nasional menjadi tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah. Karena itu, penyelenggaraan ujian nasional tidak boleh membebani siswa dan orangtua. Peraturan yang secara tegas melarang pungutan biaya penyelenggaraan UN tahun ajaran 2011/2012 itu diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. Peraturan ini ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir tahun 2011.

...dst

25 ) Jerman Hibahkan 28 Juta Euro untuk Pendidikan RI

Selasa, 17 Januari 2012 14:34 wib
JAKARTA - Pemerintah Jerman memberikan pinjaman dan hibah pendidikan senilai 28 juta euro atau setara dengan Rp327,59 miliar (Rp11.699 per euro) kepada pemerintah Republik Indonesia. Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rahmat Waluyanto menjelaskan, pinjaman tersebut akan dipergunakan untuk pendidikan serta latihan teknis dan kejuruan. Menurut Rahmat, pinjaman dan hibah pendidikan yang disepakati pada 15 Desember lalu dialokasikan untuk membiayai program 'Sustainable Economic Development Through Technical and Vocational Education and Training (SED-TVET).'

...dst

26 ) Hibah Jerman untuk Kembangkan SMK

Selasa, 17 Januari 2012 17:00 wib
JAKARTA - Dana pinjaman dan hibah yang diterima Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan SMK akan dialokasikan kepada empat titik utama di SMK. Dana ini memang difokuskan untuk mengembangkan pendidikan SMK di Tanah Air. Direktur Pembinaan SMK Joko Sutrisno menyebutkan, sektor pertama terkait kajian pendidikan kejuruan. Kajian ini meliputi kebijakan dan sistem pendidikan di sekolah kejuruan. Kedua, lanjutnya, penyediaan peralatan pendidikan di SMK. "Dana tersebut untuk membeli dan menyediakan peralatan pendukung pendidikan di sekolah kejuruan, seperti pengadaan mesin uji coba untuk SMK yang bergerak di bidang otomotif. Ya, semua peralatan yang dapat mendukung sarana praktik bagi para pelajar SMK," ujar Joko menjelaskan ketika dihubungi okezone, Selasa (17/1/2012).

...dst

27 ) Pungutan Liar
Masuk PNS Perlu Rp 60 Juta-Rp 100 Juta

Selasa, 17 Januari 2012 | 16:12 WIB
JAKARTA,  — Biaya calo untuk masuk pegawai negeri sipil disinyalir dari Rp 60 juta sampai Rp 100 juta. Bila saja setiap tahun 1.500 orang diterima, maka uang yang berputar berkisar Rp 150 miliar. Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar ketika mengunjungi Redaksi Harian Kompas, Selasa (17/1/2012) siang. Menpan dan RB diterima Pemimpin Redaksi Kompas Rikard Bagun, Wakil Pemred Trias Kuncahyono, Redaktur Pelaksana Budiman Tanuredjo, dan Kepala Desk Politik Hukum Tri Agung Kristanto.

...dst

28 ) Ini Komentar Hatta Soal Negara Autopilot

SELASA, 17 JANUARI 2012 | 19:38 WIB
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa akhirnya tergelitik untuk mengomentari negara autopilot. "Tidak ada satu negara pun yang tidak ada pemimpinnya," kata Hatta Rajasa di Kantornya, Selasa, 17 Januari 2012. Ia menegaskan, semua pemimpin negara pasti bekerja demi kepentingan rakyatnya. Istilah negara autopilot rame jadi orbolan belakangan ini. Istilah itu dimunculkan oleh beberapa orang untuk merepresentasikan kondisi Indonesia yang dianggap berjalan sendiri tanpa kontribusi dari pemerintah. Pemerintah dianggap gagal untuk mensejahterakan rakyat dalam berbagai bidang. Beberapa waktu lalu, Yudi Latief dari Reform Institute menuding pemerintah Indonesia lebih sensitif dengan citra diri ketimbang dengan keselamatan negara. Pemerintaah saat ini dianggapnya sebagai rezim yang miskin prestasi. Tak hanya itu, seolah-olah pemerintah tidur dan kehidupan berjalan seperti biasa.

...dst


Tidak ada komentar: