Cari Blog Ini

Minggu, April 29, 2012

Berita Edukasi, 23 - 29 April 2012


Berita Edukasi, 29 April 2012

1 ) Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Diberikan Tahun Ini
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/29/316187/293/14/Bantuan-Operasional-Perguruan-Tinggi-Diberikan-Tahun-Ini

Minggu, 29 April 2012 01:57 WIB
SURABAYA--MICOM: Mendikbud Mohammad Nuh menyiapkan semacam bantuan operasional sekolah (BOS) untuk perguruan tinggi yakni bantuan operasional perguruan tinggi atau BOPT yang akan diberikan mulai tahun ini.  "BOPT sudah kami masukkan dalam RUU PT untuk penguat. Tapi tanpa menunggu pengesahan RUU PT, kami sudah bisa memberikan BOPT karena sudah masuk APBN-P 2012," katanya di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/4). Keberadaan BOPT akan membuat perguruan tinggi menjadi terjangkau oleh masyarakat. Sumber pendanaan PT selama ini ada tiga yakni pemerintah, mahasiswa, dan kerja sama atau penelitian. "Pemerintah membantu gaji karyawan PT dan mahasiswa membantu dalam bentuk SPP. Kalau kontribusi pemerintah dan kerja sama/riset naik, pendidikan pun terjangkau," ujarnya. Menteri yang juga mantan Rektor ITS Surabaya itu mengatakan pihaknya akan mengatur kontribusi pemerintah dengan dua cara yakni pemerintah akan menaikkan kontribusi bila kontribusi dari kerja sama/riset juga naik. "Sebaliknya, kalau perguruan tinggi justru menaikkan kontribusi mahasiswa dengan menaikkan SPP, pemerintah akan menurunkan kontribusi padanya. Itu bukan ancaman, tapi kami akan melakukan itu untuk mendorong perguruan tinggi menjadi lebih terjangkau masyarakat," katanya. (Ant/OL-5)

...dst

2 ) Yale Gandeng UI Bentuk Jaringan Kurikulum Ekonomi Global
http://news.detik.com/read/2012/04/29/054102/1904148/10/yale-gandeng-ui-bentuk-jaringan-kurikulum-ekonomi-global?n991102605

Minggu, 29/04/2012 05:41 WIB
Jakarta Sekolah bisnis terkenal Yale School of Management menggandeng 20 Universitas terpandang di dunia dalam program Global Network for Advance Management. Untuk di Indonesia, Yale memilih Universitas Indonesia. Magister Manajemen UI digandeng untuk untuk melatih para calon pemimpin global dengan mempersiapkan kurikulum baru yang lebih adaptif dan futuristik. Hal ini disampaikan saat dekan FEUI Firmanzah bersama Rhenald Kasali dan Ruslan Priadi diterima rektor Universitas Yale, Rick Levin dan Dekan Sekolah MBA Yale, Ted Snyder, Jumat (27/4) di kediaman rektor. "Tujuan dibentuknya the Global Network ini adalah untuk menjawab tantangan baru dalam perekonomian global yang ditandai dengan perubahan-perubahan serius dalam dunia yang lebih datar. Economic power akan terdistribusi secara merata, dan dunia usaha di semua sektor membutuhkan pemimpin-pemimpin baru yang bisa menjembatani antara pasar dengan negara dan komunitas, dalam konteks yang semakin kompleks, paradox dan diverse. Kita bersama-sama membangun suara yang lebih mewakili dalam menghadapi tuntutan-tuntutan baru dengan cara-cara yang lebih inovatif," tutur Snyder.

...dst

3 ) Yale Gandeng MMUI dalam Global Network 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490480/38/

Sunday, 29 April 2012
NEW HAVEN – Yale School of Management berupaya menggandeng 20 universitas terpandang di dunia untuk membentuk Global Network for Advance Management. Sekolah bisnis ternama di New Haven,Connecticut, Amerika Serikat (AS) itu di antaranya menggandeng London School of Economics, National University of Singapore, dan Magister Manajemen Universitas Indonesia (MMUI). Menurut Dekan Fakultas Ekonomi UI (FEUI) Firmanzah, melalui jaringan ini, akan dilakukan reinvention untuk melatih para global leaders dengan mempersiapkan kurikulum baru yang lebih adaptif dan futuristik."Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sekaligus menjembatani para peserta didik dan pengajar ke dalam jaringan ekonomi global," ujar Firmanzah dalam keterangan resminya kepada harian Seputar Indonesia (SINDO).Firmanzah bersama Ketua Program MMUI Rhenald Kasali dan Ruslan Priadi dari MMUI diterima Rektor Universitas Yale Rick Levin dan Dekan Sekolah MBA Yale Ted Snyder, Jumat (27/4) malam waktu setempat, di kediaman Rektor.

...dst 

4 ) Mendikbud: Asal Berkolaborasi Universitas Asing Boleh Masuk
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/28/m36phf-mendikbud-asal-berkolaborasi-universitas-asing-boleh-masuk

Saturday, 28 April 2012, 17:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan universitas asing boleh masuk ke Indonesia, asalkan institusi itu bukan berdiri sendiri di Indonesia, melainkan pengelolaannya berkolaborasi dengan universitas domestik. "Dalam draft akhir RUU PT pada 4 April lalu, perguruan tinggi asing memang diperkenankan (masuk ke Indonesia), tapi ada dua persyaratan yang harus dipenuhi," katanya di sela-sela sosialisasi RUU Perguruan Tinggi (PT) di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Sabtu. Didampingi Direktur PENS Ir Dadet Pramadihanto PhD dan Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono DEA, ia menjelaskan dua persyaratan itu adalah universitas asing itu harus terakreditasi dan harus bekerja sama (berkolaborasi) dengan universitas domestik."Kalau universitas asing itu berdiri sendirian, maka kita bisa terjebak pada liberalisasi, karena itu boleh masuk asalkan terakreditasi dan mau bekerja sama, masak bekerja sama pengelolaan itu tidak boleh? Kerja sama justru memungkinkan transfer teknologi dan konvergensi peradaban," katanya. Menteri yang juga mantan Rektor ITS Surabaya itu mencontohkan sikap ekstrem dari negeri jiran Malaysia yang membolehkan universitas asing secara bebas (tanpa syarat), bahkan pemerintah Malaysia menyiapkan satu kawasan khusus untuk universitas asing.

...dst

5 ) KKP Gandeng Universitas Brawijaya Terapkan "Blue Economy"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/28/19331483/KKP.Gandeng.Universitas.Brawijaya.Terapkan.Blue.Economy.

Sabtu, 28 April 2012 | 19:33 WIB
MALANG,KOMPAS.com - Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP)  menggandeng Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, untuk menerapkan konsepblue economy di perairan Jawa Timur. Kerjasama tersebut dilakukan pada Sabtu (28/4/2012) di kampus UB Malang. Hadir dalam acara tersebut Staff ahli Menteri bidang Ekonomi Sosial dan Budaya Kementrian Kelautan dan Perikanan, Suseno Sukoyono. Kepada wartawan, Suseno menyampaikan, tujuan blue economy ini untuk mengembangkan kualitas kelautan dan perikanan khususnya di perairan Jawa Timur. Konsep tersebut jelasnya, merupakan pengembangan ekonomi yang mengandalkan sumberdaya kelautan yang secara massif dikaitkan dengan manajemen kesinambungan dan pelestarian aset. "Dalam konsep blue economy, Kementerian Kelautan dan Perikanan, akan berfokus pada tiga faktor. Yaitu, ekologi, sosial, dan ekonomi," jelasnya.

...dst

6 ) Mendikbud Persilakan KPK Bongkar Kasus Angie
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/28/16442764/Mendikbud.Persilakan.KPK.Bongkar.Kasus.Angie

Sabtu, 28 April 2012 | 16:44 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membongkar kasus suap proyek, khususnya terkait proyek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2011 yang diduga melibatkan anggota DPR dari Partai Demokrat, Angelina Sondakh (Angie). "Saya belum tahu persis kasus Angie itu, tapi sayawellcome kalau ada aparat penegak hukum, apakah polisi, kejaksaan atau KPK untuk menyelidiki kasus itu lebih jauh," kata Nuh di sela-sela sosialisasi RUU Perguruan Tinggi (PT) di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Sabtu (28/4/2012). Didampingi Direktur PENS Ir Dadet Pramadihanto dan Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono, Mendikbud menjelaskan, bahwa pihaknya akan bersikap kooperatif terhadap upaya penegakan hukum. Hal itu dilakukan karena pihaknya memang ingin membersihkan kementerian yang dipimpinnya dari orang-orang yang mencari keuntungan pribadi. "Kita nggak boleh main-main dengan melakukan kongkalikong untuk keuntungan pribadi," kata Nuh. Mantan Rektor ITS Surabaya itu mengaku, pihaknya memang sering memberikan DIPA kepada kalangan universitas atau pihak lain. Namun, dirinya selalu berpesan agar dilakukan tender dengan mekanisme sesuai UU atau peraturan pemerintah.

...dst

7 ) Dunia Kampus Sedang Alami Krisis Spiritualisme Ilmu
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620345/dunia-kampus-sedang-alami-krisis-spiritualisme-ilmu

Sabtu, 28 April 2012 19:30 wib
SURABAYA - Tumpulnya dunia akademisi terhadap persoalan bangsa disayangkan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas. Terutama dalam hal menyorot persoalan undang-undang yang ada di negeri ini."Kami perihatin dengan situasi kampus sekarang ini. Misalnya soal revisi undang-undang KPK dan Undang-undang Partai Politik. Salah satunya, undang-undang parpol kan bermasalah, kenapa kalangan kampus malah diam dan yang berteriak-teriak malah lembaga swadaya masyarakat (LSM). Kita masih beruntung punya LSM-LSM seperti itu," kata Busyro Busyro usai usai acara seminar Nasional  'Menggungat Fakultas Hukum Dalam Pusaran Korupsi Politik' di Universitas Bhayangkara (Ubhara), Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Sabtu (28/4/2012). Seharusnya, di lembaga kampus ada Fakultas Ilmu Sosial dan Pilitik (Fisipol). Tentunya hal itu sangat disayangkan. Dia menilai, wacana untuk merevisi UU KPK dinilai akan melemahkan KPK sebagai lembaga super bodi.

...dst

8 ) Kementerian Kelautan & UB Kerja Sama TerapkanBlue Economy
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620318/kementerian-kelautan-ub-kerja-sama-terapkan-blue-economy

Sabtu, 28 April 2012 18:33 wib
MALANG - Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur,  menerapkan konsep Blue Economy di perairan Jawa Timur. Kerja sama tersebut dilakukan staff ahli Menteri bidang Ekonomi Sosial dan Budaya Kementrian Kelautan dan Perikanan, Suseno Sukoyono di kampus UB, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/04/2012). Menurut Suseno, tujuan kerja sama ini adalah untuk mengembangkan kualitas kelautan dan perikanan di perairan Jawa Timur. Dalam kerja sama ini, kata Suseno, kementerian akan fokus pada tiga faktor yakni, ekologi, sosial, dan ekonomi. "Konsep Blue Economy sudah diterapkan Fakultas Perikanan UB dengan membudidayakan Karang yang ada di daerah Kondang Merak, Kabupaten Malang," ujar Suseno.

...dst

9 ) FE Unpad Adakan Kuliah Umum Tentang Perdagangan Berjangka
http://www.pikiran-rakyat.com/node/186444

Sabtu, 28/04/2012 - 13:45
BANDUNG, (PRLM).- Kepala Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Syahrul R Sempurnajaya mengatakan perdagangan berjangka merupakan kegiatan bisnis yang kompleks karena menyangkut pengelolaan dana masyarakat. Oleh karena itu, perlu diatur dengan membuat kepstian hukum yang jelas guna melindungi masyarakat dari praktik perdagangan yang merugikan "Bappebti sebagai regulator yang dilindungi UU nomor 10/2010 tentang Perdagangan Berjangka komoditi, berusaha mewujudkan kegiatan bisnis ini secara teratur, wajar,
efisien, dan transparan serta melindungi semua pihak yang terrlibat dalam perdagangan berjangka," katanya dalam Kuliah Umum Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia dan Peraturan Pelaksanaannya yang diselenggarakan di Aula Magister Manajemen Universitas Padjadjaran (Unpad) jalan Dipati Ukur nomor 46 Bandung, Sabtu (28/4). Kuliah umum itu merupakan kerjasama Bappebti Kementerian Perdagangan dengan
Fakultas Ekonomi Unpad. Acara dihadiri sekitar 100 mahasiswa dari berbagai jenjang.

...dst

10 ) Universitas Djuanda Jalin Kerja Sama dengan Arab Saudi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/28/m35kvc-universitas-djuanda-jalin-kerja-sama-dengan-arab-saudi

Saturday, 28 April 2012, 02:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor siap menjalin kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi, terutama di bidang pendidikan. Hal itu ditegaskan Rektor UNIDA Dr Martin Roestamy SH MH usai menerima kunjungan Atase Atase Pertahanan Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Kolonel Osama Mohammed Al Shuaibi dan wakilnya Let-kol Riyadh Mohammed Al Khalifah. ''Kami siap menjalin kerja sama dengan Arab Saudi terutama di bidang pendidikan. Selama ini, UNIDA sudah menjalin kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), lembaga yang dibangun Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, dengan mengirimkan tenaga pengajar bahasa Arab ke UNIDA,'' papar Martin kepada wartawan di Bogor Jumat (27/4).

...dst

11 ) Marine Icon, Cara ITS Kenalkan Ilmu Perkapalan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620200/marine-icon-cara-its-kenalkan-ilmu-perkapalan

Sabtu, 28 April 2012 14:12 wib
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Himasiskal) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memiliki cara unik untuk mengenalkan dunia bahari kepada masyarakat awam. Salah satunya lewat Marine Icon 2012. Berlokasi di salah satu sudut Taman Prestasi Surabaya, tampak sekumpulan pemuda berjongkok dengan formasi melingkar. Sesekali mereka terlibat dalam diskusi serius dengan rekan sesama timnya. Mereka adalah tim-tim peserta kegiatan Marine Diesel Assembling. Para pemuda ini bertugas membongkar mesin diesel yang ada. Tidak hanya itu, mereka juga harus mengukur diameter piston, batang piston, dan merakitnya kembali sehingga mesin dapat hidup seperti semula. Setelah itu, tes tulis dan pertanyaan dari para juri telah menanti para peserta. Sementara itu, di area yang tidak jauh dari mereka, enam sepeda air berjejer di tengah-tengah kerumunan pengunjung. Keenamnya merupakan hasil karya yang diikutsertakan dalam ajang Water Bike Contest.

...dst

12 ) Menabung Sampah demi Hari Esok 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490413/

Sunday, 29 April 2012
Menabung identik dengan mengumpulkan uang. Tapi bagaimana kalau yang ditabung adalah sampah? Inilah yang dilakukan dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Suwerda.  Di tangan Bambang Suwerda, menabung sampah hasil akhirnya berupa kumpulan uang. Bukan tumpukan sampah. Bahkan,kita bisa menabung sampah di Bank Sampah Gemah Ripah yang telah didirikan olehnya bersama warga Dusun Badegan, Bantul sejak 2008. Seperti apa sih bank sampah yang dibangun oleh Bambang Suwerda sehingga mampu menghasilkan uang? Berikut wawancara SINDO dengan Direktur Bank Sampah Gemah Ripah Bambang Suwerda. Bagaimana cara kerja bank sampah hingga bisa menghasilkan uang?

...dst

13 ) Jadikan Bank Sampah sebagai Laboratorium 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490412/

Sunday, 29 April 2012
SETIAP manusia tentu menyimpan keinginan untuk mencapai titik puncak dari karier dari pekerjaan yang sedang dijalaninya.Kalau di sektor pendidikan, target mencapai jenjang tertinggi bergelar S-3 dengan gelar doktor menjadi impian yang ingin dicapai. Keinginan inilah yang tersimpan di dalam benak pendiri Bank Sampah Gemah Ripah,Bambang Suwerda. Dia tercatat aktif sebagai pengajar di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan pada Jurusan Kesehatan Lingkungan. Sebagai dosen, lelaki kelahiran Sleman 1969 tersebut sudah memenuhi standar seorang pengajar S-1 perguruan tinggi, yakni telah menyelesaikan S-2.
Peluang membawa sistem bank sampah menjadi disertasi untuk mendapatkan gelar doktor tentu sangat terbuka lebar. "Masih belum, kalau mau dijadikan skripsi atau tesis silakan,saya membuka lebar peluangnya.Tetapi untuk saya saat ini pekerjaan mengaplikasikan seluruh bagian dari kesehatan lingkungan masih membutuhkan jalan panjang," papar bapak tiga anak tersebut. 

...dst

14 ) Motivasi Penerima Bidik Misi, Rektor Unnes Beri Laptop
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620258/motivasi-penerima-bidik-misi-rektor-unnes-beri-laptop

Sabtu, 28 April 2012 17:02 wib
JAKARTA - Beragam cara dapat dilakukan untuk memotivasi orang lain. Demikian pula yang dilakukan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sudijono Sastroatmodjo untuk memotivasi para penerima Beasiswa Bidik Misi. Setelah pada upacara 17 Agustus 2012 memberikan hadiah bagi mereka yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) nyaris sempurna, kemudian menyambangi rumah beberapa dari mereka jelang Lebaran lalu, kini Rektor menghadiahkan penerima beasiswa bidik misi tersebut laptop. Adalah Amna Aulia yang kali ini ketiban motivasi nomplok itu. Karena berani menjawab dan menjelaskan ikhwal kelaziman penerima beasiswa kepada Rektor saat berlangsung Jambore Bidik Misi awal bulan lalu, dia diganjar laptop. Penyerahan laptop ini dilakukan langsung oleh Sudijono kepada Amna. Sudijono mengemukakan, dahulu kebanyakan orang memiliki pundak dan betis yang keras, juga tangan kasar karena tiap hari menjalani pekerjaan berat. Sekarang, beberapa di antaranya masih ada, namun berubah melalui upaya yang berbeda.

...dst

15 ) Bus Pengangkut Mahasiswa UGM Terperosok ke Jurang
http://regional.kompas.com/read/2012/04/29/0148483/Bus.Pengangkut.Mahasiswa.UGM.Terperosok.ke.Jurang

Minggu, 29 April 2012 | 01:48 WIB
GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Bus Puskopkar jalur 15 bernomor polisi AB 7426 AS yang mengangkut 27 mahasiswa UGM Fakultas Geologi terperosok ke dalam jurang sedalam empat meter, di Dusun Jentir, Sambirejo, Ngawen, Sabtu (28/4/2012). Informasi yang dihimpun Tribun Jogja menunjukkan bahwa kejadian tersebut bermula ketika dua bus rombongan mahasiswa UGM berjalan beriringan melewati jalur Ngawen-Wonosari. Rencananya, bus tersebut akan kembali ke Yogyakarta seusai melakukan penelitian di wilayah Gunung Kidul, sekitar pukul 17.30. Namun, saat melewati turunan di daerah Jentir, Sambirejo, Ngawen, bus rombongan bernopol AB 2518 CA yang dikendalikan Suprapto (50) diduga mengalami rem blong. Karena kehilangan kendali, bus tersebut menabrak bus bernopol AB 7426 AS yang dikemudikan Rakimin (37) warga Berbah, Sleman, hingga oleng dan terperosok ke dalam jurang. Beruntung bus yang terperosok ke dalam jurang terhalang tiang listrik sehingga tidak sampai ke dasar jurang yang curam.

...dst

16 ) Pendaki yang Terperosok di Merapi Berhasil Dievakuasi
http://regional.kompas.com/read/2012/04/29/07191549/Pendaki.yang.Terperosok.di.Merapi.Berhasil.Dievakuasi

Minggu, 29 April 2012 | 07:19 WIB
BOYOLALI, KOMPAS.com — Tim SAR gabungan asal Kabupaten Boyolali berhasil mengevakuasi pendaki Jumiko Apriansyah (19), mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, yang terperosok di puncak Gunung Merapi, Sabtu (28/4/2012) malam. Tim SAR berhasil mengevakuasi Jumiko yang mengalami patah tulang pada pergelangan tangan, dan bengkak di bagian kaki. Korban tiba dibasecamp New Selo di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, sekitar pukul 23.00, menurut anggota Tim SAR Barameru Desa Lencoh, Samsuri, di Boyolali, Minggu (29/4/2012). Jumiko merupakan warga Dusun Ngrawuh Karang Rayung Grobogan. Dia bersama tiga temannya, yakni Basofi Musoni asal Madiun; Fahmi Asidiqi asal Ciamis; dan Muh Nurwahid asal Kebumen. Setibanya di basecamp New Selo, dia kemudian dibawa ke puskesmas setempat.
Tim SAR memerlukan waktu sekitar sembilan jam untuk mengevakuasi korban dari Puncak Merapi hingga ke bawah dengan ditandu.

...dst

17 ) Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Terjatuh di Merapi
http://news.detik.com/read/2012/04/28/162221/1904029/10/mahasiswa-uin-sunan-kalijaga-terjatuh-di-merapi

Sabtu, 28/04/2012 16:22 WIB
Yogyakarta Satu dari empat mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta terjatuh saat mendaki Gunung Merapi yang ada di perbatasan Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Korban selamat namun mengalami luka patah tulang. Korban yang mengalami luka patah kaki kiri dan tangan kanan adalah Jumiko. Sementara itu tiga mahasiswa lainnya selamat dan masih tertahan di kawasan puncak Merapi. Tiga mahasiswa lainnya bernama Basofi, Fahmi dan Wahid. "Satu luka dan tiga mahasiswa selamat," kata salah satu anggota SAR DIY, Ferry Ardiyanto ketika dikonfirmasi detikcom, Sabtu (28/4/2012). Menurut Ferry, lokasi tempat jatuh diperkirakan di daerah Pasar Bubar sekitar 150 meter dari puncak Merapi. Keempat mahasiswa tersebut sekarang masih berada di dekat lokasi kecelakaan dan menunggu tim SAR melakukan evakuasi. Diperkirakan mereka jatuh terpeleset di daerah Pasar Bubar yang penuh dengan medan pasir dan berbatu tajam.

...dst

18 ) Mau Komunikasi Asyik dengan Anak dan Guru? Ini Dia 'Facebook' Pelajar Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/27/m34zxp-mau-komunikasi-asyik-dengan-anak-dan-guru-ini-dia-facebook-pelajar-indonesia

Sabtu, 28 April 2012, 11:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Namanya, Studentbook. Secara singkat, boleh dibilang inilah 'Facebook' untuk para pelajar. Yang menarik, situs jejaring sosial ini tidak hanya melayani para pelajar, tetapi juga menghubungkan orangtua murid dan gurunya sekaligus. Asyiknya lagi, sistem Studentbook ini dilengkapi dengan SMS notifikasi perkembangan akademik siswa kepada orang tua masing-masing yang dikirim setiap hari melalui telepon selular mereka. Keuntungan dari SMS notifikasi ini adalah orang tua bisa memantau secara penuh perkembangan akademik anaknya di sekolah. Melalui SMS notifikasi ini orang tua selalu mendapatkan up-date harian tentang absensi siswa (setiap jam pelajaran), tugas-tugas (PR) yang diberikan, materi-materi yang sudah diajarkan, pelajaran yang perlu disiapkan, saran dari guru, dan pengumuman-pengumuman resmi dari sekolah.

...dst

19 ) Pengguna Narkoba di Indonesia Capai 5 Juta Orang
http://regional.kompas.com/read/2012/04/29/02131235/Pengguna.Narkoba.di.Indonesia.Capai.5.Juta.Orang

Minggu, 29 April 2012 | 02:13 WIB
BOGOR, Kompas.com - Yayasan Kesatuan Peduli Masyarakat (Kelima) DKI Jakarta mengemukakan, jumlah pengguna narkotika dan obat terlarang di Indonesia pada 2012 ini sekitar 5 juta orang. "Jumlah pengguna narkotika dan obat-obat terlarang akan semakin bertambah bila kita tidak melakukan upaya pencegahan sejak dini. Hingga 2012 ini tercatat jumlah pengguna narkotika dan obat terlarang mencapai 5 juta orang," kata Kepala Bidang Medis Kelima, Bambang Eka Purnama Alam, dalam sosialisasi Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/4/12). Bambang menjelaskan, kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan masyarakat menyebabkan maraknya peredaran narkotika di Indonesia.

...dst

20 ) Wakil Dekan Ini Dipecat karena Gelar Doktor Palsu
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619726/wakil-dekan-ini-dipecat-karena-gelar-doktor-palsu

Sabtu, 28 April 2012 09:07 wib
PENNSYLVANIA - Wakil dekan program pascasarjana bidang kajian Pendidikan di University of Pennsylvania Douglas E Lynch mengundurkan diri setelah gelar doktornya terbukti palsu. Douglas mencantumkan gelar doktor dalam bidang filsafat, ekonomi, dan pendidikan dari Columbia University pada curriulum vitae (CV)-nya. Petugas resmi kampus mengaku kepada The Philadelphia Inquirer telah mengetahui pemalsuan tersebut sejak beberapa bulan terakhir. Universitas juga telah memberikan "sanksi yang diperlukan" dan memutuskan untuk membiarkan Lynch memimpin kampus. Tetapi, setelah Inquirer meminta komentar Rektor University of Pennsylvania Amy Gutman, pihak kampus pun mengubah keputusannya dan meminta Lynch mengundurkan diri sambil menunggu hasil penyelidikan yang sedang berlangsung. Demikian seperti dilansir The Chronicle of Higher Education,Sabtu (28/4/2012). 

...dst

Berita Eduksai, 28 April 2012

1 ) Gedung Pendidikan IPB Diresmikan Mendikbud
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/285

04/28/2012
Bogor --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, meresmikan gedung baru Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (26/04), di Kampus IPB Dramaga, Bogor. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine, pengguntingan pita, dan penandatanganan prasasti. Selain Mendikbud, hadir pula Menteri Pertanian, Suswono. Pembangunan gedung pendidikan IPB ini terbagi dalam tiga kegiatan konstruksi. Pertama pembangunan gedung pendidikan ruang kuliah bersama, yang menghabiskan dana 120 miliar, kedua gedung perpustakaan, dan yang ketiga kegiatan penambahan nilai gedung yang menelan dana 30 miliar. Disampaikan oleh Direktur Fasilitas dan Pembangunan IPB, Eriza, bahwasanya dana pembangunan gedung pendidikan ini berasal dari dana Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN). "Pembangunan ini dimulai sejak 2003 - hingga sekarang," tuturnya. Gedung pendidikan yang baru diresmikan ini terdiri dari 26 ruang kelas dengan daya tampung 2.500 orang, aula besar dengan kapasitas 500 orang, ruang administrasi, ruang dosen, ruang bimbingan konseling, sekretariat persatuan orang tua mahasiswa, laboratorium penelitian rayap, dan empat buah lapangan tenis. Ruang kelas pun dibangun di areal asrama mahasiswa. "Jadi para mahasiswa tidak perlu lagi naik ojek keliling kampus kalau ada jam kuliah," ujar Rektor IPB, Heri Susanto.

...dst

2 ) Laboratorium Terpadu Optimalkan Kegiatan Riset
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/28/04052714/laboratorium.terpadu.optimalkan.kegiatan.riset

Sabtu, 28 April 2012
Jakarta, Kompas - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengoptimalkan kegiatan riset lewat laboratorium terpadu. Sekitar 300 dokter yang mengajar di fakultas itu, serta 500 dokter klinis di rumah sakit pendidikan terkait FKUI, diharapkan makin mengembangkan riset kolaborasi dalam negeri ataupun internasional."Laboratorium terpadu memberi kontribusi, terutama untuk penelitian penyakit yang paling banyak dihadapi masyarakat," kata Dekan FKUI Ratna Sitompul dalam konferensi pers Pagelaran Penelitian Terbaik serta Pemilihan Peneliti Terbaik FKUI 2012, Jumat (27/4), di Jakarta. Meskipun ditunjang keberadaan sekitar 800 dokter, publikasi riset medis FKUI tergolong rendah. Tahun 2011 hanya ada 78 publikasi riset. Ratna menyatakan, FKUI melakukan riset sel punca untuk pengobatan. Terapi sel punca sudah digunakan untuk mengobati 40 pasien penyakit jantung.

...dst

3 ) PKBM dari 14 Negara Berbagi Pengalaman
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/286

04/28/2012
Jakarta --- Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang tokoh-tokoh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dari 14 negara untuk berbagi pengalaman dengan anggota PKBM di Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk seminar ini diadakan untuk memperkuat PKBM di Indonesia dengan saling belajar dari PKBM negara lain. Seminar berlangsung dari tanggal 26 hingga 29 April 2012 mendatang. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, mengatakan, pada mulanya PKBM merupakan inisiatif dari masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menuntaskan buta aksara. Seiring perjalanan waktu, akhirnya PKBM tidak hanya terjun dalam keaksaraan tapi juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk melatih kecakapan hidup. "Seperti menyulam, berbagai kursus, bahkan sampai pendidikan untuk strategi pemasaran," tutur Musliar saat bertemu media usai pembukaan seminar internasional PKBM di Hotel Century, Jakarta, Jumat (26/04).

...dst

4 ) Kampus IPB Baranangsiang Diusulkan jadi Cagar Budaya
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/28/316053/293/14/Kampus-IPB-Baranangsiang-Diusulkan-jadi-Cagar-Budaya

Sabtu, 28 April 2012 05:28 WIB 
BOGOR--MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) akan mengusulkan gedung perkuliahan di Kampus Baranangsiang, Kota Bogor, menjadi bangunan cagar budaya. "Kampus IPB Baranangsiang diusulkan menjadi bangunan cagar budaya dengan harapan kita selalu dapat meneladani pemikiran visioner tentang Ilmu Pertanian Indonesia," kata Rektor IPB Prof Herry Suhardyanto di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jumat (27/4). Saat meresmikan gedung pendidikan IPB di Kampus Dramaga, Bogor, ia mengatakan, usulan menjadikan gedung kampus IPB Baranangsiang sebagai bagunan cagar budaya dilihat dari sejarah pembangunan gedung tersebut. Kampus IPB Baranangsiang tersebut dibangun pada 1952 dengan peletakan batu pertama dilakukan Presiden RI Soekarno 27 April. Tidak hanya itu, lanjut Rektor, dibangunnya gedung perkuliahan IPB tersebut menjadi momentum berdirinya Fakultas Ilmu Pengetahuan Pertanian pertama di Indonesia. "Momen ini menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia. Dalam pidato Bung Karno saat peresmian yang berjudul 'Soal hidup atau matinya bangsa Indonesia' ada dua aspek penting yakni mengenai pertanian dan pangan. Ini menjadi tantangan para generasi muda untuk bertanggung jawab mengenai masalah bangsa ini," kata Rektor.

...dst

5 ) Seleksi Mandiri UPI Terintegrasi SNMPTN 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490200/

Saturday, 28 April 2012
BANDUNG– Seleksi masuk mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui jalur mandiri akan terintegrasi dengan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada tahun ini. Dengan ketentuanbaruini, calonmahasiswa yang akan mendaftar ke UPI terlebih dulu harus mengikuti SNMPTN. "Untuk menyaring mahasiswa, kamimemanfaatkanhasiltes SNMPTN, kami tidak menyelenggarakan tes sendiri. Kalau mereka tidak lulus SNMPTN, masih ada peluang ke jalur mandiri dan tidak perlu tes lagi,"ujar Rektor UPI Sunaryo Kartadinata, Kota Bandung. Menurut dia,dengan sistem baru tersebut UPI bisa melakukan efisiensi terutama biaya.Karena tidak perlu melakukan tes sendiri, dengan menggunakan hasil SNMPTN dengan mudah UPI menyeleksi calon mahasiswanya." Tentunya bisa lebih murah, kami tidak perlu bayar pengawas.

...dst

6 ) UI Gelar Debat Cagub DKI Jakarta, Foke Absen
http://news.detik.com/read/2012/04/27/141720/1903315/10/ui-gelar-debat-cagub-dki-jakarta-foke-absen

Jumat, 27/04/2012 14:17 WIB
Jakarta Lima cagub DKI Jakarta siap mengupas visi misi di Universitas Indonesia, kecuali Fauzi Bowo. Foke cuma mau berdebat di acara yang diselenggarakan KPUD DKI Jakarta. Himpunan Mahasiswa dan Alumni Pasca Sarjana Ilmu Politik UI bekerjasama dengan tvOne menyelenggarakan diskusi publik bertema "Mengupas visi dan misi calon Gubernur DKI Jakarta" di Plaza Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok, Jumat (27/4/2012). Panelisnya mantan Gubernur DKI Sutiyoso, Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri dan beberapa dosen."Fauzi Bowo sudah kita undang tetapi nggak mau. Alasannya, dia belum mau karena belum diresmikan sebagai cagub oleh KPUD. Dia hanya mau mengikuti debat yang dilaksanakan secara resmi oleh KPUD," kata Ketua Pelaksana, Agung Supriyo.

...dst

7 ) Said Aqil Siap Hapus Islam Radikal dari UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619875/said-aqil-siap-hapus-islam-radikal-dari-ui

Jum'at, 27 April 2012 17:29 wib
JAKARTA - Meski baru terpilih sebagai anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) perwakilan masyarakat, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj sudah memiliki program kerja. Salah satunya adalah membersihkan UI dari kelompok Islam radikal. Kang Said mengaku, diminta Senat Akademik Universitas (SAU) UI untuk menjadi anggota MWA bersama lima tokoh ternama lainnya, yakni mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Alwi Abdurrahman Shihab, Anugrah Pekerti, Bagir Manan, dan Endriartono Sutarto."Alhamdulillah. Saya di sana juga tidak minta. Saya malah diminta dan kabarnya saya mendapatkan suara paling banyak," ungkap Kang Said seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Okezone,Jumat (27/4/2012).

...dst

8 ) Gregorius dan Harum ke i-ENVEX
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/28/184694/Gregorius-dan-Harum-ke-i-ENVEX

28 April 2012
SEMARANG- Dua mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mewakili Indonesia dalam event penelitian internasional `'3rd International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2012'', 27-29 April di Malaysia. Mereka berhasil menyisihkan empat finalis dan ratusan peserta Lomba Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) 2011 yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama AJB Bumiputera, Oktober lalu. Dua mahasiswa Undip ini adalah Gregorius Rionugroho Harvianto dan Harum Nissa Ulfasha dari Teknik Kimia. Mereka melakukan penelitian berjudul `'Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Organik berbasis Teknologi Ramah Lingkungan''. Penelitian  yang menghasilkan sabun dari limbah minyak dan limbah kulit kapuk randu ini diterapkan pada masyarakat di Meteseh, Tembalang, dalam acara Teknik Kimia Peduli yang diselengarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Undip.

...dst

9 ) Kontes Robot Indonesia Regional Jateng-DIY Digelar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/27/15024732/Kontes.Robot.Indonesia.Regional.Jateng-DIY.Digelar

Jumat, 27 April 2012 | 15:02 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Seleksi Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) untuk regional III Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mulai digelar. Ajang robotika yang diselenggarakan di Universitas Dian NUswantoro dan GOR Jatidiri, Kota Semarang itu diikuti oleh 57 tim dari 22 perguruan tinggi di Jateng dan DIY.Ketua Panitia KRI dan KRCI Regional III, Ahmad Zaenul Fanani, di Kota Semarang, Jumat (27/4/2012), mengatakan, dunia robotika mengalami kemajuan yang berarti. "Dari semangat dan kemampuan mahasiswa sudah cukup besar. Tinggal bagaimana memediasi hal itu dengan dukungan yang memadai, terutama soal dana," kata Fanani.

...dst

10 ) Satu Robot Sepak Bola Butuh Rp 15 Juta
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/28/184695/Satu-Robot-Sepak-Bola-Butuh-Rp-15-Juta

28 April 2012
JUMLAH peserta Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) jenis robot sepak bola paling sedikit dibandingkan dengan jenis kontes lainnya. Tingkat kerumitan dan biaya menjadi faktor utama yang menganjal sejumlah kampus lolos dalam seleksi. Prima Artantio, pendamping Tim Robot Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mengatakan, komponen utama robot sepak bola terdiri atas kamera, personal computer (PC), dan motor penggerak (cervo). Komponen paling mahal adalah cervo. "Harga cervo untuk kualitas bagus mencapai jutaan rupiah," katanya di sela-sela persiapan Kontes Robot Indonesia Regional III di Gor Jatidiri Semarang, Jumat (27/3).

...dst

11 ) Pemkab Mesuji Sediakan 30 Beasiswa ke Unila
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/27/1430084/Pemkab.Mesuji.Sediakan.30.Beasiswa.ke.Unila

Jumat, 27 April 2012 | 14:30 WIB
BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com —  Pemerintah Kabupaten Mesuji bekerja sama dengan Universitas Lampung akan menyediakan program beasiswa kuliah untuk mahasiswa miskin di daerah itu. Adapun kuota dari beasiswa di Unila ini adalah 30 orang. Hal itu disampaikan Bupati Mesuji Khamamik dalam pernyataan resmi, Jumat (27/4/2012). Khamamik mengatakan, munculnya program beasiswa kuliah bagi warga tidak mampu ini merupakan hasil audiensinya dengan Rektor Unila Sugeng P Harianto. Rencananya Unila juga memberikan jatah 50 pelajar asal Mesuji diterima tanpa tes di Unila.

...dst

12 ) ITS EXPO Tarik Perhatian 7.500 Pengunjung
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619654/its-expo-tarik-perhatian-7-500-pengunjung

Jum'at, 27 April 2012 17:02 wib
JAKARTA - Tidak hanya berinovasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya juga mengekspresikan diri lewat seni dan budaya dalam ajang ITS EXPO. Kegiatan ini diawali dengan lomba karya tulis mengenai lumpur lapindo dan water front city, lomba robot, dan pameran budaya. Ragam budaya pun tercermin dari stan yang dibuat oleh tiap jurusan yang ada di ITS dan politeknik. Selain memamerkan keunggulan teknologi masing- masing, mereka juga menggunakan background stan dari berbagai budaya daerah di Indonesia. Tadi malam, ITS EXPO memasuki malam penutupan. Untuk membungkus rangkaian kegiatan tersebut, panitia menunjukan penampilan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua yang dapat membuat pengunjung seakan terbawa menjelajah Indonesia. Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (27/4/2012).

...dst

13 ) Unpad Gelar Kuliah Umum Se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619620/unpad-gelar-kuliah-umum-se-indonesia

Jum'at, 27 April 2012 15:03 wib
JAKARTA - Eksistensi suatu negara dapat ditentukan dari wilayah teritorinya. Untuk menguatkan kedaulatan suatu negara harus dibutuhkan teritorial yang kuat dan jelas. Hal ini disampaikan Guru Besar Fakultas Hukum (FH) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Etty R Agoes dalam kuliah terbuka Hukum Internasional Kedaulatan Teritorial. Dia menyebutkan, suatu wilayah akan dapat diakui sebagai negara jika wilayah tersebut memiliki batas-batas wilayah yang pasti dari negara tersebut."Teritori merupakan dasar dari kedaulatan, tanpa adanya suatu wilayah yang mutlak, suatu negara tidak akan memiliki dasar hukumnya," ujar Etty seperti dikutip dari situs Unpad, Jumat (27/4/2012). Etty menambahkan, pengertian dari kedaulatan teritorial adalah salah satu kekuasaan utama yang dimiliki oleh suatu negara berdasarkan hukum internasional yang disepakati. Adapun upaya untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan salah satunya adalah melakukan okupasi.

...dst

14 ) Kompetisi Fotografi Cara Promosi Fapet Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619618/kompetisi-fotografi-cara-promosi-fapet-unpad

Jum'at, 27 April 2012 14:02 wib
JAKARTA - Hal yang terbayang dalam ingatan kita ketika mendengar kata ternak atau peternakan adalah ngangon binatang. Namun, program studi (prodi) peternakan tidak hanya sesempit itu. Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Iwan Setiawan mengungkapkan, mempelajari ilmu peternakan bukanlah suatu pembelajaran yang mesti dipandang sebelah mata. Anggapan orang-orang tentang terminologi kata peternakan masih sering disalahartikan oleh masyarakat. Oleh karena itu, lanjutnya, butuh upaya yang optimal untuk mengenalkan dunia peternakan kepada masyarakat jika ilmu peternakan bukanlah sekadar ilmu tentang ngangon binatang. Iwan menilai, peternakan bukan berkecimpung di dunia hewan ternak saja, ada teknologi yang dipelajari di dalamnya, salah satunya ialah teknologi mengenai reproduksi ternak. "Maka, perlu diupayakan pengenalan kepada masyarakat mengenai Fakultas Peternakan, salah satunya ialah dengan mengadakan lomba fotografi peternakan Animal Husbandry Photo Contest (AHCP) 2012," kata Iwan seperti dikutip dari situs Unpad, Jumat (27/4/2012).

...dst

15 ) Mendikbub Persilahkan KPK Bongkar Kasus Angie
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/28/89553/Mendikbub-Persilahkan-KPK-Bongkar-Kasus-Angie/1

Sabtu, 28 April 2012 14:46 WIB
Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mempersilakan aparat penegak hukum, baik polisi, kejaksaan, maupun Komisi Pemberantasan Korupsi, untuk membongkar kasus anggota DPR dari Partai Demokrat, Angelina Sondakh. "Saya belum tahu persis kasus Angie itu. Tapi saya 'welcome' kalau ada aparat penegak hukum, apakah polisi, kejaksaan, atau KPK untuk menyelidiki kasus itu lebih jauh," kata Muhamad Nuh di sela-sela sosialisasi Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi di PT di Politeknik Elektronika Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/4). Kasus Angelina terkait dugaan suap proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2011. Di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Angie diduga menerima fee dalam proyek tahun anggaran 2010 dan 2011.

...dst

16 ) KPK Kantongi 9 Transaksi Angie terkait Wisma Atlet & Proyek Universitas
http://news.detik.com/read/2012/04/27/182606/1903686/10/kpk-kantongi-9-transaksi-angie-terkait-wisma-atlet-proyek-universitas

Jumat, 27/04/2012 18:26 WIB
Jakarta Setelah ditetapkan sebagai tersangka pada awal tahun ini, Angelina Sondakh ditahan KPK. Lembaga antikorupsi ini berani menahan Angie karena sudah mengantongi transaksi-transaksi 'panas' politisi Demokrat ini. Berdasarkan penelusuran detikcom, KPK saat ini telah memegang sembilan transaksi yang mengarah ke mantan putri Indonesia tersebut.  "Delapan secara cash, satu via transfer bank ke orang dekat Angie," bisik salah seorang penegak hukum beberapa waktu silam.
Sembilan transaksi tersebut telah terekam oleh KPK, namun ada beberapa di antaranya yang masih perlu penambahan data untuk dikonfirmasi. Jubir KPK Johan Budi membenarkan, pihaknya telah memegang bukti adanya alian dana ke Angie. Namun dia mengaku tidak tahu bagaimana detil aliran tersebut.

...dst

17 ) Ini Bukti Keterlibatan Angie di Suap Wisma Atlet dan Proyek Universitas
http://news.detik.com/read/2012/04/27/182010/1903681/10/ini-bukti-keterlibatan-angie-di-suap-wisma-atlet-dan-proyek-universitas

Jumat, 27/04/2012 18:20 WIB
Jakarta Angelina Sondakh ditahan KPK untuk pengembangan penyidikan. Lembaga antikorupsi ini tentu sudah memegang bukti yang cukup kuat, sehingga memutuskan untuk menahan mantan putri Indonesia tersebut.
Terkait wisma atlet, pada persidangan atas Nazaruddin yang digelar pada Rabu (25/1) lalu, Mindo Rosalina Manulang mengungkapkan bahwa Permai Grup pada 2010 pernah mengeluarkan dana Rp 10 miliar demi meloloskan proyek Wisma Atlet SEA Games yang masih dibahas Badan Anggaran DPR.  Rosa menyebut politisi DPR yang mendapat pelicin dari Nazaruddin itu adalah Wayan Koster dan Angie. Masing-masing mendapat Rp 5 miliar. Hal yang sama juga diamini oleh Yulianis dan staf keuangan Permai Group lainnya, Okta Rina. Mereka mengakui ada aliran dana ke Angie dan Koster. Bahkan Yulianis masih menyimpan dokumen pengiriman uang ke dua anggota Komisi X itu. Kabarnya, dokumen itulah yang menjadi bukti material KPK untuk menjerat Angie, selain bukti formal berupa pengakuan saksi-saksi.

...dst

18 ) Mendikbud larang mempekerjakan anak di bawah umur
http://www.antaranews.com/berita/308122/mendikbud-larang-mempekerjakan-anak-di-bawah-umur

Jumat, 27 April 2012 20:40 WIB
Bogor (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melarang orang tua maupun pihak lain untuk mempekerjakan anak di bawah umur. "Tidak boleh mempekerjakan anak di bawah umur, baik itu orang tua maupun sipemekerjakan anak di bawah umur harus diberitahu," kata menteri sesaat setelah menghadiri peresmian gedung pendidikan IPB di Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat. Menanggapi kisah Sarah Amelia murid kelas VI SD di Koja, Jakarta Utara, yang membantu keluarganya bekerja di kafe hingga dini hari tersebut, menurut Menteri hal tersebut tidak boleh terjadi. Menteri mengatakan, apapun jenis pekerjaannya baik itu dikerjakan pagi, siang sore dan malam tidak boleh dilakukan oleh anak yang masih sekolah dasar. "Anak SD itu belum waktunya untuk bekerja. Tidak boleh memperkerjakan anak di bawah umur," katanya.

...dst

19 ) Kemdikbud Apresiasi Peran Serta LSM
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/287

04/28/2012
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) mengapresiasi peran lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti Indonesian Corruption Watch (ICW) dalam memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2012. "Kami apresiasi pada ICW yang turut serta memantau UN." kata Setiono, Koordinator Posko UN Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Kemdikbud di Jakarta, Jumat (27/4) kemarin.
Pada hari tersebut, sekitar pukul 10.00, ICW yang diwakili Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik Febri Hendri melaporkan dugaan kebocoran soal Matematika UN SMP ke Posko UN di Kemdikbud. Perwakilan ICW diterima Setiono dan sejumlah staf Posko UN Kemdikbud. "Sehari setelah posko ICW dibuka pada 23 April, ada yang datang ke kami dan memberikan laporan kunci jawaban soal matematika,kami ingin laporkan ke Kemdikbud." ujar Febri Hendri.

...dst

20 ) Kemdikbud Diminta Beri Jaminan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/28/184696/Kemdikbud-Diminta-Beri-Jaminan

28 April 2012
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diminta bersedia memberikan perlindungan dan jaminan kepada setiap pihak yang melaporkan adanya kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2012."Kami bersikukuh tidak akan membuka identitas pemberi laporan dan testimoni. Kami tidak akan membuka nama guru, siswa, maupun sekolahnya. Sebab apa, Kemdikbud tidak melindungi orang yang bersedia bersaksi," kata Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti, di Kantor ICW, Kamis lalu. Selama ini semua pihak yang mengetahui adanya kecurangan enggan memberikan laporan kepada pihak berwenang. Mereka takut mendapat intimidasi, baik dari sekolah maupun Dinas Pendidikan.

...dst

21 ) Kelulusan UN Ditentukan Pusat 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490222/

Saturday, 28 April 2012
SEMARANG– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berwenang penuh meluluskan siswa SMA/SMK sederajat dan SMP/MTs sederajat yang telah selesai mengikuti ujian nasional (UN). Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Kunto Nugroho mengutarakan, saat ini lembar jawab yang telah diisi siswa masih dipindai oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai perguruan tinggi yang ditunjuk oleh pusat.Adapun sekolah, sudah memberikan kumulatif nilai mulai dari kelas I dan II, termasuk nilai perilaku dan mental. "Skoring nilai dilakukan oleh pusat.Nilai kelas I dan II hanya menjadi syarat, bukan yang menentukan (lulus atau tidak)," ungkap Kunto di Gedung DRPD Jateng,kemarin.  Secara umum pelaksanaan UN SMA/SMK dan SMP/MTs sederajat berjalan dengan lancar. Persoalan yang muncul di lapangan tidak sampai mengganggu jalannya pelaksanaan ujian di kelas.Terkait isu kebocoran soal di sejumlah daerah, dia menegaskan hal itu tidak benar. "Jelas tidak mungkinlah kunci jawaban soal itu dipegang pusat, tidak di daerah," tandas Kunto.

...dst

22 ) Mendiknas: Indonesia Akan Jadi Bangsa Besar
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/04/28/48123/mendiknas_indonesia_akan_jadi_bangsa_besar/#.T5uyc7okJiY

28 April 2012
Bogor, (Analisa). Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menyatakan Indonesia kelak akan menjadi negara besar yang akan menetukan arah dunia. "Saya sangat yakin, Insya Allah Indonesia akan menjadi negara besar, akan menjadi bangsa yang memiliki peradapan yang luar biasa," kata menteri saat memberikan kata sambutan dalam peresmian gedung pendidikan IPB di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jumat. Menteri menyampaikan keyakinannya tersebut ketika ia melihat tanda-tanda akan kebesaran Indonesia di dunia sudah mulai terlihat. Selain memiliki penduduk terpadat keempat didunia yakni sebanyak 240 juta jiwa. Indonesia mendapat anugrah demografi deviden atau keunggulan kependudukan berupa semakin besarnya jumlah pemuda. "Tanda-tanda ini harus kita sikapi secara bijak. Mari kita siapkan pemuda-pemuda yang beprestasi dan hebat. Sehingga tepat pada 100 tahun kemerdekaan Indonesia akan menjadi negara besar," katanya. Peran serta dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi sangat diharapkan dalam menciptakan pemuda-pemudi yang memiliki dedikasi untuk pembangunan bangsa.

...dst

23 ) Memahami Vonis MK 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490171/38/

Saturday, 28 April 2012
"Saya mahasiswa Bapak, saya mengagumi Bapak, saya belajar banyak dari Bapak, tetapi sekarang saya tak percaya kepada Bapak, Bapak telah membuat vonis yang tidak adil, "demikian SMS yang saya terima dari seorang pengacara di salah satu kabupaten di Jawa Barat, tak lama setelah pada suatu sore saya mengucapkan vonis dalam sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada). Saya mengenal nama pengacara itu sebagai bekas mahasiswa saya yang menjadi aktivis di kampus pada awal 1990-an di Yogyakarta. Belakangan ini saya sering melihat wajah dan pernyataan-pernyataannya yang keras di televisi maupun di berbagai media cetak mengenai pelanggaran atas hakhak tenaga kerja. Saat saya menjadi anggota DPR,dia juga sering datang ke DPR menyampaikan berbagai pengaduan mengenai perlakuan terhadap tenaga kerja kita. "Ada apa, Mas, kok marahmarah begitu? Apakah kamu sehat- sehat saja?" tanya saya melalui SMS.Kemudian dia menelepon saya sambil meminta maaf karena merasa "telanjur"mengirim SMS dengan emosional. 

...dst

24 ) AFSC - Indonesia Meraih Juara Kedua
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/28/04041858/indonesia..meraih.juara.kedua

Sabtu, 28 April 2012
SEMARANG, KOMPAS - Anggota delegasi Indonesia, Agathon Henryanto (15), dari SMA Karang Turi, Semarang, berhasil meraih juara dua dalam ajang APEC Future Scientist Conference 2012 di Kota Semarang. Hal itu membuktikan kemampuan anak muda Indonesia dalam bidang sains tidak kalah dengan negara lain. AFSC yang diikuti 16 negara di Asia Pasifik merupakan ajang penelitian anak-anak muda yang dimotori Kyungnam University, Korea Selatan melalui program APEC Mentoring Center for the Gifted in Science (AMGS). Setiap delegasi negara mempresentasikan penelitian mereka sesuai dengan tema "Science in Water" dalam kegiatan yang berlangsung 24-29 April 2012. Sebanyak 16 negara mengikuti ajang tersebut. Mereka adalah Indonesia, Australia, Brunei, China, Hongkong, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, dan Swedia. Indonesia sebagai tuan rumah mengirimkan 16 siswa.

...dst

25 ) Ini Dia 'Facebook' untuk Pelajar Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/27/m34t90-ini-dia-facebook-untuk-pelajar-indonesia

Jumat, 27 April 2012, 21:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak mengenal Facebook? Jejaring sosial satu ini memang menjadi ajang eksistensi hampir seluruh orang di dunia. Namun, keberadaan Facebook kerap dikecam karena mudah memasukkan konten negatif yang dapat merusak anak-anak dan generasi muda. Nah, bagaimana jika ada jejaring sosial mirip Facebook yang khusus ditujukan untuk para pelajar. Asyiknya lagi, tidak hanya pelajar yang bisa eksis di situ, tetapi juga guru dan orangtua murid sekaligus. Inilah yang ditawarkan oleh Studentbook. Boleh dibilang Studentbook merupakan sistem jejaring sosial akademik yang mengintegrasikan berbagai model interaksi pendidikan dan pembelajaran melalui internet secara lebih mudah, lebih luas, dan murah.`'Kami selalu berusaha untuk menjadi mitra digital bagi seluruh stakeholders pendidikan di Indonesia untuk menuju standard global. Semoga sistem jejaring sosial akademik Studentbook ini benar-benar mampu mendorong seluruh stakeholders utama dalam dunia pendidikan untuk maju, makin produktif, dan menciptakan generasi berprestasi,'' kata Muh Irfan Nugroho, Dirut Sahabat Belajar Indonesia.

...dst

26 ) Tempat Terpanas di Bumi Ada di Iran
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/28/89508/Tempat-Terpanas-di-Bumi-Ada-di-Iran/3

Sabtu, 28 April 2012 04:40 WIB
GURUN Lut yang terletak di tenggara Iran merupakan tempat terpanas di bumi. Penelitian terakhir mengatakan, suhu di Gurun Lut sempat mencapai 70,7 derajat Celcius (159,3 Fahrenheit) pada 2005. Penelitian yang dilakukan para pakar Universitas Montana berdasarkan data hasil analisa temperatur bumi dari rekaman satelit dari 2003-2009. Menurut penelitian itu, hampir sepanjang tahun 2004-2009 suhu Lut mencapai titik terpanas di bumi. "Banyak lokasi yang dijuluki tempat terpanas di Bumi tapi tempat-tempat itu bukan pesaing dekat," kata seorang anggota tim peneliti, Steven Running, seperti dikutip LiveScience.  Running dan rekan-rekan penelitinya menguji data inframerah sepanjang tujuh tahun dari satelit U.S. Geological Survey's Landsat. Data dari satelit sangat membantu para peneliti karena mampu membaca derajat cuaca di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau secara langsung. Selain Gurun Lut, Running juga mengacu Kota Furnace Creek, California, Amerika Serikat, dan Kota El Aziza, Libya sebagai tempat terpanas di bumi. Selain itu, ada juga Cekungan Turpan, China, dan gurun berbatu di Queensland, Australia.

...dst

Berita Edukasi, 27 April 2012

1 ) Unikom-UGM Sabet 5 Medali Emas 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/489990/

Friday, 27 April 2012
BANDUNG – Tim Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil membawa pulang lima medali emas dan satu perak di ajang Robogames 2012 yang berlangsung di San Mateo, California, Amerika Serikat, 20–22 April lalu. "Tim kami memenangkan emas di masing-masing kategori Shooting Gallery,Walker Challenge, dan Ribbon Climber," kata Rektor Unikom Eddy Soeryanto kemarin. Menurut dia,mahasiswa perakit robot itu berasal dari lintas jurusan yakni Ilmu Teknik Elektro,Teknik Komputer,dan Teknik Audio Visual. Kemenangan ini terus menambah daftar panjang prestasi di ajang robotika yang diikuti Unikom. Robogames 2012 diikuti 16 negara dengan jumlah peserta 238 tim dan 682 robot. 

...dst

2 ) Lagi, Tiga Robot Unikom Raih Emas di Amerika 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490003/

Friday, 27 April 2012
BANDUNG– Tiga dari empat robot Universitas Komputer Indonesia( Unikom) Bandungmeraih medali emas pada ajang Robo- Games 2012 di California, AmerikaSerikat, 20-22 Aprillalu. Tiga kategori yang dimenangkan yakni Shooting Gallery,Walker Challenge,dan RibbonClimber. "Empat mahasiswa awalnya dikirim, namun karena mengalami beberapa kendala seorang mahasiswa didampingi dua dosen.Tiga robot memenangkan emas di masing-masing kategori," ujar Rektor Unikom Eddy Soeryanto di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung,kemarin. Dia menjelaskan, mahasiswa perakit robot itu berasal dari lintas jurusan di antaranya Ilmu Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan Teknik Audio Visual. Sementara mahasiswa yang mewakili teman satu timnya adalah Didit Andri Jatmika, mahasiswa jurusan Ilmu Teknik Komputer,bersama dosen Taufik Nuzwir Nizar dan Yusrilia Kerlozza. "Sebulan lalu kami membawa pulang dua medali emas dan satu medali perak dalam lomba robot Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter di Hartford, Connecticut," kata Eddy. Dengan demikian, perolehan medali pada ajang robotika 2012 ini, Unikom telah mengantongi lima emas dan satu perak. Unikom sudah empat tahun berturut-turut berkiprah secara internasional sejak 2009.

...dst

3 ) Tim Robot UGM Raih 2 Emas di AS
http://news.detik.com/read/2012/04/26/115135/1902034/10/tim-robot-ugm-raih-2-emas-di-as?n990102mainnews

Kamis, 26/04/2012 11:51 WIB
Yogyakarta Tim robot Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih 2 medali emas dan 1 perak pada ajang Robogames 2012 di San Mateo, Amerika Serikat (AS) pada tanggal 20-22 April 2012. Dalam kompetisi itu tim UGM berhasil menang di tiga even dari 7 even yang diikuti. Kompetisi yang diikuti 16 negara dengan 238 tim itu, dengan 682 robot dan 1.039 engineers. Tim UGM terdiri dari Luiz Rizki Ramelan (Teknik Elektro 2009), Noer Azis Ismail (Teknik Elektro 2009) dan Ridwan Widyoko (Teknik Mesin 2008)."Ada 59 kategori yang dilombakan, tim UGM mengikuti 7 event dan berhasil memperoleh kemenangan pada tiga even," kata salah satu wakil tim robot UGM, Ridwan Widoyoko di Stana Parahita, UGM, Bulaksumur, Kamis (26/4/2012).

...dst

4 ) TIM ROBOT UGM JUARA DI AMERIKA SERIKAT-Persiapan 2 Bulan, Raih 2 Emas dan 1 Perak 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490010/

Friday, 27 April 2012
Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih prestasi membanggakan dalam ajang perlombaan robot internasional.Tiga mahasiswa Fakultas Teknik berhasil merebut emas dan perak dalam perlombaan robot di Amerika Serikat. Dalam ajang Robogames 2012 di San Mateo,California ini,tim robot UGM mengikuti tujuh dari 59 kategori yang dilombakan pada 20-22 April 2012 lalu.Ketiga mahasiswa tersebut masing-masing,Luis Rizki Ramelan (Teknik Elektro 2009),Noer Aziz Ismail (Teknik Elektro 2009) dan Ridwan Widoyoko (Teknik Mesin 2008). Dari ketujuh robot yang mereka bawa,tiga di antaranya berhasil menjadi juara yakni robot iron fireyakni robot yang mampu memadamkan api lilin yang meraih medali emas.Kemudian robot isrobot stand balancing yakni robot dengan kemampuan kesetimbangan di atas dua roda yang meraih medali emas dan robot Ikinematicyakni robot dengan kemampuan berjalan halang rintang yang meraih medali perak.

...dst

5 ) Robot UGM menang karena lebih stabil
http://www.antaranews.com/berita/307937/robot-ugm-menang-karena-lebih-stabil

Kamis, 26 April 2012 15:37 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Tim robot dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, yang membawa tujuh robot ke ajang Robogames 2012 di San Mateo, California, Amerika Serikat, telah berhasil meraih medali pada tiga kategori. Menurut anggota delegasi, Ridwan Widoyoko, tim UGM berhasil memperoleh medali dari kategori "Fire Fighting", "Stand Balancing", dan "Walker Challenge". Satu medali emas diraih robot Iron Fire, yakni robot yang memadamkan lilin pada kategori `Fire Fighting`. Medali emas berikutnya diperoleh robot Isorobot, yakni robot kesetimbangan dua roda pada kategori "Stand Balancing". Sementara satu medali perak dipersembahkan oleh robot I-Kinematic berkaki untuk kategori "Walker Challenge". Ridwan mengatakan, keberhasilan yang diraih tim robot UGM disebabkan robot-robot UGM bersifat lebih stabil dan handal jika dibanding robot dari negara lainnya. Dalam beberapa kali uji coba dan dipertandingkan jarang menemui "error".

...dst

6 ) Tinggi Kualitas Publikasi Peneliti Indonesia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/27/315804/293/14/Tinggi-Kualitas-Publikasi-Peneliti-Indonesia

Jumat, 27 April 2012 03:49 WIB
JAKARTA--MICOM: Publikasi ilmiah hasil riset para peneliti Indonesia di antara negara-negara di Asia Tenggara terbilang kecil dari segi kuantitas, namun memiliki tingkat pengutipan yang tinggi, atau baik dalam hal kualitas. "Kualitas riset para peneliti Indonesia cukup tinggi dan berkelas dunia meskipun sedikit," kata Managing Director Thomson Reuters Asia Pasifik bidang Ilmu Pengetahuan dan  dan Kekayaan Intelektual,  Wong Woei Fuh PhD di Jakarta, Kamis (26/4). Wong Woei Fuh membandingkan dengan Singapura yang memiliki tingkat publikasi tertinggi di Asia Tenggara yakni sebanyak 71.463 makalah ilmiah (papers) namun karena dikutip (citations) 688.686 kali, maka kutipan per makalahnya di dunia hanya 9,64.  Sedangkan Indonesia meski hanya memiliki publikasi 7.178 makalah namun sering dikutip, yakni 57.101 kutipan, atau 7,96 kutipan per makalah sehingga menempatkan Indonesia di peringkat ke-3 tingkat pengutipan per makalah setelah Singapura dan Filipina.

...dst

7 ) Indonesia akan produksi sel surya
http://www.antaranews.com/berita/307948/indonesia-akan-produksi-sel-surya

Kamis, 26 April 2012 17:17 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan menggalakkan industri fotovoltaik dengan cara membuat sel surya sendiri mulai tahun 2012.
"Industri fotovoltaik Indonesia saat ini baru memproduksi modul surya dan sistem surya, namun rencananya tahun ini PT Len Industri akan membangun sel surya dengan kekuatan 60 megawatt power peak (MWp), sebelumnya sel surya masih diimpor," kata Asep Sopandi dari Asosiasi Pabrikan Modul Surya Indonesia (Apamsi) di Jakarta, Kamis. Menurut Asep, industri fotovaltaik (aplikasi panel surya untuk energi) baru membuat modul surya dan sistem tenaga surya. "Sejauh ini pemerintah memang sudah memberikan dukungan bagi pertumbuhan industri tenaga surya lewat keputusan presiden maupun peraturan menteri, namun industri fotovoltaik masih menjadi proyek pemerintah yaitu bagi kebutuhan Kementerian ESDM dan Kementerian Daerah Tertinggal," tambah Asep.

...dst

8 ) Undip Berikan Beasiswa Jurusan Kedokteran
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/26/373/618921/undip-berikan-beasiswa-jurusan-kedokteran

Kamis, 26 April 2012 16:02 wib
JAKARTA - Siapa pun mengetahui jika menempuh pendidikan kedokteran membutuhkan biaya yang sangat mahal? Maka, tidak jarang mahasiswa mengubur dalam-dalam keinginan mereka untuk menjadi dokter lantaran tidak sanggup membayar biaya perkuliahan itu.Menyadari hal tersebut Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan program beasiswa bagi para pelajar yang ingin menekuni pendidikan kedokteran. Tentu saja, terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti program tersebut.Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso mengungkapkan, syarat utama untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah harus tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip serta mempunyai prestasi yang baik ketika di SMA. FK Undip memberikan beasiswa tersebut pada tahun ajaran 2012/2013 dengan membebaskan biaya pendidikan, memberikan biaya hidup, serta bantuan buku bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas.

...dst

9 ) Anggota MWA UI Ditetapkan, Dari Jusuf Kalla Hingga Bagir Manan
http://news.detik.com/read/2012/04/26/194742/1902747/10/anggota-mwa-ui-ditetapkan-dari-jusuf-kalla-hingga-bagir-manan?n991102605

Kamis, 26/04/2012 19:47 WIB
Jakarta Senat Akademik Universitas Universitas Indonesia (SAU-UI) menetapkan 6 anggota Majelis Wali Amanat (MWA) dari perwakilan masyarakat. 6 Anggota ini dari berbagai latar belakang. Mulai dari Jusuf Kalla hingga Bagir Manan.Menurut Ketua SAU UI, Sudijanto Kamso, hasil pemilihan anggota MWA tersebut untuk masa bakti 2012-2013. "Mereka nanti membentuk panitia pemilihan rektor," terangnya kepada detikcom di Gedung Rektorat Kampus UI, Kota Depok Jawa Barat, Kamis (26/4/2012). Adapun 6 anggota MWA itu yakni Muhammad Jusuf Kalla, Anugrah Pekerti, Endriartono Sutarto, Alwi Abdurrahman Shihab, Said Agil Siradj, dan Bagir Manan.

...dst

10 ) Mau Kuliah Lebih Cepat, Ikut Beasiswa Fast Track Saja
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/26/373/618926/mau-kuliah-lebih-cepat-ikut-beasiswa-fast-track-saja

Kamis, 26 April 2012 18:02 wib
JAKARTA - Selain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang juga memberikan program beasiswa fast track bagi mahasiswa Fakultas Hukum Undip. Dekan Fakultas Hukum Undip Yos Johan Utama menuturkan, program Beasiswa Fast Track dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) adalah apresiasi bagi mahasiswa yang memiliki kualitas. Dia menyebutkan, Beasiswa Fast Track merupakan beasiswa study lanjut untuk Program Magister Ilmu Hukum bagi mahasiswa yang sedang menempuh S-1 Hukum."Lama perkuliahan Beasiswa S-2 ini selama dua tahun dan perkembangan prestasi akademik mahasiswa akan terus dipantau selama mengikuti program beasiswa ini," kata Yos Johan seperti dilansir dari laman Undip, Kamis (26/4/2012).

...dst

11 ) Duo Mahasiswa Undip Ikuti Ajang Penelitian Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/26/373/618925/duo-mahasiswa-undip-ikuti-ajang-penelitian-internasional

Kamis, 26 April 2012 17:03 wib
JAKARTA - Dua mahasiswa jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi penelitian bertajuk 3rd International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2012. Mereka adalah Gregorius Rionugroho Harvianto dan Harum Nissa Ulfasha. Keduanya menjadi perwakilan Nusantara di tingkat internasional dengan membawa penelitian berjudul Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Organik berbasis Teknologi Ramah Lingkungan. Penelitian yang menghasilkan sabun dari limbah minyak dan limbah kulit kapuk randu ini telah diterapkan ke masyarakat di daerah Meteseh dalam rangkaian acara Teknik Kimia Peduli yang diselengarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Undip. Dalam kompetisi itu, penelitian ini masuk dalam kategori C, yaitu Bioteknologi, Kesehatan, dan Kimia dan akan bersaing dengan universitas-universitas luar negeri di antaranya, National University of Singapore dan Universitas Teknologi Malaysia.

...dst

12 ) Career Days Bekali Calon Lulusan STMIK Amikom
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619585/career-days-bekali-calon-lulusan-stmik-amikom

Jum'at, 27 April 2012 11:31 wib
YOGYAKARTA – STMIK Amikom Yogyakarta kembali menggelar Career Days periode April 2012.  Selain sudah menjadi agenda rutin menjelang pelaksanaan wisuda, kegiatan ini sekaligus untuk memberikan bekal bagi para calon wisudawan/wisudawati, setelah menempuh studi di kampus tersebut. Kepala bagian (Kabag) Humas STMIK Amikom Yogyakarta Erik Hadi Saputra mengatakan, seperti pada pelaksaan periode sebelumnya, Career Days kali ini juga berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, 24 April lalu, Career Days diisi dengan materi profesional dan hari kedua, 25 April, diisi dengan materi entrepreneur. "Pemateri dalam kegiatan ini merupakan praktisi yang langsung menangani bidang tersebut, baik sebagai praktisi maupun pengusaha," ungkap Erik di sela-sela kegiatan kemarin.

...dst

13 ) UN Sebagai Jalan Masuk Perguruan Tinggi Dorong Efisiensi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/283

04/26/2012
Bekasi --- Nilai Ujian Nasional (UN) didorong untuk jadi jalan masuk bagi siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Dalam pelaksanaan UN tahun ini, perguruan tinggi telah dilibatkan dalam pengawasan. "Realisasinya sudah dimulai sekarang, mudah-mudahan tahun depan bisa dijalankan sepenuhnya," tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, usai menghadiri acara wisuda ke-7 President University, di Cikarang, Bekasi, Rabu (25/04). Mendikbud menyampaikan, dampak positif bagi masyarakat dengan dijadikannya nilai UN sebagai jalan masuk adalah beban biaya untuk tes masuk ke perguruan tinggi akan berkurang. "Setiap tes masuk perguruan tinggi itu kan bayar, kalau UN dijadikan jalan masuk berarti efisien," kata Mendikbud.

...dst

14 ) Mahasiswa dari 20 Negara Belajar Membatik
http://regional.kompas.com/read/2012/04/26/17081578/Mahasiswa.dari.20.Negara.Belajar.Membatik

Kamis, 26 April 2012 | 17:08 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa asing dari 20 negara yang sedang kuliah di berbagai perguruan tinggi (PT) di Jawa Timur, mengikuti pelatihan membatik yang diadakan oleh Politeknik Negeri Malang (Polinema), Kamis (26/4/2012). Mereka terlihat serius belajar membatik. Para mahasiswa asing itu saat ini menjalani pendidikan antara lain di  Universitas Airlangga, IKIP Budi Utomo, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Menurut Ali Imron, kordinator pelatihan membatik, Kamis (26/4/2012), dengan pelatihan itu diharapkan para mahasiswa bisa menularkan ilmu membatik itu di negara  masing-masing.

...dst

15 ) Di Jerman, Anggota DPR Dikritik Kampungan dan Kekanak-Kanakan
http://news.detik.com/read/2012/04/26/143804/1902341/10/di-jerman-anggota-dpr-dikritik-kampungan-dan-kekanak-kanakan?n991102605

Kamis, 26/04/2012 14:38 WIB
Jakarta Lontaran pedas dilemparkan oleh mahasiswa Indonesia di Jerman ke anggota Komisi DPR yang sedang berkunjung ke sana. Mahasiswa mempertanyakan kelakuan anggota dewan yang dinilai mereka kampungan dan kekanak-kanakan. "Kami melihat kunjungan berbondong-bondong seperti orang kampung begitu lho. Yang selalu berbondong-bondong ya. Selalu ramai-ramai dan sangat enerjik kami lihat," tutur seorang mahasiswa. Hal itu disampaikannya dalam acara Temu Masyarakat di KBRI Berlin. Rekaman kritik ini dapat dilihat lewat rekaman video youtube berjudul 'Aksi Protes PPI Berlin-Jerman Terhadap Komisi I DPR-RI'.Anggota dewan yang dipimpin oleh Hayono Isman hanya senyum-senyum saja mengengar kritikan itu. Venna Melinda dan Nurhayati Assegaf yang kebetulan sedang didaulat duduk di depan forum juga hanya tersenyum simpul. Tak hanya itu, mahasiswa gabungan dari PPI Jerman, PI Berlin, dan NU itu melihat anggota DPR seperti kekanak-kanakan yang kerap suka memamerkan barang baru. Bangga membawa barang baru dari luar negeri.

...dst

16 ) Kemendikbud Belum Mau Bicara tentang Kasus Angie
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/26/89337/Kemendikbud-Belum-Mau-Bicara-tentang-Kasus-Angie/1

Kamis, 26 April 2012 18:19 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) enggan memberikan komentar terkait Angelina Sondakh yang diindikasikan terlibat dalam kasus korupsi di kementerian tersebut. Inspektur Jendral Kemendikbud Haryono Umar menyatakan jika pihaknya masih belum bisa memberikan komentar apa pun terkait hal tersebut. "Saya belum bisa komentar atas dugaan kasus ini," ujar Haryono ketika ditemui di Kemendikbud, Jakarta, Kamis (26/4).
Sementara itu, salah satu pejabat Humas Kemendikbud, Irianto ketika dihubungi juga menyatakan bahwa dirinya belum dapat memberikan klarifikasi apapun. Ia mengatakan jika saat ini para pejabat kementerian terkait sedang mengadakan rapat pimpinan. "Saya belum punya kapasitas untuk mengatakan hal itu. Tunggu saja komentar dari pimpinan, saat ini sedang rapim," ujar Irianto. Sebelumnya, KPK menduga keterlibatan mantan Anggota Banggar DPR Angelina Sondakh tidak hanya dalam kasus suap wisma atlet. Lembaga super bodi itu juga menduga politikus Partai Demokrat tersebut ikut berperan dalam mengurus sejumlah proyek di Kementerian Pendidikan.

...dst

17 ) Ayah Angelina: The Power of Love
http://nasional.kompas.com/read/2012/04/27/11513211/Ayah.Angelina.The.Power.of.Love

Jumat, 27 April 2012 | 11:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Profesor Lucky Sondakh, ayah Angelina Sondakh, mengantarkan putrinya ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jakarta untuk diperiksa. Angelina atau Angie diperiksa terkait posisinya sebagai tersangka dugaan suap kepengurusan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga serta di Kementerian Pendidikan Nasional (sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) 2010/ 2011.
"Ayah kan harus mendampingi, the power of love," kata Lucky di gedung KPK, Jakarta, Jumat (26/4/2012). Lucky yang juga mantan dosen Universitas Sam Ratulangi Manado itu meminta Angie berdoa dan tetap bekerja meskipun terjerat kasus hukum. Ia pun mengaku sedikit khawatir atas penetapan putrinya sebagai tersangka. "Tapi harus tetap tenang," tambah Lucky.

...dst

18 ) Sambil Gendong Anak, Angie Bujuk Nasrullah Agar Mau Jadi Pengacaranya
http://news.detik.com/read/2012/04/27/113849/1903137/10/sambil-gendong-anak-angie-bujuk-nasrullah-agar-mau-jadi-pengacaranya?n991102605

Jumat, 27/04/2012 11:38 WIB
Jakarta Meski pesimistis , dosen pidana UI Teuku Nasrullah bersedia menjadi kuasa hukum Angelina Sondakh. Nasrullah akhirnya bersedia karena terharu.Nasrullah menceritakan, Angie mendatangi kantornya pada Kamis 26 April 2012 siang. Angie rupanya tidak datang sendirian. Ia datang sambil menggendong putranya, Keano Massaid, yang berusia 2 tahun. Angie juga ditemani kedua orang tuanya. "Saya banyak pertimbangan. Pertama, bertahannya Angie untuk pilih saya. Sampai kemarin, dia tidak mau menunjuk pengacara lain tetap meminta saya," tutur Nasrullah di kantor KPK Jl Rasuna Said Jaksel, Jumat (27/4/2012)."Kedua, kemarin waktu Angie datang ke kantor saya, didampingi ibunya bapaknya dan anaknya yang masih berumur dua tahun. Dia sedang flu berat pakai masker sambil menggendong anaknya dan anaknya tidak ingin pisah dengan ibunya. Saya pikir ini nasib seorang ibu. Saya trenyuh, saya bantu sebisanya. Tentu dalam koridor hukum," sambung Nasrullah.

...dst

19 ) Unas SMP Matematika di Jabodetabek Terancam Diulang
Kode Kunci Jawaban Persis dengan Kode Naskah Ujian
http://www.jpnn.com/read/2012/04/27/125583/Unas-SMP-Matematika-di-Jabodetabek-Terancam-Diulang-#

Jum'at, 27 April 2012 , 07:29:00
JAKARTA - Kemendikbud bisa bersikukuh jika SMS kunci jawaban unas SMA/sederajat yang hanya berkode A, B, C, D, dan E tidak benar dan cenderung penipuan. Tetapi, mereka sulit mengelak dari temuan kunci jawaban unas SMP/sederajat matematika di kawasan Jabodetabek yang berkode komplit dan sama dengan kode lembar soal yang dipegang peserta ujian. Kemendikbud langsung merespon dengan cepat temuan kunci jawaban yang didapat ICW (Indonesia Corruption Watch) itu. Jajaran BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) Kemendikbud siap mengulang unas SMP untuk kawasan Jabodetabek jika keberadaan kunci jawaban tadi benar-benar akibat dari kebocoran soal ujian. "Jika bisa dipastikan, kita akan siapkan ujian ulangan,"  ujar anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria di Jakarta kemarin (26/4). Kunci jawaban unas SMP/sederajat matematika yang ditemukan ICW ini memang berbeda dengan temuan SMS kunci jawaban di unas SMA/sederajat. "Kunci jawaban ini kita temukan sehari sebelum ujian matematika digelar," kata Ketua Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW Febri Hendri. Dia mengatakan foto kunci jawaban itu diambil pada 24 April sekitar pukul 18.00. Sedangkan sesuai jadwal, ujian matematika dijalankan pada 25 April.

...dst

20 ) Mendikbud: Alhamdulillah tak Ada Kebocoran Soal UN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/26/m32tdp-mendikbud-alhamdulillah-tak-ada-kebocoran-soal-un

Kamis, 26 April 2012, 14:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, yakin tidak ada kebocoran soal pada Ujian Nasional 2012 tingkat SMP/MTs. Nuh mengungkan, temuan di lapangan sejauh ini adalah kecurangan-kecurangan lain seperti mencontek, baik mencontek sesama peserta ujian, maupun mencontek buku selama ujian berlangsung. "Alhamdulillah, saya sampai sekarang yakin tidak ada kebocoran. Kami sudah melakukan perombakan. Mulai dari percetakan sampai sekolah-sekolah itu telah diawasi ketat," kata Nuh di sela-sela acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2012 di Hotel Bimakarsa, Kompleks Bidakara, Jakarta, Kamis (26/4).

...dst

21 ) Wajib Belajar 12 Tahun Butuh Rp 46 Triliun
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/27/184623/Wajib-Belajar-12-Tahun-Butuh-Rp-46-Triliun

27 April 2012
KARANGANYAR- Sekurang-kurangnya anggaran Rp 46 triliun harus dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk program Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun. Akibat keterbatasan anggaran yang ada, saat ini pemerintah masih memiliki kekurangan dana Rp 17 triliun untuk pelaksanaannya. Program Wajar 12 tahun sudah disepakati oleh pemerintah dan DPR untuk bisa dilaksanakan pada 2014 mendatang. Hal ini dikemukakan Rinto Subekti, anggota DPR RI dari Komisi X yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian, dan kebudayaan, ketika melakukan audiensi dengan Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Karanganyar, Kamis. Dalam kesempatan tersebut DP Karanganyar dipimpin ketua Tjuk Susilo beserta para pengurus harian. "Kekurangan Rp 17 triliun itulah yang saat ini masih dipikirkan oleh pemerintah," tutur Rinto yang berasal dari Partai Demokrat.

...dst

22 ) Sakit Kanker, Menkes Mundur 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490020/38/

Friday, 27 April 2012
JAKARTA– Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih mengajukan pengunduran diri dari jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keputusan ini diambil seiring dengan kondisi kesehatannya yang tak kunjung membaik akibat penyakit kanker paruparu yang dideritanya. Pengunduran diri tersebut disampaikan Presiden SBY seusai menjenguk Endang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, kemarin. Mantan Menkopolkam ini mengatakan, permohonan pengunduran diri tersebut sudah diajukan sejak beberapa hari lalu. "Saya setujui pengunduran diri beliau, dengan demikian untuk sementara kementerian kesehatan sehari-hari dijalankan oleh wakil menteri beserta pejabat terkait," ujar Presiden. Menurut dia, pengunduran diri Menkes selain untuk berkonsentrasi dalam menjalani pengobatan, juga agar tugastugas Kementerian Kesehatan tidak terbengkalai.Untuk menjalankan tugas Menkes, Presiden kemarin langsung menunjuk Wakil Menkes Ali Gufron Mukti. Wakil Menkes Ali Gufron menyatakan siap menjalankan program-program di Kementerian Kesehatan yang sudah dirancang bersama Endang Rahayu.

...dst
 
23 ) Sulit Dideteksi Dini dan Sulit Disembuhkan
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/27/03362541/sulit.dideteksi.dini.dan.sulit.disembuhkan

27 April 2012
Jakarta, Kompas - Kanker paru sulit dideteksi secara dini. Penyebabnya, kanker paru tak menunjukkan gejala pada tahap awal. Kalaupun ada, gejala tidak spesifik. Hal itu dikemukakan Guru Besar Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI-RS Persahabatan Anwar Jusuf, Kamis (26/4), di Jakarta. Menurut Anwar, gejala kanker paru biasanya berupa batuk, berat badan turun, dan tidak nafsu makan. "Hal itu sama dengan gejala penyakit lain, seperti tuberkulosis atau pneumonia," katanya. Sejauh ini, rokok dianggap pemicu utama kanker paru. Kanker paru umumnya ditemukan pada stadium III atau IV. Pada stadium IV, sel kanker sudah menyebar ke organ di luar paru. Sel kanker biasanya menyebar ke kelenjar getah bening di leher, cairan di selaput paru, selaput jantung, otak, tulang, hati, anak ginjal (suprarenal), ataupun ginjal. Secara statistik, harapan hidup mereka yang didiagnosis kanker paru stadium IV adalah beberapa bulan sampai beberapa tahun. Pada stadium III, sel kanker masih di rongga dada, tapi sudah melewati paru. Pada stadium I dan II, sel kanker masih di paru, ukurannya 1 cm. Karena letaknya sangat dalam, tak mudah dibuktikan. "Jika diketahui sedini itu, biasanya dioperasi. Harapan hidup selama 5 tahun 70-80 persen," ujar Anwar.Pemeriksaan kanker paru dilakukan lewat pemeriksaan dahak, rontgen, ataupun PET scan. Kemudian dikonfirmasi dengan pengambilan jaringan lewat biopsi jarum halus. Kanker paru stadium III diobati dengan radioterapi, sedangkan stadium IV dikemoterapi.

...dst

24 ) Peneliti Temukan Molekul Penyebar HIV AIDS
http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/04/26/149849/Peneliti-Temukan-Molekul-Penyebar-HIV-AIDS/7

Kamis, 26 April 2012 13:52 WIB
Metrotvnews.com, Madrid:Peneliti di Spanyol menemukan molekul penyebab penyebaran virus HIV/ AIDS. Penemuan itu memungkinkan pengembangan obat untuk penderita HIV/ AIDS.Penyembuhan bagi pasien HIV/ AIDS sudah di depan mata. Bahkan, peneliti berharap penemuan itu dapat membantu mengembangkan vaksin pencegah penyakit mematikan itu. Penemuan itu merupakan terobosan penting di dunia medis. Sebab, virus HIV/ AIDS sulit disembuhkan.(RRN).

...dst

25 ) Penelitian: asteroid raksasa hantam bumi lebih sering
http://www.antaranews.com/berita/307984/penelitian-asteroid-raksasa-hantam-bumi-lebih-sering

Kamis, 26 April 2012 20:51 WIB
Washington (ANTARA News) - Penelitian oleh beberapa ilmuwan internasional menyimpulkan asteroid raksasa, yang sama atau lebih besar daripada asteroid yang diduga telah menewaskan dinousaurus, menghantam Bumi miliaran tahun lalu lebih sering dibandingkan dengan dugaan sebelumnya, kata badan antariksa AS --NASA-- Rabu (25/4).Untuk membuat dinosaurus punah, asteroid pembunuh yang menimpa Bumi 65 juta tahun lalu mesti memiliki diameter hampir 10 kilometer. Dengan mempelajari bebatuan purba di Australia dan menggunakan model komputer, para peneliti memperkirakan sebanyak 70 asteroid dengan ukuran yang sama atau lebih besar daripada yang memusnahkan dinosaurus menghantam Bumi 1,8 sampai 3,8 miliar tahun lalu. Selama masa yang sama, rata-rata empat benda dengan ukuran yang sama menghantam Bulan. Bukti bagi dampak itu di Bumi diperoleh dari lapisan bebatuan tipis yang berisi puing pecahan seukuran pasir dan hampir bulat, yang disebut "spherule". Petunjuk berukuran milimeter itu mulanya adalah tetesan yang dikeluarkan ke antariksa di dalam asap sangat besar yang diciptakan oleh dampak sangat besar terhadap Bumi, demikian laporan Xinhua --yang dikutip ANTARA di Jakarta, Kamis siang.

...dst

26 ) Dokter Indonesia Didenda Rp500 Juta Kalau Jadi Makelar Organ
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/04/26/47764/dokter_indonesia_didenda_rp500_juta_kalau_jadi_makelar_organ/#.T5lfB7okJiY

26 April 2012
Jakarta, (Analisa). Menurut peraturan, transplantasi organ hanya boleh dilakukan untuk tujuan kemanusiaan dan tidak boleh dikomersialkan. Jika ada dokter Indonesia yang membantu atau memperantarai jual beli organ manusia, maka dendanya bisa mencapai Rp500 juta. Menjadi makelar atau perantara jual beli organ manusia adalah larangan keras bagi para dokter yang berpraktik di Indonesia. Karena itu para dokter harus memastikan bahwa donornya bersifat sukarela, sebab jika terjadi transaksi jual beli maka dokternya bisa dihukum. "Dokter dilarang keras memfasilitasi jual beli organ untuk dicangkok. Hukumannya berat, denda Rp 500 juta dan bisa dipenjara," kata Dr Nur Rasyid, SpU dari departemen urologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), saat dihubungi, Rabu (25/4). Sementara dalam Undang-undang Kesehatan nomor 36/2009, hukuman tidak hanya diberikan pada dokter melainkan siapapun yang terlibat jual beli organ atau jaringan manusia. Dalam pasal 190 dikatakan, hukumannya adalah penjara paling lama 10 tahun serta denda maksimal Rp1 miliar.

...dst

Berita Edukasi, 26 April 2012

1 ) Hafizurrachman, Lulus Program Doktor Tercepat di Indonesia
http://news.detik.com/read/2012/04/25/183104/1901552/608/hafizurrachman-lulus-program-doktor-tercepat-di-indonesia?9922032

Rabu, 25/04/2012 18:31 WIB
Yogyakarta Pencapaian Dr dr Muhammmad Hafizurrachman Syarief, MPH, bisa dibilang luar biasa. Ia lulus program doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam waktu 16 bulan 25 hari dan dinobatkan sebagai yang tercepat di Indonesia. Hafizurrachman yang sehari-hari mengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI itu mengaku keberhasilannya tersebut merupakan buah dari kerja keras dan disiplin selama menjalani studi. Selama studi juga tidak pernah mengalami kesulitan."Apa yang saya capai sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mahasiswa lainnya. Saat semester pertama, saya mengambil program course yang ditawarkan FK UGM. Dengan program course ini memang bisa menghemat waktu studi selama satu semester," kata dia seusai acara wisuda. Dia bisa lulus dalam waktu yang singkat karena tidak menemui banyak kendala saat pengerjaan disertasi. Yang paling banyak dialami mahasiswa program sarjana adalah menulis disertasi.

...dst

2 ) Doktor UGM Raih Rekor Muri Lulus Tercepat
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/25/m31346-doktor-ugm-raih-rekor-muri-lulus-tercepat

Rabu, 25 April 2012, 16:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Muhammad Hafizurrachman Syarief, mahasiswa program S3 Ilmu Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai lulusan doktor tercepat. Pria yang lahir di Jakarta, 15 April 1959 lalu ini berhasil menggondol predikat doktor di UGM dalam kurun 1 tahun 7 bulan. Waktu yang sangat singkat untuk menempuh program ini. Meski bisa menempuh program doktor tercepat, Hafizurahman juga berhasil meraih predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,76. Staf pengajar pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) ini menerima penghargaan MURI di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM. Wisuda program doktor sendiri dilakukan di Graha Sabha Pramana UGM, Rabu (26/4). "Ini buah dari kerja keras saya," terangnya kepada wartawan usai wisuda program doktornya.

...dst

3 ) Willy: Jadi Lulusan Termuda Hanya Kebetulan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/25/373/618491/willy-jadi-lulusan-termuda-hanya-kebetulan

Kamis, 26 April 2012 11:02 wib
JAKARTA - Jika Hafizurrachaman Syarief dinobatkan sebagai lulusan dengan waktu studi tercepat, Willy Abdillah menyandang gelar wisudawan S-3 termuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada usia 32 tahun dengan lama studi tiga tahun satu bulan. Tidak hanya berhasil meraih gelar doktor pada program S-3 Manajemen dengan usia termuda, Willy juga menyandang predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,95. Namun, di balik prestasi yang diraihnya, perjalanan Willy untuk meraih S-3 tidaklah semulus yang dibayangkan.
Bisa kuliah saja menjadi hal yang cukup sulit diwujudkan Willy kala itu, apalagi sampai meraih gelar doktor. Pasalnya, dia dibesarkan dalam keluarga sederhana di Palembang dengan profesi sang ayah sebagai perajin mebel. Usaha yang dijalankan secara kecil-kecilan itu tidak mampu untuk membiayai studi Willy hingga sarjana. "Waktu itu sama orangtua tidak diperbolehkan kuliah, tapi disarankan cari sekolah yang langsung kerja," tutur Willy seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (26/4/2012). Pria kelahiran Bengkulu, 29 Juli 1979 ini pun dipaksa melanjutkan pendidikan di sekolah pendidikan keperawatan (SPK) agar setelah tamat bisa langsung ditempatkan bekerja. Rupanya Tuhan berkehendak lain, waktu itu keluar aturan yang menyebutkan, tidak ada lagi jatah penempatan bagi lulusan SPK.

...dst

4 ) IPB Pecahkan Rekor Wisuda Doktor Terbanyak
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/25/m31o4i-ipb-pecahkan-rekor-wisuda-doktor-terbanyak

Rabu, 25 April 2012, 23:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) mewisuda 180 orang lulusan tingkat doktor, Rabu (25/4). Wisuda ini memecahkan rekor dengan lulusan doktor terbanyak di Indonesia.Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, keberhasilan meluluskan ratusan lulusan bergelar doktor ini merupakan buah dari program pembenahan administrasi akademik dan peningkatan mutu yang dilakukan selama ini. "Kebijakan ketentuan khusus bagi mahasiswa yang telah melampaui masa studi yang ditentukan juga memberi kontribusi besar," kata dia. Total mahasiswa ITB yang diwisuda pada kesempatan ini sebanyak 906 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 180 mahasiswa tingkat S3, 163 mahasiswa tingkat S2, dan 504 mahasiswa tingkat S1. Gelar lulusan terbaik tingkat sarjana diraih Laras Mutiara Diva dari Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Laras lulus dengan IPK tertinggi 3,90 dan mendapat predikat cum laude.

...dst

5 ) Temukan Beras Nonpadi, IPB Sabet Rekor Muri
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/25/315523/293/14/Temukan-Beras-Nonpadi-IPB-Sabet-Rekor-Muri-

Rabu, 25 April 2012 22:45 WIB 
BOGOR--MICOM: Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Herry Suhardiyanto mengemukakan bahwa pihaknya memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai penemu beras nonpadi pertama di Indonesia. "Tim peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB yang terdiri atas dosen dan mahasiswa berhasil membuat beras analog atau beras tiruan yang berasal dari sumber-sumber karbohidrat selain padi yaitu jagung, sagu, umbi-umbian, sorgum dan lain sebagainya," katanya di Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/4). Dalam sidang terbuka dengan acara tunggal wisuda dan penyerahan ijazah tahap IV Tahun Akademik 2011/2012, Kampus IPB Darmaga, ia menegaskan bahwa penemuan itu merupakan komitmen IPB untuk terus mendukung program nasional diversifikasi pangan. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan saat memberi kuliah umum memperingati 60 tahun Pendidikan Pertanian Indonesia di Gedung Graha Widya Wisuda IPB pekan lalu mengajak tiga mahasiswa IPB ke luar negeri atas keberhasilan mereka menciptakan produk pangan alternatif mirip beras yang diberi nama "beras analog" itu.

...dst

6 ) ITB Menanti Kepastian Status Badan Hukum
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/25/16394140/ITB.Menanti.Kepastian.Status.Badan.Hukum

Rabu, 25 April 2012 | 16:39 WIB
KOMPAS.com — Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka berharap tidak ada lagi perubahan status badan hukum yang dialami oleh ITB setelah Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi nantinya disahkan oleh DPR. Ditemui di Aula Barat ITB, Rabu, Akhmaloka mengakui perubahan status badan hukum yang telah dua kali dialami oleh ITB cukup mengganggu. "Pastilah, pasti ada mengganggu, jadi kita ini selalu transisi," ujarnya. Sejak dikeluarkannya keputusan Mahkamah Konstitusi yang membatalkan UU Badan Hukum Pendidikan (BHP), ITB tidak lagi berstatus badan hukum milik negara (BHMN). Untuk mengisi kekosongan hukum atas status perguruan tinggi negeri yang tadinya berbentuk BHMN, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) yang menyatakan bahwa perguruan tinggi tersebut berstatus perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

...dst

7 ) Kemendikbud segera Luncurkan Program Warisan Nasional
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/26/315546/293/14/Kemendikbud-segera-Luncurkan-Program-Warisan-Nasional

26 April 2012
JAKARTA--MICOM: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera meluncurkan  program Warisan Nasional untuk mencatat dan melindungi semua warisan budaya di Indonesia. "Ini sesuai amanah hukum nasional maupun internasional yang menyebutkan bahwa pencatatan dan perlindungan warisan budaya adalah kewajiban negara," kata Direktur Internalisasi dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemdikbud Prof Dr Etty Indriati di Jakarta, Rabu (25/4). Peraturan yang secara langsung mengatur pencatatan warisan budaya, menurut dia, adalah Perpres no 78  tahun 2007 tentang Pengesahan Konvensi Unesco 2003 tentang perlindungan warisan budaya tak benda. Kriteria penetapan warisan nasional itu  meliputi unsur tradisi dan ekspresi lisan, seni, adat-istiadat masyarakat, ritual, perayaan, pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam serta kemahiran kerajinan. "Jika ada komunitas  yang akan mengajukan nominasi warnas, pertama adalah dengan mengisi formulir pencatatan warisan budaya takbenda (WBTB) yang meliputi 17 bidang data," katanya.

...dst

8 ) Sebelum Menjadi Warisan Dunia, Harus Menjadi Warisan Nasional
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/279

04/26/2012
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera akan meluncurkan program Warisan Nasional. Program ini merupakan upaya pencatatan warisan budaya nasional secara akurat dan menyeluruh, sebelum dicatatkan ke UNESCO sebagai warisan dunia. Pencatatan ini juga akan menjadi cerminan kondisi riil warisan budaya Indonesia.  Warisan yang dicatatkan adalah warisan benda dan tak benda."Candi, keris, angklung, tenun, tari-tarian, harus dicatatkan dalam warisan nasional," demikian diungkapkan oleh Direktur Internalisasi dan Diplomasi Budaya, Kemdikbud, Etty Indriati, saat mendampingi Wamendikbud bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, di Gedung Kemdikbud, Rabu (25/04). Rencananya, Kemdikbud akan membuat daftar lebih dari dua ribu warisan budaya yang ada di Indonesia. Baik yang sudah diaplikasikan ke UNESCO maupun belum.

...dst


9 ) Eksistensi LIPI Diabaikan Asing
Publikasi Lebah Raksasa Pelanggaran Hak Cipta
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/26/03533245/eksistensi.lipi.diabaikan.asing
atau
http://www.kopertis12.or.id/2012/04/26/eksistensi-lipi-diabaikan-asing.html

Kamis, 26 April 2012
Jakarta, Kompas - Eksistensi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai institusi riset terbesar di Indonesia diabaikan. Hal ini terkait publikasi lebah raksasa (Megalara garuda) sebagai spesies baru Indonesia secara sepihak oleh peneliti asing dari Universitas California Davis, AS. Lebah raksasa itu spesies temuan baru hasil riset kerja sama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Universitas California Davis di pegunungan Makongga, Sulawesi Tenggara. Kerja sama itu berlangsung tahun 2009 hingga Mei 2012. "Peneliti asing itu sudah meminta maaf, tetapi tuntutan LIPI lebih dari itu," kata Kepala LIPI Lukman Hakim, Rabu (25/4), dalam konferensi pers Diseminasi Hasil Jejaring Kerja Sama Internasional LIPI Bidang Energi dan Lingkungan di Jakarta.

...dst

10 ) LIPI Bangun Pusat Penyimpanan Mikro Organisme
http://id.berita.yahoo.com/lipi-bangun-pusat-penyimpanan-mikro-organisme-141610017.html

Rabu, 25/04.2012
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan membangun Indonesian Culture Collection Center yang akan menjadi fasilitas penyimpanan sumber daya mikro-organisme untuk berbagai kebutuhan, baik riset, kesehatan, pangan hingga pertanian. Wakil Kepala LIPI Prof Dr Endang Sukara di sela diseminasi hasil jejaring kerja sama Internasional LIPI bidang Energi dan Lingkungan di Jakarta, Rabu, mengatakan pembangunan fasilitas tersebut akan dimulai 2012 ini. Herbarium Bogoriensis tempat koleksi berbagai tanaman dan Museum Zoologi untuk hewan sudah dimiliki LIPI dengan bantuan Jepang, namun museum yang khusus untuk menyimpan mikroorganisme belum ada, sehingga selama ini Indonesia menitipkannya di Jepang atau Eropa. "Kalau tidak ada relasi, menitipkan spesimen itu bayar, di Singapura tarifnya sampai 600 dolar AS per tahun. Masak negara kita sebesar ini tidak punya museum penyimpanan mikroorganisme," katanya.

...dst

11 ) Pencucian Uang di Saham Garuda, KPK Periksa Pejabat Universitas Udayana
http://news.detik.com/read/2012/04/25/235952/1901682/10/pencucian-uang-di-saham-garuda-kpk-periksa-pejabat-universitas-udayana

Rabu, 25/04/2012 23:59 WIB
Jakarta KPK kembali memeriksa pihak Universitas Udayana terkait tindak pencucian uang dalam pembelian saham Garuda yang dilakukan M Nazaruddin. Hari ini KPK memeriksa pejabat dari Univeritas Udayana, Made Meregawa. "Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi," kata juru bicara KPK, Johan Budi ketika dikonfirmasi detikcom, Rabu (25/4/2012).
Made Meregawa diketahui adalah Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan di Universitas Udayana. Kasus ini bermula saat Nazaruddin membeli saham perdana PT Garuda di PT Mandiri Sekuritas, pialang penjualan saham pada awal Oktober 2011. Melalui lima perusahaannya, yakni PT Permai Raya Wisata, PT Exartech Technology Utama, PT Cakrawaja Abadi, PT Darmakusumah, dan PT Pacific Putra Metropolitan, bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu membeli saham Garuda sebesar Rp 300,85 miliar. KPK menengarai uang yang digunakan Nazaruddin dalam membeli saham itu berasal dari sejumlah duit panas di proyek pemerintah, salah satunya pembangunan wisma atlet. Selain itu, uang itu juga diduga berasal dari sejumlah proyek universitas yang pemenangan tendernya 'dicampuri' Nazar.

...dst

12 ) Kasus Angelina Juga Terkait Proyek di Kemendiknas
http://nasional.kompas.com/read/2012/04/25/1307117/Kasus.Angelina.Juga.Terkait.Proyek.di.Kemendiknas

Rabu, 25 April 2012 | 13:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus dugaan suap yang diduga melibatkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Angelina Sondakh, tidak hanya terkait proyek wisma atlet SEA Games 2011 di Kementerian Pemuda dan Olahraga, tapi juga terkait pembahasan proyek di Kementerian Pendidikan Nasional."Jadi, KPK mengembangkan kasus itu tidak sekadar pembahasan anggaran wisma atlet, tapi juga mengembangkan ke pembahasan anggaran di Kemendiknas terkait tersangka AS (Angelina Sondakh)," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Jakarta, Kamis (25/4/2012). Kasus korupsi yang menjerat Angelina disebut "penerimaan hadiah terkait pengurusan anggaran Kemenpora dan Kemendiknas". Johan menegaskan, ini bukan berarti Angelina ditetapkan sebagai tersangka untuk dua kasus. "Berkasnya satu, pasal sangkaannya sama, " katanya.

...dst

13 ) Angie Bermain Anggaran di Empat Kampus 
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/26/063399817/Angie-Bermain-Anggaran-di-Empat-Kampus

KAMIS, 26 APRIL 2012 | 07:13 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi menjerat politikus Partai Demokrat, Angelina Patricia Pingkan Sondakh, dengan kasus suap dalam proyek di empat kampus negeri, selain suap dalam proyek Wisma Atlet. "Ini terkait dengan proyek-proyek pembangunan fasilitas di universitas negeri," kata sumber Tempo di Komisi Pemberantasan Korupsi Rabu 25 April 2012 kemarin.  Menurut dia, proyek-proyek itu digarap oleh Grup Permai, perusahaan milik M. Nazaruddin, yang telah divonis 4 tahun 10 bulan penjara dalam kasus Wisma Atlet. Empat kampus itu Universitas Haluoleo di Sulawesi Tenggara; Universitas Andalas, Padang; Universitas Sumatera Utara, Medan; dan Universitas Mataram di Nusa Tenggara Barat. Dugaan Angie telah memainkan anggaran itu terungkap dalam percakapan dengan Mindo Rosalina Manulang, Direktur Pemasaran PT Anak Negeri yang menjadi anak usaha Grup Permai, di BlackBerry Messenger (BBM) pada periode November 2010 hingga Februari 2011.

...dst

14 ) Universitas Didorong Kembangkan Riset TI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/25/15384158/Universitas.Didorong.Kembangkan.Riset.TI

Rabu, 25 April 2012 | 15:38 WIB
Kompas.com - Indonesia seharusnya tidak cuma menjadi konsumen pasif yang hanya mengikuti perkembangan teknologi informasi tetapi harus berpartisipasi  untuk mengarahkan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Menurut Akhmaloka, rektor Institut Teknologi Bandung, adalah tugas perguruan tinggi untuk membangun budaya riset sehingga kita bisa mengejar perkembangan teknologi informasi (TI) yang luar biasa sehingga akhirnya mampu ikut menentukan arah perkembangan teknologi tersebut."Jangan cuma setiap bulan berganti-ganti handphone, tapi aktiflah berpartisipasi untuk mengarahkan perkembangan teknologi," kata Akhmaloka dalam sambutannya di acara seminar Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia 2012 di Aula Barat, ITB, Rabu (25/4). Ia menambahkan, jika Indonesia hanya menjadi konsumen yang pasif maka akan mudah terombang-ambing dalam perkembangan TI yang semakin maju dan akhirnya tidak mengambil manfaat dari perkembangan tersebut.

...dst

15 ) Unisma & Beijing Kembangkan Obat Herbal
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/25/373/618439/unisma-beijing-kembangkan-obat-herbal

Rabu, 25 April 2012 17:46 wib
MALANG - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma) bekerja sama dengan University Of Beijing mengembangkan obat-obatan herbal di Indonesia. Penandatanganan kerja sama ini sudah dilakukan kedua belah pihak, baik di Capital Medical Universtity Of Beijing maupun di Unisma Malang. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Unisma, Dr Hardadi Airlangga, dalam kerja sama ini juga akan ada pertukaran mahasiswa dan dosen dari kedua belah pihak. Selain itu, kerja sama tersebut juga menyangkut materi mata kuliah tentang obat-obatan herbal. "Indonesia merupakan negara paling kaya tanaman yang bisa dijadikan obat herbal," kata Hardadi, Rabu (25/4/2012). Saat ini, kata Hardadi, Fakultas Kedokteran Unisma melakukan penelitian untuk menciptakan obat-obatan herbal. Sebab, untuk bisa membuat obat herbal, harus melalui tahapan yang panjang. Dia mengatakan, ada tujuh tahap untuk membuat obat herbal sehingga bisa dikonsumsi untuk manusia. "Mulanya akan diuji coba ke binatang, sebelum digunakan manusia," katanya.

...dst

16 ) Program Diploma Investasi Kurang Menguntungkan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/186021

Rabu, 25/04/2012 - 15:30
BANDUNG, (PRLM).- Program diploma merupakan investasi pendidikan yang kurang menguntungkan dibandingkan program sarjana ke atas. Sebab, Internal Rate of Return (besaran manfaat pendidikan) program diploma sangat rendah sehingga kurang menarik dan tidak berkembang. Hal tersebut diungkapkan Prof. Ace Suryadi, dalam pidato pengukuhan Guru Besar Bidang Ekonomi Pendidikan (Pendidikan Luar Sekolah) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, di Balai Pertemuan Umum UPI, Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Rabu (25/4). Secara umum, menurut Ace, pendidikan masih merupakan investasi menarik untuk dilakukan baik oleh pemerintah, perorangan, lembaga swasta maupun investor asing. Sebab berdasarkan analisis, perluasan pendidikan merupakan investasi yang mampu memacu produktivitas nasional. "Pendidikan dasar masih merupakan investasi yang paling menguntungkan dengan besaran IRR (besaran manfaat pendidikan) yang tertinggi. Salah satu sebabnya karena biaya kesempatan (forgone earning) pendidikan dasar paling rendah dibanding pendidikan di atasnya," kata Ace yang menyampaikan pidato berjudul "Mengukuhkan Kembali: Pendidikan Sebuah Investasi Produktif (Rate of Return to Education, Indonesia 2010)".

...dst

17 ) Mahasiswa Sebelum Era Reformasi Dinilai Lebih Cerdas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/26/10510326/Mahasiswa.Sebelum.Era.Reformasi.Dinilai.Lebih.Cerdas.

Kamis, 26 April 2012 | 10:51 WIB
Kompas.com - Para mahasiswa sebelum era reformasi dinilai lebih cerdas, lebih teliti, dan berkemauan keras untuk belajar. Mutu pendidikan dalam berbagai jenjang sebelum dilaksanannya ujian nasional juga dianggap lebih baik. Hal tersebut disampaikan oleh rektor Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Prof.Sri Darma. "Lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi setelah masa reformasi dari segi mutu kemampuan intelektualitasnya mengalami kemerosotan," katanya di Denpasar, Kamis (26/4). Menurut Sri Darma, penurunan kualitas tersebut memiliki kaitan erat dengan cara pandang siswa bahwa jenjang pendidikan yang ditempuhnya dimaksudkan supaya cepat lulus tanpa memperhatikan mutu dan proses setiap tahapan pendidikan.

...dst

Berita Edukasi, 25 April 2012

1 ) Robot Unikom Raih Tiga Medali Emas di California
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/20383165/Robot.Unikom.Raih.Tiga.Medali.Emas.di.California

Selasa, 24 April 2012 | 20:38 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Tim robotika dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jawa Barat kembali meraih penghargaan dalam kontes robot di Amerika Serikat (AS). Tidak tanggung-tanggung, tiga medali emas diborong dalam kontes robot Robogames 2012 yang dilangsungkan di San Mateo, California, Amerika Serikat, 20-22 April 2012. Tiga kategori yang dijuarai oleh tim dari Unikom adalah Shooting Gallery, Walker Challenge, dan Ribbon Climber.
Dengan kemenangan tersebut, berarti tim robot dari Unikom membawa pulang lima medali emas dan satu medali perak bila ditambah pencapaian sebelumnya di kontes Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter di Hartford, Connecticut. Di sana, mereka mendapatkan dua medali emas dari kategori robo waiter entry level dan advanced level ditambah satu medali perak untuk advanced level.

...dst

2 ) Unikom Sengaja Tak Ikut Kompetisi Robot Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/21170990/Unikom.Sengaja.Tak.Ikut.Kompetisi.Robot.Nasional

Selasa, 24 April 2012 | 21:17 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Keikutsertaan Universitas Komputer Indonesia atau Unikom Bandung ke kontes robot internasional di Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir dilakukan secara swadaya. Padahal, hal itu bisa dihindari apabila mereka memenangi kontes robotika di tingkat nasional. Namun, hal itu ternyata sengaja dilakukan. "Unikom sudah menjadi juara dalam empat tahun berturut-turut sejak  2009. Kami memilih untuk tidak ikut serta dalam kompetisi nasional dengan harapan ada perguruan tinggi lain yang bisa menampilkan potensinya dalam bidang robotika," kata Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto di Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/4/2012). Pendapat Eddy terbukti dengan tampilnya Institut Teknologi Telkom yang meraih dua medali emas dan satu medali perak dalam kontes Trinity College Fire Fighting Home Robot and Robo Waiter di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat, awal April 2012. Dalam kontes tersebut, Unikom sendiri meraih dua medali emas dan satu medali perak.

...dst

3 ) Menkominfo Beri Penghargaan Khusus kepada Mendiang Widjajono
http://nasional.kompas.com/read/2012/04/25/09580434/Menkominfo.Beri.Penghargaan.Khusus.kepada.Mendiang.Widjajono

Rabu, 25 April 2012 | 09:58 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring meluangkan waktu sejenak untuk memberikan penghargaan khusus kepada mendiang Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo di hadapan Rektor Institut Teknologi Bandung. Dia memberikan sebuah pujian terhadap mendiang yang dinilai gigih dalam memperjuangkan ketahanan energi. Hal itu diutarakan Tifatul sewaktu membuka acara e-Indonesia Initiatives (eII) Forum Ke-8 di ITB, Rabu (25/4/2012). Dia menjelaskan, kepergian Widjajono merupakan kehilangan besar bagi ITB. Figur Widjajono bagi Tifatul merupakan kawan diskusi yang menarik. "Barangkali tidak banyak yang tahu, gaji wamen (wakil menteri) hanya Rp 5 juta sebulan. Jumlah itu tidak sebanding dengan penghasilan dari memberikan ceramah-ceramah," kata Tifatul.

...dst

4 ) Buka Rapat Kabinet, SBY Ajak Para Menteri Berdoa Untuk Wamen ESDM
http://news.detik.com/read/2012/04/24/164727/1900473/10/buka-rapat-kabinet-sby-ajak-para-menteri-berdoa-untuk-wamen-esdm?9922022

Selasa, 24/04/2012 16:47 WIB
Jakarta Ada pemandangan berbeda saat sidang kabinet paripurna di kantor presiden siang ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak seluruh peserta rapat kabinet paripurna agar mendoakan Wamen ESDM Widjajono Partowidagdo yang meninggal dunia beberapa hari lalu.
"Sebelum kita masuk ke dalam agenda utama hari ini, saya ingin mengajak saudara kita semua mengenang, salah satu keluarga besar KIB 2, yaitu Prof dr Widjajono Partowidagdo, yang beberapa saat yang lalu kembali ke pangkuan Allah SWT," kata SBY saat membuka rapat kabinet di kantor presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (24/4/2012).
Menurut SBY, Widjajono adalah seorang tokoh yang memiliki idealisme, pemikiran jernih dan bertanggung jawab dalam kebijakan pemerintah. SBY juga yakin masyarakat kehilangan sosok guru besar ITB tersebut.
"Tidak berlebihan kiranya kalau saya ingin menyampaikan saat kemarin kontroversi amat tinggi RUU APBN 2012 termasuk permasalahan subsidi dan harga BBM perlu atau tidak dinaikkan, sebutlah ada peran politik dan protes-protes nasional saat itu, peran almarhum berperan kepada masyarakat," sambungnya. SBY juga memuji Widjajono yang tetap tenang saat menghadapi lawan debat soal BBM. Dia mampu tetap tenang sambil memberi argumentasi yang baik soal rencana kenaikan BBM. "Saya melihat mengapa beliau bisa tampil seperti itu, karena semua disampaikan oleh hati dan logika, bebas dari muatan-muatan politik.

...dst

5 ) Istri Alm Widjajono Ikut Sidang Kabinet
http://nasional.kompas.com/read/2012/04/24/15282565/Istri.Alm.Widjajono.Ikut.Sidang.Kabinet.

Selasa, 24 April 2012 | 15:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Istri almarhum Widjajono Partowidagdo, Nina Sapti Triaswati, turut hadir dalam sidang kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/4/2012), yang membahas soal kebijakan pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi jenis Premium bagi mobil pelat hitam dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Kehadiran Nina terkait keanggotaannya pada Komite Ekonomi Nasional bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Masih berkabung kok sudah bekerja, Bu?" celetuk seorang wartawan. "Dalam agama, kita tahu itu hanya berpindah, dari dunia fisik ke dunia lain. Bukan hilang. Yang masih hidup berjalan saja," jawabnya. Nina mengatakan, sebagai anggota KEN, dirinya akan memberikan masukan soal peningkatan efisiensi penggunaan energi, pengelolaan BBM, dan lainnya.

...dst

6 ) Institut Teknologi Sumatera Segera Dibangun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/15162393/Institut.Teknologi.Sumatera.Segera.Dibangun

Selasa, 24 April 2012 | 15:16 WIB
KOMPAS.com — Pembangunan Institut Teknologi Sumatera dijadwalkan dimulai pada bulan Agustus 2012 di Lampung dan selesai pada 2014. Pembangunan institut ini merupakan program nasional yang menggunakan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nantinya, institut tersebut akan menjadi bagian dari Institut Teknologi Bandung. Sebelumnya, direncanakan pembangunan kampus tersebut di lahan eks PTPN VII di Sukarame, Bandar Lampung, di atas lahan seluas 300 hektar. Selasa (24/4/2012) siang, jajaran Kemdikbud dan Pemerintah Provinsi Lampung menggelar rapat pembahasan pembangunan kampus itu sekaligus meninjau lokasi di lahan eks PTPN VII. "Terkait lokasi pembangunan institut itu, kami masih membicarakannya. Kementerian Pendidikan menghendaki pembangungan kampus tersebut di Kecamatan Wayhui, Lampung Selatan. Namun, Kementerian Kehutanan menghendaki pembangunannya di Kotabaru, Lampung Selatan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Berlian Tihang, di Bandar Lampung, Selasa.

...dst

7 ) Gedung ITK Dibangun Juli 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617557/gedung-itk-dibangun-juli-2012

Selasa, 24 April 2012 15:23 wib
BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan merespons positif persetujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menerima mahasiswa baru pada 2012 ini. Mereka pun mempercepat segala prosedur administrasi pembangunan ITK untuk merealisasikan percepatan berdirinya  ITK. Pembangunan ITK diperkirakan mulai Juli 2012 dengan alokasi anggaran dari APBN Rp50 miliar."Detail Engineering Design (DED) sudah ada, site plan juga sudah, yang belum ada Upaya  Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL)-nya, tetapi itu nanti bisa sekaligus dengan tender, untuk mempercepat pembangunannya," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan Suryanto, kemarin.

...dst

8 ) Manipulasi Rapor, SMAN 2 Diblacklist SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/25/373/617972/manipulasi-rapor-sman-2-diblacklist-snmptn

Rabu, 25 April 2012 10:01 wib
RANTAUPRAPAT – Siswa SMAN 2 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) tahun pelajaran 2012/2013 melalui program jalur undangan pusat terpaksa harus gigit jari. Penyebabnya, pihak sekolah berlaku tidak jujur dengan memanipulasi nilai rapor siswa yang ingin mengikuti Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sekolah yang berada di Jalan Menara Rantauprapat ini akhirnya mendapat sanksi dari panitia SNMPTN pusat. Selama satu tahun, siswanya ditolak mengikuti program jalur undangan pusat. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Hobol Rangkuti mengatakan, pihaknya sudah mendengar informasi itu. "Kami tidak menerima surat resmi tentang black list itu. Tapi saya memang mendengar informasinya," kata Hobol kemarin. Berdasar informasi yang diperoleh, sebelumnya, panitia di SMAN 2 mengirimkan nilai rapor-rapor siswa yang ingin melanjutkan kuliah di berbagai PTN melalui pendaftaran online Jalur Undangan SNMPTN. Namun setelah dicek oleh panitia SNMPTN, nilai rapor siswa yang diinput berbeda dengan nilai rapor sesungguhnya.

...dst

9 ) LIPI Keberatan atas Publikasi Tawon Raksasa oleh Universitas California
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/25/11394541/LIPI.Keberatan.atas.Publikasi.Tawon.Raksasa.oleh.Universitas.California

Rabu, 25 April 2012 | 11:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Lukman Hakim menyatakan keberatan atas publikasi spesies baru tawon raksasa yang ditemukan dalam riset di pegunungan Mekongga, Sulawesi Tenggara, oleh Universitas California, Davis, Amerika Serikat, baru-baru ini.
"Publikasi tersebut adalah pelanggaran hak cipta dan perjanjian kerja sama serta jelas-jelas mengabaikan eksistensi dan hak sebagai peneliti dan LIPI sebagai institusi ataupun bangsa," kata Lukman, Rabu (25/4/2012), dalam sambutan yang dibacakan Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Endang Sukara pada diseminasi hasil kerja sama internasional LIPI bidang energi dan lingkungan di Jakarta.
LIPI selama beberapa tahun menjalin kerja sama riset biodiversitas di pegunungan Mekongga. Salah satu temuan berupa tawon raksasa yang memiliki karakter rahang penjepit lebih panjang daripada kakinya.

...dst

10 ) Kuota Sertifikasi Dosen PTS Perlu Ditambah
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/25/184383/Kuota-Sertifikasi-Dosen-PTS-Perlu-Ditambah

25 April 2012
SEMARANG- Kuota sertifikasi bagi dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) perlu ditambah setiap tahun. Kondisi ini mengingat supaya proses sertifikasi dosen dapat selesai sesuai target pada tahun 2015. Hal itu disampaikan Rektor IKIP PGRI Semarang Muhdi SH MHum saat menyerahkan sertifikat kepada dosen yang lulus untuk periode 2012, kemarin. Dia mengatakan, kuota untuk mengajukan sertifikasi dosen memang terbatas. Di IKIP PGRI Semarang untuk tahun 2011 hanya mendapat jatah 14 dosen, sedangkan tahun 2012 akan ada 31 dosen yang mengikuti sertifikasi. "Di IKIP PGRI Semarang setidaknya sudah 57 dosen lolos sertifikasi, sementara yang belum mengikuti masih banyak," ungkapnya.

...dst

11 ) Sepuluh Persen Dosen UGM tak Lulus Sertifikasi 2011
http://www.pikiran-rakyat.com/node/185878

Selasa, 24/04/2012 - 16:19
YOGYAKARTA, (PRLM).- Sebanyak sepuluh persen dari 408 dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengajukan proses sertifikasi pada 2011, tidak memenuhi persyaratan administrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Ketua Tim Sertifikasi Dosen UGM, Prof. Dr. Ir. Endang Baliarti mengatakan, sebanyak 377 dosen atau 90 persen saja yang lulus sertifikasi selama setahun tersebut. Saat penyerahan serfitikat dosen di Balai Senat UGM, Selasa (24/4), dia menyatakan jumlah dosen lolos sertifikasi tersebut menurun jumlahnya dari 2010, sebanyak 395 dosen. Walaupun terjadi penurunan dosen lululus sertifikasi selama dua tahun tersebut, tetapi jumlah yang bersertifikat makin banyak. Sejak 2008 hingga 2011, jumlah dosen UGM bersertifikat sebanyak 1.451 dosen.

...dst

12 ) Rektor ITB: Jangan Hanya Bisa Nikmati IT
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/25/373/618027/rektor-itb-jangan-hanya-bisa-nikmati-it

Rabu, 25 April 2012 11:13 wib
BANDUNG - Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Ahkmaloka berpesan, Indonesia tidak boleh hanya mengikuti dan menikmati kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Menurutnya, Indonesia harus berpartisipasi juga dalam menentukan arah perkembangan  information technology (IT). "Kita dituntut untuk tidak hanya bisa diskusi. Diskusi sudah banyak sekali. Tiap malam di televisi diskusi terus. Lalu siapa yang mengerjakan hasil diskusi tersebut?" kata Akhmaloka, ketika membuka e-Indonesia Initiatives Forum ke-8 bertema "TIK untuk Indonesia 2012: Komputasi Awan dan Jejaring Sosial Untuk Indonesia yang Cerdas dan Produktif" di ITB, Jalan Ganeca, Bandung (25/4/2012).
Akhmaloka mengungkapkan, TIK saat ini makin pesat berkembang di dunia. Indonesia juga terkena dampak kemajuan IT tersebut. Dia menegaskan, Indonesia harus ikut berpartisipasi di tengah pesatnya IT.

...dst

13 ) Rahasia Mahasiswa FK Unila Cepat Lulus
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617708/rahasia-mahasiswa-fk-unila-cepat-lulus

Selasa, 24 April 2012 18:11 wib
JAKARTA - Biasanya, satu masa studi di kampus kita tempuh dengan rata-rata delapan hingga sepuluh semester. Tetapi, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) membuktikan, mereka mampu lulus hanya dalam tujuh semester. Ternyata, sejak 2008, FK Unila menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Dekan FK Unila Sutyarso menjelaskan, kurikulum ini menguraikan sembilan kompetensi mahasiswa; sedangkan kurikulum konvensional hanya menguraikan tujuh kompetensi. "Sistem ini sangat baik diterapkan di dalam kedokteran karena sistem tersebut melatih mahasiswa untuk menjadi calon dokter yang kompetitif," kata Sutyarso, seperti dinukil dari laman Unila, Selasa (24/4/2012). Pada KBK ini, kata Sutyarso, sistem pengajaran difokuskan kepada mahasiswa (student center), bukan terpusat pada pemaparan materi oleh dosen (Teacher center). Jika dulu mahasiswa dibebani dengan banyaknya mata kuliah, kini mereka mendapatkan satu blok berisi 15 mata kuliah.

...dst

14 ) Mahasiswa HI se-Indonesia Kumpul di PSNMHII
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617438/mahasiswa-hi-se-indonesia-kumpul-di-psnmhii

Selasa, 24 April 2012 16:03 wib
JAKARTA - Universitas Paramadina menggelar pertemuan bagi para mahasiswa jurusan Hubungan Internasional se-Indonesia dalam rangkaian kegiatan Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional seluruh Indonesia (PSNMHII) XXIV. Kegiatan besutan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HMHI) Universitas Paramadina yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (FKMHII) ini juga menggandeng Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sekira 127 delegasi dari 29 universitas se-Indonesia hadir dalam pertemuan rutin tersebut. Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Selasa (24/4/2012).Salah satu kegiatan dalam PSNMHII XXIV adalah simulasi sidang Bali Democracy Forum (BDF).

...dst

15 ) MK Gelar Debat Konstitusi di Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617483/mk-gelar-debat-konstitusi-di-unhas

Selasa, 24 April 2012 14:25 wib
MAKASSAR - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar debat konstitusi Regional 1 di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar.  Debat yang berlangsung 22-24 April ini diikuti 16 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Para peserta itu adalah Universitas '45, Universitas Muslim Indonesia (UMI); UIN Alauddin, Makassar; Universitas Tadulako (Untad), Palu; Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado; Universitas Khairun (Unkhaer), Ternate; Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon; Universitas Cendrawasih (Uncen), Jayapura; Universitas Negeri Papua (Unipa), Manokwari; Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda; Universitas Borneo, Tarakan; dan tuan rumah Unhas.

...dst

16 ) UB - Medco Kembangkan Pasteurisasi Susu
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617449/ub-medco-kembangkan-pasteurisasi-susu

Selasa, 24 April 2012 13:51 wib
MALANG - Universitas Brawijaya (UB) Malang, bekerja sama dengan Medco Group untuk mengembangkan teknologi pasteurisasi kejut listrik buah karya mahasiswa UB, Hadi Apriliawan. Sedikitnya selama lima tahun terakhir, hubungan kerja sama UB dan Medco intensif dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini meliputi berbagai penelitian energi terbarukan, seperti pengembangan Etanol pengganti bahan bakar minyak (BBM), listrik tenaga surya dan listrik bersumber dari mikrohidro yang ramah lingkungan. Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Rektor UB Yogi Sugito dengan pendiri Medco Group Arifin Panigoro. Yogi menjelaskan, kerja sama tersebut, di antaranya memanfaatkan sejumlah penelitian mahasiswa dan dosen UB, seperti teknologi pasteurisasi susu teknologi Pulsed Electric Field buatan Hadi Apriliawan.

...dst

17 ) Pompa Distribusi Air Tanpa Listrik dari Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617431/pompa-distribusi-air-tanpa-listrik-dari-unpad

Selasa, 24 April 2012 15:02 wib'
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung memberikan solusi bagi para petani untuk dapat mempermudah proses pendistribusian air di lahan pertanian yang berbukit-bukit atau terasering. Alat ciptaan kelima mahasiswa Unpad ini diberi nama Pompa Pascal-Bernoulli. Pompa Pascal-Bernoulli ini merupakan hasil kreativitas lima orang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Fakultas Pertanian Unpad yang diikutsertakan pula dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Teknologi dan Rekayasa pada 2012. Alat ini mencoba menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya kelompok tani, atas kebutuhan pengairan di lahan pertanian berterasering. Pompa Pascal-Bernoulli mendistribusikan air dari bawah ke atas bukit tanpa listrik dan bahan bakar sebagai sumber tenaga pembangkit.

...dst

18 ) ZalacCraft, Kerajinan Kulit Salak dari UNY
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/25/372/617980/zalaccraft-kerajinan-kulit-salak-dari-uny

Rabu, 25 April 2012 10:43 wib
SALAK selama ini hanya dimanfaatkan buahnya, terutama untuk produk olahan seperti selai, keripik, sirup, bakpia, dan produk lainnya. Kulitnya juga dibuang dan menjadi limbah sampah.Padahal, kulit salak ini dapat dimanfaatkan untuk bahan kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Terutama tekstur kulit salak yang bergerigi menyerupai kulit ular yang memiliki nilai seni cukup tinggi. Selain akan meningkatkan nilai tambah, inovasi ini juga ramah lingkungan. Seperti yang dilakukan empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sukses mengolah limbah kulit salak menjadi aneka kerajinan menjadi tas dan dompet.Mereka adalah Muhammad Ridwan dan Widiyas Tantri, keduanya mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Asriningsih Suryandari (FMIPA), dan Zalzuli Fachrur Rohmanu mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS). Mereka berempat memberi nama usahanya dengan ZalacCraft.

...dst

19 ) Jepang Berminat Patenkan Umbi Dahlia untuk Osteoporosis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/25/11162269/Jepang.Berminat.Patenkan.Umbi.Dahlia.untuk.Osteoporosis

Rabu, 25 April 2012 | 11:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Dari hasil kerja sama riset antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Jepang ditemukan adanya mikroorganisme yang mampu mengolah umbi dahlia untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. "Sudah ditawarkan hasil penelitian ini kepada industri swasta dalam negeri, tetapi tidak ada yang tertarik. Sekarang industri dari Jepang yang akan mematenkan hasil riset ini," kata Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Endang Sukara, Rabu (25/4/2012), dalam diseminasi hasil riset kerja sama internasioonal LIPI di bidang energi dan lingkungan di Jakarta. LIPI sebelumnya mengenalkan hasil riset umbi dahlia sebagai inulin yang dapat dimanfaatkan sebagai prebiotik untuk menghasilkan mikroorganisme menguntungkan bagi pencernaan. Menurut Endang, tindak lanjut sejumlah hasil riset kerja sama internasional tidak disambut industri dalam negeri. "Sumber daya alam kita kaya, tetapi kita tidak mampu mengelola," kata Endang.

...dst

20 ) Beasiswa S2 Matematika di Paris, Minat?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/25/11495582/Beasiswa.S2.Matematika.di.Paris.Minat

Rabu, 25 April 2012 | 11:49 WIB
Kompas.com - The Jacques-Hadamard Mathematic Foundation, Perancis, membuka kesempatan beasiswa untuk studi matematika selama satu tahun di Paris. Program beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa yang sudah mengambil jurusan matematika atau yang berkaitan dengan matematika, baik di universitas di Perancis atau negara lain. Besar beasiswa mencapai 10.000 euro setiap tahun, sudah termasuk asuransi kesehatan.
Beasiswa ini terbuka untuk semua mahassiwa dan seleksi didasarkan pada kualitas akademik dan surat rekomendasi. Pendaftaran dibuka mulai bulan Mei - 10 Juni 2012. Informasi selengkapnya bisa dilihat di www.fondation-hadamard.fr

...dst

21 ) Lulusan perguruan tinggi jangan andalkan cari kerja
http://www.antaranews.com/berita/307597/lulusan-perguruan-tinggi-jangan-andalkan-cari-kerja

Selasa, 24 April 2012 15:26 WIB
Semarang (ANTARA News) - Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Sudijono Sastroatmodjo mengatakan para lulusan perguruan tinggi jangan hanya mengandalkan mencari kerja, namun harus bisa kreatif menciptakan lapangan kerja. "Kalau hanya mengandalkan jadi pegawai, apalagi di instansi pemerintah tentu kuotanya tidak akan mencukupi," katanya, usai upacara wisuda I/2012 Unnes untuk program magister, sarjana, dan diploma di Semarang, Selasa. Ia mencontohkan, jumlah lulusan Unnes pada wisuda kali ini yang mencapai 1.861 orang, jika semuanya mengandalkan untuk mencari kerja tentunya peluang kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah lulusan sebanyak itu. Lapangan kerja yang tersedia memang tidak akan menampung lulusan, kata dia, diharapkan para lulusan itu bukan menjadi barisan baru pengangguran terdidik dan bukan pula menjadi sumber masalah baru bagi negara ini. Untuk menyiapkan lulusan, ia mengatakan, Unnes telah melakukan berbagai upaya, seperti pelatihan kewirausahaan melalui unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM), agar mereka siap dalam menghadapi ketatnya persaingan di dunia kerja.

...dst

22 ) Unsyiah Latih Siswa Siaga Bencana
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617489/unsyiah-latih-siswa-siaga-bencana

Selasa, 24 April 2012 17:13 wib
BANDA ACEH - Kesadaran untuk mewujudkan sekolah siaga, sebagai bagian dari kesiapsiagaan bencana perlu melibatkan banyak pihak, mulai dari sekolah, pemerintah, masyarakat dan termasuk para siswa. Untuk itu Pusat Riset dan Mitigasi Bencana Tsunami (TDMRC) Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, menggelar pelatihan kesiapsiagaan bagi siswa melalui kampanye pengurangan risiko bencana di sekolah. Kegiatan berkangsung di Balai Diklat LPMP Neuheun Aceh Besar sejak akhir pekan lalu. Ketua Divisi Advokasi Pendidikan dan Pelatihan TDMRC, Mukhlis A Hamid mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya memperkuat pendidikan dan  membangun kapasitas siswa mengenai kebencanaan.

...dst

23 ) Ali Masykur ajak sarjana NU balik kandang
http://www.antaranews.com/berita/307686/ali-masykur-ajak-sarjana-nu-balik-kandang

Selasa, 24 April 2012 23:32 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa mengajak para sarjana yang berlatar belakang nahdliyin balik kandang dan bersama-sama membesarkan organisasi NU.
"ISNU memanggil para sarjana NU pulang demi membesarkan NU, memajukan komunitas nahdliyin, untuk kemakmuran bangsa secara keseluruhan," kata Ali Masykur saat pengukuhan kepengurusan pusat ISNU di Jakarta, Selasa malam. Hadir dalam acara itu Rois Aam PBNU KH MA Sahal Mahfudh, Wakil Rois Aam KH Mustofa Bisri, dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.Selain itu juga hadir Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua MK Mahfud MD, mantan Ketua KPK Taufikurrahman Ruki, dan sejumlah tokoh lain yang juga merupakan pengurus ISNU, baik di pengurus harian, dewan penasihat, atau dewan kehormatan. Menurut Ali Masykur, ISNU memang bertekad untuk mengumpulkan "tulang-tulang" NU yang berserakan dan menjadikannya satu kekuatan.

...dst

24 ) Mahasiswa Perbanas Mengadu ke Kemdikbud
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/15423983/Mahasiswa.Perbanas.Mengadu.ke.Kemdikbud

Selasa, 24 April 2012 | 15:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa Institut Perbanas mendatangi gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk berunjuk rasa dan menemui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Joko Santoso, guna mengadukan permasalahan yang terjadi di kampus mereka. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Perbanas, Jaka Nurseptiandi kepada Kompas.com mengatakan, rencananya, perwakilan mahasiswa akan ditemui secara langsung oleh perwakilan dari Ditjen Dikti. Akan tetapi, sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi siapa yang akan menemui para mahasiswa tersebut. Diungkapkan Jaka, yang menjadi tuntutan utama para mahasiswa Perbanas adalah diturunkannya Rektor Institut Perbanas, Marsudi Wahyu Kisworo karena dianggap tidak mampu mengelola kampus secara transparan.

...dst

25 ) PT Tak Dilibatkan Awasi Unas SMP
http://www.jpnn.com/read/2012/04/25/125343/PT-Tak-Dilibatkan-Awasi-Unas-SMP-

Rabu, 25 April 2012 , 04:04:00
JAKARTA - Pengawasan ujian nasional (Unas) tingkat SMP, SMPLB, SMPT, dan MTs tidak melibatkan perguruan tinggi (PT). Ujian tahunan tersebut hanya diawasi guru sekolah dengan sistem pengawasan silang. Sebanyak 419.096 orang pengawas dikerahkan untuk menjaga 209.548 ruangan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, PT merupakan pengawas satuan pendidikan, baik dari swasta maupun negeri. Sekolah yang diawasi tergantung koordinator pengawas yang dipegang rektor. Namun, itu hanya untuk Unas SMA bukan SMP. "Sasarannya karena SMA itu mau kita pakai untuk masuk ke PTN. Kita bangun trust building, teman-teman PT kita ajak mengawasi di situ," ungkapnya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) Unas ke SMPN 19 Jakarta, (23/4). Meskipun tidak melibatkan PT, Nuh tetap optimis ujian berjalan lancar dan tidak ada pelanggaran.

...dst

26 ) Konferensi Peneliti Masa Depan Diikuti 16 Negara
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/23272488/Konferensi.Peneliti.Masa.Depan.Diikuti.16.Negara

Selasa, 24 April 2012 | 23:27 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com -- Konferensi peneliti masa depan se-Asia Pasific (APEC Future Scientist Conference/ASFC) keempat yang diadakan di Kota Semarang, Jawa Tengah, 24-29 April 2012, diikuti 120 peneliti muda dari 16 negara. Ajang ini diharapkan mampu mendorong berbagai pihak menaruh perhatian dan dapat memfasilitasi kemampuan anak berbakat. ASFC merupakan kegiatan tahunan yang dimotori oleh Kyungnam University, Korea Selatan, melalui program APEC Mentoring Center for the Gifted in Science (AMGS). Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswa berbakat atau yang memiliki minat kuat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka juga harus sudah pernah melakukan penelitian ...Sebanyak 16 negara yang mengikuti ajang tersebut adalah Indonesia, Australia, Brunei Darusalam, China, Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, dan Swedia. Indonesia sebagai tuan rumah mengirim 16 siswa SMA dan MA dari Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Pemalang, dan Kudus.

...dst

27 ) Indonesia Tuan Rumah ICYS 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/16464837/Indonesia.Tuan.Rumah.ICYS.2013

Selasa, 24 April 2012 | 16:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Conference of Young Scientists (ICYS) tahun 2013. Penyelenggraan ICYS ke-20 bakal digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pimpinan Rombongan dan Koordinator Program ICYS untuk Indonesia Monika Raharti mengatakan, undangan kepada peserta ICYS dari berbagai negara untuk hadir di Indonesia disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda Retno Lestari Priansari Marsudi dalam upacara penutupan ICYS ke-19 di Belanda, pekan lalu. Penyelenggaraan ICYS di Belanda diikuti sekitar 200 peserta dari 22 negara. Indonesia mengirim 16 pelajar pada ICYS di Belanda. Tim besar juga dikirim Polandia, Ukraina, Rusia, dan tuan rumah Belanda.

...dst

28 ) Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar, Sekolah Langgar Konstitusi
http://news.detik.com/read/2012/04/24/185928/1900604/10/bahasa-inggris-sebagai-bahasa-pengantar-sekolah-langgar-konstitusi?n990102mainnews

Selasa, 24/04/2012 18:59 WIB
Jakarta Demam Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar terus menjalar di berbagai sekolah. Bahkan sekolah negeri pun membakukan bahasa pengantar ini dalam program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Padahal, menurut pakar bahasa, pembakuan ini melanggar konstitusi."Penggunaan bahasa Inggris dalam proses belajar - mengajar di RSBI bertentangan dengan amanat konstitusi yang disebutkan dalam pasal 36 UUD 1945, dan pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) UU No 24/2009," kata pakar bahasa Abdul Chaer saat menyampaikan keterangannya sebagai ahli di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2012).

...dst

29 ) 5 Pembunuh Mahasiswi UIN Ditangkap, Diotaki Pacar Korban
http://news.detik.com/read/2012/04/24/105133/1899926/10/5-pembunuh-mahasiswi-uin-ditangkap-diotaki-pacar-korban?nd992203605

Selasa, 24/04/2012 10:51 WIB
Tangerang Polres Metro Kabupaten Tangerang akhirnya berhasil meringkus pembunuh mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Kota Tangsel, Izzun Nahdiiyah (24). Berdasarkan pemeriksaan terhadap pelaku, sebelum dibunuh, korban diperkosa. Korban dibunuh pada Sabtu (7/4/2012) lalu. Mayat korban yang mengenakan jilbab dibuang di Jalan Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, sekitar pukul 05.30 WIB. Kasat Reskrim Polres Metro Kabupaten Tangerang Kompol Shinto Silitonga mengatakan, pelaku berjumlah enam orang. Otak pembunuhan adalah pacarnya yang merupakan salah satu 'tokoh pemuda' di Kabupaten Tangerang

...dst

30 ) 4 Pembunuh Mahasiswi Binus di Dalam Angkot Dibui Seumur Hidup
http://news.detik.com/read/2012/04/24/171212/1900495/10/4-pembunuh-mahasiswi-binus-di-dalam-angkot-dibui-seumur-hidup

Selasa, 24/04/2012 17:12 WIB
Jakarta 4 Pembunuh sadis mahasiswi Universitas Bina Nusantara (Binus), Livia Pavita Soelistio (21), diganjar hukuman penjara seumur hidup. Keempatnya menerima putusan tersebut sehingga mereka akan menghabiskan sisa umurnya hingga meninggal di balik jeruji penjara.
Keempat pembunuh tersebut adalah Irwan Saleh (22), Rohman Setiawan (20), M Fahri (19) dan Afriadi (22). "Memutuskan, mengadili ke 4 terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan secara bersama-sama melakukan tindak pidana pembunuhan berencana. Menjatuhkan hukuman pidana masing-masing penjara seumur hidup," kata ketua majelis hakim Longser Sormin dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar), Jl S Parman, Selasa (24/4/2012). Alasan majelis hakim mengganjar seumur hidup karena tidak ditemukan hal-hal yang meringankan dalam kasus tersebut. Sebaliknya, hakim menilai terdakwa melakukan perbuatan kejahatan yang meresahkan masyarakat. "Akibat perbuatan mereka, banyak orang tua yang takut ketika anak-anaknya naik angkot. Keterangan mereka juga berbelit-belit selama persidangan," ujar Longser.

...dst

31 ) Ibunda Livia Histeris Pembunuh Anaknya Cuma Dipenjara
http://news.detik.com/read/2012/04/24/174329/1900544/10/ibunda-livia-histeris-pembunuh-anaknya-cuma-dipenjara?nd992203605

Selasa, 24/04/2012 17:43 WIB
Jakarta Suasana sidang ruang pengadilan tiba-tiba terpecah oleh teriakan histeris Jusny Chandra (52), ibunda mahasiswi Universitas Bina Nusantara (Binus), Livia Pavita Soelistio (21). Jusny tidak kuasa menahan emosinya saat mendengar pembunuh anaknya hanya dihukum penjara seumur hidup."Saya tidak puas, harusnya dihukum mati," teriak Jusny sambil menangis usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar), Jl S Parman, Selasa (24/4/2012).

...dst

Berita Edukasi, 24 April 2012

1 ) Selamat Jalan Prof Wid!
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/489034/38/
oleh DENNY INDRAYANA
Wakil Menteri Hukum dan HAM, Guru Besar Hukum Tata Negara UGM
 
Tuesday, 24 April 2012
Sabtu, 21 April 2012, pukul 11.31 WIB mulai masuk pesan di BBM grup wakil menteri kabar bahwa Pak Wid kritis dalam pendakian di Gunung Tambora. Semua wakil menteri mengirimkan doa agar kondisinya segera membaik.Ketika akhirnya datang kabar duka Pak Wid telah wafat, tak terkira kesedihan di hati kami semua. Kesedihan yang saya yakin juga dirasakan banyak kalangan di Tanah Air. Mengalirnya ucapan dukacita dari berbagai kalangan menandakan bagaimana kita semua kehilangan dan akhirnya merindukan sosok bersahaja seperti Pak Wid. Saya baru mengenal Pak Wid dan sangat terkesan dengan kebersahajaannya.
Pertama kali bertemu beliau adalah ketika saya bersama-sama menanti di ruang tunggu Kantor Presiden, Istana Negara. Tengah hari itu, Minggu 16 Oktober 2011, saya bertiga dengan Pak Wid dan Prof Nazaruddin Umar memang dipanggil Presiden SBY. Mengenakan batik lengan panjang bermotif warna merah, Pak Wid tampil apa adanya dengan potongan rambut gondrongnya. Sambil menunggu, kami sempat berbincang dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

...dst

2 ) Polisi Akan "Update" soal Meninggalnya Wamen ESDM
http://nasional.kompas.com/read/2012/04/23/12494294/Polisi.Akan.Update.soal.Meninggalnya.Wamen.ESDM

Senin, 23 April 2012 | 12:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo mengatakan, polisi akan memberikan perkembangan (update) mengenai meninggalnya Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo di Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/4/2012)."Kami akan update, ya," kata Kapolri singkat kepada para wartawan di halaman Istana Negara, Jakarta, Senin (23/4/2012). Kapolri tak menanggapi adanya spekulasi ketidakwajaran terkait meninggalnya pakar perminyakan Institut Teknologi Bandung ini. Widjajono diduga meninggal akibat serangan jantung. Hal ini diamini oleh Kepala Badan Intelijen Negara Letjen Marciano Normal. "Ada serangan jantung,heart attack," kata Marciano. Menurut Marciano, hal ini berdasarkan hasil penyelidikan yang diterimanya.

...dst

3 ) Binus Juara I Kompetisi Robot Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/23/18372646/Binus.Juara.I.Kompetisi.Robot.Nasional

Senin, 23 April 2012 | 18:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Bina Nusantara University (Binus) meraih Juara I In Line Follower Robotic (LFR) Contest, Electro Activities Programme (E-Time) 2012. Winardi dan Andrew, dua mahasiswa jurusan Sistem Komputer yang tergabung dalam tim ATON Binus, itu berhasil memenangkan kontes yang diikuti 100 tim lainnya.
Pada kompetisi yang berlangsung 7-8 April 2012 di Politeknik Negeri Jakarta itu, keikutsertaan tim ATON menjadi langkah awal Binus di ajang In Line Follower Robotic Contest ini. Jurusan Sistem Komputer Binus mengirimkan tiga tim untuk ikut serta. Setelah babak penyisihan yang cukup panjang, tim ATON akhirnya meraih juara.  "Mahasiswa memang perlu diikutkan dalam kompetisi, selain tentunya untuk mengangkat nama jurusan dan universitas jika berhasil memenangkannya, juga memicu dan mendorong munculnya kreativitas pada diri mereka ketika mempersiapkan diri dalam sebuah kompetisi. Ini juga untuk menimbulkan kepercayaan diri mereka sebagai mahasiswa untuk bisa berprestasi lebih baik lagi dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk berbuat serupa," kata Endra, Ketua Jurusan Sistem Komputer Binus University, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (23/4/2012).

...dst

4 ) Manipulasi Nilai, Mahasiswa Unissula Terancam DO
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/23/373/616917/manipulasi-nilai-mahasiswa-unissula-terancam-do

Senin, 23 April 2012 17:34 wib
SEMARANG - Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Agung Semarang (Unissula) Taufiqurrachman, melaporkan mahasiswanya, Dwi Hartono alias Ferry ke polisi. Pemicunya, Ferry diduga memanipulasi nilai lima orang siswa agar bisa masuk dan diterima di Fakultas Kedokteran Unissula. "Lima mahasiswa yang nilainya dimanipulasi adalah Hery Abdul Hakim; Ana Sofiana; Urfia Hukmy; Rizqi Lina Septiana dan Ari Arifinanto yang merupakan mahasiswa kedokteran Unissula angkatan 2010," kata Taufiqurrachman, Senin (23/4/2012). Taufiqurrachman menyebutkan, dugaan manipulasi nilai rapor itu terbongkar 20 Maret lalu. Dia mencurigai nilai kelima mahasiswa tersebut yang selalu jelek dan di bawah standar dalam tiap mata kuliah. Taufiqurrachman kemudian membentuk tim khusus untuk mencari tahu penyebab jebloknya nilai kelima mahasiswa tersebut.Setelah ditelusuri, ternyata nilai IPA dari kelima mahasiswa itu dimanipulasi agar bisa masuk ke fakultas kedokteran. Sedangkan perantaranya adalah Dwi Hartono alias Ferry mahasiswa kedokteran angkatan 2004 yang masih tercatat sebagai mahasiswa

...dst

5 ) Nilai UN Belum Bisa Jadi Syarat Masuk PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/10313269/Nilai.UN.Belum.Bisa.Jadi.Syarat.Masuk.PTN

Selasa, 24 April 2012 | 10:31 WIB
Kompas.com -  Perbedaan sistem penilaian antara tes masuk perguruan tinggi negeri dengan ujian nasional menjadikan nilai hasil UN belum bisa dijadikan syarat masuk perguruan tinggi negeri."Sistem penilaian ujian nasional dengan ujian masuk perguruan tinggi negeri masih tidak sebanding. Ukuran kemampuan yang dinilai di kedua ujian tersebut berbeda," kata Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Nurfina Aznam di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia, ujian nasional lebih menekankan untuk menguji kemampuan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar selama tiga tahun di SMA, sedangkan untuk masuk perguruan tinggi negeri, tes yang diberikan berbeda. Ia menyebutkan, dalam penerimaan mahasiswa baru terdapat jalur undangan yang menjadikan nilai rapor sebagai salah satu bagian persyaratan, selain prestasi lain dari siswa. Seharusnya, lanjut dia, penilaian dalam rapor tersebut bisa dilakukan secara benar dan jujur sesuai dengan kemampuan siswa tanpa harus mengatrol nilai.

...dst

6 ) UGM Pasang 30 Alat Deteksi Longsor
http://regional.kompas.com/read/2012/04/24/01273496/UGM.Pasang.30.Alat.Deteksi.Longsor

Selasa, 24 April 2012 | 01:27 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Hingga saat ini Universitas Gadjah Mada (UGM) telah memasang 30 alat deteksi longsor di sejumlah daerah rawan longsor di Jawa dan luar Jawa. Beberapa di antaranya dipasang di Kebumen, Karanganyar, Banjarnegara, Situbondo, Kulonprogo, dan sejumlah daerah pertambangan di Kalimantan. Tim Peneliti UGM juga terus melakukan pemetaan geologi untuk mengetahui daerah-daerah yang berpotensi longsor sekaligus melakukan perawatan alat deteksi longsor yang sudah dipasang. Alat deteksi longsor terebut merupakan karya dua dosen Fakultas Teknik UGM, yakni Prof Dr Dwikorita Karnawati dan Faisal Fathani, MT, PhD. Faisal Fathani mengatakan, cara kerja alat tersebut adalah mendeteksi jarak keretakan tanah untuk menentukan potensi terjadinya longsor. Dalam kondisi bahaya, alat tersebut akan mengirim sinyal sehingga sirene akan berbunyi sebagai bentuk peringatan dini. "Ketika sirene sudah berbunyi, masyarakat harus waspada dan melakukan evakuasi," ungkap Faisal, Senin (23/4/2012).

...dst

7 ) Alat Deteksi Longsor Dosen UGM, Dipasang di Banyak Daerah
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/24/373/617339/alat-deteksi-longsor-dosen-ugm-dipasang-di-banyak-daerah

Selasa, 24 April 2012 11:55 wib
JAKARTA – Guna mengantisipasi terjadinya bencana tanah longsor di daerah Tawang Mangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memasang alat deteksi longsor di daerah tersebut. Alat deteksi longsor hasil karya dua dosen fakultas Teknik UGM, yakni Dwikorita Karnawati dan Faisal Fathani yang dipasang di beberapa titik lokasi sejak 2008 itu ternyata masih berfungsi dengan baik. Menurut Faisal, cara kerja alat tersebut mendeteksi jarak keretakan tanah untuk menentukan potensi terjadinya longsor. Apabila dalam kondisi bahaya, lanjutnya, alat tersebut akan mengirim sinyal sehingga sirine akan berbunyi sebagai bentuk peringatan dini. Ketika sirine berbunyi, masyarakat biasanya harus waspada dan melakukan evakuasi."Suara sirine terdengar hingga radius 500 meter. Karenanya untuk pengoperasian alat dan perawatannya kami selalu melibatkan masyarakat," kata Faisal seperti dilansir dari situs UGM, Selasa (24/4/2012).

...dst

8 ) 243 Proposal Mahasiswa Didanai Ditjen Dikti
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/24/184288/243-Proposal-Mahasiswa-Didanai-Ditjen-Dikti

24 April 2012
SEMARANG- Dua ratus empat puluh tiga judul proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 49 Perguruan Tinggi Swasta di Jateng mendapat pendanaan dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelum monitoring oleh Ditjen Dikti, Kopertis Wilayah VI mengundang mahasiswa yang proposalnya didanai untuk menerima pembekalan dari tim pemandu yang terdiri atas Prof Harun Joko Prayitno, Dr Ali Imron, dan Djoko Setidjowarno MT di kantor Kopertis Wilayah VI, Bendan Duwur, belum lama ini. Koordinator Kopertis Wilayah VI Prof Mustafid mengatakan, tim pemandu diharapkan mampu mengawal mahasiswa untuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Proposal yang lolos melalui monitoring dan evaluasi Ditjen Dikti dapat dijadikan bahan pada saat pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa nasional (Pimnas) di Yogyakarta.

...dst

9 ) STMIK Amikom Beri Bekal Spiritual 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/489026/

Tuesday, 24 April 2012
YOGYAKLARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer(STMIK) Amikom Yogyakarta terus melakukan terobosan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kampus tersebut. Salah satunya untuk meningkatkan prestasi dan kinerja sivitas dengan memberikan bekal motivasi spiritual.Untuk kepentingan tersebut,akhir pekan lalu, STMIK Amikom mendatangkan pemilik Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung Abdulah Gymnastiar atau Aa Gym. Humas STMIK Amikom Yogyakarta Erik Hadi Saputra mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan ini,adalah untuk meningkatkan performa dan kinerja seluruh sivitas STMIK Amikom.

...dst

10 ) STP Trisakti Sabet Juara Lomba Masak Nasional
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/23/315079/293/14/STP-Trisakti-Sabet-Juara-Lomba-Masak-Nasional

Senin, 23 April 2012 23:15 WIB   
JAKARTA--MICOM: Sekolah Tinggi Pariwisata (STP)  Trisakti  berhasil meraih  juara pertama  lomba masak tingkat nasional Expression of Young Chef's Creativity untuk kategori mahasiswa yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI)  DKI Jakarta,  di TMII, Jakarta, Senin (23/4).  Dari siaran pers yang diterima Media Indonesia, mala ini (Senin,23/4), Staf Marketing STP Trisakti Tri Djoko  mengemukakan lomba masak dengan tema Expression of Young Chef's Creativity  ini meliputi kategori koki cilik, kategori pelajar SMK / SMA, dan kategori mahasiswa. Lomba masak dengan skala nasional ini diikuti 150 peserta , dengan tujuan untuk menggali kreativitas muda-mudi dalam menyajikan masakan. "Kami bersyukur acara ini berlangsung lancar dan sukses. Kami berharap para juara  mampu memberikan kontribusi dalam per kulineran Indonesia," kata Tri Djoko.

...dst

11 ) UGM: masyarakat belum sadari peluang pendidikan diploma
http://www.antaranews.com/berita/307530/ugm-masyarakat-belum-sadari-peluang-pendidikan-diploma

Selasa, 24 April 2012 07:04 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Masyarakat belum menyadari peluang yang disediakan oleh pendidikan vokasional atau diploma, sehingga masih memandang sebelah mata, kata Direktur Direktorat Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto. "Hingga saat ini pendidikan vokasional masih belum dipahami sebagai kebutuhan Bangsa Indonesia. Padahal, kebutuhan dunia industri terhadap lulusan dari diploma tergolong tinggi," katanya di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, kekurangpahaman masyarakat itu bisa dilihat dari masih banyaknya lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang sarjana. "Data Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tahun ini menunjukkan masih banyak siswa SMK yang ikut mendaftar. Lebih dari 70 persen siswa SMK yang mendaftar ke jenjang strata satu (S1) atau sarjana," katanya. Padahal, kata dia, jalur sarjana sebenarnya tidak sesuai untuk studi lanjut siswa SMK yang memang dipersiapkan sebagai tenaga ahli.

...dst

12 ) 70 Persen Lulusan SMK Ingin Lanjutkan S1
http://news.detik.com/read/2012/04/23/170649/1899539/10/70-persen-lulusan-smk-ingin-lanjutkan-s1

Senin, 23/04/2012 17:06 WIB
Yogyakarta Sekitar 70 persen siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih menginginkan melanjutkan jenjang studi hingga Strata (S)-1. Sementara, pendidikan vokasi jenjang Diploma (D) III dan IV belum dilirik. Padahal kebutuhan lulusan diploma tergolong tinggi untuk dunia industri di Indonesia. "Lulusan SMK masih banyak yang memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang Sarjana atau S1," ungkap Direktur Direktorat Administrasi Akademik (DAA) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Budi Prasetyo Widyobroto kepada wartawan di Stana Parahita UGM, Senin (23/4/2012). Menurut Budi, berdasarkan data SNMPTN jalur undangan pada tahun ini masih banyak siswa SMK yang ikut mendaftar. Setidaknya lebih dari 70 persen siswa SMK yang mendaftar ke jenjang S1. "Padahal jalur ini sebenarnya tidak sesuai untuk studi lanjut siswa SMK yang memang dipersiapkan sebagai tenaga ahli," kata Budi.

...dst

13 ) Kampus ibarat kuburan jika tidak bina olahraga
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/04/23/92710/kampus_ibarat_kuburan_jika_tidak_bina_olahraga/#.T5YiC7okJiY

Senin, 23 Apr 2012 23:25 WIB
MedanBisnis - Manado. Suasana perguruan tinggi yang hanya menjadi tempat belajar tanpa membina kegiatan olahraga bagi mahasiswanya, menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Penghargaan dan Promosi Kementrian Pemuda dan Olahraga Yuni Purwanti, ibarat kuburan. "Kampus diharapkan tidak sekedar menjadi tempat kegiatan belajar, tapi juga harus mampu memfasilitasi kegiatan olahraga bagi mahasiswa. Kalau hanya untuk sekedar belajar, maka suasana kampus akan menjadi seperti kuburan," kata Yuni saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional "Peran Pemuda Menuju Indonesia Sehat Tanpa Narkoba" di Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado, Senin. Pada seminar tersebut, Yuni menyampaikan adanya keterkaitan erat antara kegiatan olahraga dengan upaya pemberantasan peredaran narkoba di kalangan remaja dan pemuda. "Selain olahraga, kegiatan seni dan budaya di kampus juga menjadi alat penyaring yang efektif agar pemuda tidak terjerumus ke dalam jerat narkoba," katanya.

...dst

14 ) Rektor Perbanas Dituntut Mundur
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/12141348/Rektor.Perbanas.Dituntut.Mundur

Selasa, 24 April 2012 | 12:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Perbanas berencana menggelar aksi unjuk rasa. Aksi tersebut sebagai wujud protes mereka terhadap jajaran kepemimpinan yang dinilai tidak transparan dalam mengelola kampus mereka. Ketua BEM Institut Perbanas, Jaka Nurseptiandi mengatakan, aksi hari ini merupakan aksi lanjutan setelah beberapa waktu lalu para mahasiswa sempat melakukan aksi serupa. Dalam tuntutannya, para mahasiswa menuntut transparansi tata kelola kampus. Selain itu para pemimpin yang tidak kompeten diminta untuk mengundurkan diri. "Pada aksi yang pertama, Rektor kabur karena tidak berani menghadapi mahasiswa. Pada saat bersamaan, Purek 1 dan Purek 2 telah menandatangani surat pengunduran diri," kata Jaka, kepada Kompas.com, Selasa (24/4/2012), di Jakarta.

...dst

15 ) Ketua STAIN Pamekasan Dipaksa Minta Maaf
http://regional.kompas.com/read/2012/04/23/16544470/Ketua.STAIN.Pamekasan.Dipaksa.Minta.Maaf

Senin, 23 April 2012 | 16:54 WIB
PAMEKASAN, KOMPAS.com - Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Jawa Timur, Dr. Idri, dipaksa  mahasiswanya meminta maaf di depan kampus, kepada seluruh mahasiswa dan dosen, karena sering mengeluarkan kata-kata kotor. Kata-kata makian yang ditujukan kepada para mahasiswa itu kerap dilontarkan Idri saat memberi kuliah atau saat sedang berada di kantor. Idri akhirnya menuruti paksaan mahasiswa dengan meminta maaf di depan kampus. Idri diminta ke atas taman bunga sekaligus bersuara lantang yang ditunjang megafon agar semua mahasiswa dan karyawan STAIN mendegarnya. "Saya meminta maaf atas apa yang sudah saya perbuat. Itu semata-mata karena kekhilafan saya dan saya berjanji tidak akan mengulangi lagi," kata Idri, Senin (23/4/2012). Pernyataan itu disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa.

...dst

16 ) Oknum Polisi Penyiksa Mahasiswa Diperiksa
http://regional.kompas.com/read/2012/04/23/13191175/Oknum.Polisi.Penyiksa.Mahasiswa.Diperiksa

Senin, 23 April 2012 | 13:19 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Oknum penyidik Polrestabes Makassar, Brigadir M, akhirnya diperiksa dan terancam terkena sanksi berat setelah diduga melakukan penyiksaan kepada seorang mahasiswa tersangka pengedar uang palsu. Setelah mengetahui adanya penyiksaan yang terjadi di Markas Polrestabes Makassar, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol Chevy Ahmad Sopari langsung menghubungi Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polrestabes Makassar, AKBP Himawan Sugena, Senin (23/4/2012). Menurut keterangan Himawan yang dikutip Chevy, patahnya jari kaki Kurniawan Yusuf merupakan kecelakaan. "Kasus patahnya jari kaki seorang mahasiswa itu memang benar adanya setelah saya konfirmasi ke Kasat Reskrim. Katanya, itu dilakukan penyidik tanpa sengaja saat melakukan pemeriksaan....cut...Saat pemeriksaan dilakukan, Kurniawan sering mendapat pukulan dan tendangan. Terakhir, kaki Kurniawan diinjak dengan menggunakan sepatu hingga jari-jarinya patah. Karena luka yang parah, Kurniawan dilarikan ke RS Bhayangkara untuk menjalani operasi dan kini masih di rawat di Kamar Mariolo RS Bhayangkara.

...dst

17 ) Calon Guru Akan Jalani Pendidikan Profesi Sejak Semester Awal
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/276

04/23/2012
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperbarui sistem perekrutan calon guru mulai tahun ajaran baru 2012. "Calon guru akan menjalani pendidikan profesi sejak semester awal masa perkuliahan," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, seusai menjadi narasumber pada seminar pendidikan, di Hotel Santika, Jakarta Senin (23/04). Menteri Nuh menjelaskan, , siswa-siswa yang dinyatakan lulus saat mendaftar ke Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), akan disaring kembali dengan mempertimbangkan empat syarat kompetensi calon guru, yaitu profesional, pedagogi, kepribadian, dan sosial. "Begitu lulus, langsung diasramakan," ucapnya. Setiap LPTK akan mengasramakan 200-300 orang calon guru, selama empat tahun masa kuliah. Mereka mendapat beasiswa. "Semacam ikatan dinas," tuturnya. Para calon guru tersebut benar-benar akan disiapkan menjadi guru profesional, dan di akhir masa pendidikannya akan mendapat sertifikat. "Ke depan, guru yang akan direkrut harus punya sertifikat itu,"  ujar Menteri Nuh.

...dst

18 ) Rekrutmen Guru Diubah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/23/15211244/Rekrutmen.Guru.Diubah

Senin, 23 April 2012 | 15:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengubah cara rekrutmen calon guru. Mulai tahun 2012 ini, mahasiswa baru yang diterima di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) ditawari untuk ikut tes khusus menjadi calon guru dan biaya pendidikan ditanggung pemerintah. "Mahasiswa baru di LPTK yang diterima tahun ajaran ini akan dites lagi. Nanti yang lulus tes langsung diberi beasiswa oleh pemerintah. Ketika lulus, siap menjadi guru yang profesional," kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh seusai seminar pendidikan yang diselenggarakan Kompasbertajuk "Menggugat Praksis Pendidikan, Bagaimana?" dan Peluncuran Yayasan Nusa Membaca di Jakarta, Senin (23/4/2012). Menurut Nuh, perbaikan kualitas guru mesti dimulai dari proses rekrutmen yang benar. "Karena itu, tidak semua mahasiswa LPTK bisa langsung jadi guru," kata Nuh. Nuh mengatakan, mahasiswa baru yang lolos di LPTK akan dites dengan empat kompetensi yang mesti dimiliki guru, yakni profesional, pedagogi, kepribadian, dan sosial.

...dst

19 ) Menkeu Terbitkan Dua Aturan Tunjangan Profesi Guru
http://id.berita.yahoo.com/menkeu-terbitkan-dua-aturan-tunjangan-profesi-guru-165746697--finance.html

24 April 2012
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menerbitkan dua aturan terbaru mengenai tunjangan profesi dan dana tambahan penghasilan bagi guru pegawai negeri sipil daerah untuk tahun anggaran 2012. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Yudi Pramadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menyebutkan dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tersebut adalah PMK Nomor 34/PMK.07/2012 dan PMK Nomor 35/PMK.07/2012. PMK yang mulai berlaku pada 9 Maret 2012 ditetapkan dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 28 ayat (12) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2011 tentang APBN 2012. Tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) diberikan kepada Guru PNSD yang telah memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan kuota Tahun 2006 sampai dengan Tahun 2011.

...dst

20 ) Guru Daerah Dapat Tambahan Rp 250 Ribu per Bulan
http://www.jpnn.com/read/2012/04/22/125052/Guru-Daerah-Dapat-Tambahan-Rp-250-Ribu-per-Bulan-

Minggu, 22 April 2012 , 04:15:00
JAKARTA – Kabar gembira bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD). Tahun ini, pemerintah mulai memberikan Tunjangan Profesi (TP) dan Dana Tambahan Penghasilan (DTP) untuk para guru. Kepala Biro Humas Kementerian Keuangan Yudi Pramadi mengatakan, besaran TP adalah satu kali gaji pokok Guru PNSD yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2012. "Adapun untuk DTP akan diberikan sebesar Rp250 ribu per orang per bulan terhitung mulai 1 Januari 2012," ujarnya melalui siaran pers kemarin (21/4). Pemberian TP dan DTP tersebut diatur dalam dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yaituPMK Nomor 34/PMK.07/2012 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah Kepada Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun Anggaran 2012, serta PMK Nomor 35/PMK.07/2012 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Dana Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah Kepada Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun Anggaran 2012.

...dst

21 ) Ilmuwan Muda Indonesia Diperhitungkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/23/17524240/Ilmuwan.Muda.Indonesia.Diperhitungkan

Senin, 23 April 2012 | 17:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tim pelajar Indonesia yang mengikuti kegiatan International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-19 di Nijmegan, Belanda, berhasil menorehkan prestasi. Dalam ajang ICYS ini, Tim Indonesia berhasil meraih satu medali emas, dua medali perak, empat medali perunggu, dan empat penghargaan khusus atau Special Award. Lidya dari Surya Institute mengatakan, tim pelajar Indonesia berada di Belanda untuk mengikuti kompetisi calon ilmuwan tingkat dunia ini pada 16 - 23 April. "Tim Indonesia akan kembali lagi ke Tanah Air besok pagi," kata Lidya, Senin (23/4/2012).ICYS adalah lomba presentasi hasil penelitian untuk siswa menengah bertaraf internasional. Bidang penelitian yang dilombakan adalah Fisika, Matematika, Ilmu Komputer dan Ekologi. Kegiatan ini diinisiasi dua universitas terkemuka di Hongaria dan Belarusia.

...dst

22 ) Kurikulum PAUD Dibenahi
Calistung Resmi Dihapus
http://www.jpnn.com/read/2012/04/24/125233/Calistung-Resmi-Dihapus-
Selasa, 24 April 2012 , 06:25:00

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal (PAUDNI) Kemendikbud terus mematangkan kurikulum pembelajaran di jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Di antara penekanannya adalah, penghapusan aturan materi pengajaran dan ujian baca, tulis, dan hitung (calistung). Perkembangan pengembangan kurikulum PAUD ini disampaikan oleh Dirjen PAUDNI Kemendikbud Lydia Freyani Hawadi. Dia mengatakan, penerapan ujian calistung bisa menghambat peningkatan angka partisipasi belajar anak-anak di satuan pendidikan di jenjang PAUD. Diantaranya yang paling mencolok di tingkat taman kanak-kanak (TK). Lydia mengakui, selama ini banyak siswa TK yang sudah cemas karena harus menjalani tes atau ujian calistung ketika akan masuk SD. Selain itu, di dalam pendidikan di tingkat TK sendiri, juga sudah mulai dikuatkan materi calistung. "Dalam jenjang TK tidak tepat jika sudah difokuskan pada urusan calistung," katanya. Menurut Lydia, memang ada aturan yang melandasi penerapan ujian calistung bagi lulusan TK untuk menuju SD. Yaitu Peraturan Pemerintah (PP) 17 Tahun 2010. Tapi, kata dia, aturan ini perlu sosialisasi yang matang dan luas. Lydia masih menemukan praktek-praktek ujian calistung untuk SD-SD swasta dan beberapa SD negeri.

...dst

23 ) Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Peringkat Tiga Asia
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/04/24/47362/pertumbuhan_ekonomi_indonesia_peringkat_tiga_asia/#.T5YnELokJiY

24 April 2012  02:13 WIB
Medan, (Analisa). Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan perekonomian terbaik ketiga di Asia setelah China dan India. Namun pasar keuangan di Indonesia masih dipengaruhi krisis Amerika dan Eropa. Hal ini disampaikan Pengamat Keuangan Universitas Sumatera Utara (USU), Gunawan saat memberikan materi kondisi pasar keuangan terkini di Indonesia pada acara ekskursi mahasiswa penerima beasiswa BI yang diadakan di lantai tiga gedung BI, Rabu(18/4).Menurutnya,jika uang yang beredar di masyarakat lebih banyak, keinginan untuk berbelanja atau daya beli masyarakat juga semakin meningkat. Inilah salah satu yang menyebabkan inflasi selain karena faktor internal dan eksternal keuangan negara kita. "Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi di suatu negara,semakin tinggi pula harga-harga kebutuhan pokok,"jelasnya.

...dst

Berita Edukasi, 23 April 2012

1 ) Kemendiknas Minta PT Bisa Cegah Perbuatan Plagiat

Minggu, 22/04/2012 - 16:05
SUKABUMI, (PRLM).- Kementerian Pendidikan Nasionl (Kemendiknas) Republik Indonesia telah memerintahkan seluruh perguruan tinggi (PT) untuk memperketat pengawasann terhadap mahasiswa dan dosen yang membuat karya ilmiah. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya perbuatan plagiat. Kemendiknas juga meminta seluruh PT memiliki alat untuk mendeteksi perbuatan yang tercela itu. Apalagi saat ini Kemendiknas telah memiliki jaringan online berisikan tulisan dan naskah karya ilmiah milik mahasiswa hingga profesor.  Hal tersebut diungkapkan Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementarian Pendidikan Nasional RI, Prof. Dr. H Dede Rosyada, MA di sela-sela memberikan materi kuliah pada sejumlah mahasiswa dan dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi, kepada "PRLM", Minggu (22/4). Selain itu, seluruh PT perlu memiliki tim khusus untuk terus-menerus memverifikasi seluruh karya ilmial baik milik mahasiswa maupun dosen. "Sehingga kasus tercela yang mencoreng moreng dunia pendidkan tidak terulang kembali. 

...dst

2 ) UGM Ajak Mahasiswa AS Ikut Program KKN

Senin, 23 April 2012, 09:12 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Presiden Yudhoyono dan Barack Obama menyatakan komitmennya menjalin kerjasama komprehensif, giliran delagasi pendidikan tinggi kedua negara yang mewujudkan keinginan kedua kepala negara tersebut. Kepada Universitas Gadjah Mada, Managing Director of Indonesia Education Partnership, Brook Ross menyatakan tertarik mengirim mahasiswa AS untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata di kampus yang terletak di Yogyakarta itu. Brook Ross memimpin rombongan delegasi pendidikan tinggi AS bertandang ke kampus UGM, pekan lalu. Rombongan kehormatan tersebut disambut langsung oleh Rektor UGM, Sudjarwadi. Tak hanya UGM, 15 kampus juga akan menerima kunjungan kehormatan serupa dengan rencana menciptakan kerjasama bersama 13 kampus di Negeri Paman Sam.

...dst

3 ) Yogyakarta Pelopor Pengobatan Leukemia Anak
Rabu, 18 April 2012, 05:36 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Delapan dari 10 kanker anak terutama leukemia yang dirawat di RSUP Dr Sardjito bisa disembuhkan. Hal ini terjadi karena ada protokol Yogya yang sebelumnya dikenal sebagai protokol Wijayakusuma. Hal itu dikemukakan Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM dan Ahli Kanker Anak Prof Sutaryo di RSUP Dr Sardjito, Selasa (17/4). "Pada awalnya protokol Yogyakarta itu dikritisi dunia terlalu berat. Tetapi ternyata setelah kita jalankan angka kematiannya kecil dan angka kesembuhannya besar dan tidak kalau dengan pengobatan di luar negeri. Bahkan, biayanya justru lebih murah," ungkap Prof Taryo dalam jumpa pers menjelang Kongres Onkologi Anak se Asia ke-7 yang berlangsung 21-24 April di Yogyakarta. Protokol Yogyakarta ini merupakan metode pengobatan susunan obat untuk pasien leukemia (Acute lymphoblastic leukemia - ALL) sampai usia dua tahun. Komposisi obat dan biayanya yang lebih murah sekitar sepersepuluh sampai seperduapuluh dibandingkan dengan pengobatan di negara asing.

...dst

4 ) IPB Perluas Kerja Sama dengan Universitas Jerman

Senin, 23 April 2012 00:58 WIB  
BOGOR--MICOM: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) mengharapkan kerja sama pihaknya dengan universitas di Jerman dapat diperluas dari yang selama ini sudah ada. "Selama ini IPB sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Jerman di bidang biologi dan kehutanan. Oleh karena itu, saya harap kerja sama yang nanti terjalin bisa diarahkan untuk tiga bidang, yakni 'biodiesel', 'biomedicine' dan 'biotechnology'," katanya melalui Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti MSi, Minggu (22/4). Henny Windarti menjelaskan bahwa Rektor IPB pada Kamis (19/4) menerima kunjungan Duta Besar Jerman untuk Indonesia Dr Norbert Baas dan Conseulor Science, Technology & Environment Klaus Michael Rottman di Kampus Darmaga. Dalam kesempatan itu, katanya, Rektor IPB menyatakan kepada tamunya bahwa mengapa tiga bidang itu yang perlu dijalin, karena banyaknya biodiversitas yang dimiliki Indonesia. "Sehingga ke depan tiga hal tersebutlah yang akan berkembang," katanyamenambahkan. Untuk itulah, IPB mengharapkan kerja sama yang terjalin akan intensif dan berkaitan dengan "biodiesel", "biomedicine" dan "biotechnology".

...dst 

5 ) Periksa Gigi Gratis, Cara FKG UGM Rayakan Kartini

Senin, 23 April 2012 11:32 wib
JAKARTA - Merayakan hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengadakan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan gigi gratis buruh gendong Pasar Beringharjo. Uniknya, sekitar 40 tim medis, baik dokter gigi dan dokter umum yang mayotitas perempuan itu mengenakan pakaian kebaya ala Kartini. Acara yang merupakan kerja sama dengan RSGM Prof. Soedomo, Klinik Dokter Keluarga KORPAGAMA UGM dan BMT Beringharjo ini memberikan pemeriksaan gigi kepada kepada 250 orang buruh gendong. Menurut Direktur RSGM, Dr.drg.Ahmad Syaify, Sp.Perio (K), layanan tambal dan cabut menjadi prioritas karena di masyarakat kasus terbesar mengenai kesehatan gigi adalah gigi berlubang (karies) dan gigi yang sudah tidak layak dipertahankan lagi, misalnya karena membusuk (bangren) sehingga terpaksa dilakukan pencabutan.

...dst

6 ) Unhas Jadikan Tempat Rehab untuk Sarana Belajar

Minggu, 22 April 2012 10:02 wib
JAKARTA - Adanya Balai Rehabilitasi Pasien Narkoba di Kawasan Baddoka, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, dimanfaatkan Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai tempat pendidikan bagi para mahasiswa Unhas, khususnya mahasiswa Fakultas Kedokteran. Rektor Unhas Idrus Patturusi mengatakan, kehadiran fasilitas rehabilitasi ini memberi peluang bagi perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya terlibat aktif dalam mendampingi para pasien narkoba. Maka, Unhas pun menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) dan juga BNN Provinsi Sulawesi Selatan sejak jauh hari. "Ke depannya, kerja sama ini dalam hal penyediaan tenaga teknis untuk pendampingan kepada para korban rehabilitasi narkoba," ujar Idrus seperti dikutip dari laman Unhas, Minggu (22/4/2012).

...dst

7 ) MIPA Unnes Pecahkan Rekor Muri dengan Replika Kartini Terbesar

Senin, 23 April 2012 12:03 wib
JAKARTA - Beragam cara dilakukan tiap orang untuk merayakan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Gugus Latih Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Racana Wijaya membuat replika wajah Kartini terbesar dan mencatatkan diri pada Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Deputy Manager Muri Ariyani Siregar kepada dosen pembimbing Gugus Latih MIPA Drs Eling Purwantoyo MSi, di halaman parkir Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Kampus Sekaran.

...dst

8 ) Kuliah S-2 dengan Beasiswa Komisi Commonwealth

Senin, 23 April 2012 10:19 wib
JAKARTA - Ingin mendapatkan gelar master dari universitas di luar negeri tanpa harus bersusah payah berkuliah di negara tersebut? Beasiswa Komisi Commonwealth (CSC) adalah jawabannya.Beasiswa pembelajaran jarak Commonwealth menawarkan kesempatan untuk meraih gelar master dari universitas di Inggris tapi tetap tinggal dan bekerja di negara asalmu. Skema ini diluncurkan pada 2002 sebagai bagian dari komitmen CSC untuk mengeksplorasi metode baru pengiriman beasiswa.Sampai saat ini, hampir 1.000 beasiswa pembelajaran jarak jauh ini telah diberikan. Daripada menawarkan beasiswa ini langsung ke siswa, CSC bekerja dengan universitas di Inggris untuk mengidentifikasi program yang sesuai dan proses perekrutan kandidat.

...dst

9 ) Daftar Beasiswa ALA Sebelum 30 April!

Senin, 23 April 2012 09:12 wib
JAKARTA - Berencana kuliah S-1 atau S-2 di luar negeri melalui program beasiswa? Program Beasiswa Australian Leadership Award (ALA) dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagimu. Program beasiswa yang didanai oleh Pemerintah Australia ini tersedia bagi 200 pelajar internasional. Para pelajar tersebut harus berasal dari negara-negara Asia, Pasifik, Afrika, Timur Tengah, Karibia, dan Amerika Latin. Program studi yang ditawarkan melalui program beasiswa ini harus berkaitan dengan bidang prioritas untuk pembangunan negara asalmu. ALA merupakan beasiswa tambahan untuk Australian Development Scholarships (ADS). Hanya 200 Beasiswa ALA tersedia secara global setiap tahun. Oleh karena itu, seleksi untuk beasiswa ALA sangat kompetitif. Hal ini didasarkan pada kualitas kandidat profesional dan pribadi, prestasi akademik, dan yang paling penting, komitmen mereka untuk memberikan kontribusi terhadap hasil pembangunan untuk negara mereka. 

...dst

10 ) 65 Persen PTS Tanpa Perpustakaan Memadai

Senin, 23 April 2012 | 07:19 WIB

Jakarta, Kompas - Dari 3.100 perguruan tinggi swasta di Indonesia, hanya 35 persen yang punya perpustakaan relatif baik. Perguruan tinggi kecil dan di luar Jawa: akademi, sekolah tinggi, dan universitas, umumnya perpustakaannya tak layak."Semua pengelola PTS menyadari pentingnya perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi," ujar Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Edy Suandi Hamid saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu (21/4). Keterbatasan dana dan lemahnya visi pemimpin PTS penyebab terbesar tak memadainya perpustakaan. Padahal, mahasiswa PTS berhak mendapat pendidikan berkualitas. Apalagi, sebagian besar mahasiswa ada di PTS.

...dst

11 ) 58 Peserta Bersaing di Kontes Robot Indonesia

23 April 2012
SEMARANG-Sebanyak 58 peserta dari perguruan tinggi negeri dan swasta Jateng DIY akan bersaing dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) di Gor Jatidiri Semarang, 28-29 April 2012 mendatang. Pada penyelenggaraan tahun ini untuk Regional III, Dirjen Dikti menunjuk Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sebagai tuan rumah. Rektor Udinus Dr Eddy Noersasongko mengatakan, bahwa kontes robot yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari kontes robot nasional dan internasional. Sehingga, untuk maju ke tingkat tersebut harus melewati tahapan yakni dengan lolos di tingkat regional. `'Maka para peserta yang akan bersaing nanti adalah dari perguruan tinggi di wilayah Jateng DIY. Pada penyelenggaraan tersebut kami mengangkat tema Gerebek Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan,'' ungkapnya, kemarin.

...dst

12 ) Unissula Perlu Dicontoh PT Islam

Minggu, 22 April 2012, 20:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang dianggap perlu menjadi contoh bagi perguruan Tinggi (PT) Islam lain. Tak hanya studi Islam, Unissula pun memerhatikan bidang lain yang dibutuhkan masyarakat. Wakil Koordinator Kopertais Wilayah X Jateng, Musahadi, mengatakan problem perguruan tinggi ketika konsep keilmuan tak sama dengan problem yang dihadapi masyarakat.  Unissula, menurutnya, mampu menangkap peluang-peluang yang dibutuhkan masyarakat. "Ketika perguruan tinggi-perguruan tinggi Islam ke kiri, Unissula ke kanan. PT lain dibangun hanya concern Islamic Studies, namun Unissula juga concern bidang yang jarang disentuh Islam," ujarnya saat wisuda Unissula, Sabtu (21/4).

...dst

13 ) Mahasiswa Tanam 300 Bibit Cemara Laut di Teluk Buo

Minggu, 22 April 2012 20:39 WIB    
PADANG--MICOM: Puluhan mahasiswa kelompok pecinta alam Politeknik Negeri Padang dan berbagai kampus lainnya di Padang menghijaukan pantai Teluk Buo, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kota Padang, Sumbar, Minggu (22/4). "Penghijauan dengan cemara laut ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengurangi dampak pemanasan global," ujar ketua pelaksana Irwan Jhoni. Menurutnya, pemanasan global terjadi, karena kerusakan lingkungan oleh ulah manusia. Akibatnya, tumbuhan hijau berkurang dan CO2 meningkatnya. Salah satu bentuk efek samping dari pemanasan global, jelas Irwan, adalah meningkatnya suhu bumi yang mengakibatkan es di daerah kutub mencair sehingga volume air laut meningkat. "Keadaan tersebut tepi pantai kerap terjadi abrasi, yang membuat sepi pantai menjadi curam," katanya. 

...dst

14 ) Lomba Karya Tulis untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Minggu, 22 April 2012 11:02 wib
JAKARTA - Kebudayaan menulis bukan hanya diterapkan bagi generasi penerus, yakni dengan adanya kebijakan jurnal ilmiah bagi mahasiswa. Kali ini, para guru mulai dari tingkat TK hingga SMA atau sederajat ditantang dalam kompetisi Karya Tulis Ilmiah besutan Universitas Negeri Semarang (Unnes).Program Pascasarjana (PPs) Unnes menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan tema "Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Implementasi Pembelajaran Inovatif". Sistematika penulisan meliputi: abstrak, pendahuluan, kajian teoretik, implementasi atau pembahasan, penutup, dan daftar pustaka. Sementara aspek yang dinilai terdiri atas originalitas gagasan, keinovatifan, fisibilitas implementasi, kebahasaan, logis, dan runtut. Demikian seperti dikutip dari laman Unnes, Minggu (22/4/2012).

...dst

15 ) Wamendiknas: Tunjangan Guru Jangan Lagi Disunat

Senin, 23 April 2012 , 05:27:00
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional meminta tunjangan bagi guru pegawia negeri sipil daerah seluruhnya masuk ke kantong guru. Pejabat di Dinas Pendidikan provinsi dan kabupaten/kota maupun kepala sekolah diperingatkan agar tak mengutip pungutan liar terhadap Tunjangan Profesi Pendidik maupun Dana Tambahan Penghasilan guru daerah.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, setiap kali pencairan tunjangan guru, isu pungli maupun penyunatan selalu mencuat.  Banyak pejabat daerah yang merasa berjasa sehingga dana tersebut cair hingga ke tangan guru, sehingga mengutip sekian persen dari tunjangan tersebut

...dst

16 ) Harindaka Dimakamkan - Keluarga Minta Polisi Profesional  

Monday, 23 April 2012
BANDUNG – Isak tangis keluarga mengiringi pemakaman Harindaka Maruti, 20, korban penembakan perampok di Jalan Cigadung Raya Barat,Kecamatan Cibeunying Kaler,Kota Bandung, kemarin. Anak dari guru besar Universitas Parahyangan (Unpar) Prof Koerniatmanto Sutoprawiro tersebut, dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kristen Pandu,Jalan Pajajaran. Meski tampak tegar,ratusan pengantar yang merupakan keluarga, kerabat,dan teman korban tak kuasa menahan tetesan air mata. Sesekali ibunda Hari terlihat mengusap mata saat jasad anaknya dimasukkan ke liang lahat.Pemakaman yang diselenggarakan sesuai tata cara Katolik itu tidak disertai pengawalan polisi.Jasad Hari dibawa menggunakan kendaraan jenazah dan tiba di area TPU sekitar pukul 11.30 WIB, pemakaman pun selesai pukul 13.15. Keluarga berharap,polisi segera mengungkap kasus ini.Mereka pun meminta para pelaku bisa ditangkap dan dihukum seadil- adilnya.

...dst

17 ) Pemakaman Widjajono Partowidagdo - Pemikir itu Telah Tiada  

Monday, 23 April 2012
KARAWANG – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo dimakamkan di Kompleks Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, kemarin....cut...Kakak ipar Widjajono,Dewanto Prasetyo, menuturkan, jika tidak dalam rangka tugas, almarhum sering naik angkutan umum. Kebiasaan itu dilakukan sesuai anjuran almarhum kepada masyarakat agar berpindah dari mobil pribadi ke angkutan umum untuk menghemat pemakaian BBM bersubsidi. Almarhum juga mendukung kreativitas dan inovasi teknologi untuk menghemat energi. 

...dst

18 ) Bangsa yang Hemat dan Cerdas  

Monday, 23 April 2012
Bangsa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaik.Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo wafat pada Sabtu (21/4) saat mendaki Gunung Tambora di Kabupaten Dompu,Nusa Tenggara Barat.Tokoh kelahiran Magelang,16 September 1951,ini dikenal memiliki banyak pemikiran strategis,terutama di bidang energi. Berikut gagasangagasan Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut,yang dikirimkannya ke redaksi SINDO,beberapa hari sebelum wafat. 
> Perlu diketahui,pendapatan pemerintah dari minyak kita habis untuk subsidi harga bahan bakar minyak (BBM).Denga nproduksiminyak 930.000 barel per hari, harga minyak USD105 per barel, dan kurs Rp9.000 per dolar Amerika Serikat (AS), pendapatan pemerintah dari minyak sekitar Rp205 triliun per tahun. Di sisi lain, subsidi BBM dengan asumsi harga BBM dinaikkan Rp1.500 per liter untuk harga minyak USD105 per barel adalah Rp137 triliun. 

...dst

19 ) Dicekam Ketidakpastian

23 April 2012
A TONY PRASETIANTONO Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Berpulangnya Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo menambah ketidakpastian dan tekanan dalam perekonomian Indonesia. Ketidakjelasan arah harga bahan bakar minyak bersubsidi telah menimbulkan ketidakpastian ekonomi dalam beberapa pekan terakhir. Kredit konsumsi cenderung turun karena pelaku ekonomi cenderung menunggu harga BBM (Kompas, 21/4). Sikap ini menyebabkan hilangnya kesempatan mendorong pertumbuhan ekonomi. Karena itu, pertumbuhan ekonomi 2012 bakal lebih rendah dari 6,5 persen seperti tahun lalu. Widjajono, dengan latar belakang akademik kuat dalam ekonomika perminyakan (petroleum economics), selama enam bulan menjabat wakil menteri terbukti aksentuatif dan mampu menjadi "bemper" pemerintah dalam diskusi publik. Karena itu, kepergiannya diduga akan memperlemah kemampuan pemerintah menjelaskan dan meyakinkan publik seputar isu harga minyak dan konsekuensinya terhadap fiskal. Sulit membayangkan tugas ini dibebankan kepada Menteri ESDM Jero Wacik yang merupakan "orang baru" di sana.

...dst

Tidak ada komentar: