Cari Blog Ini

Minggu, April 22, 2012

Berita Edukasi, 16 - 22 April 2012


Berita Edukasi, 22 April 2012

1 ) SBY: Prof Widjajono, Catatan Abadi yang Tak Terlupakan
http://nasional.kompas.com/read/2012/04/22/09005020/SBY.Prof.Widjajono.Catatan.Abadi.yang.Tak.Terlupakan

Minggu, 22 April 2012 | 09:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo adalah putera terbaik bangsa yang memiliki pemikiran strategis dan idealisme yang menjangkau. Terutama dalam soal pengembangan energi. Presiden mengaku punya kenangan ketika memanggil Widjajono ke Istana Negara untuk diminta sebagai Wakil Menteri ESDM. Ketika itu Widjajono mendatangi dan akhirnya menerima amanah sebagai Wakil Menteri ESDM. "Saya rasakan semangat, komitmen yang tinggi di pemerintahan. Utamanya program pengembangan energi nasional. Almarum aktif membantu menteri dan saya menyusun strategi kebijakan dan energi," ujar SBY di rumah duka Jalan Ciragil II, Jakarta, Minggu (22/4/2012).

...dst

2 ) Rektor ITB: Prof Widjajono, Guru Besar yang Luar Biasa
http://news.detik.com/read/2012/04/21/181134/1898131/10/rektor-itb-prof-widjajono-guru-besar-yang-luar-biasa?nd992203605

Sabtu, 21/04/2012 18:11 WIB
Bandung Rektor ITB Akhmaloka mewakili seluruh civitas akademika ITB menyatakan belasungkawa dan rasa kehilangan atas meninggalnya Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo. Almarhum merupakan alumni dan juga Guru Besar di Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. "Kami sangat berduka dan merasa kehilangan sosok guru besar yang baik dan luar biasa. ITB berbelasungkawa atas meninggalnya beliau," ujar Akhmaloka saat dihubungi detikbandung via telepon selulernya, Sabtu (20/4/2012). Ia menuturkan, almarhum merupakan orang yang begitu mendalami dan menguasai bidang pertambangan dan perminyakan. "Kiprah beliau di bidang energi pertambangan dan perminyakan sangat besar. Itulah yang kemudian mengantarnya hingga terpilih menjadi Wamen ESDM," katanya. Meski tak mengenal secara pribadi, namun Akhmaloka mengaku sering sharing dengan almarhum terkait dengan pengembangan energi di Indonesia. "Beberapi kali almarhum mengajak sharing. Masukan apa yang bisa ITB berikan untuk kemajuan energi di Indonesia," tutur Akhmaloka.

...dst

3 ) Mendikbud: UN syarat masuk PTN mulai 2013
http://www.antaranews.com/berita/307208/mendikbud-un-syarat-masuk-ptn-mulai-2013

Sabtu, 21 April 2012 18:13 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memastikan ujian nasional (UN) akan menjadi syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pada tahun 2013. "Tahun ini, pelaksanaan UN tingkat SMA tidak terjadi kebocoran, karena itu sistem yang ada akan kami pertahankan dan ditingkatkan hingga UN akan menjadi syarat masuk PTN pada tahun depan," katanya saat bersilaturahmi dengan wartawan di Surabaya, Sabtu petang.

...dst

4 ) UN jadi syarat masuk PTN
http://www.antaranews.com/berita/307219/un-jadi-syarat-masuk-ptn

Sabtu, 21 April 2012 19:53 WIB |
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memastikan ujian nasional (UN) pada tahun 2013 akan menjadi syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lewat seleksi jalur undangan. "Tahun ini, pelaksanaan UN tingkat SMA tidak terbukti terjadi kebocoran, karena itu sistem yang ada akan kami pertahankan dan ditingkatkan hingga UN menjadi syarat masuk PTN pada tahun depan," katanya saat bersilaturahmi dengan wartawan di Surabaya, Sabtu petang. Ia menjelaskan integrasi UN dalam persyaratan masuk PTN itu akan diberlakukan untuk seleksi masuk PTN jalur undangan yang kini mencapai 60 persen. "Nantinya, seleksi siswa SMA yang masuk ke PTN lewat jalur UN akan menggunakan UN, sedangkan jalur ujian tulis (SNMPTN tulis) yang mencapai 40 persen akan tetap memberlakukan seleksi melalui SNMPTN ujian tulis," katanya. Tentang mekanisme penggunaan UN sebagai syarat masuk PTN lewat jalur undangan itu, mantan Rektor ITS Surabaya itu mengaku hal itu akan diatur kemudian terkait penggunaan UN dan rapor (hasil ujian sekolah) sebagai persyaratan.

...dst

5 ) UI Kukuhkan Dua Guru Besar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/21/10331687/UI.Kukuhkan.Dua.Guru.Besar

Sabtu, 21 April 2012 | 10:33 WIB
DEPOIK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia kembali mengukuhkan dua guru besar di Kampus UI Depok, Sabtu (21/4/2012). Hadir dalam acara pengukuhan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring Kedua guru besar UI yang dikukuhkan adalah Risqa Rina Darwita sebagai profesor bidang ilmu kedokteran gigi pencegahan serta Zainal Arifin Hasibuan sebagai profesor bidang ilmu komputer. Upacara pengukuhan dipimpin Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri. Dalam upacara pengukuhannya, Risqa menyampaikan pidato berjudul Pemberdayaan Kader Pos Yandu dalam Menurunkan Resiko Keparahan Karies Gigi Susu...cut...Adapun Zainal menyampaikan pidato berjudul Pemanfaatan Bersama Sumber Daya Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Terbuka. Zainal menyampaikan solusi terhadap permasalahan kuantitas dan kualitas dalam bidang pendidikan Indonesia melalui pengadopsian pembelajaran berbasis TIK. Zainal dan rekan-rekan berhasil membangun sebuah teknologi perpustakaan digital yaitu LONTAR ataulibrary automation and digital archive. LONTAR merupakan portal perpustakaan virtual dengan fasilitas mesin penelusuran informasi dan memuat beragam karya ilmiah para peneliti yang bisa diakses masyarakat. 

...dst

6 ) ITB Alokasikan 800 Kursi untuk Mahasiswa Miskin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/21/14583875/ITB.Alokasikan.800.Kursi.untuk.Mahasiswa.Miskin

Sabtu, 21 April 2012 | 14:58 WIB
Kompas.com  - Institut Teknologi Bandung (ITB) pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2012 mengalokasikan sekitar 800 kursi untuk mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Rektor ITB Akhmaloka di Aula Barat ITB, Bandung, Sabtu, mengatakan, alokasi itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 700 orang. "Tadinya kan 20 persen atau 700 orang, tapi sekarang saya diminta untuk menerima sekitar 800 mahasiswa tidak mampu," ujarnya. Menurut dia, ITB melakukan metode penjaringan mahasiswa dari keluarga tidak mampu melalui jalur undangan pada proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selain itu, lanjut Akhmaloka, para calon mahasiswa itu juga ada yang mendaftar melalui program bidik misi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

...dst

7 ) Jangan Ada Lagi Sarjana Menganggur
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/21/15180274/Jangan.Ada.Lagi.Sarjana.Menganggur

Sabtu, 21 April 2012 | 15:18 WIB
Kompas.com - Untuk memastikan lulusan pendidikan tinggi terserap di dunia kerja, Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meminta agar mahasiswa mendapat kesempatan magang di dunia usaha sebelum lulus kuliah. "Ke depan jangan ada lagi sarjana yang menganggur, caranya adalah dengan memberi kesempatan magang. Dengan demikian ia akan mendapat pengalaman kerja sebelum benar-benar mendapatkan pekerjaan," katanya usai acara Pencanangan Gerakan Penanggulangan Pengangguran dan Job Fair di Universitas Panca Budi Medan, Sabtu.Ia mengatakan baru-baru ini pihaknya telah mencanangkan gerakan pemagangan nasional dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas calon tenaga kerja, serta lebih meningkatkan pelaksanaan pemagangan menjadi lebih intensif di Indonesia.

...dst

8 ) Sarjana Banyak Ingin Jadi PNS
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/22/314630/293/14/Sarjana-Banyak-Ingin-Jadi-PNS

Minggu, 22 April 2012 05:25 WIB
BENGKULU--MICOM: Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Musliar Kasim mengatakan, hingga saat ini banyak sarjana di Indonesia menginginkan menjadi pegawai negeri sipil. Sebelum ada formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mereka rela menganggur dan tidak ada ide menciptakan lapangan kerja, kata Musliar Kasim di Bengkulu, Sabtu (21/4). Ia mengatakan, untuk menekan keinginan sarjana menjadi PNS, perguruan tinggi harus mampu menciptakan lulusan yang berjiwa kewirausaha. "Perguruan tinggi di Indonesia harus mampu menciptakan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan agar mampu bersaing di era globalisasi," katanya. Sebagian besar sarjana saat ini, khususnya di luar Pulau Jawa menganggap baru dikatakan bekerja bila diterima sebagai PNS, sehingga ada sekitar 14,7 persen sarjana masih menganggur karena hanya berharap menjadi PNS.

...dst

9 ) Kembangkan Obat Herbal, Unisma Kerjasama dengan Beijing University
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/21/15331236/Kembangkan.Obat.Herbal.Unisma.Kerjasama.dengan.Beijing.University.

Sabtu, 21 April 2012 | 15:33 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan University of Beijing, Cina, untuk mengembangkan obat-obatan herbal di Indonesia. Selain pertukaran dosen dan mahasiswa, kerjasama juga meliputi muatan lokal yang akan dijadikan mata kuliah mahasiswa di FK Universitas Islam Malang (Unisma)."Muatan lokal itu tentang obat-obatan herbal. Saat ini pun kami sudah melakukan penelitian tentang obat herbal, makanya kami bekerja sama dengan Univesitas Beijing," kata Dr.Hardadi Airlangga, dekan FK Unisma, dalam acara penandatangan Mou di Malang, Jawa Timur (21/4/12). Penandatanganan MoU tersebut sebelumnya sudah dilakukan di Capital Medical Universtity Of Beijing Maret lalu.  Dalam penandatanganan di Malang dihadiri juga oleh perwakilan dari Hubei University, yakni Prof Fu Ping dan DR Sung Lie. Sementara dari Capital Medical Universtity Of Beijing diwakili oleh Prof Dong Zhe dan Prof wei Zian.

...dst

10 ) Mahasiswa IAIN Raden Fatah Tuntut Akreditasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/21/373/615712/mahasiswa-iain-raden-fatah-tuntut-akreditasi

Sabtu, 21 April 2012 13:06 wib
PALEMBANG – Mahasiswa IAIN Raden Fatah Palembang yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi menuntut kejelasan akreditasi dua program studi (prodi) di kampusnya. Dua prodi yang belum mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) itu yaitu Pendidikan Bahasa Inggris yang dibuka sejak 2007 dan Pendidikan Tadris yang dibuka pada 2008. "Kami meminta pihak rektorat atau dekanat, untuk mengusahakan akreditas kedua prodi tersebut paling lambat 16 Mei 2012. Apabila belum juga terakreditasi, artinya kedua prodi ini tidak berhak mengeluarkan ijazah," kata Ketua Rayon PMII Faklutas Tarbiyah Eval Novrizal kemarin. Menurut Eval, tidak adanya kepastian status akreditasi dua prodi di Fakultas Tarbiyah ini dinilai bisa merugikan mahasiswa.

...dst

11 ) Mahasiswa ITS Tunjukkan Bakat di Orfest
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/21/373/615861/mahasiswa-its-tunjukkan-bakat-di-orfest

Sabtu, 21 April 2012 17:04 wib
JAKARTA - Jurusan Teknik Kimia (Tekkim) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya punya cara tersendiri dalam menggali bakat terpendam para mahasiswanya. Akhir pekan ini, mereka menggelar empat lomba erat kaitannya dengan kawula muda. Acara bertajuk Orange Festival (Orfest) terdiri dari empat lomba, yakni Lomba Kreasi Makanan dan Minuman, Lomba Akustik, Lomba Fotografi dan Kompetisi Mahasiswa of the Year. Menurut Ketua Panitia Orfest Anggun Rindang P, Mahasiswa of the Year merupakan pengganti dari Cak Ning Tekkim. Sementara Lomba Akustik dipilih sebagai pengganti Speech Contest. Orfest tahun ini merupakan kali kedua acara tersebut digelar. Meski begitu, Orfest tahun ini dikemas lebih menarik. "Rangkaian kegiatan Orfest tahun ini merupakan aspirasi mahasiswa sesuai voting yang kami lakukan sebelumnya,'' ujar Anggun seperti dikutip dari ITS online, Sabtu (21/4/2012).

...dst

12 ) Lapan Gelar Kompetisi Muatan Roket
http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/04/21/149528/Lapan-Gelar-Kompetisi-Muatan-Roket/3

Sabtu, 21 April 2012 11:22 WIB
Metrotvnews.com, Kulonprogo: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menggelar Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo). Kompetisi diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, bersama Lapan mereka melakukan uji coba peluncuran roket. Komurindo ke-5 digelar di Pantai Congot, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (21/4), untuk menguji coba hasil muatan atau pilot yang diluncurkan roket rakitan peserta. Muatan roket hasil rakitan mahasiswa tersebut dilengkapi sensor yang mampu mengukur ketinggian dan temperatur udara. Roket juga bisa digunakan untuk pemotretan, sehingga memperoleh data tertentu yang akan digunakan dalam dilombakan.

...dst

13 ) Menristek belum Berani Panggil Pulang Peneliti
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/21/88700/Menristek-belum-Berani-Panggil-Pulang-Peneliti/3

Sabtu, 21 April 2012 14:10 WIB
Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan, saat ini dirinya belum berani memanggil pulang para peneliti berprestasi Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Alasannya, belum ada tempat bagi peneliti untuk berkiprah dengan imbalan layak. Gusti Hatta menyampaikan hal itu dalam kuliah umum bertema "Iptek dan Inovasi untuk Kemajuan Indonesia" di Aula Barat Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/4). "Saya belum berani memanggil mereka pulang, di mana menaruh mereka nanti?" ujar Gusti. Menurut dia, para peneliti berprestasi itu banyak yang menduduki posisi puncak di berbagai perusahaan di luar negeri. Rata-rata teknologi yang mereka kuasai terlalu canggih diterapkan di Indonesia. "Laboratorium untuk teknologi tinggi seperti itu pun kita belum punya," kata Gusti. Saat ini yang bisa dilakukan Kementeriaan Riset dan Teknologi adalah terus menjalin komunikasi dengan mereka. Gusti mengatakan, para peneliti itu pada dasarnya siap memberikan bantuan kepada pemerintah apabila keahlian mereka diperlukan untuk memajukan teknologi di Tanah Air.

...dst

14 ) Jenazah Mahasiswa Unpar Dimakamkan Hari Minggu
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/21/058398688/Jenazah-Mahasiswa-Unpar-Dimakamkan-Besok

SABTU, 21 APRIL 2012 | 15:34 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Harindaka Maruti, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Parahyangan Bandung, yang tewas ditembak perampok, kemarin, akan dimakamkan besok, Minggu 22 April 2012, pukul 11.00, WIB di tempat pemakaman Pandu. Saat ini jasad anak kedua guru besar hukum tata negara Unpar, Koerniatmanto S., itu disemayamkan di rumah duka, RS Borromeus, Jalan Suryakancana, Bandung. Sejak pagi pelayat mengalir menengok jasad Harindaka yang dibaringkan di ruang C rumah duka di belakang rumah sakit Borromeus, Dago, itu, didampingi keluarga. Di antara pelayat tampak teman-teman korban dan dosen Universitas Parahyangan, serta beberapa pengacara alumni perguruan tinggi swasta itu.

...dst

15 ) Kasus Penembakan di Bandung - Polisi Temukan Fakta Baru 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488442/

Sunday, 22 April 2012
BANDUNG – Tim Identifikasi Polrestabes Bandung menemukan fakta baru dalam kasus pencurian disertai penembakan yang terjadi di rumah Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Parahyangan Profesor Koerniatmanto, kemarin. Penemuan fakta baru tersebut diketahui dari prarekonstruksi penembakan yang dilakukan polisi di lokasi kejadian. Lokasi tersebut berada di Jalan Cigadung Indah,Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler,Kota Bandung.  Dari hasil pemeriksaan dan reka ulang tersebut, diketahui empat pelaku telah berada di depan rumah korban sebelum pembantu pergi.Bahkan,pelaku yang diduga komplotan spesialis rumah kosong itu telah menetapkan targetnya. Reka ulang kejadian itu dilakukan hingga lokasi robohnya anak dari Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Parahyangan Profesor Koerniatmanto. Dalam pemeriksaan, polisi juga telah meminta keterangan dari sejumlah warga yang mengetahui kejadian tersebut.

...dst

16 ) 79,1 Persen Cemas Ukuti Unas
Uji Psikologi Kemendikbud Terhadap Siswa Peserta
http://www.jpnn.com/read/2012/04/21/125013/79,1-Persen-Cemas-Ukuti-Unas-

Sabtu, 21 April 2012 , 08:39:00
JAKARTA - Kementeria n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merampungkan uji psikologis terhadap siswa SMA, MA, dan SMK yang akan mengikuti ujian nasional (Unas) 16-19 April lalu. Dari penelitian yang dilakukan dengan menyebar angket tersebut 79,1 persen anak-anak cemas dalam menghadapi ujian tahun tersebut. Namun. Kecemasan tersebut malah membuat keinginan belajar meningkat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjelaskan, dalam angket yang disebar ke siswa tersebut hanya ada 4 pertanyaan. Pertama, bagaimana perasaan anda dalam menghadapi Unas. "Jawabannya 40,5 persen biasa saja, 40,2 persen tidak biasa, dan 19,5 persen sangat tidak biasa," jelas Nuh di Kantor Kemendikbud Jakarta, Jumat (20/1).

...dst

17 ) Guru Daerah Dapat Tambahan Rp 250 Ribu per Bulan
http://www.jpnn.com/read/2012/04/22/125052/Guru-Daerah-Dapat-Tambahan-Rp-250-Ribu-per-Bulan-

Minggu, 22 April 2012 , 04:15:00
JAKARTA - Kabar gembira bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD). Tahun ini, pemerintah mulai memberikan Tunjangan Profesi (TP) dan Dana Tambahan Penghasilan (DTP) untuk para guru. Kepala Biro Humas Kementerian Keuangan Yudi Pramadi mengatakan, besaran TP adalah satu kali gaji pokok Guru PNSD yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2012. "Adapun untuk DTP akan diberikan sebesar Rp250 ribu per orang per bulan terhitung mulai 1 Januari 2012," ujarnya melalui siaran pers kemarin (21/4). Pemberian TP dan DTP tersebut diatur dalam dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yaituPMK Nomor 34/PMK.07/2012 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah Kepada Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun Anggaran 2012, serta PMK Nomor 35/PMK.07/2012 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Dana Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah Kepada Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun Anggaran 2012.

...dst

18 ) Indonesia Malah Jual Listrik ke Malaysia
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/04/21/46800/indonesia_malah_jual_listrik_ke_malaysia/#.T5KGVLokJiY

21 April 2012
Jakarta, (Analisa). PT PLN (Persero) akan menjual listrik dari Sumatera kepada Malaysia. Hal ini sangat ironis mengingat masih ada 66 juta lebih penduduk Indonesia belum tersambung listrik.Demikian disampaikan oleh Direktur Pengkajian Energi, Universitas Indonesia, Iwa Garniwa di kantor Ditjen Listrik, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Jumat (20/4)"Ironis kalau kita sampai jual listrik, walaupun terkesan Indonesia hebat sekali bisa menjual listrik. Kenapa? Karena elektrifikasi kita sampai saat ini masih 70% atau 72% versi Ditjen Kelistrikan," kata Iwa. Menurut Iwa, dari hitung-hitungan tersebut berarti masih ada sekitar 66 juta penduduk lebih yang rumahnya belum teraliri listrik. "Sangat naif sekali kalau ada puluhan juta penduduk Indonesia belum mendapatkan listrik sementara kita begitu sombong ekspor listrik ke negara lain," ujar Iwa. Menurutnya, meskipun nantinya listrik di Sumatera bakal berlebihan, lebih baik listrik tersebut ditransfer ke daerah lain, ketimbang dijual ke negara lain. Iwa juga agak menyentik soal rencana PLN yang mengimpor listrik dari Malaysia untuk keperluan pelanggan di Kalimantan.

...dst

19 ) Laporan dari Den Haag
Prof. Sofjan: Mereka Beban Negara, Anti-Pancasila
http://news.detik.com/read/2012/04/19/173647/1896672/10/prof-sofjan-mereka-beban-negara-anti-pancasila?nd992203605

Kamis, 19/04/2012 17:36 WIB
Den Haag Di Denmark, menteri pulang dari lawatan luar negeri dengan kelas ekonomi, lalu naik taksi dari bandara ke kantor. Hanya di Indonesia saja yang wakil rakyatnya jor-joran. Mereka ini beban negara, anti-Pancasila. Hal itu disampaikan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA, pengajar pada Islamic University of Europa, Rotterdam, kepada detikcom, Kamis (19/4/2012) waktu setempat. "Kita harus mencontoh cara mengelola uang rakyat di Eropa. Ketika sang menteri kirim faktur taksi ke kementeriannya untuk diganti, dia langsung dikritik mengapa naik taksi, padahal ada bus umum. Bola-balik DPR ke luar negeri, tapi yang begini DPR pura-pura tidak melihat," tutur Sofjan. Menurut Sofjan, pejabat seperti di Denmark itu hakekatnya pejabat Pancasilais, di negara yang justru tidak mengenal Pancasila. Elite politik Indonesia harus belajar jadi manusia Pancasilais seperti di Eropa. "Mengapa nilai-nilai Pancasila secara de facto hidup di Eropa? Sementara di Indonesia de jure saja, de facto-nya bagaimana? Itu harus dijawab oleh elite dan pejabat Indonesia," imbuh Sofjan.

...dst

Berita Edukasi, 21 April 2012


Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
Wamen ESDM Meninggal Dunia di Gunung Tambora
http://news.detik.com/read/2012/04/21/160334/1898081/10/wamen-esdm-meninggal-dunia-di-gunung-tambora

Sabtu, 21/04/2012 16:03 WIB
Jakarta Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo meninggal dunia di Gunung Tambora. Saat ini jenazah sedang dievakuasi oleh Helikopter milik Newmont ke daerah evakuasi di kaki gunung Tambora. Demikian disampaikan oleh Dirjen Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi Kardaya Warnika kepada detikFinance, Sabtu (21/4/2012).
"Informasi dari sana melalui tim yang mengevakuasi termasuk dokter, Pak Wamen dikatakan sudah meninggal dunia. Beliau telah menghembuskan nafas terakhir dan dievakuasi melalui heli dan dibawa ke lapangan terbang kecil di situ, ke daerah evakuasi Newmont," tuturnya. Dari tempat evakuasi, rencananya jenazah Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) ini akan dibawa ke Jakarta dengan pesawat terbang.
Widjajono sebelumnya dikabarkan lemas dan kritis saat pendakian di Gunung Tambora Nusa Tenggara Barat.

...dst

Jero Wacik: Penyebab Kematian Widjajono Belum Diketahui
http://news.detik.com/read/2012/04/21/161837/1898086/10/jero-wacik-penyebab-kematian-widjajono-belum-diketahui?n991101605

Sabtu, 21/04/2012 16:18 WIB
Jakarta Siang ini, Wamen ESDM Widjajono Partowidagdo tutup usia di Gunung Tambora. Sempat kritis, penyebab kematian sosok nyentrik ini masih belum diketahui. "Belum pasti karena sakit jantung," tutur Jero Wacik saat dihubungi wartawan, Sabtu (21/4/2012).Jero mengatakan saat mendaki Gunung Tambora kondisi pria berusia 61 tahun itu tampak sehat. Kepada Jero, Widjajono juga tidak pernah menceritakan soal kondisi kesehatannya. "Tidak pernah cerita kepada saya," kata Jero.
Widjajono yang lulusan ITB ini sejak muda sangat gemar mendaki Gunung. Dirinya sendiri semasa kuliah dikenal suka mendaki gunung dan ikut dalam organisasi pecinta alam di Institut Teknologi Bandung (ITB). (dnl/gah)

1 ) Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un
Anak Guru Besar UNPAR Tewas Ditembak     
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488194/

Saturday, 21 April 2012
BANDUNG – Belum terungkap kasus perampokan yang menimpa Resminta Sriyani, 47, istri perwira TNI AD Kolonel Donal Sitorus, 50, kasus serupa kembali terjadi di Bandung, Jawa Barat. Kemarin giliran Harindaka Maruti, 20, mahasiswa Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, ditembak perampok. Anak dari guru besar Ilmu Hukum Unpar Prof Koerniatmanto tersebut akhirnya meninggal dunia saat dibawa ke Rumah Sakit Borromeus Bandung. Kasus perampokan berawal di kediaman Koerniatmanto, Jalan Cigadung Indah No 68, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler,Kota Bandung. Saat itu rumah hanya dihuni Sri, seorang pembantu rumah tangga. "Pukul 11.00 WIB,saya pergi ke warung,dan pintu terkunci. Begitu saya pulang, di depan rumah ada dua sepeda motor dan tiga pria.Kemudian satu pria keluar dari dalam rumah lalu melarikan diri," ungkap Sri di lokasi kejadian. Sri yang saat itu tak bisa bermuat banyak lalu menelepon pemilik rumah.Tak lama kemudian, Narni, istri Koerniatmanto, disusul kedua anaknya,Hari dan Danan Daka Mumpuni,24, pun tiba. Setelah isi rumah diperiksa, pelaku diketahui menggondol satu laptop dan uang USD6.000.

...dst

2 ) Delegasi AS Tertarik Program Kuliah Kerja Nyata UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/1424595/Delegasi.AS.Tertarik.Program.Kuliah.Kerja.Nyata.UGM

Jumat, 20 April 2012 | 14:24 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Delegasi pendidikan tinggi Amerika Serikat mengunjungi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk menjajaki kemungkinan kerjasama pendidikan. Selain UGM, rencananya delegasi tersebut juga akan bertemu dengan 15 perguruan tinggi Indonesia lainnya. Brook Ross, Managing Director of Indonesia Education Partnership mengatakan bahwa Dewan Kerjasama Indonesia-Amerika untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi (Indonesia-US Joint Council on Higher Education Partnership) saat ini telah mengandeng 13 perguruan tinggi di berbagai negara bagian di AS untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta. "Kerjasama antar AS dan Indonesia itu bisa dalam bentuk pertukaran mahasiswa, penelitian bersama dan lainnya," kata Brook, Jumat ( 20/4/2012 )

...dst

3 ) UGM Buka Program S2 Geografi untuk Guru SMA
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/20/m2s2tt-ugm-buka-program-s2-geografi-untuk-guru-sma

Jumat, 20 April 2012, 19:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membuka program strata dua (S2) bagi guru bidang studi geografi pada jenjang sekolah menengah atas (SMA). "Program itu merupakan wujud komitmen kami terhadap pengembangan sumber daya manusia guru geografi tingkat sekolah menengah atas (SMA)," kata Dekan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), Suratman di Yogyakarta, Jumat (20/4). Suratman menjelaskan, pembukaan program itu bertujuan untuk mempercepat peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia para guru geografi tingkat SMA. Selain itu, kata dia, program yang khusus diselenggarakan untuk guru itu merupakan bagian dari diseminasi dan penyebaran ilmu pengetahuan geografi. Selama ini, masih terdapat gap yang besar antara pengetahuan ilmu geografi di tingkat pendidikan dasar dan menengah dengan ilmu pengetahuan geografi di tingkat perguruan tinggi. "Bagi para guru, program strata dua (S2) geografi sangat berguna untuk pengembangan materi pendidikan dan pengajaran ke depan dan mendukung proses sertifikasi bagi para guru," katanya.

...dst

4 ) Pusat studi nasional zoonosis didirikan di IPB
http://www.antaranews.com/berita/306929/pusat-studi-nasional-zoonosis-didirikan-di-ipb

Kamis, 19 April 2012 19:59 WIB
Bogor (ANTARA News) - Sebuah pusat studi berskala nasional/internasional dalam bidang zoonosis didirikan di Institut Pertanian Bogor sebagai mitra dari Komisi Nasional Zoonosis. "Meski sekretariatnya berada di IPB, namun pusat studi ini bersifat nasional dengan pendekatan holistik, transdisiplin dan integratif," kata pakar kesehatan hewan yang juga staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan IPB Prof Dr drh Heru Setijanto di Bogor, Jawa Barat, Kamis. Komisi Nasional Zoonosis pengganti Komisi Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza. Komnas Zoonosis aktif bekerja usai Komnas Pengendalian Flu Burung berakhir masa tugasnya 13 Maret 2010 Disela-sela seminar nasional zoonosis sekaligus pencanangan Pusat Kajian Pengendalian Zoonosis Nasional yang dibuka Rektor IPB Prof Herry Suhardijanto dan diikuti ilmuwan nasional dan mancanegara, ia menjelaskan bahwa dengan kompetensi yang ada IPB disebutnya memanfaatkan peluang dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10/2011.

...dst

5 ) Menteri Terjebak Korupsi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488265/38/

MOH MAHFUD MD
Guru Besar Hukum Konstitusi
Saturday, 21 April 2012

Adalah mengejutkan ketika awal pekan ini tibatiba Kejaksaan Agung dan kepolisian mengonfirmasi bahwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari telah ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Kesehatan yang pernah dipimpinnya.  Mengejutkan, karena selama memimpin kementerian itu, Siti Fadilah dikenal sebagai menteri yang vokal,blak-blakan,dan berani. Orang yang berani dan vokal itu biasanya relatif bersih karena kalau tidak bersih sulit untuk berani.Tetapi bukan berarti orang yang pendiam itu tidak bersih. Dalam kenyataannya banyak juga orang pendiam yang bersih, tapi mereka tidak suka ngomong atau tampil secara meledak-ledak.
Namun, keberanian dan sikap Siti Fadilah saat menjadi menteri biasanya dimiliki oleh orangorang yang bersih dari korupsi dan kolusi.Apa yang sebenarnya terjadi dengan Siti Fadilah hingga dia jadi tersangka? Kita tentu tak bisa tahu persis apa yang sebenarnya menimpa Siti Fadilah sebab kejaksaan maupun kepolisian belum mengungkap keterlibatannya secara detail.Namun,secara samar- samar kita mendengar dari mediamassa, kesalahan yang disangkakan kepada Siti Fadilah adalah keterlibatannya dalam penunjukan langsung sebuah proyek di kementeriannya. 

...dst

6 ) Tim UGM Uji Kendaraan BBG Jarak Jauh
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/21/02545019/tim.ugm.uji.kendaraan.bbg.jarak.jauh

Sabtu, 21 April 2012
Jakarta, Kompas - Tim perekayasa dari Universitas Gadjah Mada menguji coba kendaraan berbahan bakar compressed natural gas untuk menempuh perjalanan sejauh 600 kilometer dari Yogyakarta ke Jakarta. Dengan kendaraan jenis sedan, Tim Semar dari Fakultas Teknik Mesin dan Industri UGM, Jumat (20/4), tiba di pelataran parkir Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Pada paparan di depan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, Ketua Tim Yayan Sentanuhady menjelaskan, penggunaan compressed natural gas (CNG) lebih hemat 30 persen dibandingkan premium. Dengan tangki CNG berkapasitas 16 liter skala premium, mobil berkapasitas 1600 cc dapat mencapai jarak 224 km atau sepertiga perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta. Sejak dikembangkan tahun 2009, kata Yayan, dicapai beberapa peningkatan pada konverter, yakni menurunkan tekanan gas dari 200 bar menjadi 2 bar-3 bar sebelum masuk ke bagian injeksi dan manipol.
Penurunan tekanan dicapai dengan merancang sistem injeksi gas ke mesin dengan katup tiga tingkat. Dengan demikian, tekanan diturunkan secara bertahap. Untuk pengamanan, dipasang material yang dapat meleleh untuk mengurangi tekanan dan mengeluarkan gas agar tak terjadi ledakan. Menurut Yayan, gas metana berpotensi dikembangkan sebagai bahan bakar transportasi. Beberapa keunggulan gas metana, adalah emisi gas buang lebih bersih daripada bensin dan harga lebih murah 45 persen dibandingkan bensin.

...dst

7 ) Politeknik Negeri Gelar Ujian Masuk Nasional
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/21/02464856/politeknik.negeri.gelar.ujian.masuk.nasional

Sabtu,21 April 2012
Jakarta, Kompas - Politeknik negeri akan menerapkan seleksi ujian masuk mahasiswa baru secara nasional. Nantinya, calon mahasiswa di seluruh Indonesia bisa memilih politeknik di daerah lain seperti yang berlaku dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri."Tidak jauh beda dengan yang ada di perguruan tinggi negeri," kata Bambang Wasito Adi, Direktur Politeknik Media Kreatif Negeri (PoliMedia) Jakarta, Kamis (19/4). Pendaftaran ujian masuk politeknik negeri (UMPN) dibuka hingga 7 Juli 2012. Pelaksanaan ujian pada 14 Juli. Ada ujian gambar untuk program studi tertentu. Adapun pengumuman lulus dilaksanakan pada 18 Juli. Tipri Rose Kartika, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PoliMedia Jakarta, mengatakan, UMPN diikuti 33 politeknik negeri. Pembuatan soal dilakukan tim secara nasional.
Peserta dapat memilih program bidang nonrekayasa dan rekayasa (SMA/MA jurusan IPA), sedangkan non-IPA hanya bisa memilih bidang nonrekayasa. Harga formulir pendaftaran Rp 200.000 untuk satu pilihan program studi dan Rp 250.000 untuk dua program studi. "Peserta bisa memilih politeknik di luar daerahnya. Ada forum direktur yang akan memutuskan calon mahasiswa yang diterima lintas daerah," kata Tipri.
Menurut dia, porsi penerimaan mahasiswa baru lewat jalur UMPN di PoliMedia mencapai 60 persen. Adapun yang lewat jalur penelusuran minat dan kemampuan porsinya 40 persen.

...dst

8 ) Beasiswa Belajar di Turki, Santri Harus Hafal Juz' Amma
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/15552844/Beasiswa.Belajar.di.Turki.Santri.Harus.Hafal.Juz.Amma

Jumat, 20 April 2012 | 15:55 WIB
KOMPAS.com - Kementrian Agama Republik indonesia bekerja sama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey) menawarkan program beasiswa belajar di pesantren Turki bagi para santri Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan Qira'atil Qur'an dan Tahfidzul Qur'an;  memberikan pendidikan Bahasa Arab dan Bahasa Turki; dan ketiga, memberikan pendidikan Fiqih dan Akidah Islamiyah. Terdapat dua program beasiswa yang diberikan, yaitu Program tahfidz Al-Quran dan Bahasa, serta program Bahasa. Untuk program tahfidz Al-Quran diutamakan untuk peserta yang minimal telah menghafal Al-Quran Juz Amma. Sementara itu untuk program bahasa, diperuntukkan bagi peserta yang telah menghapal Al-Quran 30 juz.

...dst

9 ) Sertifikasi Guru Dipercepat     
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488073/

Saturday, 21 April 2012
SEMARANG– Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jateng Muhdi menginformasikan tahun ini jadwal proses sertifikasi guru dipercepat. Kebijakan ini dimaksudkan agar pemerintah dapat menghitung pasti guru bersertifikasi sehingga pembayaran tunjangan dapat lebih cepat diberikan. "Tahun ini September semua harus sudah selesai.Kemudiansegeradapatditindaklanjuti dengan penerbitan NRG (nomor registrasi guru) bagi guru yang sudah lolos sertifikasi.Dengan begitu,pembayaran dapat langsung diberikan mulai awal 2013,"kata Muhdi kemarin. Mulai 2012 memang ada penambahan kebijakan pada proses sertifikasi, seperti diberlakukannya ujian kompetensi awal (UKA) sebagai salah satu proses sertifikasi yang harus diikuti." UKA kan sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan saat ini guru yang lulus UKA harus mempersiapkan diri ikut Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Untuk mengikuti PLPG,mereka akan ikut di Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) sesuai rayon masing-masing,"paparnya. Rektor IKIP PGRI Semarang itu menambahkan, kampusnya sebagai LPTK rayon 39 yang membawahi wilayah Demak, Kudus, Jepara, Pati, dan Rembang akan memulai pelaksanaan PLPG pada pekan pertama Mei mendatang.

....dst

10 ) Peringatan Hari Kartini di Berbagai Daerah
http://berita.liputan6.com/read/390993/peringatan-hari-kartini-di-berbagai-daerah

21/04/2012 07:10
Liputan6.com, Surabaya: Menyambut Hari Kartini, SD Al-Azhar, Syifa Budi, di Sidosermo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (20/4), menggelar acara khusus. Selain mengenakan aneka busana daerah, para guru dan siswa juga menggelar peringatan hari lahir pahlawan emansipasi wanita asal Jepara itu, dalam balutan nuansa Jawa. Sementara nun jauh di Desa Skipi, Lampung Utara, Hari Kartini tak terpikirkan oleh perempuan warga desa tersebut. Mereka sibuk dengan aktivitas keseharian mencari dan memecah batu demi menopang kehidupan keluarga masing-masing. Kemiskinan telah memaksa Syaodah dan rekan sedesanya tidak dapat mengenyam pendidikan sebagaimana yang diperjuangkan Kartini. Karenanya ia kini hanya bisa bekerja sebagai pemecah batu yang hasilnya untuk menambah penghasilan meski diakuinya tak seberapa.

...dst

11 ) Semangat Kartini dan Ekofeminisme
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/367/615402/semangat-kartini-dan-ekofeminisme

Jum'at, 20 April 2012 18:19 wib
"DOOR duisternis tot licht" yang dalam bahasa Indonesia "Habis gelap terbitlah terang" adalah suratan RA Kartini kepada sahabat-sahabat penanya di Belanda. Catatan tersebut merupakan cita-cita, harapan, dan pemikiran RA Kartini melawan bentuk kesewenangan dan penindasan terhadap harkat wanita pribumi (Jawa) yang selalu mendapatkan perlakuan diskriminatif secara kultural. Pemikiran yang lahir dari rahim perempuan Jawa yang mencoba memperjuangkan hak perempuan pribumi ini pun menginspirasi pergerakan wanita Indonesia untuk mencapai harkat yang `setara dengan laki-laki'. Gerakan yang akhirnya menjadi faham feminis ini memberikan perubahan revolusioner pada cara pandang dunia terhadap kaum perempuan. Wanita yang dulu hanya berperan dalam sektor domestik mampu menunjukkan eksistensinya dalam ranah publik. Hingga tak ayal banyak kita jumpai wanita menduduki posisi penting, baik di sektor birokrasi sampai swasta.

...dst

12 ) Keadilan untuk Pak Raden
http://www.antaranews.com/berita/307029/keadilan-untuk-pak-raden

Jumat, 20 April 2012 11:51 WIB
Jakarta  (ANTARA News) - Tak mudah memang mencari rumah Drs. Suyadi atau yang lebih akrab disapa Pak Raden. Bagaimana tidak, rumahnya ada di gang sempit di daerah Petamburan, Slipi.  Sungguh tak mencerminkan kebesaran nama Pak Raden yang melekat pada Suyadi, sang pencipta karakter Unyil yang terkenal ke seantero negeri, dan bertahan lebih dari dua dekade. Rumah bernomor 27 di RT 003 RW 04 gelap dan kusam. Halamannya yang tidak seberapa  dipenuhi kaleng cat dan sisa-sisa kayu untuk membuat boneka. Kesan penuh juga ada di ruang tamu. Berbagai lukisan berekamkan cerita-cerita pewayangan dan boneka-boneka ciptaan Suyadi si Pak Raden, memenuhi ruang itu. Tumpukan buku menghiasi sudut rumah pria yang pernah menjadi pengajar seni ilustrasi di Institut Teknologi Bandung itu.Jauh dari karakter suaranya dulu yang memesankan seorang gagah nan angkuh bersuara besar, sosok asli Pak Raden kini jauh dari itu.Tubuhnya sudah tidak lagi sekuat dulu. Umurnya sudah menginjak umur 80 pada 28 November nanti. Dia pun sakit-sakitan.

...dst

Berita Edukasi, 20 April 2012

1 ) ITB dan UPI Berubah dari BHMN Menjadi PTP 
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/20/079398440/ITB-dan-UPI-Berubah-dari-BHMN-Menjadi-PTP

JUM'AT, 20 APRIL 2012 | 11:15 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Terhitung mulai April 2012, dua perguruan tinggi negara (PTN) besar di Bandung, Jawa Barat, berubah status dari badan hukum milik negara menjadi perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah (PTP). Laman Sekretariat Kabinet melansir perubahan status Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu disebabkan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2012 yang sudah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 April lalu. Dengan penetapan ini, keduanya menjadi perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan bertanggung jawab kepada Kementerian. Dengan perubahan itu, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) digunakan untuk membiayai penyelenggaraan ITB dan UPI. Akan tetapi, keduanya dapat menerima dana dari sumber lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan serta harus menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum.

...dst

2 ) ITK dan ISBI Beroperasi Tahun Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615192/itk-dan-isbi-beroperasi-tahun-ini

Jum'at, 20 April 2012 12:22 wib
BALIKPAPAN - Kemendikbud menyetujui penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada tahun ini. Penerimaan mahasiswa baru direncanakan melalui sistem kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Hasil pertemuan dan kesepakatan ini diumumkan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, tadi malam di Bandara Sepinggan, Balikpapan, sepulangnya dari pertemuan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta. "Sudah disepakati, tahun ini ITK buka pendaftaran di ITS. Kami menargetkan, tahap pertama ini 100 mahasiswa mendaftar. Nanti dititipkan di ITS," ungkap Gubernur Awang Faroek didampingi Kabag Humas Balikpapan Aji Sofyan, tadi malam. Awang mengimbuhkan, kesepakatan tentang penerimaan mahasiswa ITK ini nantinya akan disusul dengan keputusan menteri. Sejak awal, ITS memang ditunjuk Kemendikbud sebagai lembaga yang mempersiapkan kelahiran ITK. Dia juga dititipkan Kemendikbud untuk menerima mahasiswa tahun pertama ITK.

...dst

3 ) Kemdikbud: Sudah Kredibel, PTN Tak Perlu Ragukan UN!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/12310755/Kemdikbud.Sudah.Kredibel.PTN.Tak.Perlu.Ragukan.UN.

Jumat, 20 April 2012 | 12:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menilai Ujian Nasional (UN) jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK/MA) telah selesai dilaksanakan dengan sangat kredibel. Untuk itu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diimbau tidak perlu ragu untuk mengintegrasikan hasil UN sebagai komponen penting pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemdikbud Chairil Anwar Notodiputro menjelaskan, salah satu indikator penting menentukan kredibilitas UN adalah tidak adanya kebocoran soal atau kunci jawaban. Kalaupun ada, hal itu hanya kecurangan ringan yang melibatkan segelintir oknum dan tidak dapat digeneralisir. "Sekarang tak ada bukti kebocoran, maka tak ada lagi alasan untuk tidak diintegrasikan masuk PTN," kata Chairil, Jumat (20/4/2012), di Jakarta.

...dst

4 ) UAD Beri Beasiswa Olahraga
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615096/uad-beri-beasiswa-olahraga

Jum'at, 20 April 2012 11:16 wib
YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada tahun akademik 2013/2014 berencana memberikan beasiswa kepada pelajar SMA sederajat yang punya kemampuan olahraga dan seni untuk menempuh pendidikan di kampus ini.Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Pemberdayaan Alumni UAD Muchlas mengatakan, selain sudah menjadi komitmen kampus yang tidak hanya fokus pada pembinaan akademik, tapi juga bidang minat bakat, kebijakan ini diambil lantaran mahasiswa yang menekuni bidang tersebut, terutama olahraga, umumnya tidak terlatih sejak awal. Artinya dalam pembinaannya dilakukan dari nol. "Tapi bukan berarti mahasiswa itu saat diterjunkan dalam event olahraga tidak dapat meraih prestasi. Justru banyak yang mampu menjadi juara, baik regional maupun nasional," ungkap Muchlas di Kampus UAD, kemarin.

...dst

5 ) Beasiswa Kedokteran Khusus Santri
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614589/beasiswa-kedokteran-khusus-santri

Kamis, 19 April 2012 14:15 wib
MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) membuka program beasiswa untuk Fakultas Kedokteran khusus alumni pondok pesantren. Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Unisma Pardiman, program yang baru dibuka tahun ajaran 2012 ini memang khusus untuk menarik calon mahasiswa dari kalangan pesantren.Salah satu persyaratannya, kata Pardiman,  adalah mereka harus benar-benar lulusan pondok pesantren. Hal ini dibuktikan dengan surat rekomendasi dari pengasuh pondok pesantren tempat calon mahasiswa itu belajar. "Kami juga tetap melakukan tes bagi mereka yang mengambil beasiswa itu," ujar Pardiman, Kamis (19/4/2012). Pardiman menjelaskan, program beasiswa ini merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) dan Unisma mendapatkan kuota 40 santri.

...dst

6 ) Beasiswa S-2 Pariwisata ke Italia, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/13145013/Beasiswa.S-2.Pariwisata.ke.Italia.Mau.

Jumat, 20 April 2012 | 13:14 WIB
KOMPAS.com — Bermimpi melanjutkan kuliah pariwisata ke Italia? Kini waktunya mewujudkan mimpi karena MIB School of Management of Trieste, Italia, menawarkan beasiswa S-2 Tourism & Leisure untuk Anda. Beasiswa edisi ke-12 (Oktober 2012-Oktober 2013) dari MIB School ini digunakan untuk biaya pendidikan. Beasiswa yang diberikan mencakup hingga 70 persen dari biaya pendidikan penuh atau sekitar 18.000 euro. Besarnya beasiswa akan dipertimbangkan sesuai dengan biaya pendidikan secara keseluruhan. Apa saja persyaratannya? Lulusan sarjana S-1, fasih berbahasa Inggris dengan memiliki sertifikat TOEFL atau IELST atau PTE, dan memiliki pengalaman bekerja. MIB School of Management hanya akan memberikan beasiswa untuk para kandidat terbaik yang terpilih berdasarkan kualifikasi pendidikan, keterampilan, pengetahuan luas, dan motivasi yang diperlihatkan selama tes wawancara.

...dst

7 ) Bangkai Roket AS Lintasi RI Malam Nanti, Bakal Hantam Bumi Jumat
http://news.detik.com/read/2012/04/19/153913/1896556/10/bangkai-roket-as-lintasi-ri-malam-nanti-bakal-hantam-bumi-jumat?n990102mainnews

Kamis, 19/04/2012 15:39 WIB
Jakarta Bangkai roket Atlas Centaur dengan nomor katalog 16102 milik Amerika Serikat telah menjadi sampah antariksa. Nah, bangkai roket ini diperkirakan akan menghantam Bumi pada 20 April besok."Bekas roket peluncur satelit milik AS diperkirakan akan jatuh besok," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (19/4/2012). Roket ini pertama diluncurkan pada 1985 lalu. Meski diperkirakan jatuh besok, namun rentang ketidakpastiannya adalah sekitar 15 jam. "LAPAN akan memantau benda ini hingga jatuh ke permukaan Bumi karena kemiringan orbitnya kecil, yakni 22 derajat," imbuh Djamaluddin. Menurut dia ukuran bangkai roket ini adalah 2,5 x 7 meter. Lapan akan terus memantau untuk mengantisipasi adanya serpihan yang berpotensi jatuh di wilayah Indonesia. "Wilayah yang dilintasi itu 22 derajat lintang utara dan 22 derajat lintang selatan. Di sekitar itu kan laut sehingga potensi jatuhnya di laut," terang alumnus Universitas Kyoto, Jepang, ini.

...dst

8 ) Mahasiswa Indonesia-AS Digenjot Naik 100 Persen
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/19/m2qdei-mahasiswa-indonesiaas-digenjot-naik-100-persen

Kamis, 19 April 2012, 21:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Indonesia dan Amerika Serikat menjalin kerja sama dalam program pertukaran pelajar untuk meningkatkan jumlah mahasiswa hingga 100 persen dalam beberapa tahun ke depan. "Hal itu merupakan wujud tindak lanjut dari deklarasi bersama antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang berkomitmen menjalin kerja sama secara komperehensif, salah satunya dalam bidang pendidikan," kata Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi, Nizam di Yogyakarta, Kamis (19/4). Menurut dia usai menghadiri acara "US-Indonesia Joint Council on Higher Education Partnership" (Dewan Kerja Sama Indonesia-AS untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi), kerja sama itu ditujukan untuk meningkatkan kembali jumlah mahasiswa AS yang mengambil studi di Indonesia dan sebaliknya.

...dst

9 ) Aset Unpad Dikomersialkan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615078/aset-unpad-dikomersialkan

Jum'at, 20 April 2012 10:26 wib
BANDUNG – Sejumlah bangunan milik Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tersebar di beberapa titik strategis di Kota Bandung akan dikomersialkan dengan pihak lain. "Kami (Unpad) punya aset, nilainya triliunan rupiah. Kalau dikerjasamakan sangat bermanfaat untuk kampus. Tapi nanti bentuk kerja samanya seperti apa masih dibicarakan, ada beberapa model, tapi memungkinkan adanya public private partnership," kata Rektor Unpad Ganjar Kurnia saat ditemui di Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Bangunan-bangunan tersebut ada yang masih digunakan seperti di Jalan Dago No 4. Meski digunakan, kata Ganjar, namun penggunaannya tidak optimal. Selain itu, ada juga yang sudah kosong karena kegiatannya atau kantornya dipindahkan ke Jatinangor. Seperti bangunan yang ada di Casangkuy 62 dan Dago 248. Selain itu, salah satu bangunan di Kampus Dipatiukur juga akan dikerjasamakan. Ganjar menawarkannya menjadi tempat pelatihan, diklat, dan sebagainya.

...dst

10 ) Penyusun RUU Kedokteran Tak Paham Filosofi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/20/183874/Penyusun-RUU-Kedokteran-Tak-Paham-Filosofi-

20 April 2012
YOGYAKARTA - Dekan Fakultas Kedokteran UGM dokter Rr Titi Savitri Prihatiningsih MA MMedEd PhD menilai, RUU Kedokteran tidak sesuai konteks dan ahistoris. Alih-alih memberikan solusi pendidikan kedokteran, RUU ini justru memporak-porandakan sistem pendidikan kedokteran yang telah berjalan puluhan tahun di Indonesia."Secara umum RUU ini ahistoris dan out of context. Penyusun RUU Kedokteran tidak paham government university, (tata kelola universitas), sehingga akan memancing timbulnya permasalahan baru yang lebih kompleks," katanya, baru-baru ini. Salah satu kelemahan mendasar RUU ini, menurut Titi, adalah menempatkan Fakultas Kedokteran sebagai institusi yang independen. Kesalahan ini sangat fatal, karena fakultas berada di bawah aturan universitas dan universitas di bawah Kemdikbud. Dalam konteks ini, kinerja yang dilakukan fakultas terkait dengan pendidikan, tidak bisa dilepaskan dari universitas yang menaungi. Tetapi, kenyataanya RUU ini justru tidak menyinggung keterlibatan universitas. "Padahal, sudah jelas, fakultas harus tetap ikut aturan universitas, misalnya dalam jumlah SPP mahasiswa dan pembiayaan lainya," katanya.

...dst

11 ) Dr Angelina Dosen Berprestasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/20/183876/Dr-Angelina-Dosen-Berprestasi

20 April 2012
SEMARANG- Dr Angelina Ika Rahutami (Unika Soegijapranata Semarang) menjadi juara I Lomba Dosen Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah VI, belum lama ini. Juara II dan III diraih Dr Mutamimah (Unissula) dan Dr Wiranto Herry Utomo (UKSW). Mereka memperoleh trofi, piagam, dan uang pembinaan dari Kopertis Wilayah VI, serta berhak mewakili PTS Jateng ke tingkat nasional. Prof Andreas Lako, salah satu anggota dewan juri mengatakan, Angelina Ika Rahutami terpilih sebagai juara I karena lebih baik dari peserta lain, baik menyangkut karya tridharma perguruan tinggi, potensi unggulan, penguasaan bahasa Inggris, maupun aspek lainnya. Mengenai peluang masuk 15 besar tingkat nasional, Lako optimistis wakil PTS Jateng mampu meraih target

...dst

12 ) Sinergi UGM-Keraton agar Hasilkan Inovasi Pendidikan dan Kebudayaan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/05543570/Sinergi.UGM-Keraton.agar.Hasilkan.Inovasi.Pendidikan.dan.Kebudayaan

Jumat, 20 April 2012 | 05:54 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada diharapkan bisa bersinergi dengan Keraton sebagai entitas kebudayaan dalam mendorong kemajuan peradaban bangsa di bidang pendidikan dan kebudayaan. Harapan itu merupakan kesinambungan hubungan UGM-Keraton yang sudah terjalin sejak berdirinya kampus UGM. Bahkan masa-masa awal eksistensi UGM, tidak lepas dari dukungan Almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang mencita-citakan agar UGM menjadi "Miniatur Indonesia" di bidang pendidikan. Hal itu disampaikan oleh ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam diskusi 'Sinergi UGM dengan Keraton untuk Kemajuan Bangsa' di gedung University Club, Kamis (19/4/2012). Sinergi UGM-Keraton menurut hemat Sultan harus menerapkan tiga prinsip dasar, pertama kesediaan untuk saling berbagi. Tanpa kesediaan untuk saling berbagi , sinergi tidak bisa terlaksana.

...dst

13 ) Politeknik Negeri Punya Seleksi Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/19/19165155/Politeknik.Negeri.Punya.Seleksi.Nasional

Kamis, 19 April 2012 | 19:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Politeknik negeri juga puya seleksi nasional mahasiswa baru layaknya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Seleksi masuk yang dinamakan ujian masuk politeknik negeri (UMPN) ini memungkinkan calon mahasiswa di seluruh Indonesia bisa memilih politeknik secara lintas daerah. "Sebenarnya, seleksi masuk di politkenik negeri, tidak jauh berbeda dengan yang di perguruan tinggi negeri," kata Bambang Wasito Adi, Direktur Politeknik Media Kreatif Negeri (PoliMedia) Jakarta, Kamis (19/4/2012). Pendaftaran UMPN dibuka hingga 7 Juli 2012. Pelaksanaan ujian tulis pada 14 Juli dan ada juga ujian gambar untuk program studi tertentu. Pengumuman peserta yang lulus pada 18 Juli.

...dst

14 ) Politeknik Dukung Industri Kreatif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/19/19224794/Politeknik.Dukung.Industri.Kreatif

Kamis, 19 April 2012 | 19:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Berkembangnya industri kreatif membutuhkan banyak tenaga ahli terdidik yang siap pakai. Dalam upaya memenuhi sumber daya manusia di bidang industri kreatif, pemerintah mendirikan politeknik dengan program studi untuk memenuhi tenaga ahli madya di bidang industri kreatif. Politeknik untuk menyiapkan tenaga kerja di bidang industri kreatif yang didirikan pemerintah adalah Politeknik Media Kreatif Negeri (Polimedia) Jakarta. Pemerintah juga mengembangkan politeknik serupa di Makassar (Sulawesi Selatan) dan Medan (Sumatera Utara).Direktur Polimedia Jakarta Bambang Wasito Adi mengatakan, kebutuhan dunia usaha/industri akan lulusan politeknik cukup tinggi, terutama untuk lulusan yang memiliki program unik.

...dst

15 ) Yuk, Ikut Seminar Pembangunan Karakter di Undip!
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614445/yuk-ikut-seminar-pembangunan-karakter-di-undip

Kamis, 19 April 2012 13:18 wib
JAKARTA - Sudahkah kamu memiliki rencana untuk menghabiskan akhir pekan ini? Jika belum, bagi kamu yang berada di Semarang dan sekitarnya dapat mengikuti seminar Nasional di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dengan tema "Pembangunan Karakter dan Kemandirian Masa Depan Bangsa." Dalam acara besutan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Konsentrasi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Undip tersebut, akan hadir berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Ketua DPR RI Marzuki Ali, politikus Akbar Tandjung, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo yang akan membawakan keynote speech, serta Pemerhati Politik Endang Larasati. Tajus Syarofi selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan bersama dan diamalkan aktif dalam membangun bangsa dan negara yang bermartabat.

...dst

16 ) UI Gandeng BNI Tanam Seribu Pohon
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614770/ui-gandeng-bni-tanam-seribu-pohon

Kamis, 19 April 2012 17:35 wib
DEPOK - Universitas Indonesia (UI) bersama Bank BNI menanam pohon di depan Perpustakaan pusat UI. Pohon yang ditanam berjenis eboni, akasia, dan trembesi.Penanaman simbolik dilakukan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri, berdekatan dengan pohon Africa Baobab yang eksotis dari Subang. Direktur Utama BNI Gatot Suwondo juga turut menanam satu pohon. Wakil Dirut BNI Felia Salim mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen BNI untuk berkontribusi secara besar dalam upaya merevitalisasi hutan dan lingkungan.  "Penanaman pohon ini merupakan upaya jajaran direksi untuk berkomitmen menyentuh masalah lingkungan dan sosial, yang merupakan bagian dari CSR kami. Kami senang sekali bisa berperan pada revitalisasi hutan UI seribu pohon," kata Felia, Kamis (19/4/2012).

...dst

17 ) Taklukkan Seven Summits, Mahitala Unpar Tulis Buku
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614536/taklukkan-seven-summits-mahitala-unpar-tulis-buku

Kamis, 19 April 2012 13:26 wib
JAKARTA - Setelah berhasil menaklukkan tujuh puncak tinggi di tujuh benua, tim Indonesia Seven Summits Expeditions Mahitala Universitas Parahiyangan (Unpar) atau ISSEMU kini meluncurkan buku bertajuk Menapak Tiang Langit. Empat pendaki yang tergabung dalam Tim ISSEMU tersebut, yakni Sofyan Arief Fesa, Xaverius Frans, Broery, dan Janatan, berbagi kisah sukses mereka dalam mengukir prestasi menjadi tim mahasiswa Indonesia pertama yang menjadi The Seven Summiters. Dalam buku tersebut tertuang suka duka para pendaki muda itu bersama tim yang selalu berada di balik mereka."Dua setengah tahun lalu kami memulai perjalanan ini yang diawali dengan Ekspedisi Sudirman. Itu menjadi langkah awal untuk meneruskan perjalanan dan bentuk komitmen kami untuk menaklukkan puncak tertinggi lainnya," kata Sofyan di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2012).

...dst

18 ) BKKBN Gandeng Kampus untuk Sukseskan KB
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615118/bkkbn-gandeng-kampus-untuk-sukseskan-kb

Jum'at, 20 April 2012 11:45 wib
MEDAN – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng universitas-universitas di Indonesia untuk mendorong dan memperluas program Keluarga Berencana (KB). Kepala BKKBN Pusat DR dr Sugiri Syarif menyebutkan, kerja sama tersebut untuk memberikan pemahaman KB kepada mahasiswa dan diharapkan bisa menularkannya kepada masyarakat. "Paling tidak, KB itu dipahami oleh mahasiswa itu sendiri. Tapi, kami harapkan, mahasiswa bisa menularkan pemahaman kepada masyarakat. Setelah itu kami mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengembangan," katanya usai pembukaan pertemuan konsultasi kepala seksi di lingkungan service centre di Novotel Sochie, Medan, kemarin malam.

...dst

19 ) UII Ikuti Overseas Immersion Program di Korsel
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615088/uii-ikuti-overseas-immersion-program-di-korsel

Jum'at, 20 April 2012 10:51 wib
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti Overseas Immersion Program. Kegiatan ini merupakan pertemuan student council di Solbridge International School of Business, Woosong University, Daejeon, Korea Selatan (Korsel). Kali ini ada 30 mahasiswa dan dosen UII dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknologi Industri yang mengikuti kegiatan tersebut. Wakil rektor III Bidang Kemahasiswaan UII Bachnas direncanakan akan melepas keberangkatan mereka, hari ini (Jumat, 20/4/2012) di Kampus UII Cik Ditiro, Yogyakarta. Ketua rombongan sekaligus Direktur ERP Competence Center UII Primanita Setyono mengatakan, pertemuan tersebut berlangsung selama tujuh hari.

...dst

20 ) Sering Berkata Kotor, Ketua STAIN Harus Minta Maaf
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615116/sering-berkata-kotor-ketua-stain-harus-minta-maaf

Jum'at, 20 April 2012 10:48 wib
PAMEKASAN – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan yang tergabung dalam Komunitas Peduli Kampus (KPK) menggelar aksi protes menuntut Ketua STAIN Dr Idri MAg meminta maaf secara terbuka.Idri dianggap telah melecehkan mahasiswa dan dosen karena telah mengeluarkan umpatan dan kata-kata kotor. Koordinator KPK, Jailani, menyatakan, penghinaan yang dilakukan ketua STAIN menimpa hampir seluruh mahasiswa dan sebagian dosen. "Itu kami nilai melampaui batas, apalagi dilakukan di kampus. Oleh karenanya, kami menuntut agar dia (ketua) meminta maaf secara terbuka," ujarnya.Jailani menjelaskan, jika permintaan tersebut tidak dilakukan, mahasiswa tidak akan segan-segan untuk menempuh aksi massa, dengan jumlah yang lebih banyak.

...dst

21 ) Untuk Memindai 1.780.000 LJUN, 20 Alat Pemindai Dioperasikan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/185268

Kamis, 19/04/2012 - 18:16
BANDUNG,(PRLM).- Sekitar 20 alat pindai atau scaning dioperasikan untuk memindai 1.780.000 Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) tingkat SMA/MA/SMK 2012 yang ujiannya berakhir, Kamis (19/4). Tim pemindaian menargetkan proses pemindaian bisa selesai dalam enam hari ke depan.
"Setelah pemindaian selesai, langsung dikirim ke Jakarta. Ada 20 alat yang tersedia dan digunakan, dengan cadangan alat lima unit. Untuk membantu proses pemindaian ini kami juga mengerahkan sekitar 220 pegawai selama proses pemindaian dilakukan," kata Ketua Tim Pemindaian LJUN SMA/SMK/MA Dr. Munir saat dihubungi, Kamis (19/4).
Pemindaian yang berlokasi di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia, kata Munir, bertugas untuk memindai seluruh LJUN SMA/SMK/MA dari seluruh wilayah kabupaten kota. Setiap hari usai pelaksanaan ujian, semua daerah mengirimkan LJUN ke lokasi pemindaian di UPI. "Kemarin (Rabu (18/4)) daerah yang paling awal datang ke kami itu dari Kota Cimahi. Sementara daerah yang datang paling terakhir itu ada Kabupaten Bogor. Ya mungkin karena lokasi dan daerahnya yang cukup jauh sehingga memerlukan waktu yang lama di perjalanan," ujarnya.

...dst

22 ) KemenPAN: kuota PNS 60 ribu orang
http://www.antaranews.com/berita/307031/kemenpan-kuota-pns-60-ribu-orang

Jumat, 20 April 2012 11:55 WIB
Denpasar (ANTARA News) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) menyediakan kuota penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) reguler pada tahun 2012 sebanyak 60 ribu orang. "Kuota itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pegawai yang benar-benar dibutuhkan secara khusus, seperti tenaga medis dan pengajar," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar dalam pertemuan anggota Badan Pemeriksa Keuangan dengan Wali Kota/Bupati seluruh Bali dan Nusa Tenggara, di Denpasar, Jumat. MenPAN mengatakan, jumlah tersebut sepertiga dari kuota yang disiapkan beberapa waktu lalu, di mana sebanyak 20 ribu orang untuk di tingkat pusat. Oleh karena itu, tambah Azwar, pihaknya memberikan kesempatan kabupaten/kota mengajukan kebutuhan pegawai seusai analisanya. Azwar menjelaskan, setiap kabupaten/kota akan disiapkan tenaga analis jabatan untuk menentukan kebutuhan di wilayah tersebut. Masih kata MenPAN, alasan disiapkan kuota sebanyak itu karena adanya pegawai yang akan pensiun sebanyak 120 ribu orang, tapi untuk menutupinya hanya dibutuhkan setengahnya saja dari PNS baru.

...dst

23 ) MenPAN jamin penerimaan PNS lebih baik
http://www.antaranews.com/berita/307033/menpan-jamin-penerimaan-pns-lebih-baik

Jumat, 20 April 2012 12:08 WIB
Denpasar (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menjamin proses penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) reguler pada tahun 2012 lebih baik. "Kami akan melibatkan perguruan tinggi dengan pengawalan hasil pelaksanaan oleh polisi. Kami jamin pelaksanaan akan lebih baik dari sebelumnya," kata Azwar dalam pertemuan anggota Badan Pemeriksa Keuangan dengan Wali Kota/Bupati seluruh Bali dan Nusa Tenggara, di Denpasar, Jumat. MenPAN juga menjamin tidak akan ada lagi permainan dalam penerimaan PNS baru.  "Semuanya akan berjalan murni", katanya. Sesuai rencana pada tahun ini pihaknya akan menerima sebanyak 60 ribu PNS reguler baru untuk menutupi kekurangan pegawai akibat pensiun sebanyak 120 ribu orang.

...dst

24 ) Berperan Ganda di Negeri Orang, Menjadi Ibu dan Mahasiswi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/19/15511812/Berperan.Ganda.di.Negeri.Orang.Menjadi.Ibu.dan.Mahasiswi

Kamis, 19 April 2012 | 15:51 WIB
Oleh: Dhitri
KOMPAS.com - Duduk di tempat tidur sempit, saya memangku bayi yang sedang menyusui sambil menyusun tugas esai yang tenggat waktunya sudah dekat di layar laptop di meja kecil di samping tempat tidur. Di laci dresser terletak buku pinjaman perpustakan sebagai alas bagi thermometer dan obat penurun panas bayi untuk bersiap-siap mengukur panas si kecil, yang walaupun sudah terkantuk-kantuk tetap tak mau tidur di tempat lain selain di pelukan ibunya. Sementara kaki kiri ini, yang dipakai untuk menopang bantal menyusui dan sebagian besar beban tubuh si kecil, mulai mati rasa.

...dst

Berita Edukasi, 19 April 2012

1 ) Indonesia-Amerika Buka Peluang Kerja Sama Penelitian
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/269

04/18/2012
Jakarta – Indonesia dan Amerika Serikat kembali membuka akses bagi mahasiswa dari kedua negara untuk saling bertukar ilmu dan melakukan penelitian bersama. Kesempatan tersebut kali ini dituangkan dalam nota kerja sama antara Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Hawaii, yang ditandatangani oleh wakil rektor Universitas Binus dan perwakilan dari Universitas Hawaii. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso, Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi, Nizam, dan Bernard Burrola selaku Direktur Eksekutif US-Indonesia Joint Council, di Gedung D Kemdikbud, Rabu (18/04). Penandatangan kerjasama pendidikan ini merupakan satu dari belasan kerja sama lain yang dilakukan dalam kunjungan joint council ke Indonesia. Kerja sama ini lebih diarahkan pada kerja sama antar universitas. Dirjen Dikti, Djoko Santoso, mengatakan tujuan penting dari kerja sama ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan dengan pendekatan pertemanan kedua negara. "Intinya kita mencari teman," ujarnya kepada media usai menyaksikan penandatanganan nota kerja sama, Rabu (18/04).

...dst

2 ) AS Perbesar Akses Studi S-2 dan S-3
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/18/15305265/AS.Perbesar.Akses.Studi.S-2.dan.S-3

Rabu, 18 April 2012 | 15:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pertukaran mahasiswa antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) akan semakin meningkat. Beberapa kerjasama telah disepakati antara universitas-universitas di AS dan perguruan tinggi di Indonesia. Executive Director U.S Joint Council on Higher Education Partnership Bernard A Burrola mengatakan, selain berbagi keahlian, sumber daya manusia dan inisiatif penelitian, kerjasama juga dilakukan sebagai cermin meningkatnya hubungan kedua negara. "Kesepakatan ini sejalan dengan komitmen pemerintah kedua negara untuk meningkatkan jumlah pertukaran mahasiswa hingga dua kali lipat dalam empat tahun mendatang," kata Bernard di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Rabu (18/4/2012). Ia melanjutkan, kerjasama tersebut diwujudkan dengan kesepakatan dari University of Hawaii-Manoa untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh studi jenjang S-2 dan S-3 di Hawai. Selain itu, saat ini Portland State University di Oregon juga tengah merencanakan program beasiswa terbuka bagi mahasiswa dari universitas mitra di Indonesia.

...dst

3 ) Empat Fokus Kerja Sama Pendidikan RI-AS
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/18/373/613896/empat-fokus-kerja-sama-pendidikan-ri-as

Rabu, 18 April 2012 15:10 wib
JAKARTA - Menyadari jumlah mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (AS) yang semakin menurun, maka pemerintah AS berupaya meningkatkan jumlah tersebut dengan menggandeng berbagai perguruan tinggi Indonesia. Kali ini, Dewan Kerja Sama Indonesia-AS untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi menggandeng 13 perguruan tinggi yang tersebar di berbagai negara bagian AS untuk berintegrasi dengan perguruan tinggi Nusantara baik negeri maupun swasta. Kerja sama ini difokuskan pada empat hal, yaitu sains, teknologi, engineering, dan matematika (STEM). Direktur Eksekutif AS dalam Dewan Kerja Sama Indonesia-AS untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi Bernie Burrola mengatakan, kebanyakan universitas di AS mencari keberagaman. Sehingga, mahasiswa yang berada di kampus tersebut pun diharapkan berasal dari berbagai negara.

...dst

4 ) Kemendikbud Perluas Program Dual Degree
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/18/373/613949/kemendikbud-perluas-program-dual-degree

Rabu, 18 April 2012 16:12 wib
JAKARTA - Untuk mampu menghadapi tantangan global, maka generasi muda Indonesia pun harus disiapkan dengan kualitas internasional. Tentu dengan mempertahankan ciri khas Tanah Air. Salah satu upaya yang ditempuh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah program dual degree. "Agar pelajar Indonesia memiliki wawasan dunia, maka kami terus mendorong program-program dual degree. Misalnya, perkuliahan di Indonesia sementara penelitian dilakukan di negara lain," kata Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2012). Nizam yang merupakan Guru Besar di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini menyebutkan, program dual degree di antaranya telah diterapkan di UGM. Menurutnya, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan wawasan kampus bertaraf internasional. Hingga saat ini, lanjutnya, jumlah terbesar mahasiswa asing di Indonesia berada di Fakultas Kedokteran. Jumlah ini, kata Nizam, karena biaya kuliah kedokteran di Indonesia yang sangat murah.

...dst

5 ) Indonesia Tidak Alami Brain Draining
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/18/373/614002/indonesia-tidak-alami-brain-draining

Rabu, 18 April 2012 17:18 wib
JAKARTA - Kenyamanan fasilitas yang ditawarkan negara asing terkadang membuat mahasiswa enggan kembali ke negara asal. Setelah menyelesaikan pendidikan, mereka cenderung menetap dan berupaya meraih kesuksesan.Fenomena ini tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri untuk meningkatkan kerja sama pendidikan internasional. Namun, Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam membantah hal tersebut. Menurut Nizam, ada sebuah penelitian mengenai perbandingan jumlah pelajar yang kembali ke negara asal setelah menempuh pendidikan di luar negeri. Hasil penelitian itu menunjukkan kekhawatiran tersebut tidaklah relevan. "Saya lupa nama penelitiannya tapi saya memiliki datanya. Berdasarkan data tersebut, 90 persen mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri kembali Tanah Air," kata Nizam kepada okezone, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2012). Maka, kata Nizam, brain draining atau hijrahnya para sarjana Indonesia ke luar negeri kurang beralasan.

...dst

6 ) Beasiswa S2 Teknologi Informasi untuk PNS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/18/10501570/Beasiswa.S2.Teknologi.Informasi.untuk.PNS

Rabu, 18 April 2012 | 10:50 WIB
Kompas.com - Kementrian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Magister Teknologi Informasi UGM membuka beasiswa program S2 Chief Information Officer (CIO) bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau calon PNS yang ditempatkan di lembaga departemen, nondepartemen, baik di lingkungan pemerintah pusat atau daerah. Program CIO ditujukan untuk eksekutif/pengambil kebijakan yang bertanggung jawab mempromosikan TI sebagai sarana peningkatan kualitas birokrasi pemerintahan, baik pada level strategis maupun operasional. Program CIO MTI UGM dirancang untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam rangka pengembangan e-Government di lembaga pemerintah tingkat pusat maupun daerah.

...dst

7 ) Tiap Mahasiswa FMIPA UGM Butuh Ruang 10 M2 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487682/

Thursday, 19 April 2012
YOGYAKARTA – Kondisi ruang kuliah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) dinilai belum ideal untuk menampung mahasiswa hingga 2020. Kebutuhan akan ruang kuliah dikarenakan pada 2020 nanti jumlah mahasiswa FMIPA diperkirakan akan mencapai 4.500 orang. Setiap mahasiswa membutuhkan ruang rata-rata 10 meter persegi (m2). Jadi, untuk menampung mereka diperlukan luas ruang lantai 45.000 m2.Namun,realitasnya ruang lantai FMIPA masih di bawah luasan tersebut. "Sampai saat ini ruang lantai FMIPA baik yang sudah ada maupun rencana pembangunan gedung baru untuk luas lantai baru 42.302 meter persegi. Jadi masih kurang dari ideal," kata Dekan FMIPA UGM Chairil Anwar di sela-sela peresmian Gedung Pascasarjana FMIPA kemarin.

...dst

8 ) UGM terus Kembangkan Ilmu Mediasi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/19/313926/293/14/UGM-terus-Kembangkan-Ilmu-Mediasi

Kamis, 19 April 2012 04:23 WIB
JAKARTA--MICOM: Universitas Gajah Mada (UGM) terus mengembangkan ilmu tentang mediasi menjadi profesi yang dapat mewarnai perkembangan hukum di Indonesia guna member kontribusi terhadap permasalahan bangsa. "UGM mengajak semua pihak dapat mengembangkan mediasi sebagai keilmuan dan profesi untuk masa kini dan masa depan dalam menyelesaikan persoalan kemasyarakat dan kebangsaan," kata Ketua Pusat Mediasi Indonesia Sekolah Pasca Sarjana UGM ,Suryono pada diskusi tentang Mediasi Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa, yang diselenggarakan Eka Tjipta Foundation (EKF) dan Badan Mediasi Indonesia di Plaza BII, Jakarta, Rabu (18/4).

...dst

9 ) Silakan Susun Naskah Akademik RUU Mediasi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/19/313924/293/14/Silakan-Susun-Naskah-Akademik-RUU-Mediasi

Kamis, 19 April 2012 04:09 WIB
JAKARTA--MICOM: Langkah penegakan hukum di Indonesia tidak mesti ditempuh dengan jalur perkara ke pengadilan namun dapat dilakukan melalui mediasi. Jika diperlukan Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Mediasi penting ditindaklanjuti dengan menyiapkan naskah akademik lalu disampaikan ke dewan dan pemerintah. "Silakan disusun naskah akademik RUU Mediasi lalu usulkan ke dewan dan pemeritah menjadi prolegnas sehingga sosialiasi mediasi menjadi lebih kuat. Saya turut mendorong ini," kata Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Macfud MD pada diskusi Mediasi Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa,yang diselenggarakan Eka Tjipta Foundation (ETF) dan Badan Mediasi Indonesia (BaMI) di Plaza BII, Jakarta, Rabu (18/4).

...dst

10 )Mahasiswa UR Tak Lagi Meneliti di Bawah Pohon Sawit
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/18/373/613687/mahasiswa-ur-tak-lagi-meneliti-di-bawah-pohon-sawit

Rabu, 18 April 2012 11:21 wib
PEKANBARU - Setelah bertahun-tahun hanya belajar agribisnis di bawah pohon kelapa sawit, Fakultas Pertanian jurusan Agribisnis Universitas Riau (UR) akhirnya memiliki pusat penelitian dan pelatihan. Kepala Inkubator Fakultas Pertanian UR Syaiful Hadi menyatakan, selama ini para mahasiswa memang belum memiliki tempat penelitian untuk pengembangan ilmu agribisnis. Kini, mereka bebas meneliti di pusat penelitian dan pelatihan yang dibangun bekerja sama dengan PT RAPP ini.  "Selama empat tahun belakangan ini mahasiswa belajar di bawah pohan sawit saja. Repotnya, jika hujan, mahasiswa berlarian untuk berteduh. Sekarang tidak lagi," kata Syaiful, kemarin. Gedung baru yang dimiliki Fakutas Ekonomi ini berdiri di atas lahan seluas 400 m2. Peresmiannya dihadiri oleh Gubernur Riau Rusli Zainal. Fakultas Pertanian UR sendiri saat ini sedang memfokuskan pengembangan tanaman untuk bibit unggul seperti topas.

...dst

11 ) Dua Bapak Ekonomi RI Jadi Nama Kampus FEUI
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/18/373/614109/dua-bapak-ekonomi-ri-jadi-nama-kampus-feui

Rabu, 18 April 2012 18:40 wib
DEPOK – Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) menyelenggarakan acara "Mengenang 40 Hari Wafatnya Prof Widjojo Nitisastro, Ph.D", serta penggantian nama kampus FEUI Salemba dan Depok. Kampus FEUI Salemba berubah nama menjadi Kampus FEUI Sumitro Djojohadikusumo, sedangkan Kampus FEUI Depok menjadi Kampus FEUI Widjojo Nitisastro. Dalam acara tersebut juga hadir Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Djojohadikusumo yang merupakan wakil keluarga Prof Dr Sumitro Djojohadikusumo, serta mantan Presiden RI BJ Habibie sebagai perwakilan keluarga Prof Widjojo Nitisastro, Ph.D. Prabowo menyampaikan apresiasi terhadap civitas akademika FEUI yang menghormati para sesepuhnya. Dia pun meminta para mahasiswa dan generasi muda mampu meneruskan cita-cita kedua tokoh besar ekonomi tersebut.

...dst

12 ) Pimpinan PT Dukung Polisi Masuk Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614452/pimpinan-pt-dukung-polisi-masuk-kampus

Kamis, 19 April 2012 11:39 wib
PALOPO – Sejumlah pimpinan perguruan tinggi (PT) di Kota Palopo mendukung program Police Goes To Campus yang digagas Kapolres Palopo AKBP Muh Fajaruddin. Program polisi masuk kampus ini digagas sebagai salah satu upaya mendekatkan Polri dengan mahasiswa. Program ini diarahkan untuk pola kemitraan antara Polri dengan mahasiswa dan PT. "Banyak program kemitraan yang bisa dikerjasamakan antara polisi dengan mahasiswa, sehingga terjalin hubungan yang baik," kata Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, Prof Nihaya dalam acara Silaturahmi Muspida dengan pimpinan PT dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Palopo, di Aula Mapolres Palopo, kemarin.

...dst

13 ) Peneliti Berpeluang Tampil di Asia-Pasifik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/19/183739/Peneliti-Berpeluang-Tampil-di-Asia-Pasifik-

19 April 2012
SEMARANG- Tingginya kemampuan sumber daya manusia di bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah belum diimbangi kemampuan menjalin jaringan sesama peneliti di tingkat global. Akibatnya, mereka jarang dikenal, bahkan tidak terlibat dalam penelitian yang melibatkan pakar antarbangsa. Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) Future Scientist Conference atau AFSC 2012 pada 24-29 April di Kota Semarang, diharapkan mampu menjembatani kesenjangan tersebut. 
Dekan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip Dr Muhammad Nur DEA mengatakan, peneliti Indonesia masih perlu memperluas pergaulan dengan sesama peneliti luar negeri. Peluang ini bisa dimulai dari AFSC.

...dst

14 ) STP Trisakti Kerja Sama dengan Burapha University
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/19/313921/293/14/STP-Trisakti-Kerja-Sama-dengan-Burapha-University

Kamis, 19 April 2012 03:42 WIB   
JAKARTA--MICOM: Lima mahasiswa S2 penerima Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud terpilih mewakili Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti mengikuti program double degree ke Burapha University, Thailand selama satu tahun. Wakil Direktur Pasca Sarjana STP Trisakti Azril Azahari mengemukakan saat ini ada 61 mahasiswa S2 penerima program beasiswa unggulan Biro Program Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kemendikbud yang kuliah di STP Trisakti. Dari 61 orang itu terpiliha lima orang mengikuti program double degree ke Burapha University. "Kerja sama dengan Burapha akan ditingkatkan dengan kerjasama team dosen untuk penerbitan , penelitian dan tukar menukar dosen," kata Azaril di sela sela acara penandatanganan MoU STP Trisakti dengan delegasi Burapha University, di Kampus STP Trisakti, Jakarta, Rabu (18/4).

...dst

15 ) Stroke dalam Pendidikan Kita
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/18/09184595/Stroke.dalam.Pendidikan.Kita

Rabu, 18 April 2012 | 09:18 WIB
Oleh: SAIFUR ROHMAN
Sekolah Dasar Angkasa Halim IX, Jakarta Timur, akhirnya menarik lembar kerja siswa Ceria untuk kelas II SD yang berisi cerita tentang "istri simpanan". Pihak sekolah mengaku kecolongan. Sementara itu, pemerintah menyatakan bahwa materi pelajaran yang beredar itu tidak bisa dikontrol oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena diselenggarakan oleh satuan pendidikan masing-masing. Pihak-pihak terkait telah cuci tangan, tetapi cerita ini baru dimulai. Bilamana pendidikan di Indonesia dianggap sebagai satu sistem yang beroperasi optimal, perlu ditanyakan: manakah unsur yang mengalami malafungsi? Jika malafungsi ini tidak dicermati, pertanyaan lanjutannya adalah bagaimana prospek pendidikan Indonesia ke depan?

...dst

16 ) DNA dan Pendidikan Karakter
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/19/183735/DNA-dan-Pendidikan-Karakter

19 April 2012
REVOLUSI penggunaan DNA dimulai saat Alec Jeffreys dari Leicester, Inggris, pada tahun 1960 menemukan daerah-daerah tertentu pada DNA (yang disebut minisatelit) yang dapat dipakai sebagai sidik jari DNA (DNA fingerprinting). Pada tahun 1991 suatu teknologi baru yang memakai Short Tandom Repeat (STR) digunakan untuk identifikasi korban. STR DNA adalah suatu daerah dalam DNA yang memiliki urutan berulang (urutan dalam DNA adalah urutan molekul-molekul terkecil penyusun DNA, yaitu dikenal sebagai basa-basa nukleotida). Setiap orang akan mempunyai pola pengulangan yang berbeda, sehingga akan dapat digunakan untuk identifikasi. Keakuratan tes DNA sangat tinggi, karena dapat mencapai 100%. Selain untuk penentuan korban-korban atau pelaku bom, juga digunakan saat penentuan korban akibat bencana alam, kecelakaan pesawat (yang umumnya sudah sangat sulit dikenali secara fisik), dan penentuan kekerabatan/kekeluargaan. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah karakter manusia juga tertulis dalam DNA, sehingga menurun dari orang tua ke anak. Apakah karakter manusia juga diwariskan seperti sifat-sifat fisik (fenotip)?

...dst

17 ) Polisi Tangkap Pembunuh Dosen UI, Pelaku Keponakan
http://news.detik.com/read/2012/04/18/143800/1895396/10/polisi-tangkap-pembunuh-dosen-ui-pelaku-keponakan?n990102mainnews

Rabu, 18/04/2012 14:38 WIB
Tangerang Polisi mengamankan satu orang yang diduga tersangka pembunuh Dosen Universitas Indonesia (UI) Suwantji Sisworaharjo (73). Pelaku adalah Urip S, yang tidak lain adalah keponakan korban. Urip ditangkap di rumah salah satu saudara korban di Jalan Gajah Pungkur, Jakarta Selatan. "Kita telah mengamankan satu orang. Tapi masih kita proses untuk mencocokan keterangan satu dengan yang lainnya," kata Kasat Reskrim Polres Metro Kota Tangerang AKBP Rahmat, Rabu (18/4/2012).Menurutnya, pihaknya masih melakukan pendalaman terdahap satu orang itu. "Sementara yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan. Kita tidak mau mengejar pengakuan tapi pembuktian," pungkasnya.
Rahmat mengaku seluruh proses akan segera diungkap jika telah membongkar kasus tersebut. "Sabar dulu saja. Pasti kita ungkap kalau kita berhasil mendapatkan tersangkanya," katanya

...dst

18 ) Pelaku Nekat Bunuh Dosen UI untuk Bayar Kontrakan Rumah
http://news.detik.com/read/2012/04/18/151918/1895451/10/pelaku-nekat-bunuh-dosen-ui-untuk-bayar-kontrakan-rumah?n991102605

Rabu, 18/04/2012 15:19 WIB
Jakarta Motif dari pembunuhan dosen FISIP UI, Suwantji Sisworaharjo (73), terkuak sudah. Sang pelaku, Satrio Utomo (45), nekat membunuh lantaran tidak ada uang untuk membayar kontrakannya. "Modus pelaku untuk membayar kontrakannya yang sudah tiga bulan menunggak," Kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (18/4/2012). Pelaku juga mengambil perhiasan emas milik korban seberat 22 gram dan satu buah ponsel. Adapun hasil rampasan tersebut digunakan untuk membayar uang sewa kontrakanya.

...dst

19 ) Mendikbud: Kecurangan UN Tak Bisa Hilang 100%, Tahun Ini Lebih Baik
http://news.detik.com/read/2012/04/19/113024/1896180/10/mendikbud-kecurangan-un-tak-bisa-hilang-100-tahun-ini-lebih-baik?n991102605

Kamis, 19/04/2012 11:37 WIB
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Medikbud) M Nuh memastikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA yang berlangsung sejak Senin (16/4) berjalan cukup baik dan lancar."Memang kita juga dengar atas berbagai pengaduan dalam pelaksanaan UN itu, baik pengaduan soal kebocoran soal, kunci jawaban, soal-soal ujian dalam pendistribusiannya, hingga dugaan kecurangan dalam pelaksanaan UN itu. Namun dapat saya pastikan hal itu memang tidak bisa hilang 100 persen, tetapi kondisi pelaksanaan UN tahun ini telah lebih baik," ujar M Nuh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4). Hingga Rabu (18/4) kemarin pengaduan soal pelaksanaan UN, baik soal kecurangan, peredaran kunci jawaban, soal ujian yang rusak, dan lainnya, ; telah mencapai 752 kasus. Nuh berharap jangan sekedar melihat masih cukup tingginya laporan pengaduan UN semata. Tetapi pada substansinya, yaitu penyelenggaraan UN tahun ini lebih siap, matang, dan lebih baik dalam kualitas.

...dst

20 ) Kemendikbud Ancam Sanksi Pelanggar UN 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487543/

Thursday, 19 April 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung penuh penjatuhan sanksi kepada para pelaku pelanggaran Ujian Nasional (UN), khususnya para pengawas. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pengawas ditugaskan untuk melakukan pengawasan agar UN berjalan dengan baik. Karena itu, Kemendikbud tidak segan-segan memberikan sanksi kepada pengawas yang lalai melaksanakan tugasnya.Pengawas yang terdiri dari perguruan tinggi dan guru yang ditunjuk, ujar Nuh, sudah seharusnya menjalankan tugasnya sesuai tugas dan fungsi pokok yang ada. Mendikbud mengatakan, pengawas seharusnya bisa bersikap tegas, misalnya tidak memperbolehkan siswa membawa telepon seluler ke dalam ruang kelas. "Kita tidak perlu ragu mengambil tindakan. Setiap ada laporan yang menonjol akan diselidiki lalu dicari jalan keluarnya dulu, sehingga siswa tidak dirugikan,"tandas Nuh di Gedung Kemendikbud,Jakarta, kemarin. 

...dst

21 ) Seleksi CPNS Diperketat
http://www.jpnn.com/read/2012/04/19/124747/Seleksi-CPNS-Diperketat-

Kamis, 19 April 2012 , 06:06:00
JAKARTA- Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2012 diperkirakan bakal makin ketat. Dalam persiapan pengangkatan CPNS kali ini, pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) berupaya menimalisir kecurangan-kecurangan yang kerap terjadi. Karena itu, pemerintah pusat mengundurkan deadline pengumpulan data CPNS baik dari tenaga honorer Kategori I (KI) maupun pelamar umum, dari akhir Maret menjadi akhir April. "Banyak sekali pengaduan masyarakat terkait tenaga honorer KI. Di daerah banyak sekali justru merasa diangkat malah tidak diangkat, tidak seharusnya diangkat malah diangkat, jadi Kemenpan masih menunggu," jelas Wakil Menteri PAN dan) Eko Prasodjo ditemui di sela-sela seminar Perspektif Global dan Gerakan Naional Menciptakan Wilayah Bebas Korupsi di Hotel Sari Pan Pacific, kemarin (18/4).

...dst

22 ) Rekrutmen PNS Dibatasi-Pemerintah Daerah Bermasalah Dilarang Tambah Pegawai 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487542/

Thursday, 19 April 2012
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) akan menutup penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerah yang bermasalah. Wamenpan dan RB Eko Prasodjo mengatakan, Oktober nanti pemerintah akan membuka perekrutan untuk tenaga honorer kategori I (K1) dan juga CPNS di bidang pendidikan, kesehatan,dan tenaga fungsional lainnya yang dinilai dibutuhkan." Namun untuk pengangkatan keduanya, kemungkinan akan ada penundaan di beberapa daerah karena data yang diajukan dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat masih bermasalah," katanya di Jakarta kemarin. Menurut Eko, beberapa daerah yang datanya masih bermasalah di antaranya Jeneponto, Dumai, Minahasa, dan Dompu. Karena itu, daerah- daerah itu nantinya tidak boleh menerima CPNS. Lebih lanjut dia mengungkapkan, pihaknya sedang menunggu verifikasi dari pejabat yang bersangkutan terkait dugaan penerimaan CPNS periode lalu bermasalah.

...dst 

23 ) Mengharukan...
Bocah Ini Kumpulkan 10.000 Dollar AS untuk Pengobatan Ayahnya
http://internasional.kompas.com/read/2012/04/19/0620559/Bocah.Ini.Kumpulkan.10.000.Dollar.AS.untuk.Pengobatan.Ayahnya

Kamis, 19 April 2012 | 06:20 WIB
GLADEWATER, KOMPAS.com — Hebat sekali anak ini. Drew Cox (6) berhasil mengumpulkan dana 10.000 dollar AS untuk mengobati penyakit kanker ayahnya. Tiga bulan lalu, ayahnya, Randy Cox, didiagnosis menderita seminoma, sejenis kanker langka. Si kecil Drew memutuskan menggunakan kios lemonnya untuk mengumpulkan dana bagi pengobatan ayahnya. "Dia sangat penting bagi saya," kata Drew. Pada awalnya, limun yang dijual Drew sedikit saja. Setelah itu, tetangganya mulai mengetahui bahwa Drew berjualan untuk pengobatan ayahnya. Kios limun itu menjadi pesta kecil di sekeliling rumah Drew. Banyak mobil yang antre untuk membeli limun sekaligus memberikan sumbangan. Pada sore hari, terkumpul 10.000 dollar AS. Teman Drew juga membuka rekening khusus untuk menampung bantuan. Rameka Loyd Royal berhasil mengumpulkan dana 5.000 dollar AS. (Reuters/Joe).

...dst

Berita Edukasi, 18 April 2012

1 ) ITS Ikuti Atlantic Challenge di Irlandia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/19031671/ITS.Ikuti.Atlantic.Challenge.di.Irlandia

Selasa, 17 April 2012 | 19:03 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya mengirim tim untuk mengikuti kejuaraan internasional bahari Atlantic Challenge di Irlandia. Sebanyak 20 mahasiswa berangkat mewakili Indonesia. Kejuaraan yang berlangsung 21-29 Juli tersebut diikuti 16 negara. Tim Maritime Challenge ITS merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia sekaligus Asia. Ketua tim, Rikki Styadi, mengemukakan, tim melakukan persiapan selama lima bulan terakhir. "Kami latihan mendayung di Pantai Kenjeran (Surabaya) dan berlatih fisik di kampus," ujar Rikki, Selasa (17/4/2012), di Surabaya, Jawa Timur.Tim terdiri dari 13 mahasiswa ITS dan 7 mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Lima di antaranya perempuan. Mereka tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Maritime Challenge. ITS sudah enam kali mengikuti kejuaraan internasional dua tahunan ini sejak 2002. Untuk mengikuti kejuaraan ini, mereka membuat kapal sendiri bernama Rojo Segoro.

...dst

2 ) Mobil Gas UGM Uji Ketahanan Yogyakarta-Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/17254510/Mobil.Gas.UGM.Uji.Ketahanan.Yogyakarta-Jakarta

Selasa, 17 April 2012 | 17:25 WIB
Kompas.com - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengadakan uji ketahanan dan keandalan komponen "konverter kit" untuk mobil yang menggunakan bahan bakar gas dengan menempuh perjalanan Yogyakarta-Jakarta. Menurut peneliti mobil gas tersebut, Jayan Sentanuhady, mobil tersebut menggunakan bahan bakar 'compressed natural gas' (CNG). Uji ketahanan mobil gas UGM yang akan menempuh perjalanan Yogyakarta-Jakarta itu dilepas oleh Rektor Sudjarwadi dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Pratikno. Jayan mengatakan, desain konverter kit mobil gas itu menggunakan tangki bahan bakar tipe dua dengan kapasitas 60 liter air atau setara 16 liter skala premium (lsp). "Desain konverter kit itu menggunakan teknologi cukup sederhana dengan harapan bisa diproduksi secara massal. Dari sisi teknologi tidak terlalu tinggi, tetapi untuk produksi massal perlu dukungan pemerintah, politikus, dan industri," katanya.

...dst

3 ) Belanja Buku UI Rp 12 Miliar per Tahun
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/17/m2mdqa-belanja-buku-ui-rp-12-miliar-per-tahun

Rabu, 18 April 2012, 03:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duduk di posisi Top 10 kampus terbaik se-Asia Tenggara versi Webometric tidak membuat Universitas Indonesia bersantai. Dalam lima tahun ini, UI menargetkan bertengger di posisi Top 100 di peringkat kampus dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking. Untuk mewujudkan target ini, Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri telah menyusun langkah per langkah yang harus dilakukan civitas akademiknya. Mulai dari menggenjot publikasi karya ilmiah dosen dan peneliti maupun menambah judul buku yang terpampang di perpustakaan UI yang diklaimnya sebagai salah satu yang terbaik di Asia. "Saat ini kita terus perkuat koleksi perpustakaan kita, one of the best in Asia dengan 2,5 juta judul buku, dan akan kita tingkatkan menjadi 5 juta judul dalam lima tahun, baik buku-buku dalam bahasa Indonesia, Inggris, China, Jepang dan bahasa asing lainnya," tutur Gumilar dalam pembincangan via telepon denganRepublika.

...dst

4 ) BPR UGM Siap Layani Mahasiswa 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487334/

Wednesday, 18 April 2012
YOGYAKARTA – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Universitas Gadjah Mada (UGM) –dulu BPR Duta Gama– siap memberikan layanan kepada mahasiswa UGM, baik dalam pembiayaan kuliah maupun layanan teknis lainnya. "Perubahan ini sekaligus sosialisasi kalau UGM memiliki bank dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki bank," kata Komisaris BPR UGM Haryono saat launching perubahan nama BPR dari Duta Gama menjadi BPR UGM di University Club (UC) kampus UGM, kemarin.

...dst

5 ) RAPP Serahkan Hibah Gedung Pelatihan Agribisnis Universitas Riau
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/18/06421084/RAPP.Serahkan.Hibah.Gedung.Pelatihan.Agribisnis.Universitas.Riau

Rabu, 18 April 2012 | 06:42 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com - PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menghibahkan Gedung Pelatihan Agribisnis kepada Universitas Riau (UR) di Kampus Fakultas Pertanian, Pekanbaru, Selasa (17/4/2012).Gedung seluas 400 meter persegi tersebut, selanjutnya akan difungsikan sebagai tempat pelatihan, penelitian dan pengembangan agribisnis bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau serta komponen masyarakat lainnya termasuk kalangan bisnis. Acara serah terima dan peresmian gedung antara lain dihadiri Gubernur Riau HM Rusli Zainal, Pembantu Rektor II Dr. Yanuar, M.Si, Presiden Komisaris Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Tony Wenas dan Direktur Utama RAPP Kusnan Rahmin. Siaran pers RAPP Rabu menyebutkan, Direktur Utama Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kusnan Rahmin mengharapkan agar Pusat Penelitian dan Pelatihan ini mampu mencetak ahli-ahli Agribisnis yang nantinya akan memberikan nilai tambah (competitive advantages) bagi Indonesia untuk dapat berlaga di pasar global.

...dst

6 ) Dahlan ajak tiga mahasiswa IPB ke luar negeri
http://www.antaranews.com/berita/306642/dahlan-ajak-tiga-mahasiswa-ipb-ke-luar-negeri

Selasa, 17 April 2012 23:40 WIB
Bogor (ANTARA News) - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengajak tiga orang mahasiswa IPB keluar negeri atas keberhasilan mereka menciptakan produk pangan alternatif mirip beras yang diberi nama "beras analog"."Bapak Rektor saya minta izin, tiga orang mahasiswa ini akan saya berikan hadiah karena sudah menciptakan beras analog ini, kami kirim ketiganya ke luar negeri," kata Dahlan dalam kuliah umum memperingati 60 tahun Pendidikan Pertanian Indonesia di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramga Bogor, Selasa malam.
Dahlan mengaku kagum dengan kemampuan IPB menciptakan beras analog tersebut. Ia pun akan mencoba memasak beras analog pemberian mahasiswa tersebut besok pagi. "Saya akan coba masak besok pagi, akan saya rasakan dan lihat apakah ini sudah menyerupai beras atau belum," katanya. Pemberian hadiah tersebut berawal dari saat dilakukan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan Dahlan Iskan.

...dst

7 ) IPB Ditantang Kembangkan Buah Tropik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/18/313693/293/14/IPB-Ditantang-Kembangkan-Buah-Tropik

Rabu, 18 April 2012 05:43 WIB
BOGOR--MICOM: Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan Indonesia memiliki peluang impor sangat besar dalam bidang produksi buah tropik untuk dikirim ke China. "Jadi IPB harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan varietas buah tropis unggulan untuk mengisi peluang impor buah di China," kata Dahlan dalam kuliah umum 60 Tahun Pendidikan Pertania  Indonesia di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramaga Bogor, Selasa (17/4). Dahlan menyebutkan, buah tropik Indonesia lebih unggul dibanding negara manapun. Karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang tidak dimiliki negara lain. Dahlan menyebutkan, Indonesia sangat bergantung pada impor. Mulai dari beras, buah dan alat-alat di impor dari sejumlah negara. Barang impor di Indonesia kebanyakan berasal dari "Indonesia selalu kalah dari China, kita baru akan memproduksi motor, China sudah lebih dulu, baru mau membuat handphone, China sudah memproduksi handphone, mainan, alat-alat, kita buat baju, lagi-lagi China sudah lebih dulu," kata mantan Dirut PLN tersebut.

...dst

8 ) Pusat Studi Indonesia diminati mahasiswa Azerbaijan
http://www.antaranews.com/berita/306629/pusat-studi-indonesia-diminati-mahasiswa-azerbaijan

Selasa, 17 April 2012 22:03 WIB
Kairo (ANTARA News) - Pusat Studi Indonesia di Azerbaijan University of Languages (AUL) mulai diminati oleh mahasiswa negara sahabat di Asia Tengah itu."Bahasa dan budaya Indonesia sudah dikenal lama oleh masyarakat Azerbaijan. Namun, dengan dibukanya Pusat Studi Indonesia di AUL, mahasiswa setempat mulai berminat mempelajari Indonesia dari berbagai aspek tentang Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Azerbaijan, Prayono Atiyanto, yang dihubungi ANTARA dari Kairo, Mesir, Selasa.Ia menjelaskan, Pusat Studi Indonesia yang dirintis sejak 2007 itu telah meluluskan sembilan mahasiswa S1, dan kini memiliki 28 mahasiswa. Melihat mulai diminatinya mahasiswa, AUL pada tahun 2011 membuka program pasca sarjana (S2) jurusan Bahasa Indonesia, kata Dubes Prayono yang mengemban misi diplomatik sebagai Duta Besar dan Berkuasa Penuh (DB-BP)di Ajerbaijan sejak akhir Desember 2010 itu.KBRI Baku sendiri baru diresmikan oleh Menteri Luar Negeri Marty Netalegawa pada 29 Desember 2010 bersama dengan 10 Perwakilan RI di sejumlah negara sahabat. Disebutkan, pembukaan Pusat Studi Indonesia di AUL itu pertama kali dirintis oleh Prof Habib Zarbaliyev, yang telah menulis beberapa buku tentang Indonesia, dengan pengadaan Jurusan Bahasa Indonesia dan Asia Tenggara di bawah Fakultas Kajian Daerah dan Hubungan Internasional.

...dst

9 ) Rektor UNAS: Jangan Hanya Hebat secara Intelektual
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/2031442/Rektor.UNAS.Jangan.Hanya.Hebat.secara.Intelektual

Selasa, 17 April 2012 | 20:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan dari seberapa tinggi tingkat intelektualitasnya. Berdasarkan beberapa penelitian, kecerdasan intelektual hanya berkontribusi sebanyak 20% terhadap kesuksesan seseorang, sementara 80% lainnya adalah kontribusi dari kecerdasan lainnya."Di era sekarang ini generasi muda perlu dibentengi spiritualnya. Sejak diangkat rektor, saya terobsesi memfasilitasi generasi muda mengikuti training, dan saya yakin pasti akan ada perubahan sikap lebih baik dan menunjang intelektualitas mereka," kata Rektor Universitas Nasional, El Amry Bermawi Putera, di Jakarta, Selasa (17/4/2012), terkait kerjasama pengembangan kapasitas sumber daya manusia antara UNAS dan The ESQ Way 165.

...dst

10 ) Keluarga Duga Pelaku Pembunuh Dosen UI Sepupu Korban
http://news.detik.com/read/2012/04/17/182026/1894666/10/keluarga-duga-pelaku-pembunuh-dosen-ui-sepupu-korban?n990102mainnews

Selasa, 17/04/2012 18:20 WIB
Tangerang Pelaku pembunuh dosen senior Fakultas FISIP UI, Suwantji Sisworaharjo,73, yang tewas di Jalan Kalpaltaru, RT 05 RW 07 No 28 Perumahan Larangan Indah, Larangan, Kota Tangerang pada Minggu (15/04) malam, diduga kuat adalah sepupunya sendiri. Hal itu dikatakan oleh keluarga korban, Kurniawan dan Iwan Perdana. Menurut Iwan, armarhum yang hidup sendirian bila ada tamu yang tak dikenal tidak akan membukakan pintu. Ada dugaan kuat pelaku pembunuhan adalah orang yang dikenal korban. Di rumah korban tak ada pintu atau jendela yang dirusak pelaku sehingga kemungkinan besar orang dalam. Informasinya, sepupunya itu menemui korban untuk meminta uang kepada korban, namun tidak dikasih sehingga memukul wanita lajang ini hingga tewas.

...dst

11 ) Pembunuh Dosen UI Masih Misterius
http://news.detik.com/read/2012/04/17/102718/1894111/10/pembunuh-dosen-ui-masih-misterius

Selasa, 17/04/2012 10:27 WIB
Jakarta Kematian dosen UI Suwanci Sisworaharjo (73) masih misterius. Polisi masih mendalami apakah dosen jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial itu adalah korban perampokan atau bukan. Polisi masih memburu pembunuh Suwanci."Masih didalami (korban perampokan atau tidak). Doakan saja semoga pelakunya cepat ketangkap," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Kota Tangerang AKBP Rahmat saat dihubungi detikcom, Selasa (17/4/2012). Rahmat mengaku masih belum mengetahui barang apa saja yang hilang di rumah yang juga sekaligus tempat penemuan mayat korban. Keluarga masih mengecek barang-barang apa saja milik korban yang tidak ada lagi di rumah tersebut. "Sementara masih pendalaman. Keluarga masih ngecek barang apa saja yang dimiliki korban," jelasnya. Selama ini, lanjut Rahmat, Suwanci memang tinggal sendirian di rumah yang beralamat di Jl Kalpataru RT 05 RW 07 No 28 Perumahan Larangan Indah, Larangan, Kota Tangerang. Saat ditemukan, mayat Suwanci diketahui sudah meninggal lebih dari sehari. "Ibu ini tinggal sendirian. Makanya kita masih mencocokkan semua keterangan yang sudah kita dapat. Sudah banyak saksi yang kita periksa. Jadi masih diselidiki," jelasnya. Menurut Rahmat, hasil visum Suwanci belum diterima polisi. Namun secara kasat mata, ada benjolan di kepala korban dan memar di bagian tubuh korban.

...dst

12 ) Unila Pecat Calon Guru Besar karena Terbukti Plagiat
http://news.detik.com/read/2012/04/17/134220/1894348/10/unila-pecat-calon-guru-b\
esar-karena-terbukti-plagiat?n991102605

Selasa, 17/04/2012 13:42 WIB
Lampung Universitas Lampung (Unila) memecat calon guru besar FKIP berinisial BS yang diduga melakukan plagiat karya ilmiah. Keputusan itu diambil setelah tim verifikasi berhasil membuktikan pelanggaran kode etik dosen tersebut. Pembantu Rektor (PR) I Unila, Hasriadi Mat Akin, mengatakan, saat ini BS sudah dipecat sebagai dosen dan tidak diperbolehkan untuk mengajar lagi. "Status dosennya saja yang diberhentikan. Tapi, jabatan sebagai PNS tetap. Dia sudah tidak boleh lagi mengajar dan hanya menjadi pegawai biasa," kata Hasriadi, saat dihubungi detikcom, Selasa (17/4/2012). Selain, BS, ada satu lagi Guru Besar Fakultas MIPA Unila dengan inisal MR yang juga dikenakan sanksi tegas. Tim verifikasi menilai MR melakukan pembohongan publik dengan mengaku pernah menerbitkan karya ilmiah di jurnal internasional. Padahal itu bohong belaka.

...dst

13 ) Dua Mahasiswa Jadi Tersangka Penyebar Kunci Jawaban UN
http://regional.kompas.com/read/2012/04/18/02411281/Dua.Mahasiswa.Jadi.Tersangka.Penyebar.Kunci.Jawaban.UN

Rabu, 18 April 2012 | 02:41 WIB
JAMBI, KOMPAS.com — Azizu Sucianda dan M Ali Akbar, yang diduga menyebarkan kunci jawaban soal Bahasa Indonesia saat ujian nasional (UN) pada Senin (16/4/2012), ditetapkan penyidik Polsekta Kotabaru sebagai tersangka. Kedua mahasiswa tersebut ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik memeriksa keduanya hingga Senin malam. Kapolsekta Kotabaru Ajun Komisaris Gaduk Kurniawan, SIK mengatakan, Azizu dan Ali menjadi tersangka berdasarkan bukti dan pemeriksaan yang dilakukan penyidik. Setelah menetapkan statusnya menjadi tersangka pada Senin pukul 19.00 WIB, keduanya dipulangkan ke keluarganya masing-masing. Namun, kedua tersangka harus wajib lapor dua kali setiap minggu. "Kami tadi ke Dinas Pendidikan, dan mempertanyakan tentang kunci jawaban yang ada di handphone tersangka. Tapi, pihak Diknas mengatakan, kunci jawabannya ada di Unja (Universitas Jambi), dan belum bisa dibuka sebelum UN selesai," kata Kapolsek, Selasa (17/4/2012).

...dst

14 ) Mendikbud turunkan tim ke Jombang
http://www.antaranews.com/berita/306586/mendikbud-turunkan-tim-ke-jombang

Selasa, 17 April 2012 19:41 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Mendikbud Mohammad Nuh berjanji menurunkan tim untuk mengecek kebenaran adanya peredaran kunci jawaban ujian nasional (UN) dengan tingkat kecocokan hingga 70 persen di Jombang, Jatim. "Tidak hanya Jombang, saya juga menurunkan tim untuk daerah lain (Sumut, Jatim, Jateng, Sultra, Sulsel) yang juga ada dugaan itu. Saya tidak mau gegabah, karena itu perlu tim untuk verifikasi," katanya kepada ANTARA per telepon, Selasa. Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, jika tim verifikasi menemukan kebenaran kecurangan dan kebocoran UN, maka pihaknya akan menyiapkan UN ulang kepada siswa ada pada sekolah yang dicurigai. "Kecurangan atau kebocoran UN itu sekarang mudah dilacak, nanti tim akan melacak dari belakang yakni percetakan mana, sehingga dari kode yang diketahui akan mudah diketahui darimana asal kebocoran itu," ucapnya. Ia mengaku tidak akan gegabah menyimpulkan kasus kunci jawaban UN di Jombang hingga 70 persen itu sebagai kesalahan pihak tertentu, apakah percetakan, sekolah, siswa, dinas pendidikan, pengawas, dan seterusnya.

...dst

15 ) Mahasiswa UI Protes Pembangunan di Kawasan Hutan UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/17/313492/293/14/Mahasiswa-UI-Protes-Pembangunan-di-Kawasan-Hutan-UI

Selasa, 17 April 2012 10:08 WIB
DEPOK--MICOM: Kelompok mahasiswa yang terdiri dari Green Community UI, Kamuka Parwata FTUI, dan Geography Mountaineering Club menggelar aksi Silent Long March menggiring sebuah replika bola golf raksasa terkait dengan isu pembangunan Integrated Faculty Club di kawasan hutan Universitas Indonesia, Senin (16/4). Aksi dilakukan dengan mengumpulkan tanda tangan dan testimonial para mahasiswa UI itu ditujukan bagi Rektorat UI. Tanpa komunikasi langsung dengan mahasiswa, UI ternyata sedang membangun sebuah Integrated Faculty Club (IFC), sebuah pusat kemahasiswaan yang terintegrasi. Namun ternyata, IFC tidak hanya memiliki galeri, ruang baca, multimedia, lapangan futsal dan tenis namun juga driving range (area berlatih golf), kedai fast food, bahkan salon mobil. "Dari riset sederhana yang kami buat mengenai pembangunan IFC di UI, 45 dari 100 mahasiswa lintas fakultas kampus UI Depok tidak mengetahui tentang pembangunan tersebut. Sebanyak 81 dari 100 tidak mengetahui tujuannya, dan 98 dari 100 tidak mengetahui total emisi karbon yang mereka terima sebagai dampak pembangunan ini," ungkap Puspita Insan Kamil, Ketua Green Community UI lewat rilis yang diterima Media Indonesia.

...dst

16 ) Liberalisasi Perekonomian Kian Kencang di Perguruan Tinggi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/17/m2mpp1-liberalisasi-perekonomian-kian-kencang-di-perguruan-tinggi

Selasa, 17 April 2012, 23:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Liberalisasi sistem perekonomian di perguruan tinggi Indonesia semakin kencang. Padahal negeri ini memiliki konsep ekonomi kerakyatan, seperti koperasi. "Sebagian besar perguruan tinggi tidak melaksanakan perekonomian dengan konsep kerakyatan yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, melainkan lebih mengadopsi ekonomi gaya barat atau liberal, kata kata Guru Besar Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Indonesia (UI), Profesor Doktor Sri Edi Swasono pada Seminar Nasional 'Pembangunan Berwawasan Ekonomi Kerakyatan' di Palembang, Selasa (17/4). "Akibatnya, kini perguruan tinggi banyak yang tidak lagi menyediakan mata pelajaran bersifat ekonomi kerakyatan, padahal seharusnya menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa ekonomi," tambahnya. Dia menambahkan, dalam perekonomian sistem liberal mahasiswa didorong untuk melaksanakan pola-pola ekonomi barat yang lebih berpihak kepada kekuatan modal, padahal Indonesia memiliki keberagaman penduduk dengan budaya dan ciri ekonomi luar biasa bagus.

...dst

17 ) Sumber di Selatan Jawa Berpotensi Picu Gempa 8,2 SR
http://news.detik.com/read/2012/04/17/120441/1894247/10/sumber-di-selatan-jawa-berpotensi-picu-gempa-82-sr

Selasa, 17/04/2012 12:04 WIB
Jakarta Sumber gempa di selatan Pulau Jawa berpotensi memicu gempa berkekuatan 8,2 SR. Sumber itu berjarak 500 km dari Jakarta seperti Pati, Bumiayu, Kali Opak, Lasem, dan Sunda. "Terdapat rumah atau sumber gempa di selatan Pulau Jawa yang berpotensi menimbulkan gempa yang berkekuatan hingga 8,2 SR," ujar Dr Irwan Meilano, sekretaris pusat penelitian mitigasi bencana ITB. Irwan mengatakan itu dalam seminar bertajuk 'Mitigasi Gempa dan Langkah-langkah Evakuasi di Gedung Bertingkat' di Gedung Krida Bakti, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2012). Menurut Irwan, lempeng di Indonesia dinamis dan bergerak hingga saat ini. Pergerakan itu alami. "Justru kalau pergerakan ini berhenti, kita harus curiga," kata dia. Irwan menambahkan, 150-200 tahun yang lalu gempa terjadi begitu sering di Pulau Sumatera dan Jawa. Sekarang periodesasi tersebut berulang kembali mulai dari 2004 yang lalu. "Masih berlangsung sampai yang terakhir di Aceh kemarin (11 April 2012)," ucap  Irwan.

...dst

18 ) Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa di Gedung Tinggi
http://news.detik.com/read/2012/04/17/135501/1894366/10/tips-menyelamatkan-diri-saat-terjadi-gempa-di-gedung-tinggi?9922032

Selasa, 17/04/2012 13:55 WIB
Jakarta Gempa kerap terjadi di berbagai kawasan Indonesia. Gempa sering menimbulkan kepanikan, apalagi bagi mereka yang bekerja di gedung-gedung tinggi.
Jakarta Recue, Selasa (17/3/2012), merilis beberapa hal yang perlu diperhatikan saat terjadi gempa di gedung-gedung tinggi, yaitu:
1. Jika barada di gedung dan tidak bisa menyelamatkan diri maka harus menjatuhkan diri ke lantai kemudian mencari pelindung dengan berada di bawah meja atau furniture yang kokoh sampai guncangan berhenti.
2. Jika tidak ada meja, maka lindungi wajah dan kepala dengan lengan lalu merapat pada bagian dalam dinding atau tiang utama penyangga gedung. Hal ini untuk mencegah tertimpa reruntuhan bangunan.
3. Hindari atau jauhi kaca dan barang pecah belah atau dinding yang berisiko bisa menimpa.

...dst

19 ) Keputusan MK
Perokok bakal Miliki Ruang Khusus Merokok
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/17/313652/293/14/Perokok-bakal-Miliki-Ruang-Khusus-Merokok

Selasa, 17 April 2012 22:37 WIB   
JAKARTA--MICOM: Mahkamah Konstitusi (MK) mewajibkan pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menyediakan ruang khusus merokok. Keputusan MK itu merupakan hasil menggelar sidang akhir dengan agenda pembacaan putusan atas perkara Pengujian Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (UU Kesehatan) Pasal 115 ayat (1) dan penjelasannya. Dalam putusannya MK mengabulkan permohonan Pemohon sepanjang frasa 'dapat' pada Pasal 115 ayat (1) bertentangan dengan UUD 1945. "Amar Putusan Mengadili, menyatakan mengabulkan permohonan para Pemohon untuk seluruhnya," ucap Ketua Majelis Hakim Mahfud MD saat membacakan putusan, di Gedung Mahkamah Konstitusi, Selasa(17/4).

...dst

20 ) Rekrutmen PNS Dibuka Kembali 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487234/

Wednesday, 18 April 2012
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) berencana membuka kembali penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) pada Oktober mendatang. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemenpan dan RB Ramli Effendi Naibaho mengatakan,hinggaApril 2012 Kemenpan dan RB masih meminta seluruh kementerian, lembaga negara, dan pemerintah daerah untuk mengirimkan analisis jabatan dan beban kerja, syarat pendidikan, dan lokasi penempatan. Hingga saat ini hanya Bogor, Ogan Komering Ulu, Balikpapan, dan Labuan Batu Selatan yang sudah mengirimkan analisis tersebut.Keempatnya termasuk birokrasi yang belanja pegawainya kurang dari 50% dari APBD."Pengangkatan ini untuk posisi mendesak di bidang pendidikan,kesehatan, dan bidang lainnya yang penting untuk melayani masyarakat seperti navigasi pesawat terbang dan kapal," ungkap Ramli di Gedung Kemenpan dan RB di Jakarta kemarin.

...dst

21 ) CPNS Honorer Belum Pasti 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487335/

Wednesday, 18 April 2012
YOGYAKARTA– Rencana pemerintah mengangkat tenaga bantu honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang diatur melalui surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi hingga kini belum ada kepastian. Kebijakan yang diatur dengan surat edaran bernomor 03/2012 tersebut hingga kemarin belum diketahui mekanisme teknis dan kapan rencana tersebut bakal direalisasikan.Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta Tri Widayanto mengungkapkan, dari pertemuan terakhir dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, informasi teknis belum juga disampaikan."Ini baru selesai pertemuan dan pertanyaan tentang hal tersebut hanya dijawab tidak tahu,"katanya saat dihubungi SINDO kemarin.

...dst

Berita Edukasi, 17 April 2012

1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
Selamat jalan Bu...semoga semua amal diterima, dosa terampuni dan memperoleh tempat sebaik-baiknya...harap pelaku bisa terungkap dan dihukum setimpal perbuatannya, amiin YRA

Polisi : Mayat di Ciledug Dosen UI
http://news.detik.com/read/2012/04/15/225430/1892924/10/polisi-mayat-di-ciledug-dosen-ui
Minggu, 15/04/2012 22:54 WIB
Tangerang, Kasat Reskrim Polres Metro Kota Tangerang AKBP Rahmat akhirnya mau membuka informasi terkait ditemukannya sesosok mayat wanita di kediamannya yang beralamat di Jalan Kalpaltaru, RT 05 RW 07 No.28 Perumahan Larangan Indah, Larangan, Kota Tangerang pada Minggu (15/04/2012) malam. "Ya, informasinya dia dosen Universitas Indonesia," ujar Rahmat. Ditanya kemungkinan Suwanci Sisworaharjo (73) kemungkinan dibunuh oleh perampok, Rahmat mengatakan, pihaknya masih melakukan olah TKP. "Mayat sudah dikirim untuk divisum, belum diketahui ada luka atau tidak. Jadi belum tahu karena apa," katanya.
Informasi di lokasi korban adalah dosen UI. Beliau adalah salah satu pendiri Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) UI. Dosen yang sudah lama tinggal sendiri di kediamannya Jl. Kalpataru No. 28, RT.05/07, Komplek Larangan Indah tersebut, sebelumnya ditemukan sudah tidak bernyawa dengan luka lebam di sekujur tubuhnya. Hingga saat ini, polisi pun masih melakukan penyidikan di lokasi kejadian.

...dst


2 ) Unas Gelar Tes Narkoba Lewat Sampel Rambut
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/16/22570837/Unas.Gelar.Tes.Narkoba.Lewat.Sampel.Rambut

Senin, 16 April 2012 | 22:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Tak ada tempat untuk narkoba di kampus. Semangat inilah yang digenggam oleh 200 orang yang tergabung dalam sivitas akademika Universitas Nasional (Unas) untuk mengikuti tes uji narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).Rektor Unas El Amry Bermawi Putera mengatakan, pelaksanaan uji narkoba ini merupakan implementasi kerja sama antara Unas dan BNN yang sudah terjalin sekian lama. Kegiatan ini dilakukan juga dalam rangka menciptakan generasi muda bebas narkoba, serta pelaksanaan kebijakan Kemendikbud melalui Kopertis untuk memberantas narkoba sesuai dengan program pemerintah. "Karena hingga saat ini baru ada tiga PTN dan PTS yang melaksanakan kebijakan tersebut dari 385 PT yang ada di wilayah III Jakarta, yaitu UPH, Trisakti, dan Unas," ujar El Amry kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (16/4/2012).

...dst

3 ) 24 PT Ikuti LA Lights Campus League 2012
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486909/
       
Tuesday, 17 April 2012
BANDUNG– Sebanyak 24 perguruan tinggi (PT) berbagai daerah di Bandung dan sekitarnya ikut serta pada kompetisi LA Lights Campus League 2012 di Gor C-Tra Arena, Jalan Cikutra,Kota Bandung. Kompetisi yang akan berlangsung selama sembilan hari dari 16- 24 April 2012 itu di mulai sejak kemarin. Jalannya kompetisi berlangsung alot. Kejar-kejaran poin terus terjadi sampai penghujung acara.Sampai malam hari, event tersebut terus diminati penonton untuk menyaksikan acara hingga usai. Koordinator Acara Campus League 2012 Bobby mengatakan, rangkaian kompetisi bola basket tingkat perguruan tinggi itu akan diikuti 24 tim putra dan 8 tim putri. Mereka merupakan perwakilan dari 24 perguruan tinggi. "Satu kampus berkesempatan mengirimkan dua tim, yaitu satu perwakilan tim putra dan satu tim putri," jelas Bobby kepada wartawan, kemarin. Beberapa kampus yang terlibat pada kompetisi ini di antaranya UPI, Universitas Widyatama, Unpad, ITB, Unpas,dan lainnya. Bobby mengungkapkan, kompetisi yang rutin digelar setiap tahun ini bertujuan menjaring bakat- bakat baru dan potensial bagi pebasket profesional.

...dst

4 ) MK Bangun Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486942/
       
Tuesday, 17 April 2012
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) membuka jalan bagi masyarakat untuk lebih mengetahui dan memahami nilai-nilai Pancasila dengan membangun Gedung Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi. Gagasan pembangunan Pusat Pendidikan ini tercetus setelah melakukan pertemuan dengan semua pimpinan lembaga negara pada tanggal 23 Mei 2011. "Berdasarkan pertemuan dengan Ketua MPR, DPR, Presiden, Ketua DPD, kita semua bersepakat bersama-sama memasyarakatkan Pancasila dan UUD dalam rangka berkesadaran berkonstitusi," tukas ketua hakim MK Mahfud MD ketika ditemui di gedung Mahkamah Konstitusi kemarin. Dalam keterangan lebih lanjut Mahfud MD mengatakan MK merasa berkepentingan terhadap segala upaya untuk menguatkan kembali Pancasila sebagai dasar negara. Sebab, Pancasila merupakan `jiwa' dari UUD 1945. Artinya, tugas menjaga dan menegakkan konstitusi, bukan lain adalah menjaga dan menegakkan nilai-nilai Pancasila.

...dst 

5 ) Terbuka, Peluang Melanjutkan S-3 di Selandia Baru!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/16/22323717/Terbuka.Peluang.Melanjutkan.S-3.di.Selandia.Baru.

Senin, 16 April 2012 | 22:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan delegasi pendidikan tinggi Selandia Baru kembali melakukan kerjasama di bidang pendidikan. Kerjasama tersebut khusus untuk meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh pendidikan jenjang doktorat (PhD/S-3) di Selandia Baru. Grant McPherson, CEO Education New Zealand, lembaga pemerintah Selandia Baru yang bertanggungjawab mempromosikan pendidikan Selandia Baru di luar negeri mengatakan, para calon mahasiswa internasional yang berniat menempuh pendidikan jenjang S-3 di Selandia Baru akan diberikan banyak keuntungan. Informasi terhangat saat ini, para mahasiswa internasional hanya perlu membayar uang kuliah setara dengan biaya pendidikan untuk mahasiswa lokal."Artinya, para mahasiswa dan lembaga beasiswa mendapatkan penghematan biaya yang signifikan," kata McPherson, saat menandatangani nota kerjasama bersama Kemdikbud, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (16/4/2012).

...dst

6 ) Selandia Baru Tawarkan Beasiswa S-3 ke RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/16/373/612502/selandia-baru-tawarkan-beasiswa-s-3-ke-ri

Senin, 16 April 2012 16:06 wib
JAKARTA - Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Selandia Baru. Kerja sama dalam bidang pendidikan tersebut mencakup berbagai jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga pendidikan tinggi. Dalam kerja sama itu, Selandia Baru memberikan tawaran beasiswa bagi 50 orang untuk meneruskan pendidikan di tingkat S-3. Sebagai upaya untuk menarik lebih banyak mahasiswa Indonesia ke Selandia Baru, para mahasiswa S-3 yang mengikuti program beasiswa tersebut hanya perlu membayar biaya perkuliahan sekira 4.000-5.000 dollar New Zealand per tahun. Biaya ini serupa dengan biaya yang dikenakan bagi mahasiswa domestik.Selain kerja sama secara umum di bidang pendidikan, salah satu kampus terbaik di Selandia Baru, yakni Victoria University of Wellington (VUW) turut menggandeng Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud guna menghasilkan pendidikan yang lebih baik.

...dst

7 ) 3 Fokus Kerja Sama RI-Selandia Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/16/373/612586/3-fokus-kerja-sama-ri-selandia-baru

Senin, 16 April 2012 17:27 wib
JAKARTA - Kerja sama pendidikan yang dilakukan antara New Zealand dan Indonesia berfokus pada tiga hal, yakni engineering, vokasi, dan geotermal.Menurut Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bidang Kerja Sama Luar Negeri Katjung Maridjan, ketiga fokus itu dipilih karena kedua negara sama-sama memiliki sumber daya yang saling menguntungkan untuk bidang-bidang tersebut. "Untuk bidang geotermal, Indonesia dan Selandia Baru sudah menjalin kerja sama yang cukup lama. Adanya kerja sama ini untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada di dua negara," kata Katjung di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (16/4/2012).

...dst

8 ) FKIP Gelar "Hunting Talent 2012"
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487000/
       
Tuesday, 17 April 2012
SOLO – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (FKIP Unisri) Surakarta menggelar ajang pencarian bakat bidang seni dan olahraga bertajuk Hunting Talent 2012. Ketua panitia Wahyu Sidiq Pramono mengutarakan, kegiatan yang dilaksanakan mulai 15–30 April ini di Taman Balekambang Solo tersebut bertujuan membentuk mahasiswa yang mengedepankan kualitas. Tentu saja tetap dengan moral yang baik dan teguh dalam semangat kebangsaan. Ajang itu juga guna mendapatkan bibit luar biasa dari bakatbakat mahasiswa, terutama dalam bidang seni dan olahraga. "Bibit mahasiswa yang dicari yaitu futsal,badminton,voli, dan karaoke. Para pemenangnya nanti akan dilombakan pada ajang pencarian bakat untuk tingkat universitas.Acara ini mengambil tema `Membentuk Karakter Mahasiswa Melalui Olahraga dan Seni'," kata mahasiswa semester lima itu kepada SINDO kemarin.

...dst

9 ) 80 Peneliti Muda Tawarkan Solusi
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/17/02371620/80.peneliti.muda.tawarkan.solusi

17 April 2012
KUDUS, KOMPAS - Sebanyak 80 peneliti muda dari 16 negara akan mengikuti Konferensi Peneliti Muda Forum Kerja Sama Ekonomi Negara-negara Asia Pasifik atau AFSC IV di Semarang, Jawa Tengah, 24-29 April. Dalam pertemuan itu, mereka juga akan berkompetisi menelurkan solusi-solusi baru mengenai masalah energi, terutama menyangkut krisis air dunia. Ke-16 negara itu di antaranya Australia, Brunei, China, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Vietnam, Swedia, dan Amerika Serikat. Indonesia akan diwakili 16 peneliti muda dari sejumlah SMA sederajat dari Bandung, Sumedang, Bogor, Sukabumi, Pemalang, Kudus, dan Semarang.
Anggota Tim Kerja AFSC 2012 dari Duniaku Pintar, Dolly Andrian, Senin (16/4), di Kudus, Jawa Tengah, mengatakan, AFSC merupakan kegiatan tahunan khusus bagi siswa SMA yang cerdas dan berbakat istimewa. Kegiatan itu dimotori Universitas Kyungnam di Korea Selatan.

...dst

10 ) Empat Posko UN Kemdikbud Layani Pengaduan Masyarakat
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/261

04/16/2012
Jakarta – Ujian nasional (UN) hari pertama, Senin (16/04), dikabarkan berjalan lancar. Dari pantauan media yang meliput dari seluruh penjuru tanah air, didapati bahwa pelaksanaan UN relatif kondusif. Meski masih ditemui laporan beberapa masalah teknis, namun kendala tersebut telah diantisipasi dan segera ditangani. Dari Kemdikbud sendiri telah menyiapkan empat posko yang melayani setiap pengaduan masyarakat terkait UN, baik melalui e-mail, telpon, sms, maupun call center. Posko-posko tersebut dikelola oleh empat unit kerja di Kemdikbud yaitu, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH), Inspektorat Jenderal, BSNP, dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Dari PIH, kata Kepala PIH Ibnu Hamad, hingga siang ini (16/04), dilaporkan ada 254 aduan yang masuk. Laporan tersebut mengenai isu kebocoran soal, isu soal rusak, isu kecurangan, isu kekurangan lembar jawaban, isu soal tertukar, isu jual beli soal, isu kekurangan naskah, isu kunci jawaban UN. "Kenapa disebut isu, karena hampir semua pintu mengenai kebocoran dan kecurangan sudah ditutup," ungkap Ibnu saat menggelar jumpa wartawan di Gedung Kemdikbud, Senin (16/04).

...dst

11 ) Kemendikbud Akan Publikasikan Daerah Jujur dan Curang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/04582299/Kemendikbud.Akan.Publikasikan.Daerah.Jujur.dan.Curang

Selasa, 17 April 2012 | 04:58 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memublikasikan provinsi yang melakukan kecurangan sebagai daerah "hitam" dan yang jujur sebagai daerah "putih" dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas dan kejujuran hasil UN bagi para peserta didik di Indonesia. "Kejujuran itu pertanggungjawaban pribadi pada Tuhan, terlebih kita semua sudah berikrar. Kejujuran harus menjadi orientasi kita bersama. Kita juga harus memberi penghargaan pada daerah yang jujur dan memberikan hukuman moral bagi daerah yang tidak jujur," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Prof Wiendu Nuryanti saat pemantauan UN di SMAN I Yogyakarta, Senin (16/4/2012).

...dst

12 ) Kain Ikat Sumba Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/260

04/16/2012
Jakarta -- Kain ikat Sumba diusulkan oleh pemerintah untuk menjadi salah satu warisan budaya tak benda (intangible heritage) ke UNESCO. Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, dalam konferensi pers di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Senin (16/4). "Pengusulannya sudah diterima kantor UNESCO di Paris, kurang lebih sepuluh hari yang lalu." kata Wiendu Nuryanti. Pemerintah berharap pada tahun 2013 kain ikat Sumba tersebut dapat ditetapkan oleh UNESCO menjadi warisan budaya tak benda dunia. Dampak positif yang diperoleh jika berhasil ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO tidak hanya dari sisi budaya saja, namun juga sektor ekonomi ikut berkembang, kata Wamendikbud. Wamendikbud mencontohkan setelah batik ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda pada tahun 2009, perputaran uang yang berhubungan dengan batik meningkat pesat. "Dampak ekonominya luar biasa", ungkap Wamendikbud.

...dst

13 ) Arkeolog: moyang orang Madagaskar dari Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/306400/arkeolog-moyang-orang-madagaskar-dari-indonesia

Senin, 16 April 2012 17:23 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Arkeolog Prof. Naniek H Wibisono meyakini bahwa nenek moyang orang Madagaskar adalah orang-orang Indonesia yang 1.200 tahun lalu datang ke negara pulau di lepas pesisir timur Afrika itu untuk melakukan misi dagang. "Saya yakin mereka datang ke Madagaskar dalam rangka dagang," kata peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional itu dalam diskusi tentang keragaman genetik manusia dan pengembaraannya di Jakarta, Senin.
Dalam seminar yang diselenggarakan Lembaga Eijkman dan sejumlah lembaga ilmiah seperti Massey University (Selandia Baru), University of Arizona (AS) dan Universite de Toulouse (Prancis) itu Naniek menjelaskan, hal itu antara lain tampak dari kemiripan benda-benda bersejarah di Madagaskar dan Indonesia. Peninggalan bersejarah di Madagaskar yang mirip dengan benda-benda bersejarah Indonesia antara lain perahu bercadik, instrumen musik seperti gamelan, bukti budaya seperti teknik memproses besi serta bercocok tanam padi dan umbi-umbian.

...dst

Berita Edukasi, 16 April 2012

1 ) Universitas YARSI Luluskan 4.300 Dokter

Senin, 16 April 2012 , 10:27:00
DIES Natalis ke-45 Universitas YARSI diisi berbagai kegiatan ilmiah, Minggu (15/4). Seperti simposium dan workshop. Ketua Panitia Dies Natalis Rosdeni Arifin mengatakan, temu ilmiah dalam rangka hari jadi tersebut digelar selama dua hari, Sabtu (14/4) dan Minggu (15/4). Kemudian dilanjutkan gathering dengan tujuan transfer of knowledge kepada para dokter lulusan Universitas Yarsi ataupun untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran. "Ini juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan primer para dokter umum," ungkapnya. Rosdeni mengatakan, hingga saat ini, Universitas YARSI telah meluluskan lebih dari 4.300 dokter dan sarjana. Pada usianya yang ke-45, Ketua Umum Yayasan YARSI dan Rektor Universitas YARSI mengharapkan para alumni dapat menyumbangkan ilmunya kepada civitas academika.

...dst

2 ) NU Bangun Perguruan Tinggi

Minggu, 15 April 2012 | 23:40 WIB
KENDAL, KOMPAS.com — Dengan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) segera membangun perguruan tinggi di berbagai daerah. Untuk tahap pertama, PB NU berharap bisa membangun 10 perguruan tinggi. Rencana itu diungkapkan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj pada halakah kiai dan ulama yang diadakan Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB), Minggu (15/4/2012) di Pondok Pesantren Alfadlu Wal-Fadilah di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Halakah itu dibuka Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar serta dihadiri, antara lain, Ketua Dewan Syuro PKB KH Aziz Masyuri dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini.

...dst

3 ) Jejak Gempa Besar Ada di Selatan Jawa

Senin, 16 April 2012 | 08:53 WIB
KOMPAS.com - Konfirmasi itu hadir akhirnya. Gempa berkekuatan 6 skala Richter menggoyang Jakarta yang terlelap pada Minggu (15/4) dini hari. Ini gempa kedua dalam empat hari. Gempa ini berpusat di zona subduksi, kedalaman 40 kilometer. Kamis (12/4), pukul 22.01 WIB, terjadi gempa berkekuatan 5 skala Richter. Berjarak dua derajat bujur bumi berarti berjarak maksimal 222 kilometer. Jarak maksimal tercapai jika dua garis bujur sama-sama berada di garis ekuator. Jarak 222 kilometer sekitar empat jam bermobil dengan kecepatan sekitar 60 kilometer per jam. Jarak ini hanya sekitar separuh panjang segmen sesar yang aktif saat terjadi gempa Aceh pekan lalu, yaitu 500 kilometer. Gempa kedua dalam empat hari ini semakin menegakkan antena kewaspadaan para ahli gempa dari berbagai pendekatan ilmu. Wilayah yang sejak pascagempa Aceh tahun 2004 menjadi pembicaraan dan terus disebut-sebut sebagai wilayah dengan seismic gap, yang berpotensi menimbulkan gempa besar, seakan mendapat konfirmasi. Gempa di Aceh tahun 2004 yang menyebabkan tsunami dahsyat telah mengubah dunia penelitian soal gempa. Menurut pakar geodinamika dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Irwan Meilano, Minggu, "Seismic gap berarti ada kekosongan data di wilayah itu atau gempanya sedikit dan kecil-kecil. Namun, kosongnya data tidak otomatis berpotensi gempa besar."

...dst

4 ) Gempa di Selat Sunda Harus Tetap Diwaspadai

Senin, 16 April 2012 | 06:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 6 skala Richter yang terjadi Minggu (15/4/2012) pukul 02.26 WIB dan berpusat di sekitar 95 kilometer barat daya Kabupaten Pandeglang, Banten, membuktikan bahwa segmen Selat Sunda masih aktif. Gempa yang berpusat pada kedalaman sekitar 40 kilometer itu dirasakan oleh warga di sekitar Pandeglang dan Serang, Banten, serta Jakarta. Meski demikian, dilaporkan tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan berarti akibat gempa tersebut. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Suhardjono mengatakan, setelah gempa Simeulue pada Rabu (11/4/2012) dan disusul gempa Pandeglang, dampak dan alur gempa segera diteliti.

...dst

5 ) World Bank Open Knowledge Repository bisa unduh di :

>>>

6 ) Tewas Mengenaskan, Wanita Berjilbab di Tangerang Dipastikan Mahasiswi UIN

Senin, 16/04/2012 14:24 WIB
Tangerang Identitas wanita berjilbab yang ditemukan tewas di Kelurahan Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Sabtu (7/4/2012) lalu, telah diketahui. Keluarga korban memastikan bahwa jenazah tersebut adalah Izzun Nahdiiyah, 24, mahasiswi UIN Jakarta asal Lamongan, Jawa Timur. Korban merupakan mahasiswa semester 11 di Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta. Selama ini, anak bungsu dari sembilan bersaudara ini, tinggal di kos-kosan di wilayah Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Kakak ipar korban, Helmi Fauzi saat ditemui di Ruang Jenazah RSU Kabupaten Tangerang mengatakan, pihaknya mengenali jenazah Izzun dari berita di media online. "Keluarga melihat berita yang menampilkan foto mirip dengan Izzun. Dari ciri-ciri baju yang dipakai juga mirip. Jadi kita langsung memastikan ke RSU," katanya, Senin (16/4). Helmi menambahkan, kecurigaan tewasnya Izzun sudah diduga beberapa waktu lalu. Sehari sebelum peristiwa tersebut, pada Jumat (6/4), Izzun sempat menghubungi kakaknya (Istri Helmi), Nur Izzati lewat telepon. "Dia telepon katanya mau main ke tempat saya di Bekasi. Tapi sampai hari Minggu, dia tidak datang-datang. Saat ditelepon ke HP-ya, mailbox terus," katanya.

...dst

7 ) 1 Mahasiswa Tewas, 1 Oknum TNI Dipanah Geng Motor

Senin, 16 April 2012 | 14:17 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Ulah geng motor di Kota Makassar sudah sangat meresahkan warga. Selain ugal-ugalan di jalanan, geng motor juga sering bertindak anarkistis. Bahkan, seorang mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM), Ibrahim (22) warga Jalan Bontomene tewas dan seorang anggota TNI terluka karena panah. Hingga kini, polisi telah menahan 12 anggota geng motor yakni Rizal (25), Asrul (12), Ansar (15), Adnan (17), Andana (16), Agus (18), Syukur, Ika Sunarti, Syahrul, Dedy, Afri dan seorang anak berinisial T (11). Kedua belas anggota geng motor ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan kini sudah di tahan di Markas Polrestabes Makassar. 

...dst

8 ) Pendidikan Nasional-Kemendikbud Kaji Ulang Semua LKS  

Monday, 16 April 2012
TANGERANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengevaluasi semua lembar kerja siswa (LKS) di seluruh jenjang pendidikan.  Hal ini untuk mengantisipasi adanya buku LKS yang lolos dan menjadi konsumsi siswa bermuatan seperti kasus cerita "Bang Maman dari Kali Pasir". Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, seluruh dinas pendidikan dan pemerintah di kabupaten/kota akan diajak untuk menyaring kembali seperti apa LKS yang sudah dibeli tersebut. Bahkan kepala sekolah juga akan dipanggil untuk kaji ulang ini. M Nuh menambahkan, Kemendikbud saat ini sedang mencoba untuk mengumpulkan LKS yang sudah beredar itu."Ini ibaratnya kantin.Kalau kantin yang ada di dalam kan sudah terjamin kebersihannya dan tidak ada makanan yang macam-macam.Namun di luar sana kan kita tidak tahu. Bisa jadi ada kandungan yang berbahaya. Buku LKS itu kira-kira seperti itu," katanya ketika ditemui saat sidak Ujian Nasional (UN) di SMAN 6 Pamulang, Tangerang Selatan,kemarin.

...dst  

9 ) Ada Empat yang Hilang Jika Percaya Bocoran UN

Minggu, 15 April 2012 14:27 WIB
Metrotvnews.com, Tangerang: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengimbau peserta Ujian Nasional agar tidak mempercayai bocoran-bocoran soal ujian yang beredar. "Tidak perlu percaya dengan bocoran yang beredar," katanya saat sidak persiapan Ujian Nasional di Tangerang Selatan, Banten, Ahad (15/4). Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) akan dilaksanakan empat hari sejak Senin 16 April hingga 19 April 2012. Menteri mengatakan, ada empat kerugian jika siswa mempercayai bocoran soal. Pertama, kehilangan konsentrasi untuk belajar, kehilangan kepercayaan diri, kehilangan finansial dan kehilangan harga diri. "Boleh membuat target harus lulus, semua ingin lulus tapi yang penting tidak boleh menyimpang dari jalur," tambah dia.

...dst

10 ) Hari Pertama UN Memuaskan

Senin, 16 April 2012 14:34 wib
JAKARTA - Hingga siang ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaku belum mendapatkan keluhan berarti mengenai pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sejauh ini, mereka menilai UN hari pertama tingkat SMA di seluruh Nusantara berjalan lancar. Hal ini disampaikan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) Aman Wirakartakusumah, Ketua Balitbang Khairil Anwar, dan Inspektorat Jenderal Kemendikbud Haryono Oemar di hadapan para pewarta berita di Kemendikbud, Senin (16/4/2012). Aman menyebutkan, untuk pelaksanaan UN hari pertama ini, dia mendapatkan laporan yang menggembirakan secara keseluruhan. "Kalaupun ada kesalahan, bukan kesalahan yang kontraproduktif. Misalnya, ada kesalahan pemberian judul mata pelajaran dalam kardus besar yang memuat seluruh soal. Jika ada Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang rusak pun, sudah diberikan solusi," kata Aman.

...dst

Tidak ada komentar: