Cari Blog Ini

Minggu, Maret 18, 2012


1 ) Sajogyo Buat Lima Lembar Surat Wasiat

Sabtu, 17 Maret 2012 20:11 WIB  
BOGOR--MICOM: Prof Dr Ir Sajogyo yang memiliki nama lahir Sri Kusumo Kamto Utomo, telah membuat lima lembar surat wasiat. Hal itu diungkapkan adik kandungnya Kunoro yang ditemui Media Indonesia, di rumah duka, Sabtu (17/3). Menurut Kunoro, kakaknya yang dua bulan lagi berulang tahun yang ke 86 yakni 21 Mei itu, pada bulan September lalu, sudah membuat surat wasiat. "Surat wasiatnya itu dibuat sebanyak lima lembar. Inti dari surat wasiatnya itu, adalah menyerahkan semuanya, termasuk rumahnya untuk diwakafkan ke SAINS (Sajogyo Insight)," kata Kunoro. Kunoro menyebutkan, kakaknya yang merupakan anak kedua dari enam bersaudara itu tidak memiliki anak biologis. Beberapa tahun terakhir, Sajogyo meninggali rumahnya itu sendiri. Hanya perawat dan anak didiknya dan orang-orang yang ada di SAINS. "Kami dari pihak keluarga mendukung dan akan meneruskan apa yang menjadi konsen beliau selama ini," kata Kunoro. Sajogyo wafat pada Sabtu (17/3) pagi, sekitar pukul 05:00 WIB, di rumahnya di Jalan Malabar, No 22, Kota Bogor. Almarhum meninggal karena sudah tua dan menderita sakit jantung. 

...dst

2 ) Jenazah Sajogyo Dilepas secara Militer

Sabtu, 17 Maret 2012 15:10 WIB  
BOGOR--MICOM: Jenazah Sajogyo dilepas secara militer yang dihadiri keluarga, kerabat dan keluarga besar Institut Pertanian Bogor dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan Dredet, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/3). Di rumah duka Jalan Malabar Nomor 22 Kota Bogor, Jawa Barat, digelar upacara persemayaman yang dipimpin Letkol Infantri Supriatna selaku inspektur upacara. Upacara persemayaman diawali penyerahan peti jenazah dari pihak keluarga yang diwakili Ir Kunoro, adik kandung almarhum Sajogyo, kepada inspektur upacara. Dalam acara tersebut juga hadir Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto. M.sc, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Yoni beserta keluarga besar IPB. 

...dst

3 ) Bapak Sosiologi Pedesaan Prof Sajogyo Tutup Usia 

SABTU, 17 MARET 2012 | 09:20 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia kehilangan salah satu tokoh sosiologi. Pakar sosiologi pedesaan, Profesor Sajogyo, meninggal dunia pada Sabtu, 17 Maret 2012 pukul 05.30 di Rumah Sakit PMI, Bogor, Jawa Barat. Kabar duka tersebut diperoleh dari akun pribadi milik politikus Didik J. Rachbini di situs media sosial Twitter. Tweet tersebut berbunyi, "@djrachbini Sy mendpt khabar Prof. Sayogyo wafat pkl 5.30 pagi, rumah duka jl malabar 22, bogor. Kita doakan mdpt tempat yg mulia di sisi Allah swt." Sajogyo, yang merupakan Guru Besar Sosiologi Pedesaan di Institut Pertanian Bogor (IPB), itu lahir di Kebumen, Jawa Tengah, pada 21 Mei 1926. Almarhum menyelesaikan pendidikan doktor di bidang Ilmu Pertanian di Universitas Indonesia, Bogor, pada 1957. Kala itu IPB masih bergabung dengan Universitas Indonesia. Almarhum yang dikenal sebagai Bapak Sosiologi Pedesaan itu pernah menjabat sebagai Rektor IPB pada 1965 hingga 1966. Jabatan lainnya di IPB adalah Kepala Pusat Lembaga Penelitian Sosiologi Pedesaan pada 1972-1983 dan Ketua Pusat Studi Pembangunan Lembaga Penelitian IPB pada 1983-1991. 

...dst

4 ) Prof Sajogyo dalam Kenangan Didik J. Rachbini  

SABTU, 17 MARET 2012 | 17:04 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Ekonom Didik J. Rachbini mengenang almarhum pakar sosiologi pedesaan, Prof Sajogyo, yang tutup usia pada Sabtu pagi, 17 Maret 2012. Ia dan almarhum berada di dalam satu almamater, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB). "Dia memiliki pribadi yang pendiam dan selalu tekun memajukan dunia sosiologi," ujarnya dalam pesan pendek. Ketika dihubungi, pria asal Jawa Timur itu sedang berada dalam perjalanan untuk melayat ke rumah duka di Jalan Malabar, Bogor, Jawa Barat. "Wajib melayat karena beliau adalah guru saya, meskipun saya sedang kurang sehat," katanya. Terakhir kali Didik bertemu dengan Sajogyo adalah beberapa tahun lalu dalam sebuah seminar, namun ia lupa kapan tepatnya. Didik mengatakan tidak ada pesan khusus yang disampaikan oleh Sajogyo ketika terakhir berjumpa dengannya.

...dst

5 ) SNMPTN Jalur Undangan
Sekolah, Jangan Coba-coba Curang!

Minggu, 18 Maret 2012 | 10:22 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro Semarang memastikan, sekolah yang berlaku curang pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan akan terdeteksi. Ketua Panitia SNMPTN Undangan Unnes Suhadi mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan adanya sekolah yang melakukan tindakan kecurangan. "Sampai saat ini, kami memang belum menemukan ada sekolah yang melakukan kecurangan pada SNMPTN tahun ini. Tahun lalu kebetulan juga tidak kami temukan," kata Suhadi, Minggu (18/3/2012), di Semarang, Jawa Tengah. Ia mengungkapkan, pihaknya sudah mengambil data pendaftar yang terkumpul di pusat pada Kamis (15/3/2012) lalu. Setelah itu, data-data akan diverfikasi ulang untuk menentukan pendaftar yang lolos dan tidak, disertai pengecekan ke lapangan untuk memastikan validitasnya.

...dst

6 ) Curang, 13 Sekolah Didiskualifikasi

Minggu, 18 Maret 2012 | 10:12 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Sebanyak 13 sekolah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012 melalui jalur undangan didiskualifikasi sehingga seluruh siswanya tidak dapat diproses. Sanksi ini diberikan karena sekolah-sekolah tersebut melakukan kecurangan. Hal itu dikatakan Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS, yang juga Koordinator Humas SNMPTN Pusat, di Solo, Sabtu (17/3/2012). "Kami tidak bisa menyebutkan sekolah termasuk jumlah dan nama siswa yang menjadi korban sekolah melakukan kecurangan itu," kata Ravik. Ia mengatakan, hal ini memang sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa 13 sekolah yang melakukan kecurangan itu tidak akan diumumkan nama-namanya secara terbuka. "Sebelumnya, ada 14 sekolah yang dicurigai berbuat curang. Namun, setelah dilakukan klarifikasi, ternyata ada satu sekolah yang bebas atau dinyatakan tidak melakukan kecurangan," ujarnya. Sanksi yang diberikan kepada belasan sekolah yang curang itu, data-data siswa yang dikirimkan tidak akan diproses.  Sementara, bagi siswa sekolah yang terkena "black list" atau masuk daftar hitam itu, masih diberi kesempatan bersaing memperebutkan kursi perguruan tinggi negeri melalui jalur ujian tulis SNMPTN.

...dst 

7 ) Sekolah curang SNMPTN pasti terdeteksi

Minggu, 18 Maret 2012 09:52 WIB
Semarang (ANTARA News) - Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro Semarang memastikan sekolah yang berlaku curang pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) undangan akan terdeteksi."Sampai saat ini, kami memang belum menemukan ada sekolah yang melakukan kecurangan pada SNMPTN tahun ini. Tahun lalu kebetulan juga tidak kami temukan," kata Ketua Panitia SNMPTN Undangan Unnes Suhadi di Semarang, Minggu. Pihaknya sudah mengambil data pendaftar yang terkumpul di pusat pada Kamis (15/3), setelah itu akan diverifikasi ulang untuk menentukan pendaftar yang lolos dan tidak, disertai pengecekan ke lapangan untuk memastikan validitasnya. Menurut dia, nilai-nilai yang dimanipulasi pasti akan segera terdeteksi sebab ada sistem yang segera menangkap jika ada kejanggalan-kejanggalan terhadap nilai. Setelah itu, katanya, akan dilanjutkan dengan survei ke lapangan. "Nilai-nilai yang janggal akan terlihat oleh sistem, setelah itu kami kroscek ke sekolah yang bersangkutan untuk memastikan. Pihak sekolah tidak bisa lagi mengelak jika terbukti melakukan kecurangan," kata Suhadi yang juga Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Unnes itu.

...dst

8 ) 10 Prodi Favorit di Unhas

Sabtu, 17 Maret 2012 11:16 wib
JAKARTA - Setiap tahun, perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air memiliki daftar program studi (prodi) favorit pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Biasanya, Pendidikan Dokter menempati posisi pertama dalam daftar 10 besar prodi favorit SNMPTN. Begitu pula dalam SNMPTN Jalur Undangan 2012 di Universitas Hasanuddin (unhas). Seperti dilansir situs Unhas, Sabtu (17/3/2012), Pendidikan Dokter masih menempati peringkat teratas dengan menjadi pilihan 1.485 pendaftar jalur undangan dan 116 peserta bidik misi. Pelamar yang menempatkan FK Unhas sebagai pilihan pertama sebanyak 939 orang dan 412 orang menempatkan FK Unhas sebagai prodi pertama pada PTN pilihan kedua. Urutan kedua dihuni oleh prodi Kesehatan Masyarakat dengan 1.124 pelamar jalur undangan dan 257 pelamar bidik misi. Pelamar yang membidik Kesehatan Masyarakat Unhas sebagai PTN dan prodi pilihan pertama 321 orang dan 378 peserta yang menempatkannya sebagai pilihan kedua.

...dst

9 ) Bahas Inovasi Berkelanjutan, UMY Undang 10 Negara

Sabtu, 17 Maret 2012 17:30 wib
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menyelenggarakan seminar internasional inovasi berkelanjutan. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin 19 Maret 2012. Pemilihan inovasi berkelanjutan sebagai tema seminar bukan tanpa alasan. Inovasi berkelanjutan dinilai sebagai kunci utama bagi negara-negara Asia terutama Asia Tenggara sebagai kekuatan ekonomi baru dunia. Sedikitnya, terdapat 10 negara tetangga yang akan menghadiri seminar internasional tersebut. Kesepuluh negara itu berasal dari Amerika Serikat, India, Belanda, Swiss, Jepang, China, Kamerun, Thailand, Filipina, dan Malaysia. Tentunya, mahasiswa UMY dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia turut berpartisipasi dalam seminar bertaraf internasional tersebut."Kami menyelenggarakan International Conference On Sustainable Innovation and International Join Seminar (ICoSI-IJS) 2012 ini dengan mengangkat tema Sustainable Innovation for Enhancing Global Competitiveness in Asia Countries di kampus terpadu UMY," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMY Sri Atmaja P Rosyidi, saat jumpa pers, Sabtu (17/3/2012).

...dst

10 ) UMP kembangkan hutan pendidikan di Palangka Raya

Sabtu, 17 Maret 2012 16:42 WIB
Palangka Raya (ANTARA News) - Univeritas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) Provinsi Kalimantan Tengah sedang berupaya mengembangkan hutan pendidikan untuk mendukung pelestarian program penghijauan yang dilakukan pemerintah Indonesia. "Konsep pembangunan kampus berwawasan lingkungan, hijau dan Islami sedang kami kembangkan di kampus II universitas ini," kata Rektor UMP H Bulkani di Palangka Raya, Sabtu, saat memberi sambutan pada kuliah umum yang disampaikan Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan. Upaya pembangunan kampus II yang berwawasan lingkungan itu, kata Rektor H Bulkani, bertujuan untuk mendukung program penghijauan yang sekarang sedang gencar dilakukan pemerintah di seluruh Indonesia melalui penanaman pohon bermanfaat di masa mendatang. Selain itu, katanya, tujuan pembangunan kampus II dengan konsep ramah lingkungan, hijau dan Islami yang digagas akademisi universitas swasta termaju di 'Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila' ini juga untuk menanamkan nilai-nilai Islami kepada mahasiswa.

...dst

11 ) UAD Yogyakarta duduki peringkat 19 kategori Tesca

Minggu, 18 Maret 2012 03:43 WIB 
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menduduki peringkat 19 tingkat nasional berdasarkan pemeringkatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di perguruan tinggi kategori Tesca. "Dalam pemeringkatan tersebut Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mendapatkan total skor 3.902," kata Rektor UAD Kasiyarno di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), UAD menduduki peringkat ketiga, setelah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan STIMIK Amikom Yogyakarta. Di tingkat Kopertis Wilayah V DIY, UAD menduduki peringkat kedua setelah STIMIK Amikom Yogyakarta. "Metodologi yang digunakan dalam pemeringkatan tersebut mengutamakan tujuh faktor. Kerangka penilaian yang digunakan merupakan kerangka utama kampus pintar, di mana implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kampus menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam mendorong kinerja perguruan tinggi dibangun atas tujuh dimensi utama," katanya.

...dst

12 ) Dahlan Iskan : jenjang karir anak muda perlu dipercepat

Sabtu, 17 Maret 2012 19:22 WIB
Bandung (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan berpendapat perlu percepatan jenjang karier bagi kaum  muda. "Jenjang karier anak muda perlu lebih dipercepat, tidak harus melalui tahap-tahap yang semestinya sudah harus ditinggalkan," kata Dahlan Iskan di sela-sela kuliah umum di Kampus ITB Bandung, Sabtu.Percepatan jenjang karier itu kata Dahlan sangat diperlukan sehingga kaum muda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membangun Indonesia, termasuk di BUMN. Dia mengatakan harus ada  perubahan paradigma dalam perekrutan dan jenjang karier, sehingga anak-anak muda yang berpotensi lebih mendapat kesempatan untuk mengaktualisasikan dirinya. "Kalangan kampus, termasuk ITB sebagai institusi yang memiliki daya saing diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dan inovasi, selain juga harus mendorong para alumninya untuk berkarya," katanya. Menteri BUMN hadir di Kampus ITB dalam rangka kuliah umum dengan tema "Menuju BUMN Sebagai Perusahaan Kelas Dunia". 

...dst

13 ) Dahlan Tantang Lulusan PT Jurusan Keuangan

Sabtu, 17 Maret 2012 , 14:32:00
JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan menyatakan bahwa lulusan perguruan tinggi (PT) harus mampu berkompetisi di dunia kerja. Menurutnya, saat ini persaingan kerja sudah sangat ketat. Hal itu disampaikan Dahlan saat menyampaikan kata sambutan pada acara Wisuda Institut Perbanas 2012 di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/3). "Wisudawan ini sebaiknya tahu apa yang diperlukan kita semua. Waktu saya jadi penanggung jawab perusahaan swasta yang besar, saya pasti mencari direktur keuangan yang seperti saya, dan bisa dipercaya," ujar Dahlan. Mantan wartawan itu menambahkan, lulusan dari sekolah keuangan belum tentu ahli di bidang keuangan. Menurutnya, orang yang ahli di bidang keuangan dengan yang memiliki sikap keuangan harus dibedakan. Sebab, ahli keuangan belum tentu memiliki sikap keuangan. "Bisa saja dia ahli, tetapi tetap ceroboh. Tetap saja dia melihat angka-angka keuangan sebagai sebuah model keuangan. Ini beda dengan yang punya sikap keuangan. Ciri yang menonjol dia pelit. Barang siapa yang pelit, maka anda orang yang punya sikap keuangan. Pelit di sini artinya hati-hati dalam mengeluarkan uang," jelasnya.

...dst

14 ) Usai Seminar, Dahlan Naik Motor ke Bandara  

Sunday, 18 March 2012
BANDUNG – Setelah naik kereta api (KA) bersama masyarakat umum, kemarin Menteri BUMN Dahlan Iskan menumpang sepeda motor menuju Bandara Husein Sastranegara. Motor tersebut dikemudikan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Dahlan yang baru saja menjadi pembicara pada stadium general bertema "Menuju BUMN sebagai Perusahaan Kelas Dunia"di Aula Barat ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, lebih memilih menumpang sepeda motor daripada menggunakan mobil dinas mewah. "Saya harus mengejar pesawat yang akan terbang dari Bandara Husein Sastranegara ke Surabaya pukul 15.45 WIB," kata Dahlan. Mantan Direktur Utama PLN ini tampak terburu-buru menuju halaman Aula Barat ITB,di mana ada dua sepeda motor yang telah disiapkan ajudan Dahlan. Sepeda motor Honda Supra Fit R 3961 HE yang dikemudikan mahasiswa ITB dipilih Dahlan. 

...dst

15 ) Potensi uranium besar terdapat di Mamuju

Jumat, 16 Maret 2012 23:30 WIB 
Mamuju (ANTARA News) - Peneliti tambang memperkirakan potensi uranium terdapat di tiga kecamatan di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. "Titik uranium tidak hanya di Desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju seperti yang diteliti Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang melakukan penelitian terkait adanya kandungan uranium di Kabupaten Mamuju," kata peneliti tambang Nurdin Ashat, ST, di Mamuju, Jumat. Ia mengatakan, potensi uranium diantaranya juga terdapat di Desa Belang Belang, Kecamatan Kalukku, sekitar 30 kilometer dari Kota Mamuju dan di Kecamatan Tobadak sekitar 100 kilometer dari Kota Mamuju. "Setelah kami melakukan penelitian tambang di Mamuju, potensi uranium ditemukan di Mamuju, namun dianggap tidak berbahaya, karena sifatnya hanya sebagai bahan baku yang dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga nuklir," katanya. Sehingga ia meminta Bepeten segera meneliti titik potensi kandungan uranium di Kecamatan Kalukku dan Kecamatan Tobadak itu.

...dst

16 ) Lulusan Luar Negeri? Jangan Bangga Dulu, Banyak Ijazah yang tidak Sah

Sabtu, 17 Maret 2012 11:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Fakta itulah yang terjadi Belanda. Dalam beberapa tahun terakhir, 259 mahasiswa asing dari Stenden Hogeschool yang menikmati pendidikan di berbagai negara, dinyatakan menerima ijazah tidak sah. Demikian tulis situs Punt, media independen dari Avand Hogeschool atau sekolah tinggi Avand di Belanda. Stenden Hogeschool memiliki cabang di Qatar, Afrika Selatan, Thailand dan Indonesia, di mana jurusan pariwisata dan perhotelan ditawarkan. Hampir setahun lalu, harian Belanda de Volkskrant menulis bahwa pendidikan di sana akan sia-sia saja: bahasa Inggris para dosen di sana sebegitu jeleknya dan program studi tidak akan diakui.Nada miring semacam ini telah terdeteksi sebelumnya oleh Inspektorat Pendidikan Belanda sehingga mereka memutuskan akan mengadakan investigasi. Kesimpulannya, isi, bimbingan dan penilaian praktik kerja dan tugas akhir tidak memenuhi standar, lapor Inspektorat.

...dst

17 ) Gimana Sih Cari Info Beasiswa?

Sabtu, 17 Maret 2012 09:09 wib
BEASISWA merupakan kesempatan bagi setiap orang untuk dapat menempuh pendidikan setinggi-tingginya dengan kondisi keuangan yang pas-pasan. Lantas, bagaimana sebenarnya cara untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa? Saat ini, peluang beasiswa semakin terbuka lebar. Pasalnya, hampir semua instansi baik swasta maupun pemerintah telah menyediakan program beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Berikut tips bagimu yang tengah mencari informasi beasiswa seperti dikutip dari Buku Pintar Beasiswa, Sabtu (17/3/2012).
1. Terbuka
Jangan malu memberitahu orang lain bahwa kamu tengah mencari informasi beasiswa. Sebab, informasi bisa datang dari mana dan kapan saja tanpa diduga.

...dst

18 ) Rendahnya Hasil Uji Kompetensi Sudah Diprediksi

Sabtu, 17 Maret 2012 | 07:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat pendidikan dari Universitas Paramadina, Abduhzen menilai rendahnya hasil Uji Kompetensi Awal (UKA) telah diprediksi sejak awal. Menurutnya, rendahnya hasil UKA merupakan cermin dari realitas guru yang tidak pernah mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari pemerintah. "Pemerintah selama ini abai dengan pembinaan untuk menaikkan kapasitas guru. Begitu bertugas menjadi guru tidak pernah dilatih, lama kelamaan lupa dengan ilmu," kata Abduhzen, Jumat (16/3/2012) malam, di Jakarta. Namun begitu, ia mengingatkan, bahwa hasil UKA yang rendah jangan diartikan jika rata-rata guru di Indonesia bodoh. Karena menurutnya, UKA tidak menunjukkan kompetensi guru secara utuh. Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan Pengurus Besar (PB) PGRI ini menjelaskan, UKA hanya menguji satu komponen, yakni unsur kognitif guru. Ia menilai, naskah soal UKA sangat teoritis, yang menyulitkan para guru dalam menjawab soal-soal tersebut.

...dst

19 ) Pemetaan Dunia Pendidikan Melalui Pemetaan UKA 2012
03/17/2012
Jakarta -- Uji Kompetensi Awal (UKA) 2012 telah usai. Distribusi hasil UKA 2012 menunjukkan gambaran kompetensi guru yang beragam. Sebanyak 154 kabupaten/kota memiliki nilai UKA di atas rata-rata nilai UKA nasional 42,25. Kabupaten kota itu diantaranya, Kota Blitar sebesar 56,41, Kota Sukabumi sebesar 55, 88, Kabupaten Gresik 55,41, Kota Malang 53,71, Kabupaten Jembrana, sebesar 53,63, Kota Magelang 53,62, Kota Surakarta sebesar 52,49, Kota Pasuruan 52,30, Kota Denpasar sebesar 52,23, dan Kabupaten Banyumas sebesar 52,23. Perolehan nilai UKA guru tertinggi tiap tempat bertugas mencapai 90 yaitu, dari Desi Dwi Jayanti dari TK Islam Nurul Iman, Kabupaten Bogor dengan nilai 90, Nurfatah dari SD 8 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Sumsel dengan nilai 80, Melany Wiwanty Parulian Mukuan dari SMP Advent Amurang Kabupateng Minahasa Selatan, Sulawesi Utara dengan nilai 87,5, Gatot Priadi dari SMAN 1 Karas Kabupaten Magetan Jawa Timur dengan nilai 90.

...dst

20 ) Mekanisme Uji Kompetensi Diperbaiki

03/17/2012
Jakarta--Mekanisme penyelenggaraan uji kompetensi guru diperbaiki pada tahun 2012 ini. Perbaikan itu mencakup faktor pemetaan kompetensi, seleksi kelayakan, dan penerimaan pendidikan dan pelatihan dari guru.  Uji kompetensi diawali dengan tahapan uji kompetensi awal (UKA). Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh  saat memberikan penjelasan hasil Uji Kompetensi Awal (UKA) di Gedung Kemdikbud, Jumat kemarin (16/3).
Selanjutnya, guru yang sudah lulus UKA akan mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan Guru (PPLG) yang sesuai dengan kompetensi masing-masing jenjang guru (customized), dan melanjutkan pada seleksi terakhir yaitu Uji Kompetensi Akhir. Disinilah terlihat UKA menjadi bagian dari PPLG. "Guru yang mendapatkan sertifikat guru profesional adalah guru yang telah mengikuti UKA, PPLG, dan Uji Kompetensi Akhir," ujarnya.

...dst

21 ) Dianggap Jadi Sumber Kebocoran, Soal Cadangan UN 2012 tak Ada

Sabtu, 17 Maret 2012 12:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Pada pelaksanaan Ujian Nasional dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) 2012 ini, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tidak akan mengeluarkan soal cadangan. Hal itu dilakukan berdasarkan evaluasi pelaksanaan UN tahun sebelumnya. Pasalnya, menurut Kepala Pusat Penerangan Pendidikan (Kapuspendik) Kemendiknas, Hari Setiadi berdasarkan evaluasi tersebut, soal cadangan merupakan sumber kebocoran soal selama ini."Tahun ini memang tidak ada soal cadangan khusus. Itu berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu. Cadangan itu sumber kebocoran," terangnya saat menjawab pertanyaan seorang guru di Yogyakarta usai deklarasi pelaksanaan 'UN Jujur' di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi DIY, Sabtu (17/3).

...dst

22 ) Ujian Nasional SD-75% Soal Diracik Guru dari Sumut  

Sunday, 18 March 2012
MEDAN– Sebanyak 75% komposisi soal Ujian Nasional (UN) tingkat satuan sekolah dasar (SD) merupakan hasil racikan guru di Sumatera Utara (Sumut). Sedangkan, sisanya 25% berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam pembuatan naskah soal UN, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumut melibatkan 117 guru yang terdiri atas 66 guru SD,33 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan 18 guru SD Luar Biasa (SDLB). Ketua Panitia UN Provinsi Sumut Hendrik Siregar menjelaskan, UN SD berbeda halnya dengan SMP dan SMA karena tingkat kelulusan ditentukan daerah.

...dst

23 ) SMK Jadi Pusat Pelatihan

Sabtu, 17 Maret 2012 | 15:08 WIB
SUKABUMI, KOMPAS.com - Sejumlah SMK dipercaya menjadi pusat pelatihan siswa dan masyarakat, untuk pengembangan kewirausahaan. Potensi SMK terbuka jadi pusat pelatihan unggulan, karena memiliki peralatan dan sumber daya manusia. SMKN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, misalnya, sekitar lima tahun ini digandeng PT Bogasari, untuk menjadi Bogasari Baking Center SMKN 1 Cibadak. Sekolah yang memiliki peralatan pembuatan roti dan kue berstandar industri ini, menjadi tempat pelatihan makanan berbahan dasar terigu untuk pemberdayaan masyarakat.

...dst

24 ) Program Pertukaran Pemuda Antar Negara-Kesempatan untuk Hidup di Luar Negeri  

Sunday, 18 March 2012
MEDAN– Bagi para kaum muda Sumatera Utara (Sumut) yang ingin mencicipi kehidupan di luar negeri, Dewan Pimpinan Daerah Purna Caraka Muda Indonesia (DPD – PCMI) membuka kesempatan untuk mengikuti Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2012. Ketua Panitia Seleksi PPAN 2012 Astrid Nainggolan menyatakan, pendaftaran masih terbuka hingga 22 Maret mendatang. Program tersebut terbuka bagi seluruh pemuda di Sumut.Persyaratan umumnya, peserta harus berusia 18–30 tahun dan belum pernah menikah. Selain itu, mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan, memiliki wawasan kebangsaan dan mengetahui isu–isu global, belum pernah mengikuti program dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora), dan tidak pernah terlibat dalam tindak pidana dan narkoba. 

...dst

25 ) Rp 4,5 M Beasiswa Miskin Segera Cair

Sabtu, 17 Maret 2012 , 23:35:00
PURWOKERTO- Tak kurang  5.871 siswa SMA dan SMK di Kabupaten Banyumas segera memperoleh beasiswa miskin tahun 2012. Dananya sudah disalurkan melalui rekening sekolah di  27 kecamatan se Kabupaten Banyumas. Total jumlah beasiswa miskin itu mencapai Rp 4,5 miliar bersumber APBN 2012. Besarnya bantuan Rp 780 ribu siswa per tahun. Demikian disampaikan Kasi Pengendalian Mutu Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kusyanto SH. Dia  mengatakan, berdasar data bantuan khusus murid miskin SMA (BKM) dan bantuan khusus murid miskin SMK (BBM) periode Januari-Desember 2012 ini sebesar Rp 65 ribu per bulan selama setahun. Penerima beasiswa miskin SMA berjumlah 3.192 siswa dan SMK berjumlah 2.679 siswa. Sementara jumlah siswa di tahun ini telah mencapai 40 ribuan siswa. Dia mengakui, prosentase jumlah penerima bantuan siswa miskin untuk jenjang SMK sangat kecil porsinya. Hanya beberapa persen dari jumlah keseluruhan siswa yang ada di Kabupaten Banyumas. 

...dst

26 ) IBF: Nyari Buku, Nyari Ilmu, Nyari Guru

Minggu, 18 Maret 2012 08:22 WIB
Islamic Book Fair mungkin salah satu event tahunan yang paling ditunggu-tunggu bagi kaum muslimin Indonesia, khususnya bagi para pecinta buku. IBF 2012 merupakan IBF yang ke-4 yang saya kunjungi sejak saya kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, akhir tahun 2008 silam. Alhamdulillah, di IBF 2012 kali ini saya masih bisa menghadiri berbagai acara yang diselenggarakan oleh Panitia IBF. Salah satunya, bedah buku Prof. Dr. Wan Mohd Nor Wan Daud yang diselenggarakan di hari kedua Islamic Book Fair. Beserta teman-teman dari Moeslim Scientist Community UIN Jakarta, selain berniat untuk memborong buku di IBF, kami pun memang berniat menghadiri acara bedah buku beliau tersebut, yakni "Rihlah Ilmiah : Dari Neomodernisme ke Islamisasi Ilmu Kontemporer". Bedah buku tersebut cukup menarik, karena selain menghadirkan Prof. Dr. Wan Mohd Nor Wan Daud, dihadiri juga Prof. Dr. Didin Hafidudin, Dr. Adian Husaini dan Dr. Nirwan Syafrin. Mereka semua, bagi saya merupakan orang-orang yang kompeten dalam bidang pemikiran dan pendidikan Islam. 

...dst

27 ) Harga BBM Melambung, SBY 'Benci' Rakyat Miskin

Jum'at, 16 Maret 2012 09:47 wib
KONDISI bangsa Indonesia yang di nahkodai oleh SBY ini nampaknya semakin terpuruk ke dalam jurang kemiskinan dan ketidakpastian. Rakyat yang berharap banyak agar terciptanya kehidupan yang layak dan makmur, ternyata dijawab dengan kebengisan dan keangkuhan oleh pemerintah. Kini rakyat hanya bisa menangis dan meraung-raung kelaparan melihat harga kebutuhan pokok yang kian melambung. Jangankan untuk memenangkan sengketa tanah atau kasus peradilan, untuk makan sehari-hari saja rakyat harus memeras keringat dan berkeliling seharian. Lantas melihat kondisi masayarakat yang begitu memilukan ini, apa peran pemerintah? Pemerintah bersama-sama DPR RI dengan begitu semangat memutuskan pada 1 April 2012 nanti akan menaikan harga BBM (premium) yang sebelumnya Rp4.500 menjadi Rp6.000. Menurut Menteri ESDM Jero Wacik, kenaikan harga BBM yang direncanakan menjadi Rp6.000 per liter juga merupakan salah satu strategi pemerintah dalam upaya konversi BBM ke energi gas. Wacik menjanjikan, 2014 merupakan tahun keberhasilan pemerintah dalam melakukan "stressing" pada subsidi BBM. "Kita lihat nanti setelah saya turun, subsidi BBM tidak lagi Rp90 triliun," ujarnya bangga, (www.republika.co.id). 

...dst

28 ) Kenaikan BBM
KAMMI Melihat Adanya Upaya Pemerintah 'Bungkam' Penolakan

Sabtu, 17 Maret 2012 16:02 wib
JAKARTA - Kenaikan harga bahan bakar minyak yang rencananya akan dilakukan awal April 2012, mendapat tentangan dari banyak pihak, terutama mahasiswa. Salah satunya datang dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Untuk itu, KAMMI menyatakan sikap terkait adanya kebijakan tersebut. Mereka menyatakan, berbagai aksi yang dilaksanakan segenap kelompok masyarakat terhadap kebijakan ini disadari pemerintah. Maka, dua hari terakhir, kata mereka, ada upaya pembusukan gerakan penolakan tersebut oleh pemerintah. Mereka menyebutkan, seperti yang terjadi pada Kamis 15 Maret 2012. Pemerintah melalui Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh, serta Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Joko Suyanto, mengumpulkan lalu menceramahi rektor berbagai universitas agar mendukung kenaikan BBM.

...dst

29 ) Dana BLT Rentan Salah Sasaran  

Sunday, 18 March 2012
JAKARTA – Kebijakan pemerintah membagikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga miskin dinilai rentan salah sasaran. Apalagi jika tidak didukung dengan data yang akurat. Anggota Komisi XI DPR Arif Budimanta mengatakan, masalah ketepatan sasaran merupakan poin penting dalam pemberian BLT atau Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), sebab berdasarkan hasil pendataan program perlindungan sosial yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat sekitar 40 juta rumah tangga yang rawan terhadap perubahan harga akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. "Persoalannya kenapa yang menjadi target atau sasaran BLSM saat ini hanya sekitar 18,5 juta rumah tangga? Saya kira akurasi data jumlah warga rentan terkena kenaikan harga akibat naiknya harga BBM bersubsidi ini menjadi satu poin penting yang patut dipertanyakan kepada pemerintah. Sebab, jika hal itu dibiarkan terjadi, pembagian BLT rentan salah sasaran," ungkap Arif pada diskusi SINDO Radio bertajuk "Jeratan dan Jeritan BBM" kemarin di Jakarta.  

...dst

30 ) Kemenkes tak Keluarkan Izin Baru Tukang Gigi

Sabtu, 17 Maret 2012 23:40 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak akan mengeluarkan izin baru untuk tukang gigi seperti dinyatakan dalam Permenkes 1871/2011 tentang Pencabutan Peraturan Menteri Kesehatan No 339/1989. "Permenkes 339/1989 berisi pembaruan izin bagi tukang gigi yang sudah ada, dan dengan Permenkes 1871/2009 yang membatalkan, maka tidak dikeluarkan izin baru bagi tukang gigi," tegas Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Dedi Kuswenda dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (17/3). Ia juga mengingatkan tukang gigi yang masih memiliki izin dilarang untuk melakukan praktik seperti dokter gigi, misalnya melakukan penambalan, pemasangan behel, pencabutan gigi dan memberikan obat-obatan seperti disebutkan dalam UU No 29/2004 tentang praktik kedokteran. Sesuai dengan UU 29/2004 pasal 73 ayat 2, setiap orang dilarang menggunakan alat, metode atau cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah-olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi dan atau surat izin praktik.

...dst

Tidak ada komentar: