Cari Blog Ini

Sabtu, Januari 21, 2012

Audit BPK: UI Berpotensi Rugikan Negara Rp 45 Miliar dan Berita Edukasi Lainnya..


1 ) 26 Mahasiswa UGM Asal Nias Memprihatinkan

Kamis, 19 Januari 2012 | 16:59 WIB
JAKARTA,  Biaya kuliah dan keperluan sehari-hari yang dijanjikan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara kepada 26 mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) asal Nias Utara tak kunjung dikirim. Akibatnya, ke-26 mahasiswa yang dikirim ke Yogyakarta oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara terancam kelaparan.
Tokoh Nias di Jakarta, Apollo Lase mengutip www.nias-bangkit.com, Kamis (19/1/2012) mengungkapkan, kondisi dan keadaan mereka di Yogyakarta sangat memprihatinkan dan berencana akan kembali ke Nias jika biaya tak kunjung dikirim oleh Pemerintah Nias Utara. Mahasiswa Nias di UGM Welly menuturkan, mereka terkadang harus berbagi makanan dengan teman-teman lainnya yang sudah tidak mempunyai uang. Ironisnya lagi, dia juga mereka terkadang harus menahan lapar untuk menunggu biaya dari orangtua karena sudah tidak diberi utang lagi oleh pemilik warung. "Kehidupan kami di Yogyakarta sudah sangat memprihatinkan. Kami terkadang harus berbagi dengan teman-teman yang tidak mendapat kiriman dari orangtua. Bahkan, kami harus menahan lapar jika kiriman belum tiba. Kami sudah tidak bisa berutang lagi di kedai karena utang sudah menumpuk. Bahkan, jika ke sekolah, kami harus rela jalan kaki menempuh jarak 16 kilometer pergi-pulang karena tidak ada uang untuk naik angkot," ujar Welly.

...dst

2 ) 30 Ribu Kursi Jalur Undangan SNMPTN Siap Direbut

Kamis, 19 Januari 2012 19:41 wib
JAKARTA - Ayo rebut 30 ribu kursi perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tahun ini. Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengungkapkan, setiap tahun, kuota jalur undangan yang diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dengan kemampuan ekonomi terbatas memang meningkat. "Pada 2010 kami sediakan 10 ribu kursi, tahun lalu 20 ribu kursi, dan tahun ini kuota jalur undangan 30 ribu kursi," ujar Djoko di Gedung Dikti Kemendikbud, Jakarta, Kamis (19/1/2012).

...dst

3 ) SNMPTN 2012 Sediakan 615.715 Kursi

Kamis, 19 Januari 2012 , 21:24:00
JAKARTA--Berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Jakarta pada 16 Oktober 2011 lalu, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibawah koordinasi Ditjen Pendidiikan Tinggi Kemdikbud memutuskan untuk kembali menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012. Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka mengatakan, SNMPTN tahun ini akan tetap dilaksanakan melalui dua jalur. Pertama, jalur ujian tertulis dan/atau ketrampilan. Kedua, jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik. "Akan tetapi, ada beberapa PTN yang menyediakan jalur mandiri. Komposisi di dalam SNMPTN tahun ini adalah penerimaan melalui jalur SNMPTN sebesar 60 persen, dan 40 persen sisanya melalui jalur mandiri," ungkap Akhmaloka di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (19/1) malam.

...dst

4 ) Pendaftaran SNMPTN jalur tertulis dibuka 10 Mei

Jumat, 20 Januari 2012 03:09 WIB 
Jakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 untuk jalur tertulis dan keterampilan dibuka pada 10 Mei hingga 31 Mei 2012, demikian siaran pers panitia pelaksana SNMPTN di Jakarta, Kamis. Pelaksanaan ujian tertulis SNMPTN direncanakan dilaksanakan pada Selasa, 12 Juni 2012 yang terdiri atas tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar. Selain itu pada 13 Juni akan dilaksanakan tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Selain itu ujian keterampilan dilaksanakan pada 14 dan 15 Juni 2012 di masing-masing tempat yang telah diberitahukan sebelumnya oleh panitia. Menurut siaran pers itu, panitia akan mengumumkan hasil ujian tertulis dan keterampilan pada 7 Juli 2012.

...dst

5 ) Kuota Mahasiswa UNS 5.290 Orang

20 Januari 2012
SOLO- Kuota mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang akan diterima pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini sebanyak 5.290 orang. Jumlah ini sekitar 80 kursi lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2011, lantaran ada program studi di beberapa fakultas yang menambah daya tampung. Dari kuota itu, 18,8% atau 996 mahasiswa diambil dari jalur undangan. Sebanyak 49,5% atau 2.620 mahasiswa dari jalur ujian tertulis dan sisanya dari jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) mandiri. "Pendaftaran secara online mulai dilakukan pada Februari," kata Pembantu Rektor I UNS Prof Sutarno saat jumpa pers di ruang kerjanya, Kamis (19/1).

...dst

6 ) Ini Komentar Mendikbud soal Audit BPK di UI

Kamis, 19 Januari 2012 | 19:09 WIB
JAKARTA,   - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kementeriannya akan menurunkan tim ke Universitas Indonesia (UI) untuk menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait adanya potensi kerugian uang negara senilai Rp 45 miliar dalam pengelolaan UI. Tim tersebut akan melakukan pengujian silang (cross check) terkait temuan BPK itu. "Itu yang kita tindaklanjuti," kata Nuh kepada para wartawan di sela-sela Rapat Kerja Pemerintah 2012 di Jakarta International Expo, Jakarta, Kamis (19/1/2012).Nuh mengatakan, dirinya belum mempelajari hasil audit tersebut. 

...dst

7 ) Mendikbud: Proses Sesuai Hukum

Kamis, 19 Januari 2012 19:57 wib
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, segala indikasi penyimpangan hukum yang terjadi di perguruan tinggi harus dituntaskan sesuai prosedur. Salah satunya, penemuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada audit atas pengelolaan keuangan di Universitas Indonesia (UI) yang berpotensi merugikan negara hingga Rp45 miliar. "Saya belum dapat kabar persisnya, yang jelas apa pun yang terjadi kalau berkaitan dengan penegakan hukum, ya, harus diproses sesuai hukum," kata Nuh di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/1/2012).  Meski demikian, Nuh mengingatkan, setiap temuan BPK pasti disertai rekomendasi. Karena itu, yang paling penting adalah mempelajari rekomendasi tersebut. Rekomendasi itu akan memberi tahu apakah temuan itu larinya ke BPK, tindak pidana korupsi, atau masalah administratif yang bisa diselesaikan.

...dst

8 ) Audit BPK: UI Berpotensi Rugikan Negara Rp 45 Miliar

Kamis, 19 Januari 2012 | 16:00 WIB
JAKARTA,  — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya potensi kerugian negara senilai Rp 45 miliar dalam pengelolaan Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat. Hal itu diketahui setelah dilakukan audit. Anggota BPK, Rizal Jalil, mengatakan, potensi kerugian negara terjadi dalam dua kasus. Pertama, terkait perjanjian kerja sama bangun guna serah tanah milik UI (Asrama PGT) di Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat, dengan PT NLL. Kerja sama itu, kata Rizal, tanpa sepengetahuan dan persetujuan Menteri Keuangan. Proyek ini dinilai berpotensi merugikan negara hingga Rp 41 miliar. 

...dst

9 ) Gumilar Menolak Tanggapi Temuan BPK

Kamis, 19 Januari 2012 20:31 WIB    
JAKARTA--: Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri menanggapi hal tersebut dengan dingin dan menganggap pelaporan semacam itu adalah hak semua orang. Gumilar pun menyayangkan sikap yang dilakukan kolega-koleganya tersebut, karena sejak awal hingga sekarang isu-isu yang diusung untuk menggulingkan rektor terus berubah-ubah. "Silahkan saja, itu kan hak semua orang untuk melakukan pelaporan. Biarkan saja saya tidak mau menanggapi hal ini," ujarnya saat dihubungi Media Indonesia. 

...dst

10 ) UI Masih Bungkam karena Belum Terima Laporan BPK

KAMIS, 19 JANUARI 2012 | 18:12 WIB
Jakarta - Universitas Indonesia (UI) belum bisa memberikan tanggapan mengenai hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menduga UI telah merugikan negara Rp 45 miliar. "Kami belum dapat laporan, jadi belum bisa jawab," ujar juru bicara Universitas Indonesia, Devi Rahmawati, saat dihubungi Tempo, Kamis 19 Januari 2012. Devi mengatakan pihak universitas akan menggunakan hak jawabnya untuk menanggapi tudingan itu jika BPK telah memberikan hasil audit mereka. "Untuk menanggapi lebih lanjut kami harus lihat hasil auditnya lebih jelas," katanya.

...dst

11 ) KPK Siap Tindaklanjuti Laporan BPK Soal UI

Kamis, 19/01/2012 19:19 WIB
Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan potensi kerugian negara Rp 45 miliar dalam pengelolaan keuangan Universitas Indonesia (UI). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menindaklanjuti temuan itu dengan penelaahan."Oh,iya (ditindaklanjuti)," kata Juru Bicara KPK Johan Budi Sp di Gedung KPk, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, Kamis (19/1/2012). Meski begitu, Johan belum menerima laporan tersebut. Termasuk kabar adanya dugaan korupsi di dalamnya."Belum sampai ke KPK," tegasnya.

...dst

12 ) DPR Minta KPK Usut Dugaan UI Rugikan Negara Rp 45 M

Kamis, 19/01/2012 15:47 WIB
Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyatakan terdapat potensi kerugian negara Rp 45 miliar dalam pengelolaan keuangan Universitas Indonesia (UI). DPR meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil tindakan konkret dan mengusut hingga tuntas dugaan tersebut.
"Pertama kita sangat terkejut terkait hasil audit BPK terkait banyaknya kerugian negara menyangkut pengelolaan universitas di Indonesia. Kita akan tindaklanjuti di rapim dan mitra kerja di Komisi X. Karena hasil audit ini resmi sehingga harus ditindaklanjuti penegak hukum," tutur Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, usai menerima audit BPK di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/1/2012).

...dst

13 ) 127 Dokter Baru Dilantik  

Friday, 20 January 2012
YOGYAKARTA – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) melantik 127 dokter baru di Graha Sabha Pramana (GSP) UGM kemarin.Sebanyak 30 di antaranya berasal dari program internasional. Para dokter baru ini ratarata menyelesaikan studi selama lima tahun dua bulan. Alexander Randy Angianto tercatat sebagai lulusan termuda, yaitu berusia 20 tahun delapan bulan. Sementara Kartika Aspshanti sebagai lulusan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi yakni 3,91. Dekan FK UGM RR Titi Savitri dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dokter baru bukan akhir dari pendidikan dokter. Seperti disebutkan Undang-Undang No 29/ 2004 tentang Praktik Kedokteran, sertifikat kompetensi baru diberikan setelah mereka lulus dalam Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI).

...dst

14 ) Politeknik Surabaya buka prodi teknologi "game"

Rabu, 18 Januari 2012 15:28 WIB 
Surabaya - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) - yang kini tidak lagi menyandang nama ITS di belakangnya (PENS ITS) - akan membuka dua program studi (prodi) baru yakni prodi teknologigame dan entertainment dan prodi teknologi desain multimedia. "Itu tergolong prodi yang pertama di Indonesia, sedangkan di negara lain sudah ada, bahkan Universitas Multimedia Malaysia sudah memilikinya," kata Direktur PENS Ir Dadet Pramadihanto M.Eng PhD NIP kepada ANTARA di sela-sela peluncuran logo dan `hymne` PENS di kampus setempat, Rabu. Dalam acara yang menandai "perpisahan" PENS dari ITS itu, iamenjelaskan kedua prodi baru masih diusulkan ke Kemdikbud dan bila disetujui akan dibuka mulai tahun ajaran 2012/2013, karena pihaknya sudah siap, baik sumberdaya manusia maupun sarana. "Kalau ada tambahan dua prodi itu berarti PENS akan memiliki 14 prodi yang terangkum dalam empat departemen yakni elektronika, informatika, mekanika dan energi, dan multimedia.

...dst

15 ) Dekan UI: Kebudayaan Jadi Perekat Indonesia-Malaysia

Jumat, 20 Januari 2012 00:11 WIB
KUALA LUMPUR - Banyak persamaan antara Indonesia dan Malaysia, salah satunya adalah soal budaya. Bahkan aspek kebudayaan dapat mempererat hubungan kedua negara."Kerja sama kebudayaan tidak hanya pada tatanan pemahaman tapi dilaksanakan secara konkrit dan langsung diapresiasikan," kata Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Bambang Wibawarta seusai jamuan makan bersama Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Rais Yatim di Kuala Lumpur, Kamis (19/1).  Banyak aspek kebudayaan yang memiliki kemiripan diantara dua negara serumpun ini,seperti seni tari, seni musik, seni peran, seni lukis dan lainnya. Menurut dia, melalui kebudayaan dan kesenian akan membawa persepsi yang sama dari kedua pihak bangsa serumpun ini sehingga kelak memunculkan karya-karya baru. "Jadi peningkatan kerja sama kebudayaan adalah sesuatu hal yang sangat baik," ungkapnya.

...dst

16 ) 6 Mahasiswa Unsoed Wakili Indonesia Kompetisi Sidang PBB di Harvard

Kamis, 19/01/2012 18:46 WIB
Cilacap - Enam delegasi mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah akan mengikuti Harvard National Model United Nations (HNMUN) atau kompetisi diplomasi simulasi sidang PBB di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Mereka nantinya akan berperan sebagai satu tim perwakilan PBB untuk negara Uzbekistan, dalam ajang yang didukung oleh program Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan Nasional. Keenam mahasiswa Unsoed yang akan mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi ini adalah Arbi Wienandar (ketua delegasi), Shofri Darmawan, Hany Anggut, Ulfa Melissa Handoko Putri, Catur Haryati, dan Hana Kusuma Hayuningtyas. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 600-an delegasi dari seluruh dunia pada bulan Februari mendatang. Mereka akan mewakili Uzbekistan dalam tiga bidang PBB yaitu WHO (World Health Organization), SOCHUM (Social, Humanitarian, and Cultural Committee), dan SPECPOL (Special Politicial and Decolonization Committee).

...dst

17 ) Mahasiswa Indonesia rancang strategi bisnis bagi Danone

Kamis, 19 Januari 2012 20:27 WIB 
Jakarta  – Danone kembali meluncurkan program kompetisi bisnis "Trust", suatu kompetisi bisnis yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan wawasan nyata ke isu dunia usaha saat ini. Keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa kegiatan Trust Day diadakan  di Jakarta, Kamis, yang diikuti para mahasiswa dari 9 universitas di Indonesia untuk merancang sebuah strategi bisnis bagi Danone. "Trust adalah inisiatif global Grup Danone, namun di Indonesia, Trust lebih dari sekedar kompetisi. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk generasi muda dan bentuk dukungan kami kepada bidang pendidikan di Indonesia, melalui kerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia," kata Rudolf Saut, VP HR Danone Aqua yang menjadi Country Leader Trust 2012 Indonesia. 

...dst

18 ) Mahasiswa Surabaya ciptakan pengunci pintu otomatis

Kamis, 19 Januari 2012 23:33 WIB 
Surabaya  - Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer atau STIKOM Surabaya, Aloysius Alfa Adji Putra (23), menciptakan pengunci pintu otomatis untuk mendukung program "Nol Menit" bagi kedisiplinan mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. "Mahasiswa sering terlambat masuk kuliah, tapi kunci pintu ruang kuliah dipegang dosen, sehingga mahasiswa yang datang terlambat masih sering diizinkan masuk, karena dosen tidak tega," katanya di sela `Media Gathering` di kampus setempat, Kamis.
Alat rancangan mahasiswa program studi Sistem Komputer (SK) itu menarik perhatian Ketua STIKOM Surabaya Prof Dr Budi Jatmiko MPd. "Ke depan, alat itu dapat diterapkan di STIKOM, tapi sekarang masih baru, karena hasil karya TA (tugas akhir) mahasiswa," katanya.

...dst

19 ) Pendiri Jurusan Teater STSI Dapat FTI Award

Kamis, 19 Januari 2012 10:28 wib
BANDUNG - Federasi Teater Indonesia (FTI) kembali menyelenggarakan acara tahunan utamanya, yaitu 'Anugerah FTI' atau FTI Award. Kali ini anugerah akan diberikan kepada pendiri Jurusan Teater di Sekolah Tinggi Ilmu Seni Indonesia (STSI) Bandung, Saini KM. Selain memprakarsai pendirian Jurusan Teater di sekolah yang dulunya bernama Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), Saini KM juga berkontribusi penting dalam perteateran nasional. Dia konsisten menjalankan profesinya selama 40 tahun. Karyanya telah dipentaskan di dalam dan luar negeri. 

...dst

20 ) Dana Penelitian untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Kamis, 19 Januari 2012 | 18:41 WIB
JAKARTA, — Masih kurangnya data mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia mendorong Pepsodent dari PT Unilever Indonesia Tbk memberikan dana penelitian kepada 14 fakultas kedokteran gigi di 10 kota di Indonesia dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Padahal, data terkini mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk menyusun rencana strategis sebagai acuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik. Dana penelitian diberikan kepada Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Prof Dr. Moestopo, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hangtuah Surabaya, Universitas Mahasaraswati, Universitas Baiturrahmah, Universitas Jember, Universitas Airlangga, dan Universitas Sam Ratulangi.

...dst

21 ) Peneliti, Pemerintah & Industri Belum Sinkron

Kamis, 19 Januari 2012 13:59 wib
BANDUNG - Penelitian di Indonesia masih belum sinkron dengan pemerintah maupun industri. Sehingga banyak peneliti yang asyik dengan penelitiannya, namun hasilnya tidak sampai kepada masyarakat. Deputi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bidang Pengembangan Sistem Iptek Nasional, Amin Soebandrio, mengungkapkan tiga helix atau elemen di masyarakat (akademisi, industri, dan institusi pemerintah) tersebut perlu interaksi yang intensif. Sehingga, satu sama lain saling membutuhkan dan melengkapi. Amin mengakui, selama ini ketiga helix tersebut terkesan berjalan sendiri-sendiri."Peran peneliti sangat penting, tapi perlu didukung industri dan dukungan legislator (pemerintah)," kata Amin dalam jumpa pers The 10th Triple Helix Conference di ITB, Bandung, Kamis (19/1/2012).

...dst

22 ) Kendaraan Berbahan Bakar Air dari USU

Kamis, 19 Januari 2012 10:03 wib
JAKARTA - Generasi muda Indonesia tidak berhenti melakukan inovasi. Kali ini hasil karya datang dari para peneliti muda dari Universitas Sumatera Utara (USU) yang menciptakan kendaraan berbahan bakar air. Para mahasiswa semester tujuh jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) USU ini membuat kendaraan yang 100 persen bahan bakarnya adalah air. Kendaraan ini digerakkan dengan pembakaran gas hidrogen yang dihasilkan dari pemisahan molekul air (H2O).

...dst

23 ) PENS Biayai Mahasiswa Miskin

Kamis, 19 Januari 2012 09:56 wib
SURABAYA – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) resmi memisahkan diri dari Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Guna membuktikan eksistensinya, mulai tahun ini PENS siap membiayai 150 mahasiswa miskin. Rencananya dari 720 mahasiswa yang akan diterima tahun ini, PENS memastikan biaya 150 mahasiswa ditanggung alias gratis. Karena mereka dimasukkan ke dalam program beasiswa Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi (Bidik Misi) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

...dst

24 ) ITB Diminta Bantu Pengembangan Produk SMK

Kamis, 19/01/2012 - 14:52
BANDUNG, .- Institut Teknologi Bandung diminta oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk ikut mendampingi SMK dalam mengembangkan produknya. Fokus pertama terutama ditujukan terhadap mobil Kiat Esemka yang dihasilkan oleh siswa SMK di Kota Solo. "ITB sudah diminta oleh Dikti untuk mendampingi. Kita memang harus memperkuat, kita juga sangat mendukung. SMK sudah bisa menghasilkan dan itu harus didukung," kata Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni ITB Prof. Hasanuddin Z. Abidin saat ditemui di Lounge ITB84 Rektorat ITB, Jln. Tamansari Bandung, Kamis (19/1). Menurut Hasanuddin, permintaan ini disampaikan oleh Dikti agar keberadaan produk SMK ini bisa berlanjut. Jangan sampai momennya hilang karena tidak didukung oleh banyak pihak. "Ini sudah bagus sekali dan perlu terus didorong. Untuk sekarang mungkin baru mobil yang kita bantu. Ke depan satu per satu produk SMK kita bantu juga. Karena yang memintanya Dikti, jadi lingkupnya Indonesia," ujarnya.

...dst

25 ) Belajar Gratis di India, Mau?

Kamis, 19 Januari 2012 11:32 wib
JAKARTA - Pemerintah India melalui Indian Council for Cultural Relations (ICCR) memberikan beasiswa penuh untuk jenjang S-1 hingga S-3. Program beasiswa General Cultural Scholarship Scheme (GCSS) ini ditujukan kepada mahasiswa dan peneliti Indonesia yang berminat dalam bidang seni, arsitektur, sastra, perdagangan, farmasi, sains, dan agrikultur. Penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas biaya pendidikan, biaya hidup bulanan, dan biaya kebutuhan lain. Fasilitas lainnya adalah biaya penelitian tahunan, akomodasi, asuransi kesehatan, dan biaya study tour. Namun, biaya transportasi dari dan ke India tidak ditanggung. 

...dst

26 ) MenPAN: Jabatan Wamen Dipilih Berdasarkan Kepentingan Politik

Kamis, 19/01/2012 18:39 WIB
Jakarta - Jabatan wakil menteri (Wamen) digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satu alasannya jabatan itu dinilai bertentangan dengan UUD 1945. Posisi Wamen dinilai tidak jelas dalam struktur kementerian. Nah, soal posisi Wamen ini, MenPAN Azwar Abubakar pun mengamini kalau jabatan itu sepenuhnya berdasarkan kepentingan politik. "Jadi begini, dipilih itu berdasarkan kepentingan politik, sumbernya non politik, ya enggak apa-apalah. Sumber non politik, dipilih berdasarkan kepentingan politik, ya enggak apa-apalah," jelas Azwar di PRJ Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/1/2012). Menurut Azwar, sebenarnya, keberadaan Wamen itu membantu tugas para menteri. Seorang Wamen dari segi fungsional pun jelas berbeda tugasnya dengan seorang Sekjen.

...dst

27 ) Mahasiswa Demo Tolak Konversi Kebun Teh Jadi Lahan Sawit

Kamis, 19/01/2012 16:49 WIB
Medan - Puluhan mahasiswa dari sejumlah kampus di Pematang Siantar dan Simalungun, menggelar aksi unjukrasa di gedung DPRD Sumatera Utara (Sumut), Kamis (19/1/2012) siang. Dalam aksinya, mahasiswa bertelanjang dada dan melukis tubuhnya dengan cat putih sebagai bentuk penolakan atas rencana PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 4 mengkonversi lahan teh di Simalungun menjadi sawit. Aksi sekitar 70 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pemuda Siantar (Himapsi) ini berlangsung tertib. Mahasiswa bernyanyi dan menggelar orasi di depan pintu masuk gedung dewan.

...dst

28 ) 1.000 Mahasiswa Iran Pindah Jurusan ke Fisika Nuklir 

Rabu, 18 Januari 2012 12:05 wib
TEHERAN - Lima hari setelah seorang ilmuwan nuklir di Iran dibunuh, lebih dari 1.000 mahasiswa di Universitas Teheran mengumumkan niat mereka untuk pindah jurusan ke fisika nuklir. Seorang pejabat di fasilitas Natanz nuklir, Mostafa Ahmadi Roshan, tewas ketika penyerang sepeda motor memasang sebuah bom magnetik ke mobilnya dan melarikan diri sebelum ledakan. Iran terus mengejar 'hak' mereka atas 'energi nuklir damai', meski itu berarti menghadapi oposisi Amerika Serikat (AS) dan negara barat lainnya. "Sejumlah mahasiswa di Universitas Teknologi Sharif telah mengumumkan kesiapan mereka untuk bekerja di industri nuklir," kata seorang pejabat di Universitas Teheran Mehrdad Bazrpash kepada Tehran Times seperti disitat The Daily Caller, Rabu (18/1/2012).

...dst 

29 ) Sanksi minyak Iran akan pengaruhi ekonomi dunia

Kamis, 19 Januari 2012 15:20 WI
Kuala Lumpur - Pengenaan sanksi kepada minyak Iran akan membuat banyak masalah dan akan mempengaruhi ekonomi dunia, kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Marty M. Natalegawa di Kuala Lumpur, Rabu. Menlu Marty membuat pernyataan itu dalam satu wawancara dengan IRNA pada sela-sela Konferensi Internasional tentang Gerakan Global Moderat di Kuala Lumpur. Lebih lanjut ia mengutuk pembunuhan seorang ilmuwan nuklir Iran dan menyatakan belasungkawa kepada bangsa dan pemerintah Iran, "Masalah Iran bisa diselesaikan melalui perundingan." "Iran dan Indonesia memiliki potensi yang baik untuk kerja sama bilateral dan sementara itu, selain dalam rangka Gerakan Non Blok (GNB) dan Organisasi Kerja sama Islam (OKI)," kata dia menggarisbawahi.

...dst

30 ) Blackout Wikipedia Tebar Kepanikan Siswa 

Rabu, 18 Januari 2012 15:51 wib
SEORANG pelajar di Amerika Serikat (AS) menulis di akun Twitter-nya, "Oh TIDAK! Wikipedia ditutup. BAGAIMANA AKU AKAN MENGERJAKAN TUGAS?" Situs Wikipedia ditutup selama 24 jam sejak Rabu (18/1/2012) dini hari sebagai protes online terhadap rancangan undang-undang kontroversial yang dikenal sebagai Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA). Tak ayal, penutupan situs Wikipedia dalam bahasa Inggris ini pun menebar kepanikan di kalangan pelajar dan mahasiswa. Pasalnya, sebagian besar pelajar dan mahasiswa memang mengandalkan Wikipedia sebagai rujukan dalam mengerjakan tugas mereka. Ruang pada Twitter yang terbatas pada 140 karakter saja pun penuh dengan sumpah serapah dan ratapan penutupan Wikipedia tersebut. Demikian seperti dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (18/1/2012).

...dst 

31 ) Guru Jujur Kaget Lihat Tabungan Berisi Miliaran Dolar

Kamis, 19/01/2012 13:27 WIB
Seorang guru di India kaget bukan kepalang saat memeriksa buku rekening banknya lewat internet. Parijat Saha, nama guru itu, awalnya memperkirakan jumlah tabungannya paling banyak hanya US$ 200 atau sekitar Rp 1,8 juta. Namun apa yang dilihat Saha membuatnya sangat kaget karena di dalam rekeningnya tertera angka US$ 9,8 miliar atau hampir mencapai Rp 90 triliun."Minggu malam, saya memeriksa tabungan saya melaui internet. Saya hanya berharap jumlah uang tak lebih dari US$ 200," kata Saha yang tinggal di kota Balurghat kepada BBC. Karena tidak percaya maka Saha kembali mengecek rekeningnya di mesin ATM terdekat. Hasilnya, sama saja. Saha kini adalah seorang miliarder.

...dst

Tidak ada komentar: