Cari Blog Ini

Minggu, Juli 01, 2012

Berita Edukasi, 25 Juni - 01 Juli 2012


Berita Edukasi, 01 Juli 2012

1 ) Kontes Robot Indonesia
Indonesia Kembangkan Teknologi Maju
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/01/373/656744/indonesia-kembangkan-teknologi-maju

Minggu, 01 Juli 2012 09:11 wib
BANDUNG – Sebanyak 95 tim dari 50 perguruan tinggi seluruh Indonesia mengikuti lomba kontes robot tingkat nasional di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Tamansari, No 73 Kota Bandung, kemarin. Kontes robot ini akan berlangsung sampai hari ini. Acara dibuka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakilkan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso. Wakil Rektor ITB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Kadarsah Suryadi, dalam sambutannya, berkata, kontes robot ini dihelat untuk memunculkan semangat maju bersama untuk bangsa. Meski dalam konteksnya bersifat bersaing, tapi tujuan semua peserta adalah untuk kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia. Menurut Djoko, kontes robot yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia ini merupakan proses pembelajaran dalam pengembangan teknologi."Ke depan, kontes robot seperti ini diharapkan berimbas besar pada sektor-sektor penggunaan robot," kata Djoko.

...dst

2 ) Kemendiknas Kontes Robot di Bandung
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/30/m6fe4m-kemendiknas-kontes-robot-di-bandung

Sabtu, 30 Juni 2012, 17:54 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Ajang Kontes Robot Indonesia yang digelar setiap tahun diharapkan tidak saja melahirkan para pemenang yang cerdas, namun juga menghasilkan sumber daya manusia yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso ketika membuka Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) di Sasana Budaya Ganesha, Institut Teknologi Bandung, Sabtu, mengatakan lulusan pendidikan tinggi seharusnya bisa berkontribusi pada kecerdasan kehidupan bangsa. "Amanat penting Undang-undang Dasar ada dua hal terkait pendidikan tinggi dan teknologi, yang pertama adalah pemerintah harus mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya. Amanat kedua, lanjut dia, adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dua amanat dalam konstitusi itu, menurut Djoko, belum tertuang dalam UU Sistem Pendidikan Nasional dan karena itu harus dimapankan dalam bentuk undang-undang.

...dst

3 ) RUU Perguruan Tinggi Ditarget Kelar Juli
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/01/330009/293/14/RUU-Perguruan-Tinggi-Ditarget-Kelar-Juli

Minggu, 01 Juli 2012 04:57 WIB
BANDUNG--MICOM: Pemerintah menargetkan penyelesaian pembahasan Rancangan Undang-undang Perguruan Tinggi (RUU PT) pada Juli 2012. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso usai membuka Kontes Robot Indonesia tingkat nasional di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat, Sabtu (30/6), mengatakan hal tersebut. Keberadaan undang-undang yang mengatur sistem pendidikan tinggi, lanjutnya, sangat dibutuhkan pascadibatalkannya undang-undang tentang badan hukum pendidikan. "RUU PT itu sesegera mungkin harus keluar karena berkaitan dengan bagaimana kami menyiapkan standar pendidikan tinggi," tutur Djoko. Dalam RUU tersebut, lanjut dia, pemerintah juga ingin menaikkan angka partisipasi penduduk dalam pendidikan tinggi tidak hanya melalui universitas dan pendidikan tetapi juga akademi komunitas.

...dst

4 ) PTN Wajib Penuhi Kuota Bidik Misi!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/01/11044322/PTN.Wajib.Penuhi.Kuota.Bidik.Misi.

Minggu, 1 Juli 2012 | 11:04 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso menegaskan, perguruan tinggi negeri wajib memenuhi kuota beasiswa Bidik Misi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu dikatakannya seusai membuka Kontes Robot Indonesia tingkat nasional di Sasana Budaya Ganesha, Institut Teknologi Bandung, Sabtu (30/6/2012). Djoko mengatakan, kuota tersebut harus dipenuhi oleh PTN melalui jalur undangan dan tes tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). "Kalau juga belum terpenuhi, entah bagaimana caranya mereka harus mencari untuk bisa memenuhi kuotanya itu," ujarnya.Djoko meyakini, masing-masing PTN tidak akan mengalami kesulitan mencari calon mahasiswa berprestasi yang tidak mampu guna dibiayai dengan beasiswa Bidik Misi. Pada tahun 2012 ini, secara nasional Kemdikbud meluncurkan 30 ribu paket bebasiswa dalam program Bidik Misi bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi untuk belajar di perguruan tinggi negeri. Paket beasiswa itu terdiri atas biaya kuliah sebesar Rp 6 juta per semester selama 4 tahun dan biaya hidup sebesar Rp 600 ribu per bulan.

...dst

5 ) Jawa Barat Kekurangan Universitas Negeri
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/30/079413944/Jawa-Barat-Kekurangan-Universitas-Negeri

Sabtu, 30 Juni 2012 | 18:10 WIB
TEMPO.CO, Bandung -- Jumlah kampus negeri di Jawa Barat masih kurang dua kali lipat. Upaya pengalihan 4 kampus swasta menjadi perguruan tinggi negeri pada 2012 masih terganjal masalah pembebasan lahan. "Hingga kini belum selesai prosesnya," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso di Bandung, Sabtu, 30 Juni 2012.Menurut Djoko, Jawa Barat perlu menambah jumlah perguruan tinggi negeri. Saat ini terhitung baru ada Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Politeknik Negeri Bandung, dan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung."Kami sedang berusaha menambah perguruan tinggi negerinya, kami masih perlu 12 hingga 14 PTN di Jawa Barat," ujarnya.

...dst

6 ) Idealnya, Jawa Barat Punya 14 PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/01/10260580/Idealnya.Jawa.Barat.Punya.14.PTN

Minggu, 1 Juli 2012 | 10:26 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso menyatakan, jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Barat masih jauh dari angka ideal. Ia mengungkapkan, saat ini hanya ada enam PTN di Jawa Barat dengan jumlah penduduk pada rentang usia 19-22 tahun yang cukup tinggi. Perbandingan jumlah mahasiswa dibanding jumlah penduduk usia kuliah di Jabar, kata Djoko, berkisar pada angka 18 persen. Adapun, untuk tingkat nasional mencapai 27 persen. "Jabar masih di 18 sekian persen, itu rendah karena nasional totalnya 27 persen. Penyebabnya sekolahnya terlalu sedikit daya tampungnya," ujar Djoko, seusai membuka Kontes Robot Indonesia tingkat nasional di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung, Sabtu (30/6/2012). Menurut Djoko, idealnya terdapat 14 PTN di Jawa Barat yang terdistribusi merata di 26 kabupaten/kota. "PTN di Jawa Barat lebih sedikit dibanding di Jawa Tengah, sedangkan paling banyak di Jawa Timur lebih dari sepuluh. Jawa Barat yang jumlah penduduknya lebih banyak dari Jawa Timur idealnya mungkin bisa sampai 14," katanya.

...dst

7 ) Aceh Raih Rekor Dunia untuk Pelatihan Bahasa Inggris
http://regional.kompas.com/read/2012/06/30/19542048/Aceh.Raih.Rekor.Dunia.untuk.Pelatihan.Bahasa.Inggris

Sabtu, 30 Juni 2012 | 19:54 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (30/6/2012), terlihat dipenuhi para pelajar, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa. Ini bukan simpatisan pertandingan sepak bola, melainkan para peserta yang akan mengikuti pelatihan cepat bisa berbahasa Inggris. Sedikitnya 5.000 peserta memenuhi stadion tersebut untuk mengikuti pelatihan bahasa Inggris yang tercatat sebagai kegiatan pelatihan terbesar di dunia. Pelatihan ini dipandu oleh 500 pelatih dari Aceh, Medan dan Jakarta. Pelatihan itu diselenggarakan Mister English Club (MEC), sebuah klub komunitas berbahasa Inggris, dan berhasil meraih penghargaan dunia untuk pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris bagi pelajar dan mahasiswa di Aceh. Penghargaan yang diperoleh berupa Guinness Royal World Record dan Amazing World of Record (AWC), yang diserahkan langsung oleh perwakilan lembaga pemberi penghargaan tingkat dunia tersebut.

...dst

8 ) Undana Mewisuda Mahasiswa yang Tak Pernah Kuliah
http://regional.kompas.com/read/2012/06/30/19184551/Undana.Mewisuda.Mahasiswa.yang.Tak.Pernah.Kuliah

Sabtu, 30 Juni 2012 | 19:18 WIB
KUPANG, KOMPAS.com -- Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), kecolongan mewisuda MNB, mahasiswa yang tidak pernah mengikuti kuliah di perguruan tinggi negeri itu. Pelaku memalsukan 13 dokumen. Pembantu Rektor Bidang Akademik Undana, David Pandi mengungkapkan, dari 360 sarjana yang diwisuda pada Sabtu pekan lalu ternyata satu di antaranya palsu. MNB mendaftar sebagai peserta wisuda dari Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Padahal, di Jurusan Matematika hanya satu orang yang layak mengikuti wisuda. Saat namanya disebutkan sebagai peserta wisuda dan tampil di depan, mahasiswa Jurusan Matematika bingung dan kaget, atas dasar apa yang bersangkutan diwisuda. Namun demikian, kata David, MNB belum mendapatkan ijazah dan transkrip nilai.

...dst

9 ) UGM Ingin Buka Diploma Tranfusi Darah
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/30/329945/293/14/UGM-Ingin-Buka-Diploma-Tranfusi-Darah

Sabtu, 30 Juni 2012 16:36 WIB
YOGYAKARTA--MICOM: Kebutuhan tenaga terdidik yang menangani pelaksanaan tranfusi darah terus meningkat. Di sisi lain, sampai saat ini belum ada tenaga yang secara khusus mendapatkan pendidikan bidang tranfusi."Tenaga-tenaga yang menangani masalah tranfusi darah sampai saat ini diambil dari tenaga medis yang mendapatkan kursus atau pelatihan mengenai transfusi darah," kata Wakil Rektor Senior Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Retno Sunarminingsih MSc Apt di Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, Sabtu (30/6). Isteri mantan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Soedibyo itu menjelaskan, perkembangan ilmu dan pengetahuan serta teknologi mengenai tranfusi darah kini berkembang dengan sangat pesat. Karena itu, diperlukan tenaga yang secara khusus menangani transfusi darah.

...dst

10 ) Berdayakan Dokter Umum Tambal Minimnya Dokter Spesialis Anak
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/01/330033/293/14/Berdayakan-Dokter-Umum-Tambal-Minimnya-Dokter-Spesialis-Anak

Minggu, 01 Juli 2012 07:15 WIB   
PADANG--MICOM: Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Badriul Hegar mengharapkan agar dokter umum diberdayakan guna mengatasi kekurangan dokter spesialis anak dalam masalah kesehatan ibu dan anak.
Badriul Hegar mengatakan hal itu di Padang, Sumatra Barat, Sabtu (30/6). "Indonesia masih memerlukan sekitar 8.000 dokter spesialis anak. Langkah yang diambil sebaiknya beradayakan dokter umum serta tenaga bidan dan perawat," kata Badriul Hegar. Menurutnya, kekurangan dokter spesialis anak terdapat di kawasan Indonesia timur, seperti Papua, NTT, serta Kalimantan Barat. Hampir semua daerah ini kekurangan dokter anak hingga 30 persen. "Kekurangan dokter anak di Indonesia merupakan kekhawatiran tersendiri di era globalisasi saat ini," katanya. Penyebaran dokter yang ada di Indonesia, menurut Badriul Hegar, tidak merata. Dokter spesialis lebih banyak berada di perkotaan. Dokter spesialis anak di Indonesia saat ini hanya mencapai 2.500-an. Padahal, anak di Indonesia mencapai 45 juta anak. "Jika demikian, untuk satu dokter bertanggung jawab menangani 10.000 anak," katanya.

...dst

11 ) Farmasi Pancasila bertekad menjadi unggulan internasional
http://www.antaranews.com/berita/319028/farmasi-pancasila-bertekad-menjadi-unggulan-internasional

Sabtu, 30 Juni 2012 15:33 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Dekan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (FFUP) Wahono Sumaryono menyatakan tekadnya agar fakultasnya menjadi unggulan yang bertaraf internasional. "Kami menargetkan pada tahun 2014 menjadi fakultas farmasi yang bertaraf nasional, kemudian pada tahun 2018 menjadi unggulan yang bertaraf internasional," kata Wahono di sela acara Kuliah Tamu Dr. Mike Ahern dari Institute Technology Tallaght (ITT) Dublin, Irlandia, di Aula FFUP, Jakarta, Sabtu. Dalam rangka mencapai target tersebut, menurut dia, pihaknya akan melakukan berbagai upaya dan menilainya dengan indikator dan parameter sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pertama, kata dia, pendidikan dan pengajaran yang didukung dengan sarana dan prasarana; kedua, penelitian, dalam hal ini dosen bukan hanya mengajar, melainkan juga mampu melakukan penelitian pengembangan ilmu ataupun penerapan.

...dst

12 ) Tim Geologi ITB Teliti Lereng Batugajah
http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/07/01/m6gob3-tim-geologi-itb-teliti-lereng-batugajah

Minggu, 01 Juli 2012, 09:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Tim ahli geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) akan meneliti serta memastikan kondisi tanah yang mengalami keretakan di kawasan lereng Batugajah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, apakah layak untuk dihuni atau tidak. "Dari hasil pertemuan Wali Kota dengan pakar ITB, sudah ada kesepakatan untuk mengirim sebuah tim yang tiba Minggu (1/7) dan langsung meninju lokasi bencana," kata Wakil Wali Kota Ambon, Sam Latuconsina di Ambon, Sabtu (30/6). Tim geologi ini akan didampingi Kepala Bappeda dan Kadis PU Kota Ambon untuk meninjau lokasi. Setelah itu, akan melakukan penelitian serta analisa yang mendalam baru bisa diketahui secara pasti apa sebenarnya fenomena yang terjadi, yaitu kerekatan tanah dengan lubang yang menganga ini apakah hanya sementara atau memang bersifat permanen.Bila hasil analisa tim ahli ini menyatakan bahwa keretakan tanah bersifat permanen, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan mengambil langkah antisipatif yang lebih permanen lagi terhadap warga di sekitar lokasi dimaksud, tapi kalau hanya sementara maka pemerintah daerah memikirkan jalan keluar yang terbaik.

...dst

13 ) Situs Gunung Padang diperkirakan sejak 2800 - 4500 SM
http://www.antaranews.com/berita/318909/situs-gunung-padang-diperkirakan-sejak-2800--4500-sm

Jumat, 29 Juni 2012 18:00 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang menyimpulkan sementara bawha bangunan di lapisan atas Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah ada sejak 2800 hingga 4500 tahun sebelum masehi (SM). "Penentuan umur absolut itu didasarkan pada analisa 'carbon radiometric dating' terhadap sampel serpihan karbon dari situs yang berada di kedalaman tiga hingga empat meter di lapisan atas Gunung Padang," sebut Perwakilan Tim Riset Gunung Padang, Boediarto Ontowirjo, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News. Tim Riset Gunung Padang juga menyatakan terdapat geometri-konsturksi bangunan berupa ruang-ruang besar sekitar 15 meter di bawah puncak Gunung Padang dengan metoda Geolistrik, Georadar, dan Geomagnet. "Bagian kecil dari salah satu ruang yang berada di teras lima, bagian selatan situs, sudah dibuktikan dengan pemboran," sebut Boediarto.

...dst

14 ) UII Yogyakarta Kembangkan Kajian ASEAN
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/30/329946/293/14/UII-Yogyakarta-Kembangkan-Kajian-ASEAN

Sabtu, 30 Juni 2012 16:45 WIB
YOGYAKARTA--MICOM: Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta akan mengembangkan kurikulum program studi hubungan internasional yang mempunyai kekhususan pada kajian ASEAN. "Pengembangan itu khususnya dalam bidang politik dan pemikiran Islam di negara-negara Asia Tenggara," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Islam Indonesia (UII) Nandang Sutrisno di Yogyakarta, Sabtu (30/6). Ia mengatakan, UII sebagai salah satu universitas yang sedang menuju World Class University menginisiasi berdirinya program studi hubungan internasional di lingkungan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) pada 2013."Untuk mewujudkan visi menjadi pusat kajian dan penelitian hubungan internasional pada lingkup ASEAN, UII juga menggiatkan rencana kerja sama dengan institusi luar negeri untuk memantapkan pendirian program studi hubungan internasional," katanya.     

...dst
 
15 ) Mahasiswa Tanam Mangrove di Pantai Mangunharjo
http://regional.kompas.com/read/2012/06/30/14104133/.Mahasiswa.Tanam.Mangrove.di.Pantai.Mangunharjo

Sabtu, 30 Juni 2012 | 14:10 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com -  Mahasiswa Pecinta Alam (Wapeala) Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/6/2012) melakukan penanaman mangrove di pantai Mangunharjo, Kelurahan Mangkang, Kota Semarang.Menurut aktivis pecinta lingkungan Wapeala Undip Semarang, Tiara, penanaman mangrove ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya guna menghijaukan sebagian pantai Mangkang.Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa tergabung dalam Wapeala itu berlangsung mulai pukul 08.00. Jumlah tanaman mangrove yang ditanam mencapai 2.000 pohon.

...dst

16 ) Unisma Bekasi Ciptakan SDM Bermoral dan Profesional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/01/m6fx20-unisma-bekasi-ciptakan-sdm-bermoral-dan-profesional

Minggu, 01 Juli 2012, 00:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menyambut Hari Jadi ke-30, Universitas Islam "45" (Unisma) menggelar kegiatan bertajuk "Gebyar 30 Tahun Unisma" di Bekasi, Sabtu (30/6). Gebyar 3o Tahun Unisma diawali dengan lomba senam yang diikuti oleh ibu-ibu dari sekitar Bekasi. Lomba senam itu secara resmi dibuka Rektor Unisma, Dr Nandang Najmulmunir. "Kegiatan ini digelar untuk menyambut milad Unisma yang ke-30," kata Nandang. Selama 30 tahun Yayasan UNiSMA berkiprah di dunia pendidikan sedikitnya ada 7 orang yang pernah menjabat sebagai rektor. Nandang Najmulmunir tercatat sebagai rektor ketujuh."Unisma berkomitmen membangun intelektual orang bekasi khususnya. Intelektual yang kita kemas memiliki nama Islam '45," ujar Nandang.

...dst

17 ) Dua Kementerian Susun PP Mobil Ramah Lingkungan
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/07/01/m6gnzf-dua-kementerian-susun-pp-mobil-ramah-lingkungan

Minggu, 01 Juli 2012, 09:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana mengajukan PP kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait mobil ramah lingkungan. "Ini adalah suatu bentuk koordinasi yang dilakukan oleh dua kementerian yang sedang menyusun regulasi bersama," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat usai melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Keuangan di Kementerian Perindustrian, Jakarta, akhir pekan ini. Dijelaskannya, saat ini pihaknya masih menyususn draft Peraturan Pemerintah (PP) tersebut. Hidayat mengungkapkan, PP mengenai mobil 'hybrid', 'low cost green car' (LCGC) dan jenis mobil ramah lingkungan lainnya akan dipayungi oleh satu kebijakan yang disebut 'Low Emission Carbon'. "Nantinya hanya akan ada satu PP, yaitu 'Low Emission Carbon'. Tetapi sampai saat ini masih kami rancang bersama dengan Kementerian Keuangan," ujarnya.

...dst

18 ) Dampak Lumpur Lapindo - Orang Tua Tak Mampu Lagi Sekolahkan Anak
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507477/
   
Sunday, 01 July 2012
JAKARTA – Semburan lumpur Lapindo menyisakan banyak masalah bagi warga, terutama anak-anak yang ingin memperoleh haknya untuk mengenyam pendidikan. Pendamping korban lumpur Lapindo dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yuliani mengungkapkan fakta teranyar menjelang tahun ajaran baru, yaitu banyak orang tua korban lumpur yang tidak sanggup lagi membiayai sekolah anaknya ke jenjang lebih tinggi. "Mereka umumnya hanya menyekolahkan anaknya ke tingkat sekolah dasar (SD) saja. Para orang tua juga banyak mengeluh dan tidak bisa berbuat apa-apa,"kata Yuliani saat dihubungi SINDOkemarin.
Para orang tua mengaku tidak bisa membiayai lagi sekolah anaknya.Mereka bilang sudah tidak punya apa-apa lagi. Menurut dia, selain tidak memiliki biaya, baik orang tua maupun si anak sudah tidak lagi memiliki semangat untuk memperjuagkan pendidikan. "Mereka hanya fokus pada bagaimana cara bertahan hidup saja.Mereka sudah tidak punya harapan apa-apa lagi,termasuk menyekolahkan anak-anaknya," katanya.

...dst

19 ) PNS Kampanye Diancam Penjara
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507344/
   
Sunday, 01 July 2012
KUNINGAN– Pegawai negeri sipil (PNS) yang ikut berkampanye pada pemilukada terancam hukuman satu tahun penjara. Hal itu berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Tahapan Kampanye. Anggota KPU Kabupaten Kuningan dari Divisi Hukum Hamid menyebutkan, dalam UU itu dijelaskan bahwa PNS, kepala desa,dan perangkat desa dilarang ikut serta berkampanye atau jika melanggar akan dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama satu tahun penjara dan denda maksimal Rp12 juta. "Perlu diwaspadai juga tentang kecurangan-kecurangan yang kerap terjadi pada saat menjelang pemilihan adalah netralitas PNS dan aparat desa, terutama jelang pencalonan, akan dibutuhkan pengumpulan KTP yang biasanya sangat mudah bagi aparat desa.

...dst

20 ) Resmikan Hotel Trans, Presiden Didemo Mahasiswa 
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/30/058413949/Resmikan-Hotel-Trans-Presiden-Didemo-Mahasiswa

Sabtu, 30 Juni 2012 | 18:37 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Mahasiswa Bandung menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Hotel The Trans, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Sabtu 30 Juni 2012, dengan aksi demonstrasi. Mereka menuntut SBY memprioritaskan penyelesaian sejumlah kasus korupsi yang hingga kini menggantung. Para demonstran yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bandung Raya yang menggelar aksi di penggalan Jalan Gatot sebelah timur lokasi Hotel Trans. Koordinator demo KAMMI, Sahrul Mulya, mengatakan SBY harusnya mengabaikan peresmian Hotel The Trans dan fokus mendesak penyelesaian kasus korupsi. "Peresmian Hotel The Trans harusnya ditolak karena berdampak kerusakan lingkungan dan membuat warga sekitar hotel kini kesulitan air bersih. Hotel juga tak memprioritaskan warga sekitar menjadi tenaga kerjanya," ujar Sahrul di sela demo di Jalan Gatot Subroto, Sabtu, 30 Juni 2012.

...dst

21 ) Rumah PNS Dijual Rp69 Juta
http://www.jpnn.com/read/2012/06/30/132461/Rumah-PNS-Dijual-Rp69-Juta-

Sabtu, 30 Juni 2012 , 21:52:00
JAKARTA--Perumahan Nasional (Perumnas) terus menggenjot pembangunan perumahan bagi PNS. Ini sebagai tindaklanjut MoU antara Perumnas dengan 50 kabupaten/Kota."Tapi kami butuh support pemerintah daerah dalam menyukseskan pembangunan rumah PNS. Kalau Pemda serius memberikan dukungan lewat penyediaan lahan, target pembanguan rumah PNS akan cepat terealisasi," ungkap Direktur Utama Perumnas Himawan Arief dalam keterangan persnya, Sabtu (30/6). Dengan dukungan pemda untuk lahan, terangnya, harga rumah dapat ditekan. Rencananya tipe 36 akan dijual dibawah standar, yakni sebesar Rp 70 juta dan tidak dikenakan biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau menjadi Rp 69 juta.
"Kami sudah melakukan pembangunan rumah bagi PNS di beberapa provinsi, di antaranya Kalimantan Timur dan Maluku Utara. Untuk Malut akan dibangun 1200 unit rumah di Desa Rioribati sebagai tahap pertama. Selanjutnya akan dibangun di lahan seluas 10 hektar dengan menggunakan teknologi cetak, tepat dan ramah lingkungan," tutur Himawan. Ditanya daerah lainnya kapan disentuh, dia mengatakan, tergantung pemda juga. Bila lahannya sudah tersedia, Perumnas akan lebih cepat bergerak.

...dst

Berita Edukasi, 30 Juni 2012

1 ) Pesan Mendikbud untuk PTS yang Dinegerikan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/446

06/29/2012
Jakarta – Serah terima aset dan penandatanganan nota kesepahaman merupakan salah satu persyaratan dalam proses penegerian perguruan tinggi swasta (PTS). Hari ini, Jumat, (29/6), empat PTS melakukan serah terima aset dan penandatanganan nota kesepahaman tersebut, di Gedung D Kemdikbud, Jakarta. Ke empat PTS tersebut adalah Universitas Samudera Langsa, Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Madiun, dan Politeknik Bengkalis. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso, mengatakan, serah terima antara pemerintah daerah dan yayasan dengan Kemdikbud dilakukan untuk memastikan semua  aset tersebut dapat dimanfaatkan perguruan tinggi terkait setelah menjadi perguruan tinggi negeri. "Ada proses sharing antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat," ujarnya.

...dst

2 ) Mendikbud: Perguruan Tinggi Negeri Harus Sampai ke Pelosok
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/445

06/29/2012
Jakarta – Proses penegerian perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri masih terus dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah memiliki komitmen yang sangat kuat untuk memajukan dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Hal itu dikatakannya dalam acara serah terima aset dan penandatangan nota kesepahaman empat perguruan tinggi swasta (PTS) yang akan dinegerikan. Ke empat PTS tersebut adalah Universitas Samudera Langsa, Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Madiun, dan Politeknik Bengkalis. Acara berlangsung di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, (29/6). "Perguruan tinggi negeri  tidak boleh hanya terkonsentrasi di kota besar, tapi harus sampai ke pelosok-pelosok sebagai simbol komitmen pemerintah," ujar Mendikbud M. Nuh. Ia menambahkan, hak layanan pendidikan tinggi harus tersebar ke daerah-daerah sebagai bagian dari keadilan dunia pendidikan.

...dst

3 ) Perubahan Status PTS
Mendikbud: Kenapa Kampus Swasta Dinegerikan?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/06094687/Mendikbud.Kenapa.Kampus.Swasta.Dinegerikan

Sabtu, 30 Juni 2012 | 06:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) akan diubah statusnya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, langkah tersebut diambil bukan karena anggapan tidak mampu atau tidak yakinnya pemerintah akan penyelenggaraan pendidikan tinggi di PTS.Nuh mengatakan, perubahan status tersebut dilakukan untuk melaksanakan amanat undang-undang, sekaligus perluasan akses pendidikan tinggi. Seperti diketahui, dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) yang akan disahkan pada Juli 2012 mendatang tercantum aturan main mengenai kewajiban pemerintah membangun minimal satu PTN di setiap provinsi dan daerah-daerah perbatasan. "Kenapa harus dinegerikan? Apa karena tidak cukup? Atau kami kurang yakin? Bukan itu persoalannya, tapi ini untuk perluasan akses sesuai dengan amanat undang-undang," kata Nuh, saat ditemui Kompas.com di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (29/6/2012).

...dst

4 ) Empat PTS Serahkan Asetnya ke Pemerintah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/29/23153355/Empat.PTS.Serahkan.Asetnya.ke.Pemerintah

Jumat, 29 Juni 2012 | 23:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerima penyerahan aset empat perguruan tinggi swasta (PTS), Jumat (29/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta. Penyerahan aset tersebut dimaksudkan sebagai bagian dari proses peningkatan status keempat PTS itu menjadi perguruan tinggi negeri (PTN).Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengatakan, keempat PTS yang menyerahkan asetnya kepada pemerintah itu adalah Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Bengkalis, Politeknik Madiun, dan Universitas Samudera Langsa, Nangroe Aceh Darussalam. Djoko menjelaskan, penyerahan aset ini merupakan salah satu persyaratan dalam proses perubahan menjadi PTN sehingga ada kerjasama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

...dst

5 ) Otonomi Perguruan Tinggi "Dikebiri"
Kewenangan Mendikbud Terlalu Luas
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/30/03022113/otonomi.perguruan.tinggi.dikebiri

Sabtu,30 Juni 2012
Jakarta Kompas - Otonomi perguruan tinggi yang bersifat universal "dikebiri" dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang kini sedang dibahas DPR. Satu per satu kewenangan perguruan tinggi "dipereteli" sehingga kewenangannya menjadi sangat terbatas. "Campur tangan negara terlalu luas," kata Johannes Gunawan, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung, Hal itu misalnya terlihat pada RUU PT, yang kini sedang dibahas DPR, diperlukan 12 peraturan pemerintah (PP), 36 peraturan mendikbud, dan hanya dua statuta perguruan tinggi. "Padahal, mestinya statuta perguruan tinggi yang diperluas karena masing- masing perguruan tinggi memiliki keunikan tersendiri," kata Gunawan, Rabu (27/6). Dalam Pasal 45 tentang penelitian, misalnya, penelitian diatur dalam peraturan menteri. "Padahal, di perguruan tinggi mana pun di dunia, penelitian merupakan kewenangan perguruan tinggi...Selengkapnya bisa baca di http://www.kopertis12.or.id/2012/06/30/otonomi-perguruan-tinggi-dikebiri.html

...dst

6 ) Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Menteri Pendidikan Timur Asia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/442

06/29/2012
Jakarta - Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan para menteri pendidikan anggota EAS (East Asia Summit) untuk pertama kalinya. Yogyakarta, salah satu Kota Pendidikan dan Budaya di Indonesia, dipilih sebagai lokasi pertemuan para delegasi EAS dari 18 negara.  Delapan belas negara itu terdiri dari 10 negara anggota ASEAN ditambah Korea Selatan, Cina, Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Selandia Baru, India, dan Australia. Pertemuan yang mengusung tema "Straightening Global Partnership for Education and Humanity" itu dilakukan sebagai strategi menyatukan pendapat dalam hal kerja sama di bidang pendidikan. "Tujuannya adalah merapatkan gap atau jurang pemisah antara negara-negara maju dengan negara-negara ASEAN itu sendiri," ujar Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ananto Kusuma Seta, di Jakarta, Rabu (27/6).

...dst

7 ) UNESCO sahkan Subak Bali jadi warisan dunia
http://www.antaranews.com/berita/318956/unesco-sahkan-subak-bali-jadi-warisan-dunia

Jumat, 29 Juni 2012 22:34 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan dan Budaya (UNESCO) akhirnya mensahkan budaya Subak dari Bali sebagai bagian dari warisan dunia pada Sidang ke-36 di St.Petersburg, Rusia, Jumat. UNESCO menilai subak sebagai sistem irigasi yang dapat mempertahankan budaya asli masyarakat Bali. Kepala Divisi Penerangan KBRI Moskwa M Aji Surya yang hadir pada sidang itu mengatakan, Subak Bali sudah diperjuangkan selama 12 tahun dan telah tertunda beberapa kali pengesahannya. Pada sidang kali ini tidak tampak upaya yang menentang Subak menjadi warisan dunia. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Windu Nuryanti, mengaku senang sistem pengairan Subak dari masyarakat Bali telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Bupati Badung dan Gianyar yang hadir dalam perhelatan itu tampak gembira dan bertepuk tangan bersama seribuan peserta sidang termasuk Dubes RI untuk Rusia Djauhari Oratmangun.

...dst

8 ) Seleksi Mandiri Unnes Mulai 7 Juli
Biaya Sama dengan SNMPTN
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/30/191068/Seleksi-Mandiri-Unnes-Mulai-7-Juli

30 Juni 2012
SEMARANG- Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SPMU) akan mulai dibuka pada 7 Juli 2012. Seperti tahun sebelumnya, pendaftaran jalur seleksi mandiri ini dilakukan secara online di laman spmu.unnes.ac.id. Sebagaimana ketentuan yang berlaku secara nasional, perguruan tinggi boleh menyelenggarakan seleksi mandiri setelah SNMPTN berlangsung. Tanggal 7 Juli pembukaan pendaftaran SPMU bersamaan dengan pengumuman SNMPTN jalur tulis.Ketua Panitia SPMU M Khafid mengatakan, pendaftaran jalur mandiri Unnes dibuka 7-21 Juli 2012. Melalui jalur tersebut Unnes membuka kuota sebanyak 1.879 kursi atau 20% dari daya tampung mahasiswa baru tahun 2012. "Dari kuota 1.879 kursi itu masih tersedia 300 beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu," ungkapnya, kemarin.

...dst

9 ) Sejarah Kedokteran Kurang Diperhatikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/10215582/Sejarah.Kedokteran.Kurang.Diperhatikan

Sabtu, 30 Juni 2012 | 10:21 WIB
Jakarta, Kompas - Sejarah pendidikan kedokteran seolah tidak memiliki ruang dalam khazanah kesejarahan di Indonesia. Padahal, pendidikan kedokteran modern Indonesia adalah yang tertua di kawasan Asia. "Pendidikan kedokteran di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan abad ke-18. Waktu yang demikian panjang ini seharusnya bisa menjadi pijakan bagi pengembangan pelayanan dan fasilitas kesehatan di masa sekarang," kata Somadikarta, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang juga peneliti sejarah kedokteran Indonesia, Jumat (29/6), pada acara mengenang Dr Willem Bosch, perintis pendidikan kedokteran modern di Indonesia. Kegiatan tersebut digagas Perhimpunan Sejarah Kedokteran Indonesia (Persekin) yang didirikan para dokter FKUI.

...dst

10 ) Mahasiswa FKUI Diharapkan Jadi Penerus Willem Bosch
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/29/329826/0/14/Mahasiswa-FKUI-Diharapkan-Jadi-Penerus-Willem-Bosch

Jumat, 29 Juni 2012 22:05 WIB
JAKARTA--MICOM: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bisa dibilang merupakan ibu dari pendidikan kedokteran di Tanah Air. Karena itu, pihak kampus merasa bertanggung jawab untuk mendirikan semacam museum yang menjadi pusat sejarah pendidikan kedokteran Indonesia.Di museum itu akan dipajang lukisan Dr Willem Bosch, tokoh perintis pendidikan kedokteran di Indonesia."Kalau ingin maju, kita harus menengok sejarah. Dari sejarah itu kita bisa belajar mengevaluasi hal-hal yang kurang," ujar Dekan FKUI Ratna Sitompul saat penyerahan apresiasi dan peluncuran buku 'FKUI Historical Photo Collections, Proceeding: 90 years of FKUI (Salemba 6) dan RSCM (Diponegoro 71)' di Salemba, Jakarta, Jumat (29/6).Menurut Ratna, FKUI sejak 2010 sudah berencana membangun museum kedokteran dan pusat riset untuk mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia bertempat di Salemba. "Waktu kami melakukan renovasi gedung lama, kami menemukan berbagai prasasti penting yang tadinya sempat hilang. Semua harus punya tempat di museum nanti," imbuhnya.
   
...dst

11 ) Mahasiswa Jember Kembangkan Tes HIV Murah
http://sains.kompas.com/read/2012/06/29/20581838/Mahasiswa.Jember.Kembangkan.Tes.HIV.Murah

Jumat, 29 Juni 2012 | 20:58 WIB
JEMBER, KOMPAS.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember, Jawa Timur, merintis metode tes yang lebih mudah untuk mengetahui penderita yang positif tertular HIV/AIDS."Ide awalnya dari diskusi mengenai data dan fakta bahwa tanda-tanda seseorang menderita HIV/AIDS bisa diketahui melalui kondisi rongga mulutnya karena biasanya penderita HIV/AIDS memiliki gusi membengkak dan merah karena infeksi," kata salah seorang mahasiswa FKG Ahmad Syaifuddin di Jember, Jumat (29/6/2012).Tiga mahasiswa FKG Unej, yakni Ahmad Syaifuddin, Alex Willyandre dan Khoirul Anam membuat kajian literatur yang berjudul "Inovasi Microfluidics Chip Berbasis Nucleic Acid Testing sebagai Detektor Antibodi HIV-1 pada Gingival Crevicular Fluid" untuk mengetahui apakah seseorang itu terinfeksi HIV/AIDS.

...dst

12 ) Kakus Hebat Ubah Tinja Jadi Listrik
http://sains.kompas.com/read/2012/06/29/19062723/Kakus.Hebat.Ubah.Tinja.Jadi.Listrik

Jumat, 29 Juni 2012 | 19:06 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com - Ilmuwan dari Nanyang Technological University menciptakan kakus hebat yang bisa mengubah tinja menjadi listrik dan pupuk, sekaligus menghemat pemakaian air sebanyak 90 persen. Jamban dengan nama No-Mix Vacuum Toilet tersebut memiliki dua wadah untuk memisahkan limbah padat dan cair. Jamban ini menggunakan tekanan untuk "mengguyur" tinja. Jadi, jumlah air yang dibutuhkan untuk sekali guyur hanya 0,2 liter alias secangkir. Toilet konvensional di Singapura saat ini membutuhkan 4-6 liter air sekali guyur. Jika jamban inovatif ini diaplikasikan di toilet umum, dengan 100 kali guyuran sehari, maka kakus ini bisa menghemat 160.000 liter. Volume itu cukup untuk mengisi kolam renang berukuran 10 x 8 x 2 meter.
Untuk menghasilkan listrik dan pupuk, kakus ini akan memisahkan komponen padat dan cair. Dari kakus lewat sistem pembuangan, limbah cair akan dikirim ke fasilitas pengolahan tempat nitrogen, fosfor, dan potasium akan dipanen.

...dst

13 ) Riset Energi Terbarukan Belum Optimal
http://www.pikiran-rakyat.com/node/194090

Jumat, 29/06/2012 - 14:21
BANDUNG, (PRLM).- Menko Perekonomian Hatta Rajasa berharap riset dan teknologi dalam bidang energi terbarukan bisa terus dilakukan. Sebab meski sampai saat ini ketergantungan terhadap energi fosil masih cukup tinggi, namun energi terbarukan diproyeksikan masih akan tumbuh pesat."Sumber energi berbasis nuklir secara teknis ok, tapi publik semakin takut. Energi terbarukan lain diproyeksikan tumbuh cepat. Namun karena basis yang rendah, hanya 3-6 persen hingga 2035 mendatang. Tapi tidak boleh menggantungkan diri pada bahan bakar fosil. Segala upaya seharusnya dilakukan untuk meningkatkan riset dan ilmu pengetahuan serta kapasitas SDM dibidang ini," kata Hatta dalam acara peringatan Dies Emas Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung, di Aula Barat ITB Jln. Ganesha Bandung, Jumat (29/6). Sayangnya, menurut Hatta, dukungan terhadap pengembangan riset energi terbarukan ini memang belum optimal. Selain penggunaannya yang belum meluas, subsidi terhadap BBM yang merupakan energi fosil masih sangat tinggi yakni Rp 237 triliun. "Kalau saja subsidi ini diinvestisikan ke riset maka akan mampu menjawab tantangan bangsa," ujarnya.

...dst

14 ) UMY Dituntut Sukseskan PIMNAS
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507162/
   
Saturday, 30 June 2012
YOGYAKARTA– Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 yang akan berlangsung pada 9–14 Juli 2012 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) harus terselenggara sukses.Tuntutan itu dikarenakan UMY pada tahun-tahun sebelumnya telah berpengalaman dan sukses sebagai tuan rumah sejumlah kegiatan nasional. Di antaranya Muktamar Muhammadiyah, ICOSI/IJS, dan kegiatan internasional lainnya. Harapan tersebut disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X saat menerima kunjungan audiensi panitia PIMNAS di Kantor Gubernur DIY kemarin. Dengan pengalamanUMYsebagaituanrumahdi beberapa kegiatan berskala nasional dan internasional, penyelenggaraan PIMNAS ke-25 tahun ini diharapkan akan berlangsung sukses. Bahkan lebih dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. "Oleh karena itu, UMY harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada para peserta yang berasal dari berbagai daerah. Pemerintah pun akan ikut mendukung apa yang menjadi agenda UMY demi menyukseskan PIMNAS ke- 25,"katanya.

...dst

15 ) Dua Prodi Vokasi Ekonomi Unsoed Terakreditasi A
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/656001/dua-prodi-vokasi-ekonomi-unsoed-terakreditasi-a

Jum'at, 29 Juni 2012 18:03 wib
JAKARTA - Fakultas Ekonomi, sebagai salah satu Fakultas dengan peminat terbanyak di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto ternyata tidak berpangku tangan. Segala upaya dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas tiap program studi (prodi) yang ada di dalamnya.Salah satu bentuknya adalah akreditasi A yang diterima oleh Program Studi D-3 Akuntansi dan D-3 Bisnis Internasional. Program D-3 Bisnis Internasional mendapat akreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No.018/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/X/2011 yang berlaku hingga Oktober 2016. Sementara itu Program D-3 Akuntansi mendapat akreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 017/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/X/2011 yang berlaku hingga Oktober 2011. Demikian seperti dikutip dari laman Unsoed, Jumat (29/6/2012).

...dst

16 ) Unpad Eksplorasi Pulau Biawak di Indramayu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507138/
   
Saturday, 30 June 2012
INDRAMAYU – Keberadaan Pulau Biawak di Kabupaten Indramayu merupakan salah satu potensi wisata yang belum tergarap. Belum banyak masyarakat yang mengetahui potensi wisata yang ada di lokasi tersebut.
Padahal, Pulau Biawak ini merupakan pulau yang masih asri dan banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Karena itu, untuk mengembangkan potensi wisata di Pulau Biawak, Universitas Padjadjaran (Unpad),Kota Bandung mengirimkan empat dosen dan 20 mahasiswanya untuk meneliti potensi sumber daya alam gugusan Pulau Biawak di Kabupaten Indramayu tersebut.

...dst

17 ) Menjaga Tradisi Kampus Melalui "Studium Generale"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/13350667/Menjaga.Tradisi.Kampus.Melalui.Studium.Generale.

Sabtu, 30 Juni 2012 | 13:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Studium generale adalah tradisi khas kehidupan kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika yang tradisi ilmiahnya sudah mapan. Di Indonesia, studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum, semakin penting dilaksanakan di perguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Demikian diungkapkan Wakil Rektor Universitas Nasional (Unas) bidang Hubungan Kerjasama dan Kemahasiswaan, Drs Faldy Rasyidie, di Jakarta, Sabtu (30/6/2012). Dia mengungkapkan, isi dan peta jalan (road map) perguruan tinggi ke depan harus berpijak pada pokok-pokok yang telah digariskan di masa lalu dan rancangan ke depan yang terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman. Salah satunya menjadikan studium generale sebagai tradisi kampus.

...dst

18 ) Mahasiswa FK Unibraw Latih Siswa SD Periksa Mata
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/12391057/Mahasiswa.FK.Unibraw.Latih.Siswa.SD.Periksa.Mata

Sabtu, 30 Juni 2012 | 12:39 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Berkat program bimbingan pemeriksaan mata, lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2012. Program bimbingan pemeriksaan mata yang diajarkan kepada siswa SD Penanggungan, Malang itu, dilakukan sejak Januari hingga Februari 2012. Namun monitoringnya masih terus dilakukan hingga saat ini. Dalam kegiatan itu, sebanyak 448 siswa SD Penanggungan Malang belajar menjadi dokter kecil (dokcil) mata."Dari 448 siswa itu, hanya 9 siswa yang mampu menjadi duta mata sehat sekaligus mendapat julukan dokcil mata," kata perwakilan mahasiswa FKUB Astrid Nandikasari Lukito, Sabtu (30/6/2012).

...dst

19 ) Mahasiswa IPB Tuntut Dilibatkan dalam Pilrek
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/656113/mahasiswa-ipb-tuntut-dilibatkan-dalam-pilrek

Jum'at, 29 Juni 2012 15:46 wib
BOGOR - Ratusan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan aksi unjuk rasa di depan Rektorat IPB Bogor. Dalam orasinya, para mahasiswa meminta perwakilan mahasiswa dilibatkan dalam pemilihan rektor yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.Unjuk rasa ini juga diisi dengan aksi teatrikal. Para mahasiswa menutup mulut sebagai bentuk pembungkaman aspirasi. Selain menuntut dilibatkan dalam pemilihan rektor, para mahasiswa juga menuntut pemilihan rektor harus menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak hanya itu, mahasiswa mendesak pemilihan rektor yang bersih dan transparan, serta menjunjung tinggi kapasitas dan akseptabilitas para calon rektor.

...dst

20 ) Unissula Buka Posko Kesehatan di Kelurahan Penggaron Lor
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507163/
   
Saturday, 30 June 2012
SEMARANG – Fakultas Kedokteran Unissula menjadikan Kelurahan Penggaron Lor Kecamatan Genuk Semarang sebagai kelurahan binaan bagi mahasiswa kedokteran. Di kelurahan ini juga disediakan posko kesehatan yang nantinya diisi mahasiswa dan dokter dari Fakultas Kedokteran Unissula. Dekan Fakultas Kedokteran Unissula Taufiqurahman R Nasichun mengatakan ide untuk membentuk kelurahan binaan sudah ada sejak 2009. Namun, hal itu baru bisa terlaksana tahun ini."Berbagai kegiatan di bidang kesehatan akan dilaksanakan, seperti pengobatan,pengaderan relawan kesehatan,dan lainnya.

...dst

21 ) Ada Klinik Bisnis di ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/655948/ada-klinik-bisnis-di-its

Jum'at, 29 Juni 2012 15:04 wib
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, mendirikan sebuah klinik baru bagi para mahasiswa. Bukan sembarang klinik, kali ini klinik yang dibentuk adalah sebuah fasilitas untuk memperkuat dunia usaha mahasiswa.Klinik Bisnis, itulah namanya. Klinik ini sengaja dirintis untuk membantu memfasilitasi mahasiswa ITS dalam meningkatkan usahanya. ''Di sini, mereka akan mendapatkan akses ke dunia luar guna mengembangkan usahanya,'' ujar Ketua Pelaksana Janti Gunawan ketika soft launching Klinik Bisnis, seperti disitat dari ITS Online, Jumat (29/6/2012). Kegiatan ini tersaji dalam bentuk diskusi terbuka antara peserta lembaga inkubator ITS dengan berbagai perwakilan intansi pemerintah dan lembaga swasta. Berbagai komunitas di Surabaya dan mahasiswa ITS pun turut hadir dalam gelaran ini. Berbagai jenis usaha mahasiswa ITS disuguhkan dalam kegiatan ini mulai dari kuliner, jasa, hingga teknologi.

...dst

22 ) Robotik Unissula ke Tingkat Nasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/30/191063/Robotik-Unissula-ke-Tingkat-Nasional

30 Juni 2012
SEMARANG- Tim robotik Fakultas Teknologi Industri Unissula bertolak ke Bandung, Jumat (29/6), untuk berlaga di Kontes Robot KRI/KRCI tingkat nasional di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB Bandung pada 30 Juni-1 Juli 2012. Tim robotik Unissula yang mengandalkan robot Khaum 2 VA setelah sebelumnya berhasil menjadi juara di level regional III yang diikuti PTN/PTS se-Jateng/DIY di GOR Jatidiri Semarang, April lalu. Khaum 2 VA merupakan satu-satunya perwakilan robot dari perguruan tinggi swasta yang berhasil lolos di Kontes Robot Indonesia (KRI). Dua wakil lainnya dari Regional III di kategori KRI adalah UGM yang mengandalkan Jump-Ace dan UNY yang mengandalkan Maestro-Evo.

...dst

Berita Edukasi, 29 Juni 2012

1 ) UGM, UI, dan ITB Kembangkan Infrastruktur
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/655937/ugm-ui-dan-itb-kembangkan-infrastruktur

Jum'at, 29 Juni 2012 11:58 wib
JAKARTA - Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Nusantara melakukan kerjasama dalam pengembangan infrastruktur. Ketiga PTN tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).
Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Rektor UGM Pratikno, Rektor UI yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri, Sunarji, dan Rektor ITB yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Wawan Gunawan A Kadir. Pada penandatangan yang berlangsung kemarin, hadir pula Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Hatta Rajasa, dan sejumlah pimpinan di lingkungan UGM. Pratikno mengatakan, UGM, UI, dan ITB sepakat melakukan kerjasama dalam pengembangan infrastruktur dalam rangka mendorong Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) dalam bidang infrstruktur yang progresif dan berkeadilan. "Hal ini menjadi pekerjaan berat bagi perguruan tinggi untuk ikut berkontribusi memikirkan pendidikan dalam bidang infrastruktur," tutur Pratikno, seperti dilansir dari laman UGM, Jumat (29/6/2012).

...dst

2 ) Tiga Kampus Rancang Jembatan Selat Sunda
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/655801/tiga-kampus-rancang-jembatan-selat-sunda

Jum'at, 29 Juni 2012 09:24 wib
YOGYAKARTA – Tiga universitas besar di Indonesia, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB), memperpanjang kerjasama mereka. Tak tanggung-tanggung, dalam kerja sama ke depan, ketiga kampus ini fokus pada pengembangan infrastruktur megaproyek jembatan Selat Sunda.Penandatanganan kerjasama ketiga universitas dilakukan di Balai Senat UGM kemarin dan disaksikan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Kepala Bidang Peningkatan Mutu Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UGM Harno Dwi Pranowo berkata, tim dari ketiga perguruan tinggi telah menyiapkan pembangunan jembatan Selat Sunda yang memang sudah dipesan lama oleh pemerintah.

...dst

3 ) Juli, RUU Pendidikan Tinggi Disahkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/28/14012080/Juli.RUU.Pendidikan.Tinggi.Disahkan

Penulis : Indra Akuntono | Kamis, 28 Juni 2012 | 14:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) akan disahkan pada Juli 2012 mendatang. Hal itu dikatakan Anggota Komisi X DPR, Parlindungan Hutabarat kepada Kompas.com, Kamis (28/6/2012), di Jakarta. Parlindungan menjelaskan, draf RUU PT telah selesai dibahas oleh Komisi X DPR bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak bulan lalu. Akan tetapi, karena alasan penyempurnaan, akhirnya pengesahan RUU PT ditunda atas dasar permohonan dari pemerintah. "Drafnya kan sudah selesai, pemerintah juga telah menyempurnakan. Pertengahan Juli saya rasa bisa disahkan," kata Parlindungan. Secara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan hal yang sama. Ia optimistis RUU PT akan disahkan pada Juli mendatang. Saat ini, Kemdikbud terus menggenjot pembangunan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di setiap provinsi. Sebab, UU PT mengatur pengadaan minimal satu PTN di setiap provinsi dan daerah perbatasan. Baik itu universitas, mau pun sekolah tinggi."Saya optimistis RUU PT disahkan sebelum pertengahan Juli. Konsekuensi dari pengesahan itu adalah pembangunan minimal satu PTN di setiap provinsi," ujarnya.

...dst

4 ) Yusuf Penerima Bidik Misi dengan IPK Sempurna
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655295/yusuf-penerima-bidik-misi-dengan-ipk-sempurna

Kamis, 28 Juni 2012 17:04 wib
JAKARTA - Keterbatasan ekonomi tidak menjadi alasan bagi Yusuf Bramastya tetap berprestasi. Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) penerima Beasiswa Bidik Misi ini mampu meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna 4,00 selama tiga semester berturut-turut.
Menurut Yusuf, mendapat IPK 4,00 bukanlah impian terbesarnya tapi merupakan bonus yang diberikan Sang Pencipta. "Bagi saya bisa kuliah saja itu merupakan anugerah yang sangat besar. Hal inilah yang membuat saya bersemangat untuk tetap belajar dan terus bermimpi dalam kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun," kata Yusuf, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (28/6/2012).
Yusuf adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai buruh bangunan, sedangkan ibunya bekerja sebagai buruh cuci. Dengan kondisi ekonomi tersebut, Yusuf merasa pesimistis mampu melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. "Kami tinggal di sebuah rumah kontrakan yang cukup kecil di daerah Meruya Utara, Jakarta Barat. Dengan penghasilan yang pas-pasan rasanya sangat tidak mungkin bagi orangtua saya untuk membiayai saya melanjutkan kuliah. Untuk makan sehari-hari saja orangtua saya harus bekerja sangat keras," tutur Yusuf.

...dst

5 ) Penerima Beasiswa Tak Boleh Egois
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/655825/penerima-beasiswa-tak-boleh-egois

Jum'at, 29 Juni 2012 09:58 wib
YOGYAKARTA – Tuntutan agar dapat mempertahankan prestasi dalam bidang akademik menjadi penyebab mengapa selama ini mahasiswa penerima beasiswa umumnya cenderung egois. Bila prestasi mereka menurun, tentu akan berpengaruh dengan eksistensi beasiswa yang diterima. Padahal selain dituntut terus berprestasi akademik, mahasiswa juga dituntut berprestasi dalam bidang nonakademik. "Oleh karena itu, pola pikir tersebut harus diubah. Salah satunya melalui pendidikan karakter," kata Koordinator Beasiswa Unggulan (BU) Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Abe Susanto saat monitoring dan evaluasi bagi mahasiswa penerima BU-BPKLN di Auditorium FPSB Universitas Islam Indonesia (UII) akhir pekan lalu.

...dst

6 ) Pendidikan Karakter Redam Egoisme Penerima Beasiswa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507028/
   
Friday, 29 June 2012
YOGYAKARTA – Tuntutan agar dapat mempertahankan prestasi dalam bidang akademik menjadi penyebab mengapa selama ini mahasiswa penerima beasiswa umumnya cenderung egois.Bila prestasi mereka menurun, tentu akan berpengaruh dengan eksistensi beasiswa yang diterima. Padahal selain dituntut terus berprestasi akademik, mahasiswa juga dituntut berprestasi dalam bidang nonakademik." Oleh karena itu, pola pikir tersebut harus diubah. Salah satunya melalui pendidikan karakter," kata Koordinator Beasiswa Unggulan (BU) Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Abe Susanto saat monitoring dan evaluasi bagi mahasiswa penerima BU-BPKLN di Auditorium FPSB Universitas Islam Indonesia (UII) akhir pekan lalu.

...dst

7 ) Kemdikbud dan Bank Indonesia Kerja Sama Edukasi Perbankan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/441

06/28/2012
Jakarta – Bank Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menandatangani kesepakatan pelaksanaan edukasi perbankan dan keuangan kepada peserta didik di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah umum, serta perguruan tinggi. Nota kesepahaman ditandatangani langsung Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh pada Rabu (27/6) siang, di arena Indonesia Banking Expo (IBEX) 2012 di Jakarta Convention Center. Wakil Presiden Boediono turut menyaksikan penandatanganan ini. Salah satu bagian acara dalam IBEX 2012 adalah Pekan Keuangan Inklusif. Keuangan Inklusif merupakan program yang bersifat jangka panjang, yang dalam pelaksanaannya memerlukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak lain, termasuk Kemdikbud.

...dst

8 ) Hanya Tiga Lembaga Riset Terima Remunerasi
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/29/03403438/hanya.tiga.lembaga.riset.terima.remunerasi

29 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Hanya tiga dari tujuh lembaga pemerintah non-kementerian di bidang riset ilmu pengetahuan dan teknologi serta Kementerian Riset dan Teknologi yang dinilai berkinerja baik. Karena itu, mereka berhak memperoleh remunerasi berupa kenaikan tunjangan kinerja bagi pegawai. Tiga lembaga itu adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Staf Khusus Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Nurpansyah, Kamis (28/6), menjelaskan, Komisi VII menyetujui pemberian remunerasi berdasarkan usulan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) tentang kenaikan tunjangan kinerja bagi pegawai di lingkungan Kemenristek dan lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK) ristek. Persetujuan didapat dalam rapat dengar pendapat dengan Menristek Gusti Muhammad Hatta dan jajarannya, Rabu. Persetujuan juga berdasarkan penilaian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Lembaga tersebut dianggap mampu meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan prima, dan integritasnya dianggap baik," kata Mulyanto, Sekretaris Menristek.

...dst

9 ) ITB Gelar Konferensi Linguistik Internasional ke-IX
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/28/329548/293/14/ITB-Gelar-Konferensi-Linguistik-Internasional-ke-IX

Kamis, 28 Juni 2012 19:30 WIB
BANDUNG--MICOM: Bahasa Inggris masih mendominasi keanekaragaman bahasa nasional atau lokal di dunia. Penguasaan bahasa yang digunakan secara nasional itu dikhawatirkan bisa menyingkirkan bahasa yang minim digunakan. Hal itu diungkapkan Tove Skutnabb-Kangas dari University of Roskilde, Denmark, pada acara Konferensi Linguistik Internasional ke-IX di Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis (28/6). "Ini jelas merupakan ancaman serius terhadap kelangsungan dan keanekaragaman linguistik," ujarnya.Hadir dalam acara itu Duta Besar Inggris untuk Indonesia Mark Canning dan Rektor ITB Akhmaloka serta beberapa perwakilan dari universitas negera-negara peserta konferensi. Konferensi bahasa ini merupakan kelanjutan dari delapan konferensi serupa yang sebelumnya diselenggarakan dari 1995 sampai 2010. Konferensi Internasional Bahasa di Bandung dikenal sebagai perhelatan yang membahas beragam isu di dunia pendidikan bahasa di Indonesia yang juga menarik perhatian para ahli bahasa dari berbagai belahan dunia.
 
...dst

10 ) Rektor ITS : Proses Lebih Penting Daripada Hasil
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655321/rektor-its-proses-lebih-penting-daripada-hasil

Kamis, 28 Juni 2012 18:03 wib
JAKARTA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Tri Yogi Yuwono melepas tim robotik ITS yang akan berlaga dalam Kontes Robot Nasional (KRN) 2012 di Bandung. Dalam prosesi pelepasan tersebut, orang nomor satu di ITS ini memberikan apresiasi kepada kontingen serta membakar semangat mereka dengan mengikrarkan kata "vivat" sebanyak tiga kali. Tri Yogi mengatakan, pengumuman untuk menjadi jawara tidak perlu menunggu hingga KRN berakhir. Menurut Tri Yogi, sejak saat ini pun mereka sudah menjadi pemenang karena berhasil menjalankan dengan baik tanggung jawab yang dibebankan. ''Siap untuk bertanding merupakan faktor yang sangat penting,'' ujar Tri Yogi, seperti dinukil dari ITS Online, Kamis (28/6/2012).Alumni Jurusan Teknik Mesin ITS itu menyebut, dalam pertandingan nanti, kontingen ITS harus menjunjung tinggi sportivitas. Kejujuran harus berada pada garis terdepan, seperti apapun hasilnya. ''Proses lebih penting daripada hasil,'' tuturnya.
 
...dst

11 ) Peraturan Menteri Agama Nomor 3/2012 Bertentangan dengan UU Sisdiknas
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/28/20062061/Peraturan.Menteri.Agama.Nomor.32012.Bertentangan.dengan.UU.Sisdiknas

Kamis, 28 Juni 2012 | 20:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, KH Abdul Hakim, mengingatkan Menteri Agama, tentang keberadaan Peraturan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2012. Menurut Abdul Hakim, peraturan itu tidak mengakomodir penyelenggara pendidikan diniyah dan pesantren. Isi dari Peraturan tersebut banyak melanggar dan bertentangan dengan UU Nomor 20/2003 tentang sistem pendidikan Nasional, dan PP Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. "Banyak pasal yang tidak mengakomodir kepentingan penyelenggara pendidikan pesantren. Terkesan Kementerian Agama tidak melakukan kajian dan riset yang mendalam terhadap permasalahan pendidikan diniyah dan pesantren," ujar Abdul Hakim di Jakarta, Kamis (28/6/2012). Dalam ketentuan-ketentuan yang terdapat pada Peraturan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2012 itu, menurut Abdul Hakim, memberikan kesan pemerintah ingin membatasi ruang gerak pendidikan diniyah dan pesantren.

...dst

12 ) Saweran untuk KPK Dinilai Tak Cerdas, Dorong Perbaikan Pembahasan di DPR
http://news.detik.com/read/2012/06/29/064325/1953652/10/saweran-untuk-kpk-dinilai-tak-cerdas-dorong-perbaikan-pembahasan-di-dpr

Jumat, 29/06/2012 06:43 WIB
Jakarta, Aksi penggalangan dana untuk pembangunan gedung baru KPK dianggap bukan cara yang cerdas. Seharusnya, masyarakat mendorong adanya perbaikan model pembahasan anggaran di DPR yang dinilai bermasalah. "Jalan tengahnya, kita dorong perbaikan model pembahasan anggaran di DPR," cetus pengamat hukum dari Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM, Oce Madril, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (28/6/2012) malam. Menurut Oce, pertemuan-pertemuan atau lobi-lobi di belakang forum resmi saat pembahasan anggaran berlangsung harus dihilangkan. Ia menilai hal itulah yang membuat pembahasan anggaran menjadi lama dan terkadang memakan banyak biaya."Ada problem dalam fungsi budgeting DPR. Ada sesuatu yang salah, proses sistemnya harus diperbaiki," tuturnya.

...dst

13 ) Pukat UGM: DPR Tahan Anggaran Gedung Baru Agar KPK Lebih Jinak
http://news.detik.com/read/2012/06/29/091224/1953729/10/pukat-ugm-dpr-tahan-anggaran-gedung-baru-agar-kpk-lebih-jinak?n991103605

Jumat, 29/06/2012 09:12 WIB
Jakarta, Penolakan DPR untuk mencairkan anggaran gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disinyalir sarat alasan politis. Sebabnya, selama ini kedua lembaga ini terlibat rivalitas yang tak kunjung usai. "Tidak tahu apa alasan utama DPR. Boleh jadi agak politis, agar KPK tunduk pada DPR, pada Komisi III. Agar KPK lebih jinak, agar KPK mengemis kepada Komisi III," ujar pengamat hukum dari Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM, Oce Madril, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (28/6/2012) malam. Menurut Oce, persoalan gedung baru KPK ini tidak bisa dilepaskan dari rivalitas kedua lembaga ini. Masih lekat dalam ingatan publik bagaimana kedua lembaga yang seharusnya bermitra ini, justru terlibat adu argumen terkait sejumlah persoalan.

...dst

14 ) Pemerintah Tegaskan Dana Saweran untuk Gedung KPK Halal
http://news.detik.com/read/2012/06/28/182752/1953487/10/pemerintah-tegaskan-dana-saweran-untuk-gedung-kpk-halal

Kamis, 28/06/2012 18:27 WIB
Jakarta Dana saweran yang sedang dikumpulkan secara swadaya oleh masyarakat untuk pembangunan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diperbolehkan. Dana itu masuk dalam kategori hibah. Sekjen Kemenkeu, Kiagus Ahmad Baddarudin, menjelaskan hibah yang diberikan kepada lembaga negara ataupun komisi diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan 171 tahun 2007 tentang tata cara hibah langsung maupun hibah dalam bentuk barang. "Jadi memang itu jauh sebelum kasus KPK memang sudah ada ketentuannya. Hibah itu boleh. Memang ketentuannya seperti itu, halal," kata Kiagus di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (28/6/2012).
Terkait anggaran gedung baru, KPK pernah mengajukan anggaran multi years. Anggaran ini kemudian masuk dalam APBN Perubahan 2012.
"Awalnya Rp 80 miliar kemudian dipotong penghematan, kemarin tersisa sekitar Rp 60 miliar," terangnya.

...dst

15 ) Calon Mahasiswa STMIK AMIKOM Dibekali Kuliah Umum
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/507029/
   
Friday, 29 June 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta tahun akademik 2012/2013 kembali memberikan kuliah umum kepada calon mahasiswa yang ingin menempuh studi di perguruan tinggi tersebut. Kuliah umum ini diberikan setiap akhir pekan hingga akhir pendaftaran di Ruang Citra I, kampus STMIK AMIKOM Yogyakarta. Hingga sekarang sudah berlangsung untuk yang ke-13 kalinya. Selain memperkenalkan dan membiasakan calon mahasiswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), ini juga sebagai bekal dan pemantapan mengapa memilih kuliah di Kampus Ungu itu. Periode ke-13 ini diikuti 180 peserta yang merupakan calon mahasiswa dari pendaftar terakhir gelombang II.

...dst

16 ) Akuntan se-Indonesia Kumpul, Wapres Beri Wejangan
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/06/27/m698gu-akuntan-seindonesia-kumpul-wapres-beri-wejangan

Rabu, 27 Juni 2012, 09:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Presiden RI Boediono membuka secara resmi konvensi nasional akuntansi (KNA) ke VII di Yogyakarta, Rabu (27/6). KNA sendiri adalah himpunan ratusan akuntan dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini digelar sejak 27 hingga 28 Juni 2012. KNA VII mengambil tema transformasi good governance dari kepatuhan menuju budaya.Selain KNA dalam kegiatan itu juga digelar Kongres Luar Biasa Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Rombongan Wapres datang ke kegiatan tersebut tepat pukul 09.30 WIB. Pembukaan KNA sendiri dilalukan pukul 10.00 WIB. Menurut Ketua Panitia Pelaksanaan KNA VII, Supriyadi, KNA VII digelar sebagai upaya untuk menciptakan komitmen profesi agar bisa berperan lebih aktif dalam menciptakan transparansi, akuntabilitas dan tata kelola organisasi dalam menopang kelangsungan hidup organisasi.

...dst

17 ) 5.588 Mahasiswa UGM Ikuti KKN di 23 Provinsi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/193979

Kamis, 28/06/2012 - 16:55
YOGYAKARTA, (PRLM).- Menko Perekonomian Hatta Rajasa melepas 5.588 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdyaan Masyarakat (KKN-PPM ). Mereka ditempatkan di 23 provinsi, terdiri 47 kabupaten/kota dari luar Jawa, dan 38 kabupaten/kota di Jawa. Dalam pernyataannya, Kamis (28/6/12), dia menyatakan KKN penting dalam kaitan mendorong kemajuan masyarakat seperti program pengentasan kemiskinan. Sentuhan-sentuhan dari mahasiswa diharapkan dia bisa meningkatkan capaian mengurangi kemiskinan dan masalah sosial lainnya. Menurut dia, percepatan peningkatan pengentasan kemiskinan dan masalah lainnya sangat membantu pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) 2015. Targetnya, kemiskinan hanya pada level 8-10 persen dan pengangguran hanya 5-6 persen. Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno menyatakan peserta KKN tidak hanya mahasiswa lokal, terdapat sejumlah mahasiswa asing yang kuliah di UGM dari 15 negara seperti mahasiswa dari Australia, Hongkong, Jepang, Jerman, Jerman, dan Afrika Selatan.

...dst

18 ) Mapala 09 Unhas Akan Taklukkan Mount Elbrus
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/373/655884/mapala-09-unhas-akan-taklukkan-mount-elbrus

Jum'at, 29 Juni 2012 10:50 wib
MAKASSAR - Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) 09 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali membuat gebrakan. Setelah tahun lalu berhasil menaklukkan puncak tertinggi Indonesia, Cartenz Piramid, Pegunungan Jayawijaya, Papua, kini mereka akan mendaki puncak tertinggi di Eropa, yakni Mount Elbrus di Rusia. Rencana pendakian yang diberi nama Ekspedisi Ewako Merah Putih (Mount Elbrus 5642 MDPL, Russian, Eropa Timur) dilaksanakan pada September-Oktober 2012. Ketua Panitia Kegiatan Aan Anggareksa berkata, saat ini persiapan pendakian sudah sampai pada tahap persiapan khusus dengan melakukan simulasi pendakian di Gunung Bawakaraeng, Malino, Kabupaen Gowa. Untuk mematangkan diri, dilakukan persiapan khusus berupa simulasi pendakian. Namun, untuk lokasi simulasi yang dianggap paling mendekati kondisi lapangan di Elbrus nantinya, masih menunggu instruksi dari tim pelatih yang berada di Jakarta.

...dst

19 ) C-Dry, Pengering Cabe Efisien Karya ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/29/372/655943/c-dry-pengering-cabe-efisien-karya-its

Jum'at, 29 Juni 2012 13:02 wib
JAKARTA - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya seakan tidak kehabisan ide untuk menelurkan inovasi. Teranyar, empat mahasiswa ITS berhasil mendesain sebuah alat pengering cabai segar yang dijuluki Chili Dryer (C-Dry) yang menigkatkan pendapatan petani cabai di Kota Batu serta mengantarkan mereka lolos Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) XXV di Yogyakarta. Adalah Rizky Fitria Fauzy, Suhartono, Yuandhika Adhi W, dan Zulvah. Ketua PKMT C-Dry Rizky menjelaskan, inisiatif pembuatan PKMT ini muncul dari Tugas Akhir (TA) yang tengah dikerjakan. Mereka pun melakukan survei ke Batu, Malang, yang notabene merupakan salah satu daerah penghasil cabai terbesar di Jawa Timur. ''Di sana sudah ada alat pengering cabai, namun hasilnya masih kurang optimal,'' papar Rizky, seperti dilansir dari ITS Online, Jumat (29/6/2012).

...dst

20 ) Lima Duta Google dari ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655249/lima-duta-google-dari-its

Kamis, 28 Juni 2012 15:02 wib
JAKARTA - Lima mahasiswa jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya menorehkan prestasi di kancah Asia Tenggara. Qotrun Nada Haroen, Andre Rizqon Maulana, Hani Ramadhan, Firman Insan Muhammad, dan Aldi Syahdeni terpilih sebagai Google Student Ambassador untuk kawasan Asia Pasifik. Kelima mahasiswa ini tidak pernah menyangka akan terpilih menjadi duta bagi Google. Pasalnya, sebelum ini tidak pernah ada pengumuman mengenai open recruitment menjadi anggota salah satu search engine nomer satu di dunia tersebut. ''Ini yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara,'' ujar Andre, seperti dikutip dari ITS Online, Kamis (28/6/2012). Andre melanjutkan, proses pendaftarannya sendiri tidak begitu rumit. Mereka hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh pihak Google, kemudian mengirimnya via online. "Tidak ada yang istimewa. Kami sebenarnya juga bingung kenapa bisa lolos,'' papar satu-satunya mahasiswa angkatan 2009 yang terpilih sebagai duta Google. 

...dst

21 ) BNI Berikan Beasiswa untuk 40 Mahasiswa IPB Kurang Mampu
http://www.pikiran-rakyat.com/node/193951

Kamis, 28/06/2012 - 11:49
BOGOR, (PRLM).-Bank Negara Indonesia (BNI) memberikan beasiswa Rp 500 juta untuk 40 mahasiswa IPB yang kurang mampu selama 6 semester. Selain itu untuk koperasi pegawai, BNI juga akan memberikan kredit usaha senilai Rp 2 milyar bagi 1.579 pegawai PNS di lingkungan IPB. Kredit tersebut akan disalurkan melalui koperasi Pegawai IPB Teko Sumodihardjo. BNI juga menawarkan untuk memperbaiki shelter sepeda dan akan membuat pojok BNI wirausaha dan Carrier Development Affair Lounge untuk mempermudah kegiatan perekrutan alumni IPB sebagai pegawai BNI. Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc dalam sambutannya menyampaikan kerja sama dengan BNI tercatat sejak tahun 1970. Selain itu BNI juga telah membantu IPB dalam meringankan proses penyelesaian hutang pembangunan asrama. Rektor berharap kerja sama tidak hanya soal beasiswa tetapi juga dalam hal rekruitmen pegawai BNI.

...dst

22 ) Pungutan Sekolah Swasta Diperlonggar
Revisi Permendikbud No 60 Tahun 2011
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/28/190880/Pungutan-Sekolah-Swasta-Diperlonggar

28 Juni 2012
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya akan merevisi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 60 Tahun 2011 tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan SD dan SMP. Revisi atas Permendikbud No 60 Tahun 2011 bertujuan memperkuat aturan-aturan yang sudah ada. Terdapat sejumlah hal baru yang akan diatur dalam permen tersebut. Di antaranya, sekolah swasta penerima dana bantuan operasional sekolah (BOS) diperbolehkan menarik pungutan. Akan tetapi, pungutan tersebut sekadar untuk menutup biaya operasional sekolah dengan batasan tertentu. "Dalam perubahan itu, sekolah negeri tetap dilarang memungut biaya. Hanya saja, di sekolah swasta, BOS jadi pengurang. Maksudnya, kalau tadinya biaya operasionalnya ditetapkan 200.000 per bulan, tapi sekolah swasta hanya menerima BOS 100.000 per bulan. Karena itu, setiap murid dapat ditarik maksimal 100.000. Pungutan tetap tidak diperbolehkan," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, kemarin.

...dst

23 ) Stop Jatah Kursi PNS untuk Pejabat
http://www.jpnn.com/read/2012/06/29/132293/Stop-Jatah-Kursi-PNS-untuk-Pejabat-

Jum'at, 29 Juni 2012 , 05:18:00
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menegaskan, perilaku memberikan jatah kuota perekrutan pegawai bagi pejabat di daerah harus dihentikan. Praktik-praktik tersebut, kata dia, melanggar UUD. Sebab, semua orang memiliki hak dan kedudukan yang sama di pemerintahan. "Saya rasa praktik-praktik seperti itu tidak boleh ada. Warga negara mempunyai hak dan kedudukan yang sama di bidang pemerintahan. Tanpa terkecualinya," tegas Gamawan di kantornya Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, (28/6).Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak pejabat di daerah mendapatkan jatah perekrutan pegawai. Dengan jatah tersebut mereka dapat "menitipkan" kerabat atau orang dekatnya untuk bekerja sebagai abdi negara. Akibat banyaknya perilaku tersebut, mantan Bupati Solok, Sumatera Barat ini menilai, sangat wajar jika Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB) menggandeng Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk memantau perekrutan pegawai di daerah.

...dst

24 ) Rekrut CPNS tapi Terbatas
http://www.jpnn.com/read/2012/06/29/132317/Rekrut-CPNS-tapi-Terbatas-

Jum'at, 29 Juni 2012 , 09:15:00
BANDA ACEH – Pemerintah pusat membuka kembali `kran' penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2012. Tapi, sejumlah Kabupaten/kota di Aceh memastikan tidak mau ambil bagian, mengingat jumlahnya sudah mencukupi, seperti di tingkat pemerintah provinsi dan Kota Banda Aceh.
"Saya kira  untuk tingkat provinsi tahun ini tidak ada, kalaupun ada pastinya hanya untuk formasi tertentu saja seperti kesehatan dan pendidikan," Kata Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs. T. Setia Budi, kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Kamis (28/6).Sekda menyebutkan, kebutuhan PNS di lingkungan Pemprov Aceh sudah memadai, jumlahnya saat ini  lebih kurang sudah mencapai 10 ribu orang. Sehingga  untuk tahun ini, tidak begitu mendesak untuk dilakukan perekrutan CPNS, apalagi belum ada  surat permintaan usulan formulasi dari pemerintah pusat.

...dst

25 ) Mendagri Ancam Sanksi Kada yang Berani Mainkan Seleksi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2012/06/29/132285/Mendagri-Ancam-Sanksi-Kada-yang-Berani-Mainkan-Seleksi-CPNS-#

Jum'at, 29 Juni 2012 , 03:38:00
JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi mendukung langkah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Anzar Abubakar yang memperketat pengawasan pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2012.Mantan gubernur Sumbar pun menyatakan persetujuannya atas dilibatkanya Indonesia Corruption Watch (ICW). Dia pun mengancam akan memberikan sanksi bagi kepala daerah yang nekad mengambil keuntungan material dari proses rekrutmen CPNS ini.Gamawan mengingatkan jangan coba-coba lagi kepala daerah main titip-titipan peserta seleksi. "Bisa diberi sanksi kalau itu pejabat juga yang mengambil keputusan itu," tegas Gamawan di kantornya, Kamis (28/6).Disebutkan, sanksinya berupa sanksi administrasi. Hanya saja, tidak disebutkan lebih detil jenis sanksi yang dimaksud. Namun, dari aspek pidana, tetap diproses hukum.  "Di sana kan pengawasan,  bisa diberi sanksi, diproses (hukum) karena itu bentuk perilaku yang tidak adil," tegasnya.

...dst

Berita Edukasi, 28 Juni 2012

1 ) UU PT Siap Fasilitasi Pembangunan PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/06/27/132139/UU-PT-Siap-Fasilitasi-Pembangunan-PTN-

Rabu, 27 Juni 2012 , 16:28:00
JAKARTA—Penyusunan dan pembahasan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU PT) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan DPR RI, dipastikan akan rampung pada pertengahan bulan Juli 2012 mendatang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, saat ini sudah memasuki tahap pembahasan akhir dan siap diterbitkan."Draft ini sudah sampai pada pembahasan terakhir. Mungkin pertengahan bulan depan (Juli 2012) sudah selesai dan siap terbit," ungkap Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (27/6). Nuh menjelaskan, jika UU PT ini telah diterbitkan maka akan mampu memfasilitasi rencana pemerintah untuk membangun perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh provinsi di Indonesia. Berdasarkan isi draft UU PT tersebut, disebutkan bahwa di masing-masing provinsi sedikitnya harus ada satu PTN ataupun institute. "Ada beberapa yang sudah masuk di dalam list rencana pembangunan. Yakni, PTN atau beberapa Piliteknik di Sulawesi Barat, Aceh, Banyuwangi (Jawa Timur), Madiun (Jawa Timur), dan Sampang," sebut Nuh.

...dst

2 ) Kenapa Nilai SNMPTN Rahasia?
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/27/079413324/Kenapa-Nilai-SNMPTN-Rahasia

Rabu, 27 Juni 2012 | 16:00 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Berpuluh-puluh tahun lamanya, peserta ujian saringan masuk ke perguruan tinggi negeri hanya bisa menebak hasil pengumuman dari panitia ujian. Hasilnya pun hanya keterangan diterima di jurusan pilihan. Mereka yang tidak tercantum namanya berarti tak lolos. Kenapa nilai ujian seleksi itu selalu dirahasiakan? Ketua Panitia SNMPTN Akhmaloka beralasan, panitia tidak bisa memajang nilai orang lain kepada umum. "Itu tidak bagus untuk publik," katanya Rabu, 27 Juni 2012. Adapun cara lain yang lebih tertutup, seperti pengiriman hasil ujian ke masing-masing peserta, secara teknis disebutnya cukup sulit dan merepotkan. "Nilai per mata ujian (SNMPTN) itu saja sulit kami akses," ujarnya. Namun menurut anggota Komisi Informasi Pusat, Ahmad Alamsyah Saragih, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan punya rencana untuk membuka akses nilai SNMPTN itu. Solusi itu terungkap dalam sidang mediasi di Komisi Informasi Publik antara pemohon nilai SNMPTN dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berjalan sejak Februari 2012 hingga sepekan lalu. "Ada agenda tim seleksi ujian untuk bikin sistem teknologi dan informasi baru," kata Alamsyah.

...dst

3 ) RI Resmi jadi Anggota ke-19 IIASA
http://www.jpnn.com/read/2012/06/28/132201/RI-Resmi-jadi-Anggota-ke-19-IIASA-

Kamis, 28 Juni 2012 , 09:55:00
WINA – Kabar gembira bagi dunia pendidikan dan penelitian tanah air. Indonesia secara resmi terpilih sebagai anggota The International Institute for Applied Systems Analysis (IIASA). Penetapan itu dikeluarkan pihak IIASA dalam pertemuan dengan delegasi Indonesia yang diwakili Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI/PTRI Wina, Aris Munandar dan Sekretaris I, Yulastiawarman Zakaria, di markas IIASA di jalan Schlossplatz 1 A-2361 Laxenburg, Austria, Selasa (26/6). Keputusan tersebut disampaikan langsung Direktur/CEO IIASA, Profesor Dr Pavel Kabat dan Ketua Dewan IIASA, Profesor Dr Peter Lemke saat pertemuan IIASA Council Ke-80. Kedua petinggi IIASA ini menyambut baik kesediaan Indonesia menjadi anggota ke-19. Keberadaan Indonesia di IIASA semakin memperkuat hubungan dan jalinan kerjasama institusi internasional tersebut dengan negara-negara anggota khususnya di wilayah Asia Pasifik. ''Kami (IIASA) memiliki catatan mengesankan dalam membangun kerjasama ilmiah dengan para anggota dalam menggunakan penelitian dan memberikan pemahaman serta bimbingan untuk pembuatan kebijakan menghadapi tantangan dunia.

...dst

4 ) Temuan Peneliti Indonesia Kalahkan Alat Produksi Amerika
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/28/08592261/Temuan.Peneliti.Indonesia.Kalahkan.Alat.Produksi.Amerika

Kamis, 28 Juni 2012 | 08:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Muhammad Luthfi Nurfakhri, seorang pelajar Indonesia, mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Luthfi adalah iswa kelas XI jurusan IPA, SMAN 1 Bogor, Jawa Barat, yang berhasil menemukan "Digital Leaf Color Chart". Sebuah alat bersensor ganda yang digadang-gadang memiliki obyektivitas tinggi antara penggunaan pupuk dengan hasil tanaman padi. Dari alat canggih yang ditemukannya, ia berhasil menyabet peringkat III pada Intel International Science & Engineering Fair 2012, sebuah ajang adu kemampuan para peneliti muda dari seluruh dunia yang digelar pada pertengahan Mei lalu, di Pennsylvania, Amerika Serikat.

...dst

5 ) Beasiswa Unggulan untuk Juara Kompetisi Internasional
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/440

27 Juni 2012
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan beasiswa unggulan kepada Muhammad Luthfi Nurfakhri. Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bogor ini, berhasil menjadi "Grand Winner ke III" dalam Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2012, di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Predikat juara tersebut diraih Luthfi setelah bersaing dengan 1.500 peserta lainnya dari berbagai negara pada 13-18 Mei lalu. Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad secara simbolis menyerahkan beasiswa unggulan kepada Luthfi di Gedung D Kemdikbud, Rabu (27/06). Dalam kesempatan tersebut, Hamid mengatakan beasiswa unggulan yang diberikan ini sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai. Luthfi menjuarai kompetisi ini dengan membawa karyanya yang berjudul "Digital Leaf Color Chart". Ke depan, kata Hamid, penelitian yang telah dilakukan Luthfi akan didorong untuk dipatenkan. "Kalau tidak dipatenkan, akan dikembangkan orang lain," tuturnya.

...dst

6 ) Tim Roboboat Undip Gondol Juara di AS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/27/373/654665/tim-roboboat-undip-gondol-juara-di-as

Rabu, 27 Juni 2012 15:19 wib
JAKARTA - Dunia robotika Indonesia kian diperhitungkan dunia. Satu lagi prestasi anak bangsa dalam dunia robotika ditorehkan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip). Melalui Tim Roboboat, Undip mendapatkan Hull From Award pada Kejuaraan "AUVSI Foundation and ONR's 5th International RoboBoat Competition" pada 20-24 Juni lalu di Virginia Beach, Amerika Serikat. Tim Roboboat Undip digawangi tiga mahasiswa Teknik Perkapalan Aldias Bahatmaka, Biwa Abi Laksana, dan Dandy Kurniawan; dua mahasiswa Teknik Elektro M Fairuz Luthfa dan Bambang Nur Cahyono; Jalu Rahmadi Mukti L (Teknik Mesin) dan Diaz Wicaksono (Teknik Sistem Komputer). Demikian seperti dikutip dari situs Undip, Rabu (27/6/2012).

...dst

7 ) Menjadi Rektor, Bak Berambisi Jadi Politikus....
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/28/07420595/Menjadi.Rektor.Bak.Berambisi.Jadi.Politikus.

Kamis, 28 Juni 2012 | 07:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rhenald Kasali, menilai pemilihan rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti halnya pemilihan pejabat dalam dunia perpolitikan negara. Ambisi menjadi rektor sudah tak ubahnya berambisi menjadi pejabat negara."Masalahnya, ambisi menjadi rektor PTN sekarang sudah hampir sama dengan ambisi jadi pejabat publik lainnya," kata Rhenald kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (27/6/2012). Rhenald bilang, berdasarkan informasi ia dapatkan langsung dari para calon rektor PTN dan tim suksesnya, untuk menempati posisi rektor, para calon tersebut turut melobi ketua-ketua partai politik. Harapannya, lanjut Rhenald, para politikus yang masuk di jajaran anggota dewan dan kementerian mampu memberikan dana besar di APBN-P ke rektor dan universitasnya itu. "Akibatnya, kalau mereka buat kesalahan, maka mereka dilindungi orang-orang politik. Orang politik pun telah menitipkan anak dan keponakannya masuk (PTN) lewat jalur undangan saat penerimaan mahasiswa (SNMPTN)," ungkap pria bergelar PhD dari University of Illinois ini.

...dst

8 ) Rektor Unmer: Satu Ijazah S-2 Unmer Dipalsukan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/15193110/Rektor.Unmer.Satu.Ijazah.S-2.Unmer.Dipalsukan

Rabu, 27 Juni 2012 | 15:19 WIB
MALANG,KOMPAS.com - Rektor Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Jawa Timur, Prof DR Anwar Sanusi, SE, M.Si mengecam keras perbuatan Su (42), pelaku pemalsu ijazah untuk S-2. Su, asal Kota Malang, kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia diketahui telah memalsukan sekitar 1600 ijazah dengan mengatasnamakan berbagai perguruan tinggi.
Anwar mengatakan, dari hasil koordinasi yang dilakukan, diketahui ada satu ijazah S-2 Magister Manajemen yang dipalsukan Su dengan mengatasnamakan Universitas Merdeka Malang. Ijazah tersebut dibuat Su untuk dirinya sendiri. Hal itu diketahui oleh pihak Unmer Malang setelah membentuk tim kuasa hukum yang berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur. "Hasil koordinasi tim kami, ada 1600 lembar ijazah yang dipalsukan oleh tersangka. Dari jumlah tersebut hanya ada satu ijazah yang atas nama Unmer. Yakni untuk jurusan Magister Manajemen. Pengakuan pelaku, tidak mengeluarkan ijazah untuk orang lain. Hanya cetak un

...dst

9 ) PTN DIY Kekurangan Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655171/ptn-diy-kekurangan-dosen

Kamis, 28 Juni 2012 10:47 wib
YOGYAKARTA – Rata-rata perguruan tinggi negeri (PTN) di Yogyakarta kekurangan dosen karena perekrutan dosen baru harus mengikuti aturan dan kuota pusat, yakni jumlah dosen baru sama dengan yang pensiun atau keluar.Kondisi memprihatinkan ini diungkapkan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab di Museum Pendidikan Indonesia, kemarin. UNY saat ini kekurangan dosen sekira 15–20 persen. UNY juga membuka peluang menerima dosen baru tapi tetap mengikuti instruksi pusat. "Kami tidak boleh mengikuti zero growth dalam artian tidak diperkenankan sama sekali menambah tenaga pengajar. Sudah diatur oleh pusat bahwa tambahannya sama dengan yang keluar atau pensiun, karena pada dasarnya perekrutan dosen PTN tidak sama dengan pegawai negeri sipil biasa," paparnya.

...dst

10 ) Institut Seni dan Budaya Hadir di Sulsel
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655211/institut-seni-dan-budaya-hadir-di-sulsel

Kamis, 28 Juni 2012 11:50 wib
MAKASSAR – Rencana Pemprov Sulsel untuk mendirikan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di Kota Makassar akan segera terwujud. Pemerintah Pusat telah menunjuk Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta untuk merintis pendirian lembaga pendidikan yang fokus pada seni dan budaya ini.Dijadwalkan, dalam waktu dekat ini, perwakilan ISI Surakarta akan segera ke Kota Makassar untuk mengidentifikasi lokasi yang strategis untuk kampus ISI Sulsel. Saat ini,ada dua lokasi yang disiapkan, yakni di Benteng Fort Rotterdam dan di Kabupaten Gowa.Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) Jasruddin mengungkapkan, pihaknya bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel telah melakukan pembicaraan dengan ISI Surakarta mengenai rencana tersebut. Salah satunya membahas tentang beberapa jurusan yang nantinya akan dibuka di ISBI Sulsel.

...dst

11 ) Perjokian, UII Ubah Sistem PMB
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655164/perjokian-uii-ubah-sistem-pmb

Kamis, 28 Juni 2012 10:42 wib
YOGYAKARTA – Terungkapnya kasus perjokian dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Universitas Islam Indonesia (UII) tidak terlepas dari pola atau sistem seleksi yang diterapkan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia ini. Salah satunya dengan selalu mengubah pola saat seleksi PMB."Karena itu, jika ada yang akan berbuat curang saat seleksi PMB, pasti akan ketahuan," ujar Rektor UII Edy Suandi Hamid, kemarin.Selain untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan seperti perjokian dan tindakan ilegal lainnya, ketatnya seleksi PMB di UII ini untuk menjaga kualitas calon mahasiswa. Calon yang diterima nantinya benar-benar memenuhi kualifikasi. Seleksi tidak hanya dilakukan saat masuk, tapi juga saat mahasiswa sudah diterima. Jika diketahui ada mahasiswa yang diterima karena tidak melalui prosedural, terutama melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan, UII langsung mengeluarkannya.

...dst

12 ) Empat Robot ITS Siap Unjuk Gigi di KRN
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/27/373/654697/empat-robot-its-siap-unjuk-gigi-di-krn

Rabu, 27 Juni 2012 17:04 wib
JAKARTA - Pelaksanaan Kontes Robot Nasional (KRN) 2012 di Institut Teknologi Bandung (ITB) tinggal menghitung hari. Jelang detik-detik terakhir, semua peserta dari berbagai universitas pun sibuk memastikan para serdadu mereka siap bertarung.Para ajudan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, yakni Ar Ramadhan, Hurofu, RI-NHO, dan V-You memastikan diri siap berlaga di ajang bergensi tersebut. Keempat robot ITS ini terbagi dalam dua kategori, yakni kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).Ar Ramadhan merupakan perwakilan ITS untuk KRCI beroda, sementara Hurofu untuk KRCI Robo Soccer Humanoid League (RSHL). Meski tahun ini hanya meloloskan dua tim di kategori KRCI, tim ITS tetap optimistis mampu meraih prestasi. Ketua tim KRCI beroda ITS Rully Muhammad Iqbal mengaku, terdapat beberapa peningkatan yang diberikan kepada robot andalannya tersebut. ''Ar Ramadhan dapat menemukan titik api lebih cepat. Waktu tempuhnya untuk kembali pada posisi awal juga lebih cepat," ujar Rully, seperti dikutip dari ITS Online, Rabu (27/6/2012).

...dst

13 Konvensi FTUI Tentukan Calon Rektor
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/27/373/654780/konvensi-ftui-tentukan-calon-rektor

Rabu, 27 Juni 2012 16:49 wib
DEPOK - Menjelang agenda pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI), Senat Akademik Fakultas Teknik (FT) UI membentuk Tim Konvensi. Tim beranggotakan perwakilan dosen dari tujuh departemen di FT UI ini akan bekerja menyatukan suara civitas academica FT UI tentang bakal calon rektor yang akan mereka usung. Agenda pertama Tim Konvensi FTUI adalah memfasilitasi sosialisasi tentang siapa saja para bakal calon rektor dari FTUI. Humas FTUI, Tikka Anggraeni berkata, konvensi telah dimulai pada Senin, 25 Juni lalu. Para bakal calon rektor dari FT UI bersama-sama menyosialisasikan program mereka kepada para civitas akademika di lingkungan FT UI."Para bakal calon rektor dari FTUI ini memaparkan dengan jelas visi dan misi serta strategi mereka untuk memajukan UI tercinta apabila nantinya terpilih menjadi rektor," kata Tika dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Rabu (27/6/2012).

...dst

14 ) HIV dan AIDS Akan Jadi Mata Kuliah
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655156/hiv-dan-aids-akan-jadi-mata-kuliah

Kamis, 28 Juni 2012 11:02 wib
JAKARTA - Peningkatan kasus HIV dan AIDS di Indonesia membawa keprihatinan semua pihak, tidak terkecuali perguruan tinggi. Untuk itu, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerjasama dengan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, menyelenggarakan pelatihan pelatih staf pengajar Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), pendidikan keperawatan, dan kebidanan untuk penerapan mata ajar HIV dan AIDS. Menurut pelaksana harian ketua Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kemenkes Sulistiono, penyelesaian kasus HIV dan AIDS butuh kerjasama dari berbagai pihak. "Integrasi program dengan perguruan tinggi melalui penerapan mata ajar HIV dan AIDS ini sudah menjadi kebutuhan, karena untuk menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat tidak bisa sendiri-sendiri," kata Sulistiono, seperti dikutip dari laman Unair, Kamis (28/6/2012).

...dst

15 ) DPR Jembatani Kerjasama Pendidikan RI-Australia
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/28/373/655143/dpr-jembatani-kerjasama-pendidikan-ri-australia

Kamis, 28 Juni 2012 10:17 wib
JAKARTA – Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR mendorong peningkatan kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Australia. Dukungan BKSAP salah ditunjukkan dengan menjembatani nota kesepahaman (MoU) Universitas Khairun Ternate dengan Deakin University di Jakarta, kemarin. "BKSAP perlu mempertemukan universitas yang ada di Indonesia dengan universitas di Australia dalam rangka penjajakan kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian. Hal ini sangat penting karena kerjasama pendidikan dua negara ini, khususnya dalam hal bahasa telah mengalami kemunduran beberapa tahun ke belakang," ungkap Sekretaris BKSAP DPR Boki Ratu Nita Budhi Susanti di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Boki berkata, pihaknya sudah menginisiasi komunikasi intensif antardua universitas ini agar meningkatkan kerjasama pendidikan dan penelitian.

...dst

16 ) Hatta Rajasa Lepas Mahasiswa UGM untuk KKN di 23 Provinsi
http://news.detik.com/read/2012/06/28/104959/1952898/10/hatta-rajasa-lepas-mahasiswa-ugm-untuk-kkn-di-23-provinsi?n991102605

Kamis, 28/06/2012 10:59 WIB
Yogyakarta Menko Perekonomian Hatta Rajasa melepas sekitar 5.588 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pada Masyarakat (KKN-PPM) UGM. Acara pelepasan dilakukan di Gedung Graha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (28/6/2012).Dalam pidatonya Hatta mengatakan kementeriannya akan menggandeng program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa seperti yang diterapkan UGM untuk mendukung pencapaian program pengentasan kemiskinan pasca MDGs 2015. Pemerintah menargetakan tahun 2014 angka kemiskinan bisa menurun hingga 8-10 persen dan pengangguran turun 5-6 persen. "KKN ini saya harapkan betul mampu mendukung pencapaian kita terhadap MDGs tahun 2015," kata Hatta.

...dst

17 ) Pendidikan Kita Berada di "Lampu Merah"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/28/10355771/Pendidikan.Kita.Berada.di.Lampu.Merah

Kamis, 28 Juni 2012 | 10:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi X DPR Dedi Gumelar menilai, pendidikan nasional gagal membentuk watak generasi muda Indonesia. Bahkan, secara politis, menurutnya, pendidikan nasional saat ini berhenti dan tidak menunjukkan pergeseran ke arah yang lebih baik. "Secara politis, pendidikan kita berada di lampu merah," kata Dedi, yang biasa disapa Miing, dalam audiensi antara DPR dengan tim dari Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada, Rabu (27/6/2012).Menurutnya, pendidikan formal seharusnya dapat berbanding lurus dengan pembentukan budaya dan watak anak-anak Indonesia. Sebab, pendidikan kelak dapat menjadi modal dalam membangun, atau membangkitkan Indonesia dari keterpurukan.

...dst

18 ) Kampus Perlu Komersilkan Hasil Riset
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/27/373/654650/kampus-perlu-komersilkan-hasil-riset

Rabu, 27 Juni 2012 14:18 wib
JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air kini tengah menuju kampus berbasis riset. Tujuannya, untuk menghasilkan produk yang dapat dipatenkan. Namun ada satu hal yang hilang.Perguruan tinggi seharusnya tidak hanya mampu menghasilkan produk riset, tetapi juga menjual produk tersebut untuk membiayai kegiatan operasional mereka. Jika pola ini diterapkan, maka perguruan-perguruan tinggi di Indonesia tidak lagi selalu bergantung pada bantuan dana dari pemerintah maupun sumbangan pembiayaan pendidikan (SPP) dari mahasiswa.Pola tersebut bisa diterapkan jika perguruan tinggi memanfaatkan lembaga transfer teknologi. Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Transfer Teknologi Washington State University, Amerika Serikat, Keith Jones, Ph.D., dalam sebuah seminar di LPPM Universitas Gadjah Mada (UGM), lembaga ini berfungsi menjembatani kampus dengan pihak ketiga untuk memasarkan produk hasil riset mereka.

...dst

19 ) Anggito: Saya Masih Ingin Berkontribusi di UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/13435774/Anggito.Saya.Masih.Ingin.Berkontribusi.di.UGM

Rabu, 27 Juni 2012 | 13:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Anggito Abimanyu baru saja dilantik oleh Menteri Agama sebagai Direktur Jenderal Haji dan Umroh Kementerian Agama. Saat ini, ia juga masih menjabat sebagai akademisi Fakultas Ekonomika dan Bisnis atau FEB, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia mengakui masih ingin mengajar di sela-sela kesibukan barunya sebagai Dirjen Haji dan Umroh. "Sampai sekarang saya masih belum tahu, kalau saya inginnya masih terus mengajar, meskipun akan terhalang pekerjaan lainnya dan akan dibantu oleh dosen muda," kata Anggito Abimanyu, saat dihubungi oleh Kompascom, Rabu, (27/6/2012). Sampai saat ini, ia telah berkoordinasi dengan Sekretaris Jurusan tempat ia mengajar. "Saya sudah menyampaikan perihal ini kepada Sekretaris Jurusan. Mereka berharapnya saya masih terus mengajar di sana," katanya.

...dst

20 ) Undip-Polda Metro Jaya Dongkrak Mutu SDM
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/27/373/654862/undip-polda-metro-jaya-dongkrak-mutu-sdm

Rabu, 27 Juni 2012 18:16 wib
JAKARTA - Kepolisian Daerah Metro Jaya menggandeng Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Polda Metro Jaya dan Undip, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Untung S Rajab berkata, ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu pengetahuan, keterampilan, dan komitmen moral."Peningkatan SDM ini penting. Moral yang paling penting. Saya menyambut baik keberadaan MoU peningkatan SDM di kepolisian, " ujar Untung di Mapolda Metro Jaya, Rabu (27/6/2012).Turut hadir dalam penandatanganan MoU, Kapolda Metro Jaya, Wakapolda Metro Jaya, seluruh jajaran Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya beserta Dekan Fakultas Hukum Undip Yos Johan Utama.

...dst

21 ) Pernik Digital ala Prasetiya Mulya
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/27/373/654708/pernik-digital-ala-prasetiya-mulya

Rabu, 27 Juni 2012 16:21 wib
JAKARTA - Sentuhan teknologi digital saat ini sudah mulai merata di berbagai lini kehidupan. Kita bisa berbelanja via internet, membayar tagihan lewat ATM, dan banyak lagi. Gaya hidup serba digital inilah yang menjadi dasar mahasiswa Prasetiya Mulya Business School (PMBS) berkreasi. Dalam 7th Creatifest 2012, para mahasiswa PMBS memamerkan 36 produk yang mereka kembangkan dengan berlandaskan digital lifestyle. Berbagai karya inovatif dan kreatif ini merupakan tugas akhir para mahasiswa semester dua dalam mata kuliah Analytical and Creative Thinkinng (ACT).

...dst

22 ) Satu Juta Guru Tersertifikasi Akan Ikuti Ujian Ulang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/15334510/Satu.Juta.Guru.Tersertifikasi.Akan.Ikuti.Ujian.Ulang

Rabu, 27 Juni 2012 | 15:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap akan menggelar ujian ulang sekitar satu juta guru yang telah tersertifikasi. Ujian tersebut akan dilaksanakan pada Juli 2012 mendatang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan, ujian ulang pada guru yang telah disertifikasi harus dilakukan untuk menilai kinerja guru pasca-diberikannya tunjangan profesi kepada seluruh guru tersertifikasi. Alasannya, alokasi biaya untuk menggaji guru sedikitnya menyedot 60 persen dari jumlah total anggaran fungsi pendidikan. "Pengertian ujian ulang ini adalah penilaian kinerja guru. Ini menjadi harus karena betapa besarnya anggaran untuk menggaji guru, yakni sekitar Rp 168 triliun," kata Nuh, Rabu (27/6/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

...dst

23 ) Ujian Kesetaraan Gratis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/506778/

Thursday, 28 June 2012
YOGYAKARTA – Sebanyak 8.801 warga belajar dan siswa yang tidak lulus ujian nasional (UN) tahun ini akan mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) tahap pertama. Master soal UNPK akan diterima Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY hari ini (Kamis, 28/6).Penyelenggaraan ujian ini dinyatakan gratis. Kepala Bidang Pendidikan Non-Formal dan Informal Disdikpora DIY Endra Santosa kemarin mengatakan, peserta akan mengikuti UNPK untuk Paket A,B,C maupun kejuruan atau SMK.Untuk jalur reguler, UNPK Paket A atau setara SD akan diikuti 257 warga belajar, sedangkan Paket B atau setara SMP diikuti 5.680 warga belajar. UNPK Paket C akan dilaksanakan pada 9–12 Juli 2012 mendatang di masing-masing kabupaten/kota. Untuk ujian Paket B dan C dilaksanakan 16–18 Juli 2012.

...dst

24 ) Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional
http://sains.kompas.com/read/2012/06/27/07385662/Mobil.Listrik.Lebih.Mahal.dari.Mobil.Konvensional

Rabu, 27 Juni 2012 | 07:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran mobil listrik oleh Kementerian Riset dan Teknologi bekerja sama dengan LIPI, Selasa (26/6/2012), disambut antusias oleh berbagai pihak. Sambutan itu ditengarai harapan bahwa kehadiran mobil listrik dapat menjadi alternatif untuk masyarakat yang terlalu bergantung pada BBM.Selain hemat energi, mobil listrik juga tidak menggunakan sistem pembuangan sehingga tidak menyebabkan polusi. Namun, pengembangannya masih terkendala persoalan dana. "Secara umum mobil listrik memang lebih mahal dari mobil konvensional. Makanya, ada kebijakan insentif pajak," ujar Abdul Hafid, peneliti LIPI, di gedung BPPT, Selasa (26/6/2012)."Untuk menghasilkan mobil seperti yang saat ini ditampilkan sudah menghabiskan dana Rp 1,5 miliar. Padahal, ini hanya prototip riset, untuk prototip produk pastinya akan jauh lebih mahal," lanjut Hapid.
Menyoal besaran investasi, Abdul mengaku tak bisa menjelaskannya secara rinci.

...dst

25 ) Insentif untuk Perlindungan Ditingkatkan
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/28/03374551/insentif.untuk.perlindungan..ditingkatkan.

28 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Indonesia merupakan bangsa berkreativitas tinggi. Ini ditunjukkan dengan beragam karya cipta dan warisan budaya yang dimiliki. Namun, kurangnya kesadaran akan pentingnya perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan kendala dana, banyak karya intelektual tak terlindungi secara hukum. Akibatnya, banyak warisan budaya Indonesia diserobot pihak asing dan didaftarkan sebagai karya intelektual mereka. Untuk mengatasi masalah itu, Direktur Hak Cipta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Yuslisarningsih, Rabu (27/6), menyatakan, dalam dua tahun terakhir pihaknya memberikan insentif bagi warga Indonesia yang mendaftarkan paten, merek, hak cipta, dan desain industri. Insentif diberikan kepada akademisi, guru, siswa SMK, guru, perekayasa di usaha kecil dan menengah, serta warga binaan, termasuk penghuni lembaga pemasyarakatan. Dana insentif disediakan Rp 400 juta. Pada tahap pertama dari program, tahun 2011, dana insentif Rp 200 juta.

...dst

26 ) Indonesia tempati peringkat ke-46 dalam kemajuan teknologi
http://www.antaranews.com/berita/318400/indonesia-tempati-peringkat-ke-46-dalam-kemajuan-teknologi

Rabu, 27 Juni 2012 11:16 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Indonesia menempati peringkat ke-46 di dunia dalam bidang kemajuan teknologi, kata anggota tim Tekno-Meter Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kuncoro Budy Prayitno, di Surabaya, Rabu. Penilaian pemeringkatan itu, menurut dia, berdasarkan pada tingkat kesiapan teknologi (TKT) yang antara lain meliputi inovasi teknologi dan teknologi siap pakai. "Untuk mengukur kesiapan teknologi atau mewujudkan teknologi siap pakai perlu Tekno-Meter," katanya dalam pelatihan TKT untuk perguruan tinggi dan instansi pemerintah dan swasta di Jawa Timur. Dalam pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi RI dan BPPT itu, fasilitator pelatihan lainnya, Drs Dedi Suhendri MSi, mengatakan pengukuran TKT terdiri atas beberapa level.

...dst

27 ) Bahasa Indonesia pun Masuk Olimpiade London
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/28/329426/293/14/Bahasa-Indonesia-pun-Masuk-Olimpiade-London

Kamis, 28 Juni 2012 10:28 WIB
LONDON--MICOM: Para atlet maupun masyarakat dari berbagai negara yang ingin mendapatkan informasi seputar Olimpiade 2012 London tidak perlu menghadapi kendala bahasa termasuk Bahasa Indonesia dengan diluncurkannya 'U-STAR' di London, Rabu (27/6). Peluncuran aplikasi penerjemah wicara-ke-wicara untuk 23 Bahasa termasuk Bahasa Indonesia dan 17 di antaranya dengan input suara dilakukan sebulan menjelang penyelenggaraan pesta olahraga dunia yang akan memudahkan masyarakat berkomunikasi dan mendapatkan informasi seputar Olimpiade. Dr Chiori Hori dari Konsorsium Riset Internasional U-STAR mengatakan lembaga riset berkedudukan di Jepang beranggotakan 26 institusi dari 23 negara termasuk Dr Oskar Riandi dari BPPT meluncurkan 'VoiceTra4U-M', sebuah aplikasi penerjemah wicara-ke-wicara.

...dst

28 ) Indonesia masuki pertumbuhan Internet gelombang 2
http://www.antaranews.com/berita/318247/indonesia-masuki-pertumbuhan-internet-gelombang-2

Selasa, 26 Juni 2012 17:12 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia memasuki potensi pertumbuhan Internet gelombang kedua dari peningkatan pengguna berusia dewasa dan pertumbuhan pengguna di sejumlah kota besar Indonesia, demikian hasil survei Yahoo! TNS Net Index. "Pertumbuhan itu bisa dilihat dari persentase pengguna Internet di usia 30 hingga 50 tahun sejak 2009 hingga 2012," kata Penasehat Klien Lembaga Riset TNS Indonesia, Jhoni Tuerah, dalam jumpa pers di Jakarta hari ini. Riset kerjasama TNS dan Yahoo! itu menunjukkan pengguna internet usia 30 - 34 tahun mengalami peningkatan dari 2009 sebesar 16 persen menjadi 54 persen pada 2012. "Persentase pengguna internet berusia 35 hingga 39 tahun melonjak dari 13 persen pada 2009 ke 52 persen pada 2012," kata Jhoni.

...dst

29 ) Penerimaan CPNS Ikuti Pola UN
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/506737/

Thursday, 28 June 2012
JAKARTA– Pemerintah akan memperketat mekanisme penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2012 dengan menggunakan pola ujian nasional (UN). Pola tersebut diharapkan bisa menghasilkan calon birokrat yang berkualitas.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar mengatakan,penerimaan diubah layaknya UN di SMP dan SMA/SMK dengan proses yang diawasi secara ketat. Prosesnya dimulai dengan pembuatan soal ujian oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) yang dipimpin Universitas Gadjah Mada (UGM). Menurut dia, konsorsium membuat soal per paket dengan sistem pengacakan sehingga antarpeserta ujian tidak dapat saling mencontek.Selain itu prosesnya juga independen tanpa ada intervensi selama ujian berlangsung. "Tanggung jawabnya diserahkan ke masing-masing kampus yang tergabung dalam konsorsium tersebut.Kampus akan bekerja sama dengan pemerintah di masing-masing daerah," katanya di Jakarta kemarin. Lebih lanjut mantan Plt Gubernur Aceh ini menjelaskan, jika ujian sudah selesai,pemerintah kabupaten kota tidak lagi terlibat dalam penerimaan tersebut.Hasil ujian akan dibawa ke pemerintah provinsi untuk ditandatangani dan diumumkan pejabat setempat.

...dst

30 ) ICW Diminta Awasi Proses Rekrutmen CPNS
Kemenpan Hapus Jatah Pejabat
http://www.jpnn.com/read/2012/06/28/132178/Kemenpan-Hapus-Jatah-Pejabat-

Kamis, 28 Juni 2012 , 05:04:00
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berupaya membenahi proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Selain meniadakan penjatahan, Kemenpan juga menggunakan fasilitas milik BPKP untuk melakukan sistem penilaian hasil ujian yang minim campur tangan manusia.Menpan Azwar Abubakar menyatakan, pemerintah mulai tahun ini menghapus jatah CPNS untuk lembaga pemerintahan di pusat dan daerah seperti yang selama ini berjalan. Lembaga akan diberi kuota CPNS bila analisis beban kerja dan analisis jabatan menunjukkan kekurangan pegawai dan tidak ada pegawai dengan kualifikasi yang dibutuhkan namun ditempatkan di bagian lain. "Selain meniadakan jatah bagi ponakan walikota atau kepala dinas, kebijakan ini juga untuk memacu redistribusi PNS antardaerah," terang menteri asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini di Jakarta kemarin (27/6).

...dst

Berita Edukasi, 27 Juni 2012

1 ) Kemdikbud Akan Klarifikasi Status Disclaimer dari BPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/11233812/Kemdikbud.Akan.Klarifikasi.Status.Disclaimer.dari.BPK

Rabu, 27 Juni 2012 | 11:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengklarifikasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait laporan keuangan Kemdikbud tahun 2011. Berdasarkan LHP BPK, ada temuan sebesar Rp 696 miliar dalam laporan keuangan Kemdikbud yang penggunaannya dianggap tidak jelas. Hal itulah yang kemudian menyebabkan BPK menyematkan status disclaimer pada Kemdikbud.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, LHP yang dikeluarkan BPK sejak 18 Juni 2012 baru diterima olehnya pada Selasa (26/6/2012) sore. Dalam LHP tersebut dicantumkan 10 temuan pemeriksaan BPK dalam Laporan Keuangan Kemdikbud Tahun 2011. Menurut Nuh, ada satu item dalam LHP BPK yang dianggapnya janggal. Item tersebut juga yang akhirnya membuat jumlah temuan di Kemdikbud mencapai Rp 696 miliar untuk tahun anggaran 2011.

...dst

2 ) Juarai Kompetisi Sains Dunia, Luthfi Dapat Beasiswa Unggulan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/10520789/Juarai.Kompetisi.Sains.Dunia.Luthfi.Dapat.Beasiswa.Unggulan

Rabu, 27 Juni 2012 | 10:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan beasiswa unggulan kepada siswa berprestasi, Muhammad Luthfi Nurfakhri. Luthfi adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bogor, yang berhasil menjadi juara III dalam Intel International Science and Engineering (ISEF) 2012 yang berlangsung di Pennsylvania, Amerika Serikat pada Mei 2012 lalu. Secara simbolis, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad menyerahkan beasiswa tersebut pada Rabu (27/6/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta. Dalam sambutannya, Hamid mengapresiasi baik pencapaian salah seorang putra terbaik Indonesia yang kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Ia berjanji, selain memberikan beasiswa unggulan, pihaknya akan mengembangkan hasil penelitian dan memproses hak paten atas alat yang diciptakan para siswa peserta ISEF 2012."Selain beasiswa, kami akan urus hak patennya. Apa pun juga, hasil karya anak-anak kita ini jangan sampai hilang ditelan zaman, dan harus dikembangkan," kata Hamid.

...dst

3 ) Para Sejarawan dari IAHA Akan Gelar Konferensi di Surakarta
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/438

06/26/2012
Jakarta -- Para sejarawan yang tergabung dalam International Associations of Historian of Asia (IAHA) akan menggelar konferensi yang ke-22 di Surakarta, tanggal 2 sampai dengan 6 Juli 2012. Forum ini adalah forum terbesar bagi para sejarawan di seluruh dunia yang mengkaji tentang Asia, ujar mantan Presiden IAHA Taufik Abdullah, di Jakarta, Selasa (26/6). Kegiatan tersebut dipusatkan di Hotel Sahid Jaya Surakarta dan diikuti 400 peserta dari berbagai negara.Tema konferensi tahun 2012 ini adalah "Remembering the Past, Experiencing the Present, Exploring The Future". Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh direncanakan membuka acara tersebut. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyambut baik kegiatan Konferensi IAHA tersebut.

...dst

4 ) Indonesia Akan Kirim Nota Diplomasi kepada Malaysia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/14091675/Indonesia.Akan.Kirim.Nota.Diplomasi.kepada.Malaysia

Selasa, 26 Juni 2012 | 14:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan tiga langkah untuk menghadapi sikap Malaysia. Pernyataan ini terkait tindakan Malaysia yang beberapa kali mengklaim kesenian dan budaya Indonesia. Seperti diketahui, Malaysia melakukan klaim sepihak atas tari Pendet, lagu "Rasa Sayange", reog Ponorogo, dan yang terakhir kabarnya Malaysia juga tengah melirik tari Tor-tor serta lagu "Poco-poco"."Mengenai Tor-tor, kita telah melakukan tiga kali dialog dengan Malaysia. Katanya itu hanya salah persepsi," kata Wiendu di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

...dst

5 ) Rendang sudah Terdaftar di UNESCO
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/27/329106/293/14/Rendang-sudah-Terdaftar-di-UNESCO

Rabu, 27 Juni 2012 05:17 WIB   
PADANG--MICOM: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mendaftarkan rendang makanan khas tradisional berasal dari Sumatra Barat ke UNESCO. "Makanan tradisional dari Sumbar didaftarkan ke UNESCO pada 2010 dengan nomor registrasi 776," kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Achyaruddin di Padang, Selasa (26/6). Menurut dia, tidak menjadi persoalan lagi bagi masyarakat Sumbar walaupun Malaysia mengklaim rendang sebagai warisan budaya. "Kalau ada yang berani mengaku sebagai pemilik warisan budaya yang telah ditetapkan UNESCO, negara yang bersangkutan bisa dituntut," katanya. Semua orang menaruh hormat dan menghargai yang telah diputuskan oleh UNESCO. "Pengakuan dari UNESCO tersebut dapat mengakat pamor negara yang bersangkutan dan dianggap sebagai negara berbudaya tinggi," kata Achyaruddin.

...dst

6 ) KONFERENSI LINGUISTIK
Peran Bahasa Inggris Digugat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/04511191/Peran.Bahasa.Inggris.Digugat

Rabu, 27 Juni 2012 | 04:51 WIB
Bandung, Kompas - Perlu tidaknya bahasa Inggris dalam pembangunan di Indonesia digugat. Gugatan dilontarkan Hywel Coleman OBE, perwakilan dari University of Leeds, Inggris, pada Konferensi Internasional Linguistik IX yang diadakan British Council, University of Leeds, dan Institut Teknologi Bandung, Selasa (26/6), di Bandung. Meskipun sering kali dipandang representasi kemajuan, bahasa Inggris tak selalu menjadi faktor kemajuan ekonomi. Banyak negara belum juga berkembang meski mengadopsi bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Di sisi lain, dominasi bahasa Inggris menghadang upaya pemeliharaan keanekaragaman linguistik. "Dalam situasi tertentu, bahasa Inggris memberi peran yang diharapkan, sedangkan beberapa yang lain mungkin agak mengejutkan," kata Hywel, kemarin. Ia tak memungkiri dalam situasi yang lain, ada kemungkinan tingginya risiko ketergantungan berlebihan terhadap bahasa Inggris di saat bahasa lokal dan nasional bisa berperan lebih penting. Hywel mengambil studi kasus di Indonesia dalam upaya mengidentifikasi kontribusi tepat yang dapat diberikan bahasa Inggris terhadap pembangunan nasional. Namun, itu pendapat pribadi penulis dan tidak mewakili kebijakan British Council.
Konferensi tiga hari (26-28 Juni) yang diikuti 30 pembicara dari sejumlah negara ini dibuka Duta Besar Inggris untuk Indonesia Mark Canning dan Rektor ITB Akhmaloka.

...dst

7 ) UNIMED Perpanjang Masa Pendaftaran Ulang Jalur Bidik Misi
http://www.jpnn.com/read/2012/06/27/132054/Perpanjang-Masa-Pendaftaran-Ulang-Jalur-Bidik-Misi-

Rabu, 27 Juni 2012 , 07:39:00
MEDAN-Universitas Negeri Medan (Unimed) memperpanjang pendaftaran ulang bagi  mahasiswa yang diterima lewat Jalur Bidik Misi, sampai dengan tanggal 5 Juli 2012 mendatang. Apabila sampai pada batas waktu yang telah ditentukan tersebut, mahasiswa yang bersangkutan tidak juga mendafatar ulang, maka dengan sendirinya mahasiswa tersebut dianggap gugur. Hal ini disampaikan ketua panitia SNMPTN Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd, saat dikonfirmasi Selasa (26/6).Dalam kesempatan yang sama, sekretaris SNMPTN Panlok Unimed, Prof. Dr. Biner Ambarita, M.Pd, menyampaikan nama-nama mahasiswa Jalur Bidik Misi yang diterima di Unimed, namun belum melakukan daftar ulang.

...dst

8 ) Bupati Tantang Unpak Buka Fakultas Kedokteran
http://www.jpnn.com/read/2012/06/27/132064/Bupati-Tantang-Unpak-Buka-Fakultas-Kedokteran-

Rabu, 27 Juni 2012 , 08:33:00
BOGOR― Bogor memiliki beberapa perguruan tinggi  negeri dan swasta. Namun, tak satu pun yang membuka fakultas kedokteran. Padahal, Bogor membutuhkan banyak tenaga dokter spesialis untuk dipekerjakan di beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun puskesmas. Atas dasar itulah, Bupati Bogor Rachmat Yasin menantang Rektor Universitas Pakuan (Unpak) untuk segera membuka fakultas kedokteran di Unpak. Mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor itu menyebutkan, saat ini Kabupaten Bogor telah memiliki empat RSUD, yakni  RSUD Cibinong, Ciawi, Cileungsi dan Leuwiliang. RSUD ini butuh dokter spesialis yang memadai."Kalau Unpak buka fakultas kedokteran, kita siap bantu menyiapkan tempat praktik calon dokter di RSUD," tutur RY di sela-sela syukuran khitanan putra CEO Radar Bogor (Grup JPNN), Hazairin Sitepu, kemarin. Bak gayung bersambut, Rektor Unpak, Bibin Rubini menyatakan siap merealisasikan tantangan Bupati Bogor tersebut. Namun, dia mengakui membuka program studi, apalagi fakultas kedokteran bukanlah perkara sepele.

...dst

9 ) Penjaringan Calon Rektor UI Dimulai di Kampus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/13152978/Penjaringan.Calon.Rektor.UI.Dimulai.di.Kampus

Rabu, 27 Juni 2012 | 13:15 WIB
DEPOK, KOMPAS.com- Menyongsong pemilihan Rektor Universitas Indonesaia (UI) masa bakti 2012-2017, Senat Akademik Fakultas Teknik (FTUI) membentuk Tim Konvensi FTUI. Tim terdiri dari beberapa orang dosen perwakilan dari ketujuh departemen yang ada di dalam FTUI.Tim Konvensi FTUI ini bertujuan untuk memfasilitasi sosialisasi mengenai siapa saja para bakal calon rektor dari FTUI kepada para sivitias akademika FTUI. Tujuan akhirnya untuk mempersatukan suara dari FTUI kepada calon yang nantinya terpilih.Bakal calon rektor dari FTUI bersama-sama melakukan sosialisasi pekan ini. Para balon rektor dari FTUI ini memaparkan dengan jelas visi dan misi serta strategi mereka untuk memajukan Universitas Indonesia tercinta apabila nantinya mereka terpilih menjadi rektor.Para bakal calon rektor dari FTUI yang ikut sosialisasi adalah Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng; Prof. Ir. Rinaldy Dalimi, M.Sc., Ph.D; dan Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M.Eng.

...dst 

10 ) Prodi Ilmu Komunikasi Layak Jadi Pilihan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/1545526/Prodi.Ilmu.Komunikasi.Layak.Jadi.Pilihan

Selasa, 26 Juni 2012 | 15:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Program Studi Ilmu Komunikasi perlu diperhitungkan untuk dipilih sebagai program studi pilihan bagi para calon mahasiswa. Pasalnya, kebutuhan akan pakar ilmu komunikasi akan terus meningkat seiring dengan era baru dan kemajuan teknologi informasi. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, Andi Faisal Bakti mengatakan, jika dilihat perkembangannya beberapa tahun ke belakang, Ilmu Komunikasi hingga saat ini masih dan akan terus berkembang dengan pesat. "Era baru perkembangan sangat pesat sejak 12 tahun lalu. Bayangkan apa yang akan terjadi di belasan tahun berikutnya," kata Andi saat ditemui Kompas.com, dalam seminar "Strategic Communication In a New Media Culture,", Selasa (26/6/2012), di Bidakara, Jakarta.

...dst

11 ) PMB UII Diwarnai Perjokian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/506439/
   
Wednesday, 27 June 2012
YOGYAKARTA– Proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2012/2013 di Univeristas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, diwarnai perjokian. Salah seorang calon mahasiswa yang akan masuk Fakultas Psikologi sengaja menggunakan joki agar dapat diterima di fakultas tersebut,Sabtu (23/6). Kasus ini terbongkar melalui validasi data computer based test (CBT). Saat verifikasi tersebut, diketahui ada pergantian orang, yaitu antara calon mahasiswa dengan joki yang akan menggantikannya. Atas temuan tersebut panitia akhirnya menginterogasi keduanya dan mereka mengaku perbuatannya tersebut. "Selain terpantau dalam nomor pendaftaran saat akan memasuki ruang tes,joki tersebut memakai nama calon mahasiswa. Padahal calon mahasiswa itu perempuan sedangkan jokinya laki-laki," ungkap Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UII, Syamsudin, kemarin. Dari hasil keterangan pelaku, katadia,diketahuijikacalon mahasiswa tersebut sudah dua kali gagal menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi.Adapun jokinya diketahui salah satu mahasiswa Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM). "Karena ini sudah melanggar ketentuan, maka yang bersangkutan baik calon mahasiswa maupun joki, diproses sesuai dengan aturan yang ada, baik sanksi adminsitrasi maupun hukum yang ada,"katanya.

...dst

12 ) Trisakti Kumpulkan Rp 2.000 per Orang untuk KPK
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/27/063413206/Trisakti-Kumpulkan-Rp-2000-per-Orang-untuk-KPK

Rabu, 27 Juni 2012 | 11:41 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Asep Iwan Iriawan, mengatakan pihaknya hari ini, 27 Juni 2012, akan mulai mengumpulkan saweran untuk biaya pembangunan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. "Kami sebagai anak bangsa merasa perlu mendukung dan merestui pembangunan kembali gedung KPK walaupun hanya lewat uang Rp 2.000," kata Asep saat dihubungi. Menurut Asep, saweran itu tidak mematok target tertentu. "Berapa pun yang terkumpul, walaupun cuma Rp 20 ribu, akan kami kirimkan ke KPK," katanya. Sebelum acara seremonial dilaksanakan, cukup banyak masyarakat kampus yang ikut menyumbang. Penyumbang berasal dari mahasiswa, dosen, bahkan petugas kebersihan. "Sudah ada ratusan orang, padahal acara belum dimulai. Sekarang jadinya harus saya simpan dulu di map merah," ujar Asep.

...dst

13 ) Pengusaha Boston Pecut Semangat Wirausaha Anak ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653755/pengusaha-boston-pecut-semangat-wirausaha-anak-its

Selasa, 26 Juni 2012 14:03 wib
JAKARTA -  Budaya wirausaha terus-menerus ditanamkan dalam hati generasi muda Indonesia. Demikian pula halnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Tidak tanggung-tanggung, ITS bahkan menghadirkan wirausaha asal Boston sebagai pembicara dalam kuliah tamu di Jurusan Teknik Lingkungan (TL) ITS. Habib Rahman adalah seorang pengusaha asal Boston, Amerika Serikat (AS). Dalam kuliah tamu tersebut, Habib pun berbagi sejumlah tips dan langkah penting bagi kawula muda ketika terjun dalam dunia wirausaha. Dia berkata, untuk menjadi seorang wirausahawan handal, ada tiga langkah awal yang harus dilakukan. "Pertama, pahami tujuan dan keinginan diri sendiri. Kemudian tentukan cara yang paling tepat untuk memperoleh tujuan tersebut. Dan yang terakhir, keyakinan bahwa tujuan tersebut dapat diraih," tutur Habib, seperti dikutip dari ITS Online, Selasa (26/6/2012).

...dst

14 ) Garnesa Unesa Siap Tempur di KMLI
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653906/garnesa-unesa-siap-tempur-di-kmli

Rabu, 27 Juni 2012 10:03 wib
JAKARTA - Mobil Listrik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) siap berlaga dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI). Mobil besutan Tim Mekatronika Unesa itu diberi nama Garuda Unesa (Garnesa).
Garnesa merupakan hasil karya para mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Unesa. Mobil tersebut tengah disiapkan untuk menempuh kompetisi yang akan berlangsung di Politeknik Negeri Bandung, Jawa Barat, November mendatang.Menguji kesiapan Garnesa, maka beberapa waktu lalu diadakan test drive dengan berkeliling di sekitar kampus Ketintang Unesa. Kecepatan sekira 50 km per jam masih belum mencapai target yang ditetapkan tim Mekatronika. "Mobil tersebut ditargetkan berkecepatan 60-80 km per jam," kata salah satu mekanik mobil Garnesa Munif Efendi, seperti dikutip dari laman Unesa, Rabu (27/6/2012).

...dst

15 ) Mahasiswa Unesa Ciptakan Penyaring Air dari Cangkang Kerang
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/372/653903/mahasiswa-unesa-ciptakan-penyaring-air-dari-cangkang-kerang

Rabu, 27 Juni 2012 09:04 wib
JAKARTA - Bekeinginan mengubah mindset bangsa Indonesia dari konsumtif menjadi produktif menjadi landasan Yulianto Laksmono Putra menciptakan inovasi. Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini membuat "Steril Purifire Water Alat Pengolah Air dengan Media Cangkang Kerang." Pembuatan alat tersebut bermula dari penelitian dari Yulianto di Desa Padimunegoro, Sukodono, Sidoarjo. Di desa tersebut dia yang menemukan pertama kandungan besi (Fe) dan mangan (Mg) yang melimpah pada air. Selain itu, mahasiswa jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) itu juga melihat adanya limbah cangkang kulit kerang yang dibiarkan begitu saja.

...dst

16 ) FTIP Unpad Luncurkan 4 Produk Agrobisnis Inovatif
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653827/ftip-unpad-luncurkan-4-produk-agrobisnis-inovatif

Selasa, 26 Juni 2012 17:02 wib
JAKARTA - Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung meluncurkan sejumlah program inovasi agrobisnis besutan para mahasiswa. Berawal dari mata kuliah Desain Produk dan Manajemen Proyek Teknik yang berbasis kewirausahaan, dihasilkan empat produk inovatif yang telah dirancang oleh kelompok mahasiswa FTIP Unpad.Keempat produk tersebut terdiri atas produk pangan dan nonpangan. Untuk kategori pangan terdapat inovasi berupa Beras Rendah Kalori "Lumbung Sehat" dan konsep pengembangan produk agroindustri dalam bentuk sosial media yang bertajuk "Rumah Cemilan Online." Sementara untuk produk nonpangan berbentuk suplemen dari limbah putih telur yang diberi nama "TamagoVit", serta alat pertanian multichopper bertajuk "Sphiita Chopper".

...dst

17 ) Industri Pangan Tak Akan Habis Diekplorasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/653837/industri-pangan-tak-akan-habis-diekplorasi

Selasa, 26 Juni 2012 18:05 wib
JAKARTA - Untuk memajukan sebuah industri, diperlukan inovasi yang tidak berkesudahan. Maka, guna memacu semangat inovasi dalam bidang agrikultur, Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung menghelat seminar yang bertajuk Masa Depan Pengembangan Produk Agroindustri di Indonesia. Dalam seminar tersebut, hadir berbagai pembicara yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Jabar)  Ferry Sofwan Arif, Bussiness Development "Food Review" Andang Setiadi, dan dosen Unpad Iwan Setiawan. Masing-masing pembicara menekankan pentingnya kreativitas dalam suatu proses penemuan produk. Menurut Ferry, 44 juta jiwa penduduk Jabar sangat ideal untuk produk agribisnis.

...dst

18 ) Unhas Genjot Nilai Tambah Kakao
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/26/373/654050/unhas-genjot-nilai-tambah-kakao

Selasa, 26 Juni 2012 16:46 wib
BANTAENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng akan menggandeng Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) terkait pengolahan kakao. Menurut Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah, selama ini kakao hanya dijual dalam bentuk biji. Untuk menaikkan nilai jual, maka kakao akan dijual dalam bentuk bubuk dan pasta. "Unhas telah memiliki sebuah mesin pengolah kakao, menjadi bubuk maupun pasta. Pengolahan ini dilakukan agar kakao Bantaeng bernilai lebih dibandingkan penjualan dalam bentuk biji," jelas Nurdin, Selasa (27/6/2012). Menurut Nurdin, harga jual antara biji dengan bubuk dan pasta tentu berbeda, sehingga Pemkab juga akan menyiapkan dana untuk pengolahan tersebut. Peluang berharga ini pun memerlukan persiapan sebaik mungkin. Lebih lanjut, salah satu guru besar Unhas tersebut berkata, dari sisi sumber daya alam di Indonesia cukup melimpah. Baik pangan maupun energi dan ditunjang iklim. "Namun, karena tanpa pengolahan itulah, maka produk pertanian kita akan selalu dinilai rendah," jelasnya.

...dst

19 ) Muhammadiyah Beri Beasiswa 71 Mahasiswa Thailand Selatan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/26/329055/293/14/Muhammadiyah-Beri-Beasiswa-71-Mahasiswa-Thailand-Selatan

Selasa, 26 Juni 2012 19:53 WIB
JAKARTA--MICOM: Muhammadiyah memberi beasiswa kepada 71 mahasiswa baru asal Thailand Selatan untuk berkuliah di 13 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia, 15 mahasiswa di antaranya akan berkuliah di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta."Ini merupakan tindak lanjut konkret dari kesepakatan yang dilakukan Muhammadiyah untuk mendamaikan konflik di Thailand Selatan bersama pemerintah RI," kata Rektor Uhamka Prof Dr Suyatno di sela Seminar Komunikasi Internasional di Jakarta, Selasa (26/6). Pada tahun ini total pelamar dari Patani dan Yala, Thailand ada 119 orang dan yang lolos seleksi 71 orang. Mereka para calon mahasiswa Thailand itu telah diseleksi pada 22 Juni 2012 oleh tim Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah.

...dst

20 ) Mahasiswa Muslim Thailand Pilih Studi di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/20505367/Mahasiswa.Muslim.Thailand.Pilih.Studi.di.Indonesia

Selasa, 26 Juni 2012 | 20:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelajar muslim dari Thailand lebih memilih melanjutkan studi di perguruan tinggi Islam Indonesia. Hal itu nampak dari 119 mahasiswa muslim Thailand yang mendaftarkan diri ke 13 perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro, mengatakan, alasan rata-rata mahasiswa muslim Thailand memilih perguruan tinggi Islam di Indonesia adalah kemiripan budaya dan kondisi sosial kedua negara. Hal itu membuat para mahasiswa Thailand kerasan mengenyam pendidikan di Indonesia. Uhamka Jakarta sendiri tahun ini menerima 15 mahasiswa baru dari Thailand."Dari segala sisi, mereka lebih nyaman dan merasa at home kuliah di Indonesia, padahal secara jarak, mereka lebih dekat ke Malaysia," kata Gunawan di Kampus Uhamka, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

...dst

21 ) UHAMKA Jakarta Siap Didik Mahasiswa Thailand
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/26/m67ywh-uhamka-jakarta-siap-didik-mahasiswa-thailand

Selasa, 26 Juni 2012, 17:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - -Rektor Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA) Jakarta, Prof Dr Suyatno mengungkapkan siap mendidik generasi muda asal provinsi Yala dan Patani, Thailand Selatan.. Mereka akan mengikuti kuliah program S1 tahun akademik 2012-2013. ''Mereka berjumlah 15 orang dan akan mengambil program studi Farmasi, Psikologi, Pendidikan Islam, Perbankan Syariah, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Bahasa Inggris.  Selain itu mereka juga mendapatkan beasiswa dari UHAMKA,'' ujar Suyatno kepada wartawan di Kampus UHAMKA Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (26/6). Lebih lanjut Suyatno menjelaskan, para mahasiswa Thailand ini telah mendapatkan beasiswa UHAMKA yang merupakan bagian dari program beasiswa PP Muhammadiyah yang diberikan kepada para generasi muda asal Yala dan Patani, Thailand Selatan.

...dst

22 ) Penerimaan Siswa Baru
Nuh: Seleksi Akademik Wajib!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/27/12052050/Nuh.Seleksi.Akademik.Wajib.

Rabu, 27 Juni 2012 | 13:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, kemampuan akademik merupakan prinsip utama pada seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB). Menurutnya, seleksi akademik wajib dilakukan di seluruh sekolah (SMP-SMA) dan jangan ditafsirkan sebagai bentuk diskriminasi. "Seleksi akademik itu prinsip penerimaan siswa baru. Jangan salah menafsirkan. Ini supaya tak ada yang bahagia di atas penderitaan orang lain," kata Nuh, Rabu (27/6/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.Ia mengungkapkan, diwajibkannya tes akademik pada penerimaan siswa baru, khususnya di sekolah-sekolah negeri, karena tes akademik merupakan tes yang paling lazim jika dibandingkan dengan "tes" kemampuan finansial. Baik itu melalui nilai rapor, atau pun berdasarkan hasil ujian nasional (UN). Nuh menekankan, tes yang dilakukan tak boleh melenceng dari norma akademik.

...dst

23 ) Kemendikbud Susun Database Sekolah Nakal
Untuk Antisipasi Pelanggaran di PSB
http://www.jpnn.com/read/2012/06/25/131765/Kemendikbud-Susun-Database-Sekolah-Nakal-

Senin, 25 Juni 2012 , 05:15:00
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih mencium potensi pelanggaran pada masa pendaftaran siswa baru (PSB) tahun ajaran 2012-2013. Untuk itu, insititusi berslogan Tut Wuri Handayani tersebut sedang menyusun database sekolah-sekolah nakal yang nantinya bisa diakses masyarakat. Proyek itu dikomando oleh jajaran Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. "Program ini merupakan instruksi langsung dari pak Menteri (Mohammad Nuh, red)," ujar Irjen Kemendikbud Haryono Umar di Jakarta, Minggu (24/6). Mantan pimpinan KPK itu menambahkan, program tersebut akan dikebut auditor Itjen Kemendikbud bersama dengan tim dari BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan).Haryono menuturkan, tim pembuat database sekolah nakal ini akan mulai bekerja pekan ini. Dia berharap, tim tersebut bisa menyelesaikan tugasnya setelah masa PSB 2012-2013 selesai sekitar pertengahan bulan depan.

...dst

24 ) PSB Rawan Pungutan
Gandeng ICW, Ombudsman Buka Posko Pengaduan
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/131914/PSB-Rawan-Pungutan-

Selasa, 26 Juni 2012 , 07:40:00
JAKARTA - Musim penerimaan siswa baru (PSB) dan mahasiswa baru (PMB) sudah mulai dibuka. Biasanya, suara sumbang terkait sekolah atau universitas yang meminta pungutan bakal santer terdengar. Tidak ingin suara-suara itu menguap percuma, Indonesia Coruption Watch (ICW) dan Ombudsman RI membuka posko pengaduan PSB dan PMB.Posko tersebut resmi dibuka kemarin. Dalam acara pembukaan tersebut, Ombudsman RI Substansi Pendidikan, Budi Santoso mengatakan kalau persoalan pungutan selalu muncul tiap tahun. Tidak mau praktik kotor itu terus berlanjut, Ombudsman ingin menggunakan kuasanya. "Kami bisa mengeluarkan rekomendasi untuk diberi sanksi," ujarnya. Lebih lanjut dia menjelaskan kalau dibeberapa daerah posko tersebut sudah disosialisasikan. Rencananya, posko akan dibuka selama tiga bulan atau sampai Oktober nanti. Pertimbangan cukup lamanya posko dibuka adalah, praktik penarikan pungutan biasanya masih dilakukan meski proses PSB berakhir.

...dst

25 ) Nuh Siapkan Tim Investigasi Rekayasa Kelulusan
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/132028/Nuh-Siapkan-Tim-Investigasi-Rekayasa-Kelulusan-

Selasa, 26 Juni 2012 , 23:58:00
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, dalam waktu dekat segera menurunkan tim investigasi guna menyelidiki adanya dugaan rekayasa nilai tes masuk ke SMAN 5 Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Menurutnya, hal ini jika dibiarkan maka dikhawatirkan akan menjadi contoh buruk bagi sekolah RSBI."Saya akan menurunkan tim investigasi segera mungkin. Ini akan menjadi catatan saya dan kita akan verifikasi semua data-data sekolah tersebut," ungkap Nuh kepada JPNN ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (26/6) malam. Nuh mengakui, pihaknya sangat kecewa jika hal ini benar-benar terjadi di lapangan. Maka dari itu, lanjut Nuh, beberapa kali pihaknya menyampaikan bahwa prinsip dasar masuk di sekolah RSBI harus mengutamakan kemampuan akademik. "Prestasi akademik itu prinsip dasar. Karena ini masuk di sekolah unggulan. Yang dinilai itu nilai prestasi akademik, bukan saling adu besaran uang dan sebagainya," ujarnya.

...dst

26 ) SMAN 5 Palangka Raya Diduga Rekayasa Kelulusan Calon Siswa
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/131957/SMAN-5--Palangka-Raya-Diduga-Rekayasa-Kelulusan-Calon-Siswa-

Selasa, 26 Juni 2012 , 11:03:00
PALANGKA RAYA – Koordinator Bidang Akademik Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) SMAN 5 Palangka Raya, Aldiarto Gandrung mengungkapkan terjadi praktik rakayasa dalam meluluskan calon siswa baru di sekolah favorit di Kalimantan Tengah itu.Aldiarto menyebut ada perubahan besar-besaran pada rekapitulasi hasil tes akademik. Dia mencatat ada 24 siswa yang tes akademiknya lulus, tetapi dinyatakan tidak lulus. Kemudian ada 26 siswa yang semestinya tidak lulus, tetapi ternyata dinyatakan lulus."Hasil tes itu berubah. Mereka yang seharusnya lulus tiba-tiba tidak lulus. Padahal banyak berasal dari daerah yang dengan susah-payah mengikuti tes di Palangka Raya untuk masuk SMA Plus yang katanya terbaik," tutur Aldiarto kepada Kalteng Pos (JPNN Grup).

...dst

27 ) Amien Rais: Ekonomi Indonesia Lagi Gendeng
http://www.jpnn.com/read/2012/06/27/132095/Amien-Rais:-Ekonomi-Indonesia-Lagi-Gendeng-

Rabu, 27 Juni 2012 , 11:45:00
JAKARTA--Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, menegaskan, saat ini Indonesia berada pada pilihan apakah menjadi bangsa merdeka dengan kapitalisme merajalela, atau kehidupan merdeka dimana semua rakyat sejahtera dan terpenuhi kebutuhan hidupnya. "Jangan kira kalau kita memiliki parlemen saja berarti kita sudah sejahtera. Bung Karno sudah lama mengingatkan negara Eropa dan AS (Amerika Serikat) itu mengusung demokrasi politik saja, maka tak adil juga," kata Amien, Rabu (27/6), di Jakarta. Hal itu diungkapkan Amien, saat memberi testimoni pada sarasehan yang digelar  "Megawati Institute" dalam rangka kegiatan bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno yang dibuka Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Rabu (27/6), di Jakarta. Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PAN, itu menceritakan, salah satu pemikiran kritis atas revolusi Perancis yang menghasilkan kebebasan politik. Namun, belum tentu bisa bebas dalam hal ekonomi. Contohnya, seorang buruh pabrik bisa saja melempar seorang pejabat negara dengan suara politiknya. Namun keadaan itu belum tentu terjadi di ekonomi.

...dst

28 ) Doed Joesoef: Jangan Hanya Membangun Ekonomi
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/27/12470193/Doed.Joesoef.Jangan.Hanya.Membangun.Ekonomi

Rabu, 27 Juni 2012 | 12:47 WIB
KOMPAS.com - Bangsa Indonesia kini tengah mengalami multikrisis. Tidak hanya krisis di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang politik, sosial, dan kultural. Tantangannya adalah bagaimana memecahkan persoalan yang multikompleks ini. "Sayangnya, para pemimpin negeri ini tidak, atau tidak mau, menyadari hal itu. Mereka menganggap kesulitan kita sekarang ini terjadi hanya karena ekonomi kita ini belum terbangun dengan baik. Akibatnya, perhatian hanya dipusatkan pada pembangunan ekonomi. Dan, karena pembangunan ekonomi dianggap sebagai jawaban, logis saja jika jalannya pembangunan itu didasarkan pada diktum penalaran ilmu ekonomi," kata Daoed Joesoef, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (1978-1983). Ia menambahkan, sesungguhnya, pendapat yang menyatakan bahwa pembangunan ekonomi dapat menyelesaikan persoalan yang dialami bangsa ini adalah pendapat yang picik. Semasa menjadi anggota Kabinet Pembangunan III, kata Daoed Joesoef, dirinya sudah mengingatkan Presiden Soeharto bahwa pembangunan yang berorientasi pada ekonomi itu akan gagal. Namun, itu tidak ditanggapi.

...dst

29 ) Amien Rais: Masyarakat Sudah Miskin Kok Galang Dana Gedung Baru KPK
http://news.detik.com/read/2012/06/27/113831/1951929/10/amien-rais-masyarakat-sudah-miskin-kok-galang-dana-gedung-baru-kpk?n990102mainnews

Rabu, 27/06/2012 11:38 WIB
Jakarta Mantan Ketua MPR Amien Rais tampaknya tidak setujudengan penggalangan dana gedung baru KPK. Menurut Amien, masyarakat sudah miskin dan jangan dibebani yang macam-macam. "Masyarakat itu sudah miskin kok pakai galang-galang," ujar Amien. Amien mengatakan itu usai Sarasehan Kebangsaan Bung Karno tentang Kepemimpinan Sosial Demokrasi di Hotel Four Season, Jl Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2012). Amien menyarankan gedung baru KPK menggunakan dana dari APBN. Amien juga meminta anggota DPR untuk tidak menolak pembangunan gedung baru KPK."Jadi berikanlah gedungnya," kata mantan Ketua Umum PAN ini.

...dst

30 ) Hindari KKN Pada Penerimaan CPNS, Kementerian PAN-RB Gandeng ICW
http://news.detik.com/read/2012/06/27/125133/1952034/10/hindari-kkn-pada-penerimaan-cpns-kementerian-pan-rb-gandeng-icw?n991102605

Rabu, 27/06/2012 12:51 WIB
Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan melakukan pembenahan dalam sistem rekrutmen CPNS. Salah satunya adalah dengan cara melibatkan ICW untuk mengawasi jalannya seleksi penerimaan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar dalam acara penandatangan MoU Kementerian PAN-RB dan ICW tentang Pengembangan Sistem Anti Korupsi dan Nepotisme dalam Proses Seleksi Pegawai Negeri Sipil sebagai Bagian dari Pelaksanaan Proses Reformasi Birokrasi di Gedung Kementerian PAN-RB, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (27/6/2012)."Kita berupaya untuk melibatkan semua. Melibatkan kampus, pemerintah daerah dan juga masyarakat dalam hal ini ICW untuk melakukan pengawasan dalam seleksi CPNS," ujar Azwar. Selain menggandeng ICW, dia menyatakan pihaknya juga akan melakukan perubahan dalam sistem seleksi penerimaan CPNS. Caranya adalah dengan meminta tiap instansi yang akan menerima pegawai baru untuk melakukan pemetaan formasi pegawai.

...dst  

Berita Edukasi, 26 Juni 2012

1 ) Gaji Guru Sedot 60 Persen Anggaran Pendidikan 2013
Tidak Ingin Sia-sia, Kemendikbud Pantau Kualitas Guru di Daerah
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/131908/Gaji-Guru-Sedot-60-Persen-Anggaran-Pendidikan-2013-

Selasa, 26 Juni 2012 , 07:10:00
JAKARTA - Pemerintah dan DPR sudah mulai membahas postur anggaran pendidikan 2013. Dalam pembahasan ini terungkap jika 60 persen dari seluruh anggaran pendidikan itu tersedot untuk gaji guru.Dalam pembahasan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Komisi X DPR kemarin (25/6) disebutkan jika pagu indikatif APBN 2013 berjumlah Rp 1.568,662 triliun. Dari seluruh anggaran tersebut, pagu untuk anggaran pendidikan adalah Rp 316,598 triliun (20,12 perse). Nilai ini naik ketimbang tahun lalu yang dipatok Rp 289,957 triliun. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, dari seluruh anggaran pendidikan tersebut, yang dikelola oleh Kemendikbud sebanyak Rp 65,650 triliun. Nilai ini naik dibandingkan tahun lalu yang ditentukan sebesar Rp 64,350 triliun.

...dst

2 ) Pendidikan Alternatif Disosialisasikan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/506137/
   
Tuesday, 26 June 2012
YOGYAKARTA – Pendidikan alternatif dinilai mampu menumbuhkan angka partisipasi kasar (APK) di Indonesia. Universitas Gadjah Mada (UGM) pun mengangkatnya menjadi tema dalam International Students Summer Program ke-4bertajuk DREaMyang akan diikuti peserta dari 15 negara.
Asisten Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Luar Negeri UGM Rachmat Sriwijaya kemarin mengutarakan,APK di Indonesia dan sejumlah negara peserta DREaM selalu dipengaruhi dua faktor utama, yaitu fasilitas dan biaya."Terkadang biaya ada, fasilitas tidak ada atau fasilitas ada, biaya tidak ada. Inilah yang membuat kami ingin memperkenalkan pendidikan alternatif,yakni mengadakan atau memberikan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi lapangan." Pendidikan alternatif yang ditawarkan dalam DREaM tahun ini ialah sekolah hutan.

...dst

3 ) UGM Gandeng Ibraki University Buka S-2 Pertanian
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653530/ugm-gandeng-ibraki-university-buka-s-2-pertanian

Selasa, 26 Juni 2012 11:03 wib
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, menjalin kerjasama internasional dengan Ibaraki University (IU), Jepang. Kedua belah pihak sepakat membuka Program Gelar Ganda (Double Degree) Master Ilmu Pertanian.Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UGM, Hartono dan Dekan Sekolah Pascasarjana Pertanian IU yang disaksikan oleh Rektor UGM Pratikno dan President Ibaraki University Yukio Ikeda. Pratikno menuturkan, kerjasama pembukaan program gelar ganda ini difokuskan pada pertukaran mahasiswa dan staf pengajar."Dapat dipahami, UGM dan IU harus memajukan kepentingan bersama melalui pendidikan dan penelitian. Komitmen tersebut diperkuat dengan membuka program gelar ganda," kata Pratikno, seperti disitat dari laman UGM, Selasa (26/6/2012).

...dst

4 ) Dua PTN di Kaltim segera dibuka
http://www.antaranews.com/berita/318086/dua-ptn-di-kaltim-segera-dibuka

Senin, 25 Juni 2012 17:56 WIB
Samarinda (ANTARA News) - Dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Kaltim segera dibuka dan siap menerima mahasiswa baru pada 2012, yaitu Institut Teknologi Kalimantan dan Institut Seni dan Budaya Indonesia."Terkait persiapan pendirian dan penerimaan mahasiswa baru itu, maka 26 Juni besok dilakukan rapat koordinasi yang dihadiri Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta," ujar Abd Wahab Syahrani, Kabag Pendidikan Seni dan Budaya Biro Sosial Setprov Kaltim, di Samarinda, Senin. Menurut dia, kehadiran dua rektor perguruan tinggi ternama itu karena berdirinya Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) bekerja sama dengan mereka. Selain itu, sistem pembelajaran ITK dan ISBI akan berkiblat pada ITS dan ISI.

...dst

5 ) Penggugat: Rektor Unsrat Sering Sewenang-wenang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/25/22211692/Penggugat.Rektor.Unsrat.Sering.Sewenang-wenang

Senin, 25 Juni 2012 | 22:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Tindakan represif yang dilakukan oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado, Donald Rumokoy, dengan jalan menjatuhkan sanksi kepada dosen dan mahasiswa bersuara vokal ternyata sudah sering terjadi. Kasus gugatan ke pengadilan yang dilayangkan oleh Julius Pontoh pada 2006 silam dilakukan karena haknya sebagai Dekan MIPA terpilih yang haknya dicopot oleh rektor membuka banyak kasus ketidakadilan yang dilakukan oleh rektor Unsrat tersebut. "Ketidakadilan yang menimpa Julius adalah pembuka dari jenis ketidakadilan yang dilakukan oleh Rektor Unsrat. Empat mahasiswa FISIP diskorsing karena mengkritik kebijakan rektor yang menyangkut transparansi kampus. Selain mahasiswa, juga ada tiga dosen yang dikenai vonis ringan oleh kampus dan sekarang gugatan tiga dosen tersebut sedang diproses di PTUN Manado," ujar Didi Kolengan, kuasa hukum Julius Pontoh di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (25/06/2012).

...dst

6 ) Komnas HAM Minta Kemdikbud Berhentikan Rektor Unsrat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/25/14454699/Komnas.HAM.Minta.Kemdikbud.Berhentikan.Rektor.Unsrat

Senin, 25 Juni 2012 | 14:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh untuk segera melaksanakan rekomendasi Ombudsmen Republik Indonesia No 003/REK/0899.2009/III/2012 terkait pemberhentian jabatan Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof. Dr. Donald Runkokoy, SH. MH.
Rekomendasi Ombudsman menyebutkan Donald telah melakukan tindakan pelanggaran terhadap PP no 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, mengabaikan dengan sengaja putusan PTUN Manado dan Makassar nomor 27/G. TUN/ 2006/ PTUN. Mdo. Jo. Nomor: 43/B.TUN/2007/PT/TUN.Mks, mengabaikan perintah Mendikbud melalui surat Dirjen Dikti Nomor: 830/D/T/2010, dan mengabaikan perintah Presiden melalui surat Mensesneg nomor: R.99/M.Sesneg/D-4/PU.10.01/05/2011.

...dst

7 ) Kasus Angie, Rektor Universitas Haluoleo Akui Ada Dana Tiba-tiba
http://news.detik.com/read/2012/06/25/191704/1950507/10/kasus-angie-rektor-universitas-haluoleo-akui-ada-dana-tiba-tiba?n991102605

Senin, 25/06/2012 19:17 WIB
Jakarta Rektor Universitas Haluoleo, Usman Rianse, hari ini diperiksa KPK sebagai saksi Angelina Sondakh. Dia mengakui ada dana turun untuk pengadaan laboratorium MIPA dari pemerintah pusat, padahal pihaknya tidak pernah merencanakan proyek itu apalagi minta dianggarkan. Usai diperiksa KPK, Usman menjelaskan bahwa dia mengusulkan 10 paket pembangunan. Tetapi, di dalamnya tidak mencakup proyek untuk laboratorium Fakultas MIPA, Namun, uniknya anggarannya justru tiba-tiba saja diterimanya. "Saya sempat mengusulkan anggaran Rp 540 miliar. Tetapi, kami hanya dapat Rp 65 miliar. Untuk laboratorium sendiri itu Rp 45 miliar. Jadi, totalnya Rp 110 miliar," kata Usman di Kantor KPK, JL Rasuna Said, Jakarta, Senin (25/6/2012).

...dst

8 ) Rektor Unhalu Mengaku Terima Anggaran Fiktif
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/26/06021525/Rektor.Unhalu.Mengaku.Terima.Anggaran.Fiktif

Selasa, 26 Juni 2012 | 06:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Haluoleo, Sulawesi Tengah, Usman Rianse, menegaskan, bahwa dirinya tidak pernah mengajukan anggaran pembangunan laboratorium untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebesar Rp 45 miliar. Kendati demikian, Usman mengaku telah menerima aliran dana tersebut, yang diduga berasal dari anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Angelina Sondakh.Seusai menjalani pemeriksaan KPK, Usman menjelaskan, pihaknya mengusulkan 10 paket pembangunan. Namun, di dalamnya tidak ada usulan mengenai fakultas MIPA, yaitu pembangunan laboratorium. Anehnya anggaran pembangunan untuk kebutuhan fakultas tersebut turun.

...dst

9 ) DPR: Evaluasi Anggaran Pendidikan di Kementerian Non-Dikbud!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/25/14222334/DPR.Evaluasi.Anggaran.Pendidikan.di.Kementerian.Non-Dikbud

Senin, 25 Juni 2012 | 14:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi X DPR yang membidangi pendidikan mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mengevaluasi anggaran fungsional pendidikan di kementerian/lembaga lain yang menyelenggarakan pendidikan. Hal itu dilontarkan Wakil Ketua Komisi X DPR Syamsul Bahri dalam rapat kerja antara DPR dan Mendikbud, Senin (25/6/2012) di Gedung DPR, Jakarta.Syamsul mengatakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh harus melakukan evaluasi pada penggunaan anggaran pendidikan di luar Kemdikbud. Saat ini, anggaran pendidikan menyebar di antaranya ke Kementerian Agama dan kementerian/lembaga lainnya."Pak Menteri berhak mengevaluasi, dan meminta informasi mengenai itu kepada mereka (kementerian lain) karena, sesuai peraturan presiden, Mendikbud yang diminta bertanggung jawab atas pendidikan, bukan yang lain," kata Syamsul.

...dst

10 ) Beasiswa DAAD untuk S-2 di Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/368/653181/beasiswa-daad-untuk-s-2-di-jerman

Senin, 25 Juni 2012 15:07 wib
Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD) atau organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman menawarkan program beasiswa DAAD Masters Scholarships in Public Policy and Good Governance. Program ini didesain untuk melahirkan para pemimpin masa depan di bidang politik, hukum, ekonomi, dan administrasi.Jika tertarik, kamu bisa melamar ke kampus-kampus dan program studi berikut:

...dst

11 ) Indonesia Tuan Rumah Konferensi Sejarah Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/11335025/Indonesia.Tuan.Rumah.Konferensi.Sejarah.Internasional

Selasa, 26 Juni 2012 | 11:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kembali akan menjadi tuan rumah pada International Associations of Historian of Asia (IAHA) ke-22, di Solo, Jawa Tengah, pada 2-6 Juli 2012. Konferensi ini bertujuan mengkaji dan mempromosikan penelitian sejarah Asia. Tema yang diusung dalam konferensi tahun ini adalah "Remembering the Past, Experience the Present, Exploring the Future".Presiden IAHA 1998, Taufik Abdullah mengatakan, tahun ini ini adalah ketiga kalinya Indonesia menjadi tuan rumah IAHA. Sebelum di Solo, kata dia, Indonesia pernah menjadi tuan rumah IAHA pada 1974 di Yogyakarta, dan tahun 1998 di Jakarta. "Ini suatu kehormatan bagi kita semua karena tiga kali menjadi tuan rumah pada konferensi tingkat dunia ini," kata Taufik, Selasa (26/6/2012), di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta.

...dst

12 ) Asyik, ITB Siapkan Beasiswa Miliaran Rupiah, Mau?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/25/m65rmv-asyik-itb-siapkan-beasiswa-miliaran-rupiah-mau

Selasa, 26 Juni 2012, 01:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Institut Teknologi Bandung mengalokasikan beasiswa Rp 139 miliar dari total perputaran uang Rp 1 triliun setiap tahun. Rektor ITB Akhmaloka mengatakan beasiswa tersebut tidak hanya berasal dari dana milik ITB sendiri atau sumbangan para alumni, namun juga dari berbagai pemangku kepentingan yang ikut serta berkontribusi dalam dunia pendidikan."ITB itu setiap tahun menyediakan dana Rp 139 miliar untuk beasiswa bagi para mahasiswanya," ujarnya.Beasiswa itu, lanjut Akhmaloka, terbagi atas dua kategori yaitu beasiswa bagi kalangan tidak mampu dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. "Tentu ada juga kombinasi antara beasiswa bagi yang tidak mampu dan berprestasi, itu hal yang biasa," ujarnya. Menurut dia, sekitar 20 persen dari jumlah mahasiswa ITB setiap tahunnya berasal dari kalangan tidak mampu. Pada 2012, dari total 3.400 kursi yang disediakan ITB sekitar 800 dialokasikan bagi mahasiswa tidak mampu dalam program beasiswa bidik misi.

...dst

13 ) Siapkan Pimnas, ITS Beri Pembekalan Satu Malam
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653515/siapkan-pimnas-its-beri-pembekalan-satu-malam

Senin, 25 Juni 2012 19:07 wib
JAKARTA - Jelang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-25, setiap universitas pun melakukan berbagai persiapan, tidak terkecuali Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Untuk itu, Kementrian Riset dan Teknologi (Ristek) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS menggelar pembekalan khusus bertajuk Sleepover PKM.Di bawah bimbingan Tim Tujuh, para mahasiswa yang berhasil lolos seleski Pimnas ke-25 mendapat pembekalan selama semalam penuh. Tim Tujuh terdiri dari mahasiswa yang sukses meraih medali di Pimnas periode-periode sebelumnya. Tim bentukan Kementrian Ristek BEM ITS ini bertugas membimbing persiapan pembuatan slide presentasi para tim.

...dst

14 ) Universitas Negeri Gorontalo Bangun Hotel Turunkan SPP
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/26/328807/293/14/Universitas-Negeri-Gorontalo-Bangun-Hotel-Turunkan-SPP

Selasa, 26 Juni 2012 03:29 WIB
GORONTALO--MICOM: Rencana pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG) untuk membangun hotel bintang empat di kampus itu diyakini bisa membantu mahasiswa dengan menurunkan biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP).Pembantu Rektor II bidang Administrasi dan Keuangan Eduard Wolok, Senin (25/6), mengatakan hotel yang akan dibangun dengan terlebih dahulu merobohkan sejumlah gedung permanen di kampus itu akan menjadi salah satu sumber pemasukan terbesar perguruan tinggi negeri itu."Itu bisa menekan biaya SPP mahasiswa, sebab kampus sudah memiliki sumber pendapatan lain," kata dia.Hotel sekelas bintang empat yang rencananya mulai dibangun pada 2012 itu sekaligus dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, mulai lapangan tenis dan tempat olahraga lain, serta gedung pertemuan yang dapat menampung 600 orang.

...dst

15 ) Ribuan Mahasiswa Suguhkan Ragam Budaya
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/506138/
   
Tuesday, 26 June 2012
SEMARANG – Ribuan mahasiswa IKIP PGRI Semarang kemarin mementaskan sejumlah kebudayaan daerah dari masing- masing kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jateng.Kebudayaan tersebut dituangkan melalui "Festival Folklore Jawa Tengah"di kampus tersebut. Kebudayaan lokal yang dipentaskan di antaranya ditunjukkan dengan percakapan berdialek bahasa daerah. Juga disuguhkan melalui lagu-lagu daerah, tarian, dan permainan tradisional. Untuk nonlisan digelar para mahasiswa melalui pernak-pernik,makanan khas, dan pakaian adat. Rektor IKIP PGRI Semarang Muhdi mengatakan tradisi lokal yang diangkat pada festival misalnya dari Demak,Kudus, Jepara, Magelang, Pemalang, Pekalongan, Kebumen, dan sejumlah daerah lainnya yang merupakan asal dari mahasiswa tersebut.

...dst

16 ) RUU Dikdok Masih Menggantung
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653300/ruu-dikdok-masih-menggantung

Senin, 25 Juni 2012 16:51 wib
JAKARTA - Jika tidak lama lagi Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) akan disahkan, bagaimana nasib RUU Pendidikan Kedokteran (Dikdok)? Sama halnya dengan RUU PT, pengesahan RUU Dikdok juga harus tertunda.Menanggapi hal tersebut Dirjen Dikti Djoko Santoso menyebut, saat ini RUU Dikdok masih dalam proses pengkajian. "RUU Dikdok sama nasibnya dengan RUU PT. Masih dalam pengkajian," kata Djoko kepada Okezone seusai raker postur anggaran pendidikan di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2012).Djoko menambah, saat ini masih ada beberapa bagian RUU Dikdok yang menuai kontroversi dari kalangan profesi. "Memang ada beberapa bagian yang kontroversial di kalangan profesi. Namun, untuk detail keberatan mengenai hal tersebut bisa ditanyakan langsung ke kalangan profesi. Semoga dalam waktu dekat juga bisa selesai," ujarnya.

...dst

17 ) Perubahan Draft RUU PT Soal Teknis
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653225/perubahan-draft-ruu-pt-soal-teknis

Senin, 25 Juni 2012 14:37 wib
JAKARTA - Rencana pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) dalam waktu dekat dibenarkan oleh Dirjen Dikti Djoko Santoso. Dia menyebut, draft RUU PT telah rampung dan siap ditinjau oleh DPR. "Draftnya sudah beres. Dalam waktu satu hingga dua hari ini akan yang kami kirimkan ke DPR untuk dikaji," kata Djoko kepada Okezone, selepas raker mengenai postur anggaran pendidikan di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2012). Hal senada diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Dia mengaku, dalam draft RUU PT yang telah rampung itu terdapat beberapa perubahan. "Kami (pemerintah) melakukan konsolidasi terhadap pemikiran yang berkembang. Ada beberapa perubahan dari draft RUU PT beberapa waktu lalu," papar M Nuh.
   
...dst

18 ) RUU PT Segera Dibahas Kembali
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653188/ruu-pt-segera-dibahas-kembali

Senin, 25 Juni 2012 13:56 wib
JAKARTA - Pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) terus mundur. Namun, Wakil Ketua Komisi X Syamsul Bachri optimistis, RUU PT akan segera disahkan sebelum masa sidang berakhir, yakni 14 Juli 2012.Syamsul menyebut, dalam waktu dekat RUU PT segera dibahas kembali. "Dalam raker Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyampaikan masukan untuk RUU PT. Tapi pemerintah masih belum spesifik mengenai usulan-usulan tersebut," ujar Syamsul selepas Raker mengenai postur anggaran pendidikan di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2012).

...dst

19 ) 61 Mahasiswa Mancanegara Ikuti Summer Program UGM
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653524/61-mahasiswa-mancanegara-ikuti-summer-program-ugm

Selasa, 26 Juni 2012 09:02 wib
JAKARTA - Sebanyak 61 mahasiswa dari 15 negara akan mengikuti International Students Summer Program bertajuk DREaM besutan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Negara peserta DREaM tersebut di antaranya Afrika Selatan, Argentina, Australia, Belanda,, Denmark, Jepang, Jerman, Mesir, Nigeria, dan Vietnam.Asisten WRS APSM Bidang Kerjasama Luar Negeri UGM Rachmat A Sriwijaya menyebutkan, penyelenggaraan program yang berlangsung selama 14 hari itu bertujuan untuk memberikan pengalaman akademis dan sosiokultural kepada para peserta. Selain itu, program juga dimaksudkan untuk menciptakan mutual understanding antarpeserta yang berasal dari berbagai negara, yang nantinya akan menjadi pemimpin dunia pada masa depan.

...dst

20 ) Mahasiswa Australia Dalami Seni di ISI Denpasar
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653539/mahasiswa-australia-dalami-seni-di-isi-denpasar

Senin, 25 Juni 2012 19:42 wib
DENPASAR - Sebanyak 12 mahasiswa University of Western Australia (UWA) mendalami keragaman budaya dan seni di Bali di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar selama dua pekan. Rombongan mahasiswa asal Negeri Kanguru yang didampingi Paul Trinidad, akan mempelajari seni rupa dan desain.Dalam kunjungan tersebut, mereka menyatakan kagum atas keindahan seni budaya Bali yang sangat beragam sehingga tertarik mendalami seni. "Kehadiran mahasiswa UWA itu sebagai realisasi kerjasama dua lembaga pendidikan tinggi seni antarnegara," kata Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desaian (FSRD), Ni Made Rinu, saat menerima mahasiswa UWA, di Kampus ISI Denpasar, Senin (25/6/2012).
Kegiatan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada 2011. Tahun lalu, sebanyak 19 mahasiswa perguruan tinggi tersebut belajar selama dua minggu.

...dst

21 ) Hobi Jalan-Jalan, Agung Ciptakan Visit Surabaya
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/25/373/653519/hobi-jalan-jalan-agung-ciptakan-visit-surabaya

Selasa, 26 Juni 2012 10:03 wib
JAKARTA - Mengombinasikan hobi jalan-jalan dan menulis, Agung Sukma Putra Prasasti membuat media promosi pariwisata di Surabaya. Proyek pariwisata online karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini diberi nama Visit Surabaya. Menurut Agung, banyak turis yang tertarik dengan Kota Pahlawan. ''Waktu sedang bersepeda, saya sempat jadi guide turis Kanada. Saat itu, saya sadar kalau potensi wisata Surabaya bisa dikembangkan," ujar Agung, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (26/6/2012).

...dst

22 ) Usakti Berkomitmen jadi Kampus Bebas Narkoba
http://www.jpnn.com/read/2012/06/26/131894/Usakti-Berkomitmen-jadi-Kampus-Bebas-Narkoba-

Selasa, 26 Juni 2012 , 00:27:00
JAKARTA - Tanggal 26 Juni sebagai Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) menjadi momen yang tepat bagi mahasiswa Universitas Trisakti (Usakti) untuk mengkampanyekan kampusnya sebagai lembaga yang bebas dari narkoba.Ketua Tim Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (TPPN) Usakti, Hein Wangania mengatakan selain menggelar seminar dan training, pihaknya juga bekerja sama dengan Gerakan Anti Madat (GERAM), BNN, dan Gerakan Nurani Nusantara (GANN) untuk melakukan pencegahan penggunaan narkoba di kalangan mahasiswa."Ini merupakan kegiatan rutin yang selalu kami lakukan tiap tahunnya, di samping kegiatan-kegiatan lainnya seperti mengadakan seminar, workshop maupun training untuk menanamkan pengetahuan mengenai narkoba pada setiap anggota kami," kata Hein di sela-sela persiapan acara memperingati HANI tahun ini, di Universitas Trisakti, Senin (25/6).

...dst

23 ) Kemendikbud: Penambahan Bahan Ajar Tak Bebani Peserta Didik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/26/05142837/Kemendikbud.Penambahan.Bahan.Ajar.Tak.Bebani.Peserta.Didik

Selasa, 26 Juni 2012 | 05:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puskurbuk Kemdikbud), Djuharis, menjamin penambahan bahan ajar di dalam kurikulum pendidikan formal tidak akan membebani para peserta didik. Hal itu ia katakan menyikapi diusulkannya materi edukasi perlindungan konsumen untuk masuk dalam kurikulum pendidikan nasional oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)."Jika disampaikan dan diterapkan dengan tepat, penambahan materi edukasi perlindungan konsumen tidak akan membebani siswa," kata Djuharis, Senin (25/6/2012), di Jakarta.Ia menjelaskan, meskipun memuat aspek-aspek kognitif, materi edukasi perlindungan konsumen nantinya akan lebih diarahkan pada ranah afektif. Menurutnya, pendidikan ini sama halnya dengan pendidikan budi pekerti, yang memang harus diajarkan melalui pendidikan moral dan tindakan nyata.

...dst

24 ) Subak Masih Menanti Penetapan UNESCO
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/25/21474383/Subak.Masih.Menanti.Penetapan.UNESCO

Senin, 25 Juni 2012 | 21:47 WIB
TABANAN, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali sampai saat ini masih menunggu kepastian dari UNESCO mengenai penetapan subak dan kawasan pura di sekitarnya sebagai warisan budaya dunia. Menurut Masanori Nagaoka, Kepala Unit Budaya Kantor UNESCO Jakarta, komite evaluasi UNESCO sejak tanggal 24 Juni 2012 lalu mulai berunding di Rusia untuk menetapkan daftar warisan dunia dari 36 situs yang didaftarkan, termasuk subak."Subak masuk ke dalam nominasi cultural landscape dan akan dibahas dalam sidang mulai tanggal 28-30 Juni 2012," katanya dalam acara konferensi pers acara World Heritage Education yang diadakan English First di desa Jatiluwu, Tabanan, Bali, Senin (25/6/2012).

...dst

25 ) Ayo Lapor, Ombudsman-ICW Buka Posko Pengaduan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/25/14525499/Ayo.Lapor.Ombudsman-ICW.Buka.Posko.Pengaduan

Senin, 25 Juni 2012 | 14:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) bersama Ombudsman Republik Indonesia membuka pos pengaduan penyimpangan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Pos pengaduan ini akan dibuka di 7 daerah perwakilan Ombudsman RI dan di 35 jaringan ICW di daerah, termasuk Jakarta. Peneliti Senior ICW, Siti Juliantari mengatakan, masyarakat pelapor akan diberikan advokasi yang didasarkan pada pasal 18 UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang menyebutkan bahwa pengguna layanan publik (murid dan orang tua) berhak untuk mengadukan pelayanan yang menyimpang dari standar pelayanan.

...dst

26 ) Posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/pengumuman/416

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka Posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai 18 Juni sampai 2 Juli 2012. Posko PPDB ini melayani pengaduan masyarakat mulai pukul 8.00 sampai dengan 16.00 setiap hari kerja.
Posko PPDB :
Call center : 177
Nomor Telepon : 021 5703303
e-mail : pengaduan@kemdikbud.go.id
Pengaduan langsung ke Gerai Informasi dan Media PIH Kemdikbud, Gedung C Lantai 1.

...dst

27 ) Siswi SMK Gantung Diri, Komnas PA: Sistem Pendidikan Kita Kejar Target
http://news.detik.com/read/2012/06/26/094725/1950766/10/siswi-smk-gantung-diri-komnas-pa-sistem-pendidikan-kita-kejar-target?n991102605

Selasa, 26/06/2012 09:47 WIB
Jakarta Siswi kelas 1 SMK di Jakarta Timur ditemukan gantung diri dirumahnya. Keluarga menduga motif gantung diri yang dilakukan siswi berprestasi itu karena nilai prestasi yang turun. Komnas Perlindungan Anak (PA) menyatakan sistem pendidikan kejar target bisa menjadi pemicu anak tersebut mengakhiri hidupnya dengan tragis."Ini kan dampak dari sistem pendidikan kita yang mengejar target," kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, saat dihubungi detikcom, Selasa (26/6/2012). Bukan hanya itu, diskriminasi sistem pendidikan yang berlangsung saat ini, seperti pemberian beasiswa kepada siswa pintar dan bagi yang kurang berprestasi tidak diberikan beasiswa, diduga turut menjadi pemicu stres yang dialami pelajar. Arist mengatakan pemerintah harus mengubah orientasi pendidikan yang selama ini diterapkan. Pemerintah harus berorientasi pada pendidikan untuk rakyat miskin, bukan persoalan pintar tidak pintar.

...dst

Berita Edukasi, 25 Juni 2012

1 ) ITB Sediakan Beasiswa Rp139 Miliar

Senin, 25 Juni 2012 | 13:05 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengalokasikan beasiswa Rp139 miliar dari total perputaran uang Rp1 triliun setiap tahun. Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, beasiswa tersebut tidak hanya berasal dari dana milik ITB sendiri atau sumbangan para alumni. Tetapi juga berasal dari berbagai pemangku kepentingan yang ikut serta berkontribusi dalam dunia pendidikan."ITB itu setiap tahun menyediakan dana Rp139 miliar untuk beasiswa bagi para mahasiswanya," ujar Akhmaloka, di Bandung, Senin (25/6/2012). Beasiswa itu, lanjut Akhmaloka, terbagi atas dua kategori yaitu beasiswa bagi kalangan tidak mampu dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. "Tentu ada juga kombinasi antara beasiswa bagi yang tidak mampu dan berprestasi, itu hal yang biasa," katanya.

...dst

2 ) STMIK AMIKOM Rujukan Multimedia
    
Monday, 25 June 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta bukan hanya sebagai tempat pendidikan bagi mahasiswanya. Namun juga terbuka bagi institusi pendidikan dari luar AMIKOM.Terutama dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) pada bidang multimedia. Seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan nonformal Rajawali Duta Komputer, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).Mereka mengirimkan 30 peserta didiknya untuk mengikuti workshop multimedia di Kampus Ungu ini selama tiga hari,yakni mulai Kamis-Sabtu (21-23/6). Pimpinan Rajawali Duta Komputer, Martapura Hereansyah mengatakan selain untuk mengenalkan secara langsung tentang multimedia dari perguruan tinggi yang konsen terhadap teknologi informasi dan komunikasi (TIK), program ini sekaligus sebagai salah satu syarat bagi peserta pelatihan untuk mendapatkan sertifikat setara D1 dari Rajawali Duta Komputer.

...dst

3 ) ITS Luncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Senin, 25/06/2012 - 07:14 
SURABAYA, (PRLM).- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan pembangkit listrik tenaga sampah yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi persoalan sampah dan sebagai alternatif sumber energi. Dengan energi dari sampah non-organik yang dibakar, pembangkit listrik tersebut dapat menghasilkan daya listrik hingga 2.000 Watt per hari. Bambang Sudarmanta, dosen teknik mesin di ITS, mengatakan bahwa ide awal inovasi itu didapat dari masalah sampah di kampus ITS dan kota Surabaya. "Kami mencoba untuk mengatasi masalah sampah ini dengan cara mengolahnya secara terpadu Sampah non-organik kami masukkan ke insinerator dan diubah menjadi listrik. Sampah organik nantinya akan kami jadikan kompos untuk menyuburkan tanaman," ujar Bambang. Menurut Bambang, dalam insinerator tersebut, sampah dibakar dan gas hasil pembakarannya digunakan untuk memanaskan air sampai menguap. Uap air itu kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin, yang kemudian menghasilkan putaran yang menggerakkan generator pembangkit listrik.

...dst

4 ) BPK Enggan Komentari Rumor Status Disclaimer Kemdikbud

Senin, 25 Juni 2012 | 10:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Rizal Djalil enggan berkomentar mengenai informasi bahwa laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2011 kembali mendapatkan status disclaimer (tanpa opini).
"Saya belum mau memberi komentar soal status disclaimer di Kemdikbud," kata Rizal singkat, saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/6/2012), di Jakarta. Seperti diberitakan, akhir pekan lalu Indonesia Corruption Watch (ICW) menyampaikan tanggapannya mengenai status disclaimer laporan keuangan Kemdikbud. Peneliti senior ICW, Febri Hendri mengaku, pihaknya mendapatkan laporan BPK tersebut beberapa hari sebelumnya. Pada kesempatan itu, berdasarkan laporan BPK, Febri menyampaikan bahwa Kemdikbud menjadi satu-satunya kementerian yang mendapat status disclaimer pada laporan keuangannya. Jika benar, maka penilaian atas laporan keuangan Kemdikbud tidak berubah dari tahun sebelumnya. 

...dst

5 ) Rektor Haluoleo Mengaku Tak Ikut Proyek Angelina

Senin, 25 Juni 2012 | 13:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Haluoleo, Usman Rianse mengaku bahwa universitas yang dipimpinnya tidak ikut proyek pengadaan sarana dan prasarana yang diduga dikorupsi Angelina Sondakh. Hal itu disampaikan Usman saat mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (25/6/2012)."Nggak ada proyek di sana karena langsung saya tolak dan tak ada tawar menawar sebelumnya, dan tidak pernah melakukan tawar menawar," kata Usman. Usman mengaku datang ke gedung KPK untuk diperiksa sebagai saksi bagi Angelina Sondakh. KPK menetapkan Angelina sebagai tersangka karena diduga menerima pemberian uang atau janji terkait penganggaran proyek pembangunan sarana dan prasarana universitas dan proyek wisma atlet SEA Games.

...dst 

6 ) Yuk! Sebar Ilmu Lewat Gerakan Indonesia Mengajar

Senin, 25/06/2012 08:35 WIB
Jakarta Siapa sangka, dari sekian banyak jumlah guru di Indonesia, ternyata masih ada sekolah-sekolah yang tak mempunyai tenaga pengajar. Sebagian dari mereka bahkan terpaksa tutup karena tak ada guru. Untunglah, ada orang-orang yang peduli dan membuat gerakan Indonesia Mengajar. Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, Hikmat Hardono menerangkan, gerakan ini didasari atas kebutuhan tenaga pengajar di daerah terpencil yang sangat kurang. Meski jumlah tenaga pengajar cukup banyak, namun penyebarannya tidak merata dan menjangkau daerah-daerah terluar di Indonesia. "Data Kemendikbud, distribusi rasio guru-murid kita bagus. Data terbaru 1 berbanding 15, bandingkan dengan Korea Selatan yang 1 berbanding 30," ujar Hikmat saat berbincang dengan detikcom, Senin (25/6/2012).

...dst

7 ) Pendidikan Vokasi Diperluas Hingga S-3

Senin, 25 Juni 2012 08:46 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka pendidikan vokasi atau kejuruan hingga di perguruan tinggi.
Mendikbud Mohammad Nuh berkata, pendidikan vokasi tidak boleh berhenti hingga SMK. Karena itu, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud diperintahkan untuk menyusun Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUUPT) untuk menambahkan program vokasi hingga magister (S-2) dan doktor terapan (S-3). Nuh menerangkan, sebelumnya jenjang pendidikan vokasi di Indonesia sebatas community college (komunitas akademik) dan politeknik. Namun, lanjut Nuh, aturan yang baru mendatang bisa memberikan kesempatan bagi anak didik SMK untuk mendapat gelar akademik yang lebih tinggi.

...dst

8 ) Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK: Dosen dapat ikut membantu pemberantasan korupsi

Monday, 25 June 2012 12:45
Surabaya, 22 Juni 2012  -  "Melalui Pendidikan Anti-Korupsi (PAK), Dosen dapat mendidik mahasiswa tentang bahaya korupsi selain itu melalui PAK dan Pendidikan Karakter, kita dapat mengembalikan kejayaan bangsa," papar Dedi Rachim, Direktur Pendidikan dan Pelayanan KPK di hari ke tiga acara Training of Trainers (ToT) Pendidikan Anti-Korupsi untuk Perguruan Tinggi Regional X yang diadakan di Surabaya tangga 20-22 Juni 2012. ToT Regional X yang dihadiri oleh 103 dosen dibuka oleh Koordinator Kopertis Wilayah VII pada tanggal 22 Juni 2012. 

...dst

9 ) Seminar Nasional Reformasi KUHAP

25 Juni 2012
SEMARANG - Sebagai sarana untuk menunjang pemahaman mahasiswa tentang masalah-masalah hukum yang perlu diangkat dan dibicarakan dalam teori dan praktik, Fakultas Hukum (FH) Untag Semarang akan mengadakan Seminar Nasional Reformasi KUHAP untuk Penegakan Hukum yang Bertanggung Jawab. Acara diadakan Kamis (28/6) pukul 09.00 di ruang Laboratorium Hukum FH Untag Jl Bendan Dhuwur Semarang dengan pembicara Dr Todung Mulya Lubis SH LLM. Diharapkan seminar ini dapat menghasilkan berbagai masukan baik bagi akademisi, praktisi, maupun berbagai kalangan masyarakat yang berminat. Tema tersebut dipilih dengan pertimbangan karena adanya pandangan bahwa KUHAP sebagai karya agung Bangsa Indonesia, dalam pelaksanaannya masih belum sempurna. Karena itu, perlu direvisi atau reformasi.

...dst

10 ) Kontroversi Buku Lumpur Lapindo-Hilang, Ali Azhar Diduga Diteror 
    
Monday, 25 June 2012
BANDUNG – Ali Azhar Akbar, penulis buku Lumpur Lapindo File: Konspirasi SBY-Bakrie, diduga menghilang sejak Rabu (20/6) lalu akibat diduga diteror oleh sekelompok orang tak dikenal. Kuasa hukum Ali Azhar Akbar,M Taufik Budiman mengkhawatirkan keselamatan Ali. Menurutnya, sepanjang penyusunan hingga peluncuran buku, penulis kerap diteror. "Kami berharap Ali baikbaik saja dan kejadian ini semoga hanya karena komunikasi yang terganggu saja. Bila tak ada perkembangan, Selasa (26/6) nanti kami akan mengambil langkah hukum dengan penerbit untuk melapor ke Mabes Polri," ujar Taufik, kemarin.

...dst

11 ) Aksi Miliarder Indonesia Bangun Pendidikan

Senin, 25 Juni 2012 11:35 wib
KESUKSESAN tidak membuat para miliarder ini lupa berderma. Sebagai filantropis, mereka pun membangun berbagai perguruan tinggi,membangun tim basket bagi para pemuda di daerah tertinggal, hingga membantu masyarakat dalam pemulihan pascabencana. Forbes, Senin (25/6/2012), melansir daftar para filantropis Tanah Air yang menaruh perhatian pada pendidikan dan generasi muda.

...dst

Tidak ada komentar: