Cari Blog Ini

Sabtu, Maret 17, 2012

Berita Edukasi, 13-17 Maret 2012


Berita Edukasi, 17 Maret 2012

1 ) Prof Paulus Tutup Usia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/478352/

Saturday, 17 March 2012
SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang kehilangan guru besar bidang hukum pidana Prof Paulus Hadisuprapto. Guru besar Fakultas Hukum Undip ini berpulang pada Kamis (15/3) setelah sebelumnya dirawat di RS Elisabeth Semarang karena sakit. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman Undip Tembalang, kemarin. Sebagai pakar hukum pidana, Prof Paulus memiliki spesifikasi mengenai kriminologi, hukum pidana anak, penelitian hukum dan viktimologi. Semasa hidupnya, Paulus pernah menjabat menjadi Pembantu Dekan III FH, dan terakhir menjabat sebagai Ketua Program Magister Ilmu Hukum Undip. "Kami telah kehilangan guru besar yang bersahaja dan berdedikasi tinggi," ujar Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi pada sambutan pelepasan jenazah di uuditorium Undip Pleburan kemarin. (susilo himawan)

...dst

2 ) Lima Doktor UNHAS Korban Jurnal Tanpa Alamat
http://www.jpnn.com/read/2012/03/17/120935/Lima-Doktor-Korban-Jurnal-Tanpa-Alamat-

Sabtu, 17 Maret 2012 , 01:21:00
MAKASSAR - Lima doktor sekaligus calon profesor dianggap menggunakan jurnal tidak beres sebagai referensi. Mereka bahkan dianggap plagiat. Hal mengejutkan terlontar dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang mensinyalir lima dosen di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melakukan plagiat. Selain Unhas, ada 21 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia lainnya yang juga diduga melakukan pelanggaran akademik tersebut. Imbas dari kasus ini, untuk sementara waktu Dirjen Dikti tidak melayani usulan kenaikan pangkat dosen terkait. Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Dr Aswanto SH MH, yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (16/3) tidak menyangkal adanya kasus tersebut. Bahkan, dia mengaku sudah menemui Dirjen Dikti Kemdikbud bersama petinggi Unhas lainnya, termasuk Rektor Unhas, Prof Dr dr Idrus A Patturusi. Dalam pertemuannya tersebut, Aswanto dan rombongan meminta keterangan terkait adanya dugaan plagiat yang dimaksud."Kalau plagiat kan berarti ada karya asli yang dipindahkan ke dalam karya seseorang tanpa menyebutkan nama penulis. Waktu itu kami minta agar karya asli diperlihatkan untuk kami cocokkan dengan karya dosen kami yang dianggap melakukan plagiat," jelas Aswanto.
   
...dst

3 ) Unair- Biofarma akan Produksi Vaksin Flu Burung
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/16/306066/293/14/Unair-Biofarma-akan-Produksi-Vaksin-Flu-Burung

Jumat, 16 Maret 2012 23:24 WIB 
SURABAYA--MICOM: Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta menegaskan bahwa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bersama Biofarma akan memproduksi vaksin flu burung pada 2013. "Kami sedang menyusun sistem untuk mempertemukan akademisi, bisnis/industri, dan pemerintah," katanya di sela-sela kunjungan ke Laboratorium Bio Safety Level 3 (BSL3), Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi (RSPTI), dan Insitute of Tropical Disease (ITD) Unair Surabaya, Jumat (16/3). Didampingi Wakil Rektor I Unair Prof Dr Syahrani MS Apt, ia mencontohkan upaya mempertemukan peneliti flu burung Unair dengan Biofarma. "Karena itu, Indonesia akan dapat memproduksi vaksin itu pada tahun 2013," katanya.

...dst

4 ) Unair: keterwakilan perempuan belum proposional
http://www.antaranews.com/berita/301759/unair-keterwakilan-perempuan-belum-proposional

Jumat, 16 Maret 2012 22:48 WIB
Malang (ANTARA News) - Pusat Studi Hak Azasi Manusia (Pusham) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyebutkan, keterwakilan perempuan di DPRD wilayah Jawa Timur belum proposional, sebab jumlahnya masih 13,91 persen dari total seluruh anggota dewan. Salah satu anggota Pusham yang juga Dosen FISIP Unair M Junus di Malang, Jumat mengatakan, berdasarkan penelitian Pusham Unair, dari total 1.678 anggota dewan di 38 kabupaten/kota Jawa Timur, jumlah anggota dewan dari kalangan perempuan hanya 234 orang atau 13,91 persen. "Jika mengacu pada Undang-undang nomor 10 tahun 2008 yang mengatur tentang keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen, maka jumlah itu kurang proposional," kata Junus dalam kegiatan "Pelatihan Wartawan Mengenai Gender". Ia mengaku, dari data tersebut menunjukan jika perempuan masih jauh tertinggal dengan kaum laik-laki dalam peran serta legislatif di Provinsi Jawa Timur. Sementara dari 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur, hanya beberapa wilayah yang anggota dewan perempuannya hampir menyamai ketentuan Undang-undang.

...dst

5 ) UGM Kembangkan E-learning System For Academic Community
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/17/03254972/UGM.Kembangkan.E-learning.System.For.Academic.Community

Sabtu, 17 Maret 2012 | 03:25 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan "e-learning system for academic community" atau sistem pembelajaran elektronik untuk sivitas akademika."E-learning system for academic community (elisa) itu merupakan sebuah sistem manajemen pembelajaran yang berguna untuk membantu sivitas akademika menyelenggarakan pembelajaran melalui internet," kata Koordinator E-learning Pusat Pengembangan Pendidikan (P3) Universitas Gadjah Mada (UGM) Herman Saksono di Yogyakarta, Jumat (16/3/2012). Dalam hal ini, menurut dia, dosen dapat mengunggah bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan untuk mahasiswa. Mahasiswa dapat mengunduh bahan perkuliahan, berdiskusi, dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen.

...dst

6 ) Elisa, Pembelajaran Elektronik Versi UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/16/m0zggl-elisa-pembelajaran-elektronik-versi-ugm

Jumat, 16 Maret 2012 22:02 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan "e-learning system for academic community" atau sistem pembelajaran elektronik untuk sivitas akademika. "'E-learning system for academic community' (Elisa) itu merupakan sebuah sistem manajemen pembelajaran yang berguna untuk membantu sivitas akademika menyelenggarakan pembelajaran melalui internet," kata Koordinator E-learning Pusat Pengembangan Pendidikan (P3) Universitas Gadjah Mada (UGM) Herman Saksono di Yogyakarta, Jumat. Dalam hal ini, menurut dia, dosen dapat mengunggah bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan untuk mahasiswa. Mahasiswa dapat mengunduh bahan perkuliahan, berdiskusi, dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen.

...dst

7 ) UGM Terima Dana Bantuan Pengadaan Sepeda Kampus
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/16/306071/89/14/-UGM-Terima-Dana-Bantuan-Pengadaan-Sepeda-Kampus

Jumat, 16 Maret 2012 23:58 WIB
YOGYAKARTA--MICOM: Universitas Gadjah Mada menerima bantuan untuk pengadaan 200 unit sepeda kampus, delapan unit rak sepeda serta keperluan lainnya senilai Rp970,93 juta dari Bank Mandiri. Dari bantuan ini, sebesar Rp400 juta digunakan pengadaan 200 unit sepeda kampus dan delapan unit rak sepeda semi tertutup. "Sedangkan Rp570,93 juta dialokasikan merenovasi Gedung Center of Enterpreneurship Development atau CED," kata Direktur Institusional Banking Bank Mandiri, Abdul Rachman, Jumat (16/3), saat acara serah terima bantuan bina lingkungan sekaligus peresmian Gedung CED di Jl Asem Kranji UGM.

...dst

8 ) Kerja Sama Riset, UI Gandeng Kampus Portugal
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594396/kerja-sama-riset-ui-gandeng-kampus-portugal

Jum'at, 16 Maret 2012 15:05 wib
JAKARTA - Menjalin kerja sama pendidikan dengan berbagai lembaga internasional adalah salah satu cara perguruan tinggi meningkatkan mutu pendidikan mereka. Seperti yang dilakukan Universitas Indonesia (UI) baru-baru ini dengan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) bersama University of Minho, Portugal. Pihak UI diwakili langsung oleh Rektor UI Prof. Gumilar Rusliwa Somantri didampingi Dekan FTUI Prof. Bambang Sugiarto. Sementara perwakilan dari University of Minho adalah Prof. Antonio Gomes Correira dan Prof. Paulo Pirera.  Duta Besar Portugal untuk Indonesia Carlos Frota pun didapuk sebagai saksi dalam penandatanganan MoA tersebut. Dalam kerja sama itu, UI dan University of Minho sepakat mengadakan riset dan pertukaran mahasiswa doktoral gelar ganda.

...dst

9 ) Mahasiswa Binus University Bantu Pendataan Anak Jalanan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180946

Jumat, 16/03/2012 - 10:45
JAKARTA, (PRLM).- Keberadaan anak jalanan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Tak jarang di antara mereka dipekerjakan sebagai pengemis, pengamen, bahkan pedagang asongan. Hal ini tentu saja menjadi keprihatinan pemerintah yang sampai saat ini terus berupaya untuk mendata dan membuat program bagi kesejahteraan anak jalanan. Namun pendataan ini tidaklah mudah, karena selama ini pendataan masih dilakukan secara manual oleh pemerintah. Hal inilah yang melatarbelakangi tiga orang mahasiswa program Teknik Informatika Binus University membuat inovasi baru untuk mempermudah "Pendataan Anak Jalanan". Aplikasi yang berbasis komputer dan internet ini dipergunakan untuk menghitung jumlah anak jalanan yang tersebar dengan sistem komputerisasi. Hal ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menghitung dan mencanangkan program-program untuk kesejahteraan anak jalanan di Indonesia.

...dst

10 ) Ini Dia Cacat Pada RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594408/ini-dia-cacat-pada-ruu-pt

Jum'at, 16 Maret 2012 12:51 wib
JAKARTA - Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang direncanakan akan disahkan pada akhir Maret ini ternyata dinilai masih cacat secara akademis, ideologis, serta tidak berpihak pada kepentingan bangsa. Demikian hasil kajian Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta terhadap Draft RUU PT. Staf peneliti Pusat Studi Pancasila dan salah satu tim kajian RUU PT Hastangka menjelaskan, ada sejumlah pasal-pasal dalam RUU PT tidak memperlihatkan cara logika berpikir yang benar. Hal itu tentu mengundang banyak pertanyaan dari kalangan akademisi dan intelektual. Dia mengatakann, sebagaimana tercantum pada pasal 11 ayat (1) yang menyebutkan, rumpun ilmu pengetahuan merupakan kumpulan sejumlah pohon, cabang, dan ranting ilmu pengetahuan yang berkembang secara ilmiah dan disusun secara sistematis.

...dst

11 ) Peneliti Tak Mau Anggaran Dipotong
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/16/079390658/Peneliti-Tak-Mau-Anggaran-Dipotong

JUM'AT, 16 MARET 2012 | 14:22 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Yekti Maunati, mengatakan dana anggaran dari pemerintah untuk Pusat Penelitian Sumber Daya Regional sekitar Rp 900 juta. Uang sebesar itu dialokasikan kepada delapan tim untuk penelitian di luar negeri, sehingga satu tim mendapat sekitar Rp 100 juta. "Tim saya, Diaspora Champa, terdiri dari tiga peneliti dan satu orang administrasi, meneliti di Malaysia," kata Yekti, Jumat, 16 Maret 2012. Menurut dia, jumlah setiap tim tak sama. Setiap tim menghasilkan satu buku laporan penelitian dan beberapa makalah. Jadi, dalam satu tahun, Pusat Penelitian Sumber Daya Regional LIPI menghasilkan delapan buku. "Itu dari kumpulan laporan tiap tim yang diterbitkan," katanya.

...dst

12 ) Logam Tanah Jarang (1)
Inilah "Minyak Bumi" Abad ke-21
http://internasional.kompas.com/read/2012/03/16/11264563/Inilah.Minyak.Bumi.Abad.ke21

Jumat, 16 Maret 2012 | 11:26 WIB
KOMPAS.com- Istilah logam tanah jarang kembali mengemuka akhir-akhir ini, setelah tiga kekuatan utama ekonomi dunia, yakni AS, Jepang, dan Uni Eropa bersama-sama menggugat China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Mereka menuduh keputusan China membatasi ekspor logam tanah jarangnya bertujuan memproteksi industri teknologi dalam negerinya, dan merupakan bentuk persaingan usaha tidak sehat. Bukan kali ini saja China menggegerkan dunia dengan LTJ. Dalam salah satu krisis diplomatik terburuk antara China dan Jepang setelah Perang Dunia II tahun 2010, China mengeluarkan kartu truf yang mengagetkan sekaligus menyadarkan dunia. Negara kekuatan ekonomi kedua terbesar di dunia itu ternyata memegang kunci masa depan dunia, yakni cadangan mineral langka yang dinamakan rare earths atau logam tanah jarang (LTJ).

...dst

13 ) Inilah 10 Provinsi dengan Hasil UKA Tertinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/2212161/Inilah.10.Provinsi.dengan.Hasil.UKA.Tertinggi

Jumat, 16 Maret 2012 | 22:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya mengumumkan hasil akhir uji kompetensi awal (UKA) guru tahun 2012 yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2012 lalu. Dengan nilai rata-rata 50,1 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didaulat mendapat predikat sebagai provinsi dengan nilai rata-rata UKA tertinggi. Mendikbud Mohammad Nuh membeberkan, setelah DIY, posisi 10 besar provinsi dengan nilai rata-rata tertinggi disusul oleh DKI Jakarta (49,2), Bali (48,9), Jawa Timur (47,1), Jawa Tengah (45,2), Jawa Barat (44,0), Kepulauan Riau (43,8), Sumatera Barat (42,7), Papua (41,1) dan Banten (41,1).

...dst

14 ) Mendikbud: Perlu Peningkatan Pengawasan Sekolah
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/03/16/85234/Mendikbud-Perlu-Peningkatan-Pengawasan-Sekolah/3

Sosbud / Jumat, 16 Maret 2012 21:47 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku sangat prihatin dengan kualitas pengawasan sekolah (PS) di Tanah Air. Betapa tidak, nilai rata-rata PS menunjukkan angka yang sangat menyedihkan. "Berdasarkan hasil pemetaan dari uji kompetensi awal, nilai rata-rata PS menunjukkan angka yang menyedihkan, nilainya paling rendah di antara profesi keguruan lain," kata Nuh saat jumpa pers di kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (16/3). Nuh menjelaskan, menurut Uji Kompentensi Awal (UKA) tahun 2012, jumlah PS yang mengikuti tes berjumlah 606 orang dari 33 provinsi atau sebanyak 0,2 persen dari keseluruhan peserta. Mereka terdiri dari guru taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Nilai rata-rata untuk pengawas hanya 32,58. Sedangkan nilai terendah 10 dan tertinggi 72. Nilai tersebut yang paling rendah di antara nilai rata-rata peserta dari guru sekolah. Nilai rata-rata berdasarkan urutan adalah TK 58,87; SD 36,86; SMP 46,15; SMA 51,35; dan SMK 50,02; serta SLB 49,07.

...dst

15 ) Pemerintah Rekrut 139.878 Ribu CPNS
Untuk Mengisi Kursi Kosong PNS Pensiun
http://www.jpnn.com/read/2012/03/17/120946/Pemerintah-Rekrut-139.878-Ribu-CPNS-#

Sabtu, 17 Maret 2012 , 06:21:00
JAKARTA - Informasi soal penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) terus berubah. Yang terbaru, tahun ini pemerintah akan merekrut 139.878 CPNS baru. Kuota itu akan dipenuhi dari pegawai honorer kategori I (digaji APBN dan APBD), pegawai honorer kategori 2 (digaji non APBN dan non APBD), serta pendaftar umum. Mereka akan menggantikan PNS yang memasuki pensiun tahun ini. Berdasar catatan di Badan Kepegawaian Negara (BKN), tahun ini ada 23.152 PNS instansi pusat yang pensiun. Sedangkan untuk PNS di instansi daerah berjumlah 116.726 orang. Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat mengatakan, pemerintah memang sudah berkomitmen untuk menutup kursi yang ditinggal pensiun pemiliknya itu dengan mengangkat PNS baru. Skenario awal adalah mengoptimalkan tenaga honorer Kategori 1 (K1) yang sudah diverifikasi. Jika masih kurang, akan ditambah dari honorer Kategori 2 (K2). Kemudian juga merekrut CPNS baru dari pendaftar umum.

...dst

16 ) Dilarang Praktik, Tukang Gigi Terancam Penganggur
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120900/Dilarang-Praktik,-Tukang-Gigi-Terancam-Penganggur-

Jum'at, 16 Maret 2012 , 14:11:00
SAMPIT – Kebijakan pemerintah yang akan menertibkan dan melarang tukang gigi membuka praktik bakal berdampak besar terhadap sejumlah tukang gigi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sejumlah tukang gigi di wilayah ini terancam menganggur akibat kebijakan tersebut, pasalnya, menjadi tukang gigi merupakan mata pencaharian utama para ahli gigi tanpa latar belakang pendidikan kesehatan resmi tersebut.  "Kalau saya dilarang membuka praktik, sama saja mematikan pangan saya dan mematikan perekonomian saya. Saya tidak ada pekerjaan lain lagi selain membuka praktik tukang gigi," kata Husni Nafari (50), salah seorang tukang gigi yang membuka praktik di jalan Buntok, Sampit. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 1871/Menkes/ Per/IX/2011 tentang Pencabutan Peraturan menteri Kesehatan Nomor 339/Menkes/Per/v/1989 tentang Pekerjaan Tukang Gigi/Ahli Gigi yang intinya adalah Tukang Gigi/ Ahli Gigi tidak bisa berpraktek lagi.

...dst

17 ) 300 simpatisan siap rayakan ultah Antasari Azhar
http://www.antaranews.com/berita/301794/300-simpatisan-siap-rayakan-ultah-antasari-azhar

Sabtu, 17 Maret 2012 05:15 WIB
Tangerang (ANTARA News) - Sebanyak 300 orang yang tergabung dalam simpatisan AA mempersiapkan rencana perayaan Ulang Tahun Antasari Azhar pada hari Minggu (18/3) di Lapas Tangerang, Banten. "Kami akan memberikan kejutan pada perayaan ulang tahun Antasari Azhar pada tanggal 18 Maret," kata Koordinator Simpatisan Antasari Azhar, Kunto Purwadi ditemui dalam jumpa pers di Serpong, Jumat. Ia mengatakan, perayaan ulang tahun untuk Antasari Azhar dimaksudkan sebagai bentuk dukungan dan motivasi semata. Pasalnya, para simpatisan merasa kagum terhadap kinerjanya selama menjadi ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu, Ia juga menolak bila kegiatan yang akan dilaksanakannya tersebut, memiliki motif politik atau lainnya. "Rencana ini, murni dari para simpatisan. Bahkan, keluarga Antasari pun tidak mengetahui akan semua ini," katanya. Mengenai bentuk acara, Kunto menuturkan bila nantinya pihaknya akan mengajak penyanyi jalanan beserta simpatisan yang berjumlah 300 orang membawa kue ulang tahun. Namun, pihaknya pun tidak begitu berharap bila kue ulang tahun tersebut akan diterima langsung oleh Antasari Azhar.

...dst

Berita Edukasi, 16 Maret 2012

1 ) Pemerintah Harus Sosialisasi BBM ke Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120796/Pemerintah-Harus-Sosialisasi-BBM-ke-Mahasiswa-#

Kamis, 15 Maret 2012 , 18:47:00
JAKARTA--Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Akhmaloka mengungkapkan, segala macam upaya pemerintah untuk terus mensosialisasikan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai sebagai salah satu cara yang baik untuk mendewasakan pemikiran masyarakat mengenai kondisi negara dan dunia. Maka dari itu, pihaknya sangat setuju jika pendewasaan dan menggiring masyarakat untuk berpikir rasional dimulai dari lingkungan pendidikan, yakni  mahasiswa.  "Sebenarnya saya tidak tahu apakah mahasiswa ITB menyetujui kebijakan (kenaikan BBM) ini atau tidak. Tetapi saya kira mahasiswa sudah besar dan mengerti dan tahu kenapa itu terjadi," ungkap Akhmaloka usai pertemuan dengan Menkopolhukan, Menko Perekonomian, Mendikbud, dan para Rektor PTN se-Indonesia mengenai sosialisasi kebijakan kenaikan harga  BBM di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Dikatakan, pada minggu lalu mahasiswa ITB juga telah mendapatkan kuliah umum oleh Menteri Enegeri dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengenai kebijakan kenaikan harga BBM tersebut. "Dengan adanya pertemuan seperti ini memang bisa dikatakan cukup efektif. Mudah-mudahan semua mahasiswa bisa mengerti dengan baik meskipun kondisi ini memang sangat sulit tetapi harus tetap kita lewati," imbuhnya.

...dst

2 ) Ke Kampus, Tiga Menteri Dianggap Tekan Akademisi Soal BBM
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/15/079390474/Ke-Kampus-Tiga-Menteri-Dianggap-Tekan-Akademisi-Soal-BBM

KAMIS, 15 MARET 2012 | 16:01 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Dewi Aryani Hilman, menganggap upaya tiga menteri menjelaskan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak kepada para rektor merupakan bentuk penekanan pemerintah pada kalangan akademisi. Sebab, kebijakan menaikkan harga BBM itu ditolak mahasiswa. "Ini membuktikan bahwa telah terjadi 'penekanan' kepada kalangan akademisi untuk dipaksa memahami dan 'menerima' keputusan pemerintah," katanya melalui pesan pendek, Kamis, 14 Maret 2012. Dewi mengatakan jika kebijakan menaikkan harga BBM itu dilaksanakan dengan semestinya tentu akan lebih mudah diterima oleh seluruh pemangku kepentingan. "Dan tentunya tidak perlu usaha sedemikian rupa," ujarnya. Dewi pun berharap upaya pendekatan itu bukan merupakan agenda terselubung pemerintah untuk melarang mahasiswa berunjuk rasa. Hal ini, katanya, tidak sesuai dengan sistem demokrasi. "Ini akan membelenggu proses pematangan demokrasi di negara ini," ucapnya.

...dst

3 ) Mendikbud: "Demo Apapun Tidak Boleh Ada yang Anarkis"
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/299
03/15/2012

Jakarta – Menjelang rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), dilakukan sosialisasi kepada para akademisi, khususnya pimpinan perguruan tinggi. Dalam sosialisasi ini, tiga menteri bertindak sebagai pembicara, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, dan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa. Sosialisasi berlangsung di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada Kamis (15/03) pagi. Selain itu, hadir juga Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso. Pimpinan perguruan tinggi yang hadir terdiri dari perwakilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari seluruh wilayah Indonesia. Sosialiasasi terhadap pimpinan PTN dan PTS ini dilakukan dengan pertimbangan, akan marak terjadi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM oleh mahasiswa di berbagai wilayah tanah air.

...dst

4 ) Nuh: Mahasiswa Harus Kedepankan Intelektualitas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/13505520/Nuh.Mahasiswa.Harus.Kedepankan.Intelektualitas

Kamis, 15 Maret 2012 | 13:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengimbau seluruh mahasiswa agar menggunakan cara-cara akademis untuk mengkritisi suatu kebijakan. Jika ada kebijakan yang dinilai tidak memihak kepada rakyat, menurutnya, mahasiswa harus merasa tertantang untuk menanggapinya dengan mengedepankan intelektualitas dan membuka ruang-ruang diskusi. Ia mengingatkan, mahasiswa seharusnya dapat memberikan kontribusi dengan mengawal seluruh kebijakan melalui daya nalar akademisi. "Menolak kenaikan BBM atau apa pun itu tidak harus disertai dengan kegiatan yang mengganggu ketertiban umum. Justru itulah saat intelektualistas mahasiswa ditantang. Harusnya mereka menggunakan the power of reason," kata Nuh, saat ditemui Kompas.com, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

...dst

5 ) Daripada Demo, Nuh Ajak Mahasiswa Diskusi Cerdas
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/15/079390404/Daripada-Demo-Nuh-Ajak-Mahasiswa-Diskusi-Cerdas

KAMIS, 15 MARET 2012 | 12:54 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengajak mahasiswa diskusi intelektual menyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) daripada berdemonstrasi turun ke jalan. "Kita galakkan dialektika keilmuan, diskursus intelektual," ujarnya dalam acara "Silaturahmi dengan Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis" di kantornya, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012. Menurut Nuh, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM bukan tanpa alasan kuat. Pemerintah sangat paham konsekuensi kebijakan tak populis ini yang bisa memunculkan sejumlah unjuk rasa di berbagai daerah. Dengan penjelasan pemerintah kepada perguruan tinggi melalui rektor dan wakilnya, Nuh berharap civitas academica bisa memaklumi dan menerima kebijakan tersebut. "Makanya kami berikan pencerahan karena kami yakin pada kekuatan rasionalitas itu. Melalui pimpinan perguruan tinggi disosialisasikan ke universitasnya, dosen, dan mahasiswa," ucap Nuh.

...dst

6 ) Mendikbud: Pertemuan Rektor Bukan Bentuk Represif Pemerintah
http://id.berita.yahoo.com/mendikbud-pertemuan-rektor-bukan-bentuk-represif-pemerintah-085655481.html

15 Maret 2012
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan pertemuan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dengan para rektor Universitas sebagai bentuk represif pemerintah, khususnya kepada mahasiswa yang menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak.  "Sudah tidak jamannya lagi bentuk represif saat ini tapi juga bukan jamannya lagi melaukan tindakan anarkis oleh mahasiswa," kata Nuh kepada pers di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.  Hal tersebut disampaikan usai dirinya bersama sejumlah menteri melakukan rapat dengan Wakil Presiden Boediono yang antara lain membahas soal keberadaan pegawai honorer.  Menko Perekonomian Hatta Rajasa, di Jakarta, Kamis (15/3) mengadakan pertemuan dengan sejumlah rektor universitas. Sejumlah pihak menilai pertemuan tersebut sebagai bentuk represif pemerintah dalam meredam aksi demo yang marak dilakukan oleh sejumlah mahasiswa.

...dst

7 ) Djoko Bantah Redam Demo Mahasiswa Via Rektor 
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/15/079390477/Djoko-Bantah-Redam-Demo-Mahasiswa-Via-Rektor

KAMIS, 15 MARET 2012 | 16:09 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto membantah pertemuan dengan pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia merupakan upaya pemerintah meredam demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah terkait dengan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) 1 April nanti. Namun ia yakin penjelasan yang disampaikan pemerintah ini minimal akan mengurangi aksi yang akan terjadi. "Paling tidak diberikan pemahaman, orang kalau paham mestinya berpikir, apalagi di kalangan intelektual," ujarnya usai pertemuan dengan pimpinan perguruan tinggi negeri dan kopertis di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012.Menurut Djoko, dalam forum semacam inilah pemerintah bisa secara langsung memberikan penjelasan rasional atas rencana pengambilan kebijakan kenaikan harga BBM. Tidak hanya ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kelompok masyarakat termasuk mahasiswa juga harus mengerti alasannya secara gamblang.

...dst

8 ) Rektor PTN Minta SBY Turun Tangan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120788/Rektor-PTN-Minta-SBY-Turun-Tangan-

Kamis, 15 Maret 2012 , 18:09:00
JAKARTA--Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono beserta jajaran menteri diminta turun tangan memberikan imbauan moral kepada seluruh masyarakat khususnya para pedagang yang marak memainkan harga segala kebutuhan pokok maupun lainnya di masa kenaikan harga bahan bakar minya (BBM) ini. Hal tersebut diungkapkan oleh jajaran Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada saat acara pertemuan dengan Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Mendikbud dan Rektor PTN terkait kebijakan BBM di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Kalimantan Timur, Zamrudin Hasid menilai, imbauan Presiden ataupun pemerintah dinilai penting sebagai bentuk proteksi sementara terhadap maraknya pedagang yang meminkan harga barang dan kebutuhan pokok di pasaran. Bentuk permainan harga tersebut, lanjut Zamrudin, adalah meningkatkan harga penjualan yang cukup tinggi sehingga membebani masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

...dst

9 ) Tolak Kenaikan Harga BBM, FAM UI Bakar Foto SBY-Boediono
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593989/tolak-kenaikan-harga-bbm-fam-ui-bakar-foto-sby-boediono

Kamis, 15 Maret 2012 17:53 wib
DEPOK – Tak puas dengan aksinya di depan Stasiun Universitas Indonesia (UI), Front Aksi Mahasiswa (FAM) UI melanjutkan aksi unjuk rasa dengan berjalan kaki ke pintu Gerbatama UI. Kekesalan mahasiswa tak dapat dibendung lagi terhadap kebijakan pemerintah yang berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per April 2012.
Karena tak diizinkan keluar kampus, para mahasiswa langsung menuju Gerbatama di pinggir jalan raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Sehingga, setiap pengendara jalan yang lalu lalang ikut menoleh dan memperhatikan aksi tersebut. Kali ini orasi dilakukan oleh anggota FAM UI Fauzan Aulia dari mahasiswa Vokasi UI. Orasi pun dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Wajib Halo–Halo Bandung.

...dst

10 ) Tidak Ada Kenaikan Tarif Uang Kuliah
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2754:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Thursday, 15 March 2012 16:45
Jakarta, 15 Maret 2012–Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud) mengadakan rapat koordinasi dengan Rektor, Direktur, Pembantu Rektor III dan Pembantu Direktur III Perguruan Tinggi Negeri, Koordinator serta Sekretaris Pelaksana Kopertis seluruh Indonesia.
Rakor ini dipimpin oleh Mendikbud Mohammad Nuh. Selain Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, hadir pula dalam acara ini Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Pertahanan dan Keamanan Djoko Suyanto. Rakor pimpinan perguruan tinggi dan kopertis merupakan agenda tahunan Kemdikbud yang digelar untuk membahas kebijakan terkini mengenai pendidikan tinggi di Indonesia.

...dst

11 ) Larangan Menaikkan SPP Beratkan PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/08243941/Larangan.Menaikkan.SPP.Beratkan.PTN

Jumat, 16 Maret 2012 | 08:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Larangan menaikkan uang sumbangan penyelenggaraan pendidikan atau SPP di perguruan tinggi negeri menimbulkan kekhawatiran bakal mengganggu operasional kampus. Hal ini terutama dikhawatirkan PTN yang mengandalkan kegiatan operasionalnya dari dana pemerintah. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menjelaskan, larangan menaikkan uang SPP dan ketentuan untuk menetapkan uang kuliah tunggal sampai saat ini masih dibahas. Larangan menaikkan uang SPP ini sensitif bagi perguruan tinggi negeri, apalagi bagi UNY, mengingat mayoritas biaya operasional UNY diperoleh dari SPP mahasiswa. "Kami menghargai upaya pemerintah membantu operasional PTN. Kalau ada kekurangan biaya dan pemerintah bersedia menutupi, kami sangat senang," kata Rochmat, Kamis (15/3/2012), di Jakarta.

...dst

12 ) Alihkan Selisih Subsidi BBM ke Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593695/alihkan-selisih-subsidi-bbm-ke-pendidikan

Kamis, 15 Maret 2012 13:39 wib
JAKARTA - Jika jadi diterapkan, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per April mendatang akan menyisakan selisih dana subsidi. Pemerintah  pun sebaiknya mengalihkan selisih tersebut untuk memajukan pendidikan Tanah Air.  Pengamat pendidikan dan guru besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Soedijarto, menyatakan, kelebihan uang subsidi akibat kenaikan harga BBM bisa dialokasikan untuk mewujudkan pendidikan gratis bagi rakyat Indonesia. Pada tingkatan pendidikan tinggi, kelebihan dana tersebut juga bisa digunakan untuk menambah subsidi untuk biaya operasional kampus.

...dst
 
13 ) SNMPTN Jalur Undangan
Unnes Belum Blacklist Sekolah Curang
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594231/unnes-belum-blacklist-sekolah-curang

Jum'at, 16 Maret 2012 09:42 wib
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) hingga kini belum menentukan sekolah-sekolah yang masuk daftar hitam (blacklist) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan."Pada pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan tahun lalu, memang kami tidak menemukan satu pun sekolah yang melakukan kecurangan. Seperti pencantuman nilai yang tidak sesuai dan sebagainya," kata Pembantu Rektor I Unnes yang juga Penanggung Jawab SNMPTN Jalur Undangan Unnes Agus Wahyudin. Dia berharap pada tahun ini tidak ditemukan lagi sekolah curang dengan memberikan nilai siswa yang didaftarkan pada SNMPTN jalur undangan tidak sesuai dengan hasil aslinya.

...dst

14 ) Antisipasi Perbedaan Nilai Rapor dengan Uji Rangking
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593858/antisipasi-perbedaan-nilai-rapor-dengan-uji-rangking

Kamis, 15 Maret 2012 15:57 wib
JAKARTA - Pada Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pihak perguruan tinggi mengacu pada nilai rapor yang sifatnya relatif. Menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab, nilai tujuh atau sembilan di rapor pada tiap sekolah tentu berbeda, baik negeri maupun swasta. "Nilai tersebut sangat kontekstual. Sehingga agak repot ketika kami (kampus) menjadikan nilai rapor sebagai pegangan," kata Rochmat di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (15/3/2012).Sekretaris Panitia SNMPTN 2012 ini menyarankan, nilai rapor yang bersifat relatif ini dapat diantisipasi dengan uji rangking. Dia meyakini, peringkat tertinggi di sekolah mana pun pasti merupakan siswa pintar. Tapi, lanjutnya, perlu diingat jumlah anak pintar di sekolah jelek tidak sebanyak di sekolah yang bagus. Oleh karena itu, kriteria ini harus diberikan bobot yang berbeda.

...dst

15 ) SNMPTN Akan Digratiskan 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/478054/

Friday, 16 March 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membebaskan biaya pendaftaran jalur undangan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun depan. Seluruh biaya pendaftaran akan ditanggung Kemendikbud. Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka mengatakan, kebijakan Kemendikbud yang akan menyatukan pendaftaran peserta SNMPTN di jalur undangan sebanyak 60% akan berdampak pada penghapusan biaya pendaftaran yang saat ini dipatok Rp175.000 per orang.  Sebelumnya meski sekolah yang mendaftarkan siswanya ke jalur undangan,namun peserta harus membayar biaya pendaftaran lewat Bank Mandiri. Sebelumnya yang digratiskan di jalur undangan hanya calon mahasiswa yang menerima beasiswa Bidik Misi. Rektor ITB ini menjelaskan, jika jalur undangan ini digratiskan dan diperbesar hingga 60%, akan memperbesar kesempatan seluruh sekolah untuk mendaftarkan siswanya.  Perguruan tinggi negeri (PTN) tidak hanya akan menjaring siswa dari sekolah unggulan karena kuota sekolah per akreditasi tidak akan dibatasi.

...dst

16 ) Peluang Siswa SMA Non Unggulan Lebih Besar
Jika Jalur Ujian Tulis SNMPTN Dihapus
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120798/Peluang-Siswa-SMA-Non-Unggulan-Lebih-Besar-

Kamis, 15 Maret 2012 , 19:06:00
JAKARTA—Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka meminta kepada pemerintah untuk dapat mengubah aturan mengenai kuota jalur undangan yang berdasarkan tingkat akreditasi sekolah. Ia menyarankan, agar sekolah berakreditasi rendah sebaiknya juga diberikan kesempatan lebih besar untuk dapat berpartisipasi dalam seleksi jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. "Ke depannya sebaiknya PTN juga harus bisa memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi di sekolah-sekolah yang non unggulan. Sehingga, kesempatan untuk mengikuti jalur undangan tidak didominasi oleh sekolah unggulan saja," ungkap Akhmaloka di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Jika jalur ujian tulis SNMPTN dihapus, Akhmaloka memastikan peluang bagi sekolah non unggulan akan mendapat kuota jalur undangan menjadi lebih besar.

...dst

17 ) Jalur Undangan SNMPTN 2013 Akan Lebih Longgar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/10213412/Jalur.Undangan.SNMPTN.2013.Akan.Lebih.Longgar

Jumat, 16 Maret 2012 | 10:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan menghapus ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di 2013 mendorong pemerintah untuk mengubah kuota jalur undangan. Nantinya, sekolah nonunggulan akan diakomodasi agar mendapatkan akses tambahan. Ketua SNMPTN 2012, Akhmaloka, mengatakan, kebijakan ini akan membuka kesempatan yang sama pada semua sekolah untuk mengajukan siswa berprestasinya mengikuti SNMPTN jalur undangan. "Ke depan, PTN tidak mencari siswa berprestasi di sekolah unggulan saja, tapi juga sekolah-sekolah lain," kata Akhmaloka di Jakarta, Jumat (15/3/2012). Dijelaskannya, peluang sekolah nonunggulan menjadi besar karena SNMPTN hanya memiliki satu pintu. Yakni jalur undangan yang proporsi minimalnya 60 persen dari jumlah mahasiswa baru. Hal ini wajib dan berlaku di seluruh PTN.

...dst

18 ) Harus Pertegas White and Black Area
Tuntutan Kampus Saat Jalur Tulis Dihapus
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120833/Harus-Pertegas-White-and-Black-Area-

Jum'at, 16 Maret 2012 , 06:16:00
JAKARTA - Rektor kampus negeri menerima rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghapus SNMPTN jalur ujian tulis, lalu menggeser alokasinya untuk jalur undangan. Namun, mereka meminta supaya ada perbaikan sistem penilaian untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa baru melalu jalur undangan. Tuntutan perbaikan sistem ini diantaranya disampaikan Rektor UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Rochmat Wahab di Jakarta kemarin (15/3). Dia mengatakan, ada dua pokok perbaikan sistem penilaian yang harus dikerjakan. Pertama terkait penilaian rapor dan yang kedua adalah penggunaan nilai hasil ujian nasional (unas). Rochmat membongkar jika selama ini ternyata pemerintah tidak menggunakan nilai hasil unas sebagai pertimbangan kelulusan calon mahasiswa baru melalui SNMPTN jalur undangan. "Yang digunakan itu hanya hasil akhir lulus atau tidak lulus unas. Bukan nilainya," ujar dia. Tahun depan saat SNMPTN total menggunakan jalur undangan, nilai unas harus jadi pertimbangan kelulusan.

...dst

19 ) Nilai Rapor Harus Ada Standar
Jika Jalur Tes Tulis SNMPTN Dihapus
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120801/Nilai-Rapor-Harus-Ada-Standar-

Kamis, 15 Maret 2012 , 19:33:00
JAKARTA - Wacana kebijakan pemerintah untuk menghapus jalur ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang, menuai dukungan. Akan tetapi, dukungan atas kebijakan tersebut harus juga mengedepankan asas keadilan di dalam menentukan penerima jalur undangan. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab mengatakan, selama ini kriteria dan tingkatan akreditas sekolah juga mempengarungi jumlah siswa yang berhak mengikuti jalur undangan. "Maka itu, kami mendukung jika memang ujian tulis SNMPTN dihapuskan. Asal semuanya harus mengedepannya fairness," terang Rochmat di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Setidaknya, lanjut Rochmat yang juga Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN itu, penentuan penerimaan jalur undangan ditentukan dengan melalui evaluasi nilai rapor berdasarkan kriteria sekolah. Dalam hal ini, tentunya pemerintah harus membuat sistem untuk mendukung langkah tersebut.

...dst

20 ) Draf RUUPT Belum Akomodatif
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594224/draf-ruupt-belum-akomodatif

Jum'at, 16 Maret 2012 09:22 wib
YOGYAKARTA - Draf Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUUPT) menuai kritik dari kalangan akademik. Pasalnya, dalam draf tersebut masih banyak pasal yang tidak sesuai dengan kondisi pendidikan tinggi di Indonesia, baik secara akademis, ideologis, maupun persoalan pendidikan lainnya. Draf RUU PT sendiri menurut rencana akan disahkan pada akhir Maret ini. "Banyak pasal dalam RUU PT ini tidak memperlihatkan cara logika berpikir yang benar. Hal itu tentu mengundang banyak pertanyaan dari kalangan akademisi dan intelektual," ungkap staf peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), sekaligus tim kajian RUU PT, Hastangka, kemarin. Staf peneliti PSP lain, Diasma menambahkan, RUU PT tersebut belum mengakomodasi kepentingan bangsa. Selain dinilai sekadar mengejar target dengan tidak mempertimbangkan dampak yang mungkin timbul, juga masih terkesan terburu-buru.

...dst

21 ) Penerapan Kebijakan Makalah di Jurnal Ilmiah bakal Amburadul
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/15/305716/293/14/-Penerapan-Kebijakan-Makalah-di-Jurnal-Ilmiah-bakal-Amburadul

Kamis, 15 Maret 2012 18:39 WIB 
JAKARTA--MICOM: Keharusan menulis makalah ilmiah yang diterbitkan di Jurnal Imiah sebagai syarat kelulusan sarjana dinilai mengada-ada dan terkesan dipaksakan. Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia menilai, substansi memajukan pendidikan tinggi yang berkualitas yang diusung Dikti Kemendikbud dengan kebijakan ini sudah benar. Namun, tidak serta merta dilaksanakan, tanpa persiapan infrastruktur yang jelas lebih dulu. Penilaian ini mencuat dalam diskusi panel Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Universitas Yarsi, Jakarta, Senin (12/3). Apakah kita sudah memiliki norma atau panduan menulis di jurnal ilmiah? Apakah SDM profesional untuk melahirkan jurnal ilmiah bermutu sudah dipersiapkan?

...dst

22 ) SE Dikti Diminta Dicabut
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/16/180390/SE-Dikti-Diminta-Dicabut

16 Maret 2012
SEMARANG- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi diminta mencabut Surat Edaran (SE) Nomor 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah ke seluruh PTN/PTS. Pasalnya sesuai peraturan, syarat kelulusan mahasiswa ditentukan oleh persyaratan akademis yang menjadi hak otonom masing-masing fakultas. Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Pembina Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tingi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Jateng, Prof Ir Joetata Hadihardaja di kampus USM, Kamis (15/3). "Kalau Dikti mengharuskan karya ilmiah mahasiswa yang dipublikasikan di jurnal menjadi syarat kelulusan, maka kami minta untuk dicabut," kata dia. Sebab menurut dia fasilitas yang ada belum memadai. Selain itu, jumlah jurnal yang terakreditasi Dikti saat ini sangat minim. "Ini karena sulitnya untuk mendapatkan jurnal yang terakreditasi," kata Joetata.

...dst

23 ) IPB Bertekad Dominasi Inovasi Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/15/m0xnhd-ipb-bertekad-dominasi-inovasi-indonesia

Kamis, 15 Maret 2012 22:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) akan mengikuti ajang 104 Inovasi Indonesia 2012. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, IPB bertekad melanjutkan dominasi dalam event tahunan tersebut. Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, dalam empat tahun terakhir, IPB telah menyumbang 131 dari total 406 inovasi yang lolos seleksi. Jumlah tersebut adalah yang tertinggi dibanding perguruan tinggi lainnya. "Alhamdulillah selama ini kita selalu mendominasi," kata dia kepadaRepublika, Kamis (15/3). Ia memerinci, pada gelaran tahun 2008, 21 penelitian IPB masuk dalam 100 inovasi terbaik. Tahun berikutnya, ada 24 penelitian terpilih dalam 101 inovasi terbaik. Puncaknya, pada 2010, IPB menyumbang 51 inovasi dari 102 terbaik. "Tahun lalu kami juga masih mendominasi dengan 35 inovasi," ujarnya. Untuk tahun ini, Herry bertekad melanjutkan tradisi inovasi yang sudah mengakar di lingkungan kampusnya. Pihaknya telah melakukan sosialisasi dan penelusuran judul tesis dan disertasi mahasiswa yang dinilai inovatif.

...dst

24 ) Thailand Dukung FIK Udinus
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/16/180385/Thailand-Dukung-FIK-Udinus

16 Maret 2012
SEMARANG-Atase pendidikan Indonesia di Thailand berkomitmen untuk mendukung dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk kerja sama itu dengan menggandeng Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Kesepakatan tersebut disampaikan pada Education Attache Indonesia di Thailand Prof Dr Ir Didik Sulistyanto kepada Dekan FIK Udinus Dr Ir Dwi Eko Waluyo di International Asia-Europe Conference on Enhanching Balanced Mobility, belum lama ini. ''Kami sangat mengapresiasi kemajuan pendidikan di Indonesia akhir-akhir ini. Sehingga pihak kami juga ingin bersinergi dengan salah satu perguruan tinggi di Indonesia salah satunya Udinus,'' ungkapnya. Institusi pendidikan, kata dia harus mampu menangkap informasi yang ada. dengan begitu akan tercipta hubungan baik dengan pihak lain dalam berkontribusi di bidangnya.

...dst

25 ) Kasus Universitas Trisakti, Dua Pihak Belum Bisa Berdamai
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/00264798/Kasus.Universitas.Trisakti.Dua.Pihak.Belum.Bisa.Berdamai

Jumat, 16 Maret 2012 | 00:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pihak yang berkonflik terkait status Universitas Trisakti, yakni Senat Universitas Trisakti dan Yayasan Trisakti siap berdamai. Setelah tawaran damai datang dari pihak Yayasan pada pekan lalu, gayung pun bersambut dengan adanya tanggapan pihak Senat Universitas untuk rujuk. Namun, upaya damai itu masih ditimpali syarat oleh masing-masing pihak. Pada tanggal 8 Maret 2012, pihak yayasan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Barat telah menawarkan ajakan damai melalui surat bernomor W10.U2/1242/HK.02/III/2012. Surat tersebut merupakan hasil pertemuan antara PN Jakbar selaku pelaksana eksekusi dengan Yayasan Trisakti sebagai pihak yang dimenangkan dalam kasasi MA terkait eksekusi atas sembilan termohon, yang tak lain adalah tokoh-tokoh Senat Usakti.

...dst

26 ) 60 Mahasiswa Terima Beasiswa Bisnis Plan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120856/60-Mahasiswa-Terima-Beasiswa-Bisnis-Plan-

Jum'at, 16 Maret 2012 , 08:49:00
BANDUNG- Sebanyak 60 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi yakni UPI, Unpad dan Unpas menerima beasiswa bisnis plan 2012 dari Bank Mandiri dengan total Rp600 juta. "Ini merupakan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha, kami memberikan setiap tahunnya dan untuk kanwil Jabar kami memberikan untuk 20 orang di setiap kampusnya, dengan nilai bantuan Rp10 juta setiap mahasiswanya," ujar Kepala Wilayah Bank Mandiri Kanwil VI Bandung, Hadiyono, yang ditemui di Kantor Kanwil VI Jalan Batununggal, usai menyerahkan Beasiswa Bisnis Plan kepada mahasiswa, kemarin(15/3).  Ia mengatakan jika bantuan tersebut merupakan bagian dari Coorporate Sosial ReponsibiltY (CSR) Bank Mandiri. "Mahasiswa adalah salah satu kaum intelektual yang sangat kreatif dan inovatif. Sehingga setelah mereka lulus nanti, mereka tidak hanya berorientasi pada mencari kerja, namun bagimana mereka bisa menghasilkan uang sendiri bahkan membuka lapangan kerja untuk yang lainnya," tuturnya.

...dst

27 ) Dua Bakal Calon Rektor UGM Tersingkir
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/17202223/Dua.Bakal.Calon.Rektor.UGM.Tersingkir

Kamis, 15 Maret 2012 | 17:20 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Prof Dr Hartono (Direktur Pascasarjana UGM) dan Dr dr Hafizurrachman (Staf pengajar AKK-FKMUI Jakarta) dipastikan tersingkir dari bursa pemilihan bakal calon rektor UGM periode 2012-2017. Pasalnya, mereka kalah suara dari lima bakal calon yang lain, dalam rapat gabungan Majelis Guru Besar (MGB) dan Senat Akademik (SA) UGM, Kamis (15/3/12). Prof Hartono memperoleh 14 suara dan Dr Hafizurrachman tidak mendapatkan suara. Sementara lima bakal calon yang dinyatakan lolos untuk mengikuti pemilihan putaran berikutnya adalah Prof Dr Pratikno (Dekan Fisipol UGM) memperoleh 146 suara, Prof Dr Marsudi Triatmodjo (Dekan Fakultas Hukum UGM) memperoleh 81 suara, Prof Dr Djagal Wiseso Marseno (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM) memperoleh 66 suara, Prof Dr Danang Parikesit (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM) mendapatan 54 suara, dan Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo PhD (Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud) memperoleh 35 suara.

...dst

28 ) UKM Seni Unismuh Ikuti Festival Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594277/ukm-seni-unismuh-ikuti-festival-internasional

Jum'at, 16 Maret 2012 11:04 wib
MAKASSAR - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya Talas mewakili Indonesia pada ajang Colombo International Theather Festival (CITF) 2012, di Kolombus, Sri Langka. Festival internasional ini dihelat akhir Maret ini. Rencananya, UKM Talas akan menampilkan pementasan teater bertema "Sitobo Lalang Lipa". Festival ini merupakan ajang kompetisi teater yang pesertanya berasal dari berbagai negara, seperti India, Australia, Jerman. "Sejauh ini persiapan sudah 80 persen, sisa administrasi yang akan dirampungkan," kata Ketua Talas Ashar, kemarin.Masalah administrasi yang sementara dirampungkan, di antaranya paspor untuk peserta yang akan ambil bagian dalam pementasan tersebut. Sebanyak 17 mahasiswa akan bergabung dalam pementasan yang digelar pada 26–30 Maret.

...dst

29 ) Gedung UBH Didesain Tahan Gempa
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593752/gedung-ubh-didesain-tahan-gempa

Kamis, 15 Maret 2012 15:21 wib
PADANG - Universitas Bung Hatta (UBH) sedang berbenah. Mereka tengah giat membangun gedung baru untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Gedung kelima Kampus II UBH yang terletak di Jalan By Pass Aia Pacah, Padang, ini menggunakan pondasi tiang untuk meminimalisasi penurunan bangunan akibat gempa. Koordinator pembangunan, Khadafi menjelaskan, konstruksi pondasi itu dipilih karena lahan bangunan kampus II UBH merupakan tanah lunak dengan 'leveling' muka air tinggi atau sama dengan muka tanah asli. "Atas pertimbangan kampus ramah akan bencana, maka pembangunan kampus baru UBH pun memperhatikan kondisi tanah lahan. Perencanaan bangunannya cenderung menggunakan pondasi dalam (deep foundation) atau dikenal sebagai pondasi tiang," ujar Khadafi, Kamis (15/3/2012).

...dst

30 ) Universitas Belanda Promosikan Biaya Pendidikan Murah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180937

Jumat, 16/03/2012 - 08:54
AMSTERDAM, (PRLM).- Sekelompok universitas dari Belanda melakukan tur promosi ke sekolah-sekolah menengah Inggris untuk membujuk mereka agar bersekolah ke Belanda. Mereka menawarkan program-program studi dalam bahasa Inggris dengan biaya sekitar £1500 per tahunnya. Universitas-universitas Belanda meniru apa yang sudah dilakukan universitas-universitas Amerika. Di samping Universitas Utrecht, turut berpartisipasi adalah Universitas Tilburg, Maastricht, Leiden dan Akademi Roosevelt. Universitas-universitas ini menjalankan program studi dengan pengajaran menggunakan bahasa Inggris. Daya tarik lainnya tentu saja Belanda sangat dekat dengan Inggris dan mudah dicapai menggunakan alat transportasi umum. Kota-kota di Belanda dikatakan mempunyai penduduk dengan kemampuan berbahasa Inggris mencapai 95 persen. Sehingga tidak menyulitkan mahasiswa asal Inggris.

...dst

31 ) Tarif Listrik Akhirnya Batal Naik 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/478088/38/

Friday, 16 March 2012
JAKARTA– Tarif tenaga listrik akhirnya batal dinaikkan tahun ini. Pemerintah dan DPR sepakat menunda kenaikan tarif listrik hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kesepakatan penundaan itu disampaikan Ketua Komisi VII DPR Teuku Riefky Harsya yang memimpin rapat kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik di Gedung DPR,Jakarta, kemarin.Menurut Riefky,seluruh fraksi di Komisi VII DPR meminta kenaikan tarif listrik ditunda.  "Alasan penundaan lantaran rakyat sudah dibebani harga BBM (bahan bakar minyak) yang naik pada 1 April 2012. Kenaikan tarif listrik bisa dipertimbangkan kembali pada akhir 2012 atau awal 2013," ujarnya. Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, penundaan rencana kenaikan tarif listrik mengacu pada perkembangan situasi gejolak masyarakat atas rencana kenaikan harga BBM. Bila masyarakat nantinya sudah bisa menerima kenaikan harga BBM,barulah pemerintah akan kembali membahas penyesuaian tarif tenaga listrik. "Kami bisa merasakan getaran rakyat.

...dst

31 ) Siapkan Rp 5 T untuk Mobnas Listrik
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120842/Siapkan-Rp-5-T-untuk-Mobnas-Listrik-

Jum'at, 16 Maret 2012 , 06:59:00
JAKARTA - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terhindarkan lagi. Di tengah kondisi pelik itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mencetuskan ide segar. Yakni, merancang lahirnya mobil nasional (mobnas) bertenaga listrik. "Sekitar tiga bulan lagi semoga sudah bisa di uji coba," kata Dahlan setelah bertemu dengan pimpinan DPR di Senayan, Jakarta, kemarin (15/3). Dia memperkirakan pembuatan mobil listrik tahap pertama itu akan menghabiskan dana Rp 5 triliun. Besaran dana tersebut sangat jauh bila dibandingkan dengan penggunaan BBM yang hingga bisa mencapai ratusan triliun. "Saya sangat ingin melahirkan?mobil listrik nasional untuk bisa mengurangi ketergantungan kita pada BBM," cetus mantan dirut PLN tersebut. Menurut Dahlan, persoalan BBM akan terus muncul selama Indonesia masih sangat bergantung pada BBM seperti sekarang ini. Karenanya, diperlukan langkah terobosan untuk mulai bisa lepas dari keterikatan terhadap BBM. "Sudahlah tinggalkan BBM, sampai mati kita terus akan heboh dan ribut-ribut soal BBM. Mobil listrik ini salah satu jalan keluarnya," imbuhnya.

...dst   

32 ) Nunggak SPP Bisa Ikut UN
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594237/nunggak-spp-bisa-ikut-un

Jum'at, 16 Maret 2012 10:14 wib
SURABAYA – Komisi D DPRD Surabaya tidak ingin tahun ini ada pelajar yang tak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) hanya gara-gara belum bayar uang sumbangan pembangunan pendidikan (SPP). Komisi yang membidangi kesejahteraan rakyat ini mengimbau sekolah; mulai SD, SMP, SMA dan sederajat; baik negeri maupun swasta memberi kemudahan bagi anak didiknya. "UN sebentar lagi, karena itu peringatan ini segera kami sampaikan ke sekolah maupun Dinas Pendidikan," kata Ketua Komisi D Baktiono, kemarin. Dalam melaksanakan UN, pihak sekolah dilarang keras melakukan pungutan apapun ke siswa. Jika ada, pungutan akan memberatkan orangtua serta wali murid yang bebannya akan bertambah jika harga bahan bakar minyak (BBM) jadi dinaikkan pemerintah.

...dst

33 ) Antisipasi Kebocoran
Jumlah Naskah Soal UN Tahun Ini "Ngepas"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/15475694/Jumlah.Naskah.Soal.UN.Tahun.Ini.Ngepas

Kamis, 15 Maret 2012 | 15:47 WIB
MEDAN KOMPAS.com - Ujian nasional (UN) untuk tingkat SMP dan SMA sederajat pada tahun 2012 ini tidak lagi dilengkapi dengan soal cadangan. Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Syaiful Syafri mengatakan, idak adanya soal cadangan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran yang akan dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.
"Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini soal yang dikirim dari percetakan ke sekolah-sekolah jumlahnya sesuai dengan peserta ujian. Tidak ada lagi naskah cadangan, agar tidak ada kebocoran soal," kata Syaiful.Ia mengatakan, tahun ini naskah soalUN untuk siswa SMA/MA/SMK dan SMP/Mts dan SMPLB dicetak oleh pemenang tender pencetakan naskah soal berdasarkan ketetapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemenang tender pencetakan adalah CV Ceriau Riau Mandiri yang berpusat di Riau. Adapun untuk SD/MI serta SDLB belum dicetak karena belum diketahui pemenang tendernya.

...dst


34) Mahasiswa Asing akan Eksodus dari Australia?
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593714/mahasiswa-asing-akan-eksodus-dari-australia

Kamis, 15 Maret 2012 15:00 wib
AUSTRALIA - Mahasiswa internasional yang lulus dari fakultas kedokteran di Australia terancam melakukan eksodus. Pasalnya, sebuah putusan yang dibuat otoritas Australia menyatakan magang di rumah sakit negeri di negara tersebut hanya berlaku untuk mahasiswa lokal lulusan kedokteran. Kebijakan ini dikhawatirkan memaksa ribuan mahasiswa asing kedokteran untuk meninggalkan Australia. Padahal selama ini, para dokter yang diimpor ke Australia tidak cocok dengan praktik kedokteran di negara tersebut. Pasalnya, Dewan Pemerintah Australia telah memutuskan hanya akan menjamin magang di rumah sakit negeri untuk mahasiswa lokal. Laporan oleh Persatuan Dekan Kedokteran Australia dan Selandia Baru (ANZ) ini menyatakan bahwa selama ini, 79 persen dari 546 mahasiswa internasional dijamin bisa magang setelah lulus, di rumah sakit negeri di Australia. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyelesaikan pelatihan dan terdaftar sebagai dokter.


Berita Edukasi, 15 Maret 2012

1 ) Biaya Pendidikan
PTN Bingung Dilarang Naikkan SPP
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/11263336/PTN.Bingung.Dilarang.Naikkan.SPP

Kamis, 15 Maret 2012 | 11:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengaku belum memiliki solusi untuk menutup kekurangan biaya operasional. Strategi pembiayaan operasional pendidikan menjadi pemikiran PTN-PTN setelah keluarnya larangan untuk menaikkan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab mengatakan, selama ini kebutuhan operasional UNY diperoleh melalui dua pintu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dua sumber pendanaan PNBP itu adalah pungutan dari mahasiswa baru sebesar 40 persen dan pungutan dari mahasiswa lama serta kerja sama dengan pihak luar sebesar 60 persen. Dengan adanya larangan menaikkan SPP, kata Rochmat, UNY merasa kesulitan memenuhi kekurangan dana untuk menutupi biaya operasional kampusnya. Rochmat menjelaskan, proporsi 40 persen yang berasal dari pungutan mahasiswa baru akan berkurang hingga 30 persen. Pasalnya, dalam perhitungannya, pemeritah hanya akan menutup 10 persen dari angka tersebut.

...dst

2 ) Hambatan Biaya Kuliah Tarif Tunggal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/10303737/Hambatan.Biaya.Kuliah.Tarif.Tunggal

Kamis, 15 Maret 2012 | 10:30 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Rektor Universitas Diponegoro Semarang Prof Sudharto P. Hadi mengakui, kendala penerapan tarif tunggal atau satu komponen pembiayaan perkuliahan akan terjadi pada semester awal. Hal itu dikatakannya menanggapi rencana penerapan tarif tunggal untuk biaya perkuliahan perguruan tinggi."Kendala anggaran memang akan ditemui pada semester-semester awal, setidaknya pada semester satu dan dua," kata Sudharto, di Semarang, Rabu (14/3/2012), seusai mendampingi Wamendikbud Musliar Kasim menyampaikan orasi ilmiah di Kampus Universitas Diponegoro. Sudharto mengungkapkan, biasanya mahasiswa memang membayar biaya kuliah lebih mahal pada semester awal karena banyak komponen yang harus dibayarkan pada semester-semester awal. Salah satunya sumbangan pengembangan institusi (SPI).

...dst

3 ) Pembatasan SPP Tidak Berlaku bagi PTS
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593472/pembatasan-spp-tidak-berlaku-bagi-pts

Kamis, 15 Maret 2012 09:25 wib
JAKARTA – Kebijakan pelarangan menaikkan biaya sumbangan pembangunan pendidikan (SPP) terkait dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tidak berlaku bagi perguruan tinggi swasta (PTS).Kemendikbud tidak dapat melarang pembatasan kenaikan SPP bagi PTS. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, pemerintah tidak dapat mencampuri operasional PTS karena pemerintah juga tidak memberikan biaya. Meskipun sekadar imbauan, Kemendikbud tidak dapat memberikan penegasan mengenai beban biaya masyarakat yang akan naik akibat kenaikan BBM pada April nanti. Meski demikian, ujarnya, Kemendikbud akan tetap membantu mahasiswa di PTS dengan mengalokasikan 2.000 kuota beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa berprestasi dengan kemampuan ekonomi terbatas.

...dst

4 ) Mahasiswa PTS Dapat Beasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120731/Mahasiswa-PTS-Dapat-Beasiswa-

Kamis, 15 Maret 2012 , 11:24:00
JAKARTA - Angin segar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi di kampus swasta (PTS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) mengalokasikan 2.000 dari 40.000 kuota beasiswa Bidikmisi untuk PTS tahun ini. Pihak kampus swasta pun menyambut gembira alokasi itu. Tapi, mereka meminta ada peningkatan alokasi setiap tahunnya. "Itu agar dikotomi perlakuan pemerintah terhadap mahasiswa di kampus negeri dan swasta tidak kian tebal," kata Ketua Umum Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Edy Suandi Hamid. Rektor UII Jogjakarta itu mengatakan, sejatinya alokasi dari pemerintah tersebut masih terlalu minim. Sebab, saat ini jumlah PTS di seluruh Indonesia mencapai 3.100 unit. "Jadi kalau dibagi satu-satu per kampus, tidak cukup," katanya. Dia meminta, ke depan pemerintah terus meningkatkan alokasi Bidikmisi kepada kampus swasta. Dia membandingkan ada beberapa PTN yang memperoleh jatah Bidikmisi hingga ribuan kursi. Menurut Edy, di PTS juga banyak mahasiswa miskin yang berprestasi.

...dst

5 ) PTS Berharap Alokasi Beasiswa Bisa Dinaikkan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120692/PTS-Berharap-Alokasi-Beasiswa-Bisa-Dinaikkan-

Kamis, 15 Maret 2012 , 04:19:00
JAKARTA - Angin segar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi di kampus swasta (PTS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) mengalokasikan 2.000 dari 40.000 kuota beasiswa Bidikmisi untuk PTS tahun ini. Pihak kampus swasta pun menyambut gembira alokasi itu. Tapi, mereka meminta ada peningkatan alokasi setiap tahunnya. "Itu agar dikotomi perlakuan pemerintah terhadpa mahasiswa di kampus negeri dan swasta tidak kian tebal," kata Ketua Umum Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Edy Suandi Hamid kemarin. Rektor UII Jogjakarta itu mengatakan, sejatinya alokasi dari pemerintah tersebut masih terlalu minim. Sebab, saat ini jumlah PTS di seluruh Indonesia mencapai 3.100 unit. "Jadi kalau dibagi satu-satu per kampus, tidak cukup," katanya. Dia meminta, ke depan pemerintah terus meningkatkan alokasi Bidikmisi kepada kampus swasta. Dia membandingkan ada beberapa PTN yang memperoleh jatah Bidikmisi hingga ribuan kursi. Menurut Edy, di PTS juga banyak mahasiswa miskin yang berprestasi.

...dst

6 ) Antisipasi Manipulasi, PTN Cermati Rapor Calon Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120673/Antisipasi-Manipulasi,-PTN-Cermati-Rapor-Calon-Mahasiswa-

Rabu, 14 Maret 2012 , 19:19:00
JAKARTA - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia sekarang ini harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menerima calon mahasiswa melalui jalur undangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi Negeri (SNMPTN). Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa kini marak manipulasi nilai agar siswa dapat diterima di PTN melalui jalur undangan.Hal tersebut turut diakui Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto. Akan tetapi, IPB juga selalu memproteksi diri dari kecurangan dan bertindak lebih selektif dalam menjaring siswa yang masuk di dalam jalur undangan. "Ya memang harus diakui bahwa di dalam proses penerimaan jalur undangan itu ada oknum sekolah yang berupaya untuk memanipulasi data atau nilai siswa. Tapi bagaimanapun kita tetap selalu selektif dalam menjaring siswa," ungkap Herry ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (14/3).

...dst

7 ) PTN Berhak Tolak Calon Mahasiswa Dari Sekolah Curang
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120666/PTN-Berhak-Tolak-Calon-Mahasiswa-Dari-Sekolah-Curang-

Rabu, 14 Maret 2012 , 18:18:00
JAKARTA - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diperbolehkan menolak calon mahasiswa dari sekolah yang terbukti melakukan kecurangan dalam memberi nilai rapor. Bahkah PTN juga berhak memasukkan calon mahasiswa yang terbukti curang ke dalam daftar hitam (black list). Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kemdikbud, Toto Supriyanto mengatakan, langkah tersebut terpaksa diterapkan  guna menekan angka kecurangan di lingkungan sekolah. "Sebenarnya pemerintah juga tidak terlalu kaku untuk menerapkan mekanisme ini. Tentunya kita akan mendorong sekolah dan siswa untuk berlaku jujur terlebih dahulu," kata Toto di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (14/3). Namun ia juga memasang syarat. "Kalau sudah didorong masih melakukan (kecurangan), maka terpaksa mekanisme ini harus dilakukan," tegasnya. Dengan begitu, lanjut Toto, pemerintah meminta kepada seluruh sekolah di Indonesia untuk bertindak jujur, apalagi yang menyangkut dengan nilai akademik siswa. Ia mengingatkan pentingnya kejujuran termasuk dalam hal akademik.

...dst

8 ) Penghapusan SNMPTN Tulis Tunggu Evaluasi UN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/16542673/Penghapusan.SNMPTN.Tulis.Tunggu.Evaluasi.UN

Rabu, 14 Maret 2012 | 16:54 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, rencana penghapusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis pada tahun 2013 mendatanga, masih menunggu evaluasi pelaksanaan ujian nasional. Hal itu dikatakan Musliar, seusai menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/3/2012). "Kami mau lihat dulu. Tahun ini tes terakhir untuk pelaksanaan UN yang kredibel. Pemerintah melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) serius melakukan itu," ujar Musliar.

...dst

9 ) SNMPTN Ujian Tulis Dihapus, ITB Pilih Langkah Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593597/snmptn-ujian-tulis-dihapus-itb-pilih-langkah-ini

Kamis, 15 Maret 2012 11:35 wib
JAKARTA - Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Akhmaloka menyebut, setidaknya ada dua kemungkinan solusi jika SNMPTN Jalur Ujian Tulis jadi dihapus. Pertama, masing-masing PTN dipersilakan menyelenggarakan ujian mandiri masing-masing."Sementara kemungkinan kedua adalah seluruh Indonesia bersepakat melaksanakan ujian tulis secara bersama-sama," kata Akhmaloka di Gedung Ditjen Dikti Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2012).Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menambahkan, pada kemungkinan kedua, ujian tertulisnya nanti akan melibatkan konsorsium perguruan-perguruan tinggi. Pelaksanaannya pun tidak lagi di masing-masing kampus, tetapi secara bersama-sama melalui Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia. "Jadi, ini jalur mandiri tapi secara nasional. Di luar pemerintah melalui Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia. Kemungkinan besar ITB akan mengambil pilihan ini," ujarnya.(rfa)

...dst

10 ) Dua Mahasiswi Terancam Dikeluarkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/15/180273/Dua-Mahasiswi-Terancam-Dikeluarkan

15 Maret 2012
SOLO - Dua mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terancam dikeluarkan, lantaran terseret kasus perjokian ujian masuk One Day Service (ODS) Admission. Saat ini kasus sudah sampai di tangan Komisi Disiplin Mahasiswa UMS dan keduanya akan dimintai keterangan pada pertengahan pekan ini.Ketua ODS Admission UMS Dr Mujiburrohman mengatakan, satu mahasiswi yang terdaftar di Program Studi Kesehatan Masyarakat ingin diterima di Kedokteran Umum. Ia kemudian mendaftar dan untuk memuluskan rencananya, ia meminta teman SMP-nya yang juga telah menjadi mahasiswi Kedokteran Gigi untuk menjadi joki. ''Mahasiswi Kedokteran Gigi ini bisa menjadi joki dengan modus mendaftar di Fakultas Hukum. Sebenarnya tidak semua soal ia yang mengerjakan, hanya tes psikologi,'' kata Mujiburrohman, Rabu (14/3). Mujiburohman belum mengetahui sanksi apa yang akan dijatuhkan kepada keduanya. Namun, menurutnya, sanksi yang paling ringan adalah skorsing dan yang terberat  dikeluarkan.

...dst

11 ) Wajib Kejar S-2, Dosen Tak Boleh Ngajar Dobel
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593496/wajib-kejar-s-2-dosen-tak-boleh-ngajar-dobel

Kamis, 15 Maret 2012 09:52 wib
TANGERANG -  Pada 2014 mendatang, seluruh dosen di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta wajib memiliki titel S-2. Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah IV Abdul Hakim Halim berharap, untuk mengejar target tersebut, para dosen fokus mengajar di satu kampus. Jika seorang dosen mengajar di lebih dari satu kampus, dia harus memenuhi batas maksimal SKS. Guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menambahkan, ketentuan S-2 bagi dosen pada 2014 nanti menimbulkan konsekuensi perlu adanya pembenahan substansial pada para dosen.  "Sesuai aturan bekerja di perguruan tinggi, beban kerja minimal dosen adalah 12 SKS per semester, atau 12x3 jam yakni 36 jam per minggu. Beban kerja maksimal adalah 16 SKS," kata Abdul kemarin. Dukungan atas program titel S-2 bagi dosen pada 2014 ini juga didukung oleh Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang. Dengan menggandeng Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Unis memfasilitasi pelatihan Penyusunan Beban Kerja Dosen bagi sedikitnya 98 dosen perguruan tinggi swasta se-Banten.

...dst

12 ) PPS Unhas Buka Beasiswa Unggulan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/368/592877/pps-unhas-buka-beasiswa-unggulan

Rabu, 14 Maret 2012 13:04 wib
JAKARTA - Para dosen dan tenaga kependidikan di luar Pulau Jawa dapat memilih Program Pascasarjana (PPs) Universitas Hasanuddin (Unhas) ketika melamar Beasiswa Unggulan. Direktur Program Pascasarjana Unhas Mursalim menjelaskan, tahun ini, program Beasiswa Unggulan diperuntukan bagi lulusan terbaik perguruan tinggi yang ingin berkarier sebagai calon dosen. Program ini juga terbuka bagi tenaga kependidikan (staf) berprestasi yang ingin meningkatkan kualifikasi sesuai tugas dan fungsinya. "Persyaratan Umum Calon Penerima Beasiswa Unggulan adalah calon dosen (bukan CPNS/PNS) dan tenaga kependidikan di lingkungan Kemendikbud. Peserta juga wajib mengikuti dan memenuhi seluruh persyaratan proses seleksi yang diselenggarakan oleh PPs Unhas," ujar Mursalim seperti dikutip dari laman Unhas, Rabu (14/3/2012).

...dst

13 ) Film Fourplay Tim Undip Raih Juara
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593318/film-fourplay-tim-undip-raih-juara

Kamis, 15 Maret 2012 10:02 wib
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang unjuk gigi di ajang Crea-Bo (Creative and Broadcast). Karya mereka berupa film pendek berdurasi 20 menit ini menjadi jawara pada Pekan Komunikasi 2012 Universitas Indonesia (UI).Tim ini terdiri dari empat mahasiswa Undip dan seorang mahasiswa Unika Atma Jaya Yogyakarta. Mereka adalah mahasiswa Komunikasi angkatan 2009, yaitu Sigit Haryadi, Dyah Kusumawardani, Bareta Hendi, Gella Islamey, dan Gilang Mahardika. Dyah Kusumawardani memaparkan, Crea-Bo adalah kategori lomba yang mengasah kreativitas kaum muda di bidang penyiaran melalui workshop dan seminar. Dyah dan kawan-kawan pun membuat film bertema Persahabatan yang diberi judul Fourplay.

...dst

14 ) Lintas Jurusan, New Generation Justru Tuai Kemenangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593029/lintas-jurusan-new-generation-justru-tuai-kemenangan

Rabu, 14 Maret 2012 17:02 wib
JAKARTA - Meski baru memiliki ide menulis sebelum lima hari batas pengumpulan, Tim Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil menyandang jawara pertama pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) di Universitas Indonesia (UI).Tim yang terdiri dari Vicky Wahyu Endriyana, Go Peter Christian T H, Ardhilla Chadarisman, dan Wawan Setyawan menamakan diri sebagai New Generation. Lomba yang digelar dalam rangka Mechanical Fair UI ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia."Ada kepuasan tersendiri bagi kami. Apalagi suatu kebanggaan membawa nama ITS di ajang nasional. Terlebih, selain tim kami meraih juara pertama tim ITS lainnya juga  meraih juara dua dan tiga," ujar Wawan seperti dilansir dari ITS online, Rabu (14/2/2012).

...dst

15 ) Tanda Bakti, Alumni IPB Berikan Cincin Emas untuk Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593308/tanda-bakti-alumni-ipb-berikan-cincin-emas-untuk-dosen

Rabu, 14 Maret 2012 19:49 wib
JAKARTA - Lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan 1977 memberikan tanda terima kasih kepada para dosen senior. Pemberian tanda terima kasih berupa cincin emas ini diberikan kepada 18 dosen IPB.Para dosen yang menerima cincin emas dalam Reuni Akbar Generasi Kreatif Seni dan Intelektual (Genksi) 2012 tersebut di antaranya, Norman T Uphooff, Haryadi, Sayogyo, Aida Vitayala, Dondin Sajuthi, Otje Salman, Elly Surya, Sediono MP Tjondronegoro, Audrey T Ungerer, Tun Teja, dan Lily E Abunawan.Presiden Genksi Budi Santoso mengatakan, pemberian cincin emas ini merupakan ungkapan terima kasih atas bimbingan dan pengajaran yang diberikan oleh para dosen semasa mereka kuliah dulu

...dst

16 ) FK Indonesia Belum Akrab dengan Bioetika
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593523/fk-indonesia-belum-akrab-dengan-bioetika

Kamis, 15 Maret 2012 11:02 wib
SURABAYA - Bioetika boleh dibilang baru masuk ke Fakultas Kedokteran (FK) di kampus Indonesia. Sampai saat ini belum banyak FK yang mengajarkannya kepada mahasiswa calon dokter. Sebagai sebuah konsep, Bioetika sebenarnya sudah dipraktikkan sejak ribuan tahun yang lalu. Memasuki periode 1970-an, Van R Potter pertama kali memperkenalkannya sebagai disiplin ilmu tersendiri melalui bukunya yang terkenal yakni Bioethics: A Bridge to the Future. Di Indonesia sendiri, Bioetika masuk dalam kurikulum FK sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru pada periode tahun 1990-2000-an. Dan saat ini, dari 72 FK yang ada, belum semua memasukkannya dalam kurikulum. Bioetika sendiri adalah pembahasan etika kedokteran mulai dari etika medis (Medical Ethics) sampai etika pelayanan kesehatan (Health Care Ethics). Cakupan bahasannya pun luas, tidak hanya etika hubungan dokter-pasien, melainkan sampai pada etika riset.

...dst

17 ) Sstt..Rektor Dikumpulkan untuk 'Redam' Demo Mahasiswa
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/03/15/m0wn5a-ssttrektor-dikumpulkan-untuk-redam-demo-mahasiswa

Kamis, 15 Maret 2012 09:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyusul rencana kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), para rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 'dikumpulkan' di kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Kamis (15/3). Para rektor ini mendapatkan pengarahan dari sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Masing- masing Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam), Djoko Suyanto dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh.
Pertemuan yang mengambil tajuk 'Silaturahim dengan Para Rektor' ini disebut- sebut sebagai pertemuan untuk 'meredam' aksi kalangan mahasiswa, terkait munculnya aksi besar- besaran mahasiswa sebagai dampak penerapan kebijakan kenaikan harga BBM ini. Di hadapan para rektor, Menkopolhukam, Djoko Suyanto meminta agar bisa mengajak mahasiswanya untuk menyampaikan aspirasi secara santun dan tetap mengedepankan nilai- nilai demokrasi. Karena menyampaikan pendapat di muka umum juga dilindungi UU.

..dst

18 ) "Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM Itu Wajar"
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593610/mahasiswa-demo-tolak-kenaikan-bbm-itu-wajar

Kamis, 15 Maret 2012 11:46 wib
JAKARTA - Menjelang rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa melakukan sosialisasi kepada para akademisi khususnya pimpinan Perguruan Tinggi. Bertempat di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hatta, didampingi oleh hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, dan Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso menjadi pembicara dalam sosialisasi yang melibatkan perwakilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Nusantara.

...dst

19 ) Rektor UKI: Demo Boleh asal Jangan "Chaos"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/05485943/Rektor.UKI.Demo.Boleh.asal.Jangan.Chaos

Kamis, 15 Maret 2012 | 05:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pascabentrokan antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan polisi, Rektor UKI Maruli Gultom mengingatkan kepada seluruh mahasiswanya agar tak melakukan tindak anarki dalam setiap unjuk rasa."Kalau demo boleh, asal jangan chaos-lah, biasa-biasa saja, yang penting aspirasi disampaikan. Kalau ada yang chaos jangan ikut-ikutan," ujarnya kepada wartawan seusai bertemu Kapolres Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2012). Maruli mengadakan pertemuan dengan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Angesta Romano Yoyol untuk menyepakati beberapa hal. Poin yang paling penting adalah bahwa pihak rektorat harus mengawasi aktivitas mahasiswanya agar peristiwa bentrokan tidak terulang. Ia berharap aksi unjuk rasa mahasiswanya untuk menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah tersebut bukan

...dst

20 ) Jelaskan Duduk Persoalan Baik-baik, 3 Aktivis HMI Dibebaskan Aparat
http://news.detik.com/read/2012/03/15/043921/1867716/10/jelaskan-duduk-persoalan-baik-baik-3-aktivis-hmi-dibebaskan-aparat?n990102mainnews

Kamis, 15/03/2012 04:39 WIB
Jakarta Tiga aktivis HMI yang ditahan aparat kepolisian dibebaskan. Mereka dilepas setelah ketiganya menjelaskan duduk persoalan secara baik-baik."Tiga orang dilepas polisi karena menjelaskan persoalan dengan baik-baik," tutur Wakil Sekretaris Umum PTKP Badko HMI Jabotabeka-Banten, Alfian Ramadhani ketika ditemui detikcom di Polda Metro Jaya, Kamis (14/3/2012) dinihari.Ramadhani menuturkan, tiga temannya itu bernama Safi, Ramadhan dan Soliha. Ketiganya ditangkap terkait peristiwa penyerangan sekretariat HMI di Cilosari, Jakarta Pusat. Tiga orang itu, lanjutnya, setelah ditangkap di kawasan Cilosari dibawa ke Polsek Menteng, (sebelumnya diberitakan dibawa ke Polda Metro Jaya). "Mereka dilepas, tapi kondisinya luka-luka," ujar Alfian.

...dst

21 ) Markas HMI Jakarta Diacak-acak Aparat
http://news.detik.com/read/2012/03/15/013729/1867698/10/markas-hmi-jakarta-diacak-acak-aparat?nd992203605

Kamis, 15/03/2012 01:37 WIB
Jakarta Markas HMI Jakarta disatroni aparat keamanan. Markas tersebut tepatnya beralamat di kawasan Cilosari 17, Cikini, Jakarta Pusat."Kawan-kawan (HMI) melakukan aksi mengkritisi kebijakan kenaikan harga BBM di Cikini Raya dan direspon dengan sikap represif aparat," kata Wakil Sekretaris Umum PTKP Badko HMI Jabodetabeka-Banten, Alfian Ramadhani, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (14/3/2012). Dijelaskan Alfian, aparat mendatangi markas HMI dan buku-buku yang tersimpan di situ langsung diobrak-abrik aparat yang datang. Aparat tersebut datang pada Rabu sekitar pukul 20.00 WIB.

...dst

22 ) Mahasiswa IAIN Geruduk Gedung DPRD 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477798/

Thursday, 15 March 2012
SEMARANG– Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Walisongo Semarang kemarin mendatangi gedung DPRD Provinsi Jateng. Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi penolakan terhadap kenaikan bahan bakar minyak (BBM). "Kami minta semua kalangan Dewan menolak kenaikan BBM, sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat," ungkap koordinator aksi Risya Islami, ditemui di sela-sela aksi,kemarin. Menurutnya, dampak dari kenaikan BBM ini merupakan bentuk kebodohan dan kelalaian pemerintah, sehingga rakyat harus menanggung dampaknya.

...dst

23 ) Kemendikbud Seleksi Pengelola Jurnal Ilmiah
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593104/kemendikbud-seleksi-pengelola-jurnal-ilmiah

Rabu, 14 Maret 2012 16:19 wib
JAKARTA - Meski gelombang kontroversi masih berlanjut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tampaknya tetap akan memberlakukan kebijakan kewajiban menulis dan mempublikasikan karya ilmiah bagi mahasiswa, Agustus mendatang. Buktinya, Kemendikbud kini tengah menyeleksi para pengelola jurnal ilmiah yang akan menangani penerbitan karya ilmiah para mahasiswa S-1 hingga S-3 di tiap kampus. Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbud Suryo Hapsoro Tri Utomo menyatakan, pihaknya akan menyelenggarakan pelatihan pelatih atau training of trainer (TOT) Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Perguruan Tinggi bagi dosen/peneliti perguruan tinggi.

...dst

24 ) Publikasi Karya Ilmiah, PT Dapat Insentif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/16110849/Publikasi.Karya.Ilmiah.PT.Dapat.Insentif

Rabu, 14 Maret 2012 | 16:11 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, kewajiban publikasi karya ilmiah di perguruan tinggi (PT) berimplikasi terhadap pemberian insentif terhadap perguruan tinggi bersangkutan. Ia mengungkapkan, kebijakan publikasi karya ilmiah ini belum dituangkan dalam peraturan menteri. Kewajiban publikasi sebelumnya dikeluarkan melalui surat edaran Ditjen Dikti tanggal 27 Januari 2012. "Kebijakan ini memang masih tertuang dalam surat edaran (SE) Ditjen Pendidikan Tinggi, belum dituangkan dalam peraturan menteri (permen)," kata Musliar, seusai menyampaikan orasi ilmiah, di Universitas Diponegoro, Semarang, Rabu (14/3/2012). Bagi perguruan tinggi yang mau menjalankan kewajiban publikasi karya ilmiah sebagai syarat kelulusan akan mendapatkan bantuan pendanaan untuk pengembangan jurnal ilmiah yang dimilikinya.

...dst

25 ) Pendidikan Cepat Saji
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/08061548/Pendidikan.Cepat.Saji

Kamis, 15 Maret 2012 | 08:06 WIB
KOMPAS.com - Inilah gejala "penyakit ijazah" yang akan mewabah di Indonesia jika tidak diantisipasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Seorang profesor di satu perguruan tinggi negeri (PTN) dipecat mengajar dan membimbing oleh ketua program studi. Alasannya karena proses belajar- mengajar dan cara penilaian sang profesor dianggap bermasalah. Pemecatan didasarkan adanya surat kaleng mahasiswa yang tak dapat dibuktikan kebenarannya. Dalam surat itu tak disebutkan nama dan nomor induk mahasiswa. Hanya diterangkan bahwa sang profesor pelit memberi nilai, petunjuk tugas tak jelas, tugas terlalu banyak, dan kesempatan ujian perbaikan tidak ada.  Ketua program studi dan rektor PTN tersebut langsung setuju dengan isi surat tanpa adanya usaha klarifikasi kepada sang profesor sebelum memecatnya. Fenomena di atas merupakan fakta teori yang dikemukakan Rendall Collin (1979) tentang masyarakat kredensial (credentials). Masyarakat kredensial ini menganggap ijazah salah satu hal yang sangat penting dalam usaha untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi, baik dalam pemerintahan maupun swasta.

...dst

26 ) Karya Ilmiah Mirip 60?70%, Tak Lulus
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593508/karya-ilmiah-mirip-60-70-tak-lulus

Kamis, 15 Maret 2012 10:18 wib
PALEMBANG – Guna memberantas plagiator karya ilmiah di kalangan dosen, pihak perguruan tinggi pun menetapkan aturan khusus. Karya ilmiah yang memiliki kemiripan antara 60 hingga 70 persen akan otomatis didiskualifikasi, dan penulisnya tidak akan lulus sertifikasi. Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II Diah Natalisha menuturkan,  pihaknya pun meluncurkan portal khusus yang dinamai Portal Kopertis II untuk berfungsi mendeteksi kemiripan karya ilmiah dosen-dosen dalam mengurus jenjang jabatan akademis. "Jadi, nanti dosen harus lebih berhati-hati memublikasikan karya ilmiahnya, harus bisa dipertanggungjawabkan. Kalau sampai mirip 60–70 persen, bisa tidak lulus sertifikasinya," ujar Diah.

...dst

27 ) Anugrah UPI untuk Karya Tulis bagi Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180699

15 Maret 2012
BANDUNG, (PRLM).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan memberikan Anugrah UPI untuk penulisan karya tulis bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Rektor menyediakan hadiah dan insentif yang menarik sesuai dengan ketentuan di UPI. Karya yang diikutsertakan dalam penilaian dapat dikirim langsung ke Kantor Humas UPI, Gd. University Centre, Lantai 1 Jln. Dr. Setiabudhi Bandung. Info lebih lanjut bisa diunduh di humas@upi.edu, atau hubungi 022-2016444. Adapun syarat dan ketentuan adalah karya yang dinilai pernah diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi, pernah diterbitkan dalam Jurnal Nasional Terakreditasi, merupakan karya ilmiah populer yang pernah dimuat di koran atau majalah, terbit dalam bentuk buku, karya lain selain di atas, dan hanya untuk karya tulis yang dipublikasikan pada tahun 2011. (A-157/A-108)***

...dst

28 )Mahasiswa UGM Demo Proses Pemilihan Rektor
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/13292895/Mahasiswa.UGM.Demo.Proses.Pemilihan.Rektor

Rabu, 14 Maret 2012 | 13:29 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aliansi Peduli Universitas Gajah Mada Yogyakarta menggelar aksi demonstrasi menuntut perombakan struktur panitia ad hoc pemilihan rektor yang dinilai subyektif. Mahasiswa juga menilai, Majelis Wali Amanat bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan pemilihan yang tidak transparan dan akuntabel. Hal yang sama, Panitia Ad-Hoc (PAH) juga banyak melakukan penyimpangan. "Bubarkan PAH sebagai penyelenggara pemilihan rektor dan tolak swalayan Majelis Wali Amanat (MWA) yang menjualbelikan pasal tata cara pemilihan rektor," kata Koordinator Mahasiswa Pandhuri Jayadi, di Balairung UGM, Yogyakarta, Rabu (13/3/2012).

...dst

29 ) Hari Ini, 7 Calon Rektor UGM Ikuti Seleksi Tahap I
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/07354549/Hari.Ini.7.Calon.Rektor.UGM.Ikuti.Seleksi.Tahap.I

Kamis, 15 Maret 2012 | 07:35 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak tujuh calon rektor Universitas Gajah Mada Yogyakarta akan menjalani seleksi tahap pertama hari ini, Kamis (15/3/2012). Proses seleksi ini akan dilakukan oleh gabungan Majelis Guru Besar dan Senat Akademik. Pada tahap pertama ini akan dipilih lima kandidat yang masuk tahap berikutnya. Tujuh calon rektor UGM yang akan mengikuti seleksi tahap pertama adalah:
1. Prof. Dr. Djagal Wiseso Marseno (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM );

...dst

30 ) Beasiswa S-1 ke London, Siapa Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/368/593311/beasiswa-s-1-ke-london-siapa-mau

Kamis, 15 Maret 2012 09:02 wib
JAKARTA - Biaya pendidikan di United Kingdom (UK) alias Inggris sangatlah mahal. Maka, tidak jarang membuat pelajar Indonesia berpikir dua kali untuk melanjutkan pendidikan ke Negara asal David Beckham tersebut. Terutama mereka yang menggunakan biaya pribadi.Tapi sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, salah satu universitas swasta Inggris, yakni London School of Commerce (LSC) memberikan beasiswa parsial bagi 20 pelajar Indonesia berprestasi untuk menjadi mahasiswa mereka. Untuk tahun ini, program beasiswa tersebut ditawarkan dalam dua periode, yakni pada Juni dan Oktober. Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterimaokezone, Kamis (15/3/2012). Tidak hanya beasiswa, sebagai asosiasi dari Cardiff Metropolitan University, lulusan LSC akan mendapat gelar sarjana oleh Cardiff Metropolitan University. LSC yang telah terakreditasi penuh oleh ASIC (Accreditation Service for International Colleges) ini merupakan kampus pilihan 7.000 mahasiswa yang berasal dari 130 negara.

...dst

31 ) Beasiswa S-2 dan S-3 di UK, Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/368/593316/beasiswa-s-2-dan-s-3-di-uk-mau

Kamis, 15 Maret 2012 11:03 wib
JAKARTA - Selain beasiswa bagi program sarjana, London School of Commerce (LSC) juga menawarkan beasiswa untuk jenjang mater dan doktoral.Program S-2 di LSC, membutuhkan waktu satu tahun. Dengan mengikuti program beasiswa tersebut, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 3.950 poundsterling atau setara dengan Rp14 juta (Rp14.418 per poundsterling). Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Kamis (15/3/2012). Jika kamu bukanlah lulusan S-1 bidang bisnis maupun manajemen namun berniat melanjutkan program master di LSC, maka diharapkan untuk mengikuti program penyesuaian terlebih dahulu. Program ini berlangsung selama empat bulan dengan biaya 500 poundsterling atau sekira Rp7,2 juta.

...dst

32 ) Kunci Sukses Wawancara Beasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/07550455/Kunci.Sukses.Wawancara.Beasiswa

Kamis, 15 Maret 2012 | 07:55 WIB
KOMPAS.com - Tes waawancara merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh kandidat penerima beasiswa. Tahapan ini, tak sedikit yang menilai cukup berat untuk dilalui. Meski telah mengirimkan aplikasi dengan penulisan esai dan rekomendasi yang meyakinkan, para juri tetap ingin bertemu dan berbincang langsung dengan kandidat penerima beasiswa. Tujuannya, menilai kepribadian Anda dan meyakinkan bahwa apa yang tertulis dalam aplikasi sesuai dengan kenyataan. Tahapan wawancara ini memang menjadi faktor penentu. Tetapi, jangan takut! Ada sejumlah kiat yang bisa Anda terapkan saat harus menjalani tahapan ini. Apa saja?

...dst

33 ) Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Rakornas Pendidikan Untuk Semua
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/293

03/15/2012
Yogyakarta – Sebanyak 360 peserta rapat koordinasi nasional pendidikan untuk semua (PUS) hadir di Yogyakarta guna membahas percepatan pendidikan untuk semua tahun 2015. Rapat ini dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Informal (PAUDNI), Lidiya Freyani Hawadi, yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Rakornas akan berlangsung dari tanggal 14-16 Maret 2012. Pertemuan antara pusat dan daerah ini diagendakan akan membahas strategi PUS tahun 2012-2013, dan evaluasi pelaksanaan PUS 2011 lalu. Dengan PUS, disparitas gender, dan buta aksara, diharapkan menghilang dari Indonesia.  "PUS menjamin tahun 2015 semua anak terutama perempuan, mempunyai akses sama ke pendidikan berkualitas," tutur Dirjen PAUDNI saat memberi sambutan pembukaan di Hotel Saphir, Yogyakarta, Rabu (14/03). Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Yogyakarta, R. Kadarmanta Baskara Aji, mengakui bahwa Yogyakarta masih memiliki angka buta huruf yang tinggi. Aji menyampaikan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan tersebut. Usia harapan hidup masyarakat Yogyakarta relatif lebih tinggi dari daerah lainnya. Kondisi tersebut berpengaruh pada banyaknya masyarakat usia sepuh yang buta aksara. Faktor lainnya adalah karena sifat rendah hati penduduk Yogyakarta.

...dst

34 ) Diserahkan Mei 2012
Save UI: Honoris Causa untuk Pangeran Charles Hanya Pencitraan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/17322837/Save.UI.Honoris.Causa.untuk.Pangeran.Charles.Hanya.Pencitraan

Rabu, 14 Maret 2012 | 17:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Senat Akademik Universitas Indonesia (SAU-UI) yang juga penggagas gerakan Save UI Ade Armando mengungkapkan, pada Mei 2012 mendatang, Rektor UI Gumilar R Somantri akan memberikan gelar Honoris Causa (HC) kepada Pangeran Charles. Gelar itu akan diserahkan langsung oleh Gumilar bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Inggris.Ia menilai, pemberian gelar itu hanya untuk kepentingan pencitraan dan tidak ada tujuan yang jelas. Pangeran Charles, menurutnya, tidak memiliki peran mencolok untuk pendidikan di kancah global."Saya anggota SAU, informasi ini dijamin benar. Karena apa? Apa coba jasa Pangeran Charles? Itu hanya pencitraan," kata Ade, di Gedung Komisi Informasi Publik (KIP), Jakarta, Rabu (14/3/2012).

...dst

35 ) Kerjasama
UI-Rajawali Fondation Bentuk Pusat Kajian Kebijakan Publik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/10111869/UI-Rajawali.Fondation.Bentuk.Pusat.Kajian.Kebijakan.Publik.

Kamis, 15 Maret 2012 | 10:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk menjawab tantangan masa depan yang makin sulit, diperlukan sumber daya manusia yang berkompetensi dan berkeahlian dan handal.Untuk itulah, UI dan Rajawali Fondation meembentuk Pusat Kajian Kebijakan Publik yang diberi nama Indonesia Center for Public Policy Studies/ICPPS. Grand launching ICPPS dilakukan, Kamis (15/3/2012) di Hotel Four Seasson, Jakarta. Chairman ICPPS adalah Prof Dorodjatun Kuntjoro-Jakti Ph.D dengan CEO Dr Ir Nining Indroyono Soesilo MA, dan dewan penasehat salah satunya Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Prof Firmanzah PhD.

...dst

36 ) Fisikawan Itu Akhirnya Menjadi Guru Besar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/21080152/Fisikawan.Itu.Akhirnya.Menjadi.Guru.Besar

Rabu, 14 Maret 2012 | 21:08 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Fisikawan Universitas Indonesia (UI), Prof Dr Terry Mart, dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Fisika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).Pengukuhan dipimpin Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri, Rabu (14/3/2012), di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat. Terry Mart, salah satu fisikawan Indonesia yang produktif. Lebih kurang 117 publikasi ilmiah telah dihasilkan dalam jurnal Physical Review, yang merupakan jurnal fisika bergengsi dalam lingkup internasional. Terry Mart lahir pada 3 Maret 1965 di Palembang, Sumatera Selatan. Kecemerlangan Terry Mart sudah terlihat sejak ia mahasiswa. Lulusan Sarjana Fisika berpredikat cum laude FMIPA UI pada tahun 1988 ini, memperoleh gelar doktor berpredikat cum laude dari Institut f¨ur Kernphysik, Universit¨at Mainz, Jerman, pada 1996 dengan tesis berjudul "Electromagnetic Production of Kaons off the Nucleon and 3He".

...dst

37 ) Cuma 500 Kampus Berteknologi
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/14/079390148/Cuma-500-Kampus-Berteknologi

RABU, 14 MARET 2012 | 12:23 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Teknologi informasi dan komunikasi baru digunakan oleh 500 dari 3.011 perguruan tinggi dalam proses belajar-mengajarnya pada tahun ini. Angka ini meningkat dibandingkan angka tahun lalu sebanyak 355 kampus di Tanah Air. "Saat ini baru sekitar 17 persen," kata Direktur Enterprice & Wholesale Telkom, Arief Yahya, di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2012. Menurut Arief, kenaikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi itu seiring dengan meningkatnya kesadaran para civitas academica.PT Telkom Indonesia merekam dan melakukan pemeringkatan pemakaian teknologi di kampus-kampus melalui TeSCA. Program TeSCA adalah rangkaian dari INDIGO Award untuk perguruan tinggi sebagai bagian kegiatan CSR Telkom di bidang pendidikan.

...dst

38 ) UI Kampus Tercerdas Versi Telkom
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/14/079390148/Cuma-500-Kampus-Berteknologi

Rabu, 14 Maret 2012 | 18:06 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Untuk keempat kalinya, Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai Kampus Tercerdas di Indonesia oleh Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2011. UI menyabet penghargaan ini sejak anugerah digelar tahun 2008. Anugerah kampus tercerdas  diikuti oleh 355 perguruan tinggi di Indonesia. Penghargaan ini diterima Wakil Rektor UI Sunardji SE MM dan Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) UI Prof Dr Riri Fitri Sari, Rabu (14/3/2012), di Jakarta. Penghargaan ini diberikan kepada kampus yang memiliki dedikasi dan inovasi dalam pengembangan infrastruktur kampus berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

...dst

39 ) Earth our Save, Cara Anak Undip Peduli Bumi
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/372/593553/earth-our-save-cara-anak-undip-peduli-bumi

Kamis, 15 Maret 2012 11:46 wib
SEMARANG - Sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil. Setidaknya, pepatah itu konsisten dilakukan oleh Earth Our Save. Sebuah komunitas yang mengampanyekan penyelamatan alam lewat seruan hemat energi.
Komunitas yang berdiri pada Maret 2011 ini didominasi mahasiswa Jurusan Planologi Universitas Diponegoro (Undip). Dengan jumlah anggota aktif mencapai 20 orang, mereka berkampanye lewat berbagai media. Mereka menyebar pamflet, menyablon kaus, membuat pin, dan mencetak stiker ajakan menjaga bumi. "Kami terus mengajak masyarakat luas menjaga bumi, dari mulai membakar sampah plastik hingga hemat listrik dengan tidak menyalakan lampu jika tidak diperlukan. Kita butuh bumi dan sebaliknya, bumi membutuhkan kita untuk merawatnya," papar Intan Muning H, pegiat Earth Our Save Kota Semarang.

...dst

40 ) Berminat Belajar Perbankan? BCA Bikin Pelatihan Program Diploma
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/14/m0v9vh-berminat-belajar-perbankan-bca-bikin-pelatihan-program-diploma

Kamis, 15 Maret 2012 03:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---BCA meresmikan pusat pelatihan perbankan program diploma perbankan di kampus Universitas Brawijaya, Malang dalam rangka menunjang proses belajar mengajar mahasiswa diploma. "Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program bakti BCA dalam bidang pendidikan," ucap Sekretaris Perusahaan BCA, Inge Setiawati. Dalam kerja sama ini, lanjut Inge, BCA dapat turut berpartisipasi membantu peserta didik advokasi, Universitas Brawijaya untuk menjadi lulusan yang siap pakai, di industri finansial khususnya di bidang perbankan. Dengan fasilitas yang ada, program pusat pelatihan perbankan akan sangat berguna bagi mahasiswa, karena program diploma perbankan Universitas Brawijaya sebagai modal awal untuk memasuki dunia kerja, tegasnya.

...dst

41 ) Kemah Remaja
Uji Coba Pendidikan Karakter di 25 Sek
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/07253564/Uji.Coba.Pendidikan.Karakter.di.25.Sekolah

Kamis, 15 Maret 2012 | 07:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 500 siswa dan guru dari 25 SMA negeri dan swasta di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi mengikuti pendidikan karakter dalam bentuk kemah remaja di Lembang, Bandung Barat, 13-18 Maret 2012. Siswa dan guru yang mengikuti proyek percontohan pendidikan karakter ini dipilih dari sekolah-sekolah yang memiliki potensi kekerasan, baik sebagai pelaku maupun korban kekerasan. Direktur Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno, Rabu (14/3/2012), di Lembang, mengatakan, pendidikan karakter mendesak diberikan untuk mengantisipasi kekerasan yang belakangan sering terjadi di sekolah atau lingkungan sekitar sekolah.

...dst

42 ) Kemah Remaja Cetak Siswa dan Guru Jadi Trainer Pendidikan Karakter
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/294

03/15/2012
Lembang - Kemah Remaja Pendidikan Karakter Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk pertama kalinya diselenggarakan pada 13-18 Maret 2012. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui  Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen), memilih 25 SMA, yang terdiri dari SMA negeri dan swasta di Jabotabek, sebagai SMA pilot project dalam Kemah Remaja tersebut. Kemah Remaja berlangsung selama enam hari di Lembang, Jawa Barat. Tema yang diangkat dalam Kemah Remaja pertama ini adalah "Meningkatkan Kematangan Jiwa dan Kestabilan Emosi dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Terpuji". Sebanyak 25 SMA yang dipilih untuk mengikuti Kemah Remaja ini, masing-masing mengirimkan 20 orang, yang terdiri dari 18 sisa dan dua guru. Pemilihan sekolah dilakukan dengan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Salah satu pertimbangannya adalah sekolah yang dinilai rawan atau berpotensi terjadi tindak kekerasan.

...dst

43 ) Kemenkes Pastikan Harga Obat Naik 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477828/

Thursday, 15 March 2012
JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan harga obat generik akan mengalami kenaikan, seiring dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TTL) per April 2012 mendatang.Meski naik, Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu mengatakan, besaran kenaikan harganya tidak akan terlalu besar. Langkah itu dilakukan dengan memperbesar volume produksi obat. "Sebetulnya sejalan dengan kenaikan BBM dan TDL, tentu saja harga obat generik harus disesuaikan. Tetapi di lain pihak,pada saat yang sama kita berupaya untuk memperbesar volume obat,dengan melakukan upaya universal coverage," katanya kepada wartawan di Jakarta,kemarin.

...dst

44 ) Dikembangkan, Obat Kanker Murah
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120722/Dikembangkan,-Obat-Kanker-Murah-

Kamis, 15 Maret 2012 , 09:40:00
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang mengembangkan pengobatan penyakit kanker dengan biaya yang lebih murah. Sekarang ini, pengobatan penyakit tersebut masih memakan dana yang sangat besar. Mencapai puluhan juta. Hal tersebut karena dianognosis dan menentukan faktor resiko yang cukup sulit. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, penanganan kanker masih belum optimal. Hampir 70 persen pasien datang ketika sudah berada pada stadium 3 dan 4. Akibatnya, pengobatan yang bisa dilakukan juga kurang optimal. Selain itu, tidak semua puskesmas memiliki peralatan yang dapat mendiagnosis keberadaan kanker."Kanker disebabkan oleh berbagai macam faktor risiko dan penanganannya pun bisa dilakulan dengan kombinasi berbagai pengobatan. Hal inilah yang membuat pengobatan kanker menjadi mahal dan sulit dijangkau masyarakat," ujar Endang usai meresmikan PET Scan di RS Pusat Kenker Nasionnal Dharmais di Jakarta, (14/3).

...dst

45 ) Laporan dari Den Haag
Prof. Sofjan: Amandemen KUHP, Gantung Anas
http://news.detik.com/read/2012/03/14/185257/1867527/10/prof-sofjan-amandemen-kuhp-gantung-anas?n990102mainnews

Rabu, 14/03/2012 18:52 WIB
Den Haag KUHP Indonesia memang tidak mengenal hukum gantung, namun kalau bangsa ini menghendaki, bisa saja KUHP diamandemen, sehingga sesuai ucapan Anas, dia bisa digantung jika terbukti korupsi. Hal itu disampaikan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA kepada detikcom di Den Haag, Rabu (14/3/2012) menanggapi simpang-siur seputar dugaan peran Anas Urbaningrum dalam perkara korupsi dan pernyataannya siap digantung di Monas. "Pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang siap digantung, jika terbukti korupsi, harus direspon dan ditindaklanjuti oleh KPK. Segera tangkap dan periksa Anas sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku," ujar Prof. Sofjan.

...dst

46 ) Keuntungan Zona Satu Waktu
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120733/Keuntungan--Zona-Satu-Waktu-

Kamis, 15 Maret 2012 , 11:30:00
JAKARTA-- Rencana pemerintah untuk menyatukan zona waktu bakal menguntungkan Indonesia dalam berbagai hal, utamanya dalam hal perekonomian. Dengan zona satu waktu, banyak biaya yang bakal dihemat, mulai dari jam kerja, traffic, hingga ke aktivitas ekonomi yang lebih efektif dan efisien. Wacana penyatuan zona waktu itu pada awalnya sering dilontarkan Penasihat Indonesia Marketing Association (IMA), HM Alwi Hamu pada berbagai kesempatan pertemuan nasional, tujuh tahun silam. Hal itu juga sudah disampaikannya kepada pemerintah, sampai akhirnya kembali mencuat setelah Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa mengungkapkan bahwa anggaran bakal hemat triliunan rupiah jika zona waktu dijadikan satu. Saat ini Indonesia terdiri dari tiga zona waktu; Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi wilayah Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali," Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan wilayah Kalimantan dan Sulawesi, dan Waktu Indonesia Timur (WIT) yang didalamnya terdapat Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

...dst

47 ) Prof Thomas Djamaluddin: Zona Waktu Harus Perhatikan Jam Matahari
http://news.detik.com/read/2012/03/14/165149/1867389/158/prof-thomas-djamaluddin-zona-waktu-harus-perhatikan-jam-matahari?n990102mainnews

Rabu, 14/03/2012 16:51 WIB
Jakarta Kalangan pebisnis sepakat dengan rencana penyatuan zona waktu di Indonesia. Sebelum rencana ini direalisasikan harus ada kajian yang komprehensif tentang sisi positif dan negatifnya. Yang juga perlu diperhatikan, kebijakan zona waktu juga harus memperhatikan jam matahari."Kalau saya sebagai peneliti terkait masalah matahari dan perubahan harian matahari, maka akan concern pada perilaku manusia yang terkait terbit dan terbenamnya matahari. Matahari ini lebih berpengaruh pada aktivitas manusia ketimbang jam. Jam itu menyesuaikan aktivitas, bukan aktivitas menyesuaikan jam," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

...dst

48 ) 'Facebook' Islami, Salam World, Siap Meluncur Saat Ramadhan
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/03/15/m0wh13-facebook-islami-salam-world-siap-meluncur-saat-ramadhan

Kamis, 15 Maret 2012 10:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Buat penggemar jejaring sosial, siap-siap menyambut kehadiran Salam World. Inilah Facebook versi Islam yang direncanakan meluncur Juli nanti bertepatan dengan bulan Ramadhan. Menurut para penggagas, ini akan menjadi situs yang menjunjung tinggi "norma dan nilai kehidupan keluarga". Sama seperti Facebook, Salamworld juga komersial. Menurut warga Rusia Abdulvahit Niyazov, salah seorang pendiri Salamworld.com, ada kebutuhan untuk platform serupa ini, karena remaja Muslim tidak merasa nyaman di Facebook karena terkesan cukup bebas lantaran masuknya konten pornografi. Para penggagas situs baru ini melihat kemungkinan keberhasilan komersial. Mereka ingin menciptakan akses ke sejumlah besar e-books (buku-buku elektronik) Islam sampai akses ke buku panduan perjalanan yang khusus bagi muslim.

...dst

Berita Edukasi, 14 Maret 2012

1 ) Pemerintah Siapkan Subsidi Biaya Operasional Kuliah
Agar Biaya Kuliah Tak Melambung
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120580/Pemerintah-Siapkan-Subsidi-Biaya-Operasional-Kuliah-

Rabu, 14 Maret 2012 , 06:36:00
JAKARTA - Pemerintah menjamin tidak ada kenaikan biaya kuliah, meski harga BBM diperkirakan naik bulan depan. Untuk menekan biaya kuliah agar tidak naik, pemerintah mensubsidi biaya operasional kuliah sebesar Rp 1,2 triliun untuk seluruh kampus negeri. Hanya saja, sampai sekarang belum ada tanda-tanda kepatian waktu pencairan biaya operasional tersebut. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, biaya yang didapat dari pos APBNP 2012 ini baru bisa cair jika kampus melayangkan daftar SPP tunggal ke kantornya. "Sampai sekarang sudah ada yang melayangkan, tapi belum banyak," ujar Djoko di Jakarta, Selasa (13/3). Dia menegaskan, harus menunggu seluruh kampus negeri yang jumlahnya hampir seratus menyerahkan rincian SPP tunggal, baru bisa menyalurkan subsidi tadi. Sebab, kata dia, SPP tunggal itu adalah acuan bagi Ditjen Dikti untuk membagi rata dan adil subsidi operasional kuliah tadi.

...dst

2 ) Wanita Indonesia Terpilih Jadi Presiden UT Internasional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/13/m0tclj-wanita-indonesia-terpilih-jadi-presiden-ut-internasional

Selasa, 13 Maret 2012 14:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Universitas Terbuka (UT) memperoleh kebanggaan dan pengakuan di dunia internasional. Rektor UT Prof Tian Belawati telah terpilih sebagai presiden lembaga internasional pendidikan terbuka dan jarak jauh atau International Council for Open and Distance Education (ICDE), di Oslo Norwegia, 29 Februari 2012 lalu. Tian terpilih secara aklamasi menjadi Presiden ICDE periode 2012 hingga 2015. Prof.  Ia mengukir prestasi yang membanggakan karena menjadi wanita Asia pertama yang terpilih sebagai Presiden ICDE. "Ini kebanggan dan penghargaan bagi Indonesia. Jika dunia internasional percaya dengan UT, kami berharap masyarakat Indonesia bisa mendukung peningkatan kualitas layanan UT dalam pendidikan tinggi jarak jauh yang dapat melayani semua anak bangsa di dalam dan luar negeri," ujar Tian, dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (13/3). ICDE merupakan organisasi internasional yang memayungi perbagai komunitas pendidikan terbuka dan jarak jauh di seluruh dunia. Organisasi ini didirikan tahun 1938, dan berpusat di Oslo, Norwegia. Saat ini ICDE memiliki anggota lebih dari 60 negara, yang dipresentasikan oleh 6 orang anggota Executive Committee (EC). Satu EC dipilih oleh seluruh individu anggota ICDE, dan 5 EC dipilih oleh anggota lembaga pendidikan jarak jauh. Anggota executive inilah yang memperoleh mandat untuk memilih Presiden ICDE.

...dst

3 ) KBRI Berlin gelar sosialissi beasiswa debt swap
http://www.antaranews.com/berita/301263/kbri-berlin-gelar-sosialissi-beasiswa-debt-swap

Rabu, 14 Maret 2012 01:46 WIB
London (ANTARA News) - KBRI Berlin mengelar acara ekspose dan sosialisasi Program Beasiswa Debt Swap untuk pertama kalinya sejak Program Beasiswa Debt Swap, yang merupakan kesepakatan antara Pemerintah RI dan Pemerintah Jerman disepakati akhir tahun 2011 lalu kepada perwakilan-perwakilan perguruan tinggi di Jerman.  Sebanyak 19 orang perwakilan perguruan tinggi dan seorang dari German Academic Exchange Service (DAAD) telah hadir dalam acara tersebut, ujar Atase Pendidikan KBRI Berlin, Yul Y. Nazaruddin kepada ANTARA London, Rabu. Dalam kesempatan itu KBRI Berlin telah mengundang perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menjelaskan secara rinci mengenai program beasiswa dimaksud kepada wakil-wakil perguruan tinggi di Jerman.  Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kemdikbud, Prof. Dr. Supriadi Rustad, sebagai nara sumber dalam rangka acara tersebut memberikan presentasi mengenai Indonesian German Scholarship Program (IGSP), yang merupakan bagian dari kesepakatan pengalihan hutang (Debt Swap) antara ke dua negara.

...dst

4 ) RI-Singapura Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/592754/ri-singapura-tingkatkan-kerja-sama-pendidikan

Rabu, 14 Maret 2012 10:19 wib
BOGOR - Pemerintah Indonesia dan Singapura menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait bidang pendidikan dan reformasi birokrasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, nota kesepahaman tersebut di antaranya membahas program pertukaran dosen, student mobility, dan penelitian.  "Ada juga program untuk saling mengakui hasil pendidikan masing-masing negara. Lulusan dari Indonesia bisa diakui di Singapura, dan sebaliknya," ujar Nuh usai mendampingi Presiden SBY bertemu PM Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor, Jawa Barat, kemarin.

...dst

5 ) Penerimaan Mahasiswa Baru
2013, SNMPTN Gratis!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/08252864/2013.SNMPTN.Gratis.

Rabu, 14 Maret 2012 | 08:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pada tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana menggratiskan biaya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan, saat ini Kemdikbud tengah menghitung dana yang diperlukan untuk menerapkan SNMPTN gratis.Tahun 2011, pemerintah mengalokasikan Rp 30 miliar untuk menyelenggarakan SNMPTN. Besaran dana itu mampu menutupi biaya operasional SNMPTN jalur undangan dan ujian tulis sekitar 35 persen. Rencana ini, jelas Djoko, sejalan dengan akan dihapuskannya SNMPTN jalur ujian tertulis. Menurutnya, dengan hanya membuka jalur undangan dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN, beban penyelenggaraan SNMPTN lebih ringan karena tidak perlu lagi mencetak naskah untuk ujian tulis.

...dst

6 ) Berlaku 2013
SNMPTN Tulis Akan Dihapus, "Ngapain Ujian Dua Kali?"
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/09283669/SNMPTN.Tulis.Akan.Dihapus.Ngapain.Ujian.Dua.Kali.

Rabu, 14 Maret 2012 | 09:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, rencana menghapus jalur ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan berlaku tahun 2013 mendatang. Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu dan anggaran, serta sebagai pelecut untuk memperkokoh nilai rapor dan nilai ujian nasional (UN) yang kredibel.Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan, ke depannya calon mahasiswa tak perlu lagi melaksanakan dua kali ujian. Setelah selesai melaksanakan dan lulus UN, para siswa dapat langsung dipromosikan oleh sekolah untuk ikut SNMPTN melalui jalur undangan.

...dst

7 ) Komisi X: Penghapusan Ujian Tulis SNMPTN Belum Diputuskan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/11152028/Komisi.X.Penghapusan.Ujian.Tulis.SNMPTN.Belum.Diputuskan

Rabu, 14 Maret 2012 | 11:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi X DPR yang membidangi Pendidikan, Pariwisata dan Olahraga, Tubagus Dedi Gumelar mengatakan, rencana penghapusan ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 belum diputuskan. Pada dasarnya, kata dia, Komisi X hanya menginginkan terbukanya akses Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk seluruh kalangan masyarakat. Ia mengatakan, keterbukaan akses PTN bagi masyarakat luas dapat dimulai dari sisi biaya. Komisi X mendorong agar pendaftaran SNMPTN dapat digratiskan dan biaya pendidikan tinggi  tidak memberatkan masyarakat dari golongan tidak mampu. "Penghapusan ujian tulis belum kami putuskan. Yang kami dorong adalah keterbukaan akses PTN, khususnya dari segi pembiayaan agar tidak memberatkan masyarakat miskin," kata Dedi, Rabu (14/3/2012), di Jakarta.

...dst

8 ) Pendaftar Jalur Mandiri Melonjak
Dampak Penghapusan SNMPTN Jalur Ujian Tulis
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120572/Pendaftar-Jalur-Mandiri-Melonjak-

Rabu, 14 Maret 2012 , 05:05:00
JAKARTA - Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mengantisipasi dampak dari penghapusan SNMPTN jalur Ujian Tulis. Kebijakan ini diantaranya akan berdampak membludaknya pendaftar ujian mandiri masuk PTN. Di saat prediksi bakal terjadi pelonjakan jumlah pendaftar ujian mandiri masuk PTN, masyarakat menilai jika biaya kuliah melalui jalur mandiri lebih mahal. Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, pihaknya menjamin tidak akan ada kenaikan biaya. Baik itu bagi mahasiswa yang lolos dari seleksi SNMPTN maupun jalur mandiri, nominalnya sama. Djoko menerangkan, penghapusan SNMPTN jalur Ujian Tulis dan menggeser untuk jalur Undangan, akan membuat pola baru pendaftaran calon mahasiswa. Mantan rektor ITB itu mengatakan, ketika masih ada SNMPTN jalur Ujian Tulis, calon mahasiswa mendapat kesempatan ujian tulis hingga tiga kali. Jika sudah tiga kali tetapi tetap tidak lulus, jalan satu-satunya untuk kuliah di PTN adalah melalui jalur ujian mandiri.

...dst

9 ) IPB Tak Terpengaruh Peraturan Mendikbud
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120605/IPB-Tak-Terpengaruh-Peraturan-Mendikbud-

Rabu, 14 Maret 2012 , 10:28:00
BOGOR-- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kabudayaan  (Mendikbud) yang hanya memberlakukan jalur undangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang, diakui Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry tak terlalu berpengaruh. Herry menyebutkan, pihaknya sudah menerima sosialisasi mengenai kebijakan tersebut. Menurutnya, pemerintah tidak akan menghapus sistem ujian tertulis dalam SNMPTN tahun depan. Melainkan hanya mengurangi kuotanya. Dengan memperbanyak jalur undangan, maka resistensi ujian tertulis akan lebih terminimalisir, seperti kasus joki SNMPTN. "Dalam Permendiknas Nomor 34 Tahun 2010, penerimaan mahasiswa baru melalui dua cara, yakni melalui jalur undangan dan mandiri. Disitu dijelaskan bahwa jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan itu sekurang-kurangnya 60 persen. Sedangkan kami sudah melaksanakan sejak lama," katanya kepada Radar Bogor (Group JPNN). Dalam kebijakan tersebut disebutkan, minimal 60 persen mahasiswa diterima melalui jalur undangan. Sedangkan 40 persennya dari jalur mandiri, yakni diserahkan ke perguruan tinggi masing-masing.

...dst

10 ) SNMPTN Tulis Akan Dihapus
Penghapusan Ujian Tulis SNMPTN Dinilai Gegabah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/10404225/Penghapusan.Ujian.Tulis.SNMPTN.Dinilai.Gegabah

Rabu, 14 Maret 2012 | 10:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur tertulis dinilai gegabah. Pengamat Pendidikan dari Universitas Paramadina, Muhammad Abduhzen mengatakan, hal itu akan semakin membuka celah kecurangan yang berpengaruh pada kualitas lulusan pendidikan tinggi di masa yang akan datang. Apalagi, menurutnya, saat ini belum ada peta data pokok serta kualitas pendidikan secara nasional. "Jalur undangan bisa menjadi baik hasilnya, kalau kita sudah memiliki data dan peta sekolah rapi, dan tertata lengkap. Peta kualitas sekolah dan data-data pokok pendidikan kita saja masih kacau. Kebijakan penghapusan ujian tulis SNMPTN itu akan merugikan," kata Abduhzen, Rabu (14/3/2012), di Jakarta.

...dst

11 ) Penghapusan Ujian Tertulis Masuk SNMPTN Dinilai Belum Wajar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180544

Selasa, 13/03/2012 - 17:31
JAKARTA, (PRLM).- Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menghapus ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, mulai menuai polemik. Sekretaris Panitia SNMPTN, Rochmat Wahab menegaskan, jika kebijakan itu dilakukan, akan memicu makin maraknya manipulasi nilai sekolah siswa SLTA. "Selama ini saja, jalur undangan masuk PTN masih diwarnai dengan aksi manipulasi nilai siswa oleh pihak sekolah, seperti terjadi di SMAN 5 Medan. Maka, jika seleksi SNMPTN tahun depan memberikan jatah lebih besar lagi lewat jalur undangan, akan semakin banyak sekolah yang melakukan kecurangan, dengan harapan siswanya bisa diterima di PTN lewat jalur undangan itu," ujar Rochmat Wahab di Jakarta, Selasa (13/3). Menurutnya, nilai ujian sekolah dan nilai rapor tidak terjamin dibuat secara jujur. Sekolah bisa saja memberi nilai 9 atau 10 semua kepada siswanya, toh guru sekolah yang memberikan nilai itu. "Bagaimana kami bisa menjamin kualitas siswa itu nantinya," tegasnya.

...dst

12 ) PTN Khawatirkan Manipulasi Rapor
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/14/180150/PTN-Khawatirkan-Manipulasi-Rapor

14 Maret 2012
SEMARANG- Rencana penghapusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis pada 2013 mendapat dukungan perguruan tinggi. Namun begitu banyak persoalan mengganjal yang harus dibenahi dimana salah satunya adalah kekhawatiran terhadap kemungkinan manipulasi nilai rapor serta proses ujian nasional (UN).Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengungkapkan, sisi positif dari rencana tersebut adalah bentuk pengakuan dari PTN terhadap hasil belajar siswa dalam bentuk rapor semester serta hasil UN. Permintaan untuk menggunakan nilai UN menjadi dasar seleksi masuk PTN sebenarnya sudah lama dilontarkan tetapi selalu ditolak karena UN bersifat sumatif (evaluasi). "Sedangkan seleksi ujian masuk lebih bersifat prediksi,'' kata dia.

...dst

13 ) SNMPTN Tanpa Ujian Tulis, Sekolah Diminta Objektif
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/592685/snmptn-tanpa-ujian-tulis-sekolah-diminta-objektif

Rabu, 14 Maret 2012 08:39 wib
PALEMBANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan formulasi baru dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013, dengan jalur undangan 60 persen dan jalur mandiri 40 persen, sedangkan SNMPTN jalur tulis dihapus.Kebijakan menetapkan menghapus SNMPTN jalur ujian tulis merupakan implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 34/2010. Dalam peraturan menteri tersebut dinyatakan, penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui dua skema, yaitu SNMPTN dan/atau jalur mandiri. Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya (Unsri) Zulkifli Dahlan, DEA, mengatakan, sesuai peraturan menteri, tahun depan seleksi masuk PTN dibagi menjadi dua, yaitu SNMPTN dengan pagu 60 persen dari total kuota nasional dan seleksi jalur mandiri dengan pagu 40 persen. Adapun pagu 60 persen untuk SNMPTN ini dilaksanakan dengan jalur undangan semuanya.

...dst

14 ) Unnes Setuju SNMPTN Tulis Dihapuskan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/1224188/Unnes.Setuju.SNMPTN.Tulis.Dihapuskan

Selasa, 13 Maret 2012 | 12:24 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyepakati rencana penghapusan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tulis pada 2013. Dengan dihapuskannya jalur tulis, maka penerimaan mahasiswa baru di PTN hanya melalui jalur undangan. "Kami bukan hanya setuju, namun sangat setuju (SNMPTN tulis dihapus). Menurut kami, tidak ada masalah jika SNMPTN jalur tulis akan dihapus," kata Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Senin (12/3/2012). Menurut dia, selama ini Unnes telah memberi porsi sangat besar untuk calon mahasiswa melalui SNMPTN undangan dibandingkan jalur tulis. Hal itu dilakukan sebagai upaya menghargai hasil jerih payah guru dan sekolah mendidik para siswanya.

...dst

15 ) 2.000 Mahasiswa PTS Akan Dapat Bidik Misi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/09515941/2.000.Mahasiswa.PTS.Akan.Dapat.Bidik.Misi

Rabu, 14 Maret 2012 | 09:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar baik datang untuk para mahasiswa di perguruan tinggi swasta. Mulai tahun 2013, pemerintah akan memberikan program beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa PTS.Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, pihaknya akan memberikan program beasiswa itu kepada 2.000 mahasiswa di PTS. Akan tetapi, kata dia, beasiswa itu hanya diberikan kepada mahasiswa miskin berprestasi dari PTS dengan program studi (prodi) terakreditasi A."Kita akan berikan Bidik Misi kepada 2.000 mahasiswa PTS. Dengan catatan, mahasiswa tersebut miskin dan berasal dari prodi terakreditasi A," kata Djoko, Selasa (13/3/2012) sore, di Jakarta.

...dst

16 ) "Agar Berakhir Cerita Batal Kuliah karena Biaya"
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/13/079390030/Agar-Berakhir-Cerita-Batal-Kuliah-karena-Biaya

SELASA, 13 MARET 2012 | 21:14 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Ketua Komisi Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat Mahyuddin mengatakan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi diharapkan memberi jaminan pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu. "Semangatnya agar tidak ada lagi pelajar yang batal masuk universitas karena kendala biaya," ujar Mahyuddin, Selasa, 13 Maret 2012. Menurut Mahyuddin, pembahasan RUU yang sudah hampir rampung dibahas Panitia Kerja ini akan memberi penekanan kepada universitas untuk menerima siswa kurang mampu. Bentuk dan mekanisme pemberian beasiswa kepada mahasiswa dan calon mahasiswa kurang mampu akan diatur lebih tegas. "Biaya pendidikan tinggi yang terjangkau, akan diatur sepenuhnya dalam RUU ini."

...dst

17 ) IPB kembangkan koperasi syariah berbasis masjid desa
http://www.antaranews.com/berita/301319/ipb-kembangkan-koperasi-syariah-berbasis-masjid-desa

Rabu, 14 Maret 2012 11:06 WIB
Bogor (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor mengembangkan koperasi syariah berbasis masjid di desa, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga setempat. "Ide dasar ini muncul karena ada keinginan kami untuk lebih menyejahterakan masyarakat desa melalui kegiatan ekonomi di masjid, ditambah lagi seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW di mana masjid juga digunakan sebagai pusat pemerintahan," kata Riki Cahyo Edy, salah satu mahasiswa penggagas program itu di Bogor, Jawa Barat, Rabu. Lima mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan kegiatan itu adalah Randy, sebagai ketua tim dengan anggota Riki Cahyo Edy, M. Wahyu Sautomo, Asep Hambali, dan Pipit Pratama. Mereka menggagas koperasi syariah di Masjid Al-Ghomidi, Desa Cibitung Tengah, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa yang telah didanai oleh Ditjen Dikti Kemendikbud, kelima mahasiswa IPB itu memiliki motivasi menggandeng desa untuk lebih jauh mengenal koperasi syariah.

...dst

18 ) Lulusan Agribisnis Justru Banyak Dicari
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/17362661/Lulusan.Agribisnis.Justru.Banyak.Dicari

Selasa, 13 Maret 2012 | 17:36 WIB
CIANJUR, KOMPAS.com — Pertanian kerap menjadi jurusan dalam ilmu pendidikan yang kurang populer di mata remaja masa kini, berbeda dengan ilmu komputer yang banyak digandrungi. Padahal, lulusan ilmu pertanian justru banyak dicari di pasar tenaga kerja, seperti yang terjadi pada para lulusan Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura di SMKN 1 Pacet, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (13/3/2012). Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultra di SMKN 1 Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, misalnya, kini mendapat saingan baru. SMKN I membuka Jurusan Teknologi Komputer Jaringan. Siswa baru berbondong-bondong mendaftar ke jurusan baru ini, tetapi para tenaga pengajar di sekolah tersebut mengatakan bahwa sebenarnya pasar tenaga kerja tetap lebih mudah menyerap lulusan agribisnis.

...dst

19 ) Sah-Sah Saja Lulusan IPB Bekerja di Luar Bidang Pertanian
http://regional.kompas.com/read/2012/03/14/0716209/Prof.Rai.Gamelan.Bali.Berkembang.di.Manca.Negara

Selasa, 13 Maret 2012 06:36 WIB 
JAKARTA--MICOM: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Hery Suhardiyanto mengungkapkan bahwa wajar jika banyak lulusan IPB yang pada akhirnya bekerja di luar bidang studi pertanian. "Saya tidak menyalahkan jika banyak lulusan IPB yang bekerja di bidang lain selain pertanian karena memang sistem insentif belum memberi apresiasi di bidang pertanian di negeri ini," kata dia pada jumpa pers peluncuran Agrinex Expo 2012 di Jakarta, Senin (12/3). Ia mengungkapkan hal tersebut terkait dengan anggapan bahwa mundurnya pertanian lokal disebabkan oleh kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. "Masyarakat kita masih belum bisa memberi apresiasi positif pada dunia pertanian, masih ada 'misleading' mengenai peluang pertanian di masyarakat kita, pertanian identik dengan kemiskinan sehingga citranya cenderung negatif," kata dia.

...dst

20) PTS Akan Gugat Edaran Dikti soal Publikasi Karya Ilmiah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/13524657/PTS.Akan.Gugat.Edaran.Dikti.soal.Publikasi.Karya.Ilmiah

Selasa, 13 Maret 2012 | 13:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) akan menggugat Surat Edaran Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud no 152/E/T/2012 tentang publikasi karya ilmiah sebagai persyaratan lulus bagi sarjana strata satu, dua dan tiga ke Mahkamah Agung (MA). Surat edaran ini dikeluarkan pada 27 Januari lalu dan akan berlaku bagi lulusan setelah bulan Agustus 2012. "Jika pemerintah memaksakan pemberlakuan SE itu, maka tidak ada jalan lain bagi kami untuk menggugatnya ke MA," kata Ketua Umum Aptisi Prof Dr Edy Suandi Hamid di Jakarta, Senin (12/3/2012). Saat ini, kata Edy, pihaknya masih berupaya mendesak Mendiknas agar mencabut SE yang dijadwalkan akan diberlakukan kepada seluruh perguruan tinggi Indonesia pada Agustus 2012 tersebu.

...dst

21 ) Anggaran Riset Unsoed Purwokerto Rp 10 Miliar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/19342946/Anggaran.Riset.Unsoed.Purwokerto.Rp.10.Miliar

Selasa, 13 Maret 2012 | 19:34 WIB
PURWOKERTO, KOMPAS.com — Anggaran riset dan penelitian dosen di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, terus meningkat. Pada 2011, misalnya, anggaran riset naik dari kisaran Rp 600 juta pada 2012, menjadi hingga Rp 6 miliar. Bahkan, bila ditambah dengan sumber-sumber dana yang lain, untuk tahun 2011 dana penelitian Unsoed mencapai Rp 10 miliar lebih. Hal ini diungkapkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed, Prof Totok Agung Dwi Haryanto, MP, Ph.D, Selasa (13/3/2012). "Kenaikan anggaran riset ini sejalan dengan terus menerusnya LPPM memfasilitasi peningkatan kualitas sumber daya periset Unsoed. Dalam setahun, kami dapat menyelenggarakan hingga 10 kali pelatihan dan pendampingan," ujarnya. Hasilnya pun sepadan. Pada 2011, sekitar 650 dosen terlibat dalam penelitian, 40 publikasi internasional dan 85 publikasi nasional terakreditasi.

...dst

22 ) Mahasiswa UT Bisa Dapat Beasiswa Bidik Misi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/16554645/Mahasiswa.UT.Bisa.Dapat.Beasiswa.Bidik.Misi

Selasa, 13 Maret 2012 | 16:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Keikutsertaan Universitas Terbuka, dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada tahun 2013, membuka peluang bagi mahasiswa UT baru juga menerima beasiswa bidik misi. Beasiswa bidik misi tersedia dalam SNMPTN setiap tahunnya. Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi jarak jauh dan terbuka milik pemerinta. "Kuliah di UT belum jadi pilihan banyak lulusan SMA/SMK. Padahal, selain murah, kuliah di UT juga fleksibel. Kami mau menjadilan UT sebagai salah satu pilihan PTN dalam SNMPTN," kata Rektor Universitas Terbuka, Tian Belawati, Selasa (13/3/2012). Menurut Tian, restu UT untuk ikut SNMPTN pada tahun 2013 nanti sudah diberikan Majelis Rektor PTN Indonesia sebagai penyelenggara PTN. "Nanti, teknisnya akan diperjelas," ujar Tian.

...dst

23 ) Seleksi UT Melalui SNMPTN Mulai 2013
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/14/04000997/seleksi.ut.melalui.snmptn.mulai.2013...

13 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Mulai tahun 2013, Universitas Terbuka direncanakan menjadi salah satu pilihan dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN. Pencantuman Universitas Terbuka dalam SNMPTN ini untuk lebih memperkenalkan Universitas Terbuka kepada lulusan SMA/SMAK. "Pola belajarnya tetap, yakni terbuka dan sistem jarak jauh," kata Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati di Jakarta, Selasa (13/3). Menurut Tian, Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi terbuka, sistem belajar jarak jauh, dan berstatus negeri, tetapi masih kurang dikenal kalangan muda lulusan SMA/SMK. Karena itu, untuk lebih memperkenalkan UT, pilihan UT akan dicantumkan dalam SNMPTN. Selain untuk memperkenalkan UT, lanjut Tian, pencantuman pilihan UT dalam SNMPTN juga menguntungkan mahasiswa karena calon mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa bidik misi dari pemerintah untuk biaya hidup dan biaya kuliah. "Jika memilih UT, peluang diterimanya sangat besar karena UT terbuka untuk siapa pun, berapa pun usianya," kata Tian.

...dst

24 ) Pengajaran Abaikan Budi Pekerti-Pusat Studi Pancasila UGM Jadwalkan Gelar Kongres Khusus 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477486/

Wednesday, 14 March 2012
YOGYAKARTA– Konsep pendidikan di Indonesia dinilai tidak selaras dengan sistem pengajaran ketimuran. Pengajarannya hanya menitikberatkan pada ilmu pengetahuan atau intelektual individu dan mengabaikan masalah budi pekerti. "Sistem pengajaran ini merupakan konsep pengajaran Barat. Sedangkan pengajaran ketimuran, selain intelektual, juga tetap memperhatikan pada budi pekerti,"kata Ketua Tim Ahli Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM Sutaryo kemarin. Saat ini antara pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan dilakukan secara terpisah.Padahal tujuan pendidikan dan pengajaran seharusnya untuk kebudayaan, yakni memanusiakan manusia berdasarkan kebangsaan.

...dst

25 ) Pusat Studi Pancasila UGM Gelar Kongres Budi Pekerti
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/592699/pusat-studi-pancasila-ugm-gelar-kongres-budi-pekerti

Rabu, 14 Maret 2012 10:14 wib
YOGYAKARTA – Konsep pendidikan di Indonesia dinilai tidak selaras dengan sistem pengajaran ketimuran. Pengajarannya hanya menitikberatkan pada ilmu pengetahuan atau intelektual individu dan mengabaikan masalah budi pekerti."Sistem pengajaran ini merupakan konsep pengajaran Barat. Sedangkan pengajaran ketimuran, selain intelektual, juga tetap memperhatikan pada budi pekerti," kata Ketua Tim Ahli Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM Sutaryo kemarin. Saat ini antara pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan dilakukan secara terpisah. Padahal tujuan pendidikan dan pengajaran seharusnya untuk kebudayaan, yakni memanusiakan manusia berdasarkan kebangsaan. Bila filosofinya dipisah maka undang-undangnya pun jadi terpisah dan pelaksanaannya akhirnya ikut terpisah. "Harusnya ketiganya tidak boleh dipisah," tandasnya.

...dst

26 ) Komunikasi PAH Pilrek UGM Dikritik 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477485/

Wednesday, 14 March 2012
YOGYAKARTA – Tata cara komunikasi Panitia Ad Hoc (PAH) Pemilihan Rektor (Pilrek) Majelis Wali Amanah (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) menuai kritik. Persoalan yang paling disorot adalah penyampaian informasi para calon rektor yang lolos seleksi administrasi kepada Senat Akademik dan Majelis Guru Besar UGM. Tersendatnya komunikasi menyebabkan salah satu tahapan pilrek,yakni pemilihan lima dari tujuh calon rektor yang sedianya dilakukan Senin (12/3) menjadi tertunda hingga Kamis (15/3). "Penundaan ini menunjukkan masalah kinerja PAH dalam komunikasi yang belum berjalan maksimal,"ujar Presiden Mahasiswa (Presma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UGM Giovanni Fadillah Van Empel kepada SINDO kemarin.

...dst

27 ) Pertukaran Mahasiswa dan Dosen
ISI Denpasar-Universitas Okinawa Jalin Kerja Sama
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/1226204/ISI.Denpasar-Universitas.Okinawa.Jalin.Kerja.Sama

Selasa, 13 Maret 2012 | 12:26 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com — Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sepakat menjalin kerja sama dengan Okinawa University of Arts Jepang, sebagai upaya mendukung proses belajar-mengajar yang menguntungkan kedua belah pihak. Naskah kerja sama ditandatangani antara Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S, MA, dan President Okinawa University of Arts Jepang Tsuguo Sakumoto di kampus ISI Denpasar, Selasa (13/3/2012). "Jalinan kerja sama dua perguruan tinggi seni antarnegara itu diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan," kata Prof Dr I Wayan Rai S. Kerja sama tersebut juga menyangkut bidang studi fotografi dan program studi desain. Terealisasinya kerja sama itu melalui proses yang cukup panjang, berawal dari penjajakan kedua belah pihak.

...dst

28 ) Prof Rai: Gamelan Bali Berkembang di Mancanegara
http://regional.kompas.com/read/2012/03/14/0716209/Prof.Rai.Gamelan.Bali.Berkembang.di.Manca.Negara

Rabu, 14 Maret 2012 | 07:16 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com — Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S.MA menegaskan, sekitar 17 jenis instrumen musik tradisional Bali (gamelan) berkembang di mancanegara, bahkan mampu sejajar dengan seni musik barat. "Gamelan Bali mampu naik gengsi, bahkan gong kebyar menjadi kehormatan dalam menyambut tamu-tamu penting pada acara wisuda perguruan tinggi di Amerika Serikat," kata Wayan Rai di Denpasar, Rabu (14/3/2012). Ia mengatakan, hasil penelitian yang dilakukan di sejumlah negara, masyarakat setempat sangat menikmati konser gamelan Bali yang disajikan seniman dan mahasiswa yang piawai memainkan aneka jenis alat musik Bali.

...dst

29 ) Puluhan Karya Arsitektur Dipamerkan di Unika 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477482/

Wednesday, 14 March 2012
SEMARANG – Melalui ajang "Best on Studio & External Examination", puluhan karya terbaik mahasiswa jurusan arsitektur perguruan tinggi terkemuka di Semarang maupun kota-kota lainnya dipamerkan di Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, kemarin. Di antaranya karya arsitektur dari mahasiswa Universitas Diponegoro dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketua panitia "Best on Studio & External Examination" Emerentiana MK mengungkapkan, acara tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu digelar di Unika. "Pelaksanaan kali ini merupakan kegiatan yang sudah kelima kalinya dilakukan di sini. Pameran akan berlangsung dari Senin (12/3) hingga Kamis (15/3),"paparnya kemarin.

...dst

30 ) Riset PT Dinilai Tak Aplikatif 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477488/

Wednesday, 14 March 2012
SEMARANG – Dekan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (Undip) Muhammad Nur menilai masih banyak riset yang dihasilkan di tingkat perguruan tinggi (PT) pada bidang sains maupun teknik, belum seluruhnya aplikatif. Riset yang dilakukan masih sebatas pengembangan ilmu murni saja. "Itu terjadi karena selama ini masih terbatas pada ilmu murninya saja. Sedangkan yang aplikatif dan dapat dirasakan manfaatnya di masyarakat masih belum banyak," ungkapnya kemarin. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip Imam Ghozali berharap budaya penelitian di kalangan dosen akan terus meningkat serta hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas. (susilo himawan) 

...dst

31 ) USU Diminta Kurangi Kuota Mahasiswa Asing
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/13/373/592055/usu-diminta-kurangi-kuota-mahasiswa-asing

Selasa, 13 Maret 2012 11:11 wib
MEDAN – DPRD Sumatera Utara (Sumut) meminta Universitas Sumatera Utara (USU) Medan mengurangi kuota penerimaan untuk mahasiswa asing.Langkah ini untuk memaksimalkan penerimaan masyarakat Sumut di universitas yang menjadi ikon pendidikan daerah tersebut. "Saya kira akan lebih adil jika kuota yang ada diberikan lebih banyak kepada warga Sumut. Sebab kami berharap USU sebagai ikon pendidikan juga memberikan kesempatan khusus bagi masyarakat Sumut," tutur Wakil Ketua Komisi E DPRD Sumut Zulkifli Husein saat rapat kerja dengan USU dan Universitas Negeri Medan (Unimed), di Gedung Dewan, kemarin.

...dst

32 ) Gandeng BCA, UB Dirikan Pusat Pelatihan Perbankan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/13/373/592325/gandeng-bca-ub-dirikan-pusat-pelatihan-perbankan

Selasa, 13 Maret 2012 17:02 wib
JAKARTA – Demi menunjang proses pembelajaran mahasiswa jurusan perbankan, Universitas Brawijaya (UB) Malang mendirikan Pusat Pelatihan Perbankan, Program Diploma Perbankan.Dalam pendirian pusat pelatihan tersebut, UB menggandeng PT Bank Central Asia sebagai mitra kerja sama. Dan hari ini, Selasa (13/2/2012), pusat pelatihan perbankan ini diresmikan oleh Komisaris BCA Cyrillus Harinowo dan Rektor UB Yogi Sugito. Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati mengungkapkan, pusat pelatihan ini merupakan wujud konsistensi keterlibatan aktif Bank BCA dalam mendukung perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Serta membantu menyiapkan lulusan yang siap pakai dalam sektor industri keuangan dan perbankan.

...dst

33 ) MAHASISWA BUAT DONAT DARI BAHAN BEKATUL-Olah Bekatul Jadi Makanan Bernilai Tinggi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477468/

Wednesday, 14 March 2012
Bekatul padi –hasil sampingan penggilingan padi dari lapisan luar beras– selama ini belum dimanfaatkan optimal. Untuk pemenuhan konsumsi pun masih terbatas,kebanyakan hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak. Juga dibiarkan menjadi limbah.Namun,di tangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini, bekatul padi dapat dijadikan panganan lezat. Sebenarnya bekatul padi dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan maupun industri farmasi.Di antaranya campuran pembuatan kue.Bekatul diketahui memiliki nilai gizi tinggi,seperti kaya vitamin B,vitamin E,asam lemak esensial,serat pangan,protein,oryzanol,dan asam ferulat.

...dst

34 ) Demo BBM-Mahasiswa-Aparat Bentrok, Tiga Luka 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477351/

Wednesday, 14 March 2012
CIREBON – Aksi demonstrasi menolak rencana kenaikan harga BBM di Jawa Barat terus berlanjut. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Mahasiswa Cirebon Bersatu (BMCB), kemarin bentrok dengan petugas kepolisian. Pendemo juga memblokade jalan pantura di perempatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Akibat bentrokan itu, tiga mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) terluka. Salah satunya Bachtiar yang luka memar pada bagian wajah serta telinga berdarah. Dia sempat diamankan petugas di Polsek Kedawung, Kabupaten Cirebon,karena diduga sebagai pemicu kericuhan. Peristiwa itu bermula ketika massa mencoba memblokade salah satu ruas jalan dengan menghadang kendaraan yang melintas. Namun,aksi itu langsung dihalangiaparatyangberjaga.

...dst

35 ) Rp2,07 miliar untuk manajemen pelayanan pendidikan Padang
http://www.antaranews.com/berita/301076/rp207-miliar-untuk-manajemen-pelayanan-pendidikan-padang

Selasa, 13 Maret 2012 00:01 WIB
Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang menyediakan dana sebesar Rp2,07 miliar untuk pelaksanaan program manajemen pelayanan pendidikan di daerah tersebut selama 2012. Dana yang bersumber dari APBD 2012 tersebut akan dimanfaatkan untuk membiayai delapan kegiatan yang terkait dengan program manajemen pelayanan pendidikan, kata Wali Kota Padang, Fauzi Bahar di Padang, Senin. Ia merinci, kegiatan-kegiatan itu meliputi, sistem informasi manajemen pendidikan yang pelaksanaannya akan dibiayai Pemerintah Kota (Pemkot) Padang dengan anggaran Rp67,75 juta. Lalu, kegiatan penerimaan siswa baru dengan sistim online disediakan dana sebesar Rp305,87 juta dan aplikasi sistim informasi manajemen database pada tingkat SD dan TK dialokasikan dana Rp75 juta.

...dst

36 ) Mendagri Minta Jumlah PNS di Pemprov Dipangkas
http://www.jpnn.com/read/2012/03/13/120440/Mendagri-Minta-Jumlah-PNS-di-Pemprov-Dipangkas-

Selasa, 13 Maret 2012 , 01:13:00
MEDAN - Masalah penataan pegawai kembali mendapat sorotan dari Mendagri Gamawan Fauzi saat memberikan arahan di acara Rapat Koordinasi Pemerintahan Kabupaten/Kota se-Sumut di Medan, Senin (12/3). Secara khusus, Gamawan meminta agar jumlah PNS di lingkup Pemprov  jumlahnya dipangkas.Gamawan memberi contoh jumlah PNS di lingkup Pemprov Sumut yang mencapai 12 ribu. "Di Pemprov Sumut berapa? Dua belas ribu? Itu terlalu banyak," ujar Gamawan Fauzi di atas podium, sembari bertanya kepada plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho yang duduk di meja depan.  Gamawan tampak agak terkejut tatkala disebutkan jumlah PNS di lingkup Pemprov Sumut mencapai 12 ribu pegawai. Menurutnya, untuk tingkat provinsi jumlah pegawainya tidak perlu banyak. Alasannya, urusan yang diotonomikan dan menjadi kewenangan provinsi hanya mencapai 24 persen saja.

...dst

37 ) Anggaran Dipangkas, Penataan Pegawai Terancam Tak Tuntas
http://www.jpnn.com/read/2012/03/13/120510/Anggaran-Dipangkas,-Penataan-Pegawai-Terancam-Tak-Tuntas-

Selasa, 13 Maret 2012 , 13:16:00
JAKARTA - Usulan penambahan anggaran Rp 10,2 miliar yang diajukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak disetujui Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas. Padahal tambahan anggaran Rp 10,2 miliar itu, menurut Menteri PAN&RB Azwar Abubakar, untuk kegiatan pelatihan tenaga analis jabatan, analis beban kerja dan evaluasi jabatan dalam upaya program percepatan reformasi birokrasi. Dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2012, alokasi anggaran (Pagu Definitif) Kementerian PAN&RB tahun anggaran 2012 sebesar Rp 170,471 miliar. Namun dalam rapat koordinasi tiga menteri koordinator tanggal 28 Februari 2012, ditetapkan pemotongan anggaran Kementerian PAN&RB dalam RAPBN-P 2012 sebesar Rp 39,039 miliar atau 22,2 persen dari pagu total Rp 170,471 miliar. Dengan demikian alokasi anggaran setelah pemotongan sebesar Rp 131,432 miliar.

...dst

38 ) Federasi Guru Minta SKB 5 Menteri Dibatalkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/15130554/Federasi.Guru.Minta.SKB.5.Menteri.Dibatalkan.

Selasa, 13 Maret 2012 | 15:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai, diterbitkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) 5 Menteri tentang Penataan dan Pendistribusian guru PNS banyak mendatangkan dampak negatif. Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti mengatakan, pihaknya menuntut sejumlah hal. Salah satunya pembatalan SKB 5 Menteri. Setidaknya, kata dia, harus ada evaluasi terhadap kebijakan tersebut untuk meminimalisir dampak negatif yang terjadi pada saat diimplementasikan. Selain itu, FSGI juga meminta agar DPR segera merevisi UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen, terutama pasal 35 ayat (2) yeng mereduksi tugas-tugas guru sebagaimana disebutkan dalam pasal 35 ayat (1) menjadi hanya tatap muka yang diwajibkan minimal 24 jam dan maksimal 40 jam per minggu.

...dst

39 ) Kemenag Segera Verifikasi Data Guru Honorer
http://www.jpnn.com/read/2012/03/13/120545/Kemenag-Segera-Verifikasi-Data-Guru-Honorer-

Selasa, 13 Maret 2012 , 18:15:00
JAKARTA—Kementerian Agama (Kemenag) dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi data guru honorer yang berada di bawah kewenangan Kemenag. Hal ini dilakukan guna mengetahui jumlah guru honorer madrasah di Indonesia.Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Nursyam mengatakan, verifikasi ini juga bertujuan untuk mengawasi jumlah guru honorer madrasah. Sehingga jumlahnya tidak membludak layaknya guru honorer yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)."Kemdikbud kewalahan karena memang jumlah (guru honrer) cukup banyak. Tapi saya kira di Kemenag jumlahnya lebih sedikit. Maka itu tunggu saja dulu sembari kita selesai melakukan verifikasi ini. Kita tanyakan dulu ke direktur madrasah mengenai hal ini. Karena masalah data kan tidak boleh dikarang sendiri," ungkap Nursyam kepada JPNN di Jakarta, Selasa (13/3).

...dst

40 ) Menkes Didesak Cabut Aturan Larangan Tukang Gigi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477517/

Wednesday, 14 March 2012
JAKARTA – Komisi IX DPR mendesak Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih mencabut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1871/MENKES/PER/- IX/2011 tentang Pencabutan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 339/MENKES/PER/V/- 1989 tentang Pekerjaan Tukang Gigi. Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning mengatakan, permenkes tersebut akan efektif per 1 April 2012. Jika tetap diberlakukan, pekerjaan tukang gigi harus ditutup. "Ini akan menutup mata pencarian ribuan tukang gigi di seluruh Indonesia," tandas Ribka di Gedung DPR,Jakarta,kemarin. Politikus PDIP ini mengatakan, pekerjaan tukang gigi memang perlu pengawasan dan pembinaan.Namun, pihaknya tidak setuju jika langsung ditutup. Selama ini tukang gigi menjadi alternatif bagi masyarakat karena biayanya terjangkau." Sedangkan kalau ke dokter gigi, biayanya mahal. 

...dst

41 ) Astronot terancam kerusakan mata
http://news.detik.com/read/2012/03/13/214259/1866448/934/astronot-terancam-kerusakan-mata?881101934

Selasa, 13/03/2012 21:42 WIB
Para astronot hanya boleh tinggal maksimum selama enam bulan di ISS. Mata dan otak para astronot yang menghabiskan waktu lama di orbit bumi bisa terkena gangguan, demikian hasil penelitian terbaru. Hasil pencitraan resonansi magnetik atau MRI terhadap 27 pengelana antariksa menunjukkan adanya hipertensi intrakranial yang mengakibatkan adanya tekanan terhadap batok kepala. Akibatnya gangguan ini, para astronot dapat mengalami gangguan penglihatan. Hasil pengamatan yang diterbitkan dalam Journal of Radiology itu dipimpin oleh Larry Kramer, seorang profesor dalam bidang diagnosa dan pencitraan resonansi dari sekolah kedokteran Texas di Houston. Timnya melakukan pemeriksaan terhadap astronot yang menghabiskan waktu sedikitnya 30 hari di luar angkasa. Gangguan yang terjadi antara lain pembengkakan di seputar saraf mata pada 13 orang, mengecilnya bagian belakang bola mata pada enam orang dan perubahan kelenjar otak pada tiga astronot.

...dst

Berita Edukasi, 13 Maret 2012

1 ) BBM Naik, PTN Dilarang Naikkan SPP

Selasa, 13 Maret 2012 , 00:13:00
JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melarang seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) menaikkan SPP pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 1 April 2012 mendatang. Sebab, pemerintah akan memberikan bantuan dana operasional kepada PTN yang diambil dari 10 persen APBNP 2012. Menteri Pendidikan dan Kebudayaa, M Nuh, menyatakan bahwa bantuan itu akan diambil dari pos Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Seluruh PTN dilarang untuk menaikkan SPP pada saat kenaikan BBM. Namun pemerintah akan memberikan bantuan di dalam PNBP perguruan tinggi sebesar 10 persen," kata Nuh di Jakarta, Senin (12/3). Menurutnnya, besaran PNBP dari PTN pada tahun 2011 lalu mencapai Rp10,7 triliun. Sementara pada 2012, ditargetkan sebanyak Rp11,1 Triliun. Dengan adanya penambahan ini, lanjut Nuh, maka pada tahun ini PTN akan diberi bantuan operasional sebesar Rp1,2 Triliun. "Oleh karena itu, kita sangat menjaga hal ini agar PTN tidak menambah beban masyarakat," jelasnya. Mantan Rektor ITS ini menambahkan, adanya penambahan di dalam PNBP tersebut bukan hanya meringankan beban masyarakat. Ditegaskannya, kebijaksanaan yang diberikan pemerintah ini juga sebagai upaya memperluas akses pelayanan pendidikan tinggi di seluruh Indonesia.

...dst

2 ) PTN Bakal Diberikan Suntikan Dana

Selasa, 13 Maret 2012 | 10:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, perguruan tinggi negeri akan mendapatkan suntikan dana 10 persen untuk menutupi biaya operasional. Langkah ini diambil setelah PTN dilarang menaikkan sumbangan pembinaan pendidikan menyusul adanya rencana pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak pada April mendatang.Menurut Nuh, langkah tersebut juga sebagai upaya melakukan penataan bantuan operasional untuk pendidikan tinggi. Ia menjelaskan, dampak dari dilarangnya PTN menaikkan SPP akan menimbulkan kesulitan PTN dalam menutupi beban operasionalnya. "Pemerintah coba memahami bahwa penyesuaian subsidi BBM akan berdampak pada peningkatan beban masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan tinggi. Itulah mengapa kami merasa perlu membantu PTN," kata Nuh kepada Kompas.com, Selasa (13/3/2012), di Jakarta.

...dst

3 ) Dirjen Dikti: Peminat Bidik Misi Banyak

Senin, 12 Maret 2012 16:56 wib
JAKARTA - Program Bidik Misi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan tidak mampu, ternyata masih terasa asing di kalangan mahasiswa. Beberapa mahasiswa bahkan para calon mahasiswa mungkin masih bertanya-tanya mengenai program beasiswa yang dirintis sejak dua tahun lalu tersebut. Apa persyaratan yang dibutuhkan, bagaimana mekanisme pendaftaran, serta kriteria mahasiswa yang dapat menerima program beasiswa Bidik Misi. Namun, Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso membantah jika sosialisasi mengenai Bidik Misi masih minim. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar program tersebut. "Hingga awal Maret, jumlah mahasiswa yang mendaftar dan direkomendasikan kampus untuk menerima beasiswa Bidik Misi mencapai satu juta. Padahal kuota yang disediakan hanya 60 ribu," kata Djoko kepada okezone di kantornya, Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

...dst

4 ) Verifikasi Data Penerima Bantuan Mutlak Diperlukanhttp://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/290

03/12/2012
Brebes – Guna mencegah berbagai kemungkinan penyimpangan dan penyelewengan dana bantuan rehabilitasi sekolah maupun Bantuan Sisiwa Miskin (BSM), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, memverifikasi langsung ke beberapa tempat. Salah satu lokasi yang didatangi oleh Mendikbud adalah Kabupaten Brebes. Di Sekolah Dasar Margadadi 2, Brebes, Mendikbud langsung berkoordinasi dengan kepala sekolah. Di sekolah tersebut terlihat bangunan tua yang sudah bocor atapnya. Proses belajar mengajar pun telah dialihkan ke Madrasah Ibtidaiyah terdekat. "Salah satu tujuan kita kesini adalah untuk ngecek, apakah data yang ada di kementerian itu cocok dengan kondisi di lapangan. Ternyata cocok!" ujar Mendikbud usai mengunjungi SD Margadadi 2 Bumiayu, Brebes, Sabtu (10/03).Selain untuk memeriksa kondisi sekolah yang akan direhabilitasi, Mendikbud juga bertemu dengan siswa siswi yang telah ditetapkan menjadi penerima bantuan siswa miskin (BSM). Adapun kriteria penerima bantuan siswa miskin, kata Menteri Nuh, ada panduan yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS).

....dst

5 ) SNMPTN Juga Pakai 5 Tipe Soal

Senin, 12 Maret 2012 16:39 wib
JAKARTA - Siapa bilang metode menggunakan lima tipe soal berbeda hanya dilakukan ketika Ujian Nasional (UN)? Ternyata Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis juga menganut sistem ini. Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso menyebutkan, bukan hanya UN yang menggunakan lima tipe soal berbeda pada satu ruangan. Peserta SNMPTN jalur tertulis juga diberikan lima paket soal berbeda di tiap kelas. "Soalnya benar-benar berbeda antara satu tipe dengan tipe lainnya. Namun tingkat kesulitan masing-masing tipe soal sama," kata Djoko ketika berbincang dengan okezone di kantornya di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, belum lama ini. Sementara mengenai pembatasan tahun kelulusan peserta SNMPTN, lanjutnya, bukan bertujuan untuk menangkal terjadinya kecurangan ketika ujian berlangsung. Menurutnya, pembatasan ini dilakukan untuk membuat skala prioritas. "Pembatasan peserta SNMPTN, yakni maksimal lulusan tahun lalu, memang bukan dimaksudkan untuk menangkal terjadinya kecurangan. Tapi, untuk memprioritaskan kesempatan anak-anak yang lulus tahun tersebut masuk PT," ujarnya menjelaskan.

...dst

6 ) Panlok SNMPTN Rekrut Pengawas Ujian

Tuesday, 13 March 2012
BANDUNG– Panitia Lokal (Panlok) Bandung, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 yang menaungi ITB, Unpad, UPI, dan UIN melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya melakukan perekrutan pengawas ujian. "Persiapan yang kami lakukan terkait penyediaan ruangruang ujian dan perekrutan pengawas ujian. Kami memang sudah melakukan persiapan, namun belum melakukan pelayanan apapun karena pendaftarannya saja masih lama,yakni 10 Mei 2012,"kata Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal Bandung Asep Gana Suganda saat dihubungi SINDO,kemarin. Persiapan tersebut dilakukan agar pelaksanaan SNMPTN jalur ujian tertulis dan keterampilan berjalan sesuai rencana. Adapun layanan yang diberikan ini terkait dengan berbagai informasi mengenai SNMPTN 2012. "Saya harap media juga bisa membantu untuk menyosialisasikan sehingga peserta yang akan mengikuti SNMPTN bisa mengetahui berbagai informasi yang mereka butuhkan," ungkapnya.

...dst

7 ) Undip Blokir Tiga SMA

13 Maret 2012
SEMARANG- Universitas Diponegoro (Undip) memblokir tiga sekolah menengah atas dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tahun 2012. Hasil evaluasi SNMPTN 2011 menjadi dasar tiga SMA tidak diberi kuota jalur undangan dan dilarang mendaftar ke Undip. Ketua Panitia SNMPTN Jalur Undangan Undip Prof Muh Arifin mengatakan hal itu menyikapi evaluasi jalur undangan pada sekolah yang mendaftar. Sanksi yang diberikan sesuai dengan kesalahan. "Sanksi bervariasi, ada yang satu tahun, ada juga dua tahun tidak bisa ikut jalur undangan di Undip," katanya, kemarin. Arifin enggan menyebutkan lokasi sekolah dan nama sekolah. Menurutnya, identitas sekolah disembunyikan untuk memberikan kesempatan memperbaiki diri. Kesalahan fatal dilakukan sekolah, antara lain memalsukan data rapor.

...dst

8 ) Manipulasi Nilai Siswa Makin Marak
Jika SNMPTN 2013 Hapus Ujian Tertulis

Selasa, 13 Maret 2012 , 02:21:00
JAKARTA - Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menghapus ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, mulai menuai polemik. Menurut Sekretaris Panitia SNMPTN, Rochmat Wahab, jika kebijakan itu dilakukan, maka akan memicu makin maraknya manipulasi nilai sekolah siswa SLTA. Menurutnya, selama ini saja, jalur undangan masuk PTN masih diwarnai dengan aksi manipulasi nilai siswa oleh pihak sekolah, seperti terjadi di SMAN 5 Medan. Maka, jika seleksi SNMPTN tahun depan memberikan jatah lebih besar lagi lewat jalur undangan, maka semakin banyak sekolah yang melakukan kecurangan, dengan harapan siswanya bisa diterima di PTN lewat jalur undangan itu. "Saya tak bisa menjamin nilai rapor dan nilai ujian sekolah dibuat dengan jujur. Sekolah bisa saja memberi nilai 9 atau 10 semua kepada siswanya, toh guru sekolah yang memberikan nilai itu. Bagaimana kami bisa menjamin kualitas siswa itu," ujar Rochmat Wahab, yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saat dihubungi JPNN kemarin (12/3).

...dst

9 ) SNMPTN Jalur Tulis Akan Dihapus-PTN Belum Capai Kata Sepakat

Tuesday, 13 March 2012
SEMARANG – Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghapus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur tulis mulai 2013 nanti ternyata belum direspons satukataolehpengelolaperguruan tinggi negeri (PTN). Terkait rencana ini,Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyatakan kesetujuannya. Unnes setuju mulai tahun depan SNMPTN hanya dibuka untuk jalur undangan."Saya setuju. Unnes tidak masalah bila SNMPTN jalur tulis nanti dihapuskan," ujar Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo kepada SINDOkemarin. Selama ini, Unnes sudah memberikan kuota paling besar pada SNMPTN jalur undangan. Jika tahun depan yang dibuka hanya SNMPTN jalur ini saja, pihaknya siap mengamankan kebijakan tersebut. "Menurut saya, melalui SNMPTN jalur undangan saja sudah cukup.Selain memudahkan siswa masuk perguruan tinggi,semua proses di jalur undangan sudah bagus.Siapa saja siswa yang berprestasi dan lainlain, mereka teman-teman guru paling tahu siswa mana yang berprestasi dan tidak. Jadi itu sudah cukup sebenarnya,"tandasnya. Rektor Undip Semarang Sudharto P Hadi menegaskan bahwa Undip akan menaati instruksi yang dikeluarkan pusat. "Semoga selama setahun ini dapat dilakukan perbaikan (penilaian kelulusan),"katanya.

...dst

10 ) SNMPTN Jalur Tertulis Akan Dihapus

13 Maret 2012
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur tertulis pada tahun 2013 akan ditiadakan. Hal itu sebagai upaya untuk mengintegrasikan antara pendidikan menengah dengan tinggi. "Mulai tahun depan SNMPTN hanya melalui satu sistem, yakni jalur undangan, tanpa ujian tertulis, sehingga 60% kuota penerimaan mahasiswa baru lewat jalur undangan," kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso. Dia mengatakan, kebijakan tersebut sudah dibahas bersama seluruh Rektor PTN. Kebijakan meniadakan jalur tertulis dalam SNMPTN merupakan salah satu upaya untuk mengintegrasikan Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi. "Karena itu, ke depan PTN tidak perlu lagi melakukan seleksi untuk menyaring calon mahasiswa baru yang akan diterima," jelasnya.

...dst

11 ) Prodi Favorit Tetap Dibutuhkan Kampus

Senin, 12 Maret 2012 17:19 wib
JAKARTA - Hampir setiap kampus baik negeri maupun swasta memiliki program studi (prodi) unggulan dan menjadi favorit para pelajar. Sebut saja Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terkenal untuk berbagai jurusan teknik yang tersedia, atau prodi teknologi informasi (TI) yang menjadi favorit di Universitas Bina Nusantara (Binus). Tanpa disadari, adanya prodi favorit menimbulkan kesenjangan antara jurusan yang satu dengan lainnya. Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso pun tidak memungkiri adanya prodi favorit yang dimiliki setiap perguruan tinggi. Dia mengatakan, prodi favorit tetap dibutuhkan di tiap kampus. "Jurusan unggulan tetap dibutuhkan di masing-masing universitas. Lagipula letak kampus-kampus favorit juga sudah tersebar, tidak hanya berkonsenterasi di Pulau Jawa. Meskipun mayoritas memang banyak berada di sini," kata Djoko kepada okezone di kantornya, Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan belum lama ini.

...dst

12 ) Wajar Lulusan IPB Bekerja di Luar Keilmuan

Senin, 12 Maret 2012
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Hery Suhardiyanto mengungkapkan bahwa wajar jika banyak lulusan IPB yang pada akhirnya bekerja di luar bidang studi pertanian. "Saya tidak menyalahkan jika banyak lulusan IPB yang bekerja di bidang lain selain pertanian karena memang sistem insentif belum memberi apresiasi di bidang pertanian di negeri ini," kata dia pada jumpa pers peluncuran Agrinex Expo 2012 di Jakarta, Senin (12/3). Ia mengungkapkan hal tersebut terkait dengan anggapan bahwa mundurnya pertanian lokal disebabkan oleh kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. "Masyarakat kita masih belum bisa memberi apresiasi positif pada dunia pertanian, masih ada 'misleading' mengenai peluang pertanian di masyarakat kita, pertanian identik dengan kemiskinan sehingga citranya cenderung negatif," kata dia. Hery mengatakan bahwa harus ada edukasi konsisten pada masyarakat agar pencitraan pertanian menjadi positif. "Kita buat agar masyarakat memiliki gambaran bahwa pertanian bisa menguntungkan, menyehatkan dan menyejahterakan rakyat, caranya dengan kita membeli produk petani lokal," kata dia.

...dst

13 ) UGM Akan Gelar Kongres Pendidikan

Selasa, 13 Maret 2012 | 04:20 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM akan menyelenggarakan kongres pendidikan, pengajaran, dan Kebudayaan. Kongres ini akan mendiskusikan tentang kebijakan dan strategi pendidikan nasional, konsep-konsep dasar pendidikan dan aplikasinya, serta pendidikan dalam pembangunan peradaban dan kebudayaan. Ketua tim pengarah Prof Dr dr Sutaryo, SpA (K), mengatakan, tujuan dilaksanakan kongres ini agar konsep pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan nasional dapat disatukan kembali. Kongres ini bertolak dari keprihatinan terhadap kondisi pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan saat ini yang dilakukan secara terpisah."Padahal, tujuan pendidikan dan pengajaran seharusnya untuk kebudayaan, yakni memanusiakan manusia berdasarkan kebangsaan. Bila filosofinya dipisah, maka undang-undangnya pun jadi terpisah dan pelaksanaannya juga terpisah. Padahal, mestinya ketiganya tidak boleh dipisah," kata Prof Sutaryo, Senin (12/3/2012) di UGM.

...dst

14 ) UGM Akui Terlambat Bangun RSA

Tuesday, 13 March 2012
YOGYAKARTA – Universias Gadjah Mada (UGM) mengakui pembangunan gedung Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM di Kronggahan, Gamping, Sleman tidak sesuai rencana awal.Antara lain,pelaksanaan pembangunan tidak tepat waktu sehingga menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). "Untuk pembangunan memang terlambat, meskipun begitu keterlambatan bukan disengaja. Namun akibat adanya force majeure, yaitu dampak erupsi Gunung Merapi 2010 lalu," ungkap Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) UGM Retno Sunarminingsih kepada SINDO, kemarin. Dijelaskan, akibat erupsi Merapi itu selain pelaksanaan pembangunan terpaksa dihentikan, untuk barang atau peralatan yang semestinya disimpan di gudang pembangunan terpaksa dibawa ke Gudang Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) UGM. Sehingga, bila dilihat dari ketentuan ini juga menyalahi prosedur. "Pemindahan ini harus dilakukan demi menyelamatkan dan mengamankan barang,"klaimnya.

...dst

15 ) Calon Guru Besar Plagiat Bakal Disanksi Berat

Senin, 12 Maret 2012 22:44 WIB
TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Sugeng P Harianto bakal memberikan sanksi berat, kepada seorang calon guru besar yang diduga kuat melakukan praktik plagiat karya ilmiah. "Semua akan diproses sesuai prosedur, Bila yang bersangkutan terindikasi plagiat, maka akan dikenakan sanksi tegas. Bisa diberhentikan secara tidak hormat dan turun jabatan. Karena, ini merupakan manipulasi publik di dunia pendidikan," kata Sugeng kepada Tribun Lampung, Senin (12/3/2012). Sementara, ketua tim pemeriksa, Prof Ali Kabul mengatakan, dari dua calon guru besar itu, hanya satu orang yang terindikasi plagiat, yakni dari FKIP. "Sedangkan calon guru besar dari MIPA, tidak terindikasi kuat sebagai plagiat. Dia hanya salah memasukkan jurnal, yang seharusnya ke jurnal nasional, tapi malah dimasukkan ke jurnal internasional," ungkap Ali. Ali menuturkan, hukuman bagi dosen yang terbukti melakukan plagiat bisa ringan dan berat. Sanksi terberat, diberhentikan sebagai PNS.

...dst

16 ) Unila Akui Ada Lektor Kepala yang Plagiat Jurnal Ilmiah

Senin, 12 Maret 2012 | 20:03 WIB
BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Universitas Lampung mengakui ada salah seorang dosen mereka yang berpangkat lektor kepala, telah melakukan plagiat jurnal ilmiah akademisi lain. Namun pihak Unila belum memutuskan jenis sanksi tegas kepada dosen tersebut. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unila Prof Hasriadi Mat Akin, Senin (12/3/2012) di Bandar Lampung, mengungkapkan, kepastian tindakan plagiat dari dosen calon guru besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berinisial BS itu, didapat setelah pihaknya membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi kasus plagiasi tersebut. Selain BS, ada lagi satu dosen Unila yang diselidiki tim karena diduga ikut melakukan plagiat jurnal ilmiah. Namun dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) itu tidak terbukti melakukan plagiat karya. Ia hanya terlibat sengketa soal keabsahan karya tulis. Namun, Hasriadi tidak menjelaskan detail sengketa dimaksud.

...dst

17 ) Unila Bentuk Tim Verifikasi Tangkal Plagiarismeme

Senin, 12 Maret 2012 | 20:32 WIB
BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Universitas Lampung mengeluarkan kebijakan responsif, yaitu membentuk tim verifikasi khusus yang bertugas meneliti karya-karya tulis, khususnya jurnal ilmiah, para dosen-dosennya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terulangnya kasus plagiasi, yang terbukti dilakukan salah satu dosen calon guru besar di kampus ini. "SK (Surat Keputusan) Rektor tentang pembentukan tim ini sudah keluar. Rektor membentuk tim verifikasi ini agar jangan sampai ada lagi karya plagiat dosen yang lolos. Kami tidak ingin sampai kecolongan lagi hal yang mencoreng citra ini," tutur Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unila, Prof Hasriadi Mat Akin, Senin (12/3/2012) di Bandar Lampung. Tim beranggotakan 12 guru besar dari berbagai disiplin ilmu di Unila, ketua lembaga penelitian, dan ketua lembaga pengabdian masyarakat di Unila.

...dst

18 ) Kemendikbud Minta Tambahan Anggaran Rp 11,22 Triliun

Senin, 12 Maret 2012 | 12:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajukan tambahan anggaran pendidikan senilai Rp 11,22 triliun. Dengan adanya tambahan ini, jumlah dana pendidikan tahun 2012 mencapai Rp 75,79 triliun. Tambahan dana pendidikan ini utamanya untuk penambahan subsidi siswa miskin dan daerah terpencil, terluar, dan tertinggal. Hal ini terungkap dalam rapat kerja usulan pemanfaatan Rancangan APBN Perubahan 2012 antara Komisi X DPR dan Kemendikbud di Jakarta, Senin (12/3/2012). Hadir dalam rapat kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Nuh menjelaskan, peningkatan subsidi siswa miskin dari jenjang SD hingga perguruan tinggi mencakup penambahan biaya dan jumlah penerima. Berdasarkan kajian Bank Dunia 2011, dana subsidi siswa miskin belum memenuhi 100 persen kebutuhan personal siswa miskin.

...dst

19 ) Anggaran Pendidikan Naik Rp 11,2 Triliun
Subsidi untuk Siswa dan Mahasiswa Miskin Paling Besar

13 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat tambahan dana Rp 11,22 triliun dalam APBN Perubahan 2012. Tambahan dana ini difokuskan untuk subsidi siswa dan mahasiswa miskin serta layanan pendidikan di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal. Penambahan anggaran pendidikan nasional sebagai dampak dari asumsi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di dunia ini menyebabkan dana pendidikan tahun 2012 yang sebelumnya dialokasikan Rp 64,35 triliun naik menjadi Rp 75,79 triliun. Pemerintah berkomitmen melindungi kelompok masyarakat yang rentan putus sekolah dan tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya. Penambahan dana pendidikan dalam RAPBN-P 2012 yang diajukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dibahas dalam rapat kerja antara Komisi X DPR dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Jakarta, Senin (12/3). Ada tujuh item pengeluaran yang memanfaatkan penambahan Rp 11,2 triliun itu, antara lain untuk subsidi siswa miskin Rp 3,9 triliun dan layanan pendidikan di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal Rp 3,2 triliun. Untuk daya saing pendidikan tinggi Rp 3 triliun, peningkatan layanan pendidikan khusus Rp 356 miliar, layanan bahasa Rp 356,3 miliar, penguatan fungsi kebudayaan Rp 538,8 miliar, serta penguatan tata kelola dan akuntabilitas Rp 32,5 miliar. Nuh menjelaskan, sasaran penerima subsidi siswa dan mahasiswa miskin naik dari enam juta orang menjadi 14 juta orang per tahun. Satuan biaya per tahun untuk siswa SD menjadi Rp 450.000, siswa SMP Rp 750.000, dan siswa SMA/SMK Rp 1 juta. Total alokasi dana pendidikan untuk subsidi siswa dan mahasiswa miskin tahun 2012 menjadi sekitar Rp 7,6 triliun.

...dst

20 ) Program Beasiswa Unggulan di PPS Universitas Hasanuddin

Senin, 12 Maret 2012 21:59 WIB
TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, termasuk satu dari dua penyelenggara Program Pascasarjana di luar Jawa yang memperoleh kepercayaan menjadi penyelenggara Program Beasiswa Unggulan tahun 2012. Program beasiswa ini merupakan upaya meningkatan kompetensi akademis dosen dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi unggul. Direktur Program Pascasarjana Unhas Prof Dr Mursalim mengatakan, pada tahun 2012, program ini diperuntukkan bagi lulusan terbaik perguruan tinggi untuk berkarier sebagai calon dosen, dan tenaga kependidikan (staf) berprestasi yang akan meningkatkan kualifikasi sesuai tugas dan fungsinya. Program ini merupakan prioritas untuk mengembangkan sumberdaya manusia yang andal sebagai jawaban terhadap tantangan dalam era global.

...dst

21 ) Pemilihan Rektor UGM Menghangat

13 Maret 2012
Yogyakarta, Kompas - Panitia Ad Hoc Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada periode 2012-2017, Senin (12/3), gagal melakukan penyaringan jumlah bakal calon rektor. Ini menyusul protes dari pemilih yang terdiri dari anggota Senat Akademik dan anggota Majelis Guru Besar UGM. Setelah melalui adupendapat, akhirnya disepakati penyaringan bakal calon rektor dari tujuh calon menjadi lima calon diundur pada 15 Maret 2012. Triwibowo, Dekan Fakultas Pertanian UGM yang menjadi salah seorang pemilih, mengatakan, para pemilih yang terdiri dari Senat Akademik dan Majelis Guru Besar sampai hari ini belum tahu identitas para bakal calon. "Kok, tiba-tiba disuruh memilih. Mestinya para calon diperkenalkan dulu," ujarnya. Ketua Panitia Ad Hoc Pemilihan Rektor UGM 2012-2017 Soepomo, yang dihubungi Kompas, menyatakan, setidaknya ada dua masalah yang tidak diterima oleh pemilih. Pertama adalah dekatnya waktu penutupan pendaftaran calon rektor dengan pemilihan bakal calon rektor. "Pendaftaran ditutup Sabtu (10/3) dan Senin (12/3) sudah dilakukan pemilihan bakal calon," katanya. Satu lagi yang dipermasalahkan pemilih adalah para bakal calon sama sekali tidak disosialisasikan kepada para pemilih. "Para pemilih mengaku belum tahu profil calon," kata Soepomo. Akhirnya, pertemuan kemarin diisi dengan perkenalan para bakal calon. "Perkenalan saja, bukan membeberkan visi-misi," kata Soepomo.

...dst

22 ) Pemilihan Rektor UGM Alami Dead-lock

Senin, 12/03/2012 - 15:55
YOGYAKARTA, (PRLM).- Pemilihan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) tahap pertama yang sedianya berlangsung Senin (12/3) harus tertunda dan dijadwal ulang pada Rabu (15/3). Penundaan diumumkan oleh Panitia Ad Hoc (PAH) Pemilihan Rektor UGM setelah sidang persiapan pemilihan tahap pertama terjadi dead-lock (jalan buntu). Pemilihan calon rektor UGM untuk masa jabatan 2012-2017 diikuti oleh tujuh orang dari sebelas orang yang mendaftarkan diri. Pada sidang pertama dijadwalkan pemilihan lima orang dari tujuh calon. Terjadi silang pendapat dalam sidang tersebut karena sejumlah alasan yang mengganjal, di antaranya ketidakhadiran Ketua MWA Prof. Dr. Sofian Effendi dan masalah pengenalan para calon. Menjawab pertayaan wartawan, Senin (12/3), Ketua PAH Pemilihan Rektor UGM Dr. Supama menyatakan masalah ketidakhadiran Sofian Effendi sebenarnya bukan alasan utama dan ini tidak substansial sebagai alasan penundaan pemilihan tahap pertama.
"Ketika pemilihan calon rektor UGM lima tahun silam, ketua Majelis Wali Amanat (Amien Rais,red) tidak hadir. Bahkan, beliau (Amien Rais) hanya membuka proses pemilihan, selebihnya tidak ikut langsung dalam pemilihan," kata dia. Sofian Effendi tidak hadir di forum dengan alasan menghadiri rapat World Bank (Bank Dunia) di Jakarta.

...dst

23 ) 4 Pendaftar Pilrek UGM Terganjal Administrasi

Senin, 12 Maret 2012 09:33 wib
YOGYAKARTA – Siapa saja nama yang akan mengikuti pemilihan calon rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2012–2017 terjawab sudah.Rapat pleno Panitia Adhoc (PAH) Pemilihan Rektor (Pilrek) Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, akhir pekan lalu telah memutuskan siapa saja pendaftar yang lolos. Berdasarkan pengumunan PAH No 01/PAH/ Pilrek/03/2012, dari 11 pendaftar, empat orang dinyatakan tidak lolos adminstrasi. Dengan demikian, hanya tujuh pendaftar yang berhak maju ke tahap selanjutnya. Ketua PAH Pilrek MWA UGM Supama mengatakan, empat orang yang tidak lolos adminstrasi ini, terutama terganjal pada ketentuan usia dan jabatan struktural. Untuk usia sudah melebihi batasan, yaitu lebih dari 60 tahun dan jabatan struktural dikarenakan belum pernah menduduki ketua di lembaganya. "Ketentuan ini sesuai keputusan MWA UGM No 01/SK/ MWA/2012 tentang Perubahan Atas Keputusan Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada Nomor 08/SK/MWA/2007 tentang Tata Cara Pemilihan dan Penetapan Rektor UGM," ungkap Supama, kemarin.

...dst

24 ) Prof Windia: Subak hadapi bahaya laten

Selasa, 13 Maret 2012 08:19 WIB
Denpasar (ANTARA News) - Guru besar Universitas Udayana Prof Dr I Wayan Windia mengingatkan bahwa organisasi pertanian tradisional di Bali atau "subak" saat ini menghadapi ancaman bahaya laten."Subak menghadapi ancaman bahaya laten kalau Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2006 tentang Irigasi diterapkan secara efektif," katanya di Denpasar, Selasa. Ia menjelaskan bahwa UU tersebut memberikan peluang kepada pihak swasta untuk mengelola air. "Jika itu sampai terjadi, maka subak di Bali hancur," kata Ketua Kelompok Riset Sistem Subak Unud itu. "Untuk mencegah pihak swasta dan investor semena-mena memanfaatkan air untuk kepentingan bisnis, maka perlu dibentuk lembaga Dewan Air (DA) dan Komisi Irigasi (KI)," tegasnya. Pemerintah Provinsi Bali maupun pemerintah Kabupaten dan kota di daerah ini sama sekali tidak bergeming terhadap bahaya laten tersebut yang mengancam sektor pertanian dan organisasi pengairan tradisional yang selama ini diwarisi secara turun temurun.

...dst

25 ) Tahun 2015, UNS Miliki 500 Doktor

Senin, 12 Maret 2012 | 21:22 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menargetkan memiliki 500 doktor, pada akhir tahun 2015. Setiap doktor diharapkan menghasilkan setidaknya satu karya, yang dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional. "Dengan begitu akan mempercepat akselerasi UNS menjadi universitas bereputasi dunia, world class university," kata Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi, dalam laporan tahunan rektor dalam rangka Dies Natalis ke-36 UNS, Senin (12/3/2012). Saat ini, UNS tengah mengirimkan 316 tenaga pengajarnya untuk menempuh pendidikan doktor, baik di dalam maupun luar negeri.Menurut pemeringkat 4International Colleges and Universities (4ICU), UNS berada di peringkat ketujuh nasional.

...dst

26 ) UNS Pamer Dua Protitipe Mobil Masa Depan

Senin, 12 Maret 2012 18:09 WIB
SOLO--MICOM: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, memberikan suguhan istimewa pada puncak peringatan hari ulang tahunnya yang ke-36, Senin (12/3), yaitu dua unit prototipe mobil masa depan. Mobil buatan mahasiswa Fakultas Teknik itu diberi nama SMART-T dan SMART-G. Smart G menggunakan bahan bakar bioetanol, sedangkan SMART-T menggunakan tenaga listrik. Sementara itu, badan kedua mobil yang mulai dikerjakan sejak 2010 itu menggunakan bahan serat komposit. Selain ringan, kedua bahan itu juga diklaim ramah lingkungan. "Ini mobil masa depan yang diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi pemanasan global dan cadangan minyak fosil yang semakin menipis," kata Heri Tri Waluyo, mahasiswa yang terlibat dalam proses pembuatan mobil tersebut.

...dst

27 ) Unnes Gelar Green School Award 2012

12 Maret 2012 | 16:07 wib
SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 47, Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali menyelenggarakan Unnes Green School Award 2012. Kegiatan yang masuk pada tahun kedua ini melibatkan sekolah dari jenjang SMP/MTs dan SMA/MA/SMK di seluruh Jawa Tengah. Ketua Badan Konservasi Unnes Margareta Rahayuningsih mengatakan, bahwa ini menjadi tanggung jawab pihaknya sebagai universitas konservasi untuk turut menyebarkan virus kampus hijau ke sekolah-sekolah di Jawa Tengah khususnya. Disamping itu, sekaligus memberikan apresiasi kepada sekolah yang telah mewujudkan konsep green school. "Pada kompetisi ini penentuan nominator berdasarkan pada portofolio yang dikirimkan oleh sekolah secara online melalui http://gsa.unnes.ac.id/. Sedangkan, dalam mekanismenya kepala sekolah dianggap sebagai peserta lomba," jelasnya.

...dst

28 ) Tisnanta Lulus "Cum Laude" dari Program Doktor Undip

Senin, 12 Maret 2012 | 18:19 WIB
BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — HS Tisnanta, dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung yang juga dikenal sebagai Anggota demisioner Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Mesuji, lulus dengan predikat cum laude dalam ujian doktor di Magister Hukum Universitas Dipenogoro, Senin (12/3/2012), di Semarang. Bertindak sebagai salah satu pengujinya, adalah Ketua TGPF demisioner, Prof Denny Indrayana, yang juga Wakil Ketua Hukum dan HAM. Tisnanta menyampaikan disertasi berjudul Progresifitas Pembentukan Peraturan Daerah yang Berbasis Kesejahteraan Masyarakat (Perspektif Keberpihakan Pemerintah Daerah terhadap Masyarakat Miskin Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Pendidikan Dan Kesehatan). Adapun bertindak sebagai promotory adalah Prof Arief Hidayat dan co- promotor Prof FX Sugiyanto, MS. Sementara, selain Denny Indrayana, tim penguji antara lain terdiri dari Prof Sudharto P Hadi, Prof Sunarso, dan Prof Yos Johan Utama. Seperti disampaikan Oki Hajiansyah, mantan asisten Tisnanta di TGPF yang juga turut hadir di dalam ujian promosi dokter, disertasi Tisnanta ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari Deny Indrayana.

...dst

30 ) Indonesia Laboratorium Tanaman Obat Dunia

Senin, 12 Maret 2012 | 22:45 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Indonesia adalah salah satu laboratorium tanaman obat terbesar di dunia. Sekitar 80 persen herbal dunia tumbuh di negeri ini. "Nenek moyang kita memanfaatkan flora kekayaan alam itu dengan cerdas. Dikenal istilah jamu untuk menyebut ramuan dari tanaman obat," kata Paramasari Dirgahayu, PhD di Solo, Senin (12/3/2012). Pramasari menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Aktualisasi Kearifan Lokal Bidang Kesehatan Untuk Mewujudkan Pembangunan Milenium (MDGs), pada Dies Natalis ke -36 Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Paramasari mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Kurang lebih 30.000 jenis tumbuhan dan sekitar 7.000 di antaranya berkhasiat obat. Terdapat 45 macam obat penting yang beredar di Amerika Serikat (AS) berasal dari 14 species tumbuhan Indonesia. Termasuk, vinblastin dan vincristin (obat anti kanker) yang berasal dari tanaman tapak dara. "Namun sangat disayangkan bahwa potensi besar itu belum dimanfaatkan seoptimal mungkin. Cina, Korea dan Jepang lebih dikenal sebagai negara penghasil herbal terkemuka di dunia," ujar Pramasari. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia belum percaya pada pengobatan herbal. Indonesia masih mengimpor herbal dari China, Korea dan Jepang.

...dst

31 ) Konser Amal FK Unissula

SEMARANG- Badan Amalan Islam (BAI) Fakultas Kedokteran (FK) Unissula dan Forum Silaturahmi Annisa menyelengarakan Konser Amal Maulid Cinta Anak Yatim, Minggu (11/3), di kampus Jalan Raya Kaligawe.Acara dihadiri 45 anak yatim dari Panti Asuhan Nur Hidayah Mangkang Semarang. Konser dimeriahkan oleh nasyid ternama, seperti Teddy Snada, Udjo Tashiru, Aden Edcoustic, Dodi Nahawan, Fahmi, Alief, Qordova, dan Awan. Ketua BAI FK Unissula Kholid Fatoni mengatakan, Rasulullah SAW sangat mencintai dan sering menyantuni anak yatim, sehingga pihaknya berpikir menyantuni anak yatim merupakan tema yang tepat dalam peringatan Maulid kali ini."Sumbangan dari para donatur dan penonton kami serahkan langsung untuk Pantia Asuhan Nur Hidayah," kata dia, Minggu (11/3).

...dst

32 ) Mahasiswa UPI Ikuti Olimpiade Ekonomi Islam
Senin, 12/03/2012 - 16:24

BANDUNG, (PRLM).- Unit Kegiatan Mahasiswa Study Community of Islamic Economics Universitas Pendidikan Indonesia (UKM SCIEmics UPI) akan mengikuti Olimpiade Ekonomi Islam dalam rangkaian acara Temu Ilmiah Nasional Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (Temilnas FoSSEI XI) yang dilaksanakan Kamis (15/3)-Minggu (18/3). Temu Ilmiah Nasional ke-11 ini diselenggarakan oleh kampus Universitas Negeri Islam Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) yang bertemakan "Indonesia Bersama Ekonomi Islam". Tim yang dikirim UPI dalam kegiatan ini adalah Helmy Cahya Muhammad (Manajemen '10/ketua UKM SCIEmics), Kumita Ary Fhusfa (Akuntansi '10), Irni Inayah Rahman (Akuntansi'11), Hilmi Mu'tashim Pend. (Akuntansi'10), Dewi Kurnianingsih (Pend. Akuntansi'10), Risa Imroatus Sholihah (Pend. Manajemen Bisnis'09), Muhammad Randy (Manajemen'10/Manajer tim), dan Zenno Noeralamsyah S.Pd (Dosen pembimbing). (A-157/A-147)***

>>>

33 ) Transfer Pendidikan ke Singapura, Mau?

Senin, 12 Maret 2012 | 08:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak sekali cerita tentang pelajar yang salah memilih program studi. Alih-alih menambah wawasan dan memperdalam suatu disiplin ilmu, yang terjadi justru berbanding terbalik saat telah memulainya. Hal ini bukan tak mungkin bisa menyebabkan mahasiswa menjadi stres dan putus asa. Salah memilih program studi bisa terjadi karena berbagai alasan. Tergesa-gesa atau tidak memahami betul konten program studi yang dipilih merupakan di antaranya. Akan tetapi, jangan berlarut-larut dalam penyesalan. Studi harus tetap lanjut, kan? Saat ini, sistem transfer nilai banyak dilakukan oleh universitas di berbagai negara. Singapura salah satunya. Suwito, General Direktur Universal, sebuah agen pendidikan di Singapura, mengatakan, univerisitas-universitas di Singapura sangat cocok dijadikan sasaran tembak untuk mengatasi kegagalan pada program studi yang telah dipilih sebelumnya. Mengapa?

...dst

34 ) Ada 10 Beasiswa untuk Studi di 3 Negara

Senin, 12 Maret 2012 | 09:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Anda ingin melanjutkan studi atau memang tengah mencari beasiswa ke luar negeri? Kesempatan yang diberikan Pemerintah Singapura ini mungkin bisa jadi salah satu yang dicoba! Pemerintah Singapura membuka kesempatan beasiswa untuk banyak pelajar. Tetapi, hanya ada 10 kursi beasiswa yang dibiayai penuh oleh Pemerintah Singapura. Beasiswa ini diperuntukkan kepada pelajar yang ingin menempuh studi jenjang S-1 dan S-2 di semua program studi. Program beasiswa ini cukup menarik. Pasalnya, pelajar penerima beasiswa akan melaksanakan perkuliahan di tiga negara, yakni Singapura, Dubai, dan Australia dengan lama waktu yang telah diatur dalam program tersebut.
Informasi lebih lanjut klik situs web http://www.studi-luar-negeri.com

...dst

35 ) PSM UI Siap Uji Kemampuan di Hungaria

Senin, 12 Maret 2012 11:27 wib
JAKARTA - Kelompok Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Paragita berhasil lolos audisi pada ajang festival folklore dan kompetisi paduan suara internasional Bela Bartok ke-25. Pada kompetisi yang akan dilangsungkan di Hungaria Juli mendatang, PSM UI Paragita akan membawakan karya-karya komponis dunia. Mereka juga berkesempatan membawa misi budaya dengan menampilkan beberapa lagu tradisional di hadapan kelompok peserta dari sekira 20 negara dari lima benua. Soprano Indonesia yang sekaligus konduktor PSM UI Paragita, Aning Katamsi mengatakan, keberhasilan Paragita ini merupakan keberhasilan bagi Indonesia.

...dst

36 ) Paduan Suara Unpar Mencari Bakat Komposer Muda

Senin, 12 Maret 2012 10:42 wib
JAKARTA - Kurangnya komposer muda di Indonesia melatarbelakangi Paduan Suara Universitas Katolik Parahyangan (PS Unpar) menggelar Sayembara Komposisi Musik Paduan Suara Unpar 2012. Pendaftaran rangkaian kompetisi yang akan berakhir pada malam final 30 Juni mendatang itu telah dibuka sejak awal Febuari. Menurut budayawan Yudisthira Masardi, sayembara ini merupakan sebuah tantangan bagi para komposer yang selama itu tidak terdengar. Kompoetisi ini, imbuhnya, juga merupakan langkah yang bagus untuk menambah kekayaan karya musik paduan suara Tanah Air. "Beberapa kreasi yang ikut dilombakan sangat menantang kreativitas pemusik kita sekarang; baik itu yang otodidak atau pun yang sekolah," Ucap Yudisthira di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

...dst

37 ) Paku Buwono XII Dapat UNS Award

Senin, 12 Maret 2012 11:04 wib
SOLO – Bertepatan dengan Dies Natalis ke-36, untuk ketiga kalinya Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menganugerahkan UNS Award. Kali ini UNS Award dianugerahkan kepada almarhum Raja Kasunanan Surakarta Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) ke-XII. "Penganugerahan UNS Award akan dilakukan pada acara Sidang Senat Terbuka Dies Natalis UNS ke-36 yang akan diselenggarakan pada 12 Maret (hari ini)," jelas Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi kepada wartawan, di ruang sidang Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, akhir pekan lalu. Pemberian anugerah UNS Award kepada PB XII dituangkan dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret nomor 147/UN27/PP/2012. Ravik mengatakan, Sri Susuhunan Paku Buwono XII berhak mendapatkan UNS Award atas jasanya pada masa pendirian UNS.

...dst

38 ) Khawatir Picu Konflik, Award untuk PB XII Ditahan UNS

Senin, 12 Maret 2012 21:54 WIB
SOLO--MICOM: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menganugerahkan UNS Award 2012 kepada Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat almarhum Paku Buwono XII, Senin (12/3). Namun, untuk sementara penghargaan tersebut belum akan diserahkan ke ahli waris, karena dikhawatirkan memicu persoalan antara pihak Tedjowulan dan Hangabehi yang sama-sama bertahta sebagai Paku Buwono XIII. "Atas berbagai pertimbangan, kami memutuskan seperti itu. Tetapi pada saatnya nanti, pada waktu yang tepat, pasti akan kami serahkan ke ahli waris," kata Rektor UNS Ravik Karsidi ketika ditemui seusai Dies Natalis ke-36 universitas itu. Terkait rencana tersebut, dalam waktu dekat UNS akan melakukan pendekatan kepada Tedjowulan dan Hangabehi, untuk meminta masukan kepada siapa penghargaan atas jasa PB XII terhadap UNS itu harus diserahkan. Syukur-syukur, kata Ravik, keberadaan award ini akhirnya dapat menjadi media rekonsiliasi bagi kedua belah pihak. Karena, sesungguhnya itulah yang menjadi harapan selama ini.

...dst

39 ) UNS Award 2012-Dualisme Raja Solo Diharapkan Berakhir

Tuesday, 13 March 2012
SOLO – Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo kemarin memberikan UNS Award 2012 kepada almarhum Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Paku Buwono (PB) XII. Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong rekonsiliasi kedua raja,yaitu Paku Buwono XIII Hangabehi dan Paku Buwono XIII Tedjowulan. Rektor UNS Solo Profesor Ravik Karsidi mengatakan,penghargaan ini akan disampaikan sambil menunggu waktu tepat bagi keluarga almarhum dan kedua pihak. Sebab, selama ini yang menjadi persoalan siapa yang menjadi ahli waris. "Tahun ini kedua pihak tidak kami undang. Kapan mau disampaikan award-nya masih menunggu waktu yang tepat," ujarnya. Menurut kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Mooryati Soedibyo, penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi semua pihak terutama bangsa Indonesia bahwa setiap penghargaan merupakan suatu pengakuan yang diberikan oleh masyarakat terutama UNS dalam rangka menyambut Dies Natalis ke- 36.

...dst

40 ) Lulusan SMK Didorong Setara D-1

Senin, 12 Maret 2012 | 18:23 WIB
PURBALINGGA, KOMPAS.com — Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mendorong sekolah menengah kejuruan menjadi program studi empat tahun setara Diploma 1. Saat ini dengan pendidikan tiga tahun maka lulusan SMK menjadi ahli madya. Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Heny Ruslanto, Senin (12/3/2012), mengatakan, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi. Dia yakin rencana ini akan mendapat respons positif dari masyarakat, serta dunia industri dan dunia usaha. "Kalau bisa setara dengan D-1, lulusan SMK bisa menjadi calon juragan," kata Heny.

...dst

41 ) Subsidi Siswa Miskin
Penyaluran Lewat Kantor Pos untuk Tekan Penyelewengan

Senin, 12 Maret 2012 | 14:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan, Subsidi Siswa Miskin (SSM) akan disalurkan melalui kantor pos. Mekanisme itu berlaku untuk semua jenjang penerima SSM. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto menjelaskan, mekanisme penyaluran SSM untuk jenjang SMP/SMA pada awalnya melalui sekolah. Kecuali pada jenjang SD yang langsung diberikan kepada siswa melalui kantor pos. Akan tetapi, kata dia, mekanisme penyaluran SSM melalui sekolah (untuk SMP/SMA) dianggap tidak efektif dan cenderung memicu praktik penyelewengan. Inilah yang menjadi alasan mengapa selanjutnya SSM akan disalurkan kepada siswa melalui kantor pos.

...dst

42 ) 'Membunuh' Sekolah Swasta

Senin, 12 Maret 2012 | 14:43 WIB
KOMPAS.com - Aneh! Ketika pemerintah pasang badan melindungi dan meringankan hidup rakyat dengan mengeluarkan peraturan, rakyat justru gelisah, bahkan nasibnya merasa dipertaruhkan dan diperlakukan tidak adil. Itulah yang dialami sekolah swasta terkait Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 60/2011 tentang larangan bagi sekolah SD-SMP memungut biaya pendidikan kepada peserta didik. Sejumlah pengelola sekolah swasta keberatan. Mereka memandang peraturan menteri yang diundangkan per 4 Januari 2012 itu sangat merugikan sekolah swasta, khususnya sekolah swasta miskin yang masih membutuhkan kucuran dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari pemerintah. Sesungguhnya alasan diterbitkannya peraturan ini mulia. Peraturan ini ingin mengembalikan hakikat negara sebagai yang paling bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan.

...dst

43 ) Laporan dari Berlin
Rendang Menu Terfavorit Hotel Bintang 5 di Berlin

Selasa, 13/03/2012 06:38 WIB
Berlin Selain terpilih sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN Go, rendang terbukti menjadi menu terfavorit pengunjung Hotel Grand Westin Berlin pada resepsi pembukaan Festival Kuliner Indonesia (9/3/2012). Citarasa lezat rendang, yang terbentuk dari rasa gurih santan yang mengering serta paduan rempah-rempah yang meresap hingga ke serat daging telah membuat para undangan antre panjang untuk mendapatkannya. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam semua rendang yang ada di meja hidangan ludes tak bersisa. "Saya belum pernah merasakan masakan berbahan daging selezat ini seumur hidup saya, demikian puji Nazrul, seorang diplomat Bangladesh yang ditugaskan di Jerman.

...dst 

Tidak ada komentar: