Cari Blog Ini

Minggu, Mei 20, 2012

Berita Edukasi, 14 - 20 Mei 2012


Berita Edukasi, 20 Mei 2012

1 ) Pendidikan Kata Kunci Kebangkitan Nasional 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496276/

MOHAMMAD NUH
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Sunday, 20 May 2012
Di zaman penjajahan, memaknai kebangkitan nasional ialah dengan upaya meraih kemerdekaan. Karena itu, memaknai kebangkitan (awakening) di zaman sekarang ini selalu terkait dengan peristiwa masa lalu yang mencerminkan ide dasar atau awal gagasan tentang peran kesejarahan itu sendiri. Saat sesuatu sudah menjadi bagian dari sejarah,meski memiliki makna awal yang berkaitan dengan prinsip dasar, baru akan bermakna positif jika ditarik dengan kekinian. Dengan kata lain,transformasi dari masa lalu ke masa kini. Kontekstualisasi atau aktualisasi. Namun,itu saja tidak cukup karena hidup bangsa ini bukan hanya sekarang, kekinian harus disiapkan untuk ditransformasikan pada kenantian.Atau dalam bahasa lain, futuristik antisipatif. Bangsa ini harus memaknai Kebangkitan Nasional dengan tiga mata rantai, yakni ide awal, kekinian, dan futuristik antisipatif. Kebangkitan Nasional lahir karena adanya Boedi Oetomo pada 1908 silam. Mata rantainya ialah Sumpah Pemuda 1928 yang ada setelah 20 tahun Boedi Oetomo. Lalu berkembang pada era 1945,di mana sejarah kemerdekaan lahir.

...dst

2 ) Bangkit Bangsaku Bangkit Ekonomi Indonesia 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496270/

PROF FIRMANZAH, PHD
Dekan Fakultas Ekonomi UI

Sunday, 20 May 2012
Seratus empat tahun setelah berdirinya Boedi Oetomo, 20 Mei 1908, tantangan kebangkitan nasional menemukan bentuk yang sangat berbeda. Pada saat itu, membangkitkan kesadaran terhadap nilai-nilai kebangsaan melepaskan dari penjajah menjadi tema sentral perjuangan kaum muda. Setelah itu, 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda menjelma menjadi manifestasi semangat kepemudaan. Berikutnya,Proklamator RI Soekarno dan Hatta memproklamasikan hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.Beberapa tonggak sejarah dan peristiwa nasional telah terjadi sampai saat ini.Hari ini,104 tahun kita merayakan Kebangkitan Nasional. Dalam bidang ekonomi,terdapat dua tantangan besar kita bersama. Pertama, tantangan penataan struktur dan sistem ekonomi "internal-domestik". Kedua, tantangan positioning daya saing nasional dalam kompetisi di tingkat regional dan global.Meski kedua hal ini memiliki karakter orientasi berbeda, sesungguhnya mereka terkait satu dengan yang lain. Bahkan saling menguatkan. Secara internal, pascakrisis multidimensi 1997–1998, perekonomian Indonesia mengalami perbaikan secara signifikan. Sejumlah data statistik menunjukkan tanda-tanda optimistis akan kebangkitan ekonomi Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia di kemudian hari.

...dst

3 ) Wilayah Cyber Jadi Tantangan Besar Harkitnas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/20/09524815/Wilayah.Cyber.Jadi.Tantangan.Besar.Harkitnas

Minggu, 20 Mei 2012 | 09:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menilai, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dapat digunakan Indonesia untuk mengukuhkan identitas nasional di wilayah cyber. Menurutnya, wilayah cyber merupakan dimensi lain yang keberadaannya tak dapat dihindari dan harus dijaga dengan baik. Mantan Rektor ITS itu menjelaskan, dimensi cyber merupakan dimensi terkini setelah fisik, logika, etika, dan ideologi dalam lingkup bernegara. "Identitas diri harus diperkuat termasuk di wilayah cyber. Karena kewilayahan negara kita yang belum tergarap dengan baik adalah wilayah cyber. Dan itu dapat dijadikan tema besar peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini," kata Nuh, Minggu (20/5/2012), di Jakarta. Ia mencontohkan, penguatan wilayah cyber menjadi penting lantaran terkait dengan etika, dan moral bangsa, sekaligus sejalan dengan keberlangsungan NKRI di masa-masa yang akan datang.

...dst

4 ) Harkitnas Harus Jadi Inspirasi Kebangkitan Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/20/08272310/Harkitnas.Harus.Jadi.Inspirasi.Kebangkitan.Pendidikan

Minggu, 20 Mei 2012 | 08:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap 20 Mei harus menjadi inspirasi kemajuan pendidikan nasional. Hal itu dikatakan Anggota Komisi X DPR, Raihan Iskandar, Sabtu (19/5/2012) malam kemarin, di Jakarta. Ia mengungkapkan, sejarah lahirnya kebangkitan nasional pada 1908 disebabkan oleh munculnya kaum terpelajar. Menurutnya, tokoh-tokoh pergerakan nasional yang menjadi penggerak munculnya organisasi-organisasi modern pada masa itu, seperti Dr. Wahidin Sudirohusodo, dr. Sutomo, Soekarno, Agus Salim, dan sebagainya lahir dari dunia pendidikan. "Pengaruh pendidikan pada masa perjuangan membuka kesadaran kaum terpelajar untuk bangkit dari keterpurukan sebagai bangsa yang terjajah," ujarnya.

...dst

5 ) Institut Teknologi dan Politeknik Negeri Dibangun Tahun Ini
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/342

05/19/2012 (All day)
Surabaya - Guna mendukung pemenuhan kebutuhan sarjana teknik, dua institut teknologi dan tiga politeknik negeri akan dibangun pada tahun 2012 ini. Kelima institusi pendidikan tinggi bidang teknologi tersebut adalah Institut Teknologi Lampung, Institut Teknologi Balikpapan, Politeknik Negeri di Subang, Fakfak dan Sampang. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, saat menghadiri Lomba Cipta Elektronik Nasional (LCEN) 2012 di BG Junction Surabaya, Jumat (18/05). "Berdirinya institut teknologi dan politeknik negeri ini untuk mendukung kebutuhan sarjana teknik sebanyak 20-25 persen," katanya. Di Indonesia hingga saat ini baru berdiri dua institut teknologi, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). ITB merupakan warisan Belanda, sedangkan ITS adalah warisan dari para pejuang. Kedua institut teknologi itu akan menjadi pendamping bagi pembangunan institut teknologi Sumatera dan Institut Teknologi Balikpapan. "ITS kita percaya membentuk institut teknik di Kalimantan (ITB-Balikpapan). Tahun ini tahap pembangunan fisik. Kita berharap ITS sebagai ibu kandung institut di Balikpapan," ujarnya.

...dst

6 ) Dosen Diharap Perbanyak Penelitian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/20/320787/293/14/Dosen-Diharap-Perbanyak-Penelitian

Minggu, 20 Mei 2012 06:52 WIB
YOGYAKARTA--MICOM: Dosen diharapkan memperbanyak penelitian untuk meraih prestasi akademik, Hal itu dikatakan Ketua Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Heru Kurnianto Tjahjono. "Penelitian menjadi salah satu fokus yang harus digalakkan oleh pendidik perguruan tinggi," kata Heru yang terpilih sebagai Dosen Berprestasi Terbaik Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2012, di Yogyakarta, Sabtu (19/5). Menurut dia, para akademisi juga diharapkan berupaya mengadakan penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional. Dengan demikian, akan jelas terlihat prestasi akademik para dosen di lingkungan universitas.  Upaya menggalakkan penelitian itu, kata dia, dapat dilakukan dengan dukungan berbagai pihak, termasuk universitas. Universitas diharapkan dapat membentuk sistem yang mendorong dosen untuk melakukan penelitian berkualitas internasional.

...dst

7 ) FKIP Masih Menjadi Idola
Peminat yang Gugur, Jadi Santapan Kampus Swasta
http://www.jpnn.com/read/2012/05/20/127859/FKIP-Masih-Menjadi-Idola-

Minggu, 20 Mei 2012 , 02:58:00
JAKARTA - Profesi guru masih menjadi idaman sebagian besar calon mahasiswa baru. Kondisi ini setidaknya tergambar dari pola pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis. Hingga saat ini, program studi (prodi) di rumpun fakultas ilmu pendidikan dan kependidikan (FKIP) ramai diserbut pendaftar. Kecenderungan prodi di FKIP yang ramai diserbut pendaftar SNMPTN ini dipaparkan Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin (19/5). Tidak tanggung-tanggung, dia memperkirakan pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis yang meminati prodi FKIP lebih dari separuh. Pria yang juga menjadi rektor UNY itu menuturkan, kecenderungan banyaknya pendaftar SNMPTN jalur tulis di FKIP ini mengulang fenomena SNMPTN tahun lalu. "Saya rasa sampai pendaftaran SNMPTN (jalur ujian tulis, red) ditutup, pendaftar di FKIP masih mendominasi," katanya. Rochmat menjelaskan, tidak seluruh prodi di FKIP ramai pendaftarnya. Dia mencatat,  untuk sementara prodi yang paling diminati adalah pendidikan bahasa Inggris, pendidikan matematika, dan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

...dst

8 ) M Nuh bantah Tunjangan Profesi Pendidikan belum dibayarkan
http://www.antaranews.com/berita/311369/m-nuh-bantah-tunjangan-profesi-pendidikan-belum-dibayarkan

Sabtu, 19 Mei 2012 10:18 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membantah jika Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) tahap I (Januari--Maret) tahun 2012 belum dibayarkan."Semuanya sudah selesai pada awal April lalu, karena itu dananya sekarang ini sudah ada di tingkat provinsi, tapi faktanya memang ada yang sudah tuntas 40 persen, 10 persen, dan seterusnya," katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, Jumat. Tentang keterlambatan sampai ke tangan para guru, ia menyatakan hal itu masih dipelajari karena kasusnya mungkin sama dengan proses pencairan BOS tahun 2011 yang terhambat persoalan teknis administrasi. "Kalau kendalanya teknis, tentu akan dibenahi, tapi kalau karena masalah lain, tentu akan dipelajari. Yang jelas, kami akan memastikan penyebab terhambatnya pembayaran itu," katanya. Menurut dia, bila penyebabnya sama dengan kasus BOS tahun 2011, maka pembayaran TPP tahap II (April--Juni) sudah harus lancar dan terbayarkan semuanya paling lambat pada awal Juli mendatang. "Saya harapkan keterlambatan itu hanya terjadi pada tahap pertama, tapi untuk tahap berikutnya sudah harus lancar," katanya.

...dst

9 ) Mendikbud: prototipe mobil listrik nasional jadi 2013
http://www.antaranews.com/berita/311364/mendikbud-prototipe-mobil-listrik-nasional-jadi-2013

Sabtu, 19 Mei 2012 08:58 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan prototipe mobil listrik nasional akan jadi pada tahun 2013 karena "roadmap" mobil itu sudah selesai. "Mei ini, roadmap mobil listrik itu sudah selesai. Itu sesuai janji kepada Presiden pada dua bulan lalu," katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, Jumat. Didampingi Rektor ITS Prof.Dr.Ir. Triyogi Yuwono DEA yang juga masuk tim mobil listrik bersama UI, UGM, dan ITB itu, dia menjelaskan tim empat universitas itu kini ditambah dengan LIPI, BPPT, dan sejumlah BUMN. "BUMN yang terlibat, antara lain PTDI, Inka, Pindad, dan sejenisnya. Jadi, kami serius dan bukan membuat mobil listrik nasional sebatas assembling (perakitan)," katanya. Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, prototipe mobil listrik yang akan jadi pada tahun 2013 itu akan menjalani penyempurnaan pada tahun 2014, dan diharapkan sudah memulai produksi massal pada tahun 2015.

...dst

10 ) Lowongan CPNS reguler untuk 60 ribu orang
http://www.antaranews.com/berita/311405/lowongan-cpns-reguler-untuk-60-ribu-orang

Sabtu, 19 Mei 2012 17:51 WIB
Makassar (ANTARA News) - Pemerintah membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60 ribu orang. "Moratorium PNS (Pegawai Negeri Sipil) tidak menutup penerimaan reguler dan membuka kesempatan penerimaan PNS tahun ini sebanyak 60 ribu orang untuk reguler," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di Makassar, Sabtu. Penerimaan CPNS tersebut dibuka untuk seluruh departemen dan pemerintah daerah hingga tingkat kabupaten dan kota melalui jalur umum yang didasari analisa jabatan. "Tapi syaratnya daerah harus membuat analisa kebutuhan, apa yang sudah ada dan apa yang belum ada," ujarnya yang menambahkan, tes penerimaan CPNS reguler akan dilakukan tahun ini. Ia menegaskan, moratorium tidak berarti penerimaan PNS ditutup tapi tetap dibuka, namun harus melalui analisa jabatan. "Kita sudah latih analis-analis jabatan lebih dari tiga ribu orang, mereka yang menghitung di setiap kabupaten," tambahnya.

...dst

11 ) Dua Pendaki Indonesia Capai Puncak Everest Hari Ini
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/19/320690/89/14/Dua-Pendaki-Indonesia-Capai-Puncak-Everest-Hari-Ini

Sabtu, 19 Mei 2012 18:08 WIB
JAKARTA--MICOM: Sang Merah Putih akhirnya berkibar di Puncak Everest yang terletak di ketinggian 8.848 mdpl setelah Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summits) yang melalui jalur utara yaitu Tibet berhasil mencapai puncak pada Sabtu (19/5). Dua pendaki dari Wanadri yaitu Iwan Irawan dan Nurhuda mencapai puncak tersebut yang termasuk dalam rangkaian ekspedisi tujuh puncak dunia ini sekitar pukul 07.49 waktu setempat, Sabtu. Kedua pendaki ini tiba di puncak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Untuk mencapai puncak yang juga dikenal dengan sebutan Puncak Sagarmatha itu para pendaki membutuhkan tahapan yang panjang. Selain itu pendaki juga harus terus melakukan koordinasi dengan pemandu yang telah mengawal sejak proses pendakian. Dari dua pendaki Wanadri itu, orang yang pertama mencapai Puncak Everest adalah Iwan Irawan disusul Nurhuda serta diikuti pendaki asal Swedia, Peter, kemudian para pemandu (sherpa) yakni Chirring, Tashi, dan Lakpa.

...dst

Berita Edukasi, 19 Mei 2012

1 ) Belum Terakreditasi, tetapi Bisa Terbitkan Ijazah?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/13472891/Belum.Terakreditasi.tetapi.Bisa.Terbitkan.Ijazah

Jumat, 18 Mei 2012 | 13:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjamin semua program studi di perguruan tinggi yang belum terakreditasi dapat tetap beroperasi dan mengeluarkan ijazah. Meski demikian, jaminan itu hanya diberikan pada program studi yang, walau belum terakreditasi, telah mengajukan permohonan untuk diproses. "Jika tidak boleh mewisuda dan mengeluarkan ijazah itu risiko kerugiannya terlalu besar. Maka tetap boleh. Namun, hanya mereka yang telah mengajukan permohonan, tetapi belum sempat diproses," kata Nuh, Jumat (18/5/2012) di Jakarta. Nuh mengatakan, saat ini ada sekitar enam ribu program studi di perguruan tinggi swasta (PTS) yang belum memperoleh akreditasi. Padahal, sejatinya, batas akhir proses akreditasi adalah Rabu (16/5/2012). Ia menjelaskan, masih banyaknya program studi di PTS yang belum terakreditasi disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya, kata dia, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kewalahan melakukan proses akreditasi karena terbatasnya tenaga yang dimiliki.

...dst

2 ) 6.000 Program Studi Belum Diakreditasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/10594829/6.000.Program.Studi.Belum.Diakreditasi

Jumat, 18 Mei 2012 | 10:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah menyiapkan solusi atas banyaknya program studi di perguruan tinggi swasta (PTS) yang belum terakreditasi. Saat ini setidaknya ada sekitar 6.000 program studi di PTS yang belum diakreditasi. Akreditasi ini diperlukan agar mendapatkan izin operasional. Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemdikbud, Djoko Santoso, kepada Kompas.com, Jumat (18/5/2012), di Jakarta. Ia menjelaskan, seharusnya seluruh PTS telah menyelesaikan proses akreditasi paling lambat Rabu (16/2/2012). "Iya, batas akhirnya Rabu lalu. Memang banyak yang belum, maka ini saya lagi memikirkan bagaimana jalan keluarnya," kata Djoko. Dijelaskan olehnya, masih banyaknya jumlah program studi yang belum terakreditasi disebabkan oleh beberapa hal, baik dari internal PTS ataupun dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai lembaga yang mengurusi akreditasi tersebut.

...dst

3 ) Pendaftar SNMPTN Jalur Tulis Tembus 203.570
Pendaftaran Di Libur Panjang Tetap Dilayani
http://www.jpnn.com/read/2012/05/19/127800/Pendaftar-SNMPTN-Jalur-Tulis-Tembus--203.570-#

Sabtu, 19 Mei 2012 , 07:24:00
JAKARTA - Proses pendaftaran masuk kampus negeri melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis terus dikebut. Meskipun saat ini libur long weekend pendaftaran tetap dilayani. Laporan terakhir pendaftar ujian tulis ini mencapai 203.570 orang. Ketua panitia pusat SNMPTN Akhmaloka melalui SMS yang dia kirim langsung dari Belarusia tadi malam menjelaskan, sampai saat ini pendaftaran SNMPTN jalur tulis belum mendapatkan hambatan signifikan. "Secara umum pendaftaran berjalan lancar. Perangkat kami juga berjalan normal," jelas pria yang juga rektor ITB itu. Akhmaloka berharap, kondisi positif ini berjalan terus sampai pendaftaran SNMPTN jalur tulis ditutup pada 31 Mei pukul 22.00 WIB mendatang. Meski sampai saat ini panitia penerima pendaftaran belum mendapatkan ganggung, panitia masih khawatir terjadi penumpukan pendaftaran. Kasus ini berpeluang muncul ketika pemerintah sudah mengumumkan kelulusan ujian nasional (unas) tingkat SMA/sederajat pada 24 Mei mendatang. Akhamaloka mengatakan, pendaftar yang sudah apply dokumen pendaftaran saat ini dimungkinkan dari lulusan 2011 dan 2010.

...dst

4 ) Aptisi: Kualitas PTS Tidak Kalah dengan PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/21235953/Aptisi.Kualitas.PTS.Tidak.Kalah.dengan.PTN

Jumat, 18 Mei 2012 | 21:23 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah IA Sumatera Utara Bahdin Nur Tanjung mengatakan, kemajuan perguruan tinggi swasta (PTS) dalam menyejajarkan posisinya dengan perguruan tinggi negeri (PTN) sudah sangat pesat. "Hal ini dibuktikan dengan kualitas lulusan dan prestasi yang dicapai para mahasiswanya. Ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras dan jalinan kerja sama yang telah dibina antar PTS, sehingga akhirnya lulusannya mendapat pengakuan yang sama dengan lulusan PTN," katanya pada acara Musyawarah Wilayah IV Aptisi Wilayah IA Sumut di di Medan, Jumat (18/5/2012). Meski demikian, ia mengakui masih banyak hal yang harus dibenahi PTS, baik persoalan program studi yang masih belum terakreditasi, persoalan dosen dan sertifikasi dosen, beasiswa dan bantuan operasional kampus."Beberapa hal ini menjadi tantangan bagi Aptisi ke depannya. Dengan kekompakan dan kerja sama yang terus dibangun, saya yakin berbagai persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik," katanya.

...dst

5 ) Kemendikbud Tingkatkan Lulusan Teknik 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496165/38/

Saturday, 19 May 2012
SURABAYA – Perguruan tinggi negeri (PTN) didorong untuk mencetak sarjana teknik. Saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan anggaran Rp200 miliar untuk memperbanyak sarjana teknik. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk memperbanyak akademi komunitas yang berisi program D2 dan D3 sebanyak 40 lembaga. Dana akan disalurkan untuk pengadaan sarana dan prasarana pendidikan karena dalam satu akademi terdapat tiga program studi (prodi). Lokasi pembentukan akademi komunitas ini antara lain berada di Bojonegoro,Pacitan,dan daerah-daerah luar Pulau Jawa. "Tahun lalu ada Rp100 miliar yang kami sediakan,tahun ini mencapai Rp200 miliar," kata Nuh seusai membuka Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) di Surabaya kemarin. 

...dst

6 ) Mendikbud Dukung Tes Urine bagi Mahasiswa Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/20225968/Mendikbud.Dukung.Tes.Urine.bagi.Mahasiswa.Baru

Jumat, 18 Mei 2012 | 20:22 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mendukung tes urine bagi mahasiswa baru di PTN/PTS untuk mengantisipasi pengaruh dan dampak narkoba di lingkungan kampus. "Itu positif. Kami dukung perguruan tinggi yang melakukan penyaringan mahasiswa tidak hanya dari aspek akademik, tapi juga aspek perilaku," katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, Jumat (18/5/2012). Didampingi Rektor ITS Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA yang juga hadir dalam lomba yang digelar Mahasiswa Teknik Elektro ITS itu, ia menilai tes urine, tes darah, dan tes apa pun untuk meyakinkan anak yang berakhlak baik itu merupakan sesuatu yang positif.

...dst

7 ) Mendikbud Siap Hormati Putusan MK Soal RSBI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/21442440/Mendikbud.Siap.Hormati.Putusan.MK.Soal.RSBI

Jumat, 18 Mei 2012 | 21:44 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh berjanji siap menghormati apa pun keputusan Mahkamah Konstitusi tentang rintisan sekolah bertaraf internasional. "Saya menghormati masyarakat yang mengajukan uji materi RSBI ke MK. Apa pun putusan MK akan kita taati bersama," katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, Jumat (18/5/2012). Didampingi Rektor ITS Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA yang juga hadir dalam lomba yang digelar Mahasiswa Teknik Elektro ITS itu, ia menjelaskan, bila MK memutuskan RSBI bertentangan dengan UUD 1945, pihaknya akan menghormati putusan itu. "Selama ini, pemerintah melaksanakan RSBI karena melaksanakan UU (UU Sisdiknas), kecuali dibatalkan dengan putusan MK yang menilai UU itu bertentangan dengan UUD 1945," katanya.

...dst

8 ) Mendikbud Minta Sekolah Cegah Konvoi Kelulusan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/2017544/Mendikbud.Minta.Sekolah.Cegah.Konvoi.Kelulusan

Jumat, 18 Mei 2012 | 20:17 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta sekolah bersikap kreatif mencegah konvoi siswa yang merayakan kelulusan ujian nasional mereka pada 26 Mei untuk tingkat SMA, 2 Juni tingkat SMP, dan 20 Juni tingkat SD. "Kami memang melarang hal itu, tapi sanksi untuk itu juga sulit, karena itu pihak sekolah hendaknya bersikap kreatif, misalnya siswa diminta membawa baju, lalu dikumpulkan dan diajak ke panti asuhan untuk memberikan baju, selanjutnya hasil UN diumumkan di panti asuhan itu," katanya di Surabaya, Jumat (18/5/2012). Di sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 yang digelar Mahasiswa Teknik Elektro ITS Surabaya, ia menjelaskan sekolah bisa juga meminta siswa membawa buku, lalu mengajak siswa ke panti asuhan dan ditunjukkan anak panti asuhan yang tidak mempunyai buku apa-apa.

...dst

9 ) Peminat beasiswa Kaltim Cemerlang capai 21.793 pendaftar
http://www.antaranews.com/berita/311321/peminat-beasiswa-kaltim-cemerlang-capai-21793-pendaftar

Jumat, 18 Mei 2012 21:28 WIB
Samarinda (ANTARA News) - Peminat Program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang digulirkan Pemprov Kaltim sudah mencapai 21.793 pendaftar dari total kuota program itu yang berjumlah sekitar 30.000 pelajar dan mahasiswa. "Pendaftaran untuk beasiswa Kaltim Cemerlang mulai dibuka pada 30 April dan akan ditutup pada Juni 2012. Tiap hari ada ribuan pendaftar dan hingga sekarang saja sudah terdapat 21.793 pendaftar," ujar Ketua Tim Pengelola Program Beasiswa Kaltim Cemerlang, Bohari Yusuf, di Samarinda, Jumat.  Dikatakannya, alokasi anggaran untuk beasiswa yang pendaftarannya melalui internet itu mencapai Rp70 miliar. Sedangkan pelajar dan mahasiswa yang bakal mendapat beasiswa dan stimulan program ini lebih dari 30.000 orang. "Kami sengaja menerapkan pendaftaran beasiswa melalui internet dengan alamat http://www.beasiswa-kaltim.org , tujuannya adalah agar tidak terjadi kontak fisik saat mendaftar sehingga hasilnya bisa objektif," katanya.

...dst

10 ) Aturan Menjadi Magister dan Doktor Diperketat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/19/186776/Aturan-Menjadi-Magister-dan-Doktor-Diperketat

19 Mei 2012
SEMARANG- Dirjen Dikti Kemdikbud mengatur beberapa regulasi untuk diturunkan ke program pascasarjana perguruan tinggi. Hal itu berkaitan dengan tingginya animo masyarakat untuk meraih gelar magister (S-2), doktor (S-3), hingga guru besar (profesor), demi berbagai kepentingan baik pribadi maupun tuntutan pekerjaan.
Aturan tersebut di antaranya mengenai pembatasan masa studi hingga seleksi ketat terhadap karya ilmiah untuk mencegah plagiarisme. Seperti yang dilakukan program pascasarjana Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, yang menjadwalkan lama studi untuk program magister dapat ditempuh selama tiga semester dan paling lama 10 semester. Sementara program doktor ditempuh minimal delapan semester dan maksimal masa studi 12 semester. Direktur Program Pascasarjana Undip Prof Dr dokter Anies MKes PKK mengatakan, ketentuan mengenai batas studi telah diatur dalam peraturan akademik universitas dan pascasarjana. Untuk program doktor yang magisternya (S-2) dari ilmu yang sebidang harus ditempuh minimal empat semester dan paling lama 10 semester. Sementara yang tidak sebidang minimal ditempuh lima semester dan harus selesai selama 11 semester.

...dst

11 ) Politeknik Maritim Segera Dibangun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/14290976/Politeknik.Maritim.Segera.Dibangun

Jumat, 18 Mei 2012 | 14:29 WIB
Kompas.com - Pemerintah Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau berencana membangun Politeknik Maritim untuk mengasah kemampuan kemaritiman anak-anak pulau setempat. Politeknik ini diharapkan sudah bisa menerima mahasiswa baru di tahun 2013. "Tinggal menunggu pembangunan. Mudah-mudahan sudah bisa menerima mahasiswa baru pada 2013," kata Ketua Yayasan Pendidikan Maritim Indonesia (YPMI), Nada Faza Soraya, di Batam, Jumat (18/6). Nada menyatakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah mengeluarkan izin pendirian Politeknik Maritim Natuna. Ia mengatakan Politeknik Maritim di Kabupaten Natuna merupakan awal dari rencana besar mendirikan Universitas Maritim yang selama ini menjadi perhatian YPMI.

...dst

12 ) Menhan dukung UPN jadi PTN
http://www.antaranews.com/berita/309775/menhan-dukung-upn-jadi-ptn

Rabu, 9 Mei 2012 10:50 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Pertahanan (Menhan), Prof Ir Purnomo Yusgiantoro MSc MA PhD, mendukung pengalihan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). "Kami mendukung dan proses itu sudah berjalan. Saat ini, kita masih menunggu fatwa BPK tentang izin kepemilikan UPN, karena asetnya milik Kemhan, tapi kalau PTN akan menjadi milik Kemdikbud," katanya di kampus UPN Veteran Jawa Timur (Jatim), di Surabaya, Rabu. Ia mengemukakan hal itu setelah meresmikan Gedung Technopark UPN senilai Rp7 miliar lebih untuk pengembangan teknologi tepat guna (TTG) bagi masyarakat. Menurut dia, proses pengalihan UPN menjadi PTN itu tidak hanya tergantung kepada Kementerian Pertahanan, namun Kemdikbud, Kementerian PAN, dan Kementerian Keuangan. "Itu semua sedang berjalan, tapi masih ada beberapa yang perlu disinkronkan, di antaranya status kepemilikan yang menunggu fatwa BPK. Biarlah BPK yang memutuskan, kami akan mengikuti, toh statusnya tetap milik negara," katanya.

...dst

13 ) Universitas Udayana akan Buka Magister Hukum Pariwisata
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/15155543/Universitas.Udayana.akan.Buka.Magister.Hukum.Pariwisata

Jumat, 18 Mei 2012 | 15:15 WIB
Kompas.com - Fakultas Hukum Universitas Udayana Bali tengah berupaya membuka program studi magister hukum pariwisata yang pertama di Indonesia. Selain karena persoalan hukum kepariwisataan sangat penting, Bali sebagai daerah destinasi wisata dinilai rentan terhadap berbagai permasalahan hukum. "Persoalan pariwisata penuh dengan permasalahan hukum, mulai dari persoalan keimigrasian, hak asasi manusia, perburuhan, penyelundupan narkotika, dan sebagainya. Sehingga sangat penting dikaji lebih dalam dengan melihat realita Bali sebagai sentra destinasi pariwisata di Indonesia," kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana Prof Dr I Gusti Ngurah Wairocana di Denpasar, Jumat.

...dst

14 ) 75 Mahasiswa IPB Dilibatkan Pelihara Hutan Bakau
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/22134851/75.Mahasiswa.IPB.Dilibatkan.Pelihara.Hutan.Bakau

Jumat, 18 Mei 2012 | 22:13 WIB
BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 75 mahasiswa Institut Pertanian Bogor dilibatkan dalam penanaman sekaligus pemeliharaan hutan bakau atau mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk, Jakarta Utara. "Para mahasiswa itu adalah mereka yang saat ini memperoleh beasiswa dari Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui Karya Salemba Empat (KSE)," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof Yonny Koesmaryono di Bogor, Jumat (18/5/2012).Ia menjelaskan, PT PGN (Persero) Tbk bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB mengadakan penanaman mangrove pada 47 "guludan" di kawasan hutan tol Sedyatmo, Angke Kapuk, Jakarta. Aksi penanaman bertema "Hijau Negeriku, Lestari Alamku" itu dilakukan dalam rangkaian dukungan bagi program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah.

...dst

15 ) Peduli Jamur, Unsoed Undang Akademisi se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/18/373/631411/peduli-jamur-unsoed-undang-akademisi-se-indonesia

Jum'at, 18 Mei 2012 18:04 wib
JAKARTA - Jamur merupakan tanaman yang cukup melimpah di Indonesia. Bahkan, dari sekian banyak jenis jamur yang ada, baru beberapa jenis jamur yang bisa teridentifikasi. Untuk itu, Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menggelar Seminar Nasional bertemaBiodiversitas dan Bioteknologi Sumber Daya Hayati Fungi. Diikuti oleh peneliti, pemerhati, dan akademisi ilmu hayati se-Indonesia menunjukkan betapa dunia mikologi atau jamur begitu diminati. Para akademisi tersebut memaparkan makalah dan poster mengenai jamur. "Ada 88 makalah yang disampaikan peserta biolog dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Kehadiran mereka memberi bukti bahwa dunia mikologi semakin mendapat tempat di masyarakat Indonesia," kata Ketua Panitia Nuniek Ina R.

...dst

16 ) Arang jerami bisa untuk bahan tinta
http://www.antaranews.com/berita/311189/arang-jerami-bisa-untuk-bahan-tinta

Jumat, 18 Mei 2012 07:43 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Arang jerami dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan tinta alat tulis untuk whiteboard, kata peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta Niar Suhartini."Hasil penelitian menunjukkan jerami yang telah diarangkan memiliki kandungan senyawa karbon yang cukup banyak. Senyawa karbon itu dapat digunakan sebagai pewarna hitam alami untuk tinta whiteboard," katanya di Yogyakarta, Jumat. Dengan demikian, menurut dia, arang jerami juga lebih ramah lingkungan, dan aman bagi kesehatan. "Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan tinta organik dengan bahan dasar arang jerami, dan untuk mengetahui pengaruh penambahan jumlah arang jerami terhadap pengurangan kadar `Volatile Organic Compound`," katanya. Ia mengatakan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap penggunaan tinta organik dengan bahan dasar arang jerami.

...dst

17 ) Dosen Unsoed Ciptakan Cash Register Mobile
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/18/373/631409/dosen-unsoed-ciptakan-cash-register-mobile

Jum'at, 18 Mei 2012 17:02 wib
JAKARTA - Inovasi menjadi lebih bermakna ketika dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Hal ini pula yang mendasari Dosen Teknik Informatika Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Bangun Wijayanto. Bangun berhasil membuat cash register berbasis android untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurut Bangun, piranti lunak tersebut dapat berjalan di ponsel maupun tablet. "Dengan software tersebut fungsi personal computer (PC) dapat digantikan dan UKM dapat memiliki cash register dengan harga yang murah," kata Bangun seperti dilansir dari laman Unsoed, Jumat (18/5/2012).

...dst

18 ) Ratusan Mawasiswa Kedokteran Ikuti Rakornas
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188893

Jumat, 18/05/2012 - 11:16
BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak 170 mahasiswa Fakultas Kedokteran dari 43 universitas di seluruh Indonesia mengikuti Rapat Koordinasi Nasiona (Rakornas) Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) 2012. Rakornas tersebut diselenggarakan di Univeristas Maranatha Jln. Prof Drg Suria Sumantri 65. Bandung, Jumat (18/5). Menurut Pembantu Dekan II Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha, Hana Ratnawati, jumlah peserta Rakornas tersebut lebih dari 50 persen dari total 72 Fakultas Kedokteran yang ada di Indonesia. Ketua Rakornas 2012, Putri Sion Ginting mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan untuk saling berbagi pengalaman dari wilayah I, II, III dan IV serta antar Fakultas Kedokteran. Selain itu juga akan diadakan project fair dan project presentation dari para peserta yang akan dipilih 10 perwakilan dari seluruh peserta. "Intinya Rakornas ini untuk menyatukan kembali seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia untuk berada dalam satu arah tujuan yang sejalan," kata Putri. (CA-14/CA-11/A-147)***

>>>

19 ) Mahasiswa HI Diskusikan Pemilu AS
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/18/373/631636/mahasiswa-hi-diskusikan-pemilu-as

Jum'at, 18 Mei 2012 17:08 wib
JAKARTA - Para mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia (UKI) tampak antusias mengikuti diskusi bertajuk Elections for Teens di @America, Pacific Place, Jakarta Selatan.Sebagai narasumber, hadir Guru Besar Ilmu Politik dari University of Kansas, Amerika Serikat (AS), Burdett A Loomis. Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi topik yang diangkatnya, mengingat AS akan menggelar pemilu pada tahun ini serta memberi gambaran akan Pemilu Indonesia pada 2014 mendatang. Dalam presentasinya, Loomis memaparkan segala bentuk mekanisme Pemilu AS, sekilas profil kandidat presiden AS 2012, hingga permasalahan yang mucul pada Pemilu AS. Ternyata, topik ini mampu menyedot perhatian para peserta.

...dst

20 ) Mahasiswa diajak kembangkan maritim di KIT
http://www.antaranews.com/berita/311326/mahasiswa-diajak-kembangkan-maritim-di-kit

Jumat, 18 Mei 2012 22:52 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Maritime Institute (IMI) mengajak mahasiswa dan intlektual kampus untuk mewujudkan pembanguan Indonesia yang berbasiskan maritim, khususnya di kawasan Indonesia timur (KTI), kata Direktur Eksekutif IMI Dr Y Paonganan, MSi di Universitas Haluole (Unhalu), Kendari, kemarin."Setelah IPB, Unpad, Umrah, Universitas Bengkulu, USNI dan saat ini kami hadir di Unhalu. IMI hadir dalam semangat yang sama untuk membuka simpul-simpul kesadaran intlektual guna mendorong pembangunan berbasiskan maritim khususnya di KTI," katanya. Siaran pers Humas IMI, Jumat, mnyebutkan acara di Unhalu itu disi dengan seminar bertema "membedah peran geostrategis kawasan timur Indonesia menuju negara maritim" yang dihadiri Kepala Staf Pangarmatim Laksma TNI Djoko Teguh Wahojo sebagai Keynote Speaker antara lain menyampaikan pentingnya penguatan keamanan dan pertahanan untuk menjaga laut Indonesia.

...dst
   
21 ) Pengucuran Tunjangan Profesi Kian Mengambang
Buat Jaga-jaga, Guru Sampai Membuka Empat Rekening Bank Sekaligus
http://www.jpnn.com/read/2012/05/18/127717/Pengucuran-Tunjangan-Profesi-Kian-Mengambang-

Jum'at, 18 Mei 2012 , 06:57:00
JAKARTA - Harapan guru bersertifikat untuk segera menikmati kucuran tunjangan profesi harus ditahan dulu. Sebab pengucuran tunjangan untuk rapelan tiga bulan yang seharusnya cair April lalu, semakin tidak jelas. Sebaliknya para guru menilai alasan pemerintah mengulur pencairan itu mengada-ada. Diantara keluhan guru disuarakan oleh Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). "Semua alasan yang dilontarkan pemerintah mengada-ada," ujar Sekjen FSGI Retno Listiyarti di Jakarta kemarin (17/5).  Alasan pemerintah yang paling membuat Retno geregetan adalah, pemerintah menunda pengucuran tunjangan profesi karena data guru di daerah burubah-ubah. Kondisi ini membuat Kemendikbud harus menunda penerbitan SK untuk pengucuran tunjangan profesi. Meskipun uang untuk membayar tunjangan ini sudah ditransfer pemerintah pusat ke daerah.

...dst

22 ) Beri Sanksi Berat dan Tegas
Dampak Politisasi Birokrasi
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/19/02583586/beri.sanksi.berat.dan.tegas

19 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Pelaku korupsi dan perampokan uang negara di setiap instansi pemerintah akan dikenai sanksi berat dan tegas. Sanksi berupa penurunan pangkat sampai pemberhentian secara tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil. Hukuman berat diberikan karena pelaku telah merugikan negara dan lebih menguntungkan diri sendiri. Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Keuangan perlu segera memberikan sanksi berat kepada pegawai yang masih melakukan manipulasi tiket dan kuitansi perjalanan dinas. Sebab, pemalsuan tiket dan kuitansi dapat dikategorikan sebagai penipuan yang merugikan keuangan negara. "Kalau diketahui ada yang memanipulasi tiket, kuitansi, dan lainnya pasti terkena sanksi berat karena kami anggap itu sebagai fraud (penipuan). Kementerian Keuangan memiliki 1.000 kantor di seluruh Indonesia. Mungkin saja masih ada yang nakal. Itu pasti akan kami periksa dan tindak," tutur Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Sonny Loho saat dihubungi Kompas di Jakarta, Jumat (18/5).

...dst

23 ) Irjen Kemenkeu: Ada PNS yang Manipulasi Perjalanan Dinas
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/19/00171486/Irjen.Kemenkeu.Ada.PNS.yang.Manipulasi.Perjalanan.Dinas

Sabtu, 19 Mei 2012 | 00:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Irjen Kemenkeu) Sonny Loho mengakui, di antara ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kementeriannya, kemungkinan ada saja yang memanipulasi perjalanan dinas. Manipulasi dilakukan antara lain dengan memalsukan tiket pesawat dan kuitansi hotel untuk kepentingannya sendiri. Akibat manipulasi, terjadi pemborosan anggaran. Oleh sebab itu, Irjen Kemenkeu akan bertindak dengan menjatuhkan sanksi, mulai dari hukuman disiplin hingga pemecatan. "Kemenkeu mempunyai 1.000 kantor di seluruh Indonesia. Mungkin masih ada yang nakal. Oleh sebab itu, pasti kita akan periksa dan tindak," kata Sonny kepada Kompas, Jumat (18/5/2012) di Jakarta.

...dst

24 ) RI Urutan Ke-15 Pengirim Pasukan Perdamaian 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496173/

Saturday, 19 May 2012
YOGYAKARTA – Prestasi membanggakan diraih Indonesia dalam mengemban misi menjaga perdamaian dunia. Berdasarkan laporan PBB, Indonesia menempati urutan 15 dari 177 negara yang paling banyak mengirimkan pasukan penjaga perdamaian dunia. Selain Indonesia,dalam daftar 15 besar tersebut di antaranya Bangladesh, Pakistan, India, Nigeria, Etiopia, Jordan, Ghana, dan Afrika Selatan. Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI Brigjen Imam Edy Mulyono MSc MSS mengatakan,saat ini ada sekitar 1.966 personel pasukan Indonesia yang ditempatkan di enam negara di antaranya Libanon, Sudan Selatan, Darfur,Liberia dan Haiti.Tim pasukan tersebut terdiri dari 17.90 personel militer, 155 polisi dan 21 pemantau militer. 

...dst

25 ) Kebangkitan Perekonomian
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/19/186851/10/Kebangkitan-Perekonomian

Oleh Purbayu Budi Santosa- Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

19 Mei 2012
TIAP 20 Mei bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Peringatan itu bukan sekadar rutinitas melainkan untuk kembali mengingatkan bangkitnya nasionalisme, persatuan dan kesatuan untuk memerdekakan Indonesia, yang ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Perjuangan politik yang begitu intens jauh sebelum kemerdekaaan, sebenarnya merupakan jembatan emas menuju proklamasi. Kemerdekaan politik sudah ada sebelum kita dijajah, misalnya kekuasaan di tangan raja atau sultan. Namun setelah VOC menguasai Indonesia, para sultan dan raja menjual kekayaan dan rakyat sebagai sapi perahan VOC dan penjajah Belanda. Meski kemerdekaan telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, kemerdekaan ekonomi Indonesia perlu terus diwujudkan lebih nyata, dengan memompa semangat nasionalisme, persatuan, dan kesatuan guna mewujudkan kemadirian ekonomi. Pertanyaannya apakah kemandirian ekonomi kita belum tercapai?

...dst

Berita Edukasi, 18 Mei 2012

1 ) 2013, Pascasarjana Bebas Biaya SPP
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/17/22421046/2013.Pascasarjana.Bebas.Biaya.SPP

Kamis, 17 Mei 2012 | 22:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menggratiskan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) terhadap mahasiswa pascasarjana di perguruan tinggi negeri (PTN). Rencananya, ide besar itu akan mulai dilaksanakan pada 2013 mendatang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, kebijakan itu sengaja dilakukan untuk mendongkrak minat dan jumlah mahasiswa lulusan S-1 agar melanjutkan studinya ke program pascasarjana. "Jumlah mahasiswa bergelar master masih sangat sedikit, itulah kenapa akan kita dorong pendidikan pascasarjana agar gratis SPP-nya," kata Nuh, saat ditemui di kediamannya, Kamis (17/5/2012), di Jakarta. Dijelaskan olehnya, tahun 2013 mendatang bebas biaya SPP pada program pascasarjana akan diterapkan di beberapa program studi tertentu, yakni teknik, sains, dan pertanian. Sebab, menurutnya, ketiga program studi tersebut merupakan program studi yang tingkat kebutuhannya sangat tinggi dan mendesak.

...dst

2 ) Perguruan Tinggi Negeri Akan Terus Ditambah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/09412524/Perguruan.Tinggi.Negeri.Akan.Terus.Ditambah

Jumat, 18 Mei 2012 | 09:41 WIB
Jakarta, Kompas - Pemerintah bakal terus menambah jumlah perguruan tinggi negeri untuk meningkatkan akses masyarakat ke jenjang pendidikan tinggi. Penambahan PTN itu dengan mendirikan PTN baru ataupun mengonversi perguruan tinggi swasta menjadi PTN. "Kita perlu meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seusai pertemuan dengan Ketua MPR Taufiq Kiemas dan Rektor Universitas Pancasila Edie Toet Hendratno, di Jakarta, Rabu (16/5). Menurut Nuh, APK pendidikan tinggi saat ini masih sekitar 26 persen dan akan terus ditingkatkan menjadi 33 persen. "Jadi, butuh tambahan kampus, baik dari pemerintah maupun swasta," kata Nuh. Saat ini, dari sekitar 130 perguruan tinggi negeri serta sekitar 2.700 perguruan tinggi swasta, hanya bisa ditampung sekitar 1,1 juta mahasiswa baru. Padahal, jumlah lulusan SMA/SMK/MA sederajat sekitar 2,9 juta orang per tahun.

...dst

3 ) 6000 Program Studi Belum Diakreditasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/10594829/6000.Program.Studi.Belum.Diakreditasi

Jumat, 18 Mei 2012 | 10:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah menyiapkan solusi atas banyaknya program studi di perguruan tinggi swasta (PTS) yang belum terakreditasi. Saat ini setidaknya ada sekitar 6000 program studi di PTS yang belum diakreditasi. Akreditasi ini diperlukan agar mendapatkan ijin operasional. Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemdikbud, Djoko Santoso kepada Kompas.com, Jumat (18/5/2012), di Jakarta. Ia menjelaskan seharusnya seluruh PTS telah menyelesaikan proses akreditasi paling lambat Rabu (16/2/12). "Iya batas akhirnya Rabu lalu. Memang banyak yang belum, maka ini saya lagi memikirkan bagaimana jalan keluarnya," kata Djoko. Dijelaskan olehnya, masih banyaknya jumlah program studi yang belum terakreditasi disebabkan oleh beberapa hal, baik dari internal PTS, ataupun dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai lembaga yang mengurusi akreditasi tersebut.

...dst

4 ) 14.550 Lulusan PTS di Jatim Terancam Tak Diakui
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/18/373/631289/14-550-lulusan-pts-terancam-tak-diakui

Jum'at, 18 Mei 2012 09:39 wib
SURABAYA – Sedikitnya 14.550 mahasiswa calon lulusan dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur terancam tak mendapat pengakuan formal. Pasalnya, banyak program studi (prodi) yang mereka tempuh belum terakreditasi dalam sistem pendidikan nasional. Padahal, sesuai UU Sisdiknas tahun 2003, untuk dapat menyelenggarakan pendidikan dan mengeluarkan ijazah, prodi yang bernaung di sebuah PTS harus memiliki izin pendirian dari pemerintah, sekaligus akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BANPT). Jika tidak, PTS tersebut tak bisa mengeluarkan ijazah bagi lulusannya. Ketentuan tersebut harusnya dipenuhi paling lambat 16 Mei 2012 lalu. "Aturan ini harus diperhatikan PTS," kata Kepala Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), Sugijanto, kemarin. Sayangnya, hingga saat ini tercatat sekira 485 prodi di Jawa Timur yang belum terakreditasi. Masing-masing prodi memiliki jumlah minimal mahasiswa 30 orang. Dengan begitu, ada sekira 14.550 mahasiswa nasibnya bakal tak menentu.

...dst

5 ) Kemdikbud Akan Buat Lembaga Akreditasi Mandiri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/12361848/Kemdikbud.Akan.Buat.Lembaga.Akreditasi.Mandiri

Jumat, 18 Mei 2012 | 12:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membuat lembaga akreditasi mandiri sehingga bisa terlibat dalam proses akreditasi program studi di perguruan tinggi. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Jumat (18/5/2012) di Jakarta. Nuh menjelaskan bahwa lembaga akreditasi mandiri dibangun untuk menyelesaikan kendala yang terjadi terkait persoalan proses akreditasi. Pasalnya, Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai lembaga pemerintah dinilai kewalahan mengurus akreditasi program studi di perguruan tinggi swasta (PTS). "Kita belajar dari pengalaman, kita buat lembaga akreditasi di luar BAN-PT, yakni lembaga akreditasi mandiri (profesi)," kata Nuh. Nuh mengakui bahwa melaksanakan proses akreditasi semua program studi di perguruan tinggi merupakan pekerjaan yang relatif sulit karena saat ini satu-satunya lembaga akreditasi (BAN-PT) harus mengurusi ribuan permohonan akreditasi.

...dst

6 ) Daftar ke PTN, Kenapa Ditanya Penghasilan Orangtua?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/07115731/Daftar.ke.PTN.Kenapa.Ditanya.Penghasilan.Orangtua.

Jumat, 18 Mei 2012 | 07:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menuai kontroversi. Pasalnya, dalam formulir pendaftaran itu terdapat kolom pertanyaan tentang penghasilan orangtua. Akibatnya, sejumlah siswa merasa khawatir tak lolos SNMPTN karena berasal dari ekonomi lemah. Menjawab hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh angkat bicara. Ia mengakui, data penghasilan orangtua memang terdapat dalam formulir pendaftaran SNMPTN. Namun menurut dia, hal itu diperlukan tidak lebih hanya untuk melengkapi data. "Itu data biasa, seperti halnya tempat dan tanggal lahir," kata Nuh, Jumat (18/5/2012) di Jakarta. Dijelaskan Nuh, data itu akan digunakan Kemdikbud untuk memetakan kemampuan ekonomi siswa yang berminat masuk ke PTN. Bahkan nantinya, data tersebut dapat dikembangkan saat akan melakukan pemberian beasiswa, jika siswa yang bersangkutan mendapat kesulitan membayar saat menempuh kuliah. Untuk itu, mantan Rektor ITS ini mengimbau agar siswa mengisi data yang diminta dengan jujur dan apa adanya. "Jika kecil penghasilan orangtua, sampaikan saja, tidak usah minder, begitu juga sebaliknya. Tidak boleh ada cekungisasi, atau cembungisasi," terangnya.

...dst

7 ) PTN Tak Perlu Pertanyakan Penghasilan Orangtua
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/08311683/PTN.Tak.Perlu.Pertanyakan.Penghasilan.Orangtua

Jumat, 18 Mei 2012 | 08:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Aktivis Koalisi Masyarakat Anti Komersialisasi Pendidikan (KMSKP) Retno Listiyarti mempertanyakan relevansi kolom jumlah penghasilan orangtua dalam formulir ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Menurut dia, kolom tersebut akan menimbulkan potensi mengukur pembiayaan, dan akan berpengaruh pada penerimaan siswa dalam seleksi masuk PTN. "Semestinya tidak perlu informasi penghasilan orangtua dimasukkan dalam formulir SNMPTN, itu data yang tidak relevan," kata Retno, di Jakarta, Jumat (18/5/2012). Diungkapkan Retno, informasi penghasilan orangtua akan digunakan sebagai alat untuk menjaring kemampuan membayar. Karena itu, ia mengimbau agar data tersebut boleh dikosongkan atau tidak perlu diisi oleh pendaftar. Sebab menurutnya, tidak ada yang dapat menjamin jika data itu tidak disalahgunakan, dan dijadikan salah satu faktor untuk mempertimbangkan penerimaan siswa di PTN selain seleksi akademis.

...dst

8 ) Kemendikbud Alihkan Beasiswa PTAIN
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/18/373/631286/kemendikbud-alihkan-beasiswa-ptain

Jum'at, 18 Mei 2012 09:23 wib
BANDUNG – Kementerian Pendididikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghentikan pemberian beasiswa bidik misi bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) tahun ajaran 2012/2013. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Djoko Santoso menjelaskan, mahasiswa yang sudah menerima beasiswa sejak tahun kemarin (2011/2012) tetap dilanjutkan Kemendikbud, tetapi dana beasiswa tahun ajaran baru sudah dipindahtangankan kepada Kementerian Agama (Kemenag).  "Pengalihan beasiswa ini tidak menunjukkan lepasnya tanggung jawab Kemendikbud. Melainkan karena Kemenag telah memiliki anggaran Bidik Misi tersendiri," ujar Djoko, saat dikonfirmasi, kemarin. Selain dua PTAIN di Jawa Barat (Jabar), yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati di Bandung dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati di Cirebon, pengalihan beasiswa ini juga dilakukan di berbagai PTAIN di Tanah Air. Kemendikbud mendata, penerima beasiswa Bidik Misi yang dialihkan ke Kemenag di antaranya dari UIN Sultan Syarief Kasim, STAIN Maulana Yusuf, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Djati, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Sunan Ampel, UIN Maulana Malik Ibrahim, dan UIN Alaudin.

...dst

9 ) Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan Resmi Miliki Direktur Baru
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2865:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Wednesday, 16 May 2012 09:48 
Jakarta, 14 Mei 2012 –  Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso melantik Direktur Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Poltek Pangkep) yang baru dan pejabat Eselon III di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
- Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si dilantik sebagai Direktur Poltek Pangkep yang baru menggantikan Ir. Zainal Abidin Musa. Adapun pejabat Eselon III yang dilantik pada kesempatan tersebut adalah sebagai berikut ;
- Dra. Istri Hardiyati, M.M diangkat sebagai Kepala Sub Direktorat Pengembangan Kelembagaan pada Direktorat dan Kerjasama Ditjen Pendidikan Tinggi.
- Ir. Ridwan, S.Sos diangkat sebagai Kepala Sub Direktorat Kualifikasi pada Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Pendidikan tinggi.

...dst

10 ) UI Luncurkan Program Pemimpin Muda
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/17/m45lif-ui-luncurkan-program-pemimpin-muda

Kamis, 17 Mei 2012, 13:18 WIB
REPUBLIKA.CO.ID Dalam rangka menyambut Indonesia Leadership Development Program (ILDP) 2012, Universitas Indonesia mengadakan Open House ILDP 2012 pada hari Rabu(9/5) di Perpustakaan Pusat UI Kampus Depok. Menteri BUMN RI Dahlan Iskan yang hadir sebagai pembicara menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin, seseorang harus berani melawan rasa takutnya dan tahan akan tekanan. Dalam sesi dialog dengan para peserta, Dahlan Iskan menceritakan pengalamannya memimpin sebuah perusahaan swasta yang dihadapkan dengan berbagai tekanan diantaranya untuk tidak bangkrut, melawan persaingan dan kompetitor serta tetap survive. Oleh karena itu, pemimpin harus lincah, fleksibel, tangkas, cepat dan spontan. Dahlan mengajak mahasiswa menciptakan target pencapaian jangka pendek, menengah dan panjang yang fleksibel dan peka terhadap perubahan.

...dst

11 ) UGM teliti tanah bergerak di Temanggung
http://www.antaranews.com/berita/311092/ugm-teliti-tanah-bergerak-di-temanggung

Kamis, 17 Mei 2012 16:25 WIB
Temanggung (ANTARA News) - Tim Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meneliti tanah bergerak di Dusun Kedopokan, Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis. Tim yang dipimpin Ketua Program Magister Pengelolaan Bencana Alam Fakultas Teknik UGM, Rachmad Jayadi, dengan anggota Dwikorita Karnawati, Teuku Faisal Fathani, dan Haryo tersebut melakukan observasi lapangan dan kajian teknis kejadian longsor yang oleh masyarakat setempat sebagai tanah bergerak. Mereka meneliti, antara lain pemetaan tanah, mengukur derajat kemiringan, mengambil sampel tanah dan batuan.Rachmad Jayadi mengatakan, kajian di lapangan untuk mengetahui fenomena terjadinya longsor. Hasilnya akan disampikan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung sebagai bahan mengambil kebijakan atas kondisi tanah di Dusun Kedopokan.

...dst

12 ) DEN: PLTN di Indonesia hampir tidak mungkin
http://www.antaranews.com/berita/310770/den-pltn-di-indonesia-hampir-tidak-mungkin

Selasa, 15 Mei 2012 20:45 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Dewan Energi Nasional (DEN) menilai pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) atau pemanfaatan energi nuklir di Indonesia hampir tidak mungkin dilaksanakan. "Secara teknis, nuklir atau PLTN untuk Indonesia itu hampir tidak mungkin, tapi bisa menjadi pilihan terakhir bila ada perkembangan teknologi nuklir ke arah lebih aman," kata anggota DEN Prof Ir Rinaldy Dalimi, PhD di Surabaya, Selasa. Ia mengemukakan hal itu di sela-sela workshop "Skenario Kebijakan Energi Indonesia Menuju 2050" yang digelar DEN dan LPPM ITS dengan pembicara lain Ir Tumiran M.Eng PhD (DEN/UGM), Prof Mukhtasor PhD (DEN/ITS), unsur ESDM, BP Migas, Kadin Institute Jatim, dan Asosiasi Panas Bumi Indonesia. Menurut dosen UI itu, ada empat hingga lima alasan yang menyebabkan PLTN hampir tidak mungkin di Indonesia, yakni PLTN akan mengharuskan Indonesia mengimpor uranium, karena uranium Indonesia tidak ekonomis.

...dst

13 ) Rektor: peminat masuk UNJ bertambah
http://www.antaranews.com/berita/311116/rektor-peminat-masuk-unj-bertambah

Kamis, 17 Mei 2012 19:51 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd mengatakan, jumlah peminat calon mahasiswa baru yang masuk ke universitas itu selama 20 tahun terakhir meningkat pesat, yaitu pada tahun 1990 jumlahnya hanya sekitar 6.000 orang, sedangkan pada 2011 mencapai 37.000 orang."Peningkatan jumlah peminat itu antara lain disebabkan perubahan nama status menjadi UNJ pada 1997, sedang sebelumnya bernama IKIP Negeri Jakarta," katanya pada sambutan pembukaan Dies Natalis Ke-48 UNJ, di kampus Rawamangun, Jakarta Timur, kemarin. Dies Natalis Ke-48 UNJ bertemakan "Pendidikan Sebagai Pilar Pengembangan Kemandirian Bangsa" itu akan berlangsung selama sebulan dari 16 Mei--15 Juni 2012. Menurut Rektor, peningkatan minat masyarakat atas UNJ disamping faktor perubahan status, juga adanya penilaian kualitas akademik UNJ yang terus meningkat baik yang berasal dari masyarakat dan lembaga independen dalam dan luar negeri.

...dst

14 ) Universitas Jember kerja sama dengan Sekolah Thailand
http://www.antaranews.com/berita/311075/universitas-jember-kerja-sama-dengan-sekolah-thailand

Kamis, 17 Mei 2012 15:28 WIB
Jember (ANTARA News) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (Unej), Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjalin kerja sama dengan asosiasi sekolah bertaraf internasional Thailand. Kepala Humas dan Protokol Unej, Rokhani SP MSi mengatakan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Universitas Jember, Drs M. Hasan MSc PhD dengan asosiasi sekolah bertaraf internasional Thailand yang diwakili oleh Kepala Sekolah Matthayom Watnairong High School, Surapong Ngamsom. Kerjasama ini ditandatangani di Gedung Rektorat d R Achmad Unej, Kamis. "Kerja sama itu merupakan tindak lanjut kunjungan Dekan, Pembantu Dekan dan dosen FKIP Unej beberapa waktu yang lalu ke Thailand," tuturnya.

...dst

15 ) Dalami Bisnis Online, ITS Helat Kuliah Tamu
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/17/373/630961/dalami-bisnis-online-its-helat-kuliah-tamu

Kamis, 17 Mei 2012 15:02 wib
JAKARTA - Bisnis online tangah menjadi tren usaha saat ini. Mulai dari pakaian, makanan, serta beragam alat elektronik kini diperjualbelikan dengan sistem online.Menyadari hal tersebut Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengadakan kuliah tamu bertajuk Bisnis Online atau E-commerce. Kuliah tamu ini mengulas pengalaman berbisnis online serta strategi cerdas untuk mengolah uang dari dunia maya. Salah satu pembicara, Rahayu Fatnawati mengaku, usaha bisnis online yang dirintisnya bermula dari kebiasaannya dalam berbelanja. ''Karena terbiasa belanja online, saya menjadi tertarik untuk memulai usaha dengan cara yang sama,'' ujar Rahayu, seperti dilansir dari ITS online, Kamis (17//5/2012). Pada awalnya, Rahayu memulai bisnis di dunia maya ini karena merasa terpanggil untuk memanfaatkan pengetahuannya dalam bahasa pemograman HyperText Markup Language (HTML) dan Hypertext Pre-Processor (PHP). Program tesebut merupakan bahasa pemograman yang lumrah dipakai programmer untuk merancang sebuah website.

...dst

16 ) Cicipi Sumanto ala Mahasiswa UGM
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/17/372/630988/cicipi-sumanto-ala-mahasiswa-ugm

Jum'at, 18 Mei 2012 09:02 wib
JAKARTA - Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata Sumanto? Merasa ngeri karena citranya sebagai pemakan manusia? Tapi, tenang, Sumanto yang satu ini tidak memakan manusia, tapi justru menggugahmu untuk mencicipinya. Ya, Sumanto yang ini adalah es sumsum limbah pelok mangga tuo (Es Sumanto). Sebuah inovasi kuliner dari biji buah mangga atau yang akrab disebut pelok mangga oleh masyarakat Jawa. Limbah yang sering berakhir di tempat sampah ini justru dimanfaatkan sebagai produk bernilai ekonomi tinggi. Es Sumanto lahir dari tangan-tangan kreatif sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka adalah Fajri Harum Rahmawati (mahasiswa Teknologi Industri Pertanian angkatan 2008), Ika Kartikawati (mahasiswa Teknik Industri angkatan 2010), M Irfan Anshory (mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2008), dan Titin Haryanti (mahasiswa Budidaya Hutan angkatan 2008).

...dst

17 ) STP Trisakti Beri Tempat untuk 34 Mahasiswa Asal Maluku
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/18/320427/293/14/STP-Trisakti-Beri-Tempat-untuk-34-Mahasiswa-Asal-Maluku

Jumat, 18 Mei 2012 05:33 WIB
JAKARTA--MICOM: Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti bersama Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kemendikbud memprioritaskan penerima beasiswa unggulan dari wilayah Timur untuk program akademik 2011-2012, diantaranya dari Ambon Maluku sebanyak 34 orang. Menurut Ketua STP Trisakti Djoko Soedibyo pihaknya memprioritaskan penerimaan beasiswa unggulan tahun 2011-2012 dari wilayah Timur khususnya Ambon, Maluku, mengingat pentingnya memajukan pendidikan khususnya pembekalan pengetahuan ilmu kepariwisataan bagi generasi muda dari Timur yang kini menjadi salah satu orientasi pembangunan pemerintah dalam memajukan kawasan Timur.

...dst

18 ) Ada Beasiswa Kuliah Seni di Korea, Minat?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/18/11533693/Ada.Beasiswa.Kuliah.Seni.di.Korea.Minat

Jumat, 18 Mei 2012 | 11:53 WIB
Kompas.com - Departemen Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga, Republik Korea, menawarkan program beasiswa seni untuk program sarjana dan master kepada calon mahasiswa dari berbagai negara Asia. Program studi yang ditawarkan antara lain sekolah drama (akting), film, TV dan multimedia, sekolah menari, visual arts, serta seni tradisional Korea. Masa studi akan berlangsung empat tahun untuk program S1 dan tiga tahun untuk program master. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan seluruh biaya belajar, program kursus bahasa Korea, biaya hidup, tiket pesawat, sampai biaya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Untuk menerima beasiswa ini tiap pelamar harus memiliki nilai akademik yang baik serta memiliki bakat seni yang menonjol. Persyaratan lain adalah melampirkan surat rekomendasi dari universitas, pemerintah, atau institusi terkait lainnya. Pelamar yang mampu berbahasa Korea lebih diutamakan.

...dst

19 ) Mengungkap Sisi Lain Almarhumah Menkes
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/18/03162296/mengungkap.sisi.lain.almarhumah.menkes

Jumat, 18 Mei 2012
Jakarta, Kompas - "Catatan" sisi lain kehidupan almarhumah Menteri Kesehatan nonaktif Endang Rahayu Sedyaningsih terungkap dalam bentuk buku. Buku berjudul Untaian Garnet dalam Hidupkudiluncurkan, Rabu (16/5), di Jakarta, diiringi kesan-kesan para sahabat dan rekan kerja almarhumah. Endang mengembuskan napas terakhir pada Rabu (2/5) setelah sekitar 1,5 tahun melawan kanker paru. Buku itu berisi kisah sehari-hari Endang, mulai dari suka duka menjadi dokter puskesmas di Sikka, menempuh pendidikan di Amerika Serikat, menjadi peneliti, sebagai seorang ibu, hingga kekagetannya saat dipilih sebagai Menteri Kesehatan. Ia bertutur, bagaimana ia menuju kediaman Presiden di Cikeas dengan taksi dan sempat tersesat jalan. Cerita yang mengharukan, menginspirasi, dan terkadang kocak mewarnai lembaran halaman buku yang diterbitkan Kepustakaan Populer Gramedia itu. Kisah disampaikan secara lisan oleh Endang saat dirawat di rumah sakit dan diketik oleh sahabatnya, Siti Isfandari, peneliti di Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. Hadir dalam peluncuran buku itu antara lain Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari bersama suaminya, Agum Gumelar, Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti, jajaran staf di Kementerian Kesehatan, mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kartono Mohamad, pengusaha dan penggiat pada Komisi Nasional Pengendalian Tembakau Arifin Panigoro, sejumlah pesintas (survivor) kanker, dan suami Endang, Reanny Mamahit, dokter ahli obstetri ginekologi, serta putra-putri almarhumah.

...dst

20 ) Tukang Gigi Diminta Kuliah D-3 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495727/

Friday, 18 May 2012
YOGYAKARTA – Dinas Kesehatan DIY mengimbau kepada seluruh tukang gigi yang ingin tetap meneruskan usahanya untuk menempuh pendidikan formal setingkat D-3. Selain itu, juga harus mengikuti proses sertifikasi yang digelar oleh pemerintah. Kepala Seksi Bina Tenaga dan Sarana Kesehatan Dinkes DIY Drg Yuli Kusumastuti mengatakan, setiap praktik tenaga kesehatan,termasuk tukang gigi, harus memiliki landasan hukum berupa izin dan kewenangan." Untuk mendapatkan izin dan kewenangan,maka para tukang gigi harus menempuh pendidikan formal setingkat D3,"katanya,kemarin. 

...dst

21 ) Jumlah Ahli Forensik di Indonesia Masih Terbatas
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/18/03143938/jumlah.ahli.forensik.di.indonesia.masih.terbatas

Jumat, 18 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Berbagai bencana banyak terjadi di Indonesia. Namun, ahli untuk mengidentifikasi korban sangat terbatas. Pendidikan bidang-bidang yang terkait forensik kurang diminati calon mahasiswa. Hal itu dikatakan Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Yuli Budiningsih, Rabu (16/5), di Jakarta. Ia mengatakan, jumlah dokter forensik di Indonesia saat ini hanya sekitar 150 orang. Mereka umumnya berada di kota-kota besar. Indonesia timur belum memiliki dokter forensik. Ilmu forensik memainkan peran penting dalam mengidentifikasi jasad korban berbagai tragedi. Bidang forensik juga memiliki fungsi vital dalam penanganan kasus hukum, tidak hanya dalam kasus pembunuhan, tetapi juga kasus keracunan ataupun korban luka. Hubungan dokter forensik tidak hanya dengan kepolisian, tetapi juga kejaksaan, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, hingga kementerian-kementerian terkait. "Dibandingkan kasus yang ada, Indonesia masih kekurangan banyak dokter forensik," katanya. Kurangnya jumlah dokter forensik juga terjadi di banyak negara. Belum ada rasio ideal antara jumlah dokter forensik dan jumlah penduduk yang ada.

...dst

22 ) Kemristek Sediakan Dana Rp 100 Miliar
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/18/03181896/kemristek.sediakan.dana.rp.100.miliar

Jumat, 18 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Indonesia dan Amerika Serikat memperkuat kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bidang kesehatan, pertanian dan kelautan, serta keragaman hayati. Kementerian Riset dan Teknologi selaku koordinator pihak Indonesia mengalokasikan dana Rp 100 miliar untuk kegiatan tersebut.Hal itu disampaikan Staf Ahli Khusus Menristek Bidang Kedokteran dan Obat Amin Soebandrio pada jumpa pers berkaitan dengan The First Indonesia-US Joint Committee Meeting on Science and Technology, di Jakarta, Selasa (15/5). Menurut Kerri-Ann Jones, Assistant Secretary of State for Oceans and International Environmental and Scientific Affairs US, lembaga riset dari AS juga akan mengalokasikan dana. Saat ini, USAID saja mengalokasikan 800.000 dollar AS untuk kerja sama riset. Pertemuan itu merupakan tindak lanjut penandatanganan kesepakatan bersama tentang iptek oleh Indonesia dan AS, Maret 2010. Menurut Sekretaris Menristek Mulyanto, kerja sama ini untuk mengevaluasi perjanjian yang sudah ada, mengembangkan kerja sama baru yang prospektif dan strategis, serta turut mengatasi tantangan global, termasuk isu perubahan iklim.

...dst

23 ) Pengawasan Internal Mandul
Itjen Malah Membiarkan Korupsi
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/18/03190226/Pengawasan.Internal.Mandul

Jumat. 18 Mei 2012
Jakarta, Kompas - Aksi korupsi dan perampokan uang negara yang merata di setiap instansi pemerintah antara lain disebabkan Inspektorat Jenderal yang ada di setiap kementerian tidak melaksanakan tugas pengawasan internal. Pihak inspektorat malah sengaja membiarkan aksi korupsi merebak. Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hasan Bisri, di Jakarta, Kamis (17/5), menegaskan, BPK menilai Itjen di kementerian ataupun lembaga pemerintah kerap kali menemukan adanya laporan perjalanan dinas yang fiktif atau digelembungkan (mark up). Namun, karena membela korps atau koleganya, Itjen kementerian dan lembaga adakalanya menutup-nutupi kasus-kasus tersebut. Akibatnya, laporan adanya perjalanan dinas fiktif dan mark up tidak ditindaklanjuti lagi. Sikap ini membuat manipulasi atau korupsi atas biaya perjalanan dinas lewat kegiatan fiktif dan mark up terus berkembang. "Itjen di beberapa kementerian dan lembaga juga menemukan adanya kasus perjalanan dinas fiktif dan mark up. Akan tetapi, karena membela korps dan koleganya, mereka tidak melaporkan kasus-kasus tersebut. Ini membuat praktik tersebut makin subur," ujar Hasan...cut...Dalam setahun, anggaran perjalanan dinas dalam APBN mencapai Rp 18 triliun. Jika terjadi manipulasi melalui tiket dan boarding pass serta kuitansi palsu hingga 40 persen, rata-rata penyimpangan anggaran lebih dari Rp 7,2 triliun.

...dst

24 ) Piramida di Gunung Padang Masih Misteri, Siapa Pembangunnya?
http://news.detik.com/read/2012/05/18/083847/1919419/10/piramida-di-gunung-padang-masih-misteri-siapa-pembangunnya?n991102605

Jumat, 18/05/2012 08:38 WIB
Jakarta Piramida di Situs Gunung Padang, Cianjur menjadi perbincangan hangat. Benarkah ada piramida berusia 10 ribu tahun di kawasan situs megalitikum yang terkenal dengan batu yang bisa menghasilkan suara musik itu? Semua masih misteri. Pastinya kini situs itu mulai digali tim arkeolog pimpinan Ali Akbar. Mendapat restu dari Sekretariat Negara di bawah komando Staf Khusus Presiden Andi Arief, sejak Selasa (15/5) penggalian sudah dimulai. "Mudah-mudahan ada temuan menarik. Penggalian baru menemukan gerabah dan tembikar prasejarah," kata Ali saat berbincang, Kamis (17/5/2012). Kalau ada tembikar dan gerabah, pastinya ada jejak manusia. Siapa mereka? Apakah mereka cikal bakal pembangun kerajaan Sunda kuno di kawasan itu atau bangsa Atlantis? Ali angkat tangan. Soal itu menurut dia masih misteri. "Kemana penduduk peradaban itu? Kenapa bisa musnah atau pergi? Apa ada letusan? Nanti ada tim lain yang akan menjawabnya," tutur arkeolog lulusan UI ini.

...dst

25 ) Cari Piramid, Tim Arkeolog Temukan Gerabah Prasejarah di Gunung Padang
http://news.detik.com/read/2012/05/18/080446/1919406/10/cari-piramid-tim-arkeolog-temukan-gerabah-prasejarah-di-gunung-padang?n991102605

Jumat, 18/05/2012 08:04 WIB
Jakarta Penggalian pencarian piramid di Situs Gunung Padang, Cianjur dimulai. Tim arkeolog sudah menemukan jejak-jejak peninggalan di lokasi itu. Tim menemukan tembikar dan gerabah dari masa prasejarah. "Sudah mulai ada tembikar dan gerabah. Kalau bentuknya prasejarah. Barang ini sudah disimpan," terang Ketua Tim Arkeolog, Ali Akbar saat berbincang, Kamis (17/5/2012). Lokasi Situs Gunung Padang diyakini dahulu merupakan sebuah piramid. Tim arkeolog menyebutnya piramid punden berundak. Jadi, piramida ini berbeda dengan piramida seperti di Mesir. Di kawasan ini, diyakini bukit yang ditumpuk-tumpuk dengan batu besar.

...dst

26 ) Mahasiswa Pendatang Diasuh Bapak Angkat 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495731/

Friday, 18 May 2012
SLEMAN – Mahasiswa pendatang di Kecamatan Depok akan mendapatkan pengasuhan dari bapak angkat yang merupakan warga dari penduduk lokal. Camat Depok Krido Suprayitno mengatakan, adanya bapak angkat itu dinilai akan mempermudah dalam melakukan koordinasi dan pembauran budaya antara pendatang dengan warga setempat.
Dia mengaku sudah mengkomunikasikan rencana itu dengan masing-masing ketua RT/RW yang wilayahnya terdapat tempat kos-kosan mahasiswa. "Ini sudah dimulai, bapak angkat bisa dari ketua RT/RW atau paling tidak dari bapak pemilik rumah," katanya, kemarin. Langkah yang ditempuh itu,menurut Krido,diambil untuk mengantisipasi adanya kejadian bentrokan antara warga dengan mahasiswa terulang lagi. Sebab,warga pendatang, khususnya dari kalangan mahasiswa di daerahhnya cukup besar lebih dari 10.000 orang. 

...dst

27 ) Unhan Dukung Smart Power untuk Pertahanan 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495844/

Friday, 18 May 2012
JAKARTA – Universitas Pertahanan (Unhan) maupun perguruan tinggi lain yang ada di bawah Kementerian Pertahanan diharapkan untuk terus mencetak lulusan yang bisa menguatkan pertahanan. Ancaman pertahanan ke depan diprediksi banyak terjadi pada perang pemikiran dan teknologi, bukan pertempuran terbuka. Rektor Universitas Pertahanan Syarifudin Tippe mengungkapkan, Unhan akan terus meningkatkan program studinya sesuai kebutuhan pertahanan di masa mendatang.Menurut dia, di antara persoalan pertahanan yang patut untuk menjadi perhatian sekarang adalah cyber securitydan energy security. Karena itu,kedua aspek itu akan menjadi program studi agar bisa dipelajari lebih mendalam sehingga menghasilkan pakar-pakar yang bisa memperkuat pertahanan dalam kedua aspek itu. Sejauh ini baru ada empat program studi di Unhan. 

...dst

28 ) Cara Cepat Dapat Uang di Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/17/373/631042/cara-cepat-dapat-uang-di-kampus

Jum'at, 18 Mei 2012 10:18 wib
PERKULIAHAN baru saja memasuki pertengahan semester, dan kamu menyadari ada sedikit salah perhitungan keuangan dan membutuhkan sedikit tambahan dana untuk kuliah. Kiriman dari orangtua terlambat, dana beasiswa dari kampus belum cair, dan kamu pun kesusahan mencari pinjaman. Bagaimana menyiasatinya? College Times, Jumat (18/5/2012), melansir beberapa kiat yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang secara cepat.

...dst

29 ) Mahasiswa Makassar Ditembak Pakai Senapan Burung
http://regional.kompas.com/read/2012/05/18/00312257/Mahasiswa.Makassar.Ditembak.Pakai.Senapan.Burung

Jumat, 18 Mei 2012 | 00:31 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Seorang mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Fahmi (18) warga Jl Dg Regge, Kelurahan Rappojawa, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan harus dirawat di Rumah Sakit Ibnu Sina karena luka tembak di lengan sebelah kanan. Korban ditembak oleh sekelompok pemuda pria yang diduga bersenjatakan senapan burung di rumahnya, Rabu (16/5/2012) malam. Peristiwa penembakan ini terjadi saat korban sedang duduk di teras rumahnya. Tiba-tiba didatangi sekelompok pria yang bersenjatakan senapan langsung menembak korban dari jarak dekat. Setelah menembak korbannya, para pelaku langsung kabur.

...dst

30 ) Proses Pembayaran Tunjangan Guru Akan Direvisi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/17/23350368/Proses.Pembayaran.Tunjangan.Guru.Akan.Direvisi

Kamis, 17 Mei 2012 | 23:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh akan merevisi proses pembayaran Tunjangan Profesi Pendidik (TPP). Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi agar tak terjadi keterlambatan pada pencairan TPP di tahap selanjutnya. Seperti diberitakan, masih banyak guru, khususnya di daerah yang belum menerima tunjangan profesi tahap I (Januari-Maret) tahun 2012. Padahal sejatinya, para guru berhak menerima tunjangan tersebut paling lambat pada April lalu."Intinya kita tidak akan tinggal diam, tapi akan mencari solusi terbaik agar pencairan tak lagi terlambat. Revisi ini seperti BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang sudah kami tarik ke pusat," kata Nuh, saat ditemui di kediamannya, di Jakarta, Kamis (17/5/2012).

...dst

31 ) Guru Jadi Rebutan Bank
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/17/18431450/Guru.Jadi.Rebutan.Bank

Kamis, 17 Mei 2012 | 18:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Guru-guru yang lolos sertifikasi, dibingungkan dengan keharusan punya beberapa rekening bank. Para guru akhirnya menurut saja disuruh untuk membuka rekening bank baru, demi mendapat tunjangan profesi guru yang menjadi haknya. "Guru jadi korban rebutan bisnis bank. Waktu rapel kekurangan pembayaran tunjangan profesi karena kenaikan gaji, guru wajib buka rekening BRI atau Mandiri," kata Iwan Hermawan, Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia, Kamis (17/5/2012) di Jakarta. Menurut Iwan, di Bandung guru SD dan SMP wajib pindah ke Bank Jabar Banten (BJB), karena ada nota kesepahaman (MoU) BJB dengan Kemdikbud. Untuk SMA cuma disarankan pindah ke BJB.

...dst

32 ) Terkait UN, SBY Didesak Evaluasi M Nuh
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/17/320374/293/14/Terkait-UN-SBY-Didesak-Evaluasi-M-Nuh

Kamis, 17 Mei 2012 22:44 WIB
JAKARTA--MICOM: Presiden perlu mengevaluasi kinerja Menteri dan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait pelaksanaan Ujian Nasional. Pasalnya, meskipun banyak bukti yang menunjukkan keburukan dan ekses negatif, pemerintah berkukuh memakai UN sebagai standar kelulusan siswa. Demikian disampaikan Koordinator Education Forum (EF) Suparman dalam diskusi bersama jajaran redaksi Media Indonesia di Kedoya Jakarta, Kamis (17/5). Selain Suparman, turut hadir koordinator EF lainnya Elin Driana, Dosen Syamsir Alam, serta Direktur Riset dan Pengembangan Program Ikatan Guru Indonesia (IGI) Dhitta Puti Saraswati. "Secara umum, sudah banyak bukti keburukan dan ekses negatifnya. Tapi kenapa tetap dipaksakan? Ini berarti ada problem di pengambil kebijakan yaitu di tingkat Menteri dan Wamendikbud. Nuansa otoritarianisme seolah kembali ke sistem pendidikan kita," ungkap Suparman.

...dst

33 ) Ini Fitur Baru Google, Graphic Knowledge 
http://id.berita.yahoo.com/ini-fitur-baru-google-graphic-knowledge-115646916.html

17 Mei 2012
TEMPO.CO , California - Google memperkenalkan fitur baru bernama Graphic Knowledge atau Grafik Pengetahuan pada hasil pencarian. Layanan ini memuat ringkasan topik yang berkaitan dengan kata kunci pencarian Anda. Ringkasan topik itu diambil dari 500 juta item -tentang orang, tempat, dan lainnya, yang tersedia di dalam database Google. »Kami berusaha membawa informasi yang bisa membantu Anda memecahkan tugas secepat mungkin," kata Jack Menzel, Product Management Director of Search Google, seperti dikutip Cnet, Kamis, 17 Mei 2012. Ketika Anda memasukkan kata kunci Frank Lloyd Wright misalnya, pada sebelah kanan layar hasil pencarian akan terpampang ringkasan tentang sosok Wringht yang merupakan seorang arsitek. Di situ juga ada kumpulan biografinya, dan link ke gambar bangunan yang pernah dirancangnya. Apabila Anda meng-klik Fallingwater, akan ada kotak baru yang berisi semua informasi tentang bangunan itu.

...dst

Berita Edukasi, 17 Mei 2012

1 ) Alokasi Dana Pendidikan Banyak Diselewengkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/16360319/Alokasi.Dana.Pendidikan.Banyak.Diselewengkan

Rabu, 16 Mei 2012 | 16:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - The Asia Foundation merilis laporan tentang alokasi belanja langsung pendidikan yang masih banyak diselewengkan oleh pemerintah kabupaten atau pemerintah kota di Indonesia. Sebagian besar anggaran pendidikan banyak dialokasikan hanya untuk wajib belajar pendidikan dasar (dikdas) sembilan tahun. Direktur Local and Economic Governance The Asia Foundation, Erman A Rahman, menjelaskan anggaran pendidikan tersebut sebenarnya juga harus dialokasikan untuk peningkatan mutu belajar. "Rata-rata pemerintah kabupaten atau kota di Indonesia menganggarkan lebih dari 60 persen anggaran pendidikannya hanya untuk wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, bukan peningkatan mutu belajar," kata Erman saat konferensi pers di kantor The Asia Foundation Jakarta, Rabu (16/5/2012).

...dst

2 ) Diduga Gelapkan Dana, Mahasiswa Unikan Demo Rektor
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/16164457/Diduga.Gelapkan.Dana.Mahasiswa.Unikan.Demo.Rektor

Rabu, 16 Mei 2012 | 16:16 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa Universitas Kanjuruhan (Unikan)Malang, Jawa Timur mendemo rektornya yang diduga menggelapkan dana program pasca sarjana. Muncul dugaan sejak 2007-2012 dana tersebut tak pernah disetorkan ke pihak Yayasan Unikan. Aksi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unikan digelar di depan gedung rektorat Unikan, Rabu (16/5/2012). Aksi nyaris ricuh antara mahasiswa dengan Resimen mahasiswa (Menwa) karena mahasiswa dihalangi saat mau masuk ke ruang rektorat. Aksi berlangsung damai setelah para mahasiswa ditemui oleh Ketua Yayasan Unikan dan para pembantu rektor Unikan. Namun, mahasiswa tetap ngotot meminta Rektor yang menemuinya. "Aksi ini adalah aksi damai, kami tak akan ricuh. Menwa bukan lawan mahasiswa. Kami ingin bertemu rektor. Karena fasilitas tak ada peningkatan walau biaya kuliah naik," kata koordinator aksi Busairi, dalam orasinya.

...dst

3 ) SNMPTN Pakai Lima Set Soal
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/16/373/630573/snmptn-pakai-lima-set-soal

Rabu, 16 Mei 2012 15:41 wib
SOLO – Pada Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini, peserta akan menghadapi lima set soal berbeda. Cara ini dimaksudkan untuk meminimalisasi kasus joki SNMPTN. Ketua Panitia SNMPTN 2012 Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Drs. Sutarno, MSc. PhD., mengungkapkan, kelima paket soal ini akan dikerjakan oleh peserta yang berbeda. "Selain meminimalisasi joki, cara ini juga kami harap dapat mengantisipasi kecurangan," kata Sutarno di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (16/5/2012). Sutarno menuturkan, pendaftar SNMPTN jalur Ujian Tulis yang memilih UNS diperkirakan akan mencapai 18 ribu orang. Mereka akan mengikuti ujian untuk memperebutkan 2.600 kursi yang disediakan UNS. "Kuota ini tidak berubah dari tahun lalu," ungkapnya.

...dst

4 ) Kemendikbud Kaji Usulan Universitas Pancasila Jadi PTN
http://news.detik.com/read/2012/05/16/185620/1918982/10/kemendikbud-kaji-usulan-universitas-pancasila-jadi-ptn

Rabu, 16/05/2012 18:56 WIB
Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (Kemendikbud) akan mengkaji usulan Universitas Pancasila yang berlokasi di Lenteng Agung, Jaksel, menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Usulan ini langsung disampaikan Rektor UP yang didampingi Ketua MPR Taufiq Kiemas ke Mendikbud Muhammad Nuh. M Nuh menjelaskan, pemerintah mendukung UP yang memiliki Pusat Studi Pancasila (PSP). Guna memperkuat pusat studi Pancasila, maka rektor dan pimpinan yayasan termasuk Ketua MPR Taufiq Kiemas mengusulkan agar UP menjadi PTN. "Kalau seandainya bisa dipertimbangkan, tentu kami akan melakukan pembahasan untuk Universitas Pancasila dikonversi menjadi universitas negeri," kata M Nuh seusai pertemuan di Gedung Kemendikbud, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/5/2012). M Nuh belum memastikan proses peralihan status tersebut, namun pemerintah sepakat untuk memperkuat UP dan PSP sebagai tempat kajian Pancasila. Dia menjelaskan pertimbangan universitas swasta menjadi PTN tidak dilihat berdasarkan fisik universitas, jumlah mahasiswa ataupun dosen pengajar.

...dst

5 ) Pendidikan Ideologi Tak Bisa Ad Hoc
http://www.jpnn.com/read/2012/05/16/127594/Pendidikan-Ideologi-Tak-Bisa-Ad-Hoc-

Rabu, 16 Mei 2012 , 22:44:00
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengaku sepakat dengan MPR untuk mengembangkan Pusat Studi Pancasila yang ada di Universitas Pancasila Jakarta. Hal tersebut dikatakan M Nuh usai bersilaturahmi dengan pimpinan MPR di  kantor Kemendibud Jakarta, Rabu (16/5). "Pusat Studi Pancasila di Universitas Pancasila akan kita kembangkan bahkan tadi juga muncul gagasan untuk membesarkan Universitas Pancasila," kata M Nuh yang dalam kesempatan itu di dampingi Rektor Universitas Pancasila, Edie Toet Hendratno.
Menurutnya, dalam pertemuan dengan pimpinan MPR itu terlontar wacana untuk menjadikan Universitas Pancasila menjadi universitas negeri. "Jadi Pusat Kajian Pancasila dan kampusnya sekaligus dioptimalisasi," imbuhnya.

...dst

6 ) Rektor Pancasila: Kami Merasa Ditantang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/17/01055068/Rektor.Pancasila.Kami.Merasa.Ditantang

Kamis, 17 Mei 2012 | 01:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Pancasila, Edie Toet Hendratno mengaku tertantang dengan usulan untuk mengonversi kampus yang dipimpinnya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Diakui Edie, usulan tersebut pertama kali dicetuskan oleh Ketua MPR RI, Taufik Kiemas beberapa waktu lalu. Edie mengatakan, Ketua MPR, Taufik Kiemas memberikan usulan agar Universitas Pancasila mengubah statusnya menjadi PTN. Alasannya adalah untuk menjaga keberlanjutan universitas tersebut. Terlebih dengan "gelar" Pancasila yang diemban oleh universitas itu. "Kami merasa ditantang dengan usulan itu. Saya rasa benar juga, bagaimana jika Pancasila tak menjadi PTN? Apakah ada jaminan akan keberlanjutannya," kata Edie seusai melakukan pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, di gedung Kemdikbud, Rabu (16/5/2012).

...dst

7 ) Universitas Pancasila Gaet Jerman Tingkatkan Kualitas Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/16/320214/293/14/Universitas-Pancasila-Gaet-Jerman-Tingkatkan-Kualitas-Pendidikan

Rabu, 16 Mei 2012 21:02 WIB 
JAKARTA--MICOM: Universitas Pancasila terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjalin kerja sama dengan universitas yang berada di Jerman. "Sebagai langkah awal saat ini kami menerima bantuan peralatan peralatan laboratorium farmasi berupa high performance liquid chromatography (HPLC) dari Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD) Jerman," kata Dekan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila Wahono Sumaryono di Jakarta, Rabu (16/5). Penyerahan bantuan alat HPLC tersebut dihadiri Councellor Science, Technology, and Environment of German Embassy Jakarta Dr. Michael Rottmann, Direktur DAAD Irene Jansen, Rektor Universitas Pancasila Edie Toet Hendratno, dan sejumlah dosen. Langkah selanjutnya, pihaknya berharap adanya penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, serta profesor tamu untuk memberikan kuliah umum dari pembicara yang kompeten dan profesional dalam bidang kimia analisis.

...dst

8 ) Mau Studi ke Jerman? Ikuti Beasiswa Ini
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/14320076/Mau.Studi.ke.Jerman.Ikuti.Beasiswa.Ini

Rabu, 16 Mei 2012 | 14:32 WIB
Kompas.com - The German Academic Exchange Service (DAAD) kembali membuka program beasiswa untuk program S2 dan S3 bagi para profesional dari negara berkembang. Lamanya studi berkisar antara 12 hingga 36 bulan tergantung institusi. Tawaran beasiswa ini terutama diberikan kepada para staf universitas, peneliti, atau profesional yang memiliki pengalaman minimal dua tahun dan menguasi bahasa Inggris dengan nilai TOEFL minimum 550. Kriteria lain yang disyaratkan antara lain berusia maksimal 36 tahun, punya pengalaman kerja minimal dua tahun setelah lulus sarjana, serta nilai akademik minimal 2,75 untuk program master, sementara itu untuk program doktoral IP minimal adalah 3,00. Bagi Anda yang berminat, pendaftaran bisa dilakukan secara online dan akan ditutup pada 31 Juli 2012. Untuk info lebih lengkap silakan klik http://www.daadjkt.org

...dst

9 ) Jepang tawarkan beasiswa
http://www.antaranews.com/berita/310961/jepang-tawarkan-beasiswa

Rabu, 16 Mei 2012 19:44 WIB
Medan (ANTARA News) - Kedutaan Besar Jepang di Jakarta menawarkan beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada para pelajar Indonesia lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke negeri matahari terbit tersebut."Beasiswa tersebut berupa melanjutkan pendidikan ke universitas di Jepang baik program S-1, D-III dan D-II. Pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu program saja," kata Konsul Muda Jepang di Medan, Akira Saito, dalam siaran persnya yang diterima Rabu.Ia mengatakan, bagi yang berminat dapat men-download formulir sesuai program yang diinginkan (S1, D3 atau D2) pada website Kedutaan Jepang di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html Formulir yang sudah diisi bisa diantar atau dikirimkan ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan dan Makasssar, lengkap dengan fotokopi rapor, ijazah, dan nilai ijazah sampai tanggal 15 Juni 2012. "Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan. Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Kedutaan Besar Jepang bagian pendidikan di nomor telepon 021-3192-4308 Ext. 175, 176," katanya.

...dst

10 ) Ribuan WNI di Luar Negeri Pilih Kuliah di UT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/21012586/Ribuan.WNI.di.Luar.Negeri.Pilih.Kuliah.di.UT

Rabu, 16 Mei 2012 | 21:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Minat warga negara Indonesia yang berada di luar negeri untuk mengikuti perkuliahan jarak jauh di Universitas Terbuka (UT), cukup tinggi. Tercatat sebanyak 1.200 mahasiswa UT yang mendaftar dan menjani perkuliahan di luar negeri. "Mahasiswa UT yang di luar negeri tersebar di 13 negara, dan yang terakhir kita buka di Yunani," kata Rektor UT, Tian Belawati, usai bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Jakarta, Rabu (16/5/2012). Menurut Tian, permintaan untuk membuka perkuliahan UT di luar negeri terus bertambah, termasuk dari Brunei Darusalam. "Seperti di Malaysia, UT luar negerinya ada di beberapa kotan" kata Tian.

...dst

12 ) KONTES ROBOT INDONESIA-Robot Pemadam dan Pemain Bola Siap Beraksi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495446/

Thursday, 17 May 2012
Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional IV, Sabtu (26/5) mendatang.Sebanyak 67 tim dari 29 perguruan tinggi di Jawa Barat,DKI Jakarta,Banten, Kalimantan Barat,dan Sumatera Utara akan bertarung pada ajang ini. Sebagai tuan rumah,ITB mempersiapkan tiga robot di antaranya dua robot dengan kategori pemadam api (jenis berkaki dan beroda) dan satu robot RoboSoccer Humanoid League. ITB telah memenangkan juara umum kompetisi robot pemadam api kategori berkaki pada ajang Trinity Fire Fighting Home Robot Contest (TFFHRC) di Amerika Serikat pada awal 2012. Tersirat optimistis di benak para mahasiswa ITB sebagai peserta yang siap mengungguli di tingkat regional dan nasional. Satu kriteria robot baru menjadi tantangan tersendiri yakni RoboSoccer Humanoid untuk kejuaraan sepak bola robot RoboCup.

...dst

13 ) Intip Serunya Aksi Robot Pesepakbola di ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/16/373/630711/intip-serunya-aksi-robot-pesepakbola-di-itb

Rabu, 16 Mei 2012 18:27 wib
BANDUNG - Bagaimana jadinya jika robot bermain bola? Dan bagaimana pula jika para robot cerdas itu berkompetisi untuk menghasilkan gol? Aksi robot bermain sepakbola itu akan memeriahkan Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012. Kamu bisa melihat kelihaian robot-robot pemain bola tersebut pada kompetisi yang 25-26 Mei mendatang di Kampus ITB Jatinangor. KRCI Robosoccer Humanoid League (RSHL) merupakan salah satu kategori yang dilombakan dalam KRI-KRCI 2012. Pada tingkat regional di wilayah Jawa Barat, ada 67 tim robot dari 29 kampus di wilayah Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan Kalimantan Barat ikut serta dalam kompetisi ini. Kategori KRCI RSHL sendiri diikuti delapan tim robot spesialis sepakbola. Tim-tim tersebut akan bertarung untuk saling menjebol gawang lawan. 

...dst

14 ) Tiga Robot dari Unibraw Siap Bertarung
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/17114287/Tiga.Robot.dari.Unibraw.Siap.Bertarung

Rabu, 16 Mei 2012 | 17:11 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Tiga jenis robot karya mahasiswa dari tim robot Bhatara Fakultas Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, siap ikuti kompetisi nasional yang akan diselenggarakan di Bandung, Juni mendatang. "Dalam kompetisi nasional di Bandung nanti, tim robot Bhatara FT Elektro UB itu, akan membawa tiga jenis robot. Pertama robot manual, yang dikendarai driver, robot kedua adalah robot otomatis, dan robot ketiga adalah robot collector," jelas salah satu perwakilan tim robot Bhatara FT Elektro, Muhammad Rizal, Rabu (16/5/2012), ditemui di kampus Unibraw Malang. Tim Robot Bhatara sebelumnya, sudah berhasil menjadi juara tiga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI), pada kompetisi regional Jawa Timur dan Bali pada tanggal 12 Mei lalu. Adapun kompetisi nasional robot yang akan digelar di Bandung itu, adalah kompetisi tahunan yang akan menjadi ajang untuk menyaring peserta di kancah internasional.

...dst

15 ) 29 Perguruan Tinggi akan Berlaga di Kontes Robot Regional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/13542346/29.Perguruan.Tinggi.akan.Berlaga.di.Kontes.Robot.Regional

Rabu, 16 Mei 2012 | 13:54 WIB
Kompas.com - Sebanyak 67 tim dari 29 perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Kalimantan Barat akan berlaga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) tingkat regional wilayah II 2012. Ketua Pelaksana KRI KRCI tingkat regional wilayah II 2012 Kusprasapta Mutijarsa dalam konferensi pers di Gedung Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Rabu (16/5), mengatakan  lomba tingkat regional itu akan diselenggarakan pada Sabtu 26 Mei 2012 di Kampus ITB Jatinangor, Sumedang. "Semakin banyaknya perguruan tinggi yang berpartisipasi pada kegiatan KRI KRCI membuat pertandingan ini diselenggarakan dua tahap, yaitu tingkat regional dan tingkat nasional. Pertandingan tingkat regional diselenggarakan di lima  wilayah," tuturnya.

...dst

16 ) Digelar, Pekan Pendidikan Tinggi dan Budaya Perancis!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/17350140/Digelar.Pekan.Pendidikan.Tinggi.dan.Budaya.Perancis.

Rabu, 16 Mei 2012 | 17:35 WIB

KOMPAS.com - Institut Francais Indonesia atau Institut Perancis di Indonesia (IFI) menggelar "Pekan Pendidikan Tinggi dan Budaya" yang mencakup kegiatan budaya dan pendidikan tinggi Perancis. Dikemas dalam presentasi pendidikan, pengenalan kursus bahasa Perancis secara gratis, serta pemutaran film pendek, konser musik dan pameran poster film, acara digelar pada:

...dst

17 ) Melawan Banjir Menuju Sekolah (SM3T
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/341

05/17/2012 (All day)
Aceh --- Dua tahun terakhir ini banjir selalu menggenangi jalan yang menuju SDN Peunaron DK III, Aceh Timur. Bagaimana tidak, hutan di wilayah ini telah beralih fungsi menjadi ladang warga. Tentu saja, jumlah luas hutan menjadi berkurang, dan tingkat penyerapan air hujan oleh tumbuhan-tumbuhannya pun berkurang. Yang paling utama adalah masih banyak pembalakan hutan di area hulu. Akibatnya, setiap hujan lebat, SDN Peunaron DK III selalu kebanjiran. Tidak perduli RBT (tukang ojek), ibu-ibu yang akan belanja ke pasar, anak yang mau berangkat sekolah, ataupun guru yang akan mengajar, semuanya tidak dapat berangkat. Jika banjir datang para siswa di SDN Peunaron DK III berkurang hingga 40%. Sedangkan guru yang mayoritan berada di seberang jalan yang terkena banjir tidak dapat berangkat. Yang ada hanya saya, dan dua guru bakti yang tinggal di daerah dekat lokal (sekolah). Keadaan seperti ini tidak jarang kami rasakan, mengajar dua kelas menjadi hal yang rutin dilakukan apabila banjir datang.

...dst

18 ) Beda, "Whistle Blower" dan "Justice Collaborator"
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/17/06145553/Beda.Whistle.Blower.dan.Justice.Collaborator.

Kamis, 17 Mei 2012 | 06:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengertian whistle blower kerap dicampuradukkan dengan justice collaborator walaupun sama-sama melakukan kerja sama dengan aparat hukum dengan memberikan informasi penting terkait kasus hukum. Namun, keduanya memiliki status hukum yang berbeda. "Bedakan whistle blower dengan justice collaborator. Whistle blower bisa diterjemahkan dengan saksi pelapor, sedangkan justice collaborator sering disebut saksi pelaku yang bekerja sama," kata Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, dalam Diskusi Media di  Auditorium Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Rabu (16/5/2012). Denny menjelaskan, whistle blower tidak terlibat dalam tindak pidana yang diungkapnya. Adapun justice collaborator justru termasuk dalam kelompok atau turut terlibat dalam tindak pidana tertentu.

...dst

19 ) Ilmuwan: gula bisa membuat bodoh
http://www.antaranews.com/berita/310984/ilmuwan-gula-bisa-membuat-bodoh

Rabu, 16 Mei 2012 21:01 WIB
Los Angeles (ANTARA News) - Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa menggerogoti otak manusia! Itulah hasil studi yang disiarkan beberapa ilmuwan pada Selasa (15/5). Studi itu memperlihatkan bagaimana konsumsi sirup jagung yang berisi gula secara terus-menerus membunuh daya ingatan tikus. Beberapa peneliti di University of California Los Angeles (UCLA) memberi makan dua kelompok tikus cairan yang berisi sirup jagung berkadar gula tinggi --bahan umum dalam makanan olahan-- sebagai air minum selama enam pekan. Satu kelompok tikus diberi asupan asam lemak Omega-3, yang mendorong daya otak, dalam bentuk minyak biji rami dan asam docosahexaenoic (DHA), sementara kelompok lain tidak. Sebelum minuman gula tersebut diberikan, tikus itu dibuat menjalani babak pelatihan lima-hari di tempat rumit. Setelah enam pekan di dalam cairan manis, semua tikus itu lalu ditempatkan di tempat yang membingungkan untuk cara hewan tersebut membebaskan diri.

...dst

20 ) Inilah Kampus Pencetak CEO Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/16/373/630526/inilah-kampus-pencetak-ceo-dunia

Rabu, 16 Mei 2012 15:21 wib
BANYAK hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menjadi CEO top dunia, dimulai dengan memilih kampus yang benar. Menurut data US News & World Report, Harvard University mengoleksi 65 gelar yang diraih para CEO dunia, kebanyakan adalah master dalam administrasi dan bisnis (MBA). Selain Harvard, gelar-gelar akademik tersebut diraih melalui belasan kampus bergengsi lainnya. Berikut daftar 13 kampus pencetak CEO dunia seperti dilansir Huffington Post, Rabu (16/5/2012).

...dst

21 ) Mendiknas Jerman Dituduh Plagiat
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/17/373/630885/mendiknas-jerman-dituduh-plagiat

Kamis, 17 Mei 2012 10:40 wib
JERMAN - Menteri Pendidikan Nasional Jerman Anette Schavan menghadapi dugaan bahwa sebagian dari tesisnya merupakan plagiat. Schavan menolak tuduhan tersebut dan mengklaim, University of Düsseldorf yang menerbitkan gelar doktornya, telah menguji tesisnya tersebut.  Schavan diduga telah mencantumkan kutipan hasil penelitian Sigmund Freud yang diklaimnya melalui sumber asli. Padahal, politikus dari partai Demokrat ini mendapatkan kutipan tersebut dari literatur lain yang mengutip Freud. Artinya, Schavan mengutip Freud dari sumber sekunder. Schavan pun gagal untuk menujukkan sumber sekunder tersebut. Fakta ini menunjukkan kesan bahwa Schavan membaca sendiri karya Freud sebagai rujukan tesisnya. Tuduhan yang dialamatkan ke beberapa halaman tesis Schavan ini memang tidak segamblang tuduhan plagiat yang dialamatkan ke Menteri Pertahanan Jerman Karl-Theodor zu Guttenberg tahun lalu. Akibat kasus tersebut, Guttenberg bahkan dipaksa mundur dari jabatannya.

...dst 

Berita Edukasi, 16 Mei 2012

1 ) 70 % PTS Tak Dapat Keluarkan Ijazah
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/16/373/630294/70-pts-tak-dapat-keluarkan-ijazah

Rabu, 16 Mei 2012 09:56 wib
BANDUNG – Kopertis IV Wilayah Jabar-Banten mencatat 400 perguruan tinggi swasta (PTS) atau sekira 70 persen kampus terancam tidak dapat mengeluarkan ijazah. Pasalnya, sesuai dengan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), perguruan tinggi (PT) wajib mengakreditasi prodi yang batas akhirnya jatuh pada hari ini. Apabila PTS mengabaikan aturan tersebut maka akan dikenakan sanksi. "Telah ditentukan bahwa selambat-lambatnya pada 16 Mei 2012, prodi dan PT harus sudah terakreditasi. Artinya jika belum dilaksanakan, kampus dilarang mengeluarkan ijazah," ujar Koordinator PT Swasta (Kopertis) Wilayah IV Jabar-Banten Abdul Hakim, kemarin. Hal itu bukanlah tindakan Kopertis, melainkan amanat undang-undang yang mencantumkan pengeluaran ijazah dari PT belum terakreditasi adalah tidak sah. Sementara bagi PT yang masih dalam proses dalam pengurusan akreditasinya masih ada tenggat hingga akhir Mei. Abdul mengharapkan proses akreditasi yang masih dilakukan oleh PT tidak mengganggu perkuliahan mahasiswa. "Selain itu, jangan sampai karena ketiadaan akreditasi, maka ijazah sarjana mahasiswa tidak terpakai," ucapnya.

...dst

2 ) Pendidikan-400 PTS Terancam Mandek 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495254/

Wednesday, 16 May 2012
BANDUNG – Kopertis IV Wilayah Jabar-Banten mencatat sebanyak 400 perguruan tinggi swasta (PTS) atau sekitar 70% kampus terancam tidak dapat mengeluarkan ijazah. Pasalnya, sesuai dengan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP),bahwa perguruan tinggi (PT) wajib mengakreditasi prodi yang batas akhirnya jatuh pada hari ini. Apabila PTS mengabaikan aturan tersebut maka akan dikenakan sanksi. "Telah ditentukan bahwa selambatlambatnya pada 16 Mei 2012, prodi dan PT harus sudah terakreditasi. Artinya jika belum dilaksanakan, kampus dilarang mengeluarkan ijazah," ujar Koordinator PT Swasta (Kopertis) Wilayah IV Jabar-Banten Abdul Hakim, kemarin. Hal itu bukanlah tindakan Kopertis, melainkan amanat undang-undang yang mencantumkan pengeluaran ijazah dari PT belum terakreditasi adalah tidak sah.  Sementara bagi PT yang masih dalam proses dalam pengurusan akreditasinya masih ada tenggat hingga akhir Mei. Dia mengharapkan proses akreditasi yang masih dilakukan oleh PT tidak mengganggu perkuliahan mahasiswa. "Selain itu, jangan sampai mahasiswa terkena dampaknya garagara tidak ada akreditasinya, maka ijazah sarjananya tidak terpakai,"ucapnya. Abdul mengakui selama ini PT swasta masih sulit mendapatkan akreditasi karena beberapa kendala. 

...dst

3 ) Tujuh Ilmuwan Indonesia Menangi Dana Hibah AS
http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/12/05/15/m42hw5-tujuh-ilmuwan-indonesia-menangi-dana-hibah-as

Selasa, 15 Mei 2012, 21:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tujuh ilmuwan Indonesia memenangi kompetisi untuk meraih dana hibah riset Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) sebesar 800 ribu dolar AS dalam rangka memelihara keanekaragaman hayati laut dan lingkungan. "Indonesia mendapatkan lebih banyak hibah dibanding negara lain di dunia," kata Asisten Menteri Luar Negeri AS, Kerri-Ann Jones seusai The First Indonesia US Joint Committee Meeting (JCM) on Science and Technology yang juga dihadiri oleh Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel di Jakarta, Selasa (15/5). Disebutkan, Partnership for Enhanced Engagement in Research (PEER) AS menerima hampir 500 aplikasi dari 63 negara berkembang dan diputuskan 41 proyek dari 25 negara yang mendapatkannya, tujuh di antaranya dari Indonesia. Hibah ini, ujarnya, diharapkan akan mempertautkan ilmuwan dari National Science Foundation's (NSF) yang didanai pemerintah AS dengan para ilmuwan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang penelitian. Ketujuh penerimah hibah tersebut adalah Sang Putu Kaler dari Universitas Mahasaraswati, Rudi Febriansyah dari Universitas Andalas, IGNK Mahardika dari Universitas Udayana, Frida Sidik dari Balai Riset dan Observasi Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Abdul Hamid Toha dari Universitas Negeri Papua, Gusti Z Anshari dari Universitas Tanjungpura, dan Jamaluddin Jompa dari Universitas Hasanuddin yang masing-masing memiliki mitra peneliti dari AS untuk pelaksanaan riset tersebut di Indonesia.

...dst

4 ) Tes Urine Diusulkan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/08280180/Tes.Urine.Diusulkan.dalam.Penerimaan.Mahasiswa.Baru

Rabu, 16 Mei 2012 | 08:28 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur kian serius memberantas peredaran narkoba di kalangan mahasiswa sejak dini. Bahkan usulan agar tes urine dimasukkan dalam tahap penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri segera diluncurkan pihak Kementerian Pendidikan. ''Untuk melaksanakan tes urine memang butuh dana besar. Sekarang, tinggal bagaimana kebijakan kampus dan institusi perguruan tinggi merespon usulan ini,'' kata Kepala BNN Provinsi Jatim, Jan De Fretes, Selasa (15/5/2012) kemarin. Menurutnya, tes urine pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tersebut sangat strategis untuk mendeteksi dini peredaran narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa, juga untuk menciptakan lingkungan kampus dan sekolah yang bersih dari narkoba.

...dst

5 ) Direkrut, Mahasiswa Intelejen Penanggulangan Narkoba
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/17400031/Direkrut.Mahasiswa.Intelejen.Penanggulangan.Narkoba.

Selasa, 15 Mei 2012 | 17:40 WIB
Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur tengah mempersiapkan tenaga mahasiswa untuk menjadi intelejen penanggulangan narkoba yang akan beroperasi di kampusnya masing-masing. Menurut Kepala BNN Provinsi Jatim, Jan De Fretes, pelibatan mahasiswa dalam menekan peredaran narkoba di kalangan perguruan tinggi dinilai cukup efektif karena mahasiswa dinilai lebih paham seluk beluk kehidupan kampus. ''Peredaran narkoba di kampus seringkali luput dari pantauan BNN, karena kalangan kampus masih terkesan eksklusif,'' katanya, Selasa (15/5/2012). Sementara ini, kata dia, BNN Provinsi Jatim sudah melakukan pengaderan di dua perguruan tinggi di Surabaya, yakni di Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas.

...dst

6 ) Segera Perbarui Surat Tanda Registrasi
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/16/0315356/segera.perbarui.surat.tanda.registrasi

16 Mei 2012
Makassar, Kompas - Para dokter, baik dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, maupun dokter gigi spesialis, yang masa berlaku surat tanda registrasinya habis diminta segera memperbarui. Tanpa surat tanda registrasi yang masih berlaku, dokter tidak dapat memperoleh surat izin praktik yang juga harus diperbarui secara berkala. "Surat tanda registrasi (STR) merupakan jaminan negara atas etika, disiplin, dan kompetensi dokter untuk melakukan praktik kedokteran di masyarakat," kata Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Menaldi Rasmin dalam Lokakarya dan Rapat Koordinasi Wilayah Timur KKI di Makassar, Selasa (15/5).Para dokter yang masa berlaku STR-nya sudah habis itu melakukan registrasi pertama pada tahun 2006-2007. Registrasi harus dilakukan setiap lima tahun untuk menjamin kualitas dokter dalam memberi layanan kesehatan. Sejak tahun 2010, KKI sudah mengingatkan bahwa akan banyak dokter yang masa berlaku STR-nya habis pada tahun 2011- 2012. Hingga kini, menurut Ketua Divisi Registrasi KKI Daryo Soemitro, baru 60-70 persen dokter yang memperbarui STR- nya. Menurut Menaldi, dokter harus memiliki pengetahuan mutakhir dalam melayani pasien. Peningkatan pengetahuan secara terus-menerus dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai seminar kedokteran. Setiap kegiatan keilmuan yang diikuti dokter memiliki poin tertentu. Untuk dapat memperbarui STR, dokter umum harus memiliki nilai 250 poin yang dikumpulkan selama lima tahun.

...dst

7 ) Binus Jalin Kerjasama dengan Microsoft
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/11361015/Binus.Jalin.Kerjasama.dengan.Microsoft

Rabu, 16 Mei 2012 | 11:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Bina Nusantara bekerjasama dengan Microsoft Indonesia mendirikan Microsoft Innovation Center yang akan dioperasikan bersama-sama. Pendirian pusat inovasi itu ditujukan untuk meningkatkan keterampilan teknis mahasiswa, pertukaran ide, sekaligus menerjemahkannya ke dalam bisnis.Lawrence Wibisono mengatakan, kerjasama ini merupakan upaya untuk menumbuhkan industri software lokal, sejalan dengan rencana Binus menjadi world class university.  "Kami tentu menyambut baik jalinan kerjasama ini. Penandatanganan kerjasama ini sekaligus menandai berdirinya MIC di Binus University," katanya disela acara penandatanganan perjanjian kerjasama di Kampus Anggrek, Binus, Jakarta, Rabu (16/5).Lawrence menjelaskan MIC sengaja dirancang untuk membantu mahasiswa dan mahasiswa dan profesional teknologi informasi dalam mengembangkan keterampilan teknis. Tawarannya meliputi kursus pengembangan perangkat lunak, kesempatan kerja bagi siswa, dan sertifikasi.

...dst

8 ) Jadi Sarjana Gratis di Jepang, Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/15/368/629817/jadi-sarjana-gratis-di-jepang-mau

Selasa, 15 Mei 2012 15:18 wib
JAKARTA - Beasiswa Monbukagakusho yang satu ini sedikit berbeda karena ditujukan bagi para siswa SMA. Kamu yang berminat meneruskan studi sarjana (S-1), serta diploma dua dan tiga di Jepang bisa melamar untuk beasiswa dari pemerintah Jepang ini. Beasiswa untuk melanjutkan studi ke universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang ini mulai berlaku pada tahun akademik 2013. Jika berminat, kamu hanya bisa mendaftar untuk satu program studi (prodi) S-1, D-3, atau D-2. Untuk melamar beasiswa ini, kamu haruslah lahir antara tanggal 2 April 1991 dan 1 April 1996. Kamu harus lulus dari SMA atau akan lulus maksimal 31 Maret 2013. Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas XII semester/cawu terakhir minimal 8,4 untuk program S-1, 8,0 untuk program D-3, dan 8,0 untuk program D-2. Jika hingga tenggat waktu pendaftaran ijazah aslimu belum keluar, maka kamu bisa menggunakan ijazah sementara dari sekolah.

...dst

9 ) Mendikbud M Nuh Nilai Penyimpangan Bidikmisi Wajar
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/16/186627/Mendikbud-M-Nuh-Nilai-Penyimpangan-Bidikmisi-Wajar

16 Mei 2012
JAKARTA-Masih adanya penyimpangan dan kekurangan dalam pelaksanaan program beasiswa Bidikmisi dinilai sebagai sesuatu yang wajar. Alasannya, program tersebut baru berjalan selama dua tahun. "Bidikmisi ini memang baru dua kali periode. Jadi, wajar kalau ada sistem yang belum mapan di perguruan tinggi," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta. Karena itu, dirinya menghimbau kepada seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada untuk memerkuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan Bidikmisi. Dengan melalui SOP yang matang, bisa memperkecil kemungkinan tindakan-tindakan nakal.  "Meskipun hal tersebut dianggap sebagai sesuatu yang wajar tidak lantas dibiarkan begitu saja,'' kata dia. Menurutnya sebuah langkah mendesak untuk dilakukan perbaikan serta penguatan komitmen agar program tersebut dapat berjalan. Tentu saja dengan tidak melupakan tujuan awal yakni memberikan bantuaan pendidikan kepada peserta didik yang kurang mampu, namun berprestasi. "Salah satunya adalah dengan penguatan SOP,'' tegasnya.

...dst

10 ) UI Luncurkan Pelatihan "Cloud Computing" Pertama
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/1612407/UI.Luncurkan.Pelatihan.Cloud.Computing.Pertama

Selasa, 15 Mei 2012 | 16:12 WIB
Kompas.com - Fakultas Tehnik Universitas Indonesia  bekerja sama dengan CompTIA meluncurkan program pelatihan "Cloud Computing" yang pertama di Indonesia. Lewat pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan teknologi komputasi awan. "Program pelatihan Cloud Computing di Indonesia merupakan komitmen Departemen Teknik Elektro FTUI dalam mengembangkan inovasi teknologi di bidang Information and Communication Technology (ICT)," kata Kepala Kantor Komunikasi Siane Indriani, di Depok, Selasa. Menurut dia peluncuran Progran Pelatihan Cloud Computing ini merupakan peran aktif Departemen Teknik Elektro FTUI mengembangkan ICT di Indonesia khususnya di bidang teknologi komputasi awan. Ia mengatakan dipilihnya CompTIA sebagai partner karena telah memiliki portofolio sertifikasi ICT yang diakui oleh dunia internasional.
   
...dst

11 ) Unimed Siapkan 55 Jurnal Ilmiah Online
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/13541761/Unimed.Siapkan.55.Jurnal.Ilmiah.Online

Selasa, 15 Mei 2012 | 13:54 WIB
Kompas.com - Universitas Negeri Medan menyiapkan 55 jurnal ilmiah online dari 38 program studi yang ada di perguruan tinggi itu sebagai salah satu upaya mendorong mahasiswa untuk memperbanyak tulisan karya ilmiah. Pembantu Rektor I Universitas Negeri Medan (Unimed) Profesor Khairil Ansari di Medan, Selasa, mengatakan bahwa penyiapan jurnal ilmiah online tersebut dalam rangka menyikapi edaran Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) mengenai lulusan strata satu (S-1), S-2, dan S-3 yang harus menulis hasil kajian skripsi di jurnal ilmiah. "Sesuai dengan edaran Dikti per Oktober 2012, akan diberlakukan bahwa setiap lulusan S-1 wajib menulis kajian skripsi di jurnal ilmiah. Dalam hal ini jurnalnya adalah online. Begitu pula, tesis S-2, sedangkan untuk S-3 yakni jurnal internasional," katanya saat membuka pelatihan pengelolaan jurnal Online Unimed. Sejauh ini, lanjut dia, ada beberapa web jurnal online yang telah dimiliki Unimed, namun belum diakui pemerintah karena untuk bisa diakui harus masuk dalam portal yang telah disiapkan pemerintah yakni Portal Garuda.

...dst

12 ) Civitas Akademika IPB Coba One Day No Rice Depok
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/16/373/630306/civitas-akademika-ipb-coba-one-day-no-rice-depok

Rabu, 16 Mei 2012 10:15 wib
DEPOK - Civitas Akademika Institut Pertanian Bogor (IPB) menyambangi kantor Balaikota Depok untuk melihat berjalannya program Sehari Tanpa Nasi atau One Day No Rice (ODNR) yang digagas pemerintah kota sejak Februari lalu. Mereka yakni Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB Sam Herodion dan Direktur F-Technopark Fateta IPB Slamet Budijanto. Saat jam makan siang tiba, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengajak mereka menuju kantin Balaikota. Para akademisi melihat langsung para pedagang menjual menu non-nasi. Setiap Selasa, kantin Balaikota memang dilarang menjual nasi ataupun lontong. Para pedagang pun hanya menjual kentang, nasi jagung, tiwul, dan panganan nonberas lainnya.Direktur F-Technopark Fateta IPB Slamet Budijanto menuturkan bahwa, ide ODNR adalah ide berani untuk dilakukan oleh seorang kepala daerah.

...dst

13 ) FIKP Unhas Miliki Pusdiklitbang Tambak
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/16/373/630298/fikp-unhas-miliki-pusdiklitbang-tambak

Rabu, 16 Mei 2012 10:02 wib
MAKASSAR - Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas memiliki Pusat Pendidikan Latihan Penelitian dan Pengembangan (Pusdiklitbang) Budidaya Tambak di Bojo, Kabupaten Barru. Rektor Unhas Idrus A Paturusi mengatakan, keberadaan Puslitbang Budidaya Tambak Unhas yang terletak di kilometer 144 poros Makassar-Parepare itu menjadi wadah untuk melatih nelayan yang berminat mengembangkan kepiting lunak. Dengan demikian, mereka akan memiliki lahan usaha baru dan dapat meningkatkan pendapatan. "Di kawasan seluas 21 ha tersebut juga terdapat dua hatchery, rumah tinggal, cold storage, masjid, dan fasilitas olahraga. Tempat ini baru saja kami resmikan," kata Idrus, kemarin.

...dst

14 ) Mahasiswa Psikologi Unair Rintis "Bengkel Moral"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/11073939/Mahasiswa.Psikologi.Unair.Rintis.Bengkel.Moral.

Rabu, 16 Mei 2012 | 11:07 WIB
Kompas.com - Sejumlah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya merintis sarana pendidikan moral untuk anak-anak yang dinamakan "Bengkel Moral Karang Menjangan" atau "BeMo Karmen" Menurut Isvan Shona, ketua program kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat (PKM-M), bengkel moral tersebut memiliki kegiatan yang ditujukan untuk anak-anak usia TK hingga SD. Saat ini kegiatan tersebut baru diikuti oleh 12 anak. "Niat membuat bengkel moral itu dilatarbelakangi perilaku sejumlah anak-anak SD yang kurang sopan di lingkungan tinggal kami," katanya. Oleh karena itu, anak-anak di sekitar lokasi Bengkel Moral akan diajari tentang cara menghargai, berkata dengan sopan, mengucapkan terima kasih, menghormati orang yang lebih tua, menyayangi sesama dan perilaku positif lain.

...dst

15 ) Perguruan Tinggi Diusulkan Buka Fakultas Antikorupsi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/15123571/Perguruan.Tinggi.Diusulkan.Buka.Fakultas.Antikorupsi.

Selasa, 15 Mei 2012 | 15:12 WIB
MALANG, KOMPAS.com — Diperlukan langkah maksimal untuk menghentikan praktik korupsi yang menggerogoti sendi-sendi kehidupan bangsa. Salah satu cara yang dinilai bisa mencetak generasi muda yang bebas dari praktik korupsi adalah membuka fakultas antikorupsi di perguruan tinggi. Hal tersebut disampaikan mantan Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, M Lukman Edy. "Kalau tidak segera diantisipasi, generasi muda ancamannya. Dari itu, pemerintah harus secara serius memberantas korupsi yang mencekik Indoensia," paparnya di sela acara sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika di Malang, Jawa Timur, Selasa (15/5/2012)

...dst

16 ) RSBI Tindakan Keliru Dalam Sisdiknas 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495244/

Wednesday, 16 May 2012
JAKARTA–Membangun Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) merupakan suatu tindakan yang keliru dalam Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pernyataan ini disampaikan oleh Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef saat menjadi saksi ahli yang dihadirkan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam persidangan tentang Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) di Mahkamah Konsitusi kemarin. Dalam keterangannya, Daoed menegaskan ada cara pengajaran dalam sistem RSBI yang jelas-jelas telah melanggar konstitusi. Pelanggaran konstitusi yang dimaksudkan ialah penggunaan bahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris yang dijadikan sebagai pengantar pembelajaran.

...dst

17 ) Menanti Hasil Akhir Judicial Review RSBI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/16/12073865/Menanti.Hasil.Akhir.Judicial.Review.RSBI

Rabu, 16 Mei 2012 | 12:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah digelar selama beberapa kali masa sidang, kini judicial review Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) tentang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI/SBI) telah memasuki babak akhir. Kini semua hanya tinggal menunggu hasil keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK), apakah dihapus atau tidak. Pengamat pendidikan yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Anti Komersialisasi Pendidikan (KMAKP), Lody Paat mengatakan, sidang terakhir judicial review UU Sisdiknas tentang RSBI/SBI digelar di MK kemarin, Selasa (16/5/2012). Akan tetapi pihaknya mengaku belum tahu kemana arah putusan MK mengenai hal tersebut. "Sidang terakhir itu kemarin, kita tinggal menunggu bagaimana keputusan MK, kata Lody Paat kepada Kompas.com, Rabu (16/5/2012), di Jakarta.

...dst

18 ) Ristek Dukung Inovasi Pengembangan Potensi Daerah
http://www.jpnn.com/read/2012/05/16/127488/Ristek-Dukung-Inovasi-Pengembangan-Potensi-Daerah-

Rabu, 16 Mei 2012 , 00:01:00
JAKARTA - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) siap membantu pemerintah daerah untuk mengembangkan produk unggulannya melalui program sistem inovasi daerah (SIDa). Melalui iptek, potensi utama suatu daerah dapat bernilai tambah lebih. "Kami membantu agar iptek dan turunannya mampu mendukung komoditas unggulan daerah bernilai tambah. Baik itu melalui insentif, tenaga ahli LPNK,"kata Sekretaris Kementerian Ristek, Mulyanto dalam keterangan persnya, Selasa (15/5). Dijelaskannya, pengembangan SIDa sangat penting dalam kerangka sistem inovasi nasional (SINas) untuk mendukung kebijakan rencana induk Masterplan percepatan dan perluasan pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang sudah mulai diterapkan oleh pemerintah.

...dst

Berita Edukasi. 15 Mei 2012

1 ) Kedubes Jepang Tawarkan Beasiswa untuk Lulusan SMA
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/14/1601170/Kedubes.Jepang.Tawarkan.Beasiswa.untuk.Lulusan.SMA

Senin, 14 Mei 2012 | 16:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah Jepang membuka tawaran beasiswa (Monbukagakusho) bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dari seluruh Indonesia yang memenuhi syarat. Hal itu disampaikan dalam siaran pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (14/5/2012).
Beasiswa diberikan bagi mereka yang lulus persyaratan untuk melanjutkan ke jenjang-jenjang pendidikan Universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2013 (April 2013). Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2. Sejumlah syarat yang diterapkan antara lain (1) Lahir antara tanggal 2 April 1991 dan tanggal 1 April 1996. (2) Nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester/cawu terakhir minimal: 8,4 untuk program S-1, 8,0 untuk program D-3, dan 8,0 untuk program D-2 Jika pada saat penutupan (15 Juni 2012) nilai ijazah asli belum bisa dikeluarkan, maka nilai ijazah sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima.

...dst

2 ) Presentasi Peneliti di Forum Internasional akan Dibiayai Pemerintah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/10134560/Presentasi.Peneliti.di.Forum.Internasional.akan.Dibiayai.Pemerintah

Selasa, 15 Mei 2012 | 10:13 WIB
Kompas.com - Pemerintah akan terus mendorong peneliti Indonesia untuk mempublikasikan hasil risetnya ke jurnal internasional. Selain penggunaan skema berstandar internasional, hasil riset para peneliti juga akan diikutsertakan dalam konferensi keilmuan. Demikian disampaikan Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Agus Subekti.  "Kami juga akan biayai keperluan peneliti untuk mempresentasikan hasil risetnya di konferensi. Ini juga sebagai fasilitas dan penghargaan finansial untuk para peneliti," ujarnya. Menurut Agus, selain mahasiswa S2 dan S3, mahasiswa S1 Indonesia juga sudah bisa membuat penelitian yang berkualitas dan layak dimuat di jurnal internasional, karena peran dosen yang sinergis dengan mahasiswa dalam tim-tim penelitian.

...dst

3 ) Teliti Potensi Panas Bumi, Undip Bangun Geothermal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/14/m40ava-teliti-potensi-panas-bumi-undip-bangun-geothermal

Selasa, 15 Mei 2012, 05:44 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro Semarang membangun Gedung Geofisika dan Pusat Penelitian Geothermal. Gedung tersebut nantinya akan menjadi tempat penelitian potensi panas bumi Indonesia. Peletakan batu pertama pembangunan gedung dilaksanakan Senin (14/5) oleh pimpinan universitas dan fakultas. Dekan Fakultas MIPA Undip, Dr Muhammad Nur mengatakan, pembangunan tersebut akan rampung November 2012. "Pembangunan dimulai hari ini dan ditargetkan rampung November 2012," ujarnya. Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan tersebut mencapai Rp 7,2 milyar. Dana tersebut didapat dari bantuan Fuel Retail Marketing Region IV Jateng. Menurut Nur, gedung tersebut direncanakan dibangun diatas lahan seluas 2.105 meter peregi. "Pembangunan tersebut atas dukungan PT Pertamina," tuturnya.

...dst

4 ) Usia Senja Tak Hambat Raih Doktor
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/15/186492/Usia-Senja-Tak-Hambat-Raih-Doktor

15 Mei 2012
SEMARANG- Meski  berusia senja, tekad dan semangat Kunaryo Hadikusumo (69) untuk lulus dari program S-3 tidak bisa dihalangi. Buktinya, kakek empat cucu itu belum lama ini berhasil meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan dari Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes).Tidak ada alasan lain selain ingin terus berkarya dan mengabdi pada profesi sebagai dosen di Stikes Ngudi Waluyo Ungaran dan IKIP PGRI Semarang. Lelaki kelahiran Kudus 8 Juli 1943 ini, terus belajar dan berkarya untuk menghindari pikun. "Motivasi saya kuliah di PPs Unnes dan mendapat gelar doktor, selain untuk meningkatkan kompetensi sebagai pengajar, juga tidak ingin cepat pikun meski usia sudah senja," ungkapnya saat ditemui di PPs Unnes, kemarin. Pada dasarnya pendidikan itu harus dilakukan seumur hidup atau sepanjang hayat. Karena itu, tidak ada kata terlambat atau terlalu tua untuk belajar.

...dst

5 ) Pendaftar SNMPTN agar Cermat dan Tak Tergesa-gesa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/07350962/Pendaftar.SNMPTN.agar.Cermat.dan.Tak.Tergesa-gesa

Selasa, 15 Mei 2012 | 07:35 WIB
Solo, Kompas - Calon peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri diminta cermat dalam mengisi formulir saat mendaftar secara online. Ketidakcermatan dan tergesa-gesa mengisi formulir bisa menyebabkan kekeliruan sehingga peserta harus mengulang pengisian dan membayar. Konsekuensi kekeliruan, calon peserta membayar kembali biaya pendaftaran untuk mendapatkan nomor identifikasi (PIN) dan kartu akses pembayaran."Kasihan kalau siswa berasal dari keluarga kurang mampu, harus mengeluarkan uang lagi untuk mendaftar. Kalau sudah klik kirim, tidak bisa diperbaiki lagi," kata Koordinator Humas Panitia SNMPTN Ravik Karsidi, yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (14/5). Untuk itu, guru dan sekolah diharapkan memberi bimbingan kepada siswanya agar berhati-hati mengisi formulir pendaftaran SNMPTN.

...dst

6 ) Sembarangan Isi Formulir SNMPTN Online, Ini Akibatnya
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/14/m402b9-sembarangan-isi-formulir-snmptn-online-ini-akibatnya

Tuesday, 15 May 2012, 02:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Kota Bandung mengimbau kepada para peserta, untuk lebih hati-hati dalam mengisi biodata orang (borang) pendaftaran online. "Dalam pengisian Borang terdapat beberapa hal yang jika telah dipilih dan disetujui oleh calon peserta, maka hal tersebut tidak dapat diubah. Ketentuan ini berlaku dalam pemilihan kelompok ujian dan panlok tempat mengikuti ujian," ujar Weny Widyowati, Kepala Sub Bidang Informasi dan Humas Panlok SNMPTN Bandung 2013. Weny juga menjelaskan ketika log in, kelompok ujian dalam halaman pertama SNMPTN diisi berdasarkan Program Studi (Prodi) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih termasuk dalam kelompok ujian yang mana, bukan berdasarkan jurusan pada saat SMA. "Sehingga calon peserta diharapkan mencari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan prodi pada PTN yang diminati termasuk persyaratan kelompok ujian yakni IPA, IPS, dan IPC," ujar dia.

...dst

7 ) Sistem Online Permudah Calon Mahasiswa
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/15/319732/293/14/Sistem-Online-Permudah-Calon-Mahasiswa

Selasa, 15 Mei 2012 01:07 WIB   
JAKARTA--MICOM: Pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 yang dibuka dengan sistem online sejatinya mempermudah calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran di tempat yang terdekat di wilayahnya masing masing tanpa harus mendatangi lagi PTN setempat. Sekretaris SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengungkapkan itu menjawab Media Indonesia, Senin (14/5). Menurut dia, melalui sistem ini akan mengurangi biaya ekonomi dan biaya sosial serta mengurangi mobilitas peserta untuk menempuh ke PTN dari tempat tinggal mereka yang jauh dari perguruan tinggi tujuan. "Hal ini juga mengurangi risiko sosial dan kecelakaan lalu lintas yang mungkin terjadi saat calon mahasiswa mendaftar ke PTN," jelasnya. Ditanya sejumlah calon mahasiswa yang kesulitan mendaftar melalui sistem online mengingat kesulitan internet, Rochmat mengatakan pihaknya sudah mengupayakan semua calon mahasiswa dapat lebih terjangkau mendaftar ketimbang tahun lalu yang harus mendatangi PTN setempat.

...dst

8 ) Mudahkan Calon Mahasiswa, Panitia SNMPTN Gandeng Kantor Pos
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629572/mudahkan-calon-mahasiswa-panitia-snmptn-gandeng-kantor-pos

Senin, 14 Mei 2012 20:03 wib
SOLO - Terobosan terbaru dilakukan Panitia penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Salah satunya dengan menggandeng kantor pos. Langkah ini ditujukan untuk memudahkan akses internet bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar, terutama bagi calon mahasiswa yang berada di wilayah Indonesia Timur dan di daerah-daerah kepulauan."Tujuannya agar calon mahasiswa di wilayah timur bisa terlayani. Apalagi untuk  Indonesia timur yang memang masih sangat minim," papar Koordinator Humas Panitia SNMPTN pusat, Prof Dr Ravik Karsidi di Solo, Jawa Tengah, Senin (14/5/2012). Selain akses internet, pendaftar juga bisa melakukan pembayaran langsung di kantor pos tersebut. Menurut Ravik, hal ini untuk mengantisipasi minimnya jumlah kantor cabang Bank Mandiri di wilayah Indonesia timur."Ini juga berlaku bagi pendaftar yang berada di daerah-daerah kepulauan. Kalau ada permintaan di daerah yang masih minim akses internet dan bank, bisa dilakukan di kantor pos," jelasnya.

...dst

9 ) Mendikbud Himbau PTN Perkuat SOP Bidikmisi05/14/2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/336

Jakarta – Tahun 2012 ini Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi) memasuki tahun ke-3. Untuk memastikan ketepatan penyaluran beasiswa kepada mahasiswa yang layak menerimanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan evaluasi setiap tahun. Terutama terhadap informasi adanya kemungkinan Bidikmisi yang salah sasaran. Karena itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau Perguruan Tinggi Negeri untuk memperkuat SOP (Standard Operational Procedure) dalam penyaluran Bidikmisi. Hal tersebut dikatakannya usai mengikuti kegiatan Sepeda Santai dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2012, Minggu (13/5) pagi, di Senayan, Jakarta.

...dst

10 ) Rektor Diimbau Sosialisasikan RUU-PT
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/339

05/14/2012
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengimbau kepada rektor untuk menyosialisasikan undang-undang pendidikan tinggi yang sedang dalam tahap akhir untuk disahkan. Dalam undang-undang tersebut, ada tiga hal penting yang harus disampaikan dan dikomunikasikan dengan seluruh civitas akademika. Pertama, pendidikan tinggi adalah tempat untuk mempersiapkan pemimpin bangsa. "Kita semai, kita rawat, adik-adik di perguruan tinggi untuk menjadi pemimpin bangsa," demikian disampaikan Mendikbud saat melantik lima rektor di Gedung A Kemdikbud, Senin (14/05). Kedua, perguruan tinggi harus menjadi inspirasi untuk menjalankan nilai demokrasi. Salah satunya adalah patuh pada pranata hukum. Demokrasi juga mengajarkan untuk menghargai hak orang lain, dan melestarikan budaya positif. Dan yang ketiga, undang-undang pendidikan tinggi berisi tentang konvergensi peradaban.

...dst

11 ) RUU Pendidikan Tinggi Memunculkan Komersialisme
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188381

Senin, 14/05/2012 - 14:17
BANDUNG, (PRLM).- Sekitar 3.200 perguruan tinggi yang ada di Indonesia bersiap untuk menentang pemerintah jika RUU Pendidikan Tinggi diteruskan dan sampai disahkan menjadi UU. Selain akan memunculkan komersialisme dan liberalisasi pendidikan yang banyak ditentang banyak pihak, pembentukan RUU PT pascapembatalan UU Badan Hukum Pendidikan dianggap hanya menghamburkan anggaran negara karena isinya tidak jauh berbeda dengan UU BHP yang sudah dibatalkan. "Kenapa pemerintah begitu 'keukeuh', memaksakan diri untuk mengesahkan RUU ini. Kalau mau jangan RUU PT yang dibuat, tapi RUU Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang khusus membahas PTN. PTN hanya 80 sementara swasta ada 3.200. Kenapa kami harus ikut tunduk. Kalau ini sampai disahkan, kami siap melawan," kata Ketua Asosiasi Badan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPTSI) Sali Iskandar, saat ditemui di Bandung, Senin (14/5). Secara resmi, kata Sali, dalam pertemuan DPP ABPTSI beberapa waktu lalu, DPP telah memutuskan untuk menolak pengesahan RUU PT ini. DPP ABPTSI menganggap, untuk PTS tidak perlu lagi ada UU yang mengatur. Cukup dengan UU yang ada yakni UU no 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Yayasan Nomor 28/2004, PP No 17/2010 tentang pengelolaan penyelenggaraan pendidikan, serta PP 66/2010 tentang perubahan PP 17/2010 masih tentang pengelolaan penyelenggaraan pendidikan.

...dst

12 ) UNJ-University of Sydney Kembangkan Pendidikan Guru
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629297/unj-university-of-sydney-kembangkan-pendidikan-guru

Senin, 14 Mei 2012 14:52 wib
JAKARTA - Sebagai perguruan tinggi berbasis pendidikan keguruan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memfokuskan semua program pendidikannya dalam pengembangan kompetensi guru. Salah satunya dilakukan melalui kerjasama dengan University of Sydney, Australia. Rektor UNJ Prof. Bedjo Sujanto menjelaskan, kerjasama antara UNJ dengan University of Sydney difokuskan dalam perbaikan kualitas dan pengembangan pendidikan guru di Tanah Air. "Bentuk kerjasama di antaranya melalui pengirirman dosen untuk belajar di Australia, seperti yang sudah kami lakukan. Kami juga akan membahas standar dan kurikulum pendidikan guru," kata Bedjo ketika ditemuiOkezone usai menandatangani perjanjian kerjasama antara UNJ dengan University of Sydney di Hotel Fpur Seasons, Jakarta, Senin (14/5/2012). 

...dst

13 ) PKM Unnes Dapatkan Pendanaan Dikti Terbanyak Tahun Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629422/pkm-unnes-dapatkan-pendanaan-dikti-terbanyak-tahun-ini

Senin, 14 Mei 2012 18:02 wib
JAKARTA - Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah mendapat pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak se-Indonesia. Ini hal yang luar biasa mengingat Unnes bukanlah perguruan tinggi besar, namun bisa mengirimkan lebih dari 3.000 proposal. Hal itu diungkapkan Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Jamasri, saat memberi pengarahan pada pembukaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2012. Kegiatan dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Masrukhi di auditorium kampus Sekaran, Senin (14/5). "Bisa dibayangkan kalau yang dikirim 3.000 proposal, setiap proposal ditulis lima orang maka mahasiswa yang terlibat 15 ribu orang. Padahal jumlah mahasiswa Unnes sekira 26 ribu. Artinya, 58 persen mahasiswa Unnes terlibat dalam kegiatan ilmiah. Inilah yang kita sebut dengan pengembangan akademik atmosfer," kata Jamasri seperti dilansir dari laman Unnes, Senin (14/5/2012).

...dst

14 ) UNM Fokus Basmi Anarkisme Di Lingkungan Kampus
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/338

05/14/2012
Jakarta --- Universitas Negeri Makassar akan fokus pada pengurangan anarkisme di lingkungan kampus. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UNM yang baru saja dilantik untuk kedua kalinya, H. Arismunandar, oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, Senin (14/05), di Gedung A Kemdikbud. Rektor yang sebelumnya menjabat di tahun 2008-2012 ini menjelaskan, penyebab kehadiran anarkisme di lingkungan kampus adalah tidak adanya perhatian dari kampus untuk menangani anarkisme, dan kurangnya jangkauan dari pihak kampus untuk melayani semua kebutuhan-kebutuhan dari mahasiswa. Sehingga, kampus akan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dan menciptakan lingkungan kampus yang kondusif bagi mahasiswa. Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, Arismunandar mengatakan ruang-ruang pengembangan minat bakat mahasiswa akan ditambah. Selain itu, pengembangan sektor kewirausahaan akan semakin ditingkatkan.

...dst

15 ) Kampus Diimbau Beri Nilai Keteladanan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/337

05/14/2012
Jakarta --- Perguruan tinggi sebagai komunitas akademik, sudah semestinya menggunakan pendekatan berbasis akademik untuk mengelola sumber dayanya. Pendekatan yang digunakan harus berdasarkan tujuan pendidikan tinggi, yaitu menguatkan karakter pada calon pemimpin bangsa. "Tidak boleh nilai anarsitas masuk ke kampus, kampus harus beri nilai keteladanan," demikian disampaikan Mendikbud saat melantik lima rektor, di Gedung A, Kemdikbud, Senin (14/05). Mendikbud mengimbau kepada para pemimpin perguruan tinggi untuk memahami prinsip-prinsip manajemen, birokrasi, dan berpegang teguh pada nilai dan tradisi budaya akademik. Jangan sampai demokrasi di universitas terjebak dalam demokrasi yang berbasis komunitas politik. "Perguruan tinggi berbeda dengan politik. Komunitas akademik adalah komunitas yang memegang teguh nilai-nilai akademik. Tidak semua nilai politik bisa diterapkan dkampus," ujarnya.

...dst

16 ) Laksanakan Instruksi Presiden, Kemdikbud Hemat Anggaran
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/335

05/14/2012
Jakarta -- Sesuai Instruksi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono yang mengharuskan setiap kementerian dan lembaga menghemat anggaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun telah melakukannya. "Salah satunya dengan merampingkan struktur organisasi," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seusai mengikuti kegiatan sepeda santai dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, Minggu (13/5) pagi, di Senayan, Jakarta. Untuk bidang kebudayaan, Kemdikdud merampingkannya menjadi satu direktorat jenderal saja. Sebelumnya, bidang kebudayaan di Kementerian Budaya dan Pariwisata memiliki dua direktorat jenderal. Perampingan struktur ini mencerminkan efisiensi, karena dapat berdampak pada pembiayaan. "Efisiensi anggaran harus diawali dari perencanaan, termasuk perencanaan struktur organisasi," ucap Menteri Nuh. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, Kemdikbud pada 2013 jua akan menggunakan pendekatan segi tiga. Pendekatan ini adalah gabungan dari penggunaan teknologi informasi, integrasi proses, dan berbagi sumber daya.

...dst

17 ) Sampan Berbahan Bakar Air Laut ala ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/372/629439/sampan-berbahan-bakar-air-laut-ala-its

Selasa, 15 Mei 2012 10:02 wib
JAKARTA - Kondisi lingkungan sekitar sering kali menjadi inspirasi utama datangnya inovasi. Ini pula yang mendasari lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk menghasilkan karya berupa sampan berbahan bakar air laut. Adalah Rizky fauzi, R Zainal Fatah, Iqbal Safirul Barqi, Yusuf Hasan Habibie, dan Derry Pradana. Para pemuda jurusan Teknik Fisika ITS ini menawarkan sebuah desain sampan berbahan bakar air laut melalui proses elektrolisa. Alat yang dinamakan Sea Water Electro Chemical Cell (SWECELL) tersebut akan menghasilkan listrik yang dijadikan penerangan para nelayan. Menurut Rizky, selama ini penggunaan lampu genset sebagai alternatif oleh nelayan masih belum mengurangi penggunaan bahan bakar. "Selain menelan biaya yang besar, suara bising dari genset justru mengakibatkan jauh dari keberadaan ikan. Berbeda dengan alat SWECELL. Selain ramah lingkungan alat ini juga tidak menimbulkan suara bising yang berakibat pada ikan hasil tangkapan," kata Rizky seperti disitat dari ITS online, Senin (14/5/2012).

...dst

18 ) Mahasiswa UGM Promosi Kampung Indonesia di Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629494/mahasiswa-ugm-promosi-kampung-indonesia-di-jerman

Selasa, 15 Mei 2012 11:03 wib
JAKARTA - Sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mendapat kesempatan untuk memperkenalkan beberapa Kampung Kota di kawasan Yogyakarta kepada empat universitas di Jerman. Sebanyak 12 tersebut merupakan mahasiswa program studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik UGM yang tergabung dalam kelompok studi Planogama. Mereka adalah Zeindha Hamidi, Raisa Savitri Ramadani, Nur Azizzah Irawati, Akhmad Fais Fauzi, Mayang Rahmi Novita Sari, Nur Restiani Setyaningrum, Emi Fatma Widayani, Jati Pramono, Salsabila Daniastri, Diniarsari Nur Izzati, Wahyu Kusuma Astuti, dan Rendy Adriyan Diningrat

...dst

19 ) Unika Kembangkan Game Technology
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/15/186494/Unika-Kembangkan-Game-Technology

15 Mei 2012
SEMARANG - Pemerintah melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI), mendorong pertumbuhan ekonomi melalui usaha-usaha kreatif bangsa. Hal ini bukan tanpa alasan jika melihat kontribusi industri kreatif di Indonesia yang mencapai 7% dari total pendapatan domestrik bruto negara ini. "Jika potensi kreatif bangsa ini terus dikembangkan, ada peluang besar untuk menjadi kekuatan utama dunia," kata Ketua Program Game Technology Unika Soegijapranata Semarang Dr Ridwan Sanjaya. Dia menjelaskan, Unika menjawab tantangan tersebut dengan mengembangkan Program Game Technology di bawah Fakultas Ilmu Komputer. Diharapkan dengan program ini dapat menghasilkan pengembang dan entrepreneur di bidang game yang merupakan salah satu industri kreatif yang berkembang di Tanah Air. Dukungan terhadap program ini juga diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui beasiswa unggulan untuk siswa-siswa SMA berpotensi yang lolos dalam seleksi Program Game Technology Unika Soegijapranata. Biaya pendidikan mereka selama studi akan ditanggung pemerintah.

...dst

20 ) Mahasiswa UGM Membuat Selai dari Ampas Tahu
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188376

Senin, 14/05/2012 - 13:33
YOGYAKARTA, (PRLM).- Ampas tahu sebagian besar dibuang oleh para produsen tahu, sebagian lainnya dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Sekelompok mahasiswa mencoba memfungsikan ampas tahu secara lebih produktif, dijadikan bahan dasar selai aneka rasa. Selai buatan tangan para mahasiswa UGM itu memiliki aneka rasa dan gizi tinggi terutama kandungan serat pada kacang hijau yang mencapai delapan persen atau lebih tinggi dua persen dari selai yang beredar di pasaran. "Serat tinggi itu baik dikonsumsi untuk membantu kelancaran pencernaan," kata anggota tim kreatif, Alfarisy, Senin (14/5). Mereka yang terlibat proyek kreatif ini Ahmad Muhaimin Alfarisy (Pembangunan Wilayah UGM), Dian Purnami Handayani (Teknik Kimia UGM), Friestisya Blorindayoga Hariandrie (Teknik Kimia UGM), Mudrikah (Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM) serta Ristiani Puji Lestari (Akuntansi UGM

...dst

21 ) Tak Ada Biaya, 9 Siswa Batal Ikut Lomba di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/15/373/629698/tak-ada-biaya-9-siswa-batal-ikut-lomba-di-ugm

Selasa, 15 Mei 2012 10:25 wib
WATAMPONE – Sembilan siswa SMAN I Watampone batal mengkuti lomba ilmu pengetahuan alam (IPA) dan kedokteran tingkat nasional di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, karena tidak memiliki biaya. Mereka seharusnya mewakili Provinsi Sulawesi Selatan setelah terpilih sebagai juara I dan II di ajang serupa tingkat regional pada April 2012 lalu. Shabiel Zakaria, guru pendamping siswa mengatakan, seharusnya saat ini mereka sudah berada di Yogyakarta untuk mempersiapkan diri. Sedangkan perlombaan berlangsung dua hari, 18-19 Mei. "Kami akan berusaha mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten dan provinsi agar mereka bisa berangkat," kata Shabiel kemarin. Guru IPA ini mengungkapkan, dari sembilan peserta, tiga siswa di antaranya mendapat undangan khusus dari Fakultas Kedokteran UGM untuk tur dan mendapat beasiswa selama satu tahun. Ketiga siswa berprestasi itu adalah, Akifah, Andi Devi Oktaviani, dan Kasima. "Jika tidak bisa hadir, kesempatan ini hilang," ujar dia.

...dst

22 ) Indonesia dan AS memulai kerja sama Iptek
http://www.antaranews.com/berita/310612/indonesia-dan-as-memulai-kerja-sama-iptek

Senin, 14 Mei 2012 20:51 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dan Amerika Serikat memulai kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ditandatangani kedua negara di Jakarta pada Maret 2010. "Ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang iptek oleh Indonesia dan Amerika Serikat dua tahun lalu," kata Staf Ahli Menristek Prof Dr Amin Subandrio pada The First Indonesia US Joint Committee Meeting (JCM) on Science and Technology di Jakarta, Senin. Disebutkan Amin, pertemuan ini sangat spesial karena kedua belah pihak telah menunggu selama dua tahun untuk kegiatan ini dimana akhirnya peneliti Indonesia dan Amerika Serikat dapat mengadakan JCM untuk mengembangkan kerja sama yang prospektif dan strategis. Kerja sama tersebut meliputi bidang iptek kesehatan, teknologi pertanian, serta kelautan, keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim yang sengaja dipilih karena kedua negara menganggap ketiga bidang itu sangat penting. "Setelah pertemuan dua hari ini, kami akan menghasilkan Action Plan yang dalam sebulan diharapkan sudah selesai dan kerja sama segera dimulai," katanya.

...dst

23 ) Wamendikbud: karakter tidak terbentuk otomatis
http://www.antaranews.com/berita/310642/wamendikbud-karakter-tidak-terbentuk-otomatis

Selasa, 15 Mei 2012 02:17 WIB
Denpasar (ANTARA News) - Karakter tidak terbentuk secara otomatis, tetapi dapat dibangun secara perlahan melalui proses belajar berkelanjutan, baik secara teoritis keilmuan maupun praktik, kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim."Pendidikan karakter memberikan solusi jangka panjang bagi kualitas generasi muda sehingga mampu menghadapi tantangan setiap bangsa pada masa depan," kata Kasim di Denpasar, Senin. Hal tersebut disampaikan saat dirinya membuka Konferensi Internasional "South East Asia School Principal Forum" (SEASPF) Best Practice ke-3 yang diikuti 200 kepala sekolah dari 11 negara Asia Tenggara dan satu Asia Timur di Denpasar, 14--17 Mei 2012. Negara hadir adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Korea Selatan. Menurut dia, siswa di Indonesia menghabiskan hampir seluruh masa muda di ruang kelas dan hal itu merupakan kesempatan emas untuk menjelaskan dan memperkuat dasar nilai-nilai karakter positif pada para siswa. Di sekolah, pendidikan karakter dicapai melalui pendekatan komprehensif yang mencakup kualitas emosional, intelektual, dan moral, serta di lingkungan sekolah.

...dst

24 ) Beasiswa 10 Juta untuk 10 Pendaftar Pertama
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/11295556/Beasiswa.10.Juta.untuk.10.Pendaftar.Pertama

Selasa, 15 Mei 2012 | 11:29 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Untuk menarik minat para lulusan SMA dan sederajat, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) STIKMA Internasional, Kota Malang, Jawa Timur, menyediakan beasiswa senilai Rp 10 juta untuk 10 pendaftar yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. "Bagi calon mahasiswa baru disini, untuk 10 pendaftar berprestasi dapat beasiswa Rp 10 juta. Mau mendaftar saja sudah mendapat beasiswa, apalagi kalau sudah masuk dan aktif dalam perkuliahan nanti," jelas Edy Kadarwanto, Humas STT STIKMA Internasional, Selasa (15/5/2012).  Menurut Edy, sepuluh beasiswa tersebut akan diberikan kepada seluruh mahasiswa baru pada berbagai jurusan. Beasiswa lain juga tersedia selama masa perkuliahan. Antara lain beasiswa bantuan belajar, beasiswa peningkatan prestasi akademik, dan beasiswa dari yayasan.

...dst

25 ) Penerimaan PNS Bergantung APBD 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495012/38/

Tuesday, 15 May 2012
JAKARTA – Meskipun pemerintah akan menerima 125.000 pegawai negeri sipil (PNS) baru, tidak semua daerah bisa mengajukan rekrutmen. Hanya daerah yang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya di bawah 50% yang boleh mengajukan untuk menerima CPNS. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan- RB) Eko Prasojo mengatakan, penerimaan PNS tahun ini dibuka untuk tenaga honorer kategori 1 (K1) dan reguler,di mana diprioritaskan bagi tenaga pendidik,kesehatan, dan tenaga mendesak lainnya. "Untuk K1,daftarnya sudah dipublikasikan dan tinggal menuju persetujuan wakil presiden yang disusun dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Tenaga Honorer,"kata Eko kepada SINDOkemarin. Bagi pemerintah yang akan mengajukan formasi CPNS, Kemenpan-RB akan menganalisis apakah APBD-nya di bawah 50% atau tidak.Hal ini tertuang dalam Surat Edaran No B/027/M.PAN&RB/4/2012 tertanggal 4 April 2012 kepada gubernur,bupati,dan wali kota. Kebijakan ini diambil karena jika belanja pegawainya terlalu besar maka akan menyedot anggaran terlalu banyak.

...dst

Berita Edukasi, 14 Mei 2012

1 ) Pemerintah Diminta Fasilitasi Akreditasi PT

Senin, 14 Mei 2012 | 10:31 WIB
SEMARANG, KOMPAS - Jelang 16 Mei 2012, masih ada program studi di perguruan tinggi yang belum diakreditasi. Program studi yang belum terakreditasi dilarang menerbitkan ijazah. Pemerintah diminta memfasilitasi hal itu. Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Paling lambat 16 Mei 2012, seluruh program studi (prodi) di perguruan tinggi (PT) harus terakreditasi. Hingga kini, masih banyak prodi di PT yang belum terakreditasi. "Kami meminta pemerintah mengeluarkan semacam surat edaran untuk menyikapinya. PT bisa melanggar undang-undang dan dikenai denda hingga Rp 1 miliar jika tak mengeluarkan ijazah," kata Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi di Jateng dan DIY Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/5) malam. PT sudah didorong agar sebelum 16 Mei 2012 memasukkan berkas permohonan akreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan demikian, setidaknya status program studi sudah dalam proses akreditasi.

...dst

2 ) Siap Publikasi Hasil Verifikasi
Mendikbud: Program Bidik Misi Masih Baru, Wajar Jika Ada yang Keliru
Senin, 14 Mei 2012 , 07:14:00
JAKARTA - Teka-teki penyimpangan penyaluran beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) di Universitas Sumatera Utara (USU) sebentar lagi terkuak. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso menuturkan, besok atau lusa hasil investigasi selesai dan siap dipublikasi. Meskipun laporan resmi belum dikeluarkan, mantan rektor ITB itu sudah bisa memperkirakan hasil investigasi. "Kalau ada yang menyimpang, jumlahnya tidak banyak," ujar Djoko setelah nggowes bersama keluarga besar Kemendikbud kemarin pagi (13/5). Menurut perhitungannya, paling banter nanti jumlah penyaluran bidik misi yang tidak tepat sasaran sekitar 20 kursi. Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan, hasil investigasi nanti bersifat terbuka atau bukan rahasia. Dia mempersilahkan masyarakat mengetahui perkembangan penyaluran bidik misi yang sesungguhnya. Menurutnya dengan mempublikasi hasil verifikasi itu sudah menjadi sanksi sosial bagi kampus yang bersangkutan. Dia menegaskan lingkungan akademik seperti kampus tidak perlu sanksi yang aneh-aneh. "Cukup dipublikasi itu malunya bukan main. Kalau mencopot rektor itu saya rasa berlebihan," ucapnya.

...dst

3 ) Bidikmisi Banyak Salah Sasaran

14 Mei 2012
Semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diminta untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program beasiswa Bidikmisi. Pasalnya, program yang sejatinya memberikan beasiswa bagi siswa miskin berprestasi, namun pada kenyataannya masih banyak yang salah sasaran. "Kami sudah instruksikan kepada perguruan tinggi untuk melakukan cek ulang kepada penerima program Bidikmisi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, Minggu (13/5).  Bahkan, dirinya pun mengakui realisasi pelaksanaan program tersebut masih belum tepat sasaran. Masih ada mahasiswa yang tidak memenuhi kriteria, namun mendapatkan beasiswa tersebut."Memang ada anak dosen dari perguruan tinggi yang diterima dalam program Bidikmisi, tetapi jumlahnya tidak banyak," akunya.

...dst

4 ) SNMPTN - Peserta Diimbau Cermat Isi Pendaftaran

Monday, 14 May 2012
BANDUNG–Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Kota Bandung, mencatat hingga Sabtu (12/5) lalu, sebanyak 2.074 telah membeli formulir pendaftaran. Terdiri dari 638 pembeli formulir kelompok IPA,973 kelompok IPS, sementara kelompok IPC telah terjual sebanyak 463 formulir.Panlok SNMPTN Bandung mengimbau kepada para peserta, untuk lebih hati-hati dalam mengisi biodata orang (Borang) pendaftaran online. "Dalam pengisian Borang terdapat beberapa hal yang jika telah dipilih dan disetujui oleh calon peserta, maka hal tersebut tidak dapat diubah. Ketentuan ini berlaku dalam pemilihan kelompok ujian dan panlok tempat mengikuti ujian," ujar Sub Bidang Informasi dan Humas Panlok SNMPTN Bandung Weny Widyowati. Dia menekankan, pada pengisian kelompok ujian dalam halaman pertama SNMPTN saat log-in, diisi berdasarkan Program Studi (Prodi) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih termasuk dalam kelompok ujian yang mana, bukan berdasarkan jurusan pada saat SMA. Oleh karena itu, lanjutnya, calon peserta diharapkan mencari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan prodi pada PTN yang diminati termasuk persyaratan kelompok ujian. 

...dst

5 ) 2013, UN Jadi Syarat SNMPTN Undangan  

Monday, 14 May 2012
SEMARANG– Perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Jateng dan DIY menyepakati nilai ujian nasional (UN) sebagai acuan yang digunakan pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan. Dengan demikian, tahun depan SNMPTN jalur undangan tidak lagi menggunakan nilai rapot pada semester tertentu seperti yang selama ini diberlakukan. Ketua Badan Kerja Sama (BKS) PTN dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Jateng-DIY Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan agar tahun depan yang digunakan adalah nilai hasil UN siswa. bukan nilai rapot semester III–IV.  "Usulan ini bukan bermaksud tidak menghargai jerih payah sekolah, tapi nilai UN itu berstandar nasional. Ini berbeda dengan penggunaan nilai rapot yang menjadi dasar masuk SNMPTN jalur undangan,"papar Rektor Unnes itu seusai Rapat Koordinasi BK SPTN- Kopertis Jateng-DIY akhir pekan lalu. Ungkapan senada juga disampaikan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Sudharto P Hadi.

...dst

6 ) Pemerintah Terima 125.000 PNS  

Monday, 14 May 2012
PALEMBANG– Pemerintah menerima 125.000 pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini. Perinciannya, 50% diambil dari tenaga honorer dan sisanya melalui jalur umum. Untuk jalur umum, syaratnya ada analisis jabatan yang diperlukan. Dalam penerimaan PNS ini, pemerintah akan melakukan tes terbuka bekerja sama dengan 10 universitas. "Jumlah PNS di Indonesia ini sekitar 4,5 juta orang, tetapi distribusinya sangat buruk. Ada daerah yang kelebihan,sedangkan di tempat lain kekurangan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan- RB) Azwar Abubakar dalam acara pelatihan wirausaha Maju Bersama PAN (MaPAN), yang diselenggarakan Partai Amanat Nasional (PAN) di Gedung Auditorium Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) kemarin. Menurut Azwar Abubakar, saat ini ada tiga soal besar yang dihadapi Indonesia dan harus diselesaikan secepatnya.Ketiga soal ini adalah maraknya korupsi, birokrasi terlalu gemuk, dan infrastruktur tidak memadai atau masih kurang. Khusus untuk birokrasi,Azwar menuturkan, akan dilakukan perbaikan dengan memangkas bidang-bidang yang tidak diperlukan.Tujuan dari reformasi birokrasi adalah menciptakan birokrat yang bersih dan kompeten, yakni bersih dari pengaruh KKN dan politik. 

...dst

7 ) Kulit Petai Antioksidan Alami

14 Mei 2012
Surabaya, Kompas - Minyak goreng bekas mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas itu dapat dihilangkan dengan senyawa fenolik dari kulit petai segar. Manfaat kulit petai sebagai antioksidan alami minyak goreng merupakan hasil penelitian Gideon Fransisco (22), mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Jawa Timur. Gideon merupakan salah satu wisudawan UKWMS terbaik periode I tahun 2012. "Kulit petai sebagai antioksidan alami jauh lebih menyehatkan daripada antioksidan sintesis yang dipakai minyak goreng di pasaran," kata Gideon, Jumat (11/5), di Surabaya. Dengan sari kulit petai, warna minyak bekas yang semula hitam menjadi lebih jernih. Bau tengik pun hilang. Gideon memanaskan kulit petai bersama pelarut etanol. Setelah mencapai 82 derajat celsius, senyawa fenolik bisa dipisahkan.
Hasil ekstrasi kulit petai berupa kristal berwarna coklat. Kristal-kristal itu kemudian dipanaskan bersama minyak bekas pada suhu 180 derajat celsius. Minyak dapat digunakan lagi hingga tiga kali penggorengan.

...dst

8 ) UNDIP Bangun Pusat Penelitian Geothermal

Senin, 14 Mei 2012 | 15:03 WIB
Kompas.com - Universitas Diponegoro Semarang membangun Pusat Penelitian Geothermal yang dikelola Fakultas Sains dan Matematika untuk meneliti potensi panas bumi di Indonesia. Pusat penelitian geothermal ini diharapkan bisa membantu meningkatkan penggunaan energi terbarukan. "Pembangunan Gedung Geofisika dan Pusat Penelitian Geothermal dimulai hari ini dan ditargetkan rampung November 2012," kata Dekan Fakultas Sains dan Matematika Undip Dr M. Nur usai peletakan batu pertama di gedung geofisika dan pusat peneiltian geothermal Undip di Semarang, Senin. Nur menjelaskan, energi dari fosil suatu saat akan habis karena pemakaian yang besar sehingga perlu terobosan untuk menggunakan energi baru terbarukan, termasuk penggunaan energi panas bumi (geothermal). "Kalau kami melihat potensi energi panas bumi di Jawa Tengah ini ada di kawasan Dieng, Wonosobo dan Ungaran, Kabupaten Semarang. Pusat Penelitian Geothermal ini diharapkan bisa membantu," katanya.
    
...dst

9 ) Workshop Penguatan Pemberdayaan Kelembagaan dan Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi 

Saturday, 12 May 2012 13:18 
Batam, 12 Mei 2012-- Perguruan tinggi dalam era globalisasi merupakan salah satu kunci terbangunnya peradaban bangsa, karena di perguruan tinggi lah sumber daya manusia dididik untuk mengaplikasikan kemampuannya ditengah masyarakat. Hal tersebut dipaparkan oleh Prof. Nizam, Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi, terkait Reformasi Pendidikan Tinggi pada sesi Arah Pengembangan Pendidikan Tinggi dalam kegiatan Workshop Penguatan Pemberdayaan Kelembagaan dan Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi. Workshop ini dilaksanakan oleh Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Pendidikan Tinggi selama tiga hari dari tanggal 11 s.d. 13 Mei 2012 di Batam.

...dst

10 ) Tim Universitas Sydney kunjungi Jakarta dan Makassar

Minggu, 13 Mei 2012 | 20:32 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com- Sebuah tim dari Universitas Sydney (Usyd) yang dipimpin rektornya, Prof Marie Bashir, akan berkunjung ke Jakarta dan Makassar mulai hari Senin (14/5/2012) besok. Kunjungan delegasi akademis tingkat tinggi ini dimaksudkan untuk lebih memperkuat hubungan dan kemitraan di bidang pendidikan dengan Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara. Dalam kunjungan ini, Prof Bashir yang juga Gubernur Negara bagian New South Wales (NSW) akan disertai oleh pembantu rektor, dan dekan dari berbagai fakultas di Usyd, serta didampingi Konjen RI di Sydney, Gary Jusuf maupun Atase Pendidikan KBRI Aris Junaedi. Dalam keterangan pers yang dikeluarkan KJRI Sydney, hari ini, rombongan akan bertemu dengan beberapa pihak, antara lain dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melakukan penandatanganan MOU dengan Dikti, Universitas Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta.

...dst

11 ) Universitas Sydney Bangun Pusat Studi Inovatif di Indonesia

Senin, 14 Mei 2012 | 11:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Sidney, Australia, resmi membentuk The Sydney Southeast Asia Centre (SSEAC), Senin (14/5/2012/), di Jakarta. SSEAC merupakan sebuah wadah yang menampung 179 akademisi dari universitas tersebut untuk bekerja di bidang penelitian, peningkatan kapasitas dalam berbagai bidang dari kedokteran hewan, hingga warisan budaya dan kesenian di kawasan Asia tenggara. Vice Chancellor the University of Sidney Engagement with Indonesia, Michael Spence mengatakan, dengan berdirinya pusat studi inovativ ini diharapkan dapat membantu peranan Australia dalam menghadapi tantangan di kawasan di kawasan Asia Tenggara yang kian hari semakin umit.

...dst

12 ) Forum Pendidikan Tinggi Asia Tenggara

Senin, 14 Mei 2012 11:33 wib
JAKARTA - Salah satu tantangan dalam internasionalisasi pendidikan tinggi adalah tentang kebutuhan publik atas lulusan berbagai perguruan tinggi. Guna menjawab tantangan tersebut, perwakilan berbagai perguruan tinggi Tanah Air berkumpul dalam Forum Pendidikan Tinggi besutan University of Sydney, hari ini. Menurut Prof. Anthony Welch dari University of Sydney, Australia,  ekspansi besar-besaran di bidang pendidikan tinggi telah menimbulkan pertanyaan di sekitar isu kualitas, pertanggungjawaban publik, keuangan, dan perubahan komposisi antara swasta dan negeri. "Tetapi pemerintah beberapa negara Asia Tenggara telah membangun berbagai program untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi tersebut," kata Welch dalam Forum Pendidikan Tinggi di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (14/5/2012). 

...dst

13 ) Makassar Akan Jadi Pusat Keunggulan KTI

Senin, 14 Mei 2012 10:01 wib
MAKASSAR – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta berjanji akan mendorong Makassar menjadi salah satu pusat unggulan (center of excellent) di Indonesia. Selama ini kita baru memiliki satu pusat keunggulan, yakni kelapa sawit di Sumatera Utara (Sumut). "Pada 2014, di Koridor IV kita harapkan sudah ada satu pusat keunggulan," kata Gusti Muhammad Hatta ketika membawakan kuliah umum di Aula Rumah Sakit Unhas, akhir pekan lalu. Dalam orasi berjudul "Pusat Unggulan", mantan Wakil Rektor I Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin tersebut mengatakan, meski saat ini dana penelitian hanya 0,08 persen dariGross Domestic Product (GDP), namun pihaknya terus mendorong berbagai pihak bisa menampilkan keunggulan. Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan menyertakan seluruh pejabat di bawah koordinasinya berkunjung ke daerah-daerah guna menjajaki kemungkinan kemitraan dengan berbagai pihak. 

...dst

14 ) Kuliah di Indonesia, lulus di Perancis

Senin, 14 Mei 2012 07:16 WIB 
London (ANTARA News) - Kuliah di Indonesia dan lulus di Perancis saat ini sudah bukan hal yang mustahil.. Bahkan mahasiswa yang mengikuti jalur ini akan memperoleh dua gelar sekaligus, satu dari perguruan tinggi di Perancis dan satunya lagi dari perguruan tinggi di Indonesia. Demikian diungkapkan Atase Pendidikan pada KBRI Paris Syafsir Akhlus dalam pertemuannya dengan Bertrand de Hartingh, Conseiller de Coop'ration et d'Action culturelle Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia yang berkunjung ke KBRI Paris, baru-baru ini. Menurut Syafsir Akhlus dalam keterangannya kepada ANTARA London, Senin salah satu agenda yang dibahas adalah evaluasi dan perbaikan mekanisme program Gelar Ganda (Double Degree) pada tingkat Strata dua (Master) antara Perguruan Tinggi di Indonesia dan Perguruan Tinggi di Perancis. Dikatakannya pada saat ini, mahasiswa yang ikut program Gelar Ganda tersebut menyelesaikan tahun pertama Master (M1) di Perguruan Tinggi Indonesia sambil mempersiapkan Bahasa Perancis. Setelah menyelesaikan M1, mahasiswa tersebut melanjutkan tahun kedua Master (M2) di Perguruan Tinggi Perancis.

...dst

15 ) Kerja Sama Internasional UMY - Mahasiswa Dampingi Pasien Leukimia Thailand  

Monday, 14 May 2012
YOGYAKARTA – Mahasiswa profesi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSIK UMY) memberikan perawatan kepada sejumlah pasien anak-anak pengidap leukemia di Srinagarind dan Khon Kaen Hospital,Thailand. Perawatan yang dilakukan berupa pemberian obat, pelayanan kebutuhan dasar, serta membantu pasien menjalani kemoterapi."Kegiatan ini yang pertama kalinya kami laksanakan. Sebab,selama ini mahasiswa dari Thailand yang ke UMY. Kini giliran UMY yang mendatangi Thailand," kata Ketua Prodi PSIK UMY Sri Sumaryani M Kep Mat kemarin.  Dia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan proses pembelajaran serta kompetensi keperawatan dan praktik di RS Thailand.  

...dst

16 ) Mahasiswa FT-UGM Gelar Festival Kota Gajah Mada

Senin, 14 Mei 2012 | 06:40 WIB
YOGYAKARTA KOMPAS.com - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan menggelar Festival Kota Gadjah Mada atau Festagama 2012 di Yogyakarta, 24-25 Mei 2012. "Festagama 2012 merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk mengampanyekan kehidupan kota yang humanis dan baik bagi masyarakat," kata Ketua panitia penyelenggara Festagama 2012 Wildan di Yogyakarta, Senin (14/5/2012). Menurut dia, kota berperan penting dalam mewadahi setiap aktivitas dan interaksi penduduk, serta kemampuannya untuk merangkul dan berlaku adil pada semua kalangan secara menyeluruh, baik dari aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan hidup. "Dengan semakin gencarnya kampanye tentang pembangunan berkelanjutan di berbagai belahan dunia, seolah menjadi angin segar yang mampu mematahkan paradigma pembangunan konvensional," katanya.

...ds

17 ) Unika Beri Fasilitas Penelitian Bagi Guru  

Monday, 14 May 2012
SEMARANG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata memberikan fasilitas dan pendampingan penelitian bagi guru dalam waktu tertentu agar dapat menemukan potensi dirinya melalui workshop. Fasilitas ini diberikan kepada guru SMA, SMK, dan SMP di Semarang. Sekolah dan guru membutuhkan penelitian tindakan kelas agar kreativitas individu tercipta dengan memanfaatkan lingkungan kelas. Sementara sekolah menjadi media yang perlu diteliti. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Andreas Lako menuturkan, guru dituntut dapat memberikan nilai-nilai kehidupan, bersikap tegas dan keras dalam menyemangati siswa.Tapi juga dituntut mampu menunjukkan nilai kemanusiaan yang akan membekas pada kehidupan siswa kelak. 

...dst

18 ) Mendikbud Lantik Rektor UNM Hari Ini

Senin, 14 Mei 2012 09:32 wib
MAKASSAR – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dijadwalkan akan melantik rektor terpilih Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Arismunandar di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, hari ini. Arismunandar kembali terpilih menahkodai UNM periode 2012-2016 setelah berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan rektor pada awal Maret lalu. "Ya benar. Besok (hari ini) kami diundang untuk pelantikan yang akan dipimpin langsung Pak Menteri. Saya baru sampai ini di Jakarta," kata Arismunandar saat dihubungi via ponselnya, tadi malam. 

...dst

19 ) Yanuar Karim Rektor Terpilih Universitas Negeri Padang

Senin, 14 Mei 2012 | 14:09 WIB
Kompas.com - Prof. Yanuar Kiram  terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2012-2016 pada pemilihan tahap akhir oleh senat dan perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung di ruang senang UNP, Senin (14/5).  Menurut Ketua Senat  UNP Prof. Z Mawardi  Effendi di Padang, dalam pemilihan yang berlangsung demokratis itu Yanuar Kiram berhasil meraih 43 suara diikuti Syamsul Amar 39 suara dan Nizwardi Jalinus 25 suara, dengan total suara yang diperebutkan sebesar 107. Ia merinci  dari 107 suara tersebut sebanyak 70 suara atau 65 persen  berasal dari anggota senat dan 37 suara atau 35 persen berasal dari Kemdikbud yang diwakili oleh  Direktur Ketenagaan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriadi Rustad.

...dst

20 ) MWA harapkan IPB harmonis dan dinamis

Minggu, 13 Mei 2012 19:33 WIB 
Bogor (ANTARA News) - Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengharapkan perguruan tinggi negeri tersebut semakin harmonis dan dinamis, agar dapat menjawab tantangan dan permasalahan di bidang pertanian."Kami akan terus melakukan advokasi agar IPB tidak saja harmonis, tapi juga dinamis, karena harapan bangsa Indonesia di bidang pertanian sangat besar," kata Ketua Majelis Wali Amanat IPB Prof Dr Ir Muhamad Achmad Chozin, MAgr, di Bogor, Jawa Barat, kemarin.Menurut Chozin, salah satu yang menjadi tantangan IPB adalah bagaimana untuk makin menumbuhkan minat pemuda-pemudi Indonesia di bidang pertanian. Chozin mendapat kepercayaan menjadi ketua MWA IPB dalam pemilihan yang berlangsung di Bogor, Jumat. Dalam pemilihan tersebut, Dirut Perum LKBN ANTARA Dr Ahmad Mukhlis Yusuf terpilih sebagai wakil ketua MWA IPB, sedangkan sekretaris Prof Dr Ir Rizal Sjarief Nazli. MWA baru IPB ini merupakan MWA transisi hingga Juli 2013, terkait PP Nomor 66 dan RUU Perguruan Tinggi.

...dst

21 ) LIPI Bangun Inkubator Teknologi

Jumat, 11 Mei 2012 | 18:52 WIB
CIBINONG, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun Inkubator Teknologi di Cibinong Science Center, Cibinong, Jawa Barat.Peletakan batu pertama Gedung Inkubator Teknologi tersebut dilakukan, Jumat (11/5/2012). Gedung berada di tanah seluas 5,7 hektar dengan luas bangunan 1 hektar. Deputi Jasa Ilmiah LIPI, Fatimah Z Padmadinata, mengatakan, "Inkubator teknologi ini diharapkan bisa menjadi penyambung antara kegiatan penelitian dan komersialisasi." Pembangunan Inkubator Teknologi juga akan memperkaya wilayah Cibinong. Jika sebelumnya hanya menjadi pusat penelitian ilmu hayati, kawasan Cibinong kini bisa berkembang menjadi kawasan bisnis berbasis hayati. Kepala Pusat Inovasi LIPI, Bambang Subiyanto, mengatakan, "Inkubator akan menjadi tempat pertemuan akademisi, pebisnis dan pemerintahan, dalam hal ini LIPI dan Pemda."

...dst

22 ) Hak Paten Produk dari Indonesia Sangat Minim

Minggu, 13/05/2012 - 17:12
YOGYAKARTA, (PRLM).- Hak paten produk dari Indonesia di lembaga internasional hanya sembilan item. Jumlah ini sangat kurang untuk mengantarkan produk-produk Indonesia yang inovatif diakui di kancah internasional dan bersaing dalam pasar terbuka. Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan Djojosoegito menyatakan jumlah hak paten produk Indonesa tersebut tertinggal jauh dibanding hak paten yang diraih oleh negara lain. Saat kuliah umum di Universitas Islam Indonesia (UII), yang dirilis hubungan masyarakat, Minggu (13/5/12), dia menyebut hak paten yang dimilik Cina sebanyak 60 ribu item, Jepang 80 ribu item. Semakin banyak paten milik negara tertentu, menunjukkan semakin kreatif dan inovatif produk mereka. Masalah hak paten, menurut dia, tidak bisa dipandang sebelah mata, harus didorong secara simultan supaya karya inovatif makin banyak dan diakui lembaga-lembaga internasional. Ini sangat membantu secara ekonomi dalam kaitan pasar maupun memposisikan kemajuan negara di antara negara-negara inovatif seperti Cina, Jepang serta negara-negara lain seperti Jerman dan Amerika Serikat.

...dst

23 ) Mahasiswa Akaba 17 Raih Beasiswa Nederlandse Taalunie

14 Mei 2012 
Berkat jalinan kerja sama antara Akademi Bahasa (Akaba) 17 Semarang dengan Nederlandse Taalunie (NTu) selama 23 tahun ini, mahasiswa Akaba 17 Semarang setiap tahun mendapat beasiswa untuk belajar di Belanda atau Belgia.Seperti tahun 2011 dan 2012, dua mahasiswa Akaba 17 Semarang mendapat kesempatan belajar bahasa Belanda di Universitas Gent Belgia selama sebulan. Ketua Prodi Bahasa Belanda Akaba 17 Semarang Dr Widjajanti Dharmowijono mengatakan, setiap tahun mahasiswa dari Prodi Bahasa Belanda Akaba 17 rutin mendapat beasiswa dari NTu. Hal ini karena kerja sama yang telah berlangsung lama antara kedua belah pihak.

...dst

24 ) Mendikbud: Kampus Adalah Agen Peradaban

Senin, 14 Mei 2012 12:59 wib
JAKARTA - Perkembangan ilmu pengetahuan dalam era globalisasi menggiring manusia dalam perlombaan melawan kepunahan. Salah satu cara mengantisipasi hal tersebut adalah melalui pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memaparkan, peradaban manusia kini diukur melalui pengetahuan yang bertumbuh pesat. "Pertumbuhan ini menekankan pentingnya pendidikan tinggi dalam memastikan sebuah negara bertahan dalam peradaban baru dunia. Hal ini sesuai fungsi pendidikan tinggi sebagai institusi yang menumbuhkan, merawat, dan mentransmisikan pengetahuan dalam masyarakat yang lebih luas," kata Nuh, dalam Forum Pendidikan Tinggi di Hotel Four Seasons, Jakarta, hari ini Senin (14/5/2012).

...dst

25 ) 4.000 Orang Ikut Jalan Sehat dan Sepeda Santai

05/13/2012
Jakarta --- Dalam rangkaian acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan kegiatan jalan sehat dan sepeda santai. Kegiatan ini diikuti setidaknya 2.500 pegawai di lingkungan Kemdikbud, baik pegawai negeri sipil maupun tenaga lepas, dan tamu undangan dari 17 kementerian dan lembaga yang mengelola anggaran fungsi pendidikan, serta dari 97 perguruan tinggi. Diperkirakan total peserta mencapai 4.000 orang. Kepala Biro Umum Kemdikbud M. Qodrat Wisnu Aji mengatakan, dukungan berbagai pihak untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar. Terlihat dari animo peserta yang luar biasa, juga bisa dilihat dari dukungan doorprize yang disediakan. "Ada 2 paket umroh, 4 unit motor, 13 unit sepeda, berbagai tabungan, dan 37 bingkisan dari mitra Kemdikbud," katanya, Minggu (13/05).

...dst

26 ) Indonesia Tuan Rumah Kongres Pustakawan

SENIN, 14 MEI 2012 | 12:21 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Sekretaris Jenderal Kongres Pustakawan Asia Tenggara (Congress of Southeast Asian Librarian / Consal) XV, Woro Titi Haryanti, mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah kongres tersebut tahun ini. Kongres tiga tahunan tersebut, akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 28-31 Mei 2012. "Ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah," kata Woro di Perpustakaan Nasional Senin, 14 Mei 2012. Woro menyatakan kongres yang dilaksanakan tiga tahun sekali itu akan dihadiri 800 orang. Sebanyak 500 orang sudah mendaftar secara online, sedangkan peserta lainnya akan mendaftar onsite.

...dst

27 ) Dana Kecil, Perpustakaan Nasional Gandeng Swasta  

SENIN, 14 MEI 2012 | 13:28 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih mengatakan kerja sama pengelolaan perpustakaan milik pemerintah dengan swasta disebabkan kurangnya dana. "Anggaran relatif stagnan, yaitu sekitar Rp 430 miliar per tahun," kata Sri pada Senin, 14 Mei 2012. Menurut dia, Perpustakaan Nasional membutuhkan anggaran sekitar Rp 1 triliun per tahunnya untuk mencukupi kebutuhan operasional. Sri mengemukakan setiap daerah dipersilakan bekerja sama dengan pihak swasta untuk pengembangan perpustakaan dan minat baca masyarakat. Kerja sama tersebut, kata Sri, dilakukan dalam bentukcorporate social responsibility (CSR) dengan perusahaan swasta.

...dst

Tidak ada komentar: