Cari Blog Ini

Minggu, Januari 01, 2012

Edukasi

1 ) SBY: 2012, Rakyat Tak Butuh Kegaduhan Politik 

MINGGU, 01 JANUARI 2012 | 00:24 WIB
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta secara khusus kepada para politikus dan elite politik untuk menjaga stabilitas politik dan mencegah kompetisi politik lebih dari kepatutannya pada tahun 2012. Walau dirinya menyadari semakin mendekati pemilu di 2014, suhu politik pasti menghangat. Pertentangan, kompetisi, konflik, atau koalisi, bisa saja terjadi pada 2012. "Tahun 2012 akan mendekati pemilu, sangat wajar jika suhu politik makin menghangat," kata SBY di auditorium lantai 1 gedung Medical Check Up Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.  Apalagi, kata SBY, demokrasi tidak harus disertai dengan kegaduhan, perpecahan, dan konflik berlebihan. "Rakyat tidak menginginkan perpecahan dan kegaduhan berlebihan," kata dia.

...dst

2 ) Budaya Menanam Masuk Kurikulum Sekolah

Minggu, 1 Januari 2012 | 12:00 WIB
Budaya menanam pohon akan diperkenalkan sejak dini kepada siswa sekolah dengan memasukannya dalam kurikulum sekolah sebagai salah satu upaya mendukung upaya rehabilitasi dan konservasi hutan dan lahan. Hal itu dikatakan Direktur Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kementerian Kehutanan, Billy Hindra, Minggu (1/1/2012). Billy mengungkapkan, budaya menanam akan disisipkan baik dalam kegiatan kurikuler mau pun ekstra kurikuler. Menurutnya, memasukkan bidaya menanam pohon dalam kurikulum baik silabus maupun mata pelajaran merupakan salah satu poin penting dalam kesepahaman antara Kementerian Kehutanan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

...dst

3 ) Situation Room, Fasilitas Baru di Kemendikbud

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh meresmikan Situation Room Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), siang ini. Ruang berfasilitas teleconference ini terletak di lantai 2 Gedung A Kemendikbud, bersebelahan dengan ruang rapat menteri. Dalam peresmian tersebut, Mendikbud menguji coba fasilitas konferensi jarak jauh dengan berbincang dengan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Triyogi."Coba ya, kita tes dulu jaringan teleconference ini jalan atau enggak. Bagaimana di ITS sana?" ujar Nuh saat melakukan pengujian, Jumat (30/12/2011). Pertanyaan Mendikbud tersebut disambut Rektor ITS yang didampingi jajaran pimpinan ITS. "Alhamdulillah suara jelas, gambar juga jelas Pak," kata Triyogi. Dalam kesempatan itu, Rektor ITS menyampaikan laporan akhir tahun kampusnya secara ringkas.

...dst

4 ) Jadi Irjen Kemendikbud, Haryono Janji Tak Bocorkan Kasus di KPK

Minggu, 01/01/2012 06:00 WIB
Jakarta - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar diangkat menjadi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selama bertugas, Haryono berjanji tak akan membocorkan kasus-kasus yang sedang dibidik KPK. Sebaliknya, dia malah akan bekerjasama untuk membasmi korupsi."Nggak mungkin itu (dibocorkan). Saya tetap pegang walau sampai kapan pun saya tetap seperti selama ini. Malah kita akan kerjasama untuk berantas korupsinya," kata Haryono saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (31/12/2011). Sekadar informasi, saat ini KPK tengah mengusut kasus dugaan korupsi di lima universitas yang berkaitan dengan mantan bendahara umum Partai Demokrat M Nazaruddin. Disebut-sebut ada kaitan kasus ini dengan pejabat Kemendikbud. 

...dst

5 ) Haryono Umar Kawal Pencegahan Korupsi di Kemendikbud

Mantan wakil ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) bidang pencegahan Haryono Umar memiliki tugas baru. Dia kini menjabat sebagai Plt Inspektur Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud). Dia diberi tugas untuk mengawal pencegahan korupsi di institus berslogan Tut Wuri Handayani itu. Pengangkatan Haryono Umar ini disampaikan langsung Mendikbud Mohammad Nuh. Menteri asal Surabaya itu mengatakan, penunjukan Haryono sebagai Plt Irjen Kemendibud ini bukan untuk mengintervensi kasus-kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan pegawai di institusinya. "Peran pak Haryono ini lebih bersifat preventif. Jangan sampai ada pegawai yang terpelset TPK (tindak pidana korupsi, Red)," ujar Nuh. 

...dst

6 ) "Kado" ITB, Sindiran atau Kritikan  

Sunday, 01 January 2012
"Kado" yang diterima Presiden Mahasiswa ITB Tizar Bijaksana dalam aksi solidaritas Sondang Hutagalung merupakan sesuatu yang tidak biasa. Kalangan mahasiswa yang beraksi menilai ITB sudah tak berpihak pada rakyat, namun ITB menganggap "kado" itu sebagai sebuah kritik.  SIANG itu,Rabu (14/12), di depan pintu gerbang kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganeca,Kota Bandung, ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menggelar aksi teatrikal.Aksi itu bertujuan menggalang solidaritas terhadap Sondang Hutagalung, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno (UBK) yang membakar dirinya hingga tewas di depan Istana Negara. Aksi bunuh diri itu dijadikan simbol perlawanan mahasiswa terhadap berbagai pelanggaran HAM yang makin marak di Indonesia.  

...dst

7 ) Menurunnya Aksi Pro Rakyat oleh Mahasiswa

Minggu, 01 Januari 2012 11:41 wib
INSIDEN celana dalam dan pembalut wanita untuk Institut Teknologi Bandung (ITB) boleh jadi merupakan hal paling langka yang membuat geger dunia pergerakan mahasiswa di Bandung. Pembalut dan celana dalam wanita untuk ketua DPRD, kepala kejaksaan, atau pejabat korup, mungkin sudah biasa. Tapi, pembalut dan celana dalam ini dari mahasiswa untuk mahasiswa. Ada apa dengan pergerakan mahasiswa? Ada apa dengan ITB? "Pergerakan mahasiswa sekarang sudah surut,"ujar aktivis tahun 80-an yang juga Ketua Forum Aktivis Bandung Radar Tri Baskoro. Menurut dia, kebanyakan mahasiswa zaman sekarang kurang peduli dengan masalah di sekitarnya, tidak sensitif terhadap nasib si miskin, cuek dengan petani dan buruh.

...dst

8 ) Pledoi Sang Presiden

Minggu, 01 Januari 2012 10:37 wib
PRESIDEN  Mahasiswa ITB Tizar Bijaksana mengaku tidak ambil pusing dengan hadiah celana dalam dan pembalut wanita. Dia menganggapnya sebagai suatu kritik. "Kami tidak memusingkan pemberian kado tersebut, meski kami menilai metode itu tidak sopan dan tidak baik," ungkapnya. Dia menceritakan, beberapa hari sebelum unjuk rasa, beberapa penggagas aksi datang mengajak, namun dia dan rekan- rekannya mempertanyakan kejelasan aksi tersebut. Akhirnya mahasiswa ITB memutuskan tidak bergabung, karena hingga demonstrasi digelar pun gerakan itu masih dianggap tidak jelas. "Kami tanya gerakannya seperti apa dan tindak lanjutnya bagaimana, itu belum bisa mereka jawab, hingga aksi dilakukan, arah gerakan masih mengambang," jelas Tizar. 

...dst

9 ) Tim Transisi UI Mulai Bekerja 2 Januari

Tim Transisi UI yang telah terbentuk akan mulai bekerja pada 2 Januari mendatang. Susunan tim yang dibentuk untuk menyelesaikan masalah internal UI tersebut sudah lengkap. Ini setelah Jumat (30/12) kemarin bertambah lagi dua orang dari perwakilan mahasiswa dan Dewan Guru Besar. "Rencananya 2 Januari nanti saya akan undang tim khusus tersebut untuk silaturahim sekaligus mulai bekerja," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh. Sebelumnya, hingga batas waktu yang ditentukan pada Kamis (29/12) sore, baru empat nama yang diserahkan ke Nuh. Keempatnya yakni Anwar Nasution (perwakilan MWA), Mohammad Nasikin (perwakilan Eksekutif), dan Tommy Ilyas (perwakilan Dewan Audit), dan Wawan Kusnawan (perwakilan karyawan).

...dst

10 ) Preseden Buruk, Jatuhkan Rektor di Tengah Jalan

Bila ada penyelewengan, serahkan saja kepada pihak yang berwenang. Lembaga pendidikan jelas bukan lembaga politik. Karena itu upaya menjatuhkan rektor di tengah jalan sangat bertolak belakang dengan semangat pendidikan dan akan menjadi presiden buruk. Pernyataan itu dikemukakan Wakil Ketua Komisi X, Rully Chairul Azwar kepada Jurnalparlemen.com, Selasa (27/12), merespons konflik di Universitas Indonesia yang akhirnya berujung damai. "Sekali menjatuhkan rektor terjadi, selanjutnya kejadian berikutnya pasti menyusul dan akan terjadi lagi," kata Rully. 

...dst

11 ) UMY Hendak Kembangkan Padi Basmati  

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalin kerja sama pengembangan Padi Basmati dengan perusahaan asal Arab Saudi Alwyni International Capital (AIC) di Yogyakarta. Ketua tim peneliti dari UMY, Agus Nugroho Setiawan, menuturkan Padi Basmati merupakan varietas unggulan konsumsi masyarakat Timur Tengah. "Di Timur Tengah, Basmati menjadi makanan pokok kedua setelah gandum," kata dia seusai penandatanganan kerja sama, Kamis 29 Desember 2011. "Permintaan terhadap beras Basmati ke luar negeri selama ini tinggi karena memiliki aroma wangi dan tekstur sangat halus."

...dst

12 ) Jenazah dr Andrias Sudah Diotopsi di Kenya, Segera Dipulangkan ke RI

Jenazah Andrias Karel Melkianus Keiluhu yang tertembak di Somalia, saat ini masih berada di ruang jenazah Rumah Sakit Umum Nairobi di Nairobi, Kenya. Pihak berwajib sudah melakukan proses otopsi, namun belum memberikan informasi hasil otopsi kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Nairobi. Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Nairobi, T Wisnu Mahendra Kusuma menyatakan, pihaknya terus memantau perkembangan terkait penanganan dan rencana pengembalian jenazah ke Tanah Air. Seorang staf ditempatkan untuk membantu percepatan proses-proses tersebut. "Dokter berwenang sudah melakukan otopsi terhadap jenazah tadi malam. Namun sampai saat ini belum ada keterangan resmi yang bisa kita peroleh," tukas Wisnu Mahendra Kusuma kepada detikcom melalui email, Sabtu (31/12/2011) sore waktu Nairobi.

...dst

13 ) Konglomerat RI Sumbang US$ 30 juta untuk Universitas Singapura

Bos Grup Mayapada, Tahir, memberi sumbangan untuk National University of Singapore (NUS). Tidak tanggung-tanggung, uang yang ia sumbangkan sebanyak US$ 30 juta. Wow! Kabar ini dilansir oleh The Sunday Times, Minggu (1/1/2012). Bagi NUS, angka tersebut adalah sumbangan terbesar yang pernah diberikan oleh seorang alumnus internasional. Namun, pria berusia 59 tahun itu enggan berkomentar banyak perihal jumlah uang yang baru saja disumbangkan. "Ada banyak orang yang lebih kaya dari saya. Ini bukan tentang berapa banyak mobil yang Anda miliki atau seberapa seberapa kaya Anda. Itu tidak penting," kata Tahir yang juga menantu bos grup Lippo, Muchtar Riady.

Tidak ada komentar: