Cari Blog Ini

Minggu, Mei 13, 2012

Berita Edukasi, 07 - 13 Mei 2012


Berita Edukasi. 13 Mei 2012

1 ) Kemendikbud Akui Ada Penyimpangan
Anak Dosen Masuk Program Bidik Misi
http://www.jpnn.com/read/2012/05/13/127198/Anak-Dosen-Masuk-Program-Bidik-Misi-

Minggu, 13 Mei 2012 , 07:41:00
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya mengakui jika penyaluran beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (bidik misi) tidak tepat sasaran. Dugaan adanya anak dosen yang menerima beasiswa ini tidak mereka pungkiri. Pengakuan dari kementerian berslogan Tut Wuri Handayani itu disampiakan Mendikbud Mohamaad Nuh kemarin. "Memang ada anak dosen di perguruan tinggi yang diterima dalam program bidik misi," ujar Nuh yang saat dihubungi sedang ada di Tuban, Jatim. Namun menteri asal Surabaya itu menjelaskan jika kasus penyimpangan pengucuran bidik misi ini tidak banyak. Meskipun kasus penyimpangan itu tidak banyak, Nuh mengatakan pihaknya tetap akan menjatuhkan teguran keras kepada kampus yang bersangkutan. Sayangnya, dia masih belum membeberkan nama-nama PTN yang keliru mengucurkan bidik misi itu. Mantan Menkominfo itu menuturkan jika teguran diberikan kepada kampus yang benar-benar terbukti keliru mengucurkan bidik misi. Kepastian ini baru bisa disimpulkan setelah upaya verifikasi dari Kemendikbud berjalan tuntas. Dalam verifikasi ini, Nuh meminta tim tidak hanya mengecek laporan-laporan di atas kertas. Nuh berharap verifikasi ini dilakukan hingga ke lapangan atau rumah penerima. Sehingga data yang diperoleh tim verifikasi bisa lebih banyak dan akurat.

...dst

2 ) Perguruan Tinggi Diminta Lakukan Bidik Misi Tepat Sasaran
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/12/319260/293/14/Perguruan-Tinggi-Diminta-Lakukan-Bidik-Misi-Tepat-Sasaran

Sabtu, 12 Mei 2012 19:23 WIB 
TUBAN--MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta seluruh perguruan tinggi negeri mengevaluasi program Bidik Misi agar siswa yang diterima tepat sasaran, yakni siswa berprestasi dari keluarga miskin. "Kami sudah menginstrusikan perguruan tinggi untuk melakukan cek ulang siswa yang diterima dalam program Bidik Misi. Memang ada anak dosen dari perguruan tinggi yang diterima dalam program Bidik Misi, tetapi jumlahnya tidak banyak," katanya di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (12/5). Di Tuban ia menyerahkan berbagai bantuan sarana pendidikan senilai Rp4,5 miliar kepada pelajar yang merupakan program PT Semen Gresik dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional. Bantuan itu berupa komputer, tas sekolah, sepeda kayuh, dan beasiswa untuk pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu. Ditanya mengenai sanksi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) yang salah menerapkan program Bidik Misi, Ia menyatakan akan memberikan teguran, kalau memang ada yang terbukti. "Kami minta dalam melakukan pengecekan harus teliti, harus langsung melakukan kunjungan ke lapangan, sehingga bisa tahu banyak. Bukan hanya berdasarkan laporan di atas kertas," tegasnya.

...dst

3 ) BI Usulkan Mata Kuliah Perbankan Syariah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/12/15233384/BI.Usulkan.Mata.Kuliah.Perbankan.Syariah

Sabtu, 12 Mei 2012 | 15:23 WIB
Kompas.com - Bank Indonesia (BI) mengusulkan perguruan tinggi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasukkan mata kuliah khusus perbankan syariah, mengingat kebutuhan sumber daya manusia di bidang ini yang cukup tinggi. "Potensi perbankan syariah ke depan sangat baik yang ditunjukkan pertumbuhan kinerja bank ini yang cukup tinggi, hanya saja kendalanya pada kualitas sumber daya manusia," kata Kepala BI Perwakilan Sulut, Suhaedi, di Manado, Sabtu. Suhaedi mengatakan, kendati di Sulut baru tiga bank syariah yang membuka cabang di Kota Manado, tetapi mereka mengaku masih membutuhkan puluhan tenaga kerja. "Pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, salah satunya dapat diperoleh melalui lulusan perguruan tinggi atau universitas, hanya saja para lulusan tersebut tidak banyak paham tentang perbankan syariah," kata Suhaedi.

...dst

4 ) Ratusan PTS di Jateng-DIY Belum Terakreditasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/12/m3wt96-ratusan-pts-di-jatengdiy-belum-terakreditasi

Sabtu, 12 Mei 2012, 19:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Sebanyak 135 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jateng dan DI Yogyakarta belum melengkapi setiap program studinya dengan akreditasi. Seluruh PTS tersebut diharapkan dapat segera mengurus dokumen akreditasi secepatnya. Jumlah tersebut dengan rincian, di Jateng sebanyak 80 PTS dan DIY sebanyak 55 PTS. Jumlah program studi yang belum terakreditasi berbeda di setiap masing-masing PTS tersebut. "Ada PTS yang di dalamnya satu hingga enam prodi belum terakreditasi. Ada yang sama sekali belum terakreditasi," ujar Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) V DIY, Prof Bambang Supriyadi. Di Yogyakarta, terdapat 23 persen dari 508 prodi atau 55 PTS dari 112 PTS tanpa akreditasi. Bambang mengatakan, pihaknya terus mengimbau dan membantu PTS tersebut untuk segera mengurus akreditasi. Mengingat persentase nilai PTS di Yogya sudah cukup tinggi, yakni 73 persen. "Sejak tahun 2010, Kopertis Yogjakarta bekerjasama dengan BAN-PT. Kita mengundang PTS-PTS yang prodinya belum terakreditasi," ujarnya. Hal serupa juga dilaksanakan di Jateng. Koordinator Kopertis VI Jateng, Prof Mustajid, mengatakan pihaknya pun mengundang PTS yang prodinya belum terakreditasi untuk diberikan pembinaan cara mendaftarkan akreditasi.

...dst

5 ) Pelajar Keluhkan Pembuatan Visa di Malaysia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/13/319330/293/14/Pelajar-Keluhkan-Pembuatan-Visa-di-Malaysia

Minggu, 13 Mei 2012 05:49 WIB   
KUALA LUMPUR--MICOM: Pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi Malaysia mengeluhkan lamanya proses pembuatan visa pelajar yang memakan waktu hingga tiga bulan, sehingga mengganggu konsentrasi belajar mereka.  "Masalah proses mendapatkan visa pelajar yang terlalu lama di kampus tersebut telah sampai pada tahap yang meresahkan," kata Ketua Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia di Malaysia (BP KNPI Malaysia) Sagir Alva di Kuala Lumpur, Sabtu (12/5). Tanpa visa pelajar, lanjut dia, mereka terpaksa setiap bulan harus keluar Malaysia dan selanjutnya masuk lagi untuk mendapatkan visa kunjungan satu bulan. "Tentu hal ini akan sangat mengganggu konsentrasi belajar dan juga biaya yang dikeluarkan untuk keluar masuk Malaysia-Indonesia akan bertambah," katanya. Disamping itu, kata dia, selama  proses pembuatan visa dilakukan, paspor asli akan berada di petugas imigrasi sehingga para pelajar itu tidak memegang paspor asli selama berbulan-bulan. Hal ini akan menyulitkan para pelajar untuk melakukan transaksi perbankan seperti membuka rekening, penarikan atau pengiriman uang, karena pihak perbankan memerlukan paspor asli untuk melalukan transaksi.

...dst

6 ) Bercita-cita Bangun Universitas di Daerah Asal 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494350/

Sunday, 13 May 2012
Berasal dari desa terpencil di ujung Kabupaten Sragen, Lindarti Purwaningsih menjadi perempuan Indonesia pertama yang menyabet gelar doktor di bidang nano teknologi di Jerman. Dia bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di desa asalnya.Cita- cita makin menguat setelah Lindarti berhasil menjadi peneliti di Max Planck Institute di Jerman. Seperti apa perjuangannya hingga meraih beasiswa menempuh gelar doktor di Jerman? Berikut wawancara SINDO dengan Lindarti melalui surat elektronik.
Bagaimana awalnya Anda bisa meraih doktor di bidang nano teknologi?

...dst

7 ) Hobi Tari Tradisional Dibawa sampai ke Jerman 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494352/

Sunday, 13 May 2012
TERHITUNG sejak 2011 atau selepas lulus dari program doktoral di Max Planck Institute, Stutgart, Jerman, Lindarti Purwaningsih bekerja penuh di perusahaan multinasional di Negeri Panser tersebut. Dia pun hanya bisa pulang ke kampungnya di Dusun Sendangrejo RT 20/RW 7 Desa Jati,Kecamatan Sumberlawang, Sragen setiap satu tahun sekali. Selain sibuk melakoni pekerjaannya, putri dari pasangan Purwo Atmojo dan Sunarti ini juga terus melakukan penelitian lanjutan terkait penemuannya dalam bidang nano teknologi. Namun, di tengah-tengah kesibukannya yang padat tersebut,Lindarti masih berupaya menyalurkan hobinya menari. 

...dst

8 ) UI Resmikan Fakultas Farmasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/13/m3x9jo-ui-resmikan-fakultas-farmasi

Minggu, 13 Mei 2012, 02:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) meresmikan Fakultas Farmasi. Fakultas ini merupakan fakultas ke-13 yang dimiliki kampus kuning tersebut. "Perubahan Departemen Farmasi FMIPA UI menjadi sebuah Fakultas Farmasi didukung dengan kesiapan pada berbagai bidang," kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Depok, Sabtu. Bidang tersebut di antaranya 13 laboratorium yang berkualitas dan terakreditasi untuk pendidikan dan penelitian. Para tenaga pengajar berkompeten, 63 persen di antaranya dosen bergelar doktor dan tiga profesor aktif. Selain itu, lanjut dia, memiliki program pendidikan yang lengkap, yaitu sarjana (S-1), Program Pendidikan Profesi Apoteker, pascasarjana (S-2), dan doktoral (S-3). Perubahan Departemen Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI menjadi Fakultas Farmasi UI tercantum dalam SK MWA No.143A/H2.MWA/OTL.00.00 Pembentukan/2011 tanggal 23 November 2011 dan SK Rektor No.2408A/SK/R/UI/2011 tanggal 29 November 2011.

...dst

9 ) Ini Kronologis Mahasiswa Trisakti Tusuk dan Setrum Rekannya. 
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/05/12/m3x5rp-ini-kronologis-mahasiswa-trisakti-tusuk-dan-setrum-rekannya

Sabtu, 12 Mei 2012, 23:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aparat kepolisian Metro Jakarta Barat berhasil membekuk SS, tersangka pembunuhan rekannya sesama mahasiswa Trisakti pada Sabtu (12/5). SS mengaku melakukan tindakan kejinya itu karena tidak diberi pinjaman uang. SS mengenal korban saat acara wisuda di kampus Trisakti 5 Mei lalu. Mahasiswa fakultas Ekonomi ini mengatakan ia dan korban saling bertukar cerita dan perlahan akrab. Rabu (9/5) sekitar pukul 21.00 WIB ia mengajak korban bertemu di gerai kopi yang terletak di lantai 1 Mal Citra Land, Grogol. Tersangka beralasan ingin bercerita tentang hubungan percintaannya yang baru saja berakhir. Karena korban datang bersama teman-temannya, tersangka mengajak korban pindah ke gerai makanan siap saji di lantai IV. Selanjutnya tersangka membujuk korban untuk diajak ke kost-an nya di Jalan Susilo nomor 2A, Grogol Petamburan.

...dst

10 ) Imam, Mapres Utama UI 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/12/373/628511/imam-mapres-utama-ui-2012

Sabtu, 12 Mei 2012 18:05 wib
JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) Muhammad Iman Usman terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama UI 2012. Dia terpilih dengan nilai 99,46. Tempat kedua diduduki oleh mahasiswa Fakultas Teknik (FT) dengan nilai 87,59 dan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) dengan skor 84,23 di posisi ketiga. Iman akan menjadi perwakilan UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi se-Indonesia pada Juni 2012. Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (12/5/2012).

...dst

11 ) Dana Dikti untuk PKM IPB Naik Rp1 M
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/12/373/628502/dana-dikti-untuk-pkm-ipb-naik-rp1-m

Sabtu, 12 Mei 2012 17:02 wib
JAKARTA - Tahun ini, sebanyak 404 proposal untuk kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapat pendanaan dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). Bahkan, besaran dana kali ini naik Rp1 miliar dari tahun lalu. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Bidang Penalaran, Minat, dan Bakat Direktorat Kemahasiswaan IPB,  Bambang Riyanto. "Tahun ini sebanyak 404 proposal yang didanai Dikti sebesar Rp3,5 miliar. Memang jumlah proposal yang didanai turun jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 425 proposal, namun besaran dananya lebih besar dari tahun sebelumnya yakni Rp2,5 miliar," ujar Bambang seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (12/5/2012).

...dst

12 ) Baru 7,2 Persen Anak Bangsa Nikmati Bangku Kuliah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188222

Sabtu, 12/05/2012 - 17:14
BANDUNG, (PRLM).- Menteri Koordinator Perkonomian RI Hatta Rajasa meminta agar semua pihak ikut mendorong peningkatan jumlah masyarakat Indonesia yang mengenyam bangku kuliah. Sebab sampai saat ini baru 7,2 persen anak-anak Indonesia yang masuk ke jenjang pendidikan tinggi. "Syarat untuk menjadi negara maju ya harus kita dorong anak-anak kita supaya lebih banyak lagi yang masuk ke perguruan tinggi. Sekarang baru 7,2 persen, setidaknya harus 20 persen. Malaysia sudah 20 persen, dan target kita pada 2019/2020 harus sudah 20 persen. Jangan sampai anak muda usia 18-21 di kita semakin sedikit yang masuk ke perguruan tinggi," kata Hatta dalam acara Peresmian Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kewirausahaan Kreatif Wilayah Priangan Timur dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa, Santri dan Pelaku Usaha Wilayah Priangan Timur di Universitas Pendidikan Indonesia, Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Sabtu (12/5/12).

...dst

13 ) Pengusaha dan Dokter Harapkan Hak Paten Jamu
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/12/373/628508/pengusaha-dan-dokter-harapkan-hak-paten-jamu

Sabtu, 12 Mei 2012 16:02 wib
BANDUNG – Jamu sebagai salah satu obat alternatif, kini tidak lagi dipandang sebelah mata. Untuk itu, beberapa produsen dan dokter ahli akan berusaha mematenkan beberapa tanaman herbal agar tidak diakui oleh negara lain.Salah seorang pengusaha jamu kenamaan di Indonesia, Irwan Hidayat mengatakan, hingga kini masih belum banyak tanaman herbal atau jamu yang telah dipatenkan. "Belum banyak yang dipatenkan. Dalam hal ini kami butuh dukungan dari masyarakat dan akademisi untuk sama-sama berperan," kata Irwan saat acara Simposium Nasional Herbal Medik "Pemanfaatan Herbal Medik Sebagai Paradigma Baru Dalam Pelayanan Kesehatan" di Universitas Maranatha, Sabtu (12/5/2012).

...dst

Berita Edukasi, 12 Mei 2012

1 ) Kemendikbud Terjunkan Tim ke USU
Dugaan Penyimpangan Pengucuran Bidik Misi
http://www.jpnn.com/read/2012/05/12/127131/Kemendikbud-Terjunkan-Tim-ke-USU-

Sabtu, 12 Mei 2012 , 07:12:00
JAKARTA - Dugaan pelanggaran pengucuran beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) di kawasan Sumatera semakin benderang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerjunkan tim investigas ke salah satu kampus negeri di Medan. Kabar upaya verifikasi ini disampaikan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso di Jakarta kemarin (11/5). Djoko belum bisa memastikan kampus yang selama ini disebut memang benar telah melakukan penyimpangan pengucuran Bidik Misi. "Intinya kita verifikasi dulu, apakah bener penerima tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan," jelas dia. Jika akhirnya memang benar telah terjadi penyimpangan, Djoko menuturkan alokasi beasiswa yang sudah terlanjut dikucurkan untuk dihentikan. Selanjutnya, dipindah atau digeser untuk dialokasikan ke mahasiswa yang lebih berhak. "Jadi kalau si A penerima dan ternyata tidak sesuai kriteria, tinggal geser ke si B yang lebih layak," kata mantan rektor ITB. Opsi lain yang muncul adalah, mahasiswa yang terlanjur menerima padahal dia tidak layak wajib mengembalikan beasiswa. Tapi Djoko menuturkan akan mengkaji aturan ini. Sebab, akan jadi persoalan baru jika yang bersangkutan tidak bisa mengembalikan uang beasiswa tadi.

...dst

2 ) Telusuri Dugaan Penyelewengan
Masyarakat Diharap Ikut Mengawasi Penyaluran Bidik Misi
http://www.jpnn.com/read/2012/05/11/127047/Telusuri-Dugaan-Penyelewengan-

Jum'at, 11 Mei 2012 , 08:14:00
JAKARTA - Beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) ditetapkan untuk mahasiswa dari keluarga miskin. Tapi dugaan pengucuran yang tidak tepat sasaran masih muncul. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertekad menulusuri dugaan penyelewengan ini. Dikabarkan, penyelewengan beasiswa ini muncul di salah satu provinsi di pulau Sumatera. Mahasiswa penerima bidik misi di daerah itu dikabarkan adalah anak dari dosen-dosen kampus penerima kuota bidik misi. Praktek ini muncul diduga karena kuota atau pagu penerima bidik misi di kampus tersebut tidak terserap. Dari pada harus dikembalikan lagi ke kas negara, kuota bidik misi yang tidak terserap itu dikucurkan tidak sesuai aturan. "Siapa tahu memang dosen itu miskin, sehingga anaknya didaftarkan program ini," tutur Mendikbud Mohammad Nuh. Tapi, menteri asal Surabaya itu mengatakan akan menulusir kebenaran dugaan pengucuran bidik misi yang tidak tepat sasaran tadi. Kemendikbud merespon baik jika masyarakat ikut mengontrol pengucuran bidik misi.

...dst

3 ) Bidikmisi di Bawah Kemenag Dihentikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/12/10213047/Bidikmisi.di.Bawah.Kemenag.Dihentikan

Sabtu, 12 Mei 2012 | 10:21 WIB
Jakarta, Kompas - Mulai tahun ini, calon mahasiswa perguruan tinggi negeri di bawah pengelolaan Kementerian Agama tak akan memperoleh alokasi bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa miskin lagi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Kementerian Agama juga punya anggaran fungsi pendidikan. Mereka bisa ambil dari alokasi itu," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Jakarta, Jumat (11/5). Data Kemdikbud, ada tujuh PTN di bawah pengelolaan Kementerian Agama. Ketujuh PTN itu adalah UIN Sultan Syarief Kasim, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Djati, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Sunan Ampel, UIN Maulana Malik Ibrahim, dan UIN Alaudin. Mahasiswa di ketujuh PTN itu yang telah memperoleh Bidikmisi sebelumnya tetap diberi Bidikmisi dari Kemdikbud. Ketentuan baru ini hanya berlaku bagi calon mahasiswa baru tahun ini. "Yang penting mahasiswa tidak dirugikan. Kami menjamin keberlangsungan pendidikan anak," kata Nuh.

...dst

4 ) Daftar Kuliah di Prancis dengan Nilai UN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/12/12192643/Daftar.Kuliah.di.Prancis.dengan.Nilai.UN

Sabtu, 12 Mei 2012 | 12:19 WIB
Kompas.com - Pelajar lulusan Sekolah Menengah Atas di Indonesia kemungkinan besar bisa menggunakan hasil Ujian Nasional untuk masuk ke perguruan tinggi di Prancis tanpa tes. Sistem UN di Indonesia dinilai mirip dengan ujian Baccalauréat di Prancis karena sama-sama bersifat nasional dan hasilnya dijamin oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu disampaikan Atase Pendidikan KBRI  Paris Syafsir Akhlus kepada ANTARA London, Sabtu, sehubungan dengan pembicaraaannya dengan Bertrand de Hartingh, Conseiller de Coopération et d'Action culturelle pada Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia. Syafsir mengatakan, kemungkinan pengakuan hasil Ujian Nasional (UN) disetarakan dengan Baccalauréat sehingga hasil UN tersebut dapat digunakan sebagai dokumen kualifikasi untuk masuk ke perguruan tinggi di Prancis.

...dst

5 ) IPB Hijaukan Kawasan Pesisir Jakarta
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/12/319173/89/14/IPB-Hijaukan-Kawasan-Pesisir-Jakarta

Sabtu, 12 Mei 2012 10:28 WIB
BOGOR--MICOM: Institut Pertanian Bogor sejak 2005, menebar 40 ribu lebih bibit mangrove yang ditanam di kawasan pesisir Jakarta. Pakar mangrove yang juga Guru Besar Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB Prof Cecep Kusmana di Bogor, Sabtu (12/5) menjelaskan, puluhan ribu mangrove itu ditebar di kawasan Tol Sedyatmo, Pantai Indah Kapuk, dan Angke. Menurut dia, penanaman mangrove di kawasan pesisir ibu kota tersebut dilakukan IPB dengan melibatkan berbagai kementrian, BUMN, dan pemerintah daerah. Mantan Dekan Fakultas Kehutanan IPB ini mengatakan, dalam hal ini IPB bekerja sama dengan Kementrian Kehutanan, Kementrian Negara BUMN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pertamina, Jasa Marga, Pemerintah Kota Adiminstrasi Jakarta Utara, dan Perusahaan Gas Negara (PGN).

...dst

6 ) ITSB Siap Lahirkan Eco-technopreneur
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/12/319117/293/14/ITSB-Siap-Lahirkan-Eco-technopreneur

Sabtu, 12 Mei 2012 00:49 WIB
JAKARTA--MICOM: Saat ini, persaingan dunia kerja bagi lulusan perguruan tinggi sangat ketat. Sehingga banyak lulusan S1 menjadi pegangguran karena tidak mendapatkan kesempatan kerja. Terkait hal itu Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) menjamin lulusannya mendapat pekerjaan. Hal tersebut ditegaskan Rektor ITSB Dr Ir Ari Darmawan Pasek di kampus ITSB Green Campus ITSB di Kota Delta, Bekasi, Jumat (11/5). Menurut Ari, Grup Sinarmas yang memiliki 300 perusahaan siap menampung para lulusan ITSB. "Setiap tahunnya Sinar Mas Group membutuhkan 1.000-2.000 lulusan S1. Namun masih kurang terpenuhi sehingga keberadaan ITSB menjadi salah satu institut yang lulusannya dapat ditampung di perusahaan ini," kata Ari. Dalam membangun dunia pendidikan di Bekasi, Sinar Mas Group  menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Pemerintah Kabupaten Bekasi mendirikan ITSB guna melahirkan eco-technopreneur baru. Ari berharap masyarakat Bekasi dan sekitarnya dapat kuliah di ITSB termasuk kalangan  anak kurang mampu seperti  tukang ojek dan pegawai pabrik. Ia menjamin siapapun yang kuliah di ITSB mampu meraih pekerjaan.

...dst

7 ) Nilai UN sebagai Dasar Seleksi Masuk PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/12/07425362/Nilai.UN.sebagai.Dasar.Seleksi.Masuk.PTN

Sabtu, 12 Mei 2012 | 07:42 WIB
SEMARANG, KOMPAS - Perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengusulkan seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri yang terintegrasi dengan nilai sekolah tahun 2013 hanya menggunakan nilai ujian nasional. Nilai ujian nasional lebih mereka percaya dibandingkan nilai rapor. Demikian pernyataan sikap Badan Kerja Sama (BKS) Perguruan Tinggi di Jateng dan DI Yogyakarta. "Nilai UN skalanya nasional, sedangkan nilai rapor dibuat sekolah. Jika menggunakan nilai rapor bisa terjadi disparitas nilai yang mencolok," kata Ketua BKS Sudijono, yang juga rektor Universitas Negeri Semarang, Jumat (11/5), di Semarang. BKS menanggapi rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan mengintegrasikan hasil belajar dan seleksi masuk PT.Hal serupa diungkapkan Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P Hadi. Nilai UN murni cenderung bisa dipercaya dibandingkan nilai rapor semester tiga, empat, dan lima. Penilaian rapor masing-masing sekolah memiliki standar berbeda.

...dst

8 ) SNMPTN Bentuk Melanggengkan UN
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/11/319048/293/14/SNMPTN-Bentuk-Melanggengkan-UN

Jumat, 11 Mei 2012 18:06 WIB   
JAKARTA--MICOM: Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dinilai sebagai bentuk melanggengkan sistem ujian nasional (UN). "Memang dengan sistem online yang dipraktekkan tahun ini memunyai nilai positif karena praktis, murah dan mudah. Tetapi ini sebenarnya salah satu bentuk memaksa atau pemaksaan untuk melanggengkan UN," kata pengamat pendidikan Romo Baskoro terkait SNMPTN yang diterapkan melalui sistem online tahun ini di Jakarta, Jumat (11/5). Menurut Baskoro, yang juga Pembina Kolese Kanisius ini dengan sistem online, hasil UN akan ditransfer begitu saja ke PTN sehingga PTN dipaksa untuk mengakui UN. "Ini bentuk melanggengkan UN padahal kami dengan sejumlah praktisi pendidikan sedang mempersoalkan UN di pengadilan," cetusnya.

...dst

9 ) 556 Penelitian Disajikan di BKS-PTN MIPA Wilayah Barat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/11/17090794/556.Penelitian.Disajikan.di.BKS-PTN.MIPA.Wilayah.Barat

Jumat, 11 Mei 2012 | 17:09 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Sebanyak 556 makalah hasil penelitian para dosen dan peneliti matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) dari berbagai universitas bakal disajikan dalam Seminar dan Rapat Tahunan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat bidang MIPA tahun 2012.Pertemuan berlangsung di Universitas Negeri Medan berlangsung Jumat (11/5/2012) petang ini hingga Sabtu (12/5/2012).
Sebanyak 556 makalah itu adalah hasil penelitian para dosen yang diantaranya tentang pendidikan MIPA, kimia terapan, dan fisika terapan. Eddyanto, panitia dari Unimed, Jumat (11/5) mengatakan kegiatan diikuti sekitar 600 orang yang terdiri dari Dekan -Dekan Fakultas MIPA, Ketua-ketua Jurusan, dosen dan peneliti yang berasal dari 18 perguruan tinggi negeri, tiga perguruan tinggi swasta dan satu Lembaga/Badan yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.

...dst

10 ) Argentina Jajaki Kerja Sama Pendidikan dengan Yogyakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/11/15545353/Argentina.Jajaki.Kerja.Sama.Pendidikan.dengan.Yogyakarta

Jumat, 11 Mei 2012 | 15:54 WIB
KOMPAS.com — Dewan Rektor Argentina menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai langkah awal, mereka menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono X di Yogyakarta. "Kunjungan kami bertujuan untuk menjajaki kemungkinan terjalin kerja sama pendidikan antara Argentina dan beberapa daerah di Indonesia, termasuk Yogyakarta," kata pimpinan delegasi Dewan Rektor Argentina, Rodolfo de Vincenzi, di Yogyakarta, Jumat (11/5/2012). Sultan mengatakan, kunjungan tersebut diharapkan tidak sebatas penjajakan kerja sama di bidang pendidikan, tetapi juga dikembangkan di bidang kebudayaan dan perdagangan. Pendidikan di Yogyakarta menekankan pada pendidikan berbasis budaya.

...dst

11 ) DIY Jadi Percontohan Pendidikan Wisata Budaya 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494149/

Saturday, 12 May 2012
YOGYAKARTA – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi percontohan pendidikan wisata budaya di negara asing,salah satunya Argentina. DIY dinilai berhasil menjadikan wilayahnya sebagai ikon pariwisata budaya di mata dunia internasional. Hal ini mengemuka dalam kunjungan delegasi enam universitas Argentina dalam penjajakan kerja sama pendidikan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kemarin. Keenam universitas tersebut adalah Universidad Del Gran Rosario,Universidad Abierta Interamericana, Universidad de la Cuenca del Plata,Universidad de Conception del Uruguay, Universidad de Flores, dan Universidad del Este. Presiden Konfederasi Pendidikan Tinggi Swasta Argentina Edgardo De Vincenzi mengatakan, wisata budaya yang dikembangkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X telah menjadikan DIY sebagai ikon dunia untuk konsep pariwisata budaya.

...dst

12 ) Pameran Robot Internasional akan Digelar di Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/11/14444475/Pameran.Robot.Internasional.akan.Digelar.di.Jakarta

Jumat, 11 Mei 2012 | 14:44 WIB
Kompas.com - Indonesia akan menyelenggarakan pameran robot tingkat internasional dengan tajuk "Indonesia Robotic Exhibition Next Generation 2013" yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 12-16 Juni 2013. "Pada pameran ini akan ditampilkan mengenai perkembangan robot dunia dari berbagai sektor," kata Direktur World Robotic Explorer, Jully Tjindrawan di Jakarta, Jumat, saat jumpa pers mengenai pameran ini. Pada pameran yang akan di selenggarakan di Central Park Mall itu akan ditampilkan robot dalam bidang industri serta robot untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia seperti dalam bidang kesehatan, keamanan, pendidikan sampai rumah tangga.Dalam acara tersebut juga akan ditampilkan peralatan, perlengkapan suku cadang robot bagi para pelaku industri dan penghobi robot, dan tentunya robot dalam dunia hiburan dan permainan.

...dst

13 ) Unissula Gelar Konferensi Internasional Perbankan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/12/186160/Unissula-Gelar-Konferensi-Internasional-Perbankan

12 Mei 2012
SEMARANG- Fakultas Hukum (FH) Universitas Sultan Agung (Unissula) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) akan mengadakan Konferensi Internasional Perbankan pada 12-14 Juni mendatang. Konferensi itu mengangkat tema "Payment Gateway And Internet Banking System in Islamic Economic System And Universal Economic Legal System Perspective". Dekan FH Unissula Dr Mustaghfirin mengatakan, kegiatan itu akan dihadiri perwakilan Bank Syariah di Indonesia dan 60 perguruan tinggi luar negeri dan dalam negeri. Selain itu, menghadirkan sejumlah narasumber terkemuka, seperti Dr Ghulam Yazdani (Jamia Millia Islamic India), dan Arvian Arifin (Pimpinan Bank Muamalat Indonesia). `'Mulai 2013 Indonesia akan menerapkan sistem National Payment Gateway (NPG), di mana kanal pembayaran seperti ATM, mobile (banking), dan internet (banking) menjadi satu kesatuan. NPG itu nantinya tidak lagi dikelola BI, namun operator industri pembayaran dan perbankan,'' katanya, kemarin.

...dst

14 ) UNS Ikut UMB Diploma
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/12/186163/UNS-Ikut-UMB-Diploma

12 Mei 2012
SOLO- Universitas Sebelas Maret Surakarta mengikuti Ujian Masuk Bersama (UMB) untuk program diploma, sehingga pada tahun ini UNS melakukan dua kali seleksi penerimaan mahasiswa program Diploma. Ketua SNMPTN Panlok 44 UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhDmengatakan, ada 12 perguruan tinggi negeri (PTN) yang ikut serta. Pendaftaran dilakukan secara online, sehingga memungkinkan menjaring lebih banyak pendaftar. "Harapannya bisa memperoleh bibit unggul," kata Sutarno, belum lama ini. Pendaftaran program diploma gelombang pertama yang sifatnya lokal, menurut Sutarno, dibuka 9-30 Mei 2012. Ujian tulis dilaksanakan 2 Juni dan ujian keterampilan dua hari setelahnya. "Pengumuman pada 11 Juni. Pendaftaran gelombang kedua dilaksanakan serentak di 12 PTN, yakni 4 Juni - 18 Juli 2012,'' jelas dia.

...dst

15 ) Para Rektor Akan Jadi Model Pada Peragaan Busana Muslim
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188061

Jumat, 11/05/2012 - 16:14
BANDUNG, (PRLM).- Para rektor yang ada di perguruan tinggi Kota Bandung dan sekitarnya dan juga puluhan rektor dari berbagai daerah di Indonesia ditantang untuk menjadi executive model dalam acara Peragaan Busana Muslim yang digelar Universitas Islam Bandung bersama Ikatan Perancang Busana Muslim dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Sabtu (12/5) di Kampus Unisba Jln. Tamansari Bandung. Tak hanya itu Wakil Menteri Periwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar serta ibu gubernur Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan pun didaulat untuk ikut memperagakan busana karya sejumlah perancang ternama Indonesia.Ketua Panitia Pelaksana Pagelaran Affandi dalam keterangan persnya kepada wartawan di Rektorat Unisba Jln. Tamansari Bandung, Jumat (11/5) menuturkan, yang sudah konfirmasi untuk menjadi executive model ini adalah Rektor Unisba, Direktur Pascasarjana Unisba, Wamen Sapta Nirwandar, dan Netty Heryawan. Di luar itu, sejumlah rektor-rektor perguruan tinggi Kota Bandung juga diundang dan diminta kesediaannya untuk menjadi model.

...dst

16 ) Penumpang Gelap di KPK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494258/38/
 
Saturday, 12 May 2012

MOH MAHFUD MD
Guru Besar Hukum Konstitusi 
Seorang kawan yang kebetulan "apes" menceritakan pengalaman pahitnya kepada saya saat dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia bukanlah tersangka maupun saksi dalam satu kasus sangkaan korupsi, melainkan hanya akan dimintai keterangan terkait sangkaan korupsi terhadap teman sejawatnya. Beberapa hari sebelum jadwal pemanggilan tiba, kawan saya itu didatangi oleh orang yang mengaku bisa mengatur kedatangan dan perlakuan nyaman selama pemberian keterangan di KPK.Orang itu meminta sejumlah uang dengan jaminan bahwa nanti di KPK urusannya akan mudah dan pertanyaan-pertanyaan penyidik akan diarahkan agar tak menjerat. Kawan saya menolak tawaran itu karena memang tak merasa melakukan apa-apa untuk dijerat dengan tuduhan korupsi. Dia hanya diundang untuk dimintai keterangan atas sangkaan korupsi oleh orang lain yang terjadi di kantornya. Dia tak mau mengeluarkan uang yang diminta orang yang mengaku dari KPK itu. Namun, esoknya, saat datang memenuhi panggilan KPK, kawan saya itu heran karena melihat orang yang mengaku orang KPK dan menawari kemudahan pemeriksaan itu memang ada di Gedung KPK. Dia tampak mematut-matutkan diri seakan-akan memang orang KPK yang bertugas melancarkan semua urusan.

...dst

17 ) Sukarelawan - Mereka Disatukan dalam Kepedulian
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/12/08182865/Mereka.Disatukan.dalam.Kepedulian

Sabtu, 12 Mei 2012 | 08:18 WIB
KOMPAS.com - Kesedihan yang mendalam dan kepedulian besar terhadap kegelisahan keluarga korban telah menyatukan mereka semua. Relawan sipil, TNI, dan polisi bersatu dan bahu-membahu menembus misteri gelap Gunung Salak untuk mencapai titik lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 buatan Rusia di Tenjolaya, Cidahu, lereng Gunung. "Saat diumumkan siapa saja yang mau ikut evakuasi korban Sukhoi, saya mengajukan diri karena mau membantu," tutur Komarun (21), mahasiswa Program Vokasi Universitas Indonesia. Komarun baru pertama kali melakukan evakuasi. Dia ditemui saat baru tiba sekitar pukul 17.00 di Posko Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/5/2012). Komarun bersama Ridwan dan Kurniadi, yang juga dari Mapala UI, naik ke Gunung Salak pada Kamis siang bersama tim Marinir TNI AL dari Posko Loji, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Setelah rehat semalam di gunung, mereka menemukan jenazah korban Sukhoi dan serpihan pesawat pada Jumat sekitar pukul 10.15. "Pertama melihat, kami takut karena (korban) sudah tidak utuh lagi," tutur Komarun yang terlihat kelelahan.

...dst

18 ) RS Polri Mulai Identifikasi Mayat Korban Sukhoi, Dibantu 4 PTN
http://news.detik.com/read/2012/05/12/131623/1915589/10/rs-polri-mulai-identifikasi-mayat-korban-sukhoi-dibantu-4-ptn?n991102605

Sabtu, 12/05/2012 13:16 WIB
Jakarta 4 Kantong mayat sudah tiba di RS Polri Kramatjati. Tim Disaster Victim Identification (DVI) sudah mulai melakukan pengidentifikasian, dibantu tenaga dari fakultas kedokteran dari 4 perguruan tinggi negeri. "Hingga saat ini sudah tiba 2 body bag pukul 07.30 WIB, kemudian pukul 08.30 WIB 2 body bag lagi," jelas Direktur RS Polri Brigjen Pol Agus Prayitno saat jumpa pers di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (12/5/2012). Sehingga saat ini, Tim DVI Indonesia sudah menggelar operasi DVI yang bersifat internasional, karena korban ini dari berbagai negara seperti Rusia, Prancis dan Amerika Serikat (AS). Selain itu identifikasi juga melibatkan tenaga dari fakultas kedokteran dari 4 universitas negeri. "Secara profesional kita juga libatkan patologi forensik, DNA forensik dan antropologi forensik. Secara independen DVI Polri juga melibatkan seperti dari Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Eijkman Institute dan beberapa dokter dari Banten," papar Agus. Tim DNA dari Rusia, imbuhnya, hingga saat ini belum tiba namun telah mengkonfirmasi akan memberikan bantuan forensik.

...dst

Berita Edukasi, 11 Mei 2012

1 ) UGM & ITB Jadi Percontohan Mata Kuliah SNI
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/10/373/627599/ugm-itb-jadi-percontohan-mata-kuliah-sni

Kamis, 10 Mei 2012 19:16 wib
DENPASAR - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi kampus percontohan untuk pengenalan mata kuliah standarisasi nasional Indonesia (SNI)."Kami telah menunjuk dua universitas sebagai pilot percontohan pengenalan SNI yaitu UGM dan ITB," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof. Dr. Djoko Santoso di Kuta, Bali, Kamis (10/5/2012). Penerapan mata kuliah tersebut, lanjutnya, dikaitkan pada mata kuliah lain seperti industri manajemen. Mahasiswa bisa mendalami mata kuliah standarisasi dengan melanjutkan jenjang pascasarjana (S-2). Djoko berharap, seluruh perguruan tinggi di Indonesia bisa menerapkan mata kuliah standardisasi mengingat hal itu akan menjadi acuan penting dalam produksi barang apa pun. "Yang distandardisasi itu alat produksinya, sehingga hasilnya pun pasti standar," kata Djoko Santoso disela kegiatan "The ICES Conference and WSC Academic Day 2012" yang berlangsung selama dua hari.

...dst

2 ) RUU PT, Angin Segar Pendidikan Vokasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/10/373/627320/ruu-pt-angin-segar-pendidikan-vokasi

Kamis, 10 Mei 2012 17:02 wib
JAKARTA - Keberadaan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) kian memberikan angin segar bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Menurut Ketua Prodi Program Diploma Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Wikan Sakarinto, hadirnya KKNI dan RUU PT membuat pendidikan vokasi semakin diakui dan sejajar dengan pendidikan akademik serta profesi. "Ini momentum nasional bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia," ujar Wikan seperti dikutip dari situs UGM, Kamis (10/5/2012). Wikan menggambarkan, dengan adanya RUU PT, nantinya pendidikan vokasi atau politeknik di Indonesia diberi peluang untuk membuka layanan pendidikan pada jenjang master dan doktor terapan. Selama ini, politeknik menawarkan pendidikan vokasi hingga jenjang diploma empat (D-4) atau sarjana sains terapan yang sama dengan S-1 pendidikan tinggi akademik. "Kita tunggu melalui RUU PT yang tengah digodok saat ini agar menjadi payung hukum pengembangan pendidikan vokasi ke depannya," imbuhnya.

...dst

3 ) Telusuri Dugaan Penyelewengan
Masyarakat Diharap Ikut Mengawasi Penyaluran Bidik Misi
http://www.jpnn.com/read/2012/05/11/127047/Telusuri-Dugaan-Penyelewengan-

Jum'at, 11 Mei 2012 , 08:14:00
JAKARTA - Beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) ditetapkan untuk mahasiswa dari keluarga miskin. Tapi dugaan pengucuran yang tidak tepat sasaran masih muncul. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertekad menulusuri dugaan penyelewengan ini. Dikabarkan, penyelewengan beasiswa ini muncul di salah satu provinsi di pulau Sumatera. Mahasiswa penerima bidik misi di daerah itu dikabarkan adalah anak dari dosen-dosen kampus penerima kuota bidik misi. Praktek ini muncul diduga karena kuota atau pagu penerima bidik misi di kampus tersebut tidak terserap. Dari pada harus dikembalikan lagi ke kas negara, kuota bidik misi yang tidak terserap itu dikucurkan tidak sesuai aturan. "Siapa tahu memang dosen itu miskin, sehingga anaknya didaftarkan program ini," tutur Mendikbud Mohammad Nuh. Tapi, menteri asal Surabaya itu mengatakan akan menulusir kebenaran dugaan pengucuran bidik misi yang tidak tepat sasaran tadi. Kemendikbud merespon baik jika masyarakat ikut mengontrol pengucuran bidik misi. Inspektur Jendral (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar juga mengatakan siap menindaklanjuti jika ada laporan bidik misi dikucurkan tetapi tidak tepat sasaran. Dia berharap, jika memang sudah diputuskan diterima oleh mahasiswa yang tidak miskin, keputusan itu harus dianulir.

...dst

4 ) Pendaftar SNMPT Hari Pertama Mulai Ramai
http://www.jpnn.com/read/2012/05/11/127018/Pendaftar-SNMPT-Hari-Pertama-Mulai-Ramai-

Jum'at, 11 Mei 2012 , 02:48:00
MALANG - Hari pertama pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2012, Kamis (10/5) langsung membuat sibuk panitia lokal (Panlok) Malang. Tak sedikit pendaftar yang mulai datang hanya sekadar bertanya mengenai prosedur pendaftaran. Hingga pukul 18.00 WIB kemarin, tercatat sebanyak 244 pendaftar sudah mendaftarkan diri. Terdiri dari 114 pendaftar IPA, 87 pendaftar IPS dan 43 pendaftar IPC. Ketua Koordinator Humas Panlok SNMPTN Malang, Drs Yahya MA menuturkan di tahap awal pendaftaran ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh siswa lulusan tahun lalu untuk mendaftar. "Tahun ini memang tidak ada pemisahan waktu pendaftaran bagi lulusan tahun lalu atau yang tahun ini," ujarnya. Menurut Yahya lulusan tahun ini yang masih menunggu pengumuman Ujian nasional (UN) memang belum bisa mendaftar online. Namun bagi yang ingin membeli PIN sudah bisa dilakukan karena syaratnya hanya menyebutkan tanggal lahir saja. Dengan kode tanggal lahir ini diharapkan memperkecil peluang perjokian dalam pelaksanaan SNMPTN. Sebab sistem data based tidak lagi diurutkan berdasarkan nama pendaftar, melainkan tanggal lahirnya. Sehingga sistem akan sangat susah dibobol atau diacak oleh joki.

...dst

5 ) Jika Peserta SNMPTN 2012 Jalur Undangan Gagal, Bisa Ikuti Jalur Tertulis
http://www.pikiran-rakyat.com/node/187930

Kamis, 10/05/2012 - 17:08
BANDUNG, (PRLM).- Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan bisa kembali mendaftar jalur tertulis jika tidak diterima di jalur undangan. Bahkan bagi peserta yang sudah terdaftar sebagai peserta beasiswa bidik misi bisa langsung mendaftar tanpa harus membayar lagi biaya pendaftaran. "Jadi nanti kalau pada saat pengumuman jalur undangan pada 28 Mei dinyatakan belum diterima, peserta boleh daftar lagi di jalur tertulis. Khusus bagi peserta bidik misi tidak perlu bayar. PIN yang sudah dimiliki bisa digunakan kembali untuk daftar di jalur tulis," kata Marlia Singgih, Tim Humas dan Informal Panitia SNMPTN Pusat saat dihubungi "PRLM", Kamis (10/5/12). Di hari pertama pendaftaran SNMPTN jalur tertulis, Marlia menjelaskan belum terlihat adanya lonjakan jumlah pendaftar. Sebab biasanya peserta baru mendaftar di pertengahan terutama setelah pengumuman jalur undangan dilaksanakan dan juga pengumuman Ujian Nasional tingkat SMA/SMK/MA yang rencananya baru akan dilaksanakan pada 24-26 Mei mendatang. "Untuk hari pertama ini biasanya belum begitu banyak dan sampai siang ini belum direkap," ucapnya.Namun demikian, Marlia berharap agar para peserta tidak menunda-nunda proses pembayaran hingga saat-saat terakhir tenggat pendaftaran. Sebab dikhawatirkan ketika mendaftar di hari-hari terakhir terjadi jam atau jaringan yang terganggu karena padatnya pendaftaran.

...dst

6 ) Peserta Bidik Misi Bisa Ikut SNMPTN   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493947/

Friday, 11 May 2012
SEMARANG – Koordinator Wilayah (Korwil) II Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Prof Sudijono Sastroatmodjo mengatakan calon pendaftar beasiswa Bidik Misi dapat mendaftar melalui SNMPTN. "Sebenarnya para peminat (beasiswa Bidik Misi) sudah dapat mendaftarkan diri secara online melalui http:// daftar.bidikmisi.dikti.go.id sejak 1 Mei lalu hingga 29 Mei nanti. Namun, pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tulis-Keterampilan dibuka 10-30 Mei 2012," katanya kemarin. Dia meminta kepada para calon pendaftar agar membaca dengan cermat semua petunjuk terkait pendaftaran. Semua petunjuk tersebut dapat diakses melalui dua web yang sudah tersedia, yakni snmptn.ac.id dan bidikmisi. dikti.ac.id. (susilo himawan)

...dst

7 ) Unnes sediakan 1.500 beasiswa "Bidik Misi"
http://www.antaranews.com/berita/310105/unnes-sediakan-1500-beasiswa-bidik-misi

Kamis, 10 Mei 2012 21:24 WIB
Semarang (ANTARA News) - Universitas Negeri Semarang menyediakan kuota penerima beasiswa "Bidik Misi" sebanyak 1.500 mahasiswa pada tahun ini, sedikit lebih tinggi dibandingkan kuota yang disediakan pada tahun lalu. "Kami mendapatkan kuota beasiswa Bidik Misi sebanyak 1.500 mahasiswa, lebih besar dari tahun lalu. Kalau kuota tahun kemarin hanya 1.450 mahasiswa," kata Rektor Unnes Profesor Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Kamis. Pada tahun lalu, Unnes awalnya hanya mendapatkan kuota Bidik Misi untuk 450 mahasiswa, kemudian Unnes mengusulkan tambahan kuota lagi untuk memfasilitasi mahasiswa miskin sehingga mendapat tambahan kuota 1.000 mahasiswa. Dari kuota Bidik Misi sebanyak 1.500 mahasiswa itu, kata dia, sebanyak 960 penerima diseleksi melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) undangan, 240 penerima lewat SNMPTN tulis, dan 300 penerima lewat jalur mandiri. Menurut Sudijono, kuota Bidik Misi yang disediakan Unnes tersebut merupakan yang terbanyak dari seluruh PTN yang ada di Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk memfasilitasi mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin.

...dst

8 ) Seleksi Masuk PTN Jalur Tertulis Akankah Dihapus?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/11/10520822/Seleksi.Masuk.PTN.Jalur.Tertulis.Akankah.Dihapus.

Jumat, 11 Mei 2012 | 10:52 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggulirkan rencana untuk menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur ujian tertulis. Ke depan, hanya ada dua sistem penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN). Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan yang didasarkan pada nilai rapor, ranking siswa, dan nilai UN. Kedua, seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN. Sebelum Kemdikbud dan PTN menetapkan sistem seleksi baru ini, perlu kajian terhadap sistem seleksi yang ada dan diinformasikan kepada masyarakat. Dengan demikian, kebijakan baru akan ditopang oleh bukti-bukti kuat guna menumbuhkan tradisi "evidence-based policy" dalam pengambilan kebijakan.Ada tiga hal penting yang perlu dikaji sebelum mengubah sistem penerimaan. Pertama, perbedaan fungsi UN dan SNMPTN jalur ujian tertulis. Kedua, validitas prediktif. Ketiga, dampak perubahan sistem terhadap komposisi mahasiswa di PTN.

...dst

9 ) Bidikmisi di Kementerian Agama Dihapuskan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/318614/293/14/Bidikmisi-di-Kementerian-Agama-Dihapuskan

Rabu, 09 Mei 2012 23:42 WIB   
JAKARTA--MICOM: Pada tahun ini, tidak ada lagi Bidikmisi untuk perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Agama. Hal itu dikemukakan Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka (Rektor ITB) dalam konferensi pers di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (9/5). "Jadi Bidikmisi hanya berlaku untuk PTN di bawah koordinasi Kemendikbud," tegasnya. Penghapusan jatah Bidikmisi bagi PTN di bawah Kemenag didasari upaya untuk menjaga keadilan. Sebelumnya, baru diketahui bahwa anggaran Kemenag untuk pendidikan sebesar Rp28 triliun. Jumlah itu lebih dari 50 persen anggaran pendidikan Kemendikbud yang hanya berkisar Rp54 triliun. Padahal kewajiban Kemendikbud jauh lebih besar dari kewajiban pengelolaan pendidikan Kemenag. "Kami yakin nanti ada mekanisme beasiswa lain yang bisa ditawarkan Kementerian Agama untuk PTN di bawahnya," katanya.

...dst

10 ) 6 Mahasiswa Unnes Ikuti Olimpiade 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493946/''

Friday, 11 May 2012
SEMARANG – Enam mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan mengikuti olimpiade MIPA tingkat nasional di Hotel Sahid Surabaya, 12–16 Mei 2012. Keenam mahasiswa tersebut adalah Sutrisno Jurusan Biologi, Retno Asih (Biologi), Listiyanto (Fisika), Fikri Hasanah (Fisika), Akhmad Musyafak (Fisika), dan Zulfani Aziz (Fisika). "Mereka dinyatakan lolos seleksi tingkat wilayah ON MIPA-PT 2012 oleh panitia pusat sesuai dengan surat pengumuman Nomor 05310642/ E3.4/2012," kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Unnes Prof Masrukhi, kemarin. Masrukhi berpesan agar para mahasiswa yang terpilih tersebut manfaatkan seleksi ini sebaik mungkin. (susilo himawan) 

...dst

11 ) BSN Siapkan Dua Kampus Jenjang Strata Dua
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/11/06394576/BSN.Siapkan.Dua.Kampus.Jenjang.Strata.Dua

Jumat, 11 Mei 2012 | 06:39 WIB
Kuta, Kompas  — Badan Standardisasi Nasional belum memiliki tenaga profesional ataupun lembaga pendidikan di bidang standardisasi. Di tengah rendahnya kesadaran publik dalam negeri tentang pentingnya standardisasi kualitas produk, BSN menilai penting melahirkan tenaga profesional standardisasi melalui jalur formal. Kepala BSN Pusat Bambang Setiadi mengatakan, pihaknya menyiapkan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada untuk jenjang strata dua (S-2) khusus standardisasi. "Selama ini, pendidikan standardisasi masih sebatas kurikulum pengantar di kampus-kampus. Tahun ini mudah-mudahan selesai," katanya, seusai pembukaan The ICES Conference dan WCS Academic Day 2012 di Bali, Kamis (10/5/2012).

...dst

12 ) Diversifikasi Pangan dari IPB
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/11/02565163/diversifikasi.pangan.dari.ipb.

11 Mei 2012
Tepung gandum yang 100 persen diimpor menjadi contoh jebakan pangan yang menciptakan ketergantungan. Demikian juga beras. Periset teknologi pangan Institut Pertanian Bogor berupaya mencegah lewat inovasi beras analog. Bentuknya mirip beras padi, terbuat dari campuran bahan baku lokal, seperti sagu, sorgum, umbi-umbian, dan jagung. Mulai Juni 2012 beras analog akan diproduksi secara komersial. Industrinya ada di Jawa Timur. Bahan baku untuk sementara dipilih sorgum, jagung, dan sagu," kata Direktur Food Technopark Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Slamet Budijanto, Rabu (9/5), di Bogor, Jawa Barat. Menurut doktor kimia pangan dari Universitas Tohoku Jepang ini, sebagai produk diversifikasi pangan, beras analog memiliki keunggulan ditilik dari komposisi bahan baku. Sorgum dipilih karena indeks glikemiknya rendah. Indeks glikemik adalah dampak makanan terhadap kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah lambat meningkatkan kadar gula dalam darah. Dengan demikian, makanan tersebut menyehatkan dan baik bagi penderita diabetes. Selain itu, kandungan protein beras analog 12 persen. Lebih tinggi dibandingkan beras yang 6-8 persen.

...dst

13 ) ITSB Kampus Pertama Bersertifikasi "Green Building"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/11/13474867/ITSB.Kampus.Pertama.Bersertifikasi.Green.Building.

Jumat, 11 Mei 2012 | 13:47 WIB
Kompas.com - Gedung kampus Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) menjadi gedung kampus pertama yang mendapatkan sertifikasi "Green Building" atau bangunan ramah lingkungan dari Green Building Council Indonesia. Bangunan utama kampus yang berlokasi di Kota Deltamas Bekasi itu memiliki empat lantai seluas 4.000 meter persegi itu baru diresmikan pada Desember 2011 dan dapat menampung 400 mahasiswa. Menurut Ari Darmawan, rektor ITSB, gedung kampus ITSB mendapat sertifikasi "Green Building" karena konsumsi energinya di bawah rata-rata, mempunyai ruang terbuka hijau, serta air buangan tidak langsung dibuang ke tanah tapi ditampung sehingga memungkinkan untuk diserap sumur resapan. Selain itu, ruang kuliah yang dilengkapi pengatur suhu udara (AC) mempunyai sirkulasi udara yang baik. Juga ada taman rambat yang tumbuh vertikal dengan sistem penyiraman melalui pipa.
   
...dst

14 ) Lulus Kuliah, Mahasiswa Dituntut Siap Kerja
http://www.jpnn.com/read/2012/05/10/126984/Lulus-Kuliah,-Mahasiswa-Dituntut-Siap-Kerja-

Kamis, 10 Mei 2012 , 18:35:00
BEKASI - Rektor Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB), Ari Darmawan Pasek mengungkapkan masih banyak para sarjana yang baru lulus kuliah, ternyata tidak siap kerja. Sehingga para sarjana baru tersebut tidak bisa menutupi kebutuhan pasar kerja di Indonesia. "Itu yang menjadi tantangan kita. Sehingga, kita sekarang ini terus menggenjot para mahasiswa  untuk bisa mengisi kebutuhan pasar kerja khususnya di bidang industri," kata Ari kepada wartawan saat acara ITSB campus tour di Gedung Kampus ITSB, Bekasi, Kamis (10/5). ITSB yang dikelola oleh ITB, Sinarmas dan Pemerintah Kabupaten Bekasi ini  merupakan feeder university bagi Institut Teknologi Bandung (ITB). Yaitu, mahasiswa ITSB yang berprestasi prima dapat melanjutkan studinya jutkan studinya di ITB sebagai mahasiswa ITB dan lulus sebagai sarjana ITB.  "Bisa dikatakan, kampus ini adalah ITB 2. Mahasiswa yang bagus bisa ditransfer ke ITB dengan  syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)-nya  di atas 3,5," jelasnya.

...dst

15 ) Menristek canangkan Sulawesi pusat riset kakao
http://www.antaranews.com/berita/310150/menristek-canangkan-sulawesi-pusat-riset-kakao

Jumat, 11 Mei 2012 11:14 WIB |
Makassar (ANTARA News) - Kementerian Riset dan Teknologi bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan mencanangkan Pusat Riset dan Pengembangan Rumput Laut dan Kakao."Indonesia kaya sekali. Produksi kakao kita nomor tiga di dunia, tapi kita masih mengekspornya mentah-mentah tanpa mengolahnya lebih dulu, juga rumput laut," kata Menteri Ristek Gusti Muhammad Hatta pada Rapat Koordinasi SDM dan Iptek Koridor Sulawesi antara Kemristek, para pejabat badan litbang di Sulawesi dan peneliti Universitas Hasanuddin di Makassar, Jumat.
Menteri mengatakan, Struktur ekonomi Indonesia saat ini masih terfokus pada pertanian dan industri yang mengeksploitasi hasil alam, sedangkan industri yang berorientasi pada peningkatan nilai tambah produk masih terbatas. Padahal ketersediaan sumberdaya alam tidak tanpa batas, sementara kebutuhan pembiayaan untuk pelaksanaan pembangunan terus meningkat. "Jika sumber daya alam sudah habis, ekonomi kita akan bertumpu pada impor. Defisit sumber daya alam ini dapat menimbulkan permasalahan besar," katanya.

...dst

16 ) Mahasiswa Ternate Himpun Dana untuk Korban Gamalama
http://regional.kompas.com/read/2012/05/11/11050780/Mahasiswa.Ternate.Himpun.Dana.untuk.Korban.Gamalama

Jumat, 11 Mei 2012 | 11:05 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Peristiwa banjir lahar dingin Gunung Gamalama, Rabu (9/5/2012), membuat elemen mahasiswa Ternate yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Ternate dan mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate turut bersimpati. Mereka menggelar aksi pengumpulan dana untuk para korban banjir. Sejak Kamis kemarin, puluhan mahasiswa tengah sibuk berorasi di berbagai sudut Kota Ternate untuk menghimpun dana. Mereka berorasi menyampaikan keprihatinan mereka terhadap korban banjir lahar dingin yang menimpa warga Kota Ternate. Mereka juga meminta warga lainnya turut berprihatin atas peristiwa tersebut.

...dst

17 ) Rosa dan Yulianis Diperiksa Kasus Korupsi Untirta
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/05/10/m3t072-rosa-dan-yulianis-diperiksa-kasus-korupsi-untirta

Kamis, 10 Mei 2012, 18:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah kasus korupsi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Sriwijaya (Unsri), tim penyidik Kejaksaan Agung kini juga tengah menyidik kasus korupsi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Tim penyidik telah memeriksa Mindo Rosalina Manulang alias Rosa dan Yulianis di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (9/5) lalu. "Tim penyidik Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten Kejati pada Rabu (9/5) memeriksa Mindo Rosalina Manulang dan Yulianis di Gedung KPK," kata Asisten Intelijen Kejati Banten, Dicky Rachmat Raharjo, Kamis (10/5). Dicky menambahkan Rosa dan Yulianis diperiksa dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pengadaan barang atau jasa paket pekerjaan pengadaan peralatan laboratorium Untirta. Dananya bersumber dari APBNP Tahun Anggaran 2010, yaitu sebesar Rp 49 miliar. Rosa diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan direktur marketing PT Anugerah Nusantara dan Yulianis diperiksa sebagai mantan direktur keuangan PT Anugerah Nusantara. PT Anugerah Nusantara ini merupakan akan perusahaan dari Permai Group milik Nazaruddin.

...dst

18 ) Indonesia Gandeng Thailand Kembangkan SMK
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/330

05/10/2012 (All day)
Jakarta --- Indonesia dan Thailand bekerja sama dalam mengembangkan SMK di kedua negara dalam program School Partnership Indonesia-Thailand.  Tujuan program tersebut adalah untuk membangun komunitas pendidikan untuk perbaikan mutu, dan sarana untuk berbagi/bertukar ilmu pendidikan serta kearifan lokal masing-masing negara. Program ini sudah dijalankan sejak tahun 2009. Demikian diungkapkan oleh direktur SEAMOLEC, Gatot Hari Priwirjanto, saat memberikan keterangan pers di Gedung Kemdikbud, Kamis (10/05). Gatot mengatakan, melalui program ini kedua negara saling melakukan penjajakan, dan pengembangan dalam rangka menyongsong Asian Community 2015. "Program ini juga upaya untuk menjalankan mandat 11 menteri pendidikan di Asia Tenggara, untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh," katanya. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan kedua negara ini melibatkan sekolah-sekolah dan universitas yang dikembangkan bersama. Ada kegiatan pertukaran guru, siswa, dan materi pembelajaran yang dilakukan dengan SEA cyber class. "Setelah belajar bersama, akan ada ujian bersama mirip UN," kata Gatot. Ujian bersama tersebut dilakukan untuk mengetahui nilai siswa SMK di wilayah Asia Tenggara. "Berapa nilai bahasa inggrisnya, elektronika, ataupun pelajaran lainnya," tambahnya.

...dst

19 ) Duh, 95 Persen Bahan Baku Obat Diimpor dari China dan Eropa
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/10/318802/293/14/Duh-95-Persen-Bahan-Baku-Obat-Diimpor-dari-China-dan-Eropa

Kamis, 10 Mei 2012 18:20 WIB   
JAKARTA--MICOM: Ketergantungan industri farmasi lokal terhadap impor bahan baku obat dinilai dapat mengancam kelangsungan dunia farmasi Indonesia. Ketergantungan pada asing membuat industri farmasi Indonesia rentan terhadap fluktuasi harga di pasaran. Selain itu pemerintah juga lebih sulit untuk mengontrol kualitas mutu dari bahan baku. Kini hampir 95% bahan baku obat industri farmasi Indonesia bersumber dari China, India dan Eropa. "Tingginya ketergantungan bahan baku asing juga berpotensi menimbulkan kerawanan ketersediaan akses obat di dalam negeri," ujar Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti usai membuka Convention on Pharmaceutical Ingredients Southeast Asia (CPhI SEA), di Jakarta, Kamis (10/5). CPhI SEA merupakan pameran bahan baku obat terbesar di ASEAN yang digelar tanggal 10-12 Mei di Jakarta International Expo. Padahal, lanjut Ghufron, tren permintaan obat di dalam negeri cenderung mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.

...dst

20 ) MUSIBAH SUKHOI

Tugas Mama Sudah Selesai
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/11/02030699/tugas.mama.sudah.selesai..

11 Mei 2012
Mama sudah dipanggil. Tugas mama sudah selesai," kata Michael Arcy (19), sulung dari dua bersaudara anak pramugari Sky Air, Rossy Witham (43), yang tewas dalam penerbangan pesawat Sukhoi Superjet 100, di Tenjolaya, Cidahu, tebing Gunung Salak, Rabu (9/5). Saat hendak terbang, ujar Michael, ibunya sempat menghubungi dirinya melalui Blackberry untuk pamit akan terbang. "Saya jawab, 'Have a nice flight, Ma,'" kata Michael. Setelah melaporkan kasus bundanya di posko Disaster Victim Identification, ia menuju lantai dua kantor Sky Air. Saat mendengar kecelakaan yang menimpa ibunya, Michael sedang berada di Pangkal Pinang, mengikuti sekolah pilot. "Saya berangkat dari sana pukul 07.00 dan tiba di Bandara Halim pukul 08.00," tuturnya. Ia masih memakai seragam siswa dengan kepala plontos. Michael sudah empat bulan menjalani sekolah pilot. Jika tak ada halangan, tahun depan Michael bakal menjadi pilot maskapai Sriwijaya Air. Saat ditanya tentang bundanya semasa hidup, Michael menjawab dengan tegar. "Mama orang yang gigih. Ia tetap gigih meski sejak tahun 2000 mama berpisah dengan papa. Saya sedih kehilangan mama, tetapi saya ingin seperti mama. Show must go on," katanya. Pesan bundanya yang selalu Michael ingat adalah, "Kelak, saat kamu berada di atas, kamu harus tetap rendah hati. Ingatlah selalu saat kamu berada di bawah." Michael mengaku siap menggantikan mamanya membesarkan adiknya, Kevin (14).

...dst

Berita Edukasi, 10 Mei 2012

1 ) Terpilih Jadi Ketua MWA UI, Ketum PBNU Said Aqil Kalahkan JK
http://news.detik.com/read/2012/05/10/153255/1914202/10/terpilih-jadi-ketua-mwa-ui-ketum-pbnu-said-aqil-kalahkan-jk?n991102605

Kamis, 10/05/2012 15:32 WIB
Jakarta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, terpilih menjadi Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI). Dalam proses pemungutan suara terbanyak di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (9/5) malam, Said Aqil mengalahkan Mantan Wapres RI Jusuf Kalla dengan selisih satu suara. Dalam pemilihan yang juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Said berhasil mendapatkan 9 dari 21 suara yang diperebutkan. JK berada di urutan ke-2 dengan 8 suara. Sementara 4 suara tersisa tidak digunakan oleh pemiliknya karena tidak hadir alias abstain. "Sebagai orang ndeso yang dibesarkan di pesantren bisa, saya tidak menduga bisa terpilih menjadi Ketua MWA UI, apalagi bersaing dengan Pak Jusuf Kalla," ungkap Said di Jakarta, sebagaimana rilis yang diterima detikcom, Kamis (10/5/2012).

...dst

2 ) Tim Lintas Ilmu Dilibatkan Identifikasi Korban Sukhoi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/10/15404551/Tim.Lintas.Ilmu.Dilibatkan.Identifikasi.Korban.Sukhoi

Kamis, 10 Mei 2012 | 15:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Tim ahli lintas ilmu terlibat dalam identifikasi korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100. Mereka bertugas memastikan ciri-ciri korban menyangkut perkiraan usia, susunan gigi, asal usul korban. Tim ahli yang terlibat terdiri dari ahli forensik, ahli gigi, ahli sidik jari, ahli DNA, dan pakar antropologi. Hasil pemeriksaan tim ahli ini akan dicocokkan dengan data dari pihak keluarga. Saat ini tim Disaster Victim Identification (DVI) sedang bekerja mendata korban di Bandara Halim Perdana Kusuma. "Tidak dapat dipastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan selama proses di rumah sakit Polri. Itu tergantung dari kondisi tubuh korban. Jika utuh kami lebih mudah mengidentifikasi kemudian mengembalikan kepihak keluarga," kata Direktur Rumah Sakit Polri Sukanto Kramat Jati Jakarta Timur Brigadir Jenderal Agus Prayitno, Kamis (10/5) kepada Kompas.

...dst

3 ) 30.000 Beasiswa Bidik Misi Khusus untuk PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/10/06252579/30.000.Beasiswa.Bidik.Misi.Khusus.untuk.PTN

Kamis, 10 Mei 2012 | 06:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan 30.000 kuota Bidik Misi untuk 2012 khusus untuk perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh Kemendikbud. Adapuun Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) ataupun Universitas Islam Negeri (UIN) yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Agama tidak mendapatkan jatah Bidik Misi tersebut. Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, Akhmaloka mengatakan, pemberian beasiswa Bidik Misi itu sejalan dengan jiwa penerimaan mahasiswa baru PTN tahun ini. Melalui progam ini, Kemendikbud menginginkan perluasan aksebilitas pelayanan pendidikan yang dikhususkan pada akses masuk perguruan tinggi bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi. "Tahun ini ada penambahan kuota Bidik Misi sebanyak 30.000. Tapi ini khusus untuk PTN yang berada di bawah Kemdikbud," kata Akhmaloka di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Rabu (9/5/2012).

...dst

4 ) Kemdikbud Sediakan Dana Transportasi Penerima Bidikmisi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/327

05/10/2012
Jakarta --- Penerima bidikmisi tahun 2012 tidak perlu lagi khawatir tentang biaya perjalanan dari kampung halaman ke kampus tujuan yang berada di luar kabupaten. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, menyediakan dana khusus bagi mereka. Dana tersebut akan diberikan bersamaan dengan pemberian biaya kuliah dan biaya hidup, setibanya mereka di kampus tujuan."Yang penting bukti transportasi mereka dari rumah ke kampusnya lengkap," demikian disampaikan Rektor ITS, Triyogi, saat bertemu media di Gedung Dikti Kemdikbud, Rabu malam (9/05). Biaya transportasi ini untuk mengakomodasi para calon mahasiswa yang telah lulus seleksi bidikmisi, namun tidak bisa berangkat ke kampus tujuan yang berada di luar kota karena tidak ada biaya. Tahun ini, disediakan kuota 30 ribu orang penerima bidikmisi untuk seluruh PTN di bawah naungan Kemdikbud. Kuota tersebut disebar diseluruh perguruan tinggi negeri, dengan ketentuan 20 persen dari jumlah mahasiswa yang diterima di ptn tersebut. Jika sebuah PTN tidak bisa memenuhi kuota yang diberikan, maka sisa kuotanya akan dialihkan ke PTN lain.

...dst

5 ) Unsyiah Siap DO Penerima Beasiswa Bidik Misi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/09/373/626783/unsyiah-siap-do-penerima-beasiswa-bidik-misi

Rabu, 09 Mei 2012 18:25 wib
BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh siap menindak tegas calon beasiswa bidik misi yang melakukan pemalsuan data. Jika terbukti, calon mahasiswa itu langsung dikeluarkan (drop out), meski sudah lulus seleksi. Kordinator panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Unsyiah Samsul Rizal menyatakan, tujuan penerapan sanksi tegas ini agar program beasiswa bidik misi lebih tepat sasaran. "Peruntukannya benar–benar kepada mahasiswa miskin dan mampu secara akademik," kata Samsul kepada wartawan di Biro Rektorat Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Selasa 8 Mei. Tahun lalu, panitia penerima mahasiswa baru Unsyiah menemukan 50 mahasiswa penerima beasiswa bidik misi memalsukan data. Bahkan di antaranya merupakan anak orang kaya dan PNS. "50 mahasiswa itu langsung kita batalkan beasiswanya," ujar Rektor Unsyiah tersebut. Mulai tahun ini, sanksi diterapkan lebih tegas, yaitu bukan hanya sebatas membatalkan beasiswa, namun mahasiswa bersangkutan akan di DO dari Universitas. Samsul mengungkapkan, pihaknya akan meverifikasi secara ketat mahasiswa baru penerima beasiswa bidik misi, agar beasiswa itu benar-benar tepat sasaran. Masyarakat diminta ikut mengawasinya dan melaporkan ke panitia jika mengetahui orangtua penerima beasiswa itu adalah orang kaya.

...dst

6 ) Ada 120 Ribu Kursi pada SNMPTN 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/328

05/10/2012
Jakarta --- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 akan dilaksanakan pada 12-13 Juni 2012. "Ada 120 ribu kursi bagi para calon mahasiswa melalui jalur ujian tulis," ujar Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka, saat memberikan keterangan pers, Rabu (9/05), di Gedung Dikti Kemdikbud. Selain ujian tulis, Panitia SNMPTN telah menjaring 60 ribu orang calon mahasiswa dari jalur undangan. Jalur undangan merupakan jalur untuk menyaring calon mahasiswa dengan kriteria berprestasi akademik maupun mahasiswa dari kalangan ekonomi kurang mampu. "Untuk jalur undangan, rektor punya catatan sendiri tentang sekolah yang mendaftar," tuturnya. Pendaftaran SNMPTN 2012 jalur ujian tulis telah dibuka Kamis (10/05) pukul 08.00 WIB. Mekanisme pendaftaran dimulai dengan membayar ke Bank Mandiri atau kantor pos terdekat, sesuai dengan jurusan yang dipilih. Jurusan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial Rp150 ribu, untuk yang mengambil ilmu pengetahuan campuran keduanya (IPC) Rp175.000, dan untuk ujian keterampilan Rp150.000 per ujian keterampilan. Setelah membayar, pendaftar akan memperoleh pin yang akan dijadikan tanda pendaftaran untuk masuk dalam sistem online www.snmptn.ac.id.

...dst

7 ) PTN - Hindari Kesalahan Pendaftaran Online
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493730/

Thursday, 10 May 2012
BANDUNG – Hari ini pendaftaran online seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dibuka. Panitia Lokal (Panlok) Bandung menyiapkan kursi sebanyak 38.500 orang untuk peserta yang akan mengikuti ujian tertulis pada 12-13 Juni 2012. Sekretaris Eksekutif I SNMPTN Panlok Bandung Asep Gana Suganda mengatakan, pendaftaran online dibuka pada pukul 22.00 WIB.Sebelum mengisi, calon peserta harus memerhatikan berbagai hal agar tidak terjadi kesalahan pendaftaran. "Karena itu, sebelum mendaftar online,peserta terlebih dulu harus mengunduh buku panduan pendaftaran peserta SNMPTN dan panduan informasi melaluilaman www.snmptn.ac.id agar peserta memahami seluruh informasi,"ujarnya,kemarin. Berbeda dengan pendaftaran SNMPTN tahun 2011, tahun ini pendaftaran lebih sederhana. Salah satunya dalam proses pembayaran, tahun lalu calon peserta diharuskan menyebutkan nomor induk siswa nasional (NISN), kode panlok, dan pilihan paket kelompok ujian (IPA/IPS/IPC).Pada tahun ini,calon peserta hanya diminta menyebutkan tanggal lahir sebagai identitas diri saat melakukan pembayaran di bank.

...dst

8 ) USU Terima 3.117 Jalur SNMPTN
http://www.jpnn.com/read/2012/05/10/126958/USU-Terima-3.117-Jalur-SNMPTN-

Kamis, 10 Mei 2012 , 12:59:00
MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) menyiapkan kuota sebanyak 3.117 bagi calon mahasiswa untuk mengikuti SNMPTN jalur tulis tahun akademik 2012/2013. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 untuk ujian tertulis secara online di USU nantinya, akan dibuka Kamis (10/5) hingga Kamis (31/5) mendatang. "Kuota sebanyak 3.117 yang disiapkan USU bagi mahasiswa baru ini nantinya akan menempati kursi di 47 program studi S-1 reguler," ungkap Ketua Panitia Lokal USU, Prof Ir Zulkifli Nasution, didampingi sekretaris Panitia Lokal Ir Saipul Bahri Daulay, di Kantor Panlok Kampus USU Medan, Rabu (9/5). Jadwal pelaksanaan ujian tertulis, sambung Zulkifli, akan dimulai pada Selasa 12 Juni, dengan materi ujian tes potensi akademik, dan tes bidang studi dasar Sedangkan pada hari kedua, Rabu 13 Juni, dengan materi tes bidang studi IPA dan tes bidang studi IPS.

...dst

9 ) Rektor ITS: Ujian Nasional Sulit Digunakan untuk Masuk PTN 
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/10/079402937/Rektor-ITS-Ujian-Nasional-Sulit-Digunakan-untuk-Masuk-PTN

KAMIS, 10 MEI 2012 | 10:33 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Triyogi Wuyono, menyatakan sulit menggunakan hasil Ujian Nasional sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri. "Masih oke jika hanya jadi salah satu penentu," ujarnya saat ditemui di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rabu malam, 9 Mei 2012. Namun, menurut Triyogi, jangan sampai 100 persen penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri didasarkan pada UN. Ia khawatir jika penentuan masuk perguruan tinggi negeri cuma didasarkan nilai UN, maka hanya penduduk Jawa saja yang dapat berkuliah di perguruan tinggi negeri. Sebab, masih terdapat kesenjangan nilai Ujian Nasional antara siswa di Pulau Jawa dengan siswa dari Indonesia bagian timur. Ia mengatakan nilai UN siswa di Pulau Jawa jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai siswa yang berasal dari Indonesia bagian timur. Untuk itu, kata Triyogi, perlu dibuka peluang masuk perguruan tinggi negeri kepada seluruh siswa di Indonesia demi memajukan negara dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

...dst

10 ) Mendikbud: Kemendikbud Hemat Anggaran Sekitar Rp 2 Triliun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/09/15352255/Mendikbud.Kemendikbud.Hemat.Anggaran.Sekitar.Rp.2.Triliun

Rabu, 9 Mei 2012 | 15:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengklaim berhasil melakukan efisiensi anggaran sekitar Rp 2 triliun - Rp 3 triliun pada 2011 lalu. Mendikbud mengungkapkan hal tersebut usai mengikuti Rapat Koordinasi Pembahasan Soal Pasokan Gas, di Gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/5/2012). "Tahun lalu (2011) efisiensi anggaran Kemendikbud mencapai sekitar 10 % yang diperoleh antara lain dari penghematan perjalanan dinas, biaya rapat," kata Nuh. Nuh menjelaskan, penghematan dilakukan pada pos-pos keuangan yang terkait dengan struktur organisasi. Struktur ini, katanya, berpengaruh besar terhadap pembiayaan dan beban operasional Kemendikbud. "Tahun ini (2012) kita berharap penghematan anggaran dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga dananya bisa digunakan untuk keperluan lainnya," ujarnya.Ia menyebutkan, dana yang dapat dihemat pada 2011 tersebut direalokasikan untuk menambah sekitar ribuan kelas baru. Realokasi tersebut, termasuk untuk menambah jumlah bangunan sekolah.

...dst

11 ) Biaya pendidikan di UI harus tetap terjangkau
http://www.antaranews.com/berita/310007/biaya-pendidikan-di-ui-harus-tetap-terjangkau

Kamis, 10 Mei 2012 15:24 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia terpilih KH Said Aqil Siroj berharap UI tetap menjadi perguruan tinggi yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. "UI adalah universitas terbesar di Indonesia yang harus menjadi tempat belajar anak-anak cerdas dari seluruh lapisan masyarakat," kata Said Aqil di Jakarta, Kamis. Lebih lanjut Said Aqil mengatakan, UI memang harus dikelola secara modern dan profesional dengan pelayanan yang baik, namun biaya perkuliahannya harus tetap terjangkau, sehingga tidak hanya menjadi tempat belajar kalangan berduit. "UI tetap harus dikelola secara profesional dengan biaya perkuliahan yang terjangkau, namun tak menjadikannya tertinggal dalam pelayanan dan riset pengembangan teknologi," ujar alumni Uniiversitas Ummul Qura, Mekkah, Arab Saudi, itu. Said Aqil terpilih sebagai Ketua MWA UI melalui proses pemungutan suara di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (9/5) malam, mengalahkan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dengan selisih satu suara. Dalam pemilihan yang juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Said Aqil berhasil mendapatkan 9 dari 21 suara yang diperebutkan, sementara Jusuf Kalla memperoleh 8 suara.

...dst

12 ) Undip Tak Ubah Biaya
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/10/186011/Undip-Tak-Ubah-Biaya

10 Mei 2012
SEMARANG- Meski penerapan tarif tunggal atau satu komponen pembiayaan perkuliahan masih menjadi polemik, tahun ini Undip masih menerapkan tarif lama bagi mahasiswa baru. Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Sudharto P Hadi menanggapi rencana penerapan tarif tunggal itu masih belum final. ''Kalau belum diterapkan secara nasional, tahun ini kami masih menggunakan tarif lama,'' katanya didampingi Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Prof Dr Mukh Arifin. Dia menjelaskan, biaya perkuliahan di Undip terdiri atas tiga komponen, yakni Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), Praktikum, Responsi & Kegiatan Perkuliahan lainnya (PRKP), dan Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP). Tahun ini besaran SPP dibedakan dua, yakni dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Rp 750.000 untuk fakultas sosial dan Rp 1.750.000 untuk fakultas eksakta. SPP dari jalur Ujian Mandiri Rp 1.250.000 juta - Rp 2 juta.

...dst

13 ) Mendikbud: orang terdidik mbok ya jangan korupsi
http://www.antaranews.com/berita/309804/mendikbud-orang-terdidik-mbok-ya-jangan-korupsi

Rabu, 9 Mei 2012 13:59 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh meminta orang-orang dari kalangan terdidik menjadi contoh bagi masyarakat dengan tidak melakukan korupsi. "Orang-orang terdidik mbok ya jangan korupsi. Wongsudah sekolah tinggi-tinggi, masak sih harus korupsi. Kan tidak pantas," kata Nuh usai mengikuti rapat koordinasi tentang pasokan gas di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian Jakarta, Rabu. Menurut Nuh, saat ini korupsi sudah menjadi merasuki hampir semua kalangan, termasuk kalangan perguruan tinggi yang seharusnya menjadi teladan perilaku baik. "Memang ada yang menyebut bahwa alumni universitas A, universitas B, universitas C jagoan dalam hal korupsi. Tentu tidak sepenuhnya benar, dan tidak selamanya seperti itu," katanya.

...dst


14 ) Empat PTS ke Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/10/186009/Empat-PTS-ke-Lomba-Debat-Bahasa-Inggris-Tingkat-Nasional-

10 Mei 2012
SALATIGA - Setelah melalui beberapa seleksi dalam Debat Bahasa Inggris antarperguruan tinggi (PT) se- Jawa Tengah, terpilih delapan tim debat yang akan mewakili ke tingkat nasional. Acara berlangsung tiga hari di Hotel Beringin, baru-baru ini. Delapan perguruan tinggi itu adalah Undip (juara I), Unnes (juara II), UKSW (juara III), Unsoed (juara IV), UNS, PGRI, UM Purwokerto, dan Udinus. Acara dibuka Koordinator Kopertis VI Prof Mustafid, diikuti 32 tim debat. Prof Mustafid mengatakan, isu saat ini adalah kompetisi. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki yaitu menguasai bahasa Inggris. Momentum debat bisa dijadikan media untuk mengukur kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

...dst

15 ) UI Tak Tersinggung Ucapan Marzuki
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/09/15534156/Rektor.UI.Tak.Tersinggung.Ucapan.Marzuki.

Rabu, 9 Mei 2012 | 15:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Sumantri mengaku tak tersinggung dengan pemberitaan mengenai pernyataan Ketua DPR RI Marzuki Alie bahwa, banyak koruptor di Indonesia adalah lulusan perguruan tinggi negeri terkenal, seperti UI, UGM, dan ITB. Gumilar justru menuding media massa membesar-besarkan pernyataan politisi Partai Demokrat tersebut. "Beliau bicara biasa-biasa. Saya juga heran. Konteksnya juga beliau bercanda. Media yang membesar-besarkan," kata Gumilar di Kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (9/5/2012). Pernyataan tersebut disampaikan Marzuki, Senin (7/5/2012), di Kampus Universitas Indonesia (UI) dalam diskusi bertajuk "Pandangan Kritis tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia". Gumilar mengatakan, dirinya tak berkomunikasi langsung dengan Marzuki setelah pernyataan tersebut disampaikan."Tidak (berkomunikasi). Beliau juga tidak menanyakan ini. Kalian saja yang meramaikan. Saya juga heran," tambah Gumilar.

...dst

16 ) Alumni UI Minta David Cabut Gugatan ke Marzuki
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/10/078403000/Alumni-UI-Minta-David-Cabut-Gugatan-ke-Marzuki

KAMIS, 10 MEI 2012 | 13:48 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Rudi Yohanes, menyarankan pengacara publik, David Tobing, menarik gugatan yang dilayangkan pada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie. "Penarikan gugatan ada dalam wacana yang akan kami sampaikan," ujar Rudi, yang juga sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia, di ruang rapat pimpinan DPR, Kamis, 10 Mei 2012. Menurut Rudi, sebagai sesama alumnus FHUI, David telah mendiskusikan rencana gugatan itu kepada pengurus Iluni. Namun Rudi menyarankan agar menunggu klarifikasi resmi dari Marzuki. Hari ini, setelah mendapat klarifikasi resmi dari Marzuki, Rudi mengatakan secara substansi seharusnya tak ada lagi hal yang harus digugat David.

...dst

17 ) Ikatan Alumni UI Terima Permintaan Maaf Marzuki
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/10/078402983/Ikatan-Alumni-UI-Terima-Permintaan-Maaf-Marzuki

KAMIS, 10 MEI 2012 | 12:45 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Rudi Yohanes, meminta klarifikasi mengenai pernyataan yang dilontarkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie. Dalam pidatonya di Universitas Indonesia, Senin, 7 Mei 2012, Marzuki menyatakan korupsi bisa terjadi di lembaga mana saja termasuk Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. "Kami minta penjelasan sebenarnya seperti apa pernyataan yang disampaikan. Dan kami senang bisa mendapatkan langsung keterangan dari dia (Marzuki)," ujar Rudi usai bertemu Marzuki Alie di ruang kerjanya, kompleks parlemen Senayan, Kamis, 10 Mei 2012. Rudi yang juga Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Fakultas Hukum UI ini mengatakan dalam pertemuan sekitar satu jam itu Marzuki sudah menyampaikan permintaan maaf jika ada kata-katanya yang salah.

...dst

18 ) Menhan dukung UPN jadi PTN
http://www.antaranews.com/berita/309775/menhan-dukung-upn-jadi-ptn

Rabu, 9 Mei 2012 10:50 WIB
(Menhan), Prof Ir Purnomo Yusgiantoro MSc MA PhD, mendukung pengalihan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). "Kami mendukung dan proses itu sudah berjalan. Saat ini, kita masih menunggu fatwa BPK tentang izin kepemilikan UPN, karena asetnya milik Kemhan, tapi kalau PTN akan menjadi milik Kemdikbud," katanya di kampus UPN Veteran Jawa Timur (Jatim), di Surabaya, Rabu. Ia mengemukakan hal itu setelah meresmikan Gedung Technopark UPN senilai Rp7 miliar lebih untuk pengembangan teknologi tepat guna (TTG) bagi masyarakat. Menurut dia, proses pengalihan UPN menjadi PTN itu tidak hanya tergantung kepada Kementerian Pertahanan, namun Kemdikbud, Kementerian PAN, dan Kementerian Keuangan. "Itu semua sedang berjalan, tapi masih ada beberapa yang perlu disinkronkan, di antaranya status kepemilikan yang menunggu fatwa BPK. Biarlah BPK yang memutuskan, kami akan mengikuti, toh statusnya tetap milik negara," katanya.

...dst

19 ) Perguruan Tinggi Negeri Non Kedinasan Diatur dalam PP
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/325

05/09/2012 (All day)
Jakarta --- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan penanggung jawab penyelenggaraan pendidikan. Berdasarkan amanat UU tersebut, seharusnya ada 143 perguruan tinggi non kedinasan yang saat ini dikelola oleh kementerian dan lembaga lain termasuk Kementerian Agama, juga menjadi tanggung jawab Kemdikbud. Untuk itu, setelah Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) disahkan, maka akan segera diturunkan pada Peraturan Pemerintah (PP), sebagai pedoman teknis pengelolaan perguruan tinggi non kedinasan. Demikian disampaikan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, saat menggelar rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait RUU PT di Gedung Kemdikbud, Selasa (8/05). "UU Perguruan Tinggi ditargetkan selesai sekitar bulan Juni, sedangkan PP untuk payung hukumnya akan dibuat setelah itu," kata Mendikbud. Mendikbud menjelaskan, PP yang akan disusun nantinya akan mengatur apakah perguruan tinggi negeri non kedinasan tersebut tetap dikelola seperti sekarang yang sepenuhnya dilakukan oleh kementerian/lembaga, atau pembinaannya dilakukan Kemdikbud sedangkan operasionalnya oleh kementerian/lembaga. Jika perguruan tinggi ini dibina di bawah naungan Kemdikbud, maka dia berhak untuk dimasukkan dalam penerima anggaran 20 persen APBN untuk penyelenggaraan pendidikan. "Kalau sekolah non kedinasan, mereka tidak berhak menerima anggaran dari 20 persen APBN itu," tuturnya.

...dst

20 ) Meriahkan Hardiknas 2012, Kemdikbud Gelar Jalan Sehat dan Sepeda Santai
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/326

05/09/2012 (All day)
akarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar acara Jalan Sehat dan Sepeda Santai dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2012. Acara ini akan berlangsung pada Minggu, 13 Mei 2012, dan rencananya akan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, serta seluruh pejabat Kemdikbud. Demikian dijelaskan Kepala Biro Umum Kemdikbud, M. Qodrat Wisnu Aji, yang menjadi Ketua Panitia Jalan Sehat dan Sepeda Santai. "Kita upayakan agar acara ini menjadi milik kita bersama," ujarnya.Wisnu Aji menjelaskan, acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan mitra-mitra Kemdikbud, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, Askes, dan Telkom. Namun bentuk kerja sama tersebut murni sebagai mitra, bukan sponsor dengan perjanjian yang mengikat. "Karena mereka selama ini sudah menjadi mitra kita. Seperti pay roll, sistem penggajian kita sudah lama melalui bank. Karena sudah zamannya IT," jelas Wisnu. Karena itu Wisnu menuturkan, kerja sama tersebut bersifat mutual benefit.

...dst

21 ) Dibuka...Beasiswa ADS ke Australia!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/09/15115933/Dibuka.Beasiswa.ADS.ke.Australia

Rabu, 9 Mei 2012 | 15:11 WIB
KOMPAS.com - Pemerintah Australia kembali meluncurkan program beasiswa Australian Development Scholarships (ADS). Program beasiswa yang dibiayai melalui AusAID untuk program studi S-2 dan S-3 tahun ajaran 2013/2014 di perguruan-perguruan tinggi Australia. Beasiswa ini terbuka bagi sektor pemerintah dan swasta. Prioritas beasiswa ini diberikan untuk bidang-bidang studi yang menunjang tujuan peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dan pembangunan yang akan mendukung, yaitu Pertumbuhan Berkelanjutan dan Manajemen Ekonomi; Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia; Demokrasi, Keadilan dan Pemerintahan yang Baik; serta Keamanan dan Perdamaian.Bagi yang berminat, skema beasiswa ADS ini meliputi biaya pendidikan, bantuan tutorial tambahan, biaya perjalanan, kerja lapangan di luar Australia, anggaran permukiman, penyertaan keluarga, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan lain-lainnya. Infomasi lebih lengkap mengenai syarat pendaftaran, contoh bidang studi, atau skema beasiswa bisa langsung mengunduhnya di http://www.australiaawardsindo.or.id.

...dst

22 ) RS Pelamonia-Unismuh Jalin Kerjasama
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/10/373/627061/rs-pelamonia-unismuh-jalin-kerjasama

Kamis, 10 Mei 2012 11:02 wib
FAKULTAS Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Pendidikan Pelamonia Kodam VII Wirabuana Makassar. Karena itu, rumah sakit yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman tersebut tengah membenahi sarana dan prasarananya dalam menyambut mahasiswa yang akan menggunakan rumah sakit tersebut pada Juli mendatang. "Saat ini, RS Pelamonia sementara dalam proses pembangunan dan akreditasi serta persiapan sarana dan prasana yang dibutuhkan dalam proses perkuliahan Juli nanti," ungkap Kepala RS Pelamonia, dr Gunawan Irianto. Dia mengatakan, dalam pelayanan RS Pendidikan ada beberapan bentuk pelayanan yang akan dilakukan. Misalnya, rawat jalan,n UGD 24 jam, poliklinik gigi dan mulut, kesehatan anak, kandungan dan kebidanan, penyakit dalam, jantung, paru, THT, bedah, mata, saraf, jiwa atau psikiatri, kulit, kelamin, b.k.i., dan keluarga berencana.

...dst

23 ) ISI Gandeng Bali Film Rintis Prodi Film dan Televisi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/09/m3qz5m-isi-gandeng-bali-film-rintis-prodi-film-dan-televisi

Rabu, 09 Mei 2012, 15:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggandeng Yayasan Bali Film Center untuk merintis Program Studi (Prodi) Film dan Televisi. "Kami bersinergi dengan Yayasan Bali Film Center untuk penerimaan mahasiswa baru Prodi Film dan Televisi," kata Humas ISI Denpasar, Ni Ketut Dewi Yulianti, Rabu (9/5). Jalinan kerja sama itu saat ini sedang dibicarakan dalam pertemuan antara Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S dengan pihak Yayasan Bali Film Center yang diwakili oleh Debora Gabinetti. Yayasan yang didirikan sejak 2007 itu setiap tahun menyelenggarakan ajang Balinale untuk mewadihi kreativotas insan perfilman. Ajang itu biasanya diisi oleh pemutaran dengan materi 60 persen film lokal dan 40 persen film internasional. Kegiatan itu juga diisi dengan lokakarya yang mengundang tokoh-tokoh film lokal, nasional maupun internasional. Prof Rai berharap kerja sama ISI dan Yayasan Bali Film Center mampu mendorong tumbuhnya perfilman lokal di daerah itu. Demikian pula Debora Gabinetti menyambut baik adanya jurusan baru film dan televisi di ISI Denpasar, sehingga mampu mendukung perkembangan perfilman di Bali.

...dst

24 ) Bandung Dirancang Jadi Pusat Studi Kuliner Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/09/373/626785/bandung-dirancang-jadi-pusat-studi-kuliner-nasional

Rabu, 09 Mei 2012 19:20 wib
BANDUNG - Tahun ini Bandung dirancang sebagai pusat Pusat Studi Kuliner Nasional. Untuk merealisasikan, maka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Hal itu dikatakan Dirjen Penelitian dan Pengembangan Kemenparekraf I Gede Pitana.Kata Gede. Dia menyebutkan, kuliner merupakan bidang usaha bagian usaha ekonomi kreatif.  "Tahun ini, kita merancang Bandung akan jadi pusat studi kuliner," kata Gede, usai membuka Asia Tourism Forum 2012 di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa 8 Mei. Salah satu langkah untuk membuat Bandung sebagai pusat studi kuliner, lanjutnya, adalah dengan menyusun buku kuliner khas nusantara. "Saya minta kepada Noviendi Makalam selaku Ketua STP Bandung untuk mencoba menyusun satu buku tentang kuliner," ujarnya.  Di dalam buku tersebut, kata Gede, akan berisi 25 set menu yang akan menjadi guideline kuliner nasional. Kuliner, kata dia, salah satu sektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas bagi program pengembangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sebab, kuliner Indonesia berfungsi mengenalkan Indonesia dan citra bangsa di luar negeri.

...dst

25 ) UNS dan Unsoed Juara Keroncong Peksimida
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/10/186014/UNS-dan-Unsoed-Juara-Keroncong-Peksimida

10 Mei 2012
PURWOKERTO- Hari kedua ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2012 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto semakin ketat. Sejumlah delegasi menunjukkan kemampuannya. Pada nomor lomba vokal keroncong, delegasi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto bersaing dengan kampus lain. Juara I keroncong putra diraih Ardian Dika Adhyatma dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), juara II Iwan Kurniawan dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed), dan juara III Tejo Hanggoro dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pada lomba vokal keroncong putri, mahasiswa Unsoed, Maria Mardhitama menjadi juara I mengalahkan 21 kontestan lain. Juara II Rendra Vitta dari ISI Solo dan juara III Regina Indriasari.

...dst

26 ) UGM Batalkan Diskusi Irshad Manji Demi Keamanan
http://id.berita.yahoo.com/ugm-batalkan-diskusi-irshad-manji-demi-keamanan-070237154.html

09 Mei 2012
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pembatalan diskusi pemikiran Irshad Manji di UGM oleh rektor Sudjarwadi dilakukan untuk menjaga keamanan tamu UGM. Demikian pernyataan pers yang disampaikan pihak UGM terkait pembatalan diskusi yang diselenggarakan Center for Religious and Cross Cultural Studies (CRCS) di Sekolah Pascasarjana UGM, Rabu (9/5). Kepala Humas UGM, Wijayanti mengatakan, pihaknya sangat menjunjung tinggi kebebasan akademik. Hal itu dilakukan dengan berbagai macam diskusi dan kegiatan akademik lainnya. Namun kata dia, kebebasan akademik itu dijunjung dan tetap ditujukan untuk kemanfaatan dan kebahagiaan. "Bila dilihat akan ada mudharat, diskusi ilmu dicari cara lain yang memberi manfaat dengan menghindari mudharat dan UGM tidak pernah melarang kedatangan Irshad Manji ke UGM," terangnya. Namun kata dia, pada Selasa (8/5) malam sekitar pk 22.30 UGM didatangi ratusan massa yang meminta diskusi dengan Irshad Manji dibatalkan. Selain itu ada juga masukan dari beberapa pihak terkait hal tersebut sehingga UGM membatalkan kegiatan tersebut.

...dst

27 ) Irshad Manji Ditolak UGM, di LKiS Dibubarkan Paksa 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493726/

Thursday, 10 May 2012
YOGYAKARTA – Irshad Manji, penulis buku berjudul Allah, Liberty, and Love menjadi korban kekerasan saat menggelar diskusi di pendapa Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS) Bantul, tadi malam. Diskusi dan bedah buku hanya berjalan sekitar 30 menit karena dibubarkan paksa oleh ratusan orang dari sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas). Akibat kericuhan dalam diskusi ini,feminis asal Kanada itu mengalami luka di kakinya. Tak hanya itu,beberapa peserta diskusi yang mayoritas perempuan juga menjadi korban pemukulan anggota ormas. Kaca-kaca kantor LKiS juga pecah.Buku koleksi kantor penerbitan yang berlokasi di Jalan Pura I/01, Sorowajan Baru, Plumbon,Bantul juga disobeksobek. Sementara buku Allah, Liberty,and Love yang akan diperjualbelikan dalam diskusi masih disimpan dan selamat dari perusakan.  Salah satu peserta diskusi, Andreas, mengungkapkan, diskusi dimulai pukul 19.00 WIB dan hanya berlangsung selama tiga puluh menit karena tiba-tiba didatangi massa ormas. Dengan cara paksa, mereka meminta diskusi dibubarkan. "Mereka menyuruh bubar acara diskusinya. Bahkan sempat memukuli peserta diskusi yang perempuan," ungkapnya. Saat sebagian anggota ormas melakukan pembubaran, sebagian yang lain menunggu di luar kantor LKiS.

...dst

28 ) Mahasiswa Undip Putar Sanubari Jakarta di Kafe
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/10/079402962/Mahasiswa-Undip-Putar-Sanubari-Jakarta-di-Kafe

KAMIS, 10 MEI 2012 | 11:52 WIB
TEMPO.CO, Semarang – Para mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Kronik Filmedia tetap menggelar diskusi dan pemutaran film Sanubari Jakarta. Karena tak diizinkan pihak Rektorat, para mahasiswa akhirnya memilih melakukan kegiatannya di Cafe 70 Jalan Jatimulyo Semarang. "Kami tetap melaksanakan acaranya. Karena tak boleh di lingkungan kampus Undip, ya kami memindahkan lokasi acara di kampus," kata aktivis Kronik Filmedia, Seksi Kurniawati, kepada Tempo, Kamis 10 Mei 2012. Kronik Filmedia akan memutar film Sanubari Jakarta dalam dua sesi: pukul 13.00 dan 15.30 WIB. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama sutradara dan pemain film. Seksi menyatakan yang akan datang dalam acara ini sekitar 100 orang. Rektorat Universitas Diponegoro Semarang tak memberikan izin atas acara pemutaran film yang berisi kisah lesbian, gay, bisekseual, and transgender (LGBT) itu.

...dst

29 ) Pasang Antena, Mahasiswa Tewas 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493725/

Thursday, 10 May 2012
SEMARANG – Zulva Alif Sahar, 25, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasim Semarang (Unwahas), tewas akibat terjatuh saat memasang antena internet di koskosannya, di Jalan Pete I nomor 7 Sekaran Gunungpati, kemarin. Warga asli Desa Tembok Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, itu tewas saat dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Dr Kariadi Semarang. Menurut informasi dari Polsek Gunungpati, kejadian tersebut bermula ketika korban hendak memasang antena internet di samping kosnya, sekitar pukul 15.00 WIB. Meski korban sudah menggunakan sabuk pengaman, namun, saat berada di tengah perjalanan, tiba-tiba salah satu besi tower tepat di mana sabuk itu dikaitkan patah.

...dst

30 ) 95% Bahan Obat Masih Impor 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493643/

Thursday, 10 May 2012
YOGYAKARTA – Sudah bukan rahasia lagi harga obat di pasaran jauh dari jangkauan masyarakat umum. Mahalnya harga obat disebabkan bahan pembuatan obat masih harus diimpor. "Hampir 95% bahan obat itu impor,jadinya mahal,"kata anggota penasihat Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia (GPFI) Gideon Hartono saat Musda GPFI,kemarin. Harga obat memang mahal tapi tidak fluktuatif.Pedagang tidak bisa seenaknya menentukan harga jual obat karena menteri kesehatan sudah mengeluarkan kebijakan penanganan dan penjualan obat. Indonesia sebenarnya banyak memiliki tanaman untuk obat.

...dst

31 ) Terancam Tak Bisa Praktik, 75 Ribu Tukang Gigi Menggugat ke MK
http://news.detik.com/read/2012/05/10/153606/1914200/10/terancam-tak-bisa-praktik-75-ribu-tukang-gigi-menggugat-ke-mk?n991102605

Kamis, 10/05/2012 15:36 WIB
Jakarta Nasib 75 ribu orang yang berprofesi memberi jasa pembuatan gigi palsu kini di ujung tanduk. Sebentar lagi profesi yang digeluti secara turun-temurun sejak pra kemerdekaan ini dilarang. Hal ini mendorong mereka menggugat UU Praktik Kedokteran ke Mahkamah Konstitusi (MK). "Praktik gigi ini didapati tukang dengan cara belajar secara tradisional. Dan mereka sudah eksis sebelum Indonesia merdeka," kata kuasa hukum Perkumpulan Asosiasi Tukang Gigi Mandiri (Astagiri), Soleha Amin, usai sidang perdana di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (10/5/2012). Astagiri yang mempunyai anggota 75 ribu orang ini meminta pasal 73 ayat 2 dan pasal 78 UU No 29/2004 tentang Praktik Kedokteran dihapus. Pasal 73 ayat 2 tersebut berbunyi 'Setiap orang dilarang menggunakan alat, metode atau cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi dan/atau surat izin praktik'.

...dst

Berita Edukasi, 09 Mei 2012

1 ) Pendidikan Indonesia Menuju Lima Besar Dunia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/09/318376/293/14/-Pendidikan-Indonesia-Menuju-Lima-Besar-Dunia

Rabu, 09 Mei 2012 05:33 WIB
JAKARTA--MICOM: Indonesia menargetkan sektor pendidikan jadi lima besar di dunia pada 2045 mendatang. Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh seusai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas Rancangan Undang-Udang Perguruan Tinggi di Kantor Kemendikbud Jakarta (8/5).Hadir dalam rakor tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, serta sejumlah kementerian lain. Menjadi lima besar di dunia menurut Mendikbud bukanlah hal yang mustahil. Hal ini menyusul bonus demografi yang dialami Indonesia selama tiga dekade, hingga 2030 mendatang. Indonesia diprediksi Bank Dunia akan diuntungkan secara demografis, karena akan memiliki 70 persen penduduk usia produktif. Hal ini berbeda dengan negara-negara besar lain yang justru akan memiliki lebih banyak penduduk usia lansia daripada yang produktif.

...dst

2 ) Wakili Asia, Binus Juara Dua Kompetisi Bisnis IT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/19352095/Wakili.Asia.Binus.Juara.Dua.Kompetisi.Bisnis.IT

Selasa, 8 Mei 2012 | 19:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Bina Nusantara (Binus University) meraih juara kedua APEX Business-IT Global Case Challenge yang digagas oleh Singapore Management University (SMU) di Singapura, 29 April - 3 Mei 2012 lalu. Binus diwakili oleh tim Biztech sebagai satu-satunya wakil Asia dan Indonesia dalam babak final kompetisi yang mengedepankan studi kasus bisnis dalam dunia teknologi informasi. Tim Biztech diperkuat oleh Rosmiyana dan Mesquita Handayani Prasetyo dari jurusan Sistem Informasi, serta Nia Utami Tirdanatan dari program Akuntansi-Sistem Informasi. Sebelum maju ke babak final, tim ini harus mengikuti tiga putaran kompetisi menghadapi 19 tim dari Hongkong, China, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, Hungaria, Denmark dan Qatar. Pada putaran pertama, Biztech bergabung dalam divisi satu dengan empat tim lainnya, yakni East China Normal University (China), Shantou University (China), Universitas Gadjah Mada (Indonesia) serta Hongkong University of Science and Technology (Hongkong).

...dst

3 ) UGM Kerjasama dengan Universitas AS Teliti Penyakit Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/09/08035735/UGM.Kerjasama.dengan.Universitas.AS.Teliti.Penyakit.Baru

9 Mei 2012 | 08:03 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahun muncul setidaknya satu jenis penyakit infeksi baru yang tingkat penyebarannya bisa meluas ke berbagai negara. Biasanya penyakit ini hasil interaksi antara manusia dengan hewan dan manusia dengan lingkungannya. Untuk penanganan penyakit ini perlu dilakukan kolaborasi antar mutlidisiplin ilmu dan multisektor. Dari pemikiran itu, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjalin kerjasama dengan University Minnesota, dan Tufsts University, Amerika Serikat, untuk mengembangkan aplikasi one health lewat tukar pengetahuan dan pengalaman, kolaborasi riset, serta pertukaran dosen dan mahasiswa. Pakar Mikrobiologi FK UGM, dr. Abu Tholib,  mengatakan konsep one health sangat dibutuhkan di Indonesia, karena Indonesia dianggap menjadi endemik terbesar munculnya jenis penyakit infeksi baru. Diantaranya adalah penyakit flu burung, malaria, dengue, TBC, rabies dan lain sebagainya, yang kini terus mengalami perkembangan dan perubahan akibat mutasi genetik.

...dst

4 ) Usung Konsep One Health, UGM Gandeng 2 Kampus AS
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/08/373/625779/usung-konsep-one-health-ugm-gandeng-2-kampus-as

Selasa, 08 Mei 2012 18:02 wib
JAKARTA - Menyadari kemungkinan tiap tahun minimal muncul satu jenis penyakit infeksi baru yang tingkat penyebarannya dapat meluas ke berbagai negara, maka dibutuhkan penanganan penyakit melalui kolaborasi multidisiplin dan multisektor. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun menggagas konsep one health. Hal ini pula yang coba diterapkan Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Mereka menggandeng University Minnesota dan Tufsts University, Amerika Serikat, untuk mengembangkan aplikasi {one health} melalui tukar pengetahuan dan pengalaman, kolaborasi riset, serta pertukaran dosen dan mahasiswa.

...dst

5 ) Kemendikbud: RUU Perguruan Tinggi Segera Disahkan
http://news.detik.com/read/2012/05/08/175225/1912379/10/kemendikbud-ruu-perguruan-tinggi-segera-disahkan

Selasa, 08/05/2012 17:52 WIB
Jakarta Pemerintah terus merampungkan Rancangan Undang-Uundang (RUU) Perguruan Tinggi (PT). Meskipun penolakan terhadap RUU tersebut dari kalangan mahasiswa juga terus meluas. Jika tidak ada kendala, RUU PT diharapkan sudah bisa disahkan paling lambat Juli. "RUU ini Juni atau Juli akan terlaksana," ujar Mendikbud, Muhammad Nuh, dalam jumpa pers di Kantor Kemendikbud, Jalan Jend Sudirman, Jakarta, Selasa (8/5/2012). Nuh mengatakan semestinya RUU tersebut telah disahkan pada April lalu. Tapi pemerintah minta penundaan pengesahan dengan alasan konsolidasi internal. Pembahasan RUU tersebut juga melibatkan Menko Kesra, Panglima TNI, dan Kapolri. Tujuannya untuk harmonisasi di lingkungan pemerintah. Yang khas dalam RUU PT ini, kata Nuh, adalah aksesibilitas dalam arti ketersediaan dan keterjangkauan pendidikan dalam 4-5 tahun. Nuh juga mengatakan melalui UU ini akan jelas 20 persen calon mahasiswa yang tidak mampu akan dijamin mendapatkan pendidikan tinggi oleh UU. Di setiap kabupaten dan kota, jelasnya, minimal ada pendidikan untuk tingkat akademik D1 dan D2. Begitu pun di setiap provinsi dan perbatasan, ada satu perguruan tinggi.

...dst

6 ) RUU Perguruan Tinggi Berdampak Empat Tahun Lagi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/09/318381/293/14/RUU-Perguruan-Tinggi-Berdampak-Empat-Tahun-Lagi

Rabu, 09 Mei 2012 06:07 WIB
JAKARTA--MICOM: Setelah dilakukan penundaan pengesahan sebanyak dua kali, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Mohammad Nuh, mengatakan rancangan undang-undang perguruan tinggi sudah siap. Sesuai tuntutan Komisi X DPR, tidak akan ada pembatalan ataupun perubahan substansi dalam RUU yang akan disahkan pada masa sidang keempat mendatang. Hal itu diungkapkannya seusai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri yang membahas RUU PT, di Kemendikbud (8/5). Jika tidak meleset, RUU PT itu akan mulai berlaku Juni atau Juli nanti. Selanjutnya, akan digodok lebih lanjut peraturan pemerintah untuk memperjelas perundang-undangan tersebut. Mendikbud menilai, dampak UU PT pada aksesibilitas pendidikan bisa mulai terasa pada empat hingga lima tahun ke depan. Undang-undang itu akan mengatur kewajiban untuk memberikan pendidikan gratis bagi 20 persen anak miskin. Selain itu juga tentang keharusan adanya akademi komunitas dan perguruan tinggi negeri, minimal satu di tiap kota. Selanjutnya, UU PT juga mengatur dibukanya pendidikan vokasi sampai ke tingkat doktor, tidak hanya dari D1 hingga D4. Menurut Nuh, pembukaan vokasi sampai tingkat doktor itu sengaja didorong karena itu merupakan cara tercepat untuk reformasi kualitas tenaga kerja Indonesia.

...dst

Mendikbud: RUU Pendidikan Tinggi Pro Rakyat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/09/1250400/Mendikbud.RUU.Pendidikan.Tinggi.Pro.Rakyat

Rabu, 9 Mei 2012 | 12:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, meyakinkan bahwa Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) lebih prorakyat. Hal ini terlihat pada komitmen agar perluasan aksebilitas pelayanan pendidikan akan tetap menjadi tujuan utama dalam RUU ini. "Tujuan itu akan dicapai dengan memperluas kesempatan bagi peserta didik yang tidak mampu untuk bersekolah, yaitu 20 persen untuk bersekolah di jenjang pendidikan tinggi," ujar Nuh, Rabu (9/5/2012). Selain itu, perluasan akses juga dimaksimalkan dengan menambah jumlah akademik komunitas di tiap-tiap kabupaten kota.Tiap kabupaten kota, kata Nuh, diupayakan untuk membuka minimal satu akademik komunitas pada jenjang minimal D1, dan D2. Untuk daerah perbatasan, layanan pendidikan terutama perguruan tinggi negeri masih belum mencukupi. Kondisi tersebut menyebabkan para peserta didik lebih memilih bersekolah di negara lain daripada Indonesia, yang lokasinya lebih dekat ke perbatasan.

...dst

8 ) 143 Perguruan Tinggi Dikelola 17 Kementerian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/09/07201393/143.Perguruan.Tinggi.Dikelola.17.Kementerian

Rabu, 9 Mei 2012 | 07:20 WIB
Jakarta, Kompas - Saat ini terdapat 143 perguruan tinggi yang diselenggarakan 17 kementerian di luar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perguruan tinggi terbanyak di bawah pengelolaan Kementerian Agama (61 perguruan tinggi) dan Kementerian Kesehatan (38 perguruan tinggi). Keberadaan perguruan tinggi tersebut akan diatur peraturan pemerintah setelah Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi disahkan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, perguruan tinggi nonkedinasan ini mulai dari desain kurikulum, pemilihan rektor, sampai subsidi pembiayaannya ditangani oleh kementerian yang bersangkutan. "Perguruan tinggi kedinasan tidak mendapat bagian dari 20 persen anggaran fungsi pendidikan dari APBN," kata Nuh seusai Rapat Koordinasi Pendidikan yang dipimpin Menko Kesra Agung Laksono di Jakarta, Selasa (8/5). Rapat dihadiri sejumlah menteri yang terkait dengan pendidikan.

...dst

9 ) BIDIK MISI: Awas... Ada Manipulasi Data Mahasiswa Miskin!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/16095148/Awas.Ada.Manipulasi.Data.Mahasiswa.Miskin.

Selasa, 8 Mei 2012 | 16:09 WIB
MALANG, KOMPAS.com — Perguruan tinggi negeri di Malang, Jawa Timur, mewaspadai adanya manipulasi data yang dikirimkan para pendaftar Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin (Bidik Misi). Tahun lalu, banyak peserta yang didiskualifikasi. Kepala Bagian Informasi Akademik Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang, Agus Yuliawan, Selasa (8/5/2012), mengatakan, tahun lalu, diskualifikasi dilakukan terhadap sekitar 30 persen jumlah pendaftar Bidik Misi yang merupakan calon mahasiswa lolos seleksi administrasi jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN)."Sebagian besar penyebabnya karena mereka memanipulasi data, sebab Bidik Misi ini memang hanya untuk calon mahasiswa yang kurang beruntung secara ekonomi," ucapnya.
Kuota calon mahasiswa baru yang diterima melalui program Bidik Misi di Unibraw sebanyak 1.250, sedangkan pendaftarnya sudah lebih dari 6.000 orang. Selain terbatasnya kuota, lanjut Agus, daya tampung di setiap program studi juga ikut menentukan lolos-tidaknya calon mahasiswa tersebut. Ia mencontohkan, di fakultas yang hanya membuka kesempatan Bidik Misi bagi dua calon mahasiswa, tetapi daftarnya ratusan, otomatis yang gugur juga banyak karena proses seleksi juga ketat.

...dst

10 ) Yakin Lulus Unas, Silahkan Daftar SNMPTN Ujian Tulis
Pendaftaran SNPMTN Ujian Tulis Dibuka 10 Mei
http://www.jpnn.com/read/2012/05/08/126701/Yakin-Lulus-Unas,-Silahkan-Daftar-SNMPTN-Ujian-Tulis-

Selasa, 08 Mei 2012 , 06:16:00
JAKARTA - Seluruh peminat SNMPTN ujian tulis diharapkan bersiap-siap mendaftarkan diri. Pendaftaran ujian tulis untuk masuk kampus negeri itu akan dibuka pada 10-31 Mei. Jika sudah yakin lulus unas, siswa SMA/sederajat bisa mendaftar walaupun belum ada pengumuman kelulusan unas. Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin mengatakan, memang benar pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis mendahului pengumuman unas SMA/sederajat. Pengumuman unas SMA/sederajat sendiri rencananya digelar pada 24 Mei mendatang. "Tidak apa-apa kan kita buka dulu," tandas pria yang juga menjadi rektor UNY itu. Unas SMA/sederajat dengan SNMPTN jalur ujian tulis ini memang cukup berkaitan. Sebab, syarakat calon mahasiswa yang boleh ikut SNMPTN ujian tulis adalah mereka yang dinyatkaan lulus unas.Rochmat menuturkan, panitia memang sengaja membuka masa pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis lebih awal dari pengumuman unas. Upaya ini dilakukan untuk mengakomodasi lulusan SMA dua tahun terakhir. Yaitu mereka yang lulus pada 2011 dan 2010 lalu.

...dst

11 ) SNMPTN Non-online Dibuka 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493390/

Wednesday, 09 May 2012
SEMARANG – Pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri(SNMPTN) jalurujiantulis yang dibuka 10–31 Mei 2012 dilakukan secara online. Meskipun begitu, Universitas Diponegoro (Undip) tetap membuka layanan khusus bagi pendaftar yang kesulitan mendaftar online. Calon peserta bisa langsung datang ke Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip untuk melakukan pendaftaran. Ketua LP2MP Undip Mukh Arifin menerangkan, pada SNMPTN jalur tulis ini Undip menjadi koordinator panitia lokal (panlok) Semarang yang terdiri atas Undip dan Unnes. "Jadi sekretariatnya untuk Panlok Semarang ada di Undip, tepatnya Gedung Widyapuraya, kampus Undip Tembalang," ujarnya kemarin. Mengenai layanan khusus tersebut, tidak hanya difungsikan bagi pendaftar yang ingin datang langsung,juga bagi mereka yang ingin merevisi data yang sudah telanjur dimasukkan saat mendaftar online."Misalnya ada data yang salah dimasukkan dan sebagainya, dapat datang langsung ke sini untuk revisi," ucapnya. Hal yang berkaitan tentang pendaftaran dan informasi dapat diakses melalui www.snmptn.ac.id. 

...dst

12 ) Pendaftar SNMPTN di Surakarta Mencapai 18.700 Orang
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/08/318310/293/14/Pendaftar-SNMPTN-di-Surakarta-Mencapai-18.700-Orang

Selasa, 08 Mei 2012 21:45 WIB   
SOLO--MICOM: Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di wilayah Surakarta tahun ini diprediksi mencapai angka 18.700 orang. Jumlah tersebut meningkat 10% jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 17.050 orang. Ketua Panitia SNMPTN Lokal 44 Surakarta Sutarno mengemukakan hal tersebut saat ditemui di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Selasa (8/5). "Tahun ini prediksi kami seperti itu. Ada peningkatan hingga 10 persen dari tahun lalu," jelas akademisi yang kini menjabat sebagai Pembantu Rektor I UNS itu. Khusus untuk UNS, tahun ini kuota yang disediakan perguruan tinggi tersebut untuk SNMPTN jalur ujian tulis kurang lebih 2.500 mahasiswa. Jumlah tersebut sama dengan 50% total mahasiswa baru akan yang diterima. Sisanya, diperoleh dari SNMPTN jalur undangan sebanyak 1.000 mahasiswa dan jalur swadana yang akan dilaksanakan setelah SNMPTN jalur ujian tulis. Komposisi tersebut, menurut Sutarno, sudah sesuai dengan ketentuan pusat. "Ketentuannya kan sekurang-kurangnya 60 persen mahasiswa baru harus berasal dari jalur seleksi nasional," jelasnya.

...dst

13 ) UGM Terima 3.442 Maba Lewat Ujian Tulis SNMPTN 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/07/373/625424/ugm-terima-3-442-maba-lewat-ujian-tulis-snmptn-2012

Selasa, 08 Mei 2012 09:15 wib
JAKARTA - Setelah berkutat dan berjuang pada Ujian Nasional (UN), kini ujian besar tengah menanti para pelajar yang berkeinginan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).Salah satu universitas favorit para pelajar, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah menetapkan kuota bagi calon mahasiswa baru tahun akademis 2012/2013 melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis. "Khusus untuk tahun ini, UGM menerima kuota 3.442 calon mahasiswa baru lewat jalur  ujian tulis," kata Ketua panitia lokal SNMPTN Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto seperti disitat dari laman UGM, Selasa (8/5/2012).Budi mengungkapkan, SNMPTN kali ini tidak ubahnya seperti tahun lalu. Kesempatan ini, lanjutnya, terbuka bagi siapa saja, termasuk mereka yang telah mengikuti jalur undangan. "Bagi yang sudah terlanjur mendaftar SNMPTN jalur undangan dan tengah menunggu hasil pengumuman pada 28 Mei nanti, tidak ada salahnya memanfaatkan pendaftaran tersebut," ujarnya.

...dst

14 ) Nilai UN Belum Layak Jadi Tiket Masuk PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/09424157/Nilai.UN.Belum.Layak.Jadi.Tiket.Masuk.PTN

Selasa, 8 Mei 2012 | 09:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Masih banyaknya persoalan terkait penyelenggaraan dan hasil ujian nasional dinilai memicu keraguan terhadap kredibilitas UN. Karena itu rencana pemerintah untuk mengintegrasikan hasil UN sebagai syarat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN perlu dikaji secara cermat. Menurut Raihan Iskandar, anggota Komisi X DPR, masih ada keraguan pada kredibilitas UN sendiri. "Selama masih terjadi berbagai kecurangan dalam penyelenggaraan UN, kredibilitas hasil dari UN patut dipertanyakan dan belum layak dijadikan tiket masuk ke PTN," katanya di Jakarta, Selasa (8/5/2012). Apalagi, kata dia, dengan keragaman sekolah-sekolah yang ada, baik dari segi sarana dan prasarana maupun kualitasnya, berpengaruh terhadap kualitas peserta didiknya. Jadi, menurut dia, jika UN dijadikan tiket masuk ke PTN,  hanya sekolah-sekolah tertentu yang memiliki peluang besar untuk diterima di PTN.

...dst

15 )  Rektor UGM Larang Diskusi Irshad Manji
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/09/058402606/Rektor-UGM-Larang-Diskusi-Irshad-Manji
 
RABU, 09 MEI 2012 | 09:21 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Ari Dwipayana, mengatakan diskusi tentang buku Irshad Manji yang berjudul Allah, Liberty and Love, Suatu Keberanian Mendamaikan Iman dan Kebebasan di UGM hari ini, Rabu, 9 Mei 2012 batal dilaksanakan. "Rektor memberikan alasan demi keamanan bersama," kata Ari ketika dihubungi Tempo, Rabu, 9 Mei 2012. Ari mengaku menerima pesan singkat dari Rektorat yang menyatakan diskusi dibatalkan untuk menjaga kebaikan bersama.Rektorat juga meminta agar diskusi itu diselenggarakan di luar kampus UGM. Menurut Ari, UGM seharusnya tidak melarang diskusi tersebut. UGM, kata Ari, bukanlah sebuah institusi politik maupun keamanan yang dapat melarang diskusi semacam itu. Ari berpendapat diskusi yang menghadirkan Irshad Manji itu berkaitan dengan mimbar akademik. Ia menuturkan UGM sebagai sebuah institusi seharusnya tetap mempertahankan mimbar akademik. Ari mengaku kemarin ada diskusi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) universitas tersebut untuk menolak Irshad.

...dst

16 ) MK Gelar Kompetisi Debat Konstitusi di Universitas Indonesia, 6-8 Mei 2012 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493372/

Wednesday, 09 May 2012
JAKARTA -Mahkamah Konstitusi kembali menggelar lanjutan kompetisi debat konstitusi tingkat regional antar perguruan tinggi se-Indonesia. Kali ini MK bekerja sama dengan dengan Universitas Indonesia menyelenggarakan kompetisi debat konstitusi tingkat regional IV, yang diikuti oleh 13 perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah,6-8 Mei 2012. Kegiatan kompetisi debat konstitusi ini, dihadiri oleh Sekjen MK Janedjri M Gaffar, serta dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Topo Santoso, SH. L.LM. Ph.D.
MK masih mampu berdiri tegak sampai saat ini adalah bukan saja karena 9 pilar yang berdiri kokoh di depan gedung MK,melainkan karena mahkota utama mahkamah konstitusi berupa vonisvonis yang membuat mk dipercaya oleh masyarakat dalam menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan konstitusi.

...dst 

17 ) Minimalkan Diskriminasi Teknologi
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/09/02433760/minimalkan.diskriminasi.teknologi

09 Mei 2012
Berawal dari kesulitan para tunanetra menggunakan tablet, mahasiswa Institut Teknologi Telkom Bandung mengembangkan Sparkins tahun 2011. Mereka berharap Sparkins bisa membantu dan digunakan gratis oleh para tunanetra.Perkembangan teknologi melahirkan penggunaan komputer tablet yang menawarkan mobilitas tinggi dengan kinerja dan tampilan membaik. Namun, kesempatan menikmati keunggulan teknologi itu dikhawatirkan tidak dinikmati para tunanetra. Berbeda dengan penggunaan komputer desktop atau laptop, yang terbantu dengan aplikasi screen reader dan alat braille display, tablet tergolong sulit digunakan. Tunanetra tidak bisa menggunakan touch-screen keyboard yang licin saat diraba. "Kami terdorong membuat aplikasi teknologi yang bisa memudahkan tunanetra menggunakan tablet, yakni melalui Sparkins. Program ini adalah sistem baca tulis di dalam tablet untuk tunanetra," kata Analis Sistem Program Sparkins, Muhammad Endri Erfanie (20).

...dst

18 ) Kolaborasi UNJ dan Universitas Twente
Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia
http://news.detik.com/read/2012/05/08/112906/1911833/471/peningkatan-mutu-pendidikan-di-indonesia

Selasa, 08/05/2012 11:29 WIB
Jakarta Negeri Belanda sudah sejak lama terkenal dengan kualitas pendidikannya, terutama tingkat Eropa dan dunia pada umumnya. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merangkul Departemen pendidikan, organisasi dan management di Universitas Twente, Belanda, untuk terlibat dalam kerjasama peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Topik riset yang diajukan adalah peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pengajaran berbasis multimedia learning. Diharapkan hasil riset ini akan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengajaran dan pembelajaran berbasis multimedia.Melalui riset selama kurang-lebih 3 tahun, diharapkan siswa-siswa di Indonesia, terutama di daerah terpencil, sudah dapat merasakan dampak implementasi dari hasil riset ini. Di Universitas Twente sendiri, atmosfir pendidikan berbasis multimedia sangat kental. Hal sederhana yang dapat langsung terlihat misalnya; tersedianya jaringan internet super cepat di seluruh area kampus, perkuliahan dengan berbasis multimedia.

...dst

19 ) 50 Akademisi Indonesia Siap ke Jerman
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/17392680/50.Akademisi.Indonesia.Siap.ke.Jerman

Selasa, 8 Mei 2012 | 17:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 50 akademisi Indonesia siap berangkat ke Jerman untuk mengejar karier mereka di berbagai universitas di Jerman. Kini Dinas Pertukaran Akademis Jerman sedang mempersiapkan itu semua. Keterangan pers dari Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia, Selasa (8/5/2012), menyebutkan, beberapa akademisi itu mendapat beasiswa untuk program PhD dalam sejumlah bidang dan juga untuk program master. Bidang-bidang itu, antara lain, adalah sustainable water management, public policy, dan good governance.
Ke-50 akademisi Indonesia penerima beasiswa itu akan melanjutkan studinya di sejumlah universitas, seperti di Muenchen, Berlin, dan Heidelberg. Disebutkan pula, pada tahun ini, juga akan diterimakan beasiswa pertama "Indonesia-German Scholarship Programme" (IGSP) yang ditandatangani pada Desember 2011 dan menjadi bagian inisiatif strategis kedua negara untuk mengintensifkan hubungan di bidang pendidikan.

...dst

20 ) Ajak Masyarakat Melek TI, IPB Godok Program Komputer
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/05/08/m3pmsj-ajak-masyarakat-melek-ti-ipb-godok-program-komputer

Selasa, 08 Mei 2012, 23:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Institut Pertanian Bogor melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2SDM-LPPM) sedang menggodok program komputer untuk memberdayakan masyarakat atau Kompudaya. "Program ini memanfaatkan komputer bekas yang kemudian direvarasi dan diberdayakan kembali untuk pengembangan masyarakat," kata Pembina Posdaya dari P2SDM IPB Ir Yanefri Bachtiar, MSi melalui Kantor Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/5). Ia menjelaskan bahwa Kompudaya merupakan penyediaan seperangkat komputer yang berada di pos pemberdayaan keluarga (Posdaya). Menurut dia, dalam program ke depan, komputer tersebut akan diisi berbagai hal yang dibutuhkan sebagai informasi penting bagi masyarakat. Dicontohkan bahwa informasi itu di antaranya adalah video mengenai budi daya ikan atau komoditas pertanian tertentu. Selain itu, informasi mengenai tayangan bagaimana cara membuat pupuk dan memiliki nilai ekonomis serta bagaimana cara memulai usaha.

...dst

21 ) Unpad Masih Jalankan Program D-3 Tapi Tak Terima Ekstensi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/08/373/625738/unpad-masih-jalankan-program-d-3-tapi-tak-terima-ekstensi

Selasa, 08 Mei 2012 14:03 wib
BANDUNG - Universitas Padjdjaran (Unpad) saat ini masih menyelenggarakan pendidikan untuk program D-3. Hanya saja, sejak empat tahun terakhir jumlah mahasiswa program diploma dikurangi secara bertahap dan diarahkan untuk menambah jumlah mahasiswa Program Pascasarjana. "Pendidikan untuk Program D-3 Unpad masih tetap diselenggarakan," ujar Kepala UPT Humas Unpad Weny Widyowati melalui keterangan pers yang diterima Okezone, Selasa (9/5/2012). Weny menjelaskan, Program D-3 yang masih diselenggarakan meliputi 16 program studi, yakni Teknik Informatika, Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Analis Kimia, Manajemen Pemasaran, Akuntansi Perpajakan, Bisnis Internasional, Administrasi, Ahli Pemerintahan, Humas, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Usaha Perjalanan Wisata, dan Kebidanan. Mengenai penutupan program ekstensi, kata Weny, hal itu dilakukan Unpad mulai 2012. "Tahun ini Unpad tidak lagi menyelenggarakan seleksi bagi calon mahasiswa Program S-1 asal D-3 atau ekstensi," jelasnya.

...dst

22 ) Unsyiah Dukung Alih Status IAIN Ar-Raniry Jadi UIN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/09/m3qbit-unsyiah-dukung-alih-status-iain-arraniry-jadi-uin

Rabu, 09 Mei 2012, 07:18 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pihak rektorat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh menyatakan mendukung program pengalihan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh menjadi Universitas Islam Negeri (UIN)."Unsyiah mendukung program pengalihan status itu sebagai salah satu upaya mengembangkan berbagai disiplin ilmu yang ada di perguruan tinggi itu di masa mendatang," kata Penjabat Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh.Ia menyatakan dengan adanya perubahan status tersebut perguruan tinggi itu akan bisa membuka berbagai program studi umum lainnya sesuai dengan kebutuhan ilmu pendidikan yang berkembang saat ini. "Kami yakin dengan adanya pengalihan status tersebut nantinya akan mampu menampung minat generasi muda Aceh yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi sesuai dengan program studi yang diinginkan," katanya.

...dst

23 ) Rektor UGM Minta Jangan Terlalu Pikirkan Pernyataan Marzuki
http://news.detik.com/read/2012/05/08/213002/1912511/10/rektor-ugm-minta-jangan-terlalu-pikirkan-pernyataan-marzuki?nd992203605

Selasa, 08/05/2012 21:30 WIB
Jakarta Pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie bahwa banyak orang-orang pintar, lulusan universitas ternama, malah terlibat kasus korupsi menarik perhatian publik. Namun Rektor UGM, Pratikno, meminta jangan terlalu memikirkan pernyataan tersebut."Pernyataan itu jangan terlalu dipikirkan, hubungannya nggak jelas. Seperti dia bilang, populasi burung kicau menurun. Ini kan benar. Jumlah koruptor meningkat. Ini juga betul kan. Lalu disimpulkan, koruptor bertambah karena jumlah burung kicau menurun. Ini kan kesimpulan yang nggak logis," ujar Pratikno kepada detikcom, Selasa (8/5/2012). Dia mengatakan orang yang korupsi adalah orang yang punya jabatan. Orang yang berpengaruh banyak yang merupakan alumni universitas besar. "Jadi memang sudah sewajarnya. Jadi dari universitas besar melahirkan lulusan kompetitif," tambahnya. Universitas dan alumni kan membentuk pribadi yang punya sikap antikorupsi. Tapi kelak jika para alumni itu melakukan korupsi di partai, maka itu terjadi karena struktur partainya. "Itu sama aja dengan bilang 'oh yang banyak korup itu orang Jawa'. Ya iya, kan yang banyak jadi pejabat kan orang Jawa. Lucu saja, ngapain kita serius-serius memikirkan pernyataan itu. Kesimpulannya dia itu keliru. Struktur partai dan struktur finansial partailah yang mendukung korupsi terjadi," papar Pratikno.

...dst

24 ) Mendikbud: Orang Bisa 'Nakal' Setelah Lulus Kuliah
http://news.detik.com/read/2012/05/08/190725/1912434/10/mendikbud-orang-bisa-nakal-setelah-lulus-kuliah?n991102605

Selasa, 08/05/2012 19:07 WIB
Jakarta Ketua DPR Marzuki Alie menyebut banyak orang-orang pintar, lulusan universitas ternama, malah terlibat kasus korupsi. Di beberapa kasus, orang menjadi 'nakal' setelah lulus kuliah. Ada banyak hal yang membuat seseorang menjadi 'nakal'. "Oleh karena itu ayo sama-sama kita benahi. Itu kan nakalnya setelah lulus, iya kan. Terus dia ikut opo, ikut opo, alumni ilmu agama juga ada. Semuanya tidak menjamin sehingga yang harus kita lakukan sistemnya secara keseluruhan," ujar Mendikbud, M Nuh.Hal itu disampaikan M Nuh usai rakor pembahasan RUU Perguruan Tinggi (PT) di Kemendikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Selasa (8/5/2012). Dia menambahkan, jika mau mencari orang 'nakal' di Indonesia, maka sebagian besar merupakan orang Jawa. Hal itu jarena populasinya paling banyak. "Dari teori statistik kan begitu. Oleh karena itu, kita tidak bisa mengambil generalisasi seperti itu," sambung Nuh.

...dst

25 ) Anies Baswedan: Ucapan Marzuki Alie Tidak Cerdas
http://news.detik.com/read/2012/05/08/144959/1912141/10/anies-baswedan-ucapan-marzuki-alie-tidak-cerdas?nd992203605

Selasa, 08/05/2012 14:49 WIB
Yogyakarta Ucapan Ketua DPR RI, Marzuki Alie yang menyatakan alumnus Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah koruptor dinilai oleh Rektor Universitas Paramadina, Anies R. Baswedan sebagai ucapan yang tidak cerdas. Sebagai ketua DPR yang merupakan pejabat tinggi negara juga dinilai tidak pantas mengucapkan seperti itu. "Masalah korupsi sebaknya jangan dilihat dari asal pendidikannya. Itu berbahaya," ungkap Anies Rasyid Baswedan menjawab pertanyaan wartawan disela-sela acara Roadshow 'Indonesia Mengajar' di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Tamantirto, Kasihan, Bantul, Selasa (8/5/2012). Berbahayanya, kata Anies, pertama mengapa Marzuki Alie sebagai Ketua DPR hanya menyimpulkan penyebab korupsi hanya seperti itu. Kedua, sumber korupsi tidak hanya di instansi pemerintah atau swasta saja, tapi semuanya.

...dst

26 ) Prof Susetyawan: Korupsi Marak Karena Sistem, Bukan Problem Pendidikan
http://us.news.detik.com/read/2012/05/08/132354/1912036/10/prof-susetyawan-korupsi-marak-karena-sistem-bukan-problem-pendidikan

Selasa, 08/05/2012 13:23 WIB
Jakarta Guru Besar bidang Sosiologi, Pembangunan Sosial dan Kesejehateraan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Susetyawan, mengatakan siapapun dapat terjebak pada praktik korupsi di Indonesia. Tidak saja kalangan alumnus dari perguruan tinggi. Hal itu disebabkan karena sistem sosial dan budaya di Indonesia saat ini memberi peluang bagi siapapun untuk melakukan korupsi. Menurut Susetyawan, sangkaan yang dilontarkan Ketua DPR Marzuki Alie soal orang pintar alumni perguruan tinggi ternama banyak 'terjebak' melakukan praktek korupsi sangat tidak objektif. Karena pada realitasnya, yang terjebak korupsi dari banyak kalangan. Bahkan yang tidak mengenyam pendidikan perguruan tinggi pun bisa melakukan korupsi. "Sebenarnya yang menjadi koruptor tidak semua dari perguruan tinggi, yang bukan dari perguruan tinggi pun bisa terjebak. Karena korupsi di negara ini persoalan sistem, bukan persoalan perguruan tinggi atau pendidikannya. Sistem keuangan yang membuat orang jadi koruptor," ujar Susetyawan saat berbincang-bincang dengan detikcom, Selasa (8/5/2012).

...dst

27 ) Korupsi Bukan Ajaran Perguruan Tinggi
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/08/19543373/Korupsi.Bukan.Ajaran.Perguruan.Tinggi

Selasa, 8 Mei 2012 | 19:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -  Dalam sejarah keberadaan perguruan tinggi di TANAH AIR, tak ada satu pun yang mengajarkan mahasiswanya untuk melakukan korupsi. Praktik korupsi yang terjadi dalam lingkungan pemerintahan atau melibatkan pejabat pemangku negara, justru disebabkan oleh sistem bernegara yang amburadul dan lemahnya penegakan hukum. Demikian dikemukakan Ketua Dewan Direktur Sabang-Merauke Circle (SMC), Syahganda Nainggolan, di Jakarta, Selasa (8/5/2012) petang, menanggapi pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie terkait perilaku korupsi yang dilakukan oleh berbagai alumni perguruan tinggi, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung.

...dst

28 ) BEM UGM Tak Permasalahkan Marzuki Alie
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/09/09065934/BEM.UGM.Tak.Permasalahkan.Marzuki.Alie

Rabu, 9 Mei 2012 | 09:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gajah Mada atau BEM KM UGM tidak mempermasalahkan Pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie mengenai maraknya praktik korupsi dengan membawa-bawa nama institusi beberapa Perguruan Tinggi Negeri.
Menteri Jaringan Komunikasi BEM KM UGM, Ivan Nashara kepada Kompas.com, Rabu (9/5/2012), menyampaikan bahwa selama yang disampaikan oleh Marzuki Alie tanpa data yang jelas, maka tidak ada pengajuan keberatan terhadap Marzuki. "Kami nggak mempermasalahkan selama omongannya tanpa data dan di UGM sendiri jelas tidak ada mata kuliah korupsi," katanya.Ivan juga menyampaikan bahwa ada dan tidaknya pernyataan Marzuki Alie tersebut, BEM KM UGM tetap konsisten mendukung pemberantasan korupsi dan belajar untuk tidak korupsi. "Tahun 2006 kami pernah mengadakan Sekolah Antikorupsi pertama di Indonesia yang dapat rekor Muri," katanya.

...dst

29 ) UGM Dituding, Sultan 'Serang' Balik Marzuki Alie
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/08/079402409/UGM-Dituding-Sultan-Serang-Balik-Marzuki-Ali

SELASA, 08 MEI 2012 | 14:27 WIB
TEMPO.CO, Jakarta -Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X menilai pernyatan Ketua DPR Marzuki Alie bahwa koruptor kebanyakan lulusan dari perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada tidak berdasar. "Saya nggak tahu kok dia (Marzuki) bisa bicara itu dasarnya apa?" kata Sultan, yang juga anggota Majelis Wali Amanat UGM, Selasa, 8 Mei 2012. Sultan, yang alumnus UGM, mengatakan seorang pejabat harus bisa menjaga perkataannya, apalagi melalui media massa. "Seorang pemimpin itu kalau bicara nggak usah nunjuk langsung, kan, ya nggak ada masalah," kata dia.

...dst

30 ) UI Upload Video Pidato Kontroversial Marzuki Alie
http://news.detik.com/read/2012/05/08/213049/1912510/10/ui-upload-video-pidato-kontroversial-marzuki-alie?nd992203605

Selasa, 08/05/2012 21:30 WIB
Jakarta Ketua DPR Marzuki Alie menyampaikan pernyataan yang kontoversial terkait latar belakang pendidikan para koruptor. Bagaimana pidato lengkap Marzuki? Hari ini Universitas Indonesia (UI) men-upload video tersebut (http://humas.ui.ac.id/node/241)
Video pidato Ketua DPR Marzuki Alie dalam sambutan pada diskusi tokoh nasional dengan tema 'Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia' yang berlangsung Senin pagi (07/05) di Ruang Seminar Terapung Perpustakaan Pusat Kampus UI Depok itu di-upload pada Selasa (8/5/2012) "Kantor Komunikasi UI yang merekam dalam bentuk video secara lengkap kegiatan tersebut. Marzuki Alie bicara tentang pentingnya lulusan perguruan tinggi yang mempunyai akhlak mulia dan berkarakter yang kuat. Karena ternyata yang melakukan korupsi sekarang ini, berpendidikan tinggi, berasal dari perguruan tinggi ternama, ada anggota HMI, angota ICMI. Mereka itu bersekolah pada masa lalu. Ada yang tidak betul dengan kurikulum sekolah masa lalu," tulis humas UI dalam website humas.ui.ac.id seperti dikutip detikcom.

...dst

31 ) Digugat Soal UI dan UGM, Jawaban Marzuki Alie
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/09/078402577/Digugat-Soal-UI-dan-UGM-Jawaban-Marzuki-Alie

RABU, 09 MEI 2012 | 05:09 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie tidak akan mempersoalkan gugatan dari pengacara publik David Tobing atas ucapan Marzuki yang menyebut bahwa koruptor bisa saja berasal dari organisasi atau perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). "Biarkan saja, kalau orang nuntut itu biasa saja. Siapapun tak bisa mengadili siapa saja karena pemikirannya," kata Marzuki saat dihubungi Tempo, Selasa, 8 Mei 2012.
Menurut Marzuki, apa yang disampaikan saat menjadi pembicara di UI, Senin 7 Mei 2012 pagi bukan sesuatu yang tendensius. "Saya memang diminta mengkritisi prilaku korupsi." Dalam keseluruhan pidatonya, Marzuki mengaku hanya menyampaikan bagaimana korupsi sudah menjalar ke institusi mana saja, termasuk universitas dan organisasi keagamaan. Ia mencontohkan organisasi itu Himpunan Mahasiswa Isam, dan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI).

...dst

32 ) Digugat Mahasiswa UI, Marzuki: Cabut Gelar Alumnus yang Korupsi
http://us.news.detik.com/read/2012/05/08/165354/1912296/10/digugat-mahasiswa-ui-marzuki-cabut-gelar-alumnus-yang-korupsi?n990102mainnews

Selasa, 08/05/2012 16:53 WIB
Jakarta Ketua DPR, Marzuki Alie, digugat mahasiswa UI terkait pernyataannya soal koruptor. Marzuki heran kenapa mahasiswa UI marah kepada dirinya. "Itu bukan statement, tapi speech saya di diskusi tokoh tentang masa depan PT di Indonesia, saya diminta mengkritisi PT. Kalau tidak mau dikritik minta judul ceramah pandangan baik-baik saja. Tanya Prof Nanat Ketua Presidium ICMI sebagai penyelenggara. Saya sudah tidak akan hadir, tapi diminta tetap hadir, harusnya sudah tahu saya akan bicara apa adanya mengkritisi apa saja yang saya anggap tidak baik," kata Marzuki dalam pesan singkat kepada wartawan, Selasa (8/5/2012). Menurut Marzuki, mestinya PTN mencari solusi. Dia tak habis pikir alumnusnya malah menggugatnya. "Harusnya dipikirkan solusinya, misalnya ada komitmen dari PT untuk mencabut gelar akademik kepada alumninya yang korupsi, bukannya malah marah," kritiknya.

...dst

33 ) Roadshow 4 Pilar MPR Akan Sambangi Undip
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/08/373/625806/roadshow-4-pilar-mpr-akan-sambangi-undip

Selasa, 08 Mei 2012 15:32 wib
JAKARTA - Kali ini talkshow empat pilar Goes to Campus yang digadang Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) RI akan berlabuh di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada Rabu, 9 Mei mendatang. Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso mengemukakan, kunjungan ini  sangat bermanfaat bagi seluruh civitas akademica Undip dan masyarakat. Sebab, lanjutnya, kegiatan ini berfokus untuk memasyarakatkan Undang-Undang Dasar (UUD) 45. "Kegiatan dilaksanakan dalam rangka sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD NKRI tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika" ujar Agus, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (8/5/2012).

...dst

34 ) Kinerja Kemdikbud Lambat, Tunjangan Guru Tak Kunjung Cair
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/08/17523248/Kinerja.Kemdikbud.Lambat.Tunjangan.Guru.Tak.Kunjung.Cair

Selasa, 8 Mei 2012 | 17:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Keluhan soal pembayaran tunjangan profesi guru dari berbagai daerah tahun 2012 yang tak kunjung cair, mengalir ke Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistiyo, di Jakarta, Selasa (8/5/2012), mengatakan, keterlambatan pembayaran tunjangan profesi guru ini dari laporan daerah, akibat kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang lambat dalam penyelesaian SK sertifikasi. "Setelah guru diurusi oleh berbagai unit utama di berbagai Ditjen dan Badan Guru justru birokrasi guru jadi rumit dan lambat," kata Sulistiyo.

...dst

35 ) LIPI Tawarkan Teknologi Robotik untuk Logistik
http://sains.kompas.com/read/2012/05/08/20573517/LIPI.Tawarkan.Teknologi.Robotik.untuk.Logistik

Selasa, 8 Mei 2012 | 20:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menawarkan teknologi robotik untuk operasi sistem distribusi komoditas guna mendukung implementasi sistem logistik nasional. "Dengan sistem robot segalanya menjadi lebih cepat dan murah, karena lebih efisien dan efektif," kata Kepala Bidang Mekatronik LIPI Estiko Rijanto dalam seminar logistik internasional di Jakarta, Selasa.
Estiko mencontohkan, penggunaan teknologi canggih terbaru dalam sistem logistik China membuat harga komoditas di negara itu sangat murah dan bisa bersaing di tingkat global. Sementara sistem logistik di Indonesia yang tak efisien, menurut Kepala LIPI Prof. Lukman Hakim, telah menyebabkan kesenjangan harga yang tidak wajar dan membuat komoditas impor lebih murah dibanding produk lokal. "Contohnya, jeruk impor China lebih murah daripada harga jeruk dalam negeri. Bagaimana mungkin Indonesia bisa bersaing di pasar global maupun dalam negeri jika harga berbagai produknya mahal. Dan semua itu berawal dari sistem logistik yang tidak efisien," katanya. Data statistik menunjukkan, biaya logistik di Indonesia termasuk yang tertinggi di ASEAN, yakni sebesar 27 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Idealnya biaya logistik di dalam negeri tidak melebihi 15 persen dari PDB.

...dst

36 ) Penyelamatan Koleksi Sinematek Mendesak
Dokumentasi Naskah dan Film Layak Menjadi Warisan Budaya
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/09/02280817/penyelamatan..koleksi.sinematek.mendesak.

09 Mei 2012
mpas - Campur tangan pemerintah sangat mendesak untuk menyelamatkan koleksi film, buku, naskah film, dan jenis koleksi lain milik Pusat Dokumentasi dan Informasi Perfilman Indonesia yang sebagian besar rusak. Apalagi, pusat dokumentasi ini adalah yang terlengkap se-Asia.
Pemilik rumah produksi Miles Production, Mira Lesmana, Selasa (8/5), mengatakan, arsip-arsip yang tersimpan di Pusat Dokumentasi dan Informasi Perfilman (Sinematek) Indonesia adalah dokumentasi yang bisa dimanfaatkan generasi mendatang untuk belajar tentang perfilman dan sejarah film Indonesia. Koleksi Sinematek juga bisa dimanfaatkan untuk menambah referensi bagi sineas muda sebelum mulai berkarya.
"Pusat dokumentasi berperan untuk pendidikan. Karena itu, keberadaan Sinematek tidak bisa diserahkan begitu saja kepada swasta. Negara punya tanggung jawab besar untuk menyelamatkan dokumentasi film karena itu bagian dari sejarah dan kebudayaan kita," papar Mira yang pernah memanfaatkan Sinematek untuk menyelesaikan kuliah sarjananya.
Saat ini ribuan koleksi film di Sinematek Indonesia dalam kondisi rusak berat. Karya intelektual yang berperan merekam jejak sejarah perfilman nasional itu nyaris hancur "dimakan" asam dan berkarat. Jumlah koleksi film mencapai 2.000 salinan film.

...dst

37 ) Terbukti Bunuh Mahasiswi, Oknum TNI Dihukum 13 Tahun Bui
http://news.detik.com/read/2012/05/08/154401/1912209/10/terbukti-bunuh-mahasiswi-oknum-tni-dihukum-13-tahun-bui

Selasa, 08/05/2012 15:44 WIB
Semarang Sersan Dua (Serda) Yusuf Harnawan dijatuhi hukuman 13 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Militer II - 10 Semarang karena terbukti membunuh mahasiswi IAIN Wali Songo yang juga pacarnya, Siti Faizah. Selain itu, ia dipecat dari korps TNI. "Terdakwa terbukti melanggar Pasal 338 KUHP subsider Pasal 351 ayat (1) junto ayat (1) KUHP tentang Pembunuhan," kata hakim ketua Mayor Chk (K) Siti Alifah dalam persidangan di Pengadilan Militer, Jalan Kertanegara VI/8 Semarang, Selasa (8/5/2012). Hakim ketua mengatakan hal yang memberatkan terdakwa adalah membunuh saat korban hampir melaksanakan wisuda, menghilangkan barang bukti milik korban, tidak melakukan penyelamatan saat korban masih hidup namun justru mencekik korban untuk kedua kalinya serta melanggar Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

...dst

38 ) Pemerintah Siapkan Mobil Hibrida 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493378/38/

Wednesday, 09 May 2012
JAKARTA– Pemerintah menargetkan penggunaan mobil hibrida bisa segera direalisasikan tahun depan.Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, kebutuhan penggunaan mobil hibrida sangat mendesak sebagai kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan. "Mobil hibrida tentu sangat hemat dan perbandingannya bisa 1:30 dengan mobil biasa. Tetapi, harganya masih 35% lebih mahal dari mobil nonhibrida karena bahan bakarnya itu dikombinasikan antara bahan bakar minyak (BBM) dan listrik," ungkap MS Hidayat di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta,kemarin. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemarin siang melihat dua mobil hibrida milik Astra. Kedua mobil yang dipamerkan di halaman tengah Kompleks Istana Kepresidenan itu adalah Toyota Camry berwarna hitam dan Toyota Prius berwarna putih. Saat presentasi kedua mobil hemat energi asal Jepang itu, Presiden didampingi Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri ESDM Jero Wacik,Menteri Keuangan Agus Martowardojo, dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

...dst

39 ) Surat Edaran Siaga Tsunami Resahkan Warga
http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/05/08/m3pqj3-surat-edaran-siaga-tsunami-resahkan-warga

Selasa, 08 Mei 2012, 23:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Direktur Eksekutif Yayasan Komunitas Siaga Tsunami (Kogami) Indonesia, Patra Rina Dewi menyatakan, surat edaran dikeluarkan Gubernur Sumatera Barat tentang "Siaga Darurat Gempa bumi dan Tsunami", telah meresahkan warga setempat. Sejak surat edaran itu dikeluarkan terjadi sedikit "kehebohan" di tengah masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), terutama yang bermukim di wilayah zona merah (rawan tsunami), kata Patra kepada ANTARA di Padang, Selasa. Surat edaran Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tertanggal 27 April 2012 meminta tujuh kabupaten dan kota di pesisir pantai memberlakukan status siaga darurat gempa bumi dan tsunami hingga 30 Juni 2012. Menurut Patra, sebagian masyarakat Sumbar resah karena pada poin (2) surat tersebut tertulis, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota perlu mempertimbangkan pemberlakuan Status Siaga Darurat Gempa Bumi dan Tsunami khususnya wilayah sepanjang pesisir pantai di seluruh wilayah Sumatera Barat hingga akhir Juni 2012.

...dst

40 ) Anggaran Luar Negeri Pejabat Negara Harus Dipangkas 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493365/

Wednesday, 09 May 2012
JAKARTA – Pemerintah dan DPR diminta memangkas alokasi anggaran kunjungan ke luar negeri bagi pejabat kementerian dan lembaga negara serta DPR. Hal ini diperlukan sebab alokasi anggaran itu dinilai terlalu besar. Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafi mengatakan, jumlah anggaran perjalanan kementerian dan lembaga (K/L) ke luar negeri terus meningkat setiap tahun. Pada anggaran 2012 ini, alokasinya mencapai Rp23,9 triliun. Adapun untuk kunjungan kerja DPR ke luar negeri sebesar Rp140 miliar. 

...dst

41 ) Sejumlah BKD Sudah Coret Honorer K1
http://www.jpnn.com/read/2012/05/09/126818/Sejumlah-BKD-Sudah-Coret-Honorer-K1-

Rabu, 09 Mei 2012 , 05:53:00
JAKARTA - Hingga kemarin (8/5), baru sekitar 70 persen daerah yang sudah melaporkan hasil pengaduan masyarakat terkait data honorer kategori satu (K1) ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kemenpan-RB. Laporan yang sudah masuk itu sudah hasil verifikasi oleh BKD terhadap laporan masyarakat. Jadi, data yang disetorkan BKD itu sudah menyebutkan mana honorer K1 yang memang sudah valid atau memenuhi kriteria (MK), dan mana yang akhirnya dicoret."Sedang sisanya, yang 30 persen lagi, masih memerlukan waktu untuk melakukan proses verifikasi terhadap laporan masyarakat,"  ujar Kepala Bagian Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Tumpak Hutabarat, kepada JPNN, kemarin (8/5). Jika semua data sudah masuk, lanjut Tumpak, maka tetap akan disisir lagi oleh tim pusat. "Nanti akan dibahas untuk tingkat finalisasi, mana yang laporan dari perseorangan, dari LSM, dari media, dan dari instansi resmi. Jadi, semua laporan resmi BKD akan dirapatkan lagi oleh tim pusat," terangnya.

...dst

42 ) Prancis, Sosialisme, dan Kita 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493381/38/

Wednesday, 09 May 2012
DINNA WISNU
Direktur Pascasarjana Bidang Diplomasi, Universitas Paramadina
Di Prancis baru saja terpilih presiden baru bernama Francois Hollande dari garis politik kiri yang Sosialis. Terpilihnya Hollande tidak serta merta disambut meriah oleh jagat Eropa karena garis politik yang diusung Hollande dianggap tidak sejalan dengan garis politik kanan yang selama ini memimpin upaya untuk mengeluarkan Eropa dari krisis ekonomi berkepanjangan. Belum juga resmi dilantik, Hollande sudah diklaim akan mengalami masa bulan madu yang sangat pendek.Ia ditekan untuk bergegas mengeluarkan jurus penyelamatannya bagi Prancis dan Eropa. Presiden Amerika Serikat bahkan langsung mengontak Hollande, menegaskan (untuk menjaga) aliansi abadi antara AS dan Prancis, serta berharap ada terobosan baru bagi tata kelola arsitektur ekonomi dunia dalam pertemuan negaranegara kaya G-8 di Camp David, Maryland AS pada 18-19 Mei dan di KTT Trans-Atlantik NATO di Chicago pada 20-21 Mei. 

...dst

43 ) Analisis Politik
Memimpikan Pemimpin yang Bukan Pemimpi
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/08/0550397/Memimpikan.Pemimpin.yang.Bukan.Pemimpi

Selasa, 8 Mei 2012 | 05:50 WIB
Oleh J Kristiadi
"Perlu waktu puluhan juta tahun untuk membentuk gugusan terumbu karang dan mencuatkannya ke permukaan bumi sebagai pegunungan karst. Sebaliknya, bagi pabrik semen, hanya butuh puluhan tahun untuk menghancurkan dan mengubahnya menjadi mesin uang"
(Pidato Presiden dikutip "Kompas", Jumat, 4 Mei 2012, hal 33).
Namun, di halaman yang sama Kompas mencatat, setelah delapan tahun berlalu, gaung yang coba digemakan Presiden pun mulai meredup. Isu pelestarian karst dianggap tak menarik. Intinya, peringatan Presiden sebagai pemegang kekuasaan pemerintahan tertinggi agar harta karun dijaga demi kelestarian lingkungan harus tunduk pada nafsu keserakahan. Dalam waktu yang sangat singkat, mesin uang telah memorakporandakan anugerah Tuhan yang seharusnya dapat mendukung eksistensi bangsa dan negara.

...dst

Berita Edukasi, 08 Mei 2012

1 ) Cegah Kasus Angie Terulang, Kemendikbud Awasi Keuangan Universitas
http://news.detik.com/read/2012/05/08/002135/1911592/10/cegah-kasus-angie-terulang-kemendikbud-awasi-keuangan-universitas?n991102605

Selasa, 08/05/2012 00:21 WIB
Jakarta Kasus dugaan korupsi Angelina Sondakh melibatkan proyek-proyek di universitas negeri yang bernaung di Kemendikbud. Perlu sebuah upaya khusus agar kasus semacam ini tak berulang. Bagaimana caranya? Irjen Kemendikbud Haryono Umar sudah membuat beberapa program untuk pengawasan keuangan universitas. Salah satunya dengan memberdayakan satuan pengawas intern (SPI). "Satuan pengawas intern, di perguruan tinggi belum diberdayakan, terutama dalam pengelolaan keuangan dan pengadaan barang," kata Haryono saat berbincang dengan detikcom, Senin (7/4/2012) malam. Mantan Wakil Ketua KPK ini menilai, di universitas-universitas negeri banyak ahli akutansi dan ekonomi yang bisa diberdayakan untuk mengawasi proyek-proyek kampus. Bila itu dilakukan, maka korupsi bisa dicegah. "SPI bisa melakukan pembenahan sistem keuangan," sambungnya. Selain itu, Haryono juga sudah meminta pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) agar memantau keuangan universitas secara berkala. Dengan langkah ini, diharapkan bisa mencegah penyalahgunaan wewenang di universitas."BPKP monitoring tiga bulanan kalau ada hal-hal yang membahayakan bisa dicegah," tegasnya.

...dst

2 ) ICW: Tidak Perlu Ada Kurikulum Antikorupsi
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/08/079402322/ICW-Tidak-Perlu-Ada-Kurikulum-Antikorupsi

SELASA, 08 MEI 2012 | 07:21 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Peneliti Indonesia Corruption Watch Febri Hendri menganggap tidak ada korelasinya sistem pendidikan dengan perilaku korupsi yang cenderung dilakukan para lulusan perguruan tinggi. "Akar masalahnya itu lebih ke arah sistem dalam berbangsa dan bernegara," katanya ketika dihubungi Tempo 7 Mei 2012. "Kalau masalah nilai-nilai di jenjang pendidikan dari dulu itu sudah ditanamkan." Menurut dia yang membuat kasus korupsi marak adalah lantaran mahalnya biaya politik dan kurangnya sanksi yang dibebankan kepada koruptor baik hukum maupun sanksi sosial. "Contoh saja KPK, sudah bagus malah dipreteli," katanya. Selain itu ia juga menyorot biaya politik yang terlalu mahal. "Sistem rekrutmen politik yang mendasarkan pada uang bisa memicu itu (korupsi)." Sebelumnya, Ketua DPR Marzuki Alie menyoroti fenomena korupsi yang rata-rata dilakukan oleh mereka yang berpendidikan tinggi dan berasal dari berbagai universitas ternama. Ia merasa ada sesuatu yang salah dengan pendidikan perguruan tinggi. "Saat ini korupsi kan orang-orang pintar lulusan universitas dari UI, Gadjah Mada, ICMI dan semuanya terlibat. Ini fakta," ujarnya. "Pendidikan tinggi harusnya menghasilkan akhlak mulia, sehingga kalau jadi pimpinan bisa menjadi contoh."

...dst

3 ) Antikorupsi Diajarkan Mulai Tahun Akademik 2012-2013
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/08/079402315/Antikorupsi-Diajarkan-Mulai-Tahun-Akademik-2012-2013

SELASA, 08 MEI 2012 | 06:30 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh menyatakan kurikulum antikorupsi siap diterapkan di tahun akademik mendatang. "Insya Allah siap tahun akademik 2012-2013," ujar Nuh kepada Tempo di kantornya, Senin malam, 7 Mei 2012. Nuh menyatakan kurikulum itu nantinya tidak hanya berlaku untuk pendidikan tinggi, tetapi mulai di tingkat dasar dan menengah. Nuh menyatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mulai menyusun kurikulum antikorupsi tersebut sejak dua tahun lalu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata Nuh, menyusun kurikulum tersebut bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dan aparat penegak hukum. Menanggapi pernyataan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie yang mengatakan koruptor bisa berasal dari perguruan tinggi yang dianggap memiliki citra baik, seperti Universitas Indonesia, Nuh berpendapat hal itu bukanlah sinyalemen negatif. Menurut Nuh, koruptor tidak selalu berasal dari perguruan tinggi bercitra baik. Nuh menganalogikan hal tersebut lewat teori populasi dengan mengatakan sebagian besar koruptor merupakan orang Jawa. Nuh mengungkapkan pernyataannya itu mungkin bisa jadi benar, karena mayoritas populasi penduduk Indonesia berasal dari Jawa. Nuh pun menuturkan ia tidak memandang kalimat Marzuki sebagai suatu pernyataan untuk menjelekkan kampus tertentu.

...dst

4 ) Marzuki Alie: Koruptor Produk Perguruan Tinggi
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/07/079402159/Marzuki-Alie-Koruptor-Produk-Perguruan-Tinggi

SENIN, 07 MEI 2012 | 14:35 WIB
TEMPO.CO, Depok - Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan para koruptor sebenarnya adalah orang-orang pintar. Bahkan mereka merupakan produk dari perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia."Koruptor adalah orang-orang pintar," katanya saat berbicara di acara "Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia" di Universitas Indonesia, Depok, Senin, 7 Mei 2012. "Mereka juga bisa dari anggota ICMI, anggota HMI, lulusan UI, UGM, dan lainnya. Tidak ada orang bodoh." Menurut Marzuki, banyak pengajar di perguruan tinggi negeri hanya memikirkan proyek. Hal itu akan membuat pikiran kritis para dosen jadi tumpul. "Karena sering memikirkan proyek, lama-lama otaknya tumpul," katanya. Menurut Marzuki, pendidikan kita pada masa lalu sangat buruk. Dirinya meminta kepada semua pihak untuk bersama-sama memperbaikinya. "Ini adalah kesalahan pendidikan masa lalu yang harus kita perbaiki bersama," katanya. Marzuki berharap, Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi dapat mengatasi minimnya fasilitas pendidikan dan kurang berprestasinya perguruan tinggi Indonesia di tingkat internasional. Terutama membuat pendidikan yang mahal menjadi berkualitas. "Pendidikan memang mahal, makanya dialokasikan 20 persen," katanya.

...dst

5 ) Marzuki Sebut Banyak Koruptor Alumnus UI & UGM
http://news.detik.com/read/2012/05/07/125330/1910944/10/marzuki-sebut-banyak-koruptor-alumnus-ui-ugm

Senin, 07/05/2012 12:53 WIB
Jakarta Ketua DPR Marzuki Alie menyebut banyak koruptor merupakan alumnus perguruan tinggi negeri. Marzuki pun meminta perguruan tinggi negeri meningkatkan kualitas pendidikannya dan tidak hanya fokus pada pengerjaan proyek. "Saat ini korupsi kan orang-orang pintar lulusan universitas dari UI, Gadjah Mada, ICMI, dan semuanya terlibatlah (korupsi). Ini fakta," ujar Marzuki Alie saat berbicara di acara 'Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia' di Universitas Indonesia, Depok, Senin (7/5/2012). Kesemuanya itu, lanjut Marzuki Alie, disebabkan oleh pendidikan masa lalu. Karananya masalah itu harus segera diperbaiki. Pada kesempatan itu, Marzuki menyinggung rendahnya kualitas pendidikan perguruan tinggi Indonesia."Kebanyakan perguruan tinggi negeri ngurusin proyek saja," sindir Marzuki Alie. Karena itu, Rancangan Undang-undang Perguruan Tinggi diharapkap dapat mengatasi minimnya fasilitas pendidikan dan kurang berprestasinya perguruan tinggi Indonesia di tingkat internasional."Pendidikan mahal! Salah kalau dibilang murah, makanya alokasi 20 persen jangan dialokasikan ke 19 kementerian yang kurang bermanfaat," usulnya.

...dst

6 ) Jangan Digeneralisir Alumni UI & UGM Koruptor
http://news.detik.com/read/2012/05/07/143130/1911067/10/jangan-digeneralisir-alumni-ui-ugm-koruptor?nd992203605

Senin, 07/05/2012 14:31 WIB
Jakarta Pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie cukup mengejutkan. Bersandar fakta, dia menyebut pelaku korupsi selama ini berasal dari universitas terkemuka. Koruptor berasal antara lain alumni UI dan UGM. Pernyataan Marzuki ini pun dikritisi. Korupsi tidak ditentukan berdasarkan universitas."Jangan digeneralisir seperti itu karena universitas sudah lama berdiri dan berperan," kata mantan Ketua Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein yang juga alumni UI saat dikonfirmasi, Senin (7/5/2012). Yunus yang dahulu berkuliah di Fakultas Hukum UI ini menjelaskan, bila ada alumni UI yang terjerat korupsi, sepenuhnya lepas dari universitas. Mereka terjerat bukan hanya karena salah individu, tetapi juga kesalahan sistem. "Sistem yang memungkinkan suburnya korupsi," jelas Yunus.

...dst

7 ) Pukat UGM: Korupsi Itu Soal Kekuasaan, Bukan Universitas
http://news.detik.com/read/2012/05/07/145934/1911123/10/pukat-ugm-korupsi-itu-soal-kekuasaan-bukan-universitas?nd992203605

Senin, 07/05/2012 14:59 WIB
Jakarta "Power tends to corrupt, and absolute power corrupts absolutely." Demikian ungkapan terkenal dari Baron Acton. Jadi perkara korupsi bukan terkait pada institusinya, melainkan lebih melekat pada kekuasan yang dipunyainya. "Korupsi itu berhubungan dengan kekuasaan. Begitu masuk kekuasaan masuk dalam perangkap korupsi. Mau itu lulusan AKABRI, Akpol, presiden pun bisa kena. Ini adalah problem kekuasaan bukan universitas," ujar peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat UGM), Oce Madril, dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (7/5/2012). Hal itu disampaikan Oce Madril menanggapi pernyataan yang disampaikan Ketua DPR, Marzuki Alie, bahwa banyak pelaku korupsi adalah orang pintar lulusan universitas ternama seperti UI dan UGM. Menurut Oce Madril, apa yang disampaikan Marzuki tidak sepenuhnya salah. Sebab memang ada alumnus universitas tersebut yang terkait pada kasus korupsi. Namun korupsi bisa menerpa siapa pun dari institusi mana pun.

...dst

8 ) Ketua Alumni IPB Sesalkan Pernyataan Marzuki Soal Koruptor dari PT
http://news.detik.com/read/2012/05/08/113402/1911837/10/ketua-alumni-ipb-sesalkan-pernyataan-marzuki-soal-koruptor-dari-pt?n991103605

Selasa, 08/05/2012 11:34 WIB
Jakarta Ketua Alumni IPB Said Didu menyesalkan pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie yang menyindir banyak koruptor berasal dari perguruan tinggi terkemuka. Menurut Said, pernyataan itu tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab. "Sebagai Ketua Alumni IPB menyesalkan kesalahan Ketua DPR dalam menarik kesimpulan tentang alumni PT korupsi. Secara statistik tidak bisa dipertanggungjawabkan karena jika ada alumni PT tertentu dipastikan secara statistik tidak mewakili populasi alumninya, sehingga tidak bisa memberi nama mereka sebagai alumni," jelas Said dalam pernyataannya, Selasa (8/5/2012).
Mantan Sekretaris Kementerian BUMN ini memberi contoh, dari 107 ribu alumni IPB, jika ada 10 yang gila, secara statistik tidak boleh menyatakan alumni IPB gila.

...dst

9 ) Alumni UI Protes Marzuki Sebut Banyak Lulusan UI Koruptor
http://news.detik.com/read/2012/05/07/134443/1911016/10/alumni-ui-protes-marzuki-sebut-banyak-lulusan-ui-koruptor?nd992203605

Senin, 07/05/2012 13:44 WIB
Jakarta Ketua DPR Marzuki Alie menyebut banyak koruptor merupakan alumnus perguruan tinggi negeri seperti UI dan UGM. Alumni UI memprotes pernyataan tersebut sebagai pernyataan tak berdasar. "Kan umumnya alumni UI kan jarang jadi pegawai negeri. Jadi pejabat yang ada di pejabat pemerintahan itu jarang dari UI. Banyak mahasiswa UI sesudah tamat terus mandiri. Kebanyakan kerja di perusahaan asing, jadi pengacara atau konsultan hukum. Jadi pernyataan Pak Marzuki itu mengherankan atas dasar dari mana beliau mengatakan itu. Saya ikut pengurus penasehat alumni UI," kata anggota dewan penasehat alumni UI, Martin Hutabarat kepada detikcom, Senin (7/5/2012). Anggota Komisi III DPR itu mempertanyakan dasar pernyataan Marzuki. Karena sangat terkait dengan nama baik almamater UI.

...dst

10 ) Alumni UGM Minta Marzuki Buktikan Pernyataan Alumnus UGM Banyak Koruptor
http://news.detik.com/read/2012/05/07/144944/1911102/10/alumni-ugm-minta-marzuki-buktikan-pernyataan-alumnus-ugm-banyak-koruptor?nd992203605

Senin, 07/05/2012 14:49 WIB
Jakarta Ketua DPR, Marzuki Alie, menyebut banyak koruptor merupakan alumnus UI dan UGM. Wakil Ketua Komisi II DPR yang juga alumni UGM, Ganjar Pranowo, meminta Marzuki membuktikan kata-katanya. "Saya sebagai orang yang pernah kuliah di dua perguruan tinggi tersebut, intelektualitas saya terganggu kalau tidak bicara data, akan lebih baik kalau yang dikatakan Pak Marzuki itu ada datanya," kata Ganjar saat berbincang dengan detikcom, Senin (7/5/2012). Menurut Ganjar, korupsi bisa dilakukan oleh siapa saja. Korupsi, ia menambahkan, tidak memandang universitas asal pelaku seperti yang dikatakan Marzuki Alie. "Korupsi itu kan tidak memandang alumni, asal daerah, partai, siapa saja bisa," papar pria yang juga menjadi anggota dewan penasihat alumni UGM tersebut.

...dst

11 ) Punya PTS, Marzuki Sindir Kemendikbud Jangan Hanya Perhatikan PTN
http://news.detik.com/read/2012/05/07/154524/1911185/10/punya-pts-marzuki-sindir-kemendikbud-jangan-hanya-perhatikan-ptn?nd992203605

Senin, 07/05/2012 15:45 WIB
Jakarta Ketua DPR Marzuki Alie menyindir Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud yang terlalu menganaktirikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Marzuki menilai Ditjen Dikti lebih fokus pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN). "Pemerintah harusnya lebih memperhatikan perguruan tinggi swasta," ujar Marzuki Alie saat berbicara di acara 'Masa Depan Pendidikan Tinggi di Indonesia' di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (7/5/2012). Menurut Marzuki, jumlah PTN di Indonesia hanya berjumlah 53 PTN dan PTS berjumlah 2.987 PTS. Dari data itu, PTS memiliki peran vital dalam pembangunan bangsa. "Ditjen Perguruan Tinggi bukan hanya Perguruan Tinggi Negeri tapi juga Perguruan Tinggi Swasta. Supaya jangan melecehkan PTS," kata Marzuki. "Saya kan punya perguruan tinggi swasta. Itu jangan perguruan tinggi saja yang diperhatikan, swasta juga," tambahnya.

...dst

12 ) Kemendikbud Dinilai Babak Belur Kelola Anggaran Pendidikan 20%
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/07/373/625303/kemendikbud-dinilai-babak-belur-kelola-anggaran-pendidikan-20

Senin, 07 Mei 2012 18:08 wib
DEPOK– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Marzuki Ali menganggap biaya pendidikan di Indonesia masih menyulitkan anak bangsa. Hal itu disebabkan ketidakmampuan pemerintah dalam mengelola anggaran pendidikan 20 persen. "Pendidikan itu mahal. Bagaimana alokasi 20 persen ini benar, jangan sampai tujuannya enggak jelas," kata Marzuki kepada wartawan dalam {Sarasehan Pendidikan} di Kampus UI Depok, Senin (7/5/2012). Marzuki meminta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap mengelola dana tersebut. Namun, yang terjadi justru pemerintah babak belur hingga tak tepat sasaran. "Kemendikbud harus siap, ini malah babak belur menggunakan dana itu. Pusing mereka karena kebanyakan dana. Akhirnya hanya terpikir untuk menghabiskan uangnya saja. Ini apa adanya yang saya sampaikan," tuturnya. Justru yang terjadi, kata dia, distribusi dana saat ini tidak adil dan tersebar di 19 kementrian. Hal itu, tambahnya, harus dikembalikan kepada rakyat agar tepat sasaran.

...dst

13 ) ICMI : Banyak Pertimbangan untuk Mengesahkan RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/07/373/625128/icmi-banyak-pertimbangan-untuk-mengesahkan-ruu-pt

Senin, 07 Mei 2012 16:02 wib
DEPOK -  Ketua Presidium Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Nanat Fatah Nasir menilai, terdapat fenomena yang harus dipertimbangkan untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT). Salah satunya, lanjut Nanat, banyaknya demonstrasi mahasiswa untuk menolak RUU PT lantaran masih mengarah pada liberalisasi pendidikan tinggi. Penolakan tersebut juga berkaitan pada pasal yang mengatur soal organisasi mahasiswa di universitas yang dinilai berpotensi memandulkan gerakan mahasiswa dan daya kritis mahasiswa. Nanat menambahkan, mereka yang menolak RUU PT tersebut secara eksplisit memindahkan tanggung jawab pendidikan dari negara kepada masyarakat. Hal ini tentu memberatkan pembiayaan pendidikan mahasiswa kurang mampu."RUU dipending karena eksekutif belum siap. Pandangan ICMI, mensponsori 20 persen anggaran tidak ada korelasi dengan Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP), malah semakin naik. UU BHMN mengarah pada liberalisasi yang artinya memberikan kesempatan kepada PT untuk naikkan terus SPP," kata Nanat di Perpustakaan Apung Universitas Indonesia (UI) dalam acara sarasehan pendidikan, Senin (7/5/2012).

...dst

14 ) Pemilihan Rektor UI Bermuatan Politis Jelang 2014?
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/07/373/625385/pemilihan-rektor-ui-bermuatan-politis-jelang-2014

Senin, 07 Mei 2012 20:01 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) berkomitmen untuk mencegah muatan politis menjelang pemilihan rektor pada Juli mendatang. Namun, sejumlah nama politikus muncul, salah satunya nama Jusuf Kalla serta Ketua Iluni Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) UI Fadli Zon yang juga Wakil Ketua Partai Gerindra. Menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Djoko Santoso, partai politik masuk dalam jajaran struktural akademik Universitas Indonesia (UI) bukan sebuah masalah. Sebab, lanjutnya, para akademisi UI sudah dewasa. "Tidak masalah partai politik masuk dalam struktural UI karena UI sudah dewasa. Masalah UI mau dibawa ke mana, itu UI yang menentukan," kata Djoko usai Sarasehan Pendidikan Untuk Mengkritisi Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) di Perpustakaan Terapung UI, Senin (7/5/2012).

...dst

15 ) Irmina, Gubes Kimia Pertama di ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/07/373/625421/irmina-gubes-kimia-pertama-di-its

Selasa, 08 Mei 2012 08:02 wib
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengukuhkan guru besar (gubes). Beliau adalah Irmina Kris Murwani. Dia akan dikukuhkan sebagai gubes bidang Ilmu Katalis Heterogen pada Rabu 9 Mei mendatang. Hal ini merupakan pencapaian luar biasa yang diperoleh Irmina. Terlebih saat ini masih belum ada seorang wanita yang menjadi gubes di jurusan tempatnya mengabdi, Kimia. Irmina menjadi satu-satunya guru besar di lingkungan FMIPA ITS, setelah Susanti Linuwih pensiun tahun lalu. Secara keseluruhan pun, jumlah guru besar wanita di ITS memang terbilang tidak banyak.''Ada beberapa guru besar wanita di ITS, tapi jumlahnya sedikit dan mungkin banyak yang sudah senior,'' ujar Irmina seperti dilansir dari ITS online, Selasa (8/5/2012).

...dst

16 ) Dua Mahasiswa Undip Dapat Silver Prize i-ENVEX
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/08/185738/Dua-Mahasiswa-Undip-Dapat-Silver-Prize-i-ENVEX
08 April 2012

SEMARANG- Dua mahasiswa Undip, Gregorius Rionugroho Harvianto dan Harum Nissa Ulfasha, mendapat silver prize dalam ajang penelitian internasional dengan tajuk "3rd International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2012 di Malaysia, akhir April lalu. Rio dan Harum mewakili Indonesia di ajang tersebut bersama Unibraw, ITB, dan Widya Mandala Surabaya. Rio dan Harum meneliti mengenai "Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Organik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan". Penelitian yang menghasilkan sabun dari limbah minyak dan limbah kulit kapuk randu ini telah diterapkan di masyarakat di daerah Meteseh dalam rangkaian acara Teknik Kimia Peduli yang diselengarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Undip, beberapa waktu lalu. Penelitian tersebut masuk kategori C, yaitu bioteknologi, kesehatan, dan kimia yang bersaing dengan universitas-universitas luar negeri, di antaranya National University of Singapore dan Universiti Teknologi Malaysia.

...dst

17 ) Mahasiswa ITS Olah Binahong Menjadi Keripik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/1108531/Mahasiswa.ITS.Olah.Binahong.Menjadi.Keripik

Selasa, 8 Mei 2012 | 11:08 WIB
Kompas.com - Tanaman Binahong yang lebih dikenal sebagai tanaman obat, diolah oleh sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi keripik yang memiliki nilai ekonomi. Program kreativitas mahasiswa ITS ini dikerjakan bekerja sama dengan masyarakat Desa Pandian, Kota Sumenep, Madura.
Kendati di Desa Pandian tanaman binahong cukup melimpah, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Bahkan pada tahun lalu tanaman ini banyak yang dibuang secara percuma karena terserang hama ulat.Melihat keadaan itu, kelima mahasiswa ITS yang berasal dari jurusan Teknik Kimia yang terdiri dari Jannatun, Irma, Ugink Mida dan Mafa ini membuat keripik yang berasal dari daun binahong. Selain pembuatannya yang mudah, bahan baku yang dibutuhkan pun juga tersedia melimpah di Desa Pandian.

...dst

18 ) Ekspresi Hijau Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/10261176/Ekspresi.Hijau.Mahasiswa

Selasa, 8 Mei 2012 | 10:26 WIB
Tak terasa satu tahun telah berlalu, acara Green Living n Youth Creativity kembali menyapa kampus-kampus di seluruh Indonesia. Tahun ini, Universitas Lampung mendapat giliran pertama menggelar acara yang digagas "Kompas" Kampus dan Tupperware ini. Masih mengusung tema yang sama, "Green Living n Youth Creativity 2012: Gaya Hidupku, Gaya Hidup Hijau". Serangkaian acara selama dua hari di Unila dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Teknokra Universitas Lampung. Melalui Lampung X'Fresh di Unila, Lampung berupaya menunjukkan ekspresi hijau.Pembantu Rektor Prof Dr Hasriadi Mat Akin mengatakan, Unila telah berkomitmen untuk menerapkan hidup hijau di seluruh pelosok kampus yang luasnya mencapai 64 hektar. "Bukan hanya hijau, melainkan juga asri dan indah. Untuk bisa mempertahankan kampus yang indah, perlu dukungan kita semua," kata Hasriadi. Lingkungan kampus Unila memang asri meski gedung-gedungnya terlihat tua. Di tengah kampus, terdapat sebuah danau lengkap beberapa kijang di sekelilingnya. Beberapa sudut kampus juga terlihat taman yang hijau.

...dst

19 ) Peringatan Hari Lupus Dunia Dihelat di ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/07/373/625112/peringatan-hari-lupus-dunia-dihelat-di-itb

Senin, 07 Mei 2012 15:05 wib
BANDUNG - Peringatan Hari Lupus Dunia (World Lupus Day/WLD) di Bandung dipusatkan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganeca, akhir pekan lalu. Peringatan itu digelar Syamsi Dhuha Foundation (SDF), organisasi nirlaba yang didirikan oleh orang dengan lupus (Odapus) Dian Syarif Pratomo yang bekerja sama dengan Sekolah Farmasi ITB. SDF bergerak di bidang penyakit lupus. Lupus merupakan penyakit yang belum ada obatnya hingga kini. Penyakit lupus terjadi karena sistem imun (kekebalan tubuh)  menggerogoti sel tubuh sendiri. Acara bertema "Never Give Up!" itu dibuka dengan senam ceria sekira pukul 06.30 WIB. Ada juga konsultasi lupus gratis, lupus talkshow, art performance Beautiful Indonesia. Dian Syarif Pratomo juga meluncurkan buku berjudul {Catatan si Luppy} dan {Sunrise Serenade}. Acara puncaknya adalah penganugerahan Care for Lupus (CFL) SDF Award 2012. Iszur Muchtar didapuk sebagai pembawa acara yang dihadiri ratusan peserta termasuk para Odapus tersebut.

...dst

20 ) Wikimedia Gandeng PT Menulis Bahasa Jawa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/08/185735/Wikimedia-Gandeng-PT-Menulis-Bahasa-Jawa

08 April 2012
SEMARANG- Wikimedia Indonesia menggandeng enam perguruan tinggi (PT) di Indonesia untuk menulis artikel bahasa Jawa di Wikipedia bertajuk ''Papat Limpad''. Penulisan artikel tersebut dikompetisikan untuk menambah koleksi tulisan berbahasa Jawa yang ada di Wikipedia.Selain memperkaya artikel di Wikipedia bahasa Jawa, langkah ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan bahasa tersebut. Direktur Proyek ''Papat Limbad'', Nunung Martina mengatakan, enam PT yang digandeng adalah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, dan IKIP PGRI Semarang. "Dalam kompetisi Papat Limpad tahun lalu kami menggandeng Unnes. Namun, tahun ini kami mengajak PT lain khususnya yang memiliki program studi bahasa atau sastra Jawa," katanya seusai peluncuran kompetisi "Papat Limpad 2012" di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Semarang, Senin (7/5).

...dst

21 ) Sultan: Pendidikan Tanpa Kebudayaan Hasilkan Generasi Asing
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/05/07/90551/Sultan-Pendidikan-Tanpa-Kebudayaan-Hasilkan-Generasi-Asing/3

Senin, 7 Mei 2012 18:28 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pendidikan yang tidak didasari oleh kebudayaan akan menghasilkan generasi asing karena tercerabut dari kehidupan masyarakatnya sendiri, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. "Oleh karena itu, kebudayaan yang tidak menyatu dengan pendidikan akan cenderung asing bagi kehidupan dan mulai ditinggalkan oleh masyarakatnya sendiri," katanya pada kongres pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (7/5). Menurut dia, pendidikan dan pengajaran merupakan dua proses satu nafas, memiliki keterkaitan yang berbeda kadarnya dengan kebudayaan. Pendidikan memerdekakan nurani, pengajaran memerdekakan pikiran. Namun demikian, kata dia, pengajaran dapat dikatakan sebagai bagian dari pendidikan secara umum, karena ilmu yang diajarkan dan dipelajari merupakan alat pendidikan. "Dengan demikian, perlu ditunjukkan keterpaduan hubungan antara pengajaran, pendidikan, dan kebudayaan," kata Sultan.

...dst

22 ) Hasil Penelitian Rektor Universitas Pertahanan-Profesionalisme-Kualitas TNI Alami Penurunan 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/492999/38/

Tuesday, 08 May 2012
JAKARTA – Profesionalisme dan kualitas sumber daya manusia (SDM) TNI diperkirakan mengalami penurunan. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian Rektor Universitas Pertahanan Syarifudin Tippe pada 1999–2009. Menurut dia, tanda-tanda penurunan profesionalitas dan kualitas TNI ini bisa dilihat dari peningkatan ancaman di perbatasan dan pulau terluar, ancaman terorisme, serta minimnya mobilitas udara, laut, dan darat.Hal ini dipengaruhi oleh beragam faktor. Berdasar penelitiannya,hal tersebut terjadi akibat rendahnya kualitas personel dan rendahnya kapabilitas alutsista TNI."Dan muaranya adalah kecilnya dukungan anggaran TNI,"ungkapnya seusai meluncurkan buku berjudul Human Capital Management: Model Pengembangan Organisasi Militer Indonesia di Kementerian Pertahanan, Jakarta,kemarin,' Tippe juga melihat penurunan itu terjadi karena Undang- Undang Nomor 3/2002 tentang Pertahanan Negara tak membahas sumber daya prajurit, baik dari sisi pengetahuan, keahlian, maupun sikapnya. Peraturan belum menyentuh profesionalisme prajurit. 

...dst

23 ) Kemdikbud Siapkan Standar Kemampuan TIK Guru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/319

05/07/2012 (All day)
Jakarta – Menurut Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen pasal 10 ayat (1), kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Sementara untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meminta guru untuk menambah satu kompetensi lagi, yaitu kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Demikian diungkapkan Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud, Ari Santoso, di sela-sela Workshop Enabling Next-Generation Learning in Indonesia, di Hotel Mulia, Jakarta, (7/5). Ari mengatakan, saat ini Pustekkom Kemdikbud sedang menyiapkan standarisasi TIK untuk guru.  Untuk mencapai standarisasi TIK tersebut, ada beberapa strategi yang akan dilakukan, misalnya dengan mengadakan pelatihan TIK dan pengembangan konten portal Rumah Belajar (www.belajar.kemdiknas.go.id). Pelatihan TIK yang selama ini sudah diselenggarakan memiliki kelemahan karena tingkat duplikasinya tinggi. "Kecenderungannya selalu guru yang di-training adalah guru yang sudah tahu TIK, dan materi yang diberikan sama," ujarnya. Karena itu Kemdikbud akan mengevaluasi sistem training yang selama ini sudah berjalan.

...dst

24 ) Kemen PAN-RB Tidak Khawatir Membebani APBN
Kebijakan Memperpanjang Usia Pensiun PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/05/08/126700/Kemen-PAN-RB-Tidak-Khawatir-Membebani-APBN-

Selasa, 08 Mei 2012 , 06:12:00
JAKARTA - Sekilas aturan memperpanjang usia pensiun PNS ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi diklaim bsia menghindari praktek-praktek kotor pengajuan perpanjangan usia pensiun. Di sisi lain perpanjangan usia pensiun ini bisa menambah beban belanja pegawai di APBN. Tapi pemerintah menilai aturan baru ini sudah tepat dan siap dijalankan.
Aturan baru ini kian berpotensi menggelembungkan postur belanja pegawai karena PNS yang diperpanjang usia pensiunya adalah pejabat eselon I dan II. Diamana rata-rata PNS yang duduk di jabatan ini memiliki tunjangan penghasilan yang lumayan besar. Di tingkat daerah pejabat eselon I dan II ini mulai dari sekertaris daerah (sekda) di kabupaten, kota, hingga provinsi. Lebih tinggi lagi di pemerintah pusat pejabat eselon ini diduduki para direktur jenderal, deputi, hingga direktur-direktur...cut...RUU ASN ini masih dalam fase uji publik. Diharapkan aturan ini bisa disahkan antara Juni-Juli mendatang. Dalam aturan baru ini, usia pensiun PNS yang menduduki jabatan eselon I dan II diperpanjang menjadi 60 tahun dari sebelumnya 56 tahun. Upaya ini merupakan solusi dari potensi konflik dari setiap pengajuan usulan perpanjangan pensiun.

...dst

25 ) Ilmuwan temukan abnormalitas struktur otak pada psikopat
http://www.antaranews.com/berita/309598/ilmuwan-temukan-abnormalitas-struktur-otak-pada-psikopat

Selasa, 8 Mei 2012 12:05 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Para ilmuwan yang memindai otak laki-laki pelaku pembunuhan, pemerkosaan, dan tindak kekerasan menemukan bukti kuat bahwa psikopat memiliki abnormalitas dalam struktur otak mereka. Menurut hasil studi para peneliti di King's College London's Institute of Psychiatry, psikopat punya sedikit lapisan tipis berwarna abu-abu yang disebut grey matteratau cerebral cortex pada otak mereka.  Di lapisan korteks otak besar itu terdapat berbagai macam pusat saraf yang mengendalikan ingatan, perhatian, persepsi, pertimbangan, bahasa dan kesadaran. Dalam artikel yang dipublikasikan laman Kantor Berita Reuters, para peneliti menyebutkan area otak itu penting untuk memahami emosi dan keinginan orang lain. Kerusakan pada area otak tersebut berhubungan dengan kurangnya empati, respon yang buruk pada ketakutan dan penderitaan dan kurangnya emosi kesadaran diri seperti rasa bersalah dan rasa malu. Para peneliti menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk memindai otak 44 laki-laki dewasa pelaku tindak kekerasan di Inggris yang didiagnosis dengan dengan gangguan kepribadian anti-sosial  (Anti-Social Personality Disorders/ASPD) serta orang sehat.

...dst


Berita Edukasi. 07 Mei 2012

1 ) Pendaftaran SNMPTN 2012 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Senin, 7 Mei 2012 | 07:53 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mekanisme pendaftaran ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2012 berbeda dengan tahun lalu, karena pendaftaran dilakukan sepenuhnya melalui sistem "online". "Tahun lalu pendaftaran diproses oleh teller bank bersamaan dengan pembayaran biaya ujian, tetapi sekarang dilakukan sendiri oleh calon peserta secara 'online'," kata Ketua Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Budi Prasetyo Widyobroto di Yogyakarta, Senin (7/5/2012). Menurut dia, dalam SNMPTN 2012, calon peserta membayar uang pendaftaran ke Bank Mandiri, kemudian mendapat "personal identification number" (PIN) dan Kode Akses Pendaftaran (KAP), yang digunakan untuk "login" ke "website" SNMPTN. "Melalui `website` itu calon peserta mengisi biodata, memilih program studi, dan lokasi tes. Pendaftaran ujian tulis SNMPTN dimulai 10 Mei 2012 dan ditutup 31 Mei 2012," kata Budi. Ia mengatakan waktu pendaftaran itu berlaku untuk calon peserta yang lulus pada 2010, 2011, dan 2012. Hal itu berbeda dengan 2011, karena waktu pendaftaran untuk lulusan tahun sebelumnya dilaksanakan lebih dulu. "Pada tahun ini waktu pendaftaran dilaksanakan secara bersamaan. Kami berharap calon peserta mendaftar awal, dan tidak perlu menunda waktu untuk menghindari kepadatan jaringan saat ribuan calon peserta melakukan pendaftaran," katanya.

...dst

2 ) Moratorium Pendirian FK Masih Berjalan

Senin, 07 Mei 2012 , 07:21:00
JAKARTA - Perguruan tinggi yang berniat mendirikan fakultas kedokteran (FK) harus bersabar. Sebab moratorium atau penghentian pendirian FK belum akan dicabut dalam waktu dekat. Alasannya sejak moratorium diterapkan pada penghujung 2010 lalu, belum ada perkembangan siginifikan terhadap pembenahan kualitas FK. Keterangan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) di Jakarta kemarin (6/5). Djoko menuturkan, alasan penerapan moratorium itu disebabkan karena waktu itu kualitas FK di seluruh Indonesia belum merata. Masih banyak FK yang berjalan dengan kualitas seadanya. Bahkan hanya mengantongi akreditasi C. Dengan kondisi ini, Djoko mengatakan konsil kedokteran mengusulkan kepada Ditjen Dikti untuk menyetop sementara pendirian FK baru. "Gunanya distop sementara ini, supaya ada pembenahan di FK-FK yang sudah ada dulu," tandasnya. Namun, hingga moratorium berjalan dua tahun belum ada perbaikan di FK-FK secara signifikan. Mantan rektor ITB itu mengatakan, banyak sekali sektor perbaikan di FK yang harus dijalankan. Diantaranya adalah sistem pembelaran dan kualitas rumah sakit yang digunakan untuk praktek. Ke depan diharapkan seluruh FK memiliki rumah sakti pendidikan sendiri-sendiri. Selama ini masih ada FK yang bekerjasama dengan pemda untuk meminjam rumah sakit.

...dst

3 ) Kuntoro Jadi Doktor Kehormatan Northeastern University

MINGGU, 06 MEI 2012 | 18:39 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menerima penghargaan doktor kehormatan dari Northeastern University, Amerika Serikat "Dia dinilai menghasilkan prestasi dan terobosan yang berkontribusi signifikan dalam civil service," kata Deputi VI UKP4, Achmad Santosa saat dihubungi, Ahad, 6 April 2012. Achmad menyatakan, Guru Besar Ilmu Keputusan di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menerima penghargaan pada hari Jumat 4 Mei 2012 di TD Garden, Boston – Masachussets, AS. Penganugerahan ini diberikan dalam sebuah upacara commencement ke-110."Penganugerahan besar dipimpin langsung President Northeastern University, Prof Joseph E. Aoun," katanya. Penganugerahan doktor kehormatan ini diberikan kepada enam orang termasuk Kuntoro Mangkusubroto dan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Colin Powell yang memberikan keynote speech dalam upacara tersebut. Kuntoro adalah satu-satunya penerima penghargaan yang berasal dari luar Amerika Serikat."Ini putra Indonesia yang sangat membanggakan karena menerima penghargaan bergengsi," katanya.

...dst

4 ) Raih HC Northeastern University
Kuntoro: Mereka Terlalu Tinggi Menilai Saya

Senin, 7 Mei 2012 | 09:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto, yang akhir pekan lalu baru saja menerima penghargaan doktor kehormatan dari Northeastern University, di TD Garden, Boston, Masachussets, Amerika Serikat (AS), menganggap penghargaan itu sesuatu yang biasa saja dalam hidupnya. Ia justru malah merendah saat ditanya. "Saya kira penilaian mereka itu terlalu tinggi terhadap saya," tandas Kuntoro dalam pesannya melalui blackberry messenger (BBM) kepada Kompas, Senin (7/5/2012) pagi ini. Sebelumnya, Kuntoro diberi ucapan selamat setelah mendapat doktor kehormatan (honoris causa/HC) bersama lima orang lainnya yang semuanya adalah warganegara AS. Keenam orang tersebut dinilai berpretasi melakukan terobosan di bidang pelayanan sipil. Salah seorang di antaranya adalah mantan Menteri Luar Negeri AS Colin Powell.

...dst

5 ) STMIK AMIKOM Jadi Pusat Pelatihan Animasi Wacom  

Monday, 07 May 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta ditunjuk sebagai kampus penyelenggaraan Wacom Authorized Training Center (WATC). Yakni,pusat pelatihan pembuatan film animasi dengan menggunakan perangkat teknologi grafis mumpuni yang diproduksi Wacom. Sales Manager Wacom Singapura KC Leong menyerahkan langsung peralatan tersebut kepada Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta M Suyadi, Sabtu (5/5).Penyerahan ini, sekaligus sebagai tanda secara resmi STMIK AMIKOM menjadi WATC pertama di Tanah Air. Wacom merupakan perusahaan pentablet asal Singapura.  Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta M Suyanto mengutarakan, di samping akan menjadi tempat pelatihan industri kreatif film animasi memanfaatkan teknologi Wacom,WATC juga menjadi terobosan besar bagi AMIKOM yang ingin menjadi lokomotif industri kreatif nasional.Inidibuktikan,diantaranya tengah mempersiapkan sebuah film animasi pertama dari Indonesia yang akan menembus pasar Hollywood. "Film Animasi AMIKOM yang akan masuk perfilman Hollywood. Ini sebagai salah satu wujud keseriusan mengajak masyarakat kreatif menembus pasar internasional," ungkap Suyanto seusai menerima penyerahan secara simbolis perangkat Wacom. 

...dst

6 ) Universitas Bengkulu terima 50 mahasiswa kedokteran

Senin, 7 Mei 2012 09:04 WIB
Bengkulu (ANTARA News) - Universitas Bengkulu (Unib) Provinsi Bengkulu akan menerima mahasiswa fakultas kedokteran sebanyak 50 orang, baik melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi maupun jalur mandiri pada tahun ajaran 2012. Ke-50 mahasiswa baru pada Fakultas Kedokteran tersebut, 20 orang melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan sisanya melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Universitas bengkulu (SPMU), kata Rektor Univeritas Bengkulu Prof dr Zainal Muktamar, di Bengkulu, Senin. Ia menjelaskan, program studi kedokteran di Universitas Bengkulu masih relatif baru dan berada dalam pengampuan Universitas Indonesia. Mahasiswa yang dipilih berasal dari mahasiswa umum yang diseleksi secara mandiri dan diseleksi secara nasional serta mahasiswa yang dikirim oleh kabupaten/kota dengan memberikan beasiswa kepada siswa-siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi kedokteran unib. Khusus untuk jalur nasional mengalami peningkatan dari menerima sepuluh orang pada 2011 naik menjadi 20 orang pada tahun ajaran 2012 melalui seleksi SNMPTN.

...dst

7 ) PERGURUAN TINGGI
Unsoed Ikuti Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Senin, 7 Mei 2012 | 13:08 WIB
PURWOKERTO, KOMPAS.com - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto akan mengikuti National University Debating Championship tingkat nasional yang akan diselenggarakan sekitar bulan Juni 2012 mendatang di Jakarta. Majunya tim Unsoed dalam ajang bergengsi tersebut setelah delegasi mereka meraih juara harapan 1 dalam ajang Lomba Debat Bahasa Inggris National University Debating Championship (NUDC), yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud). Humas Keluarga Alumni Unsoed Alif Einstein, Senin (7/5/2012) mengatakan, ajang debat tersebut diikuti 96 peserta dari 32 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Tengah.

...dst

8 ) Sarjana Lebih Ngotot Jadi Pegawai  

Monday, 07 May 2012
YOGYAKARTA – Pendidikan di Indonesia dinilai kurang relevan dengan kebutuhan pasar. Hal ini dikarenakan pendidikan tinggi lebih menitikberatkan pada pendidikan akademis dibanding vokasional yang menghasilkan tenaga terampil. Akibatnya, banyak lulusan yang tidak menguasai aspek keahlian sesuai yang diharapkan lapangan kerja. "Program keahlian selalu dianggap program kelas dunia dan subordinasi dari program akademik, sehingga kualitas peserta didik tidak memenuhi persyaratan minimal yang diperlukan bagi pendidikan keahlian," ujar dosen, sekaligus pengelola Prodi Akuntasi Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Herman Legowo dalam Seminar Nasional Repositioning Pendidikan Vokasi di Hotel Santika,Yogyakarta,kemarin. Rendahnya jumlah tenaga ahli di tingkat madya yang seharusnya mampu menjembatani komunikasi antara tenaga ahli dengan tenaga kerja lapangan menyebabkan lebih banyak perusahaan menggunakan tenaga kerja lapangan tak terdidik.Dia mengungkapkan, sebagian besar dari mereka ialah buruh musiman yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak, tapi hanya mendapatkan keahliannya secara turun temurun. 

...dst

9 ) Hutan Unhas Pusat Rehabilitasi Narkoba

Minggu, 06 Mei 2012 11:28 wib
MAKASSAR - Hutan pendidikan Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menjadi lokasi pembinaan bagi pecandu narkoba di Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka akan menjalani pembinaan berbasis konservasi sumber daya alam setelah menjalani proses rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Narkoba Baddoka. Penetapan lokasi ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) dengan Unhas.  Tidak hanya itu, pada 26 juni mendatang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan mendeklarasikan Hari Anti Narkoba di kawasan hutan yang berada di Bengo, Kabupaten Maros, itu. Rektor Unhas Prof Idrus Paturusi menjelaskan, angka pengguna narkoba di Sulsel cukup tinggi. Dari data BNN, angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Sulsel pada 2008 1,80 persen atau 103.849 orang, meningkat menjadi 2,04 persen atau 121.773 orang pada 2010, bahkan diperkirakan meningkat menjadi 2,08 persen atau 125.730 orang pada akhir 2011.

...dst

10 ) Ada Pesta Pantun di Unhas

Minggu, 06 Mei 2012 13:35 wib
MAKASSAR - Komunitas Pantun Universitas Hasanuddin (Unhas), atau yang biasa disebut Tunas, akan menggelar pesta pantun yang berbasis kearifan lokal dengan tajuk Lakon Seni Pantun Nusantara (Lontara), 12 Mei mendatang. Pesta pantun ini akan digelar di Aula Prof. Mattulada, Fakultas Sastra, Unhas. Kepala Suku Tunas Muhammad Rijal Djamal mengatakan, lakon seni pantun nusantara ini dilaksanakan dengan latar belakang masih banyaknya masyarakat yang kurang memahami pantun. Selain itu, pesta pantun ini juga digelar untuk memenuhi rasa rindu masyarakat akan pagelaran pantun yang berbeda dengan pertunjukan seni budaya lainnya."Kami ingin mempertahankan seni budaya pantun agar tetap mempunyai tempat tersendiri dalam masyarakat sekaligus memperkenalkan ini kepada masyarakat khususnya kaum muda dan pelajar," ungkap Rijal belum lama ini. 

...dst

11 ) Kampus Tak Jelas, Mahasiswa Jual Sandal Keliling

Senin, 07 Mei 2012 , 08:48:00
SIGLI-Ironis memang jika tempat belajarnya tidak jelas seperti kampus Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK), Jabal Ghafur Sigli, dimana mahasiswanya harus kucar kacir. Konon lagi gara-gara kampusnya tidak jelas salah seorang mahasiswa terpaksa jual sandal keliling. Razali (27), mahasiswa AMIK Jabal Ghafur Sigli, warga Gampong Cot Mulu Kecamatan Peukan Baro, Pidie terpaksa menjual sandal keliling. Sudah tiga bulan ini Razali berprofesi sebagai pedagang sendal keliling. Razali masih tercatat sebagai mahasiswa AMIK Semester VI dan karena jadwal kuliah tidak menentu dia terpaksa menjual sandal keliling. "Saya tidak kuliah sementara waktu sebelum status AMIK jelas," ungkapnya. Razali baru saja menikah dengan seorang istri Miftahul Jannah (19), tidak ada pilihan lain selain menjual sandal keliling. Setiap hari Razali mampu meraih keuntungan hingga Rp 100 sampai 150 ribu/hari. Tentu saja keuntungan tersebut bisa membayar uang kuliahnya kelak, namun apa hendak dikata jika pendidikannya tidak jelas. Keinginannya untuk meraih gelar sarja pupus sudah dengan tidak jelasnya status AMIK. "Saya sangat kecewa terhadap Yayasan Jabal Ghafur," jelasnya.

...dst

12 ) Energi Surya Tingkatkan Produksi Perikanan  

Monday, 07 May 2012
YOGYAKARTA – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk pengabdian masyarakat berhasil mengembangkan pemanfaatan energi surya. Pemanfaat ini untuk mendukung usaha perikanan warga di Desa Sendangsari, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Diseminasi teknologi tepat guna tersebut berupa pemasangan sepuluh panel surya untuk menyuplai kebutuhan listrik untuk "aerasi"kolam pembibitan ikan gurame dan udang galah. "Saat ini sudah beroperasi sistem penyedia energi yang berasal dari sepuluh panel surya berkapasitas 1.000 Wp yang pembiayaannya dibantu oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Sejauh ini sudah dimanfaatkan untuk aerasi bagi sepuluh kolam bibit, dan mampu menyuplai energi untuk penerangan tiga buah lampu di sekitar lokasi kolam,"ungkap salah satu mahasiswa anggota kelompok PKM UGM,Igib Prasetyaningsari,kemarin.  

...dst

13 ) Lagi, Siswa Indonesia Sabet Dua Emas di Olimpiade Fisika Asia

Senin, 07 Mei 2012, 11:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tim Indonesia berhasil merebut dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu dalam Olimpiade Fisika se-Asia 2012 (Asian Physics Olympiad-APhO 2012) di India pada 30 April-7 Mei. "Sejak pertama kali diselenggarakan di Indonesia tahun 2000, siswa-siswi negara ini selalu berprestasi di APhO karena pelatihan yang cukup intensif," kata pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya, di Jakarta, Senin (7/5). Peraih medali emas menurut keterangan dari pelatih yang mendampingi wakil Indonesia di India DR. Hendra adalah Limiardi Eka Sancerio (SMAK Penabur Gading Serpong) dan Erwin Handoko Tanin (SMA 1 Sutomo Medan).

...dst

14 ) Pengucuran TPP Semakin Melewati Batas
Pemerintah Pusat dan Daerah Saling Lempar Alasan

Minggu, 06 Mei 2012 , 09:22:00
JAKARTA - Keterlambatan pengucuran tunjangan profesi pendidik (TPP) benar-benar semakin menghawatirkan. Ketentuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mencairkan TPP trismester I 2012 paling lambat April lalu ternyata tidak dijalankan. Pemerintah pusat dan daerah saling melempar alasan sendiri-sendiri terkait keterlambatan ini. Mekanisme pencairan TPP ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Yaitu uang dari Kemenkeu dicairkan ke kas pemkab atau pemkot. Selanjutnya, pencairan menunggu SK guru penerima TPP yang dikeluarkan pemerintah pusat. Setelah SK tersebut dikeluarkan, maka pemerintah daerah wajib mencairkan duit TPP yang disudah dikucurkan sebelumnya. Keterlambatan pencairan TPP ini benar-benar telah membuat guru resah. Keresahan tersebut diantaranya disampaikan ke Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI). Ketua Umum PB PGRI Sulistyo menuturkan, keterlabatan pencairan yang lebih dari sebulan ini bisa berakibat fatal. Diantaranya adalah, jika pencairan TPP dirapel cukup lama biasanya uang yang diterima guru tidak penuh untuk 12 bulan. Seperti pengalaman tahun lalu, ketika rapelan TPP dikucurkan setahun sekali, banyak guru yang mengeluh karena TPP-nya hanya senilai 11 bulan. Sementara yang sebulan lenyap ditilap oknum daerah.

...dst

15 ) Kemdikbud tunggu MK soal RSBI

Minggu, 6 Mei 2012 16:39 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) hingga kini masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait persoalan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) yang digugat masyarakat. "Masih disidang MK, tapi saya tidak mengikuti perkembangannya sampai di mana," kata staf khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Sukemi, kepada ANTARA News di Surabaya, Minggu. Hingga kini, gugatan hukum (judicial review) Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) pasal 50 ayat (3) terhadap pasal 31 UUD 1945 tentang dasar hukum RSBI sedang disidangkan MK. Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M. Ikhsan, secara terpisah  bahwa pihaknya juga masih menunggu sikap pemerintah untuk menetapkan RSBI menjadi SBI. "Kami memiliki ratusan RSBI mulai dari SD hingga SMA dan mestinya tahun ini sudah ada yang menjadi SBI, namun hingga belum ada satu pun yang diputuskan pemerintah. Jadi, kami masih menunggu pusat," katanya. Senada dengan itu, seorang guru SMK di Gresik, Hanif Hasan, mengaku sekolah yang menjadi RSBI itu mendapatkan banyak manfaat, karena guru dan siswa dipaksa untuk belajar Bahasa Inggris dan meningkatkan kualitas keilmuannya.

...dst

16 ) Kemkominfo targetkan bangun Wifi di 745 kabupaten

Jumat, 4 Mei 2012 22:15 WIB 
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan pembangunan "Wireless Fidelity" (Wifi) di 745 kabupaten di Indonesia. "Program Wifi di 745 kabupaten di Indonesia ini dikerjakan dalam kerangka Kewajiban Pelayanan Umum (KPU), tujuannya agar masyarakat mendapat internet gratis dengan kecepatan yang bagus," kata Kepala Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kominfo H. Santoso di Jakarta, Jumat. Rencananya wifi yang disediakan secara gratis selama 24 jam tersebut akan berkecepatan 2 megabyte. "Pengoperasian wifi pertama akan dilakukan pada Juni 2012 di Ambon, bertepatan dengan momen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), lokasi pendirian wifi diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing," jelas Santoso. Pembangunan wifi itu adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mencapai target agar seluruh wilayah Indonesia sudah memiliki jaringan internet pada 2015, sesuai komitmen pemerintah pada konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). "Selain wifi kami juga berupaya untuk melakukan `upgrading` desa punya internet atau desa pinter di 1.330 desa dengan kewajiban penggunaan sistem operasi maksimal satu berbasis `opensource` dan berlisensi," tambah Santoso.

...dst

Tidak ada komentar: