Cari Blog Ini

Jumat, Januari 06, 2012

20 berita edukasi 5 Januari 2012


1 ) Titi Savitri, Dekan Wanita Pertama di UGM

Titi Savitri Prihatiningsih terpilih sebagai dekan baru Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggantikan Ali Ghufron Mukti yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri (Wamen) Kesehatan. Terpilihnya Titi melahirkan sejarah baru di FK UGM. Pasalnya, wanita berkerudung ini merupakan dekan wanita pertama di FK UGM sekaligus memiliki masa jabatan yang paling singkat. Hal ini diungkapkan Ketua Senat FK UGM Hardyanto Soebono dalam serah terima jabatan antara Titi dan Ali Ghufron, kemarin. "Untuk pertama kali FK punya punya dekan perempuan dan termasuk dekan paling muda. Tapi jangan lupa, ini masa jabatan dekan paling pendek lho sepanjang sejarah periode dekan, hanya 10 bulan," canda Hardyanto di hadapan para peserta yang hadir. Demikian seperti disitat dari laman UGM, Rabu (4/1/2012).

2 ) Jalan Terjal di Negeri Sendiri

Siswa yang berhasil mengukir prestasi bagi negeri ini sebaiknya tidak berharap banyak untuk mendapat imbal balik. Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bukannya karpet merah, melainkan jalan terjal yang harus dihadapi. Pengalaman itu yang dihadapi sejumlah anak bangsa yang telah mempersembahkan medali bagi Indonesia dalam berbagai ajang olimpiade sains internasional (OSI). Mereka tertolak di negeri sendiri, sebaliknya justru gencar diburu oleh negara-negara lain. Contoh tragisnya adalah Marsha Christanvia Wibowo (18), peraih medali perak di Olimpiade Biologi Internasional pada Juli 2011. Ia bersikeras untuk memburu perguruan tinggi negeri (PTN) dalam negeri karena ingin menjadi dokter. Tetapi, dia tak lolos seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN) lewat jalur undangan bagi siswa berprestasi.

3 ) Siswa Anak Jalanan Berhasil Sekolah ke Luar Negeri

Tiga orang siswa anak jalanan yang menuntut ilmu di sekolah Masyarakat Terminal (Master) Kota Depok, Jawa Barat, meraih prestasi internasional dengan mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri. Ketiga siswa tersebut adalah Muhammad Koidi yang melanjutkan sekolah tingkat SMA di Afrika Selatan, Muzaifa berhasil melanjutkan kuliah di Al-Azhar Mesir, dan Zulkarnaen yang berhasil meneruskan studinya untuk kuliah di Arab Saudi. "Siapa pun jika diberi kesempatan akan mampu meraih prestasi yang membanggakan," kata pengasuh sekolah anak jalanan di Terminal Depok, Nur Rohim, di Depok, Rabu (4/1/2012).

4 ) Institut Teknologi Kalimantan didanai tiga sumber

Pembangunan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan akan didanai dari tiga sumber yakni APBN, dan APBD Pemprov Kaltim serta Pemkot Balikpapan. "Selasa (3/1) kemarin saya bersama Gubernur Kaltim, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim dan sejumlah pejabat lainnya di Kaltim telah menghadap Kementerian Pendidikan, pihak kementerian sudah menyatakan dukungannya untuk merealisasikan ITK," tutur Ketua Dewan Pendidikan Kaltim, Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu. Bohari yang juga staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan ini melanjutkan, ITK itu segera dibangun pada 2012 ini, pihak kementerian melalui APBN sudah menyatakan siap menggelontorkan dana untuk pembangunannya, namun nilai persisnya masih belum diketahui. Sedangkan Pemprov Kaltim bersama DPRD setempat telah sepakat menggulirkan dana senilai Rp1,5 miliar, dan Pemkot Balikpapan mempunyai andil dalam menyiapkan lahan seluas 200 hektare di sekitar kilometer 13 Balikpapan.

5 ) Pemerintah Diminta Tinjau Ulang

Kebijakan pemerintah mem-PTN-kan PTS diminta ditinjau ulang. Sebab, kebijakan tersebut hanya akan mematikan PTS-PTS di sekitarnya. Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja, saat pelantikan pejabat struktural administrasi Universitas Semarang (USM) di auditorium Ir Widjatmoko Jl Soekarno-Hatta, baru-baru ini. Menurutnya, pemerintah seharusnya lebih membangun PTN baru di perbatasan dengan negara lain, sehingga mahasiswa Indonesia yang berada di perbatasan tidak lari ke negara lain. Alternatif lain, ungkap dia, adalah mem-PTN-kan PTS yang berada di wilayah perbatasan negara Indonesia. ''Saya tidak setuju jika pemerintah tetap mengeluarkan kebijakan mem-PTN-kan PTS, khususnya di wilayah Jawa,'' ujar Joetata. Menurutnya, jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia sekitar 3.000, sedangkan jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) 80. Ini menunjukkan sumbangan PTS di dunia pendidikan terhadap bangsa Indonesia sangat besar. ''Namun kenyataannya, sumbangan dari pemerintah untuk sarana prasarana dan fasilitas lain lebih banyak mengalir ke PTN. Padahal di PTN, gaji dosen, tanah, dan gedung sudah dari pemerintah,'' ungkapnya. Sebaliknya, kata dia, sumber dana PTS untuk pembangunan gedung dan fasilitas penunjang kuliah hanya dari uang semesteran mahasiswa. 


6 ) Tahun 2012- Peserta Wajib Teken Pernyataan Kejujuran  

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan semua peserta ujian nasional (UN) 2012 membuat pernyataan kejujuran. Melalui kebijakan ini,Kemendikbud berharap pelaksanaan UN berjalan dengan bersih dan jujur Kepada Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengatakan, penandatanganan pernyataan kejujuran tersebut merupakan salah satu dari prosedur operasi standar UN 2012. "Pada pelaksanaan UN 2012 memang berbeda dengan gelaran sebelumnya.Mereka (para peserta) harus menjunjung tinggi kejujuran dan berjanji tidak melakukan kecurangan selama mengikuti UN,"tandas Bunyamin kemarin. 


7 ) Menuju World Class University- UII Siapkan Hibah Kompetensi Rp2 Miliar  

Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Badan Pengembangan Akademik (BPA) tahun ini menyiapkan anggaran Rp2 miliar untuk program hibah kompetensi program studi (PHK-PS) di lingkungan UII. Selain meningkatkan kualitas kelembagaan dan pengelolaan program studi (prodi),program ini juga sebagai upaya mencapai status akreditasi tertinggi menuju World Class University( WCU). "Selain meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya, tahun ini jumlah grantees (pemenang) hibah juga meningkat dua kali lipat,yaitu dari tiga menjadi enam grantees. Pada 2012,dari 15 prodi di lingkungan UII,13 prodi lolos seleksi administrasi, 9 prodi lolos desk evaluasi, dan 6 prodi sebagai grantees," kata Kepala BPA Sugini saat evaluasi site visitPHKPS UII di Gedung GBPH Prabuningrat Rektorat UII kemarin. 

8 ) Tahun Ini Jumlah Beasiswa Bidik Misi Unand 1.000 Orang

Universitas Andalas (Unand) Padang pada tahun ini berencana menambah kuota jumlah peserta beasiswa Bidik Misi hingga mencapai 1.000 orang. "Tahun lalu target 750 siswa bisa dicapai, dan untuk 2012 akan ditingkatkan hingga 1.000 orang," kata Pembantu Rektor III Unand Prof Novesar Jamarun di Padang, Rabu (4/1/2012). Dia mengatakan, untuk tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menambah kuota jumlah peserta beasiswa Bidik Misi hingga 30 ribu orang.

9 ) Disegel, Tiga Hari Universitas Sulawesi Barat Tanpa Aktivitas

Penyegelan kampus Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Kabupaten Majene oleh ratusan mahasiswa Unsulbar telah memasuki hari ketiga, penyegelan akan tetap dilakukan hingga permintaan mahasiswa dipenuhi pihak kampus. Koordinator aksi penyegelan kampus, Firman di Majene, Rabu, menyatakan, penyegelan dilakukan agar tuntutan mahasiswa segera dipenuhi oleh pihak kampus. Dia mengaku akan tetap menduduki dan menyegel kampus hingga tuntutan mereka dipenuhi pengelola kampus. "Kami ingin meminta kejelasan pihak kampus yang telah menjanjikan kepada seluruh mahasiswa untuk mengalihkan Unsulbar menjadi kampus negeri. Janji tersebut telah lama disampaikan akan dipenuhi, namun hingga saat ini tidak ada upaya maupun tindakan nyata yang dilakukan," ungkapnya. Selain tuntutan itu, dia mengatakan, terdapat beberapa permasalahan yang selama ini dialami oleh mahasiswa, di antaranya adalah proses perkuliahan yang tidak pernah jelas.


10 ) ICW Laporkan Rektor UI ke KIP

Indonesia Coruption Wacth (ICW) secara resmi mengajukan gugatan terhadap rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri ke Komisi Informasi Pusat (KIP)."ICW mendapatkan pengaduaan tentang masalah pengelolaan keuangan di UI, terkait proyek kerja sama di UI pada periode 2009-2010. Ada masalah perjalanan dinas ke luar negeri," kata Peneliti ICW Febri Hendri di Kantor KIP, Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2012). ICW mengajukan permohonan informasi publik ke Rektor UI, justru karena civitas akademika UI dan anggota masyarakat yang dirugikan melapor ke ICW.

11 ) UMY Kembangkan Jam Digital Pengingat Gosok Gigi untuk Anak

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Andi Sugiarto mengembangkan jam digital pengingat gosok gigi untuk anak. "Alat itu terdiri atas beberapa komponen yang memiliki fungsi masing-masing, seperti jam digital, perekam suara alarm, dan pengeras suara atau 'speaker'," kata Andi di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia, jam digital berfungsi untuk menunjukkan waktu, perekam suara alarm untuk merekam bunyi alarm yang diinginkan, serta dua pengeras suara ("speaker") yang mengeluarkan bunyi alarm dalam waktu yang berbeda, misalnya pagi dan sore. "Cara kerja jam digital itu tidak begitu rumit dan mudah digunakan oleh penggunanya. Langkah pertama, pengguna harus menentukan waktu yang tepat agar jam alarm berbunyi," katanya.

.
12 ) Lima Mahasiswa Unika Soegijapranata ke Thailand

Rabu, 4 Januari 2012 | 15:07 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, mengirimkan lima mahasiswanya untuk melakukan penelitian dengan peneliti dan mahasiswa di Assumption University, Thailand. Mereka akan meneliti berbagai topik berbeda selama tiga bulan lamanya. Kelima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian jurusan Teknologi Pangan itu akan melakukan penelitian dengan berbagai topik bioteknologi, seperti bagaimana membuat santan tetap stabil ketika dipanaskan dengan penambahan stabilizer, membuat alkohol dari karbohidrat, serta membuat antimikroba alami.


13 ) Enam Mahasiswa Terjangkit HIV  

Sebanyak enam mahasiswa asal Sukabumi dinyatakan terjangkit human immunodeficiency virus (HIV). Umumnya mereka yang terjangkit virus mematikan ini akibat penggunaan jarum suntik yang sama saat mengonsumsi narkoba dan seks bebas. Data Rumah Cemara, lembaga yang khusus menangani penanggulangan HIV/AIDS, menyebutkan dari enam mahasiswa tersebut,dua di antaranya berjenis kelamin wanita. Para mahasiswa ini merupakan warga Sukabumi yang mengenyam pendidikan di beberapa perguruan tinggi di Jakarta dan Bandung. Manajer Program Rumah Cemara Sukabumi-Cianjur Yudha Ilham Affandi mengatakan, terungkapnya para mahasiswa pengidap HIV ini berdasarkan hasil konseling. Dari rangkaian pemeriksaan yang digelar Rumah Cemara terhadap keenam mahasiswa ini telah menunjukkan mereka positif HIV. "Keenam mahasiswa ini terdata setelah melakukan konseling melalui lembaga kami. Dari hasil pemeriksaan melalui voluntary counseling testing (VCT), hasilnya positif.

14 ) Tiga Kandidat Maju Pilrek UNM

Tiga kandidat mendaftar sebagai bakal calon rektor Univeritas Negeri Makassar (UNM) kemarin. Selain Prof Dr Arismunandar, dua lainnya yang bakal bersaing meraih kursi rektor adalah Dr Karta Jayadi dan Dr Hj Hasmyati M Kes. Karta Jayadi adalah Dekan Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM sedangkan Hasmyati merupakan ketua jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).


15 ) Guru Wajib Ikuti Uji Kompetensi  

Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mewajibkan seluruh guru untuk mengikuti uji kompetensi. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, uji kompetensi ini dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan guru. Uji kompetensi sejalan dengan status guru yang dinaikkan menjadi profesi. "Pelaksanaan uji kompetensi ini untuk apa mengukur tingkat kompetensi dan kemampuan guru. Katanya kan guru itu profesi.Nah, itu harus diuji kompetensinya. Semua guru harus siap diuji.Yang terpenting ini tidak melanggar aturan, "katanya di Gedung Kemendikbud kemarin, Mendikbud melanjutkan, apalagi uji kompetensi ini juga tercantum dalam UU Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005 di mana uji kompetensi menghasilkan informasi mengenai penguasaan uji materi dan metode pembelajaran sang guru. 


16 ) Dana BOS Dipastikan Cair 9 Januari  

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pusat 2012 telah sampai di kas daerah, sejak dua hari yang lalu. Dana tersebut dipastikan cair mulai pekan depan. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi menyatakan,sekitar lima hari atau pada 9 Januari mendatang, dana BOS mulai dicairkan ke rekening sekolah di 26 kabupaten kota di Jabar. "Insya Allah, BOS kita cairkan 9 Januari atau Senin besok. Kalau semuanya lancar bisa langsung ditransfer ke rekening sekolah,"katanya Wahyudin kemarin.  

17 ) Ini Alasannya RSBI tak Ada yang Jadi Sekolah Internasional

Pemerintah menegaskan belum ada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang layak naik status menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Sekolah yang gencar mendapatkan kritikan dari masyarakat tersebut dinilai memiliki kekurangan di berbagai sisi. "Semua belum layak. Ada yang lemah dari sisi komposisi, ada yang lemah dari sisi kompetensi gurunya, maupun lemah dari sisi kurikulumnya," ujar Dirjen Pendidikan Dasar, Suyanto, kepada wartawan, Selasa (3/1). Suyanto menegaskan bahwa standar RSBI sesuai dengan semangat pemerintah adalah memiliki guru dengan kualifikasi minimal S2. Akan tetapi sejauh ini banyak yang belum memenuhi standar tersebut.

18 ) Jenazah Dr Andrias Tiba di Tanah Air

Jenazah dokter Andrias Karel Melkianus Keiluhu, 44 tahun, tiba di Tanah Air pada Rabu (4/1/2011) malam menggunakan pesawat Emirate EK 358. Jenazah langsung dibawa ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno - Hatta."Jenazah Dr. Andrias Karel Keiluhu sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu malam ini," tutur Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Tatang Razak dalam rilisnya kepada detikcom, Rabu (4/1/2011). Diketahui, jenazah Dr Andrias tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 22.40 WIB. Setelah jenazah sampai di Kantor Kesehatan, keluarga dokter Andrias langsung menuju mobil jenazah. Selain dari pihak keluarga, jenazah juga disambut oleh Dirjen Bina Upaya Kesehatan, Supriantoro dan Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Tatang Razak.Sementara jenazah tak diturunkan dari mobil jenazah karena akan langsung dibawa ke rumah duka. 

19 ) 'Sumbangan' Washington Post untuk 'Sandal Jepit'
"Sandal Jepit, Simbol Baru keadilan di Indonesia," judul media Amerika itu.

Sandal jepit. Dari alas untuk kaki itu, kini dunia tahu begitu corengnya sistem hukum Indonesia. Apalagi peradilannya. 
Memalukan? Mungkin. Tapi itulah fakta. Tak bisa terbantahkan. Washington Post pun dengan lincah melukiskan kisah pilu ini untuk konsumsi para bule di negara Paman Sam. Juga untuk memberikan sumbangan kritik kepada sistem hukum di negeri carut marut ini. "Sandal Jepit, Simbol Baru keadilan di Indonesia," judul media Amerika itu, seperti ditulis laman beritasatu.com.  Isi pemberitaan koran asal Ibu Kota Amerika itu pun mengupas kembali kisah AAL, bocah 15 tahun yang terancam jerat bui lima tahun akibat pencurian sandal jepit milik anggota Brimob di Palu, Sulawesi Selatan. 


20 ) 33 SMK Perakit Mobil Siap Gandeng Industri
        
Direktur Pembinaan SMK, Ditjen Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud),  Joko Sutrisno mengatakan, saat ini ada 33 SMK perakit komponen mobil yang siap bermitra dengan industri.  Namun masih terkendala  kebijakan yang belum berpihak pada pengembangan mobil karya siswa SMK tersebut.
Joko menyebutkan, saat ini kebijakan yang dibutuhkan oleh para SMK tersebut adalah kebijakan mengenai impor suku cadang dengan zero tax termasuk impor barang kapital. "Harus ada semangat tidak lagi beli barang sudah jadi tapi beli alat untuk produksi. Di SMK sudah diberlakukan beli komponen saja dan tidak beli barang jadi," ungkap Joko kepada wartawan di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (4/1) malam.

Tidak ada komentar: