Cari Blog Ini

Minggu, Juni 03, 2012

Berita Edukasi 28 Mei - 03 Juni 2012



Berita Edukasi, 03 Juni 2012

1 ) Mendikbud Targetkan Pendidikan Minimal SMA/SMK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/02/14534183/Mendikbud.Targetkan.Pendidikan.Minimal.SMASMK

Sabtu, 2 Juni 2012 | 14:53 WIB
Kompas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menargetkan masyarakat Indonesia akan berpendidikan minimal SMA-SMK pada tahun 2020. Karenanya tahun depan akan diprogramkan Pendidikan Menengah Universal. "Kita nggak ingin masyarakat hanya berpendidikan SMP, karena itu tahun depan akan saya programkan pendidikan menengah universal. Targetnya tahun 2020 sekitar 97 persen masyarakat kita berpendidikan SMA atau SMK," katanya di Surabaya, Sabtu. Ia mengemukakan hal itu dalam sambutan pembukaan Pameran Pendidikan SMA-SMK se-Surabaya di Jatim Expo Internasional (JEI) Surabaya pada 2-5 Juni yang diikuti 216 stan dari 150-an SMA-SMK se-Surabaya. Acara tersebut juga dihadiri Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, dan para kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya. "Program itu untuk mengantisipasi bonus demografi yang akan dialami bangsa Indonesia dalam kurun 2010-2035. Bonus demokrafi adalah populasi penduduk produktif mencapai jumlah yang luar biasa besarnya," tuturnya.

...dst

2 ) Universitas Exeter Buka Kajian Indonesia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323634/293/14/Universitas-Exeter-Buka-Kajian-Indonesia

Sabtu, 02 Juni 2012 11:40 WIB   
LONDON--MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Mohammad Nuh meresmikan pendirian Kajian Indonesia di Universitas Exeter, Inggris.
"Kajian Indonesia dituangkan di dalam Letter of Intent yang ditandatangani Dirjen Dikti, Prof. Djoko Santoso dan Senior Deputy Vice Chancellor Prof. Neil Armstrong," ujar  Atase Pendidikan di London, Prof Fauzi Soelaiman, Sabtu (2/6). Mendikbud menyatakan penandatanganan itu merupakan titik dimana kedua belah pihak maju ke depan untuk mengembangkan Kajian Indonesia. "Tidak ada ruang untuk kembali ke belakang," ujarnya. Kemendikbud melalui Direktorat Pendidikan Tinggi menawarkan beberapa program yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan seperti pertukaran pengajar melalui program SAME (Scheme for Academic Mobility and Exchange). Skema ini dapat diperluas menjadi Visiting Fellow selama satu atau dua tahun bagi dosen-dosen di Indonesia melakukan penelitian sekaligus mengajar materi-materi mengenai Indonesia.  Kerja sama juga meliputi pertukaran mahasiswa Indonesia dan Exeter. (Ant/OL-9)

...dst

3 ) Wamendikbud: Tak Ada Penghargaan untuk Nilai UN Tinggi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/02/m4zxe5-wamendikbud-tak-ada-penghargaan-untuk-nilai-un-tinggi

Sabtu, 02 Juni 2012, 22:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, menyatakan tidak ada penghargaan untuk siswa-siswa yang memperoleh nilai tertinggi dalam Ujian Nasional (UN)."Sejauh ini memang tidak ada kebijakan untuk memberi penghargaan kepada siswa-siswa yang memperoleh nilai tinggi dalam UN," kata Musliar kepada Republika, Sabtu (2/6). Penghargaan berwujud beasiswa, kata Musliar, diprioritaskan pada siswa-siswa yang menjuarai olimpiade, bukan para siswa yang mendapatkan hasil bagus pada UN.Pemerintah, lanjut Musliar, berpendapat wujud penghargaan terhadap prestasi dalam UN tidak mesti diwujudkan dengan beasiswa, namun bisa dalam bentuk-bentuk lain seperti perbaikan sarana dan prasarana dan fasilitas pendidikan. "Dengan tujuh siswa Bali masuk sepuluh besar nilai UN tertinggi nasional tentunya membuat Bali mendapatkan nama baik. Tentunya itu juga merupakan penghargaan tersendiri," katanya.

...dst

4 ) Pemkot Palangka Raya Siapkan 1,5 Miliar Untuk Beasiswa Kedokteran
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/02/m500p6-pemkot-palangka-raya-siapkan-15-miliar-untuk-beasiswa-kedokteran

Sabtu, 02 Juni 2012, 23:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pemerintah Kota Palangka Raya mengalokasikan dana sebesar Rp1,5 miliar sebagai beasiswa kedokteran bagi siswa yang menempuh kuliah di Progam Studi Kedokteran Universitas Palangka Raya. "Anggaran tersebut disiapkan untuk tiga mahasiswa dari Kota Cantik," kata Sekertaris Daerah Palangka Raya, Sanijan S. Toembak, Sabtu. Pemkot Palangka Raya sejak dibukanya Prodi Kedokteran Unpar pada tahun 2010, selalu mengirimkan tiga orang penerima beasiswa kedokteran yang sebelumnya melalui seleksi yang sangat ketat. Namun dana itu diakui masih belum cukup untuk membiayai ketiganya hingga lulus. Untuk itu pemkot tetap berharap orang tua ketiga siswa ikut berpartisipasi menyiapkan dana yang dibutuhkan.
Ketua Prodi Kedokteran Universitas Palangka Raya, Ernie Purwaningsih, mengatakan bahwa biaya yang diperlukan sampai mahasiswa lulus selama sepuluh semester sebesar Rp850 juta per orang. "Dana tersebut diperlukan untuk biaya pembangunan, perlengkapan praktikum, dan remunerisasi bagi dosen," katanya menjelaskan.

...dst

5 ) Jangan Percaya SMS Atas Nama Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639650/jangan-percaya-sms-atas-nama-kampus

Sabtu, 02 Juni 2012 15:04 wib
JAKARTA - Penipuan mengatasnamakan kampus kembali terjadi. Kali ini, kasus tersebut menimpa sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Penipuan lewat pesan singkat atau SMS serta lewat jejaring sosial ini memberitahukan adanya seminar yang dihelat pihak kampus.
Pihak Humas Unesa menegaskan agar para mahasiswa tidak percaya dengan undangan dari nomor telepon genggam tidak dikenal untuk mengikuti kegiatan seminar, presentasi, atau apa pun tanpa dari sumber resmi. Sebab, banyak mahasiswa Unesa yang melapor ke Humas Unesa atas penipuan SMS atau facebook. Padahal, SMS itu tidak pernah diberikan dari pihak kampus. Demikian seperti disitat dari laman Unesa, Sabtu (2/6/2012). Modus penipuan ini berupa SMS yang mengatasnamakan pejabat Unesa atau Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Isi SMS tersebut menunjuk yang bersangkutan untuk mengikuti seminar di Bali dengan biaya dibayarkan lebih dahulu ke nomor rekening penipu dengan alasan, sesampai di lokasi, biaya akan diganti oleh panitia.

...dst

6 ) Masyarakat Harus Bantu Awasi Penerima Bidik Misi
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639643/masyarakat-harus-bantu-awasi-penerima-bidik-misi

Sabtu, 02 Juni 2012 14:03 wib
JAKARTA - Pengumuman calon mahasiswa yang lolos dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur undangan dan Bidik Misi sudah ditentukan sejak Sabtu 26 Mei. Namun, untuk mengawasi agar program Bidiki Misi sudah tepat sasaran, pihak kampus harus melakukan verifikasi. Tidak hanya itu, Pembantu Rektor I Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kisyani pun meminta bantuan dari masyarakat untuk mengawasi ketepatan pemberian program beasiswa Bidiki Misi tersebut. "Kami mohon masyarakat turut mengawasi penerima Bidik Misi karena siapa tahu beasiswa Bidik Misi tidak tepat sasaran," ujar Kisyani, seperti disitat dari laman Unesa, Sabtu (2/6/2012). Dia mengungkapkan, meskipun pelaksanaan program Bidik Misi di masing-masing PTN telah melalui proses verifikasi, tidak menutup kemungkinan ada kecolongan. Khususnya untuk penerima program Bidik Misi dari luar wilayah Jatim. "Maksudnya, jangan sampai calon mahasiswa dari keluarga mampu mendapatkan biaya dari program Bidik Misi," imbuhnya.

...dst

7 ) IPB raih juara kompetisi poster asuransi
http://www.antaranews.com/berita/313874/ipb-raih-juara-kompetisi-poster-asuransi

Minggu, 3 Juni 2012 01:49 WIB
Bogor (ANTARA News) - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor Dhimas Bagus Nugraha meraih juara pertama kompetisi poster manajemen risiko asuransi. "Juara kedua diraih oleh Lutfhan Hadhi Priambodo dari Kangwon National University, Korea dan juara ketiga diraih oleh Bayu Pratama Hadiputra dari Institut Kesenian Jakarta," kata Kepala Humas IPB Ir. Henny Windarti, M.Si. di Bogor, Sabtu. Untuk "Jingle Competition", kata dia, juara pertama diraih oleh Mahesa Ahening Raras Kaesthi dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Juara kedua diraih oleh Babang Yusup dari Institut Pertanian Bogor dan juara ketiga diraih oleh Erwin Rommel dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Pengumuman juara tersebut, katanya, dilakukan di sela-sela "International Seminar Risk Management COMIC With MSIG" yang digagas Himpunan Profesi Mahasiswa Center of Management (COM) IPB.

...dst

8 ) Peta Elektronik Yogyakarta dari Mahasiswa UNY
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/372/639634/peta-elektronik-yogyakarta-dari-mahasiswa-uny

Sabtu, 02 Juni 2012 12:04 wib
JAKARTA - Peta merupakan alat bantu utama yang wajib dimiliki para turis yang hendak berwisata. Terutama jika mereka tidak ingin menyewa jasa pemandu tur atau memiliki kenalan di kota tersebut, maka peta adalah sebuah penyelamat. Hal ini ternyata mampu menginspirasi mahasiswa Prodi Pendidkan Teknik Elektronika FT Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Hadi Rismanto untuk membuat suatu alat yang dapat membantu para pendatang menemukan tempat-tempat wisata di Kota Yogyakarta. Alat tersebut dinamai Peta Wisata Elektronik Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535. Dari sisi fisik, alat tersebut dibuat dengan dimensi panjang 54 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 81 cm. Hadi menjelaskan, pada alat ini terdapat delapan tombol menu, apabila salah satu tombol ditekan, lampu indikator pada peta akan menyala yang akan menunjukan lokasi tempat yang ingin dituju. Sementara pada layar LCD menampilkan alamat lokasi tempat tersebut.

...dst

9 ) Pendaftar SNMPTN Dilarang Pasang Foto Jejaring Sosial
http://www.jpnn.com/read/2012/06/03/129333/Pendaftar-SNMPTN-Dilarang-Pasang-Foto-Jejaring-Sosial-

Minggu, 03 Juni 2012 , 08:42:00
BANDUNG-Calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur ujian tertulis atau keterampilan tidak diperkenankan menyertakan foto tidak resmi seperti yang biasa digunakan pada jejaring sosial untuk mendaftar ujian. "Panitia Lokal Bandung masih menemukan banyak foto pada kartu tanda bukti pendaftaran SNMPTN 2012 yang tidak sesuai dengan ketentuan telah ditetapkan panitia," kata Humas Panitia Lokal Bandung untuk SNMPTN 2012, Weny Widyowati di Bandung, Jumat. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan calon peserta, menurut Weny, adalah menyertakan foto tidak resmi seperti yang digunakan pada jejaring sosial, menggunakan baju tidak berkerah, ukuran foto terlalu kecil, atau letak foto tidak proporsional. "Foto yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan panitia SNMPTN 2012, yaitu foto yang biasa digunakan untuk keperluan ijazah, raport, atau dokumen resmi lainnya, dan harus berwarna," jelasnya. Weny menyebutkan persyaratan foto yang bisa diunggah calon peserta ketika melakukan pendaftaran secara online pada laman www.snmptn.ac.id agar memenuhi ketentuan panitia di antaranya adalah berukuran 4x6 dengan resolusi minimal 400x600 pixel atau setara 250 dpi.

...dst

10 ) Ruang Ujian SNMPTN Over Kapasitas
Pendaftaran Online Diperpanjang Hingga Hari Ini
http://www.jpnn.com/read/2012/06/02/129295/Ruang-Ujian-SNMPTN-Over-Kapasitas-

Sabtu, 02 Juni 2012 , 16:11:00
BANDUNG- Masih adanya peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SNMPTN) lokal Bandung  yang belum melakukan pendaftaran secara online membuat Panitia pendaftaran online memperpanjang masa perdaftaran hingga hari ini (2/6). "Ini setelah ada pengumuman dari Panitia Pusat SNMPTN 2012 terkait masa perpanjangan pendaftaran SNMPTN 2012 Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan melalui online hingga Sabtu(2/6) ini. Namun untuk pembayaran biaya ujian di Bank Mandiri tetap dilakukan sesuai jadwal yakni 31 Mei lalu," ujar  Humas Panitia SNMPTN Lokal Bandung, Weny Widyowati. Dikatakannya, bagi calon peserta yang sudah melakukan pembayaran biaya ujian sampai dengan batas pembayaran seperti di atas, tetapi belum melakukan pendaftaran on-line (atau belum menuntaskan proses pendaftaran on-line), diberi kesempatan untuk menuntaskannya sampai dengan tanggal 2 Juni 2012, pukul 22:00. "Terkait dengan masa perpanjangan ini, kami himbau calon peserta dapat memanfatkan waktu ini sebaik-baiknya tanpa menunda lagi pendaftaran on-line, terutama apabila telah memiliki semua persyaratan pendaftaran dan sudah yakin dengan pilihan Program Studi (Prodi)," tuturnya.

...dst

11 ) Lulusan SMA Bisa Jadi Penerbang TNI
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500141/38/
   
Sunday, 03 June 2012
JAKARTA- Tentara Nasional Indonesia membuka kesempatan bagi lulusan SMA/MA untuk menjadi penerbang TNI melalui program Sekolah Penerbang Prajurit Sukarela Dinas Pendek (Sekbang PSDP) TNI. Saat ini TNI sedang memrogramkan penambahan minimal 75 penerbang untuk menyambut kedatangan sekitar 50 pesawat militer pada 2014. Kadispenum Puspen TNI Kolonel Cpl Minulyo Suprapto mengungkapkan, bagi lulusan SMA maupun MA yang berminat bisa mendaftarkan diri di kodam, lanud terdekat atau secara online di www.rekrutmen-tni.ilmci.com pada 1-30 Juni 2012. Mereka yang diterima akan mengikuti pendidikan selama 6 bulan di Lanud Adi Sumarmo Solo, 23 bulan di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, dan 4 bulan di Lemdik Angkatan (TNI AD di Semarang dan TNI AU di Yogyakarta). "Selama penerimaan tidak dipungut biaya,"kata Minulyo di Jakarta kemarin.(fefy dwi haryanto)

...dst

12 ) 72.000 Honorer Segera Dijadikan CPNS
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500134/
   
Sunday, 03 June 2012
JAKARTA– Pemerintah memastikan segera mengangkat sekitar 72.000 tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal itu merupakan realisasi dari kesepakatan pemerintah dengan DPR yang akan mengangkat sisa tenaga honorer pada tahun ini. Deputi SDM dan Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Ramli Effendi Naibaho mengatakan, dari hasil evaluasi awal ada 920.000 tenaga honorer. Mereka terdiri atas 152.000 tenaga honorer kategori 1 (K1) yang memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi CPNS karena dibiayai APBN dan APBD dan sisanya kategori 2, yakni mereka yang hanya dibiayai APBD. Berdasarkan tim dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN),dari jumlah tersebut hanya 72.000 saja yang bisa diverifikasi dan valid. "Wajar jika ada masyarakat atau lembaga yang mengadukan bahwa data tersebut tidak valid. Dia mencatat ada 365 pengaduan yang menyatakan banyak nama yang tidak sesuai dengan fakta lapangan," katanya saat dihubungi SINDO kemarin. Pengangkatan tenaga honorer tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah No 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer yang baru saja ditandatangani Presiden.

...dst

13 ) Bagi yang membutuhkan PP no. 56 tahun 2012 bisa unduh di:
PP no. 56 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas PP no. 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, sudah saya tempatkan di kumpulan Peraturan Pemerintah :
http://www.kopertis12.or.id/2010/08/16/kumpulan-produk-hukum-tentang-pendidikan-tinggi.html

>>>

14 ) Eselon III dan IV Pemda Masih Aman
Tidak Terkena Penghapusan seperti di Pusat
http://www.jpnn.com/read/2012/06/03/129318/Eselon-III-dan-IV-Pemda-Masih-Aman-

Minggu, 03 Juni 2012 , 05:50:00
JAKARTA - Penghapusan jabatan eselon III dan IV yang diserukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) belum sepenuhnya dipahami para pejabat. Karena itu, lembaga ini merasa perlu menjelaskannya lebih detail. Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo mengatakan, program penghapusan eselon III dan IV mulai dijalankan tahun ini. "Tujuannya untuk memindahkan orientasi pegawai dari jabatan struktural ke jabatan fungsional," tandas guru besar UI itu. Menurutnya, pegawai nantinya diharapkan bisa fokus pada pekerjaan melayani masyarakat. Sedangkan PNS yang menduduki jabatan struktural kurang berkaitan langsung dengan pelayanan itu. Selain itu, penghapusan diharapkan mampu mengurangi biaya yang tidak diperlukan untuk memberikan fasilitas dinas dan jabatan kepada pejabat eselon III dan IV. Deputi Kelembagaan Kemen PAN-RB Ismadi Ananda menjelaskan lebih rinci malasalah ini. "Tentu saja ada yang resah dan gelisah terkait program ini," ujarnya.

...dst

15 ) 4.517 Honorer K1 Siap Diangkat Jadi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2012/06/02/129258/4.517-Honorer-K1-Siap-Diangkat-Jadi-CPNS-

JAKARTA - Setelah ditunggu bertahun-tahun, akhirnya rancangan peraturan pemerintah (RPP) pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS diteken Presiden SBY. Meskipun sudah disahkan, pengangkatan tidak bisa dilakukan dengan segera. Setelah disahkan, RPP itu secara resmi bernama PP Nomor 56 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honroer menjadi CPNS. Aturan ini disahkan presiden pada 16 Mei lalu. Pengesahan PP ini sementara bisa mengobati keresahan ratusan ribu tenaga honorer yang nasibnya terkatung-katung hingga saat ini. da beberapa poin penting dalam PP pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS ini. Diantaranya adalah, pengangkatan langsung tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai APBN/APBD atau sering disebut honorer Kategori 1(K1) diharuskan tuntas pada 2012 ini. Dalam APBN 2012, disiapkan alokasi gaji untuk 72 ribu CPNS baru yang sebelumnya tenaga honorer K1.

...dst

16 ) Cadangan Minyak Habis 2024
http://www.jpnn.com/read/2012/06/03/129317/Cadangan-Minyak-Habis-2024-

Minggu, 03 Juni 2012 , 05:35:00
JAKARTA – Cadangan minyak mentah Indonesia saat ini diperkirakan tinggal 4,2 miliar barel. Dengan tingkat konsumsi tiga liter per kapita per hari, cadangan minyak diprediksi habis pada 2024. "Selama ini kita meyakini negara kita kaya minyak, padahal tidak," ujar Wakil Direktur Reforminer Institute Komaidi Notonegoro di Jakarta, Sabtu (2/6). Cadangan minyak mentah Indonesia hanya seujung kuku cadangan minyak negara-negara kaya minyak. Misalnya, Arab Saudi memiliki cadangan minyak mentah 300 miliar barel dan Norwegia sebesar 200 miliar barel. Cadangan minyak mentah Indonesia diprediksi dapat ditingkatkan menjadi 50 miliar barel. Namun, karena lokasi cadangan minyak lebih sulit dijangkau, dibutuhkan teknologi tinggi dan investasi sangat besar untuk dapat menambang. Program penghematan subsidi BBM dengan melarang mobil dinas pemerintah menggunakan premium diyakini tak efektif. Jumlah kendaraan dinas hanya 80 ribu unit dengan konsumsi 100–200 ribu kiloliter. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar mobil dinas terlalu kecil bila dibandingkan dengan target kuota BBM 40 juta kiloliter. "Kuota BBM bersubsidi 40 ribu kiloliter diperkirakan habis Oktober mendatang. Dengan konsumsi dua juta kiloliter per bulan, dibutuhkan tambahan kuota enam juta kiloliter untuk kebutuhan energi hingga akhir tahun," kata Komaidi.

...dst

17 ) "Penghematan BBM belum ada juknisnya"
http://www.antaranews.com/berita/313803/penghematan-bbm-belum-ada-juknisnya

Sabtu, 2 Juni 2012 13:35 WIB
Kupang (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, mengatakan sejauh ini belum ada petunjuk teknis pelaksanaan (juknis) yang mengatur tentang pelaksanaan program penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bagi kendaraan dinas. "Sampai saat ini belum ada juknis, sehingga kendaraan dinas juga masih menggunakan BBM bersubsidi," kata Lebu Raya, di Kupang, Sabtu terkait pelaksanaan program penghematan BBM bersubsidi di daerah itu. Menurut dia, peraturan mengenai penghematan BBM bersubsidi memang sudah ditetapkan dan mulai berlaku efektif 1 Juni untuk kendaraan dinas. Akan tetapi sejauh ini belum ada petunjuk pelaksanaan bagi daerah. Juknis ini, kata dia, penting karena akan mengatur mekanisme pelaksanaan program penghematan BBM di lapangan. "Apakah perlu ada SPBU khusus atau setiap kendaraan dinas akan diberi tanda khusus dan bagaimana mekanisme pengawasan di lapangan. Ini yang diatur dalam juknis sehingga kalau juknisnya belum ada, kendaraan dinas juga masih boleh menggunakan BBM bersubsidi," katanya.

...dst

18 ) Sultan : perlu ada regulasi untuk penghematan energi
http://www.antaranews.com/berita/313873/sultan--perlu-ada-regulasi-untuk-penghematan-energi

Minggu, 3 Juni 2012 01:43 WIB
Bantul (ANTARA News) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai untuk pelaksanaan imbauan Presiden terkait penghematan energi dibutuhkan aturan atau keputusan bukan sekadar lisan. "Regulasi berupa keputusan atau aturan dari presiden sangat penting agar ada landasan hukum bagi pemerintah daerah untuk mengeluarkan kebijakan larangan penggunaan premium untuk mobil dinas," kata Sultan di Bantul, Sabtu. Menurut dia, Pemerintah Provinsi DIY akan melaksanakan imbauan presiden untuk menghemat energi namun dibutuhkan surat edaran atau aturan tentang penghematan energi tersebut. "Hingga saat ini aturan tersebut belum ada, sehingga belum ada landasan hukunya," katanya. Ia mengatakan, untuk pelarangan mobil pelat merah menggunakan BBM bersubsidi harus dipikirkan matang-matang karena beban APBD juga akan semakin bertambah berat karena harganya dua kali lipat harga premium bersubsidi.

...dst

19 ) BP Migas: 2013 Titik Balik Produksi Minyak
Prediksi produksi tahun 2012 bisa mencapai rata-rata 904 ribu BOPD.
http://bisnis.vivanews.com/news/read/320252-bp-migas--2013-titik-balik-produksi-minyak

Minggu, 3 Juni 2012, 06:50 WIB
VIVAnews - Di tengah terus menurunnya produksi minyak di Indonesia, Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi optimis pada 2013 mendatang merupakan titik balik meningkatnya produksi minyak Indonesia. Deputi Pengendalian Operasi BP Migas, Rudi Rubiandini menyatakan produksi minyak tahun 2012 rata-rata adalah 880,8 ribu barrel oils per day (BOPD). Namun dari hasil kajian per lapangan seluruh KKKS dan memperhitungkan beberapa proyek yang akan onstream tahun ini, maka diperoleh prediksi produksi tahun 2012 bisa mencapai rata-rata 904 ribu BOPD. Sedangkan untuk perkiraan produksi 2013, lanjut Rudi, BP Migas menghitung perkiraan minimum yang bisa dicapai sebesar 880 ribu BOPD setelah mempertimbangkan penurunan produksi sebesar 5 persen namun ditambah dari beberapa proyek yang pasti akan onstream. "Begitu pula dibuat pula perkiraan maksimum yang bisa dicapai tahun 2013 dengan memasukan 11 proyek baru yang mungkin bisa onstream tahun 2013 ditambah 2 hasil pekerjaan Enhanced Oil Recovery (EOR), dan 2 lagi hasil dari optimasi peralatan di permukaan, maka diperoleh capaian produksi minyak maksimum 2013 adalah 910 ribu BOPD," kata Rudi Rubiandini dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.

...dst

20 ) ESDM: Lifting Minyak Turun, Tapi Landai
BP Migas justru memperkirakan lifting minyak mencapai titik terendah pada 2013.
http://bisnis.vivanews.com/news/read/316205-esdm--lifting-minyak-turun-tapi-landai

Rabu, 23 Mei 2012, 14:37 WIB
VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, mengakui lifting minyak mentah Indonesia terus menurun. Namun, dia berkelit bahwa saat ini sudah ada perbaikan dari menurun tajam menjadi turun landai. "Saya garis bawahi beberapa hal, salah satunya lifting minyak kita turun tajam. Namun, saat ini sudah turun landai karena alamiah," kata Wacik di Jakarta, Rabu 23 Mei 2012. Dia melanjutkan, Kementerian ESDM mencanangkan akan meningkatkan lifting minyak dengan cara menambah investasi di hulu migas. Ia menargetkan, pada akhir jabatan sebagai menteri ESDM, lifting minyak Indonesia dapat meningkat hingga 1 juta barel per hari. Untuk itu, Kementerian ESDM membuka investasi sebesar-besarnya bagi investor asing dan lokal yang berniat masuk di industri migas. Investasi di bidang migas, dia melanjutkan, merupakan investasi yang besar dan penuh risiko.  "Kami berikan insentif bagi perusahaan yang mau masuk dan investasi di Indonesia, serta kami dorong pemda untuk mulai terbuka," paparnya.
Sementara itu, Kepala BP Migas, Raden Priyono, menjelaskan, lifting minyak Indonesia akan mencapai titik terendah pada 2013, yaitu antara 880-910 ribu barel per hari. Namun, setelah itu akan meningkat kembali. Seperti diketahui, realisasi lifting minyak per April 2012 hanya sebanyak 867.553 barel per hari, jauh di bawah target lifting minyak di APBN-P 2012 sebanyak 930 ribu barel per hari.

...dst

21 ) Krisis Global Sudah Menjalar ke Indonesia
http://www.jpnn.com/read/2012/06/02/129239/Krisis-Global-Sudah-Menjalar-ke-Indonesia-

Sabtu, 02 Juni 2012 , 00:02:00
JAKARTA – Tergerusnya neraca perdagangan pada bulan April sehingga tercipta defisit sebesar USD 641,1 juta mengindikasikan dampak krisis ekonomi global sudah mulai menjalar ke Indonesia dengan pelemahan pertumbuhan ekspor. "Defisit neraca perdagangan karena krisis ekonomi global itu sudah mulai terasa di Indonesia melalui pelemahan ekspor, maka kita juga semestinya harus bisa mengendalikan impor,"ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (1/6). Dalam langkah membatasi impor, sambungnya perlu dipastikan produksi dalam negeri cukup untuk memenuhi keperluan di dalam negeri. Bambang mengingatkan jangan sampai kebijakan pembatasan impor dilakukan tetapi tidak memikirkan kebutuhan dalam negeri sehingga akan menciptakan kelangkaan dan menciptakan inflasi lebih tinggi. "Mudah-mudahan ke depan ada perbaikan, kita harus buat strategi ekspor untuk lebih baik lagi apalagi dengan nilai tukar rupiah yang melemah harus dimanfaatkan dalam mendorong pertumbuhan ekspor,"jelasnya.

...dst

22 ) Dihantam Krisis Global, Neraca Perdagangan RI Defisit April
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/06/02/53746/dihantam_krisis_global_neraca_perdagangan_ri_defisit_april/#.T8rNslLdZ6E

Sabtu, 02 Jun 2012 00:08 WIB
Jakarta, (Analisa). Sepanjang April 2012 nilai ekspor Indonesia turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sementara impor makin marak. Ini menyebabkan neraca perdagangan Indonesia defisit US$ 641,1 juta. Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Dr Sutomo, Jakarta, Jumat (1/6). "Jadi secara kumulatif (Januari-April 2012) masih surplus tapi mulai menipis, ini warning karena krisis global. Tapi diharapkan bisa surplus kembali," pungkasnya. Dikatakan Suryamin, di April, nilai ekspor Indonesia US$ 15,9 miliar, turun 3,46% dibandingkan April 2011 dan turun 7,36% dibandingkan Maret 2012.
"Baik migas maupun non migas mengalami penurunan, migas mengalami penurunan 3,56% dari US$ 3,49 miliar di Maret 2012, menjadi US$ 3,36 miliar.

...dst

23 ) Kuartal I 2012, Neraca Perdagangan Indonesia Defisit
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/01/93186/Kuartal-I-2012-Neraca-Perdagangan-Indonesia-Defisit/2

Jumat, 1 Juni 2012 18:50 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Neraca perdagangan Indonesia pada April 2012 mengalami defisit mencapai USD641,1 juta. Defisit neraca perdagangan ini kembali terjadi setelah Juli tahun 2010. Kepala BPS, Suryatmin mengatakan bahwa defisit neraca perdagangan pertama kalinya terjadi setelah Juli 2010. "Jika melihat data, Juli tahun 2010 defisit US$139 juta. Lalu di 2011, itu tidak ada defisit, baru ini defisit pertama tahun 2012," ujarnya di Jakarta, Jumat (1/6). Menurut Suryatmin, defisit perdagangan ini disebabkan penurunan permintaan dunia terutama batu bara dan CPO serta produk turunannya. "Kalau batu bara itu tergantung musim aja, kalau musim semi itu gak perlu pemanas. Kalau CPO itu mungkin karena permintaan dunia dari produk turunan CPO melemah, dan ini menyebabkan CPO yang biasanya banyak diimpor ke India dan China itu turun," tuturnya.

...dst

24 ) Peringkat Daya Saing
Indonesia Jauh di Bawah Singapura dan Malaysia
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/06/01/99056/indonesia_jauh_di_bawah_singapura_dan_malaysia/#.T8rP8FLdZ6E
   
Headline Jumat, 01 Jun 2012 07:28 WIB
MedanBisnis – Jakarta. Institute for Management Development (IMD) mengumumkan survei tahunan mengenai negara dengan tingkat daya saing tertinggi. Dalam World Competitiveness Yearbook 2012, IMD memeringkat 59 negara yang pandai mengelola sumber daya ekonomi dan manusia untuk kesejahteraan. Indonesia berada di posisi 42, jauh di bawah Malaysia yang berada di posisi 14, bahkan  Singapura menempati peringkat 4.
Hong Kong menjadi negara paling kompetitif di 2012 disusul AS dan Swiss. Meskipun di tengah resesi, AS masih mempunyai kekuatan ekonomi yang cukup besar dan inovatif."AS masih memiliki dampak serta pengaruh besar yang cukup mendalam bagi dunia. Karena terus berinteraksi dengan setiap perekonomian. Tak ada negara yang mempunyai pengalaman seperti itu. Jika AS bersaing, maka dunia menang!," kata Direktur IMD World Competitive Center, Prof Stephane Garelli, dalam situs IMD, seperti dikutip Kamis (31/5).

...dst

25 ) 25 Juta Orang Menganggur di Eropa, Rekor Terbaru
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/06/02/99374/25_juta_orang_menganggur_di_eropa_rekor_terbaru/#.T8rQXFLdZ6E

Terkini Sabtu, 02 Jun 2012 14:04 WIB
MedanBisnis-New York. Pengangguran di 17 negara anggota Uni Eropa kembali mencapai rekor tertinggi sejak mulai bersatu 13 tahun lalu. Tingkat pengangguran mencapai 11% setelah adanya PHK sebanyak 110.000 tenaga kerja. Seperti dikutip dari CNN, Sabtu (2/6), posisi ini merupakan yang tertinggi sejak terakhir kali pada tahun 2000 lalu. Sebanyak 24,7 juta orang menganggur pada bulan April kemarin di Eropa, sebanyak 17,4 juta diantaranya di negara yang tergabung di Uni Eropa. Bandingkan dengan tingkat pengangguran di Amerika Serikat (AS) yang "hanya" 12,7 juta saja, padahal jumlah populasinya 6% lebih rendah dari Uni Eropa. Bulan Mei lalu, tingkat tenaga kerja baru di AS hanya naik 69.000, sementara tingkat penganggurannya menanjak ke 8,2%. Angka ini lebih rendah dari prediksi analis sebanyak 150.000 pekerjaan baru dan tingkat pengangguran ditahan di 8,1%, tapi masih lebih baik dari Eropa. Dalam tujuh bulan terakhir ini, tingkat pengangguran memang terus berkurang di AS, berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Eropa. Pengangguran di Eropa terus bertambah setiap bulannya.

...dst

Berita Edukasi, 02 Juni 2012

1 ) Audit Keuangan-Mendikbud Masih Tunggu Laporan BPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/16165777/Mendikbud.Masih.Tunggu.Laporan.BPK

Jumat, 1 Juni 2012 | 16:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengaku telah mendengar kabar tentang hasil audit laporan keuangan Kemendikbud yang berstatus Disclaimer (tidak memberikan pendapat). Akan tetapi, secara tegas ia mengaku belum mendapat laporan resmi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ia juga mengatakan belum diberitahu posisi apa yang menyebabkan status negatif kembali tersemat di kementeriannya. "Kami sudah mendengar kabar dari berbagai sumber, tapi kami belum menerima dokumen hasil audit BPK untuk tahun anggaran 2011/2012," kata Nuh, Jumat (1/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.
Status disclaimer merupakan peringkat paling buruk dalam rapor audit yang dikeluarkan BPK. Status yang paling baik adalah wajar tanpa pengecualian. Pada tahun 2010 Kemendikbud juga memperoleh status disclaimer.

...dst

2 ) Mendikbud Bantah PTN Penyebab Disclaimer
http://www.jpnn.com/read/2012/06/02/129240/Mendikbud-Bantah-PTN-Penyebab-Disclaimer-

Sabtu, 02 Juni 2012 , 00:28:00
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membantah jika pengelolaan keuangan perguruan tinggi negeri (PTN) yang sebelumnya berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN) menjadi penyebab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memperoleh opini Disclaimer dari BPK atas hasil audit tahun anggaran 2011. "Saya rasa pengelolaan keuangan 7 BHMN yang saat ini sedang masa transisi ke Badan Layanan Umum (BLU) ataupun PTN murni bukanlah penyebab disclaimer. Karena masa transisi mereka itu sudah sesuai aturan PP No.66 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan," terang Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/6). Pola sistem keuangan 7 BHMN yang terdiri dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga saat ini dinilai sudah dalam jalur yang benar. "Mereka akan tetap mengikuti pola sistem keuangan di masa transisi ini sampai akhir tahun 2012. Sedangkan tahun pengelolaannya berjalan sampai tahun 2013. Jadi, ya tidak ada yang salah," jelas Nuh.

...dst

3 ) Kemendikbud Ragukan Audit BPK
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/01/m4xnhd1-kemendikbud-ragukan-audit-bpk

Jumat, 01 Juni 2012, 16:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA  --  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meragukan hasil audit BPK yang memberikan opini Disclaimer. Mendikbud Mohammad Nuh yakin pihaknya setidaknya pantas mendapatkan penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP), bahkan bisa Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). "Teman-teman di Kemendikbud siap diuji, baik secara akademik maupun profesional. Setidaknya kami pantas mendapatkan WDP. Bahkan kami optimistis hasil uji tersebut bisa WTP," kata Nuh usai konferensi pers Hasil UN SMP/MTs Tahun 2012 di Gedung Kemendikbud, Jumat (1/6) sore. Sebelumnya, BPK menetapkan Kemendikbud sebagai satu-satunya kementerian yang mendapatkan opini Disclaimer. Nuh menyatakan pihaknya belum mendapatkan dokumen resmi hasil audit BPK. "Kami sedang melakukan konfirmasi dan klarifikasi untuk menanyakan bagian mana di Kemendikbud yang terkena Disclaimer," ujar Nuh.

...dst

4 ) Dilarang Mendaftar SNMPTN dengan Foto Jejaring Sosial
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/01/m4xjmc-dilarang-mendaftar-snmptn-dengan-foto-jejaring-sosial

Jumat, 01 Juni 2012, 15:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur ujian tertulis atau keterampilan tidak diperkenankan menyertakan foto tidak resmi seperti yang biasa digunakan pada jejaring sosial untuk mendaftar ujian. "Panitia Lokal Bandung masih menemukan banyak foto pada kartu tanda bukti pendaftaran SNMPTN 2012 yang tidak sesuai dengan ketentuan telah ditetapkan panitia," kata Humas Panitia Lokal Bandung untuk SNMPTN 2012, Weny Widyowati di Bandung, Jumat (1/6). Beberapa kesalahan yang sering dilakukan calon peserta, menurut Weny, adalah menyertakan foto tidak resmi seperti yang digunakan pada jejaring sosial, menggunakan baju tidak berkerah, ukuran foto terlalu kecil, atau letak foto tidak proporsional. "Foto yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan panitia SNMPTN 2012, yaitu foto yang biasa digunakan untuk keperluan ijazah, raport, atau dokumen resmi lainnya, dan harus berwarna," jelasnya.

...dst

5 ) Ujian Tulis SNMPTN Makin Diperketat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/02/188218/Ujian-Tulis-SNMPTN-Makin-Diperketat

02 Juni 2012
SEMARANG-Keketatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan dengan pilihan Universitas Negeri Semarang (Unnes) terpastikan meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya. Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan hal itu di sela-sela rapat koordinasi wilayah II SNMPTN belum lama ini.  Rapat diikuti sembilan utusan panitia lokal dan tiga PTN pencetak naskah ujian. Dia mengemukakan, hingga Kamis (31/5) pukul 12.00, jumlah pendaftar 30.537 orang. "Dari jumlah itu, 12.757 pendaftar pada pilihan pertama, 14.359 pilihan kedua, dan 3.421 pilihan ketiga," katanya. Mereka, lanjut Agus akan memperebutkan 1.668 kursi yang tersedia di Universitas Konservasi itu pada jalur tersebut. Sebagai pembanding, tahun 2011 lalu dengan daya tampung lewat SNMPTN Ujian Tulis 3.153 terdapat 29.119 pendaftar. "Itu dengan perincian pendaftar pilihan pertama 11.957, pilihan kedua 13.697, dan pilihan ketiga 3.465," katanya.

...dst

6 ) Bidik Misi Dongkrak Peserta SNMPTN Ujian Tulis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499837/

Saturday, 02 June 2012
YOGYAKARTA – Sejak ditutup tepat pukul 24.00 WIB pada 31 Mei 2012, calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis (utul) untuk wilayah Yogyakarta mencapai 36.218 orang. Selanjutnya, calon mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus diharapkan segera menghubungi panitia lokal penyelenggara SNMPTN di Yogyakarta. "Kami akan berusaha memenuhi fasilitas penunjang ujian bagi calon mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus. Apalagi dari kepanitiaan SNMPTN pusat tidak menyediakan soal khusus seperti huruf braille. Agar semua berjalan baik, peserta bisa segera menghubungi panitia,"kata Ketua Panitia Lokal SNMPTN Yogyakarta Budi Widyobroto kemarin. Ditemui di kantornya, Budi mengaku hingga saat ini telah ada 12 calon mahasiswa di kelas IPA yang menyatakan diri memiliki kebutuhan khusus. Pihaknya akan mengklarifikasi sebelum ujian dilaksanakan pada 12–13 Juni 2012. "Akan kami pastikan dulu karena beberapa hari lalu saja sudah ada dua calon mahasiswa yang menyatakan berkebutuhan khusus,tapi ternyata normal. Bagi tunanetra, solusinya tentu soal akan dibacakan petugas yang kami sediakan,"ucapnya.

...dst

7 ) Pendidikan Pancasila Harus Digiatkan Lagi
http://www.jpnn.com/read/2012/06/01/129217/Pendidikan-Pancasila-Harus-Digiatkan-Lagi-

Jum'at, 01 Juni 2012 , 18:07:00
JAKARTA – Wakil Presiden RI, Boediono, mengatakan hari lahirnya Pancasila 1 Juni hendaknya dijadikan momentum untuk menghilangkan egoisme diri dan kelompok demi satu tujuan yakni menegakkan Bhineka Tunggal Ika. Dia mengatakan, egoisme hanya menyingkirkan kebhinekaan yang sudah terpelihara selama ini oleh bangsa Indonesia. "Kita juga harus menolak egoisme, baik itu dalam agama, suku dan etnis. Ke depan kita harus melawan egoisme itu," ujar Boediono saat peringatan hari lahirnya Pancasila di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (1/6). Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menambahkan, peringatan lahirnya Pancasila itu juga hendaknya dijadikan momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan evaluasi kondisi negeri sekarang ini. Dia menilai, pentingnya bangsa Indonesia mengingat kembali sejarah pemikiran dan gagasan para pendiri bangsa terdahulu. "Peringatan hari Pancasila menjadi momentum untuk mengevaluasi keadaan bangsa sekarang ini," tegas Boediono.

...dst

8 ) Mahasiswa Undip Tolak Penerapan Tarif Tunggal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/01/m4xp6q-mahasiswa-undip-tolak-penerapan-tarif-tunggal

Jumat, 01 Juni 2012, 17:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Ratusan mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, Jumat menggelar unjuk rasa menolak penerapan tarif tunggal atau satu komponen biaya perkuliahan yang akan diterapkan di perguruan tinggi. Para mahasiswa dari berbagai fakultas itu melakukan "long march" dari Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Undip menuju Rektorat untuk menyampaikan sikap penolakannya terhadap rencana penerapan tarif tunggal di perguruan tinggi. Menurut Zulfikar, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip yang mengikuti aksi tersebut, penerapan tarif tunggal itu pada akhirnya justru akan merugikan mahasiswa karena membuat biaya kuliah kian mahal. "Sistem pembayaran sekarang ini, mahasiswa memang dibebani biaya seperti sumbangan pengembangan institusi (SPI), praktikum, responsi dan kegiatan Pendukung (PRKP) yang biasanya dibayar di depan," kata mahasiswa angkatan 2007 itu. Setelah itu, kata dia, mahasiswa masih dibebani sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) setiap semester, namun besarannya relatif kecil sehingga tidak memberatkan mahasiswa dalam memenuhi komponen pembayaran tersebut.

...dst

9 ) Uang Kuliah Capai Tujuh Juta per Semester, Mahasiswa Undip Demo
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/06/01/m4xpwe-uang-kuliah-capai-tujuh-juta-per-semester-mahasiswa-undip-demo

Jumat, 01 Juni 2012, 17:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Penerapan sistem uang kuliah tunggal Universitas Diponegoro (Undip) mendapat penolakan dari mahasiswa. Pasalnya, dengan sistem tersebut, uang kuliah bisa mencapai Rp 7 juta per semester.Merasa keberatan, ratusan mahasiswa Undip menggelar aksi penolakan tersebut di depan gedung Widya Puraya Rektorat pada Jumat (1/6).Orator demo Zulfikar Mufti (23 tahun) mengatakan, tarif tunggal akan sangat memberatkan mahasiswa. Perbedaan tarif tunggal dengan yang berlaku saat ini adalah pembayaran di muka dan biaya per semester. "Saat ini uang pembangunan dibayar di muka, sedangkan jika tarif tunggal berlaku akan dibagi rata per semester," ujar mahasiswa FISIP tersebut. Dampaknya, uang per semester pun akan besar. Zulfikar mengatakan, jika dihitung maka besarnya uang kuliah untuk FISIP dapat mencapai Rp 4 juta per semester. Bahkan Fakultas Hukum bisa mencapai Rp 7 juta per semester. Rektor Undip Sudharto mengatakan sepakat dengan penolakan mahasiswa.

...dst

10 ) Tim 7 Summit Tiba di Tanah Air
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323591/293/14/Tim-7-Summit-Tiba-di-Tanah-Air-

Sabtu, 02 Juni 2012 05:38 WIB   
JAKARTA--MICOM: Tim 7 Summit Expedition 2010-2012 Indonesia tiba di Tanah Air, Jumat (1/6) setelah dalam ekspedisi terakhirnya berhasil mendaki dan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertinggi dunia Everest (8.848 mdpl). "Semua ini bisa berhasil sekarang karena kerja sama yang tim yang luar biasa. Tim yang terdiri dari orang-orang yang tidak mempunyai pamrih. Mereka ingin menjadi 7 summiter dan mengibarkan merah putih dan bendera Wanadri di puncak-puncak dunia," kata Ketua Harian Tim 7 Summit Yoppi Rikson Saragih. Tim 7 Summits Expedition 2010-2012 berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Everest pada tanggal 19 Mei 2012 pukul 07.49 waktu Tibet-China. Pendakian tersebut dilakukan oleh empat pendaki yang dibagi menjadi dua  tim yaitu Tim Utara dan Tim Selatan.

...dst

11 ) ANGKLUNG
"I Have a Dream" Pecahkan Rekor Dunia
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/02/02311027/i.have.a.dream..pecahkan..rekor.dunia.

Sabtu, 02 Juni 2012
SELAT MALAKA, KOMPAS - Setidaknya 500 orang memecahkan rekor dunia dengan bermain angklung di atas kapal pesiar Voyager of the Seas yang tengah melintasi Selat Malaka, Jumat (1/6). Rekor itu diberikan setelah memainkan lagu "I Have a Dream" yang dipopulerkan grup musik ABBA dan Westlife. Pemecahan rekor yang dilangsungkan pada pukul 13.00 waktu setempat di Auditorium La Scala itu dilakukan oleh peserta tur yang diboyong PT Pazia Pillar Mercycom. Kapal pesiar berbobot mati 140.000 ton itu tengah berlayar melintasi Selat Malaka dari Thailand ke Singapura. Pergelaran angklung dipimpin Mugi Pangestu, pengajar angklung di Jaya Suprana School of Performing Arts. Rekor yang dipecahkan adalah pergelaran angklung dengan peserta terbanyak yang dilakukan di atas kapal pesiar yang berlayar. "Korporasi swasta memang harus menunjukkan dukungannya terhadap pelestarian budaya Indonesia," kata Jaya Suprana dari Museum Rekor Dunia Indonesia. Jaya mengharapkan aset budaya dari Indonesia terus diperkenalkan kepada dunia, tetapi jangan sampai malah dilupakan di dalam negeri. Saat ini beberapa negara mulai gencar mempelajari angklung, mulai dari China, Korea, hingga Amerika Serikat. Beberapa jam sebelum pertunjukan, panitia sempat memainkan angklung di dek kapal yang berdekatan dengan kolam renang. Permainan itu mengundang wisatawan asing untuk mendekat, bertanya, hingga ikut mencobanya.

...dst

12 ) Mahasiswa IPB Ciptakan Kebab Buah
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323609/293/14/Mahasiswa-IPB-Ciptakan-Kebab-Buah-

Sabtu, 02 Juni 2012 07:05 WIB 
BOGOR--MICOM: Mahasiswa Institut Pertanian Bogor memperkenalkan kebab buah (Si Babah) sebagai sebuah kampanye mencintai buah lokal Indonesia. "Kebab buah ini adalah hasil Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan IPB dengan bahan baku buah lokal," kata Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti MSi di Bogor, Jumat (1/6). Ia menjelaskan, dalam sebuah pameran di Jakarta, yang juga dihadiri Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Dr Illah Sailah, gerai Si Babah yang ditampilkan banyak pengunjung yang  tertarik dengan atraksi pembuatan kebab buah itu. Menurut dia, mahasiswa IPB juga melakukan kampanye buah lokal di Jakarta yang berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB. "Kampanye itu bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat untuk gemar mengkonsumsi buah lokal," katanya.    Menurut dia, antusiasme masyarakat terhadap kampanye ini cukup tinggi terbukti dengan partisipasi pengguna jalan yang peduli dengan buah lokal tengah membubuhkan tanda tangan serta pernyataan pada kain putih yang telah disediakan.

...dst

13 ) UGM Kembangkan Es Krim Herbal
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323583/293/14/UGM-Kembangkan-Es-Krim-Herbal

Sabtu, 02 Juni 2012 03:39 WIB 
YOGYAKARTA--MICOM: Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan es krim herbal yang dibuat dari bahan nabati dan jamu-jamuan, seperti jahe, temulawak, kunyit, dan kencur. "Es krim yang diberi label Herbatic (Herbal Nabati Ice Cream) itu dibuat dengan mengombinasikan sari kacang merah dan jamu-jamuan," kata salah seorang mahasiswa Elok Pawening Maharani di Yogyakarta, Jumat (1/6). Menurut dia, pemilihan bahan nabati dan jamu-jamuan sebagai bahan baku berawal dari keprihatinan mereka terhadap rendahnya minat masyakat Indonesia untuk mengonsumsi jamu.
"Jamu merupakan minuman menyehatkan, tetapi tidak praktis dan kurang diminati masyarakat. Untuk itu, kami mencoba berinovasi mengemas jamu dalam bentuk yang lebih menarik, yakni es krim," katanya. Ia mengatakan bahwa es krim Herbatic bersifat menyehatkan karena dalam jahe, temulawak, kunyit, dan kencur mengandung zat aktif minyak atsiri, zingerone, antimikrobia, antioksidan, polifenol, curcumin, shogaol, geraniol, dan alkaloid.

...dst

14 ) UNS Mengembangkan Dua Model Mobil Listrik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/02/188219/UNS-Mengembangkan-Dua-Model-Mobil-Listrik

02 Juni 2012
SOLO- Sesuai dengan roadmap mobil listrik sebagai mobil nasional, pemerintah akan memproduksi mobil listrik 10.000 unit per tahun. Produksi secara massal mulai dilakukan pada 2018 dan prototipe mobil listrik akan siap pada 2014. Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS menjelaskan, hal itu sesuai dengan permintaan presiden. Berdasarkan roadmap riset prototipe, pada tahun 2013 terpasang platform chassis drivetrain untuk tiga unit. Pada 2014, prototipe P1 mobil sudah jadi. Setahun kemudian membuat prototipe P2 evaluasi metode produksi. Lalu 2016 mempersiapkan produksi dan promosi. "Kami optimistis hal ini akan terwujud. Pemerintah menggandeng universitas sebagai periset dan pihak industri," kata Ravik, Senin (28/5). Ravik akhir pekan kemarin mengikuti paparan mobil listrik di hadapan presiden bersama rektor empat perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

...dst

15 ) Tingkatkan Vokasi, Undip Gandeng Universitas Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639622/tingkatkan-vokasi-undip-gandeng-universitas-jepang

Jum'at, 01 Juni 2012 16:05 wib
JAKARTA - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggandeng Akashi National College of Technology (ANCT) Jepang dalam pendidikan vokasi. Nota kesepahaman itu meliputi komitmen kerjasama dalam pertukaran staf fakultas dan peneliti, pertukaran mahasiswa, kegiatan penelitian bersama (joint research), pertukaran materi akademik, serta publikasi dan informasi lainnya. Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Rektor Undip Sudharto P Hadi dengan President ANCT Jun Kyokane.Dalam sambutannya, Sudharto mengemukakan, sebagai universitas negeri, Undip juga memiliki program vokasi, contohnya program profesi. "Untuk menunjang Visi Undip menjadi universitas riset pada 2020, maka kami mengembangkan kurikulum program kerjasama seperti pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama dengan beberapa perguruan tinggi baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri," ujar Sudharto, seperti dilansir dari situs Undip, Jumat (1/6/2012).

...dst

16 ) Universitas Malaysia Belajar Pengelolaan Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639626/universitas-malaysia-belajar-pengelolaan-unpad

Jum'at, 01 Juni 2012 17:03 wib
JAKARTA - Untuk memperkaya ilmu pengetahuan, kita dapat mempelajarinya dari berbagai cara. Mulai dari sumber di Tanah Air hingga berguru ke luar negeri. Hal ini pula yang mendasari Universiti Malaysia Terengganu (UMT) menyambangi Universitas Padjadjaran (Unpad). Kedatangan ini dengan maksud untuk meningkatkan kinerja para pegawai UMT.Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai khususnya dalam bidang sarana dan prasarana, 19 pegawai bagian technical mengunjungi Unpad. "Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengenalan sejauh mana Unpad mengelola kampusnya," ujar Ketua bagian technical UMT Mohd Zahanafi bin Hassan, seperti dinukil dari laman Unpad, Jumat (1/6/2012).

...dst

17 ) Mahasiswa Udinus Jadi Duta Google
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/02/188222/Mahasiswa-Udinus-Jadi-Duta-Google

02 Juni 2012
SEMARANG-Empat mahasiswa Prodi Teknik Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi Google Ambasador atau Duta Google untuk wilayah Indonesia. Bersama 120 mahasiswa di negara-negara Asia Tenggara mereka akan mengikuti pertemuan selama tiga hari di Singapura pertengahan Juli mendatang. Putranto Adhi Nugroho, mengungkapkan awal proses seleksi tahap pertama dilakukan terbuka secara online pada bulan Maret. Setiap peserta diminta mengisi formulir terdiri dari pengalaman organisasi, biodata, esai ringkas tentang kegiatan bidang teknologi informasi dalam bahasa Inggris. Dua minggu kemudian usai pengumuman lolos tahap pertama, peserta diminta mengisi administrasi, seperti paspor dan pernyataan keiikutsertaan. Sebanyak 33 mahasiswa di Indonesia dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia diumumkan lolos pada 18 Mei lalu. "Kita tidak menyangka bisa lolos padahal saat itu belum punya paspor. Akhirnya panitia memberi waktu dua minggu untuk mengurusnya," ujarnya, Kamis (31/5), di Kampus Udinus.

...dst

18 ) Ilmuwan Jepang akan teliti gempa di Palu
http://www.antaranews.com/berita/313748/ilmuwan-jepang-akan-teliti-gempa-di-palu

Jumat, 1 Juni 2012 23:53 WIB
Palu (ANTARA News) - Tiga ilmuwan asal Jepang akan meneliti gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah, sekaligus memberikan pelatihan kepada mahasiswa dan masyarakat setempat. Ketiga ilmuwan itu adalah Junji Kiyono dari Universitas Kyoto, serta Yusuke Ono dan Tatsuya Noguchi dari Universitas Tottori, kata Junji Kiyono mengatakan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam seminar ilmiah "Observasi Gempa dan Mitigasi Bencana Alam" yang dilaksanakan di Universitas Tadulako Palu, Jumat. Junji Kiyono membandingkan gempa bumi yang terjadi di Aceh pada 2004 dan gempa di Jepang pada 2011. Menurutnya, gempa bumi yang menyebabkan tsunami di Aceh dan di Jepang ada persamaan, yakni gelombang air laut naik secara perlahan dan sekitar 10 detik kemudian kecepatan air akan meningkat. Dia mengaku tertarik melakukan penelitian di Palu karena wilayah ini mirip dengan kondisi geografis di Jepang.

...dst

Lain-Lain
19 ) SUAP CEK PERJALANAN
Misteri Tanggal 8 Juni 2004
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/02/05575157/Misteri.Tanggal.8.Juni.2004

Sabtu, 2 Juni 2012 | 05:57 WIB
KOMPAS.com - Banyak hal terjadi pada 8 Juni 2004. Salah satunya Pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Setelah pemilihan itu, terkuaklah skandal korupsi yang menyisakan misteri hingga kini.
Pada tanggal itu juga, perusahaan perkebunan PT First Mujur Plantation and Industry mengajukan kredit ke Bank Artha Graha untuk membeli lahan perkebunan sawit di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Apa hubungan Pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI) dengan pembelian lahan perkebunan sawit oleh PT First Mujur Plantation and Industry? Dua peristiwa ini seperti sengaja dibuat "berkabut". Dalam sidang kasus suap Pemilihan DGS BI dengan terdakwa Nunun Nurbaeti, saksi-saksi yang dihadirkan mengungkapkan kaitan kedua peristiwa itu.

...dst

20 ) RI Usulkan Kartu Perjalanan Bagi Relawan Bencana
http://internasional.kompas.com/read/2012/06/02/05302445/RI.Usulkan.Kartu.Perjalanan.Bagi.Relawan.Bencana

Sabtu, 2 Juni 2012 | 05:30 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Delegasi Indonesia pada SOM II APEC di Kota Kazan, Rusia menyampaikan usulan awal tentang perlunya kartu perjalanan bagi relawan yang mengurusi bencana. "Konsep tersebut langsung disambut positif sejumlah besar ekonomi APEC yang hadir pada pertemuan Emergency Preparedness Working Group APEC," ujar Koordinator Fungsi Pensosbud dan Pendidikan KBRI Moskow, M. Aji Surya kepada ANTARA London, Jumat (1/6/2012). Setelah pada SOM I APEC di Moskow Indonesia menggagaskan Blue Economy, kini delegasi RI maju selangkah lagi dengan konsep kartu perjalanan bagi personel bencana yang berasal dari ekonomi APEC. Mereka yang terlibat dalam kegiatan bantuan penanganan bencana diharapkan tidak terkendala oleh masalah kelengkapan dokumen perjalanan sehingga ketika bencana terjadi di salah satu negara APEC akan dengan cepat dibantu oleh negara lainnya.

...dst

21 ) Kasus Bunuh Diri di Indonesia Memprihatinkan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/02/323573/293/14/Kasus-Bunuh-Diri-di-Indonesia-Memprihatinkan

Sabtu, 02 Juni 2012 03:11 WIB
SLEMAN--MICOM: Kasus bunuh diri di Indonesia belakangan ini dinilai cukup memprihatinkan karena angkanya cenderung meningkat sehingga perlu mendapat perhatian serius pemerintah. "Kasus bunuh diri menempati satu dari 10 penyebab kematian di setiap negara," kata Ketua Lembaga Kajian dan Pencegahan Bunuh Diri (LKPBD) Kunang-kunang Al Qodir Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Wiranata Adi, di Sleman, Jumat (1/6). Menurut dia, bunuh diri merupakan satu dari tiga penyebab utama kematian pada kelompok umur 15 hingga 44 tahun dan nomor dua untuk kelompok 10 hingga 24 tahun.
Ia mengatakan, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia pada 2010 melaporkan angka bunuh diri di Indonesia mencapai 1,6 hingga 1,8 per 100 ribu jiwa. "Angka itu bisa jadi masih lebih besar lagi mengingat fenomena bunuh adalah ibarat gunung es, yang tampak hanya puncaknya sementara yang tertutup dan ditutupi sesungguhnya lebih besar lagi," katanya.

...dst

22 ) Sudah 161 Butir Kristal Keluar dari Air Mata Tina
 http://www.tempo.co/read/news/2012/06/01/058407602/Sudah-161-Butir-Kristal-Keluar-dari-Air-Mata-Tina

Jum''at, 01 Juni 2012 | 08:21 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Gadis dengan air mata kristal, Tina Agustina, 19 tahun, sudah mengeluarkan lebih dari 161 butir air mata kristal sejak 23 Mei 2012. Sepanjang 2011 saja, dari air matanya sudah keluar 72 butir batu. "Bentuknya keras. Pernah coba dipecahkan dengan gelas, tapi melesat," kata Tina di Bandung, Kamis, 31 Mei 2012. Kemarin, gadis asal Sumedang itu memeriksakan diri ke RS Mata Cicendo Bandung.
Menurut Tina, batu itu keluar dari kelopak mata kiri dan kanan di bagian bawah. Air mata kristal itu harus dikeluarkan. "Kalau tidak, batunya membesar," kata warga Desa Cisalak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang itu. Air mata kristal itu, ujarnya, mulai keluar sejak September 2011. Dulu warnanya hitam. Mulai 23 Mei 2012, kristal itu berwarna bening. Dari tayangan rekaman video dan foto, besarnya batu itu seukuran butir kacang hijau. Namun ada pula yang terlihat bentuknya seperti sudah diasah. "Kalau ada orang yang percaya, terserah saja," kata lulusan SMP pada 2007 lalu itu.

...dst

23 ) Korban Sukhoi Superjet Terima Asuransi Lebih Dari 1 M
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/02/m4yqay-korban-sukhoi-superjet-terima-asuransi-lebih-dari-1-m

Saturday, 02 June 2012, 06:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap keluarga korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 akan menerima pembayaran asuransi sebesar Rp 1,25 miliar. Kepastian tersebut diperoleh dalam pernyataan resmi pimpinan perusahaan penerbangan Sukhoi melalui siaran pers Kedutaan Besar Rusia, Jumat (1/6).

Berita Edukasi, 01 Juni 2012

1 ) Pendaftaran SNMPTN 2012 Diperpanjang
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/01/m4x6hi-pendaftaran-snmptn-2012-diperpanjang

Friday, 01 June 2012, 10:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2012 yang seharusnya berakhir Kamis (31/5) pukul 22.00 WIB, diperpanjang hingga Sabtu (2/6) pukul 22.00 WIB. Humas Panitia Lokal SNMPTN 2012 Bandung, Weny Widyowati, di Bandung, Jumat, menjelaskan bahwa perpanjangan pendaftaran tersebut hanya berlaku untuk mengisi formulir pendaftaran di situs: www.snmptn.ac.id. Sedangkan batas waktu pembayaran biaya ujian di Bank Mandiri, ujar dia, tetap berakhir pada 31 Mei 2012. "Bagi calon peserta yang sudah melakukan pembayaran biaya ujian sampai batas waktu pembayaran 31 Mei, tetapi belum melakukan pendaftaran 'on line', diberikan kesempatan untuk menuntaskannya sampai tanggal 2 Juni pukul 22.00 WIB," ujar Weny. Ia mengimbau, agar para calon peserta dapat memanfaatkan waktu perpanjangan pendaftaran sebaik-baiknya tanpa menunda lagi pendaftaran secara "on line". "Terutama bagi calon pendaftar yang sudah memiliki semua persyaratan pendaftaran dan sudah yakin dengan pilihan program studinya," ujar dia.

...dst

2 ) Berlatih Soal-Soal SNMPTN di Situs Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639201/berlatih-soal-soal-snmptn-di-situs-ini

Jum'at, 01 Juni 2012 09:01 wib
JAKARTA - Cemas karena tidak mengikuti bimbingan belajar (bimbel) menjelang Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Situs ini punya jawabannya. Di sini kamu bisa berlatih mengerjakan ribuan soal SNMPTN Ujian Tulis secara intensif dan gratis. Klik saja masuknegeri.com. Situs besutan PT Kreasi Online Indonesia (Suitmedia) ini lahir karena tingginya minat lulusan SMA untuk dapat menembus SNMPTN. CEO Suitmedia Muhammad Fajrin Rasyid menyatakan, persaingan yang ketat membuat para siswa pun berlomba menyiapkan diri dengan mengikuti bimbel, menghadirkan guru privat, hingga berlatih mengerjakan soal secara mandiri melalui buku-buku kumpulan soal. Namun, kata Fajrin, hal tersebut tidak bisa diperoleh para siswa di kota kecil atau pun mereka yang berasal dari ekonomi terbatas. "Akses internet sudah menjangkau banyak wilayah dengan biaya terjangkau. Dengan belajar soal-soal SNMPTN yang ada di situs ini, calon mahasiswa bisa merintis kesuksesannya di ujian masuk PTN," kata Fajrin dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat (1/6/2012).

...dst

3 ) Panitia SNMPTN perketat pengawasan cegah praktik joki
http://www.antaranews.com/berita/313594/panitia-snmptn-perketat-pengawasan-cegah-praktik-joki

Kamis, 31 Mei 2012 23:20 WIB
Padang (ANTARA News) - Panitia lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Padang akan memperketat pengawasan pelaksanaan ujian mengantisipasi terjadinya praktik perjokian di kalangan peserta.
"Untuk mencegah terjadinya praktik perjokian setiap peserta SNMPTN akan dilakukan pemeriksaan identitas berlapis mulai dari tanda peserta UN SMA, kartu ujian SNMPTN dan identitas terbaru," kata kata Humas Panitia Lokal SNMPTN, Amril Amir di Padang, Kamis. Dikatakannya, jika ada peserta yang tertangkap menggunakan joki akan diproses secara hukum karena hal tersebut merupakan tindak pidana. "Jika tahun lalu aturan yang diterapkan terhadap peserta yang tertangkap menggunakan joki hanya tidak boleh mengikuti ujian, tahun ini akan langsung diproses ke pihak Kepolisian," lanjut dia. Selain itu, kata dia, saat ini panitia tengah melakukan pembekalan khusus kepada pengawas agar dalam pelaksanaan ujian nanti lebih baik.

...dst

4 ) Unnes Perketat Seleksi SNMPTN Jalur Tulis
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639613/unnes-perketat-seleksi-snmptn-jalur-tulis

Jum'at, 01 Juni 2012 13:03 wib
JAKARTA - Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengaku akan meningkatkan tingkat kewaspadaan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan dengan pilihan Unnes. Tahun ini, seleksi akan dilakukan lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin dalam rapat koordinasi wilayah II SNMPTN di Jakarta, kemarin. Rapat ini diikuti sembilan utusan panitia lokal dan tiga PTN pencetak naskah ujian. Dia mengemukakan, hingga Kamis, 31 Mei pukul 12.00 WIB kemarin, pendaftar SNMPTN Jalur Tulis yang menempatkan Unnes sebagai pilihan ada 30.537 orang. "Dari jumlah itu, 12.757 pendaftar menempatkan Unnes pada pilihan pertama, 14.359 orang yang menempatkan Unnes di pilihan kedua, serta 3.421 memilih Unnes sebagai pilihan ketiga," kata Agus, seperti disitat dari laman Unnes, Jumat (1/6/2012).

...dst

5 ) Kembalikan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/10291878/Kembalikan.Pendidikan.Pancasila.dalam.Kurikulum.Nasional

Jumat, 1 Juni 2012 | 10:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan Pancasila dipandang perlu untuk kembali dimasukkan dalam kurikulum nasional demi mempersiapkan anak didik menjadi warga negara dewasa yang bertanggung jawab, aktif, dan berani berinisiatif, memperkokoh keberagaman, menegakkan kedaulatan rakyat, dan memperjuangkan keadilan sosial. Tapi, mesti dikawal bersama agar pendidikan Pancasila tidak menjadi alat hegemonik kekuasaan seperti yang terjadi pada masa orde baru. Demikian pernyataan bersama Sekolah Tanpa batas dan Koalisi Pendidikan yang disampaikan di Jakarta, Jumat (1/6/2012), terkait peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh hari ini. Aktivis Sekolah Tanpa Batas, Bambang Wisudo mengatakan, nilai-nilai Pancasila penting dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dasar hingga tinggi.

...dst

6 ) Banyak Pelanggaran terhadap Nilai-nilai Pancasila
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/01/00191155/Banyak.Pelanggaran.terhadap.Nilai-nilai.Pancasila

Jumat, 1 Juni 2012 | 00:19 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Penegasan Pancasila sebagai filosofi, ideologi, jiwa, dan pandangan hidup sudah final. Akan tetapi, dalam tahap pelaksanaan masih banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Dari sekitar 400 pengaduan gugatan undang-undang (UU) yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK), periode Agustus 2003 hingga Mei 2012, sekitar 27 persen di antaranya dibatalkan. Pembatalan dilakukan karena sebagian besar UU tersebut melanggar nilai-nilai Pancasila. Ketua MK Mahfud MD mengatakan, yang paling membahayakan saat ini bukan hanya korupsi uang atau kekayaan negara, melainkan juga korupsi dalam pembuatan peraturan dan kebijakan. Apabila korupsi seperti ini terjadi, maka akan timbul kasus korupsi yang berkesinambungan.

...dst

7 ) Pemimpin Melupakan Pancasila
http://nasional.kompas.com/read/2012/06/01/05413077/Pemimpin.Melupakan.Pancasila

Jumat, 1 Juni 2012 | 05:41 WIB
Jakarta, Kompas - Nilai-nilai keutamaan yang dikandung Pancasila tidak lagi menjadi acuan para elite politik. Pancasila sekadar tercantum dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga. Para elite malah terjebak dalam pragmatisme dan transaksionalisme. Keprihatinan tersebut diungkapkan, secara terpisah, oleh Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia Benny Susetyo Pr serta Pengasuh Pondok Pesantren Al Mizani Majalengka KH Maman Imanulhaq, Kamis (31/5).Pembiaran atas tindakan kelompok intoleran yang mencederai kehidupan beragama, menurut Maman, menunjukkan runtuhnya kehidupan bangsa yang berdasarkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Sikap dan perilaku para elite politik pun terjebak dalam pragmatisme dan transaksionalisme. Hal ini terbukti dengan semakin panjangnya daftar koruptor dan kasus korupsi di lingkaran kekuasaan.

..dst

8 ) Kuota LPTK Dibatasi
Biaya Pendidikan Calon Guru Ditanggung hingga Lulus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/09135943/Biaya.Pendidikan.Calon.Guru.Ditanggung.hingga.Lulus

Jumat, 1 Juni 2012 | 09:13 WIB
Biaya Pendidikan Calon Guru Ditanggung hingga Lulus
Jakarta, Kompas - Mulai tahun 2013, pemerintah bakal membatasi jumlah penerimaan mahasiswa baru di lembaga pendidik dan tenaga kependidikan di perguruan tinggi negeri dan swasta. Pemerintah menetapkan kuota sekitar 40.000 setiap tahun atau setara jumlah guru yang pensiun. "Kebutuhan guru sekitar 40.000 per tahun. Kalau menerima banyak, nanti lulusannya tak termanfaatkan," kata Supriadi Rustad, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Kamis (31/5). Perubahan dalam penerimaan mahasiswa baru calon guru ini ditujukan untuk menjamin kualitas guru Indonesia di masa depan. Pemerintah bakal menanggung biaya pendidikan calon guru dari awal hingga lulus. Ketika lulus, mereka menjadi guru yang langsung berhak mendapatkan tunjangan profesi.

...dst

9 ) Inilah Panel Surya Karya Mahasiswa UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/20552611/Inilah.Panel.Surya.Karya.Mahasiswa.UI

Kamis, 31 Mei 2012 | 20:55 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2008 Fakultas Teknik Universitas Indonesia merintis penggunaan sumber energi alternatif photovoltaic sharging station atau yang biasa dikenal dengan istilah panel surya (solar panel). Mereka mengembangkan penggunaan panel surya sebagai sumber energi listrik dengan pemasangan instalasi modul phovoltaic cell di lingkungan Departemen Teknik Kimia FTUI. Proses instalasi proyek ini berlangsung tiga bulan, dari September hingga Desember 2011. Photovoltaic cell atau panel surya merupakan sumber energi alternatif yang menggunakan tenaga surya (sinar matahari) sebagai sumber energi. Dengan material dasar silikon, panel surya bekerja memanfaatkan sinar matahari yang diubah menjadi energi listrik. Model panel surya ini dapat menghasilkan sumber energi listrik yang ramah lingkungan karena tidak memproduksi gas karbon dioksida. Model ini memiliki usia penggunaan cukup lama, yakni 25-30 tahun.

...dst

10 ) Pemerintah Jangan Bedakan PTS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/17371171/Pemerintah.Jangan.Bedakan.PTS

Kamis, 31 Mei 2012 | 17:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), Suyatno meminta pemerintah untuk tidak mendikotomikan perguruan tinggi swasta (PTS) dengan perguruan tinggi negeri (PTN). Menurutnya, pemerintah memiliki kewajiban yang sama dalam membina PTS, termasuk dalam hal anggaran. "Jangan mendikotomikan, pemerintah sama-sama harus membina PTS," kata Suyatno dalam musyawarah Aptisi wilayah DKI Jakarta, Kamis (31/5/2012), di Jakarta. Ia mengungkapkan, selama ini bantuan yang diberikan pemerintah kepada PTS masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan PTN. Tak jarang beberapa PTS hanya mendapatkan bantuan sumber daya manusia (dosen pengajar) sebagai upaya untuk meningkatkan mutu PTS itu sendiri. "Itulah mengapa banyak PTS yang akhirnya tidak mampu berkompetisi," ujarnya. Rektor Universitas Dr Hamka itu menambahkan, pembedaan PTS juga nampak pada jatah penerima beasiswa bidik misi di PTS. Dengan hanya diberikan pada dua ribu mahasiswa miskin berprestasi, jumlah tersebut dinilainya sangat timpang dengan jumlah PTS itu sendiri.

...dst

11 ) Gelar Musyawarah, Aptisi Bahas Isu Aktual
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/14215835/Gelar.Musyawarah.Aptisi.Bahas.Isu.Aktual

Kamis, 31 Mei 2012 | 14:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) hari ini, Kamis (31/5/2012) menggelar musyawarah wilayah DKI Jakarta. Selain mengevaluasi kegiatan Aptisi selama satu periode, musyawarah yang dihadiri raturan peserta itu juga membahas isu-isu aktual pendidikan tinggi. Menurut Ketua Aptisi DKI Jakarta, Suyatno, salah satu isu aktual yang dibahas adalah mengenai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU-PT).  "RUU-PT masih sangat aktual karena semua stakeholders pendidikan terlibat dengan isu tersebut," kata Suyatno. Selain RUU-PT, kata dia, isu lain yang menjadi topik utama dalam sidang pleno musyawarah Aptisi adalah mengenai sistem dan status akreditasi. Apalagi sampai saat ini masih ada sekitar enam ribu program studi yang tersebar di ribuan perguruan tinggi swasta (PTS) belum terakreditasi. Padahal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mematok batas akhir proses akreditasi tersebut, yakni pada 16 Mei 2012 lalu.

...dst

12 ) RUU Perguruan Tinggi Terus Menuai Kecaman
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/31/323269/293/14/RUU-Perguruan-Tinggi-Terus-Menuai-Kecaman

Kamis, 31 Mei 2012 18:42 WIB
JAKARTA--MICOM: Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU-PT) yang dijadwalkan akan disahkan pemerintah dan DPR, Juni mendatang masih terkena batu sandungan. Selain mendapat penolakan dari Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI), juga dikritisi Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI). "Ya, kami masih terus mengkritisi RUU PT, intinya APTISI meminta perlakuan sama antara PTS dan PTN. Kami meminta keadilan sebab kalau masih terjadi perbedaan sebaiknya tidak ada RUU PT, yang ada adalah RUU PTS dan RUU PTN, masing-masing saja," kata Sekjen APTISI Suyatno usai membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) APTISI DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis (31/5). Menurut Guru Besar Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) ini, dalam amanat konstitusi yang tercantum pada UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) tidak ada satu pasalpun payung hukumnya membuat undang-undang baru seperti UU PT melalui RUU PT. "Jadi pada UU Sisdiknas tidak ada itu amanat membuat UU baru seperti RUU PT ini, yang ada amanatnya adalah membuat Peraturan Pemerintah atau PP," cetusnya.

...dst

13 ) PTN Tak Selalu Lebih Baik
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/367/639032/ptn-tak-selalu-lebih-baik

Kamis, 31 Mei 2012 14:25 wib
MEMBELUDAKNYA jumlah pendaftar serta kuota terbatas yang diterapkan untuk jurusan-jurusan favorit di perguruan tinggi membuat persaingan semakin ketat. Jumlah institusi pendidikan yang cenderung stagnan menyebabkan kompetisi tiap tahun pun terus meningkat. Dilema memasuki dunia perkuliahan terus melanda siswa yang baru saja lulus dari SMA.
Kelulusan menjadi harga mati yang tak bisa ditawar lagi. Ujian nasional menjadi momok tersendiri bagi siswa-siswi bangsa. Setelah pengumuman kelulusan ujian nasional, masih ada tantangan yang harus dihadapi yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk mengambil tanggung jawab di dalam masyarakat. Perguruan tinggi diharapkan dapat mengaktualisasikan potensi yang ada melalui beberapa program pengabdian pada masyarakat.

...dst

14 ) Oxford Undang Mahasiswa Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/09422860/Oxford.Undang.Mahasiswa.Indonesia

Jumat, 1 Juni 2012 | 09:42 WIB
Oxford, Kompas - Universitas Oxford, Inggris, mengundang dosen, peneliti, dan mahasiswa Indonesia untuk belajar dan melakukan penelitian di Inggris. "Kerja sama ini akan menguntungkan kedua pihak, mulai dari pertukaran sumber daya ilmiah, pengenalan budaya, hingga membuka koneksi dengan jejaring ilmuwan global," kata Wakil Rektor (Vice Chancellor) Universitas Oxford Andrew Hamilton saat menerima kunjungan delegasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Universitas Oxford, Inggris, Rabu (30/5). Wartawan Kompas, Zaid Wahyudi, dari London melaporkan, saat ini kerja sama akademisi dan peneliti Indonesia dengan Universitas Oxford sudah dilakukan dalam penelitian malaria dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Selain itu juga kerja sama penelitian berbagai hal tentang keindonesiaan dalam Proyek Asia Tenggara, Universitas Oxford.

...dst

15 ) Mahasiswa Bisnis RI Pecahkan Kasus Perusahaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639212/mahasiswa-bisnis-ri-pecahkan-kasus-perusahaan

Kamis, 31 Mei 2012 17:20 wib
JAKARTA - Sejumlah mahasiswa S-1 dari berbagai perguruan tinggi se-Jabodetabek dan Jawa Barat ditantang untuk memberikan solusi terkait permasalahan di perusahaan lokal. Business Case Competition (BBC) tahunan besutan PPM School of Management ini mengusung tema "Future Business Leader: Innovate to Lead." Tahun ini, BBC memberikan kasus yang melanda anak usaha PT TIKI Jalur Eka Nugraha (JNE), Pesanan Oleh-Oleh Nusantara (Pesona). Para peserta diminta untuk memikirkan sebuah strategi agar perusahaan ini meraup untung sesuai tujuan perusahaan yang telah ditentukan. Ketua Panitia Pelaksanaan BBC 2012 Pepey Riawati Kurnia menyebutkan, kasus yang dipilih sebagai isu yang dibahas dalam tiap BBC memang sengaja berasal dari perusahaan lokal. "Selain untuk memproduksi kasus-kasus perusahaan lokal sebagai bahan pembelajaran, ajang ini bertujuan mengasah kemampuan analisa mahasiswa dalam sebuah kasus bisnis," ujar Pepey kepada Okezone di PPM School of Management, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2012).

...dst

16 ) UM Gandeng China Buka S-1 Double Degree
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639005/um-gandeng-china-buka-s-1-double-degree

Kamis, 31 Mei 2012 19:05 wib
JAKARTA - Universitas Negeri Malang (UM) menjalin kerjasama internasional dengan Nanjing Normal University (NNU) China. Kedua belah pihak sepakat menggelar  Program Gelar Ganda (Double Degree) jurusan Bisnis Internasional. Jurusan baru ini nantinya akan menjadi kolaborasi 2+2. Artinya, di dua tahun pertama, mahasiswa akan menempuh pendidikan di UM, dan dua tahun sisanya akan diselesaikan di NNU. Namun tentu saja, yang berhak menempuh sisa dua tahun studi di NNU hanya mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi yang telah ditentukan UM dan NNU. Untuk input mahasiswa, UM yang akan merekrut para calon mahasiswa dengan standar yang telah ditentukan oleh NNU. Kurikulum jurusan ini terdiri dari 28 Sistem Kredit Semester (SKS) Pendidikan Umum, 30 SKS mata kuliah dasar, 56 SKS mata kuliah inti, dan 30 SKS mata kuliah pilihan. Beratnya usaha untuk masuk di jurusan ini akan sesuai dengan prospek yang dijanjikan. Salah satu keunggulan dari program kerjasama ini adalah para lulusannya mendapat pengakuan penuh dari pemerintah China. Tidak hanya itu, kamu akan mendapat dua gelar, yaitu Sarjana Ekonomi dari UM dan Bachelor of Economic dari NNU.

...dsr

17 ) Unhas-PNUP Ikut Kontes Robot di ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/01/373/639451/unhas-pnup-ikut-kontes-robot-di-itb

MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 pada 28-30 Juni 2012 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain Unhas dan PNUP, kontes itu juga diikuti perguruan tinggi lain di Kawasan Timur Indonesia (KTI), yakni STMIK Tarakanita (Tarakan, Kalimantan Timur), Universitas Tadulako (Palu), Poltek Banjarmasin, dan Universitas Nusa Cendana (Nusa Tenggara Timur). Mereka adalah yang terbaik dari 22 perguruan tinggi di Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Kampus-kampus ini sebelumnya bersaing dalam kontes robot tingkat regional V di Makassar beberapa waktu lalu.

...dst

18 ) UGM Bangun Pusat Pelatihan Operator Alat Berat
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/31/079407547/UGM-Bangun-Pusat-Pelatihan-Operator-Alat-Berat

KAMIS, 31 MEI 2012 | 22:05 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mulai membangun pusat pelatihan operator alat berat bersertifikat nasional yang berlokasi di SMK Negeri I Ngawen, Gunungkidul, DI Yogyakarta.
Pendirian pusat pelatihan itu merupakan hasil kerja sama Program Diploma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM dengan PT Hexindo Adiperkasa, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul, SMKN I Ngawen Gunungkidul, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi. "Pusat pelatihan ini untuk mencetak SDM terampil yang memiliki kompetensi di bidang operasi serta perawatan alat berat seperti eskavator," kata Ketua Program Diploma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, saat acara peletakan batu pertama pendirian gedung Program Keahlian Teknik Alat Berat SMK Negeri I Ngawen, Kamis 31 Mei 2012.

...dst

19 ) Panitia Pemilihan Rektor UI Mulai Dibentuk
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639219/panitia-pemilihan-rektor-ui-mulai-dibentuk

Kamis, 31 Mei 2012 17:27 wib
DEPOK - Menjelang pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI), Majelis Wali Amanat (MWA) UI mulai membentuk panitia pemilihan rektor. Bulan Agustus mendatang, UI sudah harus memiliki rektor yang baru. Ketua MWA UI Said Agil Siradj mengatakan, panitia pemilihan rektor akan menjalankan tugas menjaring nama calon rektor. Tak hanya itu, lanjutnya, MWA juga sudah membahas soal kriteria calon rektor.
"Panitia pemilihan rektor hari ini mulai dibentuk, kemarin saat rapat MWA perdana juga sudah dibahas soal syarat-syarat calon rektor. Itu saja yang dibahas, belum ada yang lain," ujarnya kepada wartawan di Rektorat UI, Kamis (31/5/2012). Selain itu, kata Said, MWA juga berkomitmen untuk menciptakan tata kelola UI yang lebih baik. Karena itu MWA membentuk panitia khusus untuk mewujudkan komitmen tersebut. "Tadi juga saat rapat dibahas soal tata kelola, kita bikin semacam pansus, kelembagaan hukum untuk membahas masalah tata kelola," tegasnya.

...dst

20 ) Dukungan Usakti Jadi PTN Kian Menguat
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/638982/dukungan-usakti-jadi-ptn-kian-menguat

Kamis, 31 Mei 2012 13:25 wib
JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengapresiasi keinginan Universitas Trisakti untuk menjadi perguruan tinggi negeri. Hal ini terkait kekisruhan pengelolaan Universitas Trisakti antara pihak yayasan Trisakti dan pihak Forum karyawan Trisakti. "Kami mendukung Usakti menjadi PTN sehingga Usakti dapat menjadi role model bagi kampus-kampus swasta lain yang ingin menjadi kampus negeri," kata Jimly dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (31/5/2012). Sebelumnya, para tokoh nasional menghadiri seminar bertajuk "Pendidikan Dapat Menjadi Sumber Masalah Kualitas dan Karakter Bangsa" yang digelar Universitas Trisakti pada 29 Mei lalu. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menjadi salah satu pembicara seminar mengungkapkan bahwa universitas harus mengikuti perkembangan ilmu yang ada, karena pendidikan dapat menjadi masalah apabila pendidikan itu berjalan stagnan.

...dst

21 ) Soal Rokok, UGM Tak Tegas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499655/
   
Friday, 01 June 2012
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) diharapkan bisa bersikap tegas dan konsisten terhadap kebijakan pelarangan rokok masuk kampus yang telah dikeluarkan dalam Peraturan Rektor Nomor 77/PII/SK/HT/2005.
"UGM seharusnya memiliki sikap tegas terhadap campur tangan industri rokok di lingkungan universitas.Masuknya sponsorship dari industri rokok di lingkungan UGM belum lama ini menunjukkan kampus tidak konsisten dengan kebijakan yang sudah dikeluarkan," kata Koordinator Quit Tobacco Indonesia Fakultas Kedokteran (FK) UGM Yayi Suryo Prabandari dalam jumpa pers peringatan Hari Tanpa Tembakau di kampus FK UGM, kemarin.

...dst

22 ) Tahun Ini Undip Terapkan Tarif Tunggal
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/31/188013/Tahun-Ini-Undip-Terapkan-Tarif-Tunggal

31 Mei 2012
SEMARANG-  Universitas Diponegoro (Undip) akan menerapkan tarif tunggal masuk perguruan tinggi mulai tahun ini. Rektor Prof Sudharto P Hadi menyatakan, kebijakan itu berbeda dengan usulan yang disepakati dalam rapat koordinasi Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) se-Jateng dan DIY, di mana tarif tunggal dilaksanakan tahun depan. ''Mengapa tahun ini, karena kami prihatin terhadap tingginya biaya pendidikan yang selalu muncul tiap tahun. Selian itu, juga karena sumbangan-sumbangan,'' katanya. Jika sebelumnya terdengar uang sumbangan masuk Fakultas Kedokteran (FK) hingga ratusan juta, dengan diterapkannya tarif tunggal, maka hal itu bisa ditiadakan. Yang ada tarif masuk seluruh fakultas di PTN menjadi seragam. Tidak dipungkiri dengan penerapan tarif tunggal ini, biaya pendidikan di perguruan tinggi terkesan mahal. Padahal, jika diakumulasikan, jumlahnya sama. Hanya saja, yang membedakan adalah komponen biaya perkuliahan, seperti Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) yang biasa dibayar di awal kuliah, kini dibagi menjadi delapan kali pembayaran.

...dst

23 ) Selandia Baru tawarkan beasiswa untuk Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/313531/selandia-baru-tawarkan-beasiswa-untuk-indonesia

Kamis, 31 Mei 2012 17:51 WIB
London (ANTARA News) - Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN, David Taylor, mengatakan bahwa Pemerintah Selandia Baru memberikan 50 beasiswa untuk tingkat strata 1, 2, dan doktoral setiap tahunnya kepada masyarakat Indonesia. Hal itu disampaikan Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN, David Taylor, pada pertemuan ke-13 ASEAN-New Zealand Joint Management Committee di Sekretariat ASEAN, ujar Sekretaris Dua Permanent Mission of Indonesia to ASEAN Iwan Nur Hidayat kepada ANTARA London, Kamis. Wakil Tetap Indonesia untuk ASEAN, Duta Besar Ngurah Swajaya menyambut baik inisiatif Pemerintah Selandia tersebut. Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN, David Taylor, pada pertemuan ke-13 ASEAN-New Zealand Joint Management Committee menyebutan hal ini merupakan salah satu flagship initiative kerjasama ASEAN-Selandia Baru di bidang pendidikan. Jumlah ini merupakan bagian dari 170 beasiswa setiap tahunnya yang disediakan pemerintah Selandia Baru kepada ASEAN sampai tahun 2015.

...dst

24 ) Novi Wulandari Mantap Pilih STIS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/08453153/Novi.Wulandari.Mantap.Pilih.STIS

Jumat, 1 Juni 2012 | 08:45 WIB
LAMONGAN,KOMPAS.com - Peraih nilai ujian nasional terbaik ke-2 Nasional (58,50), Novi Wulandari, siswa SMA Negeri 2 Lamongan, mantap memilih kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik program diploma IV setara S1 dari Badan Pusat Statistik. Alasannya sederhana, dia tidak berpikir lagi soal pekerjaan setelah lulus, karena masuk program pendidikan ikatan kedinasan. Anak pasangan, Mohammad Mustakim (45) dan Sepi Setyawati (42) itu akan menjalani seleksi tahap II Sabtu (2/6) besok. Ia sudah lolos tes tulis, tinggal mengikuti seleksi tahap II dan III. "Tinggal tes wawancara dan psikotes saja," ujarnya, Jumat (1/6). Sejak ramai diberitakan media, ayahnya penjaga toko dengan bayaran Rp 750.000 per bulan, ibunya pembantu rumah tangga dengan upah Rp 500.000 per bulan anak kedua dari dua bersaudara banyak menerima tawaran bantuan kuliah. Gadis kelahiran 18 Oktober 1993 itu juga diundang talkshow di stasiun televisi. Ia menyebutkan diantara tawaran itu dari Universitas Indonesia Depok, Universitas Gadjahmada Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh November 1945 Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, dan Universitas Brawijaya Malang. UGM, ITS, Unbraw menawari biaya kuliah dan biaya hidup, bahkan ITS menawari pendidikan hingga S2.

...dst

25 ) Pemkab Bantu Biaya Kuliah Peraih Nilai UN Terbaik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/01/08392570/Pemkab.Bantu.Biaya.Kuliah.Peraih.Nilai.UN.Terbaik

Jumat, 1 Juni 2012 | 08:39 WIB
LAMONGAN, KOMPAS.com - Siswa di Lamongan yang menorehkan prestasi dengan hasil nilai ujian nasional terbaik Nasional maupun Jawa Timur mendapatkan bantuan biaya kuliah dari Pemerintah Kabupaten Lamongan. Bupati Lamongan, Fadeli, Jumat (1/6/2012) menyatakan Dinas Pendidikan Lamongan diminta memantau beasiswa yang diberikan. Menurut Fadeli, sesuai aturan yang ada satu orang tidak boleh menerima dua beasiswa. Jika beasiswa yang diterima siswa hanya untuk biaya akademik (pendidikan), maka Pemkab Lamongan akan mencukupi untuk kebutuhan hidup. Jika beasiswa yang didapat untuk biaya akademik dan biaya hidup, Pemkab Lamongan akan mencukupi kebutuhan perangkat yang diperlukan untuk pendidikan termasuk buku-buku. Fadeli menjelaskan keberhasilan Lamongan dalam prestasi pendidikan tidak lepas dari peran guru, siswa, sekolah, dinas pendidikan dan media yang meliput. "Mereka yang berprestasi layak diapresiasi, apalagi dari keluarga tidak mampu," kata Fadeli.

...dst

26 ) Tak Lulus UN, Kejar Paket C Jadi Pilihan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/639087/tak-lulus-un-kejar-paket-c-jadi-pilihan

Kamis, 31 Mei 2012 15:06 wib
MANDAILING NATAL - Tidak lulus Ujian Nasional (UN) bukan akhir dari segalanya untuk berhenti melanjutkan pendidikan. Berbagai program pemerintah seperti kelompok belajar paket C bisa menjadi pilihan.
Misalnya seperti yang terlihat di wilayah Mandailing Natal, Sumatera Utara, pascapengumuman kelulusan tingkat SMA. Pada Kamis (31/5/2012), sanggar Kelompok Belajar (SKB) cenderung lebih ramai dari biasanya. Banyak siswa yang tak lulus UN meneruskan pendidikan di sini demi memperoleh ijazah setingkat SMA. Selain mereka yang tak lulus UN, di sanggar belajar ini juga terdapat siswa yang putus sekolah atau terpaksa dikeluarkan dari sekolahnya akibat berkelakuan kurang baik. Kegiatan belajar di SKB ini berlangsung sama seperti belajar di bangku sekolah. Nmaun, para pengajar lebih memprioritaskan siswanya belajar memecahkan soal yang diujikan pada UN lalu.

...dst

27 ) Menkeu Tak Tahu Hambalang Jadi Multi Years
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/01/063407586/Menkeu-Tak-Tahu-Hambalang-Jadi-Multi-Years

JUM''AT, 01 JUNI 2012 | 06:16 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku tidak mengetahui kapan Kementeriannya menyetujui proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional, di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor, menjadi proyek multi years. "Saya tidak tahu, saya perlu periksa dulu," kata Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 31 Mei 2012. Penganggaran proyek Hambalang ditenggarai bermasalah. Sejumlah anggota Komisi Olahraga mengaku tak mengerti jika proyek ini didanai dengan skema tahun jamak. Mereka menyatakan anggaran proyek sebesar Rp 1,2 triliun tidak pernah disetujui oleh DPR. Namun, anggaran ini sudah keluar sejak APBN P 2010 lalu. Namun demikian, terkait dengan proses perubahan proyek Hambalang dari single years menjadi mulityears, Agus mengaku pihaknya siap untuk menjelaskan. Agus menyatakan yang lebih memahami hal tersebut adalah Direktorat Jenderal Anggaran. "Tapi kami dukung penuh kalau ada yang dibutuhkan dari Kementerian Keuangan," katanya.

...dst

28 ) KESEPAKATAN GLOBAL
Indonesia Tetap Gunakan Vaksin Polio Oral
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/01/0236379/indonesia.tetap.gunakan.vaksin.polio.oral

01 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Indonesia mempertahankan penggunaan vaksin polio oral dalam sidang World Health Assembly ke-65. Perubahan jenis vaksin polio berimplikasi besar bagi negara-negara berkembang yang kebanyakan memakai vaksin polio oral. Terlebih lagi bagi Indonesia yang merupakan produsen vaksin polio oral dan mengekspor ke 118 negara. Draf resolusi World Health Assembly (WHA) tentang intensifikasi eradikasi global polio semula mencantumkan rujukan penggunaan inactivated poliovirus vaccine (IPV) untuk mencapai eliminasi polio tahun 2018. Ada dua vaksin polio yang digunakan, IPV yang diinjeksikan dan oral polio vaccine dalam bentuk pil atau cairan yang diberikan lewat mulut. Indonesia didukung negara berkembang lain keberatan dengan rujukan penggunaan IPV dan mempertahankan penggunaan vaksin polio oral. Sidang akhirnya mengadopsi resolusi dengan memasukkan usulan Indonesia, yakni menghapus rujukan mengenai IPV.
"Implikasi perubahan penggunaan vaksin polio sangat besar bagi Indonesia dan negara berkembang lain. Harga vaksin polio injeksi 50 kali lebih mahal dari harga vaksin polio oral," kata Pelaksana Tugas Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam temu media, Kamis (31/5), di Jakarta.

...dst

29 ) Senjata penembak satpam IPB mirip organik kepolisian
http://www.antaranews.com/berita/313641/senjata-penembak-satpam-ipb-mirip-organik-kepolisian

Jumat, 1 Juni 2012 10:54 WIB
Bogor (ANTARA News) - Kepala Polisi Resor Bogor, AKBP Hery Santoso, mengungkap, senjata revolver pelaku penembakan satpam Institut Pertanian Bogor (IPB) mirip senjata organik kepolisian. "Kami tengah menyelidiki hal ini. Dimulai dari melacak nomor seri," katanya, di Mapolres Bogor, Jumat. Satu revolver yang menjadi senjata organik polisi adalah Colt .38 buatan pabrikan Colt, Amerika Serikat. Selain senjata revolver, polisi juga mengamankan satu unit senjata rakitan, lima selongsong peluru, 12 kunci later T. Dua tersangka yang kini ditahan adalah MH yang juga pelaku pencurian dan AS, adik MH. Polisi masih memburu U, pelaku penembakan satpam IPB itu.

...dst

Berita Edukasi, 31 Mei 2012

1 ) Pendaftaran SNMPTN Ditutup Pukul 22.00 WIB
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/638841/pendaftaran-snmptn-ditutup-pukul-22-00-wib

Kamis, 31 Mei 2012 11:06 wib
JAKARTA - Kamu yang belum sempat mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) ujian tulis masih memiliki kesempatan hingga pukul 22.00 WIB malam ini. Agar lebih lancar, pastikan kamu mengetahui program studi yang ingin kamu pilih, lengkap dengan passing grade dan rasio antara pemilih dengan kuota yang disediakan pihak kampus. Ada baiknya kamu juga mengantongi informasi persyaratan pendaftaran untuk tiap kampus yang kamu minati. Misalnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) mewajibkan calon peserta SNMPTN yang memilih ITB untuk mengunduh dan mengisi Formulir Pernyataan Kesediaan Pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan yang dibayar di Muka (BPPM). Formulir tersebut merupakan salah satu persyaratan masuk yang harus diserahkan calon peserta kepada pihak ITB, paling lambat 8 Juni 2012. Kamu bisa mendapatkan informasi seperti itu di situs resmi kampus-kampus incaranmu. Jangan lupa siapkan juga file elektronik semua berkas pendaftaran yang kamu butuhkan. Siapkan foto sesuai ketentuan, yakni foto resmi berukuran 4x6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB. Siapkan juga file hasil scan bukti pembayaran, kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran, dan fotokopi ijazah atau tanda lulus. 

...dst

2 ) SNMPTN - Peserta Tidak Boleh Pakai Foto Facebook
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499473/
       
Thursday, 31 May 2012
BANDUNG – Panitia lokal meminta peserta SNMPTN 2012 Bandung memperbaiki pendaftarannya. Sebab banyak yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Seperti penggunaan foto yang menggunakan foto dari jejaringan sosial. "Kesalahan tersebut di antaranya ukuran foto terlalu kecil, foto tidak resmi (foto yang digunakan pada jejaring sosial, menggunakan baju tidak berkerah), dan letak foto tidak proporsional," kata Sub Bidang Informasi dan Humas Panlok SNMPTN BandungWeny Widyowati. Kendala teknis itu terjadi akibat sistem registrasi online dan lebih mudah mengakses foto dari jejaring sosial. Padahal foto yang diunggah harus sesuai ketentuan yaitu foto yang biasa digunakan untuk keperluan ijazah, rapor, atau dokumen resmi lainnya dan harus berwarna. "Ketentuan yang berlaku untuk mengunggah pasfoto adalah berukuran 4 x 6 dengan resolusi minimal 400x600 pixel (sekira 250 dpi), dalam format JPEG atau PNG." "Sementara untuk ukuran file pas foto tidak boleh lebih dari 100 kb,"jelas Weny.

...dst

3 ) Empat Prodi Sepi Peminat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/31/188011/Empat-Prodi-Sepi-Peminat

31 Mei 2012
SEMARANG- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan telah diumumkan. Berdasarkan data, ada empat prodi yang sepi peminat di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Prodi tersebut masih terbuka luas bagi calon mahasiswa yang mendaftar di jalur tulis maupun Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU). Empat prodi tersebut adalah Pendidikan Bahasa Prancis, Bahasa Prancis, Pendidikan Luar Sekolah, dan Ilmu Sejarah. Kondisi ini berbanding terbalik dengan prodi yang menjadi primadona di Unnes, seperti Pendidikan Guru SD, Pendidikan Matematika, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Manajemen yang diminati banyak pendaftar. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin mengatakan, walaupun masih ada prodi yang sepi peminat, universitas tetap memberikan kuota yang sama. ''Sebanyak 50 prodi yang ada di Unnes pada tiga jalur seleksi tetap dibagi sesuai kuota. Pada jalur SNMPTN jalur undangan mendapat kuota 64%, jalur tulis 16%, dan SPMU 20%,'' ungkapnya, kemarin. Pada penerimaan jalur undangan 2012, untuk Pendidikan Bahasa Prancis sudah menerima 37 orang, Bahasa Prancis 17 orang yang sudah diterima, Pendidikan Luar Sekolah 43 orang, dan Ilmu Sejarah 22 orang.

...dst

4 ) Swasta Dapat Kuota 2.000 Mahasiswa Penerima Bidikmisi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/366

05/30/2012
Jakarta – Sejak diluncurkan pertama kali pada 2010, Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi) terus bertambah penerimanya. Tahun 2010, jumlah penerimanya untuk perguruan tinggi negeri mencapai 20 ribu orang mahasiswa. Setahun berikutnya, bertambah menjadi 30 ribu orang. Sehingga sampai saat ini ada 50 ribu orang mahasiswa penerima Bidikmisi, hingga mereka mencapai  semester 8. Memasuki tahun ke-3,  Bidikmisi tidak hanya diberikan untuk perguruan tinggi negeri (PTN), melainkan juga untuk perguruan tinggi swasta (PTS). Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Illah Saillah mengatakan, tahun ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memberikan jatah Bidikmisi untuk 30 ribu mahasiswa. Setelah ada APBN-Perubahan, jumlahnya bertambah menjadi 42 ribu. Pemerinciannya, 40 ribu untuk PTN dan 2.000 untuk PTS. "Kami masih uji coba. Tidak berani memberikan kuota yang besar karena sumber dana PTS juga dari masyarakat dan yayasan. Jadi harus ada persetujuan dari PTS juga, mau menerima Bidikmisi atau tidak," ujarnya saat menggelar jumpa pers di Gedung D Kemdikbud, (30/5).

...dst

5 ) Beasiswa Bidik Misi Mahasiswa PTS
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/31/0234521/beasiswa.bidik.misi.mahasiswa.pts

Kamis, 31 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Pada tahun ini perguruan tinggi swasta juga akan memperoleh 2.000 beasiswa pembinaan Pendidikan Mahasiswa Berprestasi atau Bidik Misi khusus untuk empat program studi yang dinilai strategis. Keempat program studi itu adalah kedokteran, teknik, sains, dan akuntansi yang berakreditasi A. Hal itu dikemukakan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Illah Sailah, Rabu (30/5), di Jakarta. "Jumlahnya 2.000 beasiswa untuk tahap awal," ujarnya. Meski pemberian beasiswa Bidik Misi ini khusus untuk program studi dan PTS berakreditasi A, khusus di luar Jawa persyaratan akreditasi diturunkan menjadi akreditasi B. Ini disebakan sebagian besar PTS dan program studi berakreditasi A berada di Jawa. Adapun untuk unit cost nilai setiap mahasiswa total Rp 6 juta per semester. Setiap bulan mahasiswa menerima Rp 600.000 per bulan sehingga total yang diterima Rp 3,6 juta. Sisanya, Rp 2,4 juta, diberikan kepada perguruan tinggi untuk biaya kuliah. Total nilai ini sama dengan yang selama ini diterima mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

...dst

6 ) Kurang Informasi, Peminat Bidik Misi Rendah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/15421167/Kurang.Informasi.Peminat.Bidik.Misi.Rendah

Rabu, 30 Mei 2012 | 15:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu program beasiswa unggulan bagi mahasiswa miskin berprestasi, program Bidik Misi yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, belum banyak diketahui masyarakat, khususnya yang berada di daerah pelosok. Kurangnya informasi tersebut membuat peminat bidik misi sedikit. "Memang itu masalah kita, bagaimana informasi mengenai beasiswa ini belum diterima dengan baik oleh masyarakat di daerah pelosok," kata direktur pembelajaran dan kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Illah Sailah, di Jakarta (30/5). Ia menjelaskan, selama tiga tahun sejak program ini digulirkan, masih banyak masyarakat yang belum mengerti betul bagaimana cara melamar program beasiswa ini. "Harus kita buka akses lebih lebar, biar semua paham dan tak ada perasaan ragu dalam diri calon mahasiswa yang akan melamar," ujarnya.

...dst

7 ) Jumlah Beasiswa Buat Universitas Swasta Sangat Kurang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/19461262/Jumlah.Beasiswa.Buat.Universitas.Swasta.Sangat.Kurang

Rabu, 30 Mei 2012 | 19:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah memberikan 2.000 beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dinilai timpang jika dibandingkan dengan jatah beasiswa sejenis yang diberikan pada PTN. Hal itu dikatakan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), Edi Suandi Hamid, Rabu (30/5/2012), di Jakarta. Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) itu menjelaskan, sampai saat ini jumlah PTS di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 3.000 kampus. Jika pemerintah hanya menyalurkan 2.000 beasiswa, itu tidak akan membawa pengaruh besar di lingkungan PTS. "Jelas timpang, PTS lebih dari 3.000, beasiswanya hanya 2.000. Dibagi satu beasiswa per satu kampus saja masih kurang," kata Edi. Lebih jauh ia menilai pemerintah masih setengah hati dalam membantu siswa miskin yang kuliah di PTS. Dua ribu beasiswa bidik misi untuk PTS dianggapnya sangat mendiskreditkan dan mendikotomikan PTS.

...dst

8 ) Bidik Misi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Beda
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/17145146/Bidik.Misi.Perguruan.Tinggi.Negeri.dan.Swasta.Beda

Rabu, 30 Mei 2012 | 17:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Program beasiswa bidik misi untuk perguruan tinggi swasta (PTS) memiliki perbedaan dengan bidik misi untuk perguruan tinggi negeri (PTN). Pada PTS hanya diberikan pada beberapa program studi yang ditentukan dan memiliki syarat akreditasi A. Menurut Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Illah Sailah, bidik misi untuk PTS hanya diberikan pada program studi kedokteran, teknik, sains, pertanian, dan akuntansi. "Itupun tak sembarangan, karena hanya program studi dengan akreditasi A yang dapat menerima bidik misi PTS," katanya di gedung Kemdikbud, Jakarta (30/5). Akan tetapi, kata dia, syarat akreditasi A hanya akan diberlakukan pada program studi di PTS yang berada di kota-kota besar. Sedangkan untuk PTS di daerah, standar akreditasinya akan diturunkan satu taraf menjadi B. Menurutnya, itu merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan distribusi beasiswa yang berkeadilan. Pihak PTS juga diberikan kewenangan untuk menerima atau menolak beasiswa tersebut. Pasalnya, PTS bersangkutan dilarang memungut biaya sumbangan pendidikan pada mahasiswa penerima bidik misi. "Untuk PTS program beasiswa bidik misi harus persetujuan PTS bersangkutan karena calon mahasiswanya tidak boleh diminta sumbangan pendidikan," ujarnya.

...dst

9 ) Dicari Mahasiswa Miskin Berprestasi untuk Beasiswa
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/30/079407197/Dicari-Mahasiswa-Miskin-Berprestasi-untuk-Beasiswa

RABU, 30 MEI 2012 | 15:51 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan peserta dan pendaftar program Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi Calon Mahasiswa Berprestasi masih jauh di bawah kuota. Hingga hari terakhir pendaftaran, dari kuota 42 ribu beasiswa baru sekitar 15.300 yang dimanfaatkan. "Perguruan tinggi harus lebih giat mencari penerima beasiswa," kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Illah Sailah pada Rabu, 30 Mei 2012 siang. Beasiswa Bidik Misi adalah program yang dicanangkan pemerintah sejak 2010 lalu. Melalui program tersebut pemerintah memberi bantuan pembiayaan bagi calon mahasiswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi. Setiap penerima beasiswa mendapat Rp 6 juta per semester untuk menutupi biaya kuliah di perguruan tinggi negeri. Beasiswa itu terus diberikan hingga semester delapan masa kuliah. "Ada anggaran sekitar Rp 8 triliun untuk itu," ujar Illah.

...dst

10 ) Maba Jalur Undangan Unnes Harus Datang Pembekalan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/638864/maba-jalur-undangan-unnes-harus-datang-pembekalan
Kamis, 31 Mei 2012 13:03 wib

JAKARTA - Bagi kamu calon mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diterima melalui jalur undangan, harus rajin meng-update informasi terkait registrasi. Pasalnya, belum adanya perincian biaya registrasi mahasiswa baru karena adanya perubahan ketentuan biaya kuliah pada semua perguruan tinggi negeri se-Indonesia. Para pemimpin perguruan tinggi negeri (PTN), termasuk Unnes, sedang melakukan komunikasi mengenai uang kuliah tunggal (UKT) dengan berkoordinasi pada Sabtu 2 Juni 2012 di Jakarta. Demikian, seperti disitat dari laman Unnes, Kamis (31/5/2012). Maka, sambil menunggu hasil koordinasi tersebut, pembayaran biaya pendidikan dijadwalkan mulai 11 Juni 2012 hingga 18 Juni 2012. Perincian biaya registrasi akan diumumkan pada 10 Juni 2012 di laman unnes.ac.id serta http://registrasi.unnes.ac.id Sementara itu, pembayaran dan registrasi online belum dilakukan karena belum adanya ketentuan tersebut. Pendaftar yang telah diterima melalui SNMPTN Jalur Undangan Unnes, termasuk yang mendaftar sebagai calon penerima Beasiswa Bidikmisi, wajib hadir untuk menerima pembekalan pada tanggal 12 Juni (untuk FIP, FBS, FT, FIK) dan 13 Juni 2011 (FIS, FMIPA, FH, FE) pukul 07.00 WIB di Auditorium Unnes kampus Sekaran Gunungpati Semarang.

...dst

11 ) FK UGM Tolak Beasiswa dari Perusahaan Rokok
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/30/373/638099/fk-ugm-tolak-beasiswa-dari-perusahaan-rokok

Rabu, 30 Mei 2012 14:03 wib
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah menetapkan kebijakan pelarangan rokok masuk kampus melalui Peraturan Rektor no.77/PII/SK/HT/2005. Dalam peraturan tersebut diberlakukan pelarangan partisipasi iklan atau sponsorship produk rokok maupun minuman beralkohol. Namun, beberapa waktu lalu ditemukan adanya acara dengan mengusung sponsor dari industri rokok. Melihat hal tersebut, Koordinator Quit Tobacco Indonesia (QTI) Fakultas Kedokteran (FK) UGM Yayi Suryo Prabandari mempertanyakan konsisten UGM terhadap kebijakan pelarangan rokok masuk kampus tersebut. "Sebagai salah satu institusi pendidikan, UGM seharusnya memiliki sikap tegas terhadap campur tangan industri rokok di lingkungan universitas," kata Yayi, seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (30/5/2012). Menurut Yayi, sesuai peraturan Rektor UGM No. 29/P/SK/HT/2008 pada 2 Januari 2008, UGM ditetapkan sebagai kawasan bebas rokok. Sehingga, kejadian sponsorship yang melibatkan industri rokok merupakan sebuah bentuk inkonsistensi UGM terhadap peraturan tersebut. "Dengan adanya kebijakan ini, seharusnya UGM tidak menerima sponsorship dari industri rokok. Jadi saat ini kami terus berupaya lakukan advokasi kembali agar semua pihak ingat dengan kebijakan yang sudah dikeluarkan," ujarnya menerangkan.

...dst

12 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
Dua Mahasiswa Dikeroyok, 1 Tewas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499342/
       
Thursday, 31 May 2012
YOGYAKARTA– Dua mahasiswa menjadi korban pengeroyokan oleh sekelompok pemuda tak dikenal di Jembatan Gondolayu, Gondokusuman, Kota Yogyakarta dini hari kemarin.  Satu orang tewas dan seorang lainnya mengalami luka serius akibat ditusuk senjata tajam. Korban tewas bernama M Yoga Bramana,23,mahasiswa tingkat akhir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).Sedang Agranata,mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengalami luka serius. Peristiwa itu berawal saat Yoga dan Agranata sedang duduk di Jembatan Gondolayu, Jalan Jenderal Sudirman,Gondokusuman. Tiba-tiba mereka didatangi empat pelaku yang berboncengan motor. Tanpa sebab, empat pelaku langsung mengeroyok kedua korban dengan menggunakan senjata tajam. Yoga terkapar dengan luka tusuk di perut dan beberapa anggota tubuh lainnya. Sementara Arganata yang mencoba memberikan perlawanan tak berdaya setelah kena tusuk di lengan tangan kiri. Setelah mengeroyok kedua korban,para pelaku melarikan diri menggunakan motor.Arganata yang mengetahui Yoga terluka parah,kemudian mencari pertolongan kepada warga sekitar.

...dst

13 ) Status Hukum PTN Eks BHMN Akan Dituntaskan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/14360662/Status.Hukum.PTN.Eks.BHMN.Akan.Dituntaskan

Rabu, 30 Mei 2012 | 14:36 WIB
Kompas.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera menuntaskan status tujuh perguruan tinggi yang pernah menjadi Badan Hukum Milik Negara. "Di Kemdikbud masih ada tujuh perguruan tinggi eks BHMN yang ditertibkan asetnya, tolong dibuat tim khusus, lakukan penyelesaian secara serius. Dengan demikian tidak jadi  hutang kita," kata Presiden saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2011 dari Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) di Istana Negara Jakarta, Rabu. Presiden meminta masukan dari BPK terkait hal tersebut untuk segera ditindaklanjuti dan diselesaikan. Dalam LHP LKPP, BPK menyampaikan saran agar status pengelolaan keuangan tujuh perguruan tinggi eks BHMN segera ditetapkan status hukumnya. "Terhadap status pengelolaan keuangan pada tujuh perguruan tinggi eks BHMN, BPK merekomendasikan pemerintah agar segera menetapkan status hukum pengelolaan keuangan pada tujuh perguruan tinggi eks badan hukum milik negara (BHMN) tersebut," kata Ketua BPK Hadi Purnomo.

...dst

14 ) Kemdikbud diminta tuntaskan penertiban aset eks BHMN
http://www.antaranews.com/berita/313267/kemdikbud-diminta-tuntaskan-penertiban-aset-eks-bhmn

Rabu, 30 Mei 2012 13:55 WIB |
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) segera menuntaskan penertiban aset tujuh perguruan tinggi yang pernah menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN)."Masih ada tujuh perguruan tinggi eks BHMN yang ditertibkan asetnya, tolong dibuat tim khusus, lakukan penyelesaian secara serius. Dengan demikian tidak jadi hutang kita," kata Presiden di Istana Negara Jakarta, Rabu. Saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2011 dari Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) Presiden juga meminta kementerian menindaklanjuti masukan dari BPK terkait masalah itu. Dalam laporannya, BPK menyarankan pemerintah segera menetapkan status hukum terkait pengelolaan keuangan tujuh perguruan tinggi bekas BHMN.

...dst

15 ) Indonesia-Inggris Majukan Kerjasama Pendidikan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/30/m4tf2l-indonesiainggris-majukan-kerjasama-pendidikan

Rabu, 30 Mei 2012, 10:01 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, dan Minister for Universities and Science, David Willets menandatangani memorandum saling pengertian (MoU) di bidang Pendidikan. Acara penandatanganan yang dilaksanakan di KBRI London tersebut dilakukan dalam kesempatan kunjungan Mendikbud ke Inggris, demikian Sekretaris Pertama KBRI London Heni Hamidah kepada ANTARA London Rabu (30/5). Penandatanganan MoU Pendidikan ini merupakan tindak lanjut konkret dari pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Cameron dalam kunjungan kerja PM Inggris tersebut ke Indonesia di bulan April lalu di bidang pendidikan. Mendikbud dalam sambutannya menyampaikan arti pentingnya pendidikan terutama di tengah globalisasi saat ini. Globalisasi pendidikan merupakan diplomasi budaya yang mendorong saling pengertian dan saling menghormati antar bangsa. Melalui MoU Pendidikan serta pertemuan reguler Pokja Pendidikan Indonesia-Inggris, diharapkan akan terbentuk multi-network yang menghubungkan institusi pendidikan di kedua negara untuk memfasilitasi mobilitas sumber daya yang lebih baik.

...dst

16 ) Anti Plagiat, Unpad Ciptakan Deteksi Plagiarisme
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/30/373/638536/anti-plagiat-unpad-ciptakan-deteksi-plagiarisme

Kamis, 31 Mei 2012 11:03 wib
JAKARTA - Plagiat merupakan tindakan tercela dan merugikan orang lain. Maka, tidak heran setiap instansi terutama lembaga pendidikan berupaya untuk terus memerangi aksi plagiarisme. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung telah menyiapkan software antiplagiat yang akan digunakan di seluruh perpustakaan di lingkungan Unpad. "Software antiplagiat yang berguna untuk mengecek plagiat berbahasa Indonesia ini akan diaplikasikan pada perpustakaan yang ada di setiap fakultas Unpad," ujar dosen mata kuliah Public Relation in Library Unpad Santi Susanti, seperti dikutip dari laman Unpad, Kamis (31/5/2012). Selain menggalakkan usaha untuk memerangi aksi plagiat, Kampanye Antiplagiat besutan mahasiswa Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fikom Unpad ini merupakan rangkaian promosi perpustakaan Fikom Unpad. Sebelumnya, mereka juga melakukan peluncuran handbook dan bedah buku Perspektif Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan milik salah satu dosen mereka Pawit M Yusup.

...dst

17 ) Dugaan plagiarisme Buku Kumpulan Program - Aswan Berencana Datangi Polres Garut
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499302/
       
Thursday, 31 May 2012
GARUT – Aswan, dosen luar biasa Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut,berencana mendatangi Mapolres Garut untuk memberikan klarifikasi terkait kasus dugaan plagiarisme, yang dilaporkan mahasiswanya, Gun Gun Febrianzah, beberapa waktu lalu. "Nanti, di Polres Garut saya akan ceritakan semuanya.Mohon maaf sekali,saya belum bisa berkomentar disini (media),"katanya saat dihubungi kemarin. Sayangnya,yang bersangkutan belum bisa merinci kapan rencana memberikan penjelasan itu akan dilakukan. Pasalnya, jadwal mengajar yang dimilikinya sangat padat."Saya bukan menghindar. Soalnya saya banyak jadwal mengajar,"ujarnya.  Sementara itu, Direktur AMIK Garut Nizar hamdani membenarkan telah terjadi dugaan plagiarisme yang dilakukan salah satu pengajar di kampus, yakni Aswan, terhadap karya seorang mahasiswa AMIK,Gun Gun Febrianza, 20. Pihaknya sudah melakukan upaya pemanggilan terhadap keduanya untuk meminta klarifikasi masalah tersebut. "Kami dari lembaga sempat mempertemukan keduanya. Agar bisa selesai di dalam, bukan sampai keluar,"katanya.

...dst

18 ) Lima Mahasiswa Bisa Tersangka
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499347/
       
Thursday, 31 May 2012
SEMARANG– Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) terancam menjadi tersangka pemalsuan ijazah. Status mereka saat ini sebagai saksi dan masih diperiksa intensif di Mapolrestabes Semarang. Mereka diketahui ikut menggunakan jasa Ferry,salah satu mahasiswa yang diduga menjadi aktor utama pemalsuan ijazah dan sudah ditetapkan tersangka. Lima mahasiswa itu adalah Hery Abdul Hakim,Ana Sofiana, Urfia Hukmy, Rizqi Lina Septiana, dan Ari Arifinanto. Semuanya tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula angkatan 2010. Mereka dilaporkan Dekan Fakultas Kedokteran, Taufiqurrachman, Senin (23/4), di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang. Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan mengatakan status kelima mahasiswa itu sementara masih sebagai saksi. "Mereka masih diperiksa intensif penyidik kami terkait kasus pemalsuan ijazah tersebut," ujarnya ketika ditemui di Mapolrestabes Semarang kemarin. Terkait perubahan status dari saksi menjadi tersangka, Elan mengaskan tentu harus dilengkapi bukti-bukti yang cukup.

...dst

19 ) Perguruan Tinggi Swasta Bersikukuh Tolak Pengesahan RUU PT
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/31/323158/293/14/Perguruan-Tinggi-Swasta-Bersikukuh-Tolak-Pengesahan-RUU-PT

Kamis, 31 Mei 2012 03:20 WIB 
JAKARTA--MICOM: Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) bersikukuh meminta pemerintah dan DPR tidak mengesahkan RUU PT. ABPPTSI menyatakan telah menyampaikan surat penolakan RUU PT pada Panja RUU PT DPR dengan tembusan ke Mendikbud dan Dirjen Dikti. "Kami telah sampaikan secara rinci alasan dan pertimbangannya. Jadi kami tetap menolak RUU PT disahkan dan sebagai jalan tengahnya kami minta di rombak total,"kata Ketua Umum ABPPTSI Thomas Suyatno di Jakarta, (Rabu (30/5). Thomas yang juga guru besar Universitas Katolik Atmajaya (Unika) ini mengatakan bahwa selama ini kalangan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak pernah merecoki pemerintah, "Mengapa kami mesti diatur-atur secara kaku.Sebaiknya Bina dan awasilah secara profesional saja,"cetusnya. Mantan Rektor Unika ini menegaskan pemerintah melalui Kemendikbud wajib membina PTS dlm pelaksanaan Tridharma Pendidikan Tinggi secara profesional, dengan tujuan meningkatkan kualitas pada semua aspeknya, berupa pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Begitupun dalam hal otonomi akademik, berikan otonomi sepenuhnya kepada PTS.

...dst

20 ) Kritik BEM ITS tentang RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/638859/kritik-bem-its-tentang-ruu-pt

Kamis, 31 Mei 2012 12:04 wib
JAKARTA - Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) menjadi isu yang bukan hanya menjadi perhatian akademisi tapi juga mahasiswa yang akan merasakan dampak langsung regulasi tersebut. Untuk itu Kementerian Sosial Politik Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BEM ITS) mengajak segenap Keluarga Mahasiswa (KM) ITS ikut mengkaji RUU PT. Dalam acara Pusat Kajian Strategis (Pukat) RUU PT tersebut, nuansa penuh kritik sangat terasa. Banyak argumen terlontar seputar RUU PT, terutama terkait beberapa pasal yang tidak sesuai untuk diterapkan. Poin utama yang dibahas dalam Pukat berkaitan dengan komersialisasi, otonomi, kemahasiswaan, dan liberalisasi. Pada bidang komersialisasi, tersirat dalam beberapa pasal jika pendidikan tinggi termasuk sebagai badan usaha yang profit-oriented. Alasannya, karena negara mengurangi subsidi biaya oprasional perguruan tinggi. Kebijakan tersebut erat kaitannya dengan bidang otonomi pengelolaan keuangan kampus. Pengelolaan keuangan kampus yang mandiri diduga akan memudahkan pendanaan dari pihak birokrasi. Hal tersebut diduga akan memudahkan pula penarikan biaya kepada mahasiswa.

...dst

21 ) Andi: Saya Tidak Tahu
Proyek Hambalang Sudah Telan Rp 753,69 Miliar
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/31/01465372/andi.saya.tidak.tahu.

31 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Gedung pusat pendidikan dan pelatihan olahraga tingkat nasional seharusnya dibangun di atas tanah milik Kementerian Pemuda dan Olahraga di Sentul, bukan di Hambalang, Bogor. Pemilihan lokasi itu ternyata dilakukan Departemen Pendidikan Nasional."Dalam laporan BPK (2009) tertulis, Kementerian Pemuda dan Olahraga punya tanah 300.000 meter persegi senilai Rp 9,28 miliar untuk gedung pusat pendidikan dan pelatihan olahraga tingkat nasional," kata Uchok Sky Kadhafi dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, di Jakarta, Rabu (30/5). Proyek yang berlokasi di Sentul juga tercantum dalam kesimpulan rapat kerja antara Menteri Pemuda dan Olahraga dan Komisi X DPR pada 20 Januari 2010. Dalam kesimpulan II poin 7 tertulis, Komisi X DPR mendesak Menpora untuk menjelaskan rencana pembangunan pusat pengembangan olahraga terpadu, termasuk sekolah olahraga terpadu nasional di Sentul. Proyek Hambalang tersebut, kata Uchok, telah menghabiskan uang negara Rp 753,69 miliar. Secara terpisah, Menpora Andi A Mallarangeng mengatakan, penetapan lokasi di Hambalang dilakukan Departemen Pendidikan Nasional pada 2004, bukan oleh Kemenpora. "Saya tidak tahu mengapa Hambalang yang dipilih karena penetapan lokasi di Hambalang berdasarkan surat Direktur Jenderal Olahraga Departemen Pendidikan Nasional Nomor 0514A/OR/2004 tanggal 10 Mei 2004," kata Andi dalam jumpa pers di Kemenpora.

...dst

22 ) INSENTIF RISET-Diperlukan Lembaga Independen Pengelola Dana
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/31/02394854/diperlukan.lembaga.independen.pengelola.dana.

Kamis, 31 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Persoalan dana dituding sebagai penyebab rendahnya produktivitas riset ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Keberadaan lembaga independen pengelola dan penyaluran dana riset dinilai diperlukan untuk mendongkrak produktivitas. Ini terungkap pada workshop "Pendanaan Sains dan Inovasi Nasional" yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi serta Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, di Jakarta, Selasa (29/5). Lokakarya ini menghadirkan pembicara Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro, Deputi Menristek Bidang Relevansi dan Produktivitas Iptek Teguh Rahardjo, Direktur Iptek Bappenas Mesdin Simarmata, dan Elisabeth Lyons dari National Science Foundation (NSF) Amerika Serikat.Selain soal penyaluran, dana riset iptek di Indonesia yang kecil itu pun masih tersebar ke berbagai kementerian dan lembaga riset. Mekanisme pencairan dan pelaporan penggunaan dana juga dinilai kaku.

...dst

23 ) Penelitian Pangan Laut Masih Minim
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/31/02411537/penelitian.pangan.laut.masih.minim

Kamis, 31 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Penelitian pangan laut untuk mendukung penganekaragaman bahan pangan masih minim. Padahal, potensi laut Indonesia yang besar seharusnya menjadi fokus untuk membawa Indonesia ke masa depan yang lebih baik. "Penelitian pangan kita masih berorientasi ke darat. Padahal, potensi pangan di laut melimpah. Sumber pangan laut yang kaya protein dapat mencerdaskan penduduk Indonesia," kata pakar teknologi pangan, FG Winarno, seusai acara penyerahan dana bantuan penelitian untuk mahasiswa dari program Indofood Riset Nugraha (IRN) di Jakarta, Rabu (30/5). Sebanyak 45 mahasiswa S-1 dari 36 perguruan tinggi negeri dan swasta meraih dana penelitian dari program IRN yang digagas PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Penelitian mahasiswa tingkat akhir yang didukung ini bertema "Menuju Keanekaragaman Pangan Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pengembangan Tepung dan Pati". Peneliti mendapat bantuan Rp 8 juta-Rp 30 juta per orang. Menurut Winarno yang juga Dewan Juri IRN, sudah saatnya Indonesia mengubah orientasi pangan dari darat ke laut. Potensi pangan dari laut yang bisa dikembangkan, misalnya belut laut. Belut ini mudah dipelihara dan bisa dipanen kurang dari 30 hari, kemudian diolah menjadi tepung atau produk lainnya.

...dst

24 ) 45 Mahasiswa Raih Beasiswa Riset Pangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/11144724/45.Mahasiswa.Raih.Beasiswa.Riset.Pangan

Rabu, 30 Mei 2012 | 11:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 45 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia menerima bantuan dana penelitian Indofood Riset Nugraha. Program ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada peneliti unggul, khususnya dalam bidang yang terkait dengan ketahanan pangan nasional. Direktur Indofood Franciscus Welirang mengatakan, Indofood Riset Nugraha (IRN) dipersembahkan guna mendorong dan mengembangkan budaya meneliti di kalangan generasi muda. Untuk melaksanakan program ini, Indofood menggelontorkan total biaya sebesar Rp 1,2 miliar. "Kami berharap IRN dapat memotivasi mahasiswa agar terus berkarya mengembangkan ide dan pemikiran mereka melalui penelitian yang berkualitas, khususnya di bidang keanekaragaman pangan, yang pada akhirnya dapat bermanfaat bagi bangsa Indonesia," kata Franciscus, Rabu (30/5/2012), di Jakarta.

...dst

25 ) Budidaya di Lahan Pasang Surut, Tekan Impor Kedelai
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/30/373/638110/budidaya-di-lahan-pasang-surut-tekan-impor-kedelai

Rabu, 30 Mei 2012 16:04 wib
JAKARTA - Kacang kedelai adalah salah satu sumber protein nabati yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hasil olahan kacang kedelai berupa tempe, tahu, dan aneka makanan ringan lainnya digemari oleh berbagai kalangan. Namun, ternyata produktivitas kedelai dalam negeri ternyata tidak sebanding dengan tingginya konsumsi masyarakat akan kacang kedelai bahkan terpaksa mengimpor.Menurut catatan Badan Pusat Statistik pada 2011, impor kedelai mencapai 2,08 juta ton. Kondisi ini menempatkan kedelai sebagai penghuni daftar panjang produk impor Indonesia. Beruntung, pakar kedelai dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Munif Ghulamahdi menemukan inovasi untuk menjawab masalah rendahnya produktivitas tanaman kedelai. Munif berhasil memproduksi kacang kedelai dalam jumlah besar pada lahan pasang surut. Menurut Munif, Indonesia memiliki wilayah pasang surut seluas 20,1 juta ha dan sekira 9,53 juta ha berpotensi untuk dijadikan lahan pertanian secara umum. "Lahan pasang surut yang mempunyai potensi tinggi untuk ditanami kedelai seluas 2,08 juta ha. Hanya saja masih banyak petani tidak berani menanam kedelai karena kesulitan pasar," kata Munif, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (30/5/2012).

...dst

26 ) Brainstat, Cegah Human Error Pada Kecelakaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/30/372/638487/brainstat-cegah-human-error-pada-kecelakaan

Rabu, 30 Mei 2012 17:23 wib
JAKARTA - Tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 di lereng Gunung Salak, Bogor beberapa pekan lalu dan kecelakaan darat yang sering terjadi, memacu Forum Alumni Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (Fast) membuat aplikasi baru yang dapat menyampaikan kondisi pengemudi melalui sensor otak. Brainstat adalah program buatan Fast yang bekerja melalui sensor otak dan disampaikan pada monitor yang tersedia di dalam kendaraan tersebut. "Kenapa mesti sensor otak? Sebab apa pun yang terjadi pada tubuh manusia, otaknya tidak akan bohong," ungkap Salah satu anggota Fast, Dody Qori Utama di Cikini pada wartawan, Rabu (30/5/2012). Dody memaparkan, Brainstat dapat mengukur kognitif, logika, kesadaran psikologis, kesadaran fisik, stres psikologis dan juga stres fisik pengendara saat mengemudi. "Di dalam aplikasi Brainstat ini juga tersedia early warning, dan akan berfungsi ketika pengemudi mengantuk ataupun membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi" ungkapnya. Early warning system pada aplikasi Brainstat terbagi menjadi beberapa level, dengan level terendah berupa peringatan dari mesin. Contohnya saat pengemudi mengantuk atau melamun dalam level yang ringan.

...dst

27 ) UII Isi Milad dengan Baksos
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499355/
       
Thursday, 31 May 2012
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) dalam rangka Milad ke-69 mengadakan bakti sosial (baksos) di shelterGondang 1,Wukirsari,Cangkringan, Sleman,Selasa (29/5). Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat. Selain dengan pemeriksaan kesehatan, bazar dan pembagian sembako, dalam baksos tersebut juga diisi dengan kegiatan pengajian. Shelter Gondang I sendiri saat ini dihuni 382 Kepala Keluarga (KK). Mereka berasal dari tiga Dusun, yaitu Kaliadem, Jambu,dan Petung yang daerahnya menjadi salah satu kawasan yang rusak akibat terkena erupsi 2010 lalu. Ketua panitia Milad UII ke- 69, Nizamuddin Sadiq mengatakan pemilihan lokasi baksos di shelter Gondang 1 bukan tanpa alasan,selain telah menjadi objek pendampingan UII,juga tidak terlepas dari komitmen dan upaya UII, terutama kontribusi dalam memberikan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar Merapi. "Itulah yang menjadi salah satu alasan kami melakukan baksos di tempat ini," katanya kemarin.

...dst

28 ) STMIK AMIKOM - Kuatkan Kemitraan Ketenagakerjaan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499358/
       
Thursday, 31 May 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatikan dan Komputer (STMIK) AMIKOM terus berusaha menguatkan jaringan kemitraan dengan instansi lain, terutama dalam bidang ketenagakerjaan. Di antaranya dengan mengikuti Colletive Campus Fair 2012 di Semarang 25–26 Mei lalu.Kepala Business Placement Center (BPC) STMIK AMIKOM Yogyakarta Kusnawi secara langsung hadir dalam kegiatan tersebut. BPC STMIK AMIKOM dalam acara ini berhasil menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan, baik nasional maupun asing yang mengikuti event tersebut.
Sebagai realisasinya, akan diwujudkan dalam bentuk kerja sama dalam bidang ketenagakerjaan. Salah satunya dengan rencana mengadakan rekrutmen di AMIKOM. "Selain memberikan gambaran kemitraan antara perusahaan dan perguruan tinggi. Menjalin mitra dan relasi di bidang ketenagakerjaan merupakan prioritas utama dalam acara ini,"ungkap Kepala BPC STMIK AMIKOM Kusnawi,kemarin.

...dst

29 ) Esa Unggul Expo 2012 Rangsang Minat Baca Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/11523036/Esa.Unggul.Expo.2012.Rangsang.Minat.Baca.Mahasiswa

Kamis, 31 Mei 2012 | 11:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Universitas Esa Unggul menggelar "Esa Unggul Expo 2012". Digelar selama tiga hari, acara ini akan diramaikan dengan berbagai kegiatan seminar dan bazar buku Gramedia. Di hari pertama, Kamis (31/5/2012), Esa Unggul Expo menggelar seminar bertajuk "Great Speaking Strategy". Dengan menghadirkan nara sumber kondang seperti Choky Sihotang dan Clint Wilfred Tetelepta, para peserta seminar akan disuguhi banyak strategi mengenai komunikasi yang baik oleh kedua nara sumber tersebut.  Pada hari kedua besok, seminar mengenai kiat membaca cepat akan digelar di tempat yang sama. Tidak tanggung-tanggung, penulis sekaligus penemu trik membaca kilat, Agus Setyawan dihadirkan langsung sebagai nara sumber.

..dst

30 ) Unhas Gandeng Koperasi Budidayakan Sapi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/31/373/638801/unhas-gandeng-koperasi-budidayakan-sapi

Kamis, 31 Mei 2012 10:39 wib
MAKASSAR - Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Koperasi Amanah Utama membuat program "Kandang Faksa". Program itu bertujuan untuk meningkatkan mutu peternakan di Sulawesi Selatan (Sulsel)."Dalam kerjasama ini, kami melakukan pengadaan kandang Fakultas Peternakan atau yang disebut Kandang Faksa," kata Dekan Fakultas Peternakan Unhas Prof Syamsuddin Hasan, kemarin. Menurut Syamsuddin, kerjasama ini sebagai sarana berwirausaha bagi mahasiswa Fakultas Peternakan. Peran Fakultas Peternakan, kata dia, menyiapkan sarana pendukung seperti kantor,lahan, kandang, dan showroom. Kandang itu, tetap mengutamakan kebersihan dan kesehatan.
"Program ini memberikan kemudahan bagi para mahasiswa peternakan untuk mengembangkan ternaknya. Sehingga bisa menjadi wirausaha dan tidak lagi terobsesi menjadi pegawai. Selain itu bisa memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja," tuturnya.

...dst

31 ) Rektor Binus: Semoga "Edukasi Kompas.com" Makin Mencerdaskan!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/17502836/Rektor.Binus.Semoga.Edukasi.Kompas.com.Makin.Mencerdaskan

Rabu, 30 Mei 2012 | 17:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus University) mengatakan, Kompas.com telah membuktikan diri sebagai media informasi online yang independen dan obyektif dalam pemberitaannya. Memasuki usia keempatnya di tahun ini, kekuatan Kompas.com dalam menyampaikan informasi tidak hanya terlihat dari kecepatan penyampaian, tetapi juga akurasinya. "Berbagai rubrik dan kanal di dalamnya mampu memenuhi informasi tersendiri bagi para pembaca sesuai kebutuhan dan minat masing-masing. Salah satunya adalah rubrik Edukasi yang sangat membantu dalam penyampaian informasi mengenai dunia pendidikan tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga Indonesia," kata Rektor Binus University Prof Harjanto Prabowo kepada Kompas.com di Kampus Binus Anggrek, Rabu (30/5/2012).

...dst

32 ) Lebih dari Satu Juta Guru Akan Dites Ulang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/21582330/Lebih.dari.Satu.Juta.Guru.Akan.Dites.Ulang

Rabu, 30 Mei 2012 | 21:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud akan melakukan tes ulang kepada lebih dari satu juta guru yang sudah tersertifikasi dan mendapat tunjangan profesi.Syawal Gultom selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik Kemdikbud (Kepala BPSDMP dan PMP Kemdikbud) mengatakan, sebanyak 1.020.000 guru itu akan dites ulang sebagai konsekuensi atas peningkatan kualitas mengajar setelah mendapat pendapatan tambahan dari tunjangan profesi."Bagaimana perancangan dan pembelajarannya. Dengan tes ulang ini, kita bisa yakin apakah kualitas guru itu naik atau tidak," kata Syawal di gedung Kemdikbud, Rabu (30/5/2012). Ia menjelaskan, tes ulang yang akan digelar ini berbeda dengan uji kompetensi awal (UKA). Dalam uji kompetensi, guru berjuang untuk mendapatkan kursi pelatihan dan mendapat sertifikasi. Adapun di tes ulangan ini Kemdikbud hanya akan mengevaluasi penguasaan materi ajar dan pedagogisnya."Berbeda dengan UKA, ujian ini hanya untuk mengevaluasi," ujarnya.

...dst

33 ) PGRI Dukung Ujian Ulang Guru Tersertifikasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/31/02095590/PGRI.Dukung.Ujian.Ulang.Guru.Tersertifikasi

Kamis, 31 Mei 2012 | 02:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistiyo mengaku setuju dengan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk melakukan ujian ulang pada guru yang telah disertifikasi. Ia mengimbau, para guru tak perlu takut karena tujuan dari ujian ulang ini hanya untuk mengevaluasi kompetensi guru setelah menerima tunjangan profesi. "Rencana itu baik dan guru tak perlu takut dievaluasi," kata Sulistiyo, Rabu (30/5/2012), di Jakarta. Sulistiyo meminta para guru untuk memperlihatkan kemampuannya secara profesional saat mengikuti ujian ulang tersebut. Karena ujian ulang itu merupakan kesempatan bagi para guru untuk unjuk kemampuan. Namun, dia menyayangkan langkah Kemdikbud yang mengancam akan memotong tunjangan profesi guru yang memiliki hasil ujian ulang rendah. "Pemberian tunjangan profesi itu kan kewajiban pemerintah yang sesuai dengan Undang-Undang. Jadi pemerintah lakukan saja kewajibannya untuk membayar, jangan main ancam begitu," ungkapnya.

...dst

34 ) Kompetisi Layanan Publik bagi Kementerian/Lembaga Digelar
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/30/323032/293/14/Kompetisi-Layanan-Publik-bagi-KementerianLembaga-Digelar

Rabu, 30 Mei 2012 16:37 WIB     
JAKARTA--MICOM: Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) menggelar kompetisi layanan publik.
Ajang untuk mendorong perbaikan layanan publik di kementerian/lembaga (K/L) itu akan diikuti 62 layanan publik dari 34 K/L. Perhelatan tersebut, ungkap Kepala UKP-PPP Kuntoro Mangkusubroto, sebagai salah satu bagian dari prakarsa Open Government Indonesia (OGI) dalam meningkatkan mutu transparansi, partisipasi, dan inovasi. Prakarsa OGI merupakan tindak lanjut komitmen Indonesia yang pernah dikemukakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Asia-Pacific CEO Summit tahun silam. "Kami harus memusatkan diri pada masyarakat, menerima bahwa aliran informasi yang lebih besar dan cepat menjadikan tranparansi tidak lagi menjadi suatu pilihan, tapi keharusan," tegasnya. Secara konsep, OGI bukanlah barang baru bagi Indonesia. Setidaknya, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias serta Pemerintah Kota Solo dan Kota Yogyakarta jauh-jauh hari sudah menerapkan.

...dst

35 ) Tersangka penembak satpam IPB ditangkap
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/05/31/53489/tersangka_penembak_satpam_ipb_ditangkap/

31 Mei 2012
Bogor (ANTARA News) - Tim gabungan Polda Jawa Barat dan Polres Bogor menangkap tiga orang tersangka pelaku penembakan satpam Institut Pertanian Bogor (IPB). "Tiga orang pelaku ini kita tangkap Rabu (30/5) sekitar pukul 18.00 WIB di Desa Cibatu, Kecamatan Cikambar, Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Martinus Sitompul, Kamis. Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa dua senjata api dan empat kunci letter T.
Sementara itu, sebelumnya, menjelang shalat Jumat (25/5), dua petugas satuan pengamanan IPB, Supriatna (44) dan Suhardi (46), tewas diberondong orang yang diduga akan mencuri sepeda motor di parkiran Masjid Al-Hurriyah, Kampus IPB Dramaga.

...dst

36 ) Modal Rp 5,86 Triliun Lari dari Indonesia
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/05/31/98855/modal_rp_586_triliun_lari_dari_indonesia/

31 Mei 2012 07:44 WIB
MedanBisnis—Jakarta. Ada pelarian modal hingga Rp 5,86 triliun dari Indonesia sejak awal Mei 2012 sebagai dampak krisis ekonomi di Eropa, tapi  Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku tidak mengkhawatirkannya. "Ada outflow dan kami mendeteksi bahwa itu karena perkembangan di Eropa dan juga kemajuan di AS yang membuat dana itu menuju ke daerah yang lebih berkualitas," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa. Menkeu mengatakan, situasi tersebut masih wajar dan pemerintah memiliki cadangan devisa sebanyak 110 miliar dolar AS yang akan bermanfaat untuk menjaga neraca pembayaran tetap positif."Kalau kami lihat dari neraca pembayaran itu capital account dan financial account itu positif dengan lebih baik. Jadi kita tetap optimis," katanya. Menurutnya, pelarian arus modal itu tidak terlalu besar dibandingkan September tahun lalu dan kondisi saat ini lebih disebabkan karena krisis di Eropa yang masih bergejolak."September tahun lalu terjadi outflow yang lebih besar. Ini sifatnya karena ada guncangan di internasional dan itu berdampak pada Indonesia," katanya.

...dst

37 ) Pemerintah Keluarkan Perpres Stranas Pemberantasan Korupsi
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/05/31/53453/pemerintah_keluarkan_perpres_stranas_pemberantasan_korupsi/#.T8cOD1LdZ6E

31 Mei 2012 06:49 WIB
Jakarta, (Analisa). Pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi untuk jangka 2012-2014 dan 2012-2025, sebagai langkah konkrit dalam mencegah serta atasi korupsi di Tanah Air. "Perpres ini sangat penting dalam upaya memberantas dan mencegah terjadinya korupsi, agar dapat berjalan secara sistematis dan kontekstual," kata Wakil Presiden Boediono kepada pers saat mengumumkan keluarnya Perpres tersebut di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu.Hadir dalam keterangan pers tersebut Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Joko Suyanto, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin, Jaksa Agung Basrief Arief, Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal Timur Pradopo, serta Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto.

...dst

38 ) FDR Ditemukan, Basarnas Nyatakan Operasi Evakuasi Selesai
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/05/31/m4vdh5-fdr-ditemukan-basarnas-nyatakan-operasi-evakuasi-selesai

Kamis, 31 Mei 2012, 11:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Daryatmo mengatakan, dengan ditemukannya perekam data penerbangan (FDR) pesawat Sukhoi Superjet 100 maka proses evakuasi menyeluruh selesai. "Sehubungan sudah ditemukan FDR maka proses evakuasi menyeluruh saya nyatakan selesai, masalah puing-puing pesawat saya serahkan ke pihak Sukhoi," kata Daryatmo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis. Bagian dari kotak hitam pesawat Sukhoi tersebut ditemukan sekitar 20 meter dari ekor pesawat dalam posisi tertimbun tanah namun kondisinya masih dapat dikenali baik dari warna maupun bentuk.

...dst

Berita Eduksi 30 Mei 2012


1 ) Kursi Sisa SNMPTN Rawan Penyelewengan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/29/m4s55q-kursi-sisa-snmptn-rawan-penyelewengan

Wednesday, 30 May 2012, 01:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Setidaknya ada sekitar 5000an kursi kosong jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sebab, dari 236.811 pendaftar jalur undangan sebanyak 4.928 siswa dinyatakan tidak lolos seleksi. Pemerhati pendidikan Jawa Timur, Zainuddin Maliki mengungkapkan, panitia SNMPTN harus berhati-hati dengan kekosongan kuota tersebut. Sebab, kursi kosong tersebut dinilai sangat rawan untuk tindakan penyimpangan. "Saya meminta, panitia SNMPTN berhati-hati dengan kosongnya 4.928 peserta yang gugur dalam seleksi. Karena ini rawan penyimpangan," katanya pada wartawan, Selasa (29/5). Zainuddin menambahkan, seharusnya dengan jumlah pendaftar yang ada tidak perlu ada kursi kosong dalam seleksi jalur undangan ini. Anggota Dewan Pendidikan Jatim ini mengungkapkan ketidakpercayaannya dari jumlah pendaftar masih tidak ada yang memenuhi kualifikasi. Sebab, jika dibiarkan kosong, besar kemungkinan akan terjadi praktek jual beli kursi untuk Perguruan Tinggi Negeri.

...dst

2 ) 4.928 "Kursi Kosong" Dialihkan ke Ujian Tulis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/30/07472214/4.928.Kursi.Kosong.Dialihkan.ke.Ujian.Tulis

Rabu, 30 Mei 2012 | 07:47 WIB
Jakarta, Kompas - Sebanyak 4.928 "kursi kosong" dari jalur undangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN yang tidak terpenuhi akan dialokasikan untuk menambah alokasi kursi di jalur ujian tulis SNMPTN. Hal itu dikemukakan Ketua Panitia SNMPTN 2012 Ahmaloka yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung, Selasa (29/5), dari London, Inggris. "Sebenarnya banyak PTN besar yang kuota jalur undangannya sudah terisi lebih. Yang banyak kosong ada di PTN di daerah-daerah. Nanti akan ada evaluasi untuk jalur undangan," ujar Ahmaloka. Seperti diberitakan sebelumnya, kuota jalur undangan sebanyak 58.329 mahasiswa tidak terpenuhi karena hanya ada 53.401 mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan. Tidak terpenuhinya kuota tersebut karena persyaratan standar nilai minimal tidak terpenuhi, tetapi ada pula karena program studi tertentu kurang menarik bagi calon mahasiswa baru.

...dst

3 ) ITB dan Unpad Terima Mahasiswa Jalur Undangan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/29/m4rx78-itb-dan-unpad-terima-mahasiswa-jalur-undangan

Tuesday, 29 May 2012, 14:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Dua PTN di Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad), telah mengumumkan jumlah calon mahasiswa diterima melalui jalur undangan yang meliputi juga calon mahasiswa penerima program Bidik Misi. Pada 2012 ITB menerima 1.979 calon mahasiswa baru dari jalur undangan yang merupakan 60 persen dari total kuota. Sedangkan Unpad menerima 522 calon mahasiswa yang berhasil lolos melalui jalur undangan dari jumlah pendaftar sebanyak 24.910 orang. Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Panlok Bandung, Weny Widyowati menghimbau bagi peserta jalur undangan yang tidak lolos masih memiliki kesempatan mengikuti SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis.

...dst

4 ) PTN Siap Jalani Tarif Kuliah Tunggal 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499094/

Wednesday, 30 May 2012
SEMARANG– Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyatakan kesiapannya memberlakukan tarif kuliah tunggal (TKT) jika sudah ditentukan pemerintah. Melalui TKT,mahasiswa akan membayar sekali selama mengenyam bangku kuliah. Rektor Undip Sudharto P Hadi mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengumpulkan 40 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia terkait pemberlakuan tarif tunggal tersebut. "Memang terkesan mendadak dan mengejutkan. Untuk Undip, kami cukup tenang mengingat Unnes dan UNS (Universitas Sebelas Maret) akan melaksanakan keputusan tersebut,"katanya kemarin. Selama ini mahasiswa yang kuliah dikenakan biaya yang harus dibayarkan pada awal perkuliahan serta tiap semester.Melalui tarif tunggal,nanti akan menjadi satu dan biaya yang diwajibkan terkesan membengkak. "Padahal, sebenarnya jika diperinci sama. Dengan tarif tunggal, kami akui aliran keuangan Undip akan kacau karena biaya kuliah baru dibayarkan pada semester kedelapan," ungkapnya.

...dst

5 ) Unipa Terima 1.500 Mahasiwa Baru
http://www.jpnn.com/read/2012/05/30/128882/Unipa-Terima-1.500-Mahasiwa-Baru-

Rabu, 30 Mei 2012 , 02:02:00
MANOKWARI - Rektor Unipa (Universitas Negeri Papua), Dr Suriel Mofu berharap,makin banyak lulusan SMA/SMK yang memilih perguruan tinggi negeri ini untuk melanjutkan pendidikan. Sebab, dalam setiap tahun penerimaan mahasiswa baru, kuota yang disediakan tak pernah terisi penuh.Suriel Mofu yang baru seminggu lebih dilantik sebagai Rektor Unipa ini menyebut, perguruan tinggi yang dipimpinnya ini menerima calon mahasiswa sebanyak-banyaknya. `'Persoalannya,kuota yang tersedia tidak pernah mencapai jumlah maksimal yang kita inginkan,'' tandasnya. Dalam menjaring mahasiswa baru ini, Unipa membuka semua jalur penerimaan, baik jalur undangan, juga jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri),seleksi lokal. Sehingga ditargetkan, dalam tahun ini Unipa bisa menerima 1.200-1.5000. `'Dan tahun sebelumnya partisipasi dari jalur undangan ini tak mencapai 50 persen,'' imbuhnya. Dikatakan, penerimaan mahasiswa baru sebanyak 1.200-1.500 orang,disesuaikan dengan daya tampung Unipa. Namun demikian, dalam menjaring mahasiswa baru ini,Unipa harus bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi dari luar Papua yang ikut mencari mahasiswa dari Papua. `'Kita harus berkompetisi juga dengan perguruan tinggi dari luar yang cari mahasiswa di Papua,'' tandasnya.

...dst

6 ) Rektor Dinilai Tak Kooperatif 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/499087/

Wednesday, 30 May 2012
SEMARANG– Jajaran Polrestabes Semarang terus mengusut sejumlah pihak yang diduga terlibat dalam kasus ijazah palsu di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Untuk membongkar sindikat pemalsu ijazah yang lebih besar, termasuk dugaan keterlibatan pejabat institusi yang bersangkutan,penyidik Reserse Kriminal terhambat tidak kooperatifnya saksi.Termasuk Rektor Unissula Prof Laode Masihu Kamaluddin. Keterangan dari Rektor Unissula itu diperlukan untuk mengetahui siapa–siapa saja yang terlibat."Tapi, yang bersangkutan malah mangkir dari panggilan pemeriksaan penyidik, hari H dipanggil,hari H itu juga dia pergi ke Thailand.Terus terang penyidikan terhambat, tapi kami tetap jalan terus," papar Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan ketika ditemui di Mapolrestabes Semarang,kemarin. Elan sangat menyayangkan permintaan beberapa pihak agar polisi menghentikan kasus tersebut. Elan, selaku pimpinan Polrestabes Semarang, tak habis pikir dengan permintaan yang datang dari beberapa orang tersebut. 

...dst

7 ) Alumni ITB Dilaporkan Kasus Dugaan Plagiarisme
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/29/079406963/Alumni-ITB-Dilaporkan-Kasus-Dugaan-Plagiarisme

SELASA, 29 MEI 2012 | 17:37 WIB
TEMPO.CO, Garut - Mahasiswa Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Garut, Gun Gun, melaporkan dosennya, Aswan, dalam kasus dugaan plagiarisme. Gun Gun melaporkan alumni Institut Teknologi Bandung itu atas tudingan telah mencaplok karya tulis tanpa sepengetahuan dirinya. Karya tulisnya itu, menurut Gun Gun, termuat dalam buku berjudul Kumpulan Program Kreatif dengan Visual basic.netterbitan Informatika. "Saya ditipu, hasil intelektual saya ditipu dosen yang dulu saya kagumi," ujar Gun Gun, Selasa, 29 Mei 2012. Menurut dia, kejadian itu bermula saat dirinya mengajukan tulisan mengenai pemrograman komputer untuk dijadikan buku kepada Aswan pada akhir 2011. Melihat tulisan itu, Aswan pun meminta Gun Gun untuk memperbaikinya agar dapat disusun dalam bentuk buku. Permintaan itu pun dituruti hingga selesai. Namun, saat materi tulisan akan diserahkan ke penerbit, Aswan meminta pembagian keuntungan sebesar 40 persen. Bahkan buku itu pun telah dibeli sebesar Rp 24 juta. Padahal sebelumnya Aswan berjanji akan memberikan seluruh royalti dari buku itu kepada Gun Gun. "Saya pun menyetujui tawaran itu," ujar Gun Gun.

...dst

8 ) Untar Menangkan Kompetisi Debat Konstitusi MK 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498988/

Wednesday, 30 May 2012
BANDUNG—Tim debat Universitas Ageng Tirtayasa (Untar) Kota Serang Provinsi Banten memenangkan final Kompetisi Debat Konstitusi antar perguruan tinggi se- Indonesia 2012 tingkat regional V di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Jalan Ciumbuleuit,kemarin. Kompetisi ini dilaksanakan atas kerjasama Mahkamah Konstitusi (MK) dan Unpar dan diikuti belasan fakultas Hukum perguruan tinggi se-Jawa Barat dan Banten.Di antaranya Unpar sebagai tuan rumah, Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dan lainnya. Setelah babak penyisihan, empat perguruan tinggi yakni Unpar,Universitas Pasundan (Unpas), Untar, dan Universitas Padjadjaran (Unpad)mewakili regional V di ajang final se-Indonesia nanti. Debat final kemarin dengan tema "Outsourcing" (tenaga alih daya) dalam pekerjaan berlangsung seru, dan menghasilkan tim favorit yakni dari IPDN.Namun untuk juara pertama diraih oleh tim Richa Septiawan,Nurlatifah Alhasyimi, Eli Ermawati, dan dosen pembimbingnya Nur Ikah. "Ini adalah wujud kontribusi dari mahasiswa sebagai anak bangsa, dalam persatuan di ajang ini akan saling mencermati isu-isu dan berbagi wawasan luas di sini," ujar perwakilan tuan rumah Wakil Rektor I Unpar Yus Sugeng Prasetyo usai memberi selamat Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Janedjri M. Gaffar yang turut hadir dalam acara penutupan itu mengapresiasi para mahasiswa yang lebih paham akan konstitusi. 

...dst

9 ) Dahlan: mobil listrik bisa diproduksi 2013
http://www.antaranews.com/berita/313211/dahlan-mobil-listrik-bisa-diproduksi-2013

Rabu, 30 Mei 2012 04:03 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan mobil listrik sudah mulai dapat diproduksi pada 2013 mendatang. "Tahun depan mobil listrik sudah mulai bisa diproduksi, tetapi tentu saja harus dikaji terlebih dahulu," kata Dahlan usai menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) 2012 di Jakarta, Selasa. Menurut Dahlan, akan segera dilakukan proses prototype dalam waktu dekat guna mendorong produksi mobil listrik tersebut. "Kalau untuk jenis city car yang dapat menampung empat orang, kemungkinan akan selesai satu bulan mendatang, tetapi kalau untuk yang sekelas Ferrari membutuhkan waktu dua bulan," kata Dahlan. Dahlan mengungkapkan PT Pindad, PT Inka dan PT DI akan bertugas membuat prototype mobil listrik tersebut sekaligus memproduksinya. "Selanjutnya, baru kita akan bisa melihat siapa yang mebih mampu memproduksi mobil tersebut, bisa salah satunya atau keduanya, atau bahkan join," kata Dahlan. Selain menjadi produsen mobil listrik, lanjut Dahlan, Indonesia juga akan menjadi produsen motor penggerak. Motor penggerak ini selanjutnya akan digunakan untuk memproduksi mobil listrik.

...dst

10 ) Tokoh-tokoh Dukung Universitas Pancasila Jadi PTN
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/29/079407008/Tokoh-tokoh-Dukung-Universitas-Pancasila-Jadi-PTN

SELASA, 29 MEI 2012 | 20:54 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie mendukung rencana mengubah Universitas Pancasila (UP) yang swasta menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Ia mengatakan pemerintah perlu memiliki kampus yang fokus meneliti ide tentang pancasila. "Ketika muncul ide mengubah UP menjadi kampus negeri, tanpa pikir panjang saya setuju," kata Jimly di Universitas Pancasila pada Selasa siang, 29 Mei 2012. Jimly mengatakan peralihan UP dari kampus swasta menjadi negeri tak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia mengatakan sumber daya dan finansial UP saat ini sudah kuat. "Sudah bisa mengelola dengan otonom," katanya. Ketua Harian Pusat Studi Pancasila UP Yudi Latif mengatakan nantinya UP berkomitmen untuk mengembangkan studi tentang pancasila. UP akan mengintegrasikan studi tentang pancasila ke dalam kurikulum.

...dst

11 ) Survei: FEM-IPB "best marketing and management school 2012"
http://www.antaranews.com/berita/313223/survei-fem-ipb-best-marketing-and-management-school-2012

Rabu, 30 Mei 2012 07:41 WIB
Bogor (ANTARA News) - Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor menyabet penghargaan "Best Marketing and Management School" 2012. Kepala Hubungan Masyarakat IPB Ir Henny Windarti, M.Si di Bogor, Rabu, menjelaskan, terpilihnya Departemen Manajemen FEM menyandang predikat bergengsi itu berdasarkan hasil survei Majalah MIX (Marketing Communication Magazine). Ia menjelaskan, hasil survei tersebut akan dimuat di Majalah MIX edisi Juni 2012. Setiap tahun, katanya, Majalah MIX mengadakan survei semacam itu terhadap universitas negeri dan swasta di Indonesia. Departemen Manajemen FEM IPB, kata dia, merupakan departemen yang masih tergolong muda usianya dibandingkan dengan departemen lain di IPB. Ia menjelaskan, Departemen Manajemen FEM IPB berdiri pada 6 April 2001, sedangkan IPB berdiri 1963. Ia mengemukakan, Departemen Manajemen FEM IPB mempunyai ciri khas yang unik.

...dst

12 ) AIPI: Indonesia butuh pendanaan riset yang fleksibel
http://www.antaranews.com/berita/313057/aipi-indonesia-butuh-pendanaan-riset-yang-fleksibel

Selasa, 29 Mei 2012 14:15 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Prof. Budi Suyitno mengatakan Indonesia membutuhkan mekanisme pendanaan riset yang lebih fleksibel untuk mendukung kemanjuan bangsa pada masa mendatang."Selama ini pembiayaan riset melalui APBN masih banyak mengalami hambatan sehingga berpengaruh pada kinerja riset," kata Budi saat memberikan sambutan dalam seminar "National Science and Innovation Funding Mechanism" di Jakarta, Selasa.Menurut dia, kegiatan riset mempunyai sifat yang berbeda dengan kegiatan proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lain yang pencairan dananya mengikuti jadwal fiskal pemerintah.Dana riset, lanjut dia, harus bisa dicairkan tanpa mengikuti jadwal fiskal yang berlaku dimana dana cair pada Maret-April dan pada November laporan sudah harus masuk.Ia menambahkan, proses penelitian membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai hasil karenanya pendanaan riset harus berjangka panjang atau multi years.

...dst

13 ) Indiana University Jajaki Kerja Sama di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/18480916/Indiana.University.Jajaki.Kerja.Sama.di.Indonesia

Selasa, 29 Mei 2012 | 18:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Perguruan tinggi Amerika Serikat (AS) melirik Indonesia untuk menjalin kerja sama bidang pendidikan. Pentingnya terpaan internasional pada mahasiswa dan dosen membuat kerja sama pendidikan lintas negara semakin berkembang. Salah satu perguruan tinggi AS yang melirik Indonesia adalah Indiana University. Kunjungan Presiden Indiana University Michael McRobbie ke Indonesia hingga Kamis (29/5/2012) mencari peluang untuk menjalin kerja sama dengan pendidikan tinggi di Indonesia. Kerjasama Indiana University terjalin dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Jumat pekan lalu. Kerja sama kedua kampus ini dalam pertukaran pelajar dan dosen.

...dst

14 ) Pelajar 16 Tahun Ini Pecahkan Misteri Zaman Newton
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/29/373/637558/pelajar-16-tahun-ini-pecahkan-misteri-zaman-newton

Selasa, 29 Mei 2012 15:09 wib
JERMAN - Shourryya Ray, pelajar 16 tahun dari Jerman, memecahkan masalah matematika yang menjadi teka-teki para matematikawan sejak zaman Isaac Newton, lebih dari 350 tahun lalu. Ray memenangi penghargaan riset dan didapuk sebagai anak jenius setelah menyelesaikan dua masalah dalam teori partikel dinamis. Sebelumnya, para fisikawan hanya dapat mengira-ngira jawabannya dengan menggunakan berbagai program komputer. Solusi yang ditawarkan remaja ini memungkinkan perhitungan tepat untuk lintasan dalam pengaruh gravitasi dan mendapatkan hambatan udara. Dengan kata lain, kita dapat mengalkulasi lintasan sebuah subjek yang terbang. Solusi ini juga dapat memprediksikan bagaimana objek tersebut akan menyentuh dan memantul dari penghalang. Kedua pertanyaan ini pertama kali muncul pada abad ke-17 dan 19.

...dst 

Berita Edukasi, 29 Mei 2012

1 ) RUU PT Penting untuk Kelola Dunia Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/29/322687/293/14/RUU-PT-Penting-untuk-Kelola-Dunia-Pendidikan

Selasa, 29 Mei 2012 00:55 WIB
JAKARTA--MICOM: Pasang surut penolakan terhadap Rancangan Undang Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) masih berlanjut. Namun Mendikbud M Nuh menanggapinya dengan dingin. Ia mempersilakan pihak yang merasa belum puas mengajukan keberatannya. Kemendikbud berpendapat keberadaan UU PT penting untuk mengelola negara termasuk sektor pendidikan . "Karena UU PT ini merupakan pengaturan setelah UU BHP dibatalkan. Pemerintah tidak boleh lepas tangan dan tidak boleh ada liberalisasi," kata Mendikbud M Nuh di Jakarta, Senin (28/5). Nuh menegaskan UU PT bukan UU neolib atau neo-liberal, karena UU PT justru mematok 20 persen kursi untuk mahasiswa tidak mampu dan anggaran riset juga dibantu. Bahkan kalau ada universitas yang menaikkan SPP, maka pemerintah akan menurunkan kontribusi untuk universitas itu. Menurutnya, silakan saja kalangan yang tidak puas melakukan judicial review. Namun sebaiknya disampaikan terlebih dulu apa saja yang menjadi keberatan pihak pihak yang menolak itu.

...dst

2 ) Peraih Nilai Unas Tertinggi Bebas Pilih PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/05/28/128664/Peraih-Nilai-Unas-Tertinggi-Bebas-Pilih-PTN-

Senin, 28 Mei 2012 , 06:06:00
JAKARTA - Peraih nilai murni ujian nasional (unas) tertinggi Triawati Octavia dari SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat boleh melanjutkan kegirangannya. Sebab pemerintah pusat dan daerah siap membantu biaya kuliahnya. Bahkan, Tria -sapaan akrabnya- bebas memilih masuk PTN di manapun sesuka hatinya. Kabar baik ini disampaikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yang kemarin masih berada di Jerman. "Beasiswa siap kita salurkan bagi siswa SMA/SMK dengan nilai unas tertinggi," katanya. Menteri asal Surabaya itu menegaskan, walaupun siswa peraih nilai unas tertinggi berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas, berhak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu ini, diminta tidak putus harapan. "Cita-cita yang dipendam, harus diwujudkan," ujar Nuh. Andaikata ingin jadi dokter, pemerintah mengupayakan bisa masuk fakultas kedokteran yang diidamkan. Untuk urusan biaya selama kuliah, akan ditanggung renteng antara pemerintah pusat dengan daerah. Bantuan ini menurut Nuh, cukup penting. Sebab dia yakin siswa-siswa yang berprestasi ini kelak berpeluang menjadi pemimpin bangsa.

...dst

3 ) Biaya Inflasi Pendidikan di Atas Rata-rata Nasional 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498800/

Tuesday, 29 May 2012
YOGYAKARTA – Biaya pendidikan bagi anak sangat mahal. Orang tua dituntut membuat rencana pendidikan bagi anak secara matang. Sebab, inflasi pendidikan bisa meningkat hingga dua kali lipat."Inflasi pendidikan ini bisa mencapai dua kali rata-rata inflasi nasional," ujar profesional financial planner, Aidil Akbar Madjid, pada Seminar Keuangan Untuk Pendidikan Anak kemarin. Mahalnya biaya pendidikan ini bisa menjadi bencana bagi setiap keluarga. Ini tidak lepas dari minimnya pemahaman orang tua terhadap rencana pendidikan buah hatinya. Padahal pendidikan anak menyangkut masa depan bagi mereka. Di Jakarta tingkat inflasi pendidikan bisa mencapai 20–30% per tahun, sedangkan untuk Yogyakarta yang merupakan Kota Pendidikan lebih rendah yakni 18–25%. Untuk menyiapkannya, dia menyarankan orang tua bersiap sejak dini, misalnya menentukan sekolah.Penentuan ini harus dihitung dengan tingkat inflasi."Apa yang akan dipilih harus ditentukan dan dimengerti agar tidak salah produk," katanya. 

...dst

4 ) UNS Terapkan Uang Kuliah Tunggal
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/28/322648/293/14/UNS-Terapkan-Uang-Kuliah-Tunggal

Senin, 28 Mei 2012 19:59 WIB   
SOLO--MICOM: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai tahun ini menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Walau dampaknya mahasiswa baru harus membayar lebih mahal, rektorat menolak disebut menaikkan biaya kuliah. "Itu tidak bisa disamakan dengan menaikkan SPP (sumbangan penyelenggaraan pendidikan)," tegas Rektor UNS Ravik Karsidi dalam penjelasannya di ruang rapat rektor di Solo, Jawa Tengah, Senin (28/5). Menurut Ravik uamh kuliah tunggal yang harus dibayar mahasiswa sudah mencakup seluruh biaya. Mulai dari SPP, uang gedung, bantuan pengembangan institusi, hingga biaya praktik laboratorium. Ia mencontohkan, di Fakultas Kedokteran sebelum ada uang kuliah tunggalT mahasiswa selain harus membayar SPP Rp800.000 per semester juga harus membayar uang laboratorium Rp1.200.000, bantuan pengembangan institusi, dan biaya sebagainya. Tetapi dengan uang kuliah tunggal, mahasiswa membayar satu kali setiap semester sebesar Rp5.549.000.

...dst

5 ) Studi Indonesia dan Bahasa di Inggris
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/29/079406827/Studi-Indonesia-dan-Bahasa-di-Inggris

SELASA, 29 MEI 2012 | 10:03 WIB
TEMPO.CO, London-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhammad Nuh, dan Menteri untuk Universitas dan Sains dari Inggris Raya, David Willetts, menandatangani nota kesepahaman  untuk meningkatkan kerja sama pendidikan antarkedua negara. Kerja sama itu meliputi peningkatan pertukaran tenaga pendidikan kedua negara dalam bentuk tugas pengajaran, penelitian, publikasi, gelar bersama, dan kunjungan studi. Selain itu, memajukan pengembangan program-program bilateral di antara lembaga pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Selanjutnya menyediakan beasiswa bagi peserta didik dan tenaga pengajaran pada berbagai tingkat lembaga pendidikan. Ada pula kerja sama untuk transfer kredit program-program antar lembaga pendidikan serta pengakuan bersama kualifikasi akademik, profesional, dan vokasi. Dan terakhir mempromosikan pembentukan pusat studi Indonesia di Inggris.

...dst

6 ) Prototipe Mobil Listrik UNS Telah Siap
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/372/636944/prototipe-mobil-listrik-uns-telah-siap

Senin, 28 Mei 2012 17:32 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, telah siap dengan prototype mobil listrik untuk city car dengan kapasitas empat penumpang. "Hanya saja, kami belum bisa memenuhi persyaratan jarak tempuh, yakni 120 km sekali jalan," ungkapProject Leader Mobil Listrik UNS Prof. Muhammad Nizam MT. Ph.D kepada wartawan di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (28/5/2012). Nizam berjanji, akan meningkatkan kemampuan mobil hingga mampu memenuhi syarat jarak tempuh tersebut. "Kami akan berupaya meningkatkan jarak tempuh yang saat ini baru 40 km menjadi paling tidak mendekati 120 km untuk sekali charge baterai," jelasnya.Penyelesaian prototype mobil listrik sendiri dibatasi paling lambat hingga 2014 mendatang, karena pada 2018 telah direncanakan produksi massal 10 ribu unit mobil listrik secara nasional. Nizam menuturkan, pada 2011-2012, timnya menyempurnakan mobil listrik pada fungsi kontorl, efisiensi penggunaan energi, dan desain body mobil menggunakan komposit.

...dst

7 ) Mobil Listrik Siap Diproduksi Massal 2018 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498793/

Tuesday, 29 May 2012
SOLO– Pemerintah berencana memproduksinya massal mobil listrik pada 2018.Untuk keperluan itu, pemerintah menggandeng lima perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Satu di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. "Jumat (25/5) kemarin, UNS bersama empat rektor lainnya diundang ke Istana Negara terkait keikutsertaan UNS dalam proyek mobil nasional (mobnas) listrik. Pak SBY minta pada 2018 mendatang mobnas ini dapat diproduksi secara massal,"ungkap Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi saat menggelar jumpa pers di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat UNS kemarin. Dia menjelaskan, mengenai seperti apa mobnas listrik telah disampaikan kepada kementerian terkait, seperti Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hingga Kementerian Perdagangan. Untuk mencapai target produksi massal, ditargetkan pada 2014 mendatang riset prototip sudah selesai dilakukan.

...dst

8 ) Prof Sofian Effendi: UGM Mengalami Resentralisasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/20500452/Prof.Sofian.Effendi.UGM.Mengalami.Resentralisasi

Senin, 28 Mei 2012 | 20:50 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini mengalami resentralisasi dalam penerimaan mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru yang hanya mendasarkan pada tes kemampuan akademik menyebabkan jumlah mahasiswa baru UGM asal luar daerah sangat sedikit. Demikian dikatakan Ketua Majelis Wali Amanat UGM Prof Sofian Effendi saat memberikan sambutan pada pelantikan rektor baru UGM, Prof Dr Pratikno, M Sos, di Balai Senat UGM di Yogyakarta, Senin (28/5/2012). "Sayang sekali proses resentralisasi terjadi di UGM, di hampir semua kelas program sarjana (S-1) UGM hanya terdapat 2-3 mahasiswa dari daerah. Bila dibiarkan, ini akan menjadikan UGM dan mungkin perguruan tinggi (PT) lain di DIY sebagai PT lokal atau Jawa-centris," kata Sofian Effendi.

...dst

9 ) Rektor Baru UGM Pratikno Beberkan Tiga Tantangan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/29/322722/293/14/Rektor-Baru-UGM-Pratikno-Beberkan-Tiga-Tantangan-

Selasa, 29 Mei 2012 05:45 WIB 
YOGYAKARTA--MICOM: Prof Pratikno, Senin (28/5), resmi menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta periode 2012-2017 dan menyatakan ingin mewujudkan tiga tantangan di era kepemimpinannya. Tiga hal yang akan dilakukannya yakni penguatan UGM sebagai simpul dari berkumpulnya generasi muda dari seluruh Indonesia, kebebasan mimbar akademik, dan peningkatan sektor hilir dalam mendukung publikasi dan produksi dari penelitian yang dilakukan.  Pratikno menggantikan Rektor UGM sebelumnya Prof Sudjarwadi, setelah dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada, Prof Sofian Effendi, di Balai Senat UGM. Mantan Dekan Fisipol UGM tersebut mengungkapkan, mandat dari UGM sebagai universitas nasional, universitas kebangsaan, dan universitas kerakyatan membuat kita punya kewajiban sebagai universitas yang menjadi simpul dari berkumpulnya generasi muda dari seluruh Indonesia. Hal tersebut sudah dilakukan dari dulu.

...dst

10 ) UGM akan Perbanyak Mahasiswa dari Indonesia Timur
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190239

Senin, 28/05/2012 - 19:09
YOGYAKARTA, (PRLM).- Universitas Gadjah Mada (UGM) mengubah kebijakan penerimaan mahasiswa baru, yang semula mengutamakan dari kawasan kota-kota di Jawa, akan diperbanyak mahasiswa baru dari Indonesia Timur. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat satu sampai tiga orang saja per kelas mahasiswa strata satu di UGM. Ini menyalahi semangat dan cita-cita pendiri UGM. Rektor UGM Prof Dr Pratikno menyatakan, orientasi kampus ini harus kembali ke jati diri sebagai simpul perkumpulan generasi terbaik dari seluruh Indonesia. Usai menerima jabatan dari pejabat lama Prof Dr Sudjarwadi, Senin (28/5/12), dia menyatakan problem serius dalam penerimaan mahasiswa baru di UGM menyangkut kesenjangan yang tinggi dengan seleksi terbuka dan mandiri. Mahasiswa dari kawasan Indonesia Timur kalah bersaing. Hanya sedikit yang bisa diterima di UGM.

...dst

11 ) Pelaku Pemalsuan Nilai dan Ijazah Beraksi Sejak 2006
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/19324731/Pelaku.Pemalsuan.Nilai.dan.Ijazah.Beraksi.Sejak.2006

Senin, 28 Mei 2012 | 19:32 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu pelaku pemalsuan nilai dan ijazah untuk masuk di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Dwi Hartono alias Ferry yang kini menjadi tersangka mengaku sudah menjalankan aksinya sejak 2006. Ia juga hanya mengaku sebagai perantara jika ada calon mahasiswa yang ingin masuk di FK Unissula namun nilainya tidak memenuhi standar. Kepada polisi, ia mengaku mendapatkan imbalan sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta untuk setiap mahasiswa yang ia masukkan. Modus yang digunakan yakni ia menggunakan selebaran atas nama sebuah bimbingan belajar dari Yogyakarta dan Semarang dengan memberikan jaminan jika tidak masuk ke fakultas yang dituju, uang akan dikembalikan. "Itu ada tim marketingnya. Kalau saya hanya untuk Unissula kalau universitas lain tidak tahu, dan saya hanya perantara yang lain-lain ada teman yang mengurus," ungkapnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Kota Semarang, Senin (28/5/2012). Pada selebaran yang juga menjadi barang bukti disebutkan tarif bea masuk ke sejumlah universitas ternama baik swasta ataupun negeri di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur bahkan Jakarta dengan berbagai jurusan.

...dst

12 ) Ijazah Unissula Dipalsu Sindikat 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498792/

Tuesday, 29 May 2012
SEMARANG– Kasus ijazah palsu di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang diduga melibatkan sindikat dengan jaringan yang lebih besar. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula Dwi Hartono alias Ferry, yang menjadi tersangka kasus ijazah palsu dan manipulasi nilai ini mengaku hanya berperan sebagai perantara. Ferry diketahui beraksi sejak tahun 2006 silam. "Saya mendapat bagian Rp5 hingga Rp10 juta dari tiap orang yang akan mendaftar," ungkap mahasiswa angkatan 2004 tersebut saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang,kemarin. Modus yang digunakan, diakui Ferry, menggunakan selebaran atas nama Smart Solution, bimbingan belajar dari Yogyakarta-Semarang. Informasi pada selebaran tersebut adalah menjamin 100% pendaftar yang ingin diterima di jurusan dan universitas favorit di Yogyakarta,Semarang,Jawa Barat, Jawa Timur bahkan Jakarta. Jurusan favorit disebutkan adalah kedokteran, kebidanan, keperawatan, farmasi hingga akuntansi.

...dst

13 ) Pendaftar SNMPTN Naik Dua Kali Lipat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/11144149/Pendaftar.SNMPTN.Naik.Dua.Kali.Lipat

Selasa, 29 Mei 2012 | 11:14 WIB
KOMPAS.com — Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur ujian tertulis mengalami peningkatan dua kali lipat selama dua hari terakhir pascapengumuman hasil seleksi jalur undangan. Panitia Lokal Bandung SNMPTN 2012 Subbidang Informasi dan Humas, Weny Widyowati, di Bandung, Selasa (29/5/2012), mengatakan, jumlah pendaftar mengalami kenaikan hingga rata-rata mencapai 2.600 peserta per hari. "Sementara pada hari-hari sebelumnya jumlah calon peserta yang melakukan pendaftaran per hari rata-rata hanya 1.200 pendaftar," ujar Wenny Widyowati.Hingga Senin, jumlah pendaftar SNMPTN 2012 di Panitia Lokal Bandung tercatat sebanyak 25.771 orang dengan perincian kelompok ujian lmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 9.043 orang,  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 9.859 orang, dan campuran atau IPC sebanyak 6.869 orang.

...dst

14 ) Gagal di Jalur Undangan, Masih Ada SNMPTN Jalur Tulis
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/29/373/637403/gagal-di-jalur-undangan-masih-ada-snmptn-jalur-tulis

Selasa, 29 Mei 2012 11:14 wib
BANDUNG - Bagi peserta Jalur Undangan yang tidak lolos seleksi, jangan khawatir, apalagi putus asa. Sebab, peluang masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) masih terbuka lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Ujian Tulis. "Peserta yang tidak lolos Jalur Undangan masih memiliki kesempatan untuk mengikuti SNMPTN 2012  Jalur Ujian Tertulis," kata Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Lokal Bandung-SNMPTN 2012 Weny Widyowati, melalui rilisnya kepada Okezone, Selasa (29/5/2012).
Pendaftaran SNMPTN 2012 Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan sendiri sudah dibuka sejak 10 Mei 2012 lalu. Maka, Wenny mengingatkan, peserta yang tidak lolos Jalur Undangan sebaiknya segera mendaftar SNMPTN Ujian Tulis. "Pendaftaran online akan berakhir pada 31 Mei 2012," katanya.

...dst

15 ) Kuota Jalur Undangan Tidak Terpenuhi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/07013132/Kuota.Jalur.Undangan.Tidak.Terpenuhi

Selasa, 29 Mei 2012 | 07:01 WIB
Jakarta, Kompas - Kuota seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri untuk jalur undangan sebanyak 58.329 mahasiswa tidak terpenuhi. Dari 236.811 pendaftar tahun ini, jalur undangan hanya memperoleh 53.401 mahasiswa baru yang diterima di 61 perguruan tinggi negeri penyelenggara. Tidak tercapainya kuota itu, antara lain, karena tidak semua perguruan tinggi negeri memperoleh peminat yang memenuhi standar nilai. Hal itu dikemukakan Sekretaris Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Rochmat Wahab Sabtu (26/5), di Jakarta. Ia didampingi Ketua Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SNMPTN Triyogi Yuwono (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan Wakil Ketua Pokja Yoni Koesmaryono (Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor).

...dst

16 ) Bidik Misi di Universitas Andalas Masih Tersisa 497 Kursi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/08390872/Bidik.Misi.di.Universitas.Andalas.Masih.Tersisa.497.Kursi

Selasa, 29 Mei 2012 | 08:39 WIB
Kompas.com - Pendaftaran mahasiswa melalui program beasiswa pendidikan calon mahasiswa berprestasi (bidik misi) di Universitas Andalas (Unand) Padang baru terisi 253 kursi dari kuota sebanyak 750 kursi. Rektor Unand Werry Darta Taifur di Padang, Senin, mengatakan, lewat program bidik misi ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat ekonomi lemah yang tidak melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Ia menambahkan, dari 750 kuota yang tersedia di Unand baru 253 yang terisi, jadi masih ada sekitar 497 kursi lowong. "Peluang ini harus dimanfaatkan oleh mahasiswa kurang mampu. Pendaftaran sudah dilakukan oleh masing-masing sekolah untuk membantu siswanya yang berprestasi tetapi tidak mampu," katanya. Selain itu, siswa yang didaftarkan melalui program bidik misi tidak membayar uang pendaftaran SNMPTN, baik jalur undangan maupun ujian tulis.

...dst

17 ) ITB Terima 900 Mahasiswa Jalur Bidik Misi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/28/m4qod8-itb-terima-900-mahasiswa-jalur-bidik-misi

Senin, 28 Mei 2012, 22:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun ajaran 2012 menerima sebanyak 2.880 orang mahasiswa yang terdiri atas 900 orang dari jalur bidik misi dan 1.980 orang dari jalur undangan biasa. Pengumuman penerimaan tersebut serentak dilakukan pada tanggal 26 Mei dan 27 Mei 2012, sehari setelah pengumuman kelulusan tingkat SMA dan sederajat melalui situs snmptn.itb.ac.id. Hal tersebut disampaikan Rektor ITB, Akhmaloka, Senin (28/5) di gedung Rektorat ITB. Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari sekitar 13 ribu orang pelamar ke jalur undangan ITB. Namun untuk bidik misi hasil tersebut masih sementara karena seleksi baru sebatas dari nilai akademik, jelasnya.. Selanjutnya, kata Akhmaloka, tim verifikasi akan memeriksa apakah calon mahasiswa program bidik misi itu benar-benar berasal dari kalangan tidak mampu. "Jadi kalau secara akademik calon mahasiswa bidik misi itu dinyatakan lolos, tapi ternyata ketahuan dia anak orang mampu, maka harus dikeluarkan," katanya.

...dst

18 ) UGM Terima 3.602 Mahasiswa Jalur Undangan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/28/322667/293/14/UGM-Terima-3.602-Mahasiswa-Jalur-Undangan

Senin, 28 Mei 2012 21:13 WIB
YOGYAKARTA--MICOM: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun ini menerima 3.602 mahasiswa dari jalur undangan. Hal itu diungkapkan Budi Prasetyo Widyobroto, Direktur Administrasi Akademik UGM, Senin (28/5). "Di Universitas Gadjah Mada, dari 29.955 pendaftar jalur undangan, telah diterima 3.602 peserta, diantaranya adalah 783 peserta Bidik Misi (21,73%)," terang Budi. Mereka yang dinyatakan lulus seleksi atau diterima melalui Jalur Undangan SNMPTN 2012 di UGM selanjutnya harus mendaftar ulang (registrasi) di panitia Ujian Masuk UGM yang beralamat di Gedung Direktorat Administrasi Akademik, Jl Pancasila, BUlaksumur, Yogyakarta pada tanggal 12-13 Juni 2012.

...dst

19 ) Unsoed Terima 660 Mahasiswa Lewat Jalur Undangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/15244280/Unsoed.Terima.660.Mahasiswa.Lewat.Jalur.Undangan

Senin, 28 Mei 2012 | 15:24 WIB
Kompas.com - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012 menerima 660 calon mahasiswa melalui jalur undangan. Dari jumlah tersebut, 282 orang diantaranya mendapatkan beasiswa bidik misi. "Saat ini telah diumumkan sebanyak 660 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan," kata Kepala Humas Unsoed Purwokerto Endang Istanti, di Purwokerto, Senin.Ia mengatakan, 660 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan ini diharuskan registrasi ulang hingga 31 Mei 2012. Jika terlambat registrasi ulang, calon mahasiswa dinyatakan gugur."Tahun ini, Unsoed mendapat jatah 450 mahasiswa dengan beasiswa bidik misi yang dibebaskan dari seluruh biaya pendidikan ditambah dengan biaya hidup Rp 600 ribu per bulan. Dari jatah tersebut, telah dialokasikan sebanyak 282 untuk calon mahasiswa jalur undangan, sisanya akan diambilkan dari jalur SNMPTN ujian tertulis maupun jalur lainnya," kata dia.

...dst

20 ) Prestasi Bantu Loloskan Peserta Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636940/prestasi-bantu-loloskan-peserta-jalur-undangan

Senin, 28 Mei 2012 16:24 wib
DEPOK - Dinas Pendidikan Kota Depok tengah mendata siswa di tiap sekolah yang lolos jalur undangan SNMPTN. Setiap sekolah diminta untuk mendata siswanya yang lolos jalur undangan. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah mengatakan, siswa yang memiliki akreditasi A boleh mengirimkan 50 persen siswanya, terutama siswa yang memang rangking sepuluh besar. "Pakai biaya juga jalur undangan, jadi bayar ke bank dan keluar kode pendaftaran, pascapengumuman kami belum menerima berapa siswa, ini masih kami data di tiap sekolah," katanya kepada wartawan, Senin (28/5/2012). Siti mengimbuhkan, biasanya tiap kampus memiliki catatan nilai tersendiri tentang sekolah siswa yang lolos jalur undangan.

...dst

21 ) Fakultas Kedokteran di UNS Paling Diminati
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/16264438/Fakultas.Kedokteran.di.UNS.Paling.Diminati

Senin, 28 Mei 2012 | 16:26 WIB
KOMPAS.com — Sekitar 2.634 calon mahasiswa mendaftar ke Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melalui jalur undangan. Pada tahun akademik 2012/2013 ini, UNS menerima 26.043 pendaftaran calon mahasiswa melalui jalur undangan. Menurut Rektor UNS Prof Ravik Karsidi, fakultas kedokteran memang paling diminati oleh calon mahasiswa melalui jalur undangan. Sementara itu, hanya ada 133 calon mahasiswa yang mendaftar ke fakultas teknik.Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, UNS hanya menerima 1.209 orang dari jalur undangan dan 369 di antaranya diterima melalui jalur Bidik Misi. Pada tahun ini UNS juga akan menerapkan pembayaran uang kuliah tunggal bagi mahasiswa baru. "Mahasiswa baru akan menggunakan sistem pembayaran UKT, sementara itu mahasiswa lama berjalan seperti biasa dan tidak ada perubahan", kata Ravik.

...dst

22 ) Cara Mudah Dapat Beasiswa S-1
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/368/636889/cara-mudah-dapat-beasiswa-s-1

Senin, 28 Mei 2012 15:13 wib
MENDAPAT beasiswa memang tidak selamanya mudah. Selain persyaratan yang sulit dipenuhi, proses seleksi pun sulit ditembus. Tetapi tahukah kamu, kesempatan beasiswa bertaburan di sekitarmu? Kita pun bisa dengan mudah mendapatkannnya. Situs Info Beasiswa S1, Senin (28/5/2012) melansir, kamu perlu bersiap sejak awal masuk kuliah untuk mendapatkan beasiswa sarjana secara penuh. Terlebih, kamu bukan satu-satunya mahasiswa yang ingin kuliah gratis. Langkah pertama adalah mengumpulkan informasi. Jangan malas mencari informasi beasiswa dari kampus incaranmu. Kamu bisa juga mengumpulkan berbagai informasi beasiswa yang diberikan oleh perusahaan atau yayasan yang bekerjasama dengan kampus-kampus di Tanah Air.

...dst

23 ) Profesor Indonesia Dapat Penghargaan Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/19470133/Profesor.Indonesia.Dapat.Penghargaan.Internasional

Senin, 28 Mei 2012 | 19:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Prof Dr HAR Tilaar, Guru Besar Emeritus Universitas Negeri Jakarta, mendapat penghargaan dari Universitas Indiana, Amerika Serikat. Penghargaan diserahkan langsung oleh Michael McRobbie, Presiden Universitas Indiana, dalam acara kumpul alumni Universitas Indiana di Jakarta, Senin (28/5/2012) malam ini. Penghargaan Benton Mural Medallion diberikan kepada HAR Tilaar karena kontribusinya sebagai alumnus Universitas Indiana bagi Indonesia dan pendidikan. Kriteria penerima antara lain terlibat dalam pelayanan publik atau pemerintahan, memiliki hubungan erat dengan Universitas Indiana atau Indiana, mendukung program-program Universitas Indiana, pelajar, atau fakultas, serta berkontribusi pada penelitian atau mendukung penelitian.

...dst

24 ) UNY Luncurkan TV Digital Gratis
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636894/uny-luncurkan-tv-digital-gratis

Senin, 28 Mei 2012 17:05 wib
JAKARTA - Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah manusia untuk mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. TV berlangganan menjadi salah satu sarana yang digunakan masyarakat untuk memperoleh informasi maupun hiburan dari negara mana pun. Namun, dua mahasiswa Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yakni Brilian Prasetyo dan Rizky Edy Juwanto, menciptakan teknologi televisi digital tanpa memerlukan sistem berbayar atau berlangganan. Teknologi tersebut diberi nama Central Prosessing Unit TV Satelit (CPU-TVsat). Teknologi televisi digital ini berbasis teknologi TV satelit, karena keunggulan TV satelit adalah mampu menerima siaran televisi dari luar negeri.

...dst

25 ) Mahasiswa UNY Raih Prestasi di Kompetisi Musik Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636902/mahasiswa-uny-raih-prestasi-di-kompetisi-musik-internasional

Senin, 28 Mei 2012 19:02 wib
JAKARTA - Tidak hanya menelurkan inovasi dan kreativitas, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pun turut mengukir prestasi di kancah internasional. Kali ini, empat mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY menyabet juara dalam dua kategori pada ajang IV Concercorso Musicale Europeo di Philadelphia, Italia. Keempat mahasiswa tersebut adalah Ganter Hanggayuh Puji P, Grahita Tiar Praseti, Danar Gayuh Utama, dan Birul Walidaini. Mereka berhasil meraih peringkat dua Kwartet Guitar dan peringkat dua Solo Tunggal atas nama Birul Walidaini. Kompetisi Internasional kali ini diikuti oleh 16 negara. Di antaranya, Norwegia, Ukraina, New Zeland, Rusia, Spanyol, Turki, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Iran, dan Italia. "Ajang ini merupakan ajang tahunan. Untuk mengikutinya, pihak panitialah yang menentukan, jadi tidak sembarang negara bisa berpartisipasi," tutur pembimbing keempat mahasiswa tersebut Herwin Yogo Wicaksono, seperti dikutip dari laman UNY, Senin (28/5/2012).

...dst

26 ) Dua Dosen Universitas Wyoming Mengajar di Undip
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/22435675/Dua.Dosen.Universitas.Wyoming.Mengajar.di.Undip

Senin, 28 Mei 2012 | 22:43 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Selama dua pekan, mulai 28 Mei hingga 8 Juni, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, menerima dua dosen tamu dari Universitas Wyoming, Amerika Serikat, yakni Tom Seitz, PhD, dan Stephanie Anderson, PhD. Keduanya akan mengajar di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Undip. Ketua Prodi Ilmu HI FISIP Undip Tri Cahyo Utomo mengungkapkan, Tom Seitz memiliki keahlian dalam bidang perbandingan politik serta politik internasional, sedangkan Stephanie Anderson memiliki keahlian dalam bidang politik dan keamanan Eropa. Kedatangan dua dosen tersebut merupakan realisasi kerja sama antara Program Studi Ilmu HI FISIP Undip serta International Studies Program dan Jurusan Ilmu Politik Universitas Wyoming.

...dst

27 ) Unija Sumenep Ajukan Permohonan Jadi PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/17335069/Unija.Sumenep.Ajukan.Permohonan.Jadi.PTN

Senin, 28 Mei 2012 | 17:33 WIB
Kompas.com - Pengurus yayasan dan pimpinan Universitas Wiraraja Sumenep, Jawa Timur, mengajukan berkas permohonan petunjuk untuk perubahan status perguruan tingginya dari universitas swasta ke universitas negeri. Surat permohonan sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Rektor Universitas Wiraraja (Unija) Alwiyah di Sumenep, Senin menjelaskan, sejak Februari 2012, pihaknya dan pengurus Yayasan Arya Wiraraja berencana mengubah status perguruan tinggi tersebut dari swasta ke negeri. "Pekan lalu, kami secara resmi mengajukan berkas permohonan petunjuk untuk perubahan status Unija dari perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujarnya.

...dst

28 ) Perguruan Tinggi Swasta Harus Kejar Akreditasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/14203966/Perguruan.Tinggi.Swasta.Harus.Kejar.Akreditasi

Senin, 28 Mei 2012 | 14:20 WIB
Kompas.com - Program studi pada perguruan tinggi swasta yang belum terakreditasi harus segera mengejar akreditasi dalam satu tahun terakhir agar tidak ditutup pemerintah menyusul peraturan Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat, Edi Suandi Hamid, mengatakan, di Palembang, Senin, pemerintah memberikan penangguhan hingga 16 Mei 2013 kepada perguruan tinggi swasta yang terancam ditutup itu. "Aptisi mengimbau kepada perguruan tinggi swasta agar tidak menyia-nyiakan toleransi yang diberikan pemerintah ini karena tujuannya adalah baik yakni meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," ujar Edi setelah membuka Musyarawarah Wilayah Aptisi Wilayah II, Senin (28/5). Pemerintah telah menetapkan peraturan untuk meningkatkan kualitas program studi perguruan tinggi swasta, antara lain harus memiliki perpustakaan, laboratorium, dosen yang harus mempublikasikan karya ilmiah, dan lain sebagainya.

...dst
 
29 ) Peningkatan Status STKIP Siliwangi Terkendala Peraturan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190235

Senin, 28/05/2012 - 18:36
CIMAHI, (PRLM).- Peningkatan status Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi Bandung menjadi institut terkendala peraturan dari pemerintah pusat. Padahal, sekolah tinggi di Kota Cimahi itu sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi institut sejak dua tahun lalu. "Jumlah mahasiswa yang mendaftar setiap tahun mencapai sekitar enam ribu orang. Kurikulum dalam berbagai program studi pun sudah memenuhi standar nasional. Kriteria itu sebenarnya sudah memenuhi persyaratan untuk peningkatan status," kata Ketua Program Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung, Prof. Dr. Engking Suwarman seusai wisuda sarjana dan pascasarjana STKIP Siliwangi, Senin (28/5/12). Tak hanya itu, Engking mengungkapkan, STKIP Siliwangi Bandung juga menawarkan pendidikan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Tujuannya, agar masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah juga bisa menikmati pendidikan di kampus tersebut.

...dst

30 ) Institut Perancis Buka Cabang di UIN Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/15430025/Institut.Perancis.Buka.Cabang.di.UIN.Jakarta

Senin, 28 Mei 2012 | 15:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Institut Perancis di Indonesia (IFI) dan Campus France Indonesia serta Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, kegiatan ilmiah, dan budaya. Pusat Bahasa Kampus UIN Jakarta akan menjadi cabang IFI. Kegiatan akan dilaksanakan di Kampus UIN Jakarta pada Rabu (30/5/2012). Selain sambutan dari Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat akan hadir Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Bertrand Lortholary. Dalam bidang pendidikan, IFI akan mengadakan kelas pengenalan bahasa Perancis, kemudian Campus France Indonesia memberi presentasi gratis kepada para pengunjung mengenai informasi beasiswa serta studi di Perancis dengan berbagai jenjang. Berbagai pertunjukan seni dan budaya akan diadakan sepanjang hari, dimulai dari tari tradisional, demonstrasi kuliner Prancis, pemutaran film dan permainan dalam bahasa Prancis.

...dst

31 ) Rektorat Kecewa, Presma Usakti Terlibat Eksekusi Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/637194/rektorat-kecewa-presma-usakti-terlibat-eksekusi-kampus

Senin, 28 Mei 2012 20:13 wib
JAKARTA - Ketua Forum Komunikasi Karyawan Universitas Trisakti, Advendi Simangunsong menyatakan dengan tegas menolak eksekusi.Pada 23 Mei 2012, kata Advendi, pihaknya memperoleh pemberitahuan dari Pengadilan Negeri Jakarta Barat bahwa mereka akan melaksanakan eksekusi terkait dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap."Ini merupakan eksekusi yang keempat kalinya dan semuanya batal dilaksanakan. Eksekusi yang pertama dan keempat datang langsung ke kampus, yang kedua dan ketiga tidak datang," ucap Advendi kepada wartawan di Kampus Usakti, Senin (28/5/2012). Advendi mengungkapkan, pihak Rektorat juga sebelumnya pernah mendatangi Pengadilan negeri Jakarta Barat untuk melakukan negosiasi penundaan eksekusi. "Kita juga menyampaikan aspirasi yang ditandatangi oleh Majelis Guru Besar, Senat Universitas, Forum Keluarga Karyawan, Perhimpunan Universitas," ujarnya menambahkan.

...dst

32 ) Mahasiswa Fakultas Teknik UNY Kunjungi AAU
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190222'

Senin, 28/05/2012 - 16:29
YOGYAKARTA, (PRLM).- Sebanyak 37 mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Mesin Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dipimpin Dosen DR.Ir.Effendie T.,SU.,MM. berkunjung ke Akademi Angkatan Udara (AAU) guna melakukan studi banding melihat peralatan khususnya peralatan Laboratorium Teknik yang digunakan para Karbol AAU. Rombongan diterima oleh Kepala Departemen Aeronautika (Kadep AE) Kolonel Tek A.Tavianta, S.T.,SIP. di Laboratorium Aeronautika Ksatrian AAU Yogyakarta, Senin (28/5). Didampingi sejumlah karbol Kadep AE mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas dijadikannya AAU sebagai tempat studi bagi mahasiswa Fakultas Teknik UNY. Hal ini membuktikan bahwa AAU dapat dijadikan tolok ukur dalam pembelajaran mahasiswa khususnya bidang teknik sehingga secara bersama-sama dapat mengikuti perkembangan keilmuan dalam bidang teknik aeronautika, teknik industri dan manajemen logistik yang sangat pesat perkembangannya saat ini.

...dst

33 ) Bali Tuan Rumah Kongres Perpustakaan Asia
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/29/373/637463/bali-tuan-rumah-kongres-perpustakaan-asia

Selasa, 29 Mei 2012 12:23 wib
KUTA - Bali menjadi tuan rumah pertemuan tiga tahunan Congress of Southeast Asia Librarians (CONSAL) yang berusaha menemukan gagasan dan pemikiran tentang bagaimana upaya melestarikan warisan budaya bangsa. Pertemuan yang digagas Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) mengambil tema "National Heritage: Preservation and Dissemination". Menko Kesra Agung Laksono membuka pertemuan yang dihadiri para kepala perpusatakaan negara anggota. Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas) Sri Sularsih mengungkapkan, manuskrip adalah salah satu warisan budaya bangsa berupa karya tulis yang mesti dilestarikan. Hanya saja, manuskrip yang dimiliki suatu bangsa kini tidak diketahui keberadaannya karena dimakan usia, bahkan ada yang berpindah tangan ke kolektor dan dijual dengan harga mahal ke luar negeri. Seiring dengan perkembangan zaman, kejayaan warisan budaya lambat laut mulai kehilangan tempat.

...dst

34 ) LIPI-Universitas Queesland Australia Kerjasama Promosi Ilmiah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190248

Senin, 28/05/2012 - 20:14
JAKARTA, (PRLM).- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjalin kerjasama penelitian dengan The University of Queensland (UQ) Australia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Maksud kerjasama antara lain mempromosikan kegiatan ilmiah. "Ruang lingkup kerjasama meliputi proyek penelitian bersama, pengembangan staf kedua belah pihak hingga program studi pasca sarjana. Ada juga pertukaran ilmuwan, penyelenggaraan kerjasama seminar maupun workshop, dan bentuk kerjasama lain yang disetujui kedua belah pihak," kata Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan (LIPI), Bogie Soedjatmiko di sela-sela seminar bersama LIPI-UQ Australia di Jakarta, Senin (28/5). Ia mengungkapkan MoU yang baru saja ditandatangani antara LIPI dan UQ Australia merupakan payung untuk kemudian lebih detail dalam kerjasama departemen di UQ Australia dan beberapa Riset Center yang ada di LIPI. Nota kesepahaman akan berlaku dalam jangka waktu lima tahun. Kerjasama dapat diperpanjang atau diperbarui lagi dengan persetujuan kedua belah pihak setelah meninjau kembali pada akhir periode.

...dst

35 ) Kemdikbud Selenggarakan Kegiatan Donor Darah Bagi Pegawai
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/361

05/28/2012
Jakarta --- Masih dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini digelar di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kemdikbud, Senin (28/05). Kepala Biro Umum Kemdikbud, Muhammad Qodrat Wisnu Aji, mengatakan, aksi donor darah ini ditargetkan mencapai 200 orang. Baik dari kalangan pegawai, maupun tenaga lepas dan lainnya di lingkungan Kemdikbud. "Sampai saat ini, pukul 10.30, sudah 100 orang. Mudah-mudahan tercapai 200 orang," katanya. Acara donor darah ini selesai pada pukul 12.00 WIB. Wisnu mengatakan, kegiatan ini bukan sebuah kewajiban, tapi lebih menjadi imbauan untuk membantu sesama. Dia menambahkan, imbauan telah disampaikan pada semua level struktural yang ada di Kemdikbud. Dokter yang bertugas di Kemdikbud pun ikut memantau proses donor darah ini.

...dst

36 ) Pembayaran Tunjangan Guru Siap Diambil Alih
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/08043361/Pembayaran.Tunjangan.Guru.Siap.Diambil.Alih

Selasa, 29 Mei 2012 | 08:04 WIB
Jakarta, Kompas - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kemungkinan mengambil alih pembayaran tunjangan profesi pendidik demi kelancaran. Kepastiannya menunggu hingga Juli atau triwulan kedua pembayaran. "Kami akan lihat sampai Juli. Jika pemerintah daerah tetap tak bisa membayar lancar, kami akan cari mekanisme lebih baik," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir pekan lalu, di Jakarta. Tunjangan profesi triwulan pertama 2012 semestinya disalurkan ke rekening pribadi penerima, April lalu. Namun, hingga Minggu lalu, ada yang tak kunjung cair karena tak ada SK pencairan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Nuh, SK masing-masing direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah selesai Maret. Dana pun sudah disalurkan kepada pemerintah provinsi.

...dst

37 ) Kucurkan Duit untuk Daerah Peraih Nilai Unas Terjelek
http://www.jpnn.com/read/2012/05/29/128774/Kucurkan-Duit-untuk-Daerah-Peraih-Nilai-Unas-Terjelek-

Selasa, 29 Mei 2012 , 06:06:00
JAKARTA - Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengucurkan Rp 1 miliar untuk setiap kabupaten atau kota peraih nilai unas jeblok. Kucuran ini digunakan untuk membantu peningkatan pendidikan setempat. Untuk tahun ini, bantuan tetap dikucurkan namun jumlahnya belum ditetapkan. Mendikbud Muhammad Nuh menuturkan, bantuan pemberian uang kepada daerah peraih nilai yang kurang bagus ini merupakan bentuk intervensi pemerintah pusat. Dia mengatakan, intervensi ini dalam prakteknya mampu meningkatkan pendidikan di daerah tertentu. Nuh mencontohkan pemberian subsidi pascaunas kepada Provinsi NTT beberapa tahun lalu. Setelah bantuan diberikan sebesar Rp 1 miliar per kota atau kabupaten, hasil unas di NTT terus mengalami peningkatan.  Sekarang tingkat kelulusan di NTT terus naik walaupun masih berada di juru kunci diantara provinsi se Indonesia. Tahun ini, tingkat ketidaklulusan unas SMA/sederajat di NTT 5,50 persen.

...dst

Berita Edukasi, 28 Mei 2012

1 ) Dirjen Dikti: pendidikan nasional masih terhambat SDM
http://www.antaranews.com/berita/312859/dirjen-dikti-pendidikan-nasional-masih-terhambat-sdm

Senin, 28 Mei 2012 12:25 WIB
Kupang (ANTARA News) - Pendidikan nasional masih bergelut dengan masalah sumber daya guru dan dosen, selain masalah ketersediaan infrastruktur sarana prasarana serta anggaran dan dukungan nyata dari pemerintah daerah dalam pengembangan kualifikasi sumber daya manusia para pendidik. Keempat hal itu (SDM guru-dosen, infrastruktur, anggaran dan dukungan), merupakan faktor utama penghambat kualifikasi dan mutu pendidikan di Indonesia yang masih harus membutuhkan campur tangan semua pihak untuk mencari solusi dan pemecahan bersama," kata Wakil Direktur Pendidikan dan Ketenagaan Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Agussusilo Hadi, di Kupang, Senin.Ia mengatakan hal tersebut pada rangkaian kegiatan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Universitas Nusa Cendana (Undana) dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bersama Bupati Alor, Manggarai Timur dan Rote Ndao, sebelum Seminar Sehari Pendidikan Kawasan Daerah Perbatasan di Kupang itu digelar.

...dst

2 ) Beasiswa Dosen Berlaku Sama untuk PTN/PTS
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/27/m4oxv8-beasiswa-dosen-berlaku-sama-untuk-ptnpts

Minggu, 27 Mei 2012, 23:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengatakan, pemerintah memberlakukan sama perolehan beasiswa untuk dosen Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) ke luar negeri. "Sekarang dosen Perguruan Tinggi Negeri dan swasta punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan program beasiswa S2 dan S3 ke luar negeri," kata Muslim Kasim di Padang, Ahad (28/5). Ia menjelaskan, sepanjang dosen sudah punya tanda atau bukti diterima pada suatu perguruan tinggi di luar negeri, sudah dapat mengusulkan beasiswa ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemerintah akan menanggung semua biaya kuliah dan biaya hidup selama menjalankan pendidikan pada perguruan tinggi yang diinginkan tersebut. Dalam kesempatan itu, Wamendikbud menantang dosen Akademi Kebidanan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang, untuk meraih beasiswa tersebut.

...dst

3 ) Pendaftaran SNM PTN Jalur Ujian Tulis
Antisipasi Protes Manipulasi Nilai Rapor
http://www.jpnn.com/read/2012/05/28/128661/Antisipasi-Protes-Manipulasi-Nilai-Rapor-#

Senin, 28 Mei 2012 , 05:45:00
JAKARTA - Hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi ngeri (SNM PTN) jalur undangan telah diumumkan. Saat ini, panitia kosentrasi laporan dugaan adanya permainan pengatrolan nilai rapor yang menjadi penentu kelulusan. Selain itu panitia juga serius mencegah keberadaan joki dan pendaftar ganda dalam SNM PTN 2012. Pendaftar ganda cukup merugikan karena bisa mengacaukan kuota. Sebelum menjelaskan tentang antisipasi protes hasil SNM PTN jalur undangan, anggota Pokja Informasi dan Humas Panitia SNM PTN 2012 Bambang Hermanto melengkapi informasi yang sudah disampaikan terkait pendaftaran SNM PTN jalur ujian tulis. Dihubungi di Jakarta, Minggu (27/5), Bambang menuturkan, tidak semua peserta yang gagal SNM PTN jalur undangan digratiskan ketika akan mendaftar SNM PTN jalur ujian tulis. "Masyarakat harus tahu ini, supaya jangan sampai ada salah pandangan," kata dia.  Bambang menerangkan, penggratisan biaya pendaftaran SNM PTN jalur ujian tulis dikhususkan hanya untuk pendaftar program Bidik Misi yang gagal SNM PTN jalur undangan. Bagi pendaftar Bidik Misi baru yang tidak mengikuti SNM PTN jalur undangan, tetapi langsung ikut SNM PTN jalur ujian tulis, juga digratiskan dari biaya pendaftaran.

...dst

4 ) Cegat Permainan Joki dan Pendaftar Ganda
http://www.jpnn.com/read/2012/05/28/128670/Cegat-Permainan-Joki-dan-Pendaftar-Ganda-

Senin, 28 Mei 2012 , 06:36:00
JAKARTA - Pelaksanaan tes SNM PTN jalur ujian tulis masih bulan depan. Tetapi panitia sudah antisipasi penyakit kronis ujian ini. Diantara penyakit kronis SNM PTN jalur ujian tulis adalah praktek perjokian. Selain itu panitia juga menutup kemungkinan terjadi pendaftar ganda. Untuk antisipasi praktek perjokian, Rochmat mengatakan panitia tidak bisa menjelaskan secara vulgar cara-caranya. "Jika kita terangkan saat ini, nanti para joki bisa mencari siasat baru," kata Sekretaris Umum Panitia SNM PTN 2012 Rochmat Wahab, Minggu (27/5).  Untuk itu, Rochmat berupaya meyakinkan masyarakat supaya tidak mencemaskan keberadaan joki. Selain itu, dia juga menghimbau masyarakat ikut andil dalam kelancaran SNM PTN jalur ujian tulis. Partisipasi yang paling utama, masyarakat diminta tidak tergiur iming-iming joki. Kepada para joki sendiri, dia meminta menyudahi prakteknya. Jika ketahuan, calon mahasiswa yang memanfaatkan praktek joki bisa rugi. Sebab pendaftaran mereka berpeluang besar dianulir. Sementara bagi para joki yang rata-rata mahasiswa tingkat lanjut, hukuman besar siap menanti jika ketahuan. Selain dikeluarkan dari kampus, mereka juga bisa dipidana karena unsur penipuan dan sebagainya.

...dst

5 ) Kriteria Penerima Bidikmisi Jalur Undangan Ditentukan PTN Masing-Masing
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/356

05/27/2012 (All day)
Jakarta --- Untuk menjaring penerima bantuan pendidikan Bidikmisi melalui jalur undangan, setiap perguruan tinggi negeri memiliki kriteria masing-masing. Baik dari penilaian akademik melalui rapot, maupun penilaian latar belakang daerah, sekolah, dan alumni. "Semua tergantung PTN nya mau mempertimbangkan kriteria seperti apa," demikian disampaikan Sekretaris Umum SNMPTN 2012, Rochmat Wahab, di Gedung Kemdikbud, Sabtu (26/05). Meski kriteria penerimaan ditentukan oleh masing-masing PTN, kriteria miskin dan berprestasi tetap harus terpenuhi. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta ini mengimbau bagi siapapun yang mendaftar, sangat diharapkan untuk jujur. "Kalau teridentifikasi ada kecurangan, akan digugurkan, dan bukan hanya akan diketahui di tempat mendaftar, tapi akan terbaca secara nasional," kata Rochmat. Dan kepada pihak sekolah, penanggung jawab TIK SNMPTN 2012, Tri Yogi, mengingatkan agar tidak ikut melakukan kecurangan dengan memanipulasi nilai siswa. Karena kalau sampai terbukti sekolah berbuat curang, maka sekolah tersebut akan dikenakan sanksi masuk daftar hitam selama dua tahun.  "Tidak usah dimanipulasi, kita tidak melihat nilai. Yang dilihat itu rangking," jelas Rektor Institut Teknologi Sepuluh November ini.

...dst

6 ) Kuota Undangan SNMPTN Tak Terpenuhi-Lakukan Kecurangan, Sekolah Diblokir Dua Tahun 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498461/

Monday, 28 May 2012
JAKARTA– Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengaku kuota lulusan sekolah menengah yang diterima melalui jalur undangan tidak terpenuhi tahun ini.  Sekretaris Umum SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengatakan, siswa berprestasi yang diterima melalui jalur undangan SNMPTN tahun ini mencapai 53.401 orang atau 22,55%. Padahal, kuota yang diberikan sebanyak 58.329 kursi. Dia mengatakan, kuota yang tidak terpenuhi ini karena tidak semua perguruan tinggi negeri mendapatkan peminat yang sesuai. Selain itu, ada standar nilai sekolah tertentu yang diinginkan PTN, namun tidak semua peserta memilikinya. Menurut dia,bangku kosong yang tersisa dari jalur undangan tidak akan diperjualbelikan, tapi akan diisi untuk jalur tertulis.Setelah pengumuman jalur undangan, rektor masing-masing PTN akan memverifikasi jumlah kuota program studi di kampus yang dipimpinnya.

...dst

7 ) Undip Umumkan Mahasiswa Jalur Undangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/27/22202773/Undip.Umumkan.Mahasiswa.Jalur.Undangan

Minggu, 27 Mei 2012 | 22:20 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com- Universitas Diponegoro Semarang, Minggu (27/5/2012), mengumumkan nama-nama mahasiswa baru yang diterima melalui jalur undangan. Pengumuman disampaikan lewat internet yakni melalui laman Undip di http://www.undip.ac.id.  Ketua Panitia SNMPTN Undip tahun 2012 Prof dr Hertanto Wahyu Subagio MS Sp GK mengimbau agar peserta yang diterima memperhatikan petunjuk registrasi, agar jangan sampai keliru atau salah karena bisa merugikan bagi peserta itu sendiri. Semua tatacara disajikan lengkap di laman undip. "Bagi yang belum diterima jangan terlalu berkecil hati dan patah semangat, masih ada beberapa kesempatan untuk bisa belajar di Undip salah satunya bisa mendaftar melalui jalur Ujian Tulis yang pendaftarannya masih di buka sampai dengan 31 Mei 2012 secara online melalui laman www.snmptn.ac," ujarnya melalui keterangan pers, Minggu.

...dst 

8 ) SNMPTN Jalur Undangan Undip- Peserta Bisa Regristrasi Mulai 1 Juni 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498494/

Monday, 28 May 2012
SEMARANG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan di Undip telah diumumkan resmi sejak Sabtu (26/5) lalu. Para peserta yang dinyatakan lolos dapat melakukan registrasi akademik mulai 1–6 Juni 2012. Ketua Panitia SNMPTN Undip Hertanto Wahyu Subagio mengatakan, para peserta masih dapat mengakses pengumuman di www.undip.ac.id. "Pengumuman ini serentak dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia,"katanya, kemarin. Para peserta yang dinyatakan lolos agar memahami petunjuk registrasi yang dipaparkan pada laman yang dimiliki Undip tersebut.

...dst

9 ) 1.526 siswa lulus SNMPTN jalur undangan USU
http://www.antaranews.com/berita/312743/1526-siswa-lulus-snmptn-jalur-undangan-usu

Minggu, 27 Mei 2012 17:17 WIB
Medan (ANTARA News) - Sebanyak 1.526 siswa yang mendaftar program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2012 jalur undangan, dinyatakan lulus diterima di Universitas Sumatera Utara yang akan menempati 47 program studi di perguruan tinggi negeri itu. "Sesuai dengan pengumuman panitia pusat SNMPTN tahun 2012, USU melalui SNMPTN jalur undangan tahun akademik 2012/2013 menerima sebanyak 1.526 orang mahasiswa baru untuk 47 program studi S-1 reguler," kata Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi di Medan, Minggu. Ia mengatakan bagi calon mahasiswa yang telah lulus seleksi tersebut, selanjutnya diwajibkan melakukan pelaporan pada tanggal 12 Juni 2012 pukul 08.00 WIB untuk eksakta dan 13 Juni 2012 pukul 10.30 WIB untuk non eksakta di Gelanggang Mahasiswa Jalan Universitas Kampus USU Medan.

...dst

10 ) Pendaftar SNMPTN di Makassar Capai 15 Ribu Orang
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636618/pendaftar-snmptn-di-makassar-capai-15-ribu-orang

Senin, 28 Mei 2012 10:52 wib
MAKASSAR – Hingga kemarin, peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis yang mendaftar melalui online pada Panitia Lokal (Panlok) 82 Universitas Hasanuddin (Unhas) mencapai 15 ribu orang. Padahal, kuota yang disiapkan untuk 3.500 orang. Pendaftaran SNMPTN yang dimulai sejak 10 Mei 2012 ini akan berakhir 31 Mei. "Bagi yang ingin masuk melalui jalur ini, namun belum memasukkan data secara online agar secepatnya mendaftar. Sebab pendaftaran akan ditutup pada Kamis (31/5) malam mendatang," kata Kepala Bagian Humas Unhas Dahlan Abubakar di Makassar, kemarin. Menurut Dahlan, selain melalui jalur SNMPTN, Unhas juga menyiapkan jalur undangan dan Bidik Misi. Untuk semua jalur, Unhas menyediakan kuota 5.000 atau sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun akademik 2011/2012, tercatat 5.623 mahasiswa baru yang diterima Unhas dari berbagai jalur penerimaan.

...dst

11 ) Tawaran Beasiswa Mengalir dari PTN untuk Novi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636592/tawaran-beasiswa-mengalir-dari-ptn-untuk-novi

Senin, 28 Mei 2012 09:48 wib
SURABAYA – Prestasi Novi Wulandari, siswa SMA Negeri 2 Lamongan, dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini menyita perhatian sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN). Tak kurang mulai Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), hingga Universitas Brawijaya (UB) menawarkan beasiswa kepada peraih nilai UN IPA terbaik kedua nasional ini. Tak hanya menawarkan biaya pendidikan, kampus-kampus ternama itu bahkan siap menanggung biaya hidup Novi selama menempuh kuliah. "Saya sudah ditawari untuk kuliah di UI, UGM, dan UB. Mereka menawarkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah," kata Novi Wulandari di rumahnya. Novi menuturkan, tawaran dari ITS pun datang melalui gurunya. Tawaran tersebut sangat menggiurkan karena tak sebatas hingga selesai strata-1 (S-1). ITS bahkan siap menanggung biaya pendidikan dan biaya hidup Novi bila mau melanjutkan S-2 di ITS kelak. "Katanya saya bisa meneruskan sampai ke S-2 secara gratis. Biaya hidup juga ditanggung," ujar Novi.
 
...dst

12 ) Polisi Selidiki Kasus Manipulasi Nilai di FK Unissula
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/27/23445021/Polisi.Selidiki.Kasus.Manipulasi.Nilai.di.FK.Unissula.

Minggu, 27 Mei 2012 | 23:44 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan, Minggu (27/5/2012), menyatakan pihaknya akan menelusuri kasus pemalsuan nilai di Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung (Unisulla) Semarang. Hal tersebut disampaiakannya setelah ada laporan mengenai dugaan tersebut dari pihak universitas. Selain itu, polisi juga akan melakukan verifikasi dari surat kaleng yang diterima terkait modus pemalsuan nilai tersebut. Ia mengaku menerima surat kaleng terkait kasus manipulasi nilai dan ijazah palsu mahasiswa di FK Unissula. Surat kaleng itu, ungkapnya, menginformasikan tentang alur pemalsuan nilai yang dilakukan DH alias Ferry yang tercatat sebagai mahasiswa FK Unissula angkatan 2004. Pada surat tersebut dijelaskan adanya dugaan kasus yang melibatkan pejabat rektorat kampus. Dijelaskan pula modus pelaku dalam menyebarkan jasa perekrutan mahasiswa yang ingin masuk FK namun nilainya tidak memenuhi standar. Selain itu juga diinformasikan adanya jalur belakang untuk masuk di FK dengan biaya hingga ratusan juta rupiah. "Surat itu hanya informasi, benar tidaknya akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut," ungkapnya Minggu (27/5/2012).

...dst

13 ) Pejabat Rektorat Unissula Bisa Diseret 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498316/

Monday, 28 May 2012
SEMARANG - Kasus ijazah palsu di lingkungan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tak menutup kemungkinan menyeret beberapa pejabat kampus ini. Kapolrestabes Semarang,Kombes Elan Subilan, mengatakan pada kasus yang dilaporkan pada Senin (23/4) lalu, pihaknya sudah menetapkan satu tersangka, Dwi Hartono alias Ferry,mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2004.Ferry telah ditahan sejak 24 Mei lalu."Kalau dianalogikan sebagai pohon-pohon, tentu kami mencari pohon tertinggi (tersangka utama) dari kasus itu,"katanya ketika ditemui di ruangannya,kemarin. 

...dst

14 ) UGM, UI, ITS, ITB Bantu Bangun Mobnas Listrik
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/05/28/52768/ugm_ui_its_itb_bantu_bangun_mobnas_listrik/#.T8L8OrpA1Ig

28 Mei 2012  00:01 WIB
Purwokerto, (Analisa). Produksi massal mobil nasional tenaga listrik akan disusun bersama pakar mobil listrik dari empat perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal tersebut dikemukakan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek) Gusti Muhammad Hatta dalam pers rilis dari Tim Staf Khusus Menegristek yang diterima ANTARA di Purwokerto, Sabtu (26/5) pagi. Gusti mengatakan Kementerian Riset dan Teknologi juga akan mengadakan penelitian yang komprehensif agar mobil listrik tersebut siap digunakan, termasuk bagaimana memroduksi baterai dan infrastruktur pengisian listrik yang mesti tersedia dengan baik. "Infrastruktur stasiun isi ulang baterai harus dibuat. Kalau tidak, bagaimana mobil bisa jalan jauh," kata Gusti. Menurut menteri, mobil listrik yang diusung menjadi mobil nasional sangat dibutuhkan karena bisa menjadi solusi terhadap permasalahan krisis energi yang dihadapi Indonesia.

...dst

15 ) IPB diminta siapkan ahli silvikultur handal
http://www.antaranews.com/berita/312788/ipb-diminta-siapkan-ahli-silvikultur-handal

Minggu, 27 Mei 2012 23:19 WIB
Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor diminta semaksimal mungkin untuk mempersiapkan ahli-ahli silvikultur yang handal."Usulan menanam kembali agar hutan kita lestari, budi daya bagaimana membangun hutan secara `well manage` menjadi tantangan tersendiri bagi para ahli silvikultur," kata staf pengajar Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB Dr Ir Supriyanto melalui kantor Humas IPB, Minggu. Menurut dia, hutan di Indonesia terbagi pada hutan negara dan hutan rakyat, di mana keduanya membutuhkan ahli silvikultur dimaksud. Ia mengemukakan, mengapa Indonesia perlu banyak tenaga ahli silvikultur, karena tenaga mereka dibutuhkan untuk dapat membangun hutan-hutan di Indonesia dengan manajemen yang baik. Supriyanto memberi contoh bahwa luas hutan negara yang mencapai 130 juta hektare, ternyata 43 juta hektare di antaranya belum terjamah.

...dst

16 ) Empat ISI Ditugasi Membangun ISBI
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/349

05/22/2012
Banjarmasin --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program untuk memperluas tugas Institut Seni Indonesia (ISI) dengan menambahkan fungsi budaya di dalamnya, sehingga namanya menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI). "Tahap awal, empat ISI yang ada saat ini akan ditugasi membangun ISBI baru," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, saat bertemu dengan seniman dan dinas pendidikan Banjarmasin pada Forum Grup Diskusi di Banjarmasin, Selasa (22/05). Keempat ISI tersebut adalah, ISI Padang Panjang membantu membangun ISBI Aceh; ISI Yogyakarta untuk ISBI Kalimantan; ISI Surakarta untuk ISBI Makassar, Sulawesi Selatan, dan ISI Denpasar untuk ISBI Papua. Adapun tujuan mendirikan ISBI, kata Ibnu, diharapkan menjadi salah satu sarana pengembangan warisan budaya bangsa dan dapat menghasilkan sarjana dan budaya yang peka dan tanggap terhadap masalah sosial, budaya, etika, moral dan akademis. ISBI akan menjawab permasalahan strategis pada penataan SDM seni dan budaya. "Diharapkan ISBI dapat membangun insan-insan Indonesia yang bangga dengan kesenian," katanya.

...dst

17 ) Kompos Spesial Besutan Civitas Academica ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/26/372/636220/kompos-spesial-besutan-civitas-academica-its

Minggu, 27 Mei 2012 12:03 wib
JAKARTA - Ampas tembakau dari sebuah perusahaan rokok mencapai enam ton per harinya. Sementara untuk membuang sampah tersebut perusahaan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Padahal, sampah ini dapat menjadi barang berguna jika dimanfaatkan dengan tepat. Civitas academiKa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Mukhammad Muryono menemukan cara untuk dapat mengolah sampah tembakau tersebut menjadi barang baru yang bermanfaat. Muryono pun menyulap ampas tembakau menjadi pupuk kompos spesial. Apa yang menjadikan produk besutan akademisi dari jurusan Biologi ITS ini menjadi istimewa? Jika membuat pupuk kompos biasanya memerlukan waktu berminggu-minggu, maka pupuk kompos ala Muryono bersama timnya hanya memerlukan waktu empat hari. Namun, seakan tidak mau gegabah, dia mengungkapkan akan meneliti kembali kompos buatannya. "Hitung-hitungan dan praktik kan tidak selalu sama," kata Muryono, seperti dikutip dari ITS Online, Minggu (27/5/2012).

...dst

18 ) Prof Pratikno Dilantik sebagai Rektor UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/10420339/Prof.Pratikno.Dilantik.sebagai.Rektor.UGM

Senin, 28 Mei 2012 | 10:42 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Prof Dr Pratikno resmi dilantik sebagai rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta periode 2012-2017 menggantikan Prof Dr Sudjarwadi, Senin (28/5) di Balai Senat, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sebelum dilantik, Pratikno mengucapkan sumpah di hadapan Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan para hadirin.Pelantikan dilakukan Ketua Majelis Wali Amanat UGM Sofyan Effendi. Setelah dilantik, Pratikno menandatangani surat pelantikan rektor baru UGM. Pada waktu sama, Sudjarwadi juga menandatangani surat pemberhentian sebagai Rektor UGM periode 2007-2012.

...dst

19 ) Mahasiswa Ditantang Peduli Komunitas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/27/20102548/Mahasiswa.Ditantang.Peduli.Komunitas

Minggu, 27 Mei 2012 | 20:10 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Unilever mengadakan sebuah kompetisi Unilever Leadership Actions on Sustainability (ULAS) yang ditujukan bagi mahasiswa untuk membantu mengembangkan ide dan mewujudkannya guna mengatasi berbagai masalah yang terjadi di komunitas lingkungan mereka. Periode kompetisi yang mendapat dukungan penuh dari Unilever Indonesia dan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini dimulai sejak 24 Mei 2012 dan akan berakhir pada November 2012. Indrijati Rahayoe, Leadership & Organization Development Manager PT Unilever Indonesia, Tbk, di Jakarta, Minggu (27/5/2012), mengatakan, kompetisi ULAS ini adalah program pilot dari kampanye Sustainability Unilever di sektor akademisi.

...dst

20 ) Bantuan Khusus untuk Sekolah dengan Kelulusan Nol Persen
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/351

05/25/2012
Jakarta --- Dari hasil pemetaan nilai UN, diketahui bahwa ada empat sekolah yang memiliki kelulusan nol persen. Total siswa tidak lulus dari keempat sekolah tersebut adalah 41 orang. "Sekolah-sekolah tersebut dua berada di Sumatera Utara, satu di Maluku Utara, dan satu di Sulawesi Tenggara," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh para wartawan di Gedung Kemdikbud, Kamis (24/05). Untuk keempat sekolah tersebut, akan disiapkan intervensi khusus untuk membantunya. Intervensi khusus telah terbukti membantu sekolah yang tahun lalu tidak lulus seratus persen membenahi kualitasnya, dan lulus seratus persen pada tahun ini. "Intervensinya sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi," tuturnya.

...dst

21 ) Matematika Favorit Siswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636575/matematika-favorit-siswa

Senin, 28 Mei 2012 09:01 wib
SURABAYA – Hasil ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK 2012 menampilkan fakta mengejutkan. Nilai mata pelajaran (Mapel) Matematika jauh lebih tinggi daripada mapel lain termasuk Bahasa Indonesia. Padahal selama ini mapel Matematika kerap menjadi momok bagi para peserta UN. Sesuai data Dindik Jatim, UN SMA IPA yang diikuti 72.680 siswa, diketahui bahwa untuk sebaran distribusi prosentase nilai terbanyak pada mapel Matematika. Dari total 72.680 peserta UN, 52.268 siswa atau 71,92 persen siswa yang mendapatkan rentang nilai 9,00-9,99.

...dst

22 ) Kebebasan Akademik, Kebebasan yang Mencekik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/10480954/Kebebasan.Akademik.Kebebasan.yang.Mencekik

SYAMSUL RIZAL
Senin, 28 Mei 2012 | 10:48 WIB
Tulisan Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia, berjudul "Kebebasan Akademik Itu..." (Kompas, 5/5) perlu dicermati. Saat ini sangat jarang kita temui pendapat yang ideal, bernas, dan penuh pengayaan buat masyarakat, khususnya masyarakat akademik. Pendapat beliau yang sangat mengharukan itu saya kutip kembali. Otonomi universitas akan menumbuhkan budaya akademik yang mengajarkan nilai-nilai ilmu pengetahuan, argumentasi dengan dasar ilmiah dalam setiap pengambilan keputusan. Budaya akademik yang demikian akan melahirkan hubungan kolegial yang egaliter dan sehat atas dasar saling menghormati dan memberdayakan di antara para ilmuwan. Apabila universitas dijadikan bagian dari birokrasi pemerintah, akan tumbuh budaya birokrasi yang lamban, tidak efisien, dan korup. Universitas di Indonesia akan semakin tidak mampu mengejar perkembangan ilmu dan akan kalah bersaing dengan universitas di dunia.

...dst

23 ) Kebebasan Akademik Itu...
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/05/1237102/Kebebasan.Akademik.Itu.

Sabtu, 5 Mei 2012 | 12:37 WIB
Oleh Sulistyowati Irianto
Tahun 2050, penduduk dunia diramalkan mencapai 9 miliar. Manusia akan menghadapi problem sangat kompleks. Mulai dari kekurangan pangan, air bersih, krisis energi, ancaman penyakit, kerusakan hutan, hingga semakin hancurnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Bagaimanakah sikap para ilmuwan Indonesia menghadapi masalah kemanusiaan di masa depan? Mampukah perguruan tinggi di Indonesia melahirkan puncak kreativitas dan inovasi, sejajar dengan perguruan tinggi lain di dunia? Universitas adalah gerakan moral tempat lahirnya produksi dan reproduksi ilmu pengetahuan. Para ilmuwan dengan kapasitas intelektual dan kepeduliannya yang tinggi punya potensi sangat besar untuk ikut mengatasi berbagai persoalan dunia di masa depan. Namun, potensi itu saja tak cukup. Ada hal mendasar yang sangat dibutuhkan, yaitu kebebasan akademik! Inilah landasan moral para ilmuwan untuk bekerja memaksimalkan kemampuan intelektualnya. Jika menghendaki bangsa yang kuat, kebebasan akademik tak boleh dibatasi oleh siapa pun, bahkan harus didukung sepenuhnya oleh negara melalui perangkat hukum.

...dst

24 ) Gigi palsu bermagnet mulai jadi pilihan
http://www.antaranews.com/berita/312617/gigi-palsu-bermagnet-mulai-jadi-pilihan

Sabtu, 26 Mei 2012 14:55 WIB
Pekanbaru (ANTARA News) - Penggunaan gigi palsu bermagnet mulai menjadi pilihan banyak orang di kota besar untuk mengatasi masalah gigi, kata Ketua Ikatan Kedokteran Gigi Estetik Indonesia (IKGEI) Drg. Rudi Wigianto. Dalam seminar "Riau Dental Scientific Expo" di Pekanbaru, Sabtu, Rudi menjelaskan, gigi palsu bermagnet yang ditempatkan pada gusi dengan implan pasak lebih bisa menambah perekatan gigi palsu ke gigi asli yang tersisa dibandingkan teknologi yang ada sebelumnya. "Dengan begitu, pengguna gigi palsu bermagnet tak perlu lagi menggunakan kawat penyangga dan tak perlu takut gigi palsu tak sengaja tertelan saat tidur," katanya. Menurut praktisi gigi dari Asia Afrika Dental, Fransiska Sisilia, penggunaan gigi palsu bermagnet juga cukup aman. "Gigi palsu bermagnet aman, bahkan radiasi magnetik telepon selular lebih besar dari magnet gigi palsu," katanya. Rudi menjelaskan, meski teknologi gigi palsu bermagnet sudah berkembang di Eropa sejak tahun 1950-an namun penggunaan jenis gigi palsu tersebut baru diperkenalkan di Indonesia tahun 2011. (F012)

...dst

25 ) Hikmahanto: Soal Grasi Corby, SBY Berpotensi Langgar Sumpah Presiden
http://news.detik.com/read/2012/05/28/033108/1925960/10/hikmahanto-soal-grasi-corby-sby-berpotensi-langgar-sumpah-presiden?n991102605

Senin, 28/05/2012 03:31 WIB
Jakarta, Kebijakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan grasi terhadap terpidana narkoba, Schapelle Corby, berpotensi melanggar sumpah presiden. Sebab salah satu isi sumpah presiden adalah mematuhi segala undang-undang dan peraturan, termasuk konvensi internasional. "Pemberian grasi kepada Corby berpotensi melanggar sumpah presiden untuk menjalankan undang-undang dan peraturan pelaksanaanya selurus-lurusnya," ujar Guru Besar Hukum Internasional UI, Hikmahanto Juwana dalam siaran pers yang diterima detikcom, Minggu (27/5/2012). Hikmahanti menjelaskan sejak tahun 1997, Indonesia telah meratifikasi United Nations Convention Againts Illicit Traffic in Narcotic Drugs and Psychotropic Substances tahun 1988 dengan UU No 7 tahun 1997.

...dst

Tidak ada komentar: