Cari Blog Ini

Minggu, Maret 11, 2012

Berita Edukasi 06 - 10 Maret 2012


Berita Edukasi 10 Maret 2012

1 ) Empat "Dis" Mengancam Kita 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476363/38/

MOH MAHFUD MD
Guru Besar Hukum Konstitusi   

Saturday, 10 March 2012
Untuk tidak mengatakan "mengerikan" yang bisa dianggap mendramatisasi masalah, saya memilih kata "sungguh mengkhawatirkan" untuk menggambarkan keadaan kita belakangan ini. Saya ingin mengatakan bahwa keadaan kita sebagai bangsa sungguh mengkhawatirkan karena pembangkangan atau disobey (disobedience) terhadap aparat pemerintah sudah terjadi secara masif,muncul di mana-mana. Setiap hari kita bisa mengikuti pemberitaan di koran, majalah, televisi, internet,dan Twitter dengan berbagai anakpinaknya tentang terjadinya perlawanan, bahkan penyerangan, terhadap aparat penegak hukum dan keamanan dan terhadap aparat pemerintah. Kamis kemarin (8/3) di Sidoarjo terjadi unjuk rasa yang sangat anarkistis. Para pengunjuk rasa mengobrak-abrik sebuah kantor dan melawan polisi saat hendak ditertibkan. Pekan lalu jaksa Sistoyo dibacok oleh seseorang di kantor pengadilan. Dua hari yang lalu juga terjadi sekelompok pengunjuk rasa memberhentikan mobil pengangkut bahan bakar minyak (BBM) yang hendak menyuplai BBM ke sebuah pompa bensin. 

...dst

2 ) Warisan Widjojo Perlu Dilanjutkan
http://www.kopertis12.or.id/2012/03/10/selamat-jalan-prof-widjojo-nitisastro.html

Sabtu, 10 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Tubuh begawan ekonomi Prof Widjojo Nitisastro telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Jumat (9/3) petang. Namun, banyak pengamat ekonomi menilai, banyak warisan pemikiran almarhum yang perlu dilanjutkan. Prof Widjojo (84), Jumat pukul 02.30, mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 23 September 1927, ini sempat dirawat cukup lama sejak mengalami serangan stroke pada 21 Juni 2010. "Kita kembali kehilangan salah satu putra terbaik bangsa, Bapak Prof Widjojo Nitisastro. Beliau punya andil, peran, dan jasa yang besar bagi pembangunan," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat melayat almarhum di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta.

...dst

3 ) SBY: Prof. Widjojo Perancang Berkelas Dunia
http://nasional.kompas.com/read/2012/03/10/06014377/SBY.Prof.Widjojo.Perancang.Berkelas.Dunia

Sabtu, 10 Maret 2012 | 06:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wafatnya Begawan Ekonomi Indonesia Prof. Wdjojo Nitisastro disebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Presiden menyebut ekonom senior tersebut memiliki andil, peran, dan jasa yang besar dalam pembangunan bangsa. "Kita semua mengenal, pada masa pembangunan di era Orde Baru, (Prof Widjojo) adalah perancang pembangunan yang andal, berkelas dunia. Banyak sekali pemikiran-pemikiran almarhum yang akhirnya menjadi kebijakan ekonomi, kebijakan pembangunan di era itu," kata Presiden. seusai memberikan penghormatan terakhir di Gedung Bappenas, Jakarta, Jumat (9/3/2012).

...dst

4 ) Boediono: Andai Indonesia Tak Ada Widjojo Nitisastro
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/09/078389210/Boediono-Andai-Indonesia-Tak-Ada-Widjojo-Nitisastro

JUM'AT, 09 MARET 2012 | 23:16 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Prof Widjojo Nitisastro bukan sekadar ekonom dan pejabat tinggi. Begawan ekonomi yang pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional itu, di mata Wakil Presiden Boediono adalah seseorang yang seluruh hidupnya oleh kerja intens, kerja yang sungguh-sungguh dan ikhlas. "Kita tidak bisa membayangkan apa jadinya Indonesia di dalam dua dasawarsa sejak akhir 1960-an, seandainya tak ada beliau, seandainya tak ada sumbangan tenaga dan pikiran beliau," kata Boediono dalam sambutannya di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jumat 9 Maret 2012. Boediono mengingatkan jika kondisi ekonomi Indonesia di pertengahan tahun 1960-an sangat mencemaskan. Ketika itu terjadi inflasi mencapai 650 persen. Produksi barang kebutuhan masyarakat mandek, perdagangan praktis tak bergerak, barang-barang menghilang. Bahkan rakyat harus antre untuk mendapatkan bahan pokok. Transportasi publik tak berfungsi efektif. "Dari keadaan yang seperti itulah Prof Widjojo menegakkan ekonomi Indonesia," katanya.

...dst

5 ) Seorang Calon Guru Besar Universitas Lampung Diduga Kuat Plagiat
http://news.detik.com/read/2012/03/10/040455/1863281/10/seorang-calon-guru-besar-universitas-lampung-diduga-kuat-plagiat?n991102605

Sabtu, 10/03/2012 04:04 WIB
Lampung, Seorang calon guru besar Universitas Lampung (Unila) diduga kuat melakukan praktek plagiat karya ilmiah. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksanaan yang dilakukan tim pemeriksa yang dibentuk Rektor Unila.Tim pemeriksa yang diketuai oleh Guru Besar Unila, Prof Ali Kabul ini beranggotakan 12 orang dosen. Tim telah melakukan pemeriksaan terhadap dua calon guru besar Unila yang terindikasi plagiat. "Setelah diteliti, hanya satu orang yang sangat kuat terbukti melakukan plagiat. Calon guru besar ini berasal dari FKIP," ujar Ali saat dihubungi detikcom, Jumat (9/3/2012). Unila mendapat laporan dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), soal dua calon guru besar yang melakukan plagiat karya ilmiah pada awal Januari lalu. Atas laporan tersebut, Rektor Unila Prof Sugeng P Harianto membentuk tim pemeriksa guna menindaklanjuti temuan Dikti itu.

...dst

6 ) Nama Sekolah Curang Tak Jadi Diumumkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/10/179766/Nama-Sekolah-Curang-Tak-Jadi-Diumumkan

10 Maret 2012
SOLO- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) pernah mengatakan akan mengumumkan nama-nama sekolah yang melakukan kecurangan dengan manipulasi data pada SNMPTN jalur undangan, namun akhirnya hal itu urung dilakukan. Panitia akan langsung memberikan surat pada sekolah-sekolah yang bersangkutan. "Nama-nama sekolah tidak diungkap, itu terlalu vulgar. Sekolah akan diberi surat dan akan di-blacklist," kata Koordinator Humas SNMPTN Nasional Prof Dr Ravik Karsidi, Jumat (9/3). Sebagaimana diberitakan, lebih dari 10 sekolah terbukti memanipulasi data siswa yang masuk dalam SNMPTN. Jumlah ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2011, yang hanya ada tiga sekolah. Sebagaimana sanksi yang ditetapkan, siswa-siswi yang didaftarkan puluhan sekolah tersebut tidak akan diproses. Dua tahun setelah ini, sekolah juga tidak diundang dalam SNMPTN. Menurutnya, apa yang dilakukan sekolah merupakan kesalahan sangat fatal. Nilai kejujuran hendaknya ditanamkan oleh sekolah pada siswa, dan bukan sebaliknya yang mengajarkan segala cara untuk meraih tujuan.

...dst

7 ) SMA di Medan dan Kaltim Di-Blacklist
http://www.jpnn.com/read/2012/03/10/120172/SMA-di-Medan-dan-Kaltim-Di-Blacklist-

Sabtu, 10 Maret 2012 , 02:46:00
JAKARTA - Peluang lulusan satu sekolah SMA di Medan dan beberapa di Kalimantan Timur (Kaltim)  untuk kuliah di PTN lewat jalur undangan, sudah tertutup. Untuk di Medan yakni SMAN 5. Hanya saja, untuk yang di Kaltim tidak disebutkan di SMA mana saja. Panitia SNMPTN secara tegas menyatakan, masuknya SMAN 5 Medan dalam daftar blacklist bukan lantaran siswa yang pernah diterima lewat jalur undangan tidak melakukan daftar ulang alias tidak mengisi kursi yang didapat. Namun, semata-mata karena adanya manipulasi nilai yang dikirim saat mendaftar di jalur undangan itu. "Bukan, bukan itu. Ini karena ada kaitannya dengan soal kejujuran" ujar Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN 2012 Rochmat Wahab saat dihubungi JPNN dari Jakarta, kemarin (9/3). Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu langsung mengatakan hal tersebut saat koran ini mengatakan, apa benar SMAN 5 Medan di-blacklist gara-gara sebelumnya ada siswa yang diterima tapi tidak melakukan daftar ulang. Rochmat menjelaskan, pada tahun lalu ada satu siswa yang diterima lewat jalur undangan.

...dst

8 ) Publikasi di Jurnal Internasional Sangat Minim
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/09/23325627/Publikasi.di.Jurnal.Internasional.Sangat.Minim.

Jumat, 9 Maret 2012 | 23:32 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Dari tahun ke tahun jumlah penelitian dari Indonesia yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional sangat minim. Padahal publikasi pada jurnal ilmiah merupakan nilai tambah terhadap pengayaan ilmu pengetahuan dan teknologi.Pada tahun 2000, jumlah publikasi penelitian dari Indonesia hampir sama deng an publikasi dari Malaysia. Bahkan tahun 2011, jumlah publikasi dari Malaysia lima kali lipat dari publikasi Indonesia . Hal ini disampaikan Deputi Bidang Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi Benyamin Lakitan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jumat (9/3/2012). "Jumlah penelitian meningkat dibandingkan 10 tahun yang lalu, namun peningkatannya sangat sedikit. Kalah dibandingkan negara tetangga," kata Benyamin.

...dst

9 ) KY Kerja Sama dengan 34 Perguruan Tinggi     
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476246/

Saturday, 10 March 2012
YOGYAKARTA– Komisi Yudisial (KY) menandatangani kerja sama dengan 34 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Fakultas Hukum untuk meningkatkan peranan kampus dalam pelaksanaan tugas dan wewenang KY. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di Hotel Phoenix Yogyakarta kemarin.Dari KY diwakili oleh Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Ibrahim dan dari perguruan tinggi diwakili dekan atau pimpinan Fakultas Hukum. Hadir dalam kesempatan tersebut,Ketua KY Eman Suparman,Wakil Ketua Imam Anshori Saleh, dan beberapa anggota KY. Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar mengatakan, 34 fakultas ini terdiri atas dua kelompok. Kelompok pertama berisikan 10 perguruan tinggi yang merupakan perpanjangan kerja sama.Sementara sisanya merupakan perjanjian kerja sama baru. "Dengan kerja sama ini,perguruan tinggi bisa terlibat lebih dalam pelaksanaan tugas dan wewenang KY," kata Asep. Kampus dapat terlibat aktif dalam diskusi, kajian putusan, serta peningkatan kapasitas hakim.Kampus juga bisa memberikan peranan lebih besar dalam mendukung pencalonan hakim agung. "Kita berharap perguruan tinggi bisa mengajukan calon dari jalur nonkarier,"ucapnya. Menurut Fajar,lingkup kerja sama yang akan dibangun cukup luas. 

...dst

10 ) Perguruan Tinggi Diberi Otonomi, bukan Komersialisasi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/10/304368/293/14/Perguruan-Tinggi-Diberi-Otonomi-bukan-Komersialisasi

Sabtu, 10 Maret 2012 05:11 WIB   
MAKASSAR--MICOM: Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (Panja RUU Dikti) dari Komisi X DPR RI, Jumat (9/3), berkunjung ke Makassar, Sulsel. Ketua Panja yang juga Wakil Ketua Komisi X Syamsul Bachri mengatakan, kunjungan kerja tersebut tidak hanya di gelar di Makassar, tapi juga di dua daerah lain, yaitu Banjarmasin dan Medan. Tujuannya memberi kesempatan stake holder untuk menkeritisi, memberi masukan yang lebih lengkap tentang substansi yang diatur dalam UU ini nantinya.  "Adapun yang dibahas menyangkut akreditasi, status, pembiayaan, mengelolaan, pengalokasian, organisasi mahasiswa dan hak-hak mahasiswa dan ternyata yang banyak dikritisi adalah status perguruan tinggi, biaya kuliah yang mahal," jelasnya. Dalam RUU Dikti yang terdiri atas 10 bab dan 119 pasal tersebut, memberikan otonomi pada perguruan tinggi untuk mengelola semuanya juga diatur, tapi jangan diartikan otonomi itu sebagai komersialisasi, karena itulah yang dihindari dalam UU tersebut. (OL-11)

...dst

11 ) Haryono Umar Dilantik Menjadi Irjen Kemdikbud
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/284

03/09/2012
Jakarta – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2007-2011, Haryono Umar, resmi dilantik sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Haryono dilantik Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, pada Jumat pagi, (9/03), di Aula Utama Kemdikbud. Sebelumnya, Haryono telah menjadi pelaksana tugas (Plt) Irjen Kemdikbud sejak Januari 2012. Dalam sambutannya, Mendikbud M. Nuh memberikan empat pesan penting untuk diperhatikan Irjen Kemdikbud yang baru. Pertama, Irjen Kemdikbud harus menyiapkan satu sistem agar pungutan-pungutan liar di sekolah bisa diberantas. Selain di sekolah, pungutan liar yang terjadi di seluruh lini, baik di pusat maupun daerah yang memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan, juga harus diberantas. "Termasuk pungutan-pungutan yang tidak dibenarkan, kepada para guru, calon pegawai, dan sebagainya. Mulai 2012 kita bertekad memberantas pungutan-pungutan liar yang sama sekali tidak bisa ditolerir," tegas Menteri Nuh.

...dst

12 ) Haryono Umar Targetkan LHKPN Kemdikbud Capai 100 Persen
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/285

03/09/2012
Jakarta – Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) menjadi salah satu bidang kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kerja sama antara Kemdikbud dengan KPK tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Mendikbud Mohammad Nuh dengan Ketua KPK Abraham Samad. Abraham Samad mengatakan, hampir 70% dari jumlah wajib lapor di Kemdikbud, sudah melaporkan harta kekayaannya.
"Dari 5500 wajib lapor, hampir 70 persen yang sudah laporan, berdasarkan data terakhir tanggal 5 Maret 2012," ujar Ketua KPK, Abraham Samad, saat acara penandatanganan nota kesepahaman, di Aula Utama Kemdikbud, pada Jumat pagi, (9/03). Selanjutnya, Abraham mengharapkan, ketaatan wajib lapor bisa dimaksimalkan. Untuk itu, KPK (dalam hal ini Direktorat LHKPN) akan terus menghimbau semua instansi pemerintah, termasuk Kemdikbud, untuk memaksimalkan LHKPN. "Harus sesegera mungkin untuk mencapai persentase tinggi, kalau bisa 100%. Jadi transparansi dan akuntabilitas bisa dipertanggungjawabkan ke publik," tutur Abraham. Sejalan dengan harapan Abraham,  Mendikbud M. Nuh mengatakan, ia akan meminta Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na'im, untuk mendorong pejabat eselon 1, 2, 3 dan 4, dalam memberikan LHKPN.

...dst

13 ) Resmi Jadi Irjen Kemdikbud
Haryono Umar, dari KPK ke Kemdikbud
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/09/13255640/Haryono.Umar.dari.KPK.ke.Kemdikbud

Jumat, 9 Maret 2012 | 13:25 WIB
JAKARTA, Kompas.com - Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar resmi dilantik menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemdikbud) menggantikan posisi Musliar Kasim yang kini telah menjadi Wamendikbud bidang Pendidikan. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh,di Gedung Kemdikbud Jakarta, Jumat (9/3/2012) pagi. Dalam sambutannya, Nuh berharap Haryono mampu membawa tata kelola pendidikan nasional ke arah yang lebih baik. Khususnya memutus budaya pungutan liar di dunia pendidikan."Saya harap tidak ada lagi pungutan di sekolah. Semua pengelolaan harus akuntabel dan tidak ada penyimpangan, meningkatkan pendidikan antikorupsi, serta bekerja sama untuk membangun sistem pemerintahan yang baik" kata Nuh.

...dst

14 ) Korupsi di PTN Jadi Fokus KPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/09/14255523/Korupsi.di.PTN.Jadi.Fokus.KPK

Jumat, 9 Maret 2012 | 14:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan investigasi terhadap seluruh perguruan tinggi negeri (PTN). Ia mengatakan, adanya kerjasama antara KPK dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tak akan dijadikan alasan untuk memperlunak investigasi. Samad mengungkapkan, KPK akan terus menelusuri dugaan korupsi yang terjadi di PTN. Khususnya dugaan korupsi yang terjadi di Universitas Inonesia (UI). Sampai saat ini, kata dia, KPK masih terus mengumpulkan bukti dugaan korupsi di UI dan PTN lainnya. Menurutnya, tidak ada halangan apa pun bagi KPK untuk melakukan investigasi lebih jauh. "Perlu diingat, kami memang bekerja sama, tapi itu bukanlah suatu bentuk kerjasama yang mampu memperlunak KPK dalam melakukan pemeriksaan terhadap PTN," kata Samad, Jumat (9/3/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

...dst

15 ) Pendidikan Antikorupsi Mulai Juni 2012
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/10/02292112/pendidikan.antikorupsi.mulai.juni.2012

Sabtu,10 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Pendidikan antikorupsi di sekolah akan mulai diberlakukan pada tahun ajaran baru 2012/2013, Juni mendatang. Pendidikan ini tidak hanya diberlakukan bagi siswa, tetapi juga bagi guru dan kepala sekolah serta diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan hal itu seusai menandatangani nota kesepahaman dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang kerja sama pemberantasan tindak pidana korupsi, Jumat (9/3), di Jakarta. "Kita ingin dunia pendidikan dan kebudayaan menjadi motor pencegahan korupsi melalui proses pembudayaan," ujar Nuh. Melalui pendidikan antikorupsi ini, Nuh berharap semua pihak menyadari bahaya korupsi bagi masyarakat dan menerapkan langsung dalam operasional sekolah. Hal itu, misalnya, sistem pengelolaan keuangan di sekolah menjadi lebih transparan, tidak ada pungutan, dan pengelolaan keuangan di sekolah semakin baik.
Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, pelajaran antikorupsi yang disisipkan ke dalam kurikulum pendidikan karakter di jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi sejalan dengan program KPK. "Kita ingin membangun generasi penerus yang suatu ketika tidak mengenal perilaku atau tindakan korupsi. Mendengar kata korupsi saja sudah tabu," ujarnya.

...dst


16 ) Kurikulum di FISIP UMJ Sesuai Tuntutan Industri
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/universitas-muhammadiyah-jakarta/12/03/09/m0lwtu-kurikulum-di-fisip-umj-sesuai-tuntutan-industri

Jumat, 09 Maret 2012 14:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,Sulitnya mencari lapangan kerja, membuat FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan berbagai terobosan, Salah satu diantaranya adalah menyesuaikan kurikulum di fakultas ini sesuai dengan tuntutan industri. UMJ saat ini memiliki 4 program studi (prodi) yaitu Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Prodi Ilmu Administrasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Komunikasi. Hingga kini alumni FISIP UMJ tersebar di berbagai instansi negeri maupun swasta. Tuntutan dan masyarakat serta dunia industri terkait berkembang sangat sangat cepat dan terus berkembang secara dinamis  menuntut  perguruan tinggi untuk menyiapkan SDM yang kompeten dan tidak gagap dalam menghadapi setiap perubahan. Untuk menghadapi tantangan tersebut, FISIP UMJ akan terus mengkaji dan mengembangkan kurikulum semua prodi  di FISIP-UMJ sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan tuntutan dinamika masyarakat dan dunia industri terkait.

...dst

17 ) Riset Energi Terbarukan Tidak Terarah
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/10/02352797/riset.energi.terbarukan.tidak.terarah

Sabtu, 10 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Berbagai kegiatan riset energi terbarukan selama ini tidak terarah untuk menunjang kegiatan produksi secara nasional dan mengantisipasi kenaikan harga bahan bakar minyak fosil. Pemerintah tidak memiliki kebijakan jelas untuk menerapkan hasil riset energi terbarukan. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fatimah Zulfah S Padmadinata, Jumat (9/3), di Jakarta. Menurut Fatimah, pemerintah harus memiliki kebijakan yang terarah terhadap berbagai kegiatan risetnya. "Seperti negara-negara di Eropa, produksi dan pemakaian energi terbarukan didukung kebijakan bahan pemerintah yang menerapkan pajak tinggi pada bahan bakar minyak," kata Fatimah. Kepala Pusat Inovasi LIPI Bambang Subiyanto mengatakan banyak hasil riset energi karena bidang itu diprioritaskan pemerintah, di samping bidang pangan. LIPI siap dilibatkan untuk menerapkan hasil risetnya dalam mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak. "Berbagai teknologi produksi energi terbarukan sudah siap diterapkan," kata Bambang.

...dst

18 ) FMIPA Undip Menjadi Fakultas Sains dan Matematika
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/09/21572153/FMIPA.Undip.Menjadi.Fakultas.Sains.dan.Matematika

Jumat, 9 Maret 2012 | 21:57 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, kini berubah menjadi Fakultas Sains dan Matematika. Salah satu alasan penggantian nama fakultas karena tidak populer di dunia internasional. Nama FMIPA saat ini tidak populer di dunia internasional, sehingga menyulitkan dalam berkomunikasi dalam rangka pengembangan institusi, dan sering menimbulkan salah persepsi. Penggantian fakultas tersebut disampaikan Dekan Fakultas Sains dan Matematika Undip Semarang, Dr Muhammad Nur DEA , Jumat (9/3/2012) di Kampus Undip, Tembalang, Semarang.

...dst

19 ) Unpad dan IKA Lakukan Pendataan Alumni
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180072

Jumat, 09/03/2012 - 15:04
BANDUNG, (PRLM).- Universitas Padjadjaran (Unpad) akan melakukan pendataan secara terpusat terhadap alumni Unpad terutama data pekerjaan dan lama memperoleh pekerjaan sejak dia lulus. Sebagai langkah awal, pendataan akan dilaksanakan bersamaan dengan proses registrasi bagi alumni Unpad yang akan melaksanakan pemilihan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad pada 14 April mendatang."Ada 180 ribu alumni Unpad. Kalau saat pemilihan bisa mengumpulkan 50 persen saja sudah hebat. Makanya kami ingin ada form tambahan dalam registrasi. Kerja di mana, jabatannya apa. Ke depan ada tambahan lagi, lama tunggu dari dia lulus sampai dapat pekerjaan berapa lama. Sebab ini menjadi indikator keberhasilan pendidikan. Meski sekarang ditepis orientasinya menjadi seberapa besar dia mampu bekerja untuk diri sendiri," kata Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia dalam acara peluncuran website mubes dan e-voting pemilihan Ketua Ika Unpad, di Eksekutif Lounge Rektorat Unpad, Jln. Dipati Ukur Bandung, Jumat (9/3/12).

...dst

20 ) Indonesia masih Kekurangan Dokter Mata
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/10/304374/293/14/Indonesia-masih-Kekurangan-Dokter-Mata

Sabtu, 10 Maret 2012 06:42 WIB
PALEMBANG--MICOM: Ketua Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Provinsi Sumatra Selatan Dr dr Anang Tribowo SpM mengatakan Indonesia masih kekurangan dokter spesialis mata. "Idealnya setiap 20 orang terdapat 1 dokter mata, tetapi realitasnya di Indonesia tidak lebih dari seribu orang dokter mata saja," katanya usai acara pertemuan dokter spesialis mata Sumsel di Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (9/3). Menurut dia, saat ini perbandingan antara penduduk dengan dokter mata, yaitu 1 berbanding 160 ribu. Padahal tren pengidap penyakit katarak semakin meningkat. Pada 2010, pengidap penyakit katarak di Indonesia sebanyak 11 ribu pasien, lalu 2011 sudah melebihi angka tersebut. "Sebanyak 1,5 persen penduduk Indonesia, 0,7 persennya mengidap penyakit katarak," kata dia pula.

...dst

21 ) Akademisi Nilai Tudingan Greenpeace tidak Bisa Dipertanggungjawabkan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/09/304361/89/14/-Akademisi-Nilai-Tudingan-Greenpeace-tidak-Bisa-Dipertanggungjawabkan

Jumat, 09 Maret 2012 23:30 WIB   
DEPOK--MICOM: Pakar Kehutanan IPB Dr Ir Yanto Santosa DEA menilai tudingan Greenpeace terhadap perusahaan pulp dan paper yang menggunakan kayu ramin untuk bahan baku bubur kertas, tidak bisa dipertanggungjawabkan sepenuhnya. "Apalagi tudingan itu hanya berdasarkan investigasi, sehingga tidak mengandung kebenaran yang objektif," kata Yanto Santosa. Peneliti IPB ini mempertanyakan investigasi yang dilakukan LSM asing yang bermarkas di Belanda itu. Seharusnya, Greenpeace masuk ke pabriknya. Lihat, apakah benar mesin yang dipakai bisa dipakai untuk kayu ramin. Setahu dirinya, mesin untuk pembuat bubur kertas itu mempunyai spesifikasi tertentu, artinya hanya bisa dipakai untuk jenis kayu-kayu yang sudah ditentukan. "Kalau mesin itu untuk kayu meranti, tidak bisa dipakai untuk kayu yang lain," ungkapnya.

...dst

22 ) Indonesia peringkat tiga penghasil spam
http://www.antaranews.com/berita/300503/indonesia-peringkat-tiga-penghasil-spam

Jumat, 9 Maret 2012 00:34 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menduduki peringkat tiga dalam daftar negara penghasil utama spam di dunia selama 2011, setelah India dan Brazil, kata perusahaan keamanan komputer Kasperky.Sebuah perubahan besar, karena Indonesia semula berada pada peringkat 16 dan Brazil peringkat lima, sementara Amerika Serikat yang pada 2010 berada di peringkat pertama, kini tidak masuk peringkat."Namun secara regional tidak terlihat adanya perubahan signifikan. Asia, Amerika Latin, dan Eropa Timur masih menjadi penghasil utama junk mail yang masuk ke inbox pengguna Internet," kata Kasperky Lab melaporkan statistik spam dan malware 2011.Setelah mengalami peningkatan tajam pada kisaran 85,2 persen pada 2009, porsi junk mail turun menjadi 80,26 persen dari keseluruhan pengiriman email pada 2011. Dari sisi jumlah, menurut Kasperky, jumlah spam pada 2011 lebih sedikit, namun dari sudut risiko lebih berbahaya. Presentase spam dengan lampiran (sisipan) berbahaya meningkat lebih dari 1,5 kali dibandingkan 2010 dan mencapai 3,8 persen dari seluruh pengiriman surat elektronik.

...dst

23 ) Membangun Budaya Baca dan Tulis Melalui Islamic Book Fair
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/286

03/09/2012
Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membuka penyelenggaraan Islamic Book Fair (IBF) ke-11, di Istora Senayan, Jakarta, (9/03). Dalam sambutannya, Mendikbud mengatakan, pameran buku seperti IBF merupakan acara yang penting, karena bisa menjadi sarana untuk membangun budaya membaca, menulis, dan berbagi.
IBF kali ini bertemakan "Kuat dan Mandiri dengan Pendidikan Qur'ani", dan terdapat 2461 buku yang dipamerkan di 396 stand. Penerbit yang berperan serta dalam IBF tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri, seperti Brunei Darussalam, Turki, Arab Saudi, dan Malaysia.

...dst

24 ) MK Harus Berani Batalkan Jabatan Wamen
http://www.jpnn.com/read/2012/03/10/120174/MK-Harus-Berani-Batalkan-Jabatan-Wamen-

Sabtu, 10 Maret 2012 , 03:05:00
JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara, Irman Putra Sidin mengatakan wakil menteri (Wamen) merupakan jabatan yang inkonstitusional. Menurutnya, jabatan Wamen sebagai aturan sengaja disusupkan dalam ketatanegaraan yang tidak diatur Undang-Undang Dasar 1945.Irman menilai jabatan Wamen bertentangan karena dalam Undang-Undang Kementerian Negara, pada penjelasannya muncul norma susupan yang menyebut Wamen itu adalah pejabat karir. "Wamen itu inkonstutisional karena mengharuskan Wamen pejabat karir. Seharusnya, itu jabatan yang sama dengan jabatan menteri karena anak kandung dari Bab Kementerian Negara dalam UUD 1945," katanya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat, (9/3).

...dst

25 ) Badai Matahari-Fisikawan NASA Prediksi Puncak Aktivitas Akhir 2013-2014 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476353/38/

Saturday, 10 March 2012
WASHINGTON – Badai matahari yang dikhawatirkan mengganggu medan magnet bumi ternyata tidak menimbulkan dampak buruk bagi jaringan listrik, lalu lintas udara, dan sistem navigasi satelit di antariksa pada Kamis (8/3) waktu Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, para pakar khawatir badai matahari bakal mengganggu segala sesuatu yang berkaitan dengan komunikasi radio dan navigasi di udara. Badai matahari terjadi karena adanya dua ledakan besar pada bagian matahari."Hingga saat ini orientasi badai matahari menimbulkan dampak minimal pada medan magnet bumi," kata Joseph Kunches, pakar cuaca antariksa dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) AS. Namun, lanjut Kunches, masih ada sedikit gangguan kecil di wilayah kutub yang mengharuskan pesawat mengalihkan rute agar tidak terjadi masalah pada Rabu (7/3).

...dst

26 ) BMKG : badai matahari pengaruhi medan magnet bumi
http://www.antaranews.com/berita/300689/bmkg--badai-matahari-pengaruhi-medan-magnet-bumi

Sabtu, 10 Maret 2012 03:12 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengumumkan laporan terjadinya badai matahari yang berpengaruh terhadap medan magnet bumi. "Pada 7-8 Maret 2012 terjadi badai matahari sehingga mempengaruhi medan magnet bumi dan sampai dengan 9 Maret masih berlangsung," lapor BMKG dalam lamannya, Sabtu. Badan tersebut melakukan pengamatan melalui tiga stasiun BMKG yang terdiri atas Stasiun Geofisika Kupang, Stasiun Geofisika Manado, serta Obeservatorium Pelabuhan Ratu. Badai matahari yang mengeluarkan radiasi magnet tersebut, diakui BMKG, telah mengubah variasi harian serta perubahan medan magnet bumi dengan rata-rata sekitar 50-100 nT.
"Badai magnet dapat mempengaruhi sistem komunikasi," jelas laporan tersebut.

...dst

Berita Edukasi 09 Maret 2012

1 ) Innalillahi wa inna ilaihi rojiun
UI Berkabung, Prof Widjojo Nitisastro Tutup Usia
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/09/373/589926/ui-berkabung-prof-widjojo-nitisastro-tutup-usia

Jum'at, 09 Maret 2012 10:02 wib
DEPOK – Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) yang juga mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Widjojo Nitisastro tutup usia. Widjojo meninggal dunia dalam usia 84 tahun. Pria yang lahir 23 September 1927 ini menghembuskan nafas terakhirnya dan disemayamkan di Bukit Golf Utama PE 3 Pondok Indah, Jakarta. Jam 10.30 WIB, jenazah akan diberangkatkan ke Masjid Sunda Kelapa. Selanjutnya jam 13.30 WIB disemayamkan di gedung Bappenas, jam 15.00 WIB serah terima kepada negara, dan jam 15.30 jenazah akan dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara kenegaraan.

...dst

2 ) Prof Widjojo Meninggal
Wapres Jadi Irup Pemakaman Prof Widjojo
http://nasional.kompas.com/read/2012/03/09/09432251/Wapres.Jadi.Irup.Pemakaman.Prof.Widjojo
Jumat, 9 Maret 2012 | 09:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Wakil Presiden Boediono, Jumat (9/3/2012) siang, sehabis sholat Jumat, rencananya akan menjadi inspektur upacara pada pemakaman ekonom besar Indonesia, Prof Widjojo Nitisastro, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Widjojo, pemimpin tim ekonomi ketika Presiden Soeharto mulai berkuasa pada akhir 1960-an, meninggal dunia, Jumat dinihari, pukul 02.30, di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Ia wafat dalam usia 84 tahun. Prof Widjojo Nitisastro lahir di Malang, Jawa Timur, 23 September 1927. Meski lulusan STM, Widjojo akhirnya lulus dari Fakultas Ekonomi. Gelar doktor diperoleh dari Universitas California, Barkeley, AS (1961). Selama hidupnya, guru besar Universitas Indonesia di bidang ekonomi ini mengabdi di almamaternya, serta mengomando menter-menteri perekonomian kabinet pembangunan semasa Orde Baru. Prof Widjojo antara lain pernah menduduki jabatan Menteri Ekonomi dan Industri (1973-1978; 1978-1983). Ia bahkan lama berkecimpung di bidang perencanaan pembangunan Indonesia.

...dst

3 ) Kemdikbud dan KPK Teken MoU Pemberantasan Korupsi
http://www.jpnn.com/read/2012/03/09/120087/Kemdikbud-dan-KPK-Teken-MoU-Pemberantasan-Korupsi-

Jum'at, 09 Maret 2012 , 10:59:00
JAKARTA - Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) M Nuh dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) tentang kerja sama dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (9/3).  MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi dalam pemberantasan tindak pidana korupsi secara efektif dan efisien sesuai kewenangan masing-masing sebagaimana yang telah ditentukan undang-undang. M Nuh menyampaikan, Kemdikbud dan KPK ingin bersama-sama menciptakan generasi baru yang tahan terhadap godaan-godaan korupsi. Selain itu, imbuh dia, sekaligus menyiapkan sistem yang berlaku di Kemdikbud bersama jajarannya termasuk fungsi pendidikan di daerah. "Kita ingin dunia pendidikan dan kebudayaan jadi motor melalui proses pembudayaan," kata M Nuh.

...dst

4 ) KPK Ikut Awasi Penyaluran dan Penggunaan BOS
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/03/09/m0lmja-kpk-ikut-awasi-penyaluran-dan-penggunaan-bos

Jumat, 09 Maret 2012 10:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mem-back up langkah- langkah pengawasan terhadap sistem akuntabilitas serta transparansi penyaluran Dana Bantuan Sekolah (BOS). Hal ini menjadi salah satu butir penandatanganan kerja sama antara KPK dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di kantor Kemendikbud, Jumat (9/3). Menurut Ketua KPK, Abraham Samad salah satu kesepakatan dalam nota kerja sama ini, KPK akan mendukung penguatan pengawasan atas penyaluran serta penggunaan BOS. "Kemendikbud akan membuka akses data dari sistem pengaduan untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan KPK berupa langkah pencegahan, pemberantasan, dan penindakan," ungkap Abraham.

...dst

5 ) Nuh Anggap Penolakan UN Sudah Terlambat
http://www.jpnn.com/read/2012/03/08/120024/Nuh-Anggap-Penolakan-UN-Sudah-Terlambat-

Kamis, 08 Maret 2012 , 22:57:00
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menanggapi santai pengaduan Forum Education Forum dan LBH yang menolak digelarnya Ujian Nasional (UN). Menurutnya, penolakan itu sudah ada sejak dirinya belum menjabat menteri. "Tidak ada ceritanya putusan Mahkamah Agung (MA) melarang UN. Yang jelas, perdebatan UN itu sudah ada sebelum saya masuk. Jadi intinya tidak ada kata yang melarang pelaksanan UN. Saya berani jamin itu. Tapi pemerintah harus melakukan perbaikan mutu-mutu sekolah termasuk fasilitas dan sarana dan prasarana," ungkap Nuh kepada JPNN di ruang kerjanya, Kamis (8/3) malam.Penolakan UN membahas  mengenai putusan Mahkamah Agung (MA) RI No. 2596 K/PDT/2008 mengenai pelaksanaan UN.  Para perwakilan Education Forum dan LBH Jakarta mengeluhkan tindakan pemerintah yang tetap melaksanakan UN, padahal sudah ada keputusan MA.

...dst

6 ) Ujian Nasional
Pemerintah Semestinya Jalankan Putusan MA
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/08/16350386/Pemerintah.Semestinya.Jalankan.Putusan.MA

Kamis, 8 Maret 2012 | 16:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Dewan Pertimbangan Presiden akan membahas pengaduan dan permohonan desakan eksekusi pengadilan negeri kepada pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan ujian nasional (UN). Untuk itu, Wantipres akan mengkaji pengaduan Tim Advokasi Korban UN yang menginginkan Presiden melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA) terkait putusan soal UN. Dalam putusan PN Jakarta Pusat sampai MA terkait UN, hingga saat ini belum ada eksekusi. Padahal, dalam putusannya majelis hakim meminta pemerintah untuk memenuhi secara menyeluruh sarana prasarana di semua sekolah. Selain itu, pemerintah diminta juga untuk meningkatkan kualitas guru dan akses informasi di seluruh daerah di Indonesia.

...dst

7 ) Ujian Nasional Dikaji Lagi
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/08/079388981/Ujian-Nasional-Dikaji-Lagi

KAMIS, 08 MARET 2012 | 21:30 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Dewan Pertimbangan Presiden bakal mengkaji ulang keputusan pelaksanaan Ujian Nasional  guna merespon keluhan dari Education Forum bersama Lembaga Bantuan Hukum  Jakarta. Kedua lembaga ini menolak  diselenggarakannya Ujian Nasional.  "Saya pikir setiap putusan Mahkamah Agung yang berkekuatan hukum wajib dipatuhi pemerintah, karena merupakan ketentuan hukum,"  kata anggota Dewan Pertimbangan Presiden Albert Hasibuan  di kantornya, Kamis 8 Maret 2012. Albert  menyatakan sudah seharusnya putusan Mahkamah Agung  soal ujian nasional dipenuhi.  Putusan MA No.2596 K/PDT/2008 menegaskan ujian nasional tak boleh dilaksanakan hingga berbagai tuntutan yang diajukan terpenuhi.  Pihaknya akan mencoba mengkaji masalah ini.

...dst

8 ) Kemendikbud Tunjuk Unesa Tangani UN SMA
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/09/373/589947/kemendikbud-tunjuk-unesa-tangani-un-sma

Jum'at, 09 Maret 2012 10:21 wib
SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengambil alih proses percetakan lembar soal dan lembar jawaban UN tingkat SMA, MA, dan SMK. Sedangkan Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur berperan menyiapkan siswa. Keputusan tersebut diambil agar pelaksaan UN bisa lebih independen dan menghindari adanya permainan. Unesa nanti diberi kewenangan di antaranya menyiapkan pencetakan lembar soal serta lembar jawaban ujian, hingga pada tahap pengawasannya. "Kami masih terus melakukan koordinasi. Untuk percetakan yang sudah pasti ditangani Unesa adalah SMA, MA, dan SMK," kata Panitia UN dari Unesa Ali Mufie kemarin.

...dst

9 ) Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Diperpanjang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/09/07074321/Pendaftaran.SNMPTN.Jalur.Undangan.Diperpanjang

Jumat, 9 Maret 2012 | 07:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan diperpanjang. Hal itu disebabkan beberapa hal, antara lain karena masih banyak dokumen pendaftaran yang belum difinalisasi.Seperti diberitakan, sesuai jadwal yang ditetapkan, masa pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan seharusnya ditutup Kamis (8/3/2012) malam. Namun karena hal tersebut, masa pendaftaran akhirnya diperpanjang hingga Sabtu (10/3/2012) mendatang. Kabar perpanjangan masa pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan ini disampaikan oleh Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN 2012, Rochmat Wahab. Ia mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran murni disebabkan karena banyak dokumen rekomendasi siswa peserta SNMPTN Jalur Undangan yang belum difinalisasi datanya.

...dst

10 ) Prodi Kedokteran Unsri Paling Diminati
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/09/373/589963/prodi-kedokteran-unsri-paling-diminati

Jum'at, 09 Maret 2012 10:52 wib
PALEMBANG – Ketua panitia lokal (panlok) 23 SNMPTN 2012 Universitas Sriwijaya (Unsri) Zulkifli Dahlan mengungkapkan, peminat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan 2012 lebih memfavoritkan Program Pendidikan (Prodi) Kedokteran dibanding prodi lainnya.Hal itu terlihat dari jumlah pemilihnya yang lebih dari 1.000 peserta. "Kedokteran paling banyak peminatnya, sampai ribuan. Padahal, kuotanya hanya 20 orang. Untuk prodi yang lain, semua kuota juga terpenuhi," kata Zulkifli. Setelah Kedokteran, disusul Prodi Akuntansi, Manajemen, Teknik Pertambangan, Farmasi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, serta Ilmu Administrasi Negara. Selain itu, meski tetap terpenuhi kuotanya, beberapa prodi lain cenderung kurang memiliki peminat, di antaranya Prodi Budi Daya Perairan, Pendidikan Teknik Mesin, Ilmu Kelautan, dan Kimia.

...dst

11 ) Berat, Konsekuensi bagi Dosen Plagiat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/09/179673/Berat-Konsekuensi-bagi-Dosen-Plagiat

09 Maret 2012
SEMARANG- Dosen penerima hibah penelitian dilarang melakukan plagiat dalam melaksanakan program tersebut. Sebab, hasil penelitian itu memiliki konsekuensi dan harus dapat dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat.Hal itu disampaikan Pembantu Rektor I Bidang Akademik IKIP PGRI Semarang Ngasbun Egar seusai acara Penandatanganan Kontrak Kerja Hibah Penelitian LPPM, Senin (5/3). Dia mengatakan, konsekuensi dari para dosen yang menerima hibah dan melaksanakan penelitian ini tidak ringan. Maka harapannya, para dosen ini bisa benar-benar menaati dan menyelesaikan penelitian sesuai jadwal, tanpa melakukan plagiat.

...dst

12 ) Kopertis VI Fasilitasi Pelatihan Penulisan 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476000/

Friday, 09 March 2012
SEMARANG – Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah Mustafid menjamin pihaknya siap memberikan fasilitas pelatihan penulisan maupun pembuatan jurnal ilmiah.Sesuai edaran Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mahasiswa yang akan lulus diwajibkan menulis karya ilmiah dan diterbitkan di jurnal ilmiah. "Kami memberikan fasilitas dengan pelatihan penulisan maupun pembuatan jurnal.Publikasi dari karya ilmiah memberikan manfaat yang besar," ujarnya kemarin. Kopertis VI juga telah menemui Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jateng terkait hal itu.

...dst

13 ) Berikan Pemahaman Pengelolaan BLU, UGM Berikan Pelatihan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/08/373/589699/berikan-pemahaman-pengelolaan-blu-ugm-berikan-pelatihan

Jum'at, 09 Maret 2012 11:02 wib
JAKARTA - Hingga saat ini, masih banyak pertanyaan yang muncul dari konsep Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU), khususnya di tingkat bawah seperti Fakultas maupun program studi.Akibat minimnya pahaman, seringkali muncul berbagai penafsiran yang tidak tepat tentang konsep PK BLU. Hal inilah yang mendasari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengadakan Workshop Persiapan Penyelenggaraan PK BLU."Ini workshop kedua yang kita adakan. Saat ini masih banyak informasi yang perlu kita ketahui tentang BLU ini baik di tingkat atas hingga bawah," kata Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Keuangan UGM Didi Achjari seperti disitat dari laman UGM, Jumat (9/3/2012).

...dst

14 ) Peneliti Undip olah kerang menjadi antiseptik
http://www.antaranews.com/berita/300456/peneliti-undip-olah-kerang-menjadi-antiseptik

Kamis, 8 Maret 2012 18:40 WIB
Semarang (ANTARA News) - Tim peneliti Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro Semarang berhasil mengolah spesies kerang-kerangan menjadi bahan antiseptik organik yang bermanfaat bagi kesehatan manusia."Kami mengambil kerang jenis Conus Miles, Stramonita Armigera, dan Olivia Vidual yang diambil dari perairan Ternate, Maluku," kata Ketua Tim Penjaminan Mutu Fakultas FPIK Undip Dr. Delianis Pringgenies di Semarang, Kamis. Ia menjelaskan, kerang-kerangan yang termasuk kelas spesies moluska sengaja dipilih dari perairan Ternate, Maluku, berdasarkan uji banding dengan spesies sama yang diambil dari perairan Pekalongan, Jawa Tengah. Berdasarkan uji banding itu, kata koordinator penelitian itu, tiga spesies kerang-kerangan dari perairan Ternate, Maluku itu memiliki kandungan bakteri Vibrio sp dan Pseudoaltermonas sp yang digunakan untuk pembuatan antiseptik itu.

...dst

15 ) Pelajari Kurikulum Negara Maju, UNY Helat Seminar Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/08/373/589696/pelajari-kurikulum-negara-maju-uny-helat-seminar-internasional

Jum'at, 09 Maret 2012 10:03 wib
JAKARTA - Sebagai negara berkembang, tentu kurikulum yang dianut berbeda dengan negara maju. Maka, pemahaman terhadap perbedaan kurikulum ini penting untuk diketahui bersama, terutama bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Menyadari hal tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar seminar internasional bertajuk Perbandingan Pendidikan di Eropa dan Asia (Belanda, Turki, China, dan Indonesia). Sejumlah narasumber dari berbagai institusi pendidikan baik dosen maupun mahasiswa didapuk sebagai pembicara. Di antaranya, Dekan Social and Behaviour Faculty, Utrecht Universitet, Belanda Theo Wubbles, mahasiswa Pascasarjana FISE UNY Lutfi Ulker, mahasiswa FBS UNY Peng Zillin, dan Dosen Pendidikan Seni Musik FBS dan program Pascasarjana UNY Kun Setyaning Astuti.

...dst

16 ) Hafal 10 Juz, Dapat Beasiswa di UIN Malang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/08/1415394/Hafal.10.Juz.Dapat.Beasiswa.di.UIN.Malang

Kamis, 8 Maret 2012 | 14:15 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, membuka jalur beasiswa untuk semua jurusan bagi para penghafal Al Quran dalam penerimaan mahasiswa baru 2012. Dengan menghafal 10 juz Al Quran, calon mahasiswa sudah bisa meraih beasiswa tersebut. "Untuk tahun ini, UIN Malang membuka jalur beasiswa bagi calon mahasiswa penghafal Al Quran sebanyak 100 orang. Syaratnya hanya dengan hafal 10 juz Al Quran sudah bisa raih beasiswa itu," jelas Helmi Syaifuddin, Ketua SAR UIN Maliki Malang, Kamis (8/3/2012). Beasiswa tersebut adalah program Haiat Tahfidz Quran (HTQ) UIN Maliki Malang, yang khusus menjaring calon mahasiswa yang memiliki keahlian menghafal Al Quran.

...dst

17 ) Mahasiswa UMJ Raih Juara MTQ Tingkat ASEAN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/universitas-muhammadiyah-jakarta/12/03/08/m0kaua-mahasiswa-umj-raih-juara-mtq-tingkat-asean

Kamis, 08 Maret 2012 17:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengirimkan dua tim untuk mengikuti dua cabang perlombaan tingkat Asia Tenggara di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dari tiga kompetisi yang diadakan oleh USIM, yakni Debat Bahasa Arab dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada 10 – 14 Nopember 2011 lalu. Sedangkan untuk Pertandingan Nasyid IPT ASEAN UMJ tidak mengirimkan kafilahnya. Tim lomba UMJ didampingi oleh satu orang dosen, Fuad Falahuddin sebagai pembimbing. Tim MTQ UMJ memberangkatkan dua mahasiswa; Mastia Lestaluhu dan Zulfikar Kaslam, keduanya adalah mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) UMJ. Sedangkan untuk Debat Bahasa Arab, UMJ mengutus 2 mahasiswa; Fahdiana dan Mohammad Taslim.

...dst

18 ) Proyek CSR Dream High ITS Wakili RI di Paris
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/08/373/589243/proyek-csr-dream-high-its-wakili-ri-di-paris

Kamis, 08 Maret 2012 12:02 wib
JAKARTA - Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang tergabung dalam tim Dream High menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam kompetisi Corporate Social Responsibility (CSR) tingkat internasional yang dihelat di Paris, Prancis.Adalah Banon Tri Kuncahyo, Ariestia Ramadhani, serta Ayu Dewantari Puspawardani, mahasiswa jurusan Teknik Informatika ITS. Tim ini berhasil lolos dari 500 tim di seluruh dunia yang mengikuti babak penyisihan.

...dst

19 ) Mahasiswa IPB Gagas Koperasi Syariah di Masjid
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/08/373/589224/mahasiswa-ipb-gagas-koperasi-syariah-di-masjid

Kamis, 08 Maret 2012 11:19 wib
BOGOR - Masjid sebagai tempat ibadah umat Islam adalah hal yang lumrah. Namun jika masjid juga difungsikan sebagai pusat perekonomian desa, adalah sesuatu yang luar biasa. Hal tersebut digagas oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang merintis Koperasi Syariah di Masjid Al-Ghomidi, Desa Cibitung Tengah, Bogor. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa yang telah didanai oleh Ditjen Dikti Kemendikbud, Randy (ketua tim), Riki Cahyo Edy, M Wahyu Sautomo, Asep Hambali, dan Pipit Pratama menginisiasi adanya koperasi syariah di masjid.

...dst

20 ) Mahasiswi IT Telkom Dirampok dan Dibunuh
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179918

Kamis, 08/03/2012 - 15:37
SOREANG, (PRLM).- Diayu Eritasari (20), mahasiswi semester IV Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Telkom ditemukan tewas bersimbah darah di kamar kos Pondok D'Palace RT 06/15 Kampung Sukabirus, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Rabu (7/3/12) malam. Gadis asal Bekasi itu tewas dengan dua luka tusukan selebar lima sentimeter di leher bagian belakang dan luka lebam di bagian kening setelah dipukul dengan benda tumpul oleh orang tak dikenal yang diduga perampok. Kapolres Bandung Ajun Komisaris Besar Sandi Nugroho melalui Kapolsek Dayeuhkolot Komisaris Sugeng Edi Haryanto mengatakan, dugaan perampokan dikuatkan dengan beberapa barang berharga milik Ayu (panggilan akrab korban). "Saat korban ditemukan, barang di kamarnya antara lain laptop, dua telefon seluler, hard disk serta 10 gram perhiasan emas putih hilang," ujar Sugeng kepada "PRLM", Kamis (8/3/12).

...dst

21 ) Cari Kerja dan Beasiswa di UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/08/373/589375/cari-kerja-dan-beasiswa-di-ui

Kamis, 08 Maret 2012 13:11 wib
JAKARTA - Fresh graduaters yang sedang mencari kerja dan para pemburu beasiswa bisa mengail untung di UI Career & Scholarship Expo XIII 2012. Bursa karier dan beasiswa yang ditargetkan menarik 10 ribu pengunjuang ini digelar di Balairung UI Depok hingga 10 Maret mendatang. Di helatan rutin ini, kamu bisa mencari lowongan kerja yang disediakan 55 perusahaan dalam dan luar negeri. Tidak hanya itu, sepuluh lembaga donor beasiswa juga menawarkan berbagai program bantuan pendidikan yang bisa kamu lamar.

...dst

22 ) UI Career & Scholarship Expo XIII 2012
http://cdcui.ui.ac.id/jobexpo/

Latar Belakang
Dalam rangka memfasilitasi para lulusan yang akan memasuki dunia kerja dan lulusan yang akan melanjutkan pendidikan Career Development Center Universitas Indonesia (CDC‐UI) sebagai pusat pengembangan karir dan kualitas sumber daya manusia di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI akan mengadakan expo yang berjudul UI CAREER & SCHOLARSHIP EXPO XIII 2012. Kegiatan akan dilaksanakan hari Kamis‐Sabtu, tanggal 8 - 10 Maret 2012 di Balairung UI, Kampus UI, Depok.

...dst

23 ) Indonesia Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Iran
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/08/m0kieu-indonesia-tawarkan-beasiswa-untuk-mahasiswa-iran

Kamis, 08 Maret 2012 20:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menawarkan sedikitnya 90 kuota beasiswa bagi mahasiswa Iran yang ingin mengembangkan kemampuan akademik di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Beasiswa ini terdiri atas beasisiwa belajar dengan biaya hidup penuh dan murni beasiswa belajar. Program beasiswa ini merupakan salah satu poin pembicaraan bilateral bidang pendidikan dan kebudayaan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Budaya, Wiendhu Nuryanti bersama Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran, Kamis (8/3) petang.

...dst

24 ) Cara Cepat Mencetak Entrepreneur
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/universitas-muhammadiyah-jakarta/12/03/08/m0kbsy-cara-cepat-mencetak-entrepreneur

Kamis, 08 Maret 2012 17:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Setiap tahun jumlah angkatan kerja di Indonesia terus bertambah. Di tahun 2012 ini saja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi memprediksi terdapat 118,67 juta angkatan kerja. Sayangnya, kenaikan jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan. Kondisi yang tidak seimbang ini mengakibatkan pengangguran semakin sulit diatasi. Lebih memprihatinkan lagi karena jumlah penggangguran tersebut sebagian berasal dari angkatan kerja terdidik para lulusan perguruan tinggi. Melihat fenomena ini, lembaga pendidikan tinggi perlu disadarkan untuk memikirkan solusi pengangguran ini. Salah satu solusinya adalah dengan mencetak para lulusannya menjadi seorang entrepreneur (wirausaha). Tujuannya tidak lain untuk menghasilkan para lulusan yang tidak hanya mencari pekerjaan, namun juga menciptakan lapangan pekerjaan.

...dst

25 ) Dubes Arab Saudi Berkunjung ke Unwahas
http://internasional.kompas.com/read/2012/03/08/21430183/Dubes.Arab.Saudi.Berkunjung.ke.Unwahas.

Kamis, 8 Maret 2012 | 21:43 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Mushthafa al Mubarak, Kamis (8/3/2012), berkunjung ke Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang. Rombongan Dubes yang didampingi Kepala Atase Keagamaan Kedubes Arab Saudi Syekh Ibrahim an Nughaimsyi diterima Rektor Unwahas Dr H Noor Achmad MA beserta seluruh pimpinan fakultas. Selain menyampaikan bantuan buku dan kitab untuk koleksi perpustakaan Unwahas, Dubes Arab Saudi juga berjanji akan membantu pengembangan Kampus II Unwahas di lahan yang telah disediakan yayasan sekitar 3,5 hektar.

...dst

26 ) Sertifikasi Guru
Siapa Bilang Guru Tua Tak Bisa Lulus Uji Kompetensi?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/09/10451781/Siapa.Bilang.Guru.Tua.Tak.Bisa.Lulus.Uji.Kompetensi.

Jumat, 9 Maret 2012 | 10:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kekhawatiran banyak pihak tentang usia guru akan memengaruhi hasil uji kompetensi awal (UKA) ternyata tak terbukti. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (8/3/2012) malam, menyebutkan, lebih dari 50 persen guru berusia 25-55 tahun memiliki hasil UKA yang memuaskan dan dinyatakan lulus. Sebaliknya, 41 guru yang berusia di bawah 25 tahun dari 172 guru yang mengikuti UKA dinyatakan tidak lulus."Data ini menunjukkan bahwa pihak yang menilai guru tua tidak mampu mengerjakan soal ujian itu salah. Buktinya sebagian besar dari mereka lulus UKA," kata Nuh.

...dst

27 ) Dari 100, Nilai Rata-rata Uji Kompetensi Guru Hanya 35
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/09/08310552/Dari.100.Nilai.Rata-rata.Uji.Kompetensi.Guru.Hanya.35

Jumat, 9 Maret 2012 | 08:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai rata-rata sementara hasil uji kompetensi awal (UKA) guru tidak memuaskan. Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Ia menjelaskan, dari hasil pemindaian yang baru berjalan 82 persen, diperoleh nilai rata-rata guru SD hanya mencapai angka 35 dari 100 soal yang dikerjakan."Per hari ini, pemindaian nilai UKA baru mencapai 82 persen. Dari data yang ada sementara, saya semakin yakin  tentang pentingnya UKA ini. Kenapa? Ketahuan semua kualitas dan kompetensi kawan-kawan kita, guru SD rata-rata nilainya hanya 35, dan guru IPA/IPS rata-rata nilainya hanya 46," ujar Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (8/3/2012) malam.

...dst

OOT

28 ) Dua Bocah Busung Lapar Hidup dalam Sangkar
http://regional.kompas.com/read/2012/03/07/11490388/Dua.Bocah.Busung.Lapar.Hidup.dalam.Sangkar

Rabu, 7 Maret 2012 | 11:49 WIB
POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Dua bocah yang diduga menderita busung lapar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tak hanya kekurangan gizi lantaran keluarganya tak mampu memberi asupan makanan yang cukup. Bocah-bocah bernama Sahrul (7) dan Sahril (5) ini juga harus merajut derita panjang dalam sangkar berukuran 1 x 1,5 meter di salah satu pojok rumahnya.

...dst

29 ) 17 WNI Masuk Terkaya Dunia 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476183/38/

Friday, 09 March 2012
JAKARTA– Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang masuk daftar orang terkaya dunia semakin banyak. Tahun ini, dari 1.226 miliarder dunia, 17 di antaranya berasal dari Indonesia, naik dibandingkan 2011 yang hanya 14 orang. Menurut Forbes, posisi orang terkaya Indonesia masih ditempati R Budi Hartono. Pemilik pabrik rokok keretek Djarum dan Bank Central Asia (BCA) ini memiliki kekayaan sekitar USD6,5 miliar (Rp59 triliun). Budi, yang menduduki peringkat ke-146 orang terkaya dunia, mengelola bisnis keluarganya itu dengan saudara kandungnya, Michael Hartono, yang berada di posisi ke-157 dengan kekayaan USD6,3 miliar. Selain bankir dan pengusaha tembakau,keduanya memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat.

...dst

30 ) Antasari Menangis saat Restui Pernikahan Putrinya 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476164/

Friday, 09 March 2012
TANGERANG– Mantan Ketua KPK Antasari Azhar tak kuasa menahan air matanya saat memberikan restu pernikahan putrinya,Anindita Dianoctora Antasariputri. Antasari menyesal karena tidak bisa mendampingi pascapernikahan putrinya itu. "Maafkan Papa karena tidak bisa seperti yang lain untuk bisa mendampingi setelah pernikahan. Namun, ini ujian dan tidak ada yang ingin kondisi seperti ini. Semoga Allah memberikan jawaban atas semua ini," ungkap Antasari Azhar saat memberikan sambutan dalam prosesi sungkeman pernikahan putrinya di kediamannya di Perumahan Les Belles,Serpong ,kemarin. 

...dst

Berita Edukasi 08 Maret 2012

1 ) Perguruan di Yogyakarta Aman dari Plagiat
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/08/303854/293/14/-Perguruan-di-Yogyakarta-Aman-dari-Plagiat

Kamis, 08 Maret 2012 05:56 WIB 
YOGYAKARTA--MICOM: Perguruan Tinggi di DIY tidak mendapatkan teguran dari Dikti terkait plagiasi untuk kenaikan pangkat jabatan guru besar. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Universitas Gadjah Mada Wijayanti, dan Kordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V Bambang Supriyadi. Kepala Bidang Humas Universitas Gadjah Mada Wijayanti mengaku, pihak UGM tidak mendapat teguran dari Dikti terkait plagiasi dalam pembuatan karya ilmiah untuk mendapatkan jabatan guru besar. "Tidak ada teguran dari Dikti terkait itu," terangnya kepada Media Indonesia, Rabu (7/3). Menurutnya, pengajuan guru besar di UGM berdasarkan penilaian angka kredit kegiatan tridharma dan etika di fakultas. Setelah itu, calon guru besar tersebut kemudian diajukan ke universitas untuk dinilai kembali oleh Majelis Guru Besar, yang selanjutnya diusulkan ke menteri.

...dst

2 ) Jalur Undangan Diperpanjang Sampai 10 Maret 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475678/

Thursday, 08 March 2012
YOGYAKARTA– Jadwal pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN) Jalur Undangan 2012 diperpanjang hingga 10 Maret. Sesuai jadwal, semestinya jalur undangan ditutup hari ini, Kamis (8/3). Dengan perpanjangan ini, berarti masih ada toleransi dua hari kepada para calon mahasiswa untuk mendaftar. Sekretaris SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengatakan, kebijakan ini diambil untuk mengakomodasi peserta yang sudah sejak awal mendaftar SNMPTN Jalur Undangan tapi belum dapat mengembalikannya hari ini. Para peserta yang sudah mengikuti jalur ini masih ada kesempatan dua hari mengembalikan berkasnya. "Perpanjangan bukan untuk pendaftaran baru, melainkan toleransi bagi peserta yang sudah bayar tapi belum memasukan berkasnya," papar Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini kemarin. 

...dst

3 ) Tujuh Prodi Unnes Sepi Peminat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/08/179570/Tujuh-Prodi-Unnes-Sepi-Peminat

08 Maret 2012
SEMARANG- Sejumlah program studi di Universitas Negeri Semarang (Unnes) sepi peminat dari pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan. Adapun tujuh prodi itu diantaranya, Sastra Perancis, Ilmu Sejarah, Sastra Jawa, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Teknik Bangunan, dan Sastra Indonesia.Ketua Panitia SNMPTN Jalur Undangan Unnes Drs Suhadi MSi mengatakan, beberapa prodi memiliki animo pendaftar sangat tinggi. Namun sebaliknya, sejumlah prodi masih relatif sepi pendaftar. "Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk sementara masih menjadi program studi yang paling diminati dengan total 4.162 pendaftar dan 1.935 di antaranya memperebutkan Bidik Misi'' ungkapnya, kemarin.

...dst

4 ) 15.000 Siswa Perebutkan Jalur Undangan UNS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/15183641/15.000.Siswa.Perebutkan.Jalur.Undangan.UNS

Rabu, 7 Maret 2012 | 15:18 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Sebanyak 15.076 siswa dari berbagai sekolah di Indonesia telah mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melalui jalur undangan. Fakultas yang paling diminati pendaftar adalah Fakultas Kedokteran sebanyak 2.724 orang pendaftar, menyusul Fakultas Ekonomi Akuntansi 1.864 pendaftar dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 1.667 pendaftar. Ketua Panitia Lokal 44 UNS yang juga Pembantu Rektor (PR) I UNS Prof Drs Sutarno MSc mengatakan, untuk tahun akademik 2012 ini, UNS menyediakan kuota calon mahasiswa melalui jalur undangan antara 35 hingga 45 persen dari total 5.200 calon mahasiswa yang akan diterima.

...dst

5 ) Jalur Undangan SNMPTN
Sekolah Dilarang Manipulasi Nilai Siswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/08/119909/Sekolah-Dilarang-Manipulasi-Nilai-Siswa-

Kamis, 08 Maret 2012 , 06:22:00
MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Mahmud BM mengimbau kepada seluruh sekolah tingkat SMA sederajat se Kota Makassar, agar tidak melakukan praktik kecurangan dalam menetapkan nilai siswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan tahun 2012. Mahmud menjelaskan, Dinas Pendidikan tidak terlibat langsung dalam menetapkan siswa yang akan mengikuti SNMPTN jalur undangan, karena Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kata Mahmud, langsung menyurat ke sekolah tanpa melalui Dinas Pendidikan."Saya tekankan kepada sekolah agar tidak melakukan manipulasi nilai siswa, misalnya menambah nilai raport siswa, sekolah harus membuat dana yang benar-benar objektif," tandas Mahmud.

...dst
   
6 ) Jangan Ada Diskriminasi Mahasiswa Miskin di PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/03/07/119881/Jangan-Ada-Diskriminasi-Mahasiswa-Miskin-di-PTN-

Rabu, 07 Maret 2012 , 22:44:00
JAKARTA — Anggota Komisi X DPR, Raihan Iskandar mengatakan perguruan tinggi negeri (PTN) untuk dapat lebih mengutamakan mahasiswa miskin berprestasi dalam penerimaan mahasiswa baru. Menurutnya, jika hanya 20 persen mahasiswa miskin yang diterima, artinya PTN-PTN saat ini  didominasi oleh orang-orang yang mampu."Pemahaman kuota minimal 20 persen bagi mahasiswa miskin tersebut sebenarnya tidak kaku dan PTN bisa menerima mahasiswa miskin lebih dari 20 persen. Sehingga, ke depannya tidak terkesan adanya diskriminasi. Kalau sekarang ini, berarti 80 persen mahasiswa yang ada di PTN adalah orang mampu," tegas Raihan di Jakarta, Rabu (7/3).Maka dari itu, lanjut Raihan, diharapkan PTN tidak terpaku pada angka 20 persen tersebut. Bahkan, seleksi harus berdasar atas kemampuan akademis para calon mahasiswanya.

...dst

7 ) Mahasiswa STAIN Tuntut Pembebasan Rektor dari Tuduhan Korupsi
http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/03/06/146636/Mahasiswa-STAIN-Tuntut-Pembebasan-Rektor-dari-Tuduhan-Korupsi/6

Nasional / Selasa, 6 Maret 2012 16:10 WIB
Metrotvnews.com, Bukittinggi: Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bukittinggi, Sumatra Barat, menuntut rektor mereka bebas dari tuduhan korupsi. Mereka menyampaikan tuntutan dengan berunjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Negeri Bukittinggi, Selasa (6/3). Mahasiswa mendatangi Kantor Kejari dengan berjalan kaki dari kampus. Mereka menuntut aparat membebaskan Rektor STAIN Doktor Ismail dari tahanan. Mereka pun meminta kejaksaan membatalkan kasus hukum yang menjeratnya.Mereka menilai tindakan kejaksaan memproses Ismail itu keliru. Ismail ditahan karena dituding menyalahgunakan anggaran kampus saat mendirikan empat program studi baru.(RRN).

...dst

8 ) SATU JUTA Dukungan Pembebasan Ketua STAIN Bukittinggi ( Dr. Ismail Novel, M.Ag) Dari Kriminalisasi Dunia Pendidikan

http://www.kopertis12.or.id/2012/03/08/satu-juta-dukungan-pembebasan-ketua-stain-bukittinggi.html

...dst

9 ) Kamis Ini, UI Gelar Bursa Kerja
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/07/m0is5s-kamis-ini-ui-gelar-bursa-kerja

Kamis, 08 Maret 2012 00:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) mengeglar acara Career and Scholarship Expo XIII 2012 di Balairung UI, Kampus UI Depok, Kamis (8/3) ini. "UI Career and Scholarship Expo XIII 2012 merupakan bursa kerja yang telah diselenggarakan secara rutin oleh UI," kata Plh Kepala Kantor Komunikasi, I Ketut Surajaya. I Ketut mengatakan bursa kerja dan beasiswa kali ini akan dihadiri oleh 55 perusahaan seperti PT Freeport Indonesia, PT Pertamina (Persero), Blue Bird Group, PT Komatsu Indonesia. Selanjutnya PT Unilever Indonesia Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT Astra International Tbk dan 10 lembaga pendonor beasiswa diantaranya University of Groningen, Campus France, IIEF, DAAD, AMINEF, Uni Eropa (Erasmus Mundus) dan Kedutaan Besar Jepang.

...dst

10 ) Perguruan Tinggi Diusulkan Diambil Alih Kemdikbud
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/1355142/Perguruan.Tinggi.Diusulkan.Diambil.Alih.Kemdikbud

Rabu, 7 Maret 2012 | 13:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi X DPR RI Raihan Iskandar mengatakan, ada wacana untuk menarik seluruh perguruan tinggi agar dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selama ini, ada belasan kementerian/lembaga yang ikut mengelola perguruan tinggi. Pengelolaan di bawah satu atap, dalam hal ini Kemdikbud, dinilai akan mempermudah pengawasan, khususnya dalam pertanggungjawaban penggunaan anggaran dan penataan kurikulum.Ke depannya, menurut Raihan, seluruh kementerian/lembaga itu harus menyerahkan tata kelola perguruan tinggi yang berada di bawahnya kepada Kemdikbud, termasuk izin mengeluarkan ijazah."Wacana itu sudah ada. Kita akan segera melakukan pertemuan dengan semua menteri, termasuk Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat," kata Raihan, seusai diskusi "Pendidikan Tinggi Bermutu untuk Semua", di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/3/2012).

...dst

11 ) Pendidikan Tinggi Akan Dikonsentrasikan di Kemendikbud
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/07/373/588702/pendidikan-tinggi-akan-dikonsentrasikan-di-kemendikbud

Rabu, 07 Maret 2012 13:40 wib
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diusulkan untuk mengelola pendidikan tinggi yang saat ini dikelola oleh kementerian atau lembaga pemerintahan lainnya.Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, isu krusial di Rancangan Undang Undang (RUU) Pendidikan Tinggi (PT) yang saat ini dibahas bersama DPR ialah mengenai usulan penarikan pengalihan pendidikan tinggi yang saat ini dikelola kementerian lain untuk dijadikan satu pintu di Kemendikbud.Mendikbud menyatakan, alasan pengalihan itu cukup rasional di mana menurut UUD 1945 segala urusan pendidikan itu seharusnya di bawah tugas dan fungsi pokok kementerian yang membawahi bidang pendidikan.

...dst

12 ) Kemenag Tetap Kendalikan PT 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475824/

Thursday, 08 March 2012
JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) diperkirakan akan tetap memegang kendali atas pendidikan tinggi yang saat ini beroperasi dan tidak diambil alih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Anggota Komisi X DPR yang juga Anggota Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang- Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) Raihan Iskandar mengatakan, Kemenag mempunyai kewenangan khusus tersebut karena jauh sebelum Kemendikbud ada Kemenag sudah berdiri dan ditugasi mengendalikan pendidikan keagamaan. Karena itu, tidak hanya pendidikan dasar seperti madrasah, tapi pendidikan tinggi juga akan tetap dikendalikan oleh Kemenag. Meskipun begitu, ujarnya, Kemenag tetap akan berkoordinasi dengan Kemendikbud mengenai banyaknya perguruan tinggi di bawah Kemenag yang juga menyelenggarakan program studi (prodi) umum seperti ekonomi dan komunikasi." Kini peminat prodi syariah atau tarbiah sepi peminatnya. 

...dst

13 ) Sentralisasi Pendidikan Tinggi
Porsi Kemedikbud dan Kemenag Rancu
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/07/373/588729/porsi-kemedikbud-dan-kemenag-rancu

Rabu, 07 Maret 2012 14:09 wib
JAKARTA - Usulan konsentrasi pendidikan tinggi ada di tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dinilai masih belum final, karena RUU PT ini masih dalam tahap uji publik. Bahkan ada beberapa pihak yang mengusulkan agar pendidikan tinggi dibawah Kemenag sistem akademiknya tetap di bawah Kemendikbud. Menurut Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nur Syam, usulan tersebut mecakup sistem akademik, operasional dan pengangkatan guru besar. Namun penyelenggaraan pendidikannya tetap di bawah Kemenag seperti penerbitan ijazah yang masih dapat ditandatangi oleh Kemenag."Memang dalam urusan pendidikan ini Kemenag mempunyai sejarah berbeda dengan kementerian lain. Mereka berpendapat, sistem akademik bisa dipegang Kemendikbud, namun penyelenggaraan pendidikan akademik dan vokasional yang relevan dengan Kemenag tetap kami pegang.

...dst

14 ) Empat Kritik Mahasiswa tentang RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/07/373/588824/empat-kritik-mahasiswa-tentang-ruu-pt

Rabu, 07 Maret 2012 15:56 wib
JAKARTA - Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang masih dalam proses penggodokkan di DPR mendapat perhatian dari berbagai pihak terkait.Untuk itu, Fraksi PKS mengundang pakar pendidikan, yakni Dharmaningtyas dan mahasiswa dari sejumlah kampus yang nantinya akan merasakan dampak langsung dari pengesahan RUU PT. Diskusi yang berlangsung di lantai tiga Nusantara 1 DPR, Senayan tersebut turut dihadiri anggota Komisi X DPR, Raihan Iskandar. Alfian Rizanurrasa, salah satu perwakilan Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mengungkapkan, terdapat empat hal yang menjadi perhatiannya dalam RUU PT tersebut. Pertama, terkait program studi (prodi) yang sepi peminat di sejumlah PT padahal merupakan prodi yang mencerminkan jati diri bangsa.

...dst

15 ) Jumlah Sarjana Menganggur Tinggi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475680/

Thursday, 08 March 2012
YOGYAKARTA – Tingginya jumlah lulusan perguruan tinggi atau sarjana strata 1 (S-1) yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan kerja yang memadai menyebabkan jumlah intelektual yang menganggur tinggi.Selain itu, persoalan terbatasnya informasi dan kualifikasi yang kurang memenuhi kompetensi juga menjadi pemicu utama mengapa penyerapan angkatan kerja, terutama jebolan dari perguruan tinggi sampai sekarang masih rendah. "Pengangguran akademik ini bukan semata-mata akibat jumlah lapangan pekerjaan yang kurang, tapi juga tidak lancarnya pertemuan antara pencari kerja dan penyedia kerja. Ini friksi yang menciptakan pengangguran di pasar tenaga kerja," papar Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid saat membuka "Job Fair Campus Hiring" di KampusTerpadu II,Yogyakarta, kemarin. 

...dst

16 ) Seminar Sinergi dan Inovasi Jaringan Perpustakaan di UMS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/08/179567/Seminar-Sinergi-dan-Inovasi-Jaringan-Perpustakaan-di-UMS

o8 Maret 2012
SOLO - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Tengah dan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Muhammadiyah akan menyelenggarakan Seminar Nasional "Knowledge Sharing: Sinergi dan Inovasi Jaringan Perpustakaan", Kamis 14 Maret  pukul 08.00 - 16.30. Ketua Panitia Cahyana Kumbul Widada SIP menjelaskan, seminar akan menghadirkan narasumber Aditya Nugraha ST MS (Petra), Prof Dr Djamaluddin Ancok PhD (UGM), Ardiansyah (UAD), dan Tim Koha UMS. Sebagai keynote speaker Prof Dr Dadang Kahmad MSi (PP Muhammadiyah) dan Dra Sri Sularsih MSi (Perpusnas).

...dst

17 ) TNI Ajak Mahasiswa Jelajahi Pulau-Pulau Terluar
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/07/373/588827/tni-ajak-mahasiswa-jelajahi-pulau-pulau-terluar

Rabu, 07 Maret 2012 16:12 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar acara Sosialisasi Ekspedisi Khatulistiwa 2012. Dalam acara tersebut dijabarkan pengalaman para mahasiswa, dosen, serta pasukan TNI yang meneliti daerah–daerah terutama di pulau terluar di Indonesia. Ekspedisi ini merupakan kegiatan penelusuran data mengenai potensi sumber daya alam yang ada di perbatasan, gunung dan pegunungan, serta rawa, laut, sungai, dan pantai (ralasuntai). Kegiatan yang dihelat di Kalimantan tersebut merupakan kerja sama TNI AD bersama mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

...dst

18 ) Ulur Waktu, PN Jakbar Dianggap Enggan Eksekusi Trisakti
http://www.jpnn.com/read/2012/03/08/119884/Ulur-Waktu,-PN-Jakbar-Dianggap-Enggan-Eksekusi-Trisakti-

Kamis, 08 Maret 2012 , 00:06:00
JAKARTA - Ketua Pengadilan Jakarta Barat Lexsy Mamonto mengambil langkah tak populer dengan menyatakan akan melakukan eksekusi damai soal Trisakti. Padahal sebelumnya upaya perdamaian ini selalu gagal. 
"Sekali lagi, PN Jakarta Barat mengambil langkah aneh, padahal perdamaian sudah berulangkali dilakukan dan saat sudah muncul putusan inkrah, justru langkah ini diulang lagi. " ungkap Syamsu Djalal, Kuasa Hukum dan pengacara Yayasan Trisakti di Jakarta, Rabu (7/3). Sikap Syamsu ini menanggapi surat PN Jakbar bernomor W10-U2/1303/2012 yang menyatakan PN Jakbar akan melakukan upaya damai. Ini bertentangan dengan surat MA yang bertangga 15 Februari yang meminta agar PN Jakbar segera melakukan eksekusi.

...dst

19 ) Indonesia dan Iran Perkuat Hubungan Bilateral Melalui Budaya
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/280
http://id-id.connect.facebook.com/pages/SATU-JUTA-Dukungan-Pembebasan-Dr-Ismail-Novel-MAg/301587353228270

03/07/2012
Jakarta – Republik Islam Iran kembali menyelenggarakan Pekan Budaya Islam Iran di Indonesia untuk ke-empat kalinya.  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menghadiri acara pembukaan yang diselenggarakan di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (7/03). Pekan Budaya Islam Iran kali ini mengusung tema "Menjembatani antara Timur dan Barat Dunia Islam". Rangkaian kegiatan akan berlangsung pada 7-13 Maret 2012. Setelah dibuka dibuka hari ini, kegiatan berikutnya akan dimulai besok Kamis (8/03) ditandai dengan pemutaran film Iran di gedung perfilman Usmar Ismail, Jakarta, pukul 14.00. Duta besar Iran, Mahmoud Farazandeh, menyampaikan, Iran dan Indonesia telah memulai hubungan bilateral sejak 62 tahun lalu. Namun demikian, berdasarkan bukti-bukti sejarah yang tercatat di masing-masing negara, hubungan kedua negara telah dimulai ribuan tahun melalui perdagangan.

...dst

20 ) Pertukaran Pelajar dan Mahasiswa Pererat Hubungan Indonesia-Malaysia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/08/303867/293/14/Pertukaran-Pelajar-dan-Mahasiswa-Pererat-Hubungan-Indonesia-Malaysia

Kamis, 08 Maret 2012 05:50 WIB   
JAKARTA--MICOM: Terjalinnya pertukaran pelajardan mahasiswa diharapkan semakin mempererat hubungan negara serumpun di Asia Tenggara, Indonesia dan Malaysia. "Adanya para pelajar dan mahasiswa Indonesia menuntut ilmu atau kuliah di Malaysia dan begitu sebaliknya akan menjadikan hubungan kedua negara menjadi lebih erat dan harmonis melalui bidang pendidikan ini," kata Puan Yahurin Mohd Yassin, Direktur dan Penasihat Kedutaan Bidang Pendidikan Malaysia Education Promotional Center (MEPC) pada seminar pendidikan di Central Park,Podomoro City,Jakarta, Selasa (6/3) lalu. Seminar tersebut dihadiri kepala sekolah dan guru se DKI Jakarta. Dalam acara itu,hadir Dato Fajura Juffa Mohd Mustafa Kamal sebagai Vice President Corporate & Student Affairs Lim Kok Wing University. Puan Yahurin mengatakan Universitas Lim Kok Wing merupkan salah satu perguruan tinggi unggulan di Malaysia. Karena itu, hemat dia,  Lim Kok Wing University layak dapat membuka kuliah di Indonesia.

...dst

21 ) USU Bangun Rumah Sakit Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/07/303781/293/14/-USU-Bangun-Rumah-Sakit-Pendidikan

Rabu, 07 Maret 2012 19:37 WIB 
MEDAN--MICOM: universitas sumatera utara (USU) memiliki rumah sakit pendidikan yang pertama dan terbesar di Indonesia. Humas USU Bisru Hanafi mengatakan pembangunan rumah sakit ini menelan biaya sekitar Rp365 miliar, sumber dananya pinjaman Islamic Development Bank (IDB). Luas bangunan 50.250 m2 dan dapat menampung lebih dari 600 pasien ."Rumah sakit ini di bawah Kemendikbud, bukan di bawah kemenkes. Nantinya RS ini akan melayani warga Sumut dan juga nasional," ujar bisru, Rabu (7/4). Rumah sakit ini menerima askes, jamsostek, dan juga jamkesmas. Presiden SBY diharapkan menekan tombol peresmiannya, awal September, berbarengan dengan Dies Natalis ke-60 USU. (OL-11)

>>>

22 ) Arismunandar Kembali Jadi Rektor UNM
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/07/373/588929/arismunandar-kembali-jadi-rektor-unm

Rabu, 07 Maret 2012 18:02 wib
MAKASSAR - Calon incumbent Arismunandar dijadwalkan akan dilantik kembali sebagai rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2012-2016 pada 14 Mei mendatang. Pakar manajemen pendidikan ini menang mutlak dalam pemilihan rektor (Pilrek) UNM yang digelar di Ruang senat Gedung Rektorat Kampus UNM Makassar, Rabu (7/3/2012).Panitia Penjaringan dan Pemilihan Rektor UNM, Najamuddin mengatakan, sebelum masa jabatan Arismunandar pada periode pertama habis, dia sudah harus dilantik. Calon incumbent tersebut akan mengakhiri masa jabatan pada periode pertamanya 14 Mei nanti.

...dst

23 ) Unisba Tak Wajibkan Jurnal Ilmiah S1 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475593/

Thursday, 08 March 2012
BANDUNG– Universitas Islam Bandung (Unisba) belum memberlakukan kewajiban bagi mahasiswa S1 yang akan lulus untuk membuat jurnal ilmiah pada tahun ini. Padahal dari wacana yang berkembang,peraturan tersebut akan diberlakukan pada Agustus 2012."Untuk S1 tentunya akan kesulitan. Kami sementara tidak akan lakukan (jurnal ilmiah) itu.Nantinya ada stagnasi karena tidak semua mahasiswa bisa melakukannya.Kami belum berpikir untuk memberlakukan pada tingkat S1,"kata Rektor Unisba Taufik Boesoerie saat ditemui di Rektorat Unisba, Jalan Purnawarman,Kota Bandung,beberapa hari lalu. 

...dst

24 ) Lomba Pidato Bahasa Jepang Berhadiah 2 Tiket Ke Jepang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/16092676/Lomba.Pidato.Bahasa.Jepang.Berhadiah.2.Tiket.Ke.Jepang.

Rabu, 7 Maret 2012 | 16:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah bahasa Jepang Pandan College menyelenggarakan lomba pidato bahasa Jepang bagi anak muda Indonesia berusia sampai dengan 24 tahun. Lomba ini berhadiah tiket gratis pergi-pulang ke Jepang bagi dua orang. "Kami ingin semakin banyak generasi muda Indonesia yang mengenal bahkan mendalami bahasa Jepang. Lomba pidato bahasa Jepang ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pelajar dan ank muda Indonesia untuk belajar lebih baik lagi mengenai bahasa Jepang," kata Richard Susilo, Komisaris Pandan College, Rabu (7/3/2012).

...dst

25 ) Peluang ke Jepang untuk Pelajar dan Guru di Aceh
http://regional.kompas.com/read/2012/03/08/06134449/Peluang.ke.Jepang.untuk.Pelajar.dan.Guru.di.Aceh

Kamis, 8 Maret 2012 | 06:13 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Perhimpunan Alumni dari Jepang Daerah Aceh (Persada Aceh) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia membuka kesempatan bagi mahasiswa dan guru di Aceh untuk mengikuti program beasiswa ke Jepang. Beasiswa diberikan kepada para pelajar dan guru yang berasal dari Aceh (Indonesia) termasuk di dalamnya beasiswa program untuk melanjutkan pendidikan diploma 3 (D3), sarjana (S1), pascasarjana (S2) dan doktoral (S3) di Jepang, Pelatihan guru, pertukaran pelajar (SMU) dan pertukaran mahasiswa.

...dst

26 ) China Gencar Membuka Prodi Berbahasa Inggris
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/18345054/China.Gencar.Membuka.Prodi.Berbahasa.Inggris

Rabu, 7 Maret 2012 | 18:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa perguruan tinggi milik Pemerintah China dan perguruan tinggi asing di negara tersebut kini semakin gencar membuka program studi (prodi) gelar dengan pengantar bahasa Inggris. China membuka kesempatan para pelajar Internasional untuk bersaing. "Bagi mahasiswa lokal China sendirim prodi berbahasa Inggris sebagai pengantar tentu mempunyai kelebihan. Mereka akan punya kesempatan go international maupun bekerja di perusahaan asing di China dibandingkan dengan mahasiswa lokal yang sama sekali tidak menguasai bahasa Inggris setelah lulus kuliah," kata Samuel Wiyono, Ketua Beijing Language Culture Institute (BLCI), di Jakarta, Rabu (7/3/2012).

...dst

27 ) Minat Guru Jadi Sarjana Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/08/07583025/Minat.Guru.Jadi.Sarjana.Tinggi

Kamis, 8 Maret 2012 | 07:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah keluarnya Undang-undang Guru dan Dosen yang mewajibkan guru minimal berpendidikan diploma IV atau sarjana, minat guru untuk menempuh pendidikan sarjana meningkat pesat. Perguruan tinggi swasta yang membuka program studi kependidikan juga kebanjiran peminat."Fakultas kependidikan yang sebelumnya 'mati suri' sekarang bergairah kembali," kata mantan Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Suharyadi, yang juga guru besar di Universitas Mercu Buana Jakarta, Rabu (7/3).Berdasarkan data di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dari 2,9 juta guru, hingga saat ini baru sekitar 1,5 juta guru (51,31 persen) yang kualifikasi sarjana. Ada sekitar 1,42 juta guru (48,69) persen yang berkualifikasi pendidikan SMA-D3.

...dst

28 ) LIPI: Guru Kekurangan Waktu Meneliti karena Mengajar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/17375375/LIPI.Guru.Kekurangan.Waktu.Meneliti.karena.Mengajar

Rabu, 7 Maret 2012 | 17:37 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Penelitian-penelitian yang dilakukan guru selama ini masih minim karena guru kekurangan waktu meneliti akibat waktunya habis untuk mengajar. Hal itu dikatakan Pustakawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rosa Widyawan."Penelitian yang sering ditemukan masih sebatas penelitian tindakan kelas (PTK). Namun persoalan riil yang terjadi di kalangan siswa masih jarang," katanya, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (7/3/2012). Padahal, kata Rosa, persoalan-persoalan riil yang terjadi di kalangan siswa seperti tawuran, perilaku anak-anak yang membolos justru lebih mengena dan membutuhkan langkah penyelesaian secara optimal melalui penelitian mendalam.

...dst

29 ) Internasionalisasi Pendidikan Salah Kaprah
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/08/02271164/internasionalisasi.pendidikan.salah.kaprah.

Kamis, 08 Maret 2012
Jakarta, Kompas - Internasionalisasi pendidikan di Indonesia dengan tujuan memperkuat daya saing bangsa di dunia internasional dinilai salah kaprah. Pendidikan semestinya dititikberatkan pada tujuan kepentingan bangsa, yakni mempertahankan dan mengembangkan jati diri bangsa serta kemandirian bangsa.Demikian salah satu pokok persoalan yang mengemuka dalam diskusi soal Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi yang dilaksanakan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Komisi X DPR di Jakarta, Rabu (7/3). Retno Listyarti, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia, mengatakan, internasionalisasi pendidikan yang diwujudkan antara lain dalam bentuk rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), misalnya, justru menguntungkan pihak asing. Hal ini disebabkan sekolah di Indonesia harus membeli kurikulum berikut buku-buku asing. Bahkan, guru asing pun didatangkan dengan fasilitas dan gaji yang jauh lebih tinggi dibandingkan guru Indonesia. "Pemerintah tutup mata ketika penyelenggara pendidikan merendahkan martabat guru dan bangsa kita sendiri," kata Retno.

...dst

30 ) Pendidikan Menengah Universal Butuh Rp 2,4 Triliun
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/07/079388566/Pendidikan-Menengah-Universal-Butuh-Rp-24-Triliun

RABU, 07 MARET 2012 | 13:23 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Program Pendidikan Menengah Universal yang akan dimulai pada 2013 membutuhkan biaya sebesar Rp 2,4 triliun untuk membangun 12 ribu kelas baru. "Kami sudah mengusulkan dalam anggaran pendapatan belanja negara perubahan, salah satunya untuk penunjang program Pendidikan Menengah Universal," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam konferensi pers di gedung Kemdikbud, Selasa, 6 Maret 2012.

...dst

31 ) Indonesia harus bangun industri sel surya
http://www.antaranews.com/berita/300027/indonesia-harus-bangun-industri-sel-surya

Selasa, 6 Maret 2012 11:26 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Marzan Azis Iskandar mengatakan Indonesia harus membangun industri sel surya untuk memenuhi kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan mengurangi ketergantungan impor sel surya."Indonesia sudah mengembangkan teknologi tenaga surya sejak 1980, tapi sampai sekarang belum ada industrinya sehingga kita tergantung dengan produk impor," kata Marzan pada peluncuran hasil studi kelayakan industri sel surya di Indonesia, di Jakarta, Selasa.
Indonesia mempunyai potensi energi surya yang sangat besar yaitu 4,8 kWh/m2/ hari setara dengan nilai peak sun hour (PHS) sebesar 4,8 jam/hari tapi pemanfaatan untuk energi masih sangat rendah.

...dst

32 ) Tingkatkan jam kerja untuk kejar ketertinggalan
http://www.antaranews.com/berita/300261/tingkatkan-jam-kerja-untuk-kejar-ketertinggalan

Rabu, 7 Maret 2012 16:19 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI periode 1998-1999, Bacharuddin Jusuf Habibie,  berpendapat bahwa meningkatkan jam kerja merupakan satu upaya untuk mengejart ketertinggalan yang dialami bangsa Indonesia."Rasanya susah untuk mengejar ketertinggalan bangsa kita atas bangsa lain yang lebih maju, tapi itu masih bisa diperbaiki dengan meningkatkan jam kerja untuk bangsa," kata BJ Habibie usai acara tayang bincang Dialog Merah Putih kerja sama TVRI, RRI dan ANTARA di kediamannya, Patra Kuningan 13, Jakarta, Rabu.Meningkatkan jam kerja, menurut Habibie, adalah dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.Habibie menilai, saat ini lapangan pekerjaan di Indonesia banyak dikuasai oleh asing, oleh sebab itu bangsa kita kurang memiliki kesempatan untuk berkembang.

...dst

33 ) Titanic ternyata tenggelam karena bulan
http://www.antaranews.com/berita/300202/titanic-ternyata-tenggelam-karena-bulan

Rabu, 7 Maret 2012 10:58 WIB
San Antonio (ANTARA News) - Satu abad setelah petaka Titanic, para ilmuwan menemukan penyebab tak terduga atas tenggelamnya kapal tersebut: bulan. Orang yang tahu sejarah atau sudah menyaksikan film "Titanic" mengetahui bahwa 100 tahun lalu kapal itu tenggelam karena menabrak gunung es. Namun sejak Titanic tenggelam dan menewaskan 1.517 orang pada 15 April 1912, para peneliti bingung mengapa Kapten Edward Smith mengabaikan peringatan tentang adanya gunung es di area pelayaran. Padahal Smith adalah kapten paling berpengalaman di "White Star Line" dan beberapa kali telah melayari jalur laut Atlantik Utara.
Dia ditugasi melakukan pelayaran perdana Titanic karena dia pelaut yang berpengetahuan luas dan penuh kehati-hatian. Donald Olson, fisikawan dari Texas State University yang menjadi bagian tim astronomi forensik yang meneliti peran bulan, punya penjelasan baru tentang keberadaan gunung es di jalur pelayaran Titanic.

...dst

34 ) Megaxus Olimpiade kembali digelar
http://www.antaranews.com/berita/299869/megaxus-olimpiade-kembali-digelar

Senin, 5 Maret 2012 13:13 WIB |
Jakarta (ANTARA News)- Perusahaan online entertainment multimedia di Indonesia, PT Megaxus Infotech (Megaxus), kembali menggelar ajang kompetisi online game bertaraf nasional - Megaxus Olimpiade 2012 dalam upaya mendorong kreativitas para gamer di dalam negeri.Acara akbar tahunan berupa kompetisi online game yang membawa lima game Megaxus untuk dipertandingkan yaitu; AyoDance, Lineage II, WarRock, Grand Chase dan Counter Strike Online.Direktur Pelaksana PT Megaxus Infotech. Eva Muliawati dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan, Megaxus Olimpiade 2012 akan menjadi acara yang sangat menantang bagi para pemain dan komunitas online gamer di Indonesia karena bertujuan untuk selalu mengasah kemampuan para peserta Megaxus Olimpiade.

...dst

35 ) Antasari Berhak Hadiri Resepsi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475835/

Thursday, 08 March 2012
JAKARTA – Wakil Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin menyatakan, dirinya mendukung Antasari Azhar untuk menghadiri resepsi pernikahan putrinya yang berlangsung pada 11 Maret 2012. "Akad nikahnya sudah diizinkan. Harusnya dia (Antasari) juga diizinkan menghadiri resepsinya,"kata Aziz di DPR kemarin. Politikus Partai Golkar ini menegaskan, dukungan moral kepada Antasari agar hadir di resepsi putrinya perlu disuarakan. "LP (lembaga pemasyarakatan) itu adalah tempat pembinaan.Saya kira tidak etis jika sebagai warga binaan, Antasari tidak diperbolehkan menghadiri resepsi pernikahan anaknya,"ungkapnya. Menurut Aziz, tidak hanya dirinya yang mendukung agar Antasari hadir di resepsi pernikahan anaknya, tapi sejumlah anggota Komisi Hukum DPR itu juga menyuarakan hal serupa. "Coba tanya sejumlah anggota Komisi III lainnya.Mereka hampir sepakat menyatakan dukungannya agar Antasari hadir di resepsi pernikahan putrinya," imbuhnya.

...dst

Berita Edukasi 07 Maret 2012

1 ) April 2012, RUU Pendidikan Tinggi Disahkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/12021772/April.2012.RUU.Pendidikan.Tinggi.Disahkan

Rabu, 7 Maret 2012 | 12:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) akan selesai dibahas dalam waktu dekat. Rencananya, awal April 2012 RUU tersebut akan disahkan oleh DPR. Anggota Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar mengatakan, saat ini RUU PT telah memasuki tiga kali masa sidang. "Akhir Maret kita diminta untuk menyelesaikan RUU ini. Menurut aturan DPR ini harusnya sudah selesai, tapi memang ada RUU yang pembahasannya bisa melewati dua sampai empat masa sidang," kata Raihan dalam diskusi "Pendidikan Tinggi Bermutu untuk Semua", di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/3/2012). RUU ini akan lebih banyak berbicara tentang tata kelola pendidikan tinggi. Namun, dalam perjalanannya, pembahasan RUU ini juga berbicara tentang otonomi universitas dan peran serta masyarakat. Menurut Raihan, hal ini yang menjadi pemicu molornya waktu pembahasan RUU PT. Pembahasan tentang peran serta masyarakat menuai perdebatan panjang karena terkait dengan pendanaan masyarakat dalam proses belajar mengajar.

...dst

2 ) Mendikbud: RUU PT Perlu Mengkaji 3 Poin Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/06/373/588281/redirect

Selasa, 06 Maret 2012 17:54 wib
JAKARTA - Selain membahas Pendidikan Menengah Universal, dalam rapat koordinasi (rakor) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama sejumlah kementerian terkait turut mengangkat pembuatan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengemukakan, saat ini RUU PT masih dalam tahap pengujian publik. Namun, pemerintah merasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan RUU PT tersebut. Pertama, kata M Nuh, DPR mengusulkan anggaran untuk penelitian 2,5 persen dari anggaran fungsi pendidikan. "Pemerintah tentu keberatan. Alasannya sederhana, anggaran fungsi pendidikan bukan hanya untuk pendidikan tinggi, tapi mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi. kalau mengambil prosentase sebesar itu berarti pendidikan tinggi mengambil jatah adik-adik di bawahnya," kata M Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2012).

...dst

3 ) Pengelolaan PT Jadi Satu Pintu 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475502/

Wednesday, 07 March 2012
JAKARTA – Pengelolaan pendidikan tinggi ke depan sepenuhnya akan berada di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Seluruh universitas yang kini ada di bawah kementerian atau lembaga lainnya, nantinya akan dikelola Kemendikbud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, isu krusial dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Tinggi (PT) yang saat ini dibahas bersama DPR adalah mengenai usulan penarikan pengalihan pendidikan tinggi, yang saat ini dikelola kementerian lain untuk dijadikan satu pintu di Kemendikbud.  Mendikbud menyatakan, alasan pengalihan itu cukup rasional, di mana menurut UUD 1945 segala urusan pendidikan itu seharusnya di bawah tugas dan fungsi pokok kementerian yang membawahi bidang pendidikan. Mantan menkominfo ini menjelaskan,jika memang kementerian atau lembaga pemerintah masih tetap ingin membuka pendidikan tinggi, maka hanya yang bersifat pendidikan kedinasan atau pendidikan profesi yang sifatnya khas. Sistemnya pun, jelas Nuh, bukan dengan pemberian gelar ataupun pendidikan berjenjang S-1, S-2, dan S-3, melainkan hanya pendidikan dan latihan (diklat). "Kami akan putuskan hal ini secara bilateral. Akan dibicarakan secara baik-baik pula pada rapat kabinet mendatang," ungkap Nuh di Gedung Kemendikbud, Jakarta, kemarin. Mantan Rektor ITS ini menyatakan, saat ini RUU PT memasuki tahap uji publik.

...dst

4 ) Diusulkan, Pendidikan Tinggi Ditangani Kemdikbud
http://www.jpnn.com/read/2012/03/06/119763/Diusulkan,-Pendidikan-Tinggi-Ditangani-Kemdikbud-

Selasa, 06 Maret 2012 , 19:58:00
JAKARTA-Dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Tinggi (PT), pemerintah mengusulkan agar pengelolaan pendidikan tinggi yang di bawah masing-masing kementerian/lembaga ditangani oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, dengan begitu maka pengelolaan pendidikan tinggi itu hanya satu pintu di Kemdikbud. Menurutnya, hal ini memang sudah sesuai dengan amanah UUD 1945 yang menjelaskan bahwa urusan pendidikan itu harus dibawah tugas dan fungsi pokok kementerian yang membawahi bidang pendidikan. "Jika memang K/L tetap ingin membuka pendidikan tinggi boleh saja, asal yag bersifat pendidikan kedinasan atau pendidikan profesi yang sifatnya khas. Selain itu, sistemnya hanya pendidikan dan latihan (diklat). Tidak diperkenankan untuk memberikan gelar S1, S2, maupun S3," tegas Nuh usai rapat koordinasi di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (6/3).

...dst

5 ) Kemenag Setuju Sistem Akademik PT Diurus Kemendikbud
http://www.jpnn.com/read/2012/03/06/119767/Kemenag-Setuju-Sistem-Akademik-PT-Diurus-Kemendikbud-

Selasa, 06 Maret 2012 , 20:20:00
JAKARTA--Kementerian Agama (Kemenag) bersedia jika adanya usulan bahwa sistem akademik pendidikan tinggi islam ditangani atau dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Akan tetapi,  penyelenggaraan pendidikan tinggi itu tetap harus dipegang oleh Kemenag. Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Nur Syam menjelaskan, sistem akademik yang dipegang oleh Kemdikbud adalah operasional dan pengangkatan guru besar. Namun penyelenggaraan pendidikannya tetap dibawah Kemenag, yakni penerbitan ijazah yang masih dapat ditandatangi oleh Kemenag. "Kami sepakat jika sistem akademik pendidikan tinggi Islam tetap masuk dalam Kemdikbud. Akan tetapi, kami tetap harus memegang pengelolaan penyelenggaraan pendidikan akademik dan vokasional yang relevan dengan Kemenag," jelas Nur Syam usai rapat koordinasi di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (6/3).

...dst

6 ) KPK Minta Audit Khusus Dalami Indikasi Korupsi UI
http://nasional.kompas.com/read/2012/03/06/21454737/KPK.Minta.Audit.Khusus.Dalami.Indikasi.Korupsi.UI

Selasa, 6 Maret 2012 | 21:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami indikasi korupsi terkait berbagai proyek di Universitas Indonesia (UI). Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan, pihaknya telah meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit khusus terkait hal tersebut. "Kita sudah minta audit khusus tentang itu. Kalau berapa persennya, itu aku gak tahu. Setelah kita terima itu, kita ke BPK lagi untuk investigasi lagi," kata Johan di Jakarta, Selasa (6/3/2012). Saat ditanya berapa persen perkembangan pengumpulan bahan keterangan terkait indikasi korupsi UI tersebut, Senin (5/3/2012) kemarin, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto mengatakan, KPK masih mengumpulkan bahan keterangan terkait indikasi korupsi di UI tersebut. Sejauh ini, kata Bambang, sudah 70 persen bahan terkumpul. Dalam waktu dekat, KPK akan berkoordinasi dengan BPK guna melakukan audit investigasi terkait temuan selama ini.

...dst

7 ) Universitas Negeri Yogyakarta Blacklist Empat SMA, Kok Bisa?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/07/m0hy5x-universitas-negeri-yogyakarta-blacklist-empat-sma-kok-bisa

Rabu, 07 Maret 2012 11:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memblacklist empat Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan ke perguruan tinggi (PT) tersebut pada 2012 ini. Hal itu dilakukan karena keempat sekolah ini tidak jujur dalam melaporkan nilai siswanya yang ikut seleksi SNMPTN jalur tersebut di tahun lalu. Pembantu Rektor bidang akademik UNY, Nurfina Aznam mengatakan, keempat sekolah tersebut semuanya sekolah swasta. Dua sekolah, kata dia, berada di Provinsi DIY dan dua lagi di Provinsi Jawa Barat. "Kepala sekolahnya tidak jujur melaporkan nilai siswanya. Karena dasar penerimaan SNMPTN jalur undangan adalah prestasi nilai siswa yang dilaporkan kepala sekolah," ungkapnya, Rabu (7/3).

...dst

8 ) Penerimaan Mahasiswa Baru
IPB Terima Peraih Emas OSP Tanpa Tes
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/06/12435294/IPB.Terima.Peraih.Emas.OSP.Tanpa.Tes

Selasa, 6 Maret 2012 | 12:43 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Yonny Koesmaryono mengungkapkan, peraih medali emas Olimpiade Sains Provinsi dapat diterima di IPB tanpa melalui tes. Kebijakan ini, kata Yonny, merupakan apresiasi terhadap siswa berprestasi. Siswa peraih medali emas dalam ajang Olimpiade Sains Provinsi (OSP) juga akan dipersiapkan untuk mengikuti International Olympiad in Informatics (IOI) di Milan, Italia, pada September 2012. "Bagi peraih medali emas dalam OSN diperbolehkan menjadi mahasiswa IPB tanpa tes melalui jalur Prestasi Internasional Nasional (PIN)," kata Yonny, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2012).

...dst

9 ) Genjot APK, Kemendikbud Siap Bangun SMA & SMK Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/06/373/588285/genjot-apk-kemendikbud-siap-bangun-sma-smk-baru

Selasa, 06 Maret 2012 18:21 wib
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyadari, gagasan pendidikan menengah universal tentu menghadirkan berbagai konsekuensi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menyebutkan, adanya program pendidikan menengah universal dan menggenjot Angka Partisipasi Kasar (APK) akan berdampak pada penambahan ruang kelas."Jangan sampai saat partisipasi masyarakat naik, sekolahnya tidak ada. maka dalam menyusun APBN-P 2012, kami memasukkan anggaran untuk pembangunan sekolah baik SMA maupun SMK baru. Kami usulkan nilainya sekira Rp2,4 triliun," ujar M Nuh di hadapan para wartawan di Kemendikbud, Selasa (6/3/2012).

...dst

10 ) Rektor Belum Tahu Ada Plagiarisme di IPDN
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179581

Selasa, 06/03/2012 - 16:37
BANDUNG, (PRLM).- Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) I Nyoman Sumaryadi mengaku belum memperoleh pemberitahuan resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) perihal tudingan adanya praktik plagiarisme yang dilakukan oleh calon guru besar yang mereka ajukan. IPDN sendiri masih melakukan evaluasi internal terhadap pengajuan empat guru besar pada 2009-2010 yang belum juga memperoleh persetujuan hingga hari ini. "Ditjen Dikti secara sepesifik tidak menyebut adanya plagiarisme di IPDN. Beberapa waktu lalu kami memang dipanggil bersama rektor beberapa perguruan tinggi lain, tapi pembahasan menyoal usulan kenaikan pangkat dosen. Dikti memaparkan adanya format dan standar baru yang ditetapkan," ujar Nyoman, Selasa (6/3). Di dalam surat bernomor 24/E/T/2012 yang dikeluarkan Dikti tertanggal 4 Januari 2012 terdapat setidaknya 21 Perguruan Tinggi Negeri dan beberapa Kopertis yang masuk dalam daftar kasus perihal kebijakan layanan kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen.

...dst

11 ) UII Dijamin Tak Berorientasi Laba 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475458/
Wednesday, 07 March 2012

YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) menyatakan, meskipun berstatus sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) tapi tidak berorientasi pada labat atau profit.Kampus PTS besar ini berkomitmen sebagai institusi nirlaba pendidikan.Terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk kepentingan kampus dan mahasiswanya. Rektor UII Edy Suandi Hamid mengatakan, untuk mendukung hal tersebut ada beberapa kebijakan yang dilakukan. Di antaranya, menyediakan beasiswa dan menggandeng beberapa institusi lain yang konsen terhadap pendidikan seperti perbankan dan lembaga nirlaba lainnya."Dengan cara ini,maka mahasiswa yang memiliki prestasi, khususnya dari keluarga kurang mampu tetap dapat melanjutkan pendidikan di UII," ungkap Edy saat menerima kunjungan Kepala Biro SINDO Jateng- DIY Wiwekan T Nugroho di ruang kerjanya,kemarin.

...dst 

12 ) 40.000 pendaftar jalur undangan SNMPTN UGM berebut kursi terbatas
http://www.antaranews.com/berita/300181/40000-pendaftar-jalur-undangan-snmptn-ugm-berebut-kursi-terbatas

Rabu, 7 Maret 2012 06:49 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Sekitar 40.000 pendaftar akan bersaing memperebutkan kursi jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 2012."Persaingan yang cukup ketat terjadi karena jumlah pendaftar berpuluh kali lebih banyak dibandingkan dengan kursi yang disediakan," kata Ketua Tim Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Gadjah Mada (UGM) Budi Prasetyo Widyobroto di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia, sampai dengan batas akhir pendaftaran pada 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB, jumlah pendaftar pada jalur undangan diprediksi akan mencapai lebih dari 40.000 siswa. Hal itu berdasarkan pengalaman tahun lalu di mana pendaftar akan melonjak saat menjelang penutupan pendaftaran."Pada tahun ini kuota untuk jalur undangan SNMPTN di UGM sebanyak 3.438 kursi, sedangkan jalur Beasiswa Pendidikan Masyarakat Miskin (Bidikmisi) disediakan 1.000 kursi yang bisa diperoleh melalui seleksi jalur undangan termasuk lewat jalur ujian tulis," katanya.

...dst

13 ) SNMPTN Jalur Undangan Unnes-Separuh Pendaftar Akses Bidik Misi 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475456/

Wednesday, 07 March 2012
SEMARANG – Ketua Panitia Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan Universitas Negeri Semarang (Unnes) Suhadi mengutarakan, dari total pendaftar yang masuk, hampir separuhnya mengakses program beasiswa "Bidik Misi". Jumlah ini diperkirakan terus bertambah hingga penutupan pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru."Animo calon mahasiswa yang ingin mengakses program beasiswa Bidik Misi di Unnes cukup tinggi. Setidaknya dari data terakhir mencapai 7.898 pendaftar," katanya kemarin. Total pendaftar SNMPTN jalur undangan yang menentukan pilihan program studi di Unnes hingga akhir pekan lalu sebanyak 15.845 orang. Sesuai jadwal, penutupan pendaftaran SNMPTN jalur undangan berakhir pada Kamis (8/3).

...dst

14 ) Kampus ikut bertanggungjawab atas perilaku elit politik
http://www.antaranews.com/berita/300156/kampus-ikut-bertanggungjawab-atas-perilaku-elit-politik

Rabu, 7 Maret 2012 01:22 WIB
Palembang (ANTARA News) - Perguruan tinggi yang berperan sebagai pencetak generasi intelektual harus ikut bertanggungjawab atas perilaku lulusannya setelah keluar dari kampus, kata pengamat sosial politik dari Palembang. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya, Dr Ardiyan Saptawan MSi, di Palembang, Selasa, menyatakan bahwa perilaku elit politik yang korup juga merupakan hasil dari didikan selama di kampus."Saya contohkan misalnya pada pemilihan dekan atau rektor, kampus itu harus memberi contoh yang baik kepada mahasiswa bagaimana cara berdemokrasi yang benar," kata dia. Ardiyan mengaku prihatin, ketika kampus juga melakukan praktik-praktik demokrasi yang mencederai hati nurani."Jadi jangan salahkan, ketika nanti mahasiswa-mahasiswa itu setelah ada di luar mempraktikkan apa yang dialaminya di dunia politik," ujar dia.

...dst

15 ) UBH Buka Pendidikan Profesi Arsitektur
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/06/373/588071/ubh-buka-pendidikan-profesi-arsitektur

Selasa, 06 Maret 2012 14:42 wib
PADANG - Tahun ini Universitas Bung Hatta (UBH) membuka jalur Pendidikan profesi Arsitektur (PPAr) yang ke-11 di Indonesia. Penerimaan mahasiswa prodi tersebut akan dimulai pada semester mendatang."Adanya PPAr menunjukkan gelar sarjana teknik arsitektur saja tidak cukup, tetapi membutuhkan sertifikat keahlian," kata ketua Prodi Program Pascasarjana Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta, Sudirman Is, di Kampus Bung Hatta, Ulakkarang, Padang, Sumatera Barat, Selasa (6/3/2012). Sudirman mengimbuhkan, penyelenggaraan PPAr di UBH ini sudah mulai dijajaki sejak pembukaan program pascasarjana Arsitektur pada 2008 lalu, kemudian adanya MoU antara UBH dengan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) di Jakarta pada November 2011.

...dst

16 ) Kampus Upayakan Perdamaian Bupati Gaplok Dosen
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/07/058388478/Kampus-Upayakan-Perdamaian-Bupati-Gaplok-Dosen

RABU, 07 MARET 2012 | 06:01 WIB
TEMPO.CO , Jakarta-Direktur Yayasan Universitas Persada Bunda, Didi Fikri, mengupayakan mediasi antara Bupati Kampar, Riau, H M. Jefri Noer, dan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Persada Bunda, Yusrizal, guna mencari penyelesaian pertikaian di antara keduanya. Yayasan Universitas Persada Bunda adalah pengelola sekolah tinggi tersebut. Pada Minggu lalu, Jefri dilaporkan ke polisi oleh Yusrizal, yang juga dosennya di STIH Persada Bunda, karena melakukan pemukulan dengan buku di bagian rahang. Hal itu terjadi saat Jefri menanyakan nilai mata kuliah hukum adat yang tidak diluluskan Yusrizal. Belum adanya nilai mata kuliah itu membuat pengajuan skripsi Jefri tertahan. (lihat: Gara-gara Nilai, Bupati Gaplok Dosen).

...dst

17 ) Bupati Kampar Bantah Pukul Dosen
http://id.berita.yahoo.com/bupati-kampar-bantah-pukul-dosen-023418616.html

06 Maret 2012
Kampar, Riau (ANTARA) - Bupati Kampar HM Jefry Noer membantah keras informasi yang menuding dirinya telah memukul Yusrizal, seorang dosen hukum adat dari Universitas Persada Bunda, pada Minggu (4/3) lalu. "Tidak ada tindak kekerasan terhadap dosen itu. Saya tidak memukul atau menampar. Jangankan memukul, menjentikpun tidak," katanya menegaskan kepada ANTARA, Selasa. Namun, sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Yusrizal melaporkan dugaan tindak pemukulan atas dirinya kepada pihak kepolisian setempat, yang kemudian memicu kontroversi. Jefry lalu menceritakan, ketika itu, Minggu (4/3) dirinya tengah berada di kantin kampus.

...dst

18 ) Kopassus Ajak Mahasiswa Ekpedisi ke Kalimantan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/06/21590028/Kopassus.Ajak.Mahasiswa.Ekpedisi.ke.Kalimantan

Selasa, 6 Maret 2012 | 21:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Komado Pasukan Khusus (Kopassus) berencana melaksanakan ekspedisi ke Kalimantan bersama para mahasiswa Indonesia yang berminat. Paparan tentang kerja besar itu akan dilakukan Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya di ruang rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/3/2012). Acara tersebut juga diisi dengan penanaman 2.000 bibit pohon di kawasan hutan kota Kampus UI oleh prajurit Kopassus dan civitas akademika UI yang sudah dimulai hari ini.

...dst

19 ) Kemeneg Ristek Alokasikan Rp 26,3 Miliar untuk Penelitian di Jabar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179533

Selasa, 06/03/2012 - 07:05
NGAMPRAH, (PRLM).- Kementerian Negara Riset dan Teknologi mengalokasikan dana Rp 26,3 miliar untuk 75 paket kegiatan riset dan teknologi di Provinsi Jawa Barat. Sejumlah paket yang terbagi ke dalam 5 program itu sedikitnya melibatkan 387 peneliti dari berbagai daerah di Indonesia. Kelima program tersebut yaitu, Sistem Informasi Nasional (Sinas), Sistem Informasi Daerah (Simda), Peningkatan Kapasitas Peneliti dan Perekayasa (PKPP), dan DIseminasi Teknologi Spesifikasi Lokasi (Speklok). Dari kelima program ini, Sistem Inovasi Nasional (Sinas) menjadi program utama yang terdiri atas 45 paket dengan melibatkan 250 peneliti. Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Mohammad Hatta mengatakan, pengembangan Sinas merupakan salah satu strategi penerapan Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Program tersebut bertujuan untuk membangun jejaring di antara aktor inovasi teknologi, yakni pemerintah, pengusaha, dan akademisi dengan para pengguna teknologi. "Hasil riset tersebut nantinya akan diproduksi secara massal agar bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu penemuan penting dari salah satu perguruan tinggi di antaranya vaksin flu burung (H5N1)," katanya di Cimahi, Senin (5/3).

...dst

20 ) Gubernur Riau kuliah umum di Universiti Malaya
http://www.antaranews.com/berita/300173/gubernur-riau-kuliah-umum-di-universiti-malaya

Rabu, 7 Maret 2012 06:02 WIB |
Pekanbaru (ANTARA News) - Pihak Universitas Malaya (Universiti Malaya), Malaysia, mengundang Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, untuk memberikan kuliah umum pada tanggal 14 Maret 2012 mendatang. "Alasannya, Gubernur Riau (Gubri) dianggap berhasil mentransformasikan visi dan misi "Riau Pusat Kebudayaan Melayu se-Dunia 2020" dalam kebijakan serta implementasi program konkret," kata Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Chairul Riski, Rabu. Dikatakan, kepastian Gubri memberikan materi kuliah umum itu, dibenarkan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Al Azhar kepada wartawan. Al Azhar lalu mengungkapkan, kehadiran Gubri itu diprakarsai oleh Pusat Dialog Peradaban, Akademi Pengajian Universiti Malaya dan Institut Kefahaman Islam Malaysia (IKIM)."Bapak Rusli Zainal di mata mereka dianggap mampu mentransformasikan visi misi `Riau 2020` itu, melalui tiga teras. Yakni Islam, Melayu dan Modern," tegas Al Azhar didampingi Chairul Riski.

...dst

21 ) Proyek UNY Ditentang Mahasiswa 
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/475459/

Wednesday, 07 March 2012
YOGYAKARTA– Puluhan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dari lintas fakultas memprotes kebijakan pengelola kampus yang tidak mendukung secara langsung terhadap perkuliahan para calon intelektual muda.Di antaranya pembangunan hotel dan portal serta rencanapembangunan mal kampus.Sebagai bentuk protes,kemarin puluhan mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ilmu Pendikan (FIP),Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), dan Fakultas Teknik (FT) menggelar aksi teatrikal di halaman Hotel UNY.Aksi itu bersamaan dengan peresmian Gedung Training Center, Fakultas Teknik dan Laboratorium Seni Rupa. "Pembangunan tersebut juga mengorbankan tempat parkir mahasiswa, sehingga akses kami semakin sempit,"kata mahasiswa FIS UNY Aufannuha Ichsan di sela-sela aksi,kemarin. 

...dst

22 ) UJI KOMPETENSI AWAL
Pungutan Rp 2 Juta Dikembalikan kepada Guru
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/07/02341023/pungutan.rp.2.juta.dikembalikan.kepada.guru

Rabu, 07 Maret 2012
Medan, Kompas - Para guru sekolah dasar dari sejumlah daerah di Sumatera Utara, Selasa (6/3), melaporkan, aparat dinas pendidikan telah mengembalikan uang yang mereka setorkan guna meluluskan ujian kompetensi awal. Namun, pengembalian disertai catatan, jika mereka diterima dalam ujian kompetensi awal pada 18 Maret nanti, uang itu wajib disetorkan kembali. Sekretaris Gabungan Pendidik dan Tenaga Pendidik (GP Tendik) Sumatera Utara Abdul Latif Ibrahim mengatakan, laporan pengembalian dana muncul dari Kecamatan Dolok Masihul dan Kecamatan Sei Rampah di Kabupaten Serdang Bedagai. Sebanyak 20 guru telah menerima kembali uang yang mereka setorkan masing-masing Rp 2 juta. Laporan juga muncul di Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. Sebanyak tujuh guru telah menerima pengembalian dana Rp 1 juta. Namun, yang bersangkutan tidak diminta untuk membayarkan kembali saat lulus. Kebanyakan guru yang menjadi korban adalah guru SD dan perempuan. "Kami menduga pungutan terjadi hampir di seluruh daerah di Sumatera Utara. Kami meminta para guru berani bersuara," kata Abdul Latif. Pengembalian uang karena kasusnya sudah terkuak media.

...dst

23 ) Kebijakan Uji Kompetensi Awal Melanggar Undang-undang
http://www.pikiran-rakyat.com/node/179535

Selasa, 06/03/2012 - 07:38
BANDUNG, (PRLM).- Sekjen Persatuan Guru Swasta Indonesia yang juga aktifis Komnas Pendidikan Suparman menganggap kebijakan Uji Kompetensi Awal (UKA) yang mulai diberlakukan tahun ini bagi guru-guru yang akan menjalani sertifikasi melanggar Undang-undang. Sebab dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 yang merupakan turunan dari UU Guru disebutkan jika guru dalam jabatan bisa langsung mengikuti proses sertifikasi. "Dengan adanya UKA, artinya guru dihambat untuk ikut sertifikasi. Sebab guru harus lulus dulu UKA baru bisa ikut sertifikasi. Ini jelas pelanggaran, melanggar PP yang berarti melanggar UU, sebab dalam UU semua guru berhak ikut sertifikasi," kata Suparman saat dihubungi Senin (5/3/12).

...dst

24 ) Mimpi 70 Persen Guru Honorer Kandas
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/07/079388463/Mimpi-70-Persen-Guru-Honorer-Kandas

RABU, 07 MARET 2012 | 03:07 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Kabar kurang menggembirakan bagi para guru honorer. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tak mengangkat semua guru honorer menjadi pegawai negeri sipil.Wakil Menteri Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, hanya 30 persen dari 650 ribu guru honorer yang diangkat menjadi pegawai negeri. "Hanya 30 persen yang akan diangkat melalui uji kompetensi," katanya kepada Tempo, Selasa, 6 Maret 2012. Menurut dia, ketentuan pengangkatan ini berdasarkan kesepakatan dengan DPR. "Sesuai kesepakatan, tak semua diangkat." Selain itu, Kementerian juga tak merekrut lagi guru honorer baru. Ketentuan ini sudah disampaikan ke seluruh Dinas Pendidikan dan sekolah.

...dst

25 ) Lima Provinsi Akan Miliki Pusat Pendidikan Autis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07/10425827/Lima.Provinsi.Akan.Miliki.Pusat.Pendidikan.Autis

Rabu, 7 Maret 2012 | 10:42 WIB
BATAM, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah membangun lima pusat pendidikan autis bagi penyandang yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto mengatakan, pusat pendidikan autis dibangun di Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, dan Riau. "Masing-masing dibangun dengan anggaran Rp4 miliar hingga Rp5 miliar," kata Suyanto, di Batam, Rabu (7/3/2012). Ia mengungkapkan, pembangunan pusat pendidikan autis tersebut diharapkan selesai pada akhir tahun ini. "Tujuannya untuk memberikan penanganan lebih baik bagi penderita terutama dari keluarga kurang mampu ekonominya, yang selama ini kesulitan menangani anak mereka," ujarnya.

...dst

26 ) Indonesia jadi peninjau pemilu presiden Rusia 2012
http://www.antaranews.com/berita/300006/indonesia-jadi-peninjau-pemilu-presiden-rusia-2012

Selasa, 6 Maret 2012 08:25 WIB
London (ANTARA News) - Indonesia bersama sekitar 685 peninjau asing dari berbagai organisasi internasional dan Komisi Pemilihan Umum, meninjau langsung pelaksanaan pemilihan umum presiden Rusia yang berlangsung pada 4 Maret lalu. Ketua Komisi Pemilihan Umum Indonesia, H. A. Hafiz Anshary turut serta hadir di tempat Komisi Pemilihan Umum Pusat Federasi Rusia dan juga mengunjungi beberapa tempat pemungutan suara di Moskow, demikian Sekretaris Dua KBRI Moskow Enjay Diana kepada ANTARA London, Selasa. Menurut Hafiz Anshary, pemilu presiden berlangsung sesuai dengan standar umum internasional, antara lain terbuka, tertib, dan bebas. "Salah satu yang dapat dicatat adalah penggunaan video kamera di tempat-tempat pemungutan suara sehingga proses pemungutan suara tersebut dapat dipantau dan disaksikan secara on-line," kata Hafiz Anshary.

...dst

27 ) Indonesia perjuangkan kawasan bebas senjata nuklir
http://www.antaranews.com/berita/300085/indonesia-perjuangkan-kawasan-bebas-senjata-nuklir

Selasa, 6 Maret 2012 18:25 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan memperjuangkan terwujudnya kawasan bebas senjata nuklir dalam KTT Keamanan Nuklir di Seoul, Korea Selatan, akhir Maret 2012, kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah. "Ada satu hal yang akan dibawa Indonesia, mengenai yang kita sebut rancangan proses komitmen suatu negara dalam proses denuklirisasi dan program penghindaran dari senjata nuklir," kata Faiz ketika ditemui di kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa. Dia menjelaskan, KTT Keamanan Nuklir di Seoul yang akan dihadiri oleh Presiden Yudhoyono itu adalah kelanjutan KTT serupa di Washington DC, Amerika Serikat. KTT di Seoul, menurut Faiz, mengagendakan empat sesi pembahasan. Para pejabat senior dari berbagai negara telah mempersiapkan substansi dari setiap sesi. Kemudian hal itu akan dibahas pada tingkat menteri, dan akhirnya akan dibahas oleh para kepala negara peserta KTT.

...dst

Berita Edukasi 6 Maret 2012

1 ) Kemdikbud Realisasi Sumbangan 10 Juta Dollar AS ke UNESCO

03/05/2012
Paris - Sumbangan sebesar 10 juta dollar AS dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk UNESCO dibagi dalam dua termin penyerahan. Penyerahan pertama sebesar 6 juta dollar AS untuk kepentingan dana darurat, yang dimaksudkan untuk menutupi kekurangan dana UNESCO yang cukup besar. Seperti diketahui, akibat masuknya Palestina sebagai anggota UNESCO, Amerika Serikat dan Israel menarik sumbangannya ke UNESCO. Konsekuensinya, UNESCO kekurangan dana sebesar 72 juta dollar AS. Untuk menutupi kekurangan dana ini, selain melakukan efisiensi dan prioritasisasi program, UNESCO aktif melakukan penggalangan dana, melalui dana darurat.Termin kedua dari komitmen 10 juta dollar AS akan disampaikan tahun depan, dikhususkan sebagai dana bagi fund-in-trust,  atau dana kepercayaan, di mana pengelolaan dananya dilakukan secara bersama antara Kemendikbud dengan UNESCO, termasuk program-program yang akan didanai. Sementara dana darurat, pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada UNESCO.

...dst

2 ) Semakin Pede Jalankan Aturan Publikasi Karya Ilmiah
Setelah Muncul Kasus Plagiat Tiga Calon Guru Besar UPI

Selasa, 06 Maret 2012 , 09:51:00
JAKARTA - Di tengah gelombang penolakan terhadap aturan publikasi karya ilmiah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendapatkan suntikan semangat. Ini menyusul ditemukannya praktek plagiat  yang dilakukan tiga dosen calon guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Ketiga dosen calon guru besar UPI yang ditetapkan tersangkut urusan plagiat adalah Cep, Her, dan Len. Ketiganya dari disiplin ilmu yang berbeda-beda. Mendikbud Muhammad Nuh meminta dosen calon guru besar yang telah ditetapkan oleh kampus terbukti bersalah, harus diberikan sanksi yang seberat-beratnya.
"Jika ada sanksi minimal dan maksimalnya, langsung jatuhi sanksi maksimal. Biar jera," kata dia di Jakarta, Senin (5/3). Nuh menjelaskan, khusus kasus plagiat pemberian hukuman atau sanksi menjadi tanggung jawab kampus. Sebab, kasus ini masuk kategori kejahatan intelektual yang manabrak norma akademik. Sebaliknya jika kejahatan menyangkut urusan duit dan tindak kriminal lainnya, baru diproses aparat penegak hukum.

...dst

2 )Sanksi Terberat bagi Plagiator

Selasa, 6 Maret 2012 | 08:28 WIB
Jakarta, Kompas - Pemerintah mendesak perguruan tinggi memberi sanksi berat kepada pelaku plagiasi. Hal itu diharapkan akan memberikan efek jera terhadap pelanggar norma akademik. Hal itu dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Senin (5/3), di Jakarta. "Perguruan tinggi harus menegakkan hukum. Kredibilitas perguruan tinggi bergantung pada itu," kata Nuh. Ia mengakui, tim evaluasi atau penilai angka kredit kurang teliti sehingga masih ada kasus plagiasi yang nyaris lolos. Ia mendorong tim di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi lebih teliti. "Pemeriksaan dan rekomendasi final ada di saya. Saya periksa dokumen-dokumen pengangkatan guru besar. Beberapa kali saya temukan ada yang tidak cocok. Jika ada yang mengganjal, saya meminta Dirjen Dikti periksa lagi," kata Nuh. Selain itu, perlu juga sistem informasi terbuka agar tiap karya ilmiah bisa dilihat publik. Di situ pentingnya publikasi karya ilmiah di jurnal.

...dst 

3 ) Plagiator Sulit Dijerat secara Hukum?

Selasa, 6 Maret 2012 | 08:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, praktik plagiat telah menabrak norma-norma akademik yang berlaku. Ia mengungkapkan, populasi guru besar di Indonesia saat ini cenderung meningkat secara signifikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hal ini menyebabkan adanya kesulitan dalam kurun waktu tersebut mendeteksi telah terjadi praktik plagiarisme atau tidak.
Hal ini diungkapkannya, merespons adanya dugaan plagiarisme oleh tiga calon guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. 
Nuh melanjutkan, pelaku plagiarisme tidak bisa dijerat secara hukum dengan undang-undang yang ada. Pasalnya, menurut dia, mereka hanya melanggar norma-norma akademik yang penyelesaiannya diserahkan kepada perguruan tinggi sebagai pemegang statuta.

...dst

4 ) Tangkal Plagiarisme dengan Transparansi Keilmuan, Efektifkah?

Selasa, 6 Maret 2012 | 08:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, untuk mengurangi plagiarisme dibutuhkan transparansi dalam dunia pendidikan. Transparansi keilmuan merupakan syarat agar terciptanya akuntabilitas pendidikan.Oleh karena itu, kata Nuh, publikasi karya ilmiah menjadi penting sebagai wujud transparansi dari produk-produk ilmu pengetahuan."Korupsi yang terjadi juga kan karena tidak adanya transparansi," kata Nuh, Senin (5/3/2012) malam, di Gedung Kemdikbud, Jakarta.Ia mengakui, ada kesulitan untuk mendeteksi apakah sebuah karya tulis ilmiah terindikasi plagiarisme atau tidak. Akan tetapi, hal itu akan lebih mudah jika karya tulis ilmiah itu menggunakan sumber yang bersifat terbuka, dalam arti bisa diakses oleh siapa saja.

...dst

5 ) Satu Lagi Kasus Plagiat di Bandung

SENIN, 05 MARET 2012 | 14:18 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Kasus plagiarisme oleh kalangan doktor yang ingin jadi guru besar tak hanya terjadi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Universitas Padjadjaran mengaku karya disertasi seorang dosennya juga dijiplak oleh seorang calon guru besar dari kampus lain. "Itu dosen tetangga Unpad, tapi bukan dari UPI seperti ramai dugaan sebelumnya," kata Asisten Direktur I Pascasarjana Unpad, Engkus Kuswarno, kepada Tempo, Senin, 5 Maret 2012.Sepekan lalu, kata Engkus, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi meminta dirinya memeriksa sebuah judul dan subjudul jurnal ilmiah seorang dosen sebagai pengajuan menjadi guru besar. Namun Dikti tidak menyertakan nama dan asal kampus dosen tersebut.Ternyata hasilnya ada kesamaan persis dengan disertasi doktor dari Unpad buatan 2008. "Disertasinya tentang pemerintahan. Sama 100 persen dari judul dan 99 persen dari abstrak," ujarnya. Begitu pula lokasi kajiannya, yaitu tentang pemerintahan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

...dst

6 ) Potensi Plagiarisme Ada di Semua Kampus

Senin, 05/03/2012 - 18:23
BANDUNG,(PRLM).- Aksi jiplak-menjiplak atau plagiarisme memang sudah terjadi sejak lama. Bahkan beberapa pihak menduga di hampir semua kampus potensi plagiarisme selalu ada. Salah satu yang dicurigai menjadi pabrik plagiasi karya tulis adalah jasa pengetikan dan bantuan penulisan skripsi, tesis, atau disertasi yang biasanya berlokasi di sekitar kampus. Di hampir semua kampus, jasa-jasa semacam ini selalu ada. Bukan hanya yang menetap dengan membuka kios, namun juga layanan jasa yang tersembunyi dan dikenal dari mulut ke mulut. Ditemui di salah satu kios jasa pengetikan, penerjemahan, skripsi, tesisi, dan disertasi di salah satu kawasan pendidikan Kota Bandung, salah seorang pemilik layanan ini mengatakan sudah sekitar 25 tahun berprofesi sebagai penyedia jasa pengetikan dan penerjemah. Namun dia menolak jika tempatnya disebut sebagai pabrik plagiat karya tulis.

...dst

7 ) Perlu Klarifikasi untuk Buktikan Plagiarisme

Senin, 05/03/2012 - 16:56
DEPOK, (PRLM).- Soal plagiarisme di dunia akademik, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Muhammad Anis, mengatakan pelanggaran akademik yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kepada calon guru besar UI perlu diklarifikasi kembali. Hal itu karena tidak semua pelanggaran tersebut berujung pada plagiarisme. Anis mengakui Universitas Indonesia sudah menerima surat dari Dirjen Dikti mengenai pelanggaran akademik tersebut. "Itu (pengembalian berkas) sudah biasa, hanya perlu klarifikasi saja. Memang ada beberapa sumber yang tidak dikenal oleh Dikti, jadi hanya perlu klarifikasi saja," ujar Anis saat dihubungi "PRLM", Senin (5/3/12).

...dst

8 ) Sanksi Tiga Tahun bagi Sekolah Curang
Pendaftar Lewat Jalur Undangan SNMPTN Tak Akan Diproses

Selasa, 6 Maret 2012 | 08:57 WIB
Solo, Kompas - Sekolah-sekolah yang terbukti curang dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan akan diberi sanksi selama tiga tahun. Sanksi ini ditujukan untuk mendorong pengelola sekolah bersikap jujur dan menjadi pelajaran bagi sekolah lain. Sanksi pertama, pendaftaran siswa-siswa dari sekolah yang bersangkutan saat pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) lewat jalur undangan tidak akan diproses. Sanksi berikutnya, sekolah tersebut tidak diundang untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan selama dua tahun berikutnya. Koordinator Humas Panitia SNMPTN Ravik Karsidi, yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, mengatakan hal itu di Solo, Senin (5/3). Menurut Ravik, kecurangan yang biasa dilakukan sekolah adalah merekayasa nilai agar siswanya lolos masuk SNMPTN lewat jalur undangan. "Ada sekitar 10 sekolah yang diindikasi memanipulasi nilai siswa-siswanya," kata Ravik. Nama sekolah yang diduga melakukan kecurangan ini akan diumumkan pada 9 Maret mendatang. Sekolah itu pun akan masuk daftar hitam selama sanksi diberlakukan. Panitia juga terus mendeteksi kemungkinan kecurangan dengan modus lain. "Pendaftaran lewat jalur undangan ini dasarnya kejujuran. Kalau kepercayaan kami sudah dicederai, mau tidak mau ada sanksi bagi pelanggar," kata Ravik.

...dst 

9 ) SNMPTN Jalur Undangan
Puluhan Sekolah Manipulasi Data

06 Maret 2012
SOLO - Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini ternodai dengan kecurangan yang dilakukan lebih dari 10 sekolah.Mereka ketahuan melakukan manipulasi nilai siswa setelah data-data siswa di-upload dan dideteksi oleh sistem SNMPTN milik panitia pusat."Panitia memiliki sistem deteksi untuk mengetahui kebenaran data. Sekolah yang melakukan kecurangan akan diumumkan pada 9 Maret," kata Koordinator Humas SNMPTN Nasional Prof Dr Ravik Karsidi di kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Senin (5/3). Manipulasi data ini merupakan kesalahan fatal yang dilakukan kepala sekolah. Pasalnya, siswa akan menanggung sanksi yang akan diberikan.

...dst

10 ) Lulusan Vokasi UGM Bisa Lanjut S-1

Selasa, 06 Maret 2012 09:05 wib
YOGYAKARTA – Polemik bisa atau tidaknya mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM) melanjutkan pendidikan sarjana strata 1 (S-1) di kampus tersebut akhirnya terjawab. Dalam Sidang Pleno Khusus Senat Akademik (SA) UGM diputuskan, para lulusan sekolah vokasi dapat melanjutkan studi ke program S-1 di kampus tersebut. "Ada dua keputusan dalam rapat khusus SA, yaitu mahasiswa vokasi bisa alih jenis ke S-1 dan pembukaan program diploma (D-4)," ungkap Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) UGM Retno Sunarminingsih kemarin. Keinginan mahasiswa sekolah vokasi terkabul bukan berarti mereka secara otomatis bisa langsung alih studi ke S-1. Tetap ada persyaratan yang harus mereka penuhi. Di antaranya persyaratan nilai minimal indeks prestasi kumulatif (IPK), lulus tepat waktu, dan umur ijazah. "Untuk IPK minimal 3,25, menyelesaikan studi tiga tahun, dan ijazah berumur dua tahun sejak lulus," paparnya.

...dst 

11 ) Tujuh Dimensi Penilaian TeSCA

Senin, 05 Maret 2012 18:03 wib
JAKARTA - Tiap tahun, kampus-kampus negeri dan swasta di Tanah Air bersaing memperebutkan predikat kampus terpintar dalam Telkom Smart Campus Award (TeSCA). Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) yang didapuk menjadi kampus terpintar se-Indonesia mengumpulkan 4.871 poin. Skor ini merupakan akumulasi penilaian yang meliputi tujuh dimensi, yakni Suprastruktur Kampus (10 persen), Infrastruktur Teknologi (20 persen), Profil Pemangku Kepentingan (20 persen), Ragam Pemanfaatan dan Aplikasi (20 persen), Strategi Pendidikan Nasional (10 persen), Dampak dan Manfaat Penerapan Teknologi (10 persen), serta Komunitas Eksternal (10 persen). Dimensi Suprastruktur Kampus memiliki sembilan sub-dimensi yakni Komitmen Pimpinan, Alokasi Sumber Daya, Unit Pengelola teknologi, Kebijakan dan Sistem Insentif, Renstra dan Peta Jalan, Perencanaan dan Pengorganisasian, Pengadaan dan Penerapan, Pengelolaan dan Pengembangan, serta Pemantauan dan Penilaian. 

...dst

12 ) 20 Kampus Pintar Indonesia versi TeSCA

Senin, 05 Maret 2012 17:10 wib
...cut...
Berikut 20 besar dari TeSCA 100 Smartest Campus 2011 seperti dilansir situs TeSCA, Senin (5/3/2012):  
1. Universitas Indonesia (UI) dengan 4.871 poin
2. Universitas Gunadarma dengan 4.839 poin
3. Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan 4.473 poin
4. Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 4.452 poin
5. Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 4.330 poin
6. Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dengan 4.307 poin
7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan 4.230 poin
8. Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 4.229 poin
9. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan 4.195 poin
10. Universitas Brawijaya (UB) dengan 4.167 poin
11. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta dengan 4.166 poin
12. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 4.129 poin
13. Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan 4.120 poin
14. Universitas Diponegoro (Undip) 4.096 poin
15. Univesitas Sebelas Maret (UNS) dengan 4.071 poin
16. Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan 4.059 poin
17. Universitas Airlangga (Unair) dengan 4.021 poin
18. Universitas Dian Nuswantoro dengan 4.011 poin
19. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan 3.902 poin
20. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dengan 3.881 poin.(rfa)

...dst

13 ) Pentury Tekad Jadikan Unpatti Terbaik di Intim

Selasa, 06 Maret 2012 , 03:05:00
AMBON - Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Prof Dr Thommy Pentury bertekad menjadikan perguruan tinggi itu sebagai yang terbaik di kawasan Indonesia Timur (Intim). Hal tersebut dia ungkapkan saat acara pisah sambut Rektor Unpatti, Senin (5/3). Pentury mengakui, untuk dapat mengarah pada hal tersebut tidaklah mudah ditengah-tengah persaingan antar perguruan tinggi yang begitu ketat. Tapi bukan berarti hal tersebut tidak mungkin terwujud, karena Unpatti ditopang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup baik dan infrastruktur yang yang tidak kalah oleh perguruan tinggi terbaik lainnya di Indonesia. "Sekarang yang kita butuhkan adalah tekad, komitmen dan aksi secara bersama-sama untuk berbuat terbaik bagi Unpatti," tekannya.

...dst

14 ) Asyik, Mahasiswa Indonesia Dapat Prioritas Kuliah di Swiss

Senin, 05 Maret 2012 11:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON---Swiss memberikan prioritas bagi mahasiswa Indonesia yang ingin menuntut ilmu dan melakukan riset guna menyelesaikan pendidikan tingkat S-2 dan S-3 di salah satu negara terkaya di dunia yang hanya berpenduduk 7,9 juta ini. Bahkan, seperti diungkap staf Pensosbud KBRI Bern, Budiman Wiriakusumah, KBRI Bern siap membantu mencarikan dan memberikan informasi untuk kalangan mahasiswa Indonesia mendapatkan kesempatan belajar di Swiss. Apalagi, ''Mahasiswa Indonesia S-2 dan S-3 yang memanfaatkan beasiswa yang diberikan pemerintah Swiss masih bisa dihitung dengan jari,'' ujarnya. Hal ini membuat KBRI Bern prihatin dan terus melakukan upaya paling tidak untuk memperkenalkan kepada kalangan mahasiswa di Indonesia penawaran beasiswa yang berharga ini. Maka, sejak dimasukkannya Indonesia ke dalam daftar negara yang menjadi prioritas, Swiss membuat kesempatan emas ini bagi mahasiswa Indonesia untuk melakukan riset dan menyelesaikan pendidikan tingkat S-2 dan S-3.

...dst 

15 ) Perguruan Tinggi Jangan Diam, Lawan Korupsi

Senin, 5 Maret 2012 | 14:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan mengatakan, perguruan tinggi harus aktif melakukan perlawanan terhadap korupsi. Menurutnya, perguruan tinggi merupakan gerbang akhir dalam membangun integritas melawan korupsi. Ia menjelaskan, saat ini kampus yang dipimpinnya telah mewajibkan mata kuliah Anti Korupsi sebagai Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dengan bobot dua SKS. Ia mengatakan, kewajiban setiap mahasiswa mengambil mata kuliah tersebut diharapkan dapat membentuk karakter anti korupsi. "Membangun integritas anti korupsi itu harus mulai dari keluarga, tapi perguruan tinggi tak boleh diam," kata Anis pada acara deklarasi kampus melawan korupsi, di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta, Senin (5/3/2012).

...dst

16 ) Deklarasi Gerakan Berantas Korupsi di Kampus

Senin, 5 Maret 2012 | 11:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai bentuk keprihatinan atas maraknya praktik korupsi di lingkungan kampus, Universitas Indonesia (UI) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar deklarasi melawan korupsi dari dan bersama kampus. Penggagas deklarasi sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UI, Ratna Sitompul, mengatakan, kondisi aktual perguruan tinggi Indonesia saat ini merupakan alasan lain mengapa deklarasi dilaksanakan. Seperti diketahui, berdasarkan perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ditemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 45 miliar dalam pengelolaan keuangan UI. Menurut Ratna, praktik korupsi di lingkungan perguruan tinggi dipicu oleh beberapa hal, yakni lemahnya kepemimpinan, penyimpangan tata kelola, dan sejumlah keputusan yang tidak memihak masyarakat lemah.

...dst 

17 ) Asosiasi Dosen Sesalkan Pemukulan oleh Bupati Kampar
Selasa, 06 Maret 2012 04:30 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Sekretaris Umum Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Provinsi Riau, Nashoruddin Yusuf, menyayangkan tindakan Bupati Kampar Jefry Noer yang diduga meninju seorang dosen di Pekanbaru. "Kami menyayangkan tindakan tercela itu karena korban merupakan dosen, dan pelaku adalah penguasa yang karenanya adalah sebuah pelecehan terhadap institusi pendidikan," kata Nashoruddin Yusuf kepada ANTARA di Pekanbaru. Nashoruddin mengatakan hal itu terkait kasus yang menimpa Yusrizal, dosen di Universitas Persada Bunda, yang melaporkan Bupati Kampar Jefry Noer ke Polda Riau pada Minggu (4/3), karena mengaku telah ditinju oleh bupati sehingga mengalami luka ringan pada bagian rahang bagian kiri. Peristiwa itu terjadi di lingkungan kampus. Selain itu, Yusrizal juga mengaku mendapat ancaman akan dibunuh oleh bupati.

...dst

18 ) Dipukul karena Tak Luluskan Bupati Kampar, Dosen: Dia Sering Nyontek!
uluskan-bupati-kampar-dosen-dia-sering-nyontek#queryString#

Senin, 05/03/2012 13:14 WIB
Pekanbaru Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum di Persada Bunda Pekanbaru,
Yusrizal (55) punya alasan kuat tak meluluskan mata kuliah Hukum Adat untuk Bupati Kampar Jefri Noer. Menurutnya, bupati yang juga mahasiswanya itu jarang masuk kuliah dan sering nyontek! "Saya tidak mengeluarkan nilainya, karena mahasiswa ini jarang masuk. Dan selalu saja hasil ujiannya nyontek dari orang lain," kata Yusrizal di Hotel Pangeran, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (5/3/2012). Yusrizal mengaku tidak mungkin memberi nilai kepada sang bupati. Tugas-tugas kuliah juga sering diabaikan.

...dst

19 ) Psikologi 10 besar "jalur undangan" Unhas

Senin, 5 Maret 2012 23:58 WIB
Makassar (ANTARA News) - Program Studi Psikologi, meskipun baru dibuka 2012 Universitas Hasanuddin di bawah Fakultas Kedokteran, langsung masuk 10 prodi paling diminati pendaftar "Jalur Undangan" Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pilihan Unhas. "Total pendaftar prodi ini 375 orang dan 87 orang peserta bidik misi," kata Kepala Humas Unhas, M. Dahlan Abubakar di Makassar, Senin. Menurut data, hingga Senin (4/3), empat hari sebelum pendaftaran online Jalur Undangan SNMPTN ditutup, pelamar Unhas 7.229 orang dengan pelamar bidik misi 1.784 orang.  Khusus Prodi Psikologi sebanyak 87 pendaftar menempatkan Prodi pertama dengan Unhas sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan pertama. Sebanyak 144 pelamar lainnya menempatkannya sebagai prodi kedua dengan PTN pilihan Unhas. 

...dst

20 ) Pendaftar Bidik Misi di UNS Capai 3.753

Senin, 05 Maret 2012 19:34 wib
SOLO – Hingga minggu terakhir pendaftaran Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menerima 3.753 pendaftar Bidik Misi. Pembantu Rektor I UNS Sutarno mengungkapkan, banyaknya peminat tidak dapat seluruhnya ditampung mengingat UNS hanya menyediakan kuota Bidik Misi bagi 500 mahasiswa."Saat ini Universitas Sebelas Maret sedang mengajukan tambahan lagi sebanyak 200 penerima Bidik Misi. Mudah-mudahan bisa lebih lagi," ujar Sutarno saat ditanya soal pendaftar Program Bidik Misi, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (5/3/2012).

...dst

21 ) Undip-UNESCO Gelar Kuliah Teleconference

06 Maret 2012
SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) bersama Universitas Indonesia (UI) dan UNESCO mengadakan kuliah dengan menggunakan teknologi e-learning berbasis video conference menggenai penanggulangan HIV/AIDS, baru-baru ini.Sebanyak 200 peserta yang datang dari berbagai jurusan dan program studi di Undip mengikuti kuliah e-learning dengan tema "Substansi, Pencegahan dan Penanggulangannya bagi Anak Muda", di Kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip Tembalang. Dekan FKM Undip Dra VG Tinuk Istiarti MKes mengatakan, kegiatan tersebut terselengara atas kerja sama FKM Undip, FKM UI, dan UNESCO. Kuliah ini terbuka bagi mahasiswa lintas program studi."Isu tentang HIV/AIDS menjadi isu penting yang harus dipahami mahasiswa. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan dan perilaku mahasiswa dalam berinteraksi setiap hari yang berisiko tinggi tertular," ungkapnya.  

...dst

22 ) Perpustakaan UK Petra Jadi Rujukan Teknik Sipil

Senin, 05 Maret 2012 19:18 wib
SURABAYA - Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya meluncurkan layanan akses informasi terkait Dinas Pekerjaan Umum (PU). Layanan ini sedianya untuk menjawab pertanyaan masyarakat yang berkitan dengan Teknik Sipil.Menurut Rektor UK Petra Rolly Intan, informasi tentang teknik sipil itu misalnya terkait sebuah bangunan yang tahan gempa. Semua itu dapat dilacak sesuai tahun pedomannya. "Dinas Pekerjaan Umum (PU) lah yang bertugas membuat berbagai macam pedoman ini. Perpustakaan UK Petra dipercaya oleh Kementerian PU untuk menjadi salah satu Simpul Layanan Informasi Standar Bidang ke-PU-an yang berkaitan dengan dunia Teknik Sipil," kata Rolly dalam keterangan rilisnya yang diterima okezone, Senin (5/3/2012).

...dst

23 ) Belajar mandiri tantangan terberat Universitas Terbuka

Selasa, 6 Maret 2012 01:21 WIB 
Palembang (ANTARA News) - Pembantu Rektor IV Universitas Terbuka (UT), Dr Muhamad Yunus MA, mengungkapkan bahwa kemandirian belajar menjadi tantangan terberat bagi mahasiswa perguruan tinggi saat ini.
"Menumbuhkan kemandirian dalam belajar merupakan tantangan yang harus dihadapi setiap kampus di Indonesia, dan menjadi paling berat dijalani oleh mahasiswa UT," kata dia, pada Rapat Kerja Daerah Pengurus Kelompok Belajar Universitas Terbuka Sumatera Selatan, di Palembang, Senin. "Padahal belajar mandiri itu merupakan salah satu modal penting untuk menjadi mahasiswa yang sukses," kata dia. Yunus mengakui bahwa UT akan lebih berat dalam menumbuhkan kesadaran mahasiswa untuk belajar mandiri, mengingat perkuliahan tidak dilakukan tatap muka secara langsung, seperti dijalankan mahasiswa perguruan tinggi umumnya.

...dst

24 ) UMJ, dari Umat untuk Bangsa

Senin, 05 Maret 2012 09:14 WIB
Asri nan islami. Itulah kesan pertama ketika menginjakkan kaki di kompleks kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Cirendeu, Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Kampus yang terletak di selatan Jakarta itu memang dipenuhi dengan pepohonan yang rindang dan tanam-tanaman hias yang tertata rapi sehingga tampak asri.  Lokasi kampus yang sengaja dibangun jauh dari kebisingan lalu lintas Jakarta yang penuh polusi, menambah kenyamanan siapa saja yang masuk kampus yang terhampar di lembah Situ Gintung yang terkenal itu. Lokasi yang asri dan sunyi ini sangat kondusif untuk kegiatan belajar mengajar. 

...dst

25 ) Legislator sesalkan tidak efektifnya Permendikbud 60/2011

Senin, 5 Maret 2012 22:50 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar menyesalkan tidak efektifnya pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 60/2011 tentang larangan pungutan karena berbagai pungutan di sekolah-sekolah saat ini justru semakin parah."Ini artinya Permendikbud tersebut diabaikan oleh sejumlah sekolah. Bahkan, pungutan tersebut tidak hanya terjadi pada saat tahun ajaran baru, seperti pernyataan Menteri sendiri, tetapi juga terjadi menjelang persiapan Ujian Nasional dan akhir tahun ajaran," ujarnya di Jakarta, Senin.Menurut ia, sasaran pungutan sekolah-sekolah itu adalah siswa kelas VI SD dan IX SMP serta pungutan yang dilakukan sejumlah sekolah ini tidak berdiri sendiri.

...dst

26 ) Nuh Janji Sikat Pungli Uji Kompetensi

Senin, 05 Maret 2012 , 20:40:00
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menegaskan bahwa kementrian yang dipimpinnya akan melawan aksi pungutan liar (pungli) di sekolah yang kini kian meresahkan masyarakat. Menurutnya, pungli harus dilawan dan dibasmi hingga ke akarnya."Pungli itu harus kita lawan. Karena kalau tidak kita lawan, malah semakin menjadi-jadi. Maka harus kita lawan," ungkap Nuh kepada wartawan di ruang kerjanya di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (5/3).Oleh karena itu, Nuh mengaku telah menginstruksikan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud, Haryono Umar untuk menurunkan tim khusus membasmi pungli. Perintah Nuh ke Haryono yang pernah menjadi pimpinan KPK itu juga sebagai respon atas sikap kritis berbagai pihak yang menilai pemerintah tidak mampu membasmi pungli.

...dst

27 ) Mendikbud Janji Lawan Pungutan Liar, Caranya?

Selasa, 6 Maret 2012 | 09:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta kepada semua pihak untuk menolak praktik pungutan liar yang terjadi di dunia pendidikan. Penolakan dan aksi melawan pungutan liar, kata dia, menjadi simbol memerangi praktik pungutan liar agar tidak terus "membudaya" di masa yang akan datang.Saat ini, Nuh mengatakan, Kemdikbud melalui Inspektur Jenderal (Irjen) tengah menyusun strategi untuk memerangi pungutan liar atas nama apapun. Baik itu dalam hal uji kompetensi guru, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan program-program lainnya. "Saya sangat setuju, kita minta Irjen untuk mengatur itu. Sudah saatnya kita membuat gerakan melawan pungutan liar atas nama apapun," kata Nuh, Senin (5/3/2012) malam, di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

...dst

28 ) Federasi Guru: Uji Kompetensi Dinodai Pungli

Selasa, 6 Maret 2012 | 08:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Proses Uji Kompetensi Awal (UKA) yang dijalani guru-guru honorer dinodai oleh tindakan pungutan liar. Berdasarkan laporan yang diterima Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), banyak yang melaporkan adanya pungutan kepada peserta uji kompetensi yang diduga dilakukan sejumlah oknum di jajaran dinas pendidikan daerah. Sekretaris Jenderal FSGI, Retno Listiarti mengatakan, ada beberapa guru di wilayah DKI Jakarta yang melaporkan praktik pungutan itu. Umumnya, kata dia, para guru, khususnya guru di sekolah swasta, diminta menyetorkan Rp 1 juta sebagai jaminan kelulusan dalam proses UKA."Para guru diminta menyetor Rp 1 juta jika ingin lulus UKA. Menurut saya, pungutan disetor ke Pusat Tenaga Pendidik (Pustendik) dinas pendidikan provinsi," kata Retno kepada Kompas.com, Selasa (6/3/2012), di Jakarta. 

...dst

29 ) Pungli di Sekolah Diduga Sistematik

Senin, 05 Maret 2012 , 16:21:00
JAKARTA--Komisi X DPR RI pesimis atas adanya rencana  investigasi masalah BOS ke sekolah-sekolah untuk mengamankan Permendikbud 60/2011 tentang larangan pungutan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terhadap pungutan liar di sekolah. Pasalnya, praktek pungutan di sekolah hingga saat ini masih saja terjadi. Anggota Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar mensinyalir,  praktek pungutan ini berlangsung secara sistemik, sebagai akibat dari praktek pungutan dan kewajiban setor sekolah ke pejabat yang berada di atasnya. Disebutkan, temuan Garut Government Watch(GGW), Koalisi Mahasiswa Rakyat Tasikmalaya (KMRT), dan Indonesia Corruption Watch (ICW), beberapa waktu lalu  membuktikan bahwa pungutan ini disebabkan oleh adanya hubungan yang saling terkait dan menciptakan kondisi mutualisme antara penyelenggara pendidikan di sekolah dan pejabat struktural di atasnya.

...dst

30 ) Guru Honorer Membengkak

Selasa, 6 Maret 2012 | 06:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pemerintah daerah diduga merekayasa jumlah guru honorer. Mereka memanfaatkan kesepakatan pemerintah dan DPR agar guru honorer yang bertugas sebelum 1 Januari 2005 diangkat sebagai pegawai negeri sipil.Modus yang banyak dilakukan adalah mengubah surat keputusan penugasan sebagai guru honorer, seolah-olah sebelum 1 Januari 2005, sehingga terbuka peluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Akibatnya, jumlah guru honorer yang diusulkan untuk menjadi PNS membengkak. Sebelumnya diperkirakan, jumlah guru honorer golongan I, yakni yang diangkat sebelum 1 Januari 2005 dan mendapat honor dari APBN atau APBD, sekitar 54.000 guru. Namun, saat dilakukan verifikasi pada 31 Januari 2011, jumlah tenaga honorer yang diajukan pemerintah daerah lebih dari 150.000 orang. "Jumlahnya membengkak tiga kali lipat," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo, Senin (5/3), di Jakarta.

...dst

31 ) Rekrutmen Honorer Baru Dilarang  

Tuesday, 06 March 2012
JAKARTA– Pemerintah melarang adanya pengangkatan tenaga honorer baru, terutama untuk sektor pendidikan. Pasalnya, pemerintah tidak akan membuka lagi formasi pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS) bagi mereka. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengatakan, Kemendikbud dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) sudah sepakat bahwa tidak boleh ada lagi pengangkatan guru honorer baru di setiap kabupaten/ kota. Meskipun masih ada daerah yang ingin mengangkat, harus dipastikan dulu mereka tidak akan menuntut diangkat menjadi PNS. Musliar mengaku, pemerintah merasa kecolongan dengan jumlah guru honorer saat ini,karena awalnya pemerintah tidak membuka formasi pengangkatan PNS untuk guru honorer."Dengan kekuatan 150.000 orang untuk berdemo meminta pengangkatan, kita bisa bilang apa.  

...dst

Tidak ada komentar: