Cari Blog Ini

Sabtu, Januari 07, 2012

Berita Edukasi Terbaik Hari Ini


1 ) Wakil Menteri Tak Lagi Eselon I


Sabtu, 07 Januari 2012 , 07:22:00
JAKARTA - Sembilan belas wakil menteri (wamen) yang ada dalam pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)- Boediono kini tak lagi menjadi pejabat eselon I di kementerian. Grading wamen berada satu tingkat di atas kelas jabatan tertinggi bagi pejabat eselon Ia. Perubahan itu seiring ditekennya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 92 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Perpres No. 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Negara. Dalam perpres itu, posisi wamen tidak lagi masuk dalam daftar pejabat eselon I di kementerian. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Azwar Abubakar menuturkan, perubahan tersebut bertujuan untuk memperkuat posisi wamen dalam menjalankan tugasnya. "Sehingga betul wamen bisa membantu, saling membangun, dan tidak bertabrakan," kata Azwar di kompleks Istana Kepresidenan, kemarin (6/1). Posisi wamen ditentukan berdasar kebutuhan yang ada di masing-masing kementerian. Azwar berpendapat, di kementerian yang dipimpinnya juga membutuhkan dukungan dari seorang wamen.





2 ) Raih Penghargaan Internasional
Robot Karya Mahasiswa UGM Bisa Deteksi Korban Bencana



Jumat, 6 Januari 2012 | 09:20 WIB
Mahasiswa UGM menciptakan robot bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan korban bencana. Robot ini diciptakan oleh Tim Boyo Instrument yang mengikuti kompetisi robot dunia "The 13th International Robot Olympiad 2011" yang diikuti oleh 100 tim dari 13 negara, Desember lalu, di Jakarta. Mereka berhasil meraih emas berkat robot terbang yang diciptakan untuk kategori Creative Robot. Dalam kompetisi ini, selain meraih emas, UGM juga membawa pulang medali perak melalui Tim Gamaro dengan robot tarinya. Ketua Tim Boyo Instrument, Christian Antonia L.P., mengatakan, dalam kontes robot tersebut mereka membuat dua robot, yakni Quadcopter yang diberi nama "Si Pitung" dan Explorer Bot bernama ''Paijo''. Quadcopter merupakan robot terbang yang dapat membawa muatan berupa robot mobil yang dapat terbang ke lokasi titik bencana dan memantau kondisi dari atas. 





3 ) Pakai Barang Bekas, Robot UGM Raih Medali Emas



Jum'at, 06 Januari 2012 10:02 wib
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali menyumbang prestasi. Kali ini, tim robot UGM berjaya dalam kompetisi The 13th International Robot Olympiad 2011. Pada kompetisi robot internasional yang berlangsung belum lama ini di Universitas Tarumanegara, Jakarta tersebut tim Boyo UGM berhasil membawa pulan medali emas pada kategori creative robot. Prestasi ini terbilang sangat membanggakan mengingat jumlah peserta sebanyak 100 tim yang berasal dari 13 negara di dunia. Di antaranya, Korea Selatan, Filipina, Jepang, Kanda, Amerika Serikat, dan New Zealand.





4 ) Luwes Menari, 'Joko Klono' UGM Rebut Medali Perak



Jum'at, 06 Januari 2012 11:03 wib
JAKARTA - Tidak puas meraih emas dalam kompetisi robot internasional, tim Universitas Gadjah Mada (UGM) juga mengukir prestasi lain. Tim asal Kota Gudeg ini membawa pulang medali perak pada ketegori robot Indonesiana di ajang The 13th International Robot Olympiad 2011. Mereka adalah tim Gamaro. Tim ini digawangi para mahasiswa jurusan Jurusan Elektronika dan Instrumentasi (Elins), yaitu Pramudita Johan Iswara, Afriyani Soraya Sari, Nisa' Latifatul Ngilma, Mirza Dhanu; mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, yaitu Zulfikar Rachman, Rahmanditya Wijaya, dan Gilang Abimantaka; serta mahasiswa Diploma Teknik Elektro yakni, Muhammad Arifin Eska dan Agus Faudin.





5 ) Tarian Indonesia Hebohkan Festival di Dubai



Jumat, 06/01/2012 21:01 WIB
Dubai - Dimainkan oleh grup T-ta Universitas Paramadina, Jakarta, sebanyak 11 tarian diantaranyaTari Giring-Giring, Enggang (Kalimantan), Gandrung, Asmara, dan Gopala (Bali),menghebohkan Dubai Shopping Festival (DSF) 2012. Tarian lainnya tradisional maupun kontemporeryang ditampilkan adalahTari Sayur Asem, Lenggang Nyai (Betawi), Piring Cupak, Piring Sofyani, Galombang, Rantak (Minang),Bajidor Kahot (Sunda), Pesta Perang (Papua), Gambir Anom (Jawa Tengah), Topeng Kelana (Cirebon), Tanggai (Sumatera Selatan) serta Tari Melayu (Kepulauan Riau). Keterlibatan grup T-ta Universitas Paramadina dalam DSF 2012 tersebut atas undangan resmi dari pemerintah Dubai melalui Dubai Events and Promotion, yang merupakan penyelenggara serta penanggung jawab DSF. 





6 ) Jalur Undangan Unnes Buka per 1 Februari



Jum'at, 06 Januari 2012 08:15 wib
JAKARTA - Memasuki awal tahun, para pelajar kelas XII harus segera mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) pada April mendatang. Tidak hanya itu, sejumlah perguruan tinggi juga membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang pertama. Salah satunya adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Unnes melalui jalur undangan akan dibuka pada 1 Februari 2012. Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan, pengumuman tersebut berdasarkan draft informasi SNMPTN 2012 yang diterimanya. Agus menyebutkan, jalur ini merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa adanya ujian tulis maupun keterampilan. "Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat," kata Agus seperti dilansir dari laman Unnes, Jumat (6/1/2012).





7 ) Benahi Dulu Mekanisme UN SMA!



Jumat, 6 Januari 2012 | 13:38 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Kalangan universitas memberikan respons atas rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan nilai ujian nasional (UN) sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito meminta agar mekanisme UN SMA dibenahi terlebih dulu sebelum memberlakukan UN sebagai syarat wajib penerimaan mahasiswa baru di PTN."Hasil UN masih belum bisa mereprestasikan kondisi riil di lapangan, sebab banyak sekolah (SMA) yang ada di pinggiran hasil UN-nya justru lebih bagus dari SMA favorit yang ada di perkotaan," kata Yogi, di Malang, Jawa Timur.





8 ) Pemerintah akan gandakan jumlah mahasiswa teknik



Jumat, 6 Januari 2012 23:46 WIB 
Balikpapan  - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, untuk meningkatkan pendapatan per kapita, pemerintah menargetkan menciptakan populasi mahasiswa teknik dan sains hingga 50.000 orang pada tahun 2015. "Jumlah itu setara dengan 15 persen dari jumlah mahasiswa di Indonesia yang mencapai 5,2 juta orang. Saat ini baru ada 11 persen mahasiswa teknik atau lebih kurang 30 ribu mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia," ujarnya Usai acara peresmian Politeknik Balikpapan menjadi Politeknik Negeri Balikpapan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat. Menurut M Nuh, peningkatan jumlah lulusan mahasiswa teknik dinilai berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan per kapita penduduk. Mendikbud mengatakan saat ini pendapatan per kapita penduduk Indonesia adalah 3.000 dolar AS, dengan semakin banyaknya lulusan perguruan tinggi pada 2015, diharapkan pendapatan per kapita penduduk bisa mencapai 14.000 Dolar AS.





9 ) SBY Setuju ITK di Balikpapan



Jum'at, 06 Januari 2012 17:45 wib
BALIKPAPAN - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjukan sinyal positif mendukung pembentukan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di kota Balikpapan. "SK memang belum turun, nanti presiden sendiri yang menandatanganinya, bukan saya. Kami menangkap bahasa isyarat beliau, tidak ada menampakkan penolakan," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh saat peresmian Politeknik Balikpapan (Poltekba) menjadi negeri, Jumat (6/1/2012). M Nuh telah melaporkan rencana pembangunan ITK ke Presiden bahwa selama 60 tahun merdeka, Indonesia baru memiliki dua Institut Negeri yakni ITB dan ITS Surabaya."Jadi kita akan bangun dua institut teknik lagi dalam waktu dekat ini, ITK dan di Sumatra. Lalu, dalam waktu hingga enam tahun ke depan kita akan bangun kembali lima hingga enam institut mewakili tiap-tiap pulau," katanya.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan Rp55 miliar untuk proyek pembangunan ITK pada APBN 2012.





10 ) Institut Teknologi Kalimantan Mulai Dibangun Tahun 2012



06 Januari 2012
Balikpapan – Pemerintah pusat bersama dengan pemerintah daerah Kalimantan Timur sedang menggodok rencana untuk membangun Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada tahun 2012. Kampus yang siap dibangun di Kota Balikpapan ini rencananya akan membebaskan lahan seluas 300 hektar. Dan sampai akhir tahun 2011, pemerintah daerah telah membebaskan 60 hektar, sisanya segera dibebaskan sebelum pembangunan dimulai. Di hadapan Mendikbud, Gubernur Kalimantan Timur, dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Walikota Balikpapan menjelaskan bahwa lokasi yang dipilih untuk pembangunan ITK sangat strategis. Dekat dengan freeway Balikpapan-Samarinda, hutan lindung, dan kebun raya Balikpapan.angunan





11 ) Politeknik Balikpapan Dinegerikan, Mendikbud Minta Budaya Apresiasi Konstruktif Dikembangkan



Jumat, 06 Januari 2012
Balikpapan – Setelah diresmikan berdiri pada tahun 2002, Politeknik Balikpapan secara resmi dinegerikan oleh Mendikbud Mohammad Nuh, Jumat (6/01/2012). Peresmian yang berlangsung di halaman Politeknik Negeri Balikpapan ini dihadiri Gubernur Kalimantan Timur, Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Susanto, beserta jajaran Muspida Kalimantan Timur lainnya.





12 ) Sri Edi Swasono: fakultas ekonomi memihak kapitalis



Jumat, 6 Januari 2012 21:35 WIB 
Surabaya - Guru Besar FE UI Prof dr Sri-Edi Swasono menilai fakultas ekonomi (FE) pada seluruh universitas di Indonesia memihak kapitalis, karena FE sudah menghapus koperasi sebagai sistem ekonomi dalam kurikulum mereka. "Teori ekonomi di FE sekarang tentang persaingan, pasar, dan sejenisnya, sehingga melahirkan sarjana kapitalis, padahal koperasi merupakan sistem ekonomi yang mengajarkan kerja sama atau gotong royong," katanya di Surabaya, Jumat. Mantan Ketua Umum Dekopin Pusat itu mengemukakan hal itu di sela-sela menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Dekopin Jatim, Dinas Koperasi dan UKM, serta 23 PTN/PTS se-Jatim. "Kapitalis itu mementingkan persaingan dan pasar, sehingga kapitalis hanya membangun kemakmuran pengusaha besar dan menjadikan masyarakat sekitar sebagai penonton, sebaliknya koperasi membangun kerja sama atau gotong royong untuk kemakmuran bersama, baik pengusaha besar, kecil, maupun rakyat," katanya.





13 ) Hipmi PT Sulsel Canangkan Bulan EntrepreneurMuda



Jum'at, 06 Januari 2012 18:17 wib
JAKARTA - Peringkat investment grade dari Fitch Ratings terhadap pemerintah Indonesia menimbulkan kekhawatiran baru. Peringkat ini, akan mengancam kedaulatan ekonomi, terutama jika generasi muda Indonesia tidak siap menjadi pemain utama. Berdasarkan hal tersebut, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (Hipmi PT) Bakorda Sulawesi Selatan (Sulsel) mencanangkan Bulan Entrepreneur Muda. Hipmi PT Sulsel memang mencanangkan awal tahun 2012 sebagai momentum bagi kebangkitan entrepreneur muda Sulsel yang sekaligus sebagai respons atas dinamika ekonomi lokal, nasional dan global. Untuk mewujudkannya, mereka menghelat berbagai agenda untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas Hipmi PT Sulsel, sepanjang Januari dan Februari 2012. 





14 ) Rektorat Usakti Minta PN Jakbar Tunda Eksekusi



Sabtu, 7 Januari 2012 | 04:10 WIB
JAKARTA,  Pihak rektorat Universitas Trisakti (Usakti) berharap Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat tidak terburu-buru melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA) untuk mengeksekusi beberapa petinggi Usakti. Pasalnya, bila dilaksanakan, eksekusi tersebut bisa bertentangan dengan putusan PN Jakarta Selatan mengenai keabsahan kepengurusan Yayasan Trisakti. "Sebaiknya ditunggu sampai putusan di PN Jaksel inkracht (berkekuatan hukum tetap). Kalau sudah dieksekusi ternyata ada putusan pengadilan lain yang bertentangan kan malah bermasalah nantinya," kata juru bicara Usakti, Advendi Simangunsong, saat dihubungi di Jakarta Barat, Jumat (6/1/2012). 





15 ) Koperasi Akan Jadi MKDU di Kampus Jatim



Jum'at, 06 Januari 2012 17:09 wib
SURABAYA - Sebanyak 23 perguruan negeri dan swasta di Jawa Timur menandatangani kesepakatan soal upaya peningkatan dan pertumbuhan kewirausahaan berbasis koperasi di perguruan tinggi. Kerja sama ini, merupakan salah satu upaya Dewan Koperasi Wilayah Jawa Timur untuk menghidupkan kembali nilai-nilai koperasi di masyarakat terutama di kalangan mahasiswa."Nantinya dengan kerja sama ini, perguruan tinggi yang terlibat akan memberikan mata kuliah koperasi kepada para mahasiswanya," kata Rektor Universitas Dr. Soetomo Surabaya Ulil Albab, di Surabaya, Jumat (6/1/2012). Ulil, yang mewakili 23 perguruan tinggi tersebut, menjelaskan mata kuliah koperasi nantinya akan dimasukkan ke dalam mata kuliah kewiraan yang selama ini memang sudah menjadi mata kuliah dasar umum (MKDU) di semua perguruan tinggi di Indonesia.





16 ) Mata Kuliah Koperasi Menghilang



Jum'at, 06 Januari 2012 16:45 wib
SURABAYA - Ketua Dewan Koperasi Indonesia Sri Edi Swasono menengarai, koperasi di Indonesia sudah banyak ditinggalkan. Sebagai salah satu bukti, mata kuliah koperasi di beberapa perguruan tinggi dihapuskan. "Bahkan di Universitas Indonesia (UI) tempat saya mengajar, pernah mempunyai rencana untuk menghapuskan mata kuliah koperasi," kata Prof Sri Edi Swasono Ketua Dewan Koperasi Indonesia saat berada di Surabaya, Jumat (6/1/2012). Namun rencana itu kemudian dibatalkan karena Edi, mencari orang siapa yang mempunyai ide untuk menghapuskan mata kuliah koperasi di kampus jaket kuning itu. Kata Edi, setelah diajak berdiskusi tentang koperasi, ternyata orang yang bersangkutan tidak paham dengan apa itu koperasi sesungguhnya.





17 ) Dosen Unsoed Tanam Padi tanpa Air



Jum'at, 06 Januari 2012 17:02 wib
JAKARTA - Penyempitan lahan, perubahan iklim, dan persediaan air menjadi persoalan besar yang melanda bidang pertanian. Salah satunya, produksi padi sebagai makanan utama masyarakat Indonesia. Persoalan sempitnya lahan dapat dijawab dengan peningkatan produksi dan sistem pertanian yang ramah lingkungan menjadi solusi atas persoalan perubahan iklim. Sementara semakin sedikitnya air menuntut sistem pertanian produksi tinggi dengan air yang sedikit. Dulu hal tersebut akan sulit diwujudkan. Namun kali ini para dosen Fakultas Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Jawa Tengah berusaha merealisasikannya. Diketuai Ardiansyah, kelompok ini beranggotakan Arief Sudarmadji dan Masrukhi. Mereka berupaya menjawab persoalan itu dengan melakukan penelitian `Pengembangan Teknologi Tepat Guna dengan Sistem of Rice Intensification (SRI) untuk mewujudkan ketahanan pangan dan mengurangi efek perubahan iklim'.





18 ) Teliti Santan hingga Thailand



07 Januari 2012
BUKU tebal berjudul Daily Science and Technology tak pernah lepas dari tangan Nawangsari Adhiyanti MK (21). Perempuan asal Jakarta itu sesekali membuka buku berbahasa Inggris tersebut sembari menjawab pertanyaan para wartawan. Dia dan empat rekan yang kuliah di Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Unika Soegijapranata menjawab pertanyaan terkait dengan penelitian yang akan dilakukan di Thailand, tiga bulan ke depan. Selain Nawangsari, empat mahasiswa yang juga ikut adalah Tan Edo Saputro (20), Melisa Adriani (21), Maria Rosalia Kusumaningtyas (20), dan Irayudi Lazuardi (20). Mereka akan meneliti perihal pangan di Assumption University yang berada di Bangkok. Apa saja yang akan diteliti mereka dengan bimbingan dosen dari kampus di Negeri Gajah itu? "Tiga dari kami akan meneliti santan. Sebab sebagian besar makanan di sana memang menggunakan santan. Selain itu, ada juga yang akan meneliti antibiotik di makanan dan penggunaan karbohidrat untuk etanol," ujar Edo.





19 ) Ferdi Ciptakan Bahan Bakar Berbentuk Gel



Jum'at, 06 Januari 2012 13:02 wib
JAKARTA - Inspirasi bisa diperoleh kapan dan di mana saja. Ungkapan ini rasanya cocok ditujukan bagi Achmad Ferdiansyah Pradana Putra. Penyandang sarjana teknik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang gemar berinovasi ini membuat penemuan baru terinspirasi dari pemanas makanan prasmanan. Bermula dari kunjungannya ke sebuah pesta pernikahan teman, Ferdi, begitu dia biasa disapa, menemukan pemanas makanan prasmanan yang bermasalah. Spiritus yang menjadi bahan bakar pemanas tersebut habis, sehingga harus diisi ulang. Wujud cair spiritus juga menambah kerugian tersendiri karena banyak cairan yang tumpah saat pengisian. Alhasil, terjadi kebakaran yang membakar prasmanan tersebut.





20 ) Pendiri Uniku, Kahari Prawirasudjasa, Jadi Nama Perpustakaan



Kamis, 05/01/2012 - 17:14
KUNINGAN, (PRLM).- Seorang tokoh pendidikan sekaligus sebagai perintis dan pendiri Universitas Kuningan (Uniku), kini diabadikan untuk nama gedung perpustakaan kampus menjadi Gedung Kahari Prawirasudjasa. Bupati Kuningan, H.Aang Hamid Suganda mengabadikan nama tersebut, karena mengetahui perjuangan semasa hidupnya yang patut menjadi tauladan bagi kalangan pendidik. Nama Kahari Prawirasudjasa, banyak dikenal di kalangan kampus karena ia merupakan Rektor pertama Uniku sejak berdirinya Uniku delapan tahun yang lalu. "Sangatlah tidak berlebihan, bila namanya kami abadikan menjadi nama salah satu gedung di Uniku dengan maksud untuk mengenang jasa-jasa beliau kepada kampus," tutur Rektor Universitas Kuningan, Drs. Iskandar, MM, pada saat peresmian mulai digunakannya gedung perpustakaan Uniku, di Windusengkahan Kuningan, Kamis (5/1).





21 ) Gara-Gara Rendra, Ganjar Nyaris Tak Jadi Rektor Unpad



Jum'at, 06 Januari 2012 19:01 wib
BANDUNG - Rektor Universitas Padjdjaran (Unpad) Ganjar Kurnia mengaku terpengaruh oleh karya-karya penyair almarhum WS Rendra.Ganjar terutama sangat terkesan oleh teater Mastodon dan Burung Kondor yang dipentaskan Bengkel Teater Rendra 39 tahun lalu yang kini akan dipentaskan kembali di Unpad. Saat itu, Ganjar masih kelas tiga SMA ketika nonton teater yang dicekal Pemerintah Orde Baru itu. "Saya pertama kali nonton Mastodon dan Burung Kondor pada 1973 lalu, sudah Hampir 40 tahun. Bahkan saya hampir tergelincir gara-gara nonton Mastodon," tutur Ganjar dalam jumpa pers pementasan Mastodon dan Burung Kondor di Unpad Bandung, Jumat (6/1/2012).





22 ) Mastodon dan Burung Kondor Hinggap di Unpad



Jum'at, 06 Januari 2012 17:21 wib
BANDUNG - Lakon teater Mastodon dan Burung Kondor karya almarhum WS Rendra, akan digelar di Universitas Padjdjaran (Unpad) Bandung mulai 12 hingga 13 Januari mendatang. Mastodon dan Burung Kondor akan dipentaskan mulai pukul 19.30 WIB di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur, Bandung. Lakon ini pertama kali dipentaskan Bengkel Teater Rendra pada 1973. Kali ini, lakon yang kontroversial karena berani mengkritik kebijakan Orde Baru itu disutradarai istri Rendra, Ken Zuraida.





23 ) Rektor IPDN Belum Tahu Ada Sindikat Pencaloan Rekruitmen Prajanya



Jumat, 06/01/2012 - 16:12
BANDUNG,(PRLM).- Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) I Nyoman Sumaryadi hingga saat ini mengaku belum mengetahui adanya sindikat dan mafia pencaloan dalam rekrutmen calon Praja IPDN. Menurut Nyoman, proses peneriman calon praja IPDN dilakukan oleh panitia yang ditugaskan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan diketuai Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni. "Yang saya tahu penerimaan Calon praja IPDN dilakukan oleh panitia yang ditugaskan Bapak Menteri Dalam Negeri dan diketuai Ibu Sekjen Kemendagri. Proses perekrerutan sendiri mulai dari rangkaian seleksi yang dilakukan di daerah kabupaten, kota, dan provinsi masing-masing," ucap Nyoman kepada "PRLM", Jumat (6/1). Menurut Nyoman, jika ada seseorang yang mempunyai informasi bahwa telah terjadi penyimpangan dalam penerimaan calon praja IPDN, ia meminta agar pihak tersebut bisa menunjukkan datanya supaya bisa diproses secara hukum.





24 ) Diminta Akur Dengan Kepala Daerah Setelah Ramai Kabar Mutasi Massal Guru PNS



Sabtu, 07 Januari 2012 , 07:52:00
JAKARTA - Setelah mencuat kabar mutasi massal di sejumlah daerah, Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) meminta para guru menjalin hubungan baik dengan kepala daerah. Kedua belah pihak diminta akur untuk bersama-sama menata kualitas pendidikan di daerah. Seperti ramai diperbincangkan, kabar mutasi guru massal terdengar dari kawasan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Mutasi yang diduga kental beraroma politis itu, rencananya dijalankan awal tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 1.500 guru yang rencananya dimutasi. Dengan mencuatnya kabar ini, sejumlah pihak di organisasi guru tertua di tanah air itu menghawatirkan hubungan antara kepala daerah dengan guru di Boyolali merenggang.





25 ) Marzuki Dorong Penghasilan Guru Rp15 Juta Per Bulan



Rabu, 04 Januari 2012 , 08:03:00
KARANGANYAR - Anggaran pendidikan sebesar ratusan triliun rupiah yang disalurkan ke-20 kementerian kurang mendukung terciptanya kualitas guru dan pembentukan karakter anak-anak bangsa. Ketua DPR RI, Marzuki Alie menyebutkan, 20 kementerian mendapatkan bagian dari anggaran pendidikan dari APBN 2012 sebesar Rp 288,957 triliun atau sekitar 20 persen dari APBN 2012 negara. "Tetapi sejauh mana mereka mampu memanfaatkan anggaran sebesar itu secara maksimal sesuai visi pendidikan untuk membentuk karakter anak bangsa masih diragukan. Nah tugas DPR untuk mengawal  penggunaan uang negara sebesar itu sehingga dapat dimanfaatkan maksimal demi dunia pendidikan," kata Ketua DPR RI, Marzuki Alie di hadapan 4.500 anggota PGRI di Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa siang (3/1).





26 ) Disdik: SMK Bukan Pusat Industri



Jumat, 6 Januari 2012 | 21:44 WIB
SEMARANG, - Dinas Pendidikan Jawa Tengah mengingatkan sekolah menengah kejuruan (SMK) bukan sebagai pusat industri meski menghasilkan berbagai produk unggulan, termasuk mobil yang dinamai Esemka. Kepala Disdik Jateng Kunto Nugroho HP di Semarang, Jumat, mengatakan, sesuai tujuannya SMK sebagai pusat pendidikan dan pelatihan serta pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Hal itu diungkapkannya menanggapi wacana pengembangan mobil Esemka buatan anak-anak SMK menjadi mobil nasional. Ia menjelaskan, mobil itu salah satu dari ratusan produk unggulan yang dihasilkan siswa SMK.





27 ) Insentif Fiskal Mobil Nasional Disiapkan        



Saturday, 07 January 2012
JAKARTA – Pemerintah menjanjikan dukungan fiskal untuk pengembangan Esemka agar bisa menjadi mobil nasional (mobnas) dandiproduksimassal. Dukungan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas pelajar Indonesia. Komitmen Kementerian Keuangan (Kemenkau) tentu akan semakin membuka peluang Esemka bisa dinikmati masyarakat lebih luas karena sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah merangkul Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk bersama mendorong dan mematangkan gagasan Esemka sebagai mobnas. 





28 ) Menkeu Kaji Insentif Mobnas



Sabtu, 07 Januari 2012 , 07:12:00
JAKARTA - Menkeu Agus Martowardojo memberikan dukungan kepada inisiatif pembuatan mobil nasional. Ia mengatakan pemerintah mungkin saja memberikan insentif fiskal kepada pengembang mobil buatan dalam negeri. "Saya sambut baik dan dukungan penuh akan kita berikan untuk inisiatif seperti itu. Ini kan sebetulnya bentuk-bentuk yang kita tunggu sudah lama. Jadi dari sisi fiskal, kita akan cari dan pelajari bentuk-bentuk inisiatif seperti apa yang bisa kita dukung," kata Menkeu di kantornya kemarin.Pernyataan Menkeu tersebut menanggapi usulan mobil Kiat Esemka buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, menjadi pemacu program mobil nasional. Sebelumnya, sudah ada pula mobil buatan anak negeri, seperti Tawon buatan PT Sumber Gasindo dan GEA yang diproduksi PT Inka dan Badan Pengembangan Penerapan Teknologi (BPPT).





29 ) Anak 'Boedoet', dari Tawuran Hingga Kiat Esemka,  



SABTU, 07 JANUARI 2012 | 05:45 WIB
Jakarta:-- Berawal dari sekolah yang terkenal dengan budaya tawuran, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jakarta menjelma menjaid sekolah kejuruan unggulan di bidang teknologi. Sekolah yang didirikan tahun 1960 oleh pemerintah Belanda dipercaya menjadi salah satu sekolah yang menggarap proyek mesin Esemka, proyek pemerintah yang menelurkan mobil Kiat Esemka, yang kini populer itu. Tak mengherankan jika SMKN 1 Jakarta dipercaya mengawal proyek Esemka, mengingt sejak awal didirikan memang dicanangkan sebagai sekolah teknik. Apalagi, letak sekolah ini yang berada di Jalan Budi Utomo 7, dekat dengan lingkaran Istana.





30 ) Perakit Esemka Harus Diberi Beasiswa



JUM'AT, 06 JANUARI 2012 | 12:19 WIB
Jakarta - Pemerintah diminta untuk memperhatikan para pelajar sekolah menengah kejuruan yang telah merakit mobil Esemka. "Mereka sudah selayaknya mendapat beasiswa," kata anggota Komisi Industri DPR, Nasril Bahar, saat dihubungi Jumat, 6 Januari 2012. 
Nasril menyatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus segera memanggil para pelajar ini ke Istana Negara untuk diberikan penghargaan. Apresiasi ini penting karena mobil Esemka sudah menumbuhkan optimisme kebangkitan industri otomotif nasional. "Sekolah mereka harus betul-betul diperhatikan," kata politikus Partai Amanat Nasional ini.





31 ) Siswa SMK 29 Jakarta Rakit Pesawat Terbang



Jumat, 6 Januari 2012 | 11:13 WIB
JAKARTA, - Prestasi membanggakan kembali diukir para pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) di DKI Jakarta. Kali ini, para pelajar SMK 29 Jakarta atau dulu lebih dikenal dengan sebutan STM Penerbangan mampu merakit pesawat ringan eksperimental Jabiru J 430 bermesin tunggal dengan piston 6 silinder dan berkapasitas 4 tempat duduk. Perakitan dilakukan di halaman sekolah mereka, yang berlokasi di Jalan Prof Sutono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selama melakukan perakitan, para siswa didampingi para instrukturnya yang berasal dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways, Lion Air, TNI Angkatan Udara (AU), serta Federasi Aerosport Indonesia.





32 ) Jembatan Tertinggi di Dunia Diresmikan 



Sosbud / Jumat, 6 Januari 2012 13:34 WIB
Sierra Madre: Presiden Meksiko Felipe Calderon meresmikan jembatan tertinggi di dunia. Jembatan Baluarte memiliki tinggi 403 meter itu berdiri di atas jurang yang dalam di pengunungan di Sierra Madre, Meksiko bagian utara. Jalur ini merupakan bagian dari jalan raya baru yang melintasi daerah karang di Meksiko, dari Mazatlan ke Durango yang berada di pedalaman. "Proyek ini akan mempersatukan masyarakat yang berada di bagian utara Meksiko, " kata Presiden Calderon dalam pidato peresmian.

Tidak ada komentar: