Cari Blog Ini

Senin, Maret 05, 2012

Berita Edukasi 27 Feb - 5 Maret

1 ) UGM dan Kanada-AS riset hapus subsidi BBM
http://www.antaranews.com/berita/299760/ugm-dan-kanada-as-riset-hapus-subsidi-bbm

Minggu, 4 Maret 2012 16:09 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Tim Peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan The Economy and Environmental Programs for South East Asia (EEPSEA), Kanada, dan Amerika Serikat (AS) mengadakan riset eksperimen terkait penghapusan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dari sudut pandang rumah tangga. "Tujuan penelitian ini adalah mengetahui respon masyarakat secara langsung terkait masalah penghapusan BBM bersubsidi. Karena sejauh ini pemerintah belum bertanya langsung kepada mayarakat," kata Ketua Tim Peneliti dari Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Dr. Rimawan Pradiptyo, dalam rilis yang diterima ANTARA News, Minggu. Menurut Rimawan, hasil paling menarik dari eksperimen tersebut, yaitu kelompok yang tidak memiliki kendaraan lebih memilih opsi penghapusan BBM bersubsidi secara langsung, sedangkan kelompok yang memiliki mobil memilih penghapusan secara bertahap.

...dst

2 ) Tidak Terima Disebut Melunak
Mengatrol Rangking Indonesia 64 ke 12 Dunia
http://www.jpnn.com/read/2012/03/05/119510/Tidak-Terima-Disebut-Melunak-

Senin, 05 Maret 2012 , 07:39:00
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak terima jika aturan publikasi ilmiah dinilai kendur. Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, aturan publikasi ilmiah bagi mahasiswa tetap berjalan sesuai serat edaran yang sudah diterbitkan.Menurut mantan rektor ITB tersebut, menegaskan surat edaran bernomor 152/E/T/2012 yang mengatur tentang ketentuan publikasi ilmiah belum dicabut. Sehingga, aturan keharusan mempublikasikan karya ilmiah di jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan tetap berjalan untuk kelulusan setelah Agustus depan. Dalam surat tersebut dinyatakan jika mahasiswa S1 harus mempublikasikan karya ilmiah di semua jurnal ilmiah yang ada. Baik di kampus sendiri, maupun di tempat lain. Tanpa ada ketentuan akreditasi jurnal. Selanjutnya untuk jenjang S2, wajib menulis di jurnal ilmiah nasional dan diutaman yang telah terakreditas Ditjen Dikti Kemendikbud. Lalu untuk strata S3, mahasiswa yang mau lulus wajib menulis di jurnal ilmiah internasional.Terkait sikap keberatan yang muncul dari beberapa pihak, Djoko mengatakan biarkan merema berpandangan lain. "Kita tetap berpendapat karya ilmiah bagi mahasiswa itu penting," kata dia.

...dst

3 ) Laporan Plagiat Belum Diterima Kemdikbud
Penjiplakan Seharusnya Bisa Diketahui Lebih Cepat
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/05/02244070/laporan.plagiat.belum.diterima.kemdikbud.

Senin, 05 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Laporan kasus plagiat oleh tiga dosen calon guru besar Universitas Pendidikan Indonesia belum diterima Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bentuk sanksi yang akan diberikan pihak rektorat kepada ketiga dosen juga belum diketahui. "Kami belum menerima surat, termasuk soal tindak lanjutnya," kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso ketika dihubungi di Jakarta, Minggu (4/3)...cut...Pada awal Januari, Ditjen Dikti mengirim surat edaran nomor 24/E/T/2012 tertanggal 4 Januari 2012 yang ditandatangani Dirjen Djoko Santoso. PTN dan koordinator perguruan tinggi swasta yang tak serius memvalidasi karya ilmiah atau menindaklanjuti dugaan pelanggaran tak akan dilayani usulan kenaikan pangkat maupun jabatan dosen. Pada surat edaran tersebut, 21 perguruan tinggi mendapat teguran.

...dst

4 ) Sebutkan Sumber untuk Menghidari Plagiat
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179308

Minggu, 04/03/2012 - 13:49
BANDUNG, (PRLM).- Gelar atau titel akademik yang masih lebih dipandang dan dihargai ketimbang ilmu itu sendiri membuat akademisi mengambil jalan pintas dengan melakukan aksi plagiarisme. Padahal sebenarnya untuk menghindari plagiat cukup simpel, hanya dengan mencantumkan sumber maka seseorang terhindar dari tuduhan jiplak menjiplak."Iya sebetulnya sangat simpel. Hanya dengan mencantumkan nama penulis aslinya. Sebab sebuah karya itu harus original, dan semua hak kekayaan intelektual harus dihargai. Dengan menjiplak tanpa menyebutkan sumbernya maka itu adalah pelanggaran," kata Dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yang juga Kepala Unit Pelaksana Teknis Hak Kekayaan Intelektual Unpad, Miranda Risang Ayu saat dihubungi, Minggu (4/3). Miranda menjelaskan, ada dua UU terkait plagiarisme ini. Pertama UU Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dan yang kedua adalah UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam UU ini, kejahatan akademik tersebut disebut dengan istilah pelanggaran hak moral.

...dst

5 ) Nilai Jelek, Jabatan PNS Akan Dicopot 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474970/

Monday, 05 March 2012
JAKARTA– Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) akan mela kukan penilaian dan pemeringkatan pelayanan publik. Hal ini untuk meningkatkan kompetensi pegawai negeri sipil (PNS). Menpan dan RB Azwar Abubakar mengatakan, sebanyak 600 instansi pemerintah di seluruh kabupaten kota, provinsi, kementerian, dan lembaga akan dinilai dan diperingkat oleh pelayanan publiknya. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mendorong pelayanan publik di seluruh instansi pemerintah untuk berkompetisi dalam meningkatkan pelayanan, baik kepada masyarakat maupun pelayanan perizinan bagi dunia usaha. Menurut dia, para aparatur negara ini akan dinilai dengan beberapa subsektor yaitu sektor perizinan, pelayanan terpadu satu pintu, pembatasan waktu pengurusan izin, transparansi biaya, dan syarat perizinan." Mereka dituntut untuk berinovasi. Di antaranya inovasi kreatif, strategis, produktif, dan inovasi berkelanjutan," katanya di Gedung Kemenpan dan RB. 

...dst

6 ) Suka Ngopi Perkecil Risiko Diabetes, Kanker, Jantung, dan Obesitas
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/04/303037/293/14/-Suka-Ngopi-Perkecil-Risiko-Diabetes-Kanker-Jantung-dan-Obesitas

Minggu, 04 Maret 2012 23:38 WIB   
JAKARTA--MICOM: Anggapan bahwa kopi adalah biang keladi berbagai serangan penyakit dibantah studi yang dilakukan German Institute of Human Nutrition Potsdam-Rehbruecke. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition itu mengungkapkan, konsumsi rutin kopi dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, kanker, dan jantung, serta obesitas. Penelitian terhadap 42 ribu orang dewasa tanpa penyakit serius selama sembilan tahun. Setiap dua atau tiga tahun sekali, responden dipantau apakah terkena gejala penyakit-penyakit itu. Studi menemukan, peminum kopi ataupun bukan, sama-sama cenderung mengalami satu dari penyakit itu. Studi ini juga mengungkap, konsumen kopi juga lebih sedikit menderita diabetes tipe 2, yang terkait dengan kebutuhan insulin tambahan dan obesitas, dibandingkan nonkonsumen kopi. Mereka yang mengonsumsi empat cangkir per hari, hanya 3,2 persen yang dilaporkan mengalami diabetes. Sementara mereka todak mengopi, 3,6 persen mendapat penyakit gula itu.

...dst

7 ) Swiss beri prioritas kuliah mahasiswa Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/299831/swiss-beri-prioritas-kuliah-mahasiswa-indonesia

Senin, 5 Maret 2012 06:04 WIB
London (ANTARA News) - Swiss memberikan peluang bagi mahasiswa Indonesia yang ingin menuntut ilmu dan melakukan riset untuk menyelesaikan pendidikan tingkat S-2 dan S-3 nya di salah satu negara terkaya di dunia yang hanya berpenduduk 7,9 juta ini. Peluang emas bagi mahasiswa Indonesia itu disampaikan staff Pensosbud KBRI Bern, Budiman Wiriakusumah kepada ANTARA London, Senin. Sejak dimasukannya Indonesia kedalam list negara yang menjadi prioritas Swiss membuat kesempatan emas ini terbuka lebar lebar bagi mahasiswa Indonesia untuk melakukan riset dan menyelesaikan pendidikan tingkat S-2 dan S-3 nya.

...dst

8 ) Unika Kembangkan Konsep Service Learning 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474849/

Monday, 05 March 2012
SEMARANG – Rektor Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata Prof Budi Widianarko menyebutkan, kampusnya akan menggunakan metode perkuliahan dengan konsep service learning. Metode tersebut sudah jamak diterapkan di sejumlah perguruan tinggi luar negeri. "Konsep ini semacam kombinasi langkah akademis perkuliahan, pemberdayaan dan pengabdian masyarakat, dan pengembangan kepribadian. Bahkan, kalau bisa diperluas hingga aspek spiritualitas,"katanya, kemarin. Melaui konsep tersebut,kata dia, mahasiswa tidak sekadar disodori persoalan akademis, tapi juga masalah yang saat ini terjadi di lapisan masyarakat. Sehingga, mahasiswa mampu belajar banyak hal yang tidak didapatkannya dari perkuliahan rutin biasa.

...dst

9 ) Rektor Undip: Jangan Tergoda SMS Mencurigakan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/04/373/586667/rektor-undip-jangan-tergoda-sms-mencurigakan

Minggu, 04 Maret 2012 13:11 wib
JAKARTA - Kasus penipuan yang menimpa dua dosen Universitas Diponegoro (Undip) membuat Rektor Undip Sudharto P Hadi gerah. Rektor menjelaskan, sebenarnya pihaknya telah mengedarkan surat tentang maraknya penipuan yang  mencatut nama Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Surat yang disebar ke semua unit di lingkungan Undip itu merupakan langkah antisipatif agar semua staf tidak mudah tergoda SMS atau telepon seperti itu.

...dst

10 ) PGRI Sangkal Terjadi Penyuapan
Minta Pemerintah Hentikan UKA
http://www.jpnn.com/read/2012/03/05/119498/PGRI-Sangkal-Terjadi-Penyuapan-

Senin, 05 Maret 2012 , 05:05:00
JAKARTA - Kasus suap dalam praktek uji kompetensi akhir (UKA) guru calon peserta sertifikasi mendapat respon keras dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ogranisasi profesi guru tertua di republik ini mengatakan, guru bukan menyuap. Sebaliknya, mereka menjadi korban pemerasan.Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI Sulistyo mengatakan, mencuatnya praktek pemerasan ini, membuat pemerintah terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) wajib mengoreksi kebijakan ini. "Sejak awal, PGRI tegas keberatan dengan UKA ini," ucapnya. Ujian yang dilaksanakan 25 Februari lalu itu diikuti sekitar 285 ribu guru dan pengawas sekolah. Sementara kuota kelulusan hanya 250 ribu kursi.

...dst

11 ) Pemberian BOS SM Ditunda 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474968/

Monday, 05 March 2012
JAKARTA – Pemberian Bantuan Operasional Sekolah untuk Sekolah Menengah (BOS SM) ditunda karena masih ada sejumlah revisi yang harus dilakukan pemerintah pusat. Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad menyatakan, penundaan ini karena Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) yang belum kunjung selesai. Dia beralasan ada perubahan akun di mana awalnya dimasukkan dalam akun belanja barang, namun harus dikembalikan ke akun belanja sosial. 

...dst

12 ) Pendidikan Universal Menengah Dikejar
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/05/02273571/pendidikan.universal.menengah.dikejar

Senin, 05 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Pemerintah berkomitmen meningkatkan pendidikan hingga SMA sederajat lewat kebijakan pendidikan menengah universal. Tahun 2013, pendidikan menengah universal dicanangkan dengan biaya operasional sekolah hampir 90 persen ditanggung pemerintah pusat dan daerah. "Kami tidak menamakan wajib belajar 12 tahun, tetapi pendidikan menengah universal. Ini setelah mempertimbangkan bahwa anggota UNESCO juga tidak ada wajib belajar pendidikan menengah," kata Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Minggu (4/3).Oleh karena bukan wajib belajar 12 tahun/pendidikan menengah, pemerintah tetap membuka peluang kontribusi pembiayaan dari masyarakat. Namun, beban yang ditanggung masyarakat diperkecil. Saat ini, 28 persen lulusan SMP sederajat tak tertampung. Selain akses dan ketersediaan sekolah menengah, lulusan SMP sederajat juga terkendala biaya.

...dst

13 ) "Nyontek" jadi wabah di universitas Inggris
http://www.antaranews.com/berita/299731/nyontek-jadi-wabah-di-universitas-inggris

Minggu, 4 Maret 2012 08:34 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Jumlah mahasiswa yang tertangkap tangan menyontek meningkat pesat dalam tiga tahun terakhir di universitas-universitas top Inggris.Cara menyontek mereka adalah dengan  plagiarisme, membawa contekan ke kelas atau beli esay lewat internet.
Hampir 1.700 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi kena hukuman akademik periode 2010-2011. Data itu diungkapkan oleh Freedom of Information Act.Sekitar seratus mahasiswa bahkan dikeluarkan dari kampus. Praktik curang di kampus itu meliputi "copas" dari internet, menyelundupkan Hape saat ujian dan praktik joki serta menyalin jawaban dari rekan.
Di Universitas Oxford, seorang mahasiswa didenda 100 pound karena membawa contekan saat ujian. Tahun lalu, Cambridge mencopot salah satu kandidat PhD bidang sejarah karena "berbagai plagiarisme". "Penyalahgunaan akademik" menurut  Freedom of Information Act meliputi plagiarisme, esay yang dibeli, satu esai untuk beberapa tugas, serta praktik joki ujian.

...dst

Berita Edukasi 04 Maret 2012

1 ) Dosen UI Sabet Penghargaan Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/03/21281219/Dosen.UI.Sabet.Penghargaan.Internasional

Sabtu, 3 Maret 2012 | 21:28 WIB
DEPOK, KOMPAS.com -- Organisasi profesi insinyur elektroteknik dunia memberi penghargaan Most Inspiring Engineer Award kepada Riri Fitri Sari. Riri sehari-hari bekerja sebagai Direktur Pusat Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi Universitas Indonesia (UI). Penghargaan terhadap Riri diberikan setelah melalui seleksi perwakilan dari lima negara. Acara pemberian penghargaan itu digelar hari Sabtu (3/3/2012) di Kalkuta, India. "Terimakasih atas penghargaan ini. Semoga kita semua tetap bisa berkarya di padang bakti kita," tutur Riri kepada Kompas. Riri adalah salah satu perempuan yang memulai berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran bagi perempuan dalam bidang teknik rekayasa (engineering). Kalangan akademisi UI turut bangga dengan prestasi tersebut.

...dst

2 ) Peserta TOKI Bisa Masuk IPB Tanpa Tes
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/586294/peserta-toki-bisa-masuk-ipb-tanpa-tes

Sabtu, 03 Maret 2012 16:03 wib
JAKARTA - Para pelajar SMA yang meraih medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) dapat merasa tenang memikirkan tempat kuliah mereka kelak. Pasalnya, para pelajar berprestasi ini dapat menjadi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tanpa tes.Hal ini merupakan wujud apresiasi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yonny Koesmaryono terhadap para pelajar berprestasi tersebut. Yonny menyebutkan, peraih medali emas dalam OSN diperbolehkan menjadi mahasiswa IPB tanpa tes melalui jalur Prestasi Internasional Nasional (PIN)."Saya berharap siswa yang berbakat mau melanjutkan studi di IPB dan bekerja bersama-sama membangun negeri kita," kata Yonny seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Sabtu (3/3/2012). Tidak hanya itu, saat ini IPB tengah menjadi tuan rumah pembekalan tahap kedua bagi Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Mereka diberikan persiapan untuk menghadapi ajang internasional yang akan dihelat enam bulan mendatang.

...dst

3 ) Catut Nama Dikti, 2 Dosen Undip Tertipu Rp44 Juta
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/04/373/586665/catut-nama-dikti-2-dosen-undip-tertipu-rp44-juta

Minggu, 04 Maret 2012 11:16 wib
JAKARTA - Penipuan yang mencatut nama Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih marak. Terakhir, dua dosen Universitas Diponegoro (Undip) tertipu hingga merugi Rp44,5 juta. Kepala Humas Undip Agus Naryoso menjelaskan, pelaku penipuan mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada beberapa dosen Undip yang memberitahukan bahwa dosen tersebut mendapat tugas dari rektor untuk menghadiri seminar yang diselenggarakan Ditjen Dikti. Untuk meyakinkan sang korban, pelaku juga meminta agar dosen yang bersangkutan menghubungi nomor tertentu untuk mengonfirmasi kebenaran penugasan itu. Nomor yang mereka kirimkan disebut sebagai nomor Rektor Undip Sudharto P Hadi. "Dari sanalah aksi sang penipu mulai dilancarkan. Dengan mempengaruhi ketidaksadaran korban menggunakan hipnosis, penipu membujuk korban untuk mentransfer sejumlah uang melalui ATM ke rekening nomor tertentu," kata Agus seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada okezone, Minggu (4/3/2012).

...dst

4 ) Hilangnya Rasa Malu
Kriminalitas Akademik, Plagiarisme di Mana-mana
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179231

Sabtu, 03/03/2012 - 19:51
BANDUNG, (PRLM).-Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Barat yang juga rektor Universitas Pasundan Prof. Didi Turmudzi menduga, kasus plagiarisme bukan hanya terjadi di perguruan tinggi yang disebutkan dalam surat yang dikeluarkan oleh Dikti. Didi meyakini kasus-kasus serupa terjadi di semua perguruan tinggi, bukan hanya pada kandidat guru besar tetapi juga pada kalangan akademisi lainnya. "Rasa malu sudah tidak ada lagi, semua ingin jalan pintas. Saya kira kasus-kasus semacam ini bisa terjadi di semua perguruan tinggi," kata Didi, Sabtu (3/3/12) saat dimintai komentarnya terkait kasus plagiarisme yang menimpa tiga kandidat guru besar UPI dan disinyalir terjadi juga di 21 perguruan tinggi negeri dan di beberapa PTS lainnya di Indonesia. Didi mengatakan, semua ini terjadi akibat penyakit etika dan moral yang ambruk dan telah melanda semua kalangan. Akibatnya kriminalitas muncul bahkan di kalangan akademisi.

...dst

5 ) Dugaan Penjiplakan Karya Tulis
Senat Akademik UPI juga Harus Tanggung Jawab
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/04/373/586652/senat-akademik-upi-juga-harus-tanggung-jawab

Minggu, 04 Maret 2012 07:54 wib
BANDUNG – Sanksi yang diberikan kepada tiga doktor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang diduga melakukan penjiplakan memunculkan banyak reaksi. Salah satunya dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UPI Ali Mahfud.Menurutnya, sanksi penurunan pangkat dan jabatan menjadi ganjaran yang wajar, namun harus menjadi catatan akademik untuk doktor bersangkutan karena memperburuk citra UPI. "Saya tidak mempunyai kapasitas menilai pantas dan tidaknya sanksi itu. Hal tersebut tergantung pihak berwenang. Tapi, kalau secara pribadi karena kesalahan akademik, ya akademik juga harus disanksi," ujarnya, kemarin.

...dst

6 ) 30,6 Trilyun Untuk Tunjangan Guru Dan Dosen
http://www.kopertis6.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=624:306-trilyun-untuk-tunjangan-guru-dan-dosen&catid=47:news&Itemid=182

Friday, 02 March 2012 10:14
Bendan Nduwur – "Tahun 2012, anggaran sertifikasi Guru dan Dosen yang disediakan pemerintah sebesar 30,6 Trilyun Rupiah. Sungguh angka yang teramat besar. Hal ini menunjukkan, perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan Guru dan Dosen sungguh luar biasa".Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Tim Beban Kerja Dosen (BKD) Ditjen Dikti, Prof. Djoko Kustono, dalam acara Workshop BKD yang diselenggarakan Kopertis Wilayah VI (28/2), dengan materi yang disampaikan, yakni "Kebijakan Pasca Sertifikasi Dosen". Dia menegaskan, sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 14 tahun 2005, kesejahteraan dan kualitas merupakan dua aspek yang saling berkaitan. Kesejahteraan diberikan pemerintah dalam bentuk tunjangan profesi pendidik dan tunjangan kehormatan Guru Besar. Sedangkan terkait dengan kualitas, disiapkan dalam rangka menghadapi tantangan ipteks di era global.

...dst           

7 ) Pemkab Bandung Rangkul Australia dan Cina untuk Beasiswa Kuliah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179208

Sabtu, 03/03/2012 - 12:21
SOREANG,(PRLM).-Pemkab Bandung berupaya merangkul pemerintah Australia dan Cina untuk mendapatkan beasiswa kuliah bagi lulusan SMA/SMK. "Seminggu lalu sudah ada pertemuan dengan perwakilan pendidikan negara bagian Victoria, Australia, untuk menjajaki pengiriman siswa dan guru SMA/SMK ke Australia," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala (MK2) SMK, Carma Rahmat, di sela-sela pameran hasil karya siswa SMKN 2 Baleendah, Sabtu (3/3). Lebih jauh Carma mengatakan, penjajakan kerja sama dengan pemerintah Cina dilaksanakan pada Sabtu (3/3) di rumah Wakil Bupati Bandung H. Deden Rukman Rumaji. "Pertemuan dihadiri para kepala SMA dan SMK se-Kab. Bandung sehingga para kepala sekolah bisa menyiapkan guru maupun siswanya yang akan mendapatkan bantuan kuliah maupun studi banding ke Australia dan Cina," katanya.

...dst

8 ) Kemendikbud Perketat Pengawasan Gratifikasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/04/373/586651/kemendikbud-perketat-pengawasan-gratifikasi

Minggu, 04 Maret 2012 07:21 wib
JAKARTA – Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mewajibkan semua jajarannya untuk melaporkan seluruh gratifikasi yang diterima.Irjen Kemendikbud Haryono Umar menyatakan, Kemendikbud akan membentuk Unit Pengendali Gratifikasi. Nantinya semua jajaran Kemendikbud diwajibkan melapor gratifikasi ke unit tersebut, dengan berbagai kriteria pelaporan yang juga ditentukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan pimpinan KPK ini menjelaskan, unit-unit utama khususnya sekretariat jenderal (setjen), inspektorat jenderal (itjen), dan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud akan dijadikan zona integritas. (neneng zubaidah/koran si)(//rfa)

...dst

9 ) Penjaringan Bakal Calon Rektor UGM Jalan Terus
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179293

Minggu, 04/03/2012 - 10:56
YOGYAKARTA, (PRLM).- Penjaringan bakal calon (balon) rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) jalan terus meskipun sejumlah dosen dan perwakilan alumni menyoal batasan usia balon harus maksimum 60 tahun. Sampai Minggu (4/3), terdapat sepuluh bakal calon (balon) rektor UGM sudah mendaftar, di antaranya Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM Prof. Dr. Pratikno. Majelis Wali Amanat (MWA) UGM selaku penyelenggara tidak terpengaruh oleh gugatan sejumlah alumni dan dosen ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sebagai reaksi tidak setuju pembatasan usia rektor. Penjaringan terus dijalankan.Para peminat jabatan rektor UGM tampak tidak hanya dari internal UGM, dosen dari Universitas Indonesia (UI) dan para pejabat pusat di Departemen Pertanian, Departemen Pendidikan Nasional. Para pendaftar yang siap kompetesisi yaitu Prof. Dr. Pratikno (Rekan Fakultas Ilmu Sosial Politik UGM), Djagal Wiseso (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM), Prof. Zaenal Bacharudin (Direjen TPHT Departemen Pertanian), Prof. Hartono (Direktur Sekolah Pasca Sarjana UGM).

...dst

10 ) UPH Jadi Tuan Rumah Kompetisi Hukum Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/586316/uph-jadi-tuan-rumah-kompetisi-hukum-internasional

Sabtu, 03 Maret 2012 18:03 wib
JAKARTA - Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi tuan rumah the Asia Pacific Regional Round of the ELSA Moot Court Competition on World Trade Organization (WTO) Law yang diadakan the European Law Student's Association. Kegiatan yang dihelat hingga Selasa 6 Maret 2012, diikuti oleh sejumlah mahasiswa hukum dari mancanegara. Kegiatan ini merupakan kompetisi peradilan semu yang mensimulasi masalah hukum perdagangan. Berbagai negara yang turut berpartisipasi dalam kompetisi ini di antaranya, India, China, Selandia Baru, Vietnam, dan panelis yang merupakan pakar di bidang hukum WTO.

...dst

11 ) Cegah AIDS, Undip Gelar Kuliah E-Learning
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/586289/cegah-aids-undip-gelar-kuliah-e-learning

Sabtu, 03 Maret 2012 15:30 wib
JAKARTA - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengadakan kuliah dengan menggunakan teknologi e-learning berbasis video conference mengenai penanggulangan HIV-AIDS.Program besutan Universitas Indonesia (UI) dan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) tersebut dihadiri 200 peserta yang datang dari berbagai jurusan dan program studi di Undip. Mereka mendapatkan kuliah terkait substansi, pencegahan, dan penanggulangan HIV/AIDS bagi anak muda. Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip Tinuk Istiarti mengatakan, kuliah ini sengaja terbuka bagi mahasiswa lintas program studi. Sehingga mereka yang berasal dari luar FKM dapat mengikuti perkuliahan tersebut.

...dst

12 ) Universitas Bakrie Beroperasi di Bogor Tahun Depan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/04/302891/293/14/Universitas-Bakrie-Beroperasi-di-Bogor-Tahun-Depan

Minggu, 04 Maret 2012 05:18 WIB
BOGOR--MICOM: PT Bakrieland Development Tbk menargetkan pada 2013 Universitas Bakrie sudah mulai beroperasi di Bogor Nirwana Residence. "Pembanguan Universitas Bakrie di Bogor Nirwana Residence (BNR) terus digarap dan pada 2013 nanti seluruh mahasiswa sudah dapat berkuliah di Bogor," kata Direktur Pemasaran BNR Ujang Sumarna di Bogor, Sabtu (3/3). Ujang mengatakan, pembangunan Universitas Bakrie dilakukan beberapa tahap. Lahan kampus inti yang dibangun berada di atas tanah seluas 25 hektare.

...dst

13 ) Belajar Manajemen Bencana, Mahasiswa UMY ke Jepang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/03/0817119/Belajar.Manajemen.Bencana.Mahasiswa.UMY.ke.Jepang

Sabtu, 3 Maret 2012 | 08:17 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswi kelas internasional program studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Masyithoh Annisa Ramadhani, terpilih mengikuti "Japan Study Program" untuk belajar manajemen bencana di negara tersebut. Program ini diadakan Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Pengetahuan dan Teknologi (MEXT) Jepang. "Masyithoh akan mempelajari perkembangan teknologi dan manajemen bencana alam yang dimiliki Jepang," kata Kepala Biro Kerja Sama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Indira Prabasari di Yogyakarta, Sabtu (3/3/2012).

...dst

14 ) Jero Wacik Wanti-Wanti Mahasiswa Tak Plagiat
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/03/373/586567/jero-wacik-wanti-wanti-mahasiswa-tak-plagiat

Sabtu, 03 Maret 2012 17:48 wib
BANDUNG - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengisi Studium Generale bertema "Membangun Ketahanan Energi yang Kuat" di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (3/3/2012). Dalam kuliah umumnya itu, lulusan ITB 74 itu berlangsung cair. Bahkan pembicaraan terkadang mengalir ngalor ngidul, di luar konteks energi. Malah Wacik berpesan kepada ratusan civitas akademika ITB yang menghadiri supaya jangan melakukan plagiarisme (nyontek). "Kepada mahasiswa ITB, kalau bikin skripsi jangan nyontek. Lebih baik jelek hasil sendiri daripada bagus tapi hasil nyontek," kata Wacik, dalam orasi ilmiahnya.

...dst

15 ) Harga BBM Naik, KAMMI Siap Turun ke Jalan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/04/373/586664/harga-bbm-naik-kammi-siap-turun-ke-jalan

Minggu, 04 Maret 2012 10:07 wib
JAKARTA - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menolak rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Jika pemerintah masih meneruskan rencana tersebut, KAMMI pun siap turun ke jalan. Tidak main-main, rencana aksi ini disiapkan KAMMI dalam jaringannya di 33 provinsi. Humas Pengurus Pusat (PP) KAMMI Jusman Dalle menyatakan, jaringan KAMMI meliputi 66 Daerah dan 700 Kampus se Indonesia. Menurut Jusman, KAMMI akan menempuh semua cara hingga pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM. "Jika kenaikan harga BBM tetap diberlakukan, maka KAMMI menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boediono turun dari jabatannya karena kami anggap tidak mampu melaksanakan amanat rakyat," ujar Jusman seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada okezone, Minggu (4/3/2012).

...dst

16 ) Pencairan Dana BOS Dipastikan Molor
http://www.jpnn.com/read/2012/03/03/119420/Pencairan-Dana-BOS-Dipastikan-Molor-

Sabtu, 03 Maret 2012 , 20:16:00
PANGKALPINANG - Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sejatinya dikucurkan Januari hingga Maret untuk tahap 1 belum juga terealisasi. Namun hingga kini dana BOS untuk seluruh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan swasta serta PPS penyelenggara Wajar Diknas belum cair. Seperti diketahui, dana tersebut juga diperuntukkan penyelenggara Wajar Diknas di seluruh Indonesia yang sudah memiliki izin operasional dengan jenjang MI/PPSula setingkat SD dan MTs setingkat SMP belum bisa dicairkan. Meski demikian, masih ada waktu sebulan terhitung 1 Maret untuk pencairan BOS tahap 1.

...dst

17 ) Tahun Depan, Jakarta Siapkan Wajib Belajar 12 Tahun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/04/14005727/Tahun.Depan.Jakarta.Siapkan.Wajib.Belajar.12.Tahun

Minggu, 4 Maret 2012 | 14:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap melaksanakan program wajib belajar (wajar) 12 tahun. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat menghadiri peluncuran buku "Si Miskin (tidak lagi) Dilarang Sakit dan Sekolah", Minggu (4/3/2012), di Kecamatan Koja, Jakarta Utara.Fauzi mengatakan, program ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Ibu Kota. Secara matematis, DKI Jakarta siap memulainya pada 2013. "Kualitas pendidikan terus kita upayakan. (Tahuan) 2013, kita akan lakukan wajar 12 tahun," katanya.

...dst

18 ) Ilmuan Ajak Publik Cari Mahluk Luar Angkasa
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/03/01/83539/Ilmuan-Ajak-Publik-Cari-Mahluk-Luar-Angkasa/3

Sosbud / Kamis, 1 Maret 2012 13:09 WIB
Metrotvnews.com, Los Angeles: Sebuah website yang bertujuan melibatkan publik dalam pencarian mahluk luar angkasa telah diluncurkan. Berdasarkan pengumuman pada konferensi tentang teknologi, hiburan dan desain atau TED di Los Angeles, website itu akan menyiarkan frekuensi radio yang ditransmisikan dari teleskop Seti. Seti adalah akronim dari Search for Extraterrestrial Intelligence yang berarti pencarian mahluk cerdas dari luar angkasa.Data dari teleskop itu diharapkan dapat memberikan petunjuk-petunjuk baru mengenai kehidupan di luar bumi. Seti adalah tahap terbaru dalam upaya "memberdayakan mahluk bumi di mana saja untuk aktif berpartisipasi dalam pencarian teman satu semesta." Proyek tersebut dijalankan oleh Dr Jillian Tarter, pemenang TED Prize 2009 dan direktur dari Pusat Penelitian Seti. Ia mendedikasikan karirnya untuk mencari tanda-tanda mahluk hidup di luar planet Bumi.

...dst

Berita Edukasi 03 Maret 2012

1 ) Priyo: Logo ITS Digandrungi Perusahaan Rusia
http://news.detik.com/read/2012/03/03/075329/1856944/10/priyo-logo-its-digandrungi-perusahaan-rusia?n991103605

Sabtu, 03/03/2012 07:53 WIB
Jakarta Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso angkat bicara terkait logo perusahaan Rusia Inkom TehSnab yang sangat mirip dengan logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bagi Priyo, ini menunjukkan logo ITS populer di mancanegara."Harus dicari apakah motif ini kesengajaan, ingin nimbrung popularitas ITS, atau faktor ketidaksengajaan lainnya. itu harus diklarifikasi. Tapi apapun ini menunjukkan simbol ITS ini digandrungi perusahaan Rusia, ini menarik dan positif," kata Priyo kepada detikcom, Sabtu (3/3/2012).Namun Priyo mendorong agar Rektor ITS berupaya semaksimal mungkin mempertahankan logo tersebut. "Yah saya mendorong dan mendukung sepenuhnya ITS agar mempertahankan hak-hak paten yang harus dilindungi dan itu langkah terhormat yang kita semua mensupport sepenuhnya,"tegasnya. Sebelumnya diberitakan bahwa ITS dan perusahaan Rusia Inkom TehSnab memiliki logo yang sangat mirip, bahkan bisa dibilang kembar dengan perbedaan cuma berada dalam urusan warna. Jika logo ITS menggunakan warna biru agak kemudaan, 'kembarannya' memilih biru dongker.

...dst

2 ) Logo ITS Dijiplak
Rektor : Saya Berjuang Sampai Titik Darah Penghabisan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/586313/rektor-saya-berjuang-sampai-titik-darah-penghabisan

Jum'at, 02 Maret 2012 20:32 wib
SURABAYA - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Triyogi Yuwono tidak tinggal diam melihat adanya penjiplakan logo ITS oleh perusahaan Rusia. Triyogi menegaskan, akan berjuangkan hingga titik darah penghabisan demi membela kampus tersebut. Perusahaan bernama Inkom Tehsnab itu memiliki logo persis dengan ITS. Bingkai dari logo itu sama menggunakan bingkai persegi pajang dan sisi bagian bawah berbentuk setengah lingkaran. Bahkan gambar di dalam bingkai tersebut sama persis dengan milik ITS. Sementara tulisan di samping logo itu sama bertuliskan ITS. Bedanya, jika ITS bertuliskan Institut Teknologi Sepuluh Nopember maka milik perusahaan Rusia itu bertuliskan ITS disertai dengan bahasa Rusia. Selain itu komposisi warna logo tersebut juga berbeda. ITS menggunakan warna biru laut sedangkan logo milik perusahaan Rusia itu berwarna biru gelap. "Pokok'e iki logo ITS (Pokoknya ini logo ITS)," kata Triyogi dalam pesan singkatnya kepada okezone, Jumat (2/3/2012).

...dst

3 ) Perusahaan Rusia Tiru Logo ITS
http://www.jpnn.com/read/2012/03/03/119376/Perusahaan-Rusia-Tiru-Logo-ITS-

Sabtu, 03 Maret 2012 , 11:20:00
SURABAYA - Logo milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya diduga kuat dijiplak sebuah perusahaan asal Rusia. Perusahaan dengan nama Inkom TehSnab itu mencantumkan sebuah logo pada website-nya yang beralamat di http://www.1hydro.ru . Bentuk logo yang terdapat pada situs tersebut memang mirip. Yang membedakan hanya warna dasar dan singkatan. ITS akan menentukan langkah hukum untuk menyikapi persoalan itu. "Kami akan diskusikan lagi dengan bagian hukum di ITS. Juga ahli hukum dari luar," kata Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono pada wartawan, (2/3). Dia mengungkapkan, logo ITS yang asli pernah diusahakan untuk mendapatkan paten dari pemerintah. Tetapi, proses itu mandek hingga sekarang. Meski demikian, logo ITS telah tercantum pada statuta. Acuannya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2011 tentang Statuta ITS tertanggal 21 November 2011. Bentuk dan ukuran logo itu tertera pada pasal (5) ayat 8 dan 9. Pasal tersebut menjelaskan sangat detail, mulai tinggi huruf hingga ketebalan garis. "Logo itu sudah dipakai sejak zaman Pak Nuh (Mohammad Nuh, kini Mendikbud) menjadi rektor, sekitar tahun 2005," imbuhnya.

...dst

4 ) 20 PTN Diduga Lakukan Pelanggaran Akademik
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179134

Jumat, 02/03/2012 - 20:23
BANDUNG, (PRLM).- Selain Universitas Pendidikan Indonesia, diduga ada 20 perguruan tinggi negeri lainnya yang melakukan pelanggaran aturan norma akademik. Beberapa PTS di tujuh wilayah Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) pun diduga melakukan pelanggaran yang sama.
Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang ditandatangani Dirjen Dikti Djoko Santoso yang ditujukan kepada pimpinan perguruan tinggi negeri dan Koordinator Kopertis, terdapat 21 PTN di seluruh Indonesia yang masuk dalam daftar kasus. Dalam surat tertanggal 4 Januari 2012 mengenai kebijakan layanan kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen itu juga ada daftar tujuh Kopertis yakni Kopertis wilayah I, II, III, IV (wilayah Jabar-Banten), VII, IX, dan X. Ketika dikonfirmasi, Dirjen Dikti Prof, Djoko Santoso membenarkan jika selain UPI masih ada PTN serta sejumlah PTS lainnya yang juga diduga melakukan pelanggaran. Namun Djoko tidak menjelaskan secara rinci seperti apa kasusnya dan siapa saja yang melanggar. Djoko hanya menjawab singkat, "Ya, beberapa," kata Djoko. Daftar PTN yang ada dalam lampiran tersebut adalah, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Lampung, Universitas Jambi, Universitas Padjadjaran, Universitas Mataram, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Udayana, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pattimura, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makassar, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

...dst

5 ) Plagiat, Tiga Dosen UPI Gagal Jadi Guru Besar
http://bandung.detik.com/read/2012/03/02/193827/1856840/486/plagiat-tiga-dosen-upi-gagal-jadi-guru-besar?g991103485

Jumat, 02/03/2012 19:38 WIB
Bandung - Tiga dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) disanksi turun pangkat karena melakukan plagiat karya tulis sebagai prasayarat menjadi guru besar. Kini ketiganya juga dilarang mencalonkan diri dalam bursa pencalonan guru besar UPI."Senat Akademik UPI menggugurkan atas usulan guru besar bagi tiga calon yang dimaksud," kata Ketua Senat Akademik UPI Syihabuddin dalam konferensi pers di University Center UPI, Jumat (2/3/2012). Menurut Syihabuddin, UPI sangat serius menyikapi persoalan plagiat tersebut. Bahkan sebelum menjatuhkan sanksi, UPI membentuk tim khusus untuk menangani masalah itu. "UPI sangat serius dalam menangani persoalan ini dengan membentuk tim khusus, segera setelah UPI menerima surat dari Dirjen Dikti," ucapnya.

...dst

6 ) Tiga Doktor UPI Turun Pangkat dan Jabatan 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474472/

Saturday, 03 March 2012
BANDUNG – Tiga doktor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang diduga melakukan plagiat diganjar sanksi berupa penurunan pangkat dan jabatan. Keputusan ini dibuat berdasarkan hasil rapat senat akademik UPI, kemarin. Ketua Senat Akademik UPI Syihabudin mengatakan, sanksi tersebut diberikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, Permendiknas No 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan Plagiat di Perguruan Tinggi,dan Keputusan Senat Akademik No 001/senat.akd./UPI-SK/V/2008 tentang Kode Etik Dosen UPI. "Senat Akademik UPI juga menggugurkan persetujuan atas usulan kenaikan jabatan guru besar atas nama ketiga calon tersebut," kata Syihabudin di gedung University Center UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung,kemarin.

...dst

7 ) Pengakuan Dosen Kasus Plagiat UPI
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/03/079387741/Pengakuan-Dosen-Kasus-Plagiat-UPI

SABTU, 03 MARET 2012 | 07:56 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Satu dari tiga orang dosen bergelar doktor yang dikenai sanksi oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung karena kasus plagiat mengaku teledor. "Tidak ada unsur kesengajaan pencontekan tanpa sumber," kata Cecep Darmawan lewat pesan pendek kepada Tempo, Jumat malam 2 Maret 2012. Menurut Cecep, masalah itu berawal dari catatan kaki pada naskah ajuannya untuk meraih jabatan guru besar dua tahun silam. Karya tulis itu dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Tebalnya 18 halaman. Pada sebagian kecil alinea dalam naskah berbahasa Inggris, kata Direktur Kemahasiswaan UPI itu, ada catatan kaki sumber kutipan yang luput dimasukkan. "Padahal di naskah aslinya lengkap," kata dia. Penulisan itu dibantu seorang kawannya yang menerjemahkan naskah dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Adapun sebagian besar kutipan, ujar dia, sudah sesuai kaidah.

...dst

8 ) Sanksi Plagiat UPI Dipertanyakan
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/03/079387743/Sanksi-Plagiat-UPI-Dipertanyakan

SABTU, 03 MARET 2012 | 08:06 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Sejumlah mahasiswa mempertanyakan langkah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dalam penanganan kasus plagiat atau penjiplakan karya tulis tiga orang doktor yang ingin jadi guru besar. Selain ditangani secara tertutup, hukuman berupa penurunan pangkat dan jabatan tanpa pemecatan juga dipertanyakan. Sejumlah mahasiswa yang ditemui Tempo di dalam kampus UPI mengatakan isu plagiat sejumlah dosen itu sudah terdengar hampir setahun ini. Beredar kabar, gara-gara ada indikasi plagiat itu, dosen lain yang ingin naik pangkat jadi terhambat. "Katanya karena UPI lagi dikenai sanksi oleh Dirjen Dikti," kata Siti Haryanti dari jurusan Pendidikan Luar Biasa UPI kepada Tempo, Jumat malam, 2 Maret 2012.

...dst

9 ) Perekrutan Honorer Dihentikan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/03/179055/Perekrutan-Honorer-Dihentikan

03 Maret 2012
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengingatkan kepada daerah untuk tidak menambah jumlah guru honorer, karena  jumlah guru honorer di Indonesia saat ini sangat banyak.Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, jika penambahan guru honorer tidak segera dihentikan, akan menambah persoalan baru dimasa yang akan datang."Mohon kepada kepala dinas, sampaikan kepada kepala sekolah jangan menambah persoalan baru untuk masa datang, jangan diangkat lagi guru honor," tegas Musliar, di Jakarta, kemarin. Dia menjelaskan, jumlah guru honorer di Indonesia sudah sangat banyak. Menurutnya, hal itu akan menjadi masalah ketika para guru honorer menuntut diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). "Karena faktanya sekarang tercatat guru honor ada sekitar 650.000. Bayangkan jika 650.000 itu minta diangkat semua, tidak cukup uang negara untuk membiayai," tandas mantan Rektor Universitas Andalas itu.

...dst

10 ) 45 PTS di Jateng Terima Hibah Rp 9 Miliar
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/03/179054/45-PTS-Terima-Hibah-Rp-9-Miliar

03 Maret 2012
SEMARANG-Dua ratus dua puluh empat proposal dari 45 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jateng memperoleh hibah dari Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perinciannya adalah hibah fundamental sebanyak 26 judul, hibah bersaing 164 judul, hibah pascasarjana 4 judul, hibah pekerkti 12 judul, hibah rapid 2 judul, dan hibah unggulan perguruan tinggi 16 judul. `'Jumlah dana hibah secara keseluruhan Rp 9 miliar lebih,'' kata Prof Mustafid, Koordinator Kopertis Wilayah VI pada penandatanganan kontrak penelitian multitahun di kantornya, baru-baru ini. Ia berharap dana tersebut berfungsi sebagai pendorong sehingga tidak semata-mata mengandalkan dana yang diterima dari hibah. Perlu berupaya menggaet dana dari luar, baik dari dunia industri maupun pemda. Pihaknya juga mengajak PTS agar meningkatkan daya saing, salah satunya melalui  penelitian baik oleh dosen maupun mahasiswa. Sebab, penelitian dapat memberikan sumbangsih pada budaya akademis.

...dst

11 ) PKM Unnes Raih Rp4,3 Miliar
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/586286/pkm-unnes-raih-rp4-3-miliar

Sabtu, 03 Maret 2012 08:02 wib
JAKARTA - Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah melalui proses seleksi Tim Pakar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 654 PKM tersebut berhasil meraih dana hibah Rp4,3 miliar. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Masrukhi mengatakan, sebanyak 654 PKM ini meliputi PKM Kewirausahaan (PKMK) sebanyak 292 proposal, PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 216 proposal, PKM Penelitian (PKMP) 114 proposal, PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 19 proposal, dan PKM Karsa Cipta (PKMKC) sebanyak 13 proposal. "Ini merupakan angka terbesar perguruan tinggi seluruh Indonesia. Unnes menduduki peringkat pertama, disusul Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan peringkat ketiga diduduki oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta," kata Masrukhi sperti dikutip dari laman Unnes, Sabtu (3/3/2012).

...dst

12 ) UGM Luncurkan Rumah Sakit Akademik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/03/302727/293/14/-UGM-Luncurkan-Rumah-Sakit-Akademik

Sabtu, 03 Maret 2012 06:11 WIB   
YOGYAKARTA--MICOM: Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof Ir Sudjarwadi M Eng, PhD, Jumat (2/3), meresmikan penggunaan Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada. Rumah Sakit Akademik (RSA,) menurut Rektor, bermanfaat sebagai rumah sakit pendidikan bagi para mahasiswa. ?Disamping berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan, RSA juga memberikan pelayanan kepada masyarakat umum," katanya. Berada di Jl Kabupaten Lingkar Utara,Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, bangunan lima lantai ini dibangun di atas tanah seluas 44.637 m2 dengan luas bangunan 9.282,5 m2. Rektor berharap RSA UGM kedepan bisa menjadi contoh rumah sakit pendidikan tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat dunia, khusunya pada pelayanan-pelyanan unggulannya.

...dst

13 ) Prodi Akupuntur Kurang Diminati
http://www.jpnn.com/read/2012/03/03/119364/Prodi-Akupuntur-Kurang-Diminati-

Sabtu, 03 Maret 2012 , 09:16:00
MALANG - Program Studi (Prodi) Akupuntur belum banyak diminati lulusan SMA. Padahal peluang kerjanya saat ini semakin bagus seiring dengan berkembangnya pengobatan alternatif. Karena itulah Poltekes RS Dr Soepraoen terus melakukan sosialisasi tentang keberadaan Prodi yang masih langka di Indonesia ini. "Di Indonesia hanya ada tiga perguruan tinggi saja yang membuka Prodi ini," ungkap Kepala Lab dan Pendidikan Profesi, Ikhwan Abdullah A.Md AKP kepada Malang Post. Tiga perguruan tinggi penyelenggara program ini adalah Akademi Akupuntur Surabaya, Poltekes RS Dr Soepraoen dan Poltekes Kemenkes Surakarta. Lulusan Akupunktur lanjutnya bisa melakukan usaha praktik mandiri atau bergabung dengan rumah sakit dan puskesmas. Sebab beberapa rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya mulai memberikan layanan akupunktur ini. Layanan akupunktur ini banyak dimanfaatkan oleh penderita yang enggan mengonsumsi obat. Misalnya karena lambung yang tidak tahan obat atau lainnya. Selain itu ada pula yang memanfaatkan jasa akupunktur untuk kecantikan dan kejantanan.

...dst

14 ) RIM Gandeng ITB Kembangkan Mobile Technology
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/585978/rim-gandeng-itb-kembangkan-mobile-technology

Jum'at, 02 Maret 2012 14:45 wib
JAKARTA - Produsen telepon seluler (ponsel) Blackberry, Research in Motion (RIM), akan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam bidang penelitian. Kepala Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan ITB Suhono Harso Supangkat menjelaskan, saat ini pihak RIM memang tengah menjajaki kerja sama dengan ITB dalam penelitian teknologi mobile communication. "Tetapi rencana masih dalam tahap letter of intent (LoI). Kami akan segera bertemu pihak RIM untuk membicarakan detailnya. Sementara perjanjian kerja sama baru akan dipastikan April mendatang," ujar Suhono ketika dihubungi okezone, Jumat (2/3/2012). Suhono memaparkan, salah satu bentuk kerja sama akademik yang bisa dijalin dengan RIM adalah pemberian beasiswa penelitian dalam bidang teknologi mobile communication bagi mahasiswa S-2 dan S-3 ITB.

...dst

15 ) Mahasiswa UGM Sukses Sulap Ubi Kayu Jadi Sereal
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/03/03/38605/mahasiswa_ugm_sukses_sulap_ubi_kayu_jadi_sereal/#.T1Gs5rqDcw0

Sabtu, 03 Maret 2012
Yogyakarta, (Analisa). Selama ini, ubi kayu atau singkong (manihot utilissima) belum dimanfaatkan secara optimal. Kebanyakan hanya diolah dengan direbus, digoreng, maupun dibuat keripik. Bahkan di sejumlah daerah hanya dijadikan sebagai bahan campuran pakan ternak. Oleh sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), ubi disulap jadi sereal. Lima mahasiswa UGM, yakni Anisa Dian Safitri, Sigit Dwi Cahyono, dan Ahmad Syukron dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Cerah Bintara Nurman serta Ervaningsih dari Fakultas Pertanian, mengolah ubi kayu menjadi tepung mocaf yang bisa digunakan sebagai alternatif penggunaan gandum atau bahan pembuat kue dan makanan lainnya. "Adanya tepung mocaf ini diharapkan bisa meminimalisir ketergantungan Indonesia terhadap impor gandum," kata Sigit Dwi Cahyono kepada wartawan di Kampus UGM di Bulaksumur, Yogyakarta, Jumat (2/3).

...dst

16 ) IAIN Sunan Ampel Miliki Hotel Green-SA Inn
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/03/302733/293/14/IAIN-Sunan-Ampel-Miliki-Hotel-Green-SA-Inn

Sabtu, 03 Maret 2012 07:56 WIB 
SURABAYA--MICOM: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur, memiliki hotel Green-SA Inn di kawasan Jalan Raya Juanda Surabaya yang dibangun dengan dana APBN senilai Rp70 miliar. "IAIN Surabaya memiliki gedung semegah ini rasanya seperti mimpi, tapi akhirnya menjadi kenyataan berkat kebersamaan," kata Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Prof Dr H Nur Syam MSi saat meresmikan gedung itu, Jumat (2/3). Profesor Nur Syam yang juga mantan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya itu mengaku dari 52 PTAI (perguruan tinggi agama Islam) di Indonesia, hanya 4 PTAI yang memiliki pusat pelatihan. "Yang sudah memiliki adalah UIN Jakarta, IAIN Yogyakarta, UIN Makassar, dan IAIN Surabaya. Saya kira gedung megah itu merupakan bagian penting dari peningkatan sumber daya manusia," katanya. 

...dst

17 ) Tuntut Akreditasi, Dua Mahasiswa Terancam DO
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/02/18250659/Tuntut.Akreditasi.Dua.Mahasiswa.Terancam.DO

Jumat, 2 Maret 2012 | 18:25 WIB
BULUKUMBA, KOMPAS.com - Dua orang mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Panrita Husada, yakni Munir (23) dan Suherman (22) mengadukan nasibnya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat (2/3/2012) siang.  Kedua mahasiswa semester enam ini tidak lagi diijinkan masuk ke kampus untuk mengikuti mata kuliah seperti sedia kalanya. Bahkan, pihak kampus juga melarang Munir mengikuti ujian pertengahan semester yang berlangsung dua hari kemarin, akibat aksi menuntut kejelasan akreditasi keberadaan kampus yang sudah berdiri selama tiga tahun tersebut. Pelarangan itu dinilai sangat merugikan. Kedua mahasiswa lantas mengadukan nasibnya ke Komisi D. Untuk menyelesaikan persoalan antara pihak kampus dan mahasiswa, Muhdar Reha, anggota komisi D mengatakan akan memanggil pihak kampus dan mempertemukan kedua pihak. "Kami hanya ingin mempertanyakan kejelasan status kampus kami, karena kami takut, jika lulus nanti dan tidak ada akriditasnya dan kami tidak bisa mencari kerja," kata Munir yang ditemui usai mengadu di komisi 'D' DPRD.

...dst

18 ) BEM KM UGM Mundur, BEM SI Santai
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/586313/rektor-saya-berjuang-sampai-titik-darah-penghabisan

Jum'at, 02 Maret 2012 16:17 wib
JAKARTA - Selepas mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) kelima di Universitas Lampung (Unila) belum lama ini, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta justru mengundurkan dari aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI). Keluarnya UGM dari keanggotaan BEM SI ditanggapi santai oleh Koordinator Pusat BEM SI M Tandri. Dia menyatakan, tidak keberatan atas keputusan yang diambil oleh BEM KM UGM. "Aliansi BEM SI bersifat terbuka sehingga memungkinkan setiap BEM universitas mana pun untuk masuk atau keluar. BEM UGM mungkin memiliki kekecewaan atas apa yang mereka lihat ketika Munas kemarin," kata Tandri di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (2/3/2012).
Hal senada turut disampaikan Presiden BEM Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Arief. Menurutnya, perbedaan metode yang dianut masing-masing BEM universitas adalah hal yang wajar.

...dst

19 ) Isu Suap Warnai Ujian Kompetensi Calon Guru
Sejumlah Guru di Sumut Wajib Setor Rp 2 Juta
http://www.jpnn.com/read/2012/03/03/119345/Isu-Suap-Warnai-Ujian-Kompetensi-Calon-Guru-
Sabtu, 03 Maret 2012 , 06:16:00

JAKARTA - Penyelenggaraan perdana uji kompetensi awal (UKA) untuk guru calon peserta sertifikasi diwarnai kabar suap. Sejumlah guru di Sumatera Utara (Sumut) dikabarkan wajib menyetor Rp 2 juta per orang kepada oknum dinas pendidikan kabupaten supaya lulus ujian itu. Kabar adanya suap dalam UKA tersebut langsung ditanggapi jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) selaku pelaksana teknis UKA meminta guru yang terlibat suap itu buka mulut. "Mohon dilaporkan suap itu diberikan kepada siapa," ujar Kepala BPSDM-PMP Syawal Gultom Jumat (2/3).

...dst

20 ) Uji Kompetensi Awal Guru Jadi Ajang "Perahan"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/03/09554958/Uji.Kompetensi.Awal.Guru.Jadi.Ajang.Perahan.

Sabtu, 3 Maret 2012 | 09:55 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Laporan adanya aparat dinas pendidikan yang meminta uang dari para guru agar lulus ujian kompetensi awal bermunculan di Sumatera Utara. Pungutan serupa muncul di daerah lain pada guru yang sudah mendapat tunjangan sertifikasi.Ketua Gabungan Pendidik dan Tenaga Pendidik Sumatera Utara FJ Pinem, Jumat (2/3), mengatakan, laporan baru muncul dari Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. "Yang diminta pembayaran adalah para guru sekolah dasar yang sudah dua kali tidak lulus sertifikasi," tuturnya. Mereka mengaku dimintai Rp 1 juta. Banyak guru senior yang ditempatkan di daerah terpencil memang merasa ujian sertifikasi adalah momok, terutama dalam hal penguasaan teknologi.

...dst

21 ) 2015, Seluruh Guru Wajib S-1
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/03/03/84453/2015_seluruh_guru_wajib_s-1/#.T1Gx9bqDcw0

Sabtu, 03 Maret 2012
MedanBisnis – Jakarta. Gelar akademik sepertinya semakin dikultuskan mewakili kualitas seseorang di bidangnya. Tempoe doeloe banyak orang yang tidak makan sekolahan tapi otaknya mampu memberi sumbangsih besar pada bangsa dan negara. Sekarang jumlah jebolan berbagai perguruan tinggi dalam maupun luar negeri membludak di seluruh tanah air, tapi kontribusinya bagi peningkatan kecerdasan anak didik maupun kesejahteraan rakyat... apa..? Jadi tidak heran setiap kebijakan pemerintah adalah peluang melakukan korup, pemerasan, manipulasi dan seterusnya. Seperti kebijakan pemerintah tahun 2015 guru minimal S1 akan dimanfaatkan para pihak jadi proyek bisnis sarjana tanpa kuliah, cukup bayar fee belasan sampai puluhan juta gelar S1 di kantong.

...dst

22 ) Guru Tabrak 18 Murid TK dan SMP
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/03/03/38593/guru_tabrak_18_murid_tk_dan_smp/#.T1Gq47qDcw0

Sabtu, 03 Maret 2012 Pkl. 06:46 WIB
Medan, (Analisa). Akibat kurang hati-hati mengendarai mobil, seorang guru TK menabrak 18 siswa Yayasan Perguruan Bodhicitta Jalan Selam Medan, Jumat (2/3) sekitar pukul 08.05WIB. Kini ke-18 siswa yang terdiri dari 16 siswa TK dan 2 siswa SMP menderita luka ringan dan mengalami patah tulang di bagian tangan serta kaki itu di rawat di RS Colombia Asia (RS CA) Medan. Dua siswa TK, Robet dan Yunita kritis menjalani perawatan di ruang ICU RS CA. Korban masing-masing, AR Tasya, Ceslly, Robert, Yunita, Fransisca, Josephin, Sherly, Sheren, Jesica, Kezia, Angelia Lucia, Vereness, Yosephine, Derrick, Kelly Tawin, Silvia semuanya murid TK A 3. Dua korban lagi, dari siswa SMP Yosep dan Milbert.  Menurut keterangan Public Relation RS CA, dr Herman Ramli, kondisi para korban dalam observasi pihak medis. Secara umum, korban mengalami cedera di kepala, patah tulang tangan dan kaki. Satu korban harus diamputasi jari tangan, dan dua yang harus dirawat di Intensive Care Unit (ICU). Dua korban di ICU untuk observasi medis atas nama Robet dan Yunita. Robet menderita luka lebam di wajah. Kondisinya sadar di ICU. Sedangkan Yunita hingga pukul 16.20 WIB, masih belum sadar. Dia menderita patah tulang dan luka di kepala.

...dst

23 ) Orangtua Penabrak Murid Memohon Maaf, Tersangka Penabrak Baru 8 Bulan Cicil Avanza
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/03/03/38659/orangtua_penabrak_murid_memohon_maaf_tersangka_penabrak_baru_8_bulan_cicil_avanza/#.T1GsJrqDcw0

Sabtu, 03 Maret 2012 Pkl. 09:04 WIB
Medan, (Analisa). Orangtua tersangka AWie warga Jalan Handoko Tanjung Balai didampingi Hardi Tan ketika ditemui di Sat Lantas, Jumat (2/3) mengutarakan permohonan maafnya kepada keluarga para korban, karena anaknya tidak sengaja melakukan hal itu. Dikatakannya, pagi itu, putrinya tengah mengalami demam dan tidak enak badan telah permisi dengan kepala sekolahnya bermaksud pulang ke kosnya di Jalan Beo Medan. Namun naas, saat hendak mengeluarkan kendaraannya, tanpa sadar M menabrak 18 siswa yang ada di belakang dan di depan mobilnya hingga mengalami cedera. Tersangka baru dua tahun bekerja sambil kuliah, di sekolah tersebut 1 tahun sebagai kasir dan 1 tahun lagi baru diangkat sebagai guru TK. Setelah pengangkatannya sebagai guru, delapan bulan lalu tersangka menyicil mobil Avanza silver yang tanpa terduga menabrak para murid TK tempatnya mengajar.

...dst

24 ) Kemenkeu: PNS Boleh Buka Warung Bakso, Asal...
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/02/29/37941/kemenkeu_pns_boleh_buka_warung_bakso_asal/#.T1GvA7qDcw0

Rabu, 29 Feb 2012 00:01 WIB
Jakarta, (Analisa). Kementerian Keuangan menyatakan akan menindak tegas PNS yang melakukan usaha sampingan namun tidak melapor. Akan tetapi untuk usaha kecil seperti warung bakso tak dilarang dengan syarat. Hal ini disampaikan Sekjen Kemenkeu Kiagus Achmad Badaruddin saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (28/2). "Kalau dia buka warung bakso masak diberhentikan. Sepanjang dia benar, kami amati dia kalau dia bekerja tetap rajin, lalu dia malam jaga warung tidak mungkin dilarang, kecuali buka mal, ditanyai darimana uangnya. Kalau dia pangkatnya III D ke bawah. Dilihat dulu porsinya, disuruh tutup paling-paling. Kalau itu misalnya usahanya tidak baik, buka warung minuman keras pasti tidak boleh oleh atasannya," tutur Kiagus. Dia menyampaikan, jika ada PNS Kemenkeu yang ketahuan punya bisnis sampingan namun tidak melapor ke atasannya, maka akan ada hukuman atau sanksi administrasi yang setimpal.

...dst

25 ) Inilah Dampak Moratorium Pengangkatan PNS
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/03/03/m0ao64-inilah-dampak-moratorium-pengangkatan-pns

Sabtu, 03 Maret 2012 12:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) oleh pemerintah ternyata berpengaruh secara tidak langsung terhadap kenaikan angka wirausahawan muda di Indonesia. Hal itu disampaikan Deputi Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang Sumber Daya Manusia, Agus Muharram, dalam acara HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012 di Jakarta, Sabtu (3/3).
"Secara tidak langsung para lulusan memilih alternatif berwirausaha ketika moratorium PNS diberlakukan selama dua tahun terakhir," ungkap Agus. Moratorium PNS ini dinilai Agus lumayan ampuh meningkatkan jumlah wirausahawan dalam dua tahun terakhir.

...dst

26 ) SK CPNS Palsu Beredar
http://www.jpnn.com/read/2012/03/03/119380/SK-CPNS-Palsu-Beredar-

Sabtu, 03 Maret 2012 , 12:18:00
SUMBER--Beredarnya SK CPNS palsu di masyarakat mendapat perhatian polisi. Kapolres Cirebon AKBP Hero Henrianto Bachtiar SIK MSi saat dikonfiramsi mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan. "Laporan sampai sekarang belum masuk, tapi saat saya mendengar ada kejadian ini. Saya langsung turunkan anggota untuk melakukan penyelidikan," katanya. Kalau ingin masalahnya cepat teratasi, ujar kapolres maka korban dan masyarakat juga secepatnya harus membuat laporan. "Kalau sudah lapor kan enak nanti kami akan segera proses dan pelajari," terangnya.Sementara itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Arief Rahman berpendapat bahwa SK CPNS palsu yang sudah menyebar ke masyarakat adalah pekerjaan dari orang-orang yang sudah terbiasa menipu masyarakat. "SK palsu itu, sepertinya jaringannya sudah sangat cerdik. Karena sasaran mereka adalah orang yang baru lulus kuliah, dan saya rasa ini bukan dari pekerjaan orang PNS," ujarnya.

...dst

27 ) Minyak Mentah US$ 122 per Barel
Subsidi BBM Terancam Membengkak Rp 55 Triliun
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/03/03/84332/minyak_mentah_us_122_per_barel/#.T1GqTLqDcw0

Sabtu, 03 Maret 2012
MedanBisnis – Jakarta. Harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP/Indonesia Crude Price) di Februari 2012 mencapai US$ 122,17 per barel, naik US$ 6,26 per barel dari US$ 115,91 per barel di Januari 2012. Sedangkan harga Minas/SLC mencapai US$ 124,63 per barel atau naik US$ 6,25 per barel dari Januari 2012 yang mencapai US$ 118,38 per barel. Demikian pengumuman Tim Harga Minyak Indonesia yang dikutip dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, Jumat(2/3).
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya berencana untuk menaikkan harga BBM subsidi karena harga minyak telah tembus di atas US$ 120 per barel atau di atas perhitungan APBN 2012 sebesar uS$ 90 per barel. Harga BBM subsidi rencananya akan dinaikkan Rp 1.500 per liter sehingga harga bensin premium dan solar menjadi Rp 6.000 per liter.

...dst

Berita Edukasi 02 Maret 2012

1 ) Undip Kehilangan Ahli Patologi Anatomi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/02/178950/Undip-Kehilangan-Ahli-Patologi-Anatomi

02 Maret 2012
SEMARANG- Prof dr Tjahjono FIAC SpPA(K) guru besar Fakultas Kedokteran Undip bidang keahlian ilmu Patologi Anatomi telah berpulang, Rabu (29/02) pukul 20.40 Semarang. Almarhum meninggalkan lima orang orang anak, yakni dr Irawan SpOG, dr Erwin Krenoadi SpAn, dr Irastri Anggraini SpM, dr Andre Herdiana Hanintya, dan dr Meta Herdiana Harnindita. Informasi yang dikumpulkan dari Humas Undip, semasa hidup dikenal dosen yang mempunyai spesialisasi bidang keahlian ilmu Patologi anatomi yakni spesialisasi medis yang berurusan dengan diagnosis penyakit berdasarkan pada pemeriksaan kasar, mikroskopik, dan molekuler atasorgan, jaringan dan sel. Tjahjono mengabdi di Undip sebagai pengajar sejak tahun 1973 sampai wafatnya.  Dalam karirnya juga mempunyai pengalaman dan jabatan yang penting antara lain sebagai Ketua Program S2 Ilmu Biomedik FK Undip dan Pembantu Dekan IV Bidang Pengembangan dan Kerjasama.

...dst

2 ) Penemu Virus Kanker Serviks "Ngajar" di ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/01/373/585171/penemu-virus-kanker-serviks-ngajar-di-itb

Kamis, 01 Maret 2012 11:51 wib
JAKARTA - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) kedatangan dosen luar biasa. Dia adalah peraih Nobel Kedokteran, Harald zur Hausen. Dalam kunjungannya ke ITB baru-baru ini, Harald membagikan ilmu tentang virus penyebab kanker serviks yang ditemukannya, Human Papilloma Virus (HPV). Temuan Harald pada 1976 inilah yang mengantarkannya meraih Nobel dalam bidang Kedokteran, 2008 lalu. Menurut Harald, sejatinya, kanker serviks adalah penyakit yang dapat dicegah. Dan pencegahan ini sangat penting, mengingat infeksi HPV tidak memberikan gejala di awal, tetapi baru terasa 15 sampai 20 tahun kemudian ketika kondisinya sudah parah. Salah satu cara mencegah kanker serviks, ujar Harald, adalah dengan vaksinasi yang dapat mengurangi risiko kanker serviks hingga 70-80 persen.

...dst

3 ) Perguruan Tinggi Swasta Siapkan Infrastruktur
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/02/08045864/Perguruan.Tinggi.Swasta.Siapkan.Infrastruktur

Jumat, 2 Maret 2012 | 08:04 WIB
Semarang, Kompas - Perguruan tinggi swasta saat ini fokus mempersiapkan infrastruktur untuk menampung karya tulis mahasiswa melalui pembuatan majalah dan mengurus akreditasi jurnal yang sudah ada. Mahasiswa juga mulai diarahkan menulis karya ilmiah yang ringkas untuk dipublikasikan. "Kami mendukung upaya untuk meningkatkan kebiasaan menulis kepada mahasiswa dengan publikasi jurnal ilmiah, tetapi kami tetap tidak setuju untuk menjadikannya sebagai syarat kelulusan. Saat ini kami mempersiapkan infrastruktur yang selama ini belum banyak terbangun, seperti pembuatan majalah ilmiah," kata Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) layanan Jawa Tengah, Prof Dr Yohanes Sutomo, di Kota Semarang, Kamis (1/3). Pembuatan majalah-majalah ilmiah itu untuk menampung karya tulis mahasiswa. Adapun jurnal ilmiah yang selama ini sudah ada, didorong mendapatkan akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

...dst

4 ) Implementasi Program Pendidikan
Data Jadi Titik Lemah Kemdikbud
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/01/13175789/Data.Jadi.Titik.Lemah.Kemdikbud

Kamis, 1 Maret 2012 | 13:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar Kasim mengakui, tidak adanya data yang valid menjadi titik lemah dan hambatan bagi kementeriannya dalam menjalankan berbagai program. Lemahnya data terlihat saat Kemdikbud tidak mampu menyajikan data akurat jumlah siswa miskin secara nasional. Banyak pihak yang menilai Kemdikbud kerap kali salah sasaran saat memberikan Bantuan Siswa Miskin (BSM)."Termasuk saat kita ingin mengetahui  guru-guru yang kapasitasnya kurang, saat kita akan merehab sekolah-sekolah yang sudah tidak layak sering terhambat karena kita tidak punya data yang lengkap," kata Musliar, kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (1/3/2012).

...dst

5 ) Mirip sekali, Logo ITS diplagiat ?
ITS Rusia menggunakan logo tsb sejak 25 Desember 2008 http://web.archive.org/web/20081225140510/http://1hydro.ru/index.htm , sementara ITS Surabaya telah menggunakannya sejak 8 Desember 2005 http://web.archive.org/web/20051208013529/http://www.its.ac.id/

>>>

6 ) Jika Terbukti, Dosen Disanksi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474067/

Friday, 02 March 2012
BANDUNG – Anggota Ikatan Alumni (IKA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Teten Masduki bereaksi keras atas dugaan plagiat yang dilakukan dosen UPI. Menurutnya, tindakan tersebut telah mencoreng nama kampus, sehinggga harus diberikan sanksi tegas. "Mutlak harus dicopot meski diperiksa dulu oleh majelis etik,jangan biarkan ada ruang bagi plagiator di perguruan tinggi.Tindakan ini tidak bisa dibiarkan, tidak boleh ada tindak kriminalitas di kampus," ujarnya,kemarin. Menurutnya, hal tersebut termasuk kejahatan berat di bidang akademik. Kasus ini mencerminkan perguruan tinggi tidak lagi menggambarkan budaya pendidikan dan riset. Tapi sudah seperti birokrasi yang hanya mencari jabatan.

...dst

7 ) Mahasiswa Bersatu Tolak Kenaikan Harga BBM
http://www.jpnn.com/read/2012/03/02/119195/Mahasiswa-Bersatu-Tolak-Kenaikan-Harga-BBM-

Jum'at, 02 Maret 2012 , 04:37:00
BANDARLAMPUNG - Penolakan terhadap rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) juga terjadi di Lampung. Tidak kurang dari 100 mahasiswa yang tengah mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) menggelar aksi di Tugu Adipura, Bandarlampung, Kamis (1/3). Mendapat pengawalan ketat dari aparat, para mahasiswa menolak pencabutan subsidi BBM yang akan menyebabkan kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik (TDL). Mereka juga menuntut pemerintah agar menuntaskan masalah kebocoran APBN yang besarnya rata-rata 30 persen per tahun dan mengalihkannya untuk menanggung beban APBN dalam menyediakan subsidi energi bagi rakyat.

...dst

8 ) Mahasiswa Protes Karaoke di Unej
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/01/373/585052/mahasiswa-protes-karaoke-di-unej

Kamis, 01 Maret 2012 09:51 wib
JEMBER – Penyewaan aset Universitas Negeri Jember (Unej) mendapat reaksi keras. Sejumlah mahasiswa Unej kemarin berunjuk rasa menentang penyewaan aset tersebut, terlebih untuk bisnis restoran dan karaoke.Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Peduli Unej menuding bisnis hiburan di Jalan Jawa itu menyimpang dari fungsi akademik yang seharusnya diemban Unej. Mereka mendesak agar aset dikembalikan kepada fungsi semula, yaitu untuk fasilitas belajar mahasiswa. "Fasilitas praktikum untuk mahasiswa masih minim. Anehnya Unej justru menyewakan aset untuk kepentingan komersial, tempat hiburan dan karaoke yang tidak ada hubungannya dengan dunia akademik," kata koordinator aksi, Luluk Budianto, kemarin.Sewa aset selama 10 tahun ini merupakan jalan pintas untuk menutupi utang pembangunan fasiltas Pendidikan Fakultas Farmasi sebesar Rp950 juta

...dst

9 ) Forum Rektor Tolak Intervensi Parpol Susupi BEM
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/02/302480/293/14/Forum-Rektor-Tolak-Intervensi-Parpol-Susupi-BEM

Jumat, 02 Maret 2012 00:16 WIB   
JAKARTA--MICOM: Forum Rektor Indonesia (FRI) dengan tegas menolak intervensi partai politik(parpol) masuk ke dalam ranah aktivitas organisasi kemahasiswaan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). "Mahasiswa sebagai calon intelektual dan generasi pemimpin mesti memiliki integritas yang kuat baik terhadap diri mereka sendiri, institusi, serta bangsa dan negara sehingga tidak mudah diintervensi oleh pihak-pihak manapun juga. Mahasiswa harus berpikir independen sesuai dengan ideologi perjuangan mahasiswa yang selalu mengedepankan nilai-nilai kebenaran dan kejujuran," tegas Ketua Forum Rektor Indonesia Usman Rianse ketika dihubungi Media Indonesia, Rabu (28/2) lalu.

...dst

10 ) Birokrasi Masih Sulit Netral
http://www.jpnn.com/read/2012/03/01/119148/Birokrasi-Masih-Sulit-Netral-

Kamis, 01 Maret 2012 , 16:27:00
JAKARTA--Masih adanya keterlibatan PNS dalam setiap agenda pilkada, menurut Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo karena tidak netralnya birokrasi. Akibatnya, nasib PNS bisa diombang-ambing mengikuti keinginan pimpinan daerah."Birokrasi harusnya netral dan terhindar dari kepentingan-kepentingan pihak tertentu," ujar Eko di Jakarta, Kamis (1/3). Diakuinya, dalam praktik di lapangan, hal ini tidak mudah dilakukan. Untuk itu, peraturan-peraturan kepegawaian yang ada harus mendukung terciptanya netralitas PNS secara optimal. "Dalam konteks inilah, Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian (Puskalitpeg) BKN layak melakukan analisis kebijakan publik terhadap peraturan-peraturan di bidang kepegawaian," tuturnya. Guru besar UI ini pun meminta agar pejabat pembina kepegawaian menegakkan netralitas PNS di instansi pusat dan daerah, sehingga pegawai dapat melayani seluruh masyarakat tanpa diskriminasi.

...dst

11 ) Unipa Buka Program Magister
http://www.jpnn.com/read/2012/03/02/119203/Unipa-Buka-Program-Magister-

Jum'at, 02 Maret 2012 , 06:05:00
MANOKWARI - Mulai tahun 2012 ini, Unipa (Universitas Negeri Papua) Manokwari sudah bisa menyelenggarakan pendidikan magister atau strata-2 (S-2) Program Studi Ilmu Lingkungan. Selain itu,pula menambah 6 program studi S-1. Rektor Unipa,Dr.Ir. Merlyn Lekitto,MM menyatakan, penyelenggaraan program S-2 dan menambahan program studi S-1 ini berdasarkan Surat Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor:74/E/T/2012,tertanggal 12 Januari 2012. `'Ini merupakan kemajuan bagi Unipa karena akan dapat memberi kesempatan bagi putra-putri Indonesia khususnya di Papua untuk melanjutkan pendidikan di Unipa dengan pilihan bervariasi,'' tukas Merlyn.

...dst

12 ) Pendidikan Ratusan Mahasiswa Terjamin 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474130/

Friday, 02 March 2012
MAGELANG – Sebanyak 124 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di delapan perguruan tinggi negeri (PTN) berhak menerima program Beasiswa Indofood Sukses Makmur (Bisma). Kini mereka tengah mengikuti pembekalan soft skill dalam Indofood Leadership Camp I & II batch IV selama delapan hari (27 Februari–5 Maret 2012) di Akademi Militer (Akmil), Magelang. Kegiatan pembekalan ini adalah hasil kerja sama Indofood dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Para intelektual muda ini berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Indonesia Jakarta,Universitas Andalas Padang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi dan Universitas Padjadjaran Bandung, serta Universitas Sumatera Utara.

...dst

13 ) HMI Gagas Pendikan Gratis Lewat e-Learning
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/01/302325/293/14/HMI-Gagas-Pendikan-Gratis-Lewat-e-Learning

Kamis, 01 Maret 2012 17:07 WIB
JAKARTA--MICOM: Guna memberikan layanan pendidikan gratis bagi warga negara Indonesia, PB HMI mempelopori pendidikan gratis melalui e-learning. Jaringan internet itu dapat diunduh melalui website http://www.geschool.net. Wakil Sekjen PB HMI M Chairul Basyar mengungkapkan e-learning yang digagas alumni PB HMI Rio Tanjung dan Ketua Umum PB HMI Noer Fajrieansyah tersebut sudah dipatenkan melalui Ditjen HAKI Kementerian Hukum dan Ham. "Salah satu Visi Ketua Umum PB HMI yang dipimpin Noer Fajrieansyah adalah pemerataan pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Alhamdulillah beliau menggandeng alumni pak Rio Tanjung bersinergi membangun jaringan e-learning ini yang bisa diunduh secara gratis seperti jaringan sosial lainnya," kata Chairul Basyar didampingi kordinator manajemen e-learning Fauzi Ibrahim di Jakarta, Kamis (1/3).

...dst

14 ) Unnes Raih Kehati Award 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474117/

Friday, 02 March 2012
SEMARANG– Green Community Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) meraih Kehati Award 2012 pada kategori Cipta Lestari Kehati dan berhak menerima uang sejumlah Rp25 juta. Green Community Unnes dinilai berhasil melakukan penangkaran kupu-kupu termasuk beberapa spesies langka dan endemik. Penghargaan Kehati adalah penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Kehati kepada kelompok atau individu yang dinilai memberikan kontribusi dalam pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia. Penganugerahan penghargaan itu dilakukan di gedung Perfilman Usmar Ismail,Jakarta,Rabu (29/2). 

...dst

15 ) Kemdikbud: Sulit Mengatur Distribusi Guru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/01/1411506/Kemdikbud.Sulit.Mengatur.Distribusi.Guru

Kamis, 1 Maret 2012 | 14:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengaku kesulitan  mengurus persoalan guru. Khususnya yang terkait dengan pemerataan distribusi guru. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, banyaknya beban yang dipikul oleh Kemdikbud membuat pihaknya tidak ingin turut campur dalam persoalan ini. Akan tetapi, karena wacana yang beredar, akhirnya Kemdikbud mengatur distribusi guru melalui Surat Kesepakatan Bersama (SKB) Lima Menteri.

...dst

16 ) Pemda Diminta Stop Rekrut Guru Honorer
http://www.jpnn.com/read/2012/03/01/119167/Pemda-Diminta-Stop-Rekrut-Guru-Honorer-

Kamis, 01 Maret 2012 , 19:09:00
JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk berhenti merekrut guru honorer. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengatakan, karena jumlah guru honorer saat ini sudah membludak. Apalagi, maraknya guru honorer yang menuntut untuk diangkat menjadi PNS. "Padahal, kalau kita melihat dari perjanjian awalnya, guru honorer menyatakan siap jika tidak diangkat menjadi PNS. Jumlah guru honorer saat ini sudah terlampau banyak," ungkap Musliar di Jakarta, Kamis (1/3). Musliar mengungkapkan, pada saat jumlah mereka masih sedikit, tidak pernah terdengar tuntutan kenaikan status menjadi PNS. Akan tetapi, ketika semakin dibiarkan dan jumlahnya terus meningkat hingga mencapai 650 ribu lebih, para guru honorer justru mendemo pemerintah untuk diangkat.

...dst

17 ) Ilmuwan Indonesia
Akan Dibentuk "Center of Excellence" Indonesia - Amerika
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/01/09412348/Akan.Dibentuk.Center.of.Excellence.Indonesia.-.Amerika

Kamis, 1 Maret 2012 | 09:41 WIB
KOMPAS.com - Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4), PERMIAS DC, dan Indonesian American Association (IAA) akan menyelenggarakan workshop dengan tema "Bridging International Cooperation in Research and Education Between Indonesia and USA". Dalam keterangan tertulis yang diterimaKompas.com dari I-4, acara yang didukung KBRI Washington DC ini, akan berlangsung pada 16 - 17 Maret 2012 di University of Maryland. Etin Anwar, Associate Professor di Hobart and William Smith College di Amerika Serikat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong proses kerja sama riil antara ilmuwan Indonesia di Amerika Serikat dan ilmuwan Amerika di bidang penelitian dan pendidikan. "Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat intensitas komunikasi antar ilmuwan dari kedua negara sehingga diharapkan kedepan dapat meningkatkan taraf pendidikan dan penelitian bangsa kita melalui kerja sama strategis Indonesia - Amerika" ujar Etin, yang juga merupakan Koordinator I-4 untuk benua Amerika.

...dst

18 ) ITS Bocorkan Interview di Perusahaan Multinasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/01/373/585466/its-bocorkan-interview-di-perusahaan-multinasional

Kamis, 01 Maret 2012 18:32 wib
JAKARTA - Menyadari perusahaan multinasional nampaknya masih memiliki daya tarik bagi mahasiswa, maka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengadakan diskusi How to Take Job Interview. Acara besutan International Office (IO) ITS ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam melakukan job interview di perusahaan multinasional. Ketua IO ITS Maria Anityasari mengatakan, acara ini juga dapat membantu para mahasiswa dapat meningkatakan kemampuan bahasa Inggris.''Seluruh bentuk acara memang didesain menggunakan bahasa Inggris, baik dari MC, presenter dan tanya jawab,'' tutur Maria seperti dilansir dari ITS online, Kamis (1/3/2012). Maria menyebutkan, mahasiswa tahun ketiga, keempat, dan mahasiswa yang akan diwisuda menjadi target utama acara ini. ''Sebenarnya siapa saja boleh datang, tapi kami prioritaskan mahasiswa tahun terakhir,'' ujarnya.

...dst

19 ) Job Fair UKSW Tawarkan Ratusan Lowongan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/01/373/585049/job-fair-uksw-tawarkan-ratusan-lowongan

Kamis, 01 Maret 2012 09:39 wib
SALATIGA – Satya Wacana Career Center & Alumni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali akan menyelenggarakan Satya Wacana Job Fair (SWJF) XVII selama dua hari, Jumat (2/3) besok dan Sabtu (3/3) mendatang. Job fair kali ini akan diikuti 49 perusahaan dengan ratusan lowongan pekerjaan. Ketua Panitia Job Fair UKSW sekaligus Kepala Satya Wacana Career Center (SWCA) Th Evy Yeniarti mengungkapkan, seleksi kerja berupa psikotes dan wawancara langsung diselenggarakan selama job fair berlangsung. "Karena itu para pencari kerja diharapkan telah menyiapkan lamarannya," terangnya kemarin.

...dst

20 ) Esemka Tak Lolos Uji Emisi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474264/38/

Friday, 02 March 2012
JAKARTA– Harapan masyarakat agar mobil Esemka Rajawali bisa segera menjadi mobil nasional tertunda. Mobil karya siswa SMK di Jawa Tengah itu tidak lolos uji emisi yang dilakukan di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (27/2).Dari 11 item yang diujikan, Esemke gagal di dua item,yakni standar lampu dan emisi gas buang.Kegagalan ini merupakan kali kedua karena sebelumnya Esemka pernah menjalani uji emisi pada 2010. `'Ditjen Perhubungan Darat sudah menerima hasil uji emisi. Hasilnya belum memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Belum memenuhi ambang batas emisi gas buang," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan saat dihubungi SINDO kemarin.

...dst

21 ) Esemka Gagal Uji Emisi Dan Lampu
http://www.jpnn.com/read/2012/03/02/119210/Esemka-Gagal-Uji-Emisi-Dan-Lampu-

Jum'at, 02 Maret 2012 , 06:56:00
JAKARTA - Mobil kebanggaan warga Solo, Esemka harus menjalani beberapa perbaikan lagi agar dapat diproduksi massal. Pasalnya, mobil yang dibuat oleh siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) itu belum mampu memperoleh sertifikat uji tipe kendaraan dari Kementerian Perhubungan."Semua itu masih bisa diperbaiki. Kami tidak memberikan batas waktu untuk melakukan perbaikan. Kami tetap berharap, pemohon tidak patah semangat," ujar Kepala Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan menanggapi kegagalan itu. Menurutnya, mobil Esemka baru bisa dibuat Surat Tanda Nomor" Kendaraan (STNK)-nya kalau sudah memiliki sertifikat uji tipe.

...dst

22 ) Esemka Tak Lolos Uji Emisi, SMK Jangan Kecil Hati
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/02/07584759/Esemka.Tak.Lolos.Uji.Emisi.SMK.Jangan.Kecil.Hati

Jumat, 2 Maret 2012 | 07:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, menyatakan terkejut atas tidak lolosnya mobil Esemka karya siswa SMK saat diuji emisi. Namun, ia mengingatkan semua pihak yang terlibat dalam produksi mobil Esemka agar tidak berkecil hati. Terutama para siswa SMK itu sendiri.Musliar mengatakan, setiap ujian memiliki dua peluang, yaitu lulus atau tidak lulus. Ia mendorong agar kegagalan uji emisi ini dijadikan pelajaran berharga. "Tentunya kaget, tapi inilah pelajaran. Ke depan Esemka harus memperbaiki sektor tertentu, khususnya yang terkait sistem gas buang kendaraan itu," kata Musliar, Kamis (1/3/2012) malam, di Jakarta.

...dst

23 ) Agar Lulus, Guru Bayar Ujian Kompetensi Awal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/02/0613032/Agar.Lulus.Guru.Bayar.Ujian.Kompetensi.Awal

Jumat, 2 Maret 2012 | 06:13 WIB
SERDANG BEDAGAI, KOMPAS.com - Agar lulus ujian kompetensi awal, sejumlah guru sekolah dasar di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengaku diminta membayar Rp 2 juta oleh aparat dinas pendidikan setempat. Ujian kompetensi awal merupakan bagian dari proses sertifikasi guru.Terhadap pungutan tersebut, para guru tidak berani mengungkapkan identitas dirinya. Mereka khawatir, jika berbicara, akan dikenai sanksi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai dan dipindahkan ke tempat terpencil.

...dst

24 ) Proyek DAK Diknas Tak Ditender Lagi
http://www.jpnn.com/read/2012/03/02/119185/Proyek-DAK-Diknas-Tak-Ditender-Lagi-

Jum'at, 02 Maret 2012 , 01:06:00
KENDARI - Pelaksanaan kegiatan (proyek) di Dinas Pendidikan yang dibiayai melalui dana DAK (Dana Alokasi Khusus), tahun ini tidak lagi di tender seperti tahun-tahun sebelumnya, namun diswakelolakan. Sekolah menjadi pengelola. Hal tersebut terungkap saat Komisi III DPRD Muna melakukan konsulasi di Kementerian Dinas Pendidikan.
Di Kementerian yang dipimpin oleh Muhamad Nuh itu, rombongan komisi III diterima oleh Rahmat Ramawan, penanggung jawab DAK SMP. Ashar Dulu, Kabid Dikjar, Diknas Muna, mempertanyakan, pelaksanaan DAK Diknas tahun 2012, dimana pembagiannya 80 persen fisik dan 20 persen non fisik dan akan diswakelola oleh sekolah-sekolah, tidak akan berubah lagi atau masih akan terdapat perubahan. Pasalnya, keterlambatan pelaksaan kegiatan DAK di Kabupaten-Kabupaten karena juknis yang berubah-ubah, sehingga pelaksanaanya selalu menyebrang tahun. "Biasanya kita melaksanakan di pertengahan tahun, "ujarnya.

...dst

25 ) Hatta Raih Doktor HC dari Slovakia 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474253/

Friday, 02 March 2012
JAKARTA– Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa meraih gelar doktor honoris causa (HC) bidang ekonomi dari Universitas Ekonomi di Bratislava, Slovakia. Gelar ini mempertegas pengakuan dunia terhadap kapasitas keilmuan Menteri Ko-ordinator Bidang Perekonomian tersebut.Sidang senat terbuka pemberian gelar kehormatan dari universitas di ibu kota Slovakia tersebut rencananya digelar Maret ini,menyesuaikan dengan jadwal Hatta dan kegiatan akademik Universitas Bratislava.

...dst

26 ) Karen Agustiawan Pebisnis Paling Berpengaruh di Asia 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/474303/38/

Friday, 02 March 2012
JAKARTA– Pebisnis Indonesia membuktikan tidak kalah saing di kancah global. Salah satu buktinya, empat perempuan pebisnis Indonesia menempati daftar 50 Wanita Pebisnis Berpengaruh di Asia yang dirilis Forbes kemarin. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan menempati urutan pertama pada daftar tersebut. "Daftar itu disusun berdasarkan peran para perempuan pebisnis tersebut dalam manajemen perusahaan-perusaha- an pencetak keuntungan," ungkap Moira Forbes,presiden dan penerbit Forbes Woman. Dia menjelaskan,daftar tersebut sekaligus menjadi penghargaan atas dinamisme wanita pelaku bisnis di Asia yang berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. Selain Karen, daftar itu memuat nama Managing Director Sintesa Group Shinta Widjaja Kamdani, Presiden Direktur Centra Cipta Murdaya Siti Hartati Murdaya, dan President & CEO PT Nippon Indosari WendyYap.

...dst

Berita Edukasi 01 Maret 2012

1 ) Akibat 3 kasus Plagiat, UPI Kena Moratorium Pengajuan GB dan Kenaikan Jafung Selama 1 tahun
Baca : Dosen UPI Diduga Jiplak Karya Tulis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/473877/
 
Thursday, 01 March 2012
BANDUNG – Tiga dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) diduga melakukan praktik plagiarism hasil karya yang ajukan ke Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menjadi guru besar. Kejadian memalukan institusi pendidikan ini telah sampai ke Dikti Kemendikbud,meski belum mengantongi namanama dosen yang bersangkutan. Menurut sumber yang enggan disebutkan identitasnya, akibat kejadian ini UPI menerima moratorium dari Dikti. "Dari tiga dosen itu,salah satunya plagiat dari hasil karya Universitas Padjadjaran (Unpad). Selama satu tahun UPI tidak boleh mengajukan guru besar dan semua dosen tidak bisa naik golongan atau pangkat," ujarnya,kemarin.

...dst

2 ) Mahkamah Konstitusi Tolak Uji Materi UU Sisdiknas
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/29/079387101/Mahkamah-Konstitusi-Tolak-Uji-Materi-UU-Sisdiknas

RABU, 29 FEBRUARI 2012 | 12:45 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Mahkamah Konstitusi menolak permohonan uji materi Pasal 71 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang diajukan Ketua Pembina Universitas Generasi Muda (UGM) Medan Dj. Siahaan. "Menyatakan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ujar hakim ketua Mohammad Mahfud Md., Rabu, 29 Februari 2012. Mahkamah menilai alasan-alasan yang diajukan pemohon untuk menyatakan Pasal 71 UU Sisdiknas bertentangan dengan UUD 1945 tidak beralasan hukum. Menurut Mahkamah, negara berwenang untuk mencegah terjadinya penyelenggaraan pendidikan yang merugikan masyarakat, sehingga negara dapat melakukan pengaturan yang bersifat administratif maupun pidana.

...dst

3 ) Kemdikbud Belum Punya Dapodik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/01/178854/Kemdikbud-Belum-Punya-Dapodik

01 Maret 2012
JAKARTA - Sampai saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) belum memiliki Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Padahal, Dapodik merupakan hal terpenting yang harus dimiliki Kemdikbud sebagai acuan dasar untuk melaksanakan semua program. Karena itu, Kemdikbud berusaha keras mengumpulkan data-data tersebut, baik dari segi jumlah siswa, jumlah guru, maupun kondisi sekolah di seluruh Indonesia. Diharapkan data tersebut dapat terinvetarisasi secara valid pada tahun 2012. "Kemdikbud sudah membuat program Dapodik. Dapodik akan dijalankan tahun ini, sehingga diharapkan tahun ini juga sudah selesai," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim saat menutup Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2012. Dia menyadari, kelemahan dan hambatan dalam menjalankan semua program pendidikan disebabkan karena tidak adanya data yang valid. "Termasuk ketika kita akan memberikan beasiswa dan bantuan kepada siswa miskin, ketika akan mengetahui guru-guru yang kapasitasnya kurang, serta ketika kita akan membantu sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan, karena kita tidak punya data yang lengkap," ungkapnya.

...dst

4 ) Antisipasi Kenaikan BBM - Kemendikbud Tingkatkan Bantuan Siswa Miskin 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/473987/

Thursday, 01 March 2012
DEPOK – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengantisipasi rencana kenaikan bahan bakar minyak dengan menaikkan bantuan biaya pendidikan kepada siswa miskin. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, tahun ini pihaknya akan menaikkan bantuan siswa miskin untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah baik dari biaya pendidikan maupun jumlah penerimanya. Siswa sekolah dasar dari Rp360.000 menjadi Rp450.000, sekolah menengah pertama dinaikkan dari Rp580.000 menjadi Rp700.000, serta sekolah menengah atas menjadi Rp1.000.000 dari nilai awal Rp700.000. Mantan rektor ITS ini mengungkapkan, total anggaran untuk bantuan siswa miskin dari APBN sebanyak Rp3,9 triliun, sementara dari APBNP senilai Rp2 triliun sehingga totalnya menjadi Rp5,9 triliun.

...dst

5 ) Civitas Academica Deklarasikan Penegrian Universitas Trisakti
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/01/m05zic-civitas-academica-deklarasikan-penegrian-universitas-trisakti

Kamis, 01 Maret 2012 05:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jajaran civitas akademika Universitas Trisakti (Usakti) mendeklarasikan penegerian terhadap status kampus swasta tersebut dan menyerahkan seluruh aset kepada pemerintah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. "Kami berharap agar deklarasi ini ditangkap positif oleh pemerintah, sehingga pemerintah segera dapat memberikan status kepada Usakti sebagai Universitas Negeri dalam bentuk Badan Layanan Umum", kata Ketua Senat Usakti, Prijanto melalui keterangan pers di Jakarta, Rabu. Acara deklarasi disaksikan dosen, staf, mahasiswa, termasuk Senat Universitas, Majelis Guru Besar, Forum Komunikasi Karyawan Usakti yang berlangsung di Kampus Pahlawan Reformasi. Deklarasi juga ditandatangani Prajitno (Ketua Senat), Boedi O. Roeslan (Ketua Majelis Guru Besar), Thoby Mutis (pimpinan rektorat) dan Advendi Simangunsong (Ketua Forum Komunikasi Karyawan).

...dst

6 ) Panja RUU Pendidikan Kedokteran ke Belanda
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/29/2133059/Panja.RUU.Pendidikan.Kedokteran.ke.Belanda

Rabu, 29 Februari 2012 | 21:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran bertolak ke Belanda dan Australia pekan ini untuk mendapatkan masukan dalam menjalankan pendidikan kedokteran. Anggota panja dari Komisi X DPR yang antara lain membidangi pendidikan ini didampingi panja dari pemerintah untuk memperdalam implementasi pendidikan kedokteran di perguruan tinggi di kedua negara tersebut. Panja DPR berangkat ke Belanda atas saran panja pemerintah dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. "Kami tengah mencari referensi soal pendidikan kedokteran di Belanda, bukan mengadopsi Undang-Undang Pendidikan Kedokteran," kata Dedi S Gumelar, anggota Panja RUU Pendidikan Kedokteran Komisi X DPR yang sedang berada di Rotterdam, Belanda, Rabu (29/2/2012).

...dst

7 ) Terkait Uji Kompetensi Guru
Presiden Didesak Tegur Mendikbud
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/01/302193/293/14/Presiden-Didesak-Tegur-Mendikbud-

Kamis, 01 Maret 2012 05:41 WIB 
JAKARTA--MICOM: Anggota Komisi X DPR RI Rohmani meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait uji kompetensi sebagai syarat awal mendapatkan sertifikasi profesi guru. "Karena hal tersebut jelas melanggar peraturan dan telah menimbulkan keresahan," katanya melalui surat elektronik di Jakarta, Rabu (29/2). Rohmani mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru karena melakukan uji kompetensi sebagai syarat awal mendapatkan sertifikat profesi. Dalam PP Nomor 74 Tahun 2008 jelas disebutkan, guru yang memiliki kualifikasi akademik S-1 atau D-4 dapat langsung mengikuti pelatihan untuk memperoleh sertifikat. Selain itu, dalam PP tersebut tidak diatur tentang kewajiban guru mengikuti uji kompetensi terlebih dahulu.

...dst

8 ) Perpustakaan Hi Tech Dukung UGM Jadi Kampus Riset
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584703/perpustakaan-hi-tech-dukung-ugm-jadi-kampus-riset

Rabu, 29 Februari 2012 15:34 wib
YOGYAKARTA - Konsep e-library kini umum diusung berbagai perpustakaan kampus, yang terbaru adalah perpustakaan milik Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM). Perpustakaan yang dibangun sejak 1998 ini sempat rusak karena gempa yang mengguncang Yogyakarta, 2006 lalu. Proses renovasi yang melibatkan Bakti Pendidikan Djarum Foundation pun menyulap perpustakaan FT UGM menjadi perpustakaan berbasis e-library. "Berbagai fasilitas baru pada perpustakaan FT UGM ini akan membantu proses belajar mengajar mahasiswa FT UGM," ujar Dekan FT UGM Tumiran pada acara peresmian perpustakaan FT UGM, Rabu (29/2/2012).

...dst

9 ) Unhas Kini Miliki Coral Center
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584900/unhas-kini-miliki-coral-center

Rabu, 29 Februari 2012 19:31 wib
MAKASSAR - Guna memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan akan terumbu karang, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar meresmikan Pusat Pendidikan dan Informasi Coral Center Unhas.Berlangsung di lantai V Gedung Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas Rabu (29/2/2012), peresmian dilakukan oleh Pembantu Rektor IV Professor Dwia Aries Tina Kalla. "Coral Center ini memiliki koleksi contoh karang yang beragam. Jumlahnya lebih dari seratus macam. Harapannya, keberadaan Coral Center ini menjadi cikal bakal lahirnya Musium Terumbu Karang di Makassar," kata Dwia.

...dst

10 ) Kenapa Harus Rusia?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/29/18501964/Kenapa.Harus.Rusia
Rabu, 29 Februari 2012 | 18:50 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia Djauhari Oratmangun mengatakan, pemerintah harus lebih fokus mengantarkan para pelajar yang memiliki potensi untuk melanjutkan studi di Rusia. Alasannya, selain unggul dalam beberapa program studi, Rusia juga dinilainya sebagai negara yang memiliki peran penting di kancah global. Di lain sisi ia menyayangkan masih rendahnya jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan studi ke Rusia. Dalam catatannya, hanya ada 128 pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di sana. Itupun melalui beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Rusia.

...dst

11 ) Dua Mahasiswa Unisba Ikuti Event International di Jepang dan Amerika
http://www.pikiran-rakyat.com/node/178856

Rabu, 29/02/2012 - 19:24
BANDUNG, (PRLM).- Dua mahasiswa Universitas Islam Bandung jurusan Farmasi terpilih untuk mengikuti event internasional di dua negara berbeda. Mereka adalah Trisno Putra (24) yang mengikuti Youth Peace Ambassador Workshop and Peace Building Conference yang diselenggarakan UNESCO di Hiroshima Jepang dan Putri Peramasari Sukma (22), yang terpilih sebagai salah satu delegasi di ajang Grantee IELSP Cohort X Arizona State University. Ditemui di kampus Unisba, Rabu (29/2), Trisno mengatakan, konferensi ini berlangsung di Hiroshima pada 24-31 Maret mendatang. Dalam ajang tahunan UNESCO ini Trisno akan bergabung bersama sekitar 180 delegasi dari berbagai negara di dunia.

...dst

12 ) Swasta Perlu Diberi Dispensasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/01/178853/Swasta-Perlu-Diberi-Dispensasi

01 Maret 2012
SEMARANG- Sekolah swasta dirugikan dengan adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 60/2011 yang melarang penarikan pungutan untuk sekolah dasar (SD dan SMP sederajat). Larangan tersebut dinilai menghambat proses pembelajaran di sekolah swasta. Kebijakan itu dirasakan berat oleh sejumlah Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) di Jateng, salah satunya Kota Semarang. Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv menyatakan, peraturan itu hendaknya tidak diberlakukan secara kaku supaya sekolah swasta yang kemampuan pendanaannya minim tidak gulung tikar alias tutup. Permendikbud tidak bisa disamaratakan, namun bisa menjadi wajib bagi sekolah negeri yang kebutuhan investasinya telah dipenuhi pemerintah.

...dst

13 ) Bantuan Siswa Miskin Disalurkan Lewat Kantor Pos
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/01/07560112/Bantuan.Siswa.Miskin.Disalurkan.Lewat.Kantor.Pos

Kamis, 1 Maret 2012 | 07:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Bantuan bagi siswa SD yang miskin akan disalurkan lewat kantor pos. Bantuan ini diberikan untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak agar siswa miskin tetap bisa bersekolah dan tidak putus sekolah."Besarnya bantuan masih akan dihitung, begitu pun banyaknya siswa miskin penerima bantuan masih diverifikasi," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Jakarta, Rabu (29/1). Adapun bantuan untuk siswa SMP yang miskin sementara ini direncanakan disalurkan lewat sekolah.

...dst

14 ) Guru Honorer Jadi PNS Hanya 30% 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/473985/

Thursday, 01 March 2012
DEPOK– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan hanya 30% guru honorer dari total 650.000 tenaga honorer yang akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Wamendikbud bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, kebijakan ini diambil sesuai kemampuan anggaran. Jika diangkat semua, uang negara tidak cukup untuk membiayai gaji mereka. "Formasi yang akan diangkat menjadi PNS memang tanggung jawab Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), tetapi Kemendikbud meminta hanya 30% dan diseleksi melalui uji kompetensi," ungkapnya pada penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Depok, Jawa Barat,kemarin.

...dst

15 ) Wah...95 Persen PNS Indonesia tak Kompeten
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/03/01/m06ke8-wah95-persen-pns-indonesia-tak-kompeten

Kamis, 01 Maret 2012 07:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Sekitar 95 persen dari total 4,7 juta pegawai negeri sipil di Indonesia tidak memiliki kompetensi di bidangnya, kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar. "Dari jumlah tersebut, sekitar 50 persen pegawai negeri sipil (PNS) berbagai golongan belum memiliki kapasitas," katanya usai penandatanganan Pakta Integritas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Yogyakarta. Menurut dia, banyaknya PNS yang tidak memiliki kompetensi dan kapasitas tersebut disebabkan jumlah lapangan kerja dan angkatan kerja tidak seimbang. Dalam setahun hanya sekitar 100.000 formasi PNS yang disediakan, sedangkan angkatan kerja mencapai tiga juta orang. "Oleh karena itu, ke depan PNS harus dipilih yang benar-benar memiliki daya saing yang bagus dan mempunyai kemampuan. Selama ini PNS yang diterima setiap tahun sekitar 60.000 orang," katanya.

...dst

16 ) Awas Manipulasi Verifikasi Honorer
Menanti Janji Pemerintah Sahkan RPP April
http://www.jpnn.com/read/2012/03/01/119068/Awas-Manipulasi-Verifikasi-Honorer-

Kamis, 01 Maret 2012 , 06:27:00
JAKARTA - Pemerintah memasang target pengesahan RPP (rancanan peraturan pemerintah) tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS bulan depan. Sebagian tenaga honorer menilai, ada persoalan besar yang harus diperhatikan pemerintah pasca pengesahan RPP tersebut. Yaitu potensi praktek kecurangan atau manipulasi dalam proses verifikasi. Kekhawatiran tersebut diantaranya dipaparkan Dewan Kehormatan Honorer Indonesia (DKHI) sebelum bertemu perwakilan Kementerian Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) di Jakarta kemarin (29/2)

...dst

17 ) Jumlah Mahasiswa Dunia Capai 262 Juta Pada 2025
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584893/jumlah-mahasiswa-dunia-capai-262-juta-pada-2025

Kamis, 01 Maret 2012 08:02 wib
JAKARTA - Jumlah warga dunia yang mengenyam pendidikan tinggi diperkirakan mencapai 262 juta atau meningkat dua kali lipat pada 2025. Mayoritas pertumbuhan ini terjadi di negara yang sedang berkembang, di mana setengahnya berada di China dan India. 
Pada tahun yang sama, jumlah warga dunia yang menempuh pendidikan di luar negeri akan meningkat menjadi delapan juta atau hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun ini. Dalam buku terbaru konsultan pendidikan tinggi Bob Goddard bertajuk Membuat Perbedaan: Pendidikan Internasional Australia, Menelusuri Sejarah Mahasiswa Asing yang Terdaftar di Lembaga Pendidikan Australia dijelaskan, peningkatan ini terjadi karena jumlah anak muda yang memasuki puncak usia pendidikan semakin banyak seiring dengan tingkat partisipasi yang meningkat tajam.

...dst

Berita Edukasi 29 Feb 2012

1 ) MK : UGM Medan Kampus Bodong
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/29/m0526y-mk-ugm-medan-kampus-bodong

Rabu, 29 Pebruari 2012 12:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Generasi Muda (UGM) Medan dan Akademi Perkebunan yang mengklaim sudah meluluskan 40 ribu sarjana sejak tahun ajaran 1986-1987 dinyatakan sebagai kampus bodong oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Ini lantaran mereka tidak memiliki ijin menyelenggarakan pendidikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 71 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Permohonan uji materiil (judicial review) diajukan oleh Ketua Dewan Pembina UGM Medan Dj Siahaan dan Rektor UGM Medan Husni Husin. Mereka menilai Pasal 71 yang memuat sanksi pidana dan denda bagi penyelenggara satuan pendidikan yang didirikan tanpa izin pemerintah atau  pemerintah daerah bertentangan dengan UUD 1945. Hakim konstitusi Muhammad Alim mengatakan, Pasal 71 UU Sisdiknas, mengandung makna bahwa negara dapat mengatur  agar pendidikan diselenggarakan dengan benar dan bertanggung jawab sesuai amanat konstitusi. Menurut Alim, negara juga berkewajiban untuk melindungi hak-hak warga negara agar mendapatkan kepastian hukum mengenai statusnya dalam jenjang pendidikan formal yang diikutinya dalam suatu unit pendidikan.

...dst

2 ) Kemdikbud Akan Dirikan Indonesian Studies di Beberapa Negara
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/276

02/29/2012
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mendirikan Indonesian Studies di beberapa negara strategis. Indonesian Studies didirikan sebagai bagian dari diplomasi kultural (cultural diplomacy), sesuai rekomendasi dari hasil Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012. Hal tersebut diungkapkan Mendikbud Mohammad Nuh dalam jumpa pers usai mendengarkan arahan dari Wapres, pada Selasa, (28/02), di Bojongsari, Depok. Dalam pembahasan mengenai kebudayaan di RNPK 2012, ada masukan-masukan penting mengenai bagaimana menjalin dan memperkuat hubungan dengan negara lain melalui strategi budaya. Salah satu caranya dengan mendirikan Indonesian Studies di beberapa negara. Namun karena masih dalam pembahasan, belum ada kesepakatan negara mana saja yang akan menjadi sasaran. "Mengapa masuk wilayah kebudayaan? Karena bendera yang dipakai untuk dijadikan bahan kajian Indonesian Studies itu, yang atraktif adalah yang terkait dengan budaya," ujar Menteri Nuh.

...dst

3 ) Mendikbud: Tulis Jurnal Ilmiah Tak Berkekuatan Hukum
http://news.detik.com/read/2012/02/28/115849/1853339/10/mendikbud-tulis-jurnal-ilmiah-tak-berkekuatan-hukum

Selasa, 28/02/2012 11:58 WIB
Jakarta - Mendapat keberatan di sana-sini, Kemendikbud memperlunak kebijakan makalah ilmiah sebagai syarat lulus sarjana. Syarat itu tidak berkekuatan hukum. Yang jelas, menulis karya ilmiah merupakan kesadaran dari sarjana perguruan tinggi. "Kami tidak harus buat permen (peraturan menteri). Tapi seandainya kesadaran tadi kita sampaikan itu untuk mendekatkan nilai akademik agar dituangkan di dalam aturan perguruan tinggi," ujar Mendikbud di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemdikbud di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2/2012). Menurut Mendikbud, menulis jurnal ilmiah itu sebenarnya tugas dari sarjana perguruan tinggi. Sudah seharusnya pula sarjana itu bisa menulis.

...dst

4 ) Syarat Kelulusan
Kewajiban Publikasi Karya Ilmiah Dibatalkan?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/28/08094149/Kewajiban.Publikasi.Karya.Ilmiah.Dibatalkan

Selasa, 28 Februari 2012 | 08:09 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tampaknya mulai melunak terkait kewajiban publikasi jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan S-1, S-2, dan S-3. Ketentuan itu diedarkan melalui surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada 27 Januari. Pro dan kontra datang dari kalangan perguruan tinggi. Pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Senin (27/2/2012), menyiratkan bahwa ketentuan tersebut hanya bersifat dorongan. Nuh mengatakan, surat edaran Ditjen Dikti memang tak memiliki kekuatan hukum. "Surat edaran Dikti memang tidak ada kekuatan hukum. Tapi kita mendorong ke arah sana," kata Nuh kepada para wartawan di sela-sela Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK), di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Bojongsari, Depok, Senin (27/2/2012).

...dst

5 ) Kemenag Dukung Kebijakan Jurnal Ilmiah
http://www.jpnn.com/read/2012/02/28/118914/Kemenag-Dukung-Kebijakan-Jurnal-Ilmiah-

Selasa, 28 Februari 2012 , 22:23:00
JAKARTA - Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Nur Syam mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mewajibkan para sarjana S1, S2, dan S3 menyusun jurnal ilmiah. Menurutnya, hal itu merupakan langkah baik bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia."Saya apresiasi adanya kebijakan jurnal ilmiah untuk sarjana S1, S2, dan S3. Karena itu tentunya didasari oleh kemampuan mahasiswa itu sendiri," ungkap Nur Syam kepada JPNN di Jakarta, Selasa (28/2). Nur Syam mengakui, Indonesia memang kalah jauh apabila dibandingkan negara lainnya dalam hal penyusunan jurnal ilmiah. Maka dari itu, lanjut dia, harus ada sesuatu yang dilakukan oleh Indonesia untuk bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas jurnal ilmiah. "Jadi secara ideal, memang saya sangat mendukung pikiran Mendikbud untuk meningkatkan jurnal ini," imbuhnya.

...dst

6 ) Tak Publikasi Karya Ilmiah
IPK 4 Belum Tentu "Cum Laude"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/28/08225474/IPK.4.Belum.Tentu.Cum.Laude

Selasa, 28 Februari 2012 | 08:22 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, kewajiban publikasi ilmiah sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 yang dituangkan dalam surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tidak memiliki kekuatan hukum dan hanya bersifat dorongan. Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) Idrus Paturusi juga mempertegas bahwa surat tersebut hanya upaya untuk mendorong budaya menulis. Tak ada sanksi bagi mahasiswa yang tak memublikasi karya ilmiahnya. Akan tetapi, kata Idrus, meski tak ada sanksi, akan ada perbedaan predikat kelulusan antara mahasiswa yang memublikasi karya ilmiahnya dengan mahasiswa yang tak melakukannya.

...dst

7 ) Publikasi Karya Ilmiah Beratkan Guru
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584437/publikasi-karya-ilmiah-beratkan-guru

Rabu, 29 Februari 2012 10:40 wib
SEMARANG – Para guru yang saat ini tengah menempuh pendidikan sarjana strata satu (S-1) dikhawatirkan terbebani dengan adanya kewajiban penerbitan karya ilmiah dalam jurnal ilmiah.Menurut Ketua Persatuan Guru Swasta Jateng M Zen, para guru akan kesulitan menyelesaikan S-1 sebagai kualifikasi dalam mengajar di sekolah.  Syarat tersebut justru membebani para guru untuk mengikuti proses sertifikasi karena kualifikasi S-1 mereka belum terpenuhi. "Di Indonesia, ada sekira 1,2 juta guru yang belum atau saat ini masih dalam proses menyelesaikan pendidikan S-1," ujar M Zen kemarin.Padahal, lanjutnya, di satu sisi pemerintah telah menargetkan selesainya proses sertifikasi guru pada 2014. "Seperti diketahui, kualifikasi S-1 itu menjadi syarat utama bagi guru yang ikut proses sertifikasi guru," paparnya.

...dst

8 ) Calon Sarjana Tak Bisa Bikin Jurnal, Malu Dong!
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/583983/calon-sarjana-tak-bisa-bikin-jurnal-malu-dong

Selasa, 28 Februari 2012 14:47 wib
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh pun mengaku, tidak perlu menerbitkan aturan untuk menerapkan sanksi hukum bagi para mahasiswa yang tidak membuat dan mempublikasikan karya ilmiah.Sebab, menurutnya, setiap calon sarjana seharusnya sudah bisa membuat jurnal. Jika tidak, kata dia, calon sarjana tersebut harus merasa malu dan sungkan."Jurnal tak perlu pakai sanksi hukum, tapi kesadaran. Sekarang ibaratnya kita ke pesta pernikahan, tapi pakai kaos oblong dan sandal jepit. Jadi, harusnya mahasiswa malu dong kalau tak bisa menulis karya ilmiah di jurnal," kata Nuh kepada wartawan dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2012 di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusdiklat Pegawai) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bojongsari, Depok, Selasa (28/2/2012).

...dst

9 ) Unpad Bersiap Laksanakan Kewajiban Karya Ilmiah
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/583870/unpad-bersiap-laksanakan-kewajiban-karya-ilmiah

Selasa, 28 Februari 2012 14:16 wib
JAKARTA - Di tengah polemik kewajiban karya ilmiah sebagai syarat kelulusan, Universitas Padjadjaran (Unpad) justru tengah bersiap melaksanakan instruksi tersebut. Pembantu Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Pengawasan Unpad, Prof. Tarkus Suganda menjelaskan, saat ini, pihak universitas tengah merumuskan aturan dan format khusus yang dapat mengakomodasi kebijakan Ditjen Dikti Kemendikbud mulai Agustus mendatang. "Unpad akan mempersiapkan berbagai upaya terkait penerapan kebijakan tersebut sekaligus meningkatkan kuantitas dan kualitas jurnal ilmiah yang sudah ada di lingkungan Unpad saat ini," kata Tarkus seperti dinukil dari situs Unpad, Selasa (28/2/2012).

...dst

10 ) Hmm..Jasa Skripsi 'Hanya' Rp35.000!!
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/28/m03oi3-hmmjasa-skripsi-hanya-rp35000

Selasa, 28 Pebruari 2012 18:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MARGAHAYU --Penjualan skripsi yang makin marak di dunia maya membuat harga skripsi dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 35.000. Penjualan skripsi dengan harga tersebut dapat ditemukan di salah satu situs jual beli dalam negeri. Penjual skripsi yang menggunakan identitas `witjeaxe' di situs tersebut menawarkan berbagai macam skripsi dari berbagai jurusan. Dari mulai akuntansi, sastra, ekenomi, hukum, manajemen, psikologi hingga jurusan tarbiyah. Di jelaskan di kolom witjeaxe bahwa skripsi tiap jurusan tersebut terdiri dari 50 file skripsi lengkap dari bab satu hingga bab lima. Ia juga menawarkan gratis untuk ongkos kirim apabila pelanggan menginginkan transaksi melalui pos. Cara pemesanan yang ditawarkan pun cukup mudah, pembeli hanya perlu sms ke nomor yang terpampang di akun witjeaxe dan melakukan transfer sebesar Rp 35.000 ke rekening witjeaxe.

...dst

11 ) 'Ijazah' Kampus Singapura Dijual Online
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/583897/ijazah-kampus-singapura-dijual-online

Selasa, 28 Februari 2012 16:00 wib
SINGAPURA - Penjualan ijazah palsu beberapa perguruan tinggi swasta terkenal di Singapura, dilaporkan terjadi di dunia maya. 
Dalam aksinya, para penjual mengklaim dapat memberikan sertifikat untuk program apa pun, bersamadengan dokumen pendukung seperti transkrip dengan nilai yang bagus. Namun, ini semua membutuhkan biaya mahal karena beberapa ijazah dihargai  10 ribu dolar Singapura atau setara dengan Rp73 juta (Rp7,308 per dolar Singapura). Iklan yang dipasang di satu forum online China mengklaim, mereka dapat membantu mahasiswa yang takut tidak lulus dan menghasilkan ijazah dengan nilai bagus.Ijazah yang ditawarkan berasal dari `perguruan tinggi' Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan universitas afiliasi yang tersedia di pasar gelap. Namun MDIS mengaku tidak menyadari hal ini. Atas hal ini, MDIS pun melakukan pemeriksaan dan memberitahu ke kepolisian.

...dst

12 ) E-Monitoring Pendidikan untuk Pantau Kinerj
http://www.pikiran-rakyat.com/node/178718

Selasa, 28/02/2012 - 17:47
DEPOK, (PRLM).- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan e-Monitoring Pendidikan. Peluncuran dilakukan pada hari kedua Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK), di Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Sawangan, Depok, Selasa (28/2/12). "E-Monitoring Pendidikan merupakan aplikasi yang dibangun secara online (daring) di seluruh Indonesia untuk memantau setiap program pendidikan," ujar Mendikbud Mohammad Nuh, kepada pers di ruang Fatahillah, Pusdiklat Kemdikbud di Sawangan Depok Jabar, Selasa (28/2). Menurut Nuh, e-Monitoring ini digunakan sebagai sistem pelaporan elektronik untuk melihat pencapaian target kinerja dan penyerapan anggaran.

...dst

13 ) BSM Belum Menyentuh Seluruh Siswa Miskin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/29/09553124/BSM.Belum.Menyentuh.Seluruh.Siswa.Miskin

Rabu, 29 Februari 2012 | 09:55 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto mengatakan, Bantuan Siswa Miskin (BSM) akan terus digulirkan karena dinilai dapat mengedepankan kepentingan siswa miskin yang ingin bersekolah. Saat ini, BSM telah
menyentuh 14 persen dari seluruh jumlah siswa miskin di Indonesia. Menurutnya, selain cakupan jumlah penerima BSM diperluas, nilai uang yang diterima siswa juga akan terus ditambah. Hal ini sebagai antisipasi pemerintah dalam menghadapi kondisi keluarga yang taraf kehidupannya terpengaruh oleh kenaikan harga bahan bakar minyak dan sembilan bahan pokok.

...dst

14 ) Kurikulum Akuntansi bakal Mengacu Kompetensi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/28/301951/293/14/-Kurikulum-Akuntansi-bakal-Mengacu-Kompetensi

Selasa, 28 Februari 2012 22:37 WIB   
JAKARTA--MICOM: Kurikulum S-1 akuntansi harus diubah mengacu kepada basis kompetensi dan akademik serta soft skill untuk mempersiapkan lulusan di pasar bebas tenaga kerja pada 2015 mendatang. ''Itu penting agar tenaga kerja dari Indonesia lulusan akuntansi dapat bersaing dengan tenaga kerja asing lain,'' kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana (UMB) Wiwik Utami, di sela lokakarya nasional bertema Kurikulum S-1 Akuntansi Berbasis Kompetensi Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, di Kampus UMB, Jakarta, Selasa (28/2). Menurut Wiwik yang juga Ketua Penyelenggara Seminar Lokakarya itu, arah pengubahan kurikulum ditujukan pada implementasi akuntansi dalam lintas negara. Sebab, selama ini kebanyakan kurikulum hanya mengacu pada teori. Rektor UMB Arissetyanto Nugroho menambahkan revisi kurikulum yang bakal mengacu pada KKNI ini, ada 9 level KKNI. Sembilan level itu melengkapi kurikulum yang selama ini berada pada tataran 6 level.

...dstg

15 ) Peringkat web institusi dilakukan di IPB
http://www.antaranews.com/berita/299110/peringkat-web-institusi-dilakukan-di-ipb

Selasa, 28 Februari 2012 08:26 WIB
Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 26 Kepala Humas perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dan sejumlah lembaga pemerintahan dan non lembaga mengikuti Seminar Nasional Pemeringkatan Web Institusi di Institut Pertanian Bogor (IPB).  Universitas Hasanuddin (Unhas) termasuk salah satu perguruan tinggi negeri yang hadir dalam acara yang dibuka Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof Anas M. Fauzi, di IPB International Convention Centre (IITC) Botani Square Bogor, demikian kata Kepala Humas Unhas Makassar M Dahlan Abukakar melalui telepon selularnya Bogor-Makassar, Senin. Anas Fauzi mengatakan, seminar nasional tentang pemeringkatan web institusi ini pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Kegiatan ini diilhami dengan kegiatan serupa Mei 2011 di Madrid, Spanyol yang dilaksanakan UNESCO.

...dst

16 ) Game Virtual Pet UGM Diunduh 8.000 Orang Per Hari
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/583701/game-virtual-pet-ugm-diunduh-8-000-orang-per-hari

Selasa, 28 Februari 2012 10:41 wib
DUA mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Rifauddin Tsalitsy dan Fauzan Sandy berhasil menyabet gelar juara pertama dalam kompetisi Mobile Games Developer War 2 tingkat nasional di Jakarta, belum lama ini. Tergabung dalam tim Creacle, keduanya menjadi juara setelah games mereka berjudul Virtual Pet menjadi permainan yang paling banyak diunduh para pengguna game dari berbagai belahan dunia. Jumlahnya mencapai 153.840 unduhan, dan unggul dibandingkan games peserta lainnya.

...dst

17 ) Alumni Unair Ubah Sampah Jadi Biogas & Bensin
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584476/alumni-unair-ubah-sampah-jadi-biogas-bensin

Rabu, 29 Februari 2012 11:02 wib
TEKNOLOGI pengelolaan sampah terus berkembang. Selain pupuk, para ahli dan pemerhati lingkungan kini sedang berupaya keras memanfaatkan sampah untuk hal lain, salah satunya bahan bakar. Ini pula yang dilakukan aktivis Sahabat Lingkungan Mojokerto Satrijo Wiweko yang berhasil mengolah sampah menjadi biogas dan bensin. Di tangan Koko, sapaan akrabnya, sampah organik dan anorganik bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.Jenis sampah organik rumah tangga disulap Koko menjadi biogas. Dengan biaya yang relatif murah dan proses yang mudah, biogas tersebut bisa dimanfaatkan untuk memasak. Untuk membuat biogas, sampah organik berupa dedaunan, kulit buah, sisa nasi, dan lainnya, dimasukkan dalam drum plastik. Untuk lingkup rumah tangga, cukup dengan menggunakan tiga drum yang masing-masing terhubung melalui pipa.

...dst

18 ) Biaya Kuliah Mahal, Mahasiswa PTN Nekat Curi Laptop
http://regional.kompas.com/read/2012/02/29/0006510/Biaya.Kuliah.Mahal.Mahasiswa.Nekat.Curi.Laptop.

Rabu, 29 Februari 2012 | 00:06 WIB
MALANG, KOMPAS.com — Berdalih tak punya uang untuk membayar kuliah, Dedy Oktaviano (24) nekat mencuri laptop mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Kota Malang, Jawa Timur. Warga Dusun Glatik, RT 04 RW 04, Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, ini juga menyikat TV LCD dengan alasan yang sama...cut..."Saya memang terpaksa curi laptop. Sudah mencuri empat kali, tiga laptop dan satu TV LCD itu. Rencana mau dijual untuk biaya kuliah. Saya sudah sejak 2010 tak dibiayai keluarga karena saya ingin mandiri, dan biaya kuliah cukup mahal," kata Dedy yang duduk di semester X jurusan peternakan di universitas negeri terkemuka di Malang. Dedy mengaku, ia sebenarnya ingin cepat lulus dan mencari kerja. Karena kondisi keluarga yang tak mampu, kuliahnya pun bertambah lama.

...dst

19 ) Dosen UI Ramaikan Bursa Rektor UGM
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/583695/dosen-ui-ramaikan-bursa-rektor-ugm

Selasa, 28 Februari 2012 10:18 wib
YOGYAKARTA – Meski nama-nama para bakal calon (balon) rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) belum fix, ada satu dosen Universitas Indonesia (UI) mengambil formulir balon rektor.Ketua Panitia Ad Hoc (PAH) Pemilihan Rektor UGM Supama menuturkan, berdasarkan data pengambilan formulir, utusan yang datang bukan hanya dari internal UGM, namun juga dari perguruan tinggi lain, salah satunya dari UI. Secara resmi utusan UI mengambil satu formulir balon rektor. "Namun untuk siapa formulir tersebut, kami belum mengetahuinya," ujar Supama. Sedangkan dari internal UGM, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) merupakan utusan yang paling banyak mengambil formulir pemilihan rektor, yakni lima bendel formulir. Tapi sebagaimana utusan UI, untuk siapa saja formulir tersebut, Majelis Wali Amanah (MWA) juga tidak mengetahuinya.

...dst

20 ) Eksekusi Trisakti Gagal Diduga Ada Skenario
http://www.jpnn.com/read/2012/02/28/118904/Eksekusi-Trisakti-Gagal-Diduga-Ada-Skenario-

Selasa, 28 Februari 2012 , 19:20:00
JAKARTA--Gagalnya proses eksekusi terhadap sembilan orang yang ditetapkan di dalam Putusan Mahkamah Agung (MA) terkait kasus pengelolaan Universitas Trisakti diduga karena adanya skenario khusus. Kesembilan orang yang dimaksud, antara lain, Prof Dr Thobby Mutis, Advendi Simanngunsong SH, MH. Prof Dr HA Prayitno, dr.Sp.Kj. Drs Imanuel Bonjol Siagian, Mh. Prof. Drs Yuswar Z Basri. H.i Komang Sukarsa. H. Endar Pulungan. Endyk M Asror. Hein Wangania SH,MH.
Kuasa Hukum Yayasan Trisakti, Patra M Zen mengingatkan agar sembilan orang yang segera dieksekusi oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat tidak lagi berlindung dengan melemparkan issue-issue yang tidak jelas dan mengaburkan kebenaran.

...dst

21 ) Bangun Desa, Cara ITS Mengabdi ke Masyarakat
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/583873/bangun-desa-cara-its-mengabdi-ke-masyarakat

Selasa, 28 Februari 2012 17:08 wib
JAKARTA - Program tiga tahunan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini merupakan terobosan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program yang diusung Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) BEM ITS itu bertajuk ITS Bangun Desa. Menteri Riset dan Teknologi (menristek) BEM ITS Dhanar Such Rufi Fajri menjelaskan, ITS Bangun Desa merupakan program kegiatan membangun sebuah desa atau kampung binaan. "Nantinya, ini akan menjadi salah satu perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi ITS yakni pengabdian masyarakat," kata Danar seperti disitat dari laman ITS Online, Selasa (28/2/2012).

...dst

22 ) Unair Jalin Kerja Sama dengan PPATK
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584513/unair-jalin-kerja-sama-dengan-ppatk

Rabu, 29 Februari 2012 11:34 wib
SURABAYA - Membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperdalam ilmu keuangan, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menggandeng Pusat Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk bekerja sama.Wakil Rektor I Unair Syachrani menyebutkan, dari sebanyak13 fakultas yang ada di Unair mugkin hanya beberapa fakultas yang memiliki keterkaitan dengan PPATK. Di antaranya, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Ilmu Budaya."PPATK ini bisa menjadi bahan skripsi, tesis bahkan disertasi. Saya berharap mahasiswa dapat memanfaatkan semaksimal mungkin kerja sama ini," ujar Syachrani.

...dst

23 ) Mahasiswa FEB UGM Bisa Kuliah Teleconference
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584455/mahasiswa-feb-ugm-bisa-kuliah-teleconference

Rabu, 29 Februari 2012 10:39 wib
YOGYAKARTA - Pernahkah terbayang di benakmu untuk mengikuti kuliah umum di auditorium kampus secara teleconference? Tidak hanya itu, pada saat yang sama pemberi kuliah pun tidak hanya satu, bahkan berasal dari berbagai daerah dan negara. Kecanggihan ilustrasi kuliah umum seperti itulah yang akan dirasakan para mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM). Melalui auditorium baru sumbangan perusahaan swasta itu, mahasiswa FEB UGM bisa memanfaatkan auditorium beserta kelengkapan sarana belajarnya.

...dst

24 ) Mulai Semester Ini, Mahasiswa Unpad Bisa Kuliah Online
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/584270/mulai-semester-ini-mahasiswa-unpad-bisa-kuliah-online

Rabu, 29 Februari 2012 09:03 wib
JAKARTA - Menyusul proses registrasi kemahasiswaan yang dilakukan secara online, mulai semeseter ini Universitas Padjajaran (Unpad) turut meresmikan Program Kuliah Online Terintegrasi di lingkungan Unpad. Hal ini diungkapkan Pembantu Rektor Bidang Akademik Unpad Husein Hernadi Bahti. "Mulai semester ini, mata kuliah yang diberikan di berbagai fakultas akan diberikan secara terintegrasi. Tentu program ini sejalan dengan program besar Unpad, yaitu melaksanakan dan memanfaatkan teknologi informasi. Registrasi online beberapa waktu lalu alhamdulillah telah berhasil, hal berikutnya yang kita lakukan adalah mengadakan kuliah online secara terintegrasi," kata Husein seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (29/2/2012).

...dst

25 ) Kursi Peserta Kosong
Halo, Ke Mana "Kaburnya" Peserta Rembuknas Pendidikan?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/28/17471133/Halo.Ke.Mana.Kaburnya.Peserta.Rembuknas.Pendidikan.

Selasa, 28 Februari 2012 | 17:47 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Kursi kosong terlihat mencolok dalam penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan yang berlangsung di Gedung Garuda Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2/2012) sore. Peserta yang masih bertahan mengikuti acara penutupan tak sampai setengahnya. Kursi-kursi yang tersedia pun tak "berpenghuni".Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim, yang menutup RNPK 2012 menyayangkan hal ini. Ia berharap, hal ini menjadi peristiwa terakhir di mana banyak peserta yang tidak menghadiri acara penutupan RNPK.

...dst

26 ) Hasil Sementara
Rembuknas Pendidikan: RSBI Akan Tetap Ada
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/28/12170922/Rembuknas.Pendidikan.RSBI.Akan.Tetap.Ada

Selasa, 28 Februari 2012 | 12:17 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Eksistensi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) hingga saat ini masih menimbulkan pro dan kontra. Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun mengagendakan pembahasan mengenai "nasib" RSBI. Apa hasilnya? Hasil sementara Rembuknas menyimpulkan bahwa RSBI akan tetap hidup. Hampir seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota menilai, RSBI merupakan program penting dalam peningkatan mutu pendidikan nasional.

...dst

27 ) Jadi PNS Akan Makin Sulit
http://nasional.kompas.com/read/2012/02/28/2213348/Jadi.PNS.Akan.Makin.Sulit

Selasa, 28 Februari 2012 | 22:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah tengah mematangkan Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) yang antara lain akan memperketat perekrutan pegawai negeri sipil (PNS). Penerimaan PNS akan dilakukan secara terpusat sehingga tidak ada kepala daerah atau pemimpin kementerian serta lembaga yang secara sepihak memasukan pegawai sendiri."Penerimaan PNS memang akan semakin sulit. Mereka harus lolos sertifikasi dua tingkatan yang dilakukan secara terpusat," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasodjo kepada Kompas di Jakarta, Selasa (28/2/2012). Menurut Eko, setiap orang bisa mengikuti tes sertifikasi menjadi PNS. Mereka akan dites kemampuan dasar (soft skill), dan jika ingin posisi tertentu mereka pun wajib lolos dari tes kemampuan khusus (hard skill). Keduanya akan melahirkan sertifikat yang berlaku secara nasional.

...dst

28 ) Cirebon Butuh PTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/29/373/584433/cirebon-butuh-ptn

Rabu, 29 Februari 2012 10:19 wib
CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon berencana untuk membangun perguruan tinggi negeri (PTN). Kebutuhan PTN ini dinilai untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Cirebon. Wali Kota Cirebon Subardi mengatakan, keberadaan PTN menjadi sesuatu yang dibutuhkan. Saat ini, Kota Cirebon baru memiliki Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati. Dia menyebutkan, rencana pembangunan itu akan dilakukan dengan mekanisme kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Diharapkan, kerja sama itu bisa segera terwujud.

...dst

29 ) Geng Pencil IPB Tebar Semangat Menulis
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/28/373/583750/geng-pencil-ipb-tebar-semangat-menulis

Selasa, 28 Februari 2012 12:08 wib
JAKARTA - Geng yang satu ini tidak meresahkan masyarakat dengan berbagai aksi ugal-ugalan. Geng Pencil justru memusatkan kegiatannya pada hal-hal positif. Bermarkas di Desa Dramaga Kabupaten Bogor, Geng Pencil merekrut anak-anak usia sekolah dasar (SD) untuk belajar menulis. Pencil sendiri merupakan akronim dari Penulis Cilik. Adalah Ludyah Annisah, Muhjah Fauziyah, Qiyamuddin Robbani, Rudi Hartomo, dan Septian Maulana, lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor  (IPB) yang menginisiasi pembentukan Geng Pencil. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Ditjen Dikti Kemendikbud 2011 lalu, mereka mencoba membidani kelahiran perpustakaan di Desa Dramaga sebagai media cinta membaca dan menulis bagi masyarakat sekitar, terutama di kalangan anak-anak.

...dst

30 ) Kemdikbud Siapkan Uji Kompetensi Dasar Guru Honorer
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/275

02/29/2012
Depok - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diminta untuk siapkan uji kompetensi dasar bagi guru honorer. Permintaan tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dalam rangka menyeleksi guru honorer yang akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Demikian terungkap pada jumpa media yang dilakukan oleh Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, di Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Bojongsari, Depok, Selasa (28/02). "Kalau formasi MenPAN yang menetapkan, kita diminta untuk lakukan seleksi kompetensi," ujar mantan Rektor Unand ini.

...dst

31 ) Kebijakan Sentralisasi Guru Masih Perlu Kajian Mendalam
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/274

02/29/2012
Depok - Kebijakan sentralisasi maupun desentralisasi guru memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun di kebanyakan daerah, sentralisasi guru menjadi kebutuhan, untuk mencapai pemerataan distribusi guru, terutama di daerah. Demikian yang terungkap saat jumpa pers yang dihadiri Plt. Dirjen Pendidikan Dasar, Suyanto, didampingi tiga pejabat dinas pendidikan daerah, yaitu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT, serta Kepala Bidang Program Perencanaan dan Standarisasi Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi DI Yogyakarta. Jumpa pers tersebut berlangsung Selasa siang, di hari terakhir Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012, di Bojongsari, Depok, (28/02).

...dst

32 ) Radio Kampus Lima Bahasa Mengudara
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/29/178711/Radio-Kampus-Lima-Bahasa-Mengudara

29 Feb 2012
DUA penyiar, Aibi Johar dan Santika Tugu Muda menyapa pendengar dengan kenes ala anak muda. Di ruang siar berukuran 4 x 5 meter itu mereka juga ditemani beberapa anak yang turut mengantarkan acara dengan menggunakan lima bahasa, yakni Indonesia, Inggris, Jawa, Prancis, dan Jepang. Ya, suasana tersebut tergambar saat peluncuran radio Fourteenfm.com milik SMA 14 Semarang, belum lama ini. Radio yang dipancarkan melalui streaming internet ini merupakan hasil kerja para siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler broadcasting dan guru sekolah tersebut.

...dst

33 ) Penggunaan Dana BOS Diperketat
http://www.jpnn.com/read/2012/02/29/118920/Penggunaan-Dana-BOS-Diperketat-

Rabu, 29 Februari 2012 , 00:29:00
MAKASSAR - Penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) tahun ini diperketat. Pertanggungjawaban pemakaian dana bahkan harus dilaporkan setiap hari. Dinas Pendidikan Sulsel mewajibkan setiap sekolah mengumumkan penggunaan anggaran dalam papan pengumuman. Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Andi Patabai Pabokori, Senin (27/2) mengatakan, Dinas Pendidikan Sulsel sudah melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan dana bos dan mekanisme pertanggungjawabannya.

...dst

34 ) BOS di Papua Lebih Rendah Dari Biaya Hidup
http://www.jpnn.com/read/2012/02/28/118903/BOS-di-Papua-Lebih-Rendah-Dari-Biaya-Hidup-

Selasa, 28 Februari 2012 , 19:14:00
DEPOK--Meskipun dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah dinaikkan hingga mampu mengcover biaya pendidikan 100 persen, ternyata tak sepenuhnya dapat dirasakan oleh para siswa atau peserta didik di propinsi Papua. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) propinsi Papua, James Modouw mengatakan, hal tersebut disebabkan karena ada beberapa daerah di Papua yang biaya hidupnya sangat tinggi. Sehingga, unit cost untuk pendidikannya bisa dua puluh kali lipat lebih tinggi dibanding unit cost yang ditetapkan pemerintah.

...dst

35 ) Pemerintah Janjikan Rp14 Miliar bagi Tenaga Inovatif
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/29/301899/293/14/-Pemerintah-Janjikan-Rp14-Miliar-bagi-Tenaga-Inovatif

Rabu, 29 Februari 2012 00:26 WIB   
PALEMBANG--MICOM: Kementerian Riset dan teknologi mendorong pemerintah daerah untuk kreatif dan inovatiF memanfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Pemerintah menjanjikan insentif hingga Rp14 miliar bagi tenaga inovatif di wilayah Sumatra. Menteri negara Riset dan teknologi Gusti Muhammad Hatta, mengatakan pihaknya akan membagi-bagi kawasan unggulan berdasarkan potensi tiap-tiap daerah. Dia mencontohkan untuk wilayah Sumatra selatan akan dijadikan pusat penelitian dan pengembangan karet dan sawit unggul.

...dst

OOT: Sikap Terpuji

36 ) Pelayan Tumpahkan Bir ke Pundak Angela Merkel
http://internasional.kompas.com/read/2012/02/28/11044093/Pelayan.Tumpahkan.Bir.ke.Pundak.Angela.Merkel

Selasa, 28 Februari 2012 | 11:04 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Seorang pelayan secara tidak sengaja menumpahkan lima gelas bir di punggung Kanselir Jerman, Angela Merkel. Adegan yang terjadi pada pertemuan Demmin Christian Democratic Union minggu lalu itu tertangkap kamera. Rekaman video peristiwa itu menunjukkan pelayan berusia 21 tahun yang hanya dikenal sebagai Martin D meneriakkan kata umpatan saat gelas-gelas bir itu tergelincir dari nampannya dan tumpah ke arah pemimpin Jerman tersebut.Merkel pada awalnya tampak terkejut saat minuman dingin itu mengalir di punggungnya. Namun, dia terlihat dengan cepat kembali tenang dan kemudian mengangkat segelas bir untuk bersulang.

...dst


Berita Edukasi 28 Feb 2012



1 ) Majelis Rektor PTN Akan Buat Jurnal Rektor Indonesia

02/27/2012
Depok - Publikasi karya ilmiah masuk ke dalam kebijakan strategis yang dibahas pada Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini. Dipilihnya kebijakan publikasi karya ilmiah ini sebagai bentuk keprihatinan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh terhadap jiwa meneliti yang dimiliki mahasiswa baik dari jenjang Sarjana hingga Doktor. Diharapkan dengan dibangunnya kembali jiwa meneliti, mahasiswa dapat menjadi motor penggerak bagi pendidikan tinggi Indonesia. Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) Idris Paturessi mengatakan, penulisan publikasi karya ilmiah tidak harus dimasukkan ke dalam buku, tapi dapat dimasukkan ke dalam website jurnal internasional ataupun website perguruan tinggi yang bersangkutan. "Kalau jurnal-jurnal itu dimasukkan ke website, orang lain dapat mengaksesnya kembali di masa depan, dan akan lebih mudah dilaporkan kalau ada penjiplakan dibanding dengan media kertas," jelas Idriss. Jadi, semua kembali pada komitmen perguruan tinggi sebagai tempat penelitian. Untuk sanksi, mahasiswa yang tidak mampu memasukkan karya ilmiah ke dalam jurnal, maka dapat dilakukan pengurangan indeks prestasi kumulatif. Idriss mencontohkan,"Jika ada mahasiswa S-2 yang mendapat predikat cumlaude tapi tidak menuliskan jurnal ilmiahnya, maka dia hanya berhak predikat memuaskan".

...dst

2 ) Tidak Masuk Jurnal Tetap Lulus

Selasa, 28 Februari 2012 , 06:45:00
DEPOK - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nampaknya mulai melunak mengenai karya ilmiah harus masuk jurnal sebagai syarat kelulusan. Jika sebelumnya, keputusan yang tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Dikti nomor 152/2012 tersebut adalah wajib. Namun, kini sifatnya hanya himbauan atau dorongan kepada perguruan tinggi. Walaupun mahasiswa gagal memasukan karyanya ke jurnal, namun tetap dinyatakan lulus. Hanya saja, saat penilaian akhir di IPK ada pengurangan. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, alasan utama kebijakan tersebut untuk memperbanyak jurnal ilmiah dan karya ilmiah mahasiswa. Saat ini, antara jumlah mahasiswa dengan karya yang dihasilkan tidak sebanding. "Surat edaran dikti memang tidak ada kekuatan hukum. Tapi kita mendorong ke sana," ujar Nuh saat membuka Rembug Nasional di Pusdiklat Kemendikbud, Bojongsari, Depok, kemarin (27/2).

...dst

3 ) Kewajiban Publikasi Ilmiah Tidak Ada Sanksi

Senin, 27 Februari 2012 | 20:18 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Kewajiban memublikasikan karya ilmiah mahasiswa di jurnal ilmiah hanyalah sebagai upaya membangunkan kesadaran perguruan tinggi untuk peduli terhadap publikasi ilmiah Indonesia yang stagnan dan tertinggal jauh dari negara-negara lain. Namun, kewajiban publikasi ilmiah mahasiswa di jurnal ilmiah tidak ada sanksi. "Surat edaran Dirjen Dikti tidak punya kekuatan hukum yang mengikat. Tapi jika semua pada ribut berarti peduli dengan masalah ini. Wajar kalau marah karena dibangunkan akibat perguruan tinggi selama ini 'keenakan tidur', tidak mau bekerja lebih keras, padahal potensi ada," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam acara pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2012 di Depok, Jawa Barat, Senin (27/2/2012).

...dst

4 ) Program Beasiswa Bidik Misi Dinilai Kurang Sosialisasi

Senin, 27/02/2012 - 18:19
NGAMPRAH, (PRLM).- Program Beasiswa Bidik Misi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2010 dinilai kurang tersosialisasikan dengan baik. Akibatnya, program tersebut kurang mengenai sasarannya, yakni sejumlah calon mahasiswa kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang baik. Hal itu disampaikan Dosen Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Dian Indira saat mempresentasikan Beasiswa Bidik Misi di SMAN 1 Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/2). Kegiatan itu diikuti 300 peserta yang terdiri atas guru dan siswa SMA. "Berdasarkankan kunjungan saya ke sekolah-sekolah, masih banyak guru dan siswa yang belum mengetahui program bidik misi ini," katanya. Dian yang juga menjabat sebagai Ketua Kelompok Anak Indonesia Peduli itu mengatakan, program ini seharusnya benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh para siswa SMA yang berlatar belakang ekonomi kurang mampu. Pasalnya, Beasiswa Bidik Misi memberikan keringanan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa.

...dst

5 ) Kemdikbud Tingkatkan Nominal Beasiswa Siswa Miskin

02/27/2012
...cut... Ia menjelaskan, untuk BSM SD naik dari Rp 380.000 menjadi Rp 450.000. "Sementara untuk SMP, dari 580-ribu naik jadi 700-ribuan, dan SMA naik dari 700-ribuan jadi 1-juta," ujarnya. Total anggaran untuk BSM yang sudah masuk APBN 2012 mencapai 3,9 trilyun rupiah. Namun untuk total bantuan pendidikan yang akan dijadikan beasiswa, Kemdikbud sudah memasukkan tambahan sebesar 2 trilyun rupiah ke dalam APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara – Perubahan).  "Jadi total ada lima sampai enam trilyun, termasuk untuk mahasiswa," ujarnya. Tambahan anggaran yang dimasukkan dalam APBN-P ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dapat menimbulkan konsekuensi berupa turunnya daya beli. Menteri Nuh mengatakan, pencairan BSM juga harus sejalan dengan kenaikan BBM. "Seandainya BBM naik 1 April, maka BSM juga harus berjalan bersamaan dengan itu, jadi BSM juga keluar April," tegasnya. (DM).

...dst

6 ) Pemerintah Naikkan Bantuan Siswa Miskin

28 Februari 2012
DEPOK - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana menaikkan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Hal itu dilakukan sebagai langkah percepatan program kerja Kemdikbud tahun 2012 serta antisipasi rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). "Untuk SD yang tadinya Rp 360.000 menjadi Rp 450.000. Untuk SMP, tadinya Rp 580.000 menjadi sekitar Rp 700.000. SMA, SMK, MA, dari Rp 700.000 menjadi Rp 1 juta," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, seusai membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012, di Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Depok, Jawa Barat. Selain menaikkan unit cost, pihaknya juga akan menaikkan jumlah cakupan penerima bantuan siswa miskin. Saat ini penerima bantuan siswa miskin sekitar 12% dari total siswa. "Jumlah penerima akan dinaikkan sekitar 23%. Kalau dulu mencakup siswa miskin, ke depan kami juga akan cover siswa yang hampir miskin," ungkapnya.

...dst

7 ) Beasiswa Cair Sebelum BBM Naik

Senin, 27 Februari 2012 , 15:54:00
DEPOK--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji bahwa beasiswa bagi siswa miskin (BSM) yang disebutkan sebesar Rp 5,9 triliun diupayakan akan cair secepatnya. Hal ini seiring dengan adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada bulan April 2012 mendatang. Karena beasiswa miskin tersebut gabungan antara APBN dan APBNP 2012, maka yang dipastikan cair lebih dulu adalah beasiswa sebesar Rp3,9 triliun yang berasal dari APBN. Sedangkan sisanya akan dicairkan setelah pengesahan APBNP.

...dst

8 ) Rembuknas Bahas Pelaksanaan Permen Larang Pungutan

02/27/2012
Depok – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh mengatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) adalah untuk menjalankan fungsi koordinasi. Fungsi koordinasi dilakukan antarpengelola pendidikan dan kebudayaan di seluruh Indonesia, baik di daerah maupun pusat. Dalam fungsi koordinasi ini, salah satu topik yang dibahas di RNPK adalah pelaksanaan Peraturan Mendikbud Nomor 60 Tahun 2011 tentang larangan pungutan biaya pendidikan pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

...dst

9 ) Pendidikan Menengah Universal 12 Tahun

02/27/2012
Depok – Dana Bantuan Operasional (BOS) pendidikan dasar sembilan tahun telah penuh seratus persen pada tahun 2012 ini. Untuk itu, mulai tahun 2012 ini juga pemerintah mulai merintis bantuan dana belajar untuk pendidikan menengah. Sebelumnya, program dana bantuan untuk pendidikan menengah dikenal dengan rintisan wajib belajar 12 tahun. Setelah melalui pengkajian mendalam nama tersebut menjadi pendidikan menengah universal. Demikian disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, saaat memberi sambutan dalam acara pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012, Senin (27/02), di Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Bojongsari, Depok. "Kalau mau pakai wajar 12 tahun, siapa yang mewajibkan? Kan tidak diamanatkan oleh konstitusi seperti wajar 9 tahun," ujar Mendikbud.

...dst

10 ) Mendikbud Ingin Realisasi Program 2012 Dipercepat

Senin, 27/02/2012 - 17:35
DEPOK, (PRLM).- Sebanyak 1.500 peserta pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan dari seluruh Indonesia mulai membahas program-program unggulan dan strategis pada kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012 di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangtendik Kemdikbud), Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan beberapa pokok bahasan pada Rembuknas yang digelar mulai Senin (27/2/12) sampai Selasa (28/2/12). Hal-hal pokok yang dimaksud Mohammad Nuh, di antaranya mengenai strategi menyatunya fungsi pendidikan dan kebudayaan. Kebijakan mengenai Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga akan dibahas secara khusus sekalipun telah dilakukan perbaikan mekanisme penyaluran dan menaikan unit cost BOS dari 70 persen menjadi 100 persen.

...dst

11 ) Kemendikbud Bentuk Unit Antigratifikasi

Senin, 27 Februari 2012 , 18:22:00
DEPOK--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di tahun 2012 ini akan membentuk suatu unit utama antigratifikasi di tubuh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud. Irjen Kemdikbud, Haryono Umar menjelaskan, hal tersebut bertujuan untuk mengantisi adanya tindakan pemberian atau penerimaan gratifikasi di lingkungan Kemdikbud. "Saat ini kita telah berencana untuk membentuk unit antigratifikasi di tubuh Itjen Kemdikbud. Keberadaan unit utama ini adalah sebagai bentuk semangat anti korupsi di lingkungan kementerian, yang tentunya juga bekerjasama dengan pihak KPK," terang Haryono di Pusbangtendik Kemdikbud, Sawangan, Depok, Senin (27/2). Haryono menjelaskan, keberadaan unit antigratifikasi ini upaya Kemdikbud untuk dapat mengelola manajemen yang bersih dari tindak korupsi. Menurutnya, ada beberapa bidang yang bisa dikatakan rawan tindak pindana korupsi. Salah satunya, bidang pengadaan barang dan jasa.

...dst

12 ) Inggris Ubah Peraturan Visa Pelajar

Senin, 27 Februari 2012 | 15:58 WIB
Rencana perubahan peraturan mengenai visa Inggris membuat universitas dan sekolah unggulan di Inggris kehilangan daya tarik mereka untuk menjaring pelajar asing. Pemerintah Inggris berencana melarang mahasiswa pasca sarjana asing bekerja kecuali mereka yang memiliki gelar tinggi dan mendapatkan gaji 20.000 poundsterling per tahun. Rencana itu diumumkan pekan lalu oleh Menteri Imigrasi Damian Green. "Kita harus terus menarik pelajar internasional yang terbaik dan terpandai tapi kita harus lebih selektif tentang siapa yang dapat datang ke negara ini dan berapa lama mereka dapat tinggal," kata Green.

...dst

atau : 
Mahasiswa Asing Dilarang Bekerja di Inggris

Internasional / Selasa, 28 Februari 2012 03:20 WIB
Metrotvnews.com, London: Rencana perubahan peraturan mengenai visa Inggris membuat universitas dan sekolah unggulan di Inggris kehilangan daya tarik mereka untuk menjaring pelajar asing. Pasalnya, pemerintah Inggris berencana melarang mahasiswa pasca-sarjana asing bekerja. Kecuali jika mahasiswa itu memiliki gelar tinggi dan mendapatkan gaji 20 ribu poundsterling per tahun. Rencana itu diumumkan pekan lalu oleh Menteri Imigrasi Damian Green. "Kita harus terus menarik pelajar internasional yang terbaik dan terpandai. Tapi kita harus lebih selektif tentang siapa yang bisa datang ke negara ini dan berapa lama mereka tinggal," kata Green.

...dst

13 ) Peringkat web institusi dilakukan di IPB

Selasa, 28 Februari 2012 01:12 WIB
Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 26 Kepala Humas perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dan sejumlah lembaga pemerintan dan non lembaga mengikuti Seminar Nasional Pemeringkatan Web Institusi di Institut Pertanian Bogor (IPB).  Universitas Hasanuddin (Unhas) termasuk salah satu perguruan tinggi negeri yang hadir dalam acara yang dibuka Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof Anas M. Fauzi di IPB International Convention Centre (IITC) Botani Square Bogor, kata Kepala Humas Unhas Makassar M Dahlan Abukakar melalui telepon selularnya Bogor-Makassar, Senin. Anas Fauzi mengatakan, seminar nasional tentang pemeringkatan web institusi ini pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Kegiatan ini diilhami dengan kegiatan serupa Mei 2011 di Madrid, Spanyol yang dilaksanakan UNESCO. 

...dst

14 ) PTN Deklarasikan Penegakan Norma Akademik

Senin, 27 Februari 2012 | 20:16 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Dalam upaya menegakkan norma akademik, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia menyatakan deklarasi penegakan norma akademik pada perguruan tinggi. Dalam pernyataannya, Majelis Rektor PTN Indonesia menyatakan, perguruan tinggi negeri bertekad untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul serta mengembangkan ilmu pengetahuan demi kemaslahatan umat manusia dan bangsa indonesia. "Karena itu, PTN bertekad menegakkan dan menjalankan norma perguruan tinggi di Indonesia," kata Ketua Majelis Rektor PTN Idrus Paturusi saat membacakan deklarasi dalam acara pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2012, di Depok, Senin (27/2/2012).

...dst

15 ) Civitas Akademika Trisakti Gelar Aksi Damai di PN Jakbar

Senin, 27 Februari 2012 | 17:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan hingga ribuan orang anggota Civitas Akademika Universitas Trisakti menggelar aksi damai di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (27/2/2012). Ketua Forum Komunikasi Karyawan Universitas Trisakti, Dr Advendi Simangunsong, menyatakan bahwa aksi tersebut bertujuan menyuarakan penolakan terhadap rencana eksekusi atas 10 petinggi Usakti yang menurut rencana akan dilaksanakan pada Rabu (29/2/2012)."Sebelumnya sudah didahului apel kebulatan tekad untuk menolak eksekusi yang dilakukan di Kampus A (Grogol, Jakbar)," terang Advendi.

...dst

16 ) Double Degree Unika-Providence Disepakati

28 Februari 2012
SEMARANG-Unika Soegijapranata dan Providence University Taiwan sepakat untuk melakukan kerja sama dalam beberapa bidang, antara lain pemberian gelar ganda (double degree) untuk lulusan Magister Managemen dan Magister teknologi pangan. Kesepakatan itu menandai kunjungan kerja Presiden Providence University-Taiwan ke Unika baru-baru ini. "Para lulusan nantinya berhak menggunakan gelar MM/MBA atau MSi/MSc. Gelar-gelar tersebut dapat diperoleh jika para mahasiswa menempuh kuliah di Unika pada tahun pertama dan melanjutkannya ke Providence University-Taiwan," kata Pembantu Rektor IV Unika, Beny D Setianto SH LLM, Sabtu (25/2) lalu.

...dst

17 ) Mahasiswa Jepang teliti bencana di Yogyakarta

Senin, 27 Februari 2012 16:40 WIB 
Yogyakarta (ANTARA News) - Delapan mahasiswa dari Aoyama Gakuin University, Jepang, mengikuti penelitian lapangan mengenai bencana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. "Mereka akan fokus pada penelitian di lokasi-lokasi pascabencana di Yogyakarta," kata Direktur Institute of International Studies (IIS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Hanafi Rais di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, para mahasiswa Jepang itu akan belajar banyak di beberapa lokasi yang dulu terjadi bencana seperti di Kabupaten Bantul dan Sleman. Mereka akan melakukan penelitian hingga 4 Maret 2012."Beberapa lokasi yang nanti akan dikunjungi oleh mahasiswa Jepang itu antara lain Dusun Kembangsono, Karangsemut, dan Puton, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, dan hunian sementara Merapi di Sleman.

...dst

18 ) Sejumlah Universitas China Gelar Pameran di Yogyakarta 

Sosbud / Selasa, 28 Februari 2012 07:00 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Beberapa perguruan tinggi di China akan menggelar pameran pendidikan bertema 'Lawatan Universitas Tiongkok 2012' di Yogyakarta pada 4 Maret mendatang. "Pameran itu merupakan kesempatan bagi masyarakat Yogyakarta yang ingin kuliah di negara China," kata Ketua panitia pameran Julius Felicianus di Yogyakarta, Selasa (28/2). Menurutnya, perguruan tinggi di China yang ambil bagian dalam pameran itu di antaranya adalah Peking University, Capital University of Economics, Renmin University of China. Selain itu, ada juga Beijing Normal University, Dongnam University, Nanjing Normal University, Nanjing Xiaozhuang University, dan Nanjing University of Chinese Medicine. "Para pemimpin universitas tersebut akan datang dan mengenalkan perguruan tingginya masing-masing dalam pameran pendidikan itu," kata Julius yang juga Direktur PT Galangpress Media Utama Yogyakarta itu.

...dst

19 ) 80 Persen Siswa Banjarmasin Gagal Uji Coba UN 

Sosbud / Selasa, 28 Februari 2012 02:40 WIB
Metrotvnews.com, Banjarmasin: Hasil uji coba (try out) ujian nasional tingkat SMA/SMK dan MA di Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu sangat buruk. Pasalnya, lebih dari 80 persen siswa peserta uji coba tidak lulus. Bahkan untuk program bahasa 100 persen siswa tidak lulus.
"Hasil try out kali ini sangat mengecewakan. Khusus untuk program bahasa seluruh siswa tidak lulus dan secara keseluruhan rata-rata lebih 80 peserta tidak lulus," terang Herman Taufan, Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional Kalsel, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (27/2).

...dst


Berita Edukasi 27 Februari 2012


1 ) ITS Bangun Pusat Riset Bertenaga Surya

Sabtu, 25 Februari 2012 | 10:06 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berencana membangun gedung "research center" (pusat riset/penelitian) dengan konstruksi "green house" yang memanfaatkan tenaga surya."Pembangunan gedung pusat riset itu kita mulai tahun ini dengan menggunakan 'solar cell' sebagai konsep konstruksinya," kata Rektor ITS Surabaya Prof Ir Triyogi Yuwono DEA di Surabaya, Sabtu (25/2/2012). Ia menjelaskan gedung yang dirancang 10 lantai itu akan didirikan di depan Gedung Pascasarjana ITS dengan "menelan" anggaran sekitar Rp 150 miliar. "Untuk lantai pertama akan dipakai menghimpun karya mahasiswa dan dosen ITS. Jadi, lantai pertama itu mirip galeri karya yang menghimpun mobil bertenaga surya (WW), mobil sapu angin, kapal, robot, dan karya lainnya," paparnya. Selain itu, katanya, di dalam gedung "research center" itu nantinya akan terdapat sejumlah laboratorium dan pusat studi yang tergabung dalam tujuh "Pusat Studi Riset Unggulan ITS" yang selaras dengan tujuan ITS menjadi universitas riset pada 2017.

...dst

2 ) Tiga Unit Utama Jadi Proyek Percontohan Wilayah Bebas Korupsi

02/25/2012
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menentukan tiga unit utama sebagai tempat proyek percontohan (pilot project) wilayah bebas korupsi. Ketiga unit utama tersebut adalah Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.  Wilayah bebas korupsi adalah tahap lanjutan dari langkah kementerian atau lembaga negara dalam menjalankan kebijakan antikorupsi, setelah tahap zona integritas. Penyebutan tiga unit utama ini sebagai tempat proyek percontohan wilayah bebas korupsi dilakukan pada jumpa pers 23 Februari lalu. Sekretariat Jenderal dipilih karena semua pengadaan barang dan jasa ada dalam kewenangan unit utama ini. Adapun Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah unit utama yang mendapat anggaran paling besar dibandingkan dengan unit utama lainnya di lingkungan Kemdikbud. Sedangkan Inspektorat Jenderal merupakan unit utama yang melakukan fungsi pengawasan internal.

...dst

3 ) Riset harus Bernilai Ekonomis

Minggu, 26 Februari 2012 07:59 WIB    
MATARAM--MICOM: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta meminta peneliti mengubah paradigma dalam menghasilkan riset, yakni dari riset sekadarnya menjadi riset yang bernilai ekonomis. Menristek mengemukakan hal itu saat menyampaikan orasi pada wisuda sarjana Universitas Mataram di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (25/2) yang dihadiri lebih dari 1.000 wisudawan.  "Peneliti biasanya tertarik sendiri pada suatu hal, lalu menelitinya sendiri, kemudian menikmatinya sendiri, padahal seharusnya hasil penelitiannya bisa dinikmati masyarakat secara ekonomis juga," kata Gusti. 

...dst

4 ) Menristek : Perguruan Tinggi Harus Instrospeksi

Minggu, 26 Pebruari 2012 08:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta meminta perguruan tinggi melakukan instrospeksi diri.Mengapa selama ini bekal yang diberikannya kepada para sarjana lulusannya tidak diterima pasar. Menristek mengemukakan hal itu saat menyampaikan orasi pada wisuda sarjana Universitas Mataram di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (25/2), yang dihadiri lebih dari 1.000 wisudawan. "Peneliti biasanya tertarik sendiri pada suatu hal, lalu menelitinya sendiri, kemudian menikmatinya sendiri, padahal seharusnya hasil penelitiannya bisa dinikmati masyarakat secara ekonomis juga," kata Gusti.

...dst

5 ) Ada Beasiswa dalam "Double Degree" IPB-Universitas Adelaide

Minggu, 26 Februari 2012 | 10:49 WIB
BOGOR, KOMPAS.com -  Kerja sama program "double degree" kerja sama Institut Pertanian Bogor dan Universitas Adelaide, Australia menyediakan alokasi beasiswa dari kedua negara. Program ini sendiri belum lama diluncurkan. Ketua Program Pascasarjana Ekonomi IPB Dr Nunung Nuryartono mengatakan, sejumlah pihak telah menyatakan bersedia menjadi pemberi beasiswa. "Para sponsor yang telah bersedia memberikan beasiswa di antaranya World Bank, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, AusAID melalui Australian Development Scholarships (ADS) dan sebagainya," kata Nunung, di Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/2/2012). Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) program itu telah ditandatangani antara Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Adelaide Prof Christoper Findlay dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof Anas Miftah Fauzi, disaksikan Dekan Sekolah Pascasarjana IPB Dr Dahrul Syah, Dr Nunung Nuryartono dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB Dr Dedi Budiman Hakim.

...dst

6 ) Hipmi Siapkan Beasiswa Hingga US$ 100.000 per Orang

25 Februari 2012 | 16:08 wib
SOLO, suaramerdeka.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyusun sejumlah program untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia. Salah satunya dengan menggandeng perguruan tinggi dalam menyalurkan beasiswa."Kami menyiapkan beasiswa hingga 100.000 dollar AS per orang. Ini merupakan bantuan yang kami dapat dengan menggandeng USAID," ucap Ketua Umum Hipmi Raja Sapta Oktohari di hadapan ratusan peserta seminar "Mengubah Ekonomi Kerakyatan Menuju Indonesia Sejahtera" di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (25/2). Dia menjelaskan, program tersebut dimulai sejak tahun ini yang dideklarasikan pada saat pelantikannya sebagai ketua baru beberapa waktu silam dengan disaksikan sejumlah menteri. Setidaknya, sudah ada sekitar 10 yayasan dan kedutaan besar yang digandeng sebagai sumber pendanaan.

...dst

7 ) Kemendikbud Terus Galakkan Program Beasiswa Unggulan

Sabtu, 25 Februari 2012 23:39 WIB  
JAKARTA--MICOM: Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti terus mengenalkan program beasiswa unggulan yang diselenggarakan Kemendikbud Pembantu Ketua STP Trisakti Fetty A mengatakan sejak 2006 pihaknya telah mendapat program beasiswa unggulan Kemendikbud yang memberi banyak manfaat bagi mahasiswa lulusannya. "Para penerima beasiswa STP Trisakti kini telah banyak berkiprah di masyarakat ," kata Fetty pada pameran pendidikan EduSmart di Jakarta, Sabtu,(25/2). Sejak 2006 hingga tahun lalu STP Trisakti telah memberikan beasiswa bagi 335 mahasiswa tingkat D4 dan 61 orang tingkat S2. Untuk 2012, kata Fetty, STP Trisakti berharap mendapat 100 beasiswa bagi mahasiswa dari program beasiswa unggulan yang dikelola Biro Perencanaan dan Kerjasama. Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemendikbud tersebut. 

...dst

8 ) Kenali Beasiswa di Negeri Singa

Sabtu, 25 Februari 2012 11:00 wib
BEASISWA untuk pendidikan di luar negeri memang menjadi incaran banyak orang. Namun, sudahkah kamu mengetahui sejumlah program beasiswa yang ditawarkan oleh negara tujuan tersebut? Kali ini, kita akan berkenalan lebih dalam mengenai program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Singapura. Salah satu program beasiswa dari pemerintah Singapura untuk pelajar asing adalah The Asean Scholarship. Sesuai namanya, beasiswa ini diperuntukan bagi kawula muda di kawasan Asean untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Para pelajar di bangku SMA merupakan sasaran utama beasiswa ini. Sebab, mereka mendapatkan kesempatan untuk meneruskan pendidikan di sekolah-sekolah lanjutan di Negeri Singa itu.

...dst

9 ) Petronas, Salah Satu Beasiswa di Negeri Jiran

Sabtu, 25 Februari 2012 13:07 wib
KAMU berkeinginan melanjutkan pendidikan tinggi ke Malaysia melalui program beasiswa? Beasiswa Petronas dapat menjadi salah satu alternatif pilihan.Apa itu beasiswa Petronas? Beasiswa ini merupakan program dari salah satu perguruan tinggi di Negeri Jiran tersebut, yakni Universiti Teknologi Petronas. Beasiswa penuh ini hanya ditawarkan untuk dua jurusan, yakni Engineering dan Technology.Untuk jurusan Engineering, kamu dapat memilih satu dari lima program studi (prodi) yang ditawarkan, yaitu Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Perminyakan, dan Teknik Mesin. Sementara jurusan Technology hanya terdiri dari dua prodi pilihan, yakni Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Sistem Informasi Bisnis.

...dst

10 ) Mahasiswa UMY raih beasiswa belajar di China

Sabtu, 25 Februari 2012 14:42 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Tiga mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih beasiswa program belajar di Sias International University, Xinzheng City, Henan, China."Mereka akan mengikuti program belajar bahasa, budaya, dan sejarah China. Mereka akan mengikuti perkuliahan bersama puluhan mahasiswa internasional dari berbagai negara," kata Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Tony K Hariadi di Yogyakarta, Sabtu.Menurut dia, ketiga mahasiswa itu adalah Ahmad Rifky Setya Anugrah, Arina Fikriya, dan Adya Satya Puspita. Ahmad dan Arina akan mengikuti program satu tahun, sedangkan Adya selama enam bulan.

...dst

11 ) Universitas Borneo Sepi Peminat

Minggu, 26 Februari 2012 , 08:45:00
TARAKAN - Sejak dibukanya pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru pada jalur undangan mulai 1 Februari, jumlah pendaftar hingga, Sabtu (25/2) sebanyak 67 orang. Dari jumlah tersebut, 27 orang di antaranya telah mendaftar melalui program bidik misi. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Borneo Tarakan, Profesor H.M. Bahri Arifin kepada Radar Tarakan (JPNN Group) menyampaikan, pada jalur undangan tahun ini Universitas Borneo Tarakan akan menampung sebanyak 204 mahasiswa baru. Alokasinya sebanyak 20 persen dari seluruh jumlah mahasiswa baru yang diterima universitas yang sudah setahun menjadi negeri ini yaitu sebanyak 1.160 orang untuk 15 bidang studi. "Sedangkan 50 persennya diperuntukkan pendaftaran melalui jalur ujian tulis. Sisanya sebanyak 30 persen untuk pendaftaran pola mandiri," kata Bahri Arifin.

...dst

12 ) Beban Berat Singgulung Batu' Civitas Academica Kita        

Selasa, 21 Februari 2012 03:00 
Jika seorang kandidat  S1 berhasil menerbitkan sebuah artikel ilmiah (bukan artikel yang diilmiah-ilmiahkan), itu tentu sebuah prestasi yang luar biasa. Untuk kesuk­sesannya itu, mungkin tanpa skripsi pun si mahasiswa sudah boleh diluluskan. Na­mun, jika sampai me­wajibkan seorang maha­siswa menulis artikel ilmiah (sekali lagi, bukan yang diilmiah-ilmi­ahkan) sebagai syarat ke­lulusannya, selain harus menulis skripsi, itu adalah suatu kebijakan yang harus dikaji ulang, kalau kita tidak ingin memperpanjang daftar mahasiswa drop out dan me­nam­bah stres mahasiswa Indonesia pada umumnya. Di negara-negara maju, dengan tingkat kualitas pendidikan yang sudah jauh lebih maju daripada di Indonesia, tak ada kewajiban bagi seorang ma­hasiswa yang berada di jen­jang BA dan MA untuk me­nerbitkan artikel ilmiah seba­gai syarat kelulusan.

...dst

13 ) Keterampilan Jurnalistik Kurangi Tren Pragmatisme Mahasiswa

Sabtu, 25 Pebruari 2012 21:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Keterampilan jurnalistik dapat membantu mahasiswa memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah. Demikian dikatakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Achmad Nurmandi. "Namun, banyak mahasiswa yang tidak menyadari hal itu," ujarnya pada pelatihan jurnalistik bertajuk "Organisasi Mahasiswa di Era Keterbukaan Informasi" di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (25/2). Padahal, kata dia, banyak lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (Fisipol) UMY yang berkecimpung di dunia jurnalistik, baik media cetak maupun elektronik. Apalagi, pers kini memiliki peran penting dalam keterbukaan informasi.

...dst

14 ) Uji Kompetensi Awal Guru Dinilai Diskriminatif

Sabtu, 25 Februari 2012 | 16:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan uji kompetensi awal (UKA) untuk calon guru yang bakal masuk dalam kuota sertifikasi guru tahun 2012, dinilai menimbulkan diskriminasi, khususnya terhadap guru SD. Iwan Hermawan, Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), Sabtu (25/2/2012), mengatakan, dalam pelaksanaan UKA guru SD, rata-rata yang ikut telah memiliki masa kerja 20 tahun. "Mereka harus bersaing dengan guru yg masa kerjanya 10 tahun ke bawah. Sementara teman-temannya pada tahun lalu cukup ikut pendidikan dan pelatihan profesi guru/PLPG," kata Iwan.

...dst

15 ) Guru Kemenag Iri dengan Guru Kemendikbud
Kalah Cepat Urusan Sertifikasi

Minggu, 26 Februari 2012 , 07:46:00
JAKARTA - Uji Kompetensi Awal (UKA) berjalan serentak di 33 provinsi, Sabtu (25/2). Dalam pelaksanaannya, ujian ini tidak "sehoror" yang ramai diberitakan menjelang pelaksanaannya. Di sejumlah lokasi yang dikunjungi Menteri Pendidikan Nasional (Mendikbud) Mohammad Nuh, peserta UKA terlihat santai meski ada sebagian yang merasa cemas. Dalam gelaran UKA, Nuh mengunjungi tiga lokasi ujian di kawasan Kota Tangerang, Banten. Dia memantau mulai sebelum ujian hingga pemusnahan naskah soal ujian. Di tengah riuhnya pelaksanaan UKA kemarin, terdapat persoalan baru. Sejumlah guru-guru di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) merasa iri. Para guru ini beranggapan, pelaksanaan UKA ini merupakan salah satu wujud dari kepastian proses sertifikasi guru. Mereka mengaku iri karena hingga sekarang di lingkungan Kemenag sama sekali belum berhembus kabar program sertifikasi guru musim 2012.

...dst

16 ) Tak Ada Diskriminasi Guru Agama Dalam Uji Kompetensi

Minggu, 26 Pebruari 2012 03:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh menjamin pelaksanaan Uji Kompetensi Awal (UKA) tidak akan ada diskriminasi bagi guru agama. Meski tenaga pendidik ini diangkat oleh Kementrian Agama, dalam uji kompetensi pra sertifikasi tetap mendapat hak yang sama. "Proses dan pelaksanaannya boleh berbeda, tetapi untuk standar yang disyaratkan dalam UKA ini tetap harus sama," ungkapnya usai mengunjungi pelaksanaan UKA di sejumlah sekolah penyelenggara, di wilayah Provinsi Banten, Sabtu (25/2). Dengan demikian, lanjut Mendikbud, standar yang dihasilkan dari uji pra sertifkasi guru ini tetap sama. Tak ada sedikitpun perbedaan antara guru umum dengan mereka yang tercatat sebagai guru agama.

...dst

17 ) Kemdikbud Akan Rekrut Guru Secara Khusushttp://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/250

02/25/2012
Bandung --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan, pihaknya akan mulai merekrut guru secara khusus. Ke depan, tidak semua mahasiswa yang masuk lembaga pendidikan tinggi keguruan (LPTK) seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dapat menjadi guru. "Kami ingin menyiapkan guru secara khusus. Demikian juga profesi kan melekat dalam sistem pendidikan," katanya pada Rapat Koordinasi Terpadu Penjaminan Mutu Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kota Se-Jawa Barat di LPMP Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (22/02). Setelah diterima di LPTK, para mahasiswa dites lagi. Bagi yang lulus akan diasramakan dan diberikan beasiswa. Harapannya, setelah lulus benar-benar menjadi guru. "Tidak hanya kognitif saja yang ditata, tetapi empat ranah yang ada di profesionalitas sang guru dibenahi," kata Mendikbud. (AB/ASW)

...dst

18 ) Dua Hal Ini Hambat Kesuksesan Pendidikan Karakter

Minggu, 26 Februari 2012 | 08:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Video permainan (game) yang bergenre kekerasan ternyata merupakan penghambat kesuksesan pendidikan karakter. Anak yang kecanduan dengan jenis permainan ini bisa gagal menerima pendidikan karakter yang diberikan sekolah. Perilaku tidak baik orangtua juga bisa menjadi penyebab kegagalan lainnya.Hal itu diungkapkan Wakil Direktur Indonesia Heritage Foundation, Wahyu Farrah Dina, di Jakarta, Sabtu (25/2/2012 ), dalam sebuah workshop pendidikan karakter. "Video game akan menyebabkan addict. Ada anak yang bunuh bapaknya karena tidak boleh maingame di Cina," ujar Wahyu.

...dst

Tidak ada komentar: