Google+ Followers

Minggu, April 15, 2012

Berita Edukasi, 8 - 15 April 2012

Berita Edukasi, 15 April 2012

1 ) Innalillaahi wainna ilaihi raajiun ....
Sudah meninggal dunia Bapak Dr. Agung Darmawansyah, ST.,MT. Ka.Prodi S2 Teknik Elektro, Sabtu ba'da magrib 14 April 2012. InsyaAllah sudah dimakamkan Minggu pagi jam 8 di Pemakaman Samaan, Malang. Di bawah ini adalah profil yang terdapat di akun facebook Pak Agung...Selamat Jalan Pak...
http://www.facebook.com/profile.php?id=1284920941&ref=ts

...dst

2 ) IPB Ciptakan 'Beras' Mirip Beras
http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/12/04/15/m2huix-ipb-ciptakan-beras-mirip-beras

Minggu, 15 April 2012, 06:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Peneliti dari F-Technopark Institut Pertanian Bogor melahirkan produk pangan alternatif mirip beras. Produk tersebut diberi nama "beras analog". "Produk mirip beras yang kita kembangkan dibuat dari tepung lokal selain beras dan terigu," kata Direktur F-Tecnopark Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Dr Slamet Budijanto, kepada Antara di Bogor, Ahad. Peneliti di perguruan tinggi dan badan penelitian menyebutnya dengan nama beras artifisial, beras tiruan dan lainnya. Slamet mengatakan bahwa produk pangan tersebut dirancang khusus untuk menghasilkan sifat fungsional dengan menggunakan bahan tepung lokal, seperti sorgum, sagu, dan umbi-umbian. Bahannya bisa ditambahkan dengan 'ingridient' pangan seperti serat, antioksidan dan bahan lainnya sesuai keinginan. Di luar negeri seperti China dan Filipina, 'beras' mirip beras ini diproduksi dari beras menir menjadi beras utuh untuk kebutuhan fortifikasi vitamin atau mineral tertentu. "Di antaranya untuk fortifikasi zat besi," katanya menambahkan.

...dst

3 ) Empat universitas pameran pendidikan di Saudi
http://www.antaranews.com/berita/306201/empat-universitas-pameran-pendidikan-di-saudi

Minggu, 15 April 2012 07:58 WIB
Jeddah (ANTARA News) - Empat perguruan tinggi Indonesia akan ambil bagian dalam pameran pendidikan Internasional yang diadakan Kementrian Pendidikan Tinggi Arab Saudi di Riyadh International Exhibition Center pada 17-20 April 2012. Keempat universitas itu adalah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, kata Atase Pendidikan dan Budaya KBRI Riyadh Muhammad Luthfi Zuhdi melalui surat elektroniknya kepada ANTARA, Minggu. Perkembangan hubungan Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang pendidikan dari hari ke hari maju pesat, antara lain terlihat dari meningkatnya jumlah mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi di Arab Saudi, kata Luthfi. Sebelumnya, UI menganugerahkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa di bidang perdamaian dan kemanusiaan kepada Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz, Agustus tahun lalu. Jumlah mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa Arab Saudi pada 2012 ada 507 mahasiswa, selain ratusan santri Indonesia yang belajar di rubath-rubath (pesantren) di kota Makkah dan Madinah.Jumlah itu naik hampir seratus persen jika dibandingkan tahun 2009 yang hanya 275 mahasiswa.

...dst

4 ) Bidik Misi Ditingkatkan Jadi 30 Ribu Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/14/373/611636/bidik-misi-ditingkatkan-jadi-30-ribu-mahasiswa

Sabtu, 14 April 2012 17:31 wib
SOLO – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meningkatkan jumlah Bidik Misi, pada tahun 2012, menjadi sebesar 30 ribu mahasiswa. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang tidak mampu."Meningkat sebesar 10 ribu mahasiswa dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2011 lalu beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa ada 20 ribu orang," ungkap Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim, saat ditanya soal Bidik Misi, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/201). Wamendikbud menegaskan, sekarang ini tidak ada anak yang tidak bisa melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, hanya gara-gara tidak mampu secara ekonomi. "Penerima bidik misi, disamping dibebaskan dari seluruh pungutan yang dibebankan, juga diberi biaya hidup yang besarnya tergantung pada living cost di masing-masing daerah," jelasnya.Terkait dengan itu, Musliar Kasim memberi contoh mahasiswa penerima Bidik Misi di kota Solo, maka akan menerima Rp600 ribu per mahasiswa per bulan, selama empat tahun. "Mahasiswa penerima Bidik Misi itu tidak menyatu di satu fakultas, tetapi harus menyebar di semua fakultas di satu perguruan tinggi negeri," jelasnya.

...dst

5 ) Febriana Kaget Dikunjungi Wamen dan Rektor UNS
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/14/373/611649/febriana-kaget-dikunjungi-wamen-dan-rektor-uns

Sabtu, 14 April 2012 17:58 wib
SRAGEN – Sungguh tidak terbayang sebelumnya bagi Febriana Sapta, bahwa Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Ravik Karsidi MS, mau berkunjung ke rumahnya. Dia adalah mahasiswa dari keluarga tidak mampu, yang menerima bea siswa Bidik Misi."Saya enggak ada bayangan sebelumnya ternyata yang datang ke rumah saya ini seorang Wakil Menteri dan Rektor," ungkap Febriana Sapta, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS seusai rumahnya dikunjungi Wamendikbud dan Rektor UNS, di Kampung Kalioso RT3/01, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2012). Febriana Sapta adalah mahasiswa semester empat FKIP UNS, Dia merupakan anak kelima. Ayahnya, Muhlis, adalah seorang buruh bangunan. Sementara ibunya, Wakhirah, adalah ibu rumah tangga.

...dst

6 ) Sapta Nirwandar Terpilih Jadi Ketua IKA Unpad
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/15/312939/293/14/Sapta-Nirwandar-Terpilih-Jadi-Ketua-IKA-Unpad

Minggu, 15 April 2012 01:21 WIB   
BANDUNG--MICOM: Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda memenangi pemilihan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran periode 2012--2016 di Graha Sanusi Hadjadinata Unpad Bandung, Sabtu (14/4).  Sapta Nirwandar terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad) menggantikan Ferry Mursidan Baldan yang mengakhiri periode keduanya tahun ini. "Pemilu IKA Unpad hari ini bukan semata untuk kemenangan perorangan atau kandidat semata. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana kepengurusan IKA Unpad yang baru bisa berkontribusi memajukan Unpad secara menyeluruh," kata mantan Ketua Umum IKA Unpad Ferry Mursidan Baldan.

...dst

7 ) HP Masuk Ruang Unas, Rektor Ikut Waswas
http://www.jpnn.com/read/2012/04/15/124219/HP-Masuk-Ruang-Unas,-Rektor-Ikut-Waswas-

Minggu, 15 April 2012 , 05:50:00
JAKARTA - Persoalan masuknya handphone (HP) di dalam ruang ujian juga menjadi sorotan sejumlah rektor. Di antaranya adalah Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Bedjo Sujanto. Dia menuturkan, para dosen yang bertugas sebagai pengawas Unas sudah dibekali untuk mewaspadai bentuk-bentuk pelanggaran unas. "Dari pengalaman yang sudah-sudah, banyak sekolah modus pelanggaran unas," ujar Bedjo, Sabtu (14/4). Di antara yang paling mencolok adalah masih banyaknya siswa yang membawa HP ke dalam ruang ujian. Untuk itu, dia meminta para guru pengawas ujian nanti benar-benar sportif meminta siswa mengeluarkan HP yang mereka bawa sejak dari rumah. Bedjo menuturkan, dosen pengawas tidak bisa intensif mengecek di setiap ruang ujian. Sebab, rata-rata dalam satu sekolah hanya ada satu hingga dua orang dosen pengawas. "Peran guru pengawas cukup vital," katanya. Menurut Bedjo, paling aman beberapa saat menjelang ujian para siswa diperiksa barang bawannya. Jika ditemukan HP, harus diserahkan kepada guru pengawas yang bertugas di ruang ujian. Jika di sekolah tersebut masih ada pelanggaran ujian melalui HP, maka pihak yang harus bertanggung jawab adalah guru pengawas.

...dst

8 ) Soal UN 2012 Sudah Selesai Didistribusikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/14/373/611607/soal-un-2012-sudah-selesai-didistribusikan

Sabtu, 14 April 2012 16:35 wib
SOLO – Semua naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA maupun SMK telah terdistribusi. Bahkan untuk wilayah-wilayah yang sulit dijangkau sudah sampai seminggu lalu. "Dipastikan saat ujian berlangsung, tidak ada soal yang tidak sampai ke sekolah. Sehingga  UN yang dilaksanakan mulai Senin 16 April besok bisa lancar," tegas Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim, di sela-sela mengecek kemasan naskah soal UN 2012 di SMK Negeri 2 Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2012).Menurut Wamendikbud, banyak yang meragukan kebocoran soal UN pada UN tahun-tahun sebelumnya. Sebab soal dicetak di setiap provinsi. Atas dasar pengalaman dan masukan berbagai pihak, maka pencetakan ujian dipusatkan hanya pada empat percetakan saja. "Tujuannya untuk menghindari adanya kebocoran. Kami yakin perusahaan percetakan yang terpilih adalah perusahaan yang profesional, mengerjakan dengan baik dan diharapkan pelaksanaan UN ini bisa lebih baik dibanding tahun sebelumnya," jelasnya.

...dst

9 ) M Nuh Sidak Sekolah Jelang Pelaksanaan UN
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/15/373/611815/m-nuh-sidak-sekolah-jelang-pelaksanaan-un

Minggu, 15 April 2012 12:51 wib
TANGSEL - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah sekolah menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA Senin 16 April 2012. Kunjungan pertama Mendikbud bertempat di SMA 6 Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Di sekolah tersebut, M Nuh mengamati kelas-kelas yang dijadikan lokasi ujian."Alhamdulillah kami sengaja melakukan sidak untuk memastikan pelaksanaan UN bisa berjalan dengan baik," kata M Nuh di SMA 6, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (15/4/2012). Dia menyebutkan, ada tiga kriteria penyelenggaraan UN, yakni ketepatan jumlah soal, tepat waktu dan kesesuaian soal dengan mata pelajaran yang diujikan. "Ketepatan jumlah soal semoga tidak ada kekurangan. Jika terjadi kekurangan sudah disiapkan mekanisme jalan keluarnya," ujarnya.

...dst

10 ) Risiko di Aceh Meningkat Pascagempa
http://sains.kompas.com/read/2012/04/13/17483964/Risiko.di.Aceh.Meningkat.Pascagempa

umat, 13 April 2012 | 17:48 WIB
Ahli seismologi mengatakan, gempa besar yang mengguncang Sumatera pekan ini adalah peristiwa yang hanya terjadi 2.000 tahun sekali. Meski dampak kerusakan tidak terlalu besar, gempa tersebut meningkatkan risiko tsunami besar di kawasan tersebut. Gempa berkekuatan 8,5 dan gempa susulan sesudahnya adalah gempa jenis strike-slip dan merupakan tipe terbesar yang tercatat dalam sejarah, kata Kerry Sieh, Direktur Earth Observatory di Singapura. "Gempa itu sangat besar dan peristiwa yang jarang terjadi," kata Sieh kepada kantor berita Reuters. "Selain itu gempa susulannya juga merupakan gempa susulan terbesar kedua di dunia," ujar Sieh yang telah melakukan penelitian seismik di Sumatera selama bertahun-tahun. Gempa strike-slip adalah gerakan horisontal akibat lempeng-lempeng bumi yang saling bertabrakan dan tidak memiliki kekuatan sebesar gerakan vertikal. Gempa kategori ini juga tidak memicu tsunami atau gelombang tinggi. Pada 2004, gempa berkekuatan 9,1 mengguncang Aceh dan wilayah Sumatera lainnya, menewaskan 230.000 orang di 13 negara.

...dst

11 ) Empat Rekomendasi Peneliti Pascagempa Aceh
http://sains.kompas.com/read/2012/04/13/20402973/Empat.Rekomendasi.Peneliti.Pascagempa.Aceh

Jumat, 13 April 2012 | 20:40 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Para peneliti di Banda Aceh mengeluarkan empat poin rekomendasi kepada pemerintah pascagempa Aceh untuk mengantisipasi bahaya gempa dan tsunami ke depan menyusul perkembangan yang terjadi. "Kami telah mengeluarkan empat butir rekomendasi pascagempa 11 April 2012. Kami berharap Pemerintah Pusat dan Aceh memperhatikan rekomendasi tersebut dengan melakukan survei mendalam," kata Dr Eng Syamsidik di Banda Aceh, Jumat (13/4/2012).
Rekomendasi itu disusun oleh konsorsium peneliti tsunami TDMRC Unsyiah, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementrian Kelautan dan Perikanan serta PT ASR. Kepala Divisi Riset pada Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah itu menyatakan, banyak hal yang belum diketahui dampak dari gempa berkekuatan 8,5 pada Scala Richter, 11 April 2012 sebagai alasan ditekannya rekomendasi ini. Rekomendasi pertama menyarankan Pemerintah Pusat dan Aceh melakukan penelitian mendalam terhadap dampak gempa dan tsunami terutama terhadap pulau-pulau kecil di sebelah barat Pulau Sumatera.

...dst

12 ) Antisipasi Tsunami, Jangan Tergantung Teknologi
http://sains.kompas.com/read/2012/04/14/06141978/Antisipasi.Tsunami.Jangan.Tergantung.Teknologi

Sabtu, 14 April 2012 | 06:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa gempa di Aceh kembali menguak satu kelemahan dalam teknologi peringatan dini gempa dan tsunami. Sirene peringatan dini baru berbunyi 30 menit setelah gempa, padahal seharusnya 9 menit setelahnya. Untunglah gempa yang terjadi Rabu lalu tak menimbulkan tsunami besar. Jika saja tsunami besar terjadi, boleh jadi masyarakat tak punya cukup waktu untuk menyelamatklan diri. Menurut PM Laksono, antropolog dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, peristiwa gempa Aceh Rabu lalu menunjukkan bahwa masyarakat harus terus mengembangkan wawasan tentang kegempaan. "Teknologinya lelet, masih belum bisa dipercaya. masyarakat harus belajar dan mengandalkan pada dirinya, nalurinya, bukan teknologi," ungkap Laksono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/4/2012) kemarin.
Ia mengatakan teknologi hanya menjadi salah satu bagian dari seluruh sistem. Mau teknologinya maju kalau masyarakatnya tidak bisa memanfaatkan dengan benar juga akan percuma saja.

...dst

13 ) Dikeroyok Geng Motor, Mahasiswa Makassar Tewas
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/15/058397148/Dikeroyok-Geng-Motor-Mahasiswa-Makassar-Tewas

MINGGU, 15 APRIL 2012 | 08:54 WIB
TEMPO.CO, Jakarta -Kekerasan diduga dilakukan oleh geng motor Makassar menelan korban. Ibrahim, aktivis satuan pelajar mahasiswa aktivis Pemuda Pancasila dikeroyok di Jalan Sungai Saddang Baru, Sabtu, 14 April 2012 malam. Korban tewas dalam perjalanan ke rumah sakit Pelamonia Makassar. Korban yang juga mahasiswa Universitas Negeri Makassar mengalami sejumlah luka serius. Kepala bagian belakang robek dihantam benda tumpul. Tangan korban terkena anak panah. Insiden terjadi sekitar pukul 23.00 wita. Sebelum kejadian, korban terlebih dahulu mengikuti pertemuan Pemuda Pancasila di Hotel Horizon, Jalan Jenderal Sudirman. Usai acara, korban meninggalkan hotel bersama lima rekannya dengan mengendarai motor.  Saat melintas di Jalan Sungai Saddang Baru, korban tiba-tiba dihadang sekelompok geng motor yang sedang mangkal di pinggir jalan. "Tidak ada pemicu tiba-tiba kami diserang," kata rekan korban, Wawan Mapparenta. Wawan mengatakan, sekitar 30 anggota geng motor menyerang korban yang tidak dapat menyelamatkan diri lantaran terjatuh dari motor. "Pelaku membawa balok kayu dan anak panah," kata Wawan.

...dst

14 ) Kasus Geng Motor, Waspadai Upaya Benturkan TNI dan Polri
http://news.detik.com/read/2012/04/15/100721/1892705/10/kasus-geng-motor-waspadai-upaya-benturkan-tni-dan-polri?n990102mainnews

Minggu, 15/04/2012 10:07 WIB
Jakarta Kriminolog Universitas Padjajararan Yesmil Anwar berpendapat kasus pengrusakan gerai 7-Eleven dan penganiayaan warga oleh sekelompok pria bermotor diduga terkait dengan hubungan antara TNI dan Polri. Yesmil menduga ada upaya untuk membenturkan Polri dan TNI melalui peristiwa di Jalan Salemba dan Pramuka, Jakarta Pusat tersebut. Pasalnya kelompok orang yang berbuat onar bukan geng motor seperti biasanya."Sekarang ada campur tangan politik yang ingin bermain lewat geng motor. Mungkin ada ketegangan antara Polri dan TNI jadi sekarang makin diperpanas, seolah-olah diciptakan ketegangan," kata Yesmil saat dihubungi detikcom, Sabtu (14/4/2012) malam. Menurutnya, keterangan saksi mata yang menyebut pelaku pengrusakan dan penganiayaan berbadan tegap dan berambut cepak, membuat pikiran publik mengarah kepada institusi TNI. "Dengan ketegangan ini maka terjadi pembunuhan karakter," pungkasnya.

...dst

15 ) Ulah Geng Motor di Jakarta Tewaskan 60 Orang per Tahun
http://news.detik.com/read/2012/04/15/113741/1892738/10/ulah-geng-motor-di-jakarta-tewaskan-60-orang-per-tahun?n991102605

Minggu, 15/04/2012 11:37 WIB
Jakarta Ditengarai setiap tahun 60 orang tewas akibat ulah geng motor di Jakarta. Polisi pun didorong untuk sigap dalam menindak memberantas geng motor yang meresahkan tersebut."Setiap tahun di Jakarta 60 orang tewas akibat ulah geng motor. Sebab itu patroli pemberantasan geng motor dan balapan liar yang dilakukan polisi di Jakarta sekarang ini jangan hangat-hangat tahi ayam," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, kepada detikcom, Minggu (15/4/2012). Menurut Neta, di tahun 2009 ada 68 orang tewas di arena balapan liar, baik akibat kecelakaan maupun pengeroyokan. Sedangkan tahun 2010 ada 62 orang tewas, dan 2011 ada 65 orang tewas.
Dia menambahkan pada 2009 di wilayah Polda Metro Jaya ada 20 lokasi balapan liar. Angka ini kemudian meningkat menjadi 80 lokasi di tahun 2012. Lokasi terbanyak ada di tangerang yakni 21 lokasi. "Pembiaran yang dilakukan polisi terhadap geng motor selama ini sudah membuat konflik sosial, memicu dendam dan aksi main hakim sendiri, seperti pada Jumat dinihari lalu. Jika situasi ini tidak segera dikendalikan tentu akan memicu konflik yang lebih besar di masyarakat," papar Neta.

...dst

Berita Edukasi, 14 April 2012

1 ) UMY Jadi Rujukan Thailand
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486214/
       
Saturday, 14 April 2012
YOGYAKARTA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mulai mendapat pengakuan dunia. Menjelang penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013, sejumlah sekolah menegah atas (SMA) dari ASEAN menjadikannya sebagai rujukan bagi para siswanya. Salah satunya Islamic School ini Setul Provinces of Southern Thailand. Untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang UMY, 52 guru SMA itu secara khusus melakukan kunjungan langsung ke kampus ini kemarin. "UMY menjadi kampus rujukan bagi para siswa negara ASEAN yang akan menempuh pendidikan di sini.Bukan tahun ini saja,tapi sudah beberapa tahun lalu," ungkap Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY Siti Dyah Handayani kemarin. Adanya mahasiswa luar negeri seperti Thailand yang saat ini menempuh studi di UMY,tidak hanya berdampak bagi upaya UMY go internasional,juga terhadap pelajar jenjang SMA di negara tersebut.Termasuk adanya kunjungan ini lantaran mendapatkan informasi langsung dari mahasiswa Thailand yang sedang kuliah di UMY."Karena itu,saat menerima kunjungan guru-guru dari Thailand ini, para mahasiswa Thailand yang ada di UMY juga ikut dihadirkan untuk menemui mereka,"tandasnya.

...dst

2 ) INOVASI AKADEMIS DI BIDANG KESEHATAN-Dosen UGM Kembangkan Implan Tulang Lokal
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486215/
       
Saturday, 14 April 2012
Kebutuhan terhadap hip prosthesis,yakni alat medis sebagai implan untuk mengembalikan fungsi tulang pangkal paha patah belum dapat terpenuhi.Untuk mendapatkannya harus diimpor. Padahal yang membutuhkannya cukup banyak. DiYogyakarta saja,dari beberapa rumah sakit di sini rata-rata ada 16 pasien yang memasang hip prosthesis setiap bulan atau 192 unit/tahun.Itu pun untuk ukuran tulangnya berbeda dengan orang Indonesia. Dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Alva Edy Tontowi mengembangkan hip prosthesisyang sesuai ukuran tulang orang Indonesia. Hip prosthesisini dinamakan Gama-Hip Prosthesis.Alat medis ini berbeda dengan hip impor di pasaran. Selain diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasien, dari sisi hargaGama-Hip Prosthesisrelatif murah sehingga bisa menggantikan hip prosthesisimpor.Harga prosthesis jenis monopolar-hemiathroplasty berbahan baja stainless316L atau AlTi6V4 biasanya dijual Rp8–12 juta/unit. Sementara Gama- Hip Prosthesis rencananya dipasarkan Rp5 juta/unit. Dengan demikian,ada lebih banyak pasien penderita patah tulang yang bisa dilayani. "Selain itu,hipini juga ada perbedaan,terutama pada stemnya yang dilapisi hydroxyapatite (HA) buatan Bioceramics Minifactory UGM.

...dst

3 ) Mahasiswa UI Raih Penghargaan di Austria
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/14/079396990/Mahasiswa-UI-Raih-Penghargaan-di-Austria

SABTU, 14 APRIL 2012 | 07:01 WIB
TEMPO.CO, Depok - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi di kompetisi tingkat dunia. Tim yang beranggotakan lima mahasiswa Fakultas Hukum berhasil menyabet gelar Honourable Mention pada Kompetisi Annual Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot Court ke-19 di Wina, Austria pada 29 Maret hingga 5 April 2012. Mereka adalah Aldila Mesra, Marshall Pribadi, Nikki Krisadtyo, Prasetyo Pratama Sukirno, dan Salma Izzatii. "Salah satu anggota tim UI, Prasetyo Pratama Sukirno, terpilih sebagai 40 best oralis," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani, Jumat, 13 April 2012. Menurut Siane, Prasetyo mampu menyisihkan lebih dari seribu mahasiswa yang berasal dari 282 universitas terkemuka di 68 negara. Juara umum Annual Willem C. Vis ini adalah University of India. "Juara dua diraih oleh London College University," katanya.

...dst

4 ) Paduan suara Unpad pukau warga Swiss
http://www.antaranews.com/berita/306119/paduan-suara-unpad-pukau-warga-swiss

Sabtu, 14 April 2012 13:23 WIB
London (ANTARA News) - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil memukau warga Valle du Joux, Swiss, sehingga tepuk tangan sambil berdiri mengakhiri penampilan 46 orang dalam acara Rencontre Culturelle de Valle du Joux untuk tampil di Gereja Le Sentier. Kota yang merupakan pusat sebagian merek jam terkemuka di dunia ini mengundang anggota PSM Unpad untuk untuk menghibur warga Valle Du Joux di sebuah gereja yang cantik di kota tersebut, demikian Pensosbud KBRI Bern, Budiman Wiriakusumah kepada ANTARA News London, Sabtu. Budiman Wiriakusumah mengatakan penampilan PSM Unpad sarat dengan koreografi yang menawan, dan penuh kejutan serta kekuatan suara yang kompak, serta kreativitas tampilan yang beragam. Menurut Budiman Wiriakusumah, banyak lagi kelebihan yang tidak dimiliki oleh paduan suara yang selama ini pernah tampil di kota itu. "Tidak mengherankan jika diberbagai kompetisi internasional, PSM Unpad dapat dikatakan selalu memboyong gelar juara," ujarnya.

...dst

5 ) Seleksi Majelis Wali Amanat, UI Minta Masukan
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/14/079397003/Seleksi-Majelis-Wali-Amanat-UI-Minta-Masukan

SABTU, 14 APRIL 2012 | 09:28 WIB
TEMPO.CO, Depok - Setelah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. dan 12 orang lainnya lolos dalam seleksi calon anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI). Pada Kamis, 26 April 2012, UI akan melanjutkan seleksi tahap kedua. Seleksi itu akan memilih enam dari 14 orang calon MWA yang lolos untuk menjadi anggota MWA definitif. "Rapat pleno menyetujui 14 nama. Mereka akan segera dipilih dalam proses selanjutnya," kata Ketua Tim Pansus Pemilihan MWA unsur masyarakat, Heru Suhartanto, Jumat, 14 April 2012. Menurut Heru, pemilihan akan dilakukan pada Kamis, 26 April 2012. Namun, sebelum pemilihan, UI memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk menyampaikan masukan terkait ke-14 calon anggota MWA UI tersebut. "Masukan dapat dikirim melalui e-mail," katanya. Masukan dari masyarakat dapat berupa saran dan siapa yang menurut mereka cocok menjadi bagian dari MWA UI. Masyarakat dapat mengirim sarannya melalui e-mail ke alamat heru@ui.ac.id. "Sekarang sudah dapat dikirim, dan paling lambat pada 21 April 2012, pukul 23.59 WIB," katanya.

...dst

6 ) Dicap Kampus Ilegal, Mahasiswa UISB Demo
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/13/373/611121/dicap-kampus-ilegal-mahasiswa-uisb-demo

Jum'at, 13 April 2012 15:55 wib
SOLOK - Tak terima rektornya ditetapkan sebagai tersangka, ribuan mahasiswa Universitas Islam Sumatra Barat (UISB), Solok, berdemonstrasi dengan mendatangi kantor polisi. Aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap kampus setelah dinyatakan ilegal oleh Ditjen Dikti Kemendikbud dan Kopertis. Status ini pun berimbas pada penetapan Rektor UISB Jamalus sebagai tersangka karena dianggap melanggar undang-undang pendidikan tentang pendirian kampus. Sejak berganti nama dua tahun lalu, kampus yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) ini, telah merekrut lebih dari empat ratus mahasiswa. Karena belum mengantongi izin dari pihak Kopertis dan Ditjen Dikti Kemendikbud, maka kampus ini dinyatakan ilegal oleh pihak kepolisian. Kapolres Solok AKBP Lutfi Martadinata menyatakan, hasil pemeriksaan dan penyidikan Polres Solok terhadap UISB menetapkan rektor yang juga ketua yayasan sebagai tersangka. "Keterangan saksi ahli dari Kopertis dan Ditjen Dikti mengatakan bahwa kampus UISB ini belum memperoleh ijin," kata Lutfi, Jumat (13/4/2012).

...dst

8 ) Unima Terbitkan Ijazah S1 Palsu
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/13/312623/293/14/-Unima-Terbitkan-Ijazah-S1-Palsu

Jumat, 13 April 2012 13:29 WIB   
MANADO--MICOM: UniversitasS Negeri Manado (Unima) di Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), menerbitkan ijazah strata satu (S1) palsu yang ditandatangani Rektor Ph Tuerah. Ijazah tersebut dikeluarkan Unima yang merupakan salah satu Universitas bergensi di daerah Nyiur Melamabai tahun akademik Juni 2011. "Sebagai seorang dosen di Unima, saya sangat prihatin dengan penerbitan ijazah SI palsu. Tindakan ini merupakan bentuk kejahatan akademik yang harus diberikan sanksi tegas oleh Mendiknas, apalagi yang menandatangani  ijazah palsu tersebut rektor," kata Dosen Fakultas Teknik Unima, Stanly Handry Ering, Jumat (13/4). Modusnya kata Stanly, dalam ijazah tersebut nomor induk mahasiswa (NIM) pada kartu mahasiswa dipalsukan. Beberapa mahasiswa yang sebetulnya belum berhak menyandang predikat sarjana telah mendapat ijazah S1 dan akta mengajar.

...dst

9 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tewas Ditabrak Bus
http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/04/14/m2gblo-mahasiswa-universitas-muhammadiyah-tewas-ditabrak-bus

Sabtu, 14 April 2012, 11:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  MADIUN -- Seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, tewas setelah bertabrakan dengan Bus Restu jurusan Ponorogo-Surabaya di Jalan Raya Madiun-Ponorogo, Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu.
Kecelakaan terjadi saat korban bernama Wahyu Eko Prasetyo (22) warga Mejayan Kabupaten Madiun, mengendarai motor Suzuki Satria FU bernomor polisi AE-3657-FK dengan kecepatan sedang dari Madiun menuju ke Ponorogo. Tiba di lokasi kejadian, ada gerobak sampah yang diparkir di tepi jalan. "Pengendara motor itu menghindari gerobak sampah yang diparkir di pinggir jalan. Namun karena haluan motor yang diambilnya terlalu ke tengah jalan dan pada saat bersamaan dari arah berlawanan ada Bus Restu, maka tabrakan tak terhindarkan," ujar Sutopo, seorang saksi mata. Sutopo mengaku mengendarai motor di belakang korban. Sehingga setelah tabrakan tersebut terjadi ia langsung menghentikan motornya untuk menolong Wahyu. "Saya mengendarai motor tepat di belakang masnya yang jatuh itu. Saat ia terjatuh setelah bertabrakan dengan bus, saya langsung menolongnya. Sayangnya, ia sudah meninggal," terang Sutopo.

...dst

10 ) Semar-T Bisa Masuk Roadmap Mobil Listrik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/14/183174/Semar-T-Bisa-Masuk-Roadmap-Mobil-Listrik

14 April 2012
SOLO- Meski tidak masuk daftar universitas yang diundang Presiden, komitmen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam mengembangkan mobil listrik menjadikan mereka memiliki kesempatan. UNS berhasil membuat mobil listrik yang diberi nama Sebelas Maret - Teknologi Listrik (Semar - T). Empat perguruan tinggi yang diundang presiden dalam pengembangan mobil listrik adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka dijadwalkan mempresentasikan roadmap penelitian mobil listrik pada Juni nanti. "Presiden terbuka dengan hal ini (pembuatan mobil listrik UNS). UNS memiliki peluang diundang Presiden," kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof Dr Gusti Muhammad Hatta MS seusai melakukan test drive pada mobil listrik karya Fakultas Teknik UNS, Jumat (13/4).

...dst

11 ) UII Usul Kahar Muzakir Jadi Pahlawan Nasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486218/
       
Saturday, 14 April 2012
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) akan mengajukan rektor pertama UII,KH Kahar Muzakir sebagai pahlawan nasional. Rektor UII Edy Suandi Hamid mengatakan, selain sebagai penghargaan jasa-jasa Kahar Muzakir dalam pendirian UII, pengajuan ini juga berhubungan dengan fakta sejarah berdirinya bangsa Indonesia.Kahar Muzakir merupakan salah satu dari Panitia Sembilan yang menandatangani piagam Jakarta yang menjadi landasan dasar negara Indonesia,Pancasila. Dari sembilan orang itu, hanya Kahar Muzakir yang sampai saat ini belum mendapatkan gelar pahlawan nasional. Delapan lainnya yaitu,Soekarno, Mohammad Hatta,AA Maramis, HA Salim,Achmad Subardjo, Wahid Hasjim,dan Muhammad Yamin sudah ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

...dst

12 ) Satu Juta Intelektual di Indonesia Menganggur
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/13/173396869/Satu-Juta-Intelektual-di-Indonesia-Menganggur

JUM'AT, 13 APRIL 2012 | 15:36 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak satu juta pengangguran di Indonesia adalah lulusan perguruan tinggi. Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Marzan A. Iskandar mengatakan, per September 2011, jumlah pengangguran intelektual di Indonesia mencapai 1,1 juta orang. "Naik 15,71 persen dibandingkan 2010," kata Marzan saat kuliah umum pelatihan wirausaha industri inovatif di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat, 13 April 2012. Meningkatnya jumlah pengangguran intelektual disebabkan orientasi para sarjana adalah mencari pekerjaan dan bukannya menciptakan pekerjaan. Oleh karena itu, dia meminta para sarjana mengembangkan jiwa kewirausahaan ketimbang sekadar menjadi pegawai. Untuk mendukung tumbuhnya wirausaha baru, pihaknya bekerja sama dengan lembaga rumah ekonomi rakyat mengadakan pelatihan wirausaha berbasis teknologi atau technopreneurship. Program ini adalah kelanjutan program pusat inovasi usaha mikro-kecil dan menengah yang sudah berjalan sejak 2009. "Selain technopreneurship, program lainnya yang sudah berjalan adalah inkubator bisnis berbasis teknologi di kampus-kampus," ujarnya.

...dst

13 ) Pertemuan BEM Se-Nusantara Ditolak
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/14/078396958/Pertemuan-BEM-Se-Nusantara-Ditolak

SABTU, 14 APRIL 2012 | 00:14 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Badan Eksekutif Mahasiswa se-Provinsi Kepulauan Riau menolak pelaksanaan pertemuan BEM Nusantara ke V yang akan digelar di Kepulauan Riau, pada 16-19 April 2012. "Dari mulai sosialisasi, hanya beberapa pihak yang dihubungi. Ini sarat kepentingan," kata Wakil Ketua BEM Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Setia Purnama, saat dihubungi, Jumat, 13 April 2012. Purnama mengaku BEM se-Riau tidak pernah diajak bicara ihwal persiapan pelaksanaan pertemuan tersebut. "Yang diajak hanya mereka yang mendukung. Kami merasa disepelekan karena tidak pernah diajak," katanya.Ketertutupan panitia, kata Purnama, membuat BEM lain curiga jika pertemuan tersebut sarat dengan kepentingan kekuasaan. Menurut dia, tidak ada kejelasan soal sumber dana dalam pertemuan yang dipastikan memakan biaya yang sangat besar.

...dst

14 ) BEM UGM Serahkan 100 Anak Ayam
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/13/m2fehu-bem-ugm-serahkan-100-anak-ayam

Jumat, 13 April 2012, 23:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) menyerahkan bantuan sebanyak 100 anak ayam beserta peralatan pemeliharaan kepada siswa Sekolah Dasar Bina Anak Soleh, Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta."Bantuan 'day old chick' (DOC) atau anak ayam itu untuk menanamkan kecintaan siswa sekolah dasar (SD) terhadap sektor peternakan khususnya perunggasan," kata pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), KA Safei, di Yogyakarta, Jumat. Selain untuk memberikan pengetahuan tentang dunia peternakan pada siswa, kegiatan itu juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran untuk mengonsumsi pangan hewani sejak dini. Kegiatan bertema 'Menanamkan Kecintaan Siswa di Sektor Perunggasan Menuju Perbaikan Gizi di Masa Mendatang' itu diharapkan juga mampu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri siswa.

...dst

15 ) Unissula-Iraqi University Gelar Video Conference
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/13/183147/Unissula-Iraqi-University-Gelar-Video-Conference

13 April 2012
SEMARANG - Unissula mengadakan video conference dengan Iraqi University, Irak, dari kampus Kaligawe Semarang (11/4), menindaklanjuti kerja sama yang disepakati sebelumnya. ''Kegiatan ini menjabarkan MoU yang ditandatangani Rektor Prof Dr Laode M Kamaluddin dengan Rektor Iraqi University Prof Dr Ziyad Mahmoud Rasheed pada  Educational Summit November 2012,'' kata Sekretaris Badan Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri Unissula Muna Madrah MA (). Dalam acara itu, Unissula menghadirkan 12 dekan, sejumlah mahasiswa program double degree Sejarah Peradaban Islam yang hampir semuanya fasih berbahasa Arab dan Inggris. Dari Iraqi University hadir head of department, dekan masing-masing konsentrasi jurusan, serta perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya Irak.

...dst

16 ) Majukan Unpad demi Bangsa- Hari Ini Pemilihan Ketum IKA Unpad
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486345/
       
Saturday, 14 April 2012
BANDUNG– Tiga kandidat Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2012-2016 mempunyai visi dan misi sama yakni memajukan Unpad demi bangsa dan negara. Tiga kandidat itu yakni calon nomor urut 1 Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar; nomor urut 3 Ketua Pembina YayasanAl-Sali Iskandar,Sali Iskandar; dan nomor urut 4 Eksekutif Humpuss MansurAhmad.Sedangkan nomor urut 2 Direktur Jenderal HAKI Kementerian Hukum dan HAM Ahmad M Ramli, mundur dari pemilihan. Sapta Nirwandar berkomitmen bersama teman-teman memajukan Unpad. Karena itu,dibutuhkan jaringan untuk membuat Unpad lebih maju, terutama membuat almamater menjadi World Class University. Karena itu, Sapta dalam proses pencalonannya mengusung tema Unity,Nationality, Productivity, Action, dan Dedication. Sali Iskandar berusaha mewujudkan para alumni lulusan Unpad untuk menjadi motor penggerak di berbagai sektor demi kemajuan bangsa dan negara.

...dst

17 ) Ketua IKA Unpad Bakal Dipilih 7.000 Alumni
http://www.pikiran-rakyat.com/node/184464

Jumat, 13/04/2012 - 19:13
BANDUNG, (PRLM).- Sekitar 7.000 alumni Universitas Padjadjaran diperkirakan akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih ketua Ikatan Alumni Unpad periode 2012-2016 yang pemilihannya dilaksanakan Sabtu (14/4/12). Bagi alumni yang belum melakukan registrasi pemilih, masih ada kesempatan pada Sabtu pukul 6.30-10.00 WIB di Kampus Unpad Dipati Ukur Bandung untuk melaksanakan registrasi sekaligus memilih secara langsung. "Yang sudah terverifikasi sampai saat ini sudah ada 4.456 alumni. Itu yang sudah registrasi dan diverifikasi sejak pendaftaran dibuka 1 April hingga 10 April 2012. Yang belum registrasi dan akan hadir langsung di lokasi pemilihan di Kampus Dipati Ukur masih ada kesempatan sampai pukul 10.00 WIB. Sebab prediksi kami yang akan hadir di lokasi sekaligus reuni akbar mencapai 6000 sampai 7000 alumni," kata Ketua Panitia Mubes, Pemilu, dan Reuni Akbar Unpad Adang Tsaury Mutaqien saat dihubungi Jumat (13/4/12).

...dst

18 ) Mahasiswa Indonesia di China 10.957 orang
http://www.antaranews.com/berita/306122/mahasiswa-indonesia-di-china-10957-orang

Sabtu, 14 April 2012 13:36 WIB |
Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di China meningkat setiap tahunnya dan sekarang sudah mencapai 10.957 orang. Jumlah mahasiswa Indonesia itu menempati peringkat tujuh setelah Rusia, sedangkan terbanyak pertama hingga ketiga masing-masing dari Korsel, Amerika Serikat, dan Jepang, kata Beijing Language and Culture Institute dalam siaran persnya, Sabtu.
"Hal ini bisa dipahami, karena selain biaya terjangkau, mutu pendidikan, fasiltas laboratorium dan kampus, kemajuan dan perkembangan pesat China juga makin banyaknya program studi gelar yang menggunakan bahasa pengantar Inggris," kata Ir. Samuel Wiyono MBA."Bak gayung bersambut, pelajar dan mahasiswa Indonesia pun menurut kalangan perguruan tinggi secara umum berprestasi dan rajin sehingga disukai oleh pihak institusi pendidikan di China," jelasnya.
 
...dst

19 ) Mendikbud: UN 2012 "Paspor" Masuk PTN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/13/m2eq0l-mendikbud-un-2012-paspor-masuk-ptn

Jumat, 13 April 2012, 14:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan, ada beberapa perbedaan dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2012 dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari sisi kebijakan, UN akan diberlakukan sebagai "paspor" untuk masuk perguruan tinggi. "Mulai tahun 2013, sebanyak 60 persen mahasiswa baru diseleksi melalui nilai rapor dan UN, saat ini baru mencapai 25 persen saja, " kata Mohammad Nuh dalam jumpa pers menjelang pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK dan MA pada 16-24 April mendatang, di Jakarta, Kamis. Sedangkan mengenai substansi UN 2012, yakni Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku lembaga penyelenggara UN menyiapkan lima jenis soal berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama. "Jika dulu soal nomor satu di tipe A bisa jadi soal nomor 10 di tipe B, sekarang tidak lagi. Soalnya benar-benar berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama, sehingga diharapkan bisa meminimalisasi terjadinya upaya kecurangan," ujarnya.

...dst

20 ) Pos Pengaduan Larangan Ikut UN Dibuka
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/13/m2ezh1-pos-pengaduan-larangan-ikut-un-dibuka

Jumat, 13 April 2012, 17:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Menanggapi polemik larangan siswi hamil mengikuti Ujian Nasional Akhir Sekolah (UNAS) yang terjadi di wilayah Jawa Timur secara luas, Jaringan Lembaga Peduli Anak Jawa Timur membentuk Posko UN 2012. Posko ini akan dibuka hingga UNAS berakhir. Hal itu sebagai bantuan agar siswa yang mendapat larangan mengikuti UNAS dapat bernafas lega terkait pemberitaan di media soal larangan siswi hamil ikut UNAS. Padahal, UNAS akan digelar mulai Senin (16/4) mendatang. Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, Sinung D. Kristanto mengatakan, polemik ini akan selesai jika Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Haru mengeluarkan statemen bahwa siswi hamil diizinkan mengikuti UNAS. "Selama ini hanya pemberitaan yang beredar terkait pelarangan ini, tapi Kepala Dinas tidak pernah meresponnya," kata Sinung pada wartawan, Jum'at (13/4).

...dst

21 ) Pengawasan Libatkan 73 PT
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/14/183171/Pengawasan-Libatkan-73-PT

14 April 2012
SEMARANG- Pengawasan pelaksanaan UN untuk jenjang SMA/SMALB/MA/SMK pada 16-19 April 2012, melibatkan 73 perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta. Sebanyak 2.941 pengawas dari unsur dosen akan diterjunkan untuk bertugas di tiap satuan pendidikan di seluruh Jawa Tengah. PT yang dilibatkan dalam pengawasan ini terbagi atas 12 PT negeri dan 61 PT swasta. Mereka akan mengawasi 2.539 sekolah yang terdiri atas 1.291 SMA/SMALB/MA dan 1.248 SMK. Penanggung jawab Pengawasan UN Jateng Prof Fathur Rokhman mengatakan, pada UN tahun ini seperti halnya sebelumnya, Universitas Negeri Semarang (Unnes) ditunjuk sebagai koordinator pengawas di tiap sekolah jenjang SMA sederajat. Jumlah pengawas UN 2012 ini meningkat dibandingkan tahun lalu, karena pengawasan diperluas hingga satuan pendidikan SMK.

...dst

22 ) Unnes gunakan mesin pindai citra untuk UN
http://www.antaranews.com/berita/306094/unnes-gunakan-mesin-pindai-citra-untuk-un

Sabtu, 14 April 2012 06:01 WIB
Semarang (ANTARA News) - Universitas Negeri Semarang (Unnes) siap menggunakan mesin pindai teknologi citra untuk pemindaian (scanning) lembar jawab Ujian Nasional (UN) 2012, dengan hasil pindaian yang lebih maksimal. "Dengan mesin pindai yang berteknologi canggih ini, kemungkinannya sangat kecil lembar jawab UN tidak terpindai atau tidak terbaca mesin," kata Pembantu Rektor IV Unnes Prof Fathur Rohman di Semarang, Jumat. Ia mengatakan, pada pelaksanaan UN tahun ini Unnes kembali dipercaya untuk melakukan tugas pemindaian lembar jawab UN untuk jenjang SMA dan sederajat, sama seperti pada pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya. Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 180 dosen dan staf khusus yang menangani proses pemindaian lembar jawab UN, mengingat proses "scanning" tersebut setiap harinya akan dilakukan secara nonstop. "Kalau pada pemindaian tahun lalu dengan mesin pindai yang lama mungkin ada satu-dua lembar jawab yang tidak terbaca karena kesalahan peserta, seperti kurang menghitamkan jawaban, dan sebagainya," katanya.

...dst

23 ) Mengenaskan, Menristek: Orang Pandai Indonesia Justru Banyak di Luar Negeri
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/13/m2eun1-mengenaskan-menristek-orang-pandai-indonesia-justru-banyak-di-luar-negeri

Sabtu, 14 April 2012, 03:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SOLO---Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, mengatakan sebenarnya banyak warga negara Indonesia yang tinggal diluar negeri itu pandai-pandai, tetapi sementara ini mereka tidak mau pulang ketanah air, karena takut "tidak ada mainan di negaranya sendiri". "Kami beberapa waktu lalu telah berhasil mengumpulkan 100 orang pintar warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, " kata Menristek Gusti Muhammad Hatta kepada wartawan seusai acara 'Pelatihan Wirausaha Industri Inovatif" di Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). "Ya orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri itu pada umumnya tidak mau pulang ke tanah air, karena takut tidak mendapat permainan. Sebenarnya mereka itu juga mau pulang asalkan dari kemampuannya itu dijamin akan disalurkan oleh Pemerintah", katanya. Menristek juga mengatakan bahwa orang-orang yang tergolong pintar dan sekarang berada di luar negeri itu juga telah menyatakan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu siap untuk pulang ke tanah air.

...dst

24 ) Menristek Dukung Mobil Esemka
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486147/
       
Saturday, 14 April 2012
SOLO – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta mendorong penyempurnaan mobil Esemka. Dia secara khusus mengirimkan tim pendampingan dan memerintahkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) agar proaktif dalam upaya uji kelayakan produk automotif rakitan pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) itu. Menristek dalam kegiatannya diUniversitasSebelasMaret Surakarta (UNS) kemarin menyempatkan diri mengunjungi bengkel kerja Esemka di Solo Tecknopark (STP). Di fasilitas bengkel pelajar ini, dia mengendarai mobil Esemka SUV Rajawali berplat nomor AD 1 A di ruang teaching factory kompleks STP. Selama mendampingi Menteri, Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) memberikan informasi mengenai produk dalam negeri ini.

...dst

25 ) Laporan dari Den Haag
Prof. Sofjan: DPR Lembaga Negara atau Abu Nawas?
http://news.detik.com/read/2012/04/13/213559/1892270/10/prof-sofjan-dpr-lembaga-negara-atau-abu-nawas

Jumat, 13/04/2012 21:35 WIB
Den Haag Baru saja mahasiswa dan rakyat turun ke jalan menolak dijadikan tumbal jebolnya anggaran dengan rencana menaikkan harga BBM, tapi DPR malah kumat lagi menghambur-hamburkan anggaran. Hal itu disampaikan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA, pengajar pada Islamic University of Europa, Rotterdam, kepada detikcom, Jumat (13/4/2012) waktu setempat. "Segala usaha telah dilakukan oleh rakyat, mulai dari kritik sampai aksi demonstrasi, agar gerombolan DPR bisa difungsikan sesuai fungsinya menurut konstitusi, namun sayangnya kelakuan dan perangai anggota DPR semakin membabi-buta," ujar Sofjan. Menurut Sofjan, DPR terhadap rakyat sudah seperti Abu Nawas main akal-akalan, melancong ke Afrika Selatan, Jerman dan negara-negara tujuan lain dengan alasan mengawasi KBRI di luar negeri. "Padahal teknisnya sudah ada inspektorat sebagai lembaga khusus yang memeriksa dan mengawasi KBRI, bukan lembaga legislatif DPR. Ini adalah akal-akalan Komisi I DPR membohongi rakyat. Kepergian DPR adalah ilegal dan inkonstitusional," kecam Sofjan.

...dst

26 ) Salah Paham pada Vonis MK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486342/38/

Oleh MOH MAHFUD MD Guru Besar Hukum Konstitusi       
Saturday, 14 April 2012
Sore itu, kira-kira dua tahun lalu, saya menonton salah satu televisi berita yang kebetulan memberitakan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru saja mengucapkan vonis atas satu perkara sengketa kewenangan antarlembaga negara. Seorang pendukung pihak yang permohonannya "tidak dapat diterima"dalam perkara itu terlihat marah-marah saat diwawancarai wartawan. "Ternyata benar isu di daerah bahwa MK telah diintervensi pemerintah sehingga `menolak' permohonan kami," kata anggota tim pendukung yang permohonannya tidak dapat diterima itu. Pendukung yang tampak emosi itu salah dalam dua hal. Pertama, anggapannya bahwa MK diintervensi pemerintah sehingga mengalahkan permohonannya. MK adalah MK yang selalu independen, tak bisa dipengaruhi siapa pun,termasuk oleh pemerintah. Sejak awal masuk ke MK, saya sudah menyatakan, MK akan dibangun dengan fondasi independensi, sebab takkan ada keadilan tanpa independensi peradilan.
Namun, harus diingat, independensi MK bukan hanya independen dan berani memutus berbeda dengan kepentingan pemerintah, tetapi juga independen dan berani berlawanan dengan pihak-pihak di luar pemerintah seperti tekanan DPR, partai politik (parpol),lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau tekanan opini pers. Bagi MK, semua tekanan atau insinuasi yang bermaksud memengaruhi takkan ada gunanya karena takkan pernah digubris.

...dst

OOT:
27 ) TINGKAT KECERDASAN - Bocah 4 Tahun, IQ Hampir Setara Einstein
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486341/38/
       
Saturday, 14 April 2012
Anak kecil ini sungguh luar biasa.Bayangkan, pada usia dua tahun, dia bisa menghitung sampai 40, menggambar orang, membaca puisi, dan membaca buku layaknya anak usia tujuh tahun. Sekarang, di usianya yang menginjak empat tahun, intelligence quotient (IQ) yang dimilikinya mencapai 159. Skor itu jauh di atas rata-rata IQ orang dewasa 100,bahkan yang termasuk "berbakat" sekalipun, 130. Pemilik kecerdasan luar biasa itu adalah anak perempuan kecil berambut pirang bernama Heidi Hankins. Dia pantas berbangga lantaran IQ yang dimilikinya hanya berbeda satu poin di bawah ilmuwan besar dunia,Stephen Hawking dan Albert Einstein.Balita yang berasal dari Winchester, Hampshire,Inggris itu juga telah menjadi salah satu anggota termuda jaringan Mensa. Mensa merupakan kelompok elite terbesar yang terdiri atas orang-orang dengan IQ tinggi. Ini merupakan kelompok organisasi nonprofit yang keanggotaannya terbuka untuk siapa saja asalkan memenuhi standar IQ yang ditentukan.Mensa memiliki payung organisasi bernama Mensa International yang terdaftar secara resmi di Caythorpe, Lincolnshire, Inggris. Bakat kepintaran Heidi memang tak muncul begitu saja.

...dst

Berita Edukasi, 13 April 2012

1 ) RUMAH SAKIT PENDIDIKAN
Fakultas Kedokteran Wajib Punya RSP
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/13/03493073/fakultas.kedokteran.wajib.punya.rsp

Jumat, 13 April 2012
Jakarta, Kompas - Saat Undang-Undang Pendidikan Kedokteran disahkan, setiap fakultas kedokteran wajib memiliki rumah sakit pendidikan utama. Jika dalam tiga tahun masa peralihan ketentuan itu tak terpenuhi, fakultas kedokteran harus ditutup atau bergabung dengan fakultas kedokteran lain. "Rumah sakit pendidikan (RSP) utama tidak harus dimiliki sendiri, dapat bekerja sama dengan RS yang ada," kata anggota Panitia Kerja Pemerintah RUU Pendidikan Kedokteran, yang juga anggota Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI), Akmal Taher, seusai sarasehan Tiga Pilar Pendidikan Kedokteran di Jakarta, Kamis (12/4). Untuk program studi pendidikan kedokteran, waktu peralihannya lima tahun. Waktunya lebih lama karena mereka diwajibkan membentuk fakultas kedokteran (FK) dulu. "Ke depan, tidak boleh ada program studi kedokteran yang ditempelkan pada fakultas lain, harus membentuk FK sendiri," kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Illah Sailah. Penelitian Departemen Kesehatan dan Universitas Gadjah Mada tahun 2003 menyebut ada 97 RSP. Namun, ARSPI pada tahun 2009 mencatat hanya ada 39 RSP (saat itu ada 52 FK). Bagi FK baru, memiliki RSP utama merupakan hal yang sulit. Untuk membangun RSP tidak mudah dan murah, sedangkan bekerja sama dengan RS yang ada juga tidak gampang, terutama bila visi dan misinya berbeda. "Untuk menjadi RSP utama cukup RS tipe B," kata Akmal.

...dst

2 ) Pendaftaran Pengajar Muda telah Dibuka! - Indonesia Mengajar
http://indonesiamengajar.org/kabar-terbaru/pendaftaran-pengajar-muda-telah-dibuka

Pendaftaran Pengajar Muda untuk keberangkatan November 2012 telah dibuka. Bagi rekan-rekan sarjana dari berbagai jurusan dan universitas, mari bergabung dalam gerakan ini dengan menjadi Pengajar Muda selama setahun di sekolah dasar di berbagai penjuru Indonesia. Indonesia Mengajar mengajak Anda yang memiliki semangat mengabdi dan cita-cita tinggi untuk memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online sejak tanggal 10 April – 15 Mei 2012. Adapun persyaratannya dapat dilihat di tautan JADI PENGAJAR MUDA

...dst

3 ) Fisipol UGM Terbitkan Jurnal Online
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/13/m2ensx-fisipol-ugm-terbitkan-jurnal-online

Jumat, 13 April 2012, 13:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan meluncurkan jurnal "online" untuk memfasilitasi interaksi, diskusi, advokasi, dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan sosial dan politik. "Jurnal 'online' itu merupakan jurnal ilmiah di bidang sosial dan politik yang diterbitkan Fisipol UGM," kata Wakil Dekan Bidang Penelitian, Kerja Sama, dan Pengabdian kepada Masyarakat Fisipol UGM Gabriel Lele di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) itu bertujuan untuk menyuguhkan kekayaan wawasan dan interpretasi atas berbagai fenomena sosial politik baik yang terjadi di Indonesia maupun di luar negeri. "Jurnal ilmiah 'online' itu diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran bagi studi Indonesia," kata Gabriel. Ia mengatakan, dalam rangka pra-peluncuran edisi "online" itu JSP membuka akses seluruh artikel elektronik yang telah terunggah. Akses gratis itu terbuka bagi semua pengunjung situs JSP "online" sampai dengan 30 April 2012. "Artikel elektronik akan terus di-'update' hingga seluruh volume JSP sejak edisi pertama pada 1997 terunggah ke website JSP http://jurnalsospol.fisipol.ugm.ac.id," katanya.

...dst

4 ) Teliti Toxo, Paper Widya Raih Juara se-Asia Pasifik
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/13/373/610923/teliti-toxo-paper-widya-raih-juara-se-asia-pasifik

Jum'at, 13 April 2012 13:25 wib
JAKARTA - Siapa bilang penyakit toxoplasmosis hanya berasal dari kucing? Berdasarkan penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Widya Nurrohman, ayam juga merupakan inang penyakit tersebut. Dalam paper-nya ini, Widya mengangkat topik tentang toxoplasmosis, penyakit akibat infeksi Toxoplasma Gondii, sejenis protozoa parasit yang menginfeksi vertebrata. Bila seseorang terserang parasit ini, akan timbul gejala khas seperti gejala flu, nyeri otot yang berlangsung dalam hitungan hari, bahkan minggu. Seringkali orang tidak sadar meski sudah terinfeksi toxoplasmosis. Toxoplasmosis biasanya lebih mudah menjangkiti pasien yang daya kekebalannya menurun (imuno compromise). Tiap tahun, angka kematian akibat toksoplasmosis pada pasien HIV mencapai 1.028 kasus. Selain itu, ditemukan 70 persen pasien UGD di RSUD dr Sutomo Surabaya positif mengidap toxoplasmosis. "Masyarakat awam cenderung tidak tahu dan menganggap enteng penyakit ini, tapi bila sudah menyerang, banyak kerugian yang bisa ditimbulkan," kata Widya seperti dikutip dari laman Unair, Jumat (13/4/2012).

...dst

5 ) Prof Syamsul Rizal Jadi Rektor Unsyiah
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/13/373/610894/prof-syamsul-rizal-jadi-rektor-unsyiah

Jum'at, 13 April 2012 11:21 wib
BANDA ACEH - Para senat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh merekomendasikan Prof Dr Ir Syamsul Rizal MENg sebagai rektor perguruan tinggi negeri tersebut. Mantan pembantu rektor I bidang akademik ini ditunjuk dalam rapat senat tertutup, menggantikan Prof Dr Darni M Daud, MA yang sudah diberhentikan karena maju dalam Pemilukada Aceh, 9 April lalu. "Pak Syamsul Rizal direkomendasi oleh senat sebagai rektor definitif untuk melanjutkan masa kepemimpinan Pak Darni hingga 2014," kata Humas Unsyiah Abdi A Wahab kepada okezone, Jumat (13/4/2012). Rapat senat itu digelar di gedung Biro Rektorat Unsyiah, kemarin. Nama-nama diusulkan dalam rapat adalah pembantu rektor I, II, III dan VI Unsyiah. "Akhirnya forum merekomendasi pembantu rektor I, Pak Syamsul," ujarnya.

...dst

6 ) UI Bersiap Pilih Rektor Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/13/373/610822/ui-bersiap-pilih-rektor-baru

Jum'at, 13 April 2012 10:13 wib
DEPOK - Usai memilih anggota Majelis Wali Amanat (MWA), selanjutnya Universitas Indonesia (UI) harus menentukan panitia pemilihan rektor. Sebab, sesuai periode kepemimpinan, UI harus sudah memiliki rektor baru pada Agustus 2012. Anggota MWA terpilih nantinya akan memberikan masukan kepada Senat Akademik Universitas (SAU) untuk membentuk panitia pemilihan rektor. Ketua Panitia Khusus (Pansus) pemilihan anggota MWA Heru Suhartanto mengatakan, anggota MWA dibentuk seindependen mungkin agar mencegah conflict of interest. "Anggota MWA dari unsur masyarakat dilihat track recordnya. Perlu orang seperti apa, jangan sampai terpecah di UI, dijamin independen, jangan ada konflik of interest," katanya kepada wartawan, kemarin.

...dst

7 ) Terpilih 14 Nama Calon Anggota Majelis Wali Amanah UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/12/18574272/Terpilih.14.Nama.Calon.Anggota.Majelis.Wali.Amanah.UI.

Kamis, 12 April 2012 | 18:57 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Senat Akademik Universitas Indonesia memilih 14 nama sebagai calon anggota Majelis Wali Amanah. Nama tersebut ditentukan dalam rapat yang dihadiri 66 anggota Senat Akademik UI di Gedung Pusat Administrasi UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (12/4/2012). Pemilihan calon anggota MWA berlangsung tertutup mulai pukul 09.00 sampai sekitar pukul 13.00. "Setiap anggota senat memilih 12 nama calon anggota MWA. Kemudian, nama tersebut disusun sesuai peringkat pengusul terbanyak. Lalu, muncul 53 nama. Seharusnya senat memilih 12 nama calon, tetapi karena ada yang memiliki skor sama menjadi 14 nama," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani, Kamis, kepada Kompas. Nama-nama yang dimaksud adalah:

...dst

8 ) "Kami Inginkan Lebih Banyak Mahasiswa Indonesia"
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/12/373/610580/kami-inginkan-lebih-banyak-mahasiswa-indonesia

Kamis, 12 April 2012 18:30 wib
JAKARTA - Berbicara di hadapan mahasiswa President University, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Scott Marciel mengatakan, sektor pendidikan menjadi salah satu fokus pelaksanaan Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia."Prioritas Kedubes AS adalah meningkatkan kerja sama pendidikan dengan Indonesia, membawa orang-orang AS lebih banyak lagi untuk belajar di Indonesia, juga sebaliknya. Ini adalah salah satu cara terbaik dalam membangun hubungan baik antar kedua negara sekaligus kesempatan yang sangat baik bagi para siswa," ujar Dubes AS Scott Marciel di Kampus President University, Bekasi, Jawa Barat Kamis, (12/4/2012). Dubes Marciel juga menyebutkan, selama ini AS telah menjalankan implementasi Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia dalam sektor pendidikan dengan memberikan bantuan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa asal Indonesia. "Kami ingin ada lebih banyak siswa asal Indonesia yang belajar di AS, oleh karena itu kami memberi beasiswa bagi mereka yang ingin bersekolah di Amerika," imbuhnya.

...dst

9 ) Rektor Universitas Mataram Diperiksa dalam Kasus Nazaruddin
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/13/063396814/Rektor-Universitas-Mataram-Diperiksa-dalam-Kasus-Nazaruddin

JUM'AT, 13 APRIL 2012 | 10:41 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi memanggil Rektor Universitas Mataram, Prof. Ir. H. Sunarpi, Ph.D., dalam kasus pencucian uang M. Nazaruddin, bekas Bendahara Partai Demokrat pada saham PT Garuda Indonesia (Persero). Ia bakal dimintai keterangan bersama dua koleganya dari kampus yang sama, yakni Muhammad Sidik dan Suherman. "Ketiganya bakal diperiksa sebagai saksi," kata Priharsa Nugraha, Kepala Pemberitaan KPK, di kantornya, Jumat, 13 April 2012.
Kasus ini bermula saat Nazaruddin membeli saham perdana PT Garuda di PT Mandiri Sekuritas, pialang penjualan saham pada awal Oktober 2011. Melalui lima perusahaannya, yakni PT Permai Raya Wisata, PT Exartech Technology Utama, PT Cakrawaja Abadi, PT Darmakusumah, dan PT Pacific Putra Metropolitan, bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu membeli saham Garuda sebesar Rp 300,85 miliar.

...dst

10 ) RUU PT Menuju Komersialisasi Pendidikan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/184400

Jumat, 13/04/2012 - 07:23
BANDUNG, (PRLM).- Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kebangsaan (UK) Bandung, D Gandana menyatakan, Rencana Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) saat ini belum mencerminkan bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap sistem pendidikan nasional. Malah ada kecenderungan negara melepas tanggung jawabnya kepada masyarakat. Hal itu nampak dari pasal 61 dan 62 yang mana Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah diprivatisasi dalam bentuk bisnis pendidikan. "RUU PT tidak lebih dari UU Badan Hukum Milik Negara (BHMN) yang memberi keleluasaan kepada pengelola perguruan tinggi untuk mencari dan mengelola keuangan," tutur Gandana saat ditemui "PRLM" di ruang kerjanya, Jln Terusan Halimun No. 37 Bandung, Kamis (12/4/12). Dia menilai, tata kelola otonomi perguruan tinggi Versi RUU PT yang serupa tapi tak sama dengan BHMN, akan menggejala kearah komersialisasi pendidikan.

...dst

11 ) Mendikbud: Kemdikbud Siap Laksanakan UN yang Kredibel
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/250

04/12/2012
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menegaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) siap menggelar Ujian Nasional (UN) jujur dan lebih kredibel. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Mendikbud mengaku hingga saat ini tidak menerima laporan dugaan kebocoran naskah soal UN yang akan berlangsung mulai Senin, 16 April 2012. "Kunci utamanya memang ada di percetakan yang terpusat sehingga dapat dipastikan aman," ujar Mendikbud dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Kemdikbud, Kamis (12/04). Ia menuturkan, distribusi naskah soal juga sudah dibagi-bagi berdasarkan kota tempat percetakan dilakukan, sehingga apabila ada masalah dapat diketahui lebih cepat. "Kita dapat mengetahui dari percetakan mana masalah itu timbul, karena pembagian wilayahnya sudah jelas," imbuhnya.

...dst

12 ) Dosen Pengawas Bisa Tindak Pelanggar Unas
http://www.jpnn.com/read/2012/04/13/124044/Dosen-Pengawas-Bisa-Tindak-Pelanggar-Unas-

Jum'at, 13 April 2012 , 02:42:00
JAKARTA - Peran dosen pengawas ujian nasional (unas) tingkat SMA tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Meski tidak mengawasi di dalam ruang ujian, mereka punya hak menindak bila ada pelanggaran. "Para dosen bukan pengawas ruang, tapi mereka menjadi pengawas pelaksanaan unas," kata M. Aman Wiranatakusumah, ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta kemarin. Unas level SMA dan sederajat akan dihelat 16-19 April mendatang. Untuk sistem pengawasan memang melibatkan dosen dari perguruan tinggi negeri (PTN). Berbeda dengan tahun lalu, kali ini para dosen pengawas itu tidak berada di dalam ruang ujian. Aman menegaskan bahwa hal itu bukan berarti fungsi dosen pengawas dikebiri. "Mereka tetap menjalankan fungsi sebagai pengendalian dan kontrol," ujar mantan dubes RI untuk organisasi PBB, Unesco, itu. "Bila ada kecurigaan, mereka boleh masuk ruang ujian untuk mengecek," sambungnya. Nah, jika kecurigaan pelanggaran itu terbukti, dosen pengawas bisa langsung menindak sesuai ketentuan. Potensi pelanggaran itu antara lain siswa membawa alat komunikasi ke dalam ruang ujian, kerja sama atau sontek antarsiswa atau siswa dengan guru sekolah, atau guru pengawas.

...dst

13 ) Mahasiswa Ilmu Kelautan Unhas Tewas Saat Ikuti Orientasi di Barru
http://news.detik.com/read/2012/04/12/234918/1891373/10/mahasiswa-ilmu-kelautan-unhas-tewas-saat-ikuti-orientasi-di-barru?n991102605

Kamis, 12/04/2012 23:49 WIB
Makassar Reki, mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin, dikabarkan meninggal dunia saat mengikuti Orientasi Pengenalan Lapangan di Pulau Bakki, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (12/4/2012) malam. Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Jurusan Ilmu Kelautan Unhas, Prof. Andi Ikbal Burhanuddin yang dihubungi detikcom membenarkan informasi tersebut. Ia menyebutkan jenazah mahasiswanya sedang diberangkatkan dari lokasi kejadian menuju rumah duka di Maros. "Saat ini kami belum dapat memberi penjelasan secara detail, kami baru menuju rumah duka," ujar Ikbal. Salah seorang mahasiswa Ilmu Kelautan yang namanya tak mau disebut menuturkan, korban sebelum meninggal dunia sempat ikut berenang di sekitar pulau. Rencananya kegiatan Orientasi Pengenalan Lapangan yang rutin dilaksanakan setiap angkatan ini dilaksanakan hingga Minggu (15/4) mendatang.

...dst

14 ) Mahasiswa Unpas Tewas di Kamar Kos 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/485858/

Friday, 13 April 2012
BANDUNG– Seorang mahasiswa ditemukan tidak bernyawa di kamar kosnya,Jalan Gelatik Dalam RT 02/13, Kelurahan Sadang Serang,Kecamatan Coblong, Kota Bandung,kemarin. Korban yang diketahui bernama Bustamil Rifai, 22,merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan (Unpas) Bandung. Korban meninggal dengan posisi telentang di lantai tepat di samping tempat tidur. Saat ditemukan, Rifai yang mengenakan baju cokelat dan celana pendek hijau mengeluarkan busa dari mulutnya.Penemuan tersebut sempat menarik perhatian warga sekitar. Ratusan tetangga memadati area kos tiga lantai itu.Jasad korban ditemukan sekitar pukul 11.00 WIB.

...dst

15 ) Gaji Hakim Lebih Tinggi dari PNS
Tim Kecil Dibentuk untuk Bahas Kenaikan Kesejahteraan
http://www.jpnn.com/read/2012/04/13/124054/Gaji-Hakim-Lebih-Tinggi-dari-PNS-

Jum'at, 13 April 2012 , 06:25:00
JAKARTA - Protes terkait kesejahteraan hakim segera ditindaklanjuti pemerintah. Kemarin (12/4) lima lembaga negara dari MA, KY, Sekretaris Negara, Kementrian Keuangan dan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sepakat untuk membentuk tim kecil yang membahas kesejahteraan hakim. "Kami sepakat bahwa apa yang menjadi harapan teman-teman hakim itu pada dasarnya sepakat untuk mendapat perhatian. Karena itu, maka akan diberntuk tim kecil untuk membahas hal-hal terkait dengan MA sebagai leading sektornya," kata Ketua Muda Bidang Pembinaan MA, Widayanto Sastro Hardjono dalam jumpa pers di gedung Komisi Yudisial (KY), kemarin.
Widayanto menerangkan, ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan oleh tim kecil tersebut. Antara lain, membahas mengenai kejelasan status Hakim, kenaikan gaji, dan tunjangan kesejahteraan hakim yang selama ini menjadi tuntutan para hakim.

...dst

16 ) Usulan CPNS Baru 2012 Jabatan Khusus Ditenggat Akhir April
http://www.jpnn.com/read/2012/04/13/124050/Usulan-CPNS-Baru-2012-Jabatan-Khusus-Ditenggat-Akhir-April-

Jum'at, 13 April 2012 , 04:20:00
JAKARTA -  Pemda dengan postur belanja pegawai di APBD kurang dari 50 persen, diperbolehkan mengusulkan CPNS baru tahun ini untuk posisi jabatan khusus dan mendesak. Jabatan ini dikecualikan dalam moratorium atau penghentian sementara rektrumen CPNS baru. Kementerian Pendagayugaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mengingatkan, usulan untuk meminta jatah CPNS baru ini ditenggat hingga akhir bulan ini. "Pengadaan CPNS baru ini, untuk tahun ini juga. Tahun anggaran 2012," kata Menpan-RB Azwar Abubakar. Dia menuturkan, Kemen PAN-RB sudah mengirimkan surat ke seluruh pemda untuk segera mengirimkan permintaan CPNS baru untuk jabatan khusus ini. Menteri yang juga kader PAN itu mengatakan, syarat bagi pemda untuk meminta jatah CPNS baru jabatan khusus ini berbeda dengan biasanya.

...dst

17 ) Rumit, Syarat Usulkan Formasi CPNS 2013
http://www.jpnn.com/read/2012/04/13/124040/Rumit,-Syarat-Usulkan-Formasi-CPNS-2013-

Jum'at, 13 April 2012 , 00:37:00
JAKARTA--Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pengusulan formasi CPNS 2013 ternyata lebih rumit. Selain dilengkapi hasil analisa jabatan (anjab) dan analisa beban kerja (ABK), pejabat pembina kepegawaian (PPK) baik pusat maupun daerah wajib menyertakan laporan pelaksanaan redistribusi pegawai, serta proyeksi kebutuhan pegawai selama lima tahun ke depan. "Kalau ingin mengadakan seleksi CPNS tahun depan, usulannya sudah harus diajukan mulai sekarang. Apalagi waktu pengusulannya ditenggat hingga 30 Juni 2012," tegas Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho di Jakarta, Kamis (12/4). Bila usulannya disampaikan kepada Menteri PAN&RB setelah melewati waktu yang ditetapkan, lanjutnya,, akan diproses untuk diperhitungkan dalam mengisi formasi tahun anggaran berikutnya, yakni tahun 2014. "Jadi kalau lewat Juni, usulannya tidak akan diproses untuk kebutuhan 2013, tapi diundur 2014," cetusnya. Seperti diketahui, pasca kebijakan penundaan sementara penerimaan CPNS, tercatat sebanyak 478 pemda telah menyampaikan hasil perhitungan kebutuhan pegawainya.

...dst

18 ) Rekrutmen CPNS - Pemda Diminta Ajukan Proposal 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/485965/

Saturday, 14 April 2012
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) menginstruksikan pemerintah daerah untuk mengirimkan proposal kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Menpan dan RB Azwar Abubakar mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikannya kepada para gubernur, bupati, dan wali kota. Mereka harus mengajukan pengusulan untuk mengisi formasi CPNS 2012. "Sampaikan Kemenpan dan RB dengan tembusan kepala badan kepegawaian negara (BPK)," katanya di Jakarta kemarin. Sebagaimana diketahui, permintaan formasi CPNS sudah diberitahukan ke daerah melalui Surat Edaran (SE Menpan dan RB) No B/027/ M.PAN&RB/4/2012 tertanggal 4 April 2012 ke gubernur, bupati,dan wali kota. Dalam proposal yang dikirimkan per daerah itu,terang mantan Plt Gubernur Aceh ini, pemerintah daerah harus melampirkan dokumen laporan hasil penghitungan jumlah kebutuhan pegawai.

...dst

19 ) DPR Recoki Dahlan Iskan
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/13/078396766/DPR-Recoki-Dahlan-Iskan

JUM'AT, 13 APRIL 2012 | 05:53 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: – Gebrakan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, memangkas birokrasi pada perusahaan negara mendapat penentangan dari beberapa orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mereka mengajukan hak interpelasi kepada Dahlan atas berbagai kebijakannya. Menurut Wakil Ketua Komisi BUMN DPR, Aria Bima, interpelasi itu untuk mempertanyakan Keputusan Menteri BUMN Nomor 236/MBU/2011 tentang pendelegasian wewenang. "Keputusan itu memberikan wewenang untuk mengangkat direksi badan usaha milik negara tanpa melalui rapat umum pemegang saham," ujar politikus PDI Perjuangan ini. Kebijakan ini dinilai melanggar Pasal 15 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN. Alasan lain mengajukan interpelasi, kata Aria lebih lanjut, karena Keputusan Menteri tersebut memberi peluang kepada direksi BUMN untuk menjual aset. Padahal, pelepasan aset perusahaan negara harus mendapat persetujuan Dewan, Presiden dan atau Menteri Keuangan.

...dst

20 ) 'Aksi Koboi' Dahlan Menular ke Pejabat BUMN
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/13/078396775/Aksi-Koboi--Dahlan-Menular-ke-Pejabat-BUMN

JUM'AT, 13 APRIL 2012 | 06:56 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: -- Sejumlah direktur utama perusahaan pelat merah ikut-ikutan "demam" gebrakan ala Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan. Mereka meluncurkan sejumlah terobosan untuk mendongkrak kinerja perusahaan negara. Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Ismed Hasan Putro, misalnya, memutuskan tak membeli mobil dinas baru demi menutup kerugian perusahaan sebesar Rp 34 miliar pada tahun lalu. "Tak adanya mobil dinas membuat pengeluaran perusahaan berkurang," katanya kemarin. Kebijakan ini melaksanakan perintah Dahlan agar RNI melakukan efisiensi. Ismed ditunjuk menjadi direktur utama oleh Dahlan, dan menjabat sejak 2 Maret lalu. Sebelumnya, ia adalah komisaris perusahaan negara.

...dst


Berita Edukasi, 12 April 2012

1 ) Empat Universitas RI Ikuti Konferensi Pendidikan Internasional di Riyadh
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/12/m2clzj-empat-universitas-ri-ikuti-konferensi-pendidikan-internasional-di-riyadh

Kamis, 12 April 2012, 11:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH - Empat universitas di Indonesia akan berpartisipasi dalam Konferensi Pendidikan Internasional yang akan diselenggarakan di Pusat Pameran Internasional Riyadh. Acara yang akan dimulai pada 17-20 April mendatang, berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi. "Kami berharap partisipasi empat universitas Indonesia dalam konferensi pendidikan internasional ini akan lebih meningkatkan hubungan bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia. Kami juga mengharapkan dengan acara ini menghasilkan kerjasama kedua negara di berbagai bidang," beber Sekreteris Utama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Arab Saudi, Irvan Fachrizal,  saat ditanya mengenai acara tersebut. Empat universitas yang akan diikutkan dalam konferensi tersebut adalah Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim, Malang.

...dst

2 ) FK Undip Tuai Prestasi di Kompetisi Kedokteran Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609772/fk-undip-tuai-prestasi-di-kompetisi-kedokteran-dunia

Rabu, 11 April 2012 17:28 wib
JAKARTA - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menuai prestasi dalam ajang kompetisi bagi mahasiswa kedokteran tingkat internasional, Siriraj International Microbiology and Immunology Competition (SIMIC) di Thailand. Tim Undip terdiri atas lima mahasiswa dan seorang dosen pembimbing. Mereka adalah Ridzky Firmansyah (mahasiswa angkatan 2008), Fadel Muhammad (mahasiswa angkatan 2009), Gloria Sheila Ratna Utari (mahasiswa angkatan 2009), Josephine Rahma Gunawan (mahasiswa angkatan 2009), AA Ayu Putri Oktiadewi (mahasiswa angkatan 2008), serta Rahajeng Nareswari Tunjungputri sebagai dosen pendamping. Menurut Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso, kompetisi ini diikuti oleh 22 tim dari sembilan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Hongkong, China, Taiwan, dan Jepang. Selain Undip, Indonesia juga mengirimkan tiga delegasi lain yang berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

...dst

3 ) 5 Mahasiswa UI Sabet Gelar Honourable Mention
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609880/5-mahasiswa-ui-sabet-gelar-honourable-mention

Kamis, 12 April 2012 08:03 wib
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi di kompetisi tingkat dunia. Lima mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UI berhasil menyabet gelar Honourable Mention pada Kompetisi Annual Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot Court ke-19 di Wina, Austria. Mereka adalah Aldila Mesra, Marshall Pribadi, Nikki Krisadtyo, Prasetyo Pratama Sukirno, dan Salma Izzatii. Meski tidak meraih juara umum, dalam kompetisi bergensi tersebut, Prasetyo Pratama Sukirno terpilih sebagai 40 best oralis setelah menyisihkan lebih dari 1.000 mahasiswa yang berasal dari 282 universitas terkemuka di 68 negara. Pada 29 Maret hingga 5 April 2012 tersebut, University of India ke luar sebagai juara umum. Sementara predikat jawara dua disandang oleh London College University. Partisipasi UI dalam ajang ini bukanlah kali pertama. Pada 2008 dan 2010, UI pernah meraih gelar serupa. Bahkan pada 2008, UI berhasil menembus rangking 15 besar.

...dst

4 ) Setelah RUU PT, Pemerintah Juga Tolak RUU Pendidikan Kedokteran
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/16200444/Setelah.RUU.PT.Pemerintah.Juga.Tolak.RUU.Pendidikan.Kedokteran

Rabu, 11 April 2012 | 16:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Komisi X DPR kembali kecewa setelah untuk kedua kalinya pemerintah menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) di akhir masa pembahasan. Kali ini yang ditolak pemerintah adalah RUU Pendidikan Kedokteran. Sebelumnya, pemerintah juga menolak RUU Pendidikan Tinggi yang juga di bahas di Komisi X DPR. "Jelas kami kecewa. Kedua RUU ini untuk kepentingan masyarakat. Kebijakan untuk rakyat miskin agar memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan kedokteran. Nyatanya pemerintah menolak tanpa alasan logis," kata anggota Komisi X Rohmani, dalam siaran persnya, Rabu (11/4/2012). Kedua RUU ini merupakan usulan inisiatif DPR. Rohmani mengatakan, sering kali RUU yang diusulkan DPR ditolak atau diundur oleh pemerintah. Berbeda ketika RUU tersebut diusulkan oleh pemerintah. Dengan penundaan pengesahan RUU ini, pelayanan penddikan kedokteran akan tertunda. Masyarakat miskin akan semakin lama mendapat kesempatan mengenyam pendidikan kedokteran yang terjangkau semua kalangan.

...dst

5 ) RUU Pendidikan Dokter Tekan Biaya Kuliah
http://www.jpnn.com/read/2012/04/12/123945/RUU-Pendidikan-Dokter-Tekan-Biaya-Kuliah-

Kamis, 12 April 2012 , 07:07:00
JAKARTA - Kedua Rancangan Undang-Undang (RUU) yakni RUU Pendidikan Tinggi (PT) dan RUU Pendidikan Kedokteran (Dikdok) ditunda pengesahannya oleh DPR. Penundaan tersebut mengikuti permohonan yang diajukan Mendikbud Muhammad Nuh terkait RUU PT. Menurut pemerintah, penundaan tersebut diperlukan untuk lebih mencermati beberapa hal yang termuat dalam RUU tersebut. Sebab, RUU Dikdok misalnya menuai kontroversi. Beberapa pihak tidak setuju dengan pengesahan RUU Dikdok tersebut. Salah satunya Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dirjen Dikti Djoko Santoso menuturkan, penundaan pengesahan tersebut seharusnya tidak menjadi masalah. "Ya kita tidak masalah. Karena kita masih memerlukan pendalaman beberapa hal sehingga nanti bisa diimplementasikan secara baik. Nanti akan kita cermati satu persatu," kata Djoko kepada Jawa Pos, Rabu (11/4). Djoko menuturkan, waktu pengesahan tersebut hanya mundur sebulan dari jadwal semula. Terkait kontroversi RUU Dikdok yang dianggap bakal memberatkan mahasiswa yang kurang mampu, Djoko membantah hal tersebut. Menurut dia, dalam RUU tersebut justru diatur biaya pendidikan dokter yang sewajarnya.

...dst

6 ) BEM UI dan Komite Nasional Pendidikan Tolak RUU Dikti
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123904/BEM-UI-dan-Komite-Nasional-Pendidikan-Tolak-RUU-Dikti-

Rabu, 11 April 2012 , 20:07:00
JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Komite Nasional Pendidikan (KNP) menyatakan menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Tinggi (Dikti) yang dinyatakan sudah selesai dibahas DPR. "Ada dua pasal penting yang harus dikeluarkan dari draf tersebut. Pertama, prinsip badan hukum pendidikan yang sama dengan isi Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan yang sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK). Kedua, pasal otonomisasi non-akademik yang berkaitan dengan otonomi keuangan kampus," kata Ketua BEM UI Faldo Maldini, disela-sela aksi demo di gerbang depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4). Jika otonomi keuangan itu diterapkan di kampus-kampus, lanjut Faldo, maka akan berujung pada komersialisasi pendidikan tinggi. "Dua hal itu yang harus dicabut dalam RUU Dikti." Dikatakannya, 10 tahun UI menjalankan konsep otonomi keuangan di bawah payung Badan Hukum Milik Negara, telah berakibat maraknya korupsi sebagaimana diindikasikan oleh laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

...dst

7 ) Kalla dan Mahfud Md. Masuk Bursa Wali Amanah UI
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/12/079396520/Kalla-dan-Mahfud-Md-Masuk-Bursa-Wali-Amanah-UI

KAMIS, 12 APRIL 2012 | 09:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Pembentukan Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia (MWA UI) melibatkan beberapa tokoh besar Indonesia. Di antaranya ada nama mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. dalam deretan nama calon MWA tersebut. "Pak JK dan Mahfud Md. juga telah menyatakan siap menjadi anggota MWA UI periode 2012-2013," kata sumberTempo saat ditemui di UI, kampus Depok, Rabu, 11 April 2012. Menurut sumber tersebut, selain kedua tokoh itu, ada beberapa lagi tokoh publik yang sudah menyatakan siap. Di antaranya adalah Akbar Tanjung, Bagir Manan, Emil Salim, JB Sumarlin, Yakub Utama, dan Todung Mulia Lubis. "Mereka sudah bersedia secara tertulis," katanya. Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani, saat dimintai keterangannya membenarkan nama-nama tersebut telah bersedia menjadi anggota MWA. Bahkan, Kamis, 12 April 2012, mereka akan dipilih secara tertutup oleh majelis senat UI. "Memang benar mereka telah bersedia," katanya.

...dst

8 ) Tokoh Nasional Masuk Bursa Majelis Wali Amanah UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/12/1304059/Tokoh.Nasional.Masuk.Bursa.Majelis.Wali.Amanah.UI

Kamis, 12 April 2012 | 13:04 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Tokoh nasional masuk dalam bursa majelis amanah Universitas Indonesia. Mereka akan dipilih menjadi enam orang mewakili masyarakat dari unsur di luar UI. Nama-nama tersebut sedang dibahas dalam pertemuan senat akademik UI di Gedung Rektorat UI Depok, Jawa Barat. "Saat ini memang sedang berlangsung rapat senat. Kemungkinan hari ini akan keluar nama-nama yang masuk calon MWA. Namun saya tidak tahu apakah nama itu langsung diputuskan enam orang atau tidak," tutur Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani, Kamis (12/4) di Depok.

...dst

9 ) Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/184148

Rabu, 11/04/2012 - 18:01
CIAMIS,(PRLM).-Publikasi penulisan jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi, terutama dalam kemampuan penulisan ilmiah. Sementara itu, kewajiban penulisan jurnal ilmiah sebagai tanda kelulusan sarjana, diserahkan kepada pihak perguruan tinggi. "Soal jurnal ilmiah apakah menjadi syarat kelulusan, kami serahkan kepada rektor perguruan tinggi," tutur Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemdikbud), Djoko Santoso di Universitas Galuh Ciamis, Rabu (11/4). Ia menegaskan sebagai seorang sarjana tidak hanya mempunyai kemampuan ilmiah semata, akan tetapi juga harus memiliki keahlian serta menguasai tata cara penulisan ilmiah. "Kewajiban publikasi menjadi syarat untuk kelulusan, itu juga sepenuhnya ada pada pihak rektor," ujarnya. Berkenaan dengan penulisan jurnal ilmiah, ketika berbicara di hadapan mahasiswa, Djoko juga mengungkapkan saat ini penulisan jurnal ilmiah di Indonesia masih sangat rendah, jauh tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia.

...dst

10 ) Undip Raih Bintang Dua QS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183009/Undip-Raih-Bintang-Dua-QS

12 April 2012
SEMARANG- Sebuah laman dengan nama QS Star World Class University Ranking meratifikasi puluhan universitas di Indonesia dengan memberikan skor menggunakan simbol bintang. Tahun ini Universitas Diponegoro (Undip) mendapat peringkat bintang dua. Dalam situs QS (http://www.topuniversities.com/ qsstars/indonesia), secara keseluruhan Undip masuk kategori bintang dua dibandingkan dengan universitas lain di dunia pada 2010-2012. Untuk kategori lainnya, seperti engagement dan infrastruktur mendapat lima bintang, internasionalisasi empat bintang, kinerja tiga bintang, serta tiga bintang untuk riset, pengajaran, dan inovasi. Menyikapi capaian prestasi tersebut, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi dalam siaran persnya menyatakan rasa bangga atas prestasi itu. ''Kami berada pada peringkat 150 se-Asia, meskipun itu bukan tujuan. Prestasi ini semoga bisa memacu civitas Undip untuk terus bekerja keras mengukir prestasi,'' ungkapnya, Selasa (10/4).

...dst

11 ) USU Dapat Hibah Rp11,5 M untuk Renovasi Gedung
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609860/usu-dapat-hibah-rp11-5-m-untuk-renovasi-gedung

Rabu, 11 April 2012 19:30 wib
JAKARTA - Universitas Sumatera Utara (USU) mendapat bantuan dari Tanoto Foundation untuk merenovasi Gedung Auditorium dan Gelanggang Mahasiswa USU. Pada proyek kerja sama tersebut, USU mendapatkan bantuan dana senilai Rp11,5 miliar. Rektor USU Syahril Pasaribu mengatakan, kerja sama ini dapat terlaksana karena kedua belah pihak memiliki visi yang sama, yaitu keinginan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. "Kami sangat menghargai dukungan kerja sama dari Tanoto Foundation dalam renovasi Gedung Auditorium dan Gelanggang Mahasiswa. Dukungan ini sangat bermanfaat bagi aktivitas kemahasiswaan dan kegiatan lainnya," kata Syahril seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Rabu (11/4/2012). Sementara Head of Tanoto Foundation Sihol Aritonang menyatakan, Tanoto Foundation memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan dalam pengentasan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup. Kerja sama dengan USU sangat sejalan dengan misi Tanoto Foundation untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas.

...dst

12 ) Unnes Kirim 1.151 Program Kreativitas Mahasiswa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183010/Unnes-Kirim-1.151-Program-Kreativitas-Mahasiswa

12 April 2012
SEMARANG- Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini mengirim 1.151 usulan Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan usulan Program Kreativitas Mahasiswa-Artikel Ilmiah (PKM-AI). Karya tersebut dikirim ke Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DP2M Dikti). Koordinator PKM Unnes Tommy Yuniawan SPd MHum menjelaskan, usulan PKM sebanyak 1.151 itu terdiri atas 968 judul PKM-GT dan 183 judul PKM-AI untuk diseleksi tim penilai. Usulan yang lolos akan mendapat pendanaan dari DP2M Dikti. "PKM-GT merupakan gagasan atau ide yang inovasi dan kreatif dari mahasiswa untuk menjawab solusi atau memecahkan masalah di masyarakat. Muaranya jika berhasil akan dikirim ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas)," kata dia yang juga staf ahli Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, kemarin.

...dst

13 ) PT Dituntut Mendesain Bidang Ilmu Terapan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183011/PT-Dituntut-Mendesain-Bidang-Ilmu-Terapan

12 April 2012
SEMARANG- Pimpinan perguruan tinggi (PT) dituntut bisa mendesain bidang-bidang ilmu terapan dasar. Langkah ini dapat dilakukan dengan membuka fakultas atau prodi baru, seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Hal itu disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof Mustafid saat membuka OIimpiade Nasional MIPA 2012 yang diikuti PT negeri dan swasta se-Jateng di Kampus IKIP PGRI Semarang, Rabu (11/4). Dia mengatakan, selama ini fakultas dan prodi MIPA hanya didominasi PT negeri, sehingga untuk memperluas bidang ilmu terapan dasar tersebut PT swasta juga perlu mengembangkan dengan membuka fakultas atau prodi MIPA.

...dst

14 ) Srikandi Unair Siap Taklukkan Anconcagua
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609592/srikandi-unair-siap-taklukkan-anconcagua

Rabu, 11 April 2012 16:03 wib
SURABAYA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam (Wanala) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan memberangkatkan para srikandinya untuk menaklukkan puncak Anconcagua di Argentina pada Desember mendatang. Ekspedisi yang diberi nama Srikandi Airlangga Indonesia Aconcagua Expedition 2012 ini merupakan bagian dari misi Wanala Unair untuk menaklukkan tujuh puncak tinggi di dunia. 
Sebelumnya, Wanala Unair sudah menaklukkan puncak Cartenz di Papua pada 1994, puncak Kilimanjaro di Afrika pada 2009, dan puncak Elbrus di Rusia pada 2011 lalu. Nah, pada ekspedisi kali ini, tim Wanala unair didominasi oleh perempuan. "Anggota timnya lima orang perempuan, dan satu orang laki-laki sebagai support," ujar sang pemimpin tim, Lestari Ningsih, di kampus Unair, Rabu (11/4/2012).

...dst

15 ) UMY Tantang Siswa SMA 'Bangun' Jembatan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609946/umy-tantang-siswa-sma-bangun-jembatan

Kamis, 12 April 2012 12:02 wib
JAKARTA - Saat ini, jembatan tidak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi. Di beberapa negara, bahkan Indonesia, struktur jembatan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar maupun turis internasional sehingga tidak jarang menjadi lokasi wisata murah meriah. Menyadari kosntruksi dan desain menjadi nilai penting dalam pembangunan sebuah jembatan, maka Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HMS-UMY) menyelenggarakan Lomba Desain Miniatur Jembatan Stick 2012. Kompetisi yang diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK/MA tersebut mengusung tema "Strong Bridge With Natural Material."

...dst

16 ) Minat Studi di Korea? Yuk Ambil Beasiswa Ini!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/12/12353383/Minat.Studi.di.Korea.Yuk.Ambil.Beasiswa.Ini

Kamis, 12 April 2012 | 12:35 WIB
KOMPAS.com — Siapa yang tidak tahu Korea? Tertarik studi di negeri yang kini sedang terkenal dengan K-pop atau Korean pop-nya itu? Tahun ini, ada tawaran beasiswa dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). KAIST kembali membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk program MBA, khususnya yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bagi Anda yang tertarik mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi dari segi bisnis, KAIST merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menimba ilmu tersebut. Bagi yang berminat, beasiswa ini menawarkan program studi IT, Broadcasting, Telecom, Media, dan Content Convergence Industry, yang akan dimulai pada semester musim dingin Januari 2013. Aplikasi beasiswa ini dibuka pada September 2012, sementara penyerahan dokumennya dibuka pada Oktober 2012. Pengumuman peraih beasiswa ini akan dilaksanakan pada pertengahan November 2012.

...dst

17 ) 2013, Tenaga Pendidik di Lembaga Kursus Disertifikasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183007/2013-Tenaga-Pendidik-di-Lembaga-Kursus-Disertifikasi

12 April 2012
TEGAL - Kabar baik diisyaratkan Kasubdit Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kursus dan Pelatihan Direktorat PPTK Ditjen PAUDNI Kemdikbud Dr Kastum. Dalam seminar di Kota Tegal belum lama ini, Kastum menyatakan, pada 2013 tenaga pendidik dan kependidikan yang mengajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), akan diberi sertifikasi. "Mereka memiliki kewajiban sama dengan guru sekolah formal, yakni memberi kepintaran. Karena itu, mereka layak dihargai dengan mendapat tunjangan profesi atau sertifikasi," ujarnya. Mendengar isyarat itu, beberapa pendidikan di LKP seperti Suwelo dan Martika Sari, langsung sujud syukur. Ketua Himpunan Pengelola Kursus dan Pelatihan Indonesia (Hipki) Kota Tegal Dr Yusqon yang juga penyelenggara seminar, menyambut baik kabar tersebut. Dia menjelaskan, saat ini dari sekitar 30 LKP di Kota Tegal, ada sekitar 150 pendidik yang hanya diberi honorarium oleh pengelola KP yang dananya diambil dari iuran orang tua siswa.

...dst

18 ) Dirjen Dikti Pantau Para Rektor di Aceh
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609696/dirjen-dikti-pantau-para-rektor-di-aceh

Rabu, 11 April 2012 16:36 wib
JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengaku belum mendapat laporan dari para rektor di Aceh terkait gempa bumi berkekuatan 8,9 skala richter (SR) yang mengguncang Aceh dan sebagian besar wilayah Sumatra.  "Wah, saya malah belum tahu itu. Kalau gempanya sampai 8,9 SR berarti sangat besar," kata Djoko ketika dihubungi okezone, Rabu (11/4/2012). Menurut Djoko, tidak semua rektor melaporkan  musibah yang sedang dialami daerahnya. "Meski demikian, kami yang di Jakarta biasanya tetap memantau," imbuhnya.
Gempa terjadi pada pukul 15.38 WIB di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Pusat gempa berada di koordinat 2.31 Lintang Utara-92.67 Bujur Timur atau di kabupaten Simeulue, Aceh. Tingginya kekuatan gempa membuat Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan bahaya tsunami untuk wilayah Bengkulu, Lampung, Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

...dst

19 ) Gempa Aceh 2004 dan 2012 berbeda jauh
http://www.antaranews.com/berita/305744/gempa-aceh-2004-dan-2012-berbeda-jauh

Rabu, 11 April 2012 21:50 WIB |
Jakarta (ANTARA News) - Gempa Aceh 2004 dan gempa Aceh 2012 berbeda jauh. "Jika dulu lokasi gempa ada di sepanjang zona subduksi pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia, gempa saat ini berlokasi hanya di lempeng Indo-Australia," kata ahli tsunami, Dr Subandono Diposaptono. "Beda jauh, dulu gempa terjadi di pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia, sekarang terjadi di lempeng Indo-Australia, atau sekitar 175 km lebih ke selatan," kata Subandono yang juga Direktur Tata Ruang Laut dan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Rabu malam. Dengan demikian gempa Aceh yang terjadi kali ini merupakan gempa intraplate, bukan interplate seperti gempa Aceh berkekuatan 9,1 Skala Richter pada 26 Desember 2004. Gempa intraplate tidak menyebabkan tsunami yang besar seperti halnya gempa interplate yang berada di zona subduksi. "Gempa Aceh 2004 menyebabkan tepian dari lempeng Indo-Australia melenting ke atas sepanjang 1.300 km tegak lurus zone penunjaman tempat lempeng samudra Hindia menyusup di bawah lempeng Eurasia (megathrust), dari mulai Simeuleu sampai Andaman dan membuat air laut surut dan kemudian menghempas ke daratan," katanya.

...dst

20 ) "Saya Tak Ingin Kehilangan Anak Lagi..."
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/12/05082767/saya.tak.ingin.kehilangan.anak.lagi...

Kamis,12 April 2012
"Jangan panik, jangan panik," teriak seorang aparat kepolisian yang pontang-panting mengatur lalu lintas di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Rabu (11/4) sore. Namun, teriakan tersebut nyaris tak bermakna. Warga yang dicekam kepanikan setelah gempa berkekuatan 8,8 skala Richter (SR) yang berpusat di barat daya Simeulue memenuhi badan jalan, berimpit, berdesakan, dan saling mendahului dengan kendaraan bermotor menuju tempat yang jauh dari pantai. Mereka yang berada di kantor, rumah, dan kedai kopi berhamburan ke luar. Sebagian ada yang duduk saja bingung harus berbuat apa, sebagian memilih lari ke tempat yang aman. Jalanan pun padat. Orang-orang berusaha menyelamatkan diri. Lampu pengatur lalu lintas tak berfungsi karena arus listrik mati. Umumnya, warga dari Ulee Lheue dan bibir pantai lain melarikan diri ke Lambaro, Lueng Bata, Keutapang, dan Mata Ie. Tempat-tempat itu merupakan daerah yang jauh dari laut. "Kami harus lari. Gempa ini terasa sama dengan gempa 2004, tapi lebih lama. Oleh karena itu, kami sangat takut terjadi tsunami. Apalagi, orang-orang lari semua," kata Ali Hanafiah (46), warga Kampung Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, yang tinggal hanya 100 meter dari pantai. Dengan becak motor yang sehari-hari digunakan untuk bekerja, Ali membawa serta istri dan empat anaknya. Tujuan mereka satu, secepat mungkin sampai di Lueng Bata, daerah yang berada jauh dari pantai dan tak terkena tsunami pada 2004. "Saya tak ingin kehilangan anak lagi. Tahun 2004, dua anak saya hilang karena saya terlambat membawa mereka pergi," tutur Ali yang ditemui saat mengungsi di pinggiran Jalan Lueng Bata.

...dst

21 ) Pasca Gempa Aceh, Gempa Padang Mengintai
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/12/173396480/Gempa-Aceh-Gempa-Padang-Mengintai

KAMIS, 12 APRIL 2012 | 07:05 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Ahli gempa dari Program Studi Geodesi Institut Teknologi Bandung, Irwan Meilano, mengatakan gempa di Pulau Simeulue Rabu 19 April 2012 kemarin berpotensi mempercepat terjadinya gempa besar di Padang."Energi yang disebarkan menambah stres (tekanan) pada megathrust," ujar dia kepadaTempo, Rabu, 19 April 2012 kemarin. Megathrust yang terletak di Mentawai itu adalah kawasan yang selama ini banyak dipelajari oleh peneliti gempa. Kawasan ini terbentuk ketika lempeng Indo Australia menunjam lempeng Eurasia. Penunjaman ini menyimpan energi sangat besar yang bisa dilepaskan sewaktu-waktu menjadi gempa besar berkekuatan 8,8 pada skala Richter.

...dst

22 ) Ini Dia Syarat-syarat Terjadinya & Status Ancaman Tsunami
http://news.detik.com/read/2012/04/11/205259/1890374/10/ini-dia-syarat-syarat-terjadinya-status-ancaman-tsunami?n990102mainnews

Rabu, 11/04/2012 20:52 WIB
Jakarta Gempa besar 8,5 SR dan 8,1 SR di Aceh kali ini tak menimbulkan tsunami. Hal ini karena gempa dan kondisi sebagai syarat terjadinya tsunami tak terjadi. Apa saja?
"Waktu kejadian lalu di Aceh 2004 lalu itu gempa besar tsunaminya cukup besar. Kan yang ini gempanya besar tapi tsunaminya tidak cukup signifikan. Karena ada syarat-syarat terjadinya tsunami," jelas Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sri Woro B Harijono.
Hal itu disampaikan Woro dalam jumpa pers di kantor BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2012). Syaratnya adalah:
1. Kedalaman gempa: kurang dari 70 km
2. Pusat gempa: di dasar laut
3. Besaran gempa: lebih dari 7 SR
4. Patahan: patahan lempeng naik-turun atau vertikal

...dst

23 ) Akan Interpelasi Dahlan, DPR Dinilai Berlebihan
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/12/078396561/Akan-Interpelasi-Dahlan-DPR-Dinilai-Berlebihan

KAMIS, 12 APRIL 2012 | 11:57 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat hukum tata negara Universitas Andalas Saldi Isra mempertanyakan alasan Komisi VI DPR yang akan mengusung hak interpelasi kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait dengan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor 236/MBU/2011. "Kenapa harus bombastis sekali. Kalau minta penjelasan, ya, tinggal panggil saja," kata Saldi Isra, Kamis, 12 April 2012. Menurut Saldi, DPR bisa minta penjelasan sang menteri soal keputusannya itu dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) atau rapat kerja (raker) dengan Kementerian BUMN. Toh, kata dia, substansinya adalah DPR ingin mengetahui alasan mengapa Menteri Dahlan memberikan sejumlah kewenangan ke anak buahnya. "Mereka, kan, sesungguhnya ingin tahu alasan di balik kebijakan itu. Banyak cara untuk selesaikan soal seperti itu, tak perlu hak interpelasi," ujarnya.

...dst

Berita Edukasi, 11 April 2012

1 ) Beasiswa Pendidikan untuk Keluarga Korban Tenggelam di Kupang
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/246

04/10/2012
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberi  beasiswa pendidikan kepada saudara kandung Rizki, Heru, dan Mundhus, yang telah menjadi korban keganasan laut Kupang pada 4 April 2012 lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti, Supriadi, saat bertemu media di Gerai Informasi dan Media Kemdikbud, Selasa (10/04). Rizki dan Heru merupakan peserta program sarjana mendidik di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal, yang pada hari Rabu siang, 4 April 2012 lalu terseret ombak di Pantai Tanjung Mas, Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rizki dan Heru sedang membawa 20 siswa siswi SMA Negeri 1 Amfoang Barat Daya untuk berlibur pada saat libur paskah. Ikut juga terseret ombak bersama Rizki dan Heru, yaitu Mundhus, siswa kelas II IPA SMA Negeri 1 Amfoang Barat Daya. Mundhus telah ditemukan oleh perahu nelayan kemarin (9/04) di 30 kilometer dari lokasi kejadian dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Sedang Heru dan Rizki belum jelas nasibnya sampai saat ini. Kemdikbud, kata Supriadi, menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa itu. Selain itu, juga disiapkan beasiswa terhadap kelangsungan pendidikan dari ketiga keluarga korban. Mengingat mereka bertiga, pendidikan adalah tumpuan harapan dari keluarga masing-masing. Untuk keluarga Mundhus, beasiswa akan diberikan kepada kakaknya yang telah lulus sarjana dari Universitas Cendana, Kupang, jurusan fisika. Padanya akan diberikan pilihan akan menjadi guru atau dosen. Bahkan, orang tua Mundhus yang merupakan tokoh masyarakat di Amfoang Barat Daya menginginkan agar kakak Mundhus ikut menjadi peserta sarjana mendidik, agar tidak menimbulkan trauma pada program ini.

...dst

2 ) Guru Pengabdi di Daerah Terpencil Hilang Ditelan Ombak
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/15361162/Guru.Pengabdi.di.Daerah.Terpencil.Hilang.Ditelan.Ombak

Selasa, 10 April 2012 | 15:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Dua peserta program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T) hilang digulung ombak. Peristiwa itu terjadi, Rabu (4/4/2012) lalu, di pantai Tanjung Mas, Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembantu Rektor I Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Zainal Rafi mengatakan, salah seorang korban, Rizki Susdiasto, merupakan peserta SM3T dari UNJ. Sementara peserta lainnya adalah Heru, peserta SM3T dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). "Dua peserta SM3T hilang di Kupang, dan sampai saat ini belum ditemukan," kata Zaenal dalam jumpa pers di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (10/4/2012). Dia menjelaskan, peristiwa tersebut bermula dari rekreasi yang dilakukan kedua korban dalam rangka liburan Paskah di Pantai Tanjung Mas. Kedua korban juga mengajak Ahmad Munirudin beserta 20 siswa SMAN 1 Amfoang Barat Daya. Di tengah berekreasi, Heru terseret ombak saat berenang di tepi pantai.

...dst

3 ) Akhirnya... RUU Perguruan Tinggi Batal Disahkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/11505095/Akhirnya.RUU.Perguruan.Tinggi.Batal.Disahkan

Rabu, 11 April 2012 | 11:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi kembali batal disahkan oleh DPR. Dalam rapat paripurna hari ini, Rabu (11/4/2012), DPR menerima usulan pemerintah untuk menunda pengesahan RUU tersebut. Sedianya, RUU PT disahkan dalam rapat paripurna, pekan lalu. Awalnya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin paripurna membacakan surat dari Komisi X. Surat itu berisi permintaan penambahan waktu pembahasan RUU PT hingga masa sidang berikutnya. Usulan tersebut sesuai permintaan pemerintah. Namun, dalam surat itu tak dijelaskan alasan permintaan penundaan. Dedi Gumelar, anggota Panja RUU PT, meminta penjelasan alasan penundaan. Pasalnya, seluruh anggota panja sudah sepakat agar RUU itu disahkan. "Kami kecewa, mengapa permintaan penundaan berada di ujung pengambilan keputusan tingkat satu. Masalah seharusnya disampaikan dalam proses panja. Panja sudah selesai, sudah sepakat seluruhnya," kata Dedi.

...dst

4 ) Tiga Pokok Bahasan Penyebab Penundaan Pengesahan RUU PT
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/248

04/11/2012
Jakarta –- Pemerintah meminta kepada DPR  untuk memperpanjang pembahasan Rancangan Undang-undang perguruan tinggi dalam satu kali masa sidang. Permintaan tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam rapat kerja pemerintah dan Komisi X DPR RI pada Senin, (9/04) di Gedung DPR RI. Usulan RUU tersebut sangat bagus, kata Mendikbud, namun sangat disayangkan jika tidak dilengkapi pemikiran-pemikiran baru. Karena menurutnya, mengubah UU itu lebih sulit daripada membuatnya. "Makanya sebaiknya disempurnakan terlebih dahulu," terang Menteri Nuh kepada wartawan di Gedung Kemdikbud, Selasa (10/04). Menteri Nuh menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk memperpanjang pembahasan RUU PT. Tiga hal penting tersebut harus bisa mengantisipasi perkembangan di masa depan, yaitu modal pengetahuan, mobilitas, dan kovergensi peradaban. Mendikbud menyampaikan, pengetahuan manusia yang semakin hari semakin luas harus bisa diantisipasi oleh perguruan tinggi. Karena dengan pengetahuan yang luas itu pulalah, menyebabkan manusia mudah untuk berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya.

...dst

5 ) Titisan Kampus BHMN Urung Lahir
Tidak Komplit, Pengesahan RUU PT Diundur
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123818/Titisan-Kampus-BHMN-Urung-Lahir-

Rabu, 11 April 2012 , 04:24:00
JAKARTA - Masyarat sempat cemas menjelang pengesahan RUU Pendidikan Tinggi (PT) yang rencananya digelar dalam sidang paripurna DPR hari ini (11/4). Untungnya, karena pemerintah menilai RUU itu tidak lengkap, mereka mengusulkan perpanjangan pembahasan lagi. Usul itupun direstui dewan. Kecemasan masyarakat terhadap RUU PT itu muncul karena publik menilai rancangan undang-undang ini merupakan reinkarnasi UU BHP (Badan Hukum Pendidikan) . Karena dinilai masih sejenis, masyarakat khawatir biaya kuliah kian mahal setelah RUU PT ini disahkan. Pasalnya, RUU ini bisa melahirkan kampus-kampus BHMN (Badan Hukum Milik Negara) baru yang bertarif mahal. Puncak pengambilan keputusan apakah RUU PT ini akan disahkan atau ditunda pengesahannya, digelar dalam raker Komisi X DPR dengan beberapa kementerian hingga menjelang Selasa dinihari kemarin (10/4). Pada awal perjalanan raker, sejumlah anggota dewan sempat mengutarakan jika SMS yang isinya penolakan pengesahan RUU ini masih berseliweran.

...dst

6 ) Mendikbud: "RUU PT Ibarat Kereta yang Akan Kita Beli"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/1959313/Mendikbud.RUU.PT.Ibarat.Kereta.yang.Akan.Kita.Beli.

Selasa, 10 April 2012 | 19:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membeberkan alasan Pemerintah menunda pengesahan Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU PT). Nuh mengatakan, permohonan penundaan pengesahan itu sama sekali tidak berkaitan dengan niat untuk mengubah subtansi, akan tetapi lebih kepada menambah dan menyempurnakan RUU tersebut."Tidak ada hubungannya dengan siap atau tidak siap, apalagi niat mengubah subtansi. Kami hanya ingin menambahkan, agar RUU PT dapat lebih sempurna," kata Nuh, Selasa (10/4/2012) petang, di Kemdikbud, Jakarta.

...dst

7 ) Mendikbud: Jangan Khawatir dengan Transformasi Demokrasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/21280531/Mendikbud.Jangan.Khawatir.dengan.Transformasi.Demokrasi

Selasa, 10 April 2012 | 21:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, semua pihak jangan khawatir dengan usulan dimasukkannya transformasi demokrasi ke dalam RUU-PT. Hal itu ia sampaikan, Selasa (10/4/2012) petang di gedung Kemdikbud, Jakarta, menyusul adanya kekhawatiran sejumlah pihak jika muatan baru pendidikan tinggi yang harus melaksanakan dan mengawal proses transformasi demokrasi mengarah pada pembungkaman hak berpendapat sampai dengan pelarangan melakukan aksi demonstrasi. "Transformasi demokrasi bukan sekadar hak menyampaikan pendapat. Tapi nilainya lebih kepada akses publik dalam memiliki kesempatan yang sama dan perlindungan hak dasar," kata Nuh.  Seperti diketahui, opini akan dilarangnya mahasiswa berdemonstrasi melalui RUU-PT mulai berkembang. Pasalnya, belum lama ini gelombang aksi deminstrasi cukup besar menyusul rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

...dst

8 ) RUU PT: Si Miskin Sulit Dapat Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/01160842/RUU.PT.Si.Miskin.Sulit.Dapat.Pendidikan

Rabu, 11 April 2012 | 01:16 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi di Bundaran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (10/4/2012). Para mahasiswa berpandangan, RUU PT akan berdampak pada semakin sulitnya akses masyarakat kurang mampu dalam melanjutkan kuliah di universitas. Selain itu, kehadiran RUU PT hanya akan melanggengkan kondisi faktual pendidikan, yakni otonomi yang kebablasan, kastanisasi perguruan tinggi, pelanggaran akses masyarakat miskin, privatisasi dosen dan tenaga kependidikan, bisnis penerimaan mahasiswa baru, tidak transparannya kampus, serta diskriminasi terhadap hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas.

...dst

9 ) Mahasiswa Ambon Demo Tolak RUU PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/21225429/Mahasiswa.Ambon.Demo.Tolak.RUU.PT

Selasa, 10 April 2012 | 21:22 WIB
AMBON, KOMPAS.com - Puluhan aktivis dari Pusat Perjuangan Mahasiswa untuk Pembebasan (Pembebasan) Kolektif Kota Ambon, Selasa (10/4/2012) sekitar pukul 12.00 WIT berunjuk rasa di simpang Tugu Gong Perdamaian Dunia, menolak pengesahan Rancangan Undang Undang (RUU) Perguruan Tinggi (PT) oleh pemerintah. Dalam aksinya mahasiswa membagikan sejumlah plakat yang berisi seruan penolakan RUU PT kepada setiap masyarakat yang melintasi lokasi aksi unjuk rasa. Puluhan mahasiswa ini juga mengecat wajah dan tubuhnya dengan warnah putih sehingga mengundang perhatian warga yang melintasi kawasan tersebut.Aksi yang berlangsung damai ini tidak mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Sejumlah personel polisi bahkan tidak kelihatan mengamankan jalannya aksi mahasiswa.

...dst

10 ) Pemerintah Tak Solid Bahas RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609596/pemerintah-tak-solid-bahas-ruu-pt

Rabu, 11 April 2012 15:09 wib
JAKARTA - Penundaan pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) dan Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok) tentu menimbulkan berbagai spekulasi di berbagai kalangan, terutama anggota dewan.  Menurut salah satu anggota Komisi X, Raihan Iskandar, permintaan penundaan yang dilakukan pemerintah terhadap dua RUU ini akibat tidak efektifnya komunikasi internal di kubu pemerintah. "Dua kali penundaan membuat saya merasa sangat sedih. Hal ini menunjukkan kinerja eksekutif tidak ligas. Padahal kami (Panja) yang terdiri dari pemerintah dan anggota dewan sudah bekerja siang malam untuk merumuskan RUU tersebut," kata Raihan ketika berbincang dengan okezone, Rabu (11/4/2012). Raihan menyesalkan permohonan penundaan datang pada tingkat pengambilan keputusan, bukan dilakukan sejak pembahasan Panja. "Secara perundangan, permohonan penundaan harusnya diajukan saat Panja. Meskipun Mendikbud mengakui kesalahan berasal dari pihak pemerintah, bukan anggota dewan," ujarnya menambahkan.

...dst

11 ) RUU Dikdok Juga Ditunda
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609239/ruu-dikdok-juga-ditunda

Rabu, 11 April 2012 08:37 wib
JAKARTA - Senasib dengan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT), Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok) terpaksa mengalami penundaan. Hal ini disampaikan salah satu anggota Komisi X DPR Reni Marlinawati. Dia menyebutkan, dalam rapat kerja (raker) tadi malam, pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengajukan permohonan penundaan pengesahan RUU Dikdok. "Sama seperti RUU PT, RUU Dikdok juga ditunda. Satu paket," kata Reni ketika dihubungi okezone, Rabu (11/4/2012). Reni mengungkapkan, alasan pemerintah mengajukan penundaan adalah Presiden belum mengetahui RUU Dikdok tersebut. "Alasannya, menteri belum melaporkan RUU Dikdok kepada presiden. Maka, kami setuju memberikan waktu penundaan hingga awal masa sidang berikutnya," ujar Reni menjelaskan.

...dst

12 ) Selektif Pilih PTS Terakreditasi
http://www.jpnn.com/read/2012/04/10/123752/Selektif-Pilih-PTS-Terakreditasi-

Selasa, 10 April 2012 , 12:55:00
PADANG--Mulai 16 Mei mendatang, seluruh program studi (prodi) di perguruan tinggi (PT) sudah harus terakreditasi. Jika tidak, prodi tersebut dilarang mengeluarkan ijazah. Ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang menentukan selambat-lambatnya 16 Mei 2012, PT sudah harus terakreditasi. Menyikapi hal itu, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X (Sumbar, Riau, Kepri, dan Jambi), Damsar mengaku sudah meminta dan mendorong seluruh perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayahnya untuk mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT. Damsar menjelaskan, jumlah PTS yang tidak terakreditasi di Sumbar, tidak banyak. Kini, 20 persen PTS yang belum terakreditasi sudah mengajukan proses akreditasi ke BAN PT. "Saat ini, masih dalam tahap menunggu hasilnya," tuturnya. Secara terpisah, pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Padang, Asrul mengatakan, PT yang belum terakreditasi tidak boleh berleha-leha, karena akreditasi adalah bentuk jaminan mutu layanan pendidikan. "Ini tugas berat Kopertis. Jangan sampai mahasiswa rugi karena keterlambatan mengurusnya," katanya.

...dst

13 ) UGM Luluskan 79 Dokter Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/11/m2b1zf-ugm-luluskan-79-dokter-baru

Rabu, 11 April 2012, 14:54 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Fakultas Kedokteran (FK) UGM kembali meluluskan dokter baru tahun ini. FK UGM melantik 79 dokter baru. Pada lulusan tahun ini Felicia Noviani Setia Santoso menjadi lulusan terbaik. Lulusan termuda diraih Ni Putu Dian Ayu Permatasari dengan usia 21 tahun 8 bulan.  "Hingga saat ini, FK UGM telah meluluskan 7.480 dokter, terdiri 4.571 pria dan 2.909 wanita," terang Wakil Dekan Akademik FK UGM, Djoko Prakosa, Rabu (11/4). Sementara itu Dekan FK UGM Savitri Prihatiningsih, mengatakan lulusan dokter UGM selalu siap ditempatkan di mana saja oleh pemerintah baik di daerah terpencil atau di daerah perbatasan. Sebagi bentuk dari pengabdian lulusan UGM untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. "Dokter lulusan UGM terkenal, siap ditempatkan di daerah terpencil dan selalu bersikap nrimo. Ini bagian dari sikap dan nilai-nilai kegadjahmadaan yang selalu kita tanamkan," terangnya.

...dst

14 ) Pemda Diminta Pakai RSP Kanker Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/608605/pemda-diminta-pakai-rsp-kanker-unhas

Selasa, 10 April 2012 12:39 wib
MAKASSAR – Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Sulsel diimbau untuk memanfaatkan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) pusat kanker dan trauma Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk peningkatan taraf dan pelayanan kesehatan masyarakat. Sekretaris Komisi E DPRD Sulsel Jafar Sodding berharap, pemerintah daerah di Sulsel memikirkan subsidi untuk jaminan kesehatan berobat di RSP khususnya kepada warga yang tidak mampu. Mengingat RSP Unhas baru melayani keringanan berobat bagi pengguna kartu Jaminan Pelayanan Kesehatan (JPK) Askes. "Semestinya ditindaklanjuti, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus manfaatkan fasilitas yang ada didaerah kita. Daripada harus berobat penyakit kanker keluar daerah yang tidak bisa dijangkau harganya oleh masyarakat kecil," katanya, kemarin.

...dst

15 ) ITB Gelar Lomba Pemrograman Mesin ProduksiTweet
http://www.pikiran-rakyat.com/node/184007

Selasa, 10/04/2012 - 20:54
BANDUNG, (PRLM).- Dunia industri masih membutuhkan mesin tanpa campur tangan manusia atau Programmable Logic Controller (PLC). Dengan PLC, keuntungan hasil produksi jauh lebih meningkat dan jumlah tenaga manusia bisa dikurangi dan memangkas anggaran. "Di Indonesia perusahaan yang memproduksi PLC belum ada. Infrasruktur harus dibangun terlebih dahulu. Bila pengguna PLC sudah standar, PLC bisa diproduksi di Indonesia," demikian kata Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB Yazid Bindar, saat ditemui "PRLM" di ruang kerjanya, Selasa (10/4/12). Untuk memunculkan ide kreatif mahasiswa dalam merancang program PLC yang memudahkan dunia industri, ITB menggelar Lomba PLC tingkat nasional yang berlangsung dari 10-12 April 2012. "Jika ada peserta yang memiliki ide kreatif, perusahaan mana pun akan bersedia menggunakan hak cipta dari gagasan mahasiswa tersebut," ucap Yazid.

...dst

16 ) Kemenkeu Gandeng UI & ITS Teliti SBN
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609010/kemenkeu-gandeng-ui-its-teliti-sbn

Selasa, 10 April 2012 17:39 wib
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) menunjuk dua perguruan tinggi negeri (PTN) dalam proyek riset keuangan dan surat berharga negara (SBN). Kedua PTN tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Dalam surat keterangan yang dikeluarkan DJPU, Selasa (10/4/2012) disebutkan, UI melalui Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) akan bertanggung jawab atas dua penelitian. Sedangkan ITS, menangani satu penelitian lainnya. UI akan mengampu riset berjudul Analisis Potensi Permintaan Surat Utang Negara dan Peranan Pelaku Indstri dalam Peningkatan Likuiditas dan Kedalaman Pasar Surat Utang Negara, serta Kajian Pengembangan Interest Rate Swap dalam rangka Meningkatkan Likuditas dan Kedalaman Pasar Surat Berharga Negara. 

...dst

17 ) Kuliah Umum, Dubes Brasil Buka Rahasia Atasi Kemiskinan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609086/kuliah-umum-dubes-brasil-buka-rahasia-atasi-kemiskinan

Selasa, 10 April 2012 19:07 wib
JAKARTA - Program ketahanan pangan yang dianut Brasil patut menjadi rujukan bagi Indonesia untuk mengatasi permasalahan serupa. Salah satunya, memprioritaskan ketahanan pangan sebagai kebijakan nasional dengan melibatkan multisektor.Hal ini disampaikan Duta Besar (Dubes) Brasil Paulo Alberto da Silveira Soares dalam kuliah umum "Ketahanan Pangan dalam Pembangunan Masyarakat" di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, belum lama ini."Pemerintah harus memahami mengapa dan di mana orang lapar. Setelah itu memberikan mereka perlindungan sosial sebagai bentuk investasi masa depan, bukan sekadar kegiatan kemanusiaan," kata Alberto seperti dikutip dari situs UGM, Selasa (10/4/2012). Pada 2002, Brasil memiliki sekira 50 juta rakyat menderita kelaparan kronis. Namun, kini negara tersebut menjelma menjadi negara eksportir utama pangan ke seluruh dunia. Keberhasilan ini karena Brasil menganut ide program zero hunger (nol kelaparan) yang berfokus pada peningkatan akses pangan dan gizi.

...dst

18 ) Hari ini, Menteri BUMN "Ngajar" di STIE Nobel Makassar
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609249/hari-ini-menteri-bumn-ngajar-di-stie-nobel-makassar

Rabu, 11 April 2012 08:55 wib
MAKASSAR - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneng BUMN) Dahlan Iskan dijadwalkan akan memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Makassar hari ini. Humas Multiniaga Group Sultan Makkawaru mengatakan, Dahlan Iskan dijadwalkan memberi mata kuliah umum terkait "Roadmap Pengembangan dan Manajemen Masa Depan Indonesia Melalui Potensi yang Dikelola BUMN". Acara tersebut dijadwalkan pukul 09.00 wita di Kampus STIE Nobel, di Ballroom lantai 2 Kampus STIE Nobel, Jalan Sultan Alauddin 212, Makassar."Acara ini sudah dinantikan para civitas akademika STIE Nobel, dan ini merupakan tradisi lama mendengarkan kuliah umum langsung dari pelaku," bebernya kepada wartawan di Makassar, kemarin.

...dst

19 ) Peran Sultan HB IX Dalam Pendirian UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/21461736/Peran.Sultan.HB.IX.Dalam.Pendirian.UGM

Selasa, 10 April 2012 | 21:46 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Lahirnya UGM tidak terlepas dari peranan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX. Sultan HB IX menjadi salah satu founding father UGM sejak mulai pendirian Balai Perguruan Tinggi UGM pada 17 Februari 1946 sampai pendirian UGM pada 19 Desember 1949 hingga berubah menjadi Universitiet Negeri Gadjah Mada sampai menjadi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1954. Demikian dipaparkan sejarawan UGM, Prof. Djoko Suryo dalam acara peringatan 1 Abad Sri Sultan HB IX yang digelar di Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjasoemantri (PKKH) UGM, Selasa (10/4/2012). Djoko mengatakan saat diresmikannya pembentukan Balai Perguruan Tinggi UGM pada 3 Maret 1946, Sultan HB IX dan Ki Hajar Dewantara menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Kurator Balai Perguruan Tinggi UGM.

...dst

20 ) ITS Bagi Ilmu Pembuatan Paving Block
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609088/its-bagi-ilmu-pembuatan-paving-block

Rabu, 11 April 2012 09:13 wib
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi (HMMT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berbagi ilmu kepada masyarakat Kelurahan Pakal, Benowo, Surabaya mengenai pembuatan alat pencetak paving. Ketua pelaksana acara Rieco Malik Darmawan menyebutkan, program ini merupakan bentuk kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat. "Kami ingin memberikan kontribusi konkret kepada masyarakat sebagai suatu pengabdian. Kontribusi tersebut direalisasikan melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan di masyarakat," kata Rieco seperti dilansir dari ITS online, Rabu (11/4/2012). Dalam acara bertajuk Social Development and Technology (Solvent) tersebut berbagai materi praktis disampaikan. Mulai dari pengetahuan seputar bahan adonan dan pengolahan paving yang baik. Selain berbagi materi, panitia juga memperkenalkan alat pembuat paving yang ekonomis.

...dst

21 ) Untan Eksplorasi Riset di Malaysia
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609028/untan-eksplorasi-riset-di-malaysia

Selasa, 10 April 2012 17:56 wib

PONTIANAK - Universitas Tanjungpura Pontianak, bertekad mengeksplorasi, mempromosikan, serta melakukan studi banding hasil perkembangan riset dan kreativitas mahasiswa di Universiti Malaysia Sarawak (Unimas), Malaysia Timur. Kegiatan yang akan dihelat pada 26–29 April mendatang ini dikemas dengan tajuk Science and Engineering Expedition 2012.Ketua Dewan Pembina Kegiatan Ferry Hadari mengatakan, Science and Engineering Expedition 2012 ini merupakan ajang promosi seni budaya Indonesia di negeri tetangga. "Ini akan menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan kearifan lokal bangsa Indonesia di Negeri Jiran," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (10/4/2012).Menurut Ferry, Untan dan Unimas adalah dua perguruan tinggi yang telah bekerja sama dalam hal peningkatan kualitas keilmuan sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu program yang dilakukan adalah studi banding dan pertukaran pelajar.

...dst

22 ) Perbanas Institute Canangkan ISO 9001: 2008
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/10/311923/293/14/Perbanas-Institute-Canangkan-ISO-9001-2008

Selasa, 10 April 2012 22:59 WIB
JAKARTA--MICOM: Perbanas Institute mengumumkan penerapan ISO 9001: 2008, Selasa (10/4), sebagai upaya mengedepankan kualitas pelayanan. Diharapkan dengan standar mutu yang lebih baik itu menurut Rektor Perbanas Institute Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, dapat meningkatkan kualitas lembaga. "Kalau kita meningkatkan pelayanan kita, maka akan terjadi customer satisfaction," jelas Marsudi di Jakarta, Selasa (10/4). Bagi Marsudi, penerapan standar tersebut dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa, orang tua, rekan kampus, alumni dan juga masyarakat. Penerapan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan nilai mahasiswa karena proses belajar mengajar yang lebih baik dan akreditasi program studi mereka juga meningkat.

...dst

23 ) Unisbank Gandeng PT Luar Negeri
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/11/182869/Unisbank-Gandeng-PT-Luar-Negeri

11 April 2012
SEMARANG- Universitas Stikubank (Unisbank) menggandeng beberapa lembaga pendidikan di luar negeri untuk menunjang pembelajaran di kampus tersebut. Lembaga pendidikan itu berasal dari Malaysia dan Singapura yang juga memiliki fakultas dan program studi seperti halnya di Unisbank. Perjanjian kerja sama dilakukan 2 April hingga 5 April 2012 di perguruan tinggi Malaysia dan Singapura, antara lain di Informatics (Singapura), Help University College (Kuala Lumpur, Malaysia), Universiti Utara Malaysia (UUM), dan Berjaya College. Rektor Unisbank Dr Bambang Suko Priyono MM mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah lembaga pendidikan itu, karena memiliki fakultas dan prodi sama, di antaranya di bidang teknik informasi, hukum, bahasa, dan ilmu budaya, teknik industri, serta pariwisata.

...dst

24 ) "Judicial Review" Digelar, Pemerintah Kerahkan Ahli
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/14524158/Judicial.Review.Digelar.Pemerintah.Kerahkan.Ahli

Rabu, 11 April 2012 | 14:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sidang judicial reviewRintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) kembali digelar, Rabu (11/4/2012), di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta. Rencananya, sidang hari ini akan mendengarkan keterangan saksi ahli dari Pemerintah terkait penyelenggaraan RSBI. Berbeda dari persidangan sebelumnya, perwakilan Pemerintah hari ini terlihat lebih komplet. Selain menghadirkan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas), Suyanto, Pemerintah juga memboyong Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen), Hamid Muhammad, Direktur Pembinaan SD, Ibrahim Bafadal, serta Direktur Pemdinaan SMP, Didik Suhardi, dan lainnya.

...dst

25 ) Tak Sekadar Mengusulkan, Warisan Budaya Harus Dipelihara
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/245

04/09/2012

Jakarta – Empat warisan budaya Indonesia akan diusulkan masuk dalam daftar warisan dunia ke Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) oleh pemerintah. Keempat warisan tersebut adalah token dari Papua, musik dangdut, tenun Sumba, dan tari Bali. Meski warisan budaya Indonesia sangat banyak, namun tidak serta-merta bisa dicatatkan seluruhnya. "Tidak sekadar diusulkan warisan budaya tersebut. Ada persyaratan dari UNESCO, bahwa ada jaminan warisan tersebut terus dirawat," tutur Menteri pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat ditemui wartawan di Gedung A Kemdikbud, Senin (9/04). Menteri Nuh menjelaskan, tujuan pengusulan pencatatan warisan itu adalah untuk melindungi warisan itu sendiri. Dalam mengajukan apakah warisan tersebut layak atau tidak untuk diakui dunia, pemerintah telah membentuk tim pengevaluasi. "Kalau tidak dievaluasi dulu kelayakannya, kan sayang sudah diajukan tapi di-drop lagi," ucapnya.

...dst

26 ) Siapkan Sanksi bagi Daerah Boros Belanja Pegawai
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123827/Siapkan-Sanksi-bagi-Daerah-Boros-Belanja-Pegawai-

Rabu, 11 April 2012 , 07:07:00
JAKARTA - Alokasi APBD yang banyak tersedot untuk gaji pegawai sudah lama menjadi keprihatinan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Kementerian dengan slogan Melayani Masyarakat itu bahkan mengancam vonis keras kepada daerah yang APBD-nya didominasi untuk belanja pegawai. Ancaman vonis itu adalah, Kemen PAN-RB tahun ini tidak akan mengalokasikan CPNS baru bagi daerah-daerah yang boros membelanjakan APBD tanpa mempertimbangan pengeluaran untuk belanja pembangunan publik itu. "Kita memang berharap daerah jangan jor-joran membelanjakan APBD untuk gaji pegawai saja," kata Wakil Menpan-RB Eko Prasojo, Selasa (10/4). Guru besar FISIP Universitas Indonesia itu mengatakan, pihaknya memiliki cara untuk mengatahui apakah APBD untuk gaji pegawai itu boros atau tidak. "Kita akan melihat juga melalui hasil anjab (analisis jabatan, red)," ujar dia. Jika nanti daerah yang alokasi belanja gaji pegawainya dominan, dan menunjukkan hasil anjab kekurangan beban kerja, maka telah terjadi pemborosan atau kelebihan pegawai. "Daerah dengan hasil anjab seperti ini, juga tidak bisa mendapatkan alokasi CPNS baru," ujarnya.

..dst

27 ) Honorer Siluman Tanggung Jawab BKN
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123826/Honorer-Siluman-Tanggung-Jawab-BKN-

Rabu, 11 April 2012 , 06:33:00
JAKARTA - Keberadaan laporan tenaga honorer kategori 1/K1 (digaji APBN/APBN) siluman membuat resah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar menyatakan, pembersihan tenaga honorer K1 siluman menjadi tanggung jawab BKN (Badan Kepegawaian Negara).Azwar menuturkan, pihaknya sudah memprediksi dalam masa uji publik sebelum pengangkatan honorer bakal diwarnai penolakan-penolakan. Penolakan ini diantaranya muncul dari suara masyarakat yang menemukan tenaga honorer jadi-jadian atau silumuan."Lebih baik seperti ini, ramai di depan dulu," kata Azwar usai mengikuti raker Komisi X DPR tentang Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi, kemarin. Azwar menjelaskan sesuai dengan harapan presiden, pemerintah tidak ingin ada protes dari masyarakat setelah honorer diangkat dan disahkan menjadi CPNS.

...dst

28 ) Diajukan 91 Honorer, Lolos Semua
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123859/Diajukan-91-Honorer,-Lolos-Semua-

Rabu, 11 April 2012 , 12:12:00
PALUTA  - Sejumlah daerah langsung mengumumkan daftar honorer kategori 1 (K1) yang telah diferifikasi oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Pengumuman ini untuk memberikan waktu bagi masyarakat untuk melakukan koreksi jika menemukan ada data honorer yang palsu alias siluman. Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta), Sumut, misalnya. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Paluta Mora Harahap menjelaskan, pihaknya sudah menerima daftar nominatif tenaga honorer kategori I yang memenuhi kriteria dari BKN Regional IV Sumatera Utara.

...dst

Berita Edukas 10 April 2012

1 ) Pengesahan RUU-PT Resmi Ditunda
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/06402628/Pengesahan.RUU-PT.Resmi.Ditunda.

Selasa, 10 April 2012 | 06:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi X DPR RI akhirnya menerima permohonan Pemerintah yang disampaikan dalam Rapat Kerja (Raker) pembahasan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT), Senin (9/4/2012) malam, di gedung DPR, Jakarta. Dalam Raker tersebut, Pemerintah diwakili oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh.  Seperti diberitakan, saat awal berlangsungnya raker, Nuh langsung meminta waktu untuk menyampaikan pandangan Pemerintah terkait RUU-PT kepada Komisi X. Dalam paparannya, Nuh menyampaikan permohonannya agar pembahasan RUU-PT ditunda dalam satu kali masa sidang. Ia menyampaikan, alasan permohonan itu agar dapat dilaksanakan kajian kembali pada RUU-PT secara lebih mendalam. Ketua Komisi X DPR, Mahyudin mengatakan, pihaknya menerima permohonan Pemerintah untuk menunda jadwal pengesahan RUU-PT pada pembahasan tingkat I. Terkait itu, Komisi X DPR memberikan beberapa catatan kepada Pemerintah. Yakni, adanya jaminan jika RUU-PT tidak dibatalkan dan dapat diselesaikan pada satu kali masa sidang berikutnya (masa sidang IV tahun sidang 2011-2012).

...dst

2 ) Belum Siap, Mendikbud Minta Pengesahan RUU-PT Diperpanjang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/09/22275253/Belum.Siap.Mendikbud.Minta.Pengesahan.RUU-PT.Diperpanjang

Senin, 9 April 2012 | 22:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta pembahasan Rancangan Undang-Undang pendidikan Tinggi (RUU-PT) ditunda selama satu kali masa sidang. Hal itu ia sampaikan di awal berlangsungnya Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR, Senin (9/4/2012) malam, di gedung DPR, Jakarta. Nuh menjelaskan, permohonan permintaan penambahan waktu itu dilandasi penilaian belum sempurnanya RUU-PT tersebut. Menurutnya, draft RUU-PT yang seharusnya hari ini sudah bisa disahkan dalam pembahasan tingkat I bersama Komisi X belum mencerminkan tiga hal. Yakni, belum diaturnya peran perguruan tinggi untuk menyiapkan pemimpin masa depan, belum adanya mekanisme jelas jelas yang menetapkan perguruan tinggi sebagai pilar bangsa untuk membangun dan mengawal transformasi demokrasi, dan perguruan tinggi sebagai konvergensi peradaban.

...dst

3 ) 3 Alasan Kemendikbud Tunda RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/608489/3-alasan-kemendikbud-tunda-ruu-pt

Selasa, 10 April 2012 03:03 wib
JAKARTA - Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengajukan permohonan penundaan pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT), tentu mengundang kontroversi. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi M Nuh mengambil opsi tersebut? M Nuh menyatakan, RUU PT sangat strategis dan penting, sehingga mendesak untuk segera dimiliki. "Presiden memberikan arahan yang sangat jelas tentang RUU PT. Maka, sayang sekali jika RUU PT ini tidak disempurnakan atau ditambahkan paparan mengenai peran perguruan tinggi (PT) di masa mendatang," ujar M Nuh  di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (9/4/2012). Penjelasan tersebut disampaikan M Nuh selepas rapat  sidang rapat kerja (raker) DPR dengan Kemendikbud yang menyetujui permohonan penundaan pengesahan RUU PT yang diajukannya.

...dst

4 ) Tunda 'Ketok' RUU PT, DPR Ajukan 3 Syarat
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/608473/tunda-ketok-ruu-pt-dpr-ajukan-3-syarat

Selasa, 10 April 2012 00:05 wib
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya menyetujui permohonan penundaan pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT), yang diminta oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh. Keputusan penundaan tersebut disampaikan pimpinan sidang rapat kerja (raker) DPR dengan Kemendikbud, Mahyuddin setelah jeda sekira satu jam. Mahyuddin menyatakan, menerima permohonan penundaan Mendikbud dengan tiga persyaratan. Pertama, kata Mahyuddin, adanya jaminan RUU PT tidak batal dan dapat selesai pada masa sidang keempat. "Kedua, penambahan substansi dari pemerintah dalam penyempurnaan draf RUU PT tidak mengubah substansi RUU PT hasil panja 4 April 2012," ujar Mahyuddin di DPR Senayan, Jakarta Selatan, Senin (9/4/2012). Sementara syarat ketiga, lanjutnya, ada penjelasan dari pemerintah mengenai penambahan dalam draf RUU PT hasil Panja. "Pemerintah menyampaikan paparan dan penjelasan yang komprehensif terhadap substansi tambahan dalam bentuk pasal dan ayat hasil konsolidasi pemerintah pada awal masa sidang keempat," tuturnya.

...dst

5 ) ITS temukan energi alternatif menghemat BBM
http://www.antaranews.com/berita/305342/its-temukan-energi-alternatif-menghemat-bbm

Minin, 9 April 2012 13:54 WIB |
Surabaya (ANTARA News) - Kepala Laboratorium Teknik Pembakaran dan Bahan Bakar di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Prof. Dr. Ir. H Djoko Sungkono M.Eng.Sc menemukan water to gas (air dijadikan gas) sebagai energi alternatif untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM). "Saya sudah menelitinya sejak tahun 2007, bahkan saya mulai memakainya sejak tahun 2009. Alhamdulillah, alat HHO (Hydrogen Booster) yang mengalihkan air ke gas itu mampu menghemat solar atau bensin hingga 36 persen," katanya kepada ANTARA di Surabaya, Senin.
Menurut dia, alat HHO yang harganya Rp800.000 dan belum diproduksi secara massal (masih internal ITS) itu prinsipnya merupakan alat yang memisahkan H2O menjadi H2 dan O secara elektrolisa. "H2 yang sudah dipisahkan dari O itulah yang akan menghasilkan energi (gas) yang luar biasa bila ada proses pembakaran di dekatnya," katanya. Saat ini, kata guru besar Fakultas Teknologi Industri ITS itu, water to gas yang diriset sudah memasuki generasi ke-16, namun riset akan terus dikembangkan, baik konsep maupun alatnya. "Alat HHO yang ada saat ini berupa tabung air murni berukuran 15x20 centimeter. Satu cc air murni akan habis untuk jarak 70 kilometer, sehingga kalau satu liter air murni ya bisa untuk jarak ribuan kilometer," katanya.

...dst

6 ) ITS Buat Kapal Perang Rp1,8 M
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/608052/its-buat-kapal-perang-rp1-8-m

Senin, 09 April 2012 14:18 wib
JAKARTA - Setelah melakukan sejumlah inovasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menelurkan sebuah karya. Kali ini mereka menciptakan kapal perang anti radar yang menelan dana sebesar Rp1,8 miliar. Berbekal keinginan kuat untuk mewujudkan kedaulatan sistem pertahanan nasional, ITS melalui Konsorsium Pengembangan Kapal Perang Nasional (KPKPN) menggagas pembuatan kapal perang tersebut. "ITS menjadi leader KPKPN. Dengan digarap oleh dosen dari beberapa jurusan di ITS, riset kapal perang ini ditargetkan akan selesai dalam kurun waktu tiga tahun mendatang," ujar Subchan, salah satu anggota dari tim riset kapal perang seperti dikutip dari ITS online, Senin (9/4/2012). Karena merupakan riset nasional, ITS tidak melakukannya sendirian. Pembuatan kapal ini dibantu oleh beberapa universitas, yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Surabaya (UNS), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Akademi Angkatan Laut (AAL). Tidak hanya itu, sejumlah perusahaan besar pun turut bekerja sama guna merealisasikan kapal perang tersebut, seperti PT PAL Indonesia, PT Terafulk Group, dan PT Len Industri. ''Harapan kami, nantinya kapal perang ini dapat diproduksi di Indonesia dalam jumlah besar,'' kata Subchan menambahkan.

...dst

7 ) Inilah Keunggulan Kapal Perang ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/608062/inilah-keunggulan-kapal-perang-its

Senin, 09 April 2012 14:50 wib
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merintis kapal perang baru untuk melengkapi bidang pertahanan dan alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia. Mau tahu apa kelebihan yang dimiliki kapal perang besutan para civitas academica berbagai perguruan tinggi ini? Salah seorang narasumber diskusi ilmiah National Ship Design and Engineering Centre (Nasdec) beberapa waktu lalu, Mochamad Zainuri menyatakan, keunggulan kapal perang ini adalah dilengkapi dengan material anti radar. ''Anti radar baru pertama kali diterapkan di pesawat tempur Amerika. Konon, wartawan tidak bisa mendekat dari jarak 100 meter,'' kata Zainuri seperti disitat dari ITS online, Senin (9/4/2012). Zainuri yang telah meneliti bahan anti radar sejak 2005 mengungkapkan, material anti radar yang digunakan pada kapal tersebut dibuat dari pasir besi. Hingga saat ini, material tersebut telah berhasil dibuat dan dapat menyerap radar hingga 99 persen.

...dst

8 ) UGM-Kemenristek Ciptakan Pompa Air Tenaga Surya
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/372/608141/ugm-kemenristek-ciptakan-pompa-air-tenaga-surya

Senin, 09 April 2012 16:40 wib
JAKARTA - Tinggal di daerah tandus membuat warga Gunung Kidul, Yogyakarta, harus merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan air. Untuk itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menciptakan pompa air bertenaga surya. Sebagai salah satu daerah sulit air, Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul setiap warga harus berjalan kaki 2,5 kilometer untuk mandi dan mengangkut air buat minum. Untuk mengatasinya, pemerintah setempat pun membangun instalasi pompa air di sumber mata air tersebut. Agar dapat mengaliri air ke bak penampung yang dibangun di atas bukit, pompa air tersebut menggunakan mesin diesel. "Baru akhir tahun lalu air sudah mengalir ke masyarakat lewat bak penampung," kata Kepala Dusun Sureng, Suratman seperti dilansir dari laman UGM, Senin (9/4/2012).Karena operasional menghidupkan pompa air dikelola secara swadaya, perangkat dusun menarik iuran Rp1.000 per 50 liter air bagi penduduk yang mengambil air di bak penampung. Dana tersebut digunakan pengurus untuk membeli bahan bakar genset agar dua pompa bisa dinyalakan tiap hari. "Sebenarnya harga membeli air ini sama saja seperti membeli air dari mobil tangki," ujar Suratman menambahkan.

...dst

9 ) UI Resmikan Pusat Kajian Papua atau Papua Center
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/09/18013227/UI.Resmikan.Pusat.Kajian.Papua.atau.Papua.Center

Senin, 9 April 2012 | 18:01 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Pusat Kajian Papua atau Papua Center di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Depok diresmikan, Senin (9/4/2012). Peresmian dihadiri oleh Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri dan Pejabat sementara (Pjs) Rektor Universitas Cenderawasih Festus Simbiak, Presiden Direktur PT. Freepor, Indonesia Rozik B Soetjipto, dan Ketua Dewan Direktur Sabang Merauke Circle Syahganda Nainggolan. Bersamaan dnegan acara peresmian Pusat Kajian Papua, juga dilakukan pelantikan Badan Pengurus Ikatan Mahasiswa Papua UI (IMAPA-UI). Organisasi ini sebagai paguyuban untuk menghimpun dan menjalin komunikasi serta menumbuhkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan antara mahasiswa/i asal Papua tanpa membedakan suku, agama, dan budaya. Dalam kesempatan tersebut juga digelar Upacara Bakar Batu atau Barapen. Barapen merupakan salah satu tradisi Biak di Utara Papua yang berfungsi sebagai ucapan syukur atas berkah. Barapen biasanya dilakukan dalam upacara pernikahan, penyambutan tamu istimewa dan sebagai bukti perdamaian antar suku.

...dst

10 ) UI-Uncen Resmikan Papua Center
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/608030/ui-uncen-resmikan-papua-center

Senin, 09 April 2012 14:05 wib
DEPOK - Universitas Indonesia (UI) bersama Universitas Cendrawasih (Uncen) meresmikan Papua Center di Auditorium Juwono Sudarsono Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Peresmian itu dilandasi hubungan baik yang sudah sejak lama terjalin antara UI dan Uncen sejak 1963.  Dekan FISIP UI Bambang Shergi Laksono Papua Center tersebut merupakan wujud penguatan institusi Kontjaraningrat di UI. Selain itu, UI secara umum sebagai pembawa nama Indonesia. "Disingkat dengan Pace, tiga tahun pertama, akan fokus pada pengenalan budaya Papua, penelitian dan informasi, dokumentasi dan pendidikan," kata Bambang dalam sambutannya, Senin (9/4/2012). Selain itu, pendirian Papua Center juga menciptakan wadah untuk pengabdian masyarakat secara langsung ke masyarakat Papua, di samping pengenalan budaya Papua yang akan dilakukan di kampus UI, Jakarta, dan Bali.

...dst

11 ) Fakultas Hukum Unissula-BATAN Kerja Sama Sosialisasi Nuklir
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/10/182723/Fakultas-Hukum-Unissula-BATAN-Kerja-Sama-Sosialisasi-Nuklir

10 April 2012
SEMARANG- Fakultas Hukum (FH) Unissula bekerja sama dengan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) mengadakan sosialisasi pemanfaatan nuklir untuk tujuan damai dalam perspektif hukum internasional dan syariah Islam di kampus Kaligawe, Kamis lalu. lmuan BATAN Dr Ferhat Aziz menyatakan, kerja sama itu sangat penting, karena Unissula dekat dengan ''matan'' basis-basis pengembangan nuklir untuk tujuan damai, seperti di bidang pertanian, peternakan, dan kesehatan. ecara geografis Unissula dekat dengan Kabupaten Demak, Jepara, Pekalongan, Kendal, Blora, dan lainnya. Di wilayah tersebut telah ditanami padi varietas unggul hasil rekayasa teknologi nuklir, dan Unissula bisa menjadi salah satu pembina maupun membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat. Selama ini masyarakat banyak yang belum paham penggunaan nuklir untuk tujuan damai.

...dst

12 ) Undip Miliki Training Center
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/10/182725/Undip-Miliki-Training-Center-

10 April 2012
SEMARANG - Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi meresmikan training center (TC), akhir minggu lalu. Fasilitas itu didirikan dengan dana bantuan senilai lebih dari Rp 5 miliar. Bantuan itu meliputi biaya pembangunan gedung dan semua perlengkapan. "Fasilitas ini merupakan tempat untuk aktualisasi dosen dan mahasiswa. Saya harap tempat ini terus dirawat dengan baik. Selain itu, TC Undip juga bakal dioperasionalkan lewat kerja sama dengan pihak ketiga," kata Sudharto seusai acara peresmian yang berlangsung sederhana. Pembukaan TC ditandai dengan pemotongan tumpeng. Seusai acara, Rektor dan beberapa pejabat kampus melihat ruang-ruang yang ada di sana. Sudharto mengatakan, TC diharapkan memberi kontribusi pada universitas. Sebab, kampus diminta mandiri dalam menjalankan aktivitasnya. Sementara pilihan untuk menaikkan SPP jelas tak mungkin. Karena itu, TC menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan pemasukan.

...dst

13 ) Museum Wallacea Universitas Haluoleo, Kendari, Menuju Pusat Ilmu Satwa Dunia
http://www.jpnn.com/read/2012/04/10/123673/Museum-Wallacea-Universitas-Haluoleo,-Kendari,-Menuju-Pusat-Ilmu-Satwa-Dunia-

Selasa, 10 April 2012 , 00:10:00
Penjelajahan ahli biologi asal Inggris Raya Alfred Russel Wallace ke Nusantara pada 1854"1862 melahirkan garis sebaran satwa yang diberi nama Garis Wallacea. Untuk menghormati jasa besar peneliti itu, pemerintah mendirikan Museum Wallacea di Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara.  SUASANA di gedung Pascasarjana Universitas Haluoleo, Kendari, Jumat lalu (6/4) terasa sangat riuh. Di lantai dasar, ratusan civitas academica kampus merayakan peresmian gedung dengan gegap gempita. Sementara itu, di lantai lima, sejumlah mahasiswa dan dosen sibuk menata beberapa tengkorak dan foto satwa khas Wallacea. Lantai lima gedung tersebut memang tidak dijadikan ruang kuliah. Di ruang yang cukup luas itulah Museum Wallacea didirikan. Berbagai tulang satwa endemik di Garis Wallacea mengisi museum pendidikan itu. Ada tulang satwa langka dari Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan gugusan pulau kecil di sekitar pulau-pulau besar tersebut.

...dst

14 ) Anies Baswedan : Saya Harus Pulang ke Tanah Air
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/09/079395831/Anies-Baswedan--Saya-Harus-Pulang-ke-Tanah-Air

SENIN, 09 APRIL 2012 | 19:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mengatakan tidak pernah membayangkan dirinya meniti karir di luar negeri. Doktor lulusan Northern Illinois University, AS, ini menilai kembali ke Indonesia setelah studi di luar negeri adalah sebuah keharusan. "Saya dididik dan dibesarkan di negeri ini. Saya memiliki utang melakukan sesuatu di sini," kata Anies saat dihubungi, Senin 9 April 2012 siang. Studi Anies di Amerika Serikat itu dimulai pada 1997, ketika ia menerima beasiswa dari Fulbright. Selanjutnya ia menjalani studi di School of Public Policy University of Maryland hingga tahun 1999. Setelah lulus, Anies kembali mendapat beasiswa dari Northern Illinois University. Ia menjalani studi doktoral dan lulus pada 2004. Setahun setelah lulus, Anies tak langsung pulang ke Indonesia. Ia mengaku kehabisan uang sehingga harus bekerja setahun di sana. "Saya kerja hanya untuk ongkos pulang dan sekolah anak," katanya.

...dst

15 ) Prof. Tian Belawati Presiden UT Internasional
http://www.pikiran-rakyat.com/node/183855

Senin, 09/04/2012 - 20:56
TANGERANG, (PRLM).- Universitas Terbuka (UT) memperoleh kebanggaan dan pengakuan di dunia internasional dengan dikukuhkannya Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati. M.Ed., Ph.D., sebagai Presiden suatu lembaga Internasional Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh atau International Council for Open and Distance Education (ICDE). Pada pertemuan di Oslo, Norwegia tanggal 29 Februari 2012 Rektor UT terpilih secara aklamasi menjadi Presiden ICDE periode 2012 - 2015. Prof. Tian telah mengukir suatu prestasi yang membanggakan karena menjadi wanita Asia pertama yang terpilih sebagai Presiden ICDE. "Kita ingin lebih mengencangkan lagi kampanye tentang pendidikan terbuka dan jarak jauh diberbagai negara dan juga membantu member untuk meningkatkan kualitas," ujar Tian Belawati usai membuka Seminar dan Wisuda Universitas Terbuka Periode I tahun 2012 di UTCC, Pondok Cabe, Tangsel, Senin (9/4).

...dst

16 ) Soal Gugatan UN, Mendikbud: Tidak Relevan!
http://news.detik.com/read/2012/04/09/191428/1888275/10/soal-gugatan-un-mendikbud-tidak-relevan

Senin, 09/04/2012 19:14 WIB
Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, menilai pemanggilan oleh Pengadilan Tinggi Jakarta terkait gugatan UN 2006 tidak relevan. Karena dinilai kejadian sekitar 6 tahun silam tidak relevan dengan saat ini. "Saya melihatnya tidak relevan, kejadian 2006 tapi keputusannya sekarang. Padahal selama ini prosesnya jalan terus," kata Nuh kepada wartawan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2012). Nuh menilai gugatan tersebut telat karena kementeriannya telah meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan tersebut dilakukan tanpa diminta, dicontohkan dalam bentuk akses informasi."Saya dapat menunjukkan apa yang sudah berubah kok. Jadi istilahnya telat, sudah nggak zamanlah. Untuk meningkatkan kualitas, diminta atau tidak kita tingkatkan. Akses informasi yang lengkap di daerah juga sudah kita lakukan. Tapi ini (peningkatan-red) semua tidak akan pernah selesai," terang Nuh. Nuh berpendapat UN 2012 tetap jalan karena amar putusan yang menjadi dasar gugatan adalah UN 2006, bukan 2010 atau 2011.

...dst

17 ) Mendikbud Siap Hadapi Panggilan Pengadilan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/0734158/Mendikbud.Siap.Hadapi.Panggilan.Pengadilan.

Selasa, 10 April 2012 | 07:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang masuknya waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mendapat panggilan dari Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat. Pemanggilan itu terkait gugatan UN pada 2006 silam yang akhirnya masuk dan mendapat putusan dari Mahkamah Agung (MA). Menanggapi itu, Mendikbud mengaku siap menghadapi pemanggilan, dan tetap akan menggelar UN pada waktu yang telah ditetapkan. Menurutnya, gugatan yang dilayangkan pada 2006 sudah tidak relevan dengan pelaksanaan UN tahun ini. "UN tahun ini sudah banyak berubah, gugatan itu sudah tidak relevan lagi," kata Nuh, Senin (9/4/2012) kemarin, di Jakarta. Nuh mengaku, Pemerintah sudah menjalankan perbaikan standar kualitas sekolah hingga mengubah sistem penilaian kululusan UN.

...dst

18 ) Penyelenggaraan UN Sudah Diperbaiki
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/10/04412379/penyelenggaraan.un.sudah.diperbaiki

10 April 2012
Jakarta, Kompas - Pemerintah merasa sudah berupaya keras memperbaiki penyelenggaraan ujian nasional. Karena itu, terkait teguran dan panggilan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (10/4) ini, soal pelaksanaan UN, pemerintah akan menjelaskan secara komprehensif. Menteri Pendidikan dan KebudayaanMohammad Nuh, Senin, di Jakarta, menjelaskan, pemanggilan itu karena pemerintah dianggap telah melalaikan keputusan Mahkamah Agung soal penyelenggaraan UN. Padahal, jika ditelusuri asal-usulnya, tuntutan terhadap UN masuk ke pengadilan pertama Agustus 2006 sebagai respons terhadap penyelenggaraan UN 2006. Gugatan tersebut kemudian masuk Mahkamah Agung (MA) tahun 2008. "Pemerintah telah melaksanakan berbagai perbaikan dalam penyelenggaraan UN serta perbaikan kualitas pendidikan sesuai keputusan MA yang diambil berdasarkan kondisi tahun 2006," kata Nuh. Dalam keputusan MA disebutkan, pemerintah telah lalai memenuhi hak asasi manusia korban UN dan pemerintah harus meningkatkan kualitas guru dan fasilitas pembelajaran sebelum UN dilanjutkan. Selain itu, pemerintah juga diperintahkan menyikapi gangguan psikologis anak terhadap UN dan meninjau kembali sistem pendidikan nasional.


...dst

19 ) Lima Truk Naskah UN 2012 Tiba di Unimed
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/04/10/44905/lima_truk_naskah_un_2012_tiba_di_unimed/#.T4O4a9ndZ6E

10 April 2012 07:01 WIB
Medan, (Analisa). Sebanyak lima truk bermuatan naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA Sederajat tiba di Universitas Negeri Medan (Unimed), Senin (9/4) pukul 03.30 WIB dini hari dengan pengawalan ketat petugas Kepolisian Polda Riau, Poldasu dan pengawasan dosen Unimed. "Ya! Tadi pagi tiba tanpa hambatan berarti setelah berangkat dari Provinsi Riau, Minggu (8/4) pukul 02.00 WIB dini hari," kata Ketua Tim Satuan Pengawasan Pendidikan UN 2012, Prof Dr Khairil Ansari MPd ketika dihubungi wartawan, Senin pagi. Selanjutnya, ungkap Khairil, naskah diturunkan dari truk pukul 07.30 WIB disaksikan Rektor Unimed Prof Dr Ibnu Hajar Damanik, Prof Khairil Ansari, AKBP Guntur HR dan Kompol Rangkuti dari Poldasu, Ketua Panitia UN 2012 Henri Siregar, Kepala Biro BAUK Administrasi Mangasi Siregar SH dan Kepala Biro BAPSI Unimed Drs Aspikar.

...dst

20 ) Saatnya Serius Membangun Kekayaan Intelektual
http://sains.kompas.com/read/2012/04/09/1505357/Saatnya.Serius.Membangun.Kekayaan.Intelektual

Senin, 9 April 2012 | 15:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Publikasi peneliti Indonesia di jurnal ilmiah internasional dikatakan minim, tapi kecolongan publikasi juga banyak. Kasus terakhir, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terlibat dalam kerja sama penemuan spesies baru tawon Megalara garuda. Namun, publikasi di jurnal internasional cuma menyertakan nama peneliti asing. Menanggapi hal tersebut, Jonatan Lassa Ph.D., ilmuwan Indonesia yang kini di Institute of Catastrophe and Risk Management (ICRM) Nanyang Technological University, Singapura, menegaskan pentingnya peran pemerintah untuk mendukung penelitian dan publikasi ilmiah. Lassa mengatakan, pemerintah wajib membangun pusat-pusat riset unggulan untuk tiap kajian ilmu yang bisa diakses semua ilmuwan Indonesia sehingga peneliti bisa memproduksi pengetahuan di negaranya sendiri. "Bila tidak, maka kita harus tetap memakai skenario B, yakni bergantung pada kemurahan hati ilmuwan luar dalam memasukan nama kita sebagai co-author," ungkap Lassa lewat surat elektronik, Sabtu (7/4/2012).

...dst

21 ) Dana Riset Cekak, Indonesia Sulit Bersikap Tegas
http://sains.kompas.com/read/2012/04/09/1201336/Dana.Riset.Cekak.Indonesia.Sulit.Bersikap.Tegas

Senin, 9 April 2012 | 12:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kecolongan publikasi ilmiah sering terjadi di Indonesia. tapi yang lebih menyedihkan, kecolongan juga terjadi pada material penelitian berupa sampel makhluk hidup, artefak, data maupun produk. Beberapa peristiwa pengambil material penelitian sebenarnya diketahui namun sulit disikapi dengan tegas. Salah satu sebabnya adalah dana riset yang minim. "Selama ini penelitian kelautan kita sebagian besar tergantung pada Jepang," ungkap Hagi Mulya Sugeha, peneliti ikan sidat dari Pusat Penelitian Oseanografi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), memberikan contoh dalam dunia riset kelautan. "Kita tahu bahwa ada sesuatu yang berharga. Tapi ketika mereka mau ambil, kita juga kesulitan. Kalau mereka bilang, 'kan dananya dari kita', kita mau bagaimana lagi," papar Hagi.

...dst

22 ) Indonesia Sering "Kecolongan" Publikasi Ilmiah
http://sains.kompas.com/read/2012/04/09/08350984/Indonesia.Sering.Kecolongan.Publikasi.Ilmiah

Senin, 9 April 2012 | 08:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kecolongan publikasi yang merugikan peneliti Indonesia telah terjadi beberapa kali. Publikasi hasil kerjasama riset dengan asing sering tidak mencantumkan nama peneliti Indonesia sebagai author ataupun co-author. Terakhir, "kecolongan" publikasi terjadi pada temuan spesies dan genus tawon baru, Megalara garuda. Publikasi hasil kerjasama riset antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan University of California, Davis tersebut tak mencantumkan nama peneliti LIPI. Arkeolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Daud Aris Tanudirdjo, mengatakan bahwa kecolongan publikasi memang sering terjadi dalam dunia penelitian di Indonesia. Tidak cuma pada bidang ilmu pengetahuan alam, tetapi juga sosial. "Salah satunya ya soal Homo floresiensis (manusia Flores) dulu itu," kata Daud saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/4/2012).

...dst

23 ) LIPI "Kecolongan"
http://sains.kompas.com/read/2012/04/04/08560198/LIPI.Kecolongan.

Rabu, 4 April 2012 | 08:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) "kecolongan". Publikasi hasil kerja sama riset dengan peneliti asing di jurnal internasional tidak mencantumkan nama peneliti LIPI. Publikasi hasil riset yang dimaksud adalah penemuan spesies sekaligus genus tawon baru Megalara garuda. Hasil penemuan dimuat di jurnal Zookeys, Jumat (23/3/2012). Tawon baru tersebut dikoleksi lewat ekspedisi Mekongga di Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu. Tawon baru itu dijuluki raja tawon karena memiliki rahang besar yang melebihi panjang kaki depannya. Adapun nama peneliti serangga LIPI yang harusnya dimasukkan adalah Rosichon Ubaidillah. Ia dikenal sebagai peneliti serangga dengan spesialisasi serangga parasitoid. Publikasi ilmiah di jurnal internasional hanya mencantumkan nama Lynn S Kimsey dari University of California, Davis, Amerika Serikat, dan Michael Ohl dari Museum fur Naturkunde, Jerman. Rosichon yang dihubungi Kompas.com, Selasa (3/4/2012), mengatakan, "Ini kita betul-betul kecolongan. Saya dan kita dari LIPI betul-betul kecewa dan marah juga."

...dst

24 ) Spesimen Tawon Garuda Harus Kembali ke Indonesia
http://sains.kompas.com/read/2012/04/04/13495165/Spesimen.Tawon.Garuda.Harus.Kembali.ke.Indonesia

Rabu, 4 April 2012 | 13:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kecolongan dalam publikasi spesies serangga baru, Megalara garuda. Publikasi hasil kerjasama riset antara LIPI dengan University of California, Davis itu tidak menyertakan nama peneliti serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah yang sebenarnya terlibat penelitian. Rosichon saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/4/2012), mengatakan, "Ini kita betul-betul kecolongan. Saya dan kita dari LIPI betul-betul kecewa dan marah juga." Terkait dengan peristiwa ini, Rosichon mengatakan bahwa Indonesia tidak boleh merugi lagi. "Sekarang yang paling penting, spesimen yang digunakan untuk identifikasi itu harus dikembalikan ke Indonesia. Sampai sekarang belum ada," ungkap Rosichon.Spesimen yang dipakai untuk identifikasi (holotype) harus menjadi salah satu koleksi yang menambah kekayaan koleksi di Museum Zoologi Bogor. Koleksi spesimen sangat berguna bagi penelitian taksonomi selanjutnya, sebagai bahan pembanding untuk menemukan spesies baru lainnya.

...dst

25 ) Kemendikbud Usulkan Dangdut Jadi Warisan Budaya Dunia
http://news.detik.com/read/2012/04/09/185102/1888260/10/kemendikbud-usulkan-dangdut-jadi-warisan-budaya-dunia?n991103605

Senin, 09/04/2012 18:51 WIB
Jakarta Pemerintah Indonesia terus berupaya melindungi berbagai kesenian dan kebudayaan nasional. Tidak sedikit yang telah diajukan lalu disahkan menjadi warisan budaya dunia oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Setelah batik, angklung dan beberapa kebudayaan lain diakui dunia, pemerintah mengajukan dangdut menjadi warisan dunia."Kami pastikan yang kita usulkan sekarang, kami lakukan perawatan, pengembangan dan seterusnya. Memang ada token, dangdut, ada tenun, banyak sekali. Jadi kenapa perlu mengajukan ke lembaga internasional UNESCO tentang warisan produk budaya kita, karena sebenarnya untuk melindungi warisan itu sendiri. Yang bisa mengakui itu warisan sampeyan atau tetangga itu ada lembaga di atasnya. Itu lembaga dunia. Dalam kaitan ini dengan UNESCO," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, di kantornya Jalan Jend Sudirman, Jakarta, Senin (9/4/2012).

...dst

26 ) Kemendikbud Daftarkan Tujuh Budaya Asli Indonesia pada Unesco
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/04/07/114715/Kemendikbud-Daftarkan-Tujuh-Budaya-Asli-Indonesia-pada-Unesco

07 April 2012 | 12:21 wib
SOLO, suaramerdeka.com - Untuk melestarikan budaya warisan Indonesia Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya, diantaranya dengan mengusulkan budaya asli Indonesia ke Unesco, agar dikui oleh dunia. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Windu Nuryanti menyatakan, pihaknya telah mengajukan tujuh kebudayaan asli Indonesia agar diakui Unesco, Sabtu (07/04). Dia menambahkan, penentuan pengakuan oleh Unesco tersebut akan dilakukan dalam sidang Unesco yang digelar pada November 2012 mendatang. "Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan warisan budaya kita, di antaranya dengan mendaftarkan ke Unesco ini," katanya. Tahun ini, pihaknya akan memperjuangkan kerajinan Noken, tas khas Papua agar diakui oleh Unesco. Selain itu, pihaknya juga telah mengajukan kain tenun khas Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Taman Mini Indonesia Indah, dan empat tari sakral dari Bali. "Tari sakral yang dimaksud yakni tarian yang ditarikan karena tujuan ritual dan bukan tontonan. Ada empat tarian dari bali," katanya.

...dst

27 ) Mahasiswi UNIB terpilih Putri Kampus Pariwisata 2012
http://www.antaranews.com/berita/305296/mahasiswi-unib-terpilih-putri-kampus-pariwisata-2012

Senin, 9 April 2012 06:40 WIB
Bengkulu (ANTARA News) - Seorang mahasiswi Universitas Bengkulu Devi Florini (20) terpilih menjadi putri kampus Pariwisata Provinsi Bengkulu 2012, setelah menyisihkan ratusan rekan dari berbagai perguruan tinggi di daerah itu. Menjadi putri terbaik kampus 2012 itu adalah predikat istimewa, namun untuk mencapai itu diperlukan modal Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi, kata Devi yang masih duduk di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu semester empat itu, Senin.
"Saya hanya bermodalkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,65 dan ikut dalam pemilihan putri Pariwisata Provinsi Bengkulu 2011 berhasil menduduki Runner Up dan Putri Fotogenik," katanya. Ia mengatakan, terpilih menjadi Putri Kampus Tingkat Provinsi Bengkulu pada 24 Februari 2012 setelah menyisihkan ratusan peserta dari berbagai fakultas di Universitas Bengkulu dan perguruan tinggi lainnya di Bengkulu.

...dst

28 ) 70 Persen APBD untuk Gaji Pegawai
Terjadi di 11 Daerah, 280 Daerah Sedot Lebih dari 50 Persen
http://www.jpnn.com/read/2012/04/10/123690/70-Persen-APBD-untuk-Gaji-Pegawai-

Selasa, 10 April 2012 , 05:52:00
JAKARTA - Tak berbeda dengan wajah APBN, porsi belanja APBD juga semakin tidak propublik. Pemerintah daerah kian boros mengalokasikan sebagian besar anggarannya hanya untuk membiayai belanja pegawai. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) merilis, pada 2012 terdapat 291 kabupaten/kota yang memproyeksikan belanja pegawainya lebih dari 50 persen. Di antara 291 daerah itu, terdapat 11 daerah yang memiliki belanja pegawai lebih dari 70 persen dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Di Indonesia, saat ini terdapat 398 kabupaten dan 93 kota. "Sisa anggaran untuk belanja program kegiatan hanya 9 persen sampai 14 persen. Tentu saja kepentingan masyarakat luas yang kembali dikorbankan," kata Kepala Divisi Pengembangan Jaringan Fitra Hadi Prayitno di Jakarta kemarin (9/4).

...dst

29 ) 270 ribu honorer sudah diangkat menjadi PNS
http://www.antaranews.com/berita/305271/270-ribu-honorer-sudah-diangkat-menjadi-pns

Minggu, 8 April 2012 21:34 WIB | 2769 Views
Mataram (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menyatakan bahwa pemerintah tahun ini sudah mengangkat 270 ribu orang tenaga hononer menjadi pegawai negeri sipil (PNS). "Itu yang kategori satu (K1) sebanyak 270 ribu, yang sudah diangkat tahun ini," kata Azwar yang ditemui usai pertemuan koordinasi dengan kader partai di Sekretariat Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Minggu petang. Azwar berada di Mataram, NTB, sejak Sabtu (7/4) siang, terkait kegiatan sosialisasi reformasi birokrasi Regional II yang meliputi seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Jawa, Bali, NTB, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kalimantan, yang dipusatkan di Mataram 9-11 April 2012.

...dst

30 ) Honorer yang Diangkat PNS Telah Diumumkan, Cek Laman BKN
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/08/m2608x-honorer-yang-diangkat-pns-telah-diumumkan-cek-laman-bkn

Minggu, 08 April 2012, 21:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  MATARAM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengatakan, daftar nama honorer K1 yang sudah diangkat menjadi PNS pada tahun ini, telah diumumkan pada laman http://www.bkn.go.id/honorer/ "Diumumkan agar masyarakat tahu, dan bisa komplain jika didukung data dan fakta," ujar mantan Penjabat Gubernur Aceh periode 19 Juli 2004 hingga 30 Desember 2005, menggantikan Abdullah Puteh. Pemerintah memberdayakan semua tenaga honorer yang masuk "database" sampai 2005 yakni mengangkatnya menjadi PNS, namun masih saja ada tenaga honorer yang belum terakomodasi. Menteri PAN (Menpan) dan RB kemudian menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2010 yang mengatur tentang pendataan tenaga honorer yang bekerja di lingkungan pemerintah. SE Menpan dan RB itu merujuk pada laporan dari berbagai daerah dan pengaduan tenaga honorer yang disampaikan kepada Badan Kepegawaian Negara dan Kementerian PAN dan RB serta kepada Anggota DPR-RI khususnya Komisi II, Komisi VIII dan Komisi X. Isi laporan tersebut yakni masih terdapat tenaga honorer yang memenuhi syarat Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2007.

...dst

31 ) Inilah Kriteria Honorer yang Diangkat PNS Tahun Ini
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/08/m2627b-inilah-kriteria-honorer-yang-diangkat-pns-tahun-ini

Minggu, 08 April 2012, 22:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengatakan, tenaga honorer yang diangkat menjadi PNS terdiri dari tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai oleh APBN atau APBD. Kriteria honorer dimaksud yakni diangkat oleh pejabat yang berwenang, bekerja di instansi pemerintah, masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, berusia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006.
Namun, dalam proses pemberdayaan honorer yang masuk "database" sampai 2005 itu, mencuat keberadaan honorer di masing-masing daerah atas kebijakan pejabat setempat, yang jumlahnya lebih banyak.

...dst

Berita Edukasi, 09 April 2012

1 ) SNMPTN Diumumkan 28 Mei
http://www.jpnn.com/read/2012/04/09/123600/SNMPTN-Diumumkan-28-Mei-
Senin, 09 April 2012 , 12:29:00

JAMBI--Sesuai jadwal yang telah di tentukan oleh pusat, pengumuman penerimaan calon mahasiswa melalui SNMPTN jalur undangan akan diumumkan pada 28 Mei mendatang. Hal ini dikatakan Ketua Panitia Lokal SNMPTN, Muazza, M.Si. Saat ini, kata Muazza, dokumen rekomendasi siswa peserta SNMPTN yang mendaftar masil dalam proses. "Masih dalam proses di pusat," katanya. Untuk Provinsi Jambi, lanjutnya, sebanyak  5.277 siswa bersaing untuk merebut 328 kursi di Universitas Jambi (Unja), yang tersedia lewat jalur undangan. Mereka yng mendaftarkan tersebut terdiri dari berbagai sekolah yang ada di Provinsi Jambi. "Dari hasil yang ada, dikatakan dia, peminat terbanyak adalah jurusan manajemen sebanyak 597 orang peminat," ungkapnya. Kemudian disusul jurusan akuntansi sebanyak 589 peminat, jurusan agribisnis sebanyak 227 peminat, Agroekoteknologi 144 peminat, Ilmu Ekonomi Pembangunan 172 peminat, dan Ilmu Hukum 328 peminat. Sementara itu jurusan Kehutanan 91 peminat.

...dst

2 ) Mendikbud Harapkan Universitas Haluoleo Jadi Pusat Iptek dan Budaya
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/243

04/06/2012
Kendari --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengharapkan Universitas Haluoleo (Unhalu) menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya. "Jadikan Unhalu ini sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya," kata Menteri Nuh ketika meresmikan gedung pascasarjana Unhalu dan pembukaan Museum Wallacea, di Kendari, Jumat (6/4). Mendikbud juga mengapresiasi prestasi dosen dan mahasiswa Unhalu. Prestasi tersebut antara lain buku-buku ilmiah yang ditulis para dosen  serta keberhasilan menjadi juara pertama lomba jurnal ilmiah di Eropa. Menteri Nuh mengharapkan seluruh civitas akademika Unhalu mengeksplorasi potensi yang dimilikinya agar bermanfaat bagi masyarakat. Sedangkan Rektor Unhalu Usman Rianse menyatakan, kampusnya terus berbenah diri di usianya yang ke-30.  "Pembenahan meliputi akademik dan sarana prasarana, termasuk gedung pascasarjana ini." Rektor siap mengembangkan iptek dan budaya di kampusnya.

...dst

3 ) UGM Kembangkan Energi Hibrid di Bantul
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/372/607930/ugm-kembangkan-energi-hibrid-di-bantul

Senin, 09 April 2012 12:02 wib
JAKARTA - Pengembangan energi alternatif biasanya hanya difokuskan pada satu jenis energi. Tetapi, kali ini Universitas Gadjah Mada (UGM) mengombinasikan panas matahari dan kekuatan angin sebagai sumber energi alternatif hibrid. Proyek percontohan yang dilakukan melalui kerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) itu diinisiasi di Pantai Pandansimo, Srandakan, Bantul, Jawa Tengah. Daerah berpasir dengan luas 37 Hektare (ha) itu nantinya akan menjadi pusat pengembangan energi baru dan terbarukan. Asisten Deputi Iptek Industri Kecil dan Menengah, Ristek, Ir. Santosa Yudo Warsono, MT, mengatakan, pengembangan energi hibrid di Tanah Air telah dimulai tiga tahun lalu. "Meski masih dikembangkan, tenaga hibrid ini tengah dicoba dimanfaatkan untuk pertanian di lahan berpasir yang memerlukan air ekstra tinggi. Kita manfaatkan untuk menaikkan air ke permukaan," kata Santosa seperti disitat dari situs UGM, Senin (9/4/2012).

...dst

4 ) Unjani Terbanyak Luluskan Dokter 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/484671/

Monday, 09 April 2012
CIMAHI— Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) berhasil meraih posisi terhormat dalam Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI). Dekan FK Unjani, Priatna mengatakan, UKDI sebagai syarat untuk melakukan praktek profesi kedokteran yang diselenggarakan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) bagi perguruan tinggi yang membuka progam kedokteran se-Indonesia. Dalam ujian yang digelar Februari 2012 lalu itu, FK Unjani berhasil meluluskan dokternya, terbanyak di antara FK di berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia. "FK Unjani meraih posisi terhormat pada UKDI kali ini dengan angka kelulusan 91,30%,angka tersebut terbesar diantara FK-FK lainnya di Indonesia," kata Priatna usai acara angkat sumpah dokter lulusan FK Unjani di Gedung Sasana Krida (GSK) Kampus Unjani,Jalan Terusan Jenderal Sudirman,Sabtu (7/4).

...dst

5 ) Prodi Kedokteran Ada yang Belum Memenuhi Standar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/183705

Minggu, 08/04/2012 - 20:09
BANDUNG, (PRLM).- Masih banyak program studi kedokteran (prodi) di perguruan tinggi Indonesia belum memenuhi standar. Penilaian tersebut berdasarkan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, kurikulum serta staff pengajar. Akan lebih baik, apabila saat ini fokus pemerintah untuk memperbaiki institusi serta meningkatkan kualitasnya. "Sebagai representasi resmi mahasiswa kedokteran Indonesia tingkat nasional, kami mewakili mahasiswa kedokteran mengharapkan Menteri Kesehatan tetap memberikan syarat bagi perguruan tinggi yang akan membuka program studi pendidikan dokter." Pernyataan tersebut dikatakan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) melalui Sekretaris Jenderal ISMKI, Faqih Nur Salimi Latief. Faqih mengatakan, bagi perguruan tinggi yang membuka program studi pendidikan dokter di fakultas lain (bukan fakultas kedokteran), akan menimbulkan banyak masalah. Hal itu terkait ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Selain itu, bagi perguruan tinggi yang baru membuka program studi pendidikan dokter wajib memunyai pengajar tersertifikasi Menteri Kesehatan.

...dst

6 ) Kuota Lima Persen untuk Mahasiswa Daerah Terpencil
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/08/079395545/Kuota-Lima-Persen-untuk-Mahasiswa-Daerah-Terpencil

MINGGU, 08 APRIL 2012 | 18:52 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Anggota Komisi Pendidikan DPR Reni Marlinawati menyatakan pihaknya meminta pemerintah menjaring mahasiswa dari daerah terpencil. "Kami menetapkan sekurang-kurangnya pemerintah harus menjaring lima persen mahasiswa dari daerah terpencil," kata Reni ketika ditemui seusai diskusi mengenai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT), Minggu, 8 April 2012. Reni menilai pendidikan tinggi di Indonesia harus memiliki mutu yang baik dan terjangkau oleh anggota masyarakat dari seluruh lapisan. Sementara saat ini baru sebagian kecil mahasiswa dari daerah terpencil yang bisa menikmati pendidikan di kampus-kampus favorit, misalnya Universitas Indonesia (UI). "Masih sedikit sekali mahasiswa asal Papua maupun Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengenyam pendidikan di UI. Jika nanti ketentuan lime persen tersebut diberlakukan, setidaknya ada 50 mahasiswa asal daerah terpencil dari seribu mahasiswa UI," papar Reni.

...dst

7 ) UMY Lombakan Roket Air Tingkat SMA
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/607854/umy-lombakan-roket-air-tingkat-sma

Senin, 09 April 2012 11:26 wib
YOGYAKARTA - Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Roket Air untuk pelajar tingkat SMA sederajat di Kampus Terpadu UMY. Sebanyak 25 peserta SMA se-DIY dan Jawa Tengah hadir memperebutkan piala bergilir dari Rektor UMY. Lomba terbagi dalam dua kategori, yakni jarak terjauh dan paling tepat sasaran, serta kategori tim terkompak dan terkreatif. "Untuk kategori terjauh juara I diraih MAN 3 Yogyakarta, juara II dari SMKN 3 Yogyakarta, dan juara III dari SMA Muhammadiyah 1 Gombong," kata Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin UMY, Joko Triyono selaku ketua panitia, akhir pekan lalu.

...dst

8 ) Lulusan Luar Negeri Diajak 'Pulang Kampung'
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/08/079395538/Lulusan-Luar-Negeri-Diajak-Pulang-Kampung

MINGGU, 08 APRIL 2012 | 18:14 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Anggota Komisi Pendidikan DPR Reni Marlinawati mengakui banyak mahasiswa asal Indonesia di luar negeri yang enggan kembali ke negara ini setelah lulus. "Mari kembali ke sini, lakukan penelitian," ujar ujar Reni ketika ditemui seusai diskusi mengenai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT), Minggu, 8 April 2012. Menurut Reni, banyak alumni perguruan tinggi asing berkualitas enggan kembali ke Tanah Air. Pasalnya, mereka tidak mampu bekerja dengan baik ketika kembali ke Indonesia akibat minimnya fasilitas serta sarana dan prasarana yang menunjang ilmu yang didapatkan para alumni tersebut di luar negeri. "Kondisi itulah yang menyebabkan para alumni tersebut merasa tidak betah ketika harus kembali ke tanah air," katanya.

...dst

9 ) Ujian Masuk PTN Gratis!
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/607826/ujian-masuk-ptn-gratis

Senin, 09 April 2012 10:27 wib
MAKASSAR – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menghapus biaya masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Menurut Mendikbud Muhammad Nuh, ujian masuk atau seleksi harus bebas dari biaya. Selama ini biaya yang dibebankan kepada peserta ujian masuk PTN bekisar antara Rp150 ribu hingga Rp175 ribu. Biaya itu dinilai terlalu membebani calon mahasiswa yang tidak mampu. "Bisa dibayangkan kalau anak-anak tidak mampu yang mau masuk harus bayar ratusan ribu, itu hambatan tersendiri. Karena itu, biaya masuk ke perguruan tinggi ke depan harus dibebaskan agar siapa pun bisa ikut tes. Urusan lulus atau tidak, itu urusan lain. Itu jadi urusan kemampuan akademis calon mahasiswa," katanya di Makassar, akhir pekan lalu.

...dst

10 ) Wewenang Dosen Pengawas Dipangkas
Sudah Tidak Bisa Menindak Pelanggaran
http://www.jpnn.com/read/2012/04/08/123483/Wewenang-Dosen-Pengawas-Dipangkas-

Minggu, 08 April 2012 , 07:55:00
MAKASSAR - Persoalan menjelang pelaksanaan ujian nasional (unas) 2012 tingkat SMA dan sederajat terus bermunculan. Pihak PTN mempersoalkan wewenang dosen pengawas yang dipangkas. Mereka kini tidak bisa menindak langsung setiap pelanggaran di unas.Saat dikonfirmasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh belum mempelajari secara detail perkembangan tugas dosen pengawas unas. "Biar saya pelajari dulu. Tapi insyallah unas berjalan lancar," kata dia usai meresmikan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Hasanuddin, Makassar kemarin (7/4). Menurut menteri asal Surabaya itu, secara umum dosen dalam pelaksanaan unas SMA dan sederajat ditugasi untuk menjadi pengawas. Dia memastikan, meskipun mengalami beberapa pergeseran, fungsi dosen sebagai pengawas tadi tidak akan dilepas.

...dst

11 ) Hasil UN Jangan Dipaksa Lulus 100 Persen
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/08/13113720/Hasil.UN.Jangan.Dipaksa.Lulus.100.Persen

Minggu, 8 April 2012 | 13:11 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menegaskan, semua pihak hendaknya tidak memaksakan memperoleh hasil Ujian Nasional (UN) lulus 100 persen. Menurutnya, UN akan lebih baik jika dilaksanakan jujur dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sudah menjadi rahasia umum, sebagai hajat tahunan, UN seringkali dijadikan "alat" untuk mencerminkan prestasi politik. Khususnya politik pemerintah di daerah (Pemda). "Memasang target boleh saja, tapi jangan dipaksa lulus 100 persen. Jangan sampai Pemda menghalalkan segala cara, dan UN harus dilaksanakan sesuai dengan aturan agar kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan," kata Nuh, Minggu (8/4/2012), di Makassar.

...dst

12 ) Denny Tetap Pimpin Razia Narkoba di Penjara
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/09/063395597/Denny-Tetap-Pimpin-Razia-Narkoba-di-Penjara

SENIN, 09 APRIL 2012 | 05:59 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:- Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana memastikan tetap akan memimpin razia narkoba di sejumlah penjara. Ini bagian dari lanjutan kerja sama antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama dan Badan Narkotika Nasional. "Satuan Tugas Pemberantasan Narkoba tetap kami pimpin, tidak terkecuali dengan tetap terjun langsung ke lapangan saat sidak," ujar Denny,  Minggu 8 April 2012. Menurut Denny, kerja sama sempat dibekukan oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, menyusul insiden di Lembaga Pemasyarakatan Pekanbaru, Riau, Senin pekan lalu. Ia disebut-sebut menampar salah satu sipir penjara itu ketika sidak bersama tim BNN.. "Tidak akan ada yang dapat menghalangi kerja sama yang sangat penting ini," ujar Denny. Ia membantah telah memukul sipir. Justru, kata Denny, saat itu ia berusaha mencegah pemukulan yang dilakukan bawahannya.

...dst

13 ) Ota: Pernyataan Denny & BNN Tertutup Rekayasa yang Terorganisir
http://news.detik.com/read/2012/04/07/092118/1886768/10/ota-pernyataan-denny-bnn-tertutup-rekayasa-yang-terorganisir?nd992203605

Sabtu, 07/04/2012 09:21 WIB
Jakarta Tudingan bertubi-tubi yang diarahkan ke Wamenkum HAM Denny Indrayana membuat gerah mantan anggota santas pemberantasan mafia hukum Mas Acmad Santosa. Pria yang akrab disapa Ota ini menilai pernyataan Denny dan BNN yang membantah adanya pemukulan tertutup oleh rekayasa yang teroganisir. "Rekayasa serangan terhadap Wamenkumham luar biasa dahsyat dan sangat terorganisir. Testimony kesaksian BNN yang satu rombongan dengan Wamenkumham yang menyatakan tidak ada pemukulan oleh Denny terpatahkan dengan rekayasa penggalangan opini publik untuk mendelegitimasi Denny," tutur Ota di Jakarta, Jumat (7/4/2012). Ota menyatakan dirinya telah mendengar uraian mengenai sidak di LP Pekanbaru dari BNN dan Denny beserta bukti yang dibawanya. Dia percaya dengan penjelasan dua belah pihak itu. "Dan saya kenal Denny sudah 11 tahun sehingga saya tahu betul karakter dan integritasnya," papar Ota.

...dst

14 ) Denny Diminta Tetap Pimpin Sidak Lapas 
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/08/063395548/Denny-Diminta-Tetap-Pimpin-Sidak-Lapas

MINGGU, 08 APRIL 2012 | 19:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas (Unand), Saldi Isra meminta pimpinan operasi mendadak narkoba ke lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan tetap dipimpin Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana. "Harus diserahkan ke Denny, kalau dipindahkan ke orang lain itu menyalahi," ujar Saldi saat dihubungi, Ahad, 8 April 2012. Menurut Saldi, selama memimpin sidak narkoba ke beberapa lembaga pemasyarakatan, Denny telah menunjukkan hasil positif. Tidak hanya berhasil menangkap narapidana pengedar dan pemakai narkoba, tim satuan tugas pemberantasan narkoba yang terdiri dari Kementerian Hukum dan HAM dan Badan Narkotika Nasional juga menemukan indikasi keterlibatan sipir lapas. Seperti saat sidak di Lapas Pekanbaru, 2 April dinihari, tim satgas berhasil menangkap seorang sipir. Denny juga dinilai memiliki semangat dan keinginan kuat untuk membersihkan lapas dari peredaran narkoba. Bahkan kata Saldi, tak hanya soal narkoba, itikad Denny juga terlihat dalam memperbaiki berbagai persoalan lapas seperti kelebihan kapasitas dan kualitas lapas.

...dst

Berita Edukasi 08 April 2012

1 ) Indonesia akan dapatkan "bonus demografi"

Sabtu, 7 April 2012 22:42 WIB 
Yogyakarta (ANTARA News) - Indonesia akan mendapatkan "bonus demografi" dalam kurun waktu 15 tahun ke depan, kata Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ananta Kusuma Seta. "`Bonus demografi` yang saya maksud itu adalah mayoritas penduduk Indonesia lebih banyak dipenuhi usia angkatan kerja," katanya pada penganugerahan beasiswa unggulan kepada 124 mahasiswa program master Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, penduduk yang berada di usia angkatan kerja tersebut bisa menjadi potensi bagi Indonesia menjadi negara maju, tetapi juga bisa menjadi bumerang apabila kualitas sumber daya manusia usia produktif itu rendah. Modal untuk pembangunan adalah kualitas sumber daya manusia. "Pada rentang waktu 2010--2025, negara ini akan dipenuhi oleh usia produktif, jika mereka adalah orang yang berpengetahuan, Indonesia akan menjadi negara maju. Itu yang saya sebut sebagai `bonus demografi`," katanya. Ia mengatakan, kualitas sumber daya manusia menjadi kunci dan modal pembangunan Indonesia dalam 15 tahun ke depan, sehingga peningkatan akses pendidikan tinggi bagi rentang usia 19-23 dirasakan sangat penting.

...dst

2 ) Unhas Miliki Pusat Kanker dan Trauma  

Sunday, 08 April 2012
MAKASSAR – Rumah Sakit Pendidikan (RSP) bertaraf internasional yang akan menjadi pusat penyakit kanker (cancer center) dan trauma karena kecelakaan (trauma center) diresmikan kemarin.RSP pertama di luar Pulau Jawa ini akan menjadi pusat pelayanan,pencegahan dan penelitian, serta pendidikan tentang penyakit kanker maupun trauma. Peresmian RSP di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh. "Unhas akan jadi pusat unggulan pembelajaran, tidak hanya di Sulawesi, tetapi juga jadi pusat pembelajaran dunia. Kemajuan Sulsel luar biasa. Kita doakan agar Unhas jadi excellent university," ujar Mendikbud Muhammad Nuh saat peresmian kemarin. 

...dst

3 ) RS Kanker Unhas Layani 16 Provinsi KTI  

Sunday, 08 April 2012
MAKASSAR– Universitas Hasanuddin (Unhas) resmi memiliki Rumah Sakit Pendidikan (RSP) pusat penanganan kanker dan trauma karena kecelakaan. RS ini akan melayani pasien dari 16 provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI). RS sekaligus menjadi pusat pelayanan, pencegahan, dan penelitian, serta pendidikan tentang penyakit kanker maupun trauma,pertama di luar Jawa. Peresmian pusat kanker dan trauma (gedung E dan F) RSP Unhas dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo,Rektor Unhas Prof Dr dr Idrus A Paturusi, Pangdam VII/ Wirabuana Mayjen TNI Muhammad Nizam,guru besar Unhas, serta seluruh civitas dan alumni khususnya dari Fakultas Kedokteran (FK) Unhas. 

...dst

4 ) UMY Gelar Lomba Robot Antar SMA

Sabtu, 07 April 2012, 16:25 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Sebanyak 55 peserta mengikuti lomba robot "line follower" tingkat sekolah menengah atas se-Pulau Jawa bertajuk "Robotech UMY 2012" yang diselenggarakan Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. "Lomba robot 'line follower' yang diselenggarakan selama dua hari, 7-8 April 2012 itu adalah ajang adu cepat robot yang dirancang untuk melewati lintasan garis hitam melalui sensor yang dipasang pada robot," kata koordinator lomba "Robotech UMY 2012" Dian Budi Santoso di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, pada hari pertama, para peserta dibagi menjadi delapan grup. Dalam dua kali kesempatan, robot dengan ukuran maksimal 20x20 sentimeter akan melewati lintasan dengan total luas 4,5x5,5 meter.

...dst

5 ) Robotech UMY 2012 diikuti 55 peserta

Sabtu, 7 April 2012 16:29 WIB 
Yogyakarta (ANTARA News) - Sebanyak 55 peserta mengikuti lomba robot tingkat sekolah menengah atas se-Pulau Jawa bertajuk "Robotech UMY 2012" yang diselenggarakan Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). "Lomba robot line follower yang diselenggarakan selama dua hari, 7-8 April 2012 itu adalah ajang adu cepat robot yang dirancang untuk melewati lintasan garis hitam melalui sensor yang dipasang pada robot," kata koordinator lomba Robotech UMY 2012, Dian Budi Santoso di Yogyakarta, Sabtu.
Ia menjelaskan pada hari pertama perlombaan, para peserta dibagi menjadi delapan grup. Dalam dua kali kesempatan, robot dengan ukuran maksimal 20x20 sentimeter akan melewati lintasan dengan total luas 4,5x5,5 meter. "Peserta diberi waktu empat menit agar robot yang dirancang menyelesaikan lintasan. Empat robot dengan waktu terbaik masing-masing grup akan melaju ke babak selanjutnya pada hari kedua," katanya.

...dst

6 ) Fakultas Peternakan PB rancang S1--S2 lima tahun

Sabtu, 7 April 2012 18:22 WIB
Bogor (ANTARA News) - Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor merancang kurikulum pendidikan untuk program strata 1 dan strata 2 dapat diselesaikan dalam kurun waktu lima tahun."Sehingga dalam waktu lima tahun itu, mahasiswa bisa menyelesaikan sarjana (S1) dan magister (S2," kata Dekan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (Fapet-IPB) Dr Luki Abdullah di Bogor, Jawa Barat, Sabtu. Ia menjelaskan bahwa rencana tersebut juga telah disampaikannya pada reuni Himpunan Alumni Peternakan Fapet IPB yang populer dijuluki "Hunter" akhir Maret 2012. Menurut dia, pihaknya berupaya untuk menurunkan usia kiprah lulusan Fapet IPB, agar lebih muda terjun ke masyarakat. "Ini untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang berharap alumni Fapet IPB bisa segera mengabdi ke masyarakat dengan kualitas yang cukup. Selama ini ada anggapan pendidikan sarjana Fapet belum cukup siap matang mengabdi masyarakat," katanya.

...dst

7 ) Berlibur, Belajar, & Berteman di Topical Camp ITB

Minggu, 08 April 2012 09:15 wib
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyiapkan acara seru untuk libur semester mendatang, Tropical Camp @ITB. Pada acara yang akan digelar Juli mendatang ini, kamu bisa berlibur sambil belajar dan berinteraksi dengan teman-teman baru dari berbagai negara. Selama tiga minggu, camp ini akan mengajakmu mengeksplorasi tujuh topik yaitu Akuakultur, Kesenian dan Tradisi pada Tekstil dan Keramik, Industri Kreatif di Jawa Barat, Wirausaha Kreatif di Indonesia, Geothermal, Misi Bawah Laut Indonesia, serta Informasi dan Teknologi Komunikasi daerah Rural. Asyiknya lagi, program ini akan memberimu tiga hingga enam kredit sesuai dengan program yang kamu  ikuti. Nah, kredit yang kamu dapat itu nantinya bisa ditransfer ke kampusmu dan menjadi nilai tambah untukmu. Demikian seperti dilansir situs ITB, Minggu (8/4/2012).

...dst

8 ) Rektorat ITB Dibobol Pencuri  

Sunday, 08 April 2012
BANDUNG – Gedung Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Tamansari, Kota Bandung, kemarin, dibobol pencuri. Aksi ini diperkirakan terjadi pukul 04.00 WIB,kemarin. Dua ruangan yang dibobol masing-masing terletak di lantai dua dan empat. Di lokasi tersebut ditemukan beberapa jejak yang ditinggalkan pelaku.Terlihat bekas pegangan tangan di tembok bagian luar lantai dua gedung rektorat.Ditemukan juga bekas sepatu disertai ceceran tanah di koridor bangunan tersebut. Beberapa genting retak dan terbelah. Bahkan, satu di antaranya jatuh. Pencuri diduga menyatroni gedung dengan cara memanjat. 

...dst

9 ) SAMI, MAHASISWA PENEMU PRODUK MULTIFUNGSI - Atasi Kegalauan Anak Muda dengan Kursi Serbaguna  

Sunday, 08 April 2012
Galau memang kata yang kerap kali terdengar dari mulut anak muda zaman sekarang.Kata itu juga yang menjadi alasan Sami, mahasiswa angkatan 2009 Institut Teknologi Bandung (ITB) menunjukkan kreasinya melalui CREO Company. Meski nama merek tersebut masih asing,ide yang diusungnya terbilang cemerlang.Berdalih mengatasi kegalauan anak muda yang kerap terjadi,Sami bersama 19 rekannya membuat berbagai benda praktis yang bisa menunjang aktivitas manusia. CREO adalah produk yang ditawarkan dan sangat unik. Mulai dari beanbag chair yang bisa disulap menjadi kasur tidur hingga jaket yang dapat dilipat menjadi tas multifungsi. elain itu,ada juga meja lipat berwarna yang bisa diubah menjadi tempat duduk dengan daya tahan hingga 80 kg.Terakhir,laptop case dari kertas tyvek yang tak bisa robek.Produk-produk CREO tersebut dibanderol Rp150.000-550.000. Semua produk tersedia dalam berbagai warna.  

...dst

10 ) JERIT SISWA-SISWI SMA `17' DI TENGAH KONFLIK - Kami Takut Preman dan Butuh Ketenangan  

Sunday, 08 April 2012
Meski belajar di bawah terik matahari tanpa meja dan kursi, serta mendengarkan penjelasan guru di tengah kebisingan kendaraan, semangat belajar siswa-siswi SMA "17"-1 Yogyakarta tetap menyala. Air mata mereka telah terkuras,hanya tersisa tetes-tetes kecil.Belajar di trotoar dengan beralaskan tikar pun terpaksa dilakukan karena meja dan kursi di dalam kelas sudah tiada. Aktivitas belajar mengajar yang sangat memprihantikan terlihat jelas,siang kemarin. Setidaknya dari 112 siswasiswi di sekolah ini,hanya puluhan yang ikut belajar. Sebagian siswa sibuk membantu mengumpulkan perlengkapan sekolah yang berantakan. Di antara puluhan siswa itu,29 di antaranya merupakan siswa-siswi kelas 3 SMA yang sebentar lagi akan menghadapi ujian nasional (UN). Anyes Sintang,18,salah satu siswi kelas 3 IPS mengaku mulai 16 hingga 19 April mendatang, dia akan mengikuti UN.Untuk menuju saat itu,seharusnya pembelajaran lebihdiintensifkan, mendapatkan ketenangan belajar,fokus pada persiapan ujian."Tapi apa yang terjadi,apa yang kita harapkan tidak kita dapatkan,buku-buku perpustakaan juga tidak ada," katanya sedih. 

...dst

11 ) SMA "17" Diobrak-abrik  

Sunday, 08 April 2012
YOGYAKARTA – Bangunan SMA "17"- 1 Yogyakarta kembali diobrak-abrik dan dirusak orang tak dikenal. Dokumendokumen di ruang kepala sekolah dan tata usaha (TU) pun berantakan. Papan nama sekolah juga dirobohkan. Ironisnya, perusakan bangunan di Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta nomor 24 itu baru diketahui pagi kemarin saat guru dan siswa tiba di sekolah untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar (KBM).Perusakan ini pun semakin memperparah kondisi di SMA "17"-1. Pada Kamis (5/4) malam, ratusan meja dan kursi siswa juga dibuang orang tak dikenal. Perlengkapan belajar siswa itu ternyata dibuang di bekas gedung STIE Kerjasama di Jalan Purwanggan nomor 35 Pakualaman. 

...dst

12 ) Andi Arief menilai Komnas HAM berlebihan

Jumat, 6 April 2012 23:14 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief menilai langkah Komnas HAM membentuk Tim Pencari Fakta kasus dugaan penamparan sipir Lapas Kelas IIA Pekanbaru di Riau oleh Wamenkumham Denny Indrayana sebagai tindakan berlebihan. Dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, Andi bahkan menilai anggota Komnas HAM tidak memahami prioritas kerja lembaganya. "Kemunculan Wakil Ketua Komnas HAM Ridha Saleh di Lapas Pekanbaru dan penyelenggaraan rekonstruksi dugaan penamparan itu menunjukkan bahwa Komnas HAM telah kehilangan orientasi, `over acting` dan karena itu perlu dievaluasi kembali tugas dan fungsi pokoknya," ujar Andi Arief. Menurut Andi, reaksi berlebihan Komnas HAM itu patut dipertanyakan. Komnas HAM seolah-olah menggeser isu peperangan terhadap bandar narkoba dengan isu dugaan penamparan yang menurutnya tidak mungkin dilakukan Denny Indrayana.

...dst

13 ) TPF Pemukulan Sipir Dinilai Berlebihan

Kamis, 05 April 2012 , 10:06:00
JAKARTA - Tim Pencari Fakta (TPF) yang dibentuk oleh Kementerian Hukum dan HAM dalam pengungkapan kasus pemukulan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana masih diragukan. TPF itu bisa menutupi pokok persoalan utamanya, yakni maraknya peredaran narkoba di Lapas. Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, DR. A Bakir Ihsan memstikan pembentukan TPF itu tak bakal bekerja optimal. Bahkan terkesan berlebihan dalam menuntaskan perkara yang tidak serius. "Kasus seperti itu saja di bentuk TPF segala. Masih satu lembaga lagi. Kan Lapas itu dibawah kendali Menkumham, untuk apa TPF," ujar A Bakir Ihsan mengkritisi pembentukan TPF Kasus Wamenkumhan oleh Kemenkumham di Jakarta. Menurut dosen FISIP UIN Syarif Hidayatullah ini, penyelesaian kasus pemukulan Wamenkumham dapat dituntaskan melalui peran Menteri Hukum dan HAM. Tanpa harus membentuk TPF yang lebih tidak jelas manfaatnya. Apalagi, lanjut dia, keberadaan TPF itu membenarkan tidak adanya peran pimpinan Kemenkumham dalam penyelesaian kasus internal. Sekaligus menunjukan ada persoalan dalam struktur Kemenkumham. "Kok bisa berpikir begitu ya. Menteri sebagi pimpinan puncak apa manfaatnya kalau tak bisa menyelesaikan kasus sesederhana ini," pungkasnya. 

...dst

14 ) Pengamat UGM: PKS Ingin "Curi" Simpati Publik

MINGGU, 08 APRIL 2012 | 07:38 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Ari Dwipayana mengatakan bahwa manuver Partai Keadilan Sejahtera menunggu keputusan SBY menentukan nasibnya di Sekretariat Gabungan dan kabinet pasti memperhitungkan faktor simpati publik. "Untuk menarik simpati publik, saya kira itu masuk perhitungan juga," kata Ari saat dihubungi pada 7 April 2012 malam. Posisi PKS di Setgab goyah pasca rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menentukan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebab sikap yang diambil partai anggota koalisi itu berseberangan dengan kebijakan pemerintah yang hendak menaikkan BBM. PKS menolak kenaikan BBM. Partai anggota Setgab kemudian bersepakat mengeluarkan PKS dari koalisi. PKS sendiri belum bersikap menanggapi kesepakatan partai-partai koalisi lain. 

...dst

Tidak ada komentar: