Cari Blog Ini

Minggu, Juni 10, 2012

Berita Edukasi, 04 - 10 Juni 2012


Berita Edukasi, 10 Juni 2012

1 ) Panitia SNMPTN ingatkan peserta hindari tindak kriminal perjokian
http://www.antaranews.com/berita/315093/panitia-snmptn-ingatkan-peserta-hindari-tindak-kriminal-perjokian

Minggu, 10 Juni 2012 00:59 WIB |
Palembang (ANTARA News) - Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2012 mengingatkan peserta untuk menghindari aksi perjokian pada saat ujian karena masuk dalam tindakan kriminal. Ketua Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sriwijaya Zulkifli Dahlan di Palembang, Sabtu, mengatakan, peserta yang terbukti akan langsung dilaporkan ke pihak kepolisian untuk ditindak secara hukum. "Panitia mengingatkan kepada peserta untuk tidak memakai joki karena kedua-duanya akan dimasukkan dalam penjara karena sudah masuk area kriminal," ujarnya. Seluruh perguruan tinggi di Indonesia bekerja sama dalam mengatasi aksi perjokian itu dengan memberikan sanksi tegas kepada pelaku yang berstatus mahasiswa. "Jika terbukti menjadi salah seorang mahasiswa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta maka akan langsung dikeluarkan secara tidak hormat," katanya.

...dst

2 ) Mengingat Kembali untuk peserta Ujian Tertulis SNMPTN
Kartu Tanda Bukti Pembayaran Wajib Dibawa saat Mengikuti Ujian
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191525

Kamis, 07/06/2012 - 14:39
BANDUNG, (PRLM).- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengimbau kepada calon peserta yang mengalami kesulitan untuk mencetak kartu tanda bukti pendaftaran agar segera mendatangi Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung. Sebab kartu tanda bukti pembayaran merupakan syarat wajib yang harus dibawa peserta saat ujian tulis berlangsung 12-13 Juni mendatang. "Jadi, kepada peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan kartu tanda bukti pendaftaran, calon peserta harus secepatnya datang langsung ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung untuk menyelesaikan proses pendaftaran hingga kartu selesai dicetak," kata Humas SNMPTN Panlok Bandung Weny Widyiowati, Kamis (7/6). Seperti yang telah diberitakan, jumlah calon peserta SNMPTN jalur tertulis yang tercatat di Panlok Bandung mencapai 40.253 peserta. Terdiri dari 14.592 peserta kelompok IPA, 15.042 peserta kelompok IPS, dan 10.619 peserta kelompok IPC.

...dst

3 ) Ada Hidden Agenda Dibalik Rencana Pemeriksaan 16 Rektor PTN Oleh KPK?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/09/m5cg4u-ada-hidden-agenda-dibalik-rencana-pemeriksaan-16-rektor-ptn-oleh-kpk

Sabtu, 09 Juni 2012, 17:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Rektor Universitas Udayana (Unud) Denpasar Prof Dr Made Bakta menyayangkan sikap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan memeriksa 16 rektor perguruan tinggi negeri, termasuk dirinya terkait dugaan penyalahgunaan dana APBN Perubahan Tahun 2010. "Apa tidak bisa laporan tertulis kami sampaikan kepada Pak Menteri, lalu beliau yang menyampaikan kepada KPK. Pemeriksaan ini menjadi 'image' yang kurang bagus. Apa tidak ada 'hidden' agenda?" katanya saat ditemui di sela-sela pertemuan tokoh Hindu dunia (World Hindu Summit) di Denpasar, Sabtu. Ia menjelaskan bahwa Unud pada 2010 mendapat dana bersumber dari APBN Perubahan sebesar Rp 30 miliar dari total Rp100 miliar yang digelontorkan oleh pemerintah. "Prosedur yang dijalankan semua normal, kami dapat DIPA dari Kementerian, dan sudah ditender sesuai aturan yang ada. Badan Pemeriksa Keuangan juga sudah memeriksa. Ada kekurangan volume pekerjaan, sudah dibayar pula oleh rekanan," ucapnya.

...dst

4 ) Rektor apresiasi Presiden dorong status fakultas kedokteran
http://www.antaranews.com/berita/315041/rektor-apresiasi-presiden-dorong-status-fakultas-kedokteran

Sabtu, 9 Juni 2012 18:37 WIB
Ambon (ANTARA News) - Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Prof Dr Thommy Pentury mengapresiasi keinginan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendorong percepatan status Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi negeri setempat. "Kami menghaturkan terima kasih kepada Kepala Negara yang merespon pengajuan proposal ke Kementerian Pendidikan Nasional dengan harapan pada Juli 2012 status Fakultas Kedokteran telah diputuskan," katanya, ketika dikonfirmasi usai peresmian patung pahlawan nasional Johanis Leimena oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Ambon, Sabtu. Presiden saat memberikan sambutan peresmian patung pahlawan Leimena merespon permintaan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu agar membantu pengembangan rumah sakit Unpatti Ambon. "Kami mintakan perhatian untuk kesekian kalinya dari Bapak Presiden untuk pengembangan rumah sakit Unpatti Ambon yang bila dikembangkan namanya Johanis Leimena," ujar Gubernur.

...dst

5 ) Kemristek akan Luncurkan eJournal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/09/m5ccxi-kemristek-akan-luncurkan-ejournal

Sabtu, 09 Juni 2012, 15:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementerian Riset dan Teknologi mempersiapkan jurnal elektronik atau "e-journal" untuk memampang berbagai hasil riset ilmiah para ilmuwan dari berbagai institusi riset yang disebut Pustaka Jurnal Ilmiah Indonesia. "Tahun ini juga kami akan 'launching," kata Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta di sela Konferensi "Infrastruktur Informasi Sains dan Teknologi: Digitalisasi, Open Access, dan Interopabilitas" di Goethe Haus Jakarta, Sabtu. Dengan e-journal, ujarnya, pemaparan hasil riset mudah diakses siapapun, kapan saja dan di mana saja, lebih cepat dan efisien, selain itu harus menggunakan sitem yang "interopability" yang memungkinkan dapat dijalankan di semua sistem informasi berbagai institusi. Institusi yang akan "link" dengan e-journal ini yakni lembaga-lembaga pemerintah non-kementerian di bawah Kemristek, badan-badan litbang daerah hingga universitas, dengan lebih dulu akan menjalin kerja sama dengan Universitas Sebelas Maret, Jateng.

...dst

6 ) Internasionalisasi jurnal lokal : perlukah ?!
http://u.lipi.go.id/1328421393

Laksana Tri Handoko
Revisi terakhir : 13/02/12 (05:53 WIB)
Di akhir bulan Januari lampau ada beberapa artikel di media yang meliput sistem akreditasi jurnal secara daring yang diluncurkan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Peneliti LIPI. Meski jelas topik ini tidak menjadi berita hot untuk awam, terbukti dengan liputan media yang adem ayem. Karena memang hanya terkait dengan komunitas yang merupakah segelintir minoritas di republik ini, yaitu peneliti. Bahkan untuk akademisi di Perguruan Tinggi (PT) juga tidak ada kaitannya. Karena minimal sampai saat ini di Indonesia masih terjadi dualisme sistem akreditasi jurnal ilmiah lokal, yaitu yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud sejak belasan tahun lalu, serta oleh Pusbindiklat Peneliti LIPI sejak beberapa tahun lalu. Pada prakteknya, pengelola jurnal lokal yang diterbitkan PT cenderung mengajukan akreditasi ke DP2M Dikti, sedangkan yang diterbitkan oleh lembaga penelitian ke Pusbindiklat LIPI. Hal ini terjadi karena status akreditasi sangat menentukan angka kredit dari artikel-artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal-jurnal tersebut. Meskipun ada norma (tidak tertulis ?!) bahwa kedua akreditasi saling mengakui, pada prakteknya pemberian angka kredit bagi dosen / peneliti seringkali tidak konsisten akibat perbedaan persepsi atas status registrasi jurnal ini.

...dst

7 ) 62 Tim dari PTN dan PTS Ikuti BTC 2012
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191732

Sabtu, 09/06/2012 - 12:40
BANDUNG, (PRLM).-Sebanyak 62 tim dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di pulau Jawa mengikuti Bandung Tourism Competition (BTC) 2012 di Bale Rumawat Univeritas Padjadjaaran (Unpad), Jalan Dipati Ukur 35, Bandung, Sabtu (9/6). Satu tim terdiri dari 3 orang. Acara yang digelar oleh Program Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini bertujuan membuat marketing plan untuk dapat mengembangkan objek wisata di Jawa Barat. Pada tahun ini, menurut Ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Umi Kaltum, fokusnya untuk memajukan Tangkubanparahu sebagai objek dalam BTC 2012. "Kegiatan ini untuk melatih calon-calon pemimpin negara dalam membuat strategi bisnis untuk memajukan Tangkubanparahu agar dapat lebih dikenal, baik di nasional maupun internasional," ucapnya di sela-sela acara. Dalam rangkaian acara ini terdapat workshop BTC 2012 yang menghadirkan pakar marketing nasional.

...dst

8 ) Kemenlu Gelar Outstanding Students for the World
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191634

Jumat, 08/06/2012 - 12:26
JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menggelar program Outstanding Students for the World. Program tersebut diperuntukkan kepada generasi muda berprestasi untuk dapat memiliki kesempatan berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri. Kementerian Luar Negeri menyadari bahwa pemuda sebagai ujung tombak yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa di masa datang, merupakan salah satu elemen penting dalam konstituen diplomasi bangsa. Untuk itu, Outstanding Students for the World diharapkan dapat memperkuat rasa nasionalisme dan kebanggaan generasi muda kepada NKRI. Program Outstanding Students for the World 2012 yang akan diselenggarakan dari tanggal 9 – 18 Juni 2012 telah memilih 14 (empat belas) siswa berprestasi dari berbagai daerah di tanah air. Diharapkan para peserta Outstanding Students for the World 2012 tersebut dapat meningkatkan pemahaman tentang politik luar negeri RI, dan menjadi salah satu aktor dalam pelaksanaan diplomasi RI dan sekaligus berperan dalam meningkatkan citra RI di dunia internasional.

...dst

9 ) Wow, Mahasiswa UNY Sulap Kemangi Jadi Permen Herbal
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/06/10/m5djn7-wow-mahasiswa-uny-sulap-kemangi-jadi-permen-herbal

Minggu, 10 Juni 2012, 06:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim Program Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan ekstrak daun kemangi (Ocinum canum) untuk membuat permen herbal pencegah bau mulut. "Kemangi memiliki kandungan flavonoid bersifat antimikroba yang mampu mencegah masuknya bakteri, virus, dan jamur yang membahayakan tubuh," kata Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Winda Nirmala di Yogyakarta, Minggu. Selain itu, menurut dia, flavonoid berperan secara langsung sebagai antibiotik yang mengganggu fungsi dari mikroorganisme. Selama ini kemangi biasa digunakan sebagai lalapan pada waktu makan untuk menghilangkan bau mulut, tetapi cara itu kurang efektif karena hanya dapat digunakan pada makanan tertentu. "Oleh karena itu, diperlukan terobosan baru untuk dapat menghilangkan bau mulut dengan cara yang lebih efektif, misalnya dibuat permen. Cara itu lebih efektif karena permen dapat dikonsumsi kapan saja dan di mana saja," katanya.

...dst

10 ) Presiden Minta Mahasiswa Terus Kembangkan Mobil Ultra Efisien
http://www.setkab.go.id/berita-4629-presiden-minta-mahasiswa-terus-kembangkan-mobil-ultra-efisien.html

Kamis, 07 Juni 2012 - 14:03 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta mahasiswa yang menjadi peserta Shell Eco-Marathon, lomba merancang, membangun, dan menguji energi ultra efisien kendaraan, untuk terus mengembangkan mobil tersebut seraya mendukung program pemerintah dalam hal efisiensi energy. Permintaan itu disampaikan oleh Presiden SBY saat bertemu dengan para mahasiswa peserta Shell Eco-Marathon tingkat Asia di halaman Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (7/6).  Pada kesempatan tersebut, Presiden ditemani oleh CEO Royal Dutch Shell Peter Voser, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Shell Eco-Marathon merupakan lomba bagi tim mahasiswa dari seluruh dunia untuk merancang, membangun, dan menguji energi ultra efisien kendaraan. Lomba tahunan ini diselenggarakan di tingkat regional sebelum mencapai tingkat dunia.  Para pemenang adalah tim-tim yang pergi terjauh dengan menggunakan sedikitnya jumlah energi. Agenda ini diselenggarakan untuk memacu dan mengilhami para insinyur muda untuk mendorong batas-batas efisiensi bahan bakar.

...dst

11 ) Rektor UGM Yogyakarta Prof Dr Pratikno MSoc Sc-Berikan Ruang untuk Regenerasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501985/
   
Sunday, 10 June 2012
Sejak dilantik menjadi Rektor UGM Yogyakarta pada 28 Mei 2012 lalu, Pratikno memiliki mimpi yang besar. "Setiap karya UGM harus dirasakan masyarakat," katanya. Namun, Pratikno sadar bahwa banyak sekali tantangan yang harus dihadapi untuk mewujudkannya. Berikut wawancara SINDO dengan Profesor di Bidang Ilmu Politik ini,beberapa waktu lalu. Bagaimana perasaan Anda terpilih menjadi pemimpin universitas negeri tertua di Indonesia? Saya semakin menyadari bahwa kerja berat atau tantangan ke depan yang harus dihadapi sangat berat. Bukan masalah internal saja, tapi yang paling berat adalah masalah ekternal. Sebagaimana kita ketahui UU Badan Hukum Pendidikan dibatalkan, sehingga membuat adanya ketidakpastian hukum dan akhirnya membuat kami harus siap-siap transisi ke BLU (Badan Layanan Umum). Sekarang ini, secara kelembagaan kami,UGM,adalah badan hukum milik Negara, tapi secara keuangan kami BLU.Jadi ada ketidaksingkronan antara format kelembagaan dan keuangan. Ini tantangan yang sangat signifikan karena kami bergeser, termasuk dari format administrasi juga mengalami pergeseran.

...dst

12 ) Lewat Keppres Baru, Presiden Pertahankan Semua Wakil Menteri
http://www.setkab.go.id/berita-4660-lewat-keppres-baru-presiden-pertahankan-semua-wakil-menteri.html

Sabtu, 09 Juni 2012 - 19:30 WIB
Terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 79/PUU-IX/2011 tanggal 5 Juni lalu, dalam perkara pengujian Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor: 65/M Tahun 2012 memutuskan untuk mempertahankan semua Wakil Menteri yang saat ini masih menjabat pada posisinya masing-masing. Dalam Keppres itu ditegaskan, bahwa Wakil Menteri yang diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 111/M Tahun 2009 Keputusan Presiden Nomor 3/P Tahun 2010 Keputusan Presiden Nomor 57/P Tahun 2010 dan Keputusan Presiden Nomor 159/M Tahun  2011, yaitu:

...dst

13 ) Mendikbud: UN dibuat lebih sulit tahun depan
http://www.antaranews.com/berita/314303/mendikbud-un-dibuat-lebih-sulit-tahun-depan

Selasa, 5 Juni 2012 15:39 WIB
Semarang (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengatakan pada tahun depan, derajat kesulitan soal ujian nasional (UN) akan lebih ditingkatkan dibandingkan dengan tahun ini. "Selama ini, komposisi soal UN terdiri atas 10 persen soal mudah, 80 persen soal dengan tingkat kesulitan sedang, dan 10 persen soal sulit. Ke depan, komposisinya akan diubah," katanya, di Semarang, Selasa. Rencananya, persentase soal dengan kategori sulit akan ditingkatkan dari yang semula hanya 10 persen. "Ibaratnya lompat gawang, kalau sudah bisa melompati setinggi 1,5 meter apa dibiarkan terus segitu? ya bisa lompat semua. Karena itu, harus dinaikkan setidaknya 1,7 meter, seperti halnya dengan UN," katanya. Ia mengatakan ada dua skenario yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas UN, yakni dengan meningkatkan derajat kesulitan soal atau dengan menaikkan standar kelulusan UN. "Standar kelulusan UN selama ini, rata-rata kan minimal 5,5, tetapi boleh ada angka 4. Karena itu, perlu dinaikkan, misalnya dari 5,5 menjadi 6. Namun, yang lebih mungkin diambil menaikkan derajat kesulitan soal," katanya.

...dst

14 ) Dari 152 Ribu Tenaga Honorer K1, 72 Ribu Valid, 4.517 Sudah Clear
http://www.setkab.go.id/berita-4628-dari-152-ribu-tenaga-honorer-k1-72-ribu-valid-4517-sudah-clear.html

Kamis, 07 Juni 2012 - 12:15 WIB
Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama dengan Kementerian Pendayaan Gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) telah melakukan melakukan verifikasi terhadap 152 ribu pegawai honorer kategori 1 (K1), atau pegawai honorer yang penghasilannya dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Plt. Kepala BKN Eko Soetrisno akhir pekan lalu mengungkapkan, dari hasil verifikasi terhadap 152 ribu tenaga honorer kategori 1 di seluruh instansi pemerintah dan daerah di tanah air, hanya ada 72 ribu tenaga honorer yang datanya dianggap valid. Sesuai ketentuan PP, terhadap mereka dilakukan  uji publik. Sebanyak 523 instansi pusat dan daerah sudah melakukan uji publik dan yang sudah melaporkan ada 429 instansi, sementara 94 instansi saat ini tengah lakukan uji publik. "Dari hasil uji publik, ada 111 instansi yang menyatakan sudah clear, karena tidak ada complain. Dari jumlah itu, tercatat ada sebanyak 4.517 tenaga honorer kategori 1 yang sudah clear," kata Eko.

...dst

Berita Edukasi, 09 Juni 2012

1 ) Innalillahi Wainna Ilaihi Raji'un
Prof Istiantoro, Direktur Jakarta Eye Center, Berpulang
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/09/03014179/prof.istiantoro.direktur.jakarta.eye.center..berpulang

09 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Presiden Direktur Jakarta Eye Center Prof dr Istiantoro Sukardi, SpM(K) berpulang, Jumat (8/6) pukul 03.50, di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Ia menderita kanker prostat stadium lanjut. Almarhum dikenal memajukan bedah katarak di Indonesia. Semasa hidupnya, almarhum pernah menjadi Kepala Departemen Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)-RS Cipto Mangunkusumo (1991-1997) serta pengajar dan dosen Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI-RSCM (1972-2007) hingga diangkat menjadi guru besar tahun 2006. Pria kelahiran Ponorogo, Jatim, 15 Oktober 1941, itu meninggalkan dua anak dan empat cucu. Almarhum dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jumat siang. Sebelumnya, jenazah disemayamkan di FKUI dan di rumahnya di Jalan Ciniru I/17, Kebayoran Baru. Almarhum salah satu penasihat Gerakan Mata Hati, kegiatan nirlaba yang membudayakan penyadaran kesehatan dan serangkaian pengobatan. Sekretaris Perusahaan PT Nitra Sanatadharma, Muharyanto, mengatakan sudah lama almarhum menderita kanker prostat. Muharyanto mengenang almarhum sebagai dokter yang visioner dan mengikuti perkembangan ilmu bedah mata. Atas dedikasinya di bidang kesehatan mata, almarhum mendapat banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri, termasuk The Asia Pacific Association of Cataract and Refractive Surgeons Award (2004). (ADH)

>>>>

2 ) Lembaga Akreditasi PT Dibentuk di Sejumlah Daerah
http://www.jpnn.com/read/2012/06/08/130006/Lembaga-Akreditasi-PT-Dibentuk-di-Sejumlah-Daerah-

Jum'at, 08 Juni 2012 , 19:46:00
JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengembangkan Lembaga Akreditasi  Mandiri (LAM) ke beberapa daerah untuk menangani proses akreditasi Perguruan Tinggi (PT) yang ada di wilayah tersebut. Pasalnya, Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang sudah ada saat ini dinilai tidak sanggup melayani proses akreditasi program studi yang jumlahnya mencapai 6.000 prodi. "Mengenai keberadaan  LAM ini, merupakan kebutuhan yang mendesak untuk mendukung BAN-PT dalam melakukan proses akreditasi di lingkungan perguruan tinggi," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/6). Nuh menjelaskan, pendirian LAM tersebut akan diatur ke dalam Rancangan UU Perguruan Tinggi (RUU PT) yang saat ini tengah dibahas di DPR, khususnya pada bab penjaminan mutu pendidikan."Kalau semua akreditasi prodi dilakukan oleh BAN-PT pasti akab berat sekali. Karena butuh energi yang luar biasa. Maka itu, LAM yang disebar di berbagai daerah, yang nantinya akan melakukan akreditasi pada PT di wilayah tersebut ," jelasnya.

...dst

3 ) Jurnal Ilmiah
PTN Terbitkan Jurnal Ilmiah Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/22092689/PTN.Terbitkan.Jurnal.Ilmiah.Internasional

Jumat, 8 Juni 2012 | 22:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Guna mengembangkan kualitas penelitian dan karya ilmiah kalangan perguruan tinggi di Indonesia, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia atau MRPTNI akan membuat jurnal ilmiah berkelas internasional. Pada Juli ini rencananya akan diluncurkan tiga jurnal, masing-masing bidang sosial, sains dan teknologi, serta kesehatan. Ketua Majelis Rektor MRPTNI Idrus Paturusi mengemukakan, penerbitan jurnal internasional dibutuhkan karena peneliti Indonesia kesulitan memublikasikan tulisan di jurnal ilmiah internasional di luar negeri. "Persiapan untuk penerbitan jurnal internasional sudah mulai dilakukan. Kami menggandeng profesor dan doktor yang ahli di bidangnya," kata Rektor Universitas Hasanuddin Makassar ini. Menurut Idrus, para rektor akan membahas lebih lanjut penerbitan jurnal ilmiah internasional ini pada 18 Juni. Pembuatan jurnal ilmiah internasional di dalam negeri, kata Idrus, karena peneliti Indonesia kesulitan untuk menembus jurnal ilmiah internasional. Akibatnya, para peneliti, yang utamanya dosen, asal-asalan saja mengejar jurnal ilmiah internasional di luar negeri. "Padahal kualitasnya terkadang bukan jurnal internasional," kata Idrus.

...dst

4 ) Mendikbud: RUU PT Tak Melawan Kebebasan Akademik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/14481027/Mendikbud.RUU.PT.Tak.Melawan.Kebebasan.Akademik

Jumat, 8 Juni 2012 | 14:48 WIB
AKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan, ditundanya pengesahan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) oleh DPR disebabkan karena Kemendikbud menilai diperlukan penyempurnaan draft RUU-PT. Ia juga menolak anggapan sebagian pihak yang menolah RUU PT dengan alasan melawan kebebasan akademik. Nuh menjelaskan, landasan awal dari RUU-PT adalah membuka secara luas kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik. "Apa iya RUU-PT mengekang kebebasan akademik? Saya rasa justru sebaliknya," kata Nuh, Jumat (8/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.
Dijelaskan Nuh, kebebasan akademik bisa dilihat dari diberikannya kewenangan penuh pada perguruan tinggi untuk mengembangkan akademik keilmuan di segala bidang sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Selain itu, setiap perguruan tinggi (negeri) juga diberikan keleluasaan untuk memilih jenis tata kalola keuangannya, otonom, atau semi otonom.

...dst

5 ) Perguruan Tinggi Dukung Antiplagiarisme
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/2150076/Perguruan.Tinggi.Dukung.Antiplagiarisme.

Jumat, 8 Juni 2012 | 21:50 WIB 
JAKARTA, KOMPAS.com -- Perguruan tinggi negeri dan swasta mendukung berbagai upaya internal kampus dan pemerintah untuk melawan plagiarisme. Ajakan untuk menindak tegas pelaku dan meng-online-kan karya ilmiah terus didorong. Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Idrus Paturusi mengatakan, setiap kampus perlu mengembangkan sistem sendiri untuk memerangi plagiarisme, baik untuk kalangan mahasiswa dan dosen. "Dorongan untuk memublikasikan karya ilmiah mahasiswa S1-S3 secara online mesti ditingkatkan. Jika publikasi ilmiah di tiap kampus dilakukan secara terbuka, pelacakan atas plagiarisme bisa lebih mudah," kara Rektor Universitas Hasanuddin Makassar itu, Jumat (8/6/2012). Secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Edy Suandi Hamid mengatakan, dalam setiap kesempatan APTSI mendorong semua PTS untuk bersikap tegas terhadap pelaku plagiarisme. Ajakan untuk meng-online-kan skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa di tiap kampus terus dilakukan.

...dst

6 ) Perguruan Tinggi Lawan Plagiarisme
Minat Memublikasikan Masih Rendah
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/09/0300382/perguruan.tinggi.lawan.plagiarisme.

09 Juni 2012
Jakarta, kompas - Perguruan tinggi negeri dan swasta mendukung sejumlah upaya internal kampus dan pemerintah untuk melawan plagiarisme. Ajakan untuk menindak tegas pelaku dan meng-online-kan karya ilmiah terus didorong. Idrus Paturusi, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), yang dihubungi dari Jakarta, Jumat (8/6), mengatakan, tiap perguruan tinggi perlu mengembangkan sistem sendiri untuk memerangi plagiarisme, baik untuk kalangan mahasiswa maupun dosen. Dalam pembuatan tugas akhir, misalnya, dosen pembimbing mesti cermat dalam memeriksa karya ilmiah mahasiswa yang dibimbingnya. "Di kalangan dosen pun, plagiarisme tetap bisa terjadi. Kampus harus bertindak tegas terhadap dosen seperti ini," kata Idrus. Menurut dia, dorongan untuk memublikasikan karya ilmiah mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 secara online mesti didorong. Jika publikasi ilmiah di tiap kampus dilakukan secara terbuka, pelacakan atas plagiarisme bisa lebih mudah dilakukan.
Secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Edy Suandi Hamid mengatakan, dalam tiap kesempatan, APTSI mendorong semua PTS agar bersikap tegas kepada pelaku plagiarisme. Ajakan untuk meng-online-kan skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa di tiap kampus terus dilakukan.

...dst

7 ) Jangan Remehkan Hal-Hal Sepele
Naskah Soal Tiba di Panlok H-2 sampai H-1
http://www.jpnn.com/read/2012/06/09/130049/Jangan-Remehkan-Hal-Hal-Sepele-

Sabtu, 09 Juni 2012 , 07:46:00
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis bakal dihelat awal pekan depan dan diikuti  618.670 peserta. Belajar dari pengalaman tahun lalu, panitia pun mewanti-wanti peserta agar tidak meremehkan hal-hal yang terlihat sepele. Misalnya, mengetahui lokasi tempat tes H-1 atau H-2 ujian tulis. "Meskipun masih dalam satu provinsi dengan tempat tinggal peserta, peserta jangan meremehkan," kata Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin (8/6). Rektor UNY itu menyebutkan, tahun lalu banyak peserta yang terlambat masuk ruang ujian gara-gara belum tahu tempat ujian. Keterlambatan itu terjadi karena mereka tak mempelajari terlebih dahulu bahwa untuk menuju lokasi ujian harus berkali-kali oper angkutan umum. Menurut Rochmat, lokasi ujian tidak hanya ditempatkan di kampus. Tapi, juga ruang kelas milik sekolah di beberapa titik. "Untuk itu, paling aman sehari sebelum ujian sudah tahu lokasi ujiannya bahkan posisi tempat duduknya," terangnya. Untuk pelaksanaan tes tulis, belum ada pengumuman perubahan seperti SNMPTN jalur ujian tulis tahun lalu. Peserta ujian sudah mulai masuk ruang ujian pukul 07.30 WIB untuk mengisi formulir dan sejenisnya. Ujian baru dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pada hari pertama, pengerjaan soal ujian tes potensi akademik untuk program IPA, IPS, dan IPC dimulai pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB. Selanjutnya disusul tes bidang studi dasar, yakni matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris mulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

...dst

8 ) Pakai GPS-mu untuk Cari Lokasi SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/417/643982/pakai-gps-mu-untuk-cari-lokasi-snmptn

Jum'at, 08 Juni 2012 18:05 wib
JAKARTA - Apakah kamu sudah mengetahui lokasi ujianmu pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Jika belum, segeralah menyurvei lokasi ujianmu agar tidak tersasar ketika ujian. Cara tradisional yang bisa kamu tempuh adalah dengan mengunjungi langsung lokasi ujianmu, maksimal satu hari sebelum pelaksanaan Ujian Tulis SNMPTN 2012. Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah dengan memanfaatkan fitur global positioning system (GPS) pada telefon genggam atau perangkat elektronik lain. Mengapa menyurvei lokasi ujian begitu penting? Menurut Kepala Humas Universitas Diponegoro (Undip) Agus Naryoso, dengan melihat tempat ujian lebih dahulu, para peserta diharapkan tidak salah lokasi dan membuang waktu untuk mencari tempat ujian yang benar. Survei juga akan mencegah peserta dari terlambat karena telah mengetahui rute yang akan dilalui. "Salah satu faktor untuk lolos SNMPTN adalah kesiapan peserta dalam menghadapi tes. Selain belajar, mengetahui lokasi ujian terlebih dahulu juga diharapkan dapat menjadi salah satu persiapan yang cukup penting," kata Agus dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat (8/6/2012).

...dst

9 ) Anda Mau Ikut SNMPTN? Ingat, Jangan Sampai Lupa yang Satu Ini
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/07/m5909b-anda-mau-ikut-snmptn-ingat-jangan-sampai-lupa-yang-satu-ini

Kamis, 07 Juni 2012, 20:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang pelaksanaan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 12 dan 13 Juni 2012 nanti, Panitia Lokal Bandung kembali mengingatkan pentingnya pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN. "Karena Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN merupakan syarat mutlak ketika berlangsungnya ujian tulis dan keterampilan SNMPTN. Kartu itu juga sebagai bukti bahwa calon peserta telah melakukan prosedur pendaftaran SNMPTN yang sah," ujar Weny Widyowati, humas Panitia Lokal Bandung untuk SNPMTN 2012. Weny mengimbau kepada  peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN, mereka bisa segera datang ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung di  Kampus ITB Jl Ganesha No. 10 Bandung, Gedung Rotunda atau hubungi Call Centre SNMPTN 2012: 0804-1-450-450.

...dst

10 ) Siswa Lolos SNPTN Undangan-Tak Lapor Diri Dianggap Mundur
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501684/
   
Saturday, 09 June 2012
SEMARANG – Kepala UPT Humas Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sucipto Hadi Purnomo menginformasikan, bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan, wajib memenuhi undangan lapor diri pada 19, 20, 21 Juni 2012. Bagi mereka yang tidak datang pada tanggal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri dan kehilangan kesempatan menjadi mahasiswa baru di Unnes. "Jadi tidak hanya mereka yang diterima melalui SNMPTN jalur undangan.Juga bagi mereka yang diterima sekaligus pada program beasiswa bidik misi melalui SNMPTN Jalur undangan. Jika tidak datang dianggap mengundurkan diri," kata Sucipto kemarin. Pada saat lapor diri, calon mahasiswa wajib menyerahkan berkas sebagaimana tercantum dalam Pengumuman Rektor tentang Registrasi Mahasiswa Baru. Berkait dengan pembayaran SPP, besaran biaya direncanakan akan diumumkan pada 10 Juni 2012 di laman unnes.ac.id serta registrasi. unnes.ac.id."Pembayaran mulai 11–18 Juni 2012."

...dst

11 ) Kuota Bidikmisi PTS Kecil
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/09/188968/Kuota-Bidikmisi-PTS-Kecil

09 Juni 2012
SEMARANG- Mulai tahun ini mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menerima alokasi beasiswa bidikmisi. Hanya saja, kuotanya masih kecil dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DIY Dr Bambang Supriyadi mengatakan, beasiswa tersebut dialokasikan untuk mahasiswa yang kuliah di program studi (prodi) dengan akreditasi A. PTS di DIY mendapat kuota hanya 22 mahasiswa. "Hanya tujuh PTS yang menjadi sasaran program bidikmisi. Padahal, jumlah prodi yang terakreditasi A mencapai 60,"katanya saat dihubungi, Selasa (5/6). Bambang menyebutkan, jumlah PTS di DIY 112 yang terdiri atas 514 prodi. Kuota penerima beasiswa ini cenderung kecil, karena ditentukan berdasarkan jumlah orang miskin. "Penentuan kuota bidikmisi kenapa relatif kecil, karena jumlah orang miskin di DIY juga sedikit. Jadi, seolah-olah jumlahnya kecil," ungkapnya. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jateng Mustafid mengatakan, tidak tahu pasti kuota mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa bidikmisi. "Saya tidak tahu berapa jumlahnya, karena masih dibahas di tingkat pusat," katanya.

...dst

12 ) Tak Terbukti Miskin-63 Pendaftar Bidik Misi Unnes Gugur
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501729/
   
Saturday, 09 June 2012
SEMARANG – Karena tidak terbukti sebagai warga miskin, 63 pendaftar beasiswa bidik misi melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan dinyatakan tidak lolos seleksi. Dari hasil survei yang dilakukan oleh tim survei Unnes, ke- 63 pendaftar tersebut hanya mengaku miskin namun kenyataannya dinilai mampu. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Agus Wahyudin menyebutkan, kuota bidik misi yang dialokasikan di Unnes melalui SNMPTN jalur undangan sekitar 64% atau 994 beasiswa dari total 1.450 kuota yang disediakan. Dengan tidak lolosnya 63 pendaftar,kuota bidik misi pada SNMPTN jalur undangan terisi 931 pendaftar. "Survei yang kami lakukan dengan menerjunkan tim baik di wilayah Jawa maupun luar Jawa,"katanya. Usai dilakukan pengumuman SNMPTN jalur undangan, pihaknya telah menerjunkan tim survei atau verifikator sebanyak 150 personel untuk melakukan pembuktian datadata calon penerima bidik misi.

...dst

13 ) Dikeluhkan, Penundaan Uang Kuliah Tunggal
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/09/188974/Dikeluhkan-Penundaan-Uang-Kuliah-Tunggal-

09 Juni 2012
SOLO- Penundaan penerapan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan menimbulkan gejolak masyarakat, terutama orang tua yang memiliki anak yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Pengumuman penundaan terlalu berdekatan dengan jadwal pembayaran kuliah yang akan dilakukan pada 12-13 Juni. Orang tua siswa dari kalangan ekonomi menengah ke bawah akan keberatan mencari tambahan biaya yang harus dibayar. Sebagaimana diketahui, jika menggunakan UKT maka biaya awal masuk kuliah jauh lebih ringan. "Jika ditunda akan ada gejolak. Tapi, kami adalah perguruan tinggi negeri. Jika ada hitam di atas putih mengenai penundaannya, kami tetap patuh," kata Pembantu Rektor II Universitas Sebelas Maret Surakarta Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum, Rabu (6/6). Penundaan penerapan UKT akan menyebabkan UNS harus menata kembali urusan administrasi. Yakni, menghitung kembali besaran biaya yang harus dibayarkan per semester. Pasalnya, saat ini UNS telah selesai menghitung nominal biaya per semester berdasarkan sistem UKT. Bahkan, saat ini daftar biaya telah diumumkan melalui website universitas, http://spmb.uns.ac.id.

...dst

14 ) Dubes Jepang Angkat Jempol untuk Pendidikan di Uncen
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/08/m5agvl-dubes-jepang-angkat-jempol-untuk-pendidikan-di-uncen

Friday, 08 June 2012, 14:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori memuji pola pendidikan di Universitas Cendrawasih ketika melakukan lawatan ke Provinsi Papua. Menurut Yoshinory, kampus yang berada di Ibukota provinsi Papua merupakan salah satu Universitas terbaik yang ada di Indonesia. "Salama kunjungan saya ke Papua, saya juga mendatangi universitas Cenderawasih dan saya kira, proses pendidikan disana sudah sangat baik dan merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, Kata Yoshinory di Jayapura, Jumat (8/6). Dia mengatakan, salah satu tujuan pihaknya ke Papua adalah mewakili pemerintah Jepang untuk memberikan donasi kepada provinsi papua di bidang pendidikan. "Bidang kerja sama pemerintah Indonesia dan Jepang adalah peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu pemerintah jepang memutuskan untuk membantu proyek United Nation Word Food Programe (WFP) dalam hal Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) berbasis makanan Lokal," katanya. Yoshinory lebih lanjut mengatakan, pemerintah Jepang saat ini juga tengah intensif melakukan kerja sama pertukaran pelajar antar kedua negara, dirinya berharap perwakilan dari Provinsi Papua ada yang diberi kesempatan untuk ke Jepang.

...dst

15 ) Mendikbud: Banyak Pihak Manfaatkan Masalah UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/19510983/Mendikbud.Banyak.Pihak.Manfaatkan.Masalah.UI

Jumat, 8 Juni 2012 | 19:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai berlarut-larutnya masalah di Universitas Indonesia (UI) lantaran banyak ditumpangi kepentingan. Menurutnya, sejumlah pihak memanfaatkan situasi menyusul akan digelarnya pemilihan rektor pada Agustus mendatang. "UI kebanyakan penumpang, dengan banyak kepentingan. Hati-hati antara menyelesaikan masalah dengan pembentukan opini," kata Nuh, Jumat (8/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta. Diungkapkan Nuh, saat ini masalah UI semakin ditarik keluar. Melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan aktivis yang notabene datang dari internal, dan 'menggoyang' ketenangan kampus seperti Gerakan Save UI dan UI Bersih. Padahal, menurutnya sebagai sebuah institusi harusnya UI bisa menyelesaikan masalah secara internal dan kekeluargaan sehingga tidak "gaduh" dan mengganggu suasana akademis di kampus tersebut.

...dst

16 ) MWA dorong implementasi inovasi IPB
http://www.antaranews.com/berita/314913/mwa-dorong-implementasi-inovasi-ipb

Jumat, 8 Juni 2012 22:05 WIB
Bogor (ANTARA News) - Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor mendorong inovasi yang telah diciptakan dapat direalisasikan untuk kehidupan masyarakat luas. "MWA mendorong agar inovasi-inovasi yang telah dilahirkan IPB agar bisa diaplikasikan ke masyarakat sehingga lebih bermanfaat," kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Muhamad Achmad Chozin, MAgr saat ditemui usai sidang pleno khusus MWA di Kampus IPB Barangsiang, Jumat. Chozin mengatakan, prestasi IPB meraih penghargaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) selama empat tahun berturut-turut perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan setiap tahunnya. Namun, lanjut dia, yang terpenting adalah inovasi tersebut diimplementasikan. Misalnya melakukan kerja sama dengan dunia industri, dan swasta."Jadi semua inovasi yang diciptakan ada manfaatnya bagi pihak lain. Terutama masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya petani," katanya.

...dst

17 ) Siap Go International, ITS Tempuh 4 Langkah Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643694/siap-go-international-its-tempuh-4-langkah-ini

Jum'at, 08 Juni 2012 14:05 wib
JAKARTA - Untuk menuju world class university, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, harus melengkapi berbagai kualifikasi yang dibutuhkan. International Office (IO) sebagai pemegang amanah internasionalisasi pun kian semangat bergerak mengenalkan ITS ke dunia internasional. Salah satu caranya lewat website IO. Kepala IO ITS Maria Anityasari menjelaskan, IO memiliki rencana strategis empat tahun menuju internasionalisasi. Tahun pertama adalah tahap pembenahan organisasi dan peningkatan efisiensi. ''Intinya, internal ITS harus siap dulu," tutur Maria, seperti dilansir dari ITS Online, Jumat (8/6/2012). Pada tahap ini, lanjut Maria, ada tiga aspek yang akan disiapkan. Pertama, sumber daya manusia (SDM) meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Pasalnya, ketiganya dinilai belum siap menghadapi internasionalisasi, terutama para karyawan. Terkait hal tersebut, pihak IO telah berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa dan Budaya ITS untuk menggelar pelatihan bahasa Inggris untuk para karyawan.

...dst

18 ) BNI bantu 174 mahasiswa berprestasi Universitas Diponegoro
http://www.antaranews.com/berita/314920/bni-bantu-174-mahasiswa-berprestasi-universitas-diponegoro

Jumat, 8 Juni 2012 22:28 WIB
Semarang (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Semarang menyalurkan bantuan beasiswa kepada 174 mahasiswa berprestasi dari Universitas Diponegoro Semarang sebagai komitmen dalam memajukan pendidikan. "Selama ini BNI peduli untuk bidang pendidikan, baik pendidikan usia dini hingga pendidikan perguruan tinggi," kata Chief Executive Officer PT BNI Wilayah Semarang, Bambang Kuncoro, di Semarang, Jumat. Hal tersebut diungkapkan dia usai penyerahan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi Undip dengan total bantuan senilai Rp993,6 juta yang diberikan kepada 174 mahasiswa Undip yang berasal dari berbagai fakultas dan jurusan.Ia menjelaskan sebenarnya ada dua kategori beasiswa yang diberikan BNI untuk membantu pengembangan pendidikan, yakni kepada mereka yang dalam kondisi tidak mampu secara ekonomi, serta mereka yang pintar dan berprestasi. Beasiswa yang disalurkan kepada 174 mahasiswa Undip itu merupakan kategori mahasiswa berprestasi, kata dia, dengan total nilai Rp993,6 juta untuk tahap pertama dari beasiswa pendidikan yang akan disalurkan tahun ini kepada Undip.

...dst

19 ) STMIK AMIKOM Latih Mental Wirausaha Melalui Kuliner
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501690/
   
Saturday, 09 June 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta terus mencari terobosan baru guna membentuk jiwa kewirausahaan bagi mahasiswanya. Baik melalui jalur akademik maupun nonakademik. Salah satunya melalui festival kuliner. Festival kuliner berlangsung selama lima hari,yaitu mulai Selasa (5/6) hingga Sabtu (9/6) atau hari ini di basement Unit IV Kampus STMIK AMIKOM.Festival diselenggarakan oleh entrepreneurkampus STMIK AMIKOM. Panitia penyelenggara Rinto Trijatmiko mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 21 stan.Jumlah ini terdiri atas 10 stan mahasiswa STMIK AMIKOM dan 21 stan berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Yogyakarta.

...dst

20 ) Krim Tabir Surya dari Biji Bakau
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643845/krim-tabir-surya-dari-biji-bakau

Sabtu, 09 Juni 2012 11:34 wib
JAKARTA - Berbagai perawatan dan produk kecantikan digunakan oleh kaum hawa untuk menjaga kecantikan tubuh dan wajahnya. Salah satu produk yang menjadi andalan adalah tabir surya untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari. Siapa sangka jika ternyata tabir surya dapat terkandung dalam tanaman bakau yang biasa digunakan sebagai penahan abrasi? Kandungan tabir surya dalam biji bakau ini ditemukan Peneliti Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB) Linawati Hardjito. Dia pun berhasil menciptakan krim perawatan sehari-hari berbahan dasar alami dan ramah lingkungan tersebut. Penelitian yang dilakukan Linawati sejak 2003 itu dilakukan di pesisir Kalimantan. Masyarakat setempat, konon telah memanfaatkan biji bakau ini sebagai bedak ketika hendak melaut. Dengan demikian, hasil penelitian Linawati ini semakin menguatkan tradisi yang sudah berlangsung lama di tengah masyarakat ini.

...dst

21 ) PAGELARAN TEATER VIETNAM DI UGM-Kisahkan Kaum Muda Mencari Jati
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501725/

Saturday, 09 June 2012
Untuk pertama kalinya penari dan musisi Vietnam beserta penata koreografi tari dari Jerman dan Prancis menyuguhkan pertunjukkan teater,tari dan musik di pusat kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri UGM . Pagelaran berdurasi 65 menit berjudul Nhieu Mat ini dilakukan oleh sembilan penari dan dua musisi ini menggabungkan unsur-unsur gerak,suara,dan musik modern dengan tradisional. Dalam karya ini Raphael Hilllebrand dan Sebastian Ramirez sang koreografer tari memperluas bahasa tari menjadi ekspresi yang kaya dan beragam. Unsur-unsur teater,teks yang dilisankan, musik dan lagu tradisional Vietnam menjadi satu bagian karya unik yang menggabungkan seni dari dua benua yang berbeda yaitu benua Asia dan Eropa.

...dst

22 ) Future Leader Jaring Mahasiswa Unggul
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/09/188970/Future-Leader-Jaring-Mahasiswa-Unggul

09 Juni 2012
JAKARTA- XL meluncurkan program XL Future Leader, suatu pemberdayakan sosok-sosok muda dari para mahasiswa terbaik Indonesia. Program ini merupakan bagian dari program Indonesia berprestasi yang telah dikembangkan sejak lima tahun yang lalu. "Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi generasi muda melalui pengembangan di tiga kompetensi bertujuan untuk menciptakan pemimpin masa depan Indonesia yang mampu bersaing di dunia," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, di sela-sela peluncuran program di Jakarta, Rabu (6/6). Hadir Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia  Firmansyah serta Presiden Direktur GE Indonesia - Handry Satriago.

...dst

23 ) IPB Gelar Pelatihan untuk Guru PAUD
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643812/ipb-gelar-pelatihan-untuk-guru-paud

Jum'at, 08 Juni 2012 17:16 wib
JAKARTA - Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB menggelar pelatihan bagi guru PAUD. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti puluhan guru dari 51 PAUD binaan IPB yang ada di 17 Desa Lingkar Kampus IPB dan 1 PAUD dari Bogor Timur. Salah satu narasumber pelatihan tersebut, yakni Melly Latifah mengungkapkan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan guru-guru PAUD dari 17 Desa Lingkar Kampus IPB mengenai pendidikan holistik dan berbasis karakter. "Kami menyadari tidak semua guru PAUD memiliki konsep mendidik anak yang memadai dan sesuai dengan ilmu atau teori tumbuh kembang anak, psikologi anak, serta pendidikan yang tepat untuk anak usia dini," ujar Melly, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (8/6/2012).

...dst

24 ) Peraturan soal kewajiban ibu beri ASI terus disosialisasikan
http://www.antaranews.com/berita/314909/peraturan-soal-kewajiban-ibu-beri-asi-terus-disosialisasikan

Jumat, 8 Juni 2012 21:36 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan, Slamet Riyadi Yuwono, mengatakan bahwa sosialisasi PP 33 tahun 2012 tentang pemberian ASI harus terus berjalan. Hal itu dia sampaikan pada jumpa pers tentang sosialisasi peraturan baru ini di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat. Peraturan pemerintah tersebut pada dasarnya adalah mewajibkan seluruh ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka selama enam bulan pertama, sehingga pemenuhan gizi dan kualitas nutrisi pertama untuk bayi dapat terpenuhi dalam periode emas tersebut, papar Slamet. "Peraturan ini harus diterapkan guna memenuhi hak bayi dalam mendapatkan ASI eksklusif," ujar dia. Imbauan kepada ibu dan keluarga bayi untuk menolak konsumsi susu formula untuk bayi, serta promosi susu formula, juga diterapkan dalam Peraturan Pemerintah yang disahkan pada April.

...dst

25 ) 4 Keajaiban Langit di Bulan Juni
http://sains.kompas.com/read/2012/06/01/11065159/4.Keajaiban.Langit.di.Bulan.Juni

Jumat, 1 Juni 2012 | 11:06 WIB
KOMPAS.com — Bulan Juni ini adalah bulan yang istimewa bagi para penggemar skywatching. Ada banyak fenomena astronomi mengagumkan yang bisa dilihat di bulan ini. Dari sekian fenomena astronomi yang terjadi, setidaknya ada tiga yang cukup istimewa dan satu yang tergolong langka. Apa saja? Berikut fenomena-fenomena tersebut :

...dst

26 ) Buku Porno Beredar di SD
http://www.jpnn.com/read/2012/06/09/130062/Buku-Porno-Beredar-di-SD-

Sabtu, 09 Juni 2012 , 09:28:00
BANDUNG-  Dunia pendidikan tercoreng. Dua buku berbau porno serta sadisme beredar di tiap sekolah dasar di Kota Bandung, salah satunya SD Cempaka Arum.  Dua buku itu merupakan bantuan dana alokasi khusus (DAK) untuk perpusatakaan sekolah yang bersumber dari Kemendiknas. Kepala SD Cempaka Arum, Ahmad Taufan mengaku tidak mengetahui ada buku di perpusatakaan yang isinya tidak sesuai dengan peruntukan siswa sekolah dasar. Namun ketika ada imbauan dari pengawas dan Kabid SD Kota Bandung untuk melakukan pengecekan terhadap buku-buku hasil DAK, dia langsung memeriksa semua buku diperpustakaan dan juga buku bahan mengajaran. "Saya sangat kaget ketika membacanya ada dua judul buku yang menurut saya benar-benar tak pantas untuk diberikan ke sekolah meskipun buku tersebut memang jenisnya merupakan novel, bukan buku ajaran," Ahmad yang ditemui di sekolahnya, kemarin (8/6).Dua judul buku itu yakni "Tidak Hilang Sebuah Nama" karya Galang Lutfianto dan Tambelo Kembalinya Si Burung Camar karya Redhite. Buku-buku itu diterbitkan Era Adi Citra Inter Media.

...dst    

Berita Edukasi,08 Juni 2012

1 ) Karya Ilmiah Harus Dipublikasikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/08521991/Karya.Ilmiah.Harus.Dipublikasikan

Jumat, 8 Juni 2012 | 08:52 WIB
Jakarta, Kompas - Untuk mengantisipasi plagiarisme, perguruan tinggi harus mengutamakan transparansi bidang akademik. Caranya, memublikasikan karya ilmiah mahasiswa dan dosen secara online. "Salah satunya melalui situs jurnal Garba Rujukan Digital Nusantara atau Garuda yang telah dibuat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak dua tahun lalu," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Kamis (7/6), di Jakarta. "Kuncinya, transparansi akademik. Selama hanya dipakai untuk kalangan internal, peluang plagiarisme terbuka lebar," ujarnya. Ia menanggapi maraknya kembali plagiarisme yang terjadi di perguruan tinggi. Saat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud sedang menyelidiki dugaan kasus plagiarisme yang terjadi di perguruan tinggi negeri, termasuk di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Di perguruan tinggi itu terdapat dua kasus dugaan plagiarisme. Pertama, skripsi karya Sarika, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, yang dijiplak dan diklaim menjadi hasil penelitian salah seorang dosennya. Kasus kedua, skripsi mahasiswa bernama Muhammad Sidik yang diduga dijiplak kemudian diklaim sebagai karya dosen dan dikirim ke jurnal ilmiah.

...dst

2 ) Mendikbud: Transparansi Keilmuan Cegah Plagiasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/21021429/Mendikbud.Transparansi.Keilmuan.Cegah.Plagiasi

Kamis, 7 Juni 2012 | 21:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menilai transparansi dapat menekan peluang seseorang untuk berbuat kecurangan. Hal itu ia sampaikan menyusul ditemukannya kasus plagiat yang dilakukan seorang dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Dikatakan Nuh, plagiasi di dunia pendidikan terjadi lantaran ada kesempatan. Dalam hal ini adalah tidak adanya upaya untuk mempublikasikan karya ilmiah secara lebih luas. "Plagiat terjadi karena ada ruang gelap yang membuka kesempatan untuk melakukan kecurangan, atau penyimpangan," kata Nuh, Kamis (7/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

...dst

3 ) Mendikbud Sangkal RUU PT Ancam Kebebasan Akademik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/08/324850/293/14/Mendikbud-Sangkal-RUU-PT-Ancam-Kebebasan-Akademik-

Jumat, 08 Juni 2012 04:33 WIB
JAKARTA--MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh membantah jika RUU Perguruan Tinggi (PT) yang saat ini dibahas, dikhawatirkan bakal mengancam kebebasan akademik. Mendikbud di Jakarta, Kamis (7/6), menyatakan RUU PT yang tengah dibahas oleh DPR RI dan pemerintah justru dasarnya adalah kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan. "Bagian mana yang dikatakan mengancam kebebasan akademik? Kami tidak membatasi itu. Justru dalam RUU PT ini mendorong kewenangan kepada PT untuk mengembangkan akademik keilmuan (kebebasan akademik), bebas memberikan pendapatnya bagi seseorang yang sudah punya otoritas keilmuan (mimbar akademik)," pungkas Nuh saat ditemui Media Indonesia di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
 
...dst

4 ) Korupsi Proyek Universitas
Mendikbud Tak Akan Halangi Proses Hukum
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/12093394/Mendikbud.Tak.Akan.Halangi.Proses.Hukum

Jumat, 8 Juni 2012 | 12:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan proses hukum terkait dugaaan korupsi proyek universitas yang melibatkan rektor dan mantan rektor dari 16 universitas. "Silakan ditangkap dan diproses secara hukum jika memang karyawan di lingkungan Kemdikbud ataupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbukti melakukan korupsi," kata Nuh, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/6/2012). Mantan Menkominfo ini menegaskan, dirinya tak akan menutup-nutupi atau mencegah KPK untuk memeriksa dugaan korupsi tersebut. "Sejak kapan saya pernah melarang KPK memeriksa? Silakan saja, kalau memang menemukan kejanggalan, silakan dijelaskan karena semua bisa dihitung," ucapnya.

...dst

5 ) Korupsi Proyek Universitas
KPK Periksa Rektor Satu Per Satu
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/08/03194727/kpk.periksa.rektor.satu.per.satu

08 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Komisi Pemberantasan Korupsi mulai mengusut keterlibatan pihak lain dalam dugaan korupsi pembahasan anggaran pengadaan sarana dan prasarana di 16 universitas negeri senilai Rp 600 miliar. Rektor dan mantan rektor dari 16 universitas itu satu per satu diperiksa KPK. KPK memeriksa mantan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Rahman Abdullah, Kamis (7/6). Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha memastikan kehadiran Rahman. Sebelumnya, Selasa lalu KPK memanggil Rektor IPB Herry Suhardiyanto. Namun, Herry tak dapat memenuhi panggilan KPK karena berada di luar negeri. KPK menjadwalkan ulang pemanggilan Herry pada Kamis pekan depan. Para rektor diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Angelina Sondakh. KPK baru menetapkan Angelina sebagai tersangka kasus suap dalam pembahasan anggaran pengadaan sarana dan prasarana di 16 universitas negeri. Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, KPK tengah menelisik keterlibatan pihak lain. "Untuk kasus ini, kami fokus pada soal pembahasan anggarannya. KPK tengah menelisik pihak lain di luar AS (Angelina Sondakh), apakah yang lain ikut menerima suap juga atau tidak," kata Johan.

...dst

6 ) Ada Pihak yang Coba 'Bermain' Dalam Proyek di Universitas Tadulako
http://news.detik.com/read/2012/06/06/181125/1934654/10/ada-pihak-yang-coba-bermain-dalam-proyek-di-universitas-tadulako?9922022

Rabu, 06/06/2012 18:11 WIB
Jakarta Setelah dipimpin oleh Basyir Cyio, seluruh proyek yang ada di Universitas Tadulako, Sulawesi Selatan, harus melalui Dirjen Dikti. Namun tetap saja ada pihak-pihak yang ingin 'bermain' dalam proyek tersebut. Basyir menjabat sebagai rektor Universitas Tadulako, sejak Maret 2011 lalu. Setelah menjabat, Basyir meneken pakta integritas di depan Dirjen Dikti, untuk tidak mau terseret kasus korupsi. "Tahun ini mulai masa jabatan saya usulan kita dari Untad langsung ke Dirjen Dikti," kata Basyir saat dihubungi, Rabu (6/6/2012). Meski begitu, tetap saja ada sejumlah pihak yang ingin 'bermain' dalam proyek-proyek yang ada di kampus itu. Namun Basyir mengaku menolak mentah-mentah segala rayuan yang ada.

...dst

7 ) UGM-Kemenristek Kembangkan Teknologi Roket Uji Muatan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/19203340/UGM-Kemenristek.Kembangkan.Teknologi.Roket.Uji.Muatan

Kamis, 7 Juni 2012 | 19:20 WIB
YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI membentuk Komunitas Roket Uji Muatan (RUM) dalam rangka mendukung kesiapan sumber daya manusia dalam pengembangan teknologi industri roket di tanah air. Komunitas RUM akan memanfaatkan kawasan pantai pandansimo Bantul sebagai area pelatihan peluncuran uji roket muatan. Staf ahli pertahanan dan keamanan Kemenristek RI, Ir. Hari Purwanto, M.Sc., DIC mengungkapkan pakar roket di Indonesia jumlahnya masih sangat terbatas. Dengan adanya komunitas ini diharapkan akan banyak generasi muda yang tertarik untuk mendalami teknologi roket. Selama ini pemerintah masih sangat bergantung pada roket impor untuk memenui kebutuhan roket dalam negeri, baik untuk pertahanan maupun untuk kebutuhan yng lain.

...dst

8 ) Unnes Jamin Peraih Nilai UN Tertinggi Terima Beasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/07/m58os6-unnes-jamin-peraih-nilai-un-tertinggi-terima-beasiswa

Kamis, 07 Juni 2012, 15:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Universitas Negeri Semarang menjamin Mutiarani (17) peringkat pertama Ujian Nasional (UN) se-Indonesia jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) tetap mendapatkan beasiswa Bidik Misi. "Mutiarani memang berasal dari keluarga tidak mampu dan meraih peringkat pertama UN SMK secara nasional. Layak mendapat Bidik Misi," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Masyarakat Unnes Sucipto HP di Semarang, Kamis. Ia menjelaskan, lulusan SMK Negeri 2 Semarang yang menempati peringkat pertama UN SMK secara nasional dengan nilai 29,6 itu memang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Menurut dia, SNMPTN undangan mendasarkan penilaian kepada nilai rapor, bukan nilai UN, sementara nilai rapor yang diperoleh Mutiarani selama bersekolah setelah diverifikasi ternyata tidak lolos seleksi. "Tidak lolosnya pada SNMPTN undangan, bukan pada Bidik Misi. Kami membagi kuota Bidik Misi dengan total untuk 1.500 penerima melalui tiga jalur, yakni SNMPTN undangan, SNMPTN tulis, dan jalur mandiri," katanya. Oleh karena itu, kata dia, sebenarnya masih ada kesempatan Mutiarani mendapat Bidik Misi melalui SNMPTN tulis dan jalur mandiri, namun sayangnya yang bersangkutan tidak mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN tulis.

...dst

9 ) 63 Pendaftar Tidak Lolos Survei Bidikmisi Unnes
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188913/63-Pendaftar-Tidak-Lolos-Survei-Bidikmisi-Unnes

08 Juni 2012
SEMARANG- Sebanyak 63 pendaftar Bidikmisi Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tidak lolos dalam survei atau verifikasi. Dalam proses survei, calon mahasiswa tidak mampu membuktikan status miskinnya. Dalam daftar pengumuman SNMPTN jalur undangan, Bidikmisi dialokasikan 64% atau 994 beasiswa dari 1.450 kuota yang diterima Unnes. Akan tetapi, pada proses survei lapangan atau verifikasi yang dilakukan tim Unnes di Jawa dan luar Jawa, ditemukan pemalsuan data oleh pendaftar yang sebenarnya mampu, tapi mengaku miskin, sehingga yang dinyatakan lolos Bidikmisi pada jalur undangan 931 pendaftar. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Agus Wahyudin mengatakan, setelah pengumuman SNMPTN jalur undangan pihak Unnes langsung menerjunkan tim survei atau verifikator 150 personel untuk membuktikan kebenaran data calon mahasiswa penerima Bidikmisi dari jalur tersebut. Ternyata dari jatah 994 mahasiswa Bidikmisi dari jalur undangan, 63 peserta terbukti tidak miskin.

...dst

10 ) Kiat Lulus SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/14234043/Kiat.Lulus.SNMPTN

Kamis, 7 Juni 2012 | 14:23 WIB
Kompas.com - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) boleh dibilang masih menjadi pilihan utama para siswa untuk melanjutkan studi karena alasan kualitas yang unggul dan biayanya murah. Alasan gengsi juga terkadang memengaruhi mengapa banyak siswa berlomba-lomba memilih PTN.
Ada beberapa jalur pendaftaran PTN, mulai dari penelurusan minat dan kemampuan (PMDK) hingga jalur prestasi. Jalur lain yang banyak dinantikan mereka yang tidak lolos  jalur-jalur tersebut adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Tahun ini SNMPTN rencananya akan dilaksanakan pada 12-13 Juni 2012. Kendati risikonya tak seberat menghadapi ujian nasional, tetap diperlukan keseriusan dalam mempersiapkan diri.

...dst

11 ) Anda Mau Ikut SNMPTN? Ingat, Jangan Sampai Lupa yang Satu Ini
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/07/m5909b-anda-mau-ikut-snmptn-ingat-jangan-sampai-lupa-yang-satu-ini

Kamis, 07 Juni 2012, 20:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang pelaksanaan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 12 dan 13 Juni 2012 nanti, Panitia Lokal Bandung kembali mengingatkan pentingnya pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN. "Karena Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN merupakan syarat mutlak ketika berlangsungnya ujian tulis dan keterampilan SNMPTN. Kartu itu juga sebagai bukti bahwa calon peserta telah melakukan prosedur pendaftaran SNMPTN yang sah," ujar Weny Widyowati, humas Panitia Lokal Bandung untuk SNPMTN 2012. Weny mengimbau kepada  peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN, mereka bisa segera datang ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung di  Kampus ITB Jl Ganesha No. 10 Bandung, Gedung Rotunda atau hubungi Call Centre SNMPTN 2012: 0804-1-450-450.

...dst

12 ) Kartu Tanda Bukti Pembayaran Wajib Dibawa
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191525

Kamis, 07/06/2012 - 14:39
BANDUNG, (PRLM).- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengimbau kepada calon peserta yang mengalami kesulitan untuk mencetak kartu tanda bukti pendaftaran agar segera mendatangi Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung. Sebab kartu tanda bukti pembayaran merupakan syarat wajib yang harus dibawa peserta saat ujian tulis berlangsung 12-13 Juni mendatang. "Jadi, kepada peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan kartu tanda bukti pendaftaran, calon peserta harus secepatnya datang langsung ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung untuk menyelesaikan proses pendaftaran hingga kartu selesai dicetak," kata Humas SNMPTN Panlok Bandung Weny Widyiowati, Kamis (7/6). Seperti yang telah diberitakan, jumlah calon peserta SNMPTN jalur tertulis yang tercatat di Panlok Bandung mencapai 40.253 peserta. Terdiri dari 14.592 peserta kelompok IPA, 15.042 peserta kelompok IPS, dan 10.619 peserta kelompok IPC.

...dst

13 ) Denah Lokasi SNMPTN Dilengkapi GPS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188912/Denah-Lokasi-SNMPTN-Dilengkapi-GPS

08 Juni 2012
SEMARANG - Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis tidak perlu risau mencari lokasi ujian yang akan digelar 12-13 Juni. Pasalnya, Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN telah menambahkan fasilitas Global Positioning System (GPS) pada info lokasi ujian yang bisa diakses melalui laman www.um.undip.ac.id. Panlok SNMPTN 2012 Semarang Sudjadi mengatakan, pengalaman tahun lalu tidak sedikit siswa yang salah lokasi. Mereka mengira lokasi ujian di kampus Undip Pleburan, ternyata yang benar di kampus Tembalang. "Ada juga peserta yang saat ujian langsung menuju kampus Teknik Mesin, padahal lokasinya di Teknik Arsitektur. Padahal, dua kampus itu jauh jaraknya," kata Sudjadi yang menangani IT, kemarin. Karena itu, dia berharap peserta ujian tertulis SNMPTN  membuka website sebelum ke lokasi. Namun, mereka juga harus mengecek langsung lokasi untuk memastikan agar bisa datang tepat waktu dan tidak terjebak macet.

...dst

14 ) Lebihi Kuota, Panlok Siapkan Kursi Tambahan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501583/
   
Friday, 08 June 2012
BANDUNG – Sebanyak 40.129 calon mahasiswa mendaftar ke Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Kota Bandung. Pendaftaran SNMPTN ditutup sejak 2 Juni lalu. Rinciannya sebanyak 14.547 calon peserta untuk kelompok ujian IPA, 14.994 kelompok IPS,dan 10.588 calon peserta kelompok IPC. Sebelumnya panitia mengumumkan kuota Kota Bandung mencapai 38.500 peserta SNMPTN. Humas Panlok SNMPTN 2012 Bandung Weny Widyowati menjamin kelebihan kuota tersebut dapat diatasi dengan baik. "Kami harus menambah kursi dan ruangan tambahan, tapi pasti kami usahakan semua pendaftar di Bandung tertampung," ujarnya,kemarin. Dia menjelaskan,untuk ujian SNMPTN sudah disiapkan sejumlah gedung sekolah dan perguruan tinggi di Kota Bandung antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).Penyelenggaraan SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis digelar serentak di seluruh Indonesia pada 12-13 Juni.

...dst

15 ) Biaya Sumbangan Masuk Undip Turun
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188914/Biaya-Sumbangan-Masuk-Undip-Turun

08 Juni 2012
SEMARANG-  Universitas Diponegoro (Undip) mulai tahun ini menurunkan biaya Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) bagi mahasiswa baru. Penurunan berkisar  Rp 1 juta - Rp 5 juta. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, penurunan SPMP didasari adanya Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN). Bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini sebesar 10% dari unit cost atau biaya pendidikan tinggi di Undip. "Pemanfaatan BOPTN sebenarnya fleksibel, tapi kami berkomitmen digunakan untuk mengurangi beban orang tua mahasiswa," ujarnya, semalam. Ke depan, dia berharap BOPTN bisa bertambah, sehingga beban biaya kuliah yang dibayar mahasiswa bisa semakin berkurang. Dengan demikian, dari unit cost tersebut diharapkan biaya kuliah yang dikeluarkan mahasiswa cukup 30% saja.

...dst

16 ) FE Unissula Pertahankan Akreditasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188915/FE-Unissula-Pertahankan-Akreditasi

Juni 2012
SEMARANG- Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) kembali mempertahankan akreditasi, baik Ekonomi Manajeman maupun Ekonomi Akuntansi meraih akreditasi A. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 035/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XI/2011 untuk program studi Akuntansi dan nomor 001/BAN-PT/Ak-XV/S1/IV/2012 untuk program Ekonomi Manajemen, tentang status, nilai, peringkat, dan masa berlaku hasil akreditasi program sarjana di perguruan tinggi memutuskan bahwa Fakultas Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Unissula meraih akreditasi A. BAN-PT telah menetapkan status, peringkat, dan nilai program studi untuk program pendidikan sarjana sebagai hasil penilain BAN-PT. Keputusan ini berlaku selama lima tahun.

...dst

17 ) Festival Budaya Indonesia di Nanchang University Jiangxi China
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/381

06/08/2012
Sepuluh gadis cantik mahasiswi School of Art and Design berbaris rapi di panggung Auditorium Xingzhenglou Nanchang University (NCU) dengan seragam warna biru tampak anggun dan mempesona. Pembawa acara kemudian meminta hadirin untuk berdiri karena lagu kebangsaan Indonesia Raya akan dikumandangkan oleh 10 gadis cantik itu. Sejenak hadirin terpaku menyimak suara merdu paduan suara yang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut. Meriding seluruh tubuh mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan dengan penuh penghayatan. Siapa sangka bahwa 10 gadis cantik itu bukan orang Indonesia bila mendengar begitu sempurnanya suara merdu mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dengan syahdu, memang sejatinya mereka orang China yang sedang belajar di School of Art and Design Nanchang University (NCU).

...dst

18 ) Mahasiswa Indonesia Jadi Duta Budaya di Vietnam 
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/07/079409061/Mahasiswa-Indonesia-Jadi-Duta-Budaya-di-Vietnam

Kamis, 07 Juni 2012 | 16:36 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Ganendra Awang Kristandya, mahasiswa kedokteran hewan Universitas Brawijaya Malang, menjadi duta budaya selama sepekan di Vietnam. Dia mengikuti Bilateral Student Leader''s Adventure Camp (BiSAC) mulai 21-27 Mei. "Saya sempat menjadi dosen bahasa Indonesia di sana," katanya, Kamis, 7 Juni 2012. Kebetulan University of Social Sciences and Humanities (USSH) memiliki jurusan bahasa Indonesia. Perguruan tinggi yang terletak di Kota Ho Chi Minh, Vietnam Selatan, ini menjadi tempat dilangsungkannya pertukaran budaya antarnegara di ASEAN. Kegiatan ini diselenggarakan ASEAn Youth Friendship Network, sebuah organisasi persahabatan negara ASEAN. Organisasi bermoto Forming an International Through Cultures ini sering melakukan kegiatan serupa.

...dst

19 ) Pameran Binatang Edukasi Mahasiswa ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643693/pameran-binatang-edukasi-mahasiswa-its

Jum'at, 08 Juni 2012 13:03 wib
JAKARTA - Saat ini ragam permainan untuk anak-anak semakin canggih seiring perkembangan teknologi. Namun, hal ini tidak menghalangi mahasiswa Jurusan Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, memberi suguhan mainan anak berbahan dasar kayu. Pada pameran produk bertajuk Play 2 Ride The New Experience, mereka menampilkan aneka permainan anak-anak berbentuk binatang berbahan dasar kayu. Acara yang digelar selama tiga hari sejak Rabu, 6 Juni ini, menunjukkan, ide kreatif dari mahasiswa Despro seolah tidak pernah habis. Ketua Pelaksana pameran Retno Palupi menyebut, pameran kali ini tidak sama dengan pameran yang sering mereka lakukan. Meski sudah menggelar puluhan pameran, selalu saja ada hal yang mampu menarik pengunjung. "Pameran ini berbeda,'' ungkap Retno, seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (8/6/2012).

...dst

20 ) Peneliti Perempuan Didorong Lahirkan Karya-karya Sains
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/382

06/08/2012
Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), L'Oréal, dan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) melalui program Fellowship for Women in Science (FWIS) mendukung perempuan peneliti muda untuk melahirkan karya-karya sains terbaiknya demi kemajuan Indonesia. Kontribusi program ini dalam meningkatkan peranan perempuan peneliti Indonesia mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah. Melalui dukungan tiga kementerian yaitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Kementerian Riset dan Teknologi, program ini setiap tahunnya melahirkan sosok-sosok perempuan peneliti muda unggulan yang mendedikasikan karir dan pengetahuannya untuk menciptakan berbagai inovasi sains sebagai kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara. Bersama KNIU, tahun ini program L'Oréal Indonesia Fellowship For Women In Science (FWIS) kembali digelar untuk kesembilan kalinya.

...dst

21 ) 2 Pimpinan PTS Tandatangani Kontrak Program Hibah Pembinaan PTS
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/380

06/08/2012
Yogyakarta -- Dua Perguruan tinggi swasta (PTS) menandatangani kontrak Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) Tahun anggaran 2012, di Yogyakarta, Selasa (5/6). Kedua PTS tersebut adalah Universitas Tridinanti Palembang dan AMIK Polibisnis Medan. Total PTS yang memperoleh bantuan PHP-PTS Tahun anggaran 2012 berjumlah 101. "Dari 878 proposal yang masuk, dievaluasi dan diumumkan 101 perguruan tinggi pemenang." kata Maryanthi, Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Kelembagaan, Direktorat Kelembagaan dan Kerja sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Tidak semua proposal yang masuk, akan disetujui. Faktor kegagalan untuk mendapatkan bantuan ini, salah satunya adalah plagiasi. Pemberian bantuan PHP PTS ini menurut Maryanthi, dapat dibatalkan apabila dikemudian hari ternyata PTS belum berbadan hukum, ada konflik dalam PTS tersebut ataupun terbukti adanya data yang menunjukkan ketidaktaatazasan di PTS Pemenang.

...dst

22 ) Herbatic, Paduan Es Krim dan Jamu Karya Mahasiswa UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/09572358/Herbatic.Paduan.Es.Krim.dan.Jamu.Karya.Mahasiswa.UGM

Jumat, 8 Juni 2012 | 09:57 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Jamu memang identik dengan obat dan rasa pahit. Namun di tangan sekelompok mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada, aneka herbal untuk membuat jamu dimodifikasi dengan es krim. Herbatic atau Herbal Nabati Ice Cream tersebut adalah hasil kreativitas Elok Pawening Maharani, Sari Yuslia, Arif Sugianto, Anisa Dian Safitri, dan Aryo Dwi Nugroho. Elok mengungkapkan, pemilihan bahan nabati dan herbal sebagai bahan baku es krim ini berawal dari keprihatinan mereka pada rendahnya minat masyarakat mengonsumsi jamu. "Jamu itu minuman menyehatkan, tetapi tidak praktis dan kurang diminati masyarakat. Untuk itulah kami mencoba berinovasi mengemas jamu dalam bentuk yang lebih menarik yaitu es krim, produk yang bisa dibilang disukai oleh semua kalangan," papar Elok , Jumat (8/6).

...dst

23 ) 1.000 Anggrek Endemik Sulawesi dari Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643662/1-000-anggrek-endemik-sulawesi-dari-unhas

Jum'at, 08 Juni 2012 11:27 wib
MAKASSAR - Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) mengembangkan 1.000 jenis anggrek endemik di Pulau Sulawesi. Mereka akan menanam varian Anggrek tersebut secara massal di hutan pendidikan Bengo-Bengo, Kabupaten Maros, pada 8-10 Juni 2012.Anggrek-anggrek tersebut diperoleh dari hasil perburuan di berbagai daerah di Sulawesi serta hasil kultur jaringan yang dikembangkan di Screen House Anggrek milik Fakultas Pertanian Unhas. Jenis anggrek yang akan ditanam tersebut antara lain phalaenopsis var.celebes (Anggrek Bulan Sulawesi), phalaenopsis amboinensis, grammatophyllum speciosom (Anggrek Tebu), grammatophylum scriptum (Anggrek Macan), Anggrek Hitam Sulawesi, Anggrek Bambu, dan beberapa jenis anggrek hibrida.

...dat

24 ) Kalender Ramalan Curah Hujan dari ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/372/643094/kalender-ramalan-curah-hujan-dari-its

Jum'at, 08 Juni 2012 09:02 wib
JAKARTA - Pemanasan global menyebabkan perubahan cuaca dan iklim yang tidak menentu. Kondisi cuaca, termasuk curah hujan yang tidak menentu kerap menjadi masalah di bidang pertanian hingga berakibat pada kegagalan panen para petani di Mojokerto. Untuk mengatasinya, tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merancang kalender yang bisa meramalkan curah hujan lebih akurat. Gagasan yang dipaparkan dalam ajang National Youth Scientist Conference ini mendapat penghargaan The Best Presentator di Institut Pertanian Bogor (IPB). Cuaca ekstrim menyebabkan petani susah menentukan waktu tepat untuk bercocok tanam. Sementara itu belum ada ramalan cuaca yang dapat memberikan prediksi jangka panjang dengan akurasi tinggi. Maka, tiga mahasiswa ITS Jurusan Statistika, Ari Miftahul Huda, Osaliana Budiarto, dan Achmad Choiruddin mengemukakan gagasan kalender ramalan curah hujan.

...dst

25 ) PTS di Sumut siap jalankan "e-learning"
http://www.antaranews.com/berita/314648/pts-di-sumut-siap-jalankan-e-learning

Kamis, 7 Juni 2012 12:24 WIB
Medan (ANTARA News) - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara siap melaksanakan e-learning atau pendidikan jarak jauh yang merupakan sebagian upaya untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi. "Namun syarat utama sebuah PTS untuk menjalan pogram e-learning ini adalah program studi harus memiliki akreditasi minimal B," kata Ketua Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh M Nawawiy Lubis di Medan Kamis. Ia mengatakan tujuan e-learning tersebut antara lain untuk meningkatkan daya serap dari mahasiswa atas materi yang diajarkan, meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, meningkatkan kemampuan para mahasiswa. Konsep program e-learning tersebut untuk menyediakan kemudahan bagi siapa saja yang berminat belajar, yang mempunyai keterbatasan waktu, keterbatasan jarak, cacat fisik, para pekerja di perusahaan yang ingin meningkatkan pengetahuannya tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

...dst

26 ) Majelis Wali Amanat IPB gelar pertemuan
http://www.antaranews.com/berita/314772/majelis-wali-amanat-ipb-gelar-pertemuan

Kamis, 7 Juni 2012 21:18 WIB
Bogor (ANTARA) - Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor menggelar sidang pleno khusus guna membahas program kerja satu tahun ke depan salah satunya pemilihan rektor. "Ini merupakan rapat lanjutan dari rapat khusus I pada saat pemilihan ketua. Dalam rapat ini kita membahas dan menetapkan progam MWA satu tahun ke depan," kata Ketua Majelis Wali Amanat IPB, Prof Dr Ir. Muhamad Achmad Chozin, MAgr, di Bogor, Kamis. Chozin mengatakan, rapat tersebut akan dihadiri seluruh anggota MWA IPB yang berjumlah 21 orang yang terdiri atas unsur-unsur perwakilan senat akademik, masyarakat, alumni, staf institut, mahasiswa, serta rektor IPB dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Chozin, pokok pembahasan sidang nantinya akan membahas terkait pemilihan rektor yang masa jabatannya akan berakhir November mendatang. "Kami akan membahas tata cara pemilihan, pembentukan panitia hingga persiapan pelaksanaan pemilihan," katanya.

...dst

27 ) Pendaftaran calon Rektor UI dibuka 11 Juni
http://www.antaranews.com/berita/314722/pendaftaran-calon-rektor-ui-dibuka-11-juni

Kamis, 7 Juni 2012 17:40 WIB
Depok (ANTARA News) - Pendaftaran calon Rektor Universitas Indonesia mulai dibuka pada 11 Juni 2012, kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Said Agil Siradj. "Panitia pemilihan rektor akan menjalankan tugas menjaring nama calon rektor," kata Said Agil di Gedung rektorat UI Depok, Kamis. Pendaftaran rektor ini terbuka untuk umum. Ia mengatakan pihak panitia pemilihan sudah membahas soal syarat-syarat calon rektor. Ia menjelaskan, panitia akan menyaring seluruh calon yang mendaftar, menjadi tujuh besar pada Juli. Selanjutnya panitia akan menyaring menjadi tiga nama terbaik, dan kemudian menetapkan rektor terpilih. Pelantikan rektor baru akan dilakukan pada Agustus. Rektor UI dipilih oleh anggota MWA yang berhak memilih, kecuali rektor. Mereka terdiri dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), sebelas orang dari fakultas, satu perwakilan karyawan, satu mahasiswa, dan enam perwakilan masyarakat.

...dst

28 ) Pilrek UI Dibekingi Parpol?
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643677/pilrek-ui-dibekingi-parpol

Jum'at, 08 Juni 2012 11:50 wib
DEPOK – Isu muatan politis membayangi pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI) yang akan dimulai bulan Juni ini. Isu tersebut muncul menjelang pemilihan presiden 2014. Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) UI Bambang Wibawarta tak menampik isu tersebut. Namun dia ingin agar agenda pemilihan rektor ini tidak digiring ke ranah politik. "Jangan menjadi proses politisasi, mungkin saja dibekingi partai politik, UI ini kan sangat seksi, banyak orang pintar, banyak karyanya," ujar Bambang kepada wartawan usai rapat Majelis Wali Amanat (MWA) di gedung Rektorat UI, kemarin. Bambang bertutur, banyak calon yang akan maju dalam pemilihan rektor nanti. Salah satunya dari Fakultas Teknik UI. "Bahkan saya dengar FT sampai membuat konvensi, karena banyaknya calon yang mau ikut," ujarnya.
Dia berharap, calon rektor selanjutnya dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. Serta harus memiliki jiwa yang jujur, inovatif dan berkarakter. "Calon rektor juga harus mempunyai jiwa wirausaha, dan memikirkan bagaimana caranya kami semua civitas akademika UI ini dituntut untuk membangun peradaban," pungkasnya.

...dst

29 ) Kasus Tanda Tangan Palsu Tak Pengaruhi Pilrek UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/373/643206/kasus-tanda-tangan-palsu-tak-pengaruhi-pilrek-ui

Kamis, 07 Juni 2012 15:39 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) tengah mempersiapkan pemilihan rektor yang akan dimulai bulan Juni ini. Sebab Agustus mendatang, UI sudah akan memiliki rektor yang baru. Panitia pemilihan rektor juga sudah mulai dibentuk. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Said Agil Siradj mengatakan pendaftaran calon rektor akan mulai dilakukan pada 11 Juni 2012. "Tanggal 11 pendaftaran calon rektor dimulai, siapa pun, jumlahnya berapa pun, terbuka sebanyak–banyaknya," kata Said usai rapat MWA di Gedung Rektorat UI, Kamis (7/6/2012). Terkait dengan kisruh UI yang dilanjuti dengan pelaporan kasus dugaan tanda tangan palsu 11 dokumen dalam pembangunan perpustakaan UI, Said menyerahkan proses tersebut ke ranah hukum. Hal itu tentu tidak akan memengaruhi pemilihan rektor. "Ya itu urusan hukumlah, tak mengganggu pemilihan rektor. KPK juga punya wewenang untuk itu, tidak terpengaruh," tegasnya.

...dst

30 ) Dosen Sering Absen, Mahasiswa IAIN Mataram Demo
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/12390359/Dosen.Sering.Absen.Mahasiswa.IAIN.Mataram.Demo

Jumat, 8 Juni 2012 | 12:39 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, Jum'at (8/6) pagi, menggelar unjuk rasa di Kampus IAIN Mataram. Aksi yang sudah berlangsung sejak awal pekan ini menyoal berbagai persoalan di kampus mereka, terutama terkait proses belajar mengajar yang terganggu karena banyaknya doses yang mendapat tugas belajar ke luar daerah. Para mahasiswa juga mendesak agar diadakan audit independen terhadap pengelolaan keuangan kampus
yang dikelola oleh rektor. Dalam aksi yang diwarnai pembakaran ban bekas, para mahasiswa mengancam untuk melakukan boikot Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jika pihak rektorat tidak segera menanggapi tuntutan para mahasiswa.

...dst

31 ) Mahasiswa Mercu Buana Promosikan Pakaian Batik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/06/324823/293/14/-Mahasiswa-Mercu-Buana-Promosikan-Pakaian-Batik

Rabu, 06 Juni 2012 18:53 WIB
JAKARTA--MICOM: Sebanyak 130 peserta lomba pemilihan Putra dan Putri kampus Universitas Mercu Buana, Jakarta mempromosikan pakaian batik saat kuliah. "Tema yang kita usung memang tradisional maka semua pakaian peserta dan penonton menggunakan batik," kata Ketua Panitia Pemilihan Putra dan Putri Kampus Universitas Mercu Buana, Endi Rekardi di Jakarta, Rabu (6/6). Ia menjelaskan, dengan dilakukannya pemakaian batik saat acara, diharapkan dapat diikuti para mahasiswa ketika kuliah. "Jadi, kita ingin tekankan bila batik tidak dipakai saat acara tertentu saja tetapi juga pada momen lainnya," kata Endi Rekardi yang juga sebagai Direktur Kemahasiswaan. Dalam acara pemilihan putra dan putri kampus, ditampilkan pula beberapa batik dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, para dosen pengajar pun ikut tampil seperti model yang menggenakan pakaian batik.

...dst

32 ) 11 Tokoh Terima Anugerah Pemimpin Pancasila 
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/07/079409084/11-Tokoh-Terima-Anugerah-Pemimpin-Pancasila

Kamis, 07 Juni 2012 | 17:45 WIB
TEMPO.CO, Sleman – Sebanyak 11 tokoh nasional bakal menerima anugerah sebagai Pemimpin Pancasila 2012 dari Indonesia Satu Foundation. Pemberian anugerah dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila ini bakal berlangsung di Pagelaran Keraton Yogyakarta pada Jumat, 8 Juni 2012. "Anugerah ini untuk menunjukkan bahwa yang dicari bangsa ini bukan pejabat dan penguasa, tapi pemimpin yang berani mengambil keputusan," kata pendiri Indonesia Satu Foundation Freddy Ndolu dalam seminar nasional "Rakyat Mencari Pemimpin" di Hotel Rich Jalan Magelang, Kamis 7 Juni 2012. Sebelas tokoh penerima penghargaan ini adalah Jimly Ashidiqqie, Syarif Hassan, Yusril Ihza Mahendra, Fadel Muhammad, Chappy Hakim, Siswono Yudohusodo, Effendy Choiri, Ratna Sarumpaet, Hadar Gumay, Fadjroel Falakh, dan Bambang Harimurti dari Tempo.

...dst

33 ) Beasiswa S-1 di University of Queensland Australia
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/368/642915/beasiswa-s-1-di-university-of-queensland-australia

Kamis, 07 Juni 2012 11:13 wib
JAKARTA - University of Queensland, Australia, membuka program beasiswa strata satu (S-1) pada Fakultas Sains. Penerima beasiswa pada program Science International Undergraduate Excellence Scholarships ini akan mendapatkan total 12 ribu dolar Australia atau sekira Rp112,04 juta (Rp9.336,5 per dolar Australia), yang akan dibayarkan 6.000 dolar Australia (Rp56,01 juta) pada semester satu dan dua. Sementara itu, program Science International Undergraduate Merit Scholarships meliputi fasilitas biaya studi total 5.000 dolar Australia atau sekira Rp46,68 juta, biaya ini dibayarkan 3.000 dolar Australia (Rp28,009 juta) pada semester pertama dan 2.000 dolar Australia (Rp18,67 juta) pada semester kedua.

...dst

34 ) Kembali Ingatkan Agar Tak Rekrut Honorer
Pemerintah Anggap Bahaya karena Kelak Tuntut Pengangkatan
http://www.jpnn.com/read/2012/06/08/129913/Kembali-Ingatkan-Agar-Tak-Rekrut-Honorer-

Jum'at, 08 Juni 2012 , 04:48:00
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tidak henti-hentinya mewanti-wanti semua instansi pemerintahan di pusat maupun daerah tidak merekrut tenaga honorer. Apalagi setelah Peraturan Pemerintah (PP) Pengangkatan Honorer menjadi CPNS disahkan presiden. Menurut Sekretaris Kemen PAN-RB Tasdik Kinanto, peringatan itu harus terus dilakukan karena selama ini instansi di daerah cukup membandel. Dalam artian, mereka tetap saja merektrut tenaga honorer. "Intinya kami (pemerintah) sudah tidak mau menghabiskan tenaga hanya untuk urusan tenaga honorer," katanya. Tasdik menegaskan, setelah keluarnya PP Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS, persoalan CPNS sudah tuntas untuk honorer Kategori 1/K1 dan Kategori 2/K2. Dalam amanat putusan PP tersebut, pengangkatan tenaga honorer K1 menjadi CPNS dilaksanakan tahun ini. Sedangkan untuk tenaga honorer K2 diangkat menjadi CPNS secara bertahap mulai 2013 sampai 2014.

...dst

35 ) Gaji ke-13 Cair Bulan Ini
http://www.jpnn.com/read/2012/06/08/129921/Gaji-ke-13-Cair-Bulan-Ini-

Jum'at, 08 Juni 2012 , 06:06:00
JAKARTA - Kabar gembira bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Gaji ketiga belas bakal bisa segera mereka nikmati.  Akhir bulan lalu, persisnya 28 Mei, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2012 yang akan memberikan tambahan penghasilan berupa gaji atau pensiun bulan ketiga belas. Kementrian Keuangan tengah memproses mekanisme pencairan gaji ke-13 tersebut. Rencananya pelaksanaannya di bulan Juni ini. "Nanti aku cek dulu ya. Itu harusnya di Dirjen Anggaran," kata Menkeu Agus Martowardojo di kantornya, Kamis (7/6). Gaji ke-13 bisa dicairkan setelah Menkeu menerbitkan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) tentang pencairan gaji tambahan tersebut. Setelah itu, Ditjen Perbendaharaan akan menerbitkan Surat Edaran kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di tiap daerah untuk mencairkan.  Tahun ini pemerintah menganggarkan belanja pegawai sebesar Rp 212,24 triliun. Anggaran tersebut sudah memperhitungkan pembayaran gaji ke-13.

...dst

36 ) Sho Yano, 21 Tahun Jadi Dokter
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/373/643228/sho-yano-21-tahun-jadi-dokter

Kamis, 07 Juni 2012 17:40 wib
CHICAGO - Cowok ini mulai kuliah pada usia sembilan tahun. Tiga tahun kemudian, dia memulai pendidikannya di sekolah kedokteran. Dalam usianya ke-21, dia pun akan menjadi dokter termuda di University of Chicago, Amerika Serikat (AS). Sho Yano bisa membaca pada usia dua tahun, menulis pada tiga tahun, dan membuat musik di usianya yang kelima. Minggu ini, Yano akan lulus dari Pritzker School of Medicine, tempat dia juga mengantongi gelar PhD (doktor) dalam bidang genetik molekular dan bilogi sel. Gelar ini diperolehnya dalam usia 21 tahun.
"Saya tidak pernah mengerti, mengapa menantang diri sendiri dianggap membahayakan ketimbang menjadi sangat bosan?" kata Yano, seperti dilansir Huffington Post, Kamis (7/6/2012). University of Chicago menerima Yano pada 2003. Salah satu petugas penerima mahasiswa, Dr. Joel Scwab, mengenang momennya mewawancarai Yano yang ketika itu berusia 11 tahun. "Saya ingat, bocah 11 tahun yang sopan itu datang mengenakan jas kecil. Tetapi saya tahu, dia bukan tipe anak yang akan diantar ibunya ke lapangan softball, dia akan menjadi dokter," kata Scwab.

...dst

37 ) Facebook diprediksi mati 8 tahun lagi
http://www.antaranews.com/berita/314669/facebook-diprediksi-mati-8-tahun-lagi

Kamis, 7 Juni 2012 14:04 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Anjloknya harga saham Facebook menjadi pertanda awal keterpurukan jejaring sosial ini. Seorang analis investasi senior Ironfire Capital Eric Jackson memprediksi Facebook akan kolaps di lantai saham dan hilang delapan tahun kedepan lapor Dailymail. Jackson memperkirakan nasib Facebook akan sama susah payah berjuang menghadapi era mobile web yang modern dan akhirnya akan punah. Kepada CNBC dalam program Squawk on the Street, dia mengatakan bahwa Facebook seharusnya terus berjuang dengan inovasi dan versi mobile yang lebih baik jika tidak ingin ditinggalkan. "Dalam lima sampai delapan tahun terlihat tanda-tanda keterpurukan mereka seperti yang dialami oleh Yahoo. Yahoo tetap menghasilkan keuntungan, tetap memperkerjakan 13.000 karyawan tetapi secara real hanya 2.000 karyawan yang benar-benar bekerja. Bisa dikatakan ini merupakan sebuah keterpurukan," kata Jackson. Jackson memprediksi Facebook akan kesulitan mengikuti generasi-generasi teknologi terbaru dan berusaha beralih ke "mobile".

...dst

Berita Edukasi, 07 Juni 2012

1 ) Mendikbud Klarifikasi Status Disclaimer
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/19475550/Mendikbud.Klarifikasi.Status.Disclaimer

Rabu, 6 Juni 2012 | 19:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh kembali menampik tudingan tanpa opini (disclaimer) terkait laporan keuangan di kementeriannya. Karena berdasarkan exit meeting antara Mendikbud dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), laporan keuangan Kemdikbud jauh dari status disclaimer. Dijelaskan Nuh, dari hasil exit meeting ditemui ada Rp 614 miliar dana yang tidak jelas penggunaan dan laporannya (nilai temuan). Akan tetapi, setalah ditelisik secara internal oleh Kemdikbud, temuan itu menyusut menjadi Rp 82 miliar. "Kami diberi waktu 4 hari untuk mengklarifikasi. Hasilnya jauh menyusut dari temuan BPK, dan ini perlu kita sampaikan," kata Nuh, di gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/6/2012).

...dst

2 ) Negara Rugi Miliaran Rupiah
Menteri Panggil Rektor Pekan Ini
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/07/03302211/negara.rugi.miliaran.rupiah

07 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Badan Pemeriksa Keuangan mengungkapkan ada kerugian negara berindikasi tindak pidana senilai Rp 68,12 miliar dan 108.810,41 dollar Amerika Serikat dari hasil pemeriksaan terhadap 18 universitas negeri dalam pengadaan sarana dan prasarana tahun anggaran 2008-2011. Selain kerugian negara, BPK juga mengungkapkan ada potensi kerugian Rp 16,24 miliar, kekurangan penerimaan senilai Rp 83,81 miliar, kesalahan administrasi Rp 69,49 miliar, serta penganggaran yang tidak efektif, efisien, dan ekonomis senilai Rp 400,76 miliar. "Total dana yang bermasalah di 18 universitas itu mencapai Rp 638,54 miliar dan 108.810,41 dollar AS," ujar anggota BPK, Rizal Djalil, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/6). Menurut Rizal, dari total dana yang bermasalah di 18 universitas negeri itu, ditemukan 191 temuan pemeriksaan yang meliputi dugaan rekayasa lelang atau tender, pengadaan barang yang tak sesuai spesifikasi secara kuantitatif ataupun kualitatif, dan keterlambatan dalam kontrak.
Bila link kompas cetak tak bisa akses bisa baca di:
http://www.kopertis12.or.id/2012/06/07/negara-rugi-miliaran-rupiah-menteri-panggil-rektor-pekan-ini.html

...dst

3 ) Mutiarani Peraih Nilai UN Tertinggi Tak Lolos Beasiswa Bidik Misi
http://news.detik.com/read/2012/06/06/154904/1934459/10/mutiarani-peraih-nilai-un-tertinggi-tak-lolos-beasiswa-bidik-misi

Rabu, 06/06/2012 15:49 WIB
Semarang Nama Mutiarani, murid SMKN 2 Semarang saat ini sudah semakin dikenal karena prestasinya yang menduduki peringkat pertama nilai kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat tahun 2012. Meski demikian ternyata ia tidak lolos seleksi beasiswa bidik misi di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Juru Bicara Universitas Negeri Semarang Sucipto Hadi Purnomo mengatakan, tidak lolosnya Mutiarani dalam bidik misi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan, karena hasil penilaian dari nilai rapor dan prestasi Mutiarani tidak memenuhi syarat. "SNMPTN jalur undangan tidak berdasarkan nilai ujian tapi kompilasi dari nilai rapor dan prestasi," kata Sucipto saat dihubungi wartawan, Rabu (6/6/2012). "Mutiarani juga tidak selalu rangking satu," imbuhnya.

...dst

Bisa juga baca di :
Peraih Nilai UN Tertinggi Gagal Dapat Beasiswa
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/06/079408728/Peraih-Nilai-UN-Tertinggi-Gagal-Dapat-Beasiswa

...dst

4 ) 'Prestasi Penerima Beasiswa Bidikmisi Belum Memuaskan'
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/06/m5779a-prestasi-penerima-beasiswa-bidikmisi-belum-memuaskan

Rabu, 06 Juni 2012, 20:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Prestasi mahasiswa penerima program beasiswa Bidikmisi ternyata belum sepenuhnya menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjukkan terdapat mahasiswa yang Indeks Prestasinya (IP) dibawah 2,00. Padahal program Bidikmisi adalah jembatan bagi siswa yang berprestasi di bidang akademik, namun memiliki kekurangan atau keterbatasan ekonomi agar bisa melanjutkan belajar ke jenjang perguruan tinggi. "Seleksi itu seharusnya didasari atas kemampuan akademis. Tetapi kenapa masih ada saja yang mendapatkan IP rendah," kata Anggota Komisi X DPR RI, Tubagus Dedi Gumelar, kepada wartawan Rabu (6/6). Dedi menambahkan, seharusnya Kemendikbud mengambil langkah tegas jika terdapat penerima beasiswa yang tidak menunjukkan prestasi akademis yang signifikan. "Seharusnya mereka yang tidak berprestasi, atau IP-nya di bawah 3,25 dibatalkan saja beasiswanya," kata pria yang biasa disapa Miing tersebut.

...dst

5 ) Kemendikbud: Rendahnya Prestasi Penerima Beasiswa Bidikmisi Biasa Saja
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/06/m5787b1-kemendikbud-rendahnya-prestasi-penerima-beasiswa-bidikmisi-biasa-saja

Wednesday, 06 June 2012, 20:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud), Djoko Santoso, berpendapat rendahnya prestasi para penerima beasiswa Bidikmisi merupakan sesuatu yang wajar. Hal itu dikatakannya menanggapi masih adanya Indeks Prestasi Sementara (IPS) penerima Bidikmisi di bawah 2,00. "Itu kan biasa. Dari semua populasi ada yang baik dan ada yang jelek," kata Djoko saat dihubungi wartawan, Rabu (6/6). Ia berdalih, dilihat persentasenya, jumlah mahasiswa penerima Bidikmisi yang nilainya rendah sangat sedikit. Djoko mengatakan semua pihak harus melakukan perbaikan, baik perguruan tinggi maupun para mahasiswanya. "Yang harus dilakukan adalah bagaimana kita melakukan pembinaan kepada mereka yang prestasi akademiknya rendah, sehingga bisa meningkat," katanya.

...dst

6 ) Sebagian Mahasiswa Bidik Manipulasi Data
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191398

Rabu, 06/06/2012 - 15:16
YOGYAKARTA, (PRLM).- Mahasiswa bidik misi tak semuanya jujur menjelaskan kondisi ekonomi keluarganya, dan sebagian memanipulasi data. Bagi yang tidak jujur dan universitas yang bersangkutan berhasil memverifikasi serta membuktikannya, mahasiswa yang bersangkutan dicoret statusnya sebagai mahasiswa. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof.Dr. Rochmat Wahab menyebutkan, sebanyak 25 mahasiswa bidik misi yang sudah menjalani kuliah terpaksa dicoret dan dikeluarkan oleh pihak universitas sebagai konsekuensi tindakan berbohong atau manipulasi data. "Sebanyak 400 mahasiswa diterima melalui program bidik misi pada masa penerimaan mahasiswa 2011. Sebanyak 25 orang dicoret (dikeluarkan)," kata dia di Yogyakarta, Rabu (6/6). Mahasiswa bidik misi disyaratkan harus berasal dari keluarga tidak mampu dan calon harus berprestasi. Selama kuliah, mereka dibiayai oleh negara.

...dst

7 ) ITB dan UPI Sediakan Lokasi Ujian Keterampilan SNMPTN 2012
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/07/m57yro-itb-dan-upi-sediakan-lokasi-ujian-keterampilan-snmptn-2012

Kamis, 07 Juni 2012, 06:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Panitia Lokal Bandung menetapkan dua lokasi sebagai tempat ujian keterampilan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang akan digelar pada 14-15 Juni 2012, yaitu di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Humas Panitia Lokal Bandung untuk SNPMTN 2012, Weny Widyowati, mengatakan, ujian keterampilan diwajibkan bagi peserta SNMPTN jalur tertulis yang memilih program studi pendidikan seni tari, seni musik, seni rupa, serta program studi ilmu keolahragaan. Ditegaskan Weny sebelum ujian keterampilan berlangsung peserta diharapkan sudah mengetahui jadwal dan memahami mekanisme pelaksanaan ujian keterampilan.

...dst

8 ) SPP 31.630 Mahasiswa Unhas Disubsidi
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/373/642849/spp-31-630-mahasiswa-unhas-disubsidi

Kamis, 07 Juni 2012 08:20 wib
MAKASSAR – Penurunan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di Universitas Hasanuddin (Unhas) dipastikan akan dinikmati 31.630 mahasiswa yang masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar di Indonesia timur tersebut. Kepala Bagian Humas Unhas Dahlan Abubakar mengungkapkan, penurunan biaya SPP tersebut akan dibahas dalam rapat senat 11 Juni mendatang. Rencananya, kebijakan tersebut akan diberlakukan 2012 ini dan dinikmati oleh mahasiswa baru. "Pastinya seluruh mahasiswa yang terdaftar dalam tahun ajaran berjalan akan mendapatkan penurunan biaya SPP ini. Tapi terkait total anggaran yang dibutuhkan, kami belum bisa merinci," kata Dahlan, kemarin.

...dst

9 ) Tim Bimasakti UGM Terkendala Sponsor
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/06/373/642648/tim-bimasakti-ugm-terkendala-sponsor

Kamis, 07 Juni 2012 09:02 wib
JAKARTA - Mobil Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan mengikuti perlombaan "The 10th Student Formula SAE Competition of Japan" di Aino City, Shizuoka-ken, Jepang, 3-7 September 2012 masih dalam proses persiapan. Mobil kategori mobil formula kelas mahasiswa (student formula) ini tengah memasuki tahap assembly dan penyiapan dokumen lomba. Ketua tim Bimasakti UGM Akmal Irfan Majid menyebutkan, sudut pandang pengembangan mobil formula Bimasakti mencakup sisi teknis dan manajerial. "Dari sebuah mobil formula ini, kami mahasiswa bisa belajar bagaimana merancang dan membuat keputusan seputar masalah engineering serta menjalin kemitraan demi mendukung sponsorship tim," ujar Akmal, seperi dilansir dari laman UGM, Kamis (7/6/2012).

...dst

10 ) Kuliah Musim Panas di FKM UI, Yuk!
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/373/642868/kuliah-musim-panas-yuk

Kamis, 07 Juni 2012 10:10 wib
JAKARTA - Bingung mau ngapain liburan semester mendatang? Mengapa tidak mencoba ikut "kuliah musim panas" saja? Salah satu program kuliah musim panas yang bisa kamu ikuti adalah International Summer School on Dissability and Development besutan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) dengan VU University Amsterdam. Kuliah akan digelar pada 18 Juni hingga 13 Juli 2012.
Selama sekira satu bulan, kamu akan mengikuti tiga minggu perkuliahan tatap muka, dan satu minggu belajar mandiri dan persiapan untuk ujian esai. Nantinya, kuliah musim panas ini bisa ditransfer kredit menjadi enam SKS. Asyik, ya? Program kuliah musim panas tersebut akan dihelat di FKM UI, kampus Depok. Kamu akan belajar mata-mata kuliah menarik tentang disabilitas dan pembangunan yang diampu para akademisi handal.

...dst

11 ) Tarif Pemasangan Baliho di Kampus UI Dinaikkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/04083322/Tarif.Pemasangan.Baliho.di.Kampus.UI.Dinaikkan

Kamis, 7 Juni 2012 | 04:08 WIB
DEPOK, KOMPAS.com - Berdalih semerawutnya publikasi acara di Universitas Indonesia (UI), pihak Humas mengeluarkan kebijakan penetapan tarif baru publikasi. Ini berlaku untuk pemasangan baliho dan spanduk acara UI yang sifatnya komersil dan didanai sponsor.
Menurut data yang diperoleh Kompas.com dari Humas UI, pemasangan baliho ukuran 5,8 X 4 meter dikenakan tarif Rp 10.000 perhari (naik Rp 7.000) dan spanduk ukuran 5,8 X 2 meter Rp 6.000 (Naik Rp 4.000).  Dua bulan terakhir, ada sekitar 177 acara di UI dan sebagian besar mempublikasikan acaranya di UI. "Baliho dan spanduk menjadi tempat favorit UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk publikasi acara dan tempat eksis UKM-nya, terutama di ruang publikasi depan Stasiun UI," kata Wakil Kepala Humas UI Farida Haryoko ditemui di kantornya, Gedung PAU Rektorat UI, Rabu (6/6/2012).

...dst

12 ) BEM Perbanas: Perlu Kearifan Tangani Masalah Perbanas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/05244855/BEM.Perbanas.Perlu.Kearifan.Tangani.Masalah.Perbanas

Kamis, 7 Juni 2012 | 05:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan aksi 'Solidaritas untuk Civitas Akademi Perbanas' menyatakan akan terus menyuarakan upaya penyelesaian kisruh di Institut Perbanas secara arif dan bijaksana oleh manajemen perguruan tinggi swasta tersebut. Berbekal surat rekomendasi dari Komnas HAM, aksi mereka untuk melakukan audiensi dengan pihak pimpinan Polda Metro Jaya akhirnya disepakati. Setelah melakukan orasi dan pernyataan pendapatnya di Polda Metro Jaya, Rabu (6/6/2012) siang kemarin, pihak Polda Metro Jaya mempersilakan perwakilan mahasiswa menghadap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Rikwanto.

...dst

13 ) Diskusi Otonomi Perguruan Tinggi, BEM Lakukan Walk Out
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191415

Rabu, 06/06/2012 - 17:35
BANDUNG, (PRLM).- Diskusi Nasional "Hakikat Otonomi Perguruan Tinggi" yang digelar di Universitas Pendidikan Indonesia, Rabu (6/6/12) diwarnai aksi walk out oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jawa Barat. Mereka kecewa karena tidak diberi kesempatan untuk memberikan pernyataan sikap. "Kami ingin mengkritisi acara tersebut karena hanya bentuk konspirasi. Tidak ada perbandingan, semua yang diungkapkan hanya yang manis-manis. Ini doktrin supaya semua sepakat dengan otonomi kampus," kata Koordinator BEM SI Jabar Hamdan Ardiansyah saat ditemui di Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Rabu (6/6).

...dst

14 ) Bidan Pejalan Kaki & Praktisi Pendidikan Murah Raih Penghargaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/06/373/642598/bidan-pejalan-kaki-praktisi-pendidikan-murah-raih-penghargaan

Rabu, 06 Juni 2012 18:03 wib
JAKARTA - Universitas Katolik (Unika) Atmajaya Jakarta memberikan penghargaan Frans Seda Award kepada dua anak bangsa dalam dua bidang berbeda. Penghargaan Frans Seda dalam bidang kemanusiaan diraih oleh seorang bidan pejalan kaki di Papua, Octovina Reba. Sementara pada bidang pendidikan, penghargaan ini diberikan kepada Christanti Gomulia, seorang praktisi pendidikan murah berstandar internasional.
Kedua wanita ini terpilih melalui proses seleksi yang panjang. Sejak pendaftaran dibuka pada 1 Juni 2011, Dewan Juri telah menerima lebih dari 100 aplikasi calon kandidat yang berasal dari seluruh Indonesia. Kemudian, aplikasi tersebut disaring menjadi 84 kandidat. Akhirnya, keputusan tim dewan juri memilih kedua srikandi tersebut yang layak menerima Frans Seda Award 2012.

...dst

15 ) Perpaduan Tatap Muka dan Kuliah Online Melalui Blended Learning
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/11503150/Perpaduan.Tatap.Muka.dan.Kuliah.Online.Melalui.Blended.Learning

Rabu, 6 Juni 2012 | 11:50 WIB
Perkembangan internet dalam satu dasawarsa terakhir ikut memengaruhi metode pembelajaran. Salah satu metode baru yang menyebar luas di dunia pendidikan barat, seperti Amerika, Inggris, dan Australia adalah metode pembelajaran yang dikenal sebagai "Blended Learning". Blended Learning secara sederhana dapat didefinisikan sebagai perpaduan metode belajar tatap muka (di dalam kelas) dengan materi yang diberikan secara online. Metode ini sangat efisien karena selain mahasiswa bisa mendapatkan perkuliahan tatap muka dengan dosen di dalam kelas, mereka juga bisa mengakses materi yang diberikan secara online di manapun mereka berada.

...dst

16 ) Pendidikan Sains Masih Sebatas Teori
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/07224481/Pendidikan.Sains.Masih.Sebatas.Teori

Kamis, 7 Juni 2012 | 07:22 WIB
Atambua, Kompas - Minimnya alat peraga membuat pengajaran sains di sekolah masih bertumpu pada teori. Siswa dituntut menghafal dan membayangkan materi pelajaran yang diberikan. Keterbatasan jumlah alat peraga membuat sains sulit dicerna. "Alat peraga tak digunakan karena guru tak pernah dilatih cara menggunakannya," kata salah satu guru sekolah dasar yang enggan disebut namanya, peserta Ekspedisi Transit Venus 2012 di Atambua, Nusa Tenggara Timur, Selasa (5/6). Pelatihan astronomi itu diselenggarakan Universe Awareness (Unawe) Indonesia. Kesulitan alat peraga pada pengajaran sains sebenarnya persoalan umum di Indonesia. Bukan hanya untuk ilmu astronomi yang jadi fokus kegiatan Unawe Indonesia, melainkan juga untuk semua bidang ilmu. Karena hanya teori, siswa dituntut menghafal. "Sistem hafalan pada pendidikan Indonesia tak membangun rasionalitas siswa," kata peneliti Planetarium dan Observatorium Jakarta, Widya Sawitar.

...dst

17 ) Rektor IPB Diperiksa KPK, Ada Apa?
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/06/05/m54kdj-rektor-ipb-diperiksa-kpk-ada-apa

Selasa, 05 Juni 2012, 10:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan  kasus korupsi wisma atlet SEA Games dan korupsi Kemendikbud dengan tersangka Angelina Sondakh. Hari ini, Selasa (5/6), penyidik lembaga ad hoc itu memeriksa terpidana kasus wisma atlet M Nazaruddin dan Rektor IPB Herry Suhardiyanto. "MN dan Rektor IPB diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap pembahasan anggaran di Kemenpora dan Kemendiknas," kata  Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha melalui pesan singkatnya, Selasa (5/6) pagi.
Seperti diketahui, pada perkara ini, mantan Anggota Banggar DPR, Angelina Sondakh telah ditetapkan sebagai tersangka dan tengah menjalani masa tahanan sejak 27 April 2012 lalu seusai menjanai pemeriksaan perdananya.

...dst

18 ) Rektor Universitas Tadulako Akui Ada Proyek Laboratorium Tahun 2009
http://news.detik.com/read/2012/06/06/174027/1934624/10/rektor-universitas-tadulako-akui-ada-proyek-laboratorium-tahun-2009

Rabu, 06/06/2012 17:40 WIB
Jakarta Salah satu kampus yang disebut M Nazaruddin, Universitas Tadulako di Sulawesi Tengah, mengakui memang pernah ada proyek pengadaan peralatan laboratorium di tahun 2009. Universitas ini menjadi salah satu dari tiga kampus yang disebut Nazaruddin terkait perkara dugaan korupsi pembahasan anggaran proyek di Kemendikbud. Tersangka dalam perkara itu adalah Angelina Sondakh. Menurut Rektor Universitas Tadulako, Basyir Cyio, ia memang pernah mendengar soal proyek di tahun 2009/2010. Namun mengenai detailnya, Basyir yang menjadi rektor sejak Maret 2011, mengaku tidak tahu persis. "Saya memang pernah dengar, tapi nggak tahu apakah itu rumah sakit atau ada pengadaan peralatan laboratorium," kata Basyir saat dihubungi, Rabu (6/6/2012). "Kita pernah disampaikan ada beberapa universitas yang diberi, saya tidak tahu itu diberi seperti apa," lanjutnya lagi.

...dst

19 ) 10 Tahun Lagi Indonesia Jagoan Dunia
http://www.jpnn.com/read/2012/06/07/129807/10-Tahun-Lagi-Indonesia-Jagoan-Dunia-

Kamis, 07 Juni 2012 , 08:28:00
BOGOR-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan telah menjadi magnet perguruan tinggi. Mantan Dirut PLN itu berulangkali diundang menjadi pembicara kunci di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta. Di Bogor misalnya, Dahlan sudah tiga kali diajak masuk kampus untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa. April lalu, Dahlan diundang memberikan kuliah umum di IPB, kemudian pada Mei diundang Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia. Kemarin, giliran Universitas Pakuan (Unpak) mengundang  mantan CEO Jawa Pos itu untuk menjadi pembicara utama dalam acara wisuda mahasiswa penyetaraan S1.
Di depan civitas akademika dan mahasiswa Unpak, Dahlan menyatakan bahwa 10 tahun ke depan Indonesia akan mengalami kemajuan yang cukup pesat di bidang ekonomi.  Tidak ada tanda yang menunjukkan ekonomi Indonesia tidak maju. "Pilihannya hanya dua, mau maju cepat atau maju lambat," tutur Dahlan.

...dst

20 ) Hikmahanto: sikap Menlu terhadap Australia patut diapresiasi
http://www.antaranews.com/berita/314593/hikmahanto-sikap-menlu-terhadap-australia-patut-diapresiasi

Rabu, 6 Juni 2012 23:27 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Guru Besar Fakultas Hukum UI Hikmahanto Juwana mengemukakan sikap Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang menyatakan sangat kecewa atas kebijakan Australia memberikan suaka kepada Kapten Emad, otak penyelundupan manusia dari Indonesia ke Australia, patut diapresiasi. "Bahkan beliau (Menlu) berani mengatakan secara terbuka kebijakan tersebut tidak masuk akal karena warga Indonesia yang menjadi kaki tangan Kapten Emad justru yang ditahan oleh otoritas Australia," katanya dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu. Menurut dia, dalam dunia diplomasi pernyataan Menlu Marty merupakan tamparan bagi pemerintah Australia dan karenanya patut mengubah kebijakannya. Menlu Marty telah mengedepankan kepentingan warga Indonesia yang diperlakukan tidak adil oleh pemerintah negara lain. Menlu Marty telah menyejajarkan dirinya dengan mantan Dubes RI untuk Australia August Marpaung yang sangat kritis dan blak-blakan ketika kepentingan Indonesia dilecehkan oleh pemerintah Australia.

...dst

21 ) Pasca Putusan MK, Wamendikbud Konsultasi Lebih Dulu Sebelum Buka Acara
http://news.detik.com/read/2012/06/06/120358/1934110/10/pasca-putusan-mk-wamendikbud-konsultasi-lebih-dulu-sebelum-buka-acara

Rabu, 06/06/2012 12:03 WIB
Jakarta Para wakil menteri (wamen) tetap beraktivitas biasa sehari pasca putusan MK. Misalnya Wamendikbud Musliar Kasim membuka acara pelatihan di Jakarta. Tapi dia lebih dulu berkonsultasi sebelum membuka kegiatan tersebut. Musliar hadir di acara program pelatihan jarak jatuh tentang perencanaan sektor pendidikan di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2012). Ia membuka acara tersebut dan memberikan kata sambutan. Kepada wartawan, Musliar mengatakan jika jabatan wamen yang diembannya nantinya dihapus, ia akan pulang kampung ke Padang. Namun jika jabatan wamen masih berlaku, ia akan tetap tinggal di Jakarta dan menjalankan tugasnya seperti biasa. "Bagi saya terserah saja kalau wamen diputus, saya pulang ke Padang. Kalau masih wamen, ya di sini," ujar guru besar kelahiran Padang Ganting, Tanah Datar, Sumatera Barat, ini.

...dst

22 ) Dua Wamen di Kemdikbud Tetap Bekerja
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/1805137/Dua.Wamen.di.Kemdikbud.Tetap.Bekerja

Rabu, 6 Juni 2012 | 18:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pasal 10 UU No 39/2008 tentang Kementerian Negara, dua wakil menteri (wamen) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terlihat di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (6/6/2012). Keduanya tetap melaksanakan tugasnya sebagai wamen. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Nasional, Musliar Kasim, mengaku tetap menjalankan tugas-tugasnya sebagai wamen. Ia mengaku mempunyai prinsip, bahwa keputusan MK dapat diterjemahkan kembali. Ia mengatakan, institusi yang dapat menerjemahkan kelanjutan putusan MK adalah Sekretaris Negara dan sampai saat ini dirinya belum diminta berhenti bekerja oleh Setneg. Pria yang sebelumnya menjadi rektor di Universitas Andalas itu mengungkapkan, kedatangannya ke Jakarta guna menjalankan tugas jauh lebih besar dibanding tugas sebelumnya sebagai rektor. Bahkan, pagi ini dirinya sempat memimpin rapat eselon 1 di kantor DPR RI.

...dst

23 ) SBY Didesak Segera Revisi Keppres
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501346/38/
   
Thursday, 07 June 2012
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diminta segera memperbaharui keputusan presiden (keppres) soal pengangkatan wakil menteri (wamen). Tanpa revisi keppres, kebijakan Presiden terkait wamen rawan gugatan. Saran ini menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan penjelasan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. "Legalitas itu ada aspek hukum administrasi yang di dalamnya ada dalil bahwa jika sebuah keppres itu belum dicabut, keputusan itu dianggap sah.Sebab itu,wakil menteri tetap bekerja.Tetapi kalau tidak segera dicabut dan menimbulkan dasar hukumnya dilanggar, Presiden bisa digugat," ujar Ketua MK Mahfud MD saat ditemui di Gedung MK, Jakarta, kemarin.

...dst

24 ) Segera Terbit Aturan Absensi Guru
http://www.jpnn.com/read/2012/06/06/129752/Segera-Terbit-Aturan-Absensi-Guru-

Rabu, 06 Juni 2012 , 21:47:00
JAKARTA--Untuk mengontrol dan mengukur kinerja para guru di seluruh Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun ini akan segera menerbitkan aturan guna mendongkrak kinerja guru. Salah satunya, memeriksa absensi atau kehadiran guru di sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan,  selama ini belum ada aturan yang mengatur dan mengukur kinerja guru. Sehingga dirasakan tidak seimbang dengan kesejahteraan guru yang diberikan oleh pemerintah. "Ini saatnya kinerja guru harus diukur dan dilihat. Apakah kesejahteraan guru sudah relatif baik apa berdampak pada kinerja guru. Bagaimana cara tau kinerjanya baik atau tidak. Terus terang sampai sekarang belum ada pengukuran kinerja guru secara utuh. Sekarang saya siapkan instrumen untuk mengukur kinerja dan akan keluar tahun ini juga," ungkap Nuh saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Jakarta, Rabu (6/6) malam.

...dst

25 ) Jika Kinerja Guru Bersertifikat Jeblok
Tunjangan Profesi Terancam Dicabut
http://www.jpnn.com/read/2012/06/07/129785/Tunjangan-Profesi-Terancam-Dicabut-

Kamis, 07 Juni 2012 , 06:06:00
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud dinilai telah berhasil meningkatkan kesejahteraan para pendidik. Para guru yang lulus ujian sertifikasi dipastikan akan mendapat tunjangan profesi. Namun, guru bersertifikat ternyata belum tentu berkualitas. Karena itu, mulai tahun ini, pemerintah akan segera memberlakukan pengukuran kinerja guru bersertifikat. "Kami memang belum melakukan pengukuran secara utuh kinerja guru. Untuk itu, saat ini kita sedang mempersiapkan pengukuran kinerja-kinerja dari guru-guru yang sudah disertifikasi,"jelas Mendikbud Muhammad Nuh ditemui usai raker bersama komisi X DPR di gedung DPR, Rabu (6/6).

...dst

26 ) Dunia Menikmati Transit Venus
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501344/38/
   
Thursday, 07 June 2012
CAPE CANAVERAL – Jutaan orang di seluruh dunia kemarin dengan penuh antusias mengarahkan teleskop dan kacamata mereka ke langit demi menyaksikan fenomena langka, planet Venus melintasi Matahari. Fenomena ini tidak akan terjadi lagi hingga lebih dari 100 tahun ke depan. Transit Venus mulai dinikmati di sebagian Amerika Utara,Amerika Tengah,dan kawasan utara Amerika Selatan pada Selasa (5/6) waktu setempat pukul 22.00 GMT (05.00 WIB, kemarin).Venus kemudian bergerak ke barat laut Amerika, Arktik,Pasifik Barat, dan Asia Timur. Dalam fenomena langka itu, titik hitam kecil tampak muncul di permukaan Matahari. Prosesi itu berlangsung selama lebih dari 6,5 jam. "Fenomena ini baru akan terjadi lagi pada 2117, jadi ini adalah kejadian terakhir yang dapat saya nikmati. Sangat sayang bila terlewatkan," ujar Koordinator Jogja Astro Club, Mutoha Arkhanudin, di Yogyakarta kemarin.

...dst

27 ) Foto Puncak Transit Venus 2012
http://sains.kompas.com/read/2012/06/06/13153270/Foto.Puncak.Transit.Venus.2012

Rabu, 6 Juni 2012 | 13:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena transit Venus yang terjadi pada Rabu (6/6/2012) dirayakan oleh komunitas Himpunan Astronom Amatir Jakarta dengan mengadakan pengamatan. Selama pengamatan, ratusan warga Jakarta ikut serta. Kontak I dan II, yakni tahapan ketika Venus mulai memasuki piringan Matahari, tidak bisa terlihat dari wilayah Jakarta. Pasalnya, saat terjadi pukul 05.09 WIB, Matahari belum terbit. Foto di atas menunjukkan tahapan puncak fenomena yang kadang juga disebut gerhana Venus ini. Dari pengamatan di Planetarium Jakarta, puncak transit Venus terjadi pukul 09.25 WIB.

...dst

28 ) Kabar duka:
Dijambret, Mahasiswi Undip Tewas di Jalan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501162/
   
Thursday, 07 June 2012
SEMARANG– Pelaku kejahatan di Kota Semarang semakin sadis dan nekat. Dini hari kemarin, Natisa Listiani Nasiroh, 24, mahasiswi Undip jurusan Satra Inggris ditemukan tewas di pinggir Jalan Sultan Agung, tepatnya di depan SMA Don Bosko,Semarang.Korban diduga tewas akibat terjatuh saat dijambret. Kapolsek Gajahmungkur Kompol Ave Guna Pandia menjelaskan, saat pertama kali ditemukan, di dekat jasad korban ditemukan motor Yamaha Jupiter kuning H 6349 LZ, helm putih,dan sandal cokelat."Dari pemeriksaan sementara, korban sedang hamil dua bulan," kata Kapolsek. Keterangan beberapa saksi, saat kejadian korban yang berasal dari Jerukwangi, Bangsri, Jepara naik motor sendirian dari arah utara (Akpol). Saat itu muncul dua orang menggunakan dua motor Honda Mega Pro dan Yamaha Vixion yang berusaha memepet korban. Salah satu pelaku kemudian menarik tas cangklong korban. "Mungkin karena kuatnya menarik tas, korban langsung terjatuh dan membentur aspal jalan.Kita masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan sejumlah saksi," papar Ave.

...dst

Menangis membaca berita ini, semoga tidak akan terjadi lagi ...
29 ) Tak Bisa Bayar SPP, Siswi Bunuh Diri
http://www.jpnn.com/read/2012/06/07/129816/Tak-Bisa-Bayar-SPP,-Siswi-Bunuh-Diri-

Kamis, 07 Juni 2012 , 09:24:00
GROBOGAN– Sungguh Ironis. Diduga tidak bisa melunasi SPP di sekolahnya, seorang siswi di Grobogan bunuh diri. Bukti dunia pendidikan di Kabupaten Grobogan belum berpihak kepada orang tak berpunya. Itulah nahas yang dialami Nana Ribiatun (17), siswi Madrasah Aliyah (MA) Futukhiyah Jeketro Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Nekat bunuh diri karena tidak kuat menanggung beban ekonomi nenek yang mengasuhnya. Korban butuh uang untuk melunasi SPP di sekolah sebagai syarat mengikuti ujian semester. Karena tak tega minta uang kepada neneknya, dia gantung diri dengan tali selendang di kusen pintu kamar tidur rumah neneknya Desa Latak Kecamatan godong, Grobogan, Selasa (5/6) pagi...cut...Saat kejadian, rumah neneknya Sulasih (70), dalam keadaan kosong. Sulasih tengah kerja sebagai buruh tani di sawah tetangga. Selama ini, korban diasuh neneknya karena ibu korban sudah meninggal dan ayahnya pergi saat korban masih berumur satu tahun. Nenek korban Sulasih menuturkan, sebelum kejadian cucunya minta uang SPP tiga bulan sebesar Rp 210 ribu. Oleh Sulasih dijawab baru ada uang Rp 100 ribu. Kekurangannya akan diberi setelah Sulasih mendapat bayaran sebagai buruh matun (membersihkan rumput tanaman padi) di sawah milik tetangga. "Mungkin karena stres dan tidak tega melihat neneknya banting tulang membiaya sekolah, korban nekat bunuh diri," tambah Kasi Trantib Kecamatan Godong, Sudarji.

...dst


Berita Edukasi, 06 Juni 2012

1 ) Mendikbud Jamin SPP Perguruan Tinggi tidak Naik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/05/324330/293/14/Mendikbud-Jamin-SPP-Perguruan-Tinggi-tidak-Naik

Selasa, 05 Juni 2012 22:04 WIB
SEMARANG--MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menjamin besaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di perguruan tinggi mulai tahun ajaran 2012/2013 ini tidak naik. "Saya bisa jamin SPP di perguruan tinggi tidak anak naik mulai tahun ajaran baru ini. Bahkan, kalau dahulu pernah ada biaya kuliah sampai Rp200 juta, sekarang tidak ada lagi," katanya di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/6). Hal tersebut diungkapkannya seusai menghadiri penganugerahan gelar doktor honoris causa (HC) yang diberikan Universitas Negeri Semarang (Unnes) kepada Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono. Menurutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajaran rektor perguruan tinggi negeri (PTN) telah bersepakat menetapkan plafon pembiayaan kuliah kepada mahasiswa secara wajar dan tidak memberatkan. Berkaitan dengan implikasi biaya kuliah murah dengan pendapatan PTN, ujarnya, dengan biaya murah bukan berarti pendapatan PTN akan turun. Sebab, pemerintah memberi subsidi.

...dst

2 ) Dugaan Plagiat di PTN Diselidiki
Pemerintah Bergantung pada Laporan Masyarakat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/09355010/Dugaan.Plagiat.di.PTN.Diselidiki

Rabu, 6 Juni 2012 | 09:35 WIB
Jakarta, Kompas - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang menyelidiki dugaan kasus plagiat di sejumlah perguruan tinggi. Mereka yang terbukti melakukan plagiat bisa dijatuhi sanksi, mulai dari penurunan pangkat, pencabutan gelar akademik, hingga pemberhentian jabatan. "Sanksi dijatuhkan sesuai tingkat kesalahan," kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso di Jakarta, Selasa (5/6). Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyelidiki lebih dari lima kasus plagiat di perguruan tinggi. Salah satu kasus yang diselidiki adalah dugaan plagiat yang dilakukan salah seorang dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta."Kami akan memeriksa kasus dugaan (plagiat) itu. Nanti kami panggil pimpinan universitasnya untuk mengklarifikasi masalah ini," kata Djoko.

...dst

3 ) Peserta SNMPTN Jalur Tulis Mencapai 40.253 Orang
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191283

Selasa, 05/06/2012 - 16:43
BANDUNG, (PRLM).- Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis yang sudah tercatat di panitia lokal Bandung hingga pendaftaran terakhir ditutup mencapai 40.253 peserta. Terdiri dari 14.592 kelompok IPA, 15.042 peserta kelompok IPS, dan 10.619 kelompok IPC. "Data ini diperoleh per Sabtu (2/6) pukul 22.00 WIB, di mana waktu pendaftaran online ditutup secara resmi. Jumlah tersebut termasuk juga peserta program beasiswa bidik misi," kata Humas Panlok Bandung, Weny Widyowati, dalam rilisnya, Selasa (5/6).
Para peserta yang sudah terdaftar sebagai peserta seleksi jalur tulis dijadwalkan melaksanakan ujian tulis pada 12-13 Juni mendatang secara serentak. Sementara peserta yang memilih program studi atau jurusan yang mengharuskan untuk melaksanakan ujian keterampilan, ujian keterampilannya akan dilangsungkan pada 14-15 Juni. "Panitia Lokal Bandung menyediakan lokasi ujian keterampilan di dua PTN, yaitu di ITB dan UPI. Saat pelaksanaan ujian keterampilan peserta diharapkan sudah mengetahui jadwal dan memahami mekanisme pelaksanaan ujian keterampilan di PTN penyelenggara ujian," ujarnya.

...dst

4 ) 6 Tahun Lumpur Lapindo
ITS Tak Henti Teliti Semburan Lumpur Lapindo
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641762/its-tak-henti-teliti-semburan-lumpur-lapindo

Selasa, 05 Juni 2012 16:04 wib
JAKARTA - Enam tahun berlalu, tragedi semburan lumpur Sidoarjo belum teratasi. Namun kepedulian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, untuk membantu menangani dampak tragedi tersebut tak pernah surut. Sejak 2008, ITS telah tergabung dalam Tim Kajian Kelayakan Permukiman (KKP) yang dibentuk oleh Gubernur Jawa Timur. Bahkan, hingga kini tim dari ITS masih terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar semburan lumpur untuk antisipasi dampak atau risiko yang ada. ''Sampai saat ini, banyak masyarakat sekitar yang minta konsultasi pada kami bila akan mengambil tindakan terkait dampak semburan lumpur,'' tutur Ketua Pusat Studi Kebumian, Bencana dan Perubahan Iklim LPPM-ITS Amien Widodo, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (5/6/2012).

...dst

5 ) Penelitian Dasar di Indonesia Kurang Perhatian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/21090965/Penelitian.Dasar.di.Indonesia.Kurang.Perhatian

Selasa, 5 Juni 2012 | 21:09 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com -- Penelitian dasar di Indonesia sangat kurang mendapat perhatian, karena terkait dengan ketersediaan dana dan payung hukum bagi keterlibatan swasta dalam kegiatan penelitian di perguruan tinggi. Oleh karena itu, harus ada perubahan cara pandang agar penelitian tidak semata-mata menjadi proyek kegiatan rutin untuk meningkatkan pendapatan peneliti. "Memang kesalahan tidak hanya terletak pada peneliti, tapi pemerintah terlalu kaku dengan mekanisme pengelolaan dana yang tidak jarang berakibat penelitian hanya sebagai proyek rutin," kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dalam orasi ilmiah berjudul Peran Sumber Daya Manusia Berkualitas dalam Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, ketika menerima anugerah gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, Selasa (5/6/2012).

...dst

6 ) 3 Dosen Perbanas Jadi Periset Terbaik Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641449/3-dosen-perbanas-jadi-periset-terbaik-dunia

Selasa, 05 Juni 2012 09:12 wib
SURABAYA - Prestasi internasional diraih tiga dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas. Mereka mendapatkan penghargaan sebagai periset terbaik tingkat internasional di Kuala Lumpur, Malaysia. Ketiga dosen tersebut, Kepala Unit Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP3M), Prof. Dr. Romanus Wilopo, Ketua STIE Perbanas Surabaya Prof. Tatik Suryani, dan Kepala Unit Pendidikan, Kepala Laboratorium Bahasa Dr. Djuwari. Mereka mendapat penghargaan dalam Asian Conference Proceedings and Book of Abstracts oleh International Association of Multidisiplinary Research (IAMURE), sebagai para pemberi kontribusi di bidang penelitian internasional pada acara yang dihelat 28-30 Mei 2012 lalu.

...dst

7 ) UGM Paling Favorit Pilihan Mahasiswa Asing
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/05/m54ka0-ugm-paling-favorit-pilihan-mahasiswa-asing

Selasa, 05 Juni 2012, 10:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemendikbud, Ananto Kusuma Seta, mengungkapkan minat mahasiswa asing melanjutkan kuliah di Indonesia cukup tinggi. kemendikbud akan menambah penampung beasiswa Darmasiswa RI dari 47 universitas menjadi 60 tahun depan. Sampai saat ini UGM menjadi tujuan favorit para mahasiswa asing tersebut, disusul Universitas Udayana Bali, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan ISI Denpasar. Ananto menyatakan tidak semua pelamar beasiswa yang sudah digalakkan sejak 1974 tersebut lolos seleksi mengingat terbatasnya universitas, bidang studi, serta kelas yang tersedia. Tahun ini saja terdapat 2.800 pelamar yang akhirnya diseleksi menjadi hanya 486 mahasiswa saja. "Kuota tiap negara kami batasi salah satu sebabnya karena harus disesuaikan dengan kepentingan politik luar negeri kita. Program ini memang juga menjadi salah satu diplomasi yang merupakan bagian dari kepentingan nasional," ujar Ananto.

...dst

8 ) Kritisi Publikasi Karya Ilmiah, UGM Gelar FGD
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641577/kritisi-publikasi-karya-ilmiah-ugm-gelar-fgd

Selasa, 05 Juni 2012 12:03 wib
JAKARTA - Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terkait publikasi karya ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan di perguruan tinggi, masih menuai berbagai kontroversi. Meski kebijakan tersebut merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, di lain pihak juga menjadi dilema, sebab di Indonesia bertebaran perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dengan berbagai visi, misi, bentuk, dan kurikulum. Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merangkum semua permasalahan tersebut dalam "Seminar dan Focus Group Discussion (FGD)" bertajuk Publikasi Ilmiah, Tiket Baru untuk Meraih Gelar Akademik. Kegiatan itu berlangsung menghadirkan pembicara Pengelola Jurnal Indo of Chem Harno Pranowo dan Asisten Wakil Rektor Senior P3M Zuprizal.

...dst

9 ) UGM Ajak Masyarakat Cegah Osteoporosis Sejak Dini
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641523/ugm-ajak-masyarakat-cegah-osteoporosis-sejak-dini

Selasa, 05 Juni 2012 10:13 wib
JAKARTA - Osteoporosis atau pengeroposan tulang ternyata tidak hanya menyerang manula. Penyakit ini juga dapat menimpa mereka yang berada pada usia produktif. Merokok dan minum kopi menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit tersebut. Untuk itu, Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) Yogyakarta bekerjasama dengan General Medical Center (GMC) menggelar seminar Pencegahan dan Penanganan Osteoporosis. Konsultan Geriyati RS Dr Sardjito Probo Suseno, dokter spesialis andrologi Fakultas Kedokteran UGM Dicki Muh Rizal, dan dokter spesialis ortopedi sekaligus konsultan tulang belakang RS Dr Sardjito Tejo Rukmoyo didapuk sebagai pembicara dalam seminar tersebut.

...dst

10 ) Manfaatkan Android dalam Dunia Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641731/manfaatkan-android-dalam-dunia-pendidikan

Selasa, 05 Juni 2012 17:04 wib
JAKARTA - Android merupakan sebuah perkembangan baru dalam dunia teknologi. Namun, tidak hanya digunakan untuk keperluan pekerjaan dan hiburan, android dapat pula dimanfaatkan secara lebih luas dalam dunia pendidikan. Demikian disampaikan Software Enginer at 3iQ's Inc, Orlando, Florida USA Lukluk Luhuring Santoso dalam Workshop Android for Education di Universitas Negeri Semarang (Unnes). "Android plus pendidikan memungkinkan kita membuat sebuah kolaborasi pembelajaran (collaborative learning), yaitu sebuah lingkungan belajar di mana banyak orang bergabung mengerjakan suatu pekerjaan bersama-sama, saling memberi umpan balik sehingga menghasilkan sesuatu yang sempurna," ujar Lukluk, seperti dilansir dari laman Unnes, Selasa (5/6/2012).

...dst

11 ) Semangat Konservasi di Universitas Negeri Semarang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/23090721/Semangat.Konservasi.di.Universitas.Negeri.Semarang

Selasa, 5 Juni 2012 | 23:09 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com -- Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Dr Sudijono Satroatmodjo mengemukakan, sejak mendeklarasikan diri sebagai universitas konservasi tahun 2010, hingga kini Universitas Negeri Semarang (Unnes) tetap konsisten menjalankan semangat konservasi di kampus. "Sivitas akademika dan tenaga kependidikan sepakat bulat bahwa dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, Unnes senantiasa menjalankan setiap darmanya berdasarkan prinsip perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari dan bijak sumber daya alam serta menjunjung tinggi warisan nilai budaya bangsa," tutur Sudijono, Selasa (5/6/2012) di Semarang, Jawa Tengah, saat memberikan sambutan pada upacara penganugerahan gelar doktor honoris causa kepada Menko Kesra Agung Laksono.

...dst

12 ) Unnes Teken MoU dengan Universitas Vietnam
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641615/unnes-teken-mou-dengan-universitas-vietnam

Selasa, 05 Juni 2012 15:03 wib
JAKARTA - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjalin kerjasama dengan Ho Chi Minh City University of Education (HCMCUE) Vietnam. Nota kesepahaman itu meliputi komitmen untuk bekerja sama dalam pertukaran mahasiswa, staf bursa, penelitian kolaborasi, dan seminar atau lokakarya. Melalui pernyataan tertulis, SSU HCMCUE menjelaskan mereka memiliki banyak kepentingan yang sama dengan Unnes. Mereka juga ingin merumuskan standarisasi hubungan antara kedua pihak untuk memberikan konsistensi, dan titik fokus untuk persiapan, penyelenggaraan program, serta kolaborasi dan kerja sama. Sementara itu, Pembantu Rektor Bidang Pengembangan Kerjasama Unnes Fathur Rohman mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman itu sangat penting sebagai tanda HCMUE dan Unnes bersedia berkolaborasi aktif.
"Kami berharap kerjasama ini tidak hanya berhenti pada formalitas, tapi juga berlanjut menjadi aktivitas nyata berdasarkan nota kesepahaman yang saling memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak," ujar Fathur, seperti dinukil dari laman Unnes, Selasa (5/6/2012).

...dst

13 ) Undip Tunda Pemberlakuan SPP Tunggal
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641607/undip-tunda-pemberlakuan-spp-tunggal

Selasa, 05 Juni 2012 13:02 wib
JAKARTA - Rencana penetapan tarif tunggal dalam biaya perkuliahan di perguruan tinggi negeri (PTN) sepertinya belum dapat dilaksanakan oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Kampus ini menunda penerapan tarif tunggal dan tahun ini menjadi masa transisi persiapan menuju tarif tunggal. Hal ini diungkapkan Rektor Undip Sudharto P Hadi saat bertemu dengan para fungsionaris Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Senat Mahasiswa Undip. Ke depan, penetapan tarif tunggal akan tetap dilaksanakan. Keputusan Undip menunda tarif tunggal ini, lanjut Sudharto, disesuaikan atas kebijakan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). "Keputusan untuk menunda Tarif Tunggal karena penerapan Uang kuliah Tunggal (UKT) memerlukan persiapan yang matang. Tahun ini dipandang sebagai masa transisi menuju UKT, maka tahun ini masih menggunakan tarif lama. Untuk besaran jumlah biaya dapat dilihat di website undip mulai Senin, 4 Juni pukul 01.00 WIB," ujar Sudharto, seperti dilansir dari laman Undip, Selasa (5/6/2012).

...dst

14 ) Sistem Penghemat Listrik di Kampus Bisa Kurangi 20 Persen Energi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191299

Selasa, 05/06/2012 - 18:53
BANDUNG, (PRLM).- Politeknik Telkom Bandung mengembangkan sistem penghematan listrik terpadu yang bisa menghemat penggunaan listrik di kampus dan bisa diaplikasikan di berbagai instansi. Dengan sistem ini bisa menghemat sekitar 15-20 persen energi, yang berarti bisa menghemat biaya penggunaan energi listrik. Wakil Direktur III Poltek Telkom, Christanto Triwibisono mengatakan, penelitian tentang sistem konservasi energi ini dilakukan oleh dosen yang juga melibatkan mahasiswa. Secara umum dengan sistem ini gedung-gedung yang ada di kampus dan digunakan untuk perkuliahan diatur sedemikian rupa, sehingga ketika ruangan kosong maka alat-alat yang menggunakan listrik mati. "Hasil penelitian kami sebetulnya banyak. Dan selama ini hanya jadi hiasan. Hiasan perpustakaan atau lemari dosen. Tapi kami ingin meningkatkan penelitian ini supaya bisa dinikmati masyarakat dan industri. Salah satu yang terus dikembangkan adalah sistem untuk konservasi energi ini," kata Christanto dalam kunjungannya ke Kantor HU Pikiran Rakyat Jln. Asia-Afrika No. 77, Kota Bandung, Selasa (5/6/12).

...dst

15 ) Mau, Beasiswa "MBA" di Rotterdam School of Management?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/14424775/Mau.Beasiswa.MBA.di.Rotterdam.School.of.Management

Selasa, 5 Juni 2012 | 14:42 WIB
KOMPAS.com - Rotterdam School of Management, Erasmus University, Belanda, menawarkan kesempatan beasiswa meraih MBA di Rotterdam School of Management. Studi dengan program beasiswa ini akan dimulai January 2013 mendatang. Beasiswa master (MBA) ini terbuka untuk semua kandidat dari kawasan Asia, termasuk Indonesia. Satu beasiswa ini bernilai €10.000 dan menyaratkan pesertanya melengkapi semua isian aplikasi ke Rotterdam School of Management. Adapun syarat mengenai beasiswa ini selengkapnya bisa dilihat di RSM Scholarships http://www.rsm.nl/mba/international-full-time-mba/next-steps/financing-your-mba/rsm-scholarships-for-far-east/. Batas pengiriman aplikasi harus diserahkan sebelum 1 December 2012.

...dst

16 ) Katak Endemik Misbahul Loncat ke Kanada
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641766/katak-endemik-misbahul-loncat-ke-kanada

Rabu, 06 Juni 2012 09:02 wib
JAKARTA - Siapa sangka katak mampu mengantarkan Misbahul Munir untuk mencicipi perkuliahan di luar negeri? Penelitian tentang hewan amfibi itu membuat mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini berkesempatan mengenyam pendidikan selama dua pekan di University of Calgary, Kanada. Beberapa tahun terakhir, mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tersebut meneliti tentang katak endemik, yakni sejenis katak pohon mutiara yang hanya ada di pulau Jawa. "Sejauh ini belum ada penelitian tentang katak jenis ini. Penelitian meliputi distribusi, habitat, dan perilaku katak pohon itu," ujar Misbahul, seperti dilansir dari situs Unnes, Rabu (6/6/2012).

...dst

17 ) Dosen UNY Belajar Fesyen di China
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641562/dosen-uny-belajar-fesyen-di-china

Selasa, 05 Juni 2012 11:01 wib
JAKARTA - Dosen Prodi Pendidikan Teknik Busana Fakuktas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) Noor Fitrihana mendapat kesempatan untuk memperkaya ilmu pengetahuannya di kancah internasional. Noor bersama sejumlah perwakilan dari berbagai negara mengikuti pelatihan bertajuk APEC Skills Development Promotion Project di Wuxi, Provinsi Jiangsu, China. Para perwakilan negara-negara anggota APEC ini memperkuat dialog dan kerjasama di bidang pengembangan keterampilan negara peserta APEC. Dalam hal ini pengembangan sistem trainning untuk meningkatkan skills tenaga kerja bidang fesyen.

...dst

18 ) Kebebasan Akademik dan Penyalahgunaan Otonomi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/10475566/Kebebasan.Akademik.dan.Penyalahgunaan.Otonomi

Oleh Chan Basaruddin-Guru Besar dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI
Selasa, 5 Juni 2012 | 10:47 WIB
Tulisan Prof Syamsul Rizal di harian Kompas edisi 28 Mei 2012, "Kebebasan Akademik, Kebebasan yang Mencekik", menarik dibahas lebih jauh. Sebab, dikhawatirkan mengambing-hitamkan kebebasan akademik sebagai pangkal dari beberapa simtom persoalan buruknya kehidupan kampus. Prof Syamsul menggunakan tulisan Prof Sulistyowati Irianto yang berjudul "Kebebasan Akademik Itu..." (Kompas, 5/5) sebagai landasan argumennya untuk sampai kepada simpulan: kebebasan akademik ternyata mencekik dan mungkin perlu ditinjau kembali. Di sini perlu ditegaskan, beberapa contoh penyimpangan (ekses) yang dipaparkan dalam tulisan Prof Syamsul bukan merupakan akibat dari kebebasan akademik. Pada akhir 2000, pemerintah mengubah status empat perguruan tinggi negeri (PTN), yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB), menjadi badan hukum milik negara (BHMN). Empat PTN ini semula berstatus sebagai unit pelayanan teknis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

...dst

19 ) Rektor Unissula Penuhi Panggilan Polisi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/16072285/Rektor.Unissula.Penuhi.Panggilan.Polisi

Selasa, 5 Juni 2012 | 16:07 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Prof Laode M. Kamaluddin memenuhi panggilan pihak kepolisian untuk pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus dugaan pemalsuan ijazah dan nilai sejumlah mahasiswanya di Fakultas Kedokteran. Ia diperiksa di ruang Kepala Unit Penyidikan III AKP Bejo Sutaryono, di Polrestabes Semarang, Selasa (5/6/2012). Usai menjalani pemeriksaan selama kurang lebih dua jam, Laode mengatakan kedatangannya tersebut untuk memenuhi janjinya sebab sudah dua kali ia mengaku tidak bisa hadir penuhi panggilan polisi. "Saya berjanji tanggal 5 dan sekarang ini saya datang, sehingga tidak ada lagi pemberitaan yang menyebutkan saya mangkir dan tidak kooperatif," katanya. Ia menegaskan pihaknya tetap akan menghormati proses hukum dan meminta proses tersebut dilanjutkan hingga tuntas. Pihaknya juga memastikan tidak akan ada yang meminta untuk menghentikan perkara tersebut dan menyerahkan proses hukum sepenuhnya pada pihak kepolisian.

...dst

20 ) Proyek Universitas "Dikeruk"
KPK Telusuri Politisi Penerima Hadiah Pembahasan Anggaran
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/06/03383517/proyek.universitas.dikeruk

06 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Anggaran pengadaan sarana dan prasarana di 16 universitas negeri senilai Rp 600 miliar diduga menjadi bancakan atau "dikeruk" politisi di DPR. KPK baru menetapkan tersangka Angelina Sondakh terkait penerimaan hadiah pembahasan anggaran 16 universitas itu. Bukti-bukti penerimaan hadiah terkait pembahasan anggaran pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di 16 universitas negeri, yang dimiliki KPK, baru mengarah kepada Angelina, anggota Partai Demokrat. Data yang diperoleh dari KPK menyebutkan, ke-16 universitas negeri itu adalah Universitas Sumatera Utara dengan nilai proyek Rp 30 miliar, Universitas Brawijaya Rp 30 miliar, Universitas Udayana Rp 30 miliar, Universitas Jambi Rp 30 miliar, Universitas Negeri Jakarta Rp 45 miliar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Rp 45 miliar, Universitas Jenderal Soedirman Rp 30 miliar, Universitas Sriwijaya Rp 75 miliar, Universitas Tadulako Rp 30 miliar, Universitas Nusa Cendana Rp 20 miliar, Universitas Pattimura Rp 35 miliar, Universitas Negeri Papua Rp 30 miliar, Universitas Sebelas Maret (UNS) Rp 40 miliar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Rp 50 miliar, Universitas Negeri Malang Rp 40 miliar, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebesar Rp 40 miliar.

...dst

21 ) KPK Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Rektor IPB
http://news.detik.com/read/2012/06/05/190145/1933678/10/kpk-jadwalkan-ulang-pemeriksaan-rektor-ipb

Selasa, 05/06/2012 19:01 WIB
Jakarta Rektor IPB, Prof DR Ir Herry Suhardiyanto MSc, hari ini urung diminta keterangannya sebagai saksi untuk tersangka Angelina Sondakh karena sedang di luar negeri. Penyidik menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Herry menjadi Kamis (7/6) mendatang. "Pemeriksaan rektor IPB dijadwal ulang menjadi hari Kamis besok," kata Juru bicara KPK, Johan Budi, di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Selasa (6/5/2012).Johan menjelaskan, Herry batal diperiksa hari ini karena sedang di luar negeri. Herry pun sudah mengkonfirmasi perihal ketidakhadirannya saat ini kepada KPK. "Kemarin beliau memberi tahu," kata Johan. Angie sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sejak 27 April lalu ditahan di rutan KPK. Sejumlah saksi dari Partai Demokrat sudah diperiksa dalam kasus ini.

...dst

22 ) Ini Tiga Universitas yang Kucurkan Dana ke Angelina Sondakh
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/06/05/m55ejh-ini-tiga-universitas-yang-kucurkan-dana-ke-angelina-sondakh

Selasa, 05 Juni 2012, 21:21 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Terpidana kasus suap wisma atlet SEA Games M Nazaruddin, Selasa (5/6), diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi untuk tersangka kasus wisma atlet SEA Games dan korupsi Kemendikbud Angelina Sondakh. Nazaruddin dicecar penyidik soal pembuatan sebanyak 1 juta kalender Anas untuk pemenangan Anas pada kongres Partai Demokrat 2010. "Tadi yang diperiksa berkaitan dengan universitas. Jadi waktu itu Anas sebagai ketua umum Partai Demokrat kan perintahkan saya untuk buat kalender sebanyak 1 juta lembar. Uangnya dari mana? uangnya diambil dari Angie. Angie ambil uangnya dari Universitas Haluleo (Kendari, Sulawesi), Universitas Tadulako (Palu), dan Universitas Cendana (Papua). Uang yang sudah direalisasikan sebanyak Rp 6 miliar," kata Nazaruddin usai menjalani pemeriksaan di KPK, Selasa (5/6) malam.

...dst

23 ) Biaya Pembuatan Kalender Anas Didapat dari Proyek di 3 Universitas
http://news.detik.com/read/2012/06/05/232048/1933764/10/biaya-pembuatan-kalender-anas-didapat-dari-proyek-di-3-universitas

Selasa, 05/06/2012 23:20 WIB
Jakarta Salah satu bentuk promosi Anas Urbaningrum untuk bisa menduduki posisi Ketua Umum Partai Demokrat dengan menyebarkan kalender. Uang pembuatan kalender itu didapat dari fee proyek di tiga Universitas. Hal itu dibeberkan M Nazaruddin usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk Angelina Sondakh di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Selasa (5/6/2012). Nazaruddin menjadi saksi dalam kasus dugaan korupsi pembahasan anggaran proyek di Kemendikbud.
Kalender ini dibuat sebagai salah satu bentuk persiapan Anas maju dalam kongres. Angie ditunjuk untuk mengurusi pembuatan kalender. "Waktu itu ditanya, uangnya dari mana? (Anas) suruh minta sama Angie," jelas Nazar. Angie pun kemudian mengambil uang untuk pembiayaan itu dari proyek-proyek yang ada di Universitas Haluleo, Kendari; Universitas Fadiako, Palu; dan Universitas Cendana, Kupang NTT.

...dst

24 ) Mendikbud Didesak Campuri Kasus UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/06/09500425/Mendikbud.Didesak.Campuri.Kasus.UI

Rabu, 6 Juni 2012 | 09:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara Gerakan Universitas Indonesia (UI) Bersih, Ade Armando mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, untuk mengambil sikap jelas dan tegas terkait dugaan korupsi di UI. "Selama ini pak Menteri tidak bersikap apa-apa. Maka sekarang kami mendesak agar Mendikbud segera menyampaikan sikapnya atas kasus korupsi di UI yang semakin terang benderang," kata Ade, Rabu (6/6/2012), di Jakarta. Ade menjelaskan, berbagai temuan yang dibeberkan oleh UI Bersih menunjukkan jika dugaan mismanajemen dan korupsi di UI bukanlah sesuatu yang dibesar-besarkan. Ia juga mengungkapkan jika dirinya sudah lama mengetahui ada banyak masalah di UI. Akan tetapi, saat UI Bersih melapor ke KPK pada November 2011 lalu, para petinggi Kemdikbud menyatakan tidak ada korupsi di UI.

...dst

25 ) KPK Kumpulkan Data Dugaan Korupsi IT Perpustakaan UI
http://news.detik.com/read/2012/06/05/192103/1933691/10/kpk-kumpulkan-data-dugaan-korupsi-it-perpustakaan-ui

Selasa, 05/06/2012 19:21 WIB
Jakarta KPK tengah melakukan pengumpulan informasi dalam kasus dugaan korupsi dalam proyek IT Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Tim masih menelaah apakah ada unsur pidana korupsi dalam laporan yang disampaikan kelompok dosen yang menamakan diri 'UI Bersih'.Juru Bicara KPK, Johan Budi, membenarkan jika sejumlah dosen UI tadi telah ditemui oleh pimpinan. Rombongan dosen tersebut juga sekaligus menyerahkan data lanjutan laporan mereka. "Tadi yang menemui Pak Bambang (Widjojanto) dan Pak Busyro (Muqqodas)," terang Johan di Kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Selasa (5/6/2012). Di dalam pertemuan itu, KPK menerangkan jika status laporan para dosen UI itu kini ditahap pengumpulan bukti dan keterangan. "Ini untuk mencari tahu unsur korupsinya, apakah ada atau tidak," jelas Johan.

...dst

26 ) Tandatangan Palsu di Proyek Perpustakaan UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/15510874/Tandatangan.Palsu.di.Proyek.Perpustakaan.UI

Selasa, 5 Juni 2012 | 15:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara Gerakan Universitas Indonesia (UI) Bersih, Ade Armando mengungkapkan bukti baru terkait dugaan korupsi yang terjadi di UI. Sedikitnya ada 11 dokumen yang tandatangannya dipalsukan dalam pengadaan IT di perpustakaan pusat UI yang nilainya mencapai Rp 21 miliar. Ade mengungkapkan, informasi itu diperoleh dari seorang whistle blower dalam pertemuan bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (5/6/2012). "Hari ini kami ke KPK membawa seorang whistle blower yang tandatangannya dipalsukan dalam proyek tersebut. Tapi demi keamanan, identitasnya tak bisa kami sampaikan," kata Ade di gedung KPK Jakarta.

...dst

27 ) Dituding Korup, Rektor UI Siap Diperiksa KPK 
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/05/063408499/Dituding-Korup-Rektor-UI-Siap-Diperiksa-KPK

Selasa, 05 Juni 2012 | 16:15 WIB
TEMPO.CO, Depok - Didera isu korupsi, Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri menyatakan siap diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Saya rektor dan jajaran siap menerima KPK ataupun BPK secara terbuka," kata Gumilar kepada Tempo, Selasa, 5 Mei 2012. Hari ini sekitar 20 civitas academica UI mendatangi KPK dan meminta komisi antirasuah mengusut indikasi korupsi di kampus mereka. Gumilar membantah menyembunyikan data dan menghindar dari kasus tersebut. "Kami terbuka, kami ingin menjadi contoh," katanya. Gumilar mengakui ada kekurangan dalam menjalankan administrasi kampus. Tapi ia berjanji memperbaiki kekurangan tersebut. Ia menegaskan, kalau ada indikasi kriminal seperti yang dituduhkan, penegak hukum harus mengusutnya. "Korupsi di level bawah, menengah, apalagi dari atas, silakan tindak," kata dia. Sebelumnya, BPK menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 45 miliar dalam kerja sama bangun guna serah tanah milik UI di Pegangsaan Timur. Gumilar mengatakan telah melibatkan tim dan berbagai ahli untuk mengkaji aturan bangun guna serah itu. Menurut Gumilar, dia siap menghadapi akibat hukum dari kebijakan itu. Ia menyatakan telah membangun universitas tanpa korupsi. "Yang ada dalam pikiran kami, UI maju. Tidak mungkin UI maju tanpa membangun," katanya.

...dst

28 ) KPK Harus Segera Usut Korupsi di UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/12082090/KPK.Harus.Segera.Usut.Korupsi.di.UI

Selasa, 5 Juni 2012 | 12:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali, mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menindaklanjuti dugaan korupsi yang terjadi di dunia pendidikan. Salah satunya dugaan korupsi yang terjadi di kampus UI yang menyeret nama Rektor Gumilar R Somantri. Dikatakan Rhenald, KPK sejatinya tidak hanya tertarik pada dugaan korupsi di ranah politik. Sebagai pilar penentu masa depan, pendidikan juga merupakan sektor penting yang harus dilindungi dari praktik tercela itu. "KPK tidak boleh lambat, jangan hanya tertarik pada politik, tapi juga korupsi di ranah pendidikan, ini masa depan bangsa dan banyak kasus seperti ini," kata Rhenald di gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/6/2012).
Dijelaskan olehnya, dugaan kasus korupsi yang terjadi di UI sampai saat ini semakin mengerucut dan mengarah pada Rektor UI. Tindakan tegas perlu segera dilakukan untuk memberikan contoh agar tidak kembali dilakukan di kemudian hari.

...dst

29 ) 88,21% Tamatan SMK Terserap Kerja
Dampak Kebijakan Vokasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/06/188670/8821-Tamatan-SMK-Terserap-Kerja

06 Juni 2012
TEGAL-Kebijakan provinsi vokasi di Jateng telah memberikan sejumlah pengaruh positif. Ditandai dengan meningkatnya Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan menengah tingkat provinsi dari 53,51% pada tahun 2008 menjadi  64,93% pada tahun 2011. Program itu telah meningkatkan layanan peningkatan mutu pada pendidikan kejuruan. "Selain itu juga mampu meningkatkan keterserapan tamatan sekolah kejuruan pada dunia kerja dari 85,20% pada tahun 2008 menjadi 88,12% pada tahun 2011. Kota Tegal mencapai 89,32%," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Jateng Drs Kartono MPd pada saat menghadiri job matching SMK dan pencanangan Tegal Kota Vokasi di Gor Wisanggeni, Kota Tegal, Selasa (5/6). Kartono mengatakan, pada kegiatan job fair SMK yang dilaksanakan 15-17 Mei lalu di PRPP Semarang, dari 22.949 pencari kerja yang mendaftar, 4.273 lulusan SMK diterima bekerja. Sisanya 12.431 orang proses psikotes, 3.652 orang proses wawancara. "Sedangkan proses rekruitmen khusus PT AHM dan PT SIS sebanyak 2.433 orang di daerah," imbuhnya. 

...dst

30 ) Menko Kesra Raih Gelar Honoris Causa dari Unnes
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/05/373/641727/menko-kesra-raih-gelar-honoris-causa-dari-unnes

Selasa, 05 Juni 2012 14:00 wib
JAKARTA - Setiap kecerdasan yang dimiliki individu harus diikuti dengan karakter yang baik. Sebab, kecerdasan tanpa karaketer yang baik justru akan merusak. Praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) berakar dari luntur atau hilangnya karakter yang baik. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) HR Agung Laksono, ketika menyampaikan orasi ilmiah pada penganugerahan gelar doktor kehormatan honoris causa dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Selasa (5/6/2012) di Kampus Sekaran. "Kita semua harus berani menjadi guru dalam konteks komunitas masing-masing," papar Agung, seperti dikutip dari laman Unnes, Selasa (5/6/2012).

...dst

31 ) 20 Instansi Segera Terima Tunjangan Kinerja
http://www.jpnn.com/read/2012/06/05/129594/20-Instansi-Segera-Terima-Tunjangan-Kinerja-

Selasa, 05 Juni 2012 , 14:27:00
JAKARTA--Hingga saat ini sudah ada 11 kementerian/lembaga yang  telah mendeklarasikan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK). Terakhir adalah Kementerian Riset dan Teknologi bersama tujuh lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK) di bawah koordinasi instansi ini, ikut mendeklarasikan zona integritas."Ini lompatan yang luar biasa. Sebelumnya baru tiga, dan sekarang ditambah delapan lagi, sehingga jumlahnya 11 dari 70 kementerian dan LPNK. Jadi sudah sepertujuh yang mulai berubah," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar di Jakarta, Selasa (5/6). Dia mengakui penggerak reformasi birokrasi, adalah masing-masing instansi pemerintah dan seluruh elemen bangsa Indonesia. Sedangkan Kementerian PAN-RB yang mengatur ritmenya. "Yang menggerakkan untuk perubahan adalah kita semua guna mempercepat tercapainya cita-cita bangsa," ujarnya. Saat ini, lanjut Azwar, ada 20 kementerian/lembaga yang sudah memasuki proses reformasi birokrasi untuk segera mendapatkan tunjangan kinerja, termasuk di dalamnya Kemenristek.  Selain itu, sebanyak 33 provinsi didorong untuk ikut reformasi birokrasi.

...dst

32 ) Pemerintah siapkan Rp10 triliun untuk BOS SMA
http://www.antaranews.com/berita/314319/pemerintah-siapkan-rp10-triliun-untuk-bos-sma

Selasa, 5 Juni 2012 16:45 WIB
Semarang (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran Rp10 triliun sampai Rp12 triliun untuk bantuan operasional (BOS) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sekolah sederajat. "Pemberian BOS SMA, Insyaallah dimulai tahun depan," katanya usai menghadiri acara penganugerahan gelar doktor honoris causa di Universitas Negeri Semarang, Selasa.
Menurut dia, alokasi dana BOS untuk SMA dan sekolah sederajat diperuntukkan bagi 10 juta siswa sehingga setiap anak akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan Rp1 juta/tahun. Ia menjelaskan pula bahwa pemerintah menjalankan berbagai program, termasuk menyalurkan dana BOS, untuk meningkatkan angka partisipasi SMA dan sekolah sederajat, supaya bisa memanfaatkan bonus demografi--peningkatan jumlah penduduk usia produktif-- tahun 2010-2035 mendatang.

...dst

33 ) MK Tetapkan Wamen Status Quo
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500973/38/
   
Wednesday, 06 June 2012
JAKARTA– Jabatan wakil menteri (wamen) akhirnya status quo. Walau masih dipertahankan hingga Presiden secara resmi memberhentikan, wamen tidak boleh melakukan tindakan apa pun atas nama jabatan tersebut. Posisi jabatan wamen yang demikian merupakan implikasi dari putusan uji materi Pasal 10 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Kemarin,Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian tuntutan uji materi yang diajukan Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GN PK) Pusat Adi Warman dan sekretarisnya TB Imamudin. "Kalau dia (wamen) bersumber dari aturan yang sudah dinyatakan inkonstitusional itu, sampai ada perbaikan,jabatannya kosong.Ya status quo," ujar Juru Bicara MK Akil Mochar kepada wartawan seusai sidang kemarin. Menurut Akil, sumber kekacauan jabatan ini adalah penjelasan norma Pasal 10 UU No 39/2008 yang menyatakan wamen adalah jabatan karier dan bukan anggota kabinet. Norma ini telah melampaui berbagai aturan yang ada seperti tidak berdasarkan usulan pengisian jabatan,status struktural atau fungsional,dan akhir masa jabatan sehingga kemudian muncul ketidakpastian hukum.

...dst

34 ) Ini Dia Putusan MK tentang Wakil Menteri
http://news.detik.com/read/2012/06/05/121750/1933087/10/ini-dia-putusan-mk-tentang-wakil-menteri

Selasa, 05/06/2012 12:17 WIB
Jakarta Polemik wakil menteri (wamen) diakhiri oleh Mahkamah Konstitusi (MK). MK menyatakan penjelasan pasal 10 UU 39/2008 tentang Kementerian Negara tidakber kekuatan hukum mengikat. Berikut putusan MK tersebut yang dibacakan Ketua Mahfud MK, di gedung MK, Selasa (5/6/2012):

...dst

35 ) Pendataan Honorer Diperpanjang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500910/
   
Wednesday, 06 June 2012
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) meminta tambahan waktu dua bulan untuk pendataan pengangkatan tenaga honorer. Menpan dan RB Azwar Abubakar mengatakan,pendataan tenaga honorer hingga saat ini belum tuntas, apalagi ada 203 daerah yang mengajukan keberatan dengan data dan uji publik tenaga honorer yang telah digelar. Selain itu juga ada sembilan lembaga pusat yang mengajukan keberatan sehingga harus ada peninjauan data kembali. Azwar menjelaskan, pihak yang merasa keberatan itu ada dari anggota DPRD, kepala dinas, masyarakat, dan lembaga swadaya masyarakat. Laporan dari mereka menyatakan, banyak tenaga honorer kategori 1 (K-1) tidak masuk kualifikasi pengangkatan namun masuk dalam daftar. "Kami minta waktu dua bulan untuk cuci piring.Ini berat sekali karena banyak calon yang tidak kerja tapi masuk daftar," katanya pada rapat kerja dengan Komisi II DPR kemarin.

...dst

36 ) BKD Pintu Masuk Mafia Honorer
http://www.jpnn.com/read/2012/06/06/129656/BKD-Pintu-Masuk-Mafia-Honorer-

Rabu, 06 Juni 2012 , 06:28:00
JAKARTA - Rapat kerja (raker) Komisi II DPR dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kemarin (5/6) menyoroti mafia perekrutan PNS. Pada saat pengangkatan honorer kategori 1/K1 memasuki detik-detik akhir, pemerintah meminta waktu tambahan dua bulan lagi. Selain itu, DPR mengungkap adanya mafia di balik penetapan honorer K1. Dugaan adanya mafia yang bergentayangan tersebut dipertegas oleh penelusuran anggota Komisi II Malik Haramain. Dia membeberkan, pintu masuk mafia honorer itu adalah BKD (Badan Kepegawaian Daerah). "Para mafia itu tidak lain adalah bupati, wali kota, kepala dinas, hingga anggota DPRD," kata Malik dalam raker. Politikus asal dapil Jawa Timur II tersebut menjelaskan, indikator peredaran mafia itu muncul karena sampai saat ini masih banyak data honorer K1 yang belum klir. Salah satu kriteria honorer K1 adalah honorer yang digaji APBN/APBD.

...dst

37 ) Yogyakarta, Kota Terbersih di Indonesia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500903/
   
Wednesday, 06 June 2012
YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta pada tahun ini kembali meraih Adipura untuk kategori kota besar terbersih. Penghargaan ini diberikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Istana Negara Jakarta, kemarin. Bagi Yogyakarta, penghargaan Adipura tersebut merupakan yang keenam. Keberhasilan mendapatkan Adipura menunjukkan kegiatan pengelolaan lingkungan di Kota Yogyakarta sudah berada di jalur yang benar. Selain itu, juga tidak terlepas dari peran aktif semua pihak dalam mewujudkan kebersihan kota. "Ini berarti untuk pengelolaan kebersihan lingkungan sudah menjadi tanggung jawab bersama, termasuk dalam pengelolaan ruang terbuka hijau (RHT) dan pengelolaan sampah mandiri juga ikut berkontribusi mendapatkan penghargaan tersebut," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta Eko Suryo Maharsono kemarin. Tahun ini Yogyakarta juga meraih penghargaan terminal terbaik terbersih dan pasar terbaik terbersih.

...dst

38 ) Kondisi Perekonomian- Indonesia Waspadai Dampak Krisis Eropa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500970/38/
   
Wednesday, 06 June 2012
JAKARTA – Pemerintah mewaspadai dampak krisis Eropa terhadap perekonomian Indonesia. Dampak krisis tersebut bisa sampai ke Indonesia melalui perdagangan, keuangan ataupun kepercayaan investor. Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengatakan, dari semua dampak yang bisa sampai ke Indonesia, yang paling dikhawatirkan adalah berkurangnya perhatian serta dukungan lembaga keuangan dunia terhadap kawasan Asia. "Banyak lembaga keuangan yang mempunyai portofolio di Eropa dan mereka perlu melakukan konsolidasi, melakukan penyehatan perbankan. Mungkin (itu) bisa mengurangi peran mereka di dunia, termasuk di kawasan Asia," papar Agus di Gedung DPR, Jakarta,kemarin. Potensi berkurangnya perhatian lembaga keuangan itulah yang membuat Agus Marto meminta semua pihak untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi krisis. Indonesia harus bisa mengatasi gejolak krisis yang mulai muncul, khususnya yang terkait dengan pasar uang. Sebagai catatan, krisis Eropa yang terus memburuk ikut berpengaruh terhadap pergerakan nilai tukar rupiah dan indeks saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pekan lalu, misalnya, rupiah mengalami pelemahan cukup tajam hingga menyentuh level Rp9.550 per dolar Amerika Serikat (AS).

...dst

39 ) FENOMENA TATA SURYA-Pagi Ini Venus Melintasi Matahari
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500977/

Wednesday, 06 June 2012
Fenomena alam sangat langka akan terjadi pada Rabu (6/6),hari ini. Siapa pun yang melihatnya, dipastikan tak dapat mengulanginya dalam seumur hidup. Pada saat tersebut,planet Venus akan melintasi di antara bumi dan Matahari. Peristiwa tata surya ini akan kembali terjadi pada Desember 2117. "Kejadian ini pernah terjadi pada 8 Juni 2004.Namun karena siklusnya 8 tahun-105 tahun-8 tahun,maka fenomena ini baru akan terjadi lagi pada tahun 2117,"sebut Peneliti dan Astronom Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar,kemarin. Peristiwa alam ini,kata Evan,bakal terjadi dari pukul 05.09 WIB sampai 11.49 WIB dengan puncak transit planet Venus di Matahari terjadi pada 08.29 WIB. Pergerakan planet yang disebut dengan bintang Kejora ini akan mulai dari arah kiri ke kanan. Akan tetapi karena di Indonesia bagian barat pada pukul 05.09 Matahari belum terlihat (terbit) maka fenomena ini belum bisa dilihat.Hal ini akan jelas terlihat secara utuh dari awal sampai akhir di Indonesia bagian timur.Evan menjelaskan peristiwa ini tidak berdampak apapun terhadap sistem tata surya.

...dst

40 ) Tsunami Ancam 5 Juta Orang di Indonesia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/05/324296/293/14/Tsunami-Ancam-5-Juta-Orang-di-Indonesia

Selasa, 05 Juni 2012 18:49 WIB 
JAKARTA--MICOM: Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan setidaknya terdapat 5 juta warga Indonesia yang terpetakan tinggal di daerah rawan bencana tsunami. Menurut BNPB, daerah yang paling rawan jatuh korban akibat terkena tsunami berturut-turut adalah Jawa Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam, Sulawesi Selatan, Bali, serta Banten. "Di Jawa Tengah sendiri setidaknya ada 950 ribu warga yang berisiko terpapar tsunami. Ini merupakan yang paling tinggi dibanding provinsi lain," kata Sutopo di Jakarta, Selasa (5/6). Sutopo mengatakan BNPB telah berupaya memberi sosialisasi kepada warga yang berisiko terkena tsunami. Tapi ia mengakui hasil sosialisasi belum memuaskan.

...dst

41 ) Hasil Pemeriksaan Medis, Tina Agustina-Butiran Kristal Diduga Rekayasa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500858/
   
Wednesday, 06 June 2012
BANDUNG– Fenomena air mata kristal Tina Agustina, 19, warga Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang, diduga kuat hasil rekayasa. Badan Geologi Kementerian ESDM menilai, kristal yang keluar dari mata Tina bukan hasil alamiah pembentukan yang terjadi dalam proses tubuh manusia, tetapi hasil buatan tangan. "Material tersebut adalah material sintetik yang telah diasah (diproses) dan bukan hasil dari proses olah tubuh manusia. Batu tersebut dapat ditemukan secara massif di pasaran," ungkap Sekretaris Badan Geologi Yunus Kusumabrata dalam konferensi pers di lantai empat Gedung Baru, RS Mata Cicendo,kemarin. Dia menyebutkan, kesimpulan itu merupakan hasil pemeriksaan Badan Geologi yang dilakukan Senin (4/6) terhadap contoh material. Kristal berwarna biru tersebut merupakan material sintetik yang telah melalui proses pembentukan yang mempunyai komposisi berupa campuran material dengan 15,40% SiO2 dan 2,49% K2O dan tidak ada unsur karbon. Dugaan kristal air mata Tina merupakan hasil rekayasa juga muncul dari hasil pemeriksaan dokter di Rumah Sakit Mata Cicendo pada Kamis (31/5) lalu.

...dst

Berita Edukasi, 05 Juni 2012

1 ) Kemdikbud Bina Akademik Perguruan Tinggi di Bawah Kemenperin
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/376

06/04/2012
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Perindustrian sepakat untuk melakukan kerja sama dalam menyelenggarakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian. Kesepakatan itu dituangkan dalam nota kesepakatan yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Anshari Bukhari, di Gedung Kementerian Perindustrian, Senin (4/06). Dalam nota kesepakatan itu disebutkan bahwa dalam penyelenggaraan perguruan tinggi ini, kedua kementerian akan bertanggung jawab pada bidang masing-masing. Kemdikbud akan bertanggung jawab pada bidang akademik, sedang Kemenperin akan bertanggung jawab dari sisi teknis. Dengan adanya kerja sama ini, kata Djoko, penyelenggaraan pendidikan tetap berjalan seperti biasa. Tapi untuk kegiatan akademik, seperti kurikulum, standar dosen, dan sertifikasi dosen, akan dibina oleh Kemdikbud.

...dst

2 ) Pemerintah Usul Sarjana Bisa Mengajar di Kampus
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/04/079408286/Pemerintah-Usul-Sarjana-Bisa-Mengajar-di-Kampus

Senin, 04 Juni 2012 | 20:30 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengusulkan pembuatan peringkat kompetensi tenaga pengajar perguruan tinggi. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengatakan dengan peringkat kompetensi ini nantinya seorang sarjana bisa menjadi dosen bagi mahasiswa strata satu. "Jika lihat aturan saat ini, yang diperbolehkan mengajar strata satu haruslah lulusan strata dua. Kami usul itu diubah," kata Djoko di Jakarta pada Senin 4 Juni 2012. Namun menurut Djoko seorang sarjana tidak serta merta diizinkan mengajar mahasiswa strata satu. Ia terlebih dahulu melalui ujian kompetensi dan mendapat peringkat yang sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah. Dosen yang gelar akademiknya sejajar dengan mahasiswa yang diajarnya itu pun hanya diperbolehkan mengajar materi yang ia kuasai. "Harus sesuai dengan kompetensinya," katanya. Djoko memberi contoh, kompetensi seorang sarjana strata satu diberi nilai enam. Sementara seorang diploma D3 diberi nilai lima, dan seorang doktor diberi nilai sembilan. Sistem peringkat kompetensi memungkinkan seorang sarjana strata satu menambah nilai tanpa harus melalui jenjang pendidikan strata dua.

...dst

3 ) Disepakati, Nilai UN sebagai Syarat Masuk PTN 
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/04/079408155/Disepakati-Nilai-UN-sebagai-Syarat-Masuk-PTN

Senin, 04 Juni 2012 | 13:15 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan bahwa perguruan tinggi negeri sudah setuju menggunakan hasil Ujian Nasional (UN) sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri. "Perguruan tinggi sudah setuju," kata Djoko ketika ditemui di kantornya, 4 Juni 2012 siang. Djoko mengatakan kebijakan tersebut mulai diberlakukan tahun depan. Dengan demikian, nantinya perguruan tinggi negeri tak perlu lagi mengadakan tes atau ujian lain untuk menyaring calon mahasiwa. Cukup berpatokan pada nilai UN siswa. "Agar irit, jadi tak perlu ada tes lain," kata dia. Djoko mengatakan sistem penggunaan nilai UN sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri sebenarnya sudah diterapkan tahun ini. "Calon mahasiswa yang masuk melalui jalur undangan kan dilihat berdasarkan nilai UN," katanya. Adapun daftar calon mahasiswa yang masuk melalui jalur undangan itu ditentukan langsung oleh setiap perguruan tinggi negeri. Setiap perguruan tinggi negeri ditetapkan untuk mencari 60 persen calon mahasiswa dari jalur undangan.

...dst

4 ) KOMURINDO Tahun 2012 Diselenggarakan di Yogyakarta
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/374

06/04/2012
Jakarta --- Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) tahun 2012 akan dilaksanakan di Pantai Congot, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, tanggal 7-10 Juni 2012. Tahun ini, tema yang diambil adalah "Attitute Monitoring and Surveillance Payload". Tema tersebut menggambarkan  kompetisi ini sebagai ajang untuk mendapatkan juara hasil rancang bangun muatan roket (payload) yang mampu kembali/menuju sasaran yang telah ditentukan (homming), setelah terlepas dan terpisah dari roket peluncur seri RUM70-100-LPN. Deputi Teknologi Dirgantara, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Soewarto Hardhienata, mengatakan, roket yang dilombakan merupakan kaliber terkecil dari Lapan. "Kalau yang lebih besar di atasnya sedang digunakan untuk pertahanan," katanya. KOMURINDO 2012 merupakan kompetisi roket ke empat sejak tahun 2008. Sebanyak 40 tim dari 32 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia akan berpartisipasi. Setiap tim terdiri dari tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Tim terpilih ini merupakan hasil seleksi 68 tim yang mengajukan proposal rancang bangun muatan roket ke DIKTI. "

...dst

5 ) Puluhan Universitas Ikuti Kompetisi Roket
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/0219296/Puluhan.Universitas.Ikuti.Kompetisi.Roket

Selasa, 5 Juni 2012 | 02:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya 40 tim dari 32 universitas negeri dan swasta akan menjadi peserta pada Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2012. Masing-masing tim peserta akan beradu teknik dan strategi dalam merancang bangun muatan roket agar kembali ke sasaran yang telah ditentukan setelah terpisah oleh roket peluncur seri RUM70-100 - LPN. Ketua umum Komurindo 2012, Budi Tri Siswanto menjelaskan, materi yang dibuat peserta lomba adalah muatan roket dengan persyaratan berbentuk silinder berisi rangkaian elektronik dan sistem aktuator yang berfungsi sebagai perangkat telemetri untuk meteorologi dengan menggunakan tiga macam sensor, masing-masing sensor temperatur, tekanan, dan kelembaban. Selainitu, muatan juag harus dilengkapi pemandu arah terbang muatan menuju sasaran menggunakan kompas dan bersifat aotonomous sekaligus bisa berkomunikasi dengan sistem kendali operator di ground segment, dengan dimensi diameter 100 milimeter, tinggi 200 milimeter, dan berat maksimal 1.000 gram.

...dst

6 ) Mahasiswa Makin Tertarik Teknologi Keantariksaan
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/05/03572933/mahasiswa.makin.tertarik.teknologi.keantariksaan.

05 Juni 2012
Jakarta, Kompas - Untuk menumbuhkan minat masyarakat terhadap teknologi keantariksaan dan menyiapkan calon peneliti, perekayasa, dan ilmuwan peroketan, perlu ada kompetisi yang rutin. Sebagai langkah awal bisa dimulai di jenjang pendidikan tinggi seperti Kompetisi Muatan Roket Indonesia yang diselenggarakan sejak 2008.
Hal itu dikemukakan Deputi Bidang Teknologi Dirgantara di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Soewarto Hardhienata, Senin (4/6), di Jakarta. "Kini banyak anak muda yang tertarik penerbangan dan keantariksaan. Sebelum ada kompetisi itu, jurusan penerbangan lesu," ujarnya. Dari evaluasi empat tahun penyelenggaraan, Soewarto menilai, kemampuan mahasiswa peserta kompetisi berkembang. Dalam kompetisi ini, setiap tim harus merancang bangun muatan roket yang bisa berupa telemetri atau kamera video. Muatan akan diluncurkan dengan roket berdiameter 70 milimeter dan panjang 1.000 milimeter, RUM70-100-LPN. Setelah diluncurkan, muatan itu akan mendarat menuju zona yang ditentukan (homing) dengan memakai parasut. Roket yang berbahan bakar propelan padat itu dapat mencapai tinggi terbang 2 kilometer.

...dst

7 ) Kompetisi Bikin Minat Jurusan Dirgantara Bertambah
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/04/079408323/Kompetisi-Bikin-Minat-Jurusan-Dirgantara-Bertambah

Senin, 04 Juni 2012 | 23:37 WIB
TEMPO.CO, Jakarta  – Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Soewarto Hardhienata mengatakan kompetisi-kompetisi teknologi kedirgantaraan terbukti meningkatkan minat mahasiswa untuk masuk ke LAPAN. "Sejak tiga tahun terakhir jumlah mahasiswa yang mendaftar ke LAPAN terus meningkat," kata Soewarto di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 4 Juni 2012 . Selain meningkatkan minat, Soewarto menyatakan LAPAN lebih mudah melakukan penyaringan tenaga kerja baru. Kompetisi-kompetisi tersebut membuat LAPAN lebih mudah menilai semangat mahasiswa dalam bidang kedirgantaraan dan antariksa. "Kami lebih mudah menyaring insinyur baru," ujarnya. Salah satu contoh yang disampaikan Soewarto adalah meningkatnya minat mahasiswa di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB). "Sebelumnya penerbangan ITB agak lesu, sekarang menigkat lagi," ucapnya.

...dst

8 ) 300 Mahasiswa Asing Program Darmasiswa Siap Kembali ke Negara Asal
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/373

06/04/2012
Jakarta – Sebanyak 300 peserta program Darmasiswa ke XII tahun 2011-2012 telah menyelesaikan program pendidikannya di perguruan tinggi di Indonesia. Sebelum kembali ke negara asal, mereka diberikan pembekalan oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Pembekalan berlangsung di ballroom Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, dari tanggal 2 Juni hingga 4 Juni 2012. Penutupan pembekalan pada 4 Juni dihadiri Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na'im, Kepala Biro Umum M. Qodrat Wisnu Aji, dan Kepala Biro PKLN Ananto Kusuma Seta. Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Ananto Kusuma Seta mengatakan, secara keseluruhan terdapat 486 peserta program Darmasiswa RI tahun akademik 2011/2012. Mereka berasal dari 65 negara yang disebar untuk belajar di 47 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Namun dalam pembekalan kepulangan ini, 186 peserta tidak bisa hadir karena sedang mengikuti ujian akhir, dan ada yang sedang menyelesaikan tugas akhir.

...dst

9 ) Mahasiswa Asing Bisa Bantu Luruskan Salah Paham soal Indonesia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/04/324054/293/14/Mahasiswa-Asing-Bisa-Bantu-Luruskan-Salah-Paham-soal-Indonesia

Senin, 04 Juni 2012 19:04 WIB
JAKARTA--MICOM: Program beasiswa Darmasiswa RI bagi mahasiswa asing dinilai positif menyebarluaskan budaya Indonesia dan menjadikan pesertanya sebagai duta Indonesia di negara masing-masing. "Program beasiswa tersebut sudah terbukti menjadi sarana yang efektif untuk menyebarluaskan budaya dan bahasa Indonesia di luar negeri," kata Sekjen Kemendikbud Ainun Naim di Jakarta, Senin (4/6). Tidak kalah penting, kata Ainun, program tersebut bisa menjadi alat untuk mengurangi kesalahpahaman dunia internasional terhadap Indonesia. Selama setahun berada di Indonesia, para mahasiswa asing tersebut bisa melihat sendiri bagaimana kehidupan multikultural, multi agamda dan demokrasi, multikultural, dapat berjalan di Indonesia. "Dengan menjalani hidup selama setahun di Indonesia, mereka tidak hanya jadi mengetahui menhgenai kehidupan di Indonesia, namun juga merasakan pengalaman yang dapat mereka ceritakan kepada keluarga dan teman-teman di negara asal mereka," kata Ainun.

...dst

10 ) Kunci Tata Kelola Perguruan Tinggi: Komunikasi dan Profesional
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2905:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Monday, 04 June 2012 14:39
Surabaya, 3 Juni 2012--"Dalam peningkatan tata kelola Perguruan Tinggi (PT), kuncinya adalah komunikasi dan profesional," ujar Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dir. Lemkerma Ditjen Dikti Kemdikbud) Achmad Jazidie dalam Workshop Pemberdayaan Kelembagaan dan Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi Regional III pada tanggal 1-3 Juni 2012, di The sun Hotel, Surabaya. Jazidie berharap workshop ini dapat meningkatkan kapasitas PT dalam perencanaan dan pengembangan serta pengelolaan PT. Menurutnya selain valid, tata kelola PT harus sesuai dengan asas kpatutan. Artinya menggunakan keuangan negara dengan efektif dan efisien.

...dst

11 ) Presiden diundang hadiri Raimuna Nasional
http://www.antaranews.com/berita/314175/presiden-diundang-hadiri-raimuna-nasional

Selasa, 5 Juni 2012 00:00 WIB
Jakarta (ANTARA News ) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diundang untuk menghadiri acara Raimuna Nasional yang akan berlangsung di Jayapura, Papua, akhir Juni hingga awal Juli mendatang. Penjabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rivai dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin sore mengatakan undangan tersebut disampaikan saat bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Sore ini, kami telah sempat diterima Presiden bersama bapak dan ibu menteri. Maksud kedatangan kami adalah mengundang dengan hormat Bapak Presiden dan Ibu Negara untuk berkenan hadir secara pribadi dalam rangka pembukaan Raimuna Nasional ke 10 yang rencananya akan dilaksanakan di Jayapura, Papua, pada 25 juni 2012," kata Syamsul Arief. Ia mengatakan Presiden Yudhoyono menghargai undangan tersebut dan memberikan respons positif untuk bisa datang dalam acara tersebut. "Beliau sangat merespons positif undangan yang kami sampaikan kepada beliau sebagai tanda perhatian beliau terhadap pelaksanaan Raimuna ke-10 itu. Beliau akan mempertimbangkan dengan sangat besar akan kehadiran beliau di sana. Kami semua menyerahkan kepada beliau tanggal atau waktu kepastian kedatangan beliau di sana," katanya.

...dst

12 ) Lulusan Pendidikan Tinggi Industri Terserap Habis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/05/05273965/Lulusan.Pendidikan.Tinggi.Industri.Terserap.Habis

Selasa, 5 Juni 2012 | 05:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Daya serap lulusan perguruan tinggi dari lingkup Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sangat tinggi. Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal Kemenperin, Ansari Bukhari, Senin (4/6/2012), di Gedung Kemenperin, Jakarta. Ansari mengatakan, seluruh lulusan perguruan tinggi di lingkup Kemenperin terserap habis di dunia kerja dengan masa tunggu hanya sekitar 3 sampai 6 bulan. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran permintaan perusahaan lebih tinggi jika dibandingkan dengan lulusan di masing-masing unit pendidikan di lingkungan Kemenperin. Sebagai ilustrasi, kata dia, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) meluluskan sekitar 300 orang, padahal berdasarkan perhitungan dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (APT) kebutuhan tenaga kerja ahli di bidang tekstil sekitar 500 orang di setiap tahunnya. "Untuk menutupi kekurangan itu, banyak perusahaan tekstil yang akhirnya mengambil tenaga kerja dari luar negeri, seperti China dan India. Dan fenomena serupa juga terjadi di sektor lainnya," kata Ansari. Unit pendidikan di lingkungan Kemenperin telah berdiri sejak 1950-an dan berkontribusi langsung dengan pembangunan industri nasional.

...dst

13 ) Pendaftar SNMPTN di Unsoed Melonjak 20 Persen
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/04/324098/293/14/Pendaftar-SNMPTN-di-Unsoed-Melonjak-20-Persen

Senin, 04 Juni 2012 22:22 WIB   
PURWOKERTO--MICOM: Pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, melonjak hingga 20%. Pada 2011 pendaftar hanya mencapai sekitar 7.700 peserta, namun tahun ini mencapai 9.895 orang, atau naik lebih dari 2.100 peserta. "Para peserta akan mengikuti SNMPTN pada 12 dan 13 Juni. Hasilnya bakal diumumkan pada 7 Juli mendatang," kata Kepala Bidang Humas Unsoed Endang Istanti di Purwokerto, senin (4/6). Menurutnya, jurusan yang paling diminati masih tetap Fakultas Kedokteran Umum, Akuntansi, dan Teknik Informatika. Peminatnya tidak hanya berasal dari sekitar Purwokerto, tetapi juga dari kota besar seperti Jakarta. "Kami tidak tahu mengapa Kedokteran Umum masih paling diminati jika dibandingkan dengan jurusan atau fakultas lainnya," tambahnya. (LD/OL-01)

...dst

14 ) UI Siapkan Dosen Pengganti Miranda Goeltom
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/04/373/641253/ui-siapkan-dosen-pengganti-miranda-goeltom

Senin, 04 Juni 2012 18:31 wib
DEPOK – Satu lagi guru besar Universitas Indonesia (UI) tersangkut kasus hukum. Kali ini dialami Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) Miranda Goeltom. Dia ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai penetapan status tersangka dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI). Menanggapi hal itu, Dekan FEUI Firmanzah mengatakan, pihak fakultas menghormati proses hukum yang berjalan. Tanpa Miranda pun, kata dia, perkuliahan tetap berjalan apalagi saat ini mahasiswa sedang menempuh masa ujian."Kita tunggu saja proses disana (KPK), kita sih menunggu bagaimana proses kejelasannya. Kampus pun berjalan biasa. Anak-anak juga sudah selesai ujian, kami sedang menunggu prosesnya. Kalau kondisinya sudah seperti sekarang, kan tak bisa juga mengajar, bagaimana caranya agar tetap jalan," ujar Firmanzah kepada Okezone, Senin (4/6/2012). Meski tidak ada Miranda, lanjutnya, bukan berarti harus mengorbankan mahasiswa. Posisi Miranda kemungkinan besar akan digantikan dengan dosen lainnya. "Kami sudah siapkan dosen pengganti. Kami tetap menjalani proses hukum, kalau ingin mengajar kembali silahkan, sekarang ikuti saja prosesnya, kami menghormati semua proses hukum," tegasnya.

...dst

15 ) Undip Tunda Penerapan Tarif Tunggal
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/05/188563/Undip-Tunda-Penerapan-Tarif-Tunggal

05 Juni 2012
SEMARANG- Universitas Diponegoro (Undip) menunda penerapan tarif tunggal masuk perguruan tinggi. Keputusan yang disepakati 60 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini telah mendapat persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengemukakan, dari rapat koordinasi rektor-rektor PTN se-Indonesia di Bandung, Minggu (3/6), tahun ini diputuskan sebagai masa transisi persiapan menuju tarif tunggal. Keputusan menunda tarif tunggal  disesuaikan dengan kebijakan dari Dirjen Dikti. "Keputusan kami bukan menolak, tapi ditunda dan pelaksanaannya bukan tahun ini. Sebab, Dikti memandang tahun ini sebagai masa transisi,'' katanya, Senin (4/6). Sehubungan dengan hal itu, tahun ini Undip masih menerapkan tarif lama. Termasuk biaya kuliah melalui jalur ujian mandiri dan PSSB partisipasi masih diberi peluang untuk menerapkan besaran SPI dan SPMP yang berbeda dengan jalur SNMPTN. Besaran jumlah biaya kuliah tahun ini bisa dilihat di website Undip mulai Selasa (5/6), pukul 01.00.

...dst

16 ) Workshop Penjaminan Mutu
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/05/188565/Workshop-Penjaminan-Mutu

05 Juni 2012
SEMARANG - Undip dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) belum lama ini menyelenggarakan workshop penjaminan mutu di kampus itu. Hadir dalam kesempatan itu Kepala ANRI Moch Asichin SH MHum dan rektor Undip Prof Sudharto P Hadi. Asichin  menjelaskan arah kebijakan pengembangan kearsipan nasional, sedangkan rektor memaparkan rintisan university archives Universitas Diponegoro untuk penjaminan mutu. Asichin menyatakan kegiatan pendirian archive university penting karena dengan adanya Undang-undang RI No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, maka penyelenggaraan arsip perguruan tinggi menjadi tanggung jawab lembaga kearsipan perguruan tinggi. Oleh karena itu kegiatan tersebut diharapkan tidak berhenti pada lokakarya-lokakarya saja. "Tetapi yang penting dilanjutkan pada tahap tata kelola kearsipan universitas,'' kata dia.

...dst

17 ) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Kampus ITS selenggarakan:
KOMPETISI PENGELASAN NASIONAL DAN SEMINAR TEKNOLOGI PENGELASAN
http://www.ppns.ac.id/

INFORMASI LEBIH LANJUT KLIK DISINI
http://www.ppns.ac.id/images/stories/INFORMASI_LEBIH_LANJUT_NWSPPNS_2012.docx
TEMPLATE FULL PAPPER KLIK DISINI
http://www.ppns.ac.id/images/stories/Template_Makalah_NWSPPNS2012.docx
REFERENSI PENGINAPAN KLIK DISINI
http://www.ppns.ac.id/images/stories/Penginapan.docx
PAMFLET KLIK DISINI
http://www.ppns.ac.id/images/stories/NWS-PPNS_2012.pdf

>>>

18 ) Go International, Unissula Kian Lengket dengan Korea
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/04/m5382m-go-international-unissula-kian-lengket-dengan-korea

Senin, 04 Juni 2012, 17:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Jalan menuju internasional (go internasional) sangat diseriusi Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Hal itu terlihat dari kian lengketnya Unissula dengan Korea Selatan. Dengan negeri Gingseng tersebut, Unissula menjalin kerja sama dengan institusi dan organisasi terkait World Class Islamic University. Setelah sukses menjalin kerja sama dengan Korean International Cooperation Agency (KOICA), Unissula menjalin hubungan dengan Myongji College Korea. Pengiriman mahasiswa Unissula ke Universitas di Korea menjadi rencana Unissula ke depan. Rencana tersebut berupa program student exchange dan double degree. Rektor Unissula, Laode M Kamaluddin mengatakan, Unissula akan mengirimkan delegasi untuk studi di Korea. Mahasiswa yang unggul dan berprestasi akan menjadi delegasi tersebut. "Nanti kita ada program pengiriman mahasiswa untuk belajar di Myongji College Korea. Yang pintar, berprestasi, akan terpilih untuk melanjutkan studi setahun di sana," ujarnya saat acara Korean Festival, Senin (4/6).

...dst

19 ) Dosen UNY Paparkan Makalah di Seminar Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/04/373/641051/dosen-uny-paparkan-makalah-di-seminar-internasional

Senin, 04 Juni 2012 16:03 wib
JAKARTA - Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendapat kesempatan untuk mempresentasikan penelitiannya dalam bidang pendidikan di hadapan berbagai tokoh pendidikan dari sejumlah negara. Bertempat di Grand Mercure Baolong Shanghai, China, Eva Imania Eliasa memaparkan pentingnya permainan sebagai metode kreativitas dalam Bimbingan dan Konseling. Dalam Conference on Creative Education (CCE) 2012, dosen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY ini mempresentasikan paper berjudul "Games as  A Method Of Creativity In Guidance and Counseling." Konferensi internasional ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta dan 100 pemakalah dari berbagai kalangan pendidikan. Pada hari kedua konferensi, sebanyak 100 pemakalah dari berbagai negara. Sesi ini dilaksanakan dalam empat kelompok sesuai dengan tema dan topik makalah yang akan disajikan.

...dst

20 ) Enam Mahasiswa Binus Terpilih Jadi Google Ambasador
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/04/373/641362/enam-mahasiswa-binus-terpilih-jadi-google-ambasador

Selasa, 05 Juni 2012 08:02 wib
JAKARTA - Sebanyak enam orang mahasiswa School of Computer Science Universitas Bina Nusantara (Binus) terpilih menjadi Google Student Ambassador wilayah Asia Tenggara. Dengan jumlah ini, Binus merupakan salah satu kampus yang memiliki Google Ambassador terbanyak. Keenam mahasiswa dan mahasiswa tersebut, yaitu Krishna Nugraha Anindita Ricky Adisaputra, Hengky Sucanda, Vivi Siska, Cassandra Liem, Rheza Aditya Pratama, dan Janet Valentina yang berhasil mendapat kesempatan itu. Bersama 30 mahasiswa lainnya, dari Asia Tenggara, mereka menjadi duta Google bagi kampus dan negaranya. Para Google Ambassador ini mengemban beberapa kewajiban. Di antaranya, membantu memahami produk dan program yang dicanangkan oleh Google, membuat kegiatan di masing-masing kampus, bertindak sebagai kontak dari Google untuk perguruan tinggi yang diwakili, serta membantu Google untuk lebih mengenal masing-masing perguruan tinggi.

...dst

21 ) Dahlan Iskan Berbagi Ilmu Bisnis di UMN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/04/19423827/Dahlan.Iskan.Berbagi.Ilmu.Bisnis.di.UMN

Senin, 4 Juni 2012 | 19:42 WIB
TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membagikan ilmu entrepreneurship di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Senin (4/6/2012). Selain memberikan keynote speech, pada kesempatan ini Dahlan Iskan juga sekaligus mengesahkan YOURS (Young entrepreneur Association), yakni asosiasi mahasiswa UMN yang memiliki bisnis dan yang tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur. Dalam kunjungannya ke UMN, Dahlan Iskan mengajak mahasiswa yang telah memulai bisnis untuk berbagi pengalaman, seperti jenis usaha, hambatan yang dihadapi, sikap dalam berbisnis, pembahasan mengenai omzet, bahkan pengalaman tertipu ketika menjadi seorang entrepreneur."Bisnis lebih baik dimulai sedini mungkin. Teman-teman yang sudah memulai bisnis sejak dini jauh lebih beruntung karena ekonomi Indonesia di tahun 2022 akan meningkat karena antara politik dan ekonomi akan semakin terpisah. Pada 2022, ekonomi yang akan mendikte politik," kata Dahlan Iskan.

...dst

22 ) Pengamat UGM: Polisi Kerap Telat Saat Tangani Konflik
http://news.detik.com/read/2012/06/04/173349/1932441/10/pengamat-ugm-polisi-kerap-telat-saat-tangani-konflik?nd992203605

Senin, 04/06/2012 17:33 WIB
Jakarta Polisi seringkali tidak tegas dalam menengahi konflik agama. Polisi belum optimal dalam memelihara dan melindungi kebebasan beragama setiap warga negara. Sebaliknya, polisi sering datang terlambat saat terjadi konflik keagamaan berlangsung. "Mereka datang ketika keadaan sudah tegang atau datang saat serangan terjadi, atau datang setelah benturan dan serangan terjadi," kata Rizal Panggabean dalam diskusi 'Polisi dan Pemolisian Agama' di Kampus Fisipol, Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (4/6/2012). Peneliti Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP) itu menilai polisi belum optimal dalam memelihara dan melindungi kebebasan beragama setiap warga negara. Yang lebih mengkhawatirkan, lanjut dia, polisi lebih banyak memihak kelompok agama mayoritas dibanding minoritas.

...dst

23 ) Mahasiwa UI Tolak Pengenaan Tarif Baliho di Kampus
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/04/079408181/Mahasiwa-UI-Tolak-Pengenaan-Tarif-Baliho-di-Kampus

Senin, 04 Juni 2012 | 14:26 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) memasang baliho ukuran raksasa di depan Stasiun Kampus UI, Depok, Senin, 4 Juni 2012. Sepanjang 30 meter dan lebar empat meter, baliho tersebut bertuliskan ''Besar? Ada masalah di UI yang jauh lebih besar dari sekedar baliho ini.'' "Kami menolak kebijakan tarif untuk pemasangan baliho," kata Ketua BEM UI, Faldo Maldini, saat aksi simpatik permasalahan UI, Senin, 4 Juni 2012. UI mengeluarkan kebijakan mengenai tarif untuk setiap pemasangan baliho dan spanduk di UI. Semua baliho yang terpasang diwajibkan membayar Rp 10 ribu per hari. "Kebijakan yang kontoversial," kata Faldo. Menurut Faldo, spanduk itu akan memberatkan kegiatan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang keberatan dan menolak aturan itu, terutama seluruh BEM Fakultas di UI. "Ini jelas memberatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan," kata Faldo.

...dst

24 ) Guru Bersertifikat Akan Dites Ulang
Diikuti 1.020.000 Guru yang Lolos Sertifikasi
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/05/03564442/guru.bersertifikat.akan.dites.ulang

05 Juni 2012
Jakarta, kompas - Pada Juli, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar uji ulang bagi guru yang sudah bersertifikat atau lulus sertifikasi. Uji ulang ini untuk mengetahui peningkatan kualitas guru dan mendorong guru agar terus meningkatkan kualitas dirinya. Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Kemdikbud, di Jakarta, Senin (4/6), mengatakan, uji ulang yang pertama ini akan diikuti 1.020.000 guru yang sudah lolos sertifikasi dan menerima tunjangan profesi pendidik. Ujian dirancang secara online untuk yang dapat mengakses internet, dan tertulis untuk yang terkendala jaringan internet. "Pelaksanaan ujian ulang ini jangan disalahpahami sebagai ancaman. Roh dari uji ulang ini untuk pembinaan," kata Syawal. Menurut dia, para guru yang belum memenuhi standar akan dibina dengan berbasis web ataupun tatap muka. Guru diberi kesempatan beberapa kali hingga mampu memenuhi standar guru profesional.

...dst

25 ) Kemendikbud Siapkan 178 Keahlian, Evaluasi Ulang Guru
http://www.jpnn.com/read/2012/06/05/129543/Kemendikbud-Siapkan-178-Keahlian,-Evaluasi-Ulang-Guru-

Selasa, 05 Juni 2012 , 07:34:00
JAKARTA – Persiapan evaluasi terhadap 1.020.000 guru tersertifikasi masih dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (BPSDMP dan PMP Kemendikbud). Setidaknya sebanyak 178 keahlian akan diujikan kepada guru-guru yang dianggap profesional tersebut. Sebesar 20 keahlian di antaranya adalah mata pelajaran yang ada di sekolah, sedangkan sisanya keahlian khusus. Setiap guru hanya mengerjakan satu bidang keahlian saja. Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidikan Kemendikbud Unifah Rosyidi mengatakan, soal-soal untuk evaluasi guru-guru tersertifikasi masih dirancang. Nantinya ada 178 keahlian terdiri dari 20 mata pelajaran dan sisanya keahlian khusus sekitar 150 bidang. Setiap soal akan dibuat lima set, mirip seperti banyaknya tipe soal di ujian nasional (Unas). "Mata pelajarannya seperti yang diajarkan di sekolah seperti Matematika dan Bahasa Indonesia. Untuk keahlian misalnya perbankan, teknologi pertanian, dan nautika. Kebanyakan mereka adalah guru-guru SMK. Ada juga keterampilan. Keahlian bahasa juga banyak misalnya bahasa daerah dari Batak. Ada lima jenis bahasa batak yang dipakai. Kita akan tetap buat lima jenis tersebut. Makanya, masih perlu waktu," ujarnya kepada INDOPOS di Jakarta kemarin (4/6).

...dst

26 ) SMK kehutanan laris manis jadi pegawai perusahaan
http://www.antaranews.com/berita/314157/smk-kehutanan-laris-manis-jadi-pegawai-perusahaan

Senin, 4 Juni 2012 20:12 WIB
Jakarta (ANTARA News) -  Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan  "laris manis" karena diserap sejumlah perusahaan dan BUMN kehutanan.
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan SMKK baru meluluskan satu angkatan sebanyak 158 siswa yang siap diperkerjakan beberapa perusahaan swasta dan BUMN kehutanan. "Sekarang ini sektor kehutanan dapat perhatian dunia sehingga tenaga kerja siap pakai sangat dibutuhkan baik oleh perusahaan maupun pemerintah," kata Menhut ketika meluluskan angkatan pertama SMKK di Jakarta, Senin. Saat ini hanya terdapat 5 SMKK yang tersebar di Indonesia yaitu SMKK Kadipaten, Jawa Tengah, SMKK Makasar, Sulawesi Selatan, dan SMKK Manokwari, Papua, SMKK Samarinda, Kalimantan Timur dan SMKK Pekanbaru Riau. "Lulusan ini laris diserap Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), BUMN dan bahkan perusahaan di sektor pertambangan," kata dia.

...dst

27 ) Nasib Wakil Menteri Diputus MK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/500744/38/

Tuesday, 05 June 2012
JAKARTA– Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini akan memutuskan nasib 19 wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Bersatu jilid II dalam putusan uji materi Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Gugatan terhadap posisi wamen diajukan Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Pusat Adi Warman dan sekretarisnya TB Imamudin. Mereka menguji konstitusionalitas Pasal 10 UU Kementerian Negara yang memberi kewenangan presiden untuk mengangkat wamen pada kementerian tertentu. Menurut mereka, aturan itu bertentangan dengan Pasal 17 UUD 1945 karena konstitusi tersebut tidak menyebut perihal posisi wakil menteri.Kuasa hukum GNPK,M Arifsyah Matondang, menegaskan,pemohon beranggapan bahwa posisi wamen ini sebagai politisasi pegawai negeri sipil dengan modus operandi membagi-bagikan jabatanwamendalamkalangan dan lingkungan presiden serta kroni-kroni presiden. "Jabatan wamen sebagaimana dalam Pasal 10 UU No 39 Tahun 2008 tidak diatur dalam Pasal 17 UUD 1945 sehingga pasal tersebut bertentangan dengan konstitusi," ujar kuasa hukum GNPK, M Arifsyah Matondang.

...dst

28 ) NIP Honorer K1 Segera Terbit
Setelah PP Pengangkatan Honorer Menjadi CPNS Terbit
http://www.jpnn.com/read/2012/06/05/129522/NIP-Honorer-K1-Segera-Terbit-

Selasa, 05 Juni 2012 , 05:05:00
JAKARTA - Badan Kepegawian Negara (BKN) sudah siap mengebut penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP) untuk puluhan ribu tenaga honorer yang siap diangkat menjadi CPNS tahun ini. Pekerjaan ini menjadi konsekuensi dari diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS.
Kepala Biro Humas dan Protokol BKN Aris Windiyanto di Jakarta kemarin (4/6) menuturkan, banyaknya berkas pengusulan NIP yang ditujukan dari setiap instansi ke pihaknya setela PP honorer disahkan sudah mereka antisipasi sejak dulu. "Tapi secara umum, penerbitan NIP itu adalah tugas utama kami," katanya. Aris menjelaskan, pihaknya sampai saat ini belum bisa memastikan kapan NIP bagi tenaga honorer yang digaji APBN/APBD atau honorer kategori 1/K1 akan mulai diterbitkan. Dia hanya mengatakan, sesuai dengan amanah yang terkandungan dalam PP honorer tersebut, seluruh honorer K1 harus diangkat tahun ini juga.

...dst

29 ) Eko Prasojo
Awal 2013 Honorer K1 Sudah Terima SK PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/06/04/129477/Awal-2013-Honorer-K1-Sudah-Terima-SK-PNS-

Senin, 04 Juni 2012 , 17:24:00
RASA gembira yang membuncah, disertai ucap syukur. Setidaknya itu yang terbaca dari komentar sejumlah pembaca JPNN, menyambut terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor  56 Tahun 2012. Tentunya yang sumringah adalah para pembaca yang berstatus tenaga honorer, yang sudah sekian lama menanti terbitnya PP sebagai Perubahan Kedua Atas PP Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS itu. Tapi sejatinya yang ditunggu bukanlah PP 56 itu. Status resmi sebagai PNS lah yang mereka nantikan. Kapan? Jangan-jangan molor-molor lagi sebagimana halnya lamanya PP 56 itu diterbitkan? Jangan-jangan terbitnya PP ini hanya angin surga sesaat guna meredakan jeritan protes para honorer? Nah, silakan ikuti komenter Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan-RB) Eko Prasojo di bawah ini, saat diwawancarai wartawan JPNN Mesya Mohammad, kemarin (3/6).

...dst

30 ) Pengangkatan Honorer K2 Menjadi CPNS Hingga 2014
http://www.jpnn.com/read/2012/06/03/129366/Pengangkatan-Honorer-K2-Menjadi-CPNS-Hingga-2014-

Minggu, 03 Juni 2012 , 15:24:00
JAKARTA - Tenaga honorer yang bekerja pada instansi pemerintah dan penghasilannya tidak dibiayai dari APBN/APBD (kategori dua) dapat diangkat menjadi CPNS sesuai kebutuhan serta kemampuan keuangan negara berdasarkan formasi hingga 2014. Hal ini disesuikan dengan kemampuan APBN/APBD yang pengangkatannya secara bertahap mulai 2013.
Di dalam PP 56 Tahun 2012, Pasal 6A menyebutkan, pengangkatan tenaga honorer K2 dilakukan melalui serangkaian tes. "Tesnya itu berupa pemeriksaan kelengkapan administrasi, lulus seleksi ujian tertulis kompetensi dasar, kompetensi bidang sesama tenaga honorer," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo yang dihubungi, Minggu (3/6). Seleksi ujian tertulis kompetensi dasar sesama tenaga honorer ini, dilaksanakan satu kali dengan materi tes kompetensi dasar berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan pembuatan soal dan pengolahan hasil ujian kompetensi dasar dilakukan konsorsium Perguruan Tinggi Negeri yang dibentuk oleh Menteri PAN&RB serta Mendikbud.

...dst

31 ) Belanja Pegawai Maksimal 30 Persen
http://www.jpnn.com/read/2012/06/05/129536/Belanja-Pegawai-Maksimal-30-Persen-

Selasa, 05 Juni 2012 , 06:36:00
JAKARTA – Banyaknya daerah yang mengalokasikan belanja pegawai lebih dari 50 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) memancing Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengeluarkan instruksi khusus kepada daerah. Instruksi tersebut tertuang pada pedoman penyusunan APBD 2013. Intinya, pemerintah pusat meminta kabupaten dan kota hanya mengalokasikan belanja pegawai maksimal 30 persen. Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Reydonnyzar Moenek mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi terhadap APBD provinsi, kabupaten/kota, dari 524 daerah ada 297 kabupaten dan kota yang membelanjakan lebih dari 50 persen hingga 73 persen untuk belanja pegawai. Dengan dasar itu, Mendagri mengambil langkah untuk melakukan pengendalian batas yang diperkenankan bagi daerah untuk dapat membelanjakan. "Diharapkan tidak melebihi batas 30 persen, Sehingga daerah bisa mengalokasikan belanja untuk kebutuhan dasar berupa pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Tidak hanya habis untuk belanja pegawai. Untuk itu, kita luncurkan pedoman umum penyusunan APBD 2013," ujarnya di Jakarta, Senin (4/6).

...dst

32 ) Tenaga Ahli Bisa Langsung jadi PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/06/03/129345/Tenaga-Ahli-Bisa-Langsung-jadi-PNS-       

Minggu, 03 Juni 2012 , 11:00:00
JAKARTA - Tidak hanya honorer kategori satu (K1) dan dokter yang langsung diangkat CPNS. Tenaga ahli untuk bidang-bidang tertentu juga mendapat perlakuan khusus. Di dalam PP Nomor 56 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas PP 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Honorer menjadi CPNS, pada Pasal 5 ayat (4) menyebutkan bahwa tenaga ahli tertentu/khusus yang dibutuhkan negara tetapi tidak tersedia di kalangan PNS dapat diangkat menjadi CPNS. "Jadi tenaga ahli di bidang tertentu yang tidak ada di kalangan PNS misalnya ahli nuklir, dan lain-lain bisa langsung diangkat CPNS. Tapi syaratnya, usia maksimal 46 tahun dan telah mengabdi kepada negara sekurang-kurangnya satu tahun pada 1 Januari 2006," ungkap Wakil Menteri PAN&RB Eko Prasojo yang dihubungi, Minggu (3/6). Dijelaskannya, pengangkatan tenaga ahli tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (4) ditetapkan dengan Keputusan Presiden. Namun penetapan ini harus ada persetujuan dari Menteri PAN&RB serta kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

...dst

33 ) Wajib Cukupi Fasilitas Dokter di Kawasan Terpencil
http://www.jpnn.com/read/2012/06/03/129350/Wajib-Cukupi-Fasilitas-Dokter-di-Kawasan-Terpencil-

Minggu, 03 Juni 2012 , 12:46:00
JAKARTA - Seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) diwajibkan menyediakan fasilitas layanan kesehatan yang dibutuhkan dokter. Utamanya, fasilitas yang harus disediakan Pemda keharusan itu diperuntukkan bagi dokter yang bertugas di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan atau tempat yang tidak diminati. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo menyatakan, kewajiban pemda menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan ini diatur dalam PP 56 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas PP 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Honorer menjadi CPNS. "Fasilitas ini bisa berupa kendaraan dinas, insentif bagi dokter, sebagaimana diatur oleh Menteri Kesehatan," tutur Eko Prasojo yang dihubungi, Minggu (3/6).
Kemudahan ini, lanjutnya, untuk merangsang para tenaga kesehatan khususnya dokter ahli agar bisa mengabdi di daerah yang tidak diminati. Pasalnya, di daerah-daerah terpencil sangat kekurangan tenaga dokter. "Selain bisa diangkat CPNS tanpa tes, dokter di wilayah terpencil akan mendapat berbagai fasilitas. Namun pada dokter ini harus bersedia ditempatkan di daerah tersebut minimal lima tahun," terangnya.

...dst

Berita Edukasi, 04 Juni 2012

1 ) Kemdikbud Selenggarakan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL)

06/04/2012
Jakarta -- Dalam rangka memacu kreativitas para dosen , peneliti, dan masyarakat untuk menghasilkan karya intelektual terbaik sebagai sumber penggerak ekonomi yang tak pernah habis, di tahun 2012 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan pemberian Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) untuk yang ketiga kalinya. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Kukum dan HAM, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Anugerah kepada dosen, peneliti, dan masyarakat yang menghasilkan kekayaan intelektual luar biasa ini merupakan kegiatan rintisan yang mulai dicetuskan oleh Depdiknas pada tahun 2009. Kegiatan ini selain untuk meningkatkan motivasi para dosen, peneliti, dan masyarakat untuk terus berkarya bagi bangsa dan negara,pun diharapkan juga agar dapat memberikan apresiasi atas invensi serta kreasi pada bidang teknologi, ilmu pengetahuan, varietas tanaman, dan industri kreatif dengan keterbatasan yang ada.

...dst

2 ) Beasiswa S-1 Manajemen Hotel

Senin, 04 Juni 2012 12:26 wib
JAKARTA - Kamu yang meraih prestasi akademik baik di sekolah dan berminat pada bidang perhotelan bisa melamar beasiswa ini. Stenden University Bali menawarkan beasiswa penuh dan sebagian dalam bidang International Hotel Management. Sebagai peserta beasiswa untuk jenjang sarjana ini, kamu tidak hanya akan mendapatkan dua gelar ketika diwisuda, tetapi juga kesempatan kerja di insustri perhotelan dunia. Nah, jika kamu memiliki prestasi akademik yang baik, bermotivasi tinggi untuk menempuh studi International Hotel Management di Bali, dan kemampuan bahasa Inggrismu sangat baik, maka kamu sudah dapat melamar untuk beasiswa ini. Jika lolos seleksi, maka kamu berhak atas beasiswa yang dapat bertahan hingga masa studimu selesai. Tentu saja, prestasi akademikmu selama kuliah harus selalu bagus.

...dst

3 ) Pendaftaran ITK Dibuka Online 2 Juli

Senin, 04 Juni 2012 11:07 wib
BALIKPAPAN - Kamu yang berminat menempuh studi di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) sebaiknya bersiap. Mulai 2 Juli mendatang, ITK akan membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan pertama 2012-2013. Pendaftaran akan dibuka secara online pada 2-12 Juli untuk 100 calon mahasiswa. Asisten II Sekkot Balikpapan Sri Sutantinah mengatakan, rencana pendaftaran ini sudah dibahas secara internal antara pemerintah kota, pemerintah provinsi, hingga perwakilan dari Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, belum lama ini. Pertemuan yang dihelat di kediaman Gubernur tersebut juga dihadiri Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso. Dalam pertemuan itu dibahas berbagai persiapan penerimaan mahasiswa baru (PMB), di antaranya tentang proses pembelajaran yang mekanismenya dititipkan di kampus ITS, Surabaya.  

...dst

4 ) Pembatasan Kuota LPTK Harus Cermat

Minggu, 3 Juni 2012 | 19:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pembatasan kuota penerimaan mahasiswa calon guru di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) di perguruan tinggi negeri dan swasta perlu diperhitungkan dengan cermat. Jangan sampai kebutuhan guru jadi terkendala. "Pengaturan penerimaan mahasiswa baru calon guru... baik saja. Namun, peran pemerintah yang dibutuhkan bukan saja pada pengaturannya, tetapi bagaimana pemerintah juga mengawasi proses pendidikannya serta membantu melengkapi sarana dan prasarana pendidikan guru yang semakin baik," kata Ketua Umum Asosiasi LPTK Swasta Indonesia Sulistiyo, Minggu (3/6/2012) di Jakarta. Seperti diinformasikan sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya memperbaiki kualitas pendidikan guru di perguruan tinggi. Mulai tahun 2013, Kemendikbud berencana membatasai kuota penerimaan mahasiswa baru calon guru di LPTK negeri dan swasta sekitar 40.000 orang per tahun. Pendidikan calon guru ditanggung penuh oleh pemerintah.

...dst

5 ) Program Kedokteran Masih Jadi Incaran

Minggu, 03 Juni 2012 18:00 WIB 
JAKARTA--MICOM: Program studi (prodi) favorit beberapa tahun belakangan ini cenderung tidak berubah. Prodi Kedokteran misalnya, jumlah peminatnya masih menempati urutan pertama di bidang IPA diikuti prodi Teknik Informatika, sama seperti tahun sebelumnya. "Untuk bidang IPS, Fakultas Ekonomi mendapat peminat terbanyak," ujar Ketua Umum SNMPTN 2012 Akhlamaloka saat dihubungi, Minggu (3/6). Pendaftaran SNMPTN yang resmi ditutup tadi malam, (2/6) itu berhasil menjaring sekitar 619 ribu peserta. Akhmaloka mengatakan tidak ada lagi kebijakan baru yang menyusul untuk pendaftaran SNMPTN ini karena panitia butuh waktu yang tidak sedikit untuk menyiapkan teknis ujian seperti ruangan dan perbanyakan soal. Dari jumlah pendaftar itu terdeteksi peserta SNMPTN untuk bidang IPS adalah yang terbanyak dengan jumlah sekitar 250ribuan orang. Untuk bidang IPA peserta mencapai sekitar 200ribuan orang, sisanya sekitar 150 ribuan merupakan peserta SNMPTN bidang IPC.(*/X-13).

...dst 

6 ) Program Studi Favorit Dipengaruhi Kebijakan Pemerintah

Minggu, 03 Juni 2012 23:32 WIB  
JAKARTA--MICOM: Fenomena program studi favorit yang cenderung tidak berubah dalam beberapa tahun terakhir dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu kebutuhan zaman, prospek profesi, dan prospek pendapatannya. Program studi Kedokteran misalnya, bukan saja di Indonesia, di Negara-negara lainpun sering menjadi prodi favorit. "Ilmunya bisa diaplikasikan langsung dan berguna untuk masyarakat, selain itu profesi dokter juga prestisius dan pendapatannya besar," ungkap pengamat pendidikan yang juga Rektor Universitas Mercu Buana, Dr Arrisetyanto Nugroho kepada Media Indonesia saat dihubungi, Minggu (3/6). Ia mengatakan, untuk Teknik Informatika yang juga sedang booming menjadi favorit karena sekarang memang era digitalisasi sedang marak-maraknya. Menurutnya sesuatu yang wajar jika seseorang ingin memilih prodi tersebut karena memang sesuai dengan kebutuhan zaman. 

...dst

7 ) Pendaftar SNMPTN UNS 2012 Naik 10%

Senin, 04 Juni 2012 10:26 wib
SOLO – Peminat Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur Tertulis tahun ini cenderung meningkat. Di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, misalnya, hingga hari terakhir pendaftaran, tercatat 18.705 orang memilih kampus tersebut."Terjadi kenaikan sekira 10 persen dibandingkan tahun lalu. Pada 2011, pendaftar UNS sekira 17 ribu orang," ungkap Ketua Panitia SNMPTN UNS Prof. Drs. Sutarno, PhD. kepada Okezone, akhir pekan lalu. Sutarno memaparkan, pendaftar jurusan IPA tercatat 6.638 orang, IPS 8.095 orang dan IPC 3.972 orang. "Mereka berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Meskipun terbanyak memang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," jelasnya. Pembantu Rektor I UNS ini juga menjelaskan, panitia SNMPTN memang memberi kesempatan bagi para pendaftar yang belum menyelesaikan pendaftaran online hingga 2 Juni lalu. "Tetapi pembayaran peserta SNMPTN 2012 jalur Tertulis tetap ditutup pada 31 Mei 2012 pukul 22.00 WIB," jelasnya.

..dst

8 ) SNMPTN 2012 Gunakan 4 Kode Soal

Senin, 04 Juni 2012 08:31 wib
PALEMBANG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tertulis 2012 semakin diperketat panitia dengan menggunakan empat kode soal berbeda. Pola ini ditargetkan mampu meminimalisasi praktik perjokian dan segala bentuk kecurangan lainnya.
Menurut Ketua Panitia Lokal (Panlok) 23 SNMPTN 2012 Zulkifli Dahlan, dalam sosialisasi SNMPTN di Jakarta, belum lama, perbedaan mendasar ujian tertulis SNMPTN 2012 hanya terletak pada jumlah kode soal, sedangkan sisanya cenderung sama dengan SNMPTN yang diselenggarakan pada 2011. "Bedanya hanya itu, kalau tahun lalu kode soal peserta hanya dua, sekarang dibuat jadi empat oleh panitia. Jadi tesnya memang lebih ketat," ujarnya.

...dst

9 ) IPB Siap Helat Ujian Tertulis

Senin, 04 Juni 2012 , 09:08:00
BOGOR – Ribuan calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) berbasis online, saat ini tengah sibuk membuat surat pernyataan siap masuk Institut Pertanian Bogor (IPB).Ya, calon mahasiswa baru yang hendak mengikuti ujian tertulis, terlebih dahulu membuat surat konfirmasi dengan mengisi form  yang sudah tersedia dan mengirimkan kembali ke pihak IPB melalui pos atau email. "Dari 28 Mei sampai 1 Juni, para calon mahasiswa baru harus membuat surat konfirmasi bahwa dirinya (calon mahasiswa baru, red) siap masuk IPB," terang Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru (PPMB) IPB Bogor, Prof. Yoni Kusmaryono, kepada Radar Bogor (Grup JPNN). Dari 2.600 calon mahasiswa baru, lanjut dia, baru 500 surat yang menyatakan siap masuk IPB. Menurut Ketua PPMB sekaligus Wakil Rektor IPB itu, saat ini, kampus ternama di kota hujan ini membatasi kuota untuk calon mahasiswa baru. Setelah surat pernyataan terkumpul, pengumuman ujian talenta masuk IPB (UTMI) akan diumumkan pada 7 Juni mendatang. Sedangkan pendaftaran peserta dimulai pada 2-10 Juli.

...dst 

10 ) Pekan Depan Unhas Buka Registrasi Jalur Undangan

Senin, 04 Juni 2012 09:44 wib
MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) membuka registrasi bagi calon mahasiswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan pekan depan. Kepala Bagian Humas Unhas Dahlan Abubakar menjelaskan, jadwal registrasi ulang mereka yang lulus SNMPTN Jalur Undangan, dibuka pada 12 dan 13 Juni 2012. Sementara pengumuman mereka yang melamar melalui Jalur Penelusuran Potensi Belajar (JPPB) dilaksanakan pada 9 Juli 2012. Dahlan juga mengatakan, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus melalui jalur undangan atau bebas tes masuk Unhas ada 1.120 orang yang tersebar di 58 program studi (prodi). 

...dst

11 ) Univeritas Bengkulu terima 1.497 mahasiswa baru

Senin, 4 Juni 2012 09:14 WIB
Bengkulu (ANTARA News) - Univeritas Bengkulu akan menerima 1.497 mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis yang tersebar di 34 program studi S1.
Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 tersebut ditutup pada 2 Juni 2012 pukul 22.00 Wib, kata Ketua Humas Universitas Bengkulu, Suharyanto di Bengkulu, Senin. Mestinya penutupan itu dilakukan 31 Mei 2012, namun diperpanjang hingga 2 Juni 2012 dan diperoleh sebanyak 6.290 pendaftar. Ujian SNMPTN itu, kata dia, akan dilakukan pada 12 dan 13 Juni 2012 sedangkan ujian keterampilan pada 14 dan 15 Juni 2012 dan hasil SNMPTN ujian tulis/keterampilan akan disampaikan pada tanggal 7 Juli 2012. Bagi calon peserta agar dapat segera mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi ini dengan mempelajari pedoman peserta SNMPTN ujian tulis dan sehari sebelum pelaksanaan ujian agar melihat lokasi ujian sebagaimana tercantum di kartu tanda peserta.

...dst

12 ) SPP Tunggal, PTN Bisa Defisit

Senin, 04 Juni 2012 08:06 wib
SEMARANG – Penerapan kebijakan tarif kuliah tunggal (TKT) pada perguruan tinggi negeri (PTN) diprediksi memberikan pengaruh besar pada tahun pertama pelaksanaan. Keuangan PTN pada awal penerapan akan mengalami penurunan secara drastis atau bahkan defisit. Pembantu Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas Negeri Semarang (Unnes) Wahyono mengutarakan, tahun ajaran pertama 2012/2013 akan menjadi ujian berat bagi PTN. "Biasanya yang pada tahun-tahun sebelumnya menerima pemasukan lebih banyak di awal tahun ajaran, ini menyusut drastis. Kondisi stabil baru muncul pada tahun ketiga atau keempat setelah ada penyesuaian," papar Wahyono, kemarin.

...dst

13 ) BEM Unund Minta Kenaikan Biaya Kuliah Ditunda

Minggu, 3 Juni 2012 | 22:58 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana (Unud) meminta kenaikan biaya kuliah di kampus setempat yang rencananya diberlakukan pada tahun akademik 2012 ditunda."Kenaikan ini berkisar hingga 300 persen, pengumumannya sudah keluar di web kampus seminggu lalu," kata Presiden BEM Unud Elbinsar Purba di Denpasar, Minggu (3/6/2012). Menurut dia, rencana kenaikan ini juga sudah dituangkan dalam surat edaran. Rencananya akan diterapkan tahun ini dan berlaku untuk calon mahasiswa baru. "Sebetulnya rencana kenaikan ini diberlakukan tahun depan, tetapi tidak tahu mengapa pihak kampus malah menerapkan sekarang. Kami kira ini kebijakan yang sangat dipaksakan," ucapnya didampingi Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unud Putu Eka. Rencana kenaikan tersebut, lanjut dia, dalam surat yang diterimanya, akan berlaku untuk semua fakultas di Unud. Rincian kenaikan itu ada pada biaya sumbangan operasional pendidikan (SOP), kemudian sumbangan pengembangan institusi (SPI).

...dst

14 ) Pekan Depan, Miranda Izin Jadi Dosen Penguji

Senin, 04 Juni 2012 , 12:07:00
JAKARTA -  Tersangka kasus suap cek pelawat pemilihan Deputi Gubernur Senior BI (DGSBI), Miranda Swaray Gultom akan mengajukan permintaan lain kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkaitan dengan posisinya selaku Guru Besar di Universitas Indonesia. Suami Miranda, Prof Oloan Pardomoan Siahaan saat membesuk Miranda, Senin (4/6) mengatakan, selain minta diizinkan membawa laptop ke dalam Rutan untuk menyelesaikan buku keduanya tentang ekonomi, pekan depan Miranda juga minta izin untuk tetap bisa menjadi dosen penguji untuk mahasiswanya yang ingin meraih gelar Doktor. "Minggu depan dia (Miranda) akan menguji kandidat dokter satu orang di UI," kata Oloan. Dalam kapasitas ini, lanjutnya, Miranda merupakan Ketua Tim Penguji bagi mahasiswanya tersebut. Miranda berharap bisa mendapat izin dari KPK.

...dst

15 ) Ratusan Mahasiswa Siap Adu Teknologi Roket

Senin, 04 Juni 2012 | 13:05 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ratusan mahasiswa dari seluruh Indonesia siap berlaga dalam Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo). Kompetisi memasang perangkat teknologi pada roket itu digelar di pantai Congot, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 8-10 Juni 2012 mendatang. 
Ketua Umum Komurindo, Budi Tri Siswanto, mengatakan ada 40 tim yang akan meramaikan kompetisi itu. Setiap tim terdiri dari tiga mahasiswa dan seorang dosen pembimbing. "Jumlah mahasiswa yang turut serta meningkat setiap tahun," kata Budi, Senin, 4 Juni 2012. Menurut Budi, lomba tersebut diadakan untuk mendorong minat penguasaan teknologi kedirgantaraan di kalangan mahasiswa. Adapun teknologi yang akan dipasang dalam roket setinggi satu meter itu antara lain kamera pemantau, pengukur kecepatan, suhu, serta ketinggian. Roket itu nanti akan diluncurkan ke udara. Saat itulah ketangguhan dan kecanggihan perangkat teknologi yang dirancang oleh mahasiswa peserta lomba diuji. 

...dst

16 ) Siap-siap... Hujan Roket di Kulonprogo!

Senin, 4 Juni 2012 | 12:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menggelar Kompetisi Muatan Roket Indonesia 2012 (Komurindo 2012). Tahun ini acara akan digelar pada 7-10 Juni di Pantai Congot, Kulonprogo, Yogyakarta.Ketua Umum Komurindo 2012 Budi Tri Siswanta menjelaskan, mengambil tema "Attitude Monitoring and Surveillance Payload", kompetisi roket ini akan menyematkan juara kepada peserta yang roketnya berhasil kembali setelah terlepas dan terpisah dari roket peluncur seri RUM70-100-LPN. Roket RUM70-100-LPN berbahan bakar padat, dan dapat terbang maksimal setinggi 2 kilometer.
"Kita cari juaranya yang berhasil merancang bangun muatan roket kembali menuju sasaran yang telah ditentukan," kata Budi, Senin (4/6/2012) di gedung Kemdikbud, Jakarta.

...dst

17 ) BEM Minta Masalah UI Diselesaikan

Senin, 4 Juni 2012 | 11:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia menggelar aksi di dekat Stasiun UI, Depok, Jawa Barat. Aksi tersebut diawali dengan pemasangan spanduk yang menuntut penyelesaian sejumlah masalah di UI. "Adanya banyak masalah di UI yang sampai sekarang belum diselesaikan," kata Faldo Maldini, Ketua BEM UI di Depok, Senin (4/6/2012). Sejumlah masalah yang secara khusus disebutkannya adalah laporan BPK yang menyebutkan adanya indikasi korupsi dalam pengelolaan keuangan universitas dan tidak adanya transparansi dari sisi manajemen kelembagaan. "Termasuk juga transparansi dalam menjelaskan ke mana dan untuk apa dana-dana yang dipungut dari mahasiswa," ujar Faldo. Langkah awal yang dilakukan pagi ini adalah pemasangan spanduk berukuran 30 x 4 meter di samping Stasiun UI. Pada spanduk itu tertulis, "BESAR? Ada masalah di UI yang jauh lebih besar dari sekedar baliho ini." Spanduk tersebut dijaga oleh sejumlah anggota BEM. Menurut Faldo, hal itu dilakukan untuk sekadar berjaga-jaga terhadap kemungkinan adanya tindakan represif dari pihak kampus.

...dst

18 ) Soal Tarif Publikasi, BEM UI "Pasang Badan"

Senin, 4 Juni 2012 | 10:25 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Rektorat Universitas Indonesia (UI) mengeluarkan kebijakan kontroversial, yakni membebankan keharusan membayar tarif Rp 10.000 per hari kepada mahasiswa yang ingin memublikasikan kegiatan di ruang publikasi yang terletak persis di seberang Stasiun UI, atau beberapa meter dari gerbang masuk kampus UI Depok. Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI Faldo Maldini mengaku tak mau ambil pusing. Ia bersama mahasiswa lain dari BEM Fakultas se-UI akan tetap memasang baliho raksasa di lokasi tersebut tanpa membayar sepeser pun. "Ini aneh, tapi kami akan pasang badan dan tak akan membayar sepeser pun," kata Faldo kepada Kompas.com, Senin (4/6/2012), di kampus UI, Depok, Jawa Barat.

...dst

19 ) Pondok Gontor Rancang Pendirian Universitas Multidisiplin

Minggu, 3 Juni 2012 | 23:06 WIB
PONOROGO, KOMPAS.com — Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, tengah merancang pendirian sebuah universitas multidisiplin dengan tetap berbasis keislaman. "Ya, insya Allah proposal pendirian Universitas Gontor kami ajukan ke Kementerian Pendidikan akhir tahun ini," kata Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama Luar Negeri Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor Amal Fathullah di Ponorogo, Minggu (3/6/2012). Ia tak menyebut berapa nilai anggaran yang mereka ajukan untuk mendirikan universitas yang rencananya akan dijadikan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan umum berbasis keislaman tersebut. Amal mengemukakan, proses perizinan masih akan mereka ajukan ke pemerintah dalam beberapa bulan mendatang sehingga strategi maupun proses penggalangan anggaran untuk pendirian Universitas Darussalam, Gontor, belum menjadi prioritas pembahasan mereka. "Kami fokus pada perizinannya dulu, baru nanti membahas soal anggaran dan sebagainya," ujarnya.

...dst

20 ) USAID Bantu US$33,7 Juta untuk Sanitasi Indonesia

Senin, 04 Juni 2012 04:58 WIB
MAKASSAR--MICOM: Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) telah mengucurkan dana untuk program sanitasi sebanyak US$33,7 juta selama lima tahun terakhir. "Dana itu dikucurkan USAID melalui mitranya Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH), pada 50 daerah di Indonesia," kata pimpinan IUWASH Louis O'Brien di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (3/6). Dia mengatakan, 50 daerah itu tersebar di sebagian wilayah Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Jayapura. Khusus di Sulsel, kata dia, dilakukan di enam kabupaten/kota yakni Kabupaten Enrekang, Maros, Takalar, Jeneponto, Kota Pare-Pare, dan Makassar. "Untuk Kabupaten Jeneponto, bentuk bantuan AUSAID-IUWASH di daerah itu adalah memberikan penyadaran pada masyarakat tentang pentingnya jamban untuk mendukung kesehatan pribadi dan lingkungan," kata O'Brien. 

...dst

21 ) USU Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air

Senin, 04 Juni 2012 09:06 wib
MEDAN – Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menghasilkan karya membanggakan di bidang automotif. Setelah sebelumnya memperkenalkan mobil Mesin USU, kali ini merancang sepeda motor berbahan bakar air plus bioetanol. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Nurdin Lubis menjadi orang pertama yang menguji sepeda motor itu, akhir pekan lalu. "Luar biasa. Tarikannya lebih kontan dibanding sepeda motor berbahan bensin. Suara mesinnya halus, buangan asapnya relatif tidak ada, dan tidak menimbulkan bau dari knalpotnya," ujar Nurdin Lubis. Nurdin mencoba sepeda motor itu disaksikan Rektor USU Prof. Syahril Pasaribu dan civitas academica lainnya, setelah mendengarkan pemaparan ilmiah temuan baru spektakuler tersebut. Nurdin pun terlihat tidak mau melewatkan kesempatan berkeliling halaman Biro Rektor USU dengan sepeda motor berbahan bakar air tersebut. 

...dst

22 ) Peraih Nilai Tertinggi UN Dapat Beasiswa

04 Juni 2012
SOLO - Salah siswa SMK peraih nilai tertinggi ujian nasional UN 2012, Mutiarani layak bersyukur. Kemarin (3/6), siswi SMK Negeri 2 Semarang itu mendapat beasiswa pendidikan dari salah satu perusahaan ritel terkemuka, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Penyerahan simbolis bantuan senilai Rp 10 juta dari pemilik jaringan minimarket Alfamart itu dilakukan oleh Senior Corporate Communications Manager, Choirullah, dalam sebuah acara sederhana di RM Dapur Solo, Purwosari, Solo. "Ini adalah salah satu bentuk corporate social responsibility (CSR) yang selama ini kami miliki. Diharapkan, beasiswa ini bisa membantu Mutiarani melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," terang Choirullah, sebelum acara berlangsung. Dijelaskan, latar belakang keluarga dan akademik siswi peraih nilai UN murni 29,6 ini, telah menjadi pertimbangan manajemen dalam memberikan bantuan tersebut. Sebelumnya sudah dilakukan survey seputra kondisi Mutiarani.

...dst

23 ) Persiapan Melamar Beasiswa

Senin, 04 Juni 2012 13:24 wib
MENDAPATKAN beasiswa untuk studi ke luar negeri adalah proses yang sangat kompetitif. Pasalnya, bukan kamu saja yang menginginkan beasiswa tersebut. Sementara, tidak semua orang juga berhak atas sebuah beasiswa. Selain dana yang tersedia memang terbatas, pemberi beasiswa ingin memastikan bahwa mereka memberikan beasiswa ke orang yang tepat dan terbaik. Sekarang, setelah kamu mengantongi informasi beasiswa yang sesuai minat dan cita-citamu, langkah apa saja yang harus kamu siapkan sebelum melamarnya?
Ijazah dan transkrip nilai
Biasanya, ketika lulus sekolah atau kuliah kita mendapatkan ijazah dan transkrip nilai. Meski kampus akan memberikan beberapa lembar legalisasi ijazah dan transkrip nilai, buat beberapa lembar lagi untuk cadanganmu. Dan jika kamu berniat melanjutkan studi ke luar negeri, segera terjemahkan ijazah dan transkrip nilaimu ke bahasa Inggris.

...dst 

24 ) STP Bandung Sulit Penuhi Permintaan Tenaga Kerja

Senin, 4 Juni 2012 | 12:16 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com  - Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung kesulitan untuk memenuhi permintaan tenaga kerja yang datang dari perusahaan pariwisata. Dari 2.000 orang yang didatangkan ke bursa tenaga kerja, belum memenuhi 6.000 lowongan yang dicari 50 perusahaan peserta bursa tenaga kerja. "Padahal, bursa tenaga kerja sudah dibuka untuk umum. Tidak hanya murid STP, tapi juga murid sekolah pariwisata di Bandung," kata Ketua Panitia Grand Recruitment STP Bandung, Zulkifli Harahap, mengisahkan bursa tenaga kerja yang digelar setahun sebelumnya, Senin (4/6). Zulkifli ditemui dalam jumpa pers penyelenggaraan Grand Recruitment STP Bandung yang digelar di Dome Olahraga di dalam kompleks sekolah pada tanggal 5-6 Juni besok. Dia didampingi Direktur STP Bandung, Noviandi Makalam. Dia mengharapkan bursa tenaga kerja ini bisa diikuti pencari kerja dari daerah lain, bahkan luar pulau. Pasalnya, perusahaan yang menawarkan lowongan juga berkantor di berbagai daerah seperti Bali. Ada pula dari luar negeri seperti Abu Dhabi, hingga kapal pesiar.

...dst

25 ) Usulan CPNS Dibatasi Juni
    
Monday, 04 June 2012
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) memberikan batas waktu hingga akhir Juni 2012 bagi daerah untuk mengajukan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Deputi Sumber Daya Manusia dan Aparatur Kemenpan dan RB Ramli Effendi Naibaho mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah menerima 85 usulan formasi CPNS dari pemerintah daerah.Meski pemerintah kekurangan pegawai, hanya 20 pemerintah daerah yang melengkapi usulan tersebut dengan peta jabatan dan analisis beban kerja. Ramli mengatakan, untuk tahun ini selain 72.000 formasi tenaga honorer baru, pemerintah juga sudah menyiapkan 62.000 formasi PNS jalur umum.
Mereka akan disebar di 524 instansi daerah dan 76 kementerian dan lembaga pemerintah pusat. 

...dst

26 ) Kalla: Penyatuan Zona Waktu Ngawur

Senin, 04 Juni 2012 , 06:17:00
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai rencana pemerintah menyatukan zona waktu sebagai langkah keliru. Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini menilai penyatuan zona waktu akan mengorbankan 200 juta jiwa rakyat Indonesia untuk melayani kepentingan investor. "Ini bisa menimbulkan kekacauan," tutur Kalla dalam diskusi kecil dengan sejumlah wartawan di kantornya di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Selasa (29/5). Penyatuan zona waktu mengikuti GMT + 8 atau sesuai Waktu Indonesia bagian Tengah saat ini akan membuat 193 juta jiwa penduduk di wilayah Indonesia bagian barat dan enam juta penduduk Indonesia bagian Timur mengubah pola hidup secara drastis. Penduduk yang tinggal di sebelah barat Bali dan Samarinda harus beraktivitas lebih gelap dibandingkan sebelumnya. Pekerja di Jakarta yang tinggal di Bekasi harus berangkat satu jam lebih awal agar sampai di Jakarta pukul 07.00 WITA. "Kalau sebelumnya mereka berangkat pukul 05.30, ke depan harus berangkat kerja pukul 04.30. Terus salat subuhnya bagaimana," tutur Kalla.

...dst

27 ) Transit Venus terakhir abad ini pada 6 Juni

Minggu, 3 Juni 2012 17:47 WIB 
Jakarta (ANTARA News) - Penduduk Bumi akan bisa menyaksikan transit Venus terakhir pada abad ini tanggal 6 Juni mendatang. Saat itu Planet Venus akan melintasi bagian depan Matahari dan berada sejajar dengan Bumi sehingga terlihat seperti noktah hitam pada lingkaran matahari dari Bumi. "Kasarnya, seperti matahari punya bintik berjalan. Nah, bintik berjalannya itu Venus," jelas Nurdiansah (31), anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) yang ditemui Antaranews di Planetarium, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Minggu. Menurut Nurdiansah, warga Jakarta bisa melihat transit Venus dari observatorium atau Dak Takahashi, yang ada di Planetarium dan Observatorium Jakarta di kompleks TIM pada 6 Juni 2012 pukul 08.00 pagi hingga 11.00 siang. HAAJ juga bekerja sama dengan situs astronomi www.langitselatan.com untuk melakukan pengamatan di Atambua, Nusa Tenggara Timur dan Ambon, Maluku.

...dst

Tidak ada komentar: