Cari Blog Ini

Minggu, Mei 06, 2012

Berita Edukasi, 30 April - 06 Mei 2012

Berita Edukasi, 06 Mei 2012

1 ) Pesan Menkes kepada Dekan FKM Undip

Sabtu, 05 Mei 2012 13:24 wib
JAKARTA - Indonesia masih berduka karena kepergian Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih akibat kanker paru-paru. Di antara yang berduka itu adalah Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro (Undip) Tinuk Istiarti. Tinuk, yang juga penderita kanker itu mengenang sosok menkes layaknya saudara. Endang merupakan penderita kanker hati stadium empat, sedangkan Tinuk menderita kanker payudara stadium dua.  Selama mengenal dan berteman dekat, Tinuk mengaku selalu mendapat dorongan dan dukungan dari Endang. Pada pertemuan terakhir 10 Februari lalu, Tinuk mengenang, sang menteri mengatakan betapa banyaknya orang pesimistis dan pasrah dengan penyakit ini. "Kata Beliau, 'Kita harus tetap punya semangat untuk melawan kanker. Pasrah boleh, tapi kita harus berjuang melawan keganasannya,'" ujar Tinuk, seperti dikutip dari keterangan tertulis FKM Undip kepada Okezone, Sabtu (5/5/2012). Tidak hanya mengingatkan untuk selalu berjuang, Tinuk juga kerap diingatkan untuk mampu selalu berdamai dengan kanker. Menurut Tinuk, Endang menekankan pentingnya kepasrahan dan optimisme dalam menerima vonis kanker, alih-alih marah dan protes kepada Tuhan. 

...dst

2 ) Kisah Endang Rahayu Dibukukan di Amerika Serikat

Sabtu, 5 Mei 2012 18:41 WIB
Metrotvnews.com, Washington DC: Kisah penuh lika-liku mendiang Endang Rahayu Sedyaningsih ketika beberapa tahun lalu tinggal di Amerika Serikat akan diterbitkan dalam sebuah buku yang. Buku tersebut rencananya diedarkan di berbagai wilayah Amerika. Menurut keterangan Kedutaan Besar RI di Washington DC, Kamis (3/5), kisah tersebut akan menjadi salah satu bagian dari buku berjudul Secret of My Success: Prominent Indonesian Share Their Lessons on Life and Remarkable Career. Buku tentang kisah sukses para tokoh Indonesia di AS itu menurut rencana, diluncurkan saat berlangsungnya Congress of Indonesian Diaspora tanggal 6-8 Juli 2012 di Los Angeles, California. Dalam buku tersebut, Endang menuliskan sendiri tentang perjalanan hidupnya dalam mengejar cita-cita meraih pendidikan dalam bidang kesehatan di Amerika Serikat. Ia antara lain bercerita bagaimana tahun 1990 mulai berburu beasiswa untuk mengambil gelar Master of Public Health (MPH), sempat mengalami rasa bingung menjalani proses adaptasi di Amerika; hingga beratnya harus berpisah dengan puteri satu-satunya yang masih berusia delapan bulan untuk menjalani pendidikan jenjang Master di Harvard School of Public Health di Boston, Massachusetts.

...dst

3 ) 56 Tim Berlaga di Kontes Robot Cerdas Indonesia 2012

Sabtu, 05 Mei 2012, 17:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebanyak 56 tim dari 25 perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah regional I Sumatera bersaing pada kontes robot Indonesia dan kontes robot cerdas Indonesia 2012 yang diselenggarakan di STMIK Potensi Utama Medan, 4-6 Mei 2012. Kasubdin Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti Kemendikbud, Bahrum MM di Medan Sabtu mengatakan, Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI) merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka menumbuhkan minat generasi muda pada teknologi terutama pengembangan riset dalam bidang robotika. Kontes diawali dengan perlombaan di tingkat regional yang terdiri dari lima regional.Regional I digelar di Medan, regional II di Bandung, regional III Semarang, dan Yogyakarta, regional IV Surabaya dan regional V di Makassar. Pemenang tingkat regional akan mengikuti kontes tingkat nasional yang dijawalkan Juni 2012 di Bandung, Jawa Barat.

...dst

4 ) Tim Robot ITS Target Lolos Nasional

Sabtu, 05 Mei 2012 13:18 wib
SURABAYA – Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) kembali digelar. Kali ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) menjadi tuan rumah ajang persaingan menjadi yang terbaik menciptakan robot. Kompetisi ini akan digelar 11-12 Mei 2012 mendatang. Ada empat perlombaan yang ditampilkan, yaitu Divisi KRI 2012, KRCI Beroda Robot Cerdas Pemadam Api, KRCI Berkaki Robot Cerdas Pemadam Api, dan KRCI Battle Robosocceer Humanoid League. Para peserta berasal dari perguruan tinggi yang telah dinyatakan lolos seleksi tahap II dan berasal dari regional IV. Ajang kali ini diikuti 57 tim dengan rincian 13 tim KRI, 21 tim KRCI divisi beroda, 15 tim KRCI divisi berkaki, dan delapan tim KRCI divisi KRCI Battle Robosoccer Humanoid League. "Jumlah peserta sudah pasti. Mereka sudah memastikan diri," kata Ketua Panitia Lomba KRI dan KRCI 2012 Regional IV Zainul Asrori, kemarin. 

...dst

5 ) UGM-Unair Temukan Fosil Gigi Hewan Purba

Sabtu, 05 Mei 2012 17:05 wib
TULUNGAGUNG – Penggalian benda bersejarah (ekskavasi) yang dilakukan tim arkeolog Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Airlangga (Unair) di sekitar Gua Song Genthong, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung menemukan sejumlah gigi binatang (fauna) purba. Fosil gigi bertipe berbaris (lopodont) tersebut berada di lokasi barat daya berdekatan dengan dinding gua. "Binatang ini berdiet frugivora/folifora atau hanya memakan daun dan buah," ujar Ketua Tim Peneliti Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi Fakultas Kedokteran UGM Rusyad Adi Suryanto, kemarin. Secara teori, gigi merupakan bagian terbaik dari sebuah fosil mamalia. Dengan gigi, ilmu paleontologis akan lebih mudah mengidentifikasi jenis spesies apa yang memilikinya. Misalnya, herbivora memiliki jumlah gigi geraham lebih banyak. Sebab, tanpa proses pengunyahan rumput akan sulit dicerna. Sedangkan karnivora lebih memfungsikan gigi taring untuk membunuh dan merobek. Sebab, daging lebih mudah dicerna. Sebelumnya di tempat yang sama, kata Rusyad, tim juga menemukan sisa-sisa hewan purba dengan tipe gigi bunodont dan hypsodont. "Semuanya masih dalam penelitian," terangnya. 

...dst

5 ) Arkeolog telusuri jejak manusia purba Tulungagung

Kamis, 3 Mei 2012 18:11 WIB 
Tulungagung (ANTARA News) - Arkeolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melakukan penelusuran untuk menemukan fosil dan subfosil manusia purba di sekitar Goa Song Genthong, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung. "Rencananya penelitian akan kami lakukan selama empat hari, yakni dari sekarang hingga Minggu (6/5)," kata Ketua Tim Peneliti dari Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi Fakultas Kedokteran UGM Rusyad Adi Suryanto, Kamis. Para peneliti akan fokus melakukan observasi di dua mulut Goa Song Genthong. Observasi dilakukan dengan mengayak seluruh fragmen pasir dan batuan di petak yang telah ditentukan untuk menemukan bagian dari subfosil. "Mengacu temuan sejumlah subfosil tahun lalu, hampir bisa dipastikan ada sisa kehidupan manusia purba di sekitar sini," kata Rusyad.

...dst

6 ) IPB akan jalin kerja sama dengan negara Timor Timur

Sabtu, 5 Mei 2012 17:08 WIB 
Bogor (ANTARA News) - Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama Institut Pertanian Bogor, Prof Anas Fauzi, mengemukakan, pihaknya siap diajak bekerja sama dalam bidang pendidikan oleh pemerintah negara Timor Timur (Timor Leste). "Untuk persyaratan atau kesepakatan kerja sama dan hal-hal teknis lain dapat dibicarakan lebih lanjut dengan Sekolah Pascasarjana, Direktorat Administrasi dan Pendidikan, serta Kantor Program Internasional," katanya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu. Ia menambahkan, kerja sama antara kedua pihak juga dapat diperluas di bidang peningkatan pembangunan kapasitas kelembahaan di negara tetangga itu. Kepala Humas IPB, Ir Henny Windarti, menyatakan, Ketua Komisi Pelayanan Sipil, Kementerian Administrasi Negara negara Timor Timur, Jesuina MF Gomes, telah berkunjung ke IPB pada 1 Mei lalu. Gomez didampingi dua stafnya; mereka menanyakan mengenai program studi, biaya pendidikan, jadwal kuliah, bahasa pengantar kuliah, fasilitas dan segala sesuatu berkaitan dengan sekolah pascasarjana. "Kedatangan kami menindaklanjuti kerja sama kedua negara, yakni menjajaki peluang kerja sama di tingkat institusi. Tahun ini kami ingin meningkatkan kualitas sumber daya aparatur negara dengan melanjutkan kuliah pascasarjana yang relevan dengan bidangnya," kata Gomez.

...dst

7 ) Juara penulisan pertanian inspiratif tertarik ke IPB

Sabtu, 5 Mei 2012 19:21 WIB 
Bogor (ANTARA News) - Juara III lomba Menulis Inspiratif Pertanian 2012 yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor, Yusnita Silsila Warda (18), siswi SMA Negeri 10 Malang, tertarik untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi itu. "Saya ingin bergabung dengan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB," katanya seperti dilansir Kantor Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Sabtu. Karya Yusnita Silsila Warda berjudul "Menjaga Agraria" terinspirasi fenomena yang dia tangkap sehari-hari waktu bersekolah di Kabupaten Malang.  Ia mengatakan, banyak orang-orang di Kabupaten Malang yang sama-sama bekerja sebagai petani, tapi strata sosialnya berbeda. Hal tersebut, kata dia, ternyata berasal dari pendidikan yang ditempuh. Menurut dia, semakin tinggi pendidikan maka semakin tinggi strata sosialnya. Yusnita lahir di keluarga yang harmonis. Ayahnya adalah wirausahawan, yakni pemilik bengkel mobil.
Ia mengaku kedua orang tuanya sangat mendukung pendidikannya, termasuk kegiatan ekstrakurikuler yang dia ikuti. Siswi yang suka "composting" ini juga gemar membaca koran.
Rubrik yang dipilihnya mayoritas mengenai sastra dan perkembangan pendidikan di Indonesia.

...dst

8 ) Mahasiswa ISI Denpasar pameran ke Makau

Minggu, 6 Mei 2012 07:43 WIB
Denpasar (ANTARA News) - Wila Trilaksani Turker (20), mahasiswa semester IV jurusan seni lukis murni pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, mendapat kesempatan mengikuti pameran bertaraf internasional di Makau, China. "Materi pameran seni lukis harus disediakan di tempat. Pameran itu akan berlangsung selama sebulan, 12 Mei-12 Juni 2012," kata Wila Trilaksani didampingi Pembantu Dekan III FSRD ISI Denpasar Anak Agung Tirta Rai di Denpasar, Minggu.Ia mengatakan, pameran bertaraf internasional juga melibatkan peserta dari berbagai negara di belahan dunia dengan mengusung tema tentang kupu-kupu yang dibuat dari media bahan makanan. "Kegiatan tersebut digelar oleh MGM, sebuah hotel berbintang di China yang mempromosikan dan membuat karya lukis dari bahan makanan yang aman dikonsumsi manusia," ujar Wila Trilaksani.

...dst

9 ) Oknum Dosen Tipu 300 Pegawai Honore

MINGGU, 6 MEI 2012, 07:15 WIB
VIVAnews - Oknum dosen di salah satu universitas swasta Manado, Sulawesi Utara, EK, terlibat penipuan terhadap 300 pegawai honorer Kota Bitung. Kini, dia meringkuk dalam tahanan polisi untuk pengusutan kasus tersebut. Kapolres Kota Bitung, AKBP Satake Bayu, kepadaVIVAnews mengatakan, EK menipu ratusan pegawai dengan iming-iming akan menjadikan 300 pegawai honorer daerah itu sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Satake Bayu mengatakan, EK tak bekerja sendirian. Dia bekerja dalam sebuah sindikat. "Kami juga akan menjemput tersangka berinisial N yang masih di Palu. Saat ini, baru EK yang sudah dijemput pada Jumat kemarin dan masih diambil keterangan," ucap Satake, Sabtu 5 Mei 2012 malam. Menurut Satake, praktik penipuan ini terjadi sejak akhir 2011. Sindikat ini meminta sejumlah uang dengan janji akan menjadikan para korban sebagai CPNS di Pemerintahan Kota Palu, Sulawesi Tengah. "Laporan yang masuk baru April 2012, dan kemarin kami menjemput salah satu tersangka," kata Satake.

...dst

10 ) Mahasiswa tersangka naskah palsu UN ditahan

Minggu, 6 Mei 2012 02:01 WIB
Kendari (ANTARA News) - Penyidik Reserse Polres Kendari menolak permohonan pengalihan penahanan oknum mahasiswa yang berstatus tersangka pengedaran naskah palsu ujian nasional tingkat sekolah menengah atas (SMA) 2012. Kapolres Kendari AKBP Yuyun Yudhantara di Kendari, Sabtu, mengatakan tersangka ES (20) masih dalam sel tahanan untuk kepentingan penyidikan. "Tidak ada unsur lain sehingga penyidik tidak mengabulkan permohonan pengalihan tersangka. Semata-mata untuk kepentingan proses hukum," kata Kapolres Yuyun. Kepolisian memahami tersangksa sedang kuliah, tetapi di sisi lain juga harus dimaklumi oleh keluarga atau kerabat bahwa penyidik masih mengembangkan kasus yang meresahkan masyarakat tersebut. "Tersangka sudah dua orang. Tidak tertutup kemungkinan adanya tambahan tersangka. Semua mengacu pada fakta hukum," katanya.  Sinyalemen bahwa kepolisian diskriminasi karena tidak menahan tersangka AG (17), seorang siswi salah satu SMU di Kota Kendari, yang juga terkait kasus peredaran naskah palsu ujian, dibantah kepolisian. "Tidak ada diskriminasi dalam penegakan hukum kasus naskah palsu ujian. Tersangka siswi AG tidak ditahan karena alasan masih di bawah umur," kata Yuyun.

...dst

11 ) BNI Berikan Dana Kewirausahaan Rp 500 Juta kepada FE USU

Sabtu, 05 Mei 2012 08:28 WIB
MedanBisnis—Medan. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  memberikan bantuan senilai Rp 500 juta kepada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (FE USU) dalam pengembangan kegiatan kewirausahaan  bagi mahasiswa. Melalui bantuan itu, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan bisnis atau usaha sehingga  mampu melahirkan perusahaan yang dapat menampung jumlah tenaga kerja. Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk Gatot M Suwondo mengatakan, USU harus mampu menjadi salah satu center of excellence yang mencetak generasi bermutu tinggi dan memiliki etika dengan mengembangkan konsep wirausaha (entrepreneurship). "Generasi muda Sumut jangan bercita-cita untuk pindah ke Jakarta. Dengan MP3EI, potensi daerah lokal terutama berbasis agrikultur dapat dioptimalkan. Indonesia membutuhkan lebih banyak wirausaha muda, jadi dukungan BNI entrepreneurship ini diharapkan dapat membantu mahasiswa wirausaha mengembangkan bisnisnya baik selama kuliah maupun setelah lulus, " kata Gatot Suwondo dalam kuliah umum kewirausahaan di FE USU, Kamis (3/5).

...dst

12 ) BOS SMA akan Diterapkan Mulai Tahun 2013

Sabtu, 05 Mei 2012, 17:44 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menyatakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang selama ini hanya diberikan kepada SD dan SMP, maka pada 2013 akan diberikan kepada SMA/SMK. Sehingga pada 2013 siswa SMA tidak lagi dipungut biaya SPP, sebagai pengganti sumber pendanaan pemerintah telah menyiapkan BOS SMA. "Untuk mempercepat proses pendidikan, BOS SMA nantinya akan diberlakukan mulai 2013," kata Nuh, usai menghadiri Seminar Deseminasi Kebijakan Pendidikan, di Surabaya, Sabtu. Diketahui pemerintah pada 2013 akan fokus dalam program pendidikan wajib belajar 12 tahun.  Menurut dia, jika angka partisipasi kasar anak-anak lulusan SMP saat ini hanya 60 persen, dan sisanya tidak melanjutkan ke SMA, maka untuk menaikkan berarti harus ada penambahan ruang kelas atau sekolah.

...dst

13 ) Pensiunan Dokter ini Peraih Master Tertua di Dunia

Sabtu, 5 Mei 2012 15:38 WIB
Metrotvnews.com, Port Stephens: Allan Stewart, pensiunan dokter gigi berusia 97 tahun, menerima gelar master ilmu kedokteran dari Univesitas Southern Cross Australia belum lama ini. Gelar itu membuatnya menjadi peraih gelar akademis tertua di dunia untuk kedua kalinya. Allan yang lahir pada 7 Maret 1915 saat ini sudah memegang rekor Guiness setelah menyelesaikan kuliah hukumnya dalam usia 91 tahun pada 2006. "Saya kira kini saatnya saya menggantungkan jas almamter saya. Meski sebelumnya saya juga pernah mengatakan saya sudah bosan sekolah," kata Stewart, warga Kota Port Stephens di utara Sydney Australia itu usai upacara wisuda. "Saya memiliki terlalu banyak waktu luang dan saya ingin tetap aktif secara mental," tambah dia. Gelar terbarunya adalah gelar akademis keempatnya sejak mendapatkan gelar dokter gigi pada dekade 1930-an.

...dst

14 ) Pakar: "supermoon" jangan dikaitkan dengan bencana

Minggu, 6 Mei 2012 01:38 WIB 
Jakarta (ANTARA News) - Bulan yang bulat dan seolah tampak besar serta bersinar keemasan (supermoon) pada Sabtu malam jangan dikait-kaitkan dengan ramalan akan datangnya bencana, kata pakar astronomi Thomas Djamaluddin. "Tidak ada dampak apa pun," kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) tersebut yang dihubungi dari Jakarta, Sabtu malam. Menurut dia, astronomi tak mengenal istilah supermoon, selain itu astronomi juga tak pernah mengaitkannya dengan bencana. Istilah supermoon dan kaitannya dengan bencana, urainya, hanya ada dalam astrologi, dan astrologi adalah pemahaman bahwa posisi benda-benda langit berpengaruh pada nasib kehidupan manusia di bumi. "Namun astrologi bukanlah cabang sains, sedangkan astronomi adalah cabang sains atau ilmu pengetahuan yang mempelajari gerakan dan kondisi fisik benda-benda langit," katanya. Sesungguhnya, ujarnya, puncak purnama terjadi pada Minggu pagi 6 Mei pukul 10.35 WIB dengan perigee (jarak terdekat) bulan dengan bumi terjadi pada pukul 10:34 WIB pada jarak 357.000 km, 27.000 km lebih dekat dari rata-ratanya 384.000 km. Menanggapi supermoon, ia juga mengatakan, orang awam sebenarnya sulit melihat penambahan ukuran dan kecerlangan bulan di saat purnama terdekat tersebut. "Mengapa gambar-gambar di internet menampakkan bulan tampak besar sekali? Sebenarnya itu hanya efek relatif perbandingan bulan dan objek latar depan," ujarnya. Menurut dia, kejadian jarak bulan terdekat dengan bumi (perigee) adalah peristiwa bulanan, dimana periodenya sekitar 27,3 hari. Sedangkan peristiwa purnama juga kejadian bulanan dengan periode sekitar 29,5 hari. 

...dst

15 ) Malam ini Bakal Terjadi Supermoon

Sabtu, 5 Mei 2012 18:25 WIB
BERSIAPLAH melihat wujud bulan yang terlihat lebih besar, malam (5/5) ini. Sebab, bulan diprediksi tengah menjalani supermoon atau bulan purnama dekat. Kondisi tersebut terjadi dalam kurun 14 bulan sekali. Ukuran bulan akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya. Supermoon sendiri bukanlah istilah Astronomi, tapi Astrologi. Kalangan Astrolog sering mengidentikkan supermoon dengan kekuatan jahat atau bencana. Sebab, kedekatan antara bulan dan bumi memang sedikit berpengaruh pada kondisi di bumi. Semisal dengan meningkatnya gelombang pasang akibat gaya tarik bulan yang sedikit lebih besar, atau pengaruh meningkatnya aktivitas seismik dan gunung berapi.

...dst

16 ) KPK Perlu Terapkan UU TPPU  

Sunday, 06 May 2012
JAKARTA– Aparat penegak hukum sebaiknya menerapkan Undang-Undang tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), untuk mengungkap berbagai kasus dugaan korupsi. Direktur Advokasi Pusat Studi Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) Oce Madril mengatakan, melalui penerapan UU TPPU tersebut, aparat akan lebih banyak menjerat orang yang terlibat dalam suatu kasus dugaan korupsi. Bukan hanya orang, bisa juga sebuah perusahaan terseret dalam sebuah kasus. "Semua yang terlibat bisa dijerat. Bukan hanya orang, tapi korporasi dan siapa-siapa yang mengendalikan korporasi tersebut," ujarnya dalam Diskusi Polemik SINDO Radio di Warung Daun Cikini,kemarin. Selain itu, penerapan UU TPPU membuat hukuman yang dijatuhkan menjadi maksimal, berbeda dengan kasuskasus yang hanya menggunakan UU Tipikor, kadang membuat masyarakat kecewa.Penggunaan UU ini juga akan efektif mengembalikan aset negara yang diambil koruptor seperti mobil,properti,dan surat-surat negara. Selain itu, menggunakan dua UU ini akan memiskinkan koruptor. Namun,menurut Oce, aparat hukum terutama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) enggan menggunakan kedua aturan ini. 

...dst

17 ) Pengangguran Tambah 1,3 Juta Orang Setahun

Kamis, 03 Mei 2012 07:40 WIB
MedanBisnis – Jakarta. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai angka pengangguran di Indonesia sudah cukup tinggi akibat kesenjangan antara pertumbuhan angkatan kerja dan lapangan pekerjaan. "Akibat ketimpangan tersebut diperkirakan setiap tahunnya pengangguran meningkat sebesar 1,3 juta orang. Saat ini, kendala utama pertumbuhan bagi pelaku usaha adalah krisis ekonomi yang sedang melanda Amerika Serikat dan Eropa," kata Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Selasa. Menurut Suryo, pengangguran di Indonesia mencapai 9 juta orang. Hal ini terjadi karena jumlah pertumbuhan angkatan kerja tidak seimbang dengan pertumbuhan lapangan kerja khususnya di sektor formal."Pertumbuhan tenaga kerja setiap tahun mencapai 2,91 juta orang, sedangkan lapangan pekerjaan hanya 1,6 juta orang. Sehingga ada `gap` sebesar 1,3 juta orang yang kemungkinan menjadi pengangguran terbuka di Indonesia," paparnya. Dia berpendapat bahwa bukan hanya soal kesenjangan, penggangguran di Indonesia juga terjadi akibat tidak bertemunya kualitas pencari kerja dengan kebutuhan yang diinginkan perusahaan. "Berdasarkan tingkat pendidikannya, dari 8,14 juta pengangguran terbuka, 20% berpendidikan SD, 22,6% tamatan SMP, 40,07% tamatan SLTA, 4% tamatan diploma, sedangkan 5,7% tamatan sarjana," ujarnya. Suryo mengatakan para pengangguran yang mencapai 9 juta orang itu jika tidak mendapat kesempatan kerja, jangan harap upaya untuk memakmurkan rakyat akan tercapai."Tapi, untuk penambahan tenaga kerja dalam jumlah besar di Indonesia, membutuhkan pertumbuhan ekonomi hingga 8% per tahun," tandasnya. (ant) 

...dst

18 )Indonesia, Negara Terjorok ke-19 di Dunia

Jum'at, 13 April 2012, 00:03 WIB (berita bulan lalu, tapi belum pernah dimasukkan dalam berita edukasi kita, dikutip dan disajikan hari ini)
VIVAnews – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, menargetkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia pada 2015 mencapai 10,5 juta orang. Khusus Bali, targetnya mampu mendulang empat juta wisatawan asing. Jumlah tersebut meningkat sekitar 500 ribu dibandingkan target kunjungan wisatawan asing pada 2012 yang mencapai 3,5 juta orang. "Mengingat saat ini Bali punya segalanya untuk pariwisata, yang branding-nya sudah internasional," kata Mari Elka, di Bali, Kamis, 12 April 2012....cut...Mari mengungkapkan bahwa penilaian pariwisata Indonesia secara internasional masih cukup buruk.
Untuk daya saing pariwisata, Indonesia menempati peringkat ke-74 dari 139 negara. Infrastruktur ada di peringkat ke-90. Kebersihan ada di peringkat ke-120, yang artinya terjorok di urutan ke-19. "Daya saing sumber daya alam kita urutan 17 di antara 139 negara," ucap Mari."Ini penting, kenapa angka-angka ini saya beber, agar mendapat perhatian oleh pemerintah daerah. Saya lihat soal kebersihannya, dari airport dan jalannya harus mendapat perhatian serius," tuturnya.

...dst



Berita Edukasi, 05 Mei 2012

1 ) Tahan Miskin, Tak Kuat Kaya 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/492164/38/

MOH MAHFUD MD Guru Besar Hukum Konstitusi

Saturday, 05 May 2012
"Sompret, memalukan, menjijikkan," umpat seorang kawan melalui pesan pendek ke HP saya Kamis pagi dua hari yang lalu. Umpatan itu dilontarkan terkait dengan penayangan reportase secara bersambung tentang para pemimpin produk reformasi yang kini terjerat kasus korupsi. "Korupsi sekarang jauh lebih gila daripada korupsi zaman Orde Baru yang duluki tagan yang habis," tulis teman itu dalamsambunganumpatannya. Ngrasani pemimpin-pemimpin korup produk reformasi yang memualkan ini kemudian berlanjut dan saling bersahut dengan celetukan-celetukan gemas melalui BlackBerry Messenger (BBM) sehingga melibatkan satu grup yang anggotanya puluhan orang.  Anggota-anggota grup BBM ini adalah eks teman-teman sealmamater,satu kampus saat kuliah tahun 1980- an di Yogya yang tergabung dalam jaringan UII Corner. Kami memang sangat gundah dan cemas menyaksikan banyaknya pemimpin kita sekarang ini yang tersandung masalah korupsi. Apalagi di antara mereka banyak tokoh yang dulunya,saat kami masih di kampus, sangat membanggakan dan menjanjikan harapan bagi perbaikan negeri tercinta sehingga kami mendukungnya, mengelu-elukannya, dan menggotongnya tinggi-tinggi saat terjadi reformasi pada akhir 1990-an. Tapi, setelah menduduki jabatan penting dan bisa turut menentukan hitam-putihnya bangsa dan negara,kini mereka tersandung kasus korupsi.

...dst

2 ) UMY Jadi Tuan Rumah Pimnas XXV
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/373/623718/umy-jadi-tuan-rumah-pimnas-xxv

Jum'at, 04 Mei 2012 14:03 wib
JAKARTA - Tidak terasa, perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-XXV akan segera dilangsungkan. Bertolak dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, kali ini Pimnas akan digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Rektor UMY M Dasron Hamid mengatakan, peserta Pimnas merupakan kelompok mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Acara ini akan dihadiri kurang lebih 3.500 mahasiswa dan dosen yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. "Untuk peserta Pimnas kali ini kurang lebih diikuti oleh 2.000 mahasiswa, 500 dosen pendamping, dan diperkirakan akan dihadiri hampir 1.000 peserta pendukung," ujar Dasron seperti dilansir dari laman UMY, Jumat (4/5/2012). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pimnas yang rencananya akan dihelat pada 9-14 Juli mendatang, terdiri atas tujuh kelompok PKM, yaitu PKM Penelitian (PKMP), Kewirausahaan (PKMK), Pengabdian Masyarakat (PKMM), Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Gagasan tertulis (PKM GT), Artikel ilmiah (PKM AI), dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

...dst

3 ) Uncen Akan Buka Pendaftaran SNMPTN di Timika
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/04/15400213/Uncen.Akan.Buka.Pendaftaran.SNMPTN.di.Timika

Jumat, 4 Mei 2012 | 15:40 WIB
TIMIKA, KOMPAS.com - Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura akan membuka pendaftaran sekaligus Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) di Timika. Kepala Bidang Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mimika, Mohammad Tahir di Timika, Jumat mengatakan panitia SMPTN Uncen akan datang ke Timika tanggal 10 Mei. Para tamatan SMA dan SMK yang berminat melanjutkan kuliah ke Uncen, tidak perlu lagi pergi ke Jayapura untuk mendaftarkan diri dan mengikuti SMPTN di Jayapura. "Kami sudah bertemu dengan ketua panitia SMPTN Uncen. Mereka akan datang ke Timika untuk lakukan seleksidi Timika," jelas Tahir, Jumat (4/5/2012). Kepala Dinas Dikbud Mimika, Ausilius You mengatakan pihaknya akan mengundang penyelenggara SMPTN untuk melakukan seleksi para tamatan SMA dan SMK di Mimika. SMPTN akan digelar tanggal 10 Mei. Ironisnya, pengumuman kelulusan SMA dan SMK baru dilakukan tanggal 26 Mei.

...dst

4 ) 12.500 Dosen PTS Masih S-1
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/05/185485/12.500-Dosen-PTS-Masih-S-1

05 Mei 2012
SOLO - Dari 240-an Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah, memiliki sekitar 50.000 dosen. Dari jumlah itu, masih ada sekitar 12.500-an dosen yang bergelar sarjana (S-1). Bermula dari kondisi ini, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah menyarankan semua PTS tersebut untuk tetap memberikan kesempatan mengajar kepada mereka. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang akan efektif diterapkan di perguruan tinggi pada Mei 2012, ini tidak memperbolehkan dosen S-1 mengajar jenjang S-1. Demikian juga dengan dosen S-2 tidak boleh mengajar di S-2. Gelar dosen minimal satu jenjang lebih tinggi. Ketua Aptisi Jawa Tengah Prof Dr Brodjo Sudjono mengatakan, ada beberapa alasan saat ia menyarankan agar PTS tetap menggunakan jasa dosen S-1. `'Ada dosen yang telah mengabdi sekian tahun untuk kemajuan PTS. Masa dibiarkan begitu saja (dikeluarkan). PTS tidak sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). PTS hidup dari guyub rukun,'' kata Brodjo, Jumat (4/5).

...dst

5 ) FMIPA ITS Miliki Profesor Perempuan Pertama
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/317612/293/14/FMIPA-ITS-Miliki-Profesor-Perempuan-Pertama-

Sabtu, 05 Mei 2012 07:59 WIB   
SURABAYA--MICOM: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengukuhkan profesor perempuan pertama untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yakni Profesor Doktor Rer.Nat Irmina Kris Murwani, M.Si. "Di ITS ada beberapa guru besar perempuan, tapi jumlahnya sedikit dan mungkin banyak yang sudah sangat senior," kata guru besar ke-103 ITS dari Jurusan Kimia dalam bidang Ilmu Katalis Heterogen itu di kampus setempat, Jumat (4/5). Menurut perempuan kelahiran Surabaya pada 48 tahun lalu itu, hal ini merupakan pencapaian luar biasa yang diperoleh Irmina, mengingat saat ini masih belum ada seorang perempuan yang menjadi guru besar di lingkungan FMIPA ITS. "Saya memang sangat senang mendalami bidang ilmu katalis. Katalis memiliki peranan yang sangat besar dalam kemajuan industri. Pada kehidupan era modern, katalis merupakan penopang terbentuknya material-material penting yang digunakan manusia sehari-hari," katanya.

...dst

6 ) UGM koleksi ratusan fosil manusia purba
http://www.antaranews.com/berita/309047/ugm-koleksi-ratusan-fosil-manusia-purba

Jumat, 4 Mei 2012 12:59 WIB
Tulungagung, Jawa Timur (ANTARA News) - Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta kini mengoleksi ratusan fosil manusia purba.Menurut Ketua Kepala Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi, Fakultas Kedokteran UGM, Rusyad Suryanto, koleksi itu hasil penelitian yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. "Termasuk penelitian yang dilakukan di wilayah Jawa Timur di Kabupaten Tulungagung ini," kata dia di Tulungagung, Jumat. Ia menjelaskan, selama ini tim peneliti UGM telah melakukan penelitian fosil manusia purba di berbagai wilayah, yaitu Bali, Papua dan Jawa Barat serta Jawa Tengah. Langkah itu, menurut dia, sebagai bentuk penyelamatan sejarah atas peristiwa yang terjadi tentang kehidupan manusia purba. "Demikian juga observasi yang kami lakukan di Tulungagung ini," ucapnya, menambahkan.

...dst

7 ) STP Sahid Prioritaskan Penerima Beasiswa Unggulan dari NTT
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/04/317448/293/14/STP-Sahid-Prioritaskan-Penerima-Beasiswa-Unggulan-dari-NTT

Jumat, 04 Mei 2012 07:24 WIB   
JAKARTA--MICOM: Sebanyak 87 orang dari 150 penerima Beasiswa Unggulan (BU) Kemendikbud yang menempuh kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketua STP Sahid Jakarta Kusmayadi mengemukakan sebagian besar terpilihnya mahasiswa asal NTT meraih beasiswa unggulan Program Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kemendikbud mengingat wilayah ini merupakan daerah perbatasan yang memiliki sumberdaya pariwisata sangat besar. "Ya mahasiswa NTT terpilih lebih banyak meraih beasiswa unggulan mengingat potensi pariwisata yang prospektif baik dari sudut alam, budaya dan heritage, sehingga sangat diperlukan SDM yang handal baik jumlah maupun mutunya,"kata Kusmayadi kepada Media Indonesia,di kampus STP Sahid Jakarta, Kamis (3/5). Dijelaskan, NTT termasuk dalam program beasiswa unggulan dengan kategori Indonesia Timur. Kategori ini memilih calon siswa, tidak hanya secara prestasi juga kondisi sosial ekonomi.

...dst

8 ) ISI-Lembaga Prancis tandatangani kerja sama
http://www.antaranews.com/berita/309172/isi-lembaga-prancis-tandatangani-kerja-sama

Sabtu, 5 Mei 2012 07:54 WIB
Denpasar (ANTARA News) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menandatangani naskah kerja sama dengan Lembaga Indonesia Prancis (Alliance Francaise), di kampus setempat Sabtu."Kerja sama itu diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni meningkatkan wawasan mahasiswa dan dosen lembaga pendidikan tinggi seni," kata Humas ISI Denpasar, Ni Ketut Dewi Yulianti, SS., MHum di Denpasar, Sabtu.Ia mengatakan,kerja sama hal itu merupakan kesepakatan hasil pertemuan antara Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai. S dengan Direktur Kursus Instiutut Francais Indonesia Jakarta dan Ketua Yayasan pendidikan tersebut, Dewa Putra Diasa. Kerja sama itu sekaligus meningkatkan hubungan menyangkut seni budaya dan pendidikan antara Bali maupun Indonesia--Prancis. Seusai penandatangan kerja sama itu dilanjutkan dengan lokakarya tentang komik yang mengusung tema Nature and City, serta seminar bertajuk Technique of Work for Comics Artists. Kegiatan tersebut menampilkan seorang seniman komik Prancis, Joel Alessandra, yang juga ahli ilustrasi dan karikatur. Kedua kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa dan dosen ISI Denpasar.

...dst

9 ) Kebebasan Akademik Itu...
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/05/1237102/Kebebasan.Akademik.Itu.

Sabtu, 5 Mei 2012 | 12:37 WIB
Tahun 2050, penduduk dunia diramalkan mencapai 9 miliar. Manusia akan menghadapi problem sangat kompleks. Mulai dari kekurangan pangan, air bersih, krisis energi, ancaman penyakit, kerusakan hutan, hingga semakin hancurnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Bagaimanakah sikap para ilmuwan Indonesia menghadapi masalah kemanusiaan di masa depan? Mampukah perguruan tinggi di Indonesia melahirkan puncak kreativitas dan inovasi, sejajar dengan perguruan tinggi lain di dunia? Universitas adalah gerakan moral tempat lahirnya produksi dan reproduksi ilmu pengetahuan. Para ilmuwan dengan kapasitas intelektual dan kepeduliannya yang tinggi punya potensi sangat besar untuk ikut mengatasi berbagai persoalan dunia di masa depan.Namun, potensi itu saja tak cukup. Ada hal mendasar yang sangat dibutuhkan, yaitu kebebasan akademik! Inilah landasan moral para ilmuwan untuk bekerja memaksimalkan kemampuan intelektualnya. Jika menghendaki bangsa yang kuat, kebebasan akademik tak boleh dibatasi oleh siapa pun, bahkan harus didukung sepenuhnya oleh negara melalui perangkat hukum.

...dst

10 ) Kuliah "Gratis" di Harvard & MIT
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/373/623964/kuliah-gratis-di-harvard-mit

Sabtu, 05 Mei 2012 11:09 wib
MASSACHUSETTS - Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) menawarkan program kuliah online gratis dalam sebuah proyek bernama "edx". Kerjasama kedua lembaga melibatkan dana sekira USD60 juta dan ditargetkan menarik jutaan pelajar dari seluruh dunia. "Siapa pun yang memiliki koneksi interet di bagian dunia mana pun memiliki akses pada program ini," kata Rektor Harvard Drew Faust, seperti dilansir Huffington Post, Sabtu (5/4/2012). Harvard sendiri telah lama menawarkan berbagai jenis kuliah kepada masyarakat melalui program ekstensi. Sementara, MIT sendiri telah memiliki program serupa sejak sedikitnya satu dekade lalu. Program bertajuk OpenCourceWare itu menyediakan jutaan materi dari 2.000 perkuliahan secara online dan gratis. Materi-materi tersebut pun telah dipergunakan oleh lebih dari 100 juta orang di seluruh duni.

...dst

11 ) UNS Juara I Lomba Debat Konstitusi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/05/185483/UNS-Juara-I-Lomba-Debat-Konstitusi

05 Mei 2012
SEMARANG - Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta tim 1  keluar sebagai juara I Lomba Debat Konstitusi mahasiswa antar-universitas se-Joglosemar (Yogya, Solo, Semarang) yang diadakan Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, baru-baru ini. Sementara juara II diraih UNS tim 2 dan juara III Fakultas Hukum (FH) Untag Semarang. Topik lomba meliputi ''Pencabutan Moratorium Pengiriman TKI ke Arab Saudi'', ''Pencabutan Pasal 36 ayat (1) Undang-undang Nomor 36 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin'', ''Pelaksanaan Referendum bagi Rakyat Papua dalam Penerapan Menggunakan Hak untuk Menentukan Nasib Sendiri'', ''Restorative Justice bagi Pemakai Narkoba yang Bukan Pengedar'', ''Pembubaran Pengadilan Tipikor di Daerah'', dan ''Ultra Petita dalam Putusan Mahkamah Konstitusi''. Humas FH Untag Hudi Karno Sabowo SH mengatakan, penyaringan peserta melalui beberapa tahap, yakni pendaftaran, pengiriman brief case, pengumuman finalis, dan pelaksanaan lomba. Dalam lomba tersebut tim FH Untag diwakili Saifullah, Retno Ayu, dan Wina Hendra, dengan pendamping Danang Hardianto.

...dst

12 ) LCD HP Bekas Antar Dua Mahasiswa Undip Raih Juara
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/373/623747/lcd-hp-bekas-antar-dua-mahasiswa-undip-raih-juara

Jum'at, 04 Mei 2012 15:02 wib
JAKARTA - Siapa sangka LCD telepon selular bekas dapat dijadikan sebagai sumber daya baru? Ya, limbah elektronik ini dimanfaatkan dua mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang hingga akhirnya terpilih menjadi pemenang dalam Polines Inovation Technology Contest (PITC) 2012. Mereka adalah Apriyan Tri Kusuma dan Rahardian Pratama Aji. Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (Tekim) Undip ini menulis penelitian dengan judul Pemanfaatan Limbah Elektronik (LCD Handphone) dalam Pembuatan DYE Sensitized Solar Cell (DSSC) sebagai Pembangkit Tenaga Listrik Ramah Lingkungan. Apriyan mengaku tidak menyangka dapat menjuarai ajang ini, karena para kompetitornya datang dari berbagai universitas besar dan bergengsi pula. Dia menyebutkan, pesaing terberat adalah peserta asal Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. "Namun, ternyata UI hanya menduduki peringkat kedua dan peringkat tiga dihuni oleh Politeknik Negeri Malang," kata Apriyan seperti dinukil dari laman Undip, Jumat (4/5/2012).

...dst

13 ) Mendikbud Serahkan Hadiah Tanoto Education Grant
http://www.pikiran-rakyat.com/node/187224

Jumat, 04/05/2012 - 17:11
JAKARTA, (PRLM).- Hari Pendidikan Nasional menjadi berkah tersendiri bagi tenaga penggerak pendidikan yang menerapkan praktik atau konsep belajar secara inovatif, kreatif, dan kritis, yakni dengan menerima hibah sebesar Rp50 juta. Bantuan tersebut diprakarsai oleh Tanoto Foundation melalui program Tanoto Education Grant (TEG). Pemberiah hadiah secara simbolis tersebut langsung diserahkan oleh Mendikbud, Muhammad Nuh, yang didampingi Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto, kepada tiga pemenang yang masing-masing menerima hadiah uang sebesar Rp50Juta di Gedung Kemdikbud Jakarta, Jumat (4/5). Mereka para penerima adalah pemenang dari kategori yang dilombakan yakni kategori praktik atau konsep belajar inovatif/kreatif/kritis, kategori pelatihan guru, dan kategori penelitian dan studi kebijakan pendidikan. Ketua Dewan Juri TEG, yang juga pemerhati pendidikan, Anita Lie menjelaskan sejak diluncurkannya November 2011, TEG menerima 302 proposal dari Sabang sampai Merauke. Proses seleksi terdiri dari verifikasi dokumentasi, blind review proposal dan verifikasi lapangan oleh tim seleksi.

...dst

14 ) Kasus Angie, KPK Buka Peluang Periksa Pihak Kemenpora & Kemendikbud
http://news.detik.com/read/2012/05/04/171556/1909552/10/kasus-angie-kpk-buka-peluang-periksa-pihak-kemenpora-kemendikbud

Jumat, 04/05/2012 17:15 WIB
Jakarta Kronologi dan bukti pendukung penerimaan suap oleh Angelina Sondakh terus dikumpulkan KPK. Lembaga antikorupsi ini kemungkinan besar akan memanggil pihak Kemenpora guna melengkapi berkas Angie. "Ada kemungkinan. Kemungkinan untuk memanggil pihak Kemenpora itu bisa saja jika memang diperlukan," tutur Jubir KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Jumat (4/5/2012). Kasus wisma atlet dan permainan anggaran terkait proyek yang ada di universitas yang menyerat Angie memang erat kaitannya dengan dua kementerian itu. Pasalnya, Angie terlibat suap dalam tahap pembahasan anggaran di Banggar DPR, di mana dalam pembahasan itu, terdapat unsur Kemenpora dan Kemendikbud. Angelina Sondakh ditetapkan sebagai tersangka kasus wisma atlet dan proyek di sejumlah universitas. Berapa kampus yang terlibat dalam proyek itu masih sumir. Namun dipastikan cukup banyak karena membentang dari Sumatera sampai Mataram.

...dst

15 ) Pungutan Liar Hingga Penahanan Ijazah
Dua Persoalan Laten di Masa Pergantian Tahun Ajaran Baru
http://www.jpnn.com/read/2012/05/05/126475/Pungutan-Liar-Hingga-Penahanan-Ijazah-

Sabtu, 05 Mei 2012 , 09:05:00
JAKARTA - Setiap musim pergantian tahun ajaran pendidikan, dunia pendidikan selalu menghadapi dua persoalan laten. Kedua persoalan yang hampir tidak pernah tuntas pengusutannya ini adalah, pungutan liar bagi siswa baru dan kasus penahanan ijazah bagi siswa yang memiliki tunggakan-tunggakan uang ke sekolah.Ditemui usai memberikan anugrah kepada pemenang Tanoto Education Grant di Jakarta kemarin (4/5) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta masyarakat melapor jika mendapatkan atau menemukan dua persoalan tadi. "Kita siap menidaklanjutinya," tutur menteri asal Surabaya itu. Dia berpesan, bagi masyarakat yang melapor juga harus menunjukkan lokasi ternjadinya penyakit pendidikan ini. Nuh mengatakan, lokasi dan waktu kejadian ini penting untuk mempercepat pengusutannya. Diantara nomor telepon yang bisa digunakan untuk mengadu adalah, call center 177, dan nomor telepon : (021) 57950226, (021) 5703303, serta faksimil: 021 5733125. Nuh menuturkan, dalam aturannya segala pungutan liar di sekolah negeri itu dilarang. "Terutama di SD dan SMP," katanya. Larangan pungutan ini sudah tertuang dalam Permendikbud Nomor 60 Tahun 2011 tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan di SD dan SMP.

...dst

16 ) Pelajar Indonesia Peroleh 11 Medali Olimpiade Sains di Belandahttp://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/316

05/04/2012 (All day)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menerima 12 siswa SMP dan SMA yang menjadi peserta International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-19 di Belanda. Dari 12 siswa yang menjadi peserta ICYS tersebut, sebanyak 11 siswa mendapatkan penghargaan. Penghargaan yang diperoleh adalah satu medali emas (bidang IPA), dua medali perak (terapan fisika dan ekologi), empat medali perunggu (dua medali di bidang ekologi, dua medali di bidang IPA), dan empat penghargaan khusus (satu medali di bidang matematika, tiga medali di bidang ilmu komputer). Pertemuan berlangsung pada Jumat siang di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (4/5). Ke-12 siswa mengikuti International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-19 pada 16-23 April 2012 di Nijmegen, Belanda. ICYS ini merupakan keikutsertaan Indonesia yang ke-7. Sebelum memasuki seleksi nasional, para peserta diseleksi secara regional. Seleksi reginal saat ini baru mencakup daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Papua, dan dilakukan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Untuk ke depan, akan diperluas.

...dst

17 ) Nando & Nurul Mengganti BBM dengan Urine
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/372/623573/nando-nurul-mengganti-bbm-dengan-urine

Jum'at, 04 Mei 2012 10:02 wib
MALANG - Dua siswa SMAN 10 Kota Malang, Nurul Inayah dan Nando Novia berhasil menjuarai lomba teknologi International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Tbilisi, Georgia. Keduanya berhasil menyisihkan 101 peserta dari 40 negara dan mendapat medali emas atas prestasinya tersebut. Kedua siswa ini berhasil menyabet penghargaan internasional dengan penelitiannya yang mengubah urine menjadi energi listrik melalui Photo Electro System. "Listrik sudah diuji coba untuk menggerakkan mobil radio kontrol," kata Nando yang juga ketua dewan riset muda SMA Negeri 10 Malang, kemarin.  Nando menjelaskan, dia bersama Nurul mengaku telah melakukan penelitian ini selama tiga bulan. Hanya dengan memanfaatkan listrik tenaga surya, kata Nando, mereka bisa mengubah urine menjadi hidrogen yang dapat menghasilkan listrik. Listrik ini dapat menggerakkan mobil yang mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam. "Satu liter urine dapat menghasilkan listrik untuk melaju 17 kilometer," kata Nando.

...dst

Berita Edukasi, 03 Mei 2012

1 ) UII Yogyakarta Menjadi Anggota Dewan Universitas Dunia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/02/m3el37-uii-yogyakarta-menjadi-anggota-dewan-universitas-dunia

Rabu, 02 Mei 2012, 23:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Islam Indonesia Yogyakarta bersama 30 perguruan tinggi dari 20 negara menjadi anggota International Universities Search and Rescue Council atau Dewan Universitas Dunia untuk Pencarian dan Penyelamatan. "Universitas Islam Indonesia (UII) juga terpilih menjadi salah satu anggota komite koordinasi dewan tersebut bersama sembilan anggota lainnya," kata Rektor UII Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia, Dewan Universitas Dunia untuk Pencarian dan Penyelamatan yang dideklarasikan di Nicosia, Siprus Utara, Selasa (24/4) itu sebagai bentuk kepedulian perguruan tinggi atas banyaknya tragedi kemanusiaan yang diakibatkan bencana alam. "Dewan tersebut bertujuan untuk membangun kerja sama dan saling tukar pengalaman mengatasi bencana alam yang terjadi. Dewan itu selanjutnya berencana melakukan pertemuan rutin setiap tahun dengan membahas topik-topik yang relevan terkait dengan kebencanaan," katanya. Selain UII, perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam dewan itu antara lain dari Turki, Siprus, Rusia, Nepal, Brazil, India, Yordania, Uganda, Azerbaijan, Polandia, Yaman, dan Somalia.

...dst

2 ) Kebijakan Pendidikan Digugat 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/491621/

Thursday, 03 May 2012
BANDUNG– Kalangan pendidikan menggugat sejumlah kebijakan di bidang pendidikan. Pelaksanaan ujian nasional (UN), rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), dan penerapan kurikulum masih menjadi permasalahan. Pelaksanaan UN di Indonesia yang digunakan sebagai standar kelulusan siswa dalam tingkatan pendidikan masih diperdebatkan. Guru Besar Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) Iwan Pranoto mengatakan, UN di Indonesia merupakan kondisi yang paling tidak ideal."Paling bagus kalau tidak melaksanakan UN, karena UN itu melenceng dari pendidikan sehingga segala bentuk pengajaran di sekolah berkiblat pada UN,padahal dalam UN tingkat penalaran pada siswanya rendah," ujarnya di Gedung Indonesia Menggugat,Jalan Perintis Kemerdekaan,Kota Bandung,kemarin. Dia mencontohkan dalam UN matematika, soal yang melatih nalar siswa masih rendah sementara perhitungannya ruwet, siswa justru dituntut menghitung secara rumit. Hal ini tidak sesuai dengan tuntutan zaman, karena di negara lain sudah ditinggalkan. "Di negara lain justru pengajarannya mengejar bernalar yang canggih, namun dengan perhitungan sederhana. Bukan menyuruh untuk berkiblat ke luar negeri, tapi bagaimana kita mengarahkan siswa mempelajari hal-hal yang akan bermanfaat di masa depan,"jelasnya.

...dst

3 ) Guru Besar ITB Sebut UN Sesat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/19545888/Guru.Besar.ITB.Sebut.UN.Sesat

Rabu, 2 Mei 2012 | 19:54 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Guru Besar Ilmu Matematika dari Institut Teknologi Bandung, Iwan Pranoto, menyebut ujian nasional yang dipraktikkan pemerintah saat ini adalah kebijakan yang keblinger. Bukannya mengajari para murid untuk menggunakan nalar atau akalnya, UN malah memaksa mereka menghafal. "UN itu sesat!" seru Iwan dalam seminar yang diadakan dalam rangka Hardiknas di Gedung Indonesia Menggugat, Rabu (2/5/2012). Dia pun menunjukkan contoh soal Matematika yang diujikan dalam UN. Iwan berpendapat, soal tersebut mustahil dikerjakan dalam waktu singkat kecuali menghafalkan rumus secara cepat yang diajarkan dalam sekolah atau bimbingan belajar. Seharusnya, soal yang ditanyakan mengajak siswa untuk memahami masalah yang dihadapi. Kecenderungan tersebut tidak hanya terlihat di mata kuliah Matematika. Iwan menemui hal serupa di mata kuliah lain yang hanya bisa dijawab apabila menghafal. "Menghafal adalah kegiatan bernalar paling rendah, biarkan itu ditangani komputer. Seharusnya yang didorong adalah bernalar yang tidak bisa dilakukan komputer," kata Iwan. Dia pun mengungkapkan hasil riset yang dilakukan Massachusetts Institute of Technology dengan Harvard University yang menyebut dua kemampuan yang wajib dimiliki manusia masa depan adalah berpikir kompleks dan komunikasi.

...dst

4 ) Sebelum Diimplementasikan, UU Sisdiknas Harusnya Diuji di Skala kecil
http://news.detik.com/read/2012/05/02/154054/1907260/10/sebelum-diimplementasikan-uu-sisdiknas-harusnya-diuji-di-skala-kecil?n991102605

Rabu, 02/05/2012 15:40 WIB
Jakarta Pasal 50 ayat (3) UU Sisdiknas diuji materi di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini dinilai tidak perlu terjadi jika sebelum diimplementasikan, UU tersebut diuji dalam skala kecil terlebih dahulu. "UU itu terbukti tepat atau tidak tepat ketika dia diimplementasikan. UU ini harusnya diuji dalam skala kecil dulu. Misalnya di 10 sekolah, jika sudah tepat, 10 sekolah tersebut bisa menjadi contoh bagi yang lain. Kita harus berpikir secara nasional tidak hanya sekolah-sekolahnya," ujar Penasihat Pendidikan British Council, Itje Chodidjah. Hal itu disampaikan dia saat menjadi saksi ahli di sidang pengujian materi UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 50 ayat 3. Hal itu disampaikan dia dalam sidang uji materi di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (3/5/2012). Dia juga mempertanyakan adakah keputusan tersendiri untuk menerjemahkan kata internasional. Apakah karena mengajarkan IPA dan Matematika dengan bahasa Inggris maka sudah disebut bukti internasional?

...dst

5 ) Panitia SNMPTN Keliling Empat Daerah
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/03/373/622968/panitia-snmptn-keliling-empat-daerah

Kamis, 03 Mei 2012 11:14 wib
PALEMBANG – Meski baru akan digelar 12-13 Juni mendatang, sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis 2012 terus digencarkan panitia. Sampai kemarin, sudah empat daerah disosialisasi panitia terkait teknis pelaksanaan. Hal tersebut diungkapkan Ketua panitia lokal (Panlok) 23 SNMPTN 2012 Universitas Sriwijaya (Unsri) Zulkifli Dahlan, ketika dihubungi kemarin. Menurut Zulkifli, sosialisasi yang dilakukan pihaknya beberapa hari terakhir sudah menyasar empat kabupaten/kota masing-masing yakni Prabumulih, Muaraenim, Lahat dan Pagaralam. "Sejak dua hari lalu tim kami berkeliling. Kami melakukan sosialisasi untuk menjelaskan SNMPTN itu sendiri sekaligus mengenalkan prodi-prodi yang ada di Unsri," jelas Zulkifli.

...dst

6 ) Udinus Ikuti Cyber Test P-SPMBN
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/03/185221/Udinus-Ikuti-Cyber-Test-P-SPMBN

03 Mei 2012
SEMARANG - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) turut bergabung dalam perhimpunan sistem penerimaan masuk bersama nusantara (P-SPMBN) yang dilakukan secara online. Ujian bersama antara perguruan tinggi negeri dan swasta ini dikembangkan oleh Perhimpunan Ujian Masuk Bersama yang berpusat di Kampus Univeristas Indonesia di Salemba Raya Jakarta. Rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko MKom mengatakan, untuk tergabung dalam perhimpunan tersebut perguruan tinggi harus memenuhi syarat, baik dalam bidang teknologi informasi maupun SDM. Sedangkan syarat lainnya, yakni peserta ujian yang mendaftar harus minimal mencapai 100 orang. "Cyber Test P-SPMBN adalah penyelenggaraan ujian bersama secara nasional dalam rangka seleksi penerimaan mahasiswa baru secara online. Dan Udinus kali ini turut berpartisipasi dalam seleksi tersebut. Tujuannya untuk mengakomodasi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia yang hendak kuliah di Udinus," jelasnya, kemarin. Dengan mengikuti seleksi P-SPMBN itu, keuntungan bagi perguruan tinggi adalah dapat melakukan input secara berkualitas. Sedangkan, bagi peserta pendaftar memperoleh manfaat dapat mengikuti ujian secara online.

...dst

7 ) Anugerah Kekayaan Intelektual Dengan Hadiah Luar Biasa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/17384485/Anugerah.Kekayaan.Intelektual.Dengan.Hadiah.Luar.Biasa

Rabu, 2 Mei 2012 | 17:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali akan memberikan anugerah kekayaan intelektual luar biasa (AKIL). Tahun ini, anugerah yang diberikan untuk ketiga kalinya itu menjanjikan hadiah yang cukup besar, yakni Rp 250 juta untuk 15 pemenang di empat kategori. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso mengatakan, AKIl tahun ini terhimpun atas kerjasama beberapa kementerian terkait, seperi Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. " Ini kan kekayaan intelektual luar biasa, maka hadiahnya juga luar biasa," kata Djoko, Rabu (2/5/2012), di Jakarta. Dijelaskannya, penyelenggaraan ini didasari oleh instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada sidang kabinet dan hasil keputusan Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (PHKI) agar memberikan anugerah kepada penghasil kekayaan intelektual.
Anugerah ini, kata Djoko, pertama kali dicetuskan pada 2009 lalu oleh Kemdiknas dan diperuntukkan kepada dosen, peneliti, dan masyarakat yang menghasilkan kekayaan luar biasa.

...dst

8 ) AKIL Tantang Dosen Ciptakan Inovasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/02/373/622430/akil-tantang-dosen-ciptakan-inovasi

Rabu, 02 Mei 2012 17:15 wib
JAKARTA - Tidak hanya menanamkan budaya menulis di kalangan mahasiswa dengan adanya kebijakan penulisan karya ilmiah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga memiliki cara tersendiri dalam memacu inovasi dari para dosen, peneliti, maupun masyarakat luas. Cara itu ditempuh Kemendikbud dengan menggelar kompetisi untuk menghasilkan kekayaan intelektual bagi dosen, peneliti, dan masyarakat. Mendapat dukungan dari berbagai kementerian lainnya, juara kompetisi ini akan mendapat Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL). Selain memberikan apresiasi atas invensi mereka dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, varietas tanaman, dan industri kreatif dalam keterbatasan, AKIL diharapkan dapat menjadi cambuk untuk memotivasi dosen, peneliti, dan masyarakat awam untuk terus berkarya secara konsisten. AKIL 2012 mengangkat tema "Menjadi Inovator Kelas Dunia" yang sesuai dengan tema Hari Kekayaan Intelektual tahun ini. Lomba ini terbagi dalam empat kategori, yakni teknologi (penghasil paten), kategori varietas tanaman dengan menghasilkan PVT, kategori ilmu pengetahuan sebagai penghasil hak cipta, dan kategori industri kreatif.

...dst

9 ) Kompetisi Blog
Dibuka...Kompetisi Menulis Berhadiah ke Belanda!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/17142027/Dibuka.Kompetisi.Menulis.Berhadiah.ke.Belanda

Rabu, 2 Mei 2012 | 17:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin merasakan pengalaman summer course di salah satu perguruan tinggi di Belanda dan bertemu dengan teman-teman dari mancanegara? Nuffic Neso Indonesia kembali membuka kesempatan tersebut melalui Kompetiblog Studi di Belanda 2012. Kompetiblog Studi di Belanda merupakan kompetisi menulis blog yang diadakan oleh Nuffic Neso Indonesia. Tahun ini, kegiatan rutin tersebut memasuki tahun keempat penyelenggaraannya. "Tahun ini diharapkan bisa menarik minat lebih banyak penulis untuk ikut serta. Tulisan bisa memuat pengetahuan, pendapat, serta pengalaman individu sesuai tema yang ditetapkan oleh panitia," kata Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso I dalam siaran pers kepada Kompas.com, Selasa (2/5/2012). Ia mengatakan, cara mengikuti kompetisi ini tidak sulit. Peserta cukup menulis maksimal 500 kata sesuai ketentuan syarat yang diberlakukan. Dua orang pemenang utama kompetisi ini akan berkesempatan mengikuti summer course di Utrecht Summer School, Utrecht, Belanda, selama dua minggu. Panitia juga memberikan hadiah hiburan berupa smartphone untuk pemenang kedua dan kamera digital untuk pemenang ketiga.

...dst

10 ) Pakar: bahan bakar bioetanol perlu mesin khusus
http://www.antaranews.com/berita/308617/pakar-bahan-bakar-bioetanol-perlu-mesin-khusus

Selasa, 1 Mei 2012 20:49 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Penggunaan bahan bakar bioetanol untuk kendaraan bermotor membutuhkan mesin khusus yang mampu menampung uap alkohol, demikian dikatakan Peneliti Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Haznan Abimanyu. "Jadi, bioetanol dapat digunakan sebagai bahan aditif (campuran) atau sebagai bahan bakar murni untuk kendaraan," kata Haznan selepas peresmian proyek pionir produksi bioetanol lignoselulosa LIPI dengan Korea Institute of Science and Technology (KIST) di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang Selatan, Selasa. Haznan mengatakan nilai oktan pada bahan bakar premium sebesar 88 dapat ditingkatkan dengan bioetanol hingga 90 atau 92. "karena alkohol mudah menguap maka diperlukan ruang bakar yang sanggup menampung uap alkohol yg begitu cepat, selain titik bakar etanol yang lebih cepat dari premium," kata Haznan. Di Indonesia bahkan negara lain, menurut Haznan, belum terdapat mesin kendaraan yang dapat menggunakan bahan bakar murni bioetaol.

...dst

11 ) Indonesia Ikut Pameran Pendidkan di Arab Saudihttp://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/305

05/02/2012 (All day)
KBRI Riyadh bersama-sama dengan 4 Universitas di Indonesia turut ambil bagian dalam kegiatan pameran the 3rdInternational Exhibition and Conference for Higher Education (IECHE) 2012 yang diselenggarakan tanggal 17-20 April 2012, di Riyadh  Exhibition Center, Arab Saudi. Pameran IECHE termasuk salah satu pameran pendidikan terbesar di kawasan dan juga di dunia internasional. Pameran IECHE 2012  ini diikuti lebih kurang 420 universitas dari 39 negara, 365 universitas internasional dan institusi pendidikan lainnya dan 55 universitas lokal. Kegiatan pameran IECHE 2012 dikunjungi 300 ribu pengunjung yang terdiri dari para pelajar, akademisi, pemerhati pendidikan  dan juga masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan  di bidang pendidikan. Pameran IECHE 2012 dibuka oleh Menteri Pendidikan Tinggi Arab Saudi, Dr. Khalid Al-Anqari dengan pemotongan pita secara bersama oleh Menteri Pendidikan Tinggi Arab Saudi dan beberapa Duta Besar dan perwakilan asing di Arab Saudi, al: Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, China, Irlandia, Singapura dan Malaysia. Dalam sambutannya  Dr. Khalid Al-Anqari mengatakan bahwa pameran tersebut dirancang untuk mereka yang peduli dengan pendidikan tinggi, mahasiswa, dosen, tokoh dan akademisi tidak hanya dari Arab Saudi, tetapi juga negara-negara tetangga.

...dst

12 ) Sensor Bermasalah, Robot ITB Tetap Juara
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/02/373/622504/sensor-bermasalah-robot-itb-tetap-juara

Rabu, 02 Mei 2012 18:13 wib
JAKARTA - Perjalanan tim Robotika Institut Teknologi Bandung (ITB) menjuarai Trinity College Fire-Fighting Home Robot Competition (TCFFHRC) di Trinnity College, Amerika Serikat (AS), tidaklah mulus. Sejak persiapan hingga masa kompetisi, tim Yaqut dan Aqabah kerap menemui kendala. Di Tanah Air, tim berkutat dengan pengggalangan dana keberangkatan. Selain dibiayai Ditjen Dikti Kemendikbud, keberangkatan sebagian anggota tim robotika ITB juga didanai pihak sponsor. Begitu sampai di Amerika, sensor suara robot yang didesain untuk dipergunakan di negara tropis tidak berfungsi di New York yang sedang berada pada akhir musim dingin. Dengan bantuan alat pengering rambut (hair dryer), sensor tersebut dapat kembali berfungsi meski tidak maksimal. TCFFHRC adalah kompetisi robot pemadam api. Dalam kompetisi ini, robot diletakkan secara acak dalam sebuah labirin. Ia kemudian kemudian harus mencari sumber panas, mematikannya, lalu kembali ke posisi awal.

...dst

13 ) Penembak Anak Guru Besar Unpar Ditangkap?
http://regional.kompas.com/read/2012/05/03/10223974/Penembak.Anak.Guru.Besar.Unpar.Ditangkap.

Kamis, 3 Mei 2012 | 10:22 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Aparat kepolisian dikabarkan menahan empat orang pelaku yang diduga terlibat dalam penembakan Harindaka Maruti (20). Dia adalah anak bungsu dari Guru Besar Ilmu Hukum Tatanegara Universitas Katolik Parahyangan, Koerniatmanto Soetoprawiro.Hingga berita diturunkan, Bidang Humas Polda Jawa Barat mengumumkan bahwa mereka akan menunjukkan pelakunya di Mapolda Jabar siang ini. Harindaka meninggal dunia setelah ditembak pencuri yang baru saja membobol rumahnya dan membawa lari satu unit laptop dan uang asing 6.000 USD tanggal 20 April 2012. Dia ditembak saat merebut tas laptop dari pelaku. Saat dilarikan ke UGD Santo Borromeus, nyawanya tidak tertolong.

...dst

14 ) Tayangan Pendidikan Diusulkan 20% 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/491691/

Thursday, 03 May 2012
JAKARTA – Pemerintah akan membuat kebijakan agar media televisi memberikan porsi 20% waktu siaran tayangan pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, siaran televisi terutama televisi swasta mempunyai waktu hingga 24 jam.Waktu tersebut jelas mempunyai pengaruh yang sangat besar pada masyarakat. Tayangan pendidikan yang disarankan bisa bermacammacam. Namun, kata dia, sebaiknya tayangan yang dibuat terkait materi pelajaran yang diajarkan di sekolah seperti pendidikan Kewarganegaraan, Sejarah, Matematika,Fisika, dan sebagainya. Jam siarannya juga disarankan pada pukul 07.00 - 10.00 WIB kemudian 13.00 – 15.00 WIB. "Tayangan ini bersifat multiple effect bagi dunia pendidikan. Jangan sampai di sekolah sudah diajari yang baik-baik namun saat menonton televisi siswa mendapat pengetahuan yang jelek,"kata Mohammad Nuh seusai upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Gedung Kemendikbud kemarin.

...dst

15 ) Beasiswa Rp84,3 Miliar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/309

05/03/2012 (All day)
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, memberikan beasiswa sebesar Rp 84,3 miliar bagi anak berkebutuhan khusus tingkat SD, SMP,SMA, dan SMALB. Bantuan ini sebagai  penghargaan terhadap insan yang ikut serta memajukan pendidikan khususnya peserta didik anak berkebutuhan khusus. "Kami dari pemerintah mengucapkan penghargaan setingi-tingginya kepada para insan yang memajukan dunia pendidikan, diharapkan bantuan yang diberikan saat ini dapat melengkapi kebutuhan mereka untuk meraih kebangkitan generasi emas Indonesia," ujar Mendikbud di sela-sela Resepsi Hardiknas di Gedung A, Kemdikbud, semalam (2/5). Penerima bantuan beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tingkat SD, SMP, SMA, dan SMALB adalah Kenichi Satria Kaffa dari SDLB Pembina Tingkat Nasional, Jakarta; Nurul Hakim dari SMPLB Pembina Tingkat Nasional, Jakarta; dan Yuni Sri Rahayu dari SMALB Pembina Tingkat Nasional, Jakarta.  Pada momen yang sama, Mendikbud turut pula memberikan bantuan Komputer Bicara kepada SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, dan Samanta Serang, Banten.  Bantuan Al Qur'an Braille juga turut diberikan kepada SLB Bahari Pandeglang, Banten dan SLB Taman Harapan Jakarta. (GG)

...dst

16 ) Guru Honorer Segera Diangkat
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/02/317068/293/14/Guru-Honorer-Segera-Diangkat

Rabu, 02 Mei 2012 18:18 WIB
JAKARTA--MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh mengabarkan berita baik bagi guru honorer. Ia mengatakan Kemendikbud sedang menyiapkan PP tentang pengangkatan guru honorer. "Begitu PPnya selesai, akan ada pengangkatan," ujarnya di Kantor Kemendikbud, Selasa (2/5). M Nuh mengungkapkan guru honorer nantinya akan diidentifikasikan menjadi 2 kelompok berdasarkan kualitas. Kualitas pertama adalah yang tinggal mengikuti ujian administratif, kualitas kedua adalah yang harus ujian kompentensi kembali. "Kami tidak ingin guru yang ada tidak memenuhi standar," imbuhnya. (*/X-13)

...dst

17 ) Komitmen anggaran 20 persen untuk pendidikan dipertanyakan
http://www.antaranews.com/berita/308840/komitmen-anggaran-20-persen-untuk-pendidikan-dipertanyakan

Kamis, 3 Mei 2012 07:38 WIB
Ambon (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Maluku mempertanyakan komitmen Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu bersama Wagub Said Assagaff untuk mewujudkan komitmennya dalam upaya pemenuhan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 persen di dalam APBD.
"Kami berharap sebelum berakhirnya masa jabatan pasangan Ralahalu- Assagaff 2013, komitmen ini bisa terealisasi agar profil pendidikan di Provinsi Maluku semakin baik," kata Ketua komisi D DPRD Maluku, Suhfi Madjid di Ambon, Kamis. Tantangan ini disampaikan Suhfi Madjid karena selama ini program tersebut didengung-dengungkan tapi belum teralisasi secara baik, sehingga memasuki akhir masa jabatan kepala daerah 2013 nanti sudah bisa terlaksana. "Jadi kalau sampai dengan 2013 masa akhir jabatannya gubernur bisa menegaskan konsistensi dan komitmen untuk mencapai angka 20 persen pendidikan itu saya acungkan dua jempol buat gubernur," kata politisi Fraksi PKS ini.\

...dst

18 ) 300 Sekolah Perguruan Tamansiswa Mati Suri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/21042475/300.Sekolah.Perguruan.Tamansiswa.Mati.Suri

Rabu, 2 Mei 2012 | 21:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga ratus sekolah milik Perguruan Tamansiswa mati suri, karena kekurangan dana. Perguruan yang dirintis Ki Hadjar Dewantara pada 3 Juli 1922 di Yogyakarta itu, tinggal 30 persen yang masih layak beroperasi. "Perguruan Tamansiswa kesulitan menghidupi dirinya, karena kekurangan murid," kata Wakil Ketua Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Sunarno Hadiwijoyo, di sela-sela acara Sarasehan Tamansiswa Sekolah Plus Kebangsaan, Kerakyatan, Pekerti Luhur Rabu (2/5/2012) di Balai Pertemuan Taman Siswa, Jakarta Pusat. Sarasehan diadakan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Perguruan yang ketika pertama kali didirikan bernama "National Onderwijs Institut Tamansiswa"  itu, merupakan simbol kebangkitan bangsa Indonesia. Perguruan didirikan Ki Hadjar Dewantara, dengan tujuan mendidik bangsa Indonesia. Ia meyakini,hanya dengan pendidikan bangsa ini bisa lepas dari penjajahan.

...dst

19 ) Rektor-rektor Inlander
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/03/0930484/Rektor-rektor.Inlander

OLEH BONNIE EKO BANI
Kamis, 3 Mei 2012 | 09:30 WIB
Jejak kolonialisme selama 350 tahun di Nusantara masih mengakar dalam berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia. Jejak kolonialisme tersebut berupa mentalitas inlander. Mentalitas ini masih mengakar kuat dalam sistem sosial masyarakat. Bahkan, telah mengendap kuat dalam cara berpikir dalam memandang sesuatu. Di dunia pendidikan tinggi, jejak kolonialisme berupa mentalitas inlander itu mewujud dalam internasionalisasi pendidikan tinggi. Saat ini banyak rektor yang terobsesi dengan asingisasi kampusnya. Banyak perguruan tinggi (PT) berlomba mengejar status sebagai world class university. Mereka melakukan modernisasi kampus yang berorientasi ke Barat. Akibatnya, banyak PT yang mengadopsi kurikulum internasional secara mentah-mentah, tetapi melupakan aspek sosio-historis di mana PT tersebut berada. PT menafikan realitas sekitarnya dan berorientasi pada "kemajuan" di Barat. Alhasil, banyak PT maju, tetapi kehilangan identitas sosial-kulturalnya, bahkan tercerabut dari realitas sosial sekitarnya. Banyak PT (negeri ataupun swasta) membuka program internasional yang kedalaman ilmunya masih di tataran permukaan. Belum menyentuh sisi pengembangan ilmu-ilmu yang diinternasionalisasi.

...dst

20 ) "Hidup Saya Penuh Kebahagiaan"
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/491710/38/
       
Thursday, 03 May 2012
"SAYA sendiri belum bisa disebut sebagai survivor kanker. Diagnosis kanker paru stadium 4 baru ditegakkan 5 bulan yang lalu dan sampai kata sambutan ini saya tulis, saya masih berjuang untuk mengatasinya. Tapi saya tidak bertanya `Why me?' Saya menganggap ini adalah salah satu anugerah dari Allah SWT," demikian penggalan kata sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) RI dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DrPH bertanggal 13 April 2011 yang ditulisnya untuk menyambut penerbitan buku Berdamai dengan Kanker. Masih dalam sambutan tersebut, dia merasa sudah menerima banyak anugerah dalam hidup seperti hidup di negara indah dan tidak dalam peperangan, diberi keluarga besar yang pandai-pandai dan dengan kondisi sosial ekonomi lumayan, dianugerahi suami yang sabar dan baik hati serta dua putra satu putri yang sehat, cerdas, dan berbakti.

"Hidup saya penuh dengan kebahagiaan. So .... why not? Mengapa tidak,Tuhan menganugerahi saya kanker paru? Tuhan pasti mempunyai rencana- Nya yang belum saya ketahui. Tapi saya merasa siap untuk menjalankannya. Insya Allah. Setidaknya saya menjalani sendiri penderitaan yang dialami pasien kanker sehingga bisa memperjuangkan program pengendalian kanker dengan lebih baik."

...dst 

Berita Edukasi, 02 Mei 2012

1 ) Hardiknas 2012 Akan Diwarnai Berbagai Kegiatan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/297

01 Mei 2012
Jakarta --- Menyongsong peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menggelar berbagai kegiatan sejak April sampai Juni mendatang. Hardiknas yang jatuh tepat pada tanggal 2 Mei akan diwarnai dengan kegiatan rutin upacara, dan resepsi hardiknas pada malam harinya. Selain itu, Kemdikbud juga menggelar pameran internal di halaman parkir gedung Kemdikbud. "Stand-stand pameran sedang digarap," demikian dijelaskan Mendikbud Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, Senin (30/04). Dalam resepsi Hardiknas nanti, akan dilakukan penandatanganan dengan Garuda dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni). "Kita akan menyerahkan beasiswa kepada keluarga penyandang cacat," katanya. Mendikbud juga akan menyerahkan Al-Qur'an Braille, komputer bicara, dan buku-buku Braille. Pemutaran film animasi pun telah disiapkan untuk menghibur siswa-siswi pada kesempatan tersebut.

...dst

2 ) Kemendikbud Siapkan Generasi Emas Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621064/kemendikbud-siapkan-generasi-emas-indonesia

Senin, 30 April 2012 15:36 wib
JAKARTA - Menjelang Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada 20 Mei, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki sejumlah misi khusus. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) demi menghasilkan generasi muda yang luar biasa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengatakan, berdasarkan data, saat ini jumlah penduduk Indonesia usia muda lebih banyak dibandingkan dengan usia tua. Jumlah anak usia 0-9 tahun sebesar 45 juta sementara anak usia 10-19 tahun berjumlah 43 juta jiwa. "Kita siapkan anak-anak usia 0-9 tahun lewat paudisasi dan pendidikan dasar karena nanti pada 2045, mereka berusia 35-45 tahun sedangkan usia 10-20 tahun berusia 45-54. Ini sesuai dengan usia masyarakat yang seharusnya memegang peran di suatu negara," kata M Nuh di Kemendikbud Senayan, Jakarta Selatan, Senin (30/4/2012).

...dst

3 ) Pemerintah Sambut May Day - Beri Empat Kado untuk Buruh 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490865/

Tuesday, 01 May 2012
JAKARTA – Pemerintah memberikan empat kado kebijakan baru untuk para buruh dalam perayaan Hari Buruh Sedunia yang jatuh hari ini.Kebijakan tersebut dinilai akan memperkuat dan menyejahterakan para buruh. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, keempat kebijakan ini dikeluarkan sebagai langkah awal dan momentum memperbaiki keadaan para buruh serta seluruh regulasi perburuhan. "Semua regulasi yang menyangkut perburuhan akan kita sempurnakan, kemudian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga kita dorong untuk membantu para buruh,"ujar Muhaimin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin. Menurut dia,keempat kebijakan baru bagi para buruh tersebut merupakan hadiah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Empat kebijakan itu yakni kenaikan batas minimal penghasilan tidak kena pajak (PTKP) menjadi Rp24 juta per tahun atau Rp2 juta per bulan, pembangunan rumah sakit khusus para buruh di tiga titik lokasi yaitu Tangerang, Bekasi, dan Surabaya, transportasi murah untuk buruh di kawasan Industri, dan pembangunan rumah murah untuk para buruh.

...dst

4 ) Mendikbud Heran Ada Perguruan Tinggi Swasta Tertipu
http://www.pikiran-rakyat.com/node/186714

Senin, 30/04/2012 - 20:46
JAKARTA, (PRLM).- Adanya 40-an Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tertipu menyetorkan uang Rp50jutaan kepada pengirim surat Penerima Dana Program Hibah Pembinaan PTS (PHP-PTS) 2012 yang mengatasnamakan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, sangat mengejutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)."Saya merasa heran, ini bukan SD, ini Perguruan Tinggi kok bisa tertipu? Kan agak aneh sedikit dan saya berharap agar kawan-kawan di Dikti menindaklanjutinya," ujar Mendikbud Mohammad Nuh, saat memberikan keterangan pers dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional dan Evaluasi UN SMP sederajat di Gedung Kemdikbud Jakarta, Senin (30/4). Menurut Nuh, Perguruan Tinggi bisa tertipu dikarenakan dua kemungkinan, yaitu pertama yang menipu memang sangat canggih dan yang kedua yang ditipu memang sangat bodoh. "Oleh karena itu dua arah dan sudah beberapa kali saya sampaikan jangan percaya dengan yang begitu-begitu," sesalnya. Begitu juga saat ada penggantian pejabat baru, lanjutnya, selalu saja ada yang menelepon meminta uang karena kebutuhan pejabat yang di atas. "Tentu kalau seseorang tidak mengetahui apa yang tidak kita lakukan, bukan berarti kita tidak melakukannya," katanya. Nuh menambahkan hal-hal yang sifatnya seperti itu tidak selamanya operasinya harus terang-terangan. Kemdikbud akan menindaklanjuti kalau ada dugaan-dugaan seperti itu.

...dst

5 ) Tergiur Dana Hibah, Puluhan PTS Tertipu
http://www.jpnn.com/read/2012/05/01/125998/Tergiur-Dana-Hibah,-Puluhan-PTS-Tertipu-

Selasa, 01 Mei 2012 , 07:47:00
JAKARTA - Kucuran dana hibah senilai Rp 190 miliar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk kampus swasta (PTS) ternyata dimanfaatkan penjahat. Berbekal kecenderungan PTS yang kerap tergiur kucuran dana dari pusat, penjahat melakukan penipuan dengan meminta bagian dari uang hibah tersebut. Kali ini, lahan yang menjadi santapan empuk penjahat itu adalah Program Hibah Pembinaan (PHP) PTS. Program ini dikelola Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama, Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud. Anggaran totalnya mencapai Rp 190 miliar. Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti Kemendikbud Achmad Jazidie mengatakan, penipuan dimulai dengan menyebar semacam surat keputusan penerima PHP PTS. Surat ini ditujukan ke sejumlah PTS. "Saking ngawurnya, surat ini juga ditujukan ke PTN. Padahal program ini khusus untuk PTS," kata mantan pembantu rektor III ITS Surabaya itu. Pengiriman surat dilakukan mendekati masa-masa pengumuman penerimaan PHP PTS. Tahun ini, pengumuman penerima PHP PTS sedianya dilakukan pada 27 April lalu. Tetapi karena ada kendala, pengumuman diundur dan dijadwalkan pada 7 Mei mendatang. Salah satu surat abal-abal yang dikirim penipu tertuju kepada rektor Universitas Mataram. Dari alamat atau pihak yang dituju, surat ini sudah terasa janggal. Sesuai dengan aturan, PHP PTS hanya dikukucurkan untuk PTS.  Tetapi Universitas Mataram adalah salah satu dari sekitar 90 PTN. "Sudah kelihatan kan ngawurnya," kata dia. Surat disebar layaknya jaring ikan. Penjahat berharap, dari sekian banyak surat yang disebar, akan ada kampus yang tergiur dan memberinya uang pelicin.

...dst

6 ) Lima Pertimbangan Memilih Perguruan Tinggihttp://118.98.223.68/kemdikbud/berita/292

04/30/2012
Surabaya --- Menjelang masa penerimaan mahasiswa baru tahun 2012, para calon mahasiswa diajak untuk teliti memilih tempat kuliah. Setidaknya ada lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan pilihan. Lingkungan kampus dan pembiayaan menjadi salah satu pertimbangan penting yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Surabaya, Sabtu (28/04). "Kalau seorang siswa mau milih perguruan tinggi, yang pertama kali dilihat adalah latar belakang akreditasi kampusnya," tutur Menteri Nuh. Dari akreditasi tersebut, kata Mendikbud, bisa diketahui keberadaan dan kualitas kampus tersebut mulai dari pengelolaan sampai performa akademik. Kedua, Mendikbud mengingatkan agar mahasiswa mengetahui program studi yang akan dipilihnya. Harus disesuaikan dengan keinginan, jangan sampai hanya ikut-ikutan. Selain akreditasi dan program studi, lingkungan akademis kampus harus terukur. Salah satu indikator pengukurnya adalah prestasi-prestasi yang dicapai oleh kampus.

...dst

7 ) Pendaftaran Dimulai 10 Mei
Peserta SNMPTN Diprediksi Naik 10 Persen
http://www.pikiran-rakyat.com/node/186771

Selasa, 01/05/2012 - 07:55
BANDUNG, (PRLM).- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis 2012 akan dimulai pada Kamis (10/5) mendatang. Panitia Lokal Bandung memperkirakan jumlah peserta SNMPTN jalur tertulis naik 10 persen dibanding SNMPTN 2011 lalu."Pendaftaran secara online mulai 10 Mei sampai dengan 31 Mei 2012. Estimasi kami pendaftar tahun ini naik 10 persen. Tahun lalu pendaftar di Panlok Bandung mencapai 35 ribu, tahun ini kami sudah sediakan 35.800 ditambah dengan cadangan 1.800 kursi. Kalau nanti ternyata peserta lebih banyak kita cari lagi tempat, bahkan kalau tidak cukup juga kita arahkan ke Jatinangor," kata Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panlok Bandung Prof. Asep Gana Suganda dalam konferensi pers SNMPTN 2012 Panlok Bandung di University Center Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Senin (30/4/12). Asep menjelaskan, masih sama seperti tahun lalu, peserta yang akan mendaftar terlebih dahulu harus melakukan transaksi pendaftaran melalui Bank Mandiri melalui loket, ATM, e-banking, atau sms banking. Setelah memperoleh bukti pembayaran berupa Kode Akses Pendaftaran dan PIN SNMPTN, baru kemudian peserta mengisi data peserta melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id.

...dst

8 ) 4 PTN Bandung Tampung 16.543 Mahasiswa Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621229/4-ptn-bandung-tampung-16-543-mahasiswa-baru

Senin, 30 April 2012 18:09 wib
BANDUNG - Empat perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung menyediakan kuota 16.543 kursi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Keempat PTN tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjdjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati. Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panita Lokal (Panlok) Bandung  Asep Gana mengatakan, tahun ini ITB menyediakan 3.300 kursi bagi mahasiswa baru. Asep mengatakan, lewat SNMPTN jalur tulis (reguler), ITB akan menerima 1.320 mahasiswa baru, dan melalui SNMPTN jalur undangan 1.980 mahasiswa baru. ITB juga menyediakan kuota Bidikmisi bagi 900 mahasiswa baru. "Total penerimaan S-1 ITB sekira 3.300 mahasiswa baru," kata Asep, dalam jumpa pers SNMPTN di UPI, Bandung, Senin (30/4/2012). Untuk diketahui, ITB tidak mengadakan ujian mandiri. Jalur ini biasanya mengutip biaya kuliah yang mahal.

...dst

9 ) Mau Masuk PTN Bandung? Silakan Berebut 35 Ribu Kursi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/30/m3a6gq-mau-masuk-ptn-bandung-silakan-berebut-35-ribu-kursi

Tuesday, 01 May 2012, 02:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Panitia lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Bandung menyediakan sebanyak 35.800 kursi untuk para peserta ujian tertulis yang akan diselenggarakan pada 12-13 Juni 2012. Dalam konferensi pers di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Sekretaris Eksekutif SNMPTN 2012 panitia lokal Bandung, Asep Gana Suganda mengatakan, lokasi ujian di Bandung akan disebar di berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kota Bandung. Selain itu, panitia lokal juga menyiapkan 1.800 kursi cadangan di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). "Kalau nanti tiba-tiba banyak sekali calon peserta yang memilih lokasi ujian di Bandung, maka kampus Unpad yang di Jatinangor juga bisa dipersiapkan untuk lokasi ujian," tutur Asep. Berdasarkan data empat tahun terakhir, lanjut dia, jumlah peserta SNMPTN meningkat 10 persen setiap tahun. Berdasarkan data itu, ia memperkirakan peserta SNMPTN pada 2012 bisa mencapai 250 ribu orang untuk jalur undangan dan 600 ribu orang untuk ujian tertulis.

...dst

10 ) Tak Terbukti Miskin, Mahasiswa Bidikmisi Harus Bayar
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/01/185012/Tak-Terbukti-Miskin-Mahasiswa-Bidikmisi-Harus-Bayar

01 Mei 2012
SOLO - Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) segera membentuk tim verifikasi mahasiswa yang dinyatakan masuk dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur Bidikmisi. Tujuannya untuk memastikan kondisi ekonomi keluarga mahasiswa, apakah memang benar-benar dari keluarga tidak mampu. Ketua SNMPTN Panlok 44 UNS Prof Drs Sutarno MSc PhD mengatakan, tim terdiri atas panitia SNMPTN, dosen, dan mahasiswa. Mereka akan terjun langsung melakukan home visit yang mendetail meliputi kondisi rumah, penghasilan, dan daya listrik rumah. ''Jika mereka diterima Bidikmisi, namun ternyata tidak memenuhi syarat, ya harus membayar,'' kata Sutarno di ruang kerjanya, Senin (30/4). Tahun ini kuota yang disediakan 500 mahasiswa, meski upaya meningkatkan kuota terus dilakukan panitia SNMPTN UNS. Jumlah pendaftar ada 4.800-an dari beberapa wilayah. Mahasiswa yang masuk dalam Bidikmisi akan memperoleh dana Rp 6 juta per semester. Sebanyak Rp 3,6 juta untuk biaya hidup dan Rp 2,4 juta untuk biaya pendidikan.

...dst

11 ) Sejumlah PTN Buka Prodi Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621485/sejumlah-ptn-buka-prodi-baru

Selasa, 01 Mei 2012 09:52 wib
BANDUNG – Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung membuka program studi (prodi) baru pada tahun ajaran 2012/2013 mendatang. Dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun ini, prodi-prodi baru tersebut sudah bisa menerima mahasiswa. Salah satunya Universitas Padjadjaran (Unpad) yang membuka prodi Teknik Informatika (TI) yang masuk Fakultas Matematika dan IPA. Menurut Pembantu Rektor I Unpad Engkus Kuswarno, Teknik Informatika ini awalnya program diploma (D-3) yang ditutup, kemudian dibuat menjadi program strata satu (S-1). "Tahun ini kami akan menerima 40 mahasiswa, 20 orang dari SNMPTN dan sisanya dari jalur mandiri, untuk sementara belum menjaring mahasiswa dari jalur undangan," katanya usai konferensi pers SNMPTN Panlok Bandung di University Center UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, kemarin.

...dst

12 ) Untag Bentuk Enam Pusat Studi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/01/185013/Untag-Bentuk-Enam-Pusat-Studi

01 Mei 2012
SEMARANG- Untuk memenuhi tanggung jawab sosial, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang membentuk enam pusat studi di kampus tersebut. Pusat studi itu berfungsi memecahkan persoalan-persoalan sosial budaya, ekonomi, dan hukum. Hal itu disampaikan Rektor Untag Semarang Wijaya SH MH pada upacara wisuda ke-65 di Convention Hall MAJT, Sabtu (29/4). Dia mengatakan, pembentukan pusat studi tersebut merupakan bagian dari persiapan dan pengembangan Untag dalam mendukung kembalinya kejayaan bangsa. ''Setelah tahun ini sistem penjaminan mutu Untag berhasil menjadi yang terbaik tingkat nasional, diharapkan dengan kehadiran pusat studi ini mampu membawa Untag menjadi lebih baik,'' ungkapnya. Enam pusat studi yang terbentuk itu adalah, Pusat Studi Antikorupsi, Reformasi Pajak, Bahasa dan Kepariwisataan, Good Corporate Governance, Kebijakan Publik Daerah, serta Wanita. Selain pusat studi, kampus kebangsaan ini juga akan mengembangkan pembentukan program studi S-

...dst

13 ) Tahun Ini Unpad Tak Buka Program D-3
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621572/tahun-ini-unpad-tak-buka-program-d-3

Selasa, 01 Mei 2012 11:31 wib
BANDUNG - Tahun ini Universitas Padjadjaran (Unpad) tidak menerima mahasiswa ekstensi dan program D-3. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno, menyatakan, kampusnya memang tengah mengurangi jumlah mahasiswa program ekstensi dan D-3. "Malah ke depan, Unpad akan tutup 12 program studi (prodi) D-3. Di antaranya informatika, sastra, Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP). Ke-12 prodi ini sebagian dijadikan S-1 dan sebagian lagi difokuskan ke S-3," kata Engkus di Bandung, Selasa (1/5/2012). Engkus mengimbuhkan, pengurangan jumlah mahasiswa D-3 dan ekstensi tersebut sejalan dengan misi Unpad mengarahkan kebutuhan mahasiswanya ke jenjang S-2 dan S-3. Sehingga, dari 28 prodi, saat ini tinggal 16 prodi D-3 yang masih berjalan di antaranya Penyiaran dan Ilmu Komunikasi.

...dst

14 ) UGM-Lapan Pantau Merapi dengan Pesawat Nir Awak
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621305/ugm-lapan-pantau-merapi-dengan-pesawat-nir-awak

Selasa, 01 Mei 2012 11:03 wib
JAKARTA - Sebagai gunung berapi yang paling aktif di dunia, Gunung Merapi yang berlokasi di Yogyakata harus terus dipantau aktivitasnya. Namun, pemantauan kondisi puncak Merapi membutuhkan tenaga ekstra.
Karena kondisi itu, tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), mencoba memanfaatkan teknologi pesawat terbang nir awak (Unmanned Aerial Vehicle). Pesawat ini berhasil memotret kubah Merapi untuk pertama kali sejak letusan besar pada 2010. Alasan para peneliti menggunakan pesawat nir awak ini berdasarkan kondisi aktivitas Merapi yang tinggi dengan frekuensi letusan yang kerap muncul. Maka, diperlukan sistem pemantauan dengan tingkat keamanan yang tinggi serta persyaratan terbang yang murah dan mudah. Uniknya, pesawat kecil ini dibuat dengan menggunakan bahan stereoform. Memiliki panjang sekitar 1,2 meter dan panjang sayap 1,6 m, yang dilengkapi sistem terbang otomatis, sehingga dapat terbang bebas sesuai sasaran dan jalur terbang yang telah ditentukan.

...dst

15 ) UAV Buatan UGM-Lapan Potret Puncak Merapi
http://sains.kompas.com/read/2012/04/30/1717113/UAV.Buatan.UGM-Lapan.Potret.Puncak.Merapi

Senin, 30 April 2012 | 17:17 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memanfaatkan teknologi pesawat terbang nirawak atau unmanned aerial vehicle (UAV) berhasil melakukan pemotretan kubah Gunung Merapi dari udara. Dari teknik tersebut diperoleh gambar puncak Gunung Merapi untuk pertama kali sejak Merapi mengalami letusan besar tahun 2010. Para peneliti menggunakan pesawat nir-awak karena aktivitas Gunung Merapi yang tinggi dan frekuensi letusan yang sering terjadi sehingga diperlukan sistem pemantauan dengan tingkat keamanan yang tinggi serta persyaratan terbang yang murah dan mudah. Uniknya, pesawat kecil ini dibuat hanya menggunakan bahan styrofoam. Memiliki panjang sekitar 1,2 meter dan bentang sayap 1,6 meter. Dilengkapi sistem terbang otomatis, sehingga dapat terbang bebas sesuai sasaran dan jalur terbang yang telah ditentukan. "Pesawat ini mampu terbang hingga ketinggian 3.300 meter. Yang sudah kami lakukan, terbang sekitar 400 meter di atas puncak Merapi dan melakukan misinya terbang selama 30 menit," kata peneliti Elektronika dan Intsrumentasi FMIPA UGM, Drs Tri Kuntoro Priyambodo, MSc, Senin (30/4/2012).

...dst

16 ) Mahasiswa USU kembangkan mobil hemat energi
http://otomotif.antaranews.com/berita-otomotif/1335776188/mahasiswa-usu-kembangkan-mobil-hemat-energi

Senin, 30 April 2012 15:56 WIB |
Medan (ANTARA News) - Mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengembangkan mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang diberi nama "Mesin USU" hasil karya 14 mahasiswa Fakultas Teknik perguruan tinggi negeri itu. Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu di Medan Senin mengatakan, mobil hemat energi "Mesin USU" akan diikutkan pada lomba Shell Eco Marathon (SEM) Asia pada Juli 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia yang juga diikuti 145 tim dari 17 negara. Selain USU, dalam lomba tersebut Indonesia juga akan diwakili oleh 17 tim lain yakni empat tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS), dua tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).Kemudian tiga tim dari Universitas Indonesia (UI), satu tim Politeknik Negeri Jakarta, dua tim dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), satu tim universitas Gadjah Mada (UGM), dan satu tim dari Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung.  USU sendiri mengirimkan satu tim yang diberi nama tim "Horas". Ke-14 mahasiswa yang akan mengikuti lomba itu juga diharapkan dapat membawa semangat yang dapat mewakili semua warga Sumatera Utara.

...dst

17 ) Pemerintah Didesak PTN-kan Trisakti
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621533/pemerintah-didesak-ptn-kan-trisakti

Selasa, 01 Mei 2012 10:48 wib
JAKARTA - Universitas Trisakti (Usakti) diusulkan menjadi sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) yang merupakan aset bekas Badan Permusjawaratan Kewarganegaraan Indonesia (Baperki). Chairman Indonesian Beraucracy and Service Watch (IBSW) Nova Andika menegaskan, sebagai salah satu aset Baperki, diminta untuk tidak jatuh ke tangan pihak swasta. Menurut Nova, Usakti yang awalnya bernama Universitas Respublica milik Baperki kemudian ditutup dan diambil alih oleh pemerintah, sehingga kini menjadi Universitas Trisakti. Usakti diharapkan bisa menjadi universitas negeri milik negara. "Artinya jelas, Universitas Trisakti adalah milik pemerintah, namun sekarang ada upaya dari pihak swasta yaitu Yayasan Trisakti untuk mengambil alih dengan tameng hukum dan menguasai aset yang sejatinya sudah menjadi milik negara tersebut" kata Nova dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (1/5/2012). Nova mengimbuhkan, pemerintah harus berani dan tidak ragu untuk menjadikan Usakti sebagai PTN.

...dst

18 ) Jurnal Ilmiah Nasional Diharapkan "Go International"
http://sains.kompas.com/read/2012/04/28/1116037/Jurnal.Ilmiah.Nasional.Diharapkan.Go.International.

Sabtu, 28 April 2012 | 11:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Jurnal ilmiah nasional diupayakan masuk Web of Science sehingga bisa dibaca oleh akademisi dan ilmuwan dari seluruh dunia. "Saat ini Indonesia belum punya jurnal yang masuk Web of Science. Kalau Malaysia sudah punya 10 jurnal," kata Deputi Bidang Data dan Informasi Iptek, Kementerian Riset dan Teknologi, Agung Sediadi, di Jakarta, Kamis (26/4/2012) lalu. Web of Science adalah produk layanan Thomson Reuters yang memberikan akses bagi akademisi dan ilmuwan untuk mengakses dan mengutip hasil penelitian lebih mudah. Kini, ada 12.000 jurnal yang masuk Web of Science. Wong Woei Fuh, Managing Director Rest of Asia Pacific Intellectual Property and Science di Thomson Reuters, mengatakan bahwa masuknya jurnal ilmiah Indonesia penting dalam upaya memberikan dampak hasil riset. "Berdasarkan analisis kami, peneliti itu maksimum membaca 200 paper dalam setahun. Mereka tidak mungkin membaca semua jurnal yang ada," ungkap Fuh.

...dst

20 ) Prof Andrew Weintraub: Dangdut Bukan dari India!
http://oase.kompas.com/read/2012/04/30/20025523/Prof.Andrew.Weintraub.Dangdut.Bukan.dari.India.

Senin, 30 April 2012 | 20:02 WIB| Senin, 30 April 2012 | 20:02 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com--Peneliti musik dangdut dari University of Pittsburg, Amerika Serikat, Prof Andrew Weintraub BA MA PhD, menegaskan bahwa dangdut merupakan musik asli dari Indonesia, bukan dari Malaysia atau India. "Ada yang bilang dangdut itu dari Malaysia karena ada unsur Melayu, atau ada juga yang bilang dari India karena ada unsur India-nya, tapi saya sudah meneliti sejak 1984 dan ternyata sifat dangdut itu khas Indonesia," katanya di Surabaya, Senin.
Ia mengemukakan hal itu dalam peluncuran bukunya bertajuk "Dangdut; Musik, Identitas dan Budaya Indonesia" di Aula Fisip Unair Surabaya yang juga menampilkan Rachmah Ida M Comms PhD (pakar komunikasi Unair) dan Sholehuddin SH MH (PAMMI). Profesor yang beristrikan orang India itu mengaku lagu dangdut berjudul "Termenung" memiliki kesamaan dengan musik dari sebuah film India yang diproduksi pada tahun 1957, tapi lirik lagunya sangat khas Indonesia, meski ada unsur India-nya. "Jadi, dangdut itu memang asli Indonesia, karena ada sifat khas Indonesia yang tidak ditemukan dari musik Melayu dan India, di antaranya tema lagu yang dekat dengan kehidupan orang Indonesia," paparnya.

...dst

21 ) Tersedia, Beasiswa S-2 Matematika di Perancis
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/368/621309/tersedia-beasiswa-s-2-matematika-di-perancis

Selasa, 01 Mei 2012 10:02 wib
JAKARTA - Bagi kamu para pecinta Matematika ada tawaran beasiswa melanjutkan beasiswa S-2 di luar negeri. Tidak tanggung-tanggung, Prancis menjadi negara tujuan beasiswa ini.Program beasiswa besutan Jacques Hadamard Mathematics Foundation (FMJH) ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi dalam bidang Matematika untuk menempuh pendidikan selama satu tahun di negara yang merupakan salah satu ikon fesyen tersebut. Beasiswa ini terbuka bagi kamu yang memiliki gelar sarjana di bidang Matematika atau terkait dengan ilmu Matematika. Kamu dapat memilih satu dari tiga institut yang berada di bawah naungan FMJH, yakni Departemen Matematika Terapan dari École Polytechnique, École Normale Supérieure de Cachan, atau Paris Sud University di Orsay. Dengan mengikuti program beasiswa ini, pihak sponsor akan menanggung seluruh biaya perkuliahan. Selama satu tahun, kamu akan mendapatkan 10 ribu Euro atau sekira Rp12.154.000 (Rp12.154 per Euro). Tidak hanya itu, selama di sana kamu juga mendapat jaminan asuransi kesehatan.

...dst

22 ) Mendikbud: Perbaikan Pendidikan Tak Pernah Usai
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621153/mendikbud-perbaikan-pendidikan-tak-pernah-usai

Senin, 30 April 2012 16:52 wib
JAKARTA - Pendidikan menuntut peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perbaikan mutu pendidikan di berbagai aspek akan selalu dilakukan. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh dalam jumpa pers mengenai Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Kebijakan Aktual Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). "Percayalah, perbaikan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) tidak akan pernah berhenti dan akan dilakukan terus-menerus," kata M Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (30/4/2012). M Nuh menyebutkan, perbaikan dalam delapan SNP mencakup seluruh pemangku dan penunjang pendidikan di Indonesia. Mulai dari tenaga pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, serta regulasi.

...dst

23 ) Jumlah Politeknik Akan Ditambah
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/293

04/30/2012
Surabaya --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kekuatan utama sebuah politeknik berada pada keterampilan teknis. Untuk meningkatkan kualitas politeknik, ada tiga hal yang harus diperbaiki yaitu dosen yang memiliki kompetensi, laboratorium yang memadai, dan kerja sama dengan dunia industri. "Itu sebabnya kita buka master dan doktor terapan, karena yang paling baik untuk menjadi dosen politeknik adalah lulusan pendidikan vokasi. Tapi selama ini politeknik hanya memfasilitasi hingga D4," tuturnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya, Sabtu (28/04). Saat ini jumlah politeknik negeri di Indonesia masih jauh dari ideal, hanya 32 lembaga dari total ideal sebanyak 150. Pemerintah akan mendirikan beberapa politeknik secara bertahap hingga kebutuhan ideal tersebut tercukupi. "Pendirian politeknik juga ditujukan untuk mendukung Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3I)," kata Mendikbud.. Pembangunan politeknik juga akan menyesuaikan dengan kebutuhan industri daerah. Pendanaan sebuah politeknik jauh lebih besar daripada pendanaan universitas. Satu kelas di politeknik tidak boleh lebih dari 30 orang, karena lebih banyak praktek yang dipelajari. Untuk membuka akses yang lebih besar lagi pada pendidikan vokasi, pemerintah juga menaikkan akses ke sekolah menengah kejuruan dan membuka community college. "Yang dari SMA juga bisa melanjutkan ke community college, D3 atau D4 politeknik, atau D3 di perguruan tinggi reguler,"  tutur Menteri Nuh.

...dst

24 ) Mahasiswa Bandung Tolak RUU PT
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490908/

Selasa, 01 Mei 2012
BANDUNG – Gerakan Mahasiswa Bandung (GMB) yang mewakili tujuh organisasi mahasiswa yakni FMN, GMKI, GMNI, HMI, KAMMI, KMHDI dan PMKRI menolak isi Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) yang akan disahkan DPR pada Agustus 2012. "Kami nyatakan penolakan terhadap RUU Pendidikan Tinggi karena ada indikasi komersialisasi, liberalisasi, dan pro kapitalisme dalam pendidikan tinggi," ujar perwakilan Gerakan Mahasiswa Bandung, Aldi Febrian, dalam konferensi pers di Taman Dago, Jalan Cikapayang, kemarin. Aldi mengatakan, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh GMB, ada lima poin masalah yang terkandung dan disoroti dalam RUU tersebut. "Salah satunya yakni mengenai pendidikan Indonesia didorong masuk dalam perdagangan bebas lintas negara," katanya, tanpa mampu menunjukkan pasal mana yang dimaksud.

...dst

25 ) Kemdikbud Tunggu Kabar dari KPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/30/15595554/Kemdikbud.Tunggu.Kabar.dari.KPK

Senin, 30 April 2012 | 15:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menunggu kabar dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Hal itu disampaikan Mendikbud, Mohammad Nuh, menanggapi dugaan keterlibatan anggota Komisi X DPR RI Angelina Sondakh dalam kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Kemdikbud beberapa tahun lalu. "Kami menunggu kabar dari KPK," kata Nuh, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (30/4/2012). Dijelaskan Nuh, saat ini pihaknya belum bisa menentukan langkah lanjutan. Mengingat, belum ada penjelasan akurat mengenai duduk perkara dugaan kasus korupsi yang melibatkan Angie tersebut. "Bagaimana duduk perkara sebenarnya. Yang tahu persis adalah KPK. Apa yang sedang kita lakukan, sekarang? Kita tunggu hasil penyelidikan KPK," ujarnya.

...dst

26 ) KPK: Angie Diduga Terlibat Korupsi Universitas dari Sumatra Hingga NTB
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/04/30/m39mtu-kpk-angie-diduga-terlibat-korupsi-universitas-dari-sumatra-hingga-ntb

Senin, 30 April 2012, 07:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Selain kasus suap wisma atlet SEA Games, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menetapkan Angelina Sondakh sebagai tersangka pada kasus korupsi proyek pengadaan laboratorium di beberapa universitas negeri. Jumlah proyek pengadaan itu ada di banyak universitas, mulai dari Pulau Sumatra hingga ke Nusa  Tenggara Barat."Saya lupa jumlah dan nama universitasnya. Tapi itu mulai dari Sumatra Utara (Indonesia Barat)  sampai ke Nusa Tenggara Barat (Indonesia Tengah). Proyeknya tersebar di sana," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Depok, Senin (30/4) pagi. Menurut Bambang, Angelina diduga terlibat pada korupsi pengadaan barang untuk penyediaan laboratorium untuk kegiatan universitas. "Kebanyakan pengadaan barang untuk laboratorium. Untuk kegiatan universitas," katanya.

...dst

27 ) Integrasi UN dengan SNMPTN Perlu Dikaji Cermat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/30/19554861/Integrasi.UN.dengan.SNMPTN.Perlu.Dikaji.Cermat

Senin, 30 April 2012 | 19:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Rencana pemerintah memberlakukan kebijakan mengintegrasikan Ujian Nasional (UN) sebagai syarat seleksi masuk perguruan tinggi negeri harus dikaji secara cermat. Masih banyaknya persoalan terkait penyelenggaraan dan hasil UN yang diragukan kredilitasnya harus menjadi pertimbangan pemerintah sebelum memberlakukan kebijakan ini. "Selama masih terjadi berbagai kecurangan dalam penyelenggaraan UN, kredibilitas hasil UN patut dipertanyakan dan belum layak dijadikan tiket masuk ke PTN," kata Raihan Iskandar, Anggota Komisi X DPR di Jakarta, Senin (30/4/2012). Kementerian Pendidikan Kebudayaan meminta agar hasil UN SMA sederajat diintegrasikan dalam penilaian masuk PTN mulai tahun 2012. Hal ini seiring dengan keinginan pemerintah untuk menggratiskan biaya ujian masuk PTN yang secara nasional nantinya lewat jalur undangan. Raihan menambahkan, dengan keragaman sekolah-sekolah yang ada, baik dari segi sarana dan prasarana serta kualitasnya, berpengaruh terhadap kualitas peserta didiknya. "Jadi, jika UN dijadikan tiket masuk ke PTN, maka hanya sekolah-sekolah tertentu yang berpeluang diterima di PTN," jelas Raihan.

...dst

28 ) Seminar Pengelolaan Pendidikan RI-China
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/299

05/01/2012
KBRI Beijing bekerjasama dengan Beijing Municipal Education Commission melaksanakan Seminar bertajuk School management in Chinese Primary and Middle School yang berlangsung di kantor Bejing Municipal Education Commission pada tanggal 26-27 April 2012. Dalam Paparannya Prof. Wang dari Beijing Institute of Education menjelaskan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang administrasi pendidikan di Tiongkok dari waktu sangat cepat. Perkembangan ini merupakan suatu hal yang menggembirakan, karena perkembangan ilmu Administrasi Pendidikan menunjukkan adanya kesinambungan dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam praktik penyelenggaraan pendidikan di Tiongkok. Dalam dimensi ruang dan waktu yang berbeda, praktik penyelenggaraan pendidikan inipun berbeda pula. Tentu saja hal ini terkait dengan situasi dan kondisi yang menyertai pendidikan itu sendiri yang bervariasi di dalam Negeri Tiongkok.

...dst

29 ) Pengadaan Barang dan Jasa Harus Akuntabel
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/295

04/30/2012
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengingatkan kepada seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengelola pengadaan barang dan jasa dengan prinsip akuntabilitas. Hal tersebut disampaikannya usai melantik 118 pejabat eselon tiga dan empat dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, di Gedung Kemdikbud, Senin (30/04). "Pengadaan barang dan jasa itu sangat sensitif, untuk itu pegang prinsip akuntabilitas," ujar Menteri Nuh. Disamping barang dan jasa, Mendikbud juga mengingatkan, agar dalam mengelola sumber daya manusia beserta pekerjaannya, harus digunakan pendekatan yang relevan. Menteri Nuh menegaskan, untuk mengelola staf harus digunakan pendekatan kemanusiaan, sedangkan untuk mengelola pekerjaan harus terus digali kompetensi masing-masing. "Dengan demikian, tugas yang dikelola bisa efektif dan efisien," tuturnya. Baik promosi maupun rotasi, kata Mendikbud, merupakan kesempatan bagus untuk mengembangkan potensi diri. Pengembangan kompetensi tersebut ditujukan agar dapat memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Mendikbud menyampaikan, semua orang memiliki keterbatasan. Untuk itu dia mengharapkan agar setiap pegawai maupun pimpinan bisa saling memberi nilai positif. "Jangan sampai lengah dan melalaikan tugas-tugas yang diberikan," katanya. (AR)

...dst

30 ) Evaluasi UN 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/298

04/30/2012
Jakarta --- Ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah pertama (SMP) telah selesai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk UN SMA, sedangkan untuk UN SMP masih dalam proses. Dari tiga media yaitu online, cetak, dan televisi, yang digunakan sebagai bahan monitoring Kemdikbud terhadap pelaksanaan UN, diketahui ada tiga jenis pemberitaan. Yaitu positif, netral, dan negatif. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua media yang telah ikut membantu memantau UN. "Berarti ada rasa kepemilikan terhadap UN dari semua pihak," ujar Mendikbud di Gedung Kemdikbud, Senin (30/04).

...dst

31 ) LIPI Miliki Penghasil Bioetanol dari Limbah Sawit
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/30/316606/89/14/LIPI-Miliki-Penghasil-Bioetanol-dari-Limbah-Sawit

1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih berpulang
http://www.antaranews.com/berita/308704/menteri-kesehatan-endang-sedyaningsih-berpulang

Rabu, 2 Mei 2012 12:26 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan, Endang R Sedyaningsih, yang telah mengajukan pengunduran diridari jajaran pemerintahan dan sejak lama dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, berpulang, pukul 11.41 WIB Rabu. Banyak yang kehilangan atas kepergian perempuan menteri ini, di antaranya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar. Dia ditemui di Jakarta, dan berduka cita mendalam atas kepergian selamanya koleganya itu.  "Saya sangat berduka, beliau merupakan puteri terbaik bangsa" kata Gumelar, di Jakarta, Rabu. Sejak lama Sedyaningsih diketahui mengidap kanker paru-paru. Sebelum berpulang, dia dirawat super intensif di Paviliun Kartika RS Cipto Mangunkusumo. Dengan alasan kesehatan, dia mengajukan surat pengunduran diri dari pemerintahan kepada Presiden Susilo Yudhoyono, beberapa hari lalu. Di antara koleganya, adalah Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, yang juga berduka di paviliun itu. Sesaat setelah menjenguk, Laksono menyatakan kepada pers, keluarga almarhumah memintakan maaf jika perempuan dokter itu memiliki kesalahan dalam bentuk apa saja. Sedyaningsih lahir di Jakarta pada 1 Februari 1955 dan sebelum menjadi menteri kesehatan adalah peneliti di bagian Penelitian dan Pengembangan Departemen Kesehatan. Ibu dua putra dan satu putri ini kemudian melanjutkan spesialisasi Kesehatan Masyarakat di Harvard School of Public Health di Boston, Amerika Serikat pada 1992.

...dst

2 ) Kemdikbud Gelar Upacara Peringati Hardiknas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/08581069/Kemdikbud.Gelar.Upacara.Peringati.Hardiknas.

Rabu, 2 Mei 2012 | 08:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh di setiap 2 Mei. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hardiknas kali ini dipimpin langsung oleh Mendikbud, Mohammad Nuh beserta jajaran seluruh pejabat eselon 1 Kemdikbud. Dalam sambutannya, Nuh mengatakan, peringatan Hardiknas merupakan momentum penting untuk memperkuat komitmen bangsa terhadap pembangunan negara."Khususnya bidang pendidikan, sebab pembangunan pendidikan merupakan jalan utama untuk bangkit meraih kemajuan dan kehormatan bangsa," kata Nuh, saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hardiknas, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

...dst

3 ) Kemdikbud Ingin Cetak Generasi Emas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/11324267/Kemdikbud.Ingin.Cetak.Generasi.Emas

Rabu, 2 Mei 2012 | 11:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan fokus mencetak generasi emas. Wacana itu sekaligus menjadi tema pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjelaskan, dijadikannya kebangkitan generasi emas sebagai tema peringatan Hardiknas tahun ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sejak 2010 sampai 2035 merupakan saat Indonesia mendapatkan bonus demografi, yakni populasi usia produktif paling besar sepanjang sejarah Indonesia berdiri."Itulah mengapa kita fokus pada kebangkitan generasi emas, karena ini pertama kalinya, dan harus kita manfaatkan," kata Nuh, sesaat setelah memperingati Hardiknas di Kemdikbud, Jakarta, (Rabu (2/5/2012).

...dst

4 ) PPI UK terinspirasi semangat Ki Hadjar Dewantara
http://www.antaranews.com/berita/308673/ppi-uk-terinspirasi-semangat-ki-hadjar-dewantara

Rabu, 2 Mei 2012 06:58 WIB
London (ANTARA News) - Para pelajar Indonesia yang terhimpun dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) UK terinspirasi dengan semangat Ki Hadjar Dewantara, "Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani." Kutipan Ki Hadjar Dewantara menjadi bekal bagi PPI UK yang akan mengelar Temu Ilmiah PelajarInternational/Indonesian Scholar International Convention (ISIC) yang akan dilaksanakan November mendatang di London, Inggris, , ujar Sekretaris Jenderal PPI UK, R. Rizky PH kepada ANTARA London, Rabu. Dikatakannya setidaknya kutipan tersebut memberikan pedoman kepada kita bagaimana bersama-sama membangun bangsa ini dengan sumbangsih para cendikiawan Indonesia yang mendunia dalam Konvensi Masa Depan Bangsa di London. Ketua Temu Ilmiah Pelajar International/Indonesian Scholar International Convention (ISIC) Steven Marcelino, menggambarkan Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia menunjukan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar di kemudian hari melalui pendidikan.

...dst

5 ) Kurang Transparan Picu Penipuan Dana Hibah PTS
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/02/316906/293/14/Kurang-Transparan-Picu-Penipuan-Dana-Hibah-PTS

Rabu, 02 Mei 2012 04:49 WIB   
JAKARTA--MICOM: Tertipunya puluhan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terhadap Program Hibah Pembinaan PTS (PHP-PTS) terjadi karena Kemendikbud tidak transparan dalam pengelolaan dana untuk PTS. "Kami ikut perihatin terhadap kasus penipuan program PHP PTS, namun kami melihat ini dapat terjadi karena pembinaan dan transparansi Kemendikbud dalam pendanaan kepada PTS tidak jelas sehingga dimanfaatkan oknum tertentu untuk menipu," kata Sekjen Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Suyatno didampingi Ketua Umum Aptisi Edy Suandi Hamid menjawab wartawan seusai MoU Aptisi dengan University of Technology Sydney Australia,di Jakarta, Selasa (1/5). Menurut Suyatno,kasus ini merupakan otokritik terhadap pemerintah agar tidak selalu menyalahkan PTS. Hemat dia, kalau Ditjen Dikti Kemendikbud dan jajarannya saja dapat ditipu dengan bentuk surat palsu, bagaimana pula dengan PTS. "Ditjen Dikti saja bisa dicatut oleh penipu itu. Intinya kami meminta Kemendikbud transparan terhadap pagu dana PHP PTS dan dana lainnya dari APBN seperti apa," tambah Rektor UHAMKA ini. Menurut dia pagu dana PHP PTS yang dikucurkan Kemendikbud ada yang tidak sesuai misalnya untuk universitas mestinya mendapat Rp1 miliar, dan ternyata hanya diberikan Rp500 juta.

..dst

6 ) Dua PTN Baru di Babel Tuntut Status PNS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/05395427/Dua.PTN.Baru.di.Babel.Tuntut.Status.PNS

Rabu, 2 Mei 2012 | 05:39 WIB
PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Dua perguruan tinggi negeri (PTN) baru di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yakni Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Negeri Bangka Belitung), menginginkan percepatan peralihan status kepegawaian. "Istilahnya, kapal kami sudah dicap 'negeri', tapi awak kapalnya masih belum. Kami ingin kejelasan status," kata Muntoro, Ketua Forum Kepegawaian Universitas Bangka Belitung, Selasa (1/5/2012). Muntoro berharap, peralihan status kepegawaian di sembilan PTN baru segera terealisasi. "Sekarang sudah dua tahun sejak dinegerikan, kami ingin ketegasan pemerintah agar status kami sebagai pegawai negeri sipil (PNS) segera terealisasi," kata dia.

...dst

7 ) Komitmen Pemerintah terhadap PTS Tidak Jelas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/01/13283163/Komitmen.Pemerintah.terhadap.PTS.Tidak.Jelas

Selasa, 1 Mei 2012 | 13:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah didesak untuk memberikan komitmen yang jelas pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Edi Suandi Hamid kepada Kompas.com, Selasa (1/5/2012), di Jakarta.  Dia mengatakan, pemerintah selama ini terkesan melakukan dikotomi perguruan tinggi. Layanan yang diberikan antarperguruan tinggi, khususnya terhadap PTS, masih belum merata dan proporsional. "Bantuan memang ada, tapi belum proporsional, dan komitmen pemerintah tidak jelas, seperti melakukan dikotomi," kata Edi. Ia menjelaskan, dikotomi perguruan tinggi semakin jelas lantaran Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) tidak mencantumkan porsi anggaran pengembangan penelitian untuk PTS. Sejatinya, kata dia, pemerintah juga mengatur jatah anggaran untuk penelitian di PTS sebagai upaya peningkatan mutunya.

...dst

8 ) 113 PTS di Sumbagsel Terancam Tak Bisa Luluskan Mahasiswa
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/02/04342336/113.pts.di.sumbagsel.terancam.tak.bisa.luluskan.mahasiswa


Rabu, 02 Mei 2012
PALEMBANG, KOMPAS - Sebanyak 113 perguruan tinggi swasta atau hampir separuh dari total 244 perguruan tinggi swasta di Sumatera bagian selatan belum terakreditasi. Tanpa akreditasi, perguruan tinggi swasta itu tak bisa meluluskan mahasiswa. Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Diah Natalisa mengatakan, banyaknya perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera bagian selatan yang belum mengantongi akreditasi ini mengkhawatirkan. Batas akhir akreditasi pada 16 Mei 2012. "Kami mendorong semua PTS segera mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sebelum batas akhir," katanya saat dihubungi dari Palembang, Sumatera Selatasn, Senin (30/4). Sejumlah tokoh pendidikan Sumsel, Pemerintah Provinsi Sumsel, dan sejumlah rektor perguruan tinggi di Sumsel, Senin, berdiskusi di Palembang. Salah satu topik, banyaknya PTS yang belum terakreditasi. Perguruan-perguruan tinggi itu ada di wilayah Sumbagsel, meliputi empat provinsi, yaitu Sumsel, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Bandar Lampung. Faktor penyebab : Sebagian PTS yang belum mengantongi akreditasi adalah PTS- PTS baru yang belum meluluskan mahasiswa serta PTS-PTS yang sebelumnya sekolah tinggi kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan belum lama dialihkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

...dst

9 ) Beasiswa Pemprov Makassar Belum Cair
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/01/19100866/Beasiswa.Pemprov.Makassar.Belum.Cair

Selasa, 1 Mei 2012 | 19:10 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak dua semester dana beasiswa luar negeri program strata dua (S-2) yang merupakan bagian dari program 1.000 beasiswa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan belum cair. engan terhambatnya dana beasiswa tersebut otomatis mempengaruhi proses belajar mengajar para mahasiswa penerima beasiswa di Malaysia. "Sudah dua semester ini, kami belum mendapatkan dana beasiswa, padahal pendidikan kami harus terus berjalan," kata Wawan, salah seorang mahasiswa universitas di Malaysia, Selasa (1/5/2012). Sebagai gambaran, lanjut Wawan, untuk membuat makalah dan mencari referensi serta biaya hidup membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. "Sementara dana yang dialokasikan per semester Rp 50 juta per penerima beasiswa," katanya.Keluhan serupa juga diakui Ria, penerima beasiswa Pemprov Sulsel lainnya. Dia mengatakan, kini sudah memasuki tahun kedua, namun dana beasiswa yang dijanjikan pihak Pemprov yang notabene salah satu program andalan Gubernur Sulsel H Syarul Yasin Limpo, belum cair.

...dst

10 ) UE Akan Pangkas Bantuan Pendidikan ke RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621629/ue-akan-pangkas-bantuan-pendidikan-ke-ri

Selasa, 01 Mei 2012 12:07 wib
JAKARTA - Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN dan Indonesia Julian Wilson mengatakan, Uni Eropa akan memotong bantuan ke Indonesia yang sebesar 500 juta euro. Dana tersebut sebelumnya digunakan untuk menyokong sektor pendidikan, perubahan iklim, tata kelola pemerintahan, serta investasi. Hingga saat ini, bantuan terbesar disalurkan ke sektor pendidikan Indonesia, yakni 350 juta euro sejak 2007 lalu. Wilson mengatakan, pemotongan dana itu akan dialokasikan untuk membantu sejumlah negara-negara miskin yang ada di belahan dunia ini. "Kami yakin dengan Pemerintah Indonesia, peringkat pendidikan di Indonesia sudah membaik. Indonesia pun sudah mengalokasikan 20 persen anggaran negaranya ke bidang pendidikan, ini adalah sesuatu yang cukup baik," ujar Dubes Wilson, di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (1/5/2012).

...dst

11 ) Minat Mahasiswa ke PTS Masih Tinggi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/491366/

Wednesday, 02 May 2012
BANDUNG – Seleksi melalui jalur mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung tidak menurunkan minat calon mahasiswa untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS). Sebelum pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) digelar, sejumlah PTS di Bandung telah menerima mahasiswa. Rektor Unikom Edi Suryanto Soegoto mengatakan, adanya jalur mandiri PTN tidak membuat peminat ke Unikom menjadi sepi. Bagi dia, hal tersebut merupakan kondisi yang normal dan tidak menjadi hambatan. "Antara PTN dan PTS memang harus ada kompetisi yang normal, keunggulan PTS tentunya harus menonjolkan kualitas, bagaimana PTS berupaya memberikan mutu, pelayanan serta sarana dan prasarana yang baik sehingga tetap diminati," katanya saat dihubungi SINDO,kemarin.

...dst

12 ) Aptisi Gandeng Perguruan Tinggi di Australia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/316908/293/14/Aptisi-Gandeng-Perguruan-Tinggi-di-Australia

Rabu, 02 Mei 2012 05:20 WIB   
JAKARTA--MICOM: Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) menjalin kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Australia, University of Technology, Sydney (UTS). Diharapkan dengan kerja sama itu, terjadi penguatan kelembagaan dan peningkatan sumber daya manusia serta terjalinnya hubungan kedua negara, Indonesia dan Australia menjadi lebih baik. Hal tersebut dikemukakan Ketua Umum Aptisi Edy Suandi Hamid dan Sekjen Aptisi Suyatno pada penandatangan atau MoU dengan perwakilan UTS, Brian Leis, di Jakarta, Selasa (1/5). Edy Suandi Hamid menyatakan kerja sama itu sebagai salah bentuk realisasi mendukung kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan Australia dalam cakupan kerja sama yang lebih luas dalam bidang perdagangan ,investasi, dan pendidikan. Untuk itu, kata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) itu,pada tanggal 28 Juni mendatang pihaknya akan mengadakan kunjungan ke UTS. "Kunjungan Aptisi nanti guna merealisasikan penandatangan kerja sama kita ini, kami berharap anggota Aptisi dapat berpartisipasi aktif," kata Edy.

...dst

13 ) UGM Gandeng Universitas Reutlingen di Bidang Bisnis
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621733/ugm-gandeng-universitas-reutlingen-di-bidang-bisnis

Selasa, 01 Mei 2012 15:02 wib
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Universitas Reutlingen, Jerman. Kerja sama ini meliputi pertukaran pelajar baik S-1 maupun jenjang S-2. Penjajakan kerjasama ini ditandai dengan kunjungan Wakil Rektor untuk Kerjasama Internasional Universitas Reutlingen Hendrik Brumme ke UGM, belum lama ini. Dalam kunjungannya tersebut Hendrik didampingi oleh Balder Veit selaku Director of International Affairs dan Petra Greiner dari ESB Business School. Hendrik menjelaskan, bentuk kerjasama antara dua universitas tersebut berupa student exchange atau pertukaran mahasiswa tingkat S-1 bidang bisnis international serta di tingkat MBA. "Kita mencoba menjalin kerja sama untuk pertukaran mahasiswa S-1 dan S-2 bidang bisnis internasional," kata Hendrik seperti dilansir dari laman UGM, Selasa (1/5/2012).

...dst

14 ) Dideklarasikan Hari Kebangkitan Pendidikan Pertanian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/316851/293/14/Dideklarasikan-Hari-Kebangkitan-Pendidikan-Pertanian

Selasa, 01 Mei 2012 21:26 WIB   
BOGOR--MICOM: Institut Pertanian Bogor mendeklarasikan tanggal 27 April sebagai Hari Kebangkitan Pendidikan Pertanian Indonesia. Acara deklarasi itu dilakukan pada rangkaian 60 tahun pendidikan pertanian bersamaan dengan simposium dan seminar bertema "Mendukung Kedaulatan Pangan dan Energi yang berkelanjutan" di IPB International Convention Centre (IICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/5). Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Menteri Pertanian Suswono, Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, Menteri Pertanian periode 80-an Prof Sjarifuddin Baharsjah dan Prof Yustika Baharsjah, Rektor Universitas Brawijaya, Rektor Universitas Jambi, 20 dekan Fakultas Pertanian seluruh Indonesia, dan ketua himpunan profesi. Himpunan profesi itu unsur dari Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI), Perhimpunan Hortikultura Indonesia (PERHORTI), Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI), dan Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (HIPI). Sekretaris Umum kegiatan 60 tahun pendidikan pertanian Syarifah Iis Aisyah menjelaskan, deklarasi yang disebut "Deklarasi Baranangsiang" itu, merencanakan tanggal 27 April, di mana 60 tahun yang lalu dilakukan peletakan batu pertama oleh Presiden RI pertama Ir Soekarno pada pembangunan Kampus IPB Baranangsiang, menjadi Hari Kebangkitan Pendidikan Pertanian Indonesia.

...dst

15 ) Unpad Gelar Lomba Promo Objek Wisata di Bandung
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/622046/unpad-gelar-lomba-promo-objek-wisata-di-bandung

Rabu, 02 Mei 2012 09:02 wib
JAKARTA - Apakah kamu begitu mengenal seluk-beluk Kota Bandung dan sekitarnya? Jika iya, Bandung Tourism Competition 2012 dapat menjadi tantangan yang tepat bagimu. Bandung Tourism Competition 2012 merupakan kompetisi besutan Himpunan Mahasiswa (Hima) Manajemen Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang telah digelar secara berkala. Ajang ini menguji kreativitasmu dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kota Kembang tersebut.Kali ini, obyek wisata terkemuka di Bandung, yakni Tangkuban Perahu, dipilih menjadi tema kompetisi. Untuk bisa mengikuti kompetisi ini, kamu harus mengajak dua orang teman kampusmu. Tidak harus berasal dari jurusan yang sama, kamu juga dapat mengajak teman lintas jurusan.

...dst

16 ) Unpad buka program studi teknik informatika
http://www.antaranews.com/berita/308405/unpad-buka-program-studi-teknik-informatika

Senin, 30 April 2012
Bandung (ANTARA News) - Universitas Padjadjaran pada 2012 membuka program studi baru Teknik Informatika yang kegiatan belajarnya akan diselenggarakan di kampus Jatinangor. Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno hari ini di Bandung, mengatakan untuk tahun pertama program studi tersebut baru menerima 40 mahasiswa. 40 mahasiswa itu, menurut dia, dijaring melalui ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 20 orang dan dari ujian mandiri yang diselenggarakan Unpad Sendiri sebanyak 20 orang. "Untuk sementara ini, program studi baru ini belum menerima dari jalur undangan, tapi baru melalui jalur tes tertulis dan jalur mandiri," ujarnya. Pada 2012, Engkus mengatakan, Unpad siap menerima 6.415 mahasiswa baru. Sebanyak 61,98 persen atau 3.932 orang dijaring dari SNMPTN dan 38,75 persen atau 2.483 orang dari jalur mandiri.

...dst

17 ) Mahasiswa ITS rancang kran hemat air wudhu
http://www.antaranews.com/berita/308680/mahasiswa-its-rancang-kran-hemat-air-wudhu

Rabu, 2 Mei 2012 08:08 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS Surya Mahendra bersama dua rekannya merancang kran hemat air, terutama untuk kran air wudhu. "Kalau dipakai kran air wudhu bisa menghemat 1,5 liter air. Biasanya, setiap orang membutuhkan empat liter air wudhu, tapi dengan kran itu hanya 2,5 liter," katanya di Surabaya, Rabu. Didampingi dosen pembimbing Suwito, ia menjelaskan, penghematan itu dapat dilakukan dengan menggunakan sensor dan alat otomatis yang disebut "solenoid valve". "Kran hemat air itu memang memakai baterai berdaya enam watt, tapi dalam kondisi tidak dipakai memakai 0,1 watt. Untuk pengganti baterai bisa menggunakan sel surya," kata mahasiswa semester 6 itu. Menurut dia, sel surya mampu menyerap energi 100 watt saat matahari bersinar terang dan bisa disimpan untuk kebutuhan malam hari. "Yang jelas, saat merancang alat yang dapat dibuat dalam waktu satu jam itu karena saya sering menyaksikan kran wudhu di masjid yang tidak dimatikan," katanya.

...dst

18 ) Unesco tetapkan Danau Batur jadi geopark dunia
http://www.antaranews.com/berita/308582/unesco-tetapkan-danau-batur-jadi-geopark-dunia

Selasa, 1 Mei 2012 16:46 WIB
Denpasar (ANTARA News) - UNESCO akan mengumumkan penetapan kawasan Danau Batur sebagai salah satu Geopark Dunia pada September 2012. "Direncanakan dari tanggal 10 sampai 17 Mei ini, Bupati Bangli dan Dirjen dari Kementarian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan ke Jepang untuk mengikuti sidang serangkaian penetapan geopark itu. Jika tidak ada masalah, penetapannya nanti September di Spanyol," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli I Wayan Gobang Edy Sucipto, Selasa. Dirjen Pengembangan Destinasi Kementerian Paiwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim menyampaikan optimismenya bahwa Danau Batur dapat ditetapkan sebagai salah satu Geopark Dunia. "Batur mempunyai daya tarik yang kuat baik bagi wisatawan nasional maupun internasional serta masih banyak potensi yang bisa dikembangkan di sana," kata Firmansyah. Kawasan Batur menjadi salah satu dari dua kawasan di Indonesia yang dinominasikan menjadi Geopark Dunia.  Di dunia ada 78 negara yang masuk menjadi nominasi. Indonesia mengajukan dua, Batur dan Pacitan, hanya saja sampai saat ini Batur yang dinyatakan lebih siap.

...dst

19 ) Englishtown, Belajar Bahasa Inggris Berbasis "e-learning"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/01/15505166/Englishtown.Belajar.Bahasa.Inggris.Berbasis.e-learning

Selasa, 1 Mei 2012 | 15:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar bahasa Inggris meskipun dilakukan bersama sebuah institusi nonformal tidak selamanya dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Pelayanan sistem pembelajaran bahasa Inggris melalui internet (e-learning) yang dikenal dengan Englishtown ini, misalnya. Diperkenalkan oleh English First (EF), Englishtown, akan menjadi sebuah sekolah bahasa Inggris online yang menawarkan pelayanan sistem pembelajaran bahasa Inggris melalui internet (e-learning). Country Manager EF Indonesia, Elliot Davernass, menjelaskan sistem ini memberikan berbagai kemudahan belajar bahasa Inggris bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan memerlukan efisiensi waktu. Selain itu, Englishtown juga menawarkan kursus online dan kelas langsung dipimpin oleh guru-guru yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya.

...dst

20 ) Sarjana Bisa Bekerja di Luar Jurusan 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/491316/

Wednesday, 02 May 2012
SEMARANG – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Diponegoro ( Undip) Agus Hermani mengatakan, seorang lulusan dari perguruan tinggi harus mampu masuk ke dunia kerja di luar keilmuan selama mereka kuliah. "Ada tiga hal yang harus dimiliki calon pekerja agar dapat menjadikan setiap pekerjaan menjadi amanah.Yaitu,harus tahu dan menguasai peranan dan keterampilan apa yang dibutuhkan. Kemudian,calon pekerja juga harus punya target yang jelas untuk karier kerjanya.Dan, dia wajib memberikan pengaruh awal yang positif atas keberadaanya di perusahaan,"papar Agus saat melepas lulusan FISIP Undip,beberapa waktu lalu. Terpisah,Ketua International Representative of ICRS Yogyakarta Bernard Adeney berpendapat, pendidikan merupakan jembatan dan bekal bagi tiap individu untuk menghadapi tantangan globalisasi.

...dst

21 ) Inilah Sebagian Data Aliran Uang ke Angelina
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/02/07415474/Inilah.Sebagian.Data.Aliran.Uang.ke.Angelina

Rabu, 2 Mei 2012 | 07:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki bukti adanya 16 kali aliran uang miliaran rupiah dan ratusan dollar Amerika Serikat ke Angelina Sondakh, terkait dugaan korupsi di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aliran uang yang diduga hasil korupsi tersebut diterima Angelina sepanjang tahun 2010. Inilah sebagian data aliran uang ke Angelina yang diperoleh Kompas, Rabu (2/5/2012). Pada bulan Maret mengalir uang sebesar Rp 70 juta. Pada bulan berikutnya, Maret, jumlahnya meningkat drastis menjadi 100.000 dollar Amerika Serikat (AS). Di bulan Mei, KPK menemukan dua bukti aliran uang ke Angelina. Pertama sebesar Rp 2,5 miliar, yang berikutnya Rp 3 miliar. Pada bulan Juni, KPK menemukan bukti Angelina menerima tiga kali aliran dana. Pertama sebesar Rp 3 miliar, kedua Rp 2 miliar dan ketiga sebesar 100.000 dollar AS. Tak berhenti di bulan Juni, KPK kembali mendapatkan bukti adanya aliran uang ke Angelina pada bulan Oktober. Jumlahnya mencapai Rp 3 miliar.

...dst

22 ) Milik Negara, Usakti Harus Dijadikan PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/05/02/126096/Milik-Negara,-Usakti-Harus-Dijadikan-PTN-

Rabu, 02 Mei 2012 , 02:30:00
JAKARTA -  Chairman Indonesian Beraucracy And Service Watch (IBSW), Nova Andika mengatakan Universitas Trisakti (Usakti) merupakan milik negara yang sebelumnya menjadi aset Badan Permusjawaratan Kewarganegaraan Indonesia (Baperki). Karenanya, Baperki yang kini dinyatakan sebagai gerakan yang punya hubungan G30S PKI dan organisasi terlarang maka seluruh asetnya harus dikembalikan ke Negara dan tidak boleh jatuh ke tangan swasta. "Jelas – jelas Usakti yang tadinya bernama Universitas Respublica yang dimiliki oleh Baperki kemudian di tutup dan diambil alih oleh Pemerintah, kemudian menjadi Universitas Trisakti," kata Nova dalam rilisnya yang diterima JPNN, Selasa (1/5). Menurut Nova, seiring dengan perjalanannya, banyak pihak kini berupaya agar Universitas Trisakti jatuh ke tangan swasta. Kata dia, yang paling berkepentingan adalah pihak yayasan. "Artinya jelas, Universitas Trisakti adalah milik pemerintah, namun sekarang ada upaya dari pihak swasta yaitu Yayasan Trisakti untuk mengambil alih dengan tameng hukum dan menguasai aset yang sejatinya sudah menjadi milik Negara tersebut,"  ucapnya.

...dst

23 ) FIB UGM Mejeng di Perak
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/622045/fib-ugm-mejeng-di-perak

Rabu, 02 Mei 2012 08:02 wib
JAKARTA - Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM) Yogyakarta tampil dalam Festival Colours of the World (FESCO 2012) di Perak, Malaysia. Dalam event internasional tersebut, mereka mempersembahkan Tari Kecak. Grup yang mengusung nama Kecak Nusantara ini bernaung di bawah Ikatan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris (IMAJI) UGM. Tim tersebut terdiri atas 30 penari yang berasal dari Jurusan Sastra Inggris angkatan 2009 dan 2010 FIB UGM dan satu penari tamu dari staf Sekolah Vokasi UGM Dewi Cahya Ambarwati sebagai sutradara. Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat Amir Ma'ruf selaku pimpinan rombongan mengungkapkan, FESCO 2012 merupakan kegiatan besutan Universiti Teknologi Petronas (UTP). Partisipasi FIB UGM dalam ajang ini merupakan kali keempat setelah dimulai pada 2009.

...dst

24 ) KM ITB: Pemerintah Tak Mampu Kelola Sisdiknas
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/02/373/622246/km-itb-pemerintah-tak-mampu-kelola-sisdiknas

Rabu, 02 Mei 2012 13:14 wib
BANDUNG - Puluhan mahasiswa dari Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar aksi damai memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di depan Gerbang Utama ITB, Jalan Ganeca, Rabu (2/5/2012). Dalam aksinya, KM ITB mengkritik pemerintah yang belum mampu mengelola sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Padahal, dalam pembukaan UUD '45, pemerintah bertugas "mencerdaskan kehidupan bangsa". Tugas ini kemudian ditegaskan dalam pasal 31, yakni pemerintah harus menenuhi hak setiap warga untuk memperoleh pendidikan. "Pemerintah memiliki peran sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam pendidikan ini," ujar Ketua Kabinet KM ITB Anjar Dimara Sakti, di sela aksi. Anjar menilai, sisdiknas masih belum berpihak kepada seluruh warga Indonesia. Dia menyebutkan, pada 2008, 70 persen siswa tidak bisa sekolah karena masalah keuangan.  "Padahal tugas pemerintah membuka akses seluas-luasnya kepada seluruh warga negara," katanya.

...dst

25 ) Pendidikan Mahal, Mahasiswa UPI Bagi-Bagi Uang
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/02/373/622275/pendidikan-mahal-mahasiswa-upi-bagi-bagi-uang

Rabu, 02 Mei 2012 13:25 wib
BANDUNG - Belasan mahasiswa yang tergabung Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (BEM Rema UPI) bagi-bagi uang fotokopian kepada pengendara dan wartawan pada Hari Pendidikan Nasional 2012 ini. Presiden BEM Rema UPI Hamdan Ardiansyah mengatakan, aksi bagi-bagi uang ini adalah sebuah simbol mahalnya pendidikan di Indonesia.  "Simbol uang ini menggambarkan jika pendidikan di Indonesia hanya dinilai dengan uang terus," kata Hamdan kepada wartawan di sela-sela aksi unjuk rasa di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (2/5/2012). Hamdan menilai, seharusnya pemerintah menyediakan pendidikan murah bagi masyarakat. Pasalnya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mengakses pendidikan di Indonesia dengan harga terjangkau.

...dst

26 ) 15 Juta Anak Usia 0-6 Tahun Belum Terlayani
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/02/05274941/15.juta.anak.usia.0-6.tahun.belum.terlayani

Rabu, 02 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Sekitar 15 juta anak usia dini berumur 0-6 tahun belum terlayani fasilitas pendidikan. Padahal, pemerintah menargetkan setidaknya 75 persen dari 30,2 juta anak usia dini bisa terlayani pendidikan anak usia dini pada tahun 2014. Hal itu dikemukakan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Nonformal, dan Informal Lydia Freyani Hawadi, Selasa (1/5), di Jakarta. "Target itu sulit tercapai. Sekarang baru 58 persen anak usia dini ikut PAUD, termasuk yang di taman baca Al Quran. Kalau jumlah PAUD yang seratus persen kami kelola, angkanya jauh lebih sedikit," ujarnya. Untuk meningkatkan angka partisipasi kasar PAUD, pemerintah berencana membuat standar pelayanan dan model PAUD. Selama ini PAUD di berbagai daerah memiliki model dan standar berbeda-beda sehingga mutu lulusannya berbeda pula. Mutu anak usia dini yang dihasilkan pun bergantung pada kualitas guru. Sayangnya, lanjut Lydia, jumlah dan mutu guru PAUD jauh dari harapan.

...dst

27 ) Pengajar PAUD Harus Sarjana
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/316788/293/14/Pengajar-PAUD-Harus-Sarjana

Selasa, 01 Mei 2012 18:03 WIB   
JAKARTA--MICOM: Kemendikbud mengusung program Bangkitnya Generasi Emas Indonesia di Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap 2 Mei. Untuk mendukung kebangkitan generasi emas, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal-Informal (PAUDNI) Kemendikbud Lydia Freyani Hawadi mengatakan  pihaknya berupaya meningkatkan kompetensi ketenagaan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD dinilai sangat penting untuk mewujudkan generasi Indonesia yang berkarakter, cerdas, dan kreatif. Selama ini, ketenagaan PAUD terdiri atas pendidik dan tenaga pendidik mencakup tiga lingkup yaitu formal, informal, dan non formal. Pada tahun 2012 ini , peningkatan kompetensi pada lingkup formal akan dilakukan pada tataran guru. "Kita berharap guru-guru ini memiliki kualifikasi S1," kata Lydia Menurut Lydia, pihaknya akan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan universitas yang memiliki program studi PAUD atau Psikologi. Sehingga, para tenaga kependidikan yang belum memiliki kualifikasi S1 dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1.

...dst

28 ) Pemerintah Tak Hadir
Panggilan Ketiga Terkait UN Diharapkan Datang
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/02/0528157/pemerintah.tak.hadir

Rabu, 02 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Pemerintah kembali tidak memenuhi panggilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (1/5). Panggilan kedua ini terkait eksekusi keputusan perihal ujian nasional yang telah berkekuatan hukum tetap. Pemerintah dalam hal ini adalah Presiden, Wakil Presiden, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keterangan tertulis tidak bisa memenuhi panggilan datang, menurut Ketua Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Suharto, hanya dari Mendikbud. Keterangan ditujukan kepada kuasa hukum dan pemohon eksekusi yang tergabung dalam Tim Advokasi Korban UN (Tekun). Adapun Presiden, Wakil Presiden, dan Ketua BSNP tidak memberikan keterangan. Pada surat tertulis kepada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Mendikbud meminta agar sidang dijadwalkan seusai ujian nasional (UN) tahun ini. Kemdikbud juga sedang menyiapkan data serta jawaban tepat dan akurat terkait peningkatan sarana prasarana, kualitas guru, dan sistem informasi sebagai syarat pelaksanaan ujian nasional.

...dst

29 ) Pola letusan gunung api berubah sejak 2004
http://www.antaranews.com/berita/308585/pola-letusan-gunung-api-berubah-sejak-2004

Selasa, 1 Mei 2012 18:11 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Sejak gempa besar mengguncang Aceh pada 26 Desember 2004, pola letusan gunung api berubah, kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono. "Banyak riset membuktikan perubahan pola itu," kata Surono usai pemaparan hasil penelitian gempa dan gunung api di Indonesia oleh peneliti Indonesia dan Jepang di Jakarta, Selasa. Surono mencontohkan, perubahan paling menonjol terlihat pada pola letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sejak tahun 1.600 letusan gunung api itu tidak dikenali tapi pada Agustus 2010 mengagetkan penduduk setempat karena tiba-tiba memuntahkan lava, debu dan pasir. "Bagaimanapun deformasi tektonik memang berpengaruh pada aktivitas vulkanik," katanya. Saat itu gunung yang memiliki ketinggian 2.460 meter dan letusannya tidak pernah dipantau tersebut harus diubah dari gunung api tipe B menjadi tipe A dengan status awas yang harus diamati selama 24 jam.(D009)

...dst

30 ) LIPI-KIST kembangkan 15 sumber energi alternatif
http://www.antaranews.com/berita/308586/lipi-kist-kembangkan-15-sumber-energi-alternatif

Selasa, 1 Mei 2012 18:55 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Korea Institute of Science and Technology (KIST) melakukan penelitian bersama untuk mengembangkan 15 bahan limbah pertanian dan perkebunan menjadi sumber bahan bakar alternatif. "Kami sudah mendaftar 15 bahan baku yang mengandung selulosa dan hemi-selulosa seperti tandan kosong kelapa sawit dan pelepah kelapa sawit," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Syahrul Aiman, di Pusat Penelitian Kimia Serpong, Tangerang Selatan, Selasa. Menurut Ketua Proyek Kerjasama Produksi Bioetanol LIPI-KIST, Haznan Abimanyu, limbah pertanian dan perkebunan yang akan digunakan antara lain batang singkong, bagas tebu, jerami, dan bonggol jagung."Paling tidak bahan itu mengandung selulosa sebesar 25 persen, lebih tinggi lebih bagus," kata Haznan.

...dst

31 ) 1 Januari 2013 e-KTP Berlaku, Tetap Simpan KTP Lama!
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/02/06314560/1.Januari.2013.e-KTP.Berlaku.Tetap.Simpan.KTP.Lama.

Rabu, 2 Mei 2012 | 06:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — KTP elektronik diberlakukan mulai 1 Januari 2013. Segala urusan,  mulai dari kependudukan, pengurusan surat, pembelian tanah dan kendaraan bermotor, hingga urusan perbankan, akan menggunakan e-KTP. Namun, salinan atau fotokopi KTP lama diharapkan tetap disimpan untuk pencocokan data di berbagai instansi. Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2011 tentang Penerapan KTP Berbasis NIK secara Nasional, menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Selasa (1/5/2012) di Jakarta, menunjukkan bahwa penggunaan KTP elektronik tunggal secara nasional. Oleh karenanya, pembelian tanah, kendaraan, serta urusan perbankan dan asuransi bisa dilakukan dengan menggunakan e-KTP.

...dst

Berita Edukasi, 01 Mei 2012

Senin, 30 April 2012 23:00 WIB   
JAKARTA--MICOM: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan meresmikan pilot plant penghasil bioetanol dari limbah sawit yang mampu menghasilkan etanol dengan kemurnian 99,5 persen sebanyak 10 liter per hari. "Limbah sawit yang jadi sumber biomasa lignoselulosa itu adalah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) atau Oil Palm Empty Fruit Bunch dan pelepah kelapa sawit yang sangat melimpah di Indonesia," kata Peneliti Pusat Penelitian Kimia LIPI, Dr. Agus Haryono dalam siaran pers LIPI di Jakarta, Senin (30/4). Jika luas perkebunan Indonesia sekitar 8,4 juta hektare maka dihasilkan 21,3 juta ton minyak sawit dengan potensi TKKS 20 juta ton keadaan basah atau 10 juta ton kering.

...dst

32 ) Indonesia Masuk Daftar Negara Pembajak
http://m.tempo.co/2012/05/01/400856/

SELASA, 01 MEI 2012 | 11:10 WIB
TEMPO.CO, Washington - Isu pembajakan rupanya masih mengancam posisi Indonesia dalam kancah perdagangan dan kerjasama internasional. Departemen Perdagangan Amerika Serikat (US Trade Representative/USTR) mengumumkan Indonesia dan 12 negara lain masuk dalam daftar pengawasan atas dugaan pembajakan hak kekayaan intelektual dan hak cipta. Kantor berita Reuters melaporkan Indonesia dan negara-negara "rawan pembajakan" itu masuk dalam laporan berjudul Special 301 Report yang dirilis USTR pada Selasa, 1 Mei 2012. Selain Indonesia, negara-negara yang masuk daftar pengawasan prioritas adalah Cina, Rusia, Argentina, Kanada, India, Aljazair, Chili, Israel, Pakistan, Thailand, Ukraina, dan Venezuela. Menurut Menteri Perdagangan Amerika, Ron Kirk, tingkat kewaspadaan akan bahaya pembajakan tahun ini lebih ditingkatkan mengingat pengaruhnya amat signifikan pada perekonomian. Sebab, saat ini sektor industri dengan penggunaan hak intelektual tinggi (IP Intensive) menjadi dagangan utama Amerika. "Ada 40 juta tenaga kerja yang terserap dalam sektor industri ini, proporsinya pada nilai ekspor pun mencapai 60 persen." kata dia.

...dst

Berita Edukasi, 30 April 2012

1 ) 40 PTS Korban Penipuan Dana Hibah
Senin, 30 April 2012 | 13:12 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau perguruan tinggi swasta (PTS) agar waspada terhadap aksi penipuan bermodus penyaluran dana program hibah pembinaan. Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Achmad Jazidie mengatakan, tahun lalu, sekitar 40 perguruan tinggi swasta menjadi korban. Tahun ini, Kementerian melihat penipuan serupa terjadi lagi. "Banyak perguruan tinggi menerima surat Kementerian palsu," kata Jazidie di kantor Kementerian, Senin, 30 April 2012.
Penipu beraksi dengan menebar surat palsu atas nama Kementerian ke perguruan tinggi swasta di seluruh negeri. Di dalam surat tersebut ditulis bahwa perguruan tinggi terkait dipilih oleh Kementerian sebagai penerima dana hibah. Hibah tersebut memang sudah dianggarkan oleh Kementerian sejak 2008. Namanya Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta. Besar hibah yang dianggarkan pemerintah tahun ini mencapai Rp 190 miliar. Jika terpilih sebagai penerima, setiap universitas bisa dapat hibah maksimum Rp 2 miliar, institut dan sekolah tinggi Rp 1 miliar, dan politeknik serta akademi Rp 500 juta.

...dst

2 ) Awas...PTS Jangan Tertipu Dana Hiba

Senin, 30 April 2012 | 13:30 WIB
JAKARTA-KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengimbau seluruh perguruan tinggi swasta (PTS) untuk berhati-hati dengan adanya upaya penipuan berkedok pemberian dana hibah dari pemerintah. Hal itu dikatakan Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud, Achmad Jazidie, menyusul terungkapnya puluhan PTS menjadi korban penipuan tersebut. Jazidie menjelaskan, upaya penipuan oleh oknum tidak dikenal itu bermula saat pemerintah menggelontorkan miliaran rupiah dalam bentuk Program Hibah Pembinaan-PTS. Oknum tersebut, kata dia, seakan "menebar jaring" dengan mengirimkan surat pemberitahuan kepada pimpinan PTS, bahwa kampusnya berhak menerima dana PHP-PTS. "Kami tegaskan, bahwa penerimaan PHP-PTS tidak pernah dilakukan melalui surat dan tak ada kewajiban melunasi biaya administrasi," kata Jazidie, Senin (30/4/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

...dst

3 ) Dana Hibah
Wow...Kemdikbud Kucurkan Rp 190 Miliar untuk 250 PTS!

Senin, 30 April 2012 | 12:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengucurkan dana Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) kepada 250 PTS. Total dana hibah tersebut sekitar Rp 190 miliar. Bantuan PHP-PTS ini merupakan lanjutan dan perbaikan dari Program Hibah Kompetitif Percepatan Mutu PTS Sehat yang telah digulirkan sejak 2008 lalu. Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud), Achmad Jazidie, mengatakan PHP-PTS diharapkan akan mendorong tiap PTS untuk menyusun rencana penyelenggaraan perguruan tingginya yang didasarkan pada evaluasi diri dan didukung informasi akurat tentang masa depannya. "Ini sebagai upaya untuk membina PTS agar semakin baik, dan memperbaiki kelembagaan. Misalnya belum memiliki perpustakaan, diharapkan dengan dana ini dapat dibangun perpustakaannya. Sejalan dengan itu, maka ada peningkatan mutu pendidikan," kata Jazidie, Senin (30/4/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

...dst

4 ) PTS Pimpin Proposal Terbanyak Pimnas 2012

Senin, 30/04/2012 - 05:38
YOGYAKARTA, (PRLM).- Proposal penelitian Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2012 tidak didominasi oleh usulan perguruan tinggi negeri (PTN), justru sebaliknya perguruan tinggi swasta (PTS) memimpin banyaknya proposal. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan PTS dimaksud, dengan kepemimpinan jumlah proposal yang didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 44,81 persen atau 121 proposal.
Dalam pernyataannya, Minggu (29/4/12), Rektor UMY Dasron Hamid menyatakan PTN favorit juga mengantongi proporsi proposal yang didanai Dikti, hanya proporsi yang didanai masih di bawah PTS, yaitu Institut Teknologi Surabaya (ITS) sebanyak 44,54 persen, Institut Teknologi Bandung/ITB (43,13 persen), Universitas Gadjah Mada/UGM (35,98 persen). Menurut dia proporsi jumlah proposal terbanyak yang dipegang PTS, ini tidak biasa terjadi. Selama ini PTN selalu dominan proporsi dana yang didanai oleh Dikti dalam pimnas. UMY mengajukan 270 proposal yang terdiri dari lima program kreativitas mahasiswa (PKM). Dikti memutuskan sebanyak 121 proposal masuk kategori PKM dan berhak atas dana bantuan penelitian. Bantuan penelitian maksimum Rp 10 juta setiap proposal penelitian yang disetujui. "Ini modal sangat bagus bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakata," ujar dia.

...dst

5 ) Pendaftaran SNMPTN Dibuka 10-31 Mei 2012

Senin, 30 April 2012 14:47 wib
BANDUNG - Kamu yang berencana mengikuti Jalur Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebaiknya segera bersiap. Sebab, pendaftaran jalur Ujian Tulis SNMPTN 2012 dibuka pada 10-31 Mei 2012. Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panita Lokal (Panlok) Bandung Asep Gana menyebutkan, proses pendaftaran jalur Ujian Tulis SNMPTN 2012 tidak jauh berbeda dengan SNMPTN sebelumnya, yakni dengan melalui pendaftaran online di website www.snmptn.ac.id. Persyaratan pendaftaran SNMPTN di antaranya telah lulus ujian nasional (UN) SMA dan sederajat tahun 2010, 2011, 2012. Asep menjelaskan, SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui dua jalur. Pertama, lewat jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik yang sudah dibuka 1-8 Maret 2012. Kedua, lewat jalur ujian tulis dan atau keterampilan. Jalur ini disebut juga jalur reguler. "Biaya ujian tulis dan keterampilan juga tidak naik. Untuk kelompok ujian IPA atau IPS Rp150 ribu, untuk  Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) Rp175 ribu, dan biaya ujian keterampilan Rp150 ribu," kata Asep dalam jumpa pers SNMPTN 2012 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Senin (30/4/2012).

...dst

6 ) Pendapatan Sektor Pendidikan Naik

Senin, 30 April 2012 10:01 wib
SURABAYA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menaikkan target pendapatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor perguruan tinggi asing (PTA) dan badan usaha perguruan tinggi (BUPT) menjadi 30 persen per tahun dari 12 persen per tahun. Kenaikan target pendapatan dilakukan seiring dengan rencana pengesahan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) menjadi undang-undang pada Juni mendatang. "Kami sudah menghitung. Kami targetkan ada pemasukan 30 persen dari PNBP," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Surabaya kemarin. Selama ini, ujar Nuh, Kemendikbud menyumbangkan pendapatan dari bukan pajak sebesar 12 persen dari PNBP yang ada. "Ada dana Rp1,5 triliun yang disumbangkan ke kas negara. Semua berasal dari kerja keras Kemendikbud dan jajaran," imbuhnya. Nuh mengakui, penjelasan tentang BUPT tidak secara detil tertuang di dalam isi RUU PT. Namun, keberadaan UU PT bisa dijadikan dasar sebagai landasan hukum BUPT. Dengan BUPT ini, muncul kebijakan tentang penyaluran sumber-sumber dana untuk PT. Menurut Nuh, saat ini di PT memiliki tiga sumber dana yakni dari pemerintah, mahasiswa berupa SPP dan sumbangan, serta dari kerja sama atau hibah dari perusahaan.

...dst

7 ) Semua Robot UGM Juara I KRI-KRCI Regional III 2012

Minggu, 29 April 2012 | 23:45 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim robot UGM meraih sukses besar dalam kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional III tahun 2012 yang digelar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Tidak tanggung-tanggung, semua robot UGM berhasil menjadi juara 1 pada semua kategori yang dilombakan, yaitu KRI, KRCI Beroda, KRCI Berkaki, dan KRCI Humanoid Soccer. Untuk KRI, robot Jump Ace pada babak final mengalahkan robot Maestro-Evo dari UNY. Sementara robot Armada menjadi juara 1 pada kategori KRCI Beroda, robot 1-DA juara 1 kategori KRCI Berkaki, dan robot Alfarobi menjadi juara 1 pada kategori KRCI Hummanoid Soccer. Tidak hanya itu, robot Jump Ace juga keluar sebagai the best algoritma untuk kategori KRI. Dan, untuk kategori KRCI robot Armada juga berhasil menyandang gelar the best algoritma.

...dst

8 ) Yale Gandeng UI Rancang Kurikulum Global

Senin, 30 April 2012 11:44 wib
JAKARTA - Yale School of Management menggandeng 20 perguruan tinggi ternama di dunia dalam Global Network for Advance Management. Magister Manajemen Universitas Indonesia (MM UI) adalah kampus terpilih dari Indonesia. Kampus lainnya yang juga direkrut Yale, di antaranya London School of Economics (LSE), dan National University of Singapore (NUS). Perguruan-perguruan tinggi ternama dunia ini nantinya akan bekerja sama dalam mempersiapkan kurikulum baru yang lebih adaptif dan futuristik untuk melatih para pemimpin muda. Dekan Yale School of Management Ted Snyder menyatakan,Global Network dibangun untuk menjawab tantangan dalam perekonomian global di era yang semakin datar (flat) ini. Kampus-kampus yang tergabung dalam jaringan ini juga akan berperan dalam mendistribusikan kekuatan ekonomi secara merata serta mencetak pemimpin-pemimpin baru yang bisa menjembatani pasar dengan negara dan komunitas, dalam konteks yang semakin kompleks, paradoks dan beragam. 

...dst

9 ) Tiga Titik Api di IPB Berhasil Dipadamkan

Senin, 30 April 2012, 11:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Sebuah helikopter melayang-layang di halaman gedung rektorat Institut Pertanian Bogor (IPB). Dua orang anggota Satuan Manggala Agni Reaksi Taktis (SMART) dari Kementerian Kehutanan segera turun dengan sejulur tali. Sementara tiga titik api di bawah sudah semakin membesar.Kedua orang anggota SMART itu langsung melakukan pemetaan lokasi kebakaran. Tak lama berselang puluhan anggota lain tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman. Para petugas tersebut menggunakan teknik acordion dan teknik angka delapan dalam menggulung dan menyiapkan selang air sehingga upaya pemadaman dapat dilakukan dengan cepat. Di saat yang sama mahasiswa IPB bereaksi dengan membantu memberikan suplai air kepada para petugas. Mahasiswa juga membagikan masker kepada orang-orang di sekitar lokasi. Dengan berbagai macam teknik dan kordinasi, dalam waktu singkat seluruh titik api dapat dipadamkan. Seorang korban yang terjebak dalam kepungan api berhasil diselamatkan. Korban langsung dievakuasi dengan diterbangkan oleh sejumlah petugas dengan helikopter.

...dst

10 ) ITB Buka Dua Program Studi Baru Bidang Hayati

SENIN, 30 APRIL 2012 | 13:18 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Institut Teknologi Bandung (ITB) mulai tahun ini membuka dua program studi baru untuk jenjang S-1. Kedua jurusan tersebut yaitu Rekayasa Hasil Pertanian dan Rekayasa Hasil Kehutanan.
Direktur Humas ITB, Marlia Singgih, mengatakan titik berat kedua program studi baru itu lebih keenggineering atau teknik dibanding sains. "Itu di bawah Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB," katanya kepada Tempo, Senin, 30 April 2012. Kuota masing-masing program studi baru itu sebanyak 50 kursi. Nantinya mahasiswa jurusan tersebut kuliah di kampus ITB Jatinangor, Kabupaten Sumedang, bekas kampus Universitas Winaya Mukti. Menurut Marlia, jurusan baru itu untuk melengkapi tahapan berikutnya dari teknik dan ilmu pertanian di kampus lain seperti Universitas Padjadjaran dan Institut Pertanian Bogor. "Karena lebih ke teknik, nantinya mahasiswa juga membuat desain dan mesin pangan," kata dia lagi.

...dst

11 ) Unpad buka program studi teknik informatika

Senin, 30 April 2012 14:42 WIB 
Bandung (ANTARA News) - Universitas Padjadjaran pada 2012 membuka program studi baru Teknik Informatika yang kegiatan belajarnya akan diselenggarakan di kampus Jatinangor. Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno hari ini di Bandung, mengatakan untuk tahun pertama program studi tersebut baru menerima 40 mahasiswa. 40 mahasiswa itu, menurut dia, dijaring melalui ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 20 orang dan dari ujian mandiri yang diselenggarakan Unpad Sendiri sebanyak 20 orang. "Untuk sementara ini, program studi baru ini belum menerima dari jalur undangan, tapi baru melalui jalur tes tertulis dan jalur mandiri," ujarnya. Pada 2012, Engkus mengatakan, Unpad siap menerima 6.415 mahasiswa baru. Sebanyak 61,98 persen atau 3.932 orang dijaring dari SNMPTN dan 38,75 persen atau 2.483 orang dari jalur mandiri. Untuk jalur SNMPTN, Unpad menerima dari jalur undangan sebanyak 396 orang dan dari ujian tertulis sebanyak 3.536 orang.

...dst

12 ) Pusat FKUI tahun depan dirikan MERC

Jumat, 27 April 2012 18:17 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Medical Education and Research Centre (MERC) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) akan didirikan pada tahun 2013,sebagai pusat riset terdepan di Indonesia, kata Dekan FKUI, Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) saat jumpa pers peresmian Laboratorium Terpadu FKUI di Jakarta, Jumat. "MERC ini didirikan untuk mengembangkan dan memadukan bidang sains dan teknologi medis di Indonesia, menganalisa dan mengatasi risiko perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia serta untuk membangun jaringan kerja dengan pusat-pusat penelitian dalam skala nasional maupun global," ujar Ratna. Pihak FKUI melalui Ratna, berharap supaya dengan berdirinya MERC nanti, dapat mendorong pemerintah untuk memprioritaskan masalah kesehatan serta merangsang munculnya penelitian medis yang berkualitas. 

...dst

13 ) Rektor IPB: Beras Raskin Tak Penuhi Standar

Minggu, 29 April 2012 11:02 wib
JAKARTA - Program beras miskin (raskin) yang diselenggarakan pemerintah guna membantu masyarakat berdaya beli rendah, ternyata memiliki kualitas yang tidak sesuai standar. Hal ini diungkapkan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto dalam program Bincang-Bincang Agribisnis di Radio Republik Indonesia (RRI). Dia menyebutkan, raskin yang ditujukan bagi masyarakat Indonesia berdaya beli rendah, ternyata kualitasnya masih bermasalah.Herry menyatakan, meski pemerintah seringkali menegaskan kualitas raskin harus setara dengan kualitas beras yang wajar, namun masalah ini tetap saja belum terurai. Bicara pangan, lanjutnya, sesungguhnya bukan hanya beras saja, karena masih banyak jenis pangan lain yang potensinya melimpah di negeri ini. Hal yang penting, kata Herry, adalah pola konsumsinya terkait divertifikasi pangan. "Sumber karbohidrat tidak hanya beras saja. Kita banyak sekali mempunyai ragam sumber karbohidrat mulai dari jagung, sorgum, sagu, sukun, dan banyak lagi," ujar Herry seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (29/4/2012).

...dst

14 ) Nilai UN Bisa Jadi Standarisasi Masuk PT

Minggu, 29 April 2012, 10:12 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Nilai Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bisa menjadi standarisasi masuk Perguruan Tinggi (PT). Karena, soal tes masuk PT hampir sama dengan soal UN tersebut.Wakil Direktur II Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bangka Belitung, Harwadi, di Sungailiat, Ahad, menjelaskan Polman setuju jika nilai UN dijadikan standarisasi masuk PT. Karena, ada persamaan soal tes dan berguna untuk menekan biaya menyelenggarakan tes setiap tahunnya.Pernyataan tersebut disampaikannya menanggapi semakin tingginya standarisasi kelulusan siswa setiap UN yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Nilai UN bisa menjadi standarisasi masuk PT saat ini telah menuai pro kontra di berbagai kalangan. Karena di satu sisi, ada yang menilai hasil penerimaan mahasiswa baru tidak perlu lagi melalui jalur tes masuk PT. Namun, hal tersebut cukup dengan menggunakan nilai UN.

...dst

15 ) KBRI Beijing bekerjasama dengan Beijing Municipal Education

04/30/2012
Dalam rangka mempererat hubungan di bidang pendidikan dan kebudayaan KBRI Beijing bekerjasama dengan Beijing Municipal Education Comission menggelar program Cultural exchange dan Home stay bagi siswa sekolah menengah dari Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 15-25 April 2012 di Middle School no 39 Beijing. Tujuan dari kegiatan ini untuk memperoleh pengalaman sekolah di sekolah menengah Tiongkok  bagi siswa Indonesia dalam rangka mengenal lebih dekat kehidupan sehari-hari persekolahan Tiongkok, mempelajari bahasa dan budaya Tiongkok secara langsung, menjalin relasi memperluas wawasan pertemanan dengan teman sebaya siswa Tiongkok, dan memperkenalkan budaya Indonesia melalui interaksi social antar siswa. Didahului dengan penandatangan MOU  yang dilaksanakan pada tanggal 11 April 2012 antara Junita  Arfani kepala sekolah SMA Budi Mulia Dua dan Prof. Ding Feng kepala sekolah Middle School No. 39 Beijing dalam rangka kerjasama dalam pengembangan kurikulum, pertukaran siswa dan program sit-in guru antar kedua sekolah.

...dst

16 ) DPR: Sebaiknya Rusunawa Mahasiswa Diserahkan ke UNG

Senin, 30 April 2012 , 13:50:00
JAKARTA - Komisi V DPR RI mendesak Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyerahkan pengelolaan Rusunawa mahasiwa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kepada pihak rektorat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mekanisme alih status penggunaan. Pasalnya, hingga saat ini, pengelolaan asetnya masih berada di Kemenpera."Alangkah baiknya bila asetnya segera dipindahtangankan ke daerah (UNG). Ini agar pihak universitas akan lebih profesional dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan asetnya," kata Roem Kono, anggota Komisi V DPR RI yang dihubungi, Senin (30/4). usunawa mahasiswa UNG merupakan bantuan dari Kemenpera yang mulai dibangun pada 2009. Rusunawa yang letaknya berada di kompleks Universitas Gorontalo ini memiliki fasilitas 96 unit kamar (satu Twin Block) dengan daya tampung satu kamar sebanyak empat orang. Sampai saat ini sudah 92 unit yang dihuni.

...dst

17 ) Ini Alasan Lulusan SMA Lirik IPB

Minggu, 29 April 2012, 12:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Kepala Bidang Humas dan Protokoler Institut Pertanian Bogor Henny Windarti mengatakan perguruan tinggi ini banyak dipilih lulusan SMA, salah satu pertimbangannya karena berkelas dunia.
"Salah satu alasan IPB bisa menjadi pilihan tepat masuk perguruan tinggi adalah selain perguruan tinggi terkemuka, juga termasuk dalam 'world class university'," katanya di Bogor, Jawa Barat, Ahad (29/4). Ia menjelaskan saat menerimaa kunjungan sebanyak 20 siswa pilihan dari SMA Negeri 1 Cibinong, Kabupaten Bogor, pihaknya juga menyampaikan hal itu. Menurut dia, alasan lainnya karena IPB juga merupakan "The Most Innovative Campus", karena merupakan perguruan tinggi yang sudah empat tahun berturut turut menjadi kampus yang menghasilkan inovasi terbanyak. "Sehingga IPB masuk dalam 'Inovasi Indonesia Paling Prospektif'," katanya menambahkan. 

...dst

18 ) UIN Sunan Kalijaga Buka FEB Islami

Senin, 30 April 2012 10:15 wib
YOGYAKARTA – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, membuka program baru yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Nur Syam secara resmi membuka program tersebut di Convention Hall Kampus UNY, akhir pekan lalu. Rektor UIN Sunan Kalijaga Musa Asy'arie menjelaskan, selain sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat terhadap fakultas yang konsen di bidang ekonomi dan bisnis Islam, FEBI juga menjadi pembeda dengan perguruan tinggi lain. Termasuk dapat memberikan masukan untuk penyusunan regulasi keuangan syariah. 
"FEBI ini juga dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja keuangan syariah, sehingga lulusannya diharapkan mampu menjawab permasalahan secara konkret berdasarkan Islam, tanpa mengabaikan profesionalisme," ujar Musa Asy'arie.

...dst

19 ) Unjani Raih Sertifikat ISO  

Monday, 30 April 2012
CIMAHI—Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2008 untuk jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Rektor Unjani, Bambang Sutjiatmoko mengatakan, sertifikat ISO merupakan jaminan mutu pelayanan manajemen pendidikan yang diberikan Unjani bagi masyarakat dan calon mahasiswanya. "Kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik," ujar Bambang usai menerima sertifikat ISO dari perwakilan Lloyd's Register Indonesia sebagai lembaga penerbit ISO di Unjani, beberapa waktu lalu. (agung bakti sarasa) 

...dst

20 ) Pendidikan Vokasi Butuh Penguatan

04/30/2012
Surabaya --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, mengatakan, kekuatan utama sebuah politeknik berada pada keterampilan teknis. Untuk meningkatkan kualitas politeknik, ada tiga hal yang harus diperbaiki, yaitu dosen yang memiliki kompetensi, laboratorium yang memadai, dan kerjasama dengan dunia industri. "Itu sebabnya kita buka master dan doktor terapan, karena yang paling baik untuk menjadi dosen politeknik adalah lulusan pendidikan vokasi. Tapi selama ini politeknik hanya memfasilitasi hingga D4," tuturnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya, Sabtu (28/04).Saat ini jumlah politeknik negeri di Indonesia masih jauh dari ideal, hanya 32 polteknik dari total ideal sebanyak 150 politeknik. Mendikbud mengatakan akan mendirikan beberapa politeknik secara bertahap hingga kebutuhan ideal tersebut tercukupi. "Pendirian politeknik juga ditujukan untuk mendukung Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3I)," kata Mendikbud. Pembangunan politeknik juga akan menyesuaikan dengan kebutuhan industri daerah.

...dst

21 ) Baru 15 Persen Politeknik Berkualitas Baik

Senin, 30 April 2012
Surabaya, Kompas - Untuk menciptakan tenaga kerja siap pakai dari jalur pendidikan vokasi, perlu politeknik berkualitas, baik dari sisi kurikulum, tenaga pengajar, maupun fasilitas pembelajarannya. Namun, jumlah politeknik, baik negeri maupun swasta, yang tidak memenuhi standar kualitas masih relatif banyak. Dari 32 politeknik negeri dan 150 politeknik swasta yang ada saat ini, hanya sekitar 15 persen yang masuk kategori politeknik berkualitas baik. Hal ini dikhawatirkan akan menghambat upaya pemerintah mendorong ketersediaan tenaga kerja siap pakai bagi pasar kerja atau industri. Hal itu dikemukakan Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri, yang juga Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Dadet Pramadihanto, Sabtu (28/4), di Kampus PENS, Surabaya. "Jumlah politeknik sebenarnya sangat kurang karena kebutuhan tenaga kerja yang terampil semakin tinggi. Dari 32 politeknik negeri, hanya ada 50.000 mahasiswa," ujarnya.

...dst

22 ) Lulusan PT Perlu Memperhatikan Soft Skill

Senin, 30 April 2012 10:29 wib
MEDAN – Lulusan perguruan tinggi (PT) diminta untuk menguasai soft skill sebelum terjun ke dunia kerja. Sebab, kalangan dunia usaha atau pengguna jasa tenaga kerja masih banyak mengeluhkan sumber daya manusia (SDM) yang dinilai kurang tangguh, tidak jujur, cepat bosan, tidak terbiasa bekerja dengan team work, kurang mahir berkomunikasi lisan dan tidak terbiasa dalam menulis laporan."Ini menunjukkan bahwa keahlian yang tergolong soft skill masih menjadi permasalahan bagi lulusan perguruan tinggi ketika masuk ke dalam dunia kerja," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho dalam pidato ilmiahnya pada acara wisuda sarjana Teknik Institut Teknik Medan (ITM), di Gedung Selecta, Medan, kemarin.

...dst

23 ) KEWIRAUSAHAAN
Pendidikan dan Praktik Digiatkan di Kampus

Senin, 30 April 2012
Jakarta, Kompas - Pendidikan kewirausahaan mulai menjadi bagian yang penting dalam pendidikan mahasiswa di kampus. Upaya ini untuk menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang berani mandiri dalam mengembangkan usaha sesuai potensi yang dimiliki."Menjamin kemampuan akademik mahasiswa yang baik dan berkualitas memang suatu keharusan. Tetapi, itu tidak cukup lagi. Perlu juga para mahasiswa diperkuat dalam soft skills dan kemampuan berwirausaha," kata Nelly, Pembantu Rektor II Universitas Binus, di Jakarta, akhir pekan lalu.Menurut Nelly, mahasiswa diberikan mata kuliah kewirausahaan di semester tiga dan empat. Bahkan, berbagai aktivitas untuk merangsang kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan rencana bisnis juga diakomodasi.Andreas Chang, Pembantu Rektor III Universitas Binus, mengatakan, ide-ide bisnis mahasiswa ditampung dalam kegiatan rutin kampus. Bahkan, para mahasiswa juga dibantu untuk bisa mendapatkan modal usaha.

...dst

24 ) Ada Tari Kecak dan Pencak Silat di KBRI Paris  

Monday, 30 April 2012
PARIS – Ada pemandangan berbeda di aula Balai Budaya KBRI Paris, Prancis, Sabtu (28/4) malam waktu setempat. Suasana Indonesia begitu terasa.Tari kecak yang semua penarinya wanita, tari serimpi ludira madu,tari baris Bali,dan tari saman tersaji. Malam itu,Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Paris bekerja sama dengan KBRI Paris menyelenggarakan kegiatan promosi Indonesia bertema Le Sourire d'Indonesie. Acara ini dibuka Duta Besar RI di Paris Rezlan Ishar Jenie dan dihadiri sekitar 350 tamu undangan. Mereka terdiri atas para pejabat KBRI Paris/KWRI Unesco, akademisi, dan mahasiswa dari sejumlah institusi pendidikan di Prancis,para pelajar Indonesia di Paris dan sekitarnya, serta sejumlah utusan Association Franco-Indonesie di Paris.

...dst

25 ) Dahlan Nilai Kebijakan Impor Memalukan  

Monday, 30 April 2012
CIREBON – Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyatakan kebijakan impor sebagai hal yang memalukan dan menunjukkan bangsa ini telah kehilangan jiwa gotong royong serta kreativitasnya. Bahkan, dia mendoakan pengusaha muda Indonesia secepatnya tertipu akibat kebijakan tersebut. Hal itu diungkapkan saat menjawab pertanyaan seorang mahasiswa yang mengikuti kuliah umum atau Stadium Generale di Hotel Zamrud, Jalan Wahidin, Kota Cirebon, kemarin. "Anda yang masih muda saja malu karena negara kita mengimpor, apalagi saya yang sudah tua,"ujar Dahlan. Dia mencontohkan tahun lalu impor beras Indonesia mencapai 2,7 juta ton, sedangkan impor gula 1 juta ton. Tahun yang sama,Indonesia juga mengimpor sapi.Menurutnya, persoalan tersebut harus ada jalan keluarnya,salah satunya melalui langkah yang akan dilakukan Kementerian BUMN. Pihaknya akan memperbesar BUMN yang bergerak di sektor pangan.Langkah itu untuk meminimalisasi, bahkan menghilangkan ketergantungan pangan dengan negara lain.  

...dst

26 ) KPK: Kasus Angie di Wisma Atlet dan Kemendikbud Mirip

Senin, 30 April 2012, 10:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain kasus suap wisma atlet, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menetapkan Angelina Sondakh sebagai tersangka pada kasus korupsi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Lembaga ad hoc itu menyatakan bahwa konstruksi kasus suap wisma atlet dengan korupsi Kemendikbud yang melibatkan Angelina Sondakh memiliki kesamaan."Kasus ini kan tidak terlepas dari kasus wisma atlet. Kasus ini berkaitan," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjodjanto di Depok, Senin (30/4) pagi. Menurut Bambang, korupsi di Kemendikbud merupakan pengembangan dari penyidikan kasus suap wisma atlet. Ada  kesamaan itu terletak pada adanya pemberian janji atau hadiah yang diterima Angelina dalam proses pembahasan anggaran di dua proyek tersebut. Untuk diketahui,  Angelina Sondakh merupakan anggota Komisi X DPR. Komisi X DPR merupakan komisi yang menangani masalah pendidikan, kebudayaan, olahraga, pemuda, seni, dan pariwisata.  KPK  resmi menahan tersangka kasus dugaan korupsi Wisma Atlet dan Proyek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Angelina Sondakh, Jumat (27/4). Angelina  ditahan di rumah tahanan Salemba cabang KPK setelah menjalani pemeriksaan dari penyidik KPK selama tujuh jam.

...dst

27 ) Kemdikbud Dinilai Tak Kooperatif

30 April 2012
JAKARTA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dinilai tidak kooperatif dalam menindaklajuti laporan serta aduan masyarakat, terkait dugaan kasus penyelewengan dan kecurangan pelaksaan Ujian Nasional 2012. Padahal, bukti dugaan kecurangan UN SMP, untuk mata pelajaran Matematika sudah diberikan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) ke Kemdikbud. "Kami hanya meminta sederhana, untuk membandingkan bocoran yang kita dapatkan dengan kunci jawaban aslinya," tegas Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW, Febri Hendri. Seperti diketahui sebelumnya, ICW bersama dengan Federasi Serikat Guru Indonesia sempat membeberkan bahwa kunci jawaban UN Matematika untuk tingkat SMP bocor sehari sebelum pelaksanaannya. Dari analisis yang dilakukan oleh ICW, sekitar 30 sampai 35 jawaban adalah benar. Tujuan dari ICW membawa bukti tersebut menurut Febri agar Kemdikbud mau mencocokan bukti tersebut dengan kunci jawaban sebenarnya, yang ada di pemerintah. Sehingga, dapat diketahui seberapa akurat bocoran kunci jawaban yang beredar tersebut. 

...dst

28 ) Kecurangan UN, Korupsi, dan Mental Maling

Senin, 30 April 2012 | 14:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menilik integritas dan kualitas pendidikan di Indonesia sekarang ini, penulis, pengusaha, serta motivator, dan juga pendiri TK Khalifah, Ippho Santosa, berpandangan bahwas zaman sekarang banyak orang memiliki mentalitas "maling". Salah satu contohnya terlihat dari mental mencontek dan membocorkan kunci jawaban ujian nasional (UN) atau tindak korupsi para pejabat pemerintahan."Sekarang ini banyak orang hobinya seperti 'maling', seperti nyontek saat ujian, suka barang KW atau selundupan. Begitu jadi pengusaha, mereka akan nyogok, sampai ketika jadi pejabat akan berbuat korup. Jadi, mentalitasnya kayak maling," ujar motivator muda kelahiran 30 Desember 1977 ini, saat peluncuran karya terbarunya berjudulHanya 2 Menit, Sabtu (27/04/2012), di Auditorium Indosat, Jakarta.

...dst

29 ) Situs untuk Keliling Dunia Gratis  

Monday, 30 April 2012
Bisa dibilang ini adalah keinginan hampir semua orang di dunia.Berjalanjalan mengelilingi dunia tanpa perlu repot dan pusing memikirkan dari mana uang untuk membiayai semua pengeluaran. Bagaimana caranya? Bukalah situs paling hot ini, Misstravel.com. Sayangnya,tidak semua orang yang menjadi anggota situs ini otomatis bisa keliling dunia gratis. Lah kok?Ternyata, Misstravel.com yang diluncurkan 9 April lalu ini hanya untuk menghubungkan antara orang kaya dan mereka yang berparas menawan tapi tidak memiliki uang untuk keliling dunia. "Situs kami merupakan ruang pertemuan seperti klub malam atau bar bagi orangorang yang tertarik ngobrol," terang pendiri Misstravel.com, Brandon Wade,dikutip CNN. Namun,Wade menegaskan bahwa situsnya bukanlah layanan jasa untuk wanita malam atau wanita penghibur.  

...dst

Tidak ada komentar: