Cari Blog Ini

Senin, Januari 16, 2012

Berita Edukasi 15 Januari 2011

1 ) Gerakan Mahasiswa Kurang Simpatik, Inilah Penyebabnya

Minggu, 15 Januari 2012 21:37 WIB
PAMEKASAN -- Penasihat Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Pamekasan, Madura, Amiril mengatakan, gerakan yang dilakukan mahasiswa akhir-akhir ini cenderung tak bernuansa akademis, sehingga kurang mendapatkan simpati dari masyarakat. "Semestinya sebagai kelompok elite intelektual, gerakan yang dilakukan mahasiswa lebih bernuansa akademis. Sementara yang terjadi akhir-akhir ini nuansa akademis cenderung kurang kita rasakan," katanya seusai mengadiri acara peletakan batu pertama kantor sekretariat HMI Graha Insan Cita di Tlanakan, Pamekasan, Ahad.

...dst

2 ) Mahasiswa UNY Kembangkan Media Belajar Berbentuk Komik

Minggu, 15 Januari 2012 | 23:49 WIB
YOGYAKARTA, - Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Dana Rizki Adnan mengembangkan media pembelajaran berbentuk komik untuk mata pelajaran pengukuran dasar Jurusan Teknik Permesinan Sekolah Menengah Kejuruan. "Media pembelajaran berbentuk komik itu menyuguhkan pemahaman tentang jenis-jenis alat ukur, teknik praktik, dan prosedur pengukuran benda saat praktik yang disampaikan dengan gambar yang berurutan," kata Dana Rizki di Yogyakarta, Minggu (15/1/2012).

...dst

3 ) 70 persen rektor alumni penerima beasiswa Supersemar

Minggu, 15 Januari 2012 13:26 WIB
Jakarta - Ketua Umum Keluarga Mahasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (KMA-PBS) Eddy Djauhari menyatakan bersyukur sekitar 70 persen rektor perguruan tinggi di Indonesia adalah alumni penerima beasiswa Supersemar. "Kami punya data dan informasi, sekitar 70 persen rektor perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air adalah alumni penerima beasiswa Supersemar. Kami bersyukur beasiswa tersebut telah turut memberi andil bagi kemajuan pendidikan anak bangsa," kata Ketua Umum KMA-PBS kepada ANTARA di Jakarta, Minggu. Eddy menyebutkan beberapa nama alumni penerima beasiswa Supersemar yang menjadi pimpinan perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. (Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta) dan Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. (Rektor Universitas Lampung). Nama lainnya adalah Prof. Dr. Donald A.Rumokoy, SH, MA (Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado), Prof. Ir. Frans Umbu Datta, Ph.D. (Rektor Universitas Nusa Cendana  Kupang Nusa Tenggara Timur), dan Prof. Dr. Arismunandar, M.pd. (Rektor Universitas Negeri Makassar).

...dst

4 ) 654 Proposal PKM Unnes Didanai Ditjen Dikti

Minggu, 15 Januari 2012 | 21:58 WIB
SEMARANG, - Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, berhasil meloloskan 654 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Jumlah PKM dari Unnes yang diterima Ditjen Dikti pada tahun ini merupakan paling banyak diantara PKM yang diajukan perguruan tinggi di Tanah Air. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Dr Masrukhi MPd dalam keterangan pers, Minggu (15/1/2012), menyatakan jumlah proposal PKM Unnes yang lolos tahun ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan yang lolos tahun lalu, bahkan meningkat 255 persen.

...dst

5 ) TOEFL 600 untuk Negosiasi Perdagangan

Minggu, 15 Januari 2012 | 10:24 WIB
BANDUNG, - Dalam sambutannya pada seminar internasional di Institut Teknologi Bandung, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, mengungkapkan alasan Kementerian Perdagangan mewajibkan PNS di kantor tersebut memiliki nilai TOEFL minimal 600. Menurut Bayu, dia kerap menerima protes dari bawahannya yang menganggap batasnya kelewat tinggi. Salah satu contohnya adalah persyaratan masuk sekolah hukum Harvard di Amerika Serikat saja hanya mengharuskan TOEFL 570. "Langsung saya jawab, di Harvard yang dihadapi hanya buku, sementara penguasaan bahasa inggris yang mumpuni mutlak dimiliki untuk negosiasi perdagangan internasional," kata Bayu, Minggu (15/1/2012). "Langsung saya jawab, di Harvard yang dihadapi hanya buku, sementara penguasaan bahasa inggris yang mumpuni mutlak dimiliki untuk negosiasi perdagangan internasional," kata Bayu, Minggu (15/1/2012).

...dst

6 ) 1.200 PNS di Kemendag Ikuti Tes TOEFL

Kamis, 5 Januari 2012 | 08:39 WIB
JAKARTA,  — Sebanyak 1.200 pengawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Perdagangan akan mengikuti tes TOEFL pada 10-12 Januari mendatang. Tes tersebut untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris para pegawai. Ditargetkan setiap PNS di Kementerian Perdagangan memiliki skor TOEFL minimal 600. Bagi yang gagal, disediakan pendampingan dan pelatihan khusus. Menurut Menteri Perdagangan Gita I Wirjawan, langkah tersebut upaya memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Kemampuan bahasa Inggris saat penting di era globalisasi seperti saat ini. Secara khusus Kementerian Perdagangan menyediakan anggaran Rp 6 miliar untuk mengejar target tersebut. Setiap satu orang dianggarkan Rp 500.000 untuk kegiatan pelatihan selama satu tahun. 

...dst

7 ) Dosen UGL Bantu Tulis Skripsi
* Lahan Bisnis Baru

Sabtu, 14 Januari 2012 10:17 WIB
KUTACANE - Para dosen Universitas Gunung Leuser (UGL) Kutacane, Agara telah menciptakan lahan bisnis baru, membantu penyusunan dan penulisan tugas akhir mahasiswa atau skripsi. Para dosen itu dinilai tidak lagi menjunjung tinggi moralitas akademis dan melanggar etika sebagai pendidik. Hal itu diungkapkan dosen Kopertis Wilayah ISumut yang sedang melanjutkan studi S3, kepada Serambi, Kamis (12/1) di Kutacane. Dia meminta Bupati Agara selaku badan pengurus yayasan UGL harus segera bertindak dengan memberi sanksi kepada para dosen tersebut, termasuk pihak Kopertis agar ada efek jera.

...dst

8 ) PBNU Target Dirikan 10 Kampus di Indonesia 

Minggu, 15 Januari 2012 21:42 WIB
Kediri: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menargetkan akan mendirikan 10 kampus di Indonesia. "Kami sudah agendakan, beberapa daerah juga sudah kami petakan, seperti di Cirebon, Sumatra Barat, Kalimantan Timur, dan beberapa kota lain," kata Ketua Umum PBNU Kiai Haji Said Aqil Siraj saat berkunjung ke Pondok Pesantren Salafiyah Al Mahrusiyah di Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Ahad (15/1). Said Aqil mengatakan, saat ini sudah ada kampus atau perguruan tinggi (PT) NU yang berdiri, yaitu di Cirebon. Bahkan, pendirian kampus itu relatif cukup cepat, hanya memerlukan waktu sekitar enam bulan.

...dst

9 ) 2013, Kinerja Guru Bersertifikat Dievaluasi

Minggu, 15 Januari 2012 , 23:11:00
JAKARTA--Kinerja para guru-guru yang sudah memperoleh sertifikat profesi guru saat ini, akan segera dievaluasi oleh pemerintah di 2013 mendatang. Hal tersebut bertujuan untuk menilai dan mengukur stabilitas tingkat kompetensi guru selama menjalani tugasnya selama ini. "Selama ini, setelah memperoleh sertifikat, para guru tidak dievaluasi kinerjanya. Padahal pemerintah terus menerus memberikan tunjangan profesi. Maka dari itu, mulai 2013, seluruh kinerja guru bersertifikat akan dievaluasi," ungkap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Peningkatkan Mutu Pendidik (BP SDMP-PMP), Syawal Gultom di Jakarta, Minggu (15/1).

...dst

10 ) Februari, Uji Kompetensi Guru Dimulai

Minggu, 15 Januari 2012 , 21:27:00
JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada Februari 2012 mendatang akan mulai menggelar ujian kompetensi bagi para guru, yang merupakan bagian dari proses sertifikasi guru. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Peningkatan Mutu Pendidikan (BP SDMP-PMP), Syawal Gultom di Jakarta, Minggu (15/1). Menurutnya, uji kompetensi ini akan tetap dilakukan meskipun banyak pihak yang menolak tentang pelaksanaan uji kompetensi guru ini. "Meskipun banyak yang menolak, uji kompetensi ini akan terus dilakukan. Diperkirakan akan dimulai pada bulan Februari. Tapi saya belum tahun tanggal pastinya, karena tergantung dari DIPA-nya," ungkap Syawal.Dikatakan, pihaknya sangat yakin bahwa guru-guru yang ikut dalam proses sertifikasi ini mampu mengikuti dan mengerjakan soal di dalam uji kompetensi. Karena, lanjut Syawal, dalam ujia tersebut yang ditanyakan adalah mengenai penguasaan materi ajar yang diajarkan kepada siswa selama ini.

...dst

11 ) Nuh: Uji Kompetensi sudah Keharusan!

Minggu, 15 Januari 2012 | 15:54 WIB
MEDAN, - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, uji kompetensi yang akan diberlakukan bagi guru sebelum mengikuti program sertifikasi bukan untuk menyulitkan mereka. Uji kompetensi dilaksanakan untuk menciptakan guru yang benar-benar berkualitas sesuai bidangnya. "Sehingga, pada akhirnya semakin meningkatkan kualitas pendidikan kita di masa mendatang," katanya di Medan, Minggu (15/1/2012). Nuh mencontohkan, di dunia kedokteran juga ada uji kompetensi yang tujuannya adalah untuk menciptakan dokter-dokter berkualitas dan menguasai bidangnya. Jika ada dokter tanpa kompetensi, maka kemungkinan akan terjadi malpraktik dan merugikan pasien.

...dst

12 ) PGRI: Uji Kompetensi Guru 'Nggak' Penting

Minggu, 15 Januari 2012 15:53 WIB
JAKARTA - Uji kompetisi yang diberlakukan ke guru selama ini untuk mendapatkan sertifikasi dinilai tidak memiliki arti penting. Bahkan, terkesan mengada-ada dan mubazir serta cenderung membuat guru tertekan.  Menurut Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistyo uji kompetensi sebagai upaya pihak-pihak tertentu yang tidak rela guru meningkat kesejahteraannya dengan tunjangan profesi pendidik melalui proses sertifikasi. "Uji kompetensi sejenis itu tak ada urgensinya," kata Sulistiyo melalui pesan singkatnya, Ahad (15/1). Ia memahami pernyataan pemerintah yang mengatakan uji kompetensi tak melanggar PP 74/2008 karena secara eksplisit tak dilarang. Namun menurut dia uji kompetensi tersebut tak diperlukan dalam penetapan peserta sertifikasi itu. Sulistiyo mengatakan, dalam Pasal 12 PP tersebut memang tidak ada larangan melakukan uji kompetensi bagi guru-guru yang telah memenuhi syarat (S1). Karena kuota terbatas, selanjutnya ditentukan berdasarkan urutan usia, masa kerja, dan golongan ruang).

...dst

13 ) 600.000 Usulan Kenaikan Pangkat Guru Tertahan
Jadi Pemicu Makelar Angka Kredit Fiktif

Senin, 16 Januari 2012 , 05:05:00
JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGR) semakin geram dengan kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebelumnya, mereka memprotes penerapan uji kompetensi untuk program sertifikasi guru. Kini, mereka mempersoalkan 600.000 usulan kenaikan pangkat guru yang tertahan di Kemendikbud. Ketua Umum PB PGRI Sulistyo, Minggu (15/1) menuturkan, 600.000 usulan kenaikan pangkat guru yang tertahan ini untuk golongan IV-A ke atas. Sulistyo menuturkan, dengan tertahannya usulan kenaikan pangkati ini pihaknya menghimbau seluruh guru yang sudah terlanjur mengirimkan usulan kenaikan pangkat untuk bersabar.

...dst 

14 ) Phobos-Grunt jatuh di Samudra Pasifik

Senin, 16 Januari 2012 06:41 WIB
Jakarta  - Satelit Phobos-Grunt milik Rusia akhirnya jatuh di atas Samudra Pasifik pada Senin sekitar pukul 00.23 WIB. "Semoga tidak ada korban akibat jatuhnya satelit yang belum sempat menjalankan misinya ke Planet Mars ini," kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Prof. Dr. Thomas Djamaludin di Jakarta, Senin dini hari. Pernyataan tentang jatuhnya satelit berbobot 13,2 ton itu, ujarnya, diumumkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 16 Januari 2012. Namun, belum diperoleh waktu yang lebih tepat, yang berarti titik lokasi jatuh yang tepat pun tidak diketahui. "Kesimpulan sementara, Indonesia aman dari kejatuhan Phobos-Grunt. Serpihannya pun tidak akan ditemukan di Indonesia," katanya. Hingga saat ini, urainya, memang tidak diperoleh laporan ada yang melihat jatuhnya atau menemukan serpihan Phobos-Grunt. Namun, serpihan Phobos-Grunt mungkin akan ditemukan di Amerika Selatan.

...dst

15 ) Phobos-Grunt diperkirakan jatuh malam ini

Minggu, 15 Januari 2012 17:46 WIB 
Jakarta  - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan satelit Rusia yang gagal meluncur ke Planet Mars, Phobos-Grunt, akan jatuh secara tak terkendali pada rentang waktu Minggu malam pukul 22.00 WIB hingga Senin (16/1) dini hari pukul 04.00 WIB. "Dua jam sebelum jatuh baru akan diperoleh lintasan terakhirnya dan informasi prakiraan lokasi jatuhnya, yang itupun ketidakpastiannya mencapai ribuan km. Kalau ada pernyataan yang menyebut akan jatuh di Papua itu masih spekulatif," kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaludin kepada ANTARA News, di Jakarta, Minggu sore. Saat ini Phobos-Grunt masih berada pada ketinggian 140 km dari bumi, ujarnya. Kalau sudah di ketinggian 120 km, satelit itu akan memasuki atmosfer yang sudah semakin padat dan memungkinkan benda tersebut terbakar dan pecah. Satelit dengan berat total 13,2 ton yang diluncurkan pada tanggal 9 November lalu dan direncanakan sampai di Mars pada 2014 itu setelah terbakar, lanjut dia, diperkirakan masih akan menyisakan pecahan seberat 500-600 kg yang sangat perlu diwaspadai.

...dst

Tidak ada komentar: