Cari Blog Ini

Minggu, Januari 22, 2012

Majelis Rektor Kaji UN Jadi "Tiket" Masuk PTN dan lain berita edukasi

1 ) Majelis Rektor Kaji UN Jadi "Tiket" Masuk PTN

Jumat, 20 Januari 2012 | 09:56 WIB
JAKARTA,   - Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia Idrus Paturusi mengatakan, pihaknya masih mengkaji kebijakan yang diterapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait nilai ujian nasional (UN) yang akan dijadikan evaluasi akhir kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Ia mengatakan, saat ini tengah dilakukan penyaringan hasil seleksi mahasiswa melalui jalur undangan. "Tapi masih dikaji, sehingga UN mempunyai harga untuk dimasukkan sebagai seleksi masuk perguruan tinggi," kata Idrus, Kamis (19/1/2012) malam, di Jakarta, seperti dikutip Antara.

...dst

2 ) Ujian Tertulis SNMPTN Bisa Dihapus
Nilai Rapor Bukan Berarti Otomatis "Tiket Masuk" PTN

21 Januari 2012
Jakarta,  - Perguruan tinggi negeri mulai mempertimbangkan penerimaan mahasiswa hanya melalui jalur undangan, tanpa ujian tertulis. Mereka meragukan hasil ujian tertulis seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, apalagi masih ada praktik joki, nepotisme, dan mencontek. Hal itu dikemukakan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia sekaligus Rektor Universitas Hasanuddin Idrus Paturusi ketika dihubungi di Makassar, Jumat (20/1). "Ujian tertulis masih jadi pertanyaan. IPK mahasiswa dari jalur undangan rata-rata lebih tinggi daripada yang jalur ujian tertulis," ujarnya. Menurut Idrus, penerimaan mahasiswa hanya melalui jalur undangan masih dikaji PTN. Bila terwujud, ujian nasional (UN) akan memiliki nilai tinggi sebagai penentu penerimaan SNMPTN. Namun, usulan penerimaan melalui hanya lewat jalur undangan tak bisa diterima begitu saja. Guru atau pihak sekolah bisa merekayasa nilai rapor siswa. "Di situlah peran UN sebagai kontrol. Kami bisa cek potensi siswa dari nilai rapor dan UN. Kalau dia ranking satu terus, tetapi nilai UN anjlok, berarti ada yang salah," kata Idrus. Universitas Hasanuddin berencana menerapkan penerimaan mahasiswa baru hanya dari jalur undangan. Tahap awal akan diberlakukan bagi program studi kedokteran.

...dst

3 ) Daya Tampung PTN Naik Sekitar 15 Persen

20 Januari 2011
Jakarta,   - Ketua Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung, Akhmaloka memperkirakan daya tampung perguruan tinggi negeri pada tahun 2012 akan naik 10-15 persen. Namun, ia belum dapat memastikan daya tampung karena data dari semua PTN belum terkumpul. Sebagai gambaran, daya tampung Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 sebanyak 46.674 mahasiswa melalui jalur undangan dan 119.041 mahasiswa melalui jalur ujian tertulis. "Daya tampung naik karena ada perguruan tinggi negeri (PTN) baru yang sebelumnya perguruan tinggi swasta," kata Akhmaloka sebelum peluncuran SNMPTN 2012 di Jakarta, Kamis (19/1) malam. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso menambahkan, calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tetapi tidak mampu secara ekonomi disediakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa miskin untuk 30.000 orang. "Dua tahun lalu jumlahnya 20.000 mahasiswa," kata Djoko.

...dst

4 ) PTN Serap 60% Mahasiswa Jalur SNMPTN

Jum'at, 20 Januari 2012 12:50 wib
JAKARTA - Setiap kampus negeri akan menampung 60 persen mahasiswa baru mereka melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012.  Komposisi ini masih sama seperti yang diterapkan oleh berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dalam prosesi penerimaan mahasiswa baru tahun lalu. Sedangkan 40 persen sisa kuota mahasiswa baru di PTN dipenuhi melalui jalur lain di luar SNMPTN seperti jalur ujian mandiri. Meski demikian, Ketua Umum SNMPTN 2012 Akhmaloka mengaku, belum ada jumlah pasti berapa daya tampung di setiap PTN melalui SNMPTN, baik jalur undangan maupun jalur mandiri. 

...dst

5 ) Daftar SNMPTN Kini Lebih Mudah

Jum'at, 20 Januari 2012 09:20 wib
JAKARTA - Ada yang berbeda dari pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Perubahan positif ini bertujuan mempermudah calon mahasiswa yang berasal dari luar kota. Jika tahun lalu, pendaftaran SNMPTN harus dilakukan di universitas tujuan, maka pada 2012 para pelajar tidak perlu melakukannya lagi. Mereka bisa mendaftar SNMPTN sesuai minat dan bakat meski berada jauh dari kampus tersebut. Hal ini disampaikan Managing Director Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman dalam peluncuran SNMPTN 2012 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Jadi, pelajar yang ada di Padangsidempuan misalnya, tidak perlu datang ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta untuk mendaftar. Mereka bisa langsung melakukan pendaftaran di sana," kata Abdul di Kemendikbud, tadi malam.

...dst

6 ) Kemendikbud: UI Punya Waktu 60 Hari untuk Selesaikan Laporan Keuangan

Sabtu, 21/01/2012 02:43 WIB
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menilai Universitas Indonesia (UI) masih bisa menyelesaikan laporan keuangannya terkait hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). UI masih diberi waktu selama 60 hari untuk meyelesaikan laporan keuangan."Jadi, setelah BPK melaporkan, itu diberikan kesempatan 60 hari kepada UI untuk menyelesaikan laporan keuangan yang seandainya belum ada," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Musliar Kasim, saat dihubungi detikcom, Jumat (20/01/2011). Menurut Musliar, temuan yang baru bersifat potensi itu bisa saja didapat dalam hal administrasi. Dicontohkannya, ketika universitas memberikan dana Rp 1 miliar kepada dosen yang melakukan penelitian. "Namun ketika penelitian belum selesai, ada audit BPK. Itu ada temuan Rp 1 M," lanjut Musliar.

...dst

7 ) Guru Besar UI Nyatakan Keprihatinan

Sabtu, 21 Januari 2012 | 10:25 WIB
JAKARTA,   —  Guru besar perempuan Universitas Indonesia yang tergabung dalam Perempuan Lintas Fakultas untuk Reformasi UI (Pelita UI), menyampaikan keprihatinan atas laporan audit BPK terhadap UI. Pelita UI meminta agar laporan audit BPK segera ditindaklanjuti secara serius, dan dilanjutkan hingga tuntas. Guru besar perempuan UI memandang masalah otonomi serta tata kelola (good governance) dan pengawasan (check and balances) merupakan soal penting di perguruan tinggi. "Kami sangat berharap Majelis Wali Amanat menjalankan tugas pengawasan tersebut kepada Rektor dengan sebaik-baiknya," kata Prof Dr Sulistyowati Irianto dalam siaran persnya, Sabtu (21/1/2012), di Jakarta.

...dst

8 ) UI Belum Mau Tanggapi Hasil Audit BPK

Jumat, 20 Januari 2012 | 11:52 WIB
JAKARTA,  - Juru Bicara Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai temuan dan hasil audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengelolaan universitas. Temuan BPK menunjukkan adanya potensi kerugian negara senilai Rp 45 miliar dalam pengelolaan Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat. Namun, Devie menyangkal temuan BPK yang menyatakan ada dugaan penyelewengan terkait serah tanah milik UI (Asrama PGT) di Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat, dengan PT NLL, yang dilakukan tanpa persetujuan Kementerian Keuangan (Kemkeu). Ia mengatakan, UI akan meminta laporan BPK tersebut dan akan memberikan penjelasan terkait temuan itu. 

...dst

9 ) BPK Serahkan Hasil Audit Dana Pendidikan
Dugaan Penyimpangan Terjadi Hampir di Semua PTN

20 Januari 2011
Jakarta,  - Badan Pemeriksa Keuangan menyerahkan laporan audit anggaran pendidikan kepada DPR di Jakarta, Kamis (19/1). Dalam laporan audit BPK, ditemukan dugaan penyimpangan dana pendidikan yang dikelola hampir di semua perguruan tinggi negeri, termasuk Universitas Indonesia. Laporan audit keuangan bidang pendidikan itu diserahkan auditor VI BPK, Rizal Djalil, kepada Wakil Ketua DPR Bidang Kesejahteraan Rakyat Taufik Kurniawan. Dari hasil audit BPK, potensi kerugian negara dari penggunaan dana di perguruan tinggi negeri (PTN) itu antara lain akibat perjanjian kerja sama soal aset negara serta pengadaan alat-alat kesehatan dan pendidikan. "Hasil audit BPK memang sangat mengejutkan, hampir terjadi di semua PTN. Nanti setelah dipelajari dan didalami, hasilnya kami bawa dalam rapat pimpinan dan juga mitra kerja di komisi- komisi terkait," kata Taufik. Menurut dia, DPR telah meminta BPK untuk menindaklanjuti temuan penyimpangan kepada penegak hukum, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Temuan dari auditor negara ini akan kami perhatikan betul," kata Taufik.

...dst

10 ) Ilmuwan dan Pengusaha Dunia Tukar Ide di Bandung

Jum'at, 20 Januari 2012 14:24 wib
BANDUNG - Indonesia menjadi penyelenggara Triple Helix International (THI) Conference ke-10. Konferensi ini akan menjadi wadah pertukaran ide antara akademisi, investor, entrepreneur, dan pemerintah. Koordinator pelaksana konferensi Eko Agus Prasetio menyebutkan, Indonesia berhasil melewati tahap seleksi yang ketat sejak mengajukan diri sebagai penyelenggara konferensi di Triple Helix ke-7 di Glasgow, 2007 lalu. Rencananya agenda ini akan dihelat 8-10 Agustus 2012 di Grand Royal Panghegar Hotel, Bandung. "Untuk konferensi seri ke-10, Indonesia berhasil menyisihkan negara lain yang ingin menjadi penyelenggara," kata Eko melalui keterangan tertulis yang diterima okezone, Jumat (20/1/2012).

...dst

11 ) Kejurnas Karate Mahasiswa 2012-Diikuti Ratusan Karateka dari 122 Perguruan Tinggi

Saturday, 21 January 2012
BANDUNG – Sebanyak 553 karateka dari 122 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia ambil bagian pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Mahasiswa Bakrie Cup 2012 yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB mulai Jumat (20/1) hingga Minggu (22/1). Aburizal Bakrie, sesaat sebelum berlangsung pembukaan mengatakan, penyelenggaraan Kejurnas tercetus melalui ide-ide mantan karateka untuk membuat satu eventdalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Perusahaan Bakrie yang ke-70. "Ini merupakan momen yang tepat untuk mengisinya dengan kegiatan olahraga,khususnya karate. Sebab,dengan olahraga akan membuka jiwa yang sportif," ucap pengusaha yang akrab disapa Bang Ical ini saat acara pembukaan kejuaraan di Sabuga,kemarin. 

...dst

12 ) Tarik Minat Mahasiswa S-2, ITS Ciptakan BeasiswaFast Track Lokal

Sabtu, 21 Januari 2012 10:13 wib
JAKARTA - Perbandingan yang begitu signifikan terhadap jumlah mahasiswa program sarjana dan pascasarjana, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan beberapa program yang dapat menarik perhatian mahasiswa. Salah satunya adalah program beasiswa fast track. Pembantu Rektor 1 ITS Herman Sasongko mengungkapkan, program beasiswa fast track memang ditujukan untuk mendukung program pascasarjana di ITS. Pasalnya, mahasiswa jumlah mahasiswa S-2 tidak mencapai 10 persen dari total mahasiswa S-1 yang berjumlah 17 ribu."Keadaan ini masih jauh tertinggal bila dibandingkan dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Apalagi saat ini tenaga kerja dan industri belum terintegrasi, maka banyak orang belum yakin mau melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi," kata Herman seperti dilansir dari ITS online, Sabtu (21/1/2012).

...dst

13 ) ITB Siap Dampingi Karya Inovatif SMK

Jum'at, 20 Januari 2012 09:42 wib
BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) diminta oleh Direktorat Jenderal (Ditjen)  Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendampingi pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam pengembangan karya inovatif selanjutnya. Menurut Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni ITB Hasanuddin Z Abidin, keterlibatan ITB menjadi bentuk dukungan terhadap inovasi yang dihasilkan para siswa. "Pendampingan dilakukan dalam skala nasional. Secara khusus akan ditangani oleh teknik mesin dan dirgantara. Saat ini sudah terbentuk tim. Ini sudah bagus, jadi momentumnya jangan sampai hilang. Untuk itu harus terus didorong," ujarnya di Gedung Rapim A ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, kemarin. 

...dst

14 ) Unhas-BNN Kerjasama Tangani Pecandu Narkoba

Jumat, 20 Januari 2012 | 18:41 WIB
MAKASSAR,  - Universitas Hasanuddin Makassar bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional membangun pusat pascarehabilitasi pecandu narkoba di Hutan Pendidikan Unhas. "Hutan pendidikan yang lokasinya 110 meter diatas permukaan laut itu, dicapai sekitar dua jam perjalanan darat dari Kota Makassar," kata Wakil Rektor Unhas Bidang Perencanan, Pengembangan dan Kerja Sama Prof Dr Dwiah Ariestina di Makassar, Jumat (20/1/2012).

...dst

15 ) Hutan Kampus Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

JUM'AT, 20 JANUARI 2012 | 13:57 WIB
 Makassar - Universitas Hasanuddin dan Badan Narkotika Nasional akan mendirikan fasilitas penyembuhan pecandu narkoba pascarehabilitasi. Rencananya hutan pendidikan milik Unhas di wilayah Bengo-Bengo, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, akan disulap menjadi lokasi penyembuhan pengguna obat-obatan terlarang. "Jadi, lahan seluas 1.300 hektare itu akan digunakan untuk penyembuhan pasien narkoba yang sudah menjalani rehabilitasi," kata Wakil Rektor IV Unhas, Dwia Aries Tina, usai kegiatan kunjungan kerja solidaritas istri kabinet Indonesia bersatu dan Badan Narkotika Nasional di Gedung Rektorat Unhas, Jumat, 20 Januari 2012.

...dst

16 ) Unhas Kembangkan Pakan Sapi dari Limbah

Jum'at, 20 Januari 2012 12:01 wib
JAKARTA - Berbagai limbah diolah Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, untuk menjadi pakan sapi bergizi tinggi. Teknologi pakan ternak berbasis limbah lokal tersebut diberi nama Urea Molases Multi Nutrian Blok (UMMB).Ketua Tim UMMB Fakultas Peternakan Unhas Prof Latif Toleng menjelaskan, berbagai jenis limbah dicampur dedak dan tetes tebu, kemudian dipadatkan. "Formula ini akan merangsang kerja ruman (pencernaan) sapi sehingga lebih efektif," kata Latif seperti disitat dari situs Unhas, Jumat (20/1/2012). 

...dst

17 ) Tahun Depan, UNS Tutup Program Transfer D3-S1

20 Januari 2012 | 08:22 wib
SOLO, suaramerdeka.com - Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) berencana menutup Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) program transfer dari D3 ke jenjang S1. Penutupan ini akan direalisasikan pada tahun depan, sementara pada tahun ini masih dibuka.Pembantu Rektor I UNS, Prof Sutarno, mengatakan alasan penutupan adalah kurangnya kesesuaian pendidikan yang diterapkan di jenjang D3 dan S1. "D3 itu mempelajari vokasi dan S1 mempelajari secara keilmuan. Rencananya tahun depan sudah tidak dibuka lagi," kata Sutarno.Untuk mahasiswa lulusan D3 yang akan melanjutkan studinya bisa mengambil D4 yang dianggap sesuai dengan pembelajaran di jenjang sebelumnya. Universitas yang berdiri pada tahun 1976 ini, saat ini baru memiliki dua program studi D4 yakni Kesehatan Kerja dan Kebidanan. 

...dst

18 ) Program SM3T
Menjadikan Pendidikan Senjata Melawan Kemiskinan

Sabtu, 21 Januari 2012 03:42 WIB    
JAKARTA- : Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) menjadi sarana pengabdian para guru di daerah guna memajukan pendidikan anak bangsa menjadi lebih baik. Itu pula yang menjadi pilihan Konstantin Mandagi, 26. Konstantin, Sarjana Universitas Negeri Gorontalo mengajar di SMP St Stanislaus Borong, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Semangat mengabdi di  SM3T karena terinspirasi  orang tuanya, seorang petani dan penjual pisang goreng. "Saya  berjuang keras meraih  sarjana dan menjadi guru untuk memberi semangat siswa untuk tidak berkecil hati dengan kesusahan dan menjadikan pendidikan sebagai senjata melawan kemiskinan," kata Konstantin saat dihubungi, Jumat (20/1). 

...dst

19 ) FH Undip Dirikan Ikatan Alumni

Sabtu, 21 Januari 2012 13:01 wib
JAKARTA - Alumni mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang pengembangan dan kemajuan peruruan tinggi. Keberadaan ikatan alumni di sebuah universitas akan sangat membantu dalam capaian prestasi terbaik. Hal tersebut dikemukan oleh Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Yos Yohan Utama saat membuka Penghijauan dan Persemian Kantin Payung serta Jalan  Sehat Alumni FH Undip, di Tembalang, Sabtu (21/1/2012).  "Saat ini FH Undip sudah mencapai prestasi terbaik tingkat dunia dengan banyaknya kerja sama internasional yang terjalin dari Amerika hingga Australia," ujar Yos seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Sabtu (21/1/2012).

...dst

20 ) FK Swasta Perlu Didik Spesialis
Pendidikan Dokter Masih Berbasis Universitas

Kamis, 19 Januari 2012
Jakarta,  - Jika proses pendidikan dokter spesialis masih bertumpu pada fakultas kedokteran universitas negeri seperti saat ini, kebutuhan dokter spesialis sulit tercukupi. Sampai saat ini, banyak rumah sakit di daerah tidak memiliki dokter spesialis dasar dan dokter anestesi. Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran, Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Wawang S Sukarya, Rabu (18/1), mengatakan, saat ini hanya 14 fakultas kedokteran negeri yang menyelenggarakan pendidikan dokter spesialis. Padahal, ada 31 fakultas kedokteran negeri dan 41 fakultas kedokteran swasta. Sepuluh dari 14 fakultas penyelenggara pendidikan dokter spesialis ada di Jawa. Sisanya, 2 fakultas di Sumatera, 1 fakultas di Sulawesi, dan 1 fakultas di Bali.

...dst

21 ) MB UNY Raih Peringkat 5 di GPMB 2011

Sabtu, 21 Januari 2012 11:43 wib
JAKARTA - Marching Band (MB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) MB Citra Derap Bahana menyandang predikat The Most Promising Performance dalam ajang kejuaraan Grand Prix Marching Band (GPMB) 2011. Ketua Marching Band Caraka Dwija Bahana (MB CDB) UNY 2011 Niko Bimo Sulistyo mengatakan, untuk penampilan tersebut mereka mengusung tema The Love Story of Titanic. "Setelah menentukan tema, kami pun mempersiapkan para anggota. Program latihan regular dimulai sejak Maret hingga Desember 2011 sebelum berangkat ke Jakarta," kata Niko seperti disitat dari laman UNY, Sabtu (21/1/2012).

...dst

22 ) Indonesia Rebut 3 Emas di Kompetisi Fisika

Sabtu, 21 Januari 2012 09:24 WIB    
JAKARTA- Indonesia berhasil merebut tiga emas di cabang Fisika, tiga perak di cabang matematika dan satu emas dari cabang matematika dalam International Zhautikov Competition Kazakhtan yang digelar antara 15 dan 21  Januari. Menurut Yohanes Surya dalam pesan pendek yang diterima mediaindonesia.com, prestasi itu merupakan peningkatan dari raihan tahun lalu di salah satu kompetisi fisika dan matematika paling bergengsi di dunia itu. Tahun lalu, Indonesia hanya berhasil meraih satu perak dan empat perunggu. (OL-12) 

...dst

23 ) Tak Lulus S1, Guru Dimutasi Jadi Tenaga TU
Paling lambat tahun 2014 kebijakan itu akan dilaksanakan.

20 Januari 2012 | 16:55 wib
PURWOREJO, suaramerdeka.com - Para PNS guru yang pengangkatannya dari Kementerian Agama (Kemenag) diharuskan lulus pendidikan strata 1. Pasalnya, jika tidak lulus sarjana maka Kemenag pusat akan mengambil kebijakan memutasi guru tersebut menjadi tenaga administrasi, baik tata usaha (TU) sekolah atau Kantor Urusan Agama (KUA)."Paling lambat tahun 2014 kebijakan itu akan dilaksanakan. Makanya untuk guru-guru Kemenag yang belum S1 agar segera mengambil S1 jika tidak ingin dimutasi menjadi tenaga administrasi," ujar Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Jawa Tengah Drs H Suroso MPd I di sela-sela kegiatan pembinaan PNS jajaran Kemenag di pendapa rumah dinas bupati, hari ini (20/1).

...dst

24 ) Guru SD Dipaksa Bergelar Sarjana Hasilnya Kurang Bagus, Kok Bisa?

Sabtu, 21 Januari 2012 08:54 WIB
BANJARMASIN -- Seorang pengamat pendidikan, Prof Norsanie Darlan menilai kurang bagus hasilnya apabila guru sekolah dasar dipaksa agar memiliki gelar sarjana atau disarjanakan. "Sebab, para guru SD yang biasanya lulusan Pendidikan Guru Agama (PGA), Sekolah Pendidikan Guru (SPG), dan Sekolah Guru Olahraga (SGO) itu, kebanyakan sudah berumur tua," kata Norsanie, guru besar Universitas Palangkaraya (Unpar) itu, Sabtu. Dalam pandangan guru besar Pendidikan Luar Sekolah Unpar tersebut, memaksa guru SD agar bergelar sarjana terkesan lucu. Ia menilai para guru itu sepertinya dipaksa untuk bergelar sarjana, meski berbagai keringanan diberikan pemerintah, yang tujuannya tidak lain karena melihat negeri orang, dimana para guru semuanya sudah sarjana.

...dst

25 ) PGRI Tidak Menolak Uji Kompetensi

19 Januari 2012 | 23:50 wib
SEMARANG, suaramerdeka.com - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tidak pernah menolak uji kompetensi atau bahkan meminta proses sertifikasi dihapus. Justru PGRI menuntut agar pemerintah melaksanakan regulasi tentang sertifikasi sehingga pada 2015 seluruh pendidik sudah mendapat sertifikat profesi. Hal itu disampaikan Sekretaris PGRI Jawa Tengah Muhdi SH MH, Kamis (19/1). Dia mengatakan, dalam undang-undang dan peraturan pemerintah sudah jelas menyatakan bahwa guru yang sudah memenuhi syarat berhak mengikuti sertifikasi baik melalui jalur portofolio ataupun pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Akan tetapi, bagi yang tidak lulus portofolio bisa langsung mengikuti PLPG.

...dst

26 ) Wamendikbud: pendidikan karakter terkendala pemahaman guru

Jumat, 20 Januari 2012 21:17 WIB
Padang  - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim menyatakan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah masih terkendala guru yang belum memahami bagaimana mengintegrasikannya dalam mata pelajaran. "Pertanyaan yang sering mengemuka adalah bagaimana penerapannya dalam bidang studi, padahal tidak akan ada mata pelajaran khusus mengenai hal itu, karena yang lebih ditekankan adalah bagaimana guru memberikan keteladanan kepada siswa," kata dia di Padang, Jumat. Musliar mengemukakan hal itu saat tampil sebagai pembicara dalam diskusi pendidikan dengan tema peran pendidikan dalam pembangunan karakter bangsa di Auditorium Gubernur Sumatera Barat.

...dst

27 ) Ayah dan Anak Gadisnya Curi Puluhan Laptop Mahasiswa di Depok

Jumat, 20/01/2012 20:27 WIB
Depok - Polah sang ayah yang satu ini sungguh membuat hati kita miris. Bukannya mengajarkan hal yang baik kepada anaknya, malah dijadikan rekan untuk mencuri. ED (50) mengajak putrinya IAS (22) mencuri puluhan laptop di kosan mahasiswa di kosan di kawasaqn Beji, Kota Depok. Menurut pengakuan IAS selama satu tahun beroperasi ia dan bapaknya ini sudah mencuri 26 buah laptop."Orang tua yang satu ini jangan sampai ditiru, bukannya mengajarkan yang baik-baik kepada anaknya, malah mengajak sebagai kaki-tangan dalam mencuri. Anaknya tertangkap sedangkan ED melarikan diri," terang Wakapolresta Depok AKB Pol AM Kamal di Mapolresta Depok, Jalan Margonda Raya, sektor III, dalam keterangan pers, Jumat, (20/1/2012).

...dst

28 ) Honor Fiktif PNS Harus Diakhiri

Sabtu, 21 Januari 2012 , 00:15:00
BANTEN--Reformasi birokrasi bukan semata persoalan tunjangan kinerja alias remunerasi. Menpan-RB Azwar Abubakar menjelaskan, reformasi birokrasi adalah upaya peningkatan kinerja. Dengan remunerasi diharapkan para PNS tak lagi menguber sumber-sumber penghasilan yang haram. "Pemberian tunjangan kinerja dalam reformasi birokrasi harus diimbangi langkah serius jajaran birokrasi untuk membersihkan diri dari berbagai upaya mendapatkan penghasilan dengan mengakali keuangan negara," kata Menpan-RB Azwar Abubakar di sela-sela kunjungan kerja Provinsi Banten, Jumat (20/1).

...dst

29 ) Penerimaan CPNS Hanya 40 Persen dari Jumlah Pensiun

Kamis, 19 Januari 2012 , 23:33:00
JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mendukung  penggunaan Computer Assissted Test (CAT) dan Assessment Centre. CAT digunakan untuk seleksi CPNS, sedangkan assessment centre buat promosi jabatan. "Kedua metode tersebut merupakan bagian dari sembilan program percepatan reformasi birokrasi khususnya dalam penerimaan CPNS dan Promosi PNS secara terbuka," kata Azwar di Jakarta, Kamis (19/1). Terkait pelaksanaan efisiensi penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana kerja pegawai, menurut politisi PAN ini, berbagai langkah telah dilakukan. Di antaranya pemangkasan jabatan struktural  Eselon III, IV dan V pada unsur pelaksana penunjang serta evaluasi Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK).

...dst

30 ) Siswa seberangi jembatan rusak jadi berita internasional

Jumat, 20 Januari 2012 12:45 WIB
Jakarta  - Foto berita siswa-siswi yang meniti titian jembatan gantung rusak  di Lebak, Banten, menjadi berita internasional. Mailonline, situs web dari Inggris memuat foto-foto kantor berita Reuters dan AP tanggal 19 Januari dengan gambar  sekumpulan siswa-siswi  berpegangan ke tali jembatan rusak saat menyeberangi sungai Ciberang. Mereka melakukan hal itu setiap hari untuk berangkat dan pulang sekolah. Jembatan gantung itu nyaris hanyut saat banjir melanda pada pekan lalu.

...dst

31 ) Jangan Ada Lagi Aksi ala 'Indiana Jones' Anak-anak SD untuk Bersekolah

Sabtu, 21/01/2012 10:42 WIB
Jakarta - Foto Sofiah, siswi SD di Lebak, Banten tengah meniti jembatan rusak untuk bersekolah mendunia. Media Inggris Daily Miror menjulukinya aksi seperti film ala 'Indiana Jones'. Tak pelak foto yang mengiris hati itu pun menjadi pembicaraan. Nah, berkaca dari peristiwa itu, pemerintah daerah dan pusat harus bergerak. Jangan ada lagi anak-anak SD lainnya di seluruh Indonesia mesti melakukan atraksi 'Indiana Jones'

...dst


Tidak ada komentar: