Google+ Followers

Selasa, Januari 10, 2012

30 Berita Edukasi Terbaik Hari Ini


1 ) Mendikbud Canangkan Good University Governance

Senin, 09 Januari 2012 13:44 wib
JAKARTA - Sebagai institusi pendidikan tertinggi di Tanah Air, perguruan tinggi didapuk menjadi role model dalam penerapan good university governance. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) M Nuh menyatakan, upaya mewujudkan good university governance pada tiap universitas di Indonesia menjadi tugas banyak pihak, mulai dari universitas terkait, hingga Kemendikbud. "Perwujudan good university governance menjadi tugas kita semua. Tahun ini diharapkan dapat menjadi tahun yang baik, karena awal tahun ini kita sudah melakukan implementasi good university governance," ujar Nuh ketika membuka pertemuan rektor se-Indonesia dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Senin (9/1/2012). 

...dst

2 ) BPK Periksa Anggaran Kemendikbud

Senin, 9 Januari 2012 | 19:00 WIB
JAKARTA, Badan Pemeriksa Keuangan bakal fokus memeriksa pemanfaatan anggaran pendidikan, utamanya yang langsung berdampak pada siswa dan guru. Dana-dana pendidikan yang bakal dijadkani fokus pemeriksaan mulai dari beasiswa bagi siswa miskin, bantuan operasional sekolah, rehabilitasi sekolah, hingga sertifikasi guru. Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil di Jakarta, Senin (9/1/2012), mengatakan pendidikan mendapat keistimewaan luar biasa di negeri ini. Has ini terlihat dari komitmen pemerintah yang sangat jelas dengan mengalokasikan minimal 20 persen APBN untuk pendidikan.
"Jangan sampai dana pendidikan yang besar dan etrus meningkat itu, tidak bermakna apa-apa bagi masyarakat. Kebijakan pemerintah untuk pendidikan bisa saja bagus, tetapi kenyataannya di lapangan, banyak persoalan. Ini yang perlu diperiksa," kata Rizal.

...dst

3 ) Keuangan PTN Masih Bermasalah

Selasa, 10 Januari 2012
Jakarta, Tata kelola keuangan perguruan tinggi negeri masih banyak bermasalah. Dari tindak lanjut perkembangan 2006-2010 yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan, tercatat dana sekitar Rp 860,01 miliar belum sesuai dan dalam proses tindak lanjut serta Rp 0,33 miliar belum ditindaklanjuti. Persoalan tersebut mengemuka dalam pertemuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan para rektor perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia di Jakarta, Senin (9/1). Hadir dalam pertemuan itu antara lain anggota BPK, Rizal Djalil, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. "BPK sudah melakukan pemeriksaan laporan keuangan tahun 2010 pada tahun lalu. Ternyata, tata kelola keuangan di berbagai PTN masih bermasalah. Kenyataan ini ironis karena PTN tempatnya orang-orang pintar," kata Rizal. Hasil pemeriksaan laporan keuangan yang dinilai bermasalah meliputi aset, penggunaan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang tidak sesuai ketentuan, pengadaan barang/jasa, dan denda keterlambatan penyelesaian pekerjaan yang belum disetor ke kas negara.

...dst

4 ) Perguruan Tinggi Sulit Kelola Aset

Senin, 09 Januari 2012 14:14 wib
JAKARTA - Mayoritas perguruan tinggi di Indonesia mengalami kendala dalam tata kelola aset.Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil menyebutkan, berdasarkan Laporan Keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun anggaran 2010, permasalahan aset universitas yang biasa muncul terkait sertifikat aset, penghapusan aset tanpa pemberitahuan terhadap Menteri Keuangan (Menkeu), dan komersialisasi aset."Sebenarnya tidak ada larangan terkait komersialisasi aset milik universitas. Jika keputusan diambil dengan benar sesuai dengan kesepakatan seluruh civitas dan juga memberikan keuntungan bagi negara, kenapa tidak? Tapi harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku (sesuai PP No.6)," kata Rizal seusai pertemuan rektor se-Indonesia dengan BPK RI di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Senin (9/1/2012). Dalam pembuatan laporan keuangan, lanjutnya, pihak universitas dapat memberdayakan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis yang baik pada bidang tersebut. "Akuntan terbaik berasal dari perguruan tinggi. Mahasiswa dengan kemampuan akademis baik bisa diperbantukan dalam pembuatan laporan keuangan," ujarnya.

...dst

5 ) Pendidikan Antikorupsi Juga Berlaku di Kemendikbud

Senin, 09 Januari 2012 16:05 wib
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggalakkan pendidikan antikorupsi sejak dini. Namun, tidak hanya diterapkan kepada generasi penerus, pendidikan anti korupsi juga berlaku bagi satuan kerja di bawah naungan Kemendikbud. Hal ini disampaikan Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar selepas acara pertemuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan rektor seluruh Indonesia di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2012). Dia mengungkapkan, kemendikbud aktif membangun wilayah bebas korupsi, yakni dengan mengelola keuangan lebih baik, pendidikan lebih baik, serta penerapan pendidikan anti korupsi. "Jadi, bukan hanya kementerian yang mendidik anak-anak menjadi generasi baru antikorupsi, tapi kementrian sendiri jadi yang terdepan untuk bersama-sama melawan korupsi," ujar Haryono.

...dst

6 ) Undip Sediakan 40% Jatah Jalur Undangan untuk Jateng

10 Januari 2012
SEMARANG - Awal Februari Undip membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. "Pendaftaran online akan mulai dibuka pada 1 Februari hingga 8 Maret melalui undangan.snmptn.ac.id," kata Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso, kemarin. Agus menjelaskan, jalur undangan akan dibuka bersamaan dengan perguruan tinggi negeri lainnya untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademis yang baik selama di SMA. Daya tampung penerimaan dari jalur itu di Undip adalah 60% untuk calon mahasiswa dari seluruh  Indonesia dan 40% untuk SMA-SMA di Jawa Tengah. Kebijakan tersebut untuk memberi kesempatan berkompetisi secara terbuka bagi semua yang memiliki kemampuan prestasi yang baik. "Artinya, calon mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah tidak perlu ragu dan kecil hati untuk mendaftar di Undip, karena khawatir akan didominasi calon mahasiswa dari luar Jawa Tengah. Kuota untuk mereka sudah kami pertimbangkan. Sekarang setiap calon mahasiswa yang akan mendaftar sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik dan mencari informasi tentang jurusan yang akan dipilih serta prospek ke depan, sehingga tidak salah pilih," tambahnya.

...dst

7 ) Mobil Irit BBM ITB Akan Diproduksi Massal

Senin, 09 Januari 2012 12:23 wib
BANDUNG - Tingginya animo publik terhadap mobil Esemka buatan pelajar SMK asal Solo, Jawa Tengah, membuat tim Cikal Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menggeluti mobil irit bahan bakar minyak (BBM) tertarik untuk memproduksi massal mobil mereka.Cikal Nusantara merupakan mobil yang dikembangkan pada 2010 untuk mengikuti kompetisi mobil irit Shell Eco-Marathon (SEM) Asia. Mobil Cikal menggunakan mesin motor 110 cc dengan bahan bakar bensin. "Kalau ada kesempatan, kami mau juga mengembangkan mobil ini seperti Esemka," kata Manager Tim Cikal ITB Piter Lukita Ferdian, kepada okezone, Senin (9/1/2012). Saat ini, tim Cikal ITB memang tengah menyelesaikan tiga mobil irit BBM untuk dilombakan kembali di SEM Asia 2012 di Sepang, Malaysia."Untuk produksi massal, kami memang lagi nunggu sponsor. Tinggal menunggu orang yang mau berinvestasi," ujarnya.

...dst

8 ) IAKI Curhat, Sarjana Teknik Kurang Perhatian

Senin, 09 Januari 2012 11:32 wib
JAKARTA - Keterbatasan sarjana teknik di Indonesia ditengarai terjadi karena pemerintah masih mengabaikan lulusan lembaga pendidikan asing, baik perguruan tinggi maupun pelatihan yang memiliki prestasi gemilang dan potensial. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Ikatan Alumni KOICA Indonesia (IAKI), atau perhimpunan alumni mahasiswa Indonesia di Korea Surat Indrijarso. Menurutnya, pengabaian oleh pemerintah terlihat ketika para sarjana teknik lulusan luar negeri itu kembali ke Tanah Air, mereka tidak dioptimalkan oleh negara akibat belum tersedia proyek atau program maupun fasilitas.Seperti pada masa mantan Presiden BJ Habibie, banyak mahasiswa yang disekolahkan ke Jerman untuk mengembangkan pesawat di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang kini berganti nama menjadi PT Dirgantara Indonesia. Akan tetapi perusahaan negara ini pun terbengkalai dan berdampak pada para sarjana teknik di dalamnya yang harus mencari lapangan kerja baru.

...dst  

9 ) UII Yogyakarta peringkat pertama PTS di DIY

Selasa, 10 Januari 2012 06:15 WIB
Yogyakarta  - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menempati peringkat pertama perguruan tinggi swasta terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan peringkat kedua di Indonesia berdasarkan pemeringkatan "4 International College and Universities"."Capaian itu merupakan hasil yang menggembirakan, karena membuktikan konsistensi Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," kata Rektor UII Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, UII selama ini melihat bahwa pemeringkatan yang digunakan oleh "4 International College and Universities" (4ICU) dan lembaga lainnya sebagai "benchmarking" dalam upaya pengembangan pelayanan kampus, bukan tujuan akhir. Dengan demikian, kata dia, yang dilakukan UII bukan mengejar peringkat, melainkan memberikan penguatan kepada badan dan unit terkait agar sebagai sebuah institusi pendidikan mampu memenuhi standar internasional yang menjadi acuan tersebut.

...dst

10 ) Peringkat PT Mendorong Pelayanan Berkualitas

Senin, 09/01/2012 - 18:36
YOGYAKARTA, .- Pencapaian pemeringkat tinggi pada perguruan tinggi (PT) bukan tujuan akhir. Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid menyatakan manajemen kampus harus makin menguatkan kepada badan-badan dan unit-unit terkait di kampus untuk terus meningkatkan pelayanan pendidikan dan kualitasnya dengan makin tinggi peringkatnya di tingkat nasional dan internasional. "Jadi, pelayanan pendidikan selalu diutamakan. Ada atau tidak ada pemeringkatan, pelayanan pendidikan harus tetap yang terbaik. Ini makna pemeringkatan PT bukan tujuan akhir," ujar dia di Yogyakarta, Senin (9/1).  Berdasarkan pengumuman pemeringkatan PTN/PTS oleh 4 International College and Universities (4ICU) pada awal 2012. Lembaga ini menempatkan UII pada peringkat Kopertis V, peringkat dua dari seluruh PTS di Indonesia, dan peringkat 13 nasional dari seluruh PTN/PTS. Sebelumnya, UII berada pada peringkat 18 PTN/PTS.

...dst

11 ) HIMA FE UMY selenggarakan olimpiade akuntansi

Selasa, 10 Januari 2012 06:10 WIB 
Yogyakarta  - Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Olimpiade Akuntansi Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan se-Daerah Istimewa Yogyakarta. "Olimpiade itu diselenggarakan di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 29 Januari 2012. Pendaftaran peserta dibuka hingga 26 Januari 2012," kata Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade Akuntansi SMA dan SMK se-DIY, Haris Muchlisin di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, olimpiade diawali babak penyisihan dengan mengerjakan 75 soal pilihan ganda dan akan diambil masing-masing 10 peserta SMA dan SMK, kemudian semi final dengan 50 soal dan akan diambil lima peserta dari SMA dan SMK, dan "grand final" dengan lima soal berbentuk esai dan akan diambil masing-masing dari SMA dan SMK pemenang pertama, kedua, dan ketiga. Dalam olimpiade itu pemenang akan meraih beberapa penghargaan, yakni pemenang pertama mendapatkan piala Gubernur DIY, uang sebesar Rp1 juta, sertifikat, dan masuk UMY tanpa tes, pemenang kedua (piala, uang Rp750.000, sertifikat), dan pemenang ketiga (piala, uang Rp500.000, sertifikat).

...dst

12 ) Wakil Rektor Unas: Banyak Buah Terancam Langka!

Senin, 9 Januari 2012 | 18:16 WIB
JAKARTA,  — Ketekunan para peneliti Thailand, terutama peneliti di Maejo University, patut diacungi jempol dan ditiru. Pasalnya, untuk menghasilkan buah lengkeng berkualitas tinggi, mereka menghabiskan waktu belasan tahun untuk meneliti dan mengembangkannya. Demikian diungkapkan Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Nasional (UNAS), Prof Ernawati Sinaga, di Jakarta, Senin (9/1/2012), dalam siaran pers tentang presentasinya bertema "Biodiversity of Edible Wild Fruits in Kalimantan Indonesia" pada International Symposium on Tropical and Subtropical Fruits di Imperial Mae Ping Hotel, Chiang Mai, Thailand, akhir Desember 2011 lalu. Ia mengatakan, kekaguman itu seharusnya juga menjadi cambuk bagi Indonesia karena hutan-hutannya kaya akan tanaman buah-buahan. 

...dst

13 ) Pakar ITS: Mobil Esemka Bukti Indonesia Siap Berdikari 

Senin, 9 Januari 2012 11:35 WIB
Surabaya: Pakar teknik mesin ITS Surabaya Prof. Ir. Herman Sasongko menilai mobil Esemka sesungguhnya merupakan bukti bahwa bangsa Indonesia sudah siap berdikari di segala lini, termasuk bidang otomotif. "Masalahnya, para elite kita yang tidak mau hidup bersahaja dengan mandiri, namun mereka mementingkan citra diri dengan pesan mobil," kata mantan ketua jurusan teknik mesin FT itu di Surabaya, Jatim, Senin. Menurut pembina mobil "Sapu Angin" ITS itu, ada tiga pesan penting dari mobil Esemka itu yakni pejabat harus hidup bersahaja, pejabat itu harus berpihak pada potensi lokal, dan SMK merupakan solusi untuk mengantisipasi pengangguran intelektual."Keberpihakan pejabat pada potensi lokal itu jauh lebih penting dari sekadar memesan atau membeli mobil Esemka, karena keberpihakan itu akan lebih terwujud dalam bentuk kebijakan terhadap potensi lokal," katanya.

...dst

14 ) Empat BUMN Garap Mobil Nasional  

Tuesday, 10 January 2012
JAKARTA– Pemerintah semakin serius untuk mengembangkan mobil nasional (mobnas). Empat BUMN di bidang permesinan akan digabung untuk mendukung pengembangan mobnas. Keempat perusahaan pelat merah yang akan digabung yakni PT Inka,PT Barata Indonesia, PT Boma Bisma Indra, dan PT Dirgantara Indonesia (DI). "Kalau PT Inka,PT Boma Bisma Indra,kemudian PT DI,dan PT Barata,itu nanti kalau digabung jadi satu kan kuat sekali.Kami akan ketemu semuanya di Madiun, Jumat (13/1)," ungkap Menteri BUMN Dahlan Iskan di Jakarta kemarin. 

...dst

15 ) Belajar dari Proton dan Samand  

Tuesday, 10 January 2012
Kesempatan untuk mengembangkan mobil nasional masih terbuka lebar. Iran dan Malaysia patut dilirik sebagai negara yang dipandang berhasil mengembangkan mobil nasional. Selasa,9 Juli 1985,jadi hari yang penting bagi Proton Holding Berhad. Pada tanggal itu, untuk pertama kalinya perusahaan mobil Malaysia tersebut meluncurkan secara resmi mobil nasional mereka Proton Saga. Acara peluncuran dilakukan Perdana Menteri Malaysia waktu itu, Mahathir Mohamad. Sosok Mahathir sangat penting bagi Proton. Pria yang menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia selama lebih dari 20 tahun itu merupakan orang pertama yang menggagas perlunya Malaysia memiliki mobil nasional, sekaligus sosok yang penting dalam berdirinya Proton.  

...dst

16 ) Mahasiswa minta pengelola keuangan Unsulbar Majene diaudit

Selasa, 10 Januari 2012 05:16 WIB 
Majene, Sulbar (ANTARA News) - Sebanyak 500 mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) Kabupaten Majene, mendatangi kantor Bupati Majene dan meminta pengelola keuangan dan yayasan Unsulbar diaudit atas penggunaan anggaran kampus 2008-2011.Tuntutan untuk dilakukan audit disampaikan di hadapan seluruh pihak pengelola dan pihak yayasan Unsulbar oleh sejumlah perwakilan mahasiswa yang ditunjuk sebagai juru bicara di Majene, Senin, dengan harapan pihak kampus segera mengabulkan permintaan mahasiswa.Firman, perwakilan mahasiswa Unsulbar mengatakan, sejak 2008, pihak pengelola keuangan Unsulbar setidaknya telah menerima uang dari pembayaran SPP mahasiswa sebesar Rp7 miliar lebih, namun hingga saat ini mahasiswa belum pernah merasakan dampaknya.

...dst

17 ) UMI Gratiskan SPP Mahasiswa Desa Binaan

Senin, 09 Januari 2012 10:46 wib
UNIVERSITAS Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggratiskan biaya sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) bagi mahasiswa yang berasal dari desa mitra binaan UMI."SPP-nya gratis sampai sarjana. Saat ini desa mitra binaan UMI sudah ada 33," ungkap Rektor UMI Makassar Prof Dr Masrurah Mokhtar. Dia mengatakan, setiap tahun UMI menyediakan 100 kuota mahasiswa desa binaan. Namun, mahasiswa penerima SPP gratis ini wajib menghafal Alquran. Dan yang menghafal 20 juz akan diberikan penghargaan berupa umrah. Dia menjelaskan, UMI menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) yang terakreditasi di daerah ini. Bahkan universitas yang berdiri tahun 1954 tersebut baru saja memperoleh penghargaan MURI sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan doctor termuda tata Negara di Indonesia. 

...dst

18 ) Perlu Motivasi Calon Tenaga Terdidik Bidang Kelautan

10 Januari 2012
PEKALONGAN - Luas laut di Indonesia sebanyak 70% dari luas wilayah menyimpan potensi bahari yang sangat besar. Namun, potensi tersebut belum dioptimalkan, sehingga diperlukan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan industri kelautan dan perikanan. Rektor Universitas Pekalongan (Unikal) Suryani mengatakan, peminat di bidang kelautan dan perikanan masih sangat rendah. "Perguruan tinggi belum mampu memberikan motivasi betapa strategisnya ilmu kelautan dan perikanan ini," katanya pada penandatangan nota kesepahaman (MoU) tentang pengembangan sumber daya manusia bidang perikanan antara Fakultas Perikanan Unikal dan SMK Irma (Kota Pekalongan), SMK Wirabahari (Kabupaten Pekalongan), serta SMK Nusantara (Kabupaten Batang), di aula Unikal, Senin (9/1). Menurut dia, potensi kelautan dan perikanan sangat menjanjikan. Ia mencontohkan ekspor produk perikanan di Indonesia misalnya hanya Rp 2 miliar per tahun, sedangkan ekspor produk perikanan di Vietnam bisa mencapai Rp 4,5 miliar per tahun.

...dst

19 ) Pinisi UNM Masih Butuh Rp50 M

Senin, 09 Januari 2012 15:29 wib
MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) mengajukan anggaran Rp50 miliar untuk merampungkan Menara Pinisi, termasuk melengkapi interior dan mobiler. Fisik gedung megah berlantai 17 yang menyerupai perahu Pinisi ini dijadwalkan rampung akhir tahun ini. Rektor UNM Prof Dr Arismunandar mengungkapkan, saat ini pembangunan fisik Menara Pinisi yang terletak di Jalan AP Pettarani sudah mencapai 70 persen. Gedung yang memiliki arsitektur unik ini diperkirakan akan rampung pada akhir tahun. Hanya, kata dia, masih terkendala anggaran untuk pengadaan interior dan mobiler. "Interior untuk sekat ruangan menggunakan bahan yang mahal sesuai standar untuk bangunan ini, termasuk mobilernya. Jadi, kami masih butuh Rp50 miliar," kata Arismunandar baru-baru ini. 

...dst

20 ) Kesenjangan Industri dan Akademisi Masih Terjadi

Senin, 09/01/2012 - 18:53
BANDUNG, .- Perkembangan dunia industri yang semakin pesat membuat gap (kesenjangan) atau jarak antara akademisi dan industri terus terjadi. Apalagi selama ini kurikulum pendidikan hanya diperbaharui sekitar empat tahun sekali sementara industri berkembang setiap saat tanpa mengenal batasan waktu. "Akhirnya gap itu tetap ada. Kampus meng-update (memperbaharui) kurikulum empat tahun sekali sementara industri update-nya perbulan, perhari, bahkan perjam. Pasti ketinggalan, dan kita tidak pernah mau tau itu. Maka munculah efek anak lulus dan ketika kerja disuruh bikin program mereka tidak tahu. Industri harus mendidik dari nol lagi, karena lulusan dianggap tidak kompeten," kata Staf Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Agus Mulyana dalam acara "Pembentukan Career Development Center Unikom" dan Seminar "Strategi Sukses Memasuki Dunia Kerja", "Tips dan Trik Menjadi Alumni Kompeten dan Berprestasi" di Auditorium Unikom Jln. Dipati Ukur Bandung, Senin (9/1).

...dst

21 ) Unjani Ambil Sumpah 41 Dokter

Senin, 09 Januari 2012 09:44 wib
CIMAHI – Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mengangkat sumpah 41 dokter umum baru di Gedung Sasana Krida (GSK) kampus Unjani, Kota Cimahi, akhir pekan lalu. Pengambilan sumpah dihadiri Rektor Unjani Mayjen (Purn) TNI Heriyono, jajaran dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unjani, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat, IDI Cimahi, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Cimahi. Dekan FK Unjani Priatna mengatakan, para calon dokter umum ini merupakan bagian dari 1.499 sarjana dokter umum (S.Ked) yang telah diluluskan sejak FK-Unjani berdiri 1992 lalu."FK Unjani telah menerima 2.117 mahasiswa. Pengangkatan sumpah dokter ini memiliki arti penting bagi FK Unjani, sebab setelah ini lulusan dokter FK Unjani akan mendarmabaktikan kepada negara, bangsa, masyarakat, dan keluarga," ujarnya. 

...dst

22 ) Unibraw / UB Akan Wajibkan Mahasiswa Tinggal di Asrama

Senin, 9 Januari 2012 | 17:08 WIB
MALANG,  — Mahasiswa baru Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, ke depannya wajib tinggal di asrama untuk mendapat penggemblengan mental. Hal ini merupakan realisasi dari pendidikan karakter yang didengungkan oleh pemerintah. Namun, Rektor Universitas Brawijaya Malang Prof Dr Yogi Sugito mengatakan, pembangunan untuk asrama tersebut masih menunggu anggaran dari pemerintah pusat. Saat ini lahan untuk asrama tersebut telah disiapkan seluas 7 hektar. "Lahan untuk asrama mahasiswa di kawasan Dieng ini sudah kami bebaskan. Pendidikan karakter termasuk mahasiswa baru didengungkan beberapa tahun terakhir ini, tapi kami sudah cukup lama menyiapkannya," kata Yogi, Senin (9/1/2012).

...dst

23 ) Suksesi Rektor di UNM, Incumbent Lebih Berpeluang

Senin, 09 Januari 2012 , 12:16:00
MAKASSAR - Meski  penyaringan  tahap pertama  masih  digelar sebulan  lagi, namun prediksi siapa bakal calon rektor yang berpeluang menakhodai kampus Orange UNM periode 2012-2016 mulai beraroma. Dari informasi yang dihimpun Fajar (JPNN Group), Minggu,  8  Januari, suara fakultas didominasi mengarah kepada kandidat nomor urut satu yakni Prof Dr H Arismunandar  disusul nomor urut tiga, Dr Hj Hasmiyati dan yang terakhir kandidat nomor urut dua, Dr Karta Jayadi, Msn. Suara pertama yang siap disumbangkan ditujukan kepada incumbent berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan. Dekan FIP, Ismail Tolla, secara tersirat mengakui kalau fakultasnya mendukung penuh kepada calon yang berasal dari fakultas yang saat ini dipimpinnya. 

...dst

24 ) Mulai Semester Depan, Mahasiswa Unpad Isi KRS Online

Senin, 09 Januari 2012 16:59 wib
JAKARTA - Terhitung 30 Januari 2012, mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung mulai dari program D-3 hingga pascasarjana akan melakukan pembayaran maupun pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Mahasiswa semester baru secara online. Sistem online ini akan terintegrasi di 16 fakultas yang ada di Unpad. Kepala Biro Administrasi Akademik Unpad, Isis Ikhwansyah mengatakan, pelaksanaan herregistrasi kali ini akan melibatkan lima kelompok mahasiswa. "Kelima kelompok itu, yakni pembayaran mandiri, transfer DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) ke DIPA, penangguhan, pelunasan paket, nol rupiah paket, dan kelompok beasiswa," ujar Isis seperti dilansir dari laman Unpad, Senin (9/1/2012).

...dst

25 ) Aksi Tuntut Kejelasan Nasib
       Guru Honorer: Sebenarnya, Kami Malu...

Senin, 9 Januari 2012 | 15:30 WIB
PEKANBARU, - Ratusan guru honor di Pekanbaru, Riau, mengaku terpaksa menggelar aksi demonstrasi untuk memperjuangkan nasib mereka. Meski pun, aksi ini mereka lakukan dengan menahan rasa malu. "Kami sebagai guru sebenarnya malu menggelar demonstrasi. Tetapi, ini terpaksa kami lakukan untuk memperjuangkan nasib," kata Ketua Forum Komunikasi Guru Tidak Tetap (FKGTT) Pekanbaru, Sahran Ritonga, disela aksi unjukrasa, di depan Kantor Walikota Pekanbaru, Senin (9/1/2012). Dalam aksinya, ratusan guru honor menyuarakan tuntutan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru agar memperhatikan nasib mereka. Sebab, terhitung sejak 31 Desember 2011, kontrak kerja sedikitnya 500 guru honor di Pekanbaru habis dan hingga kini belum diperbarui. Aksi ratusan guru honor tersebut berjalan tertib dengan pengawalan petugas polisi dan Satpol PP. Berkali-kali para guru meminta maaf kepada pengguna jalan yang merasa terganggu karena demonstrasi tersebut. Bahkan, mereka juga merasa bersalah dan meminta maaf karena meninggalkan anak didik mereka di sekolah.

...dst

26 ) Pesawat Rakitan SMK 12 Bandung Tunggu Ijin Terbang

Senin, 09 Januari 2012 19:30 wib
BANDUNG - Di tengah maraknya pembuatan mobil Esemka buatan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), ternyata siswa SMK di Jawa Barat juga memiliki potensi khusus. Para pelajar SMK 12 Bandung ini bisa merakit pesawat terbang sendiri. Pesawat rakitan sekolah yang dulu bernama STM Penerbangan Bandung itu diberi nama  Jabiru atau J-430. "Kami punya pesawat Jabiru buatan SMK 12 yang sudah jadi dan sudah dipamerkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyudin Zarkashy, di Bandung, Senin (9/1/2012).
Hanya saja, hingga saat ini Jabiru belum mendapat izin terbang. "Sama dengan Esemka yang menunggu izin jalan, Jabiru juga tinggal menunggu izin penerbangan saja," katanya menambahkan.

...dst

27 ) Dampak Polemik RSBI, DPR Segera Revisi UU Sisdiknas

Senin, 09 Januari 2012 14:45 WIB
JAKARTA - Polemik mengenai keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) mendapat perhatian serius dari wakil rakyat di Senayan. Komisi X DPR-RI rencananya akan mengajukan revisi UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) tahun ini juga. "Komisi X sudah sepakat untuk mengajukan revisi UU Sisdiknas tahun ini," ujar Wakil Ketua Komisi X, Raihan Iskandar, Senin (9/1) pagi. Ia menilai polemik tersebut telah meresahkan masyarakat karena pemerintah bersikukuh tidak mau membubarkan RSBI dengan alasan terbentur dengan Pasal 50 Ayat (3) UU Sisdiknas. Anggota DPR dari Fraksi PKS itu menilai tuntutan untuk membubarkan RSBI sebenarnya disebabkan oleh faktor yang sederhana, yakni faktor ekonomi. "RSBI telah membuka peluang adanya pungutan lebih besar kepada siswa," kata Raihan. 

...dst

28 ) Disiapkan Bonus, 5 Provinsi Sudah Salurkan BOS

Senin, 09 Januari 2012 , 19:49:00
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengapresiasi lima provinsi yang telah menyalurkan dana BOS triwulan I. Yakni, Daerah Istimewa Yogyakarta (Rp 65 miliar), Provinsi Jambi (Rp 81 miliar), Provinsi Sumatera Barat (Rp 135 miliar), Provinsi Jawa Barat (Rp 994,957 miliar), dan Provinsi Jawa Tengah (Rp 673,959 miliar). Menurutnya, realisasi penyaluran dana BOS triwulan I 2012 lebih cepat disebabkan karena mekanisme penyaluran baru yang ditetapkan oleh pemerintah. Mekanismenya, yakni dana dari Kas Umum Negara ditransfer ke Kas Umum Daerah, yang kemudian dilanjutkan ke rekening masing-masing sekolah.

...dst

29 ) Tambahan Bantuan Bagi 10 Provinsi Tercepat

Senin, 9 Januari 2012 | 20:12 WIB
JAKARTA, - Pemerintah akan memberikan penghargaan khusus berbentuk tambahan bantuan rehabilitasi sekolah atau pembangunan ruang kelas baru bagi 10 provinsi yang paling cepat menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan I tahun 2012. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjanjikan hal itu, Senin (9/1), di Jakarta. "Uangnya sudah masuk ke provinsi awal. Sampai di rekening sekolah kira-kira 3-4 hari, tergantung banknya," ujarnya. Ada lima provinsi yang telah menyalurkan dana BOS triwulan I yakni Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Rp 65 miliar), Jambi (Rp 81 miliar), Sumatera Barat (Rp 135 miliar), Jawa Barat (Rp 994,957 miliar), dan Jawa Tengah (Rp 673,959 miliar). Provinsi yang paling cepat menyalurkan adalah DIY yakni tanggal 4 Januari 2012.

...dst

30 ) Sekolah Unggulan Tolak Anak Yatim

Senin, 09 Januari 2012 18:30 WIB
DEPOK -- Seorang anak yatim di Depok telah ditolak masuk ke sekolah unggulan, karena pihak sekolah menduga keluarganya tidak akan mampu membayar pendidikannya. "Padahal mereka sudah kasih keputusan pada 20 (Desember 2011) diterima dan langsung mengukur baju. Tapi kemarin, pukul 14.00 WIB mereka kasih kabar dengan alasan bagaimana biayanya, sedangkan ayahnya tidak ada," kata Risnawati, ibu siswi yang ditolak itu, di Depok, Senin (9/1). Siswi itu bernama Afrillya Anugerah. Pada Desember 2011 Arfillya didaftarkan ke Sekolah Islam Terpadu (SMPIT) Nururrahman. Ina, demikian sapaan Risnawati, menjelaskan, dirinya sengaja memindahkan putri pertamanya itu, menyusul meninggalnya ayah Afrillya, Eri Anugerah, November 2011. "Saya memindahkan karena jaraknya lebih dekat dibandingkan ke sekolah awal di Putra Bangsa," ujarnya.

...dst

Tidak ada komentar: