Cari Blog Ini

Kamis, Januari 26, 2012

Siapkan Rp 170 Triliun untuk Bank Infrastruktur

1 ) Seleksi PNS Akan Gandeng PTN  

Thursday, 26 January 2012
JAKARTA– Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) akan menggandeng perguruan tinggi negeri (PTN) dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (PNS). Menpan dan RB Azwar Abubakar mengatakan,rekrutmen calonPNSmerupakansalahsatu pintu masuk penting dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Pihaknya akan memperketat proses perekrutan mulai saat pendaftaran hingga penentuan kelulusan.Pasalnya, persoalan transparansi selama ini menjadi masalah yang banyak dikeluhkan masyarakat. "Ada sinyalemen bahwa rekrutmen calon PNS di daerah dijadikan ATM oleh pejabat, dan sering dijadikan alat dalam kampanye pilkada," katanya di gedung Kemenpan dan RB kemarin. Lebih lanjut Azwar mengungkapkan, ke depannya pemerintah akan melibatkan PTN dalam proses perekrutannya. Menurut dia,PTN yang dipilih juga harus atas dasar rekomendasi dari menteri pendidikan dan kebudayaan. Nantinya, PTN yang akan ikut menyeleksi tergabung dalam suatu konsorsium. Berdasarkan rekomendasi mendikbud, hanya ada beberapa PTN yang dinilai mampu untuk melaksanakan seleksi aparatur negara di daerah secara objektif, transparan,dan akuntabel. 

...dst

2 ) SPP Tunggal Berlaku 2013
Belum Ada Jaminan Biaya Kuliah Murah

Kamis, 26 Januari 2012, 06:06:00
JAKARTA - Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenbdikbud) untuk membuat SPP Tunggal terus dimatangkan. Diperkirakan, aturan ini baru rampung pertengahan tahun ini, dan diterapkan 2013 nanti. Sayangnya, belum ada jaminan biaya kuliah bakal murah setelah ada SPP tunggal ini. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, SPP Tunggal ini pada prinsipnya bukan menyamaratakan besaran biaya kuliah di seluruh perguruan tinggi negeri (PTN). "SPP Tunggal itu maksudnya, SPP-nya satu. Mahasiswa dalam setahun cukup bayar satu kali saja," tandasnya. Kondisi yang terjadi saat ini adalah, mahasiswa banyak sekali mengelungarkan duit. Selain uang rutin SPP, ada berbagai pungutan lagi. Seperti uang buku, uang laboratorium, uang perpusatakaan, uang ujian, uang tabungan bimbingan skripsi, dan lain-lain. Dengan SPP tunggal ini, Djoko berharap kampus menghitung dimua pengeluaran universitas. Kemduian, dari hitung-hitungan ini dipisah lagi antara kewajiban pemerintah dengan kewajiban masyarakat atau mahasiswa. Setelah ketemua berapa besar tanggungan masyarakat atau mahasiswa, lalu dibagi ke seluruh mahasiswa yang ada di kampus tertentu.

...dst

3 ) Digodok, Aturan Batasi Biaya Pendidikan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2012 , 19:30:00
JAKARTA -- Tingginya biaya masuk Perguruan Tinggi (PT) menjadi perhatian Anggota Komisi X DPR, Zulfadhli. Ia menegaskan, saat ini Komisi X DPR tengah membahas Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti). Menurut dia, di dalam RUU itu ada pasal yang mengatur standar biaya pendidikan tinggi."Itulah mendesak UU Pendidikan Tinggi yang sekarang sedang dibahas Komisi X. Ada pasal yang mengatur standar biaya pendidikan tinggi yang menjadi pedoman bagi PT dalam menentukan biaya kuliah," kata Zulfadhli, kepada JPNN, Rabu (25/1), di Jakarta. Seperti diberitakan, para calon mahasiswa baru harus merogoh kocek dalam-dalam setiap mendaftar ke kampus idamannya. Sebab, hingga saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum memiliki aturan baku untuk penetapan biaya kuliah. Penetapan besaran biaya kuliah diberikan seluas-luasnya kepada kampus.  

...dst

4 ) Sekolah Harus Masuk Basis Data SNMPTN

Rabu, 25 Januari 2012 | 18:49 WIB
JAKARTA,  — Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan terbuka bagi siswa dari SMA/SMK/MA/MAK di seluruh Indonesia. Namun, harus dipastikan sekolah tersebut masuk dalam daftar sekolah yang diunggah dalam laman resmi SNMPTN tahun 2012. Sekolah-sekolah yang masuk dalam daftar sesuai data tahun lalu. Jika ada sekolah yang belum masuk ke dalam data dan berminat mengikuti SNMPTN undangan, bisa segera mengirimkan permohonan, kata Akhmaloka, Ketua Umum  SNMPTN yang dihubungi dari Jakarta, Rabu (26/1). Pendaftaran SNMPTN undangan dibuka pada 1 Februari-8 Maret. Sebanyak 61 PTN  tergabung dalam SNMPTN tahun ini. Menurut Akhmaloka, yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), sekolah yang belum terdaftar di laman www.snmptn.ac.id bisa segera mengajukan permohonan untuk bisa didata. Sebab, dalam SNMPTN jalur undangan ini sekolah yang harus merekomendasikan siswa untuk ikut SNMPTN bebas tes ini.  

...dst

5 ) Jalur Undangan Segera Dibuka
Kuota di Sekolah yang Belum Terakreditasi Dibatasi Lima Persen

26 Januari 2011
Jakarta,   - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri jalur undangan tahun 2012 dibuka 1 Februari. Program itu hanya bisa diikuti siswa dari sekolah dalam basis data panitia. Sekolah yang belum masuk daftar bisa mengikutsertakan siswa dengan mengajukan permohonan secepatnya. "Sekolah-sekolah yang masuk daftar sesuai data tahun lalu. Jika ada sekolah yang belum masuk data dan berminat ikut SNMPTN undangan, bisa segera mengirimkan permohonan. Seleksi terbuka untuk semua sekolah yang memenuhi syarat," kata Akhmaloka, Ketua Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang dihubungi dari Jakarta, Rabu (25/1). Pendaftaran SNMPTN undangan dibuka 1 Februari sampai dengan 8 Maret. Ada 61 PTN yang tergabung dalam SNMPTN tahun ini. Sampai berita ini diturunkan, masih ada daya tampung beberapa PTN yang belum masuk. Sekolah menengah, mulai dari SMA, SMK, MA, hingga MA kejuruan, yang masuk daftar undangan sudah diunggah di laman resmi panitia SNMPTN http://www.snmptn.ac.id Sekolah yang terdaftar saja yang bisa merekomendasikan siswanya ikut SNMPTN jalur undangan lewat laman http://undangan.snmptn.ac.id

...dst

6 ) Kuota SNMPTN Sekolah Terakreditasi B dan C Naik

Rabu, 25 Januari 2012 15:20 WIB
 YOGYAKARTA - Kuota masuk bagi siswa SMA/SMK di sekolah yang sudah terakreditasi B dam C pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan pada tahun ini naik. Pada SNMPTN 2011 lalu kuota bagi sekolah terakreditasi B hanya 25 persen dan akreditasi C sebanyak 10 persen. Tapi pada SNMPTN tahun ini kuotanya naik menjadi 30 persen untuk sekolah terakreditasi B dan 15 persen untuk sekolah yang terakreditasi C. Menurut, Direktur Administrasi Akademik (DAA) UGM, Budi Prasetyo, kebijakan itu diambil karena tidak ada lagi kuota bagi bagi sekolah berstandar internasional (RSBI) dan sekolah akselerasi. Kuota bagi sekolah tersebut dilakukan berdasarkan standar akreditasi bukan atas dasar RSBI atau akselerasi.

...dst

7 ) Unand Tahun Ini Terima 4.940 Mahasiswa Baru

Rabu, 25 Januari 2012 | 21:02 WIB
PADANG,   - Universitas Andalas (Unand) Padang tahun ini akan menerima 4.940 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), undangan dan ujian mandiri. "Untuk penerimaan melalui jalur SNMPTN akan diterima 3.211 mahasiswa atau 65 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru," kata Pembantu Rektor I Unand Febrin Anas Ismail di Padang, Rabu (25/1/2012). Selain itu, untuk penerimaan melalui jalur undangan dan mandiri tahun Unand akan menerima 1.729 mahasiswa baru. "Calon mahasiswa baru akan diterima di 11 fakultas dan 39 jurusan yang ada saat ini," katanya.

...dst

8 ) Pembangunan ITK Telan Biaya Rp2,8 T

Rabu, 25 Januari 2012 19:58 wib
BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) telah menerima hasil kajian studi kelayakan (FS) dari tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang mempersiapkan kelahiran Institut Tekonologi Kalimantan (ITK). Hasil kajian FS itu diserahkan dari Tim ITS dipimpin Sulistiono kepada Wakil Wali Kota Heru Bambang didampingi Kepala Bappeda Suryanto.Tim Persiapan Pendirian ITK (TPP-ITK) telah merampungkan studi awal pembangunan institut negeri sehingga realisasi pembangunan fisik gedung bisa mulai dilakukan pada pertengahan 2012. Suryanto mengungkapkan, pembangunan ITK diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp2,8 triliun. "Itu total kalau kita bangun semua 200 hektare (ha). Untuk tahap awal, dananya Rp50 miliar. Pemerintah pusat yang akan membiayai pembangunan fisik ITK ini," ungkap Suryanto, Rabu (25/1/2012).

...dst

9 ) Irman janji bantu pendirian Institut Teknologi Sumatera di Lampung

Kamis, 26 Januari 2012 06:09 WIB
Bandarlampung  - Ketua DPD RI Irman Gusman berjanji akan membantu Pemerintah Provinsi Lampung untuk merealisasikan rencana pembangunan Institut Teknologi Sumatera di Provinsi Lampung. "Rencana Pemerintah Provinsi Lampung akan membangun perguruan tinggi berbasis teknlogi merupakan langkah baik karena misinya untuk mencerdaskan bangsa," kata Irman Gusman pada jamuan makan malam dan ramah temah bersama Gubernur dan Muspida Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Rabu (25/1) malam. Hadi pada kegiatan tersebut, Wakl Gubernur Lampung Joko Umar Said dan perwakilan Muspida Provinsi Lampung. Sedangkan Ketua DPD RI Irman Gusman didampingi Sekretaris Jenderal DPD RI Siti Nurbaya Bakar serta sejumlah anggota DPD RI. Menurut dia, Pemerintah Provinsi Lampung dan tokoh masyarakat setempat harus penuh semangat memperjuangkan berdirinya Institut Teknologi Sumatera di Provinsi Lampung.

...dst

10 ) UI, Kelas Dunia dan Bayang-bayang Elegan

26 Januari 2012
Wajah Universitas Indonesia menuju kelas dunia mulai diwujudkan. Pembangunan infrastruktur kampus dengan fasilitas tak biasa begitu gencar dibangun di kampus UI Depok seluas 320 hektar. Perpustakaan pusat UI The Crystal of Knowledge seluas 33.000 meter persegi dikunjungi ribuan orang per hari. Perpustakaan dengan koleksi sekitar dua juta buku dari kapasitas enam juta buku itu menjadi "magnet" baru. Seribu komputer layar lebar siap digunakan mengakses informasi dan buku digital. Ada pula restoran waralaba asing, studio musik, ruangan bioskop, ruang rapat, ruangan latihan kebugaran, serta ruangan dansa dan yoga ada di perpustakaan itu. Bangunan-bangunan baru bakal bermunculan dengan desain modern dan berkonsep "hijau". Pusat seni dan budaya dirancang menyerupai Sydney Opera House Australia yang bersanding dengan danau. UI berencana membuka fakultas seni dan desain. Kelak, di kampus ini juga bakal hadir rumah sakit pendidikan kelas dunia. Bulevar 800 meter dan lebar 55 meter dibangun di muka gedung rektorat. Asrama mahasiswa internasional berkapasitas 2.400 kamar siap dibangun. Fasilitas olahraga pun akan dibangun, di antaranya kolam renang standar olimpiade dan lapangan golf. Fasilitas itu diyakini kebutuhan nyata. Bukan mengada-ada. Perubahan nyata juga ada pada gaji dosen. Kenaikan gaji berkali-kali lipat untuk membuat betah pengajar dan fokus pada pengajaran dan penelitian.

...dst

11 ) Dikti Rancang Pendirian D-3 Seni di Bali

Rabu, 25 Januari 2012 | 12:16 WIB
DENPASAR,   - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merancang pendirian program D-3 Seni di Bali dengan mendorong Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar untuk bekerja sama dengan sanggar-sanggar kesenian. "Kami mendapatkan kepercayaan dan kewenangan dari Dikti melalui kerja sama dengan sanggar-sanggar seni untuk mencetak ahli madya di bidang seni," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai, Rabu (25/1/2012). Menurut dia, ketentuan akademis yang sedang dirancang itu diharapkan segera dapat dirampungkan. Lembaga pendidikan tinggi seni di Indonesia yang mendapat kepercayaan dan kewenangan dalam menjalin kerja sama dengan sanggar itu, tentu akan menekankan sanggar yang telah mampu mencetak lulusan terbaiknya.

...dst

12 ) Fakultas Biologi UGM Rintis Botanical Garden

Rabu, 25 Januari 2012 | 21:13 WIB
YOGYAKARTA,  - Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merintis berdirinya "botanical garden" atau kebun raya mini di Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian universitas itu. "Botanical garden itu akan menjadi semacam tempat wisata pendidikan untuk anak taman kanak-kanak (TK) hingga mahasiswa," kata Koordinator Program Indonesia Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (I-MHERE) Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Endang Semiarti di Yogyakarta, Rabu (25/1/2012).

...dst

13 ) Pemerintah Diminta Serius Menyikapi Temuan Ratusan Ijazah Palsu

Rabu, 25/01/2012 - 15:50
BOGOR,  - Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini meminta kepada pemerintah agar menyikapi secara serius temuan ratusan ijazah palsu yang digunakan oleh oknum guru untuk mendaftar sertifikasi. Terlebih, pihak juga menemukan sejumlah ijazah palsu Unpak digunakan untuk mendaftar CPNS di beberapa daerah. "Selain pendidikan hancur karena gurunya berbuat curang dan siswa dididik oleh orang yang tidak pantas menjadi pendidik, negara juga bisa hancur karena kami ada temuan sejumlah ijazah palsu pun dipakai untuk jadi PNS di daerah lain," kata Bibin, Rabu (25/1) sambil menunjukkan sebuah ijazah palsu yang digunakan seorang pria yang saat ini menjadi PNS di luar Jawa. Terkait dengan ijazah palsu para oknum guru yang ikut sertifikasi, pihaknya akan tengah berkoordinasi dengan sejumlah perguruan tinggi lain yang juga sebagai penyelenggara sertifikasi seperti Universitas Pasundan, Universitas Siliwangi, dan Universitas Pendidikan Indonesia untuk menghentikan proses sertifikasi sejumlah guru yang terdeteksi menggunakan ijazah palsu untuk sertifikasi guru.

...dst

14 ) DOSEN FTP UGM PRIYANTO TRIWITONO CIPTAKAN ALAT CETAK RENGGINANG - Jumlah Produksi Lebih Banyak Diban  

Thursday, 26 January 2012
Rengginang banyak disukai masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa.Tak heran, panganan ringan ini dijadikan sebagai sandaran hidup oleh banyak orang. Sayang, prosesnya yang masih tradisional membuat jumlah produksi masih terbatas. Terpanggil akan kondisi ini,dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Priyanto Triwitono berhasil menciptakan alat pembuat rengginang.Selain dapat memproduksi lebih banyak dibandingkan cara manual, alat ini juga tidak memerlukan sumber energi seperti listrik atau bahan bakar lainnya. Alat ini terdiri atas bodi atau kerangka yang terbuat dari besi cor,tiang dari besi as, kayu penekan,handle,meja dudukan,dan papan kayu pencetak berisi potongan paralon. Prinsip kerjanya seperti cara kerja penutup botol. Proses pembuatan rengginang hanya dengan meletakkan bahan pembuat rengginang, yaitu beras ketan yang telah dikukus di papan pencetak.  

...dst

15 ) Mahasiswa Pengusaha Raih Juara Wirausaha Mandiri

Rabu, 25/01/2012 - 12:19 
YOGYAKARTA, -Kuliah dan wiraswasta bisa saling menunjang seperti dijalankan oleh Fauzan Rachmansyah. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu, membuka gerai minuman susu dan menyekolahkan para karyawannya. Dia mengibarkan bendera usaha PT Kalimilk-PT Farbis Indonesia. Kalimilk merupakan akronim Kaliurang Mlik, menyesuaikan lokasi usahanya di bawah bukit Kaliurang. "Susu yang kami jual juga berasal dari warga di sekitar Kaliurang antara lain Pakem, Wonorejo dan Cangkringan. Kami jadikan mereka semacam petani binaan," ujar dia, Rabu (25/1). Dia mengaku tak menyangka bisa meraih juara utama karena terdapat 3.751 peserta dari 385 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Ketika masuk penyisihan yang diikuti 69 peserta, dirasakan sudah cukup. Namun, juri memberikan penilaian lebih bagi usahanya sehingga tersaing ke kelompok 37 sampai akhirnya menjadi juara.

...dst

16 ) Mahasiswa Undip Ikuti LIMUN 2012

26 Januari 2012
SEMARANG - Sepuluh mahasiswa Undip akan ke London untuk mengikuti London International Model United Nations (LIMUN) 10-12 Februari. Ajang itu merupakan simulasi sidang PBB terbesar di Eropa. Sebanyak 1.200 delegasi dari seluruh dunia akan bertemu di Imperial College London untuk berdiskusi dan bernegosiasi mengenai masalah dan tantangan terbesar yang dihadapi dunia saat ini. Dari 10 delegasi Undip, empat di antaranya adalah mahasiswa Fakultas Teknik, yakni Astrid Ayutasari, Ali Sakti Lubis, Zulfika Satria Kusharsanto, dan Wildand Angesti. Selain mereka, ikut berangkat minggu depan adalah Siska Indah Septiana dan Kurnia Yustiana (Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran), Abdurohman Muslim (Fakultas Ekonomi), Nelwan Sharfina Hajidah dan Andi Walli Abdullah (Fakultas Hukum), dan Desy Ayu Permitasari (Fakultas Kedokteran).

...dst

17 ) UGM Luluskan 1.211 Mahasiswa S-2 dan S-3

Rabu, 25 Januari 2012 19:02 wib
JAKARTA - Lulusan pascasarjana memiliki peran dan tanggung jawab besar dalam menyelesaikan persoalan bangsa.Ketika melepas para wisudawan program magister dan doktoral, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Sudjarwadi mengatakan, meski jumlahnya masih sangat minim, para master dan doktor berperan penting untuk mencari solusi berbagai masalah di Tanah Air."Dengan demikian, makin luas kesempatan untuk menjadi pemimpin di bidang masing-masing," kata Sudjarwadi seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (25/1/2012).

...dst

18 ) AS Suntik 150 Juta Dolar untuk Pendidikan Indonesia

Rabu, 25 Januari 2012 19:28 WIB
 BANGKALAN - Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mengucurkan dana segar sebesar 150 juta dolar AS untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. "Kami punya program dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia," Duta Besar (Dubes) AS, Scot Marciel, di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, Rabu (25/1).Ia menjelaskan, pihaknya sudah bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk memajukan dunia pendidikan, namun UTM tidak termasuk dalam 12 perguruan tinggi tersebut.
"Semoga pada agenda berikutnya perguruan tinggi yang ada di Madura juga bisa ikut masuk, sehingga bisa memajukan pendidikan di sini," ungkapnya.

...dst

19 ) Endang Catur Wati Jadi Ketua STSI Bandung

Rabu, 25 Januari 2012 15:55 wib
BANDUNG - Endang Catur Wati terpilih menjadi Ketua Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), Bandung, menggantikan Ketua STSI sebelumnya, Enoch M.Hum. Profesor kajian budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) ini akan menjabat Ketua STSI periode 2012-2016.  Endang merupakan sarjana lulusan Institut Seni Indonesia (ISI). Dia melanjutkan S-2 dan S-3 di UGM. Dalam kariernya sebagai dosen di STSI Bandung, Endang aktif mengangkat budaya Sunda. Ketua Senat Bidang Promosi, Dadang Suganda didampingi Sekretaris Senat Wawan Darmawan mengatakan, pemilihan Ketua STSI berdasarkan Permendiknas No24/2010 tentang pengangkatan/pemberhentian rektor, ketua, direktur yang diselenggarakan pemerintah.

...dst

20 ) 41% PT Islam Belum Berkualitas  

Thursday, 26 January 2012
JAKARTA– Kementerian Agama (Kemenag) bertekad melakukan upaya percepatan peningkatan kualitas pendidikan tinggi (PT) Islam, sebab sampai saat ini masih terdapat sekitar 41% pendidikan tinggi Islam yang belum memenuhi standar.  Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nur Syam berjanji akan melakukan percepatan peningkatan kualitas terhadap pendidikan Islam. Dari sekitar 600 pendidikan tinggi Islam yang ada di Indonesia, 41% di antaranya belum memenuhi standar. "

...dst

21 ) Perbatasan Dapat Sekolah Satu Atap Berasrama

Rabu, 25 Januari 2012 , 14:40:00
JAKARTA--Anggota Komisi X DPR Zulfadhli, terus memerjuangkan pendidikan di wilayah perbatasan Kalimantan Barat. Politisi Partai Golkar, daerah pemilihan Kalbar, itu pun menegaskan, bahwa pendidikan di lima kabupaten yang terletak di wilayah perbatasan RI-Malaysia di sana, menjadi perhatian serius. Menurutnya, pada 2012 ini Komisi X telah memerjuangkan agar perbatasan mendapatkan program percepatan pembangunan. "Lima kabupaten perbatasan di Kalbar mendapatkan Program Percepatan Pembangunan Pendidikan di Daerah Terdepan berupa pembangunan Sekolah Satu Atap Berasrama," kata Zulfadhli, menjawab JPNN, Kamis (25/1), di Jakarta. 

...dst

22 ) Presiden Butuh Wakil Menteri

Rabu, 25 Januari 2012 | 18:14 WIB
JAKARTA,  - Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetap membutuhkan wakil menteri. Keberadaan wakil menteri juga dinilai tetap konstitusional dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. "Wakil menteri tugasnya membantu menteri untuk merumuskan satu kebijakan," kata Julian kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (25/1/2012). Pada kesempatan itu, Julian menepis bahwa jabatan wakil menteri telah menghamburkan uang negara. Menurutnya, fasilitas yang diterima wakil menteri setara dengan pejabat eselon 1a. Para wakil menteri tidak mendapat fasilitas seperti menteri.

...dst

23 ) Demi Sertifikasi, Guru Pakai Ijazah Palsu

Rabu, 25 Januari 2012 , 10:10:00
BOGOR-Sertifikasi guru menorehkan catatan hitam bagi dunia pendidikan di Bogor. Demi mengejar sertifikat Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), puluhan oknum guru diduga memalsukan ijazah.  Seperti diketahui, sertifikat LPMP ini memang menjadi incaran para guru. Sebab, dengan adanya sertifikat itu, maka guru bisa mendapatkan tunjangan sebesar gaji pokok. Artinya, guru yang sudah bersertifikasi akan mendapatkan penghasilan setara dengan dua kali gaji pokok dalam sebulan. Sayangnya, program sertifikasi ini tercederai dengan ulah segelintir oknum guru yang nekat memalsukan ijazah demi mengejar sertifikasi. Ijazah palsu ini baru terbongkar saat portopolia guru tiba di tangan LPMP. Padahal, portopolio guru sebenarnya melalui proses yang cukup panjang, termasuk melengkapi berkas di tingkat sekolah dan dinas pendidikan. 

...dst

24 ) Banyak LPTK Kurang Berkualitas

26 Januari 2012
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengakui, banyak Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) kurang bisa menciptakan tenaga pendidik berkualitas.Diperlukan evaluasi agar ke depan keberadaan LPTK dapat menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki mutu baik. "LPTK yang ada sekarang banyak yang kurang bermutu. Ada LPTK yang menerima mahasiswa asal-asalan, tanpa seleksi yang akhirnya akan memengaruhi mutu lulusan," ungkap Kepala Badan Pengembangan SDM dan Peningkatan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Syawal Gultom, di Jakarta, belum lama ini. Dia mengungkapkan, seiring membaiknya kesejahteraan guru melalui program tunjangan sertifikasi, minat untuk menjadi guru turut meningkat. Hal itu juga sejalan dengan berkembangnya LPTK secara cepat. Sebagai gambaran, pada tahun 2005 jumlah LPTK hanya sekitar 92. Kemudian seiring berjalannya waktu jumlah LPTK terus berkembang hingga saat ini mencapai 374.

...dst

25 ) Uji Kompetensi Guru Terbuka untuk 300.000 Orang

Rabu, 25 Januari 2012 | 21:36 WIB
JAKARTA,   - Uji kompetensi guru untuk menyeleksi guru yang bisa ikut sertifikasi tahun 2012 bakal digelar bulan Februari nanti. Guru yang tidak lolos tidak bisa ikut pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Unifah Rosyidi, Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Rabu (26/1/2012), mengatakan kuota sertifikasi guru tahun 2012 sebanyak 250.000 guru. Peluang ikut uji kompetensi dibuka untuk 300.000 guru.

...dst

26 ) Uji Kompetensi untuk Seleksi Dikeluhkan

26 Januari 2012
Jakarta,   Kebijakan uji kompetensi untuk menyeleksi guru peserta sertifikasi tahun 2012 meresahkan para guru di beberapa daerah. Persoalannya bukan sekadar kekhawatiran tidak lulus, melainkan sertifikasi dinilai kesempatan bagi guru untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan serta peningkatan kesejahteraan. Tambunan Jamin, pengawas SMP/SMA di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, saat ditemui di Jakarta, Rabu (25/1), mengatakan, para guru keberatan jika uji kompetensi menjadi syarat masuk dalam kuota guru yang disertifikasi. "Seharusnya hasil uji kompetensi itu dipakai untuk pemetaan kompetensi guru. Dengan data itu, instruktur bisa lebih fokus menguatkan kekurangan guru saat pendidikan dan latihan profesi guru," katanya.

...dst

27 ) Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru Bermasalah

Rabu, 25 Januari 2012 | 21:34 WIB
JAKARTA,  — Keluhan soal pembayaran tunjangan sertifikasi bagi guru yang lolos sertifikasi tidak juga kunjung berhenti. Ini dialami 67 guru di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tumpak Silitonga, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Simalungun, dalam pertemuan Pengurus Besar PGRI, di Jakarta, Rabu (26/1/2012), mengatakan, 67 guru tersebut tidak menerima tunjangan sertifikasi selama satu tahun pada tahun 2010. Saat ditanyakan ke pemerintah setempat, alasannya dana tunjangan sertifikasi dari pemerintah pusat tidak mencukupi. Padahal, pada tahun 2009, para guru tersebut menerima tunjangan sertifikasi yang besarnya satu kali gaji pokok. Demikian juga pada tahun 2011.

...dst

28 ) Dewan Kawal Anggaran Siswa Kurang Mampu

Rabu, 25 Januari 2012 , 10:04:00
JAKARTA- Alokasi anggaran Rp 94,7 miliar untuk 38.756 siswa tidak mampu di ibu kota, mendapat pengawalan ketat DPRD DKI Jakarta. Hal ini untuk menghindari pelaksanaan dan realisasi program yang kurang sosialisasi dan tidak transparan serta penyelewengan. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Dwi Rio Sambodo mengatakan, alokasi anggaran untuk program ini merupakan pengejewantahan amanat konstitusi, baik UUD 45, dan Perda. Tujuanya, untuk mencerdaskan anak bangsa melalui tahapan wajib belajar 12 tahun. "Sekaligus sebagai komitmen terhadap politik anggaran pro rakyat," ujar Dwi Rio, kemarin (24/1).

...dst

29 ) Rp 25 Juta, Rumah Tipe 36 untuk PNS

Rabu, 25 Januari 2012 | 14:53 WIB
MALANG,  - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat akan membangun rumah murah tipe 36 seharga Rp 25 juta per unit untuk pegawai negeri sipil (PNS) golongan I di lingkungan pemerintah setempat. Rencana tersebut digulirkan di tengah polemik akibat lontaran kritik terhadap Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpea) terkait subsidi pemerintah dalam bentuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kepada pengembang yang membangun hunian dengan luas bangunan minimal 36 meter persegi atau tipe 36.

...dst

30 ) Siapkan Rp 170 Triliun untuk Bank Infrastruktur
Dukung Pembiayaan MP3EI

Kamis, 26 Januari 2012 , 04:04:00
JAKARTA - Pemerintah mulai memikirkan realisasi pembentukan lembaga pembiayaan khusus infrastruktur. Langkah itu dilakukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang masuk dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Pembahasan lembaga pembiayaan itu dibahas khusus dalam sidang kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Rabu (25/1). SBY mengatakan, sudah banyak usulan mengenai bank infrastruktur. "Manakala kita yakini sudah siap dan bisa kita luncurkan, tentu bisa jadi bagian penting untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan," kata SBY dalam pengantar sidang kabinet.

...dst

Tidak ada komentar: