Cari Blog Ini

Minggu, Oktober 21, 2012

Berita Edukasi, 15 - 20 Oktober 2012

 Berita Edukasi, 20 Oktober 2012

 1 ) KUALITAS PENDIDIKAN
Indeks Pendidikan untuk Semua Masih Stagnan
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/20/04385981/indeks.pendidikan.untuk.semua.masih.stagnan

Sabtu, 20 Oktober 2012
Jakarta, Kompas - Indeks pembangunan pendidikan untuk semua atau education for all di Indonesia belum juga beranjak dari kategori medium atau sedang. Berdasarkan laporan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) tahun 2012, Indonesia berada di peringkat ke-64 dari 120 negara. Tahun lalu, Indonesia berada di peringkat ke-69 dari 127 negara. Dari data yang tersaji di Education for All (EFA) Global Monitoring Report 2012 yang diluncurkan UNESCO pekan ini, ada 58 negara yang masuk dalam kelompok Education Development Index (EDI) tinggi karena mencapai angka di atas 0,95. Selain itu, 42 negara di kelompok EDI sedang dengan angka di atas 0,8, dan 20 negara di kategori EDI rendah karena nilainya di bawah 0,8. Ada empat negara yang berhasil pindah dari kategori EDI rendah ke sedang, yakni Ghana, Guatemala, Lesotho, dan Malawi. Indonesia memiliki EDI 0,938. Dari empat tujuan pencapaian EFA 2015 yang dikaji UNESCO tiap tahun, terlihat Indonesia mampu meningkatkan akses pendidikan dasar yang tinggi dengan nilai 0,991. Demikian juga tingkat melek huruf penduduk usia 15 tahun ke atas dan kesetaraan jender dalam pendidikan yang semakin membaik. Namun, Indonesia masih memiliki tantangan untuk mengatasi angka putus sekolah di jenjang pendidikan dasar SD-SMP. Terlihat pada penilaian angka bertahan siswa di kelas V SD, Indonesia mendapat nilai terendah dari tiga indikator lain untuk menghitung EDI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, akses pendidikan dasar di Indonesia dinyatakan tuntas karena angka partisipasi kasar jenjang SD dan SMP sudah di atas 95 persen. Namun, persoalan angka putus sekolah memang masih menjadi tantangan, terutama di kalangan siswa tidak mampu. Jumlah siswa putus sekolah di SD tahun lalu sekitar 465.000 orang, sedangkan yang tidak melanjutkan ke SMP sekitar 229.000 siswa. Persoalan pendidikan di SD pun kompleks, mulai dari sarana dan prasarana yang minim hingga kualitas guru SD yang terendah dibandingkan dengan guru TK, SMP, dan SMA/SMK.

***

2 ) Menteri Perdagangan: Indonesia Butuh 200 Ribu Doktor
Saat ini, Indonesia baru punya 20 ribu doktor.
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/360914-menteri-perdagangan--indonesia-butuh-200-ribu-doktor

Sabtu, 20 Oktober 2012, 11:44
VIVAnews - Indonesia sedikitnya memerlukan sedikitnya 200 ribu lulusan S3 untuk mengembangkan Informasi, komunikasi dan teknologi guna bersaing di dunia internasional ke depannya. Saat ini lulusan S3 hanya sekitar 20 ribu orang, jumlah tersebut jauh tertinggal dari beberapa negara di kawasan Asia Seperti China yaitu sekitar 100 ribu orang. "Kita butuh saintis. Ini perlu taktik total football, kita harus bisa bekerjasama semua," ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Jakarta, Sabtu 20 Oktober 2012. Dengan masih minimnya jumlah sumber daya manusia yang berkualitas tersebut, menurut Gita, kecil kemungkinan Indonesia memiliki tokoh-tokoh yang menjadi pionir tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. "Bagaimana kita mau membuahkan Steve Jobs atau Bill Gates, kalau kita tidak bisa meningkatkan jumlah S3 kita," tambahnya. Ke depannya, menurut Gita, Indonesia mampu untuk mewujudkan hal tersebut. Sebagai negara yang memiliki penduduk salah satu terbesar di dunia, dan dikombinasikan dengan dukungan anggaran dari pemerintah guna pendidikan, peningkatan kualitas SDM tersebut bukanlah hal yang mustahil.

...dst

3 ) Mahasiswa IPB ciptakan "virtual whiteboard" bantu tunarungu
http://www.antaranews.com/berita/339551/mahasiswa-ipb-ciptakan-virtual-whiteboard-bantu-tunarungu

Jumat, 19 Oktober 2012 21:55 WIB
Bogor (ANTARA News) - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor menciptakan teknologi "virtual whiteboard" yang dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar matematika bagi siswa tunarungu dan tunagrahita. "Ke depan, `virtual whiteboard` (layar sentuh virtual) ini akan dikembangkan menjadi paket pembelajaran untuk berbagai anak berkebutuhan khusus," kata ketua pelaksana program tersebut Wulandari di Bogor, Jawa Barat, Jumat. Ia menjelaskan tim mahasiswa Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) IPB yang dipimpinnya itu, dengan alat bantu dimaksud mencoba membantu proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik yang tunarungu dan tunagrahita agar dapat belajar dengan baik. Bersama rekannya Ahmad Thoriq Abdul Aziz, Fahri Amirullah, Marsudi Wijaya, dan Puspasari Respatiningtyas, ia menemukan teknologi ini, yang terkait dengan penggunaan "virtual whiteboard" pada pembelajaran matematika interaktif untuk siswa penyandang tunarungu dan tunagrahita pada sekolah luar biasa (SLB) kategori B/C. Dijelaskannya bahwa teknologi "virtual whiteboard" ini membantu siswa SLB untuk memahami operasi matematika sederhana seperti penjumlahan dan pengurangan.

...dst

4 ) Dosen UNY Promosi Kuliner Yogya di London
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/20/373/706786/dosen-uny-promosi-kuliner-yogya-di-london

Sabtu, 20 Oktober 2012 13:28 wib
JAKARTA - Kekayaan dan keotentikan kuliner Indonesia menjadi salah satu alasan untuk menggaet hati para wisatawan domestik. Dosen Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dewi Eka Murniati pun berkesempatan memperkenalkan lebih jauh makanan khas Kota Yogyakarta pada Geography, Leisure, and Tourism Reseach (GLTRG) Conference di University of Surrey di London beberapa waktu lalu.  Pada konferensi yang berlangsung selama dua hari ini, hadir 42 perserta yang sebagian besar dari kalangan peneliti Eropa, seperti Inggris, Jerman, Belanda, dan Austria. "Pada hari pertama, saya bersama 22 peserta lain memaparkan hasil penelitian masing-masing dan peserta lainnya menunjukkan hasil penelitian dalam bentuk poster. Hari kedua adalah workshop di mana seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi dan menyusun konsep-konsep baru penelitian sosial bidang tourism and leisure," ujar Dewi, seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (20/10/2012).

...dst

5 ) HUT Ke-30, Prasetiya Mulya Unjuk Gigi
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/19/373/706491/hut-ke-30-prasetiya-mulya-unjuk-gigi

Jum'at, 19 Oktober 2012 17:32 wib
JAKARTA - Menciptakan pengusaha-pengusaha yang sukses, itulah moto dari Prasetiya Mulya Business School (PMBS). Moto itu konsisten diterapkan di usainya yang matang. Untuk itu, dalam merealisasikan motonya, Prasetya Mulya menggelar acara blogging competion dan writing competion. "Juga ada acara seminar tentang kontribusi kewirausahaan terhadap perekonomian Indonesia dari alumni PMBS," ujar Direktur Marketing and Customer Relation Iwan H Kahfi saat membuka Media Gathering, bagian dari rangkain acara peringatan hari jadinya ke-30, di Cafe Tartine, FX, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2012). Selain seminar dan kompetisi, lanjutnya, juga akan ada program beasiswa yang ditujukan bagi jurnalis. Dia mengungkapkan, Prasetiya Mulya adalah institusi pendidikan yang melahirkan pebisnis yang terdidik dengan program S-1, S-2, dan non degree atau pelatihan. "PMBS didirikan oleh 70 pengusaha yang saat itu bersama-sama ingin menciptakan pengusaha-pengusaha sukses seperti pendirinya," papar Iwan bersemangat.(mrg)

***

6 ) Universitas Pamulang Menangis…
Mendikbud Sesalkan Tragedi Universitas Pamulang
http://www.kopertis12.or.id/2012/10/20/mendikbud-sesalkan-bentrok-polisi-mahasiswa-di-universitas-pamulang.html

Sabtu, 20 Oktober 2012 13:46 wib
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh sangat menyesalkan atas tragedi yang terjadi di Universitas Pamulang (Unpam), Kamis 18 Oktober lalu.

...dst

7 ) Kemendikbud Dukung Program Film Pendek
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/20/357080/293/14/Kemendikbud-Dukung-Program-Film-Pendek

Sabtu, 20 Oktober 2012 07:29 WIB
JAKARTA--MICOM: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkomitmen mendukung program film pendek di dalam negeri dan luar negeri. "Kami ingin memberikan ruang kepada komunitas-komunitas film agar tetap eksis dalam hal ini para aktivis penggiat film pendek," kata Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemendikbud Sulistyo Tirtokusumo, pada jumpa pers peluncuran Pendukungan Pembinaan dan Pengembangan Film Pendek di Dalam dan Luar Negeri di kantor Kemendikbud Jakarta, Jumat (19/10). Menurut Sulistyo, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap perkembangan kemajuan dan pembinaan film pendek Indonesia. Dikatakan Sulistyo, program yang diluncurkan itu bertujuan untuk meningkatkan mutu dan jumlah pelaksanaan festival dan pemutaran film pendek di Indonesia. Pihaknya menyediakan anggaran  Rp250 juta, diperuntukkan bagi sepuluh festival atau komunitas film dalam menyelenggarakan kegiatan.

...dst

8 ) Dinilai Diskriminatif, Sarjana Non Kependidikan Bisa jadi Guru
http://www.jpnn.com/read/2012/10/19/143974/Dinilai-Diskriminatif,--Sarjana-Non-Kependidikan-Bisa-jadi-Guru-

Jum'at, 19 Oktober 2012 , 17:12:00
JAKARTA- Diperbolehkannya sarjana non kependidikan bisa menjadi guru, dinilai sebagai bentuk diskriminasi oleh para sarjana lulusan kependidikan. Karena mahasiswa non kependidikan tidak mendapat bekal dan persiapan. Sementara sarjana kependidikan, sejak semester awal di bangku perkuliahan, telah dipersiapkan menjadi seorang guru. Oleh sebab itu Pasal 9 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, yang membolehkan sarjana dari berbagai cabang ilmu mendaftar menjadi guru, digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Demikian dikemukakan Kuasa Hukum tujuh mahasiswa calon guru, Muhammad Saleh, di sela-sela sidang lanjutan permohonan gugatan judicial reviwe ke MK.
"Pasal ini bertentangan dengan pasal 28 h ayat (2) Undang-undang Dasar 1945, mengenai jaminan dan perlindungan hukum yang diberikan oleh negara kepada setiap warga negara dengan dasar ada kekhususan," Muh Saleh di gedung MK, Jakarta, Jumat (19/10).

...dst

9 ) Permainan Proyek di DPR
Beberkan Saja Siapa Anggota DPR Penitip Proyek!
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/19/08453057/Beberkan.Saja.Siapa.Anggota.DPR.Penitip.Proyek

Jumat, 19 Oktober 2012 | 08:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — "Bola panas" kembali diarahkan para saksi di persidangan kasus dugaan suap dengan terdakwa Angelina Sondakh kepada para anggota DPR. Saat bersaksi, Kamis (18/10/2012), Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haris Iskandar menyebutkan, praktik "titip proyek" dilakukan hampir semua anggota Komisi X DPR yang membidangi pendidikan dan olahraga. Titip-menitip proyek ini bahkan diakui Haris sebagai hal yang lumrah. Menanggapi kesaksian Haris itu, anggota Komisi X DPR Jefri Riwu Kore menantang Haris untuk langsung menyebutkan siapa saja oknum anggota Dewan yang kerap menitip proyek. "Saya keberatan dengan statement itu. Kalau berani, dia tunjuk bukti dan sebut nama siapa di Komisi X yang titip proyek," ujar Jefri, Kamis (18/10/2012) di Jakarta. Jefri mengatakan, seharusnya Haris langsung membuka nama-nama para pemain proyek di komisinya. Menurutnya, hal ini perlu agar tidak membuat orang berprasangka buruk terhadap semua anggota Komisi X. "Sebut saja nama, jangan ngambang yang menyebabkan orang berprasangka salah kepada kami. Saya sendiri sama sekali tidak terlibat hal-hal itu," katanya. Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, seorang anggota DPR tidak berwenang "mengamankan" sebuah proyek. "Itu bukan hak anggota DPR karena anggota hanya berhak mengawasi semua program berjalan baik sesuai kebutuhan masyarakat dan tidak melanggar peraturan dan perundangan yang ada," katanya. "Kalau ada yang titip-titip, tolak saja," tambahnya lagi.

...dst

10 ) Pilrek IPB kantongi sembilan nama bakal calon
http://www.antaranews.com/berita/339549/pilrek-ipb-kantongi-sembilan-nama-bakal-calon

Jumat, 19 Oktober 2012 21:52 WIB
Bogor (ANTARA News) - Panitia Pemilihan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) periode 2012--2017 telah mengantongi sembilan nama bakal calon rektor yang akan maju dalam pemilihan 31 Oktober mendatang. "Sembilan nama bakal calon rektor diperoleh dari hasil seleksi dan penilaian yang dilakukan oleh Senat Akademis (SA) selama empat hari dari 16 hingga 19 Oktober," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor IPB Prof Toto Toharmat kepada ANTARA di Bogor, Jumat. Ia mengatakan, sembilan nama bakal calon rektor terpilih itu melewati seleksi dan penilaian yang dilakukan oleh Senat Akademis. Sebelumnya ada 55 nama bakal calon rektor yang diusulkan oleh unit-unit kerja dan himpunan alumni IPB. Dari 55 nama tersebut, pada 10 Oktober lalu, diperoleh 14 nama bakal calon yang telah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti seleksi pemilihan. Dari 14 nama, dilakukan seleksi dan penilaian oleh Senat Akademik untuk dikerucutkan menjadi sembilan naman. Sembilan nama ini selanjutnya akan mengikuti partisipasi dan sosialisasi pemilihan rektor yang akan digelar 31 Oktober.

...dst

11 ) Dana Penelitian di Indonesia Masih Kecil
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/19/23053996/Dana.Penelitian.di.Indonesia.Masih.Kecil

Jumat, 19 Oktober 2012 | 23:05 WIB
PALANGKARAYA, KOMPAS.com -- Dana dari APBN yang dialokasikan untuk penelitian dianggap belum ideal. Proporsi dana penelitian hanya sebesar 0,9 persen dari APBN atau sebesar 0,08 persen dari produk domestik regional bruto (PDRB) nasional. Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan, dana penelitian yang dianggarkan dalam APBN tahun 2012 misalnya, sebesar Rp 4,3 triliun. Dana itu digunakan Kementerian Riset dan Teknologi serta tujuh lembaga penelitian. "Dana itu sedikit. Idealnya, dana penelitian itu satu persen dari PDRB. Paling tidak, satu persen dari APBN," kata Gusti, Jumat (19/10/2012) di Palangkaraya, Kalimatan Tengah. Pemerintah mengupayakan agar dana penelitian bisa dialokasikan menjadi satu persen dari APBN pada tahun 2014. Jika tidak, kata Gusti, kualitas penelitian tidak akan signifikan.

...dst

12 ) Televisi Indonesia Hadirkan Program Sains, Teknologi, dan Lingkungan
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/19/22280277/Televisi.Indonesia.Hadirkan.Program.Sains.Teknologi.dan.Lingkungan

Jumat, 19 Oktober 2012 | 22:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Program televisi berbahasa Indonesia pertama dari Inovator dari Deutsche Welle (DW) disiarkan oleh TVRI, Bali TV, Radar TV, Banten TV, dan Tempo TV secara mingguan. Program Inovator menghadirkan berbagai pengetahuan dalam bidang sains, teknologi, dan lingkungan. Inovator merupakan acara televisi berdurasi 26 menit yang menampilkan berbagai macam topik, termasuk sains, teknologi dan lingkungan, dengan penekanan khusus pada berbagai perkembangan terkini, inovasi dan riset dalam bidang kesehatan dan obat-obatan. Selain menghadirkan berbagai pengetahuan menarik, pembawa cara Inovator, Putu Ziphora, yang telah bergabung dengan DW selama tujuh tahun, juga akan melaporkan berbagai aspek kehidupan sehari-hari di Jerman dan ulasan mengenai fakta-fakta menarik mengenai perbedaan di Jerman dan Indonesia. Dengan menghadirkan program Inovator dalam rangkaian acara mereka, para mitra televisi lokal telah menghadirkan acara yang unik berupa cara pandang masyarakat Eropa terhadap berbagai isu internasional dan perkembangan terkini, bagi pemirsa di Indonesia.

...dst

13 ) Tahun ini, Ada Lima Jenis Mobil Listrik Lagi
http://www.jpnn.com/read/2012/10/20/144041/Tahun-ini,-Ada-Lima-Jenis-Mobil-Listrik-Lagi-

Sabtu, 20 Oktober 2012 , 09:37:00
SURABAYA - Komitmen Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk mendukung keberadaan mobil listrik terus ditunjukkan. Kemarin sore ia sengaja terbang ke Surabaya untuk menjajal mobil listrik jenis APV yang diproduksi PT Great Asia Link. "Mobilnya enak, lancar," cetusnya sambil mengendarai mobil listrik Ravi berwarna putih. Namun, ia mengungkapkan mobil itu masih belum bisa siap diproduksi sebab akan ada beberapa bagian yang mesti dibenahi. Ia mengatakan akan ada dua varian lagi yang akan dikeluarkan perusahaan yang memiliki pabrik di Kedung Anyar, Wringin Anom, Gresik. Selain Ravi, akan ada mobil pick up Havi dan mobil city car Hivi. Hingga akhir tahun ini, Dahlan mengatakan, ada lima jenis mobil listrik yang bakal keluar. Salah satunya mobil listrik mirip Ferrari yang direncanakan keluat minggu depan di Yogjakarta. Mengenai kesiapan, pasar Indonesia menerima mobil listrik, dengan tegas ia mengatakan sudah siap. Mengingat saat ini kebutuhan bahan bakar sudah terlalu membengkak belum lagi rencana kenaikan harga bahan bakar minyak yang masih ditarik ulur. "Biaya operasional mobil ini jauh lebih hemat," katanya. Dilihat dari segi harga, ia mengungkapkan akan diusahakan sama dengan mobil berbahan bakar minyak. Bahkan akan diusahakan lebih murah.

...dst

14 ) Konferensi Futurologi II Digelar 20 Oktober
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/19/19522830/Konferensi.Futurologi.II.Digelar.20.Oktober

Jumat, 19 Oktober 2012 | 19:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagaimana posisi Indonesia dalam kurun waktu 20-30 tahun ke depan? Proyeksi masa depan Indonesia itu akan dikupas pada Konferensi Futurologi II yang digelar di XXI Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (20/10/2012). Konferensi mengangkat tema Getting Ready for the Next Revolutions: World Experts Discuss New Forces and Power Shifts that are Changing Governments, Businesses and Societies. Kementerian Luar Negeri bersama KBRI Washington, Kementerian Perdagangan, Indonesian Diaspora Network (IDN), dan Modernisator, akan mengundang pakar dari berbagai kalangan, termasuk diaspora Indonesia. Para pakar akan memaparkan proyeksi fenomena global pada saat ini akan memberi pengaruh geopolitis dan ekonomi pada tatanan dunia yang akan datang, serta strategi baru yang diperlukan untuk menghadapi tatanan dunia baru tersebut. Konferensi dilakukan dalam nuansa multimedia showbiz, menggunakan pengantar Bahasa Inggris dan mengundang sekitar 800 peserta. Kendati demikian, konferensi ini terbuka untuk dapat diliput media nasional dan internasional.

...dst

15 ) Pakar Lokal dan Luar Negeri Ramal Indonesia 30 Thn Lagi di Djakarta Theatre
http://news.detik.com/read/2012/10/20/125207/2067838/10/pakar-lokal-dan-luar-negeri-ramal-indonesia-30-thn-lagi-di-djakarta-theatre?n991102605

Sabtu, 20/10/2012 12:52 WIB
Jakarta KBRI Washington DC selenggarakan Konferensi Futurologi II di Jakarta. Konferensi yang memaparkan proyeksi masa depan ini dihadiri oleh pakar internasional dan Indonesia. "Konferensi difokuskan pada pembahasan bagaimana proyeksi fenomena global pada saat ini akan memberi pengaruh geopolitis dan ekonomi pada tatanan dunia yang akan datang," demikian dalam siaran pers Direktorat Informasi dan Media, Kemlu, di Di XXI Ballroom Djakarta Theatre 2 nd Floor, Jl. M.H.Thamrin No.9, Jakarta Pusat, Sabtu (20/10/2012). Konferensi internasional ini mengambil tema "Getting Ready for The Next Revolutions: World Experts Discuss New Forces and Power Shifts that are Changing Governments, Business and Societies". Tidak hanya secara global, konferensi membahas posisi Indonesia kurun di masa datang.

...dst

16 ) INFORMASI GEOSPASIAL
Surveyor Asing Siap Masuk
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/20/0444339/surveyor.asing.siap.masuk

Sabtu, 20 Oktober 2012
Jakarta, Kompas - Pelaksanaan 1.500 proyek dalam Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia bakal menarik masuk surveyor asing dalam jumlah besar. Serbuan tenaga asing kian besar seiring pemberlakuan ASEAN Connectivity pada 2015. Ketua Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Budhy Andono Soenhadi mengatakan, tenaga asing itu tidak hanya dari negara seperti Malaysia dan Filipina, tetapi juga China dan India. Pembangunan Jembatan Selat Sunda, misalnya, bisa melibatkan banyak tenaga dari China.
Kedatangan mereka sulit dibendung karena lapangan kerja yang tersedia tak terisi tenaga lokal. "Anggota ISI saja hanya sekitar 2.000 orang," ujar Budhy. Organisasi profesi ini tahun 2012 genap 40 tahun. Demi mendukung pembangunan megaproyek infrastruktur di seluruh Indonesia itu, diperlukan belasan ribu tenaga di bidang informasi geospasial. "Antara lain geodesi dan geografi," kata Budhy, yang juga Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial. Minimnya surveyor pertanahan juga diungkapkan Direktur Pemetaan Tematik Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tri Supriyanto. Saat ini, BPN hanya punya 3.000 juru ukur. Padahal, diperlukan 15.000 orang. Mengantisipasi dominasi tenaga asing, menurut Kepala BIG Asep Karsidi, di antaranya dilakukan kerja sama dengan perguruan tinggi serta pemberlakuan akreditasi dan sertifikasi surveyor. (YUN)

***

17 ) Perakitan Mobil Esemka Diliput Televisi Korea
Hasil liputan ini akan tayang di 37 negara di dunia
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/360936-perakitan-mobil-esemka-diliput-televisi-korea

Sabtu, 20 Oktober 2012, 13:47
VIVAnews - Popularitas mobil Esemka mulai mendapat perhatian media massa internasional. Sebuah media dari Korea Selatan tertarik meliput mobil karya para siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Solo ini. Stasiun televisi Korean Broadcasting System (KBS) kepincut untuk meliput secara mendalam mobil Esemka. Ini mengingat cikal bakal kelahiran mobil itu hasil buah karya dari siswa SMK."Mobil Esemka sangat menarik. Karena mobil ini dibuat oleh siswa SMK. Beda dengan siswa di Korea, mereka hanya belajar teori saja," kata produser tim Dokumenter KBS, Yun Yeong Sik, kepada VIVAnews, Jumat 19 Oktober 2012. Itulah yang membuat para siswa SMK istimewa. Selain mengenal dan belajar teori, lanjut dia, para siswa juga langsung terjun praktik untuk mengaplikasikan teori tersebut. Hasilnya, mobil Esemka berhasil diciptakan. "Selain siswa dan pihak sekolah sangat mendukung program kegiatan seperti ini. Ternyata dari kepala daerah seperti Walikota Solo juga sangat mendukung. Ini yang membuat kami tertarik," ucapnya.

...dst

18 ) Tahun Depan, Jakarta Full Wifi
http://news.detik.com/read/2012/10/20/132741/2067865/10/tahun-depan-jakarta-full-wifi?n991102605

Sabtu, 20/10/2012 13:27 WIB
Jakarta Bisa terhubung ke dunia cyber di mana saja ketika di Jakarta sepertinya bukan impian. Wagub DKI Ahok memperkirakan jaringan Wifi bisa dicari di seluruh Jakarta kelak. "Full wifi, bisa itu di Jakarta," tuturnya di sela-sela melayat mantan Gub DKI Wiyogo Atmodarminto di rumah duka, Jl Banyumas, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/10/2012). Tidak banyak keterangan yang diberikan ahok soal sikap optimisminya itu. Dia hanya mengatakan akan secepat mungkin merealisasikannya. "Kita akan kejar mungkin tahun depan bisa," ujarnya. Saat ini kebutuhan hubungan ke dunia maya alias internet semakin meningkat. Tidak hanya lewat komputer, warga juga terhubung ke internet lewat ponsel, laptop, maupun komputer tablet.
(gah/gah)

...dst

19 ) Menkeu: Jokowi Salah Kelola, DKI Bisa Jatuh Miskin
Menkeu berpesan agar Jokowi berhati-hati dalam mengambil keputusan.
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/360725-menkeu--jokowi-salah-kelola--dki-bisa-jatuh-miskin

Jum'at, 19 Oktober 2012, 14:47
VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, berpesan agar Gubernur baru DKI Jakarta, Joko Widodo, tidak terburu-buru merealisasikan janjinya pada masa kampanye lalu. Janji Jokowi --sapaan Joko Widodo-- untuk membenahi transportasi massal, namun tanpa pengelolaan yang baik, justru bisa membuat Jakarta bangkrut. Menurut Agus, segala keputusan politik yang dibuat Jokowi harus didasari dengan administrasi yang baik. Langkah ini dibutuhkan agar penggunaan anggaran bisa dipertanggungjawabkan. "DKI yang begitu kaya dalam waktu singkat akan jadi miskin, kalau seandainya tidak dikelola dengan baik," ujar Agus di kantornya, Jakarta, Jumat 19 Oktober 2012. Menurut Agus, sebagai pemimpin baru di Jakarta, sudah sewajarnya Jokowi meninjau ulang proyek-proyek yang akan dibangun. Jika sebuah proyek disepakati, Jokowi yang akan bertangung jawab ketika ada permasalahan.

...dst

20 ) Kakek 97 Tahun Lulusan Master Tertua di Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/19/373/706618/kakek-97-tahun-lulusan-master-tertua-di-dunia

Sabtu, 20 Oktober 2012 09:04 wib
SYDNEY - Seorang pensiunan dokter gigi berusia 97 tahun menerima gelar master dalam bidang Ilmu Klinis dari Southern Cross University, Australia. Dengan demikian, Allan Stewart pun dinobatkan sebagai lulusan master tertua di dunia. Stewart lahir pada 5 Maret 1915. Sebelumnya, pada 2006, dia telah memecahkan rekor Guinness World Record sebagai lulusan tertua dengan menyandang gelar sarjana hukum di usia 91 tahun. "Setelah kelulusan itu, saya pikir saya bisa menggantung ijazah dan jubah akademik saya. Tapi ternyata saya merasa bosan. Saya memiliki banyak waktu dan ingin mental saya tetap aktif," kata Stewart, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (20/10/2012). Gelar master Ilmu Klinis tersebut merupakan gelar keempat bagi kakek buyut yang telah memulai studi di universitas pada 1930 dan meraih gelar di bidang Kedokteran Gigi. Setelah karir yang panjang sebagai dokter gigi, dia pun menyelesaikan gelar keduanya dengan menjadi Doktor Bedah Gigi. Tidak puas, pada sekira 1980-an dia memutuskan untuk melanjutkan studi di bidang hukum untuk membantu pikirannya tetap aktif.

...dst

21 ) M Nuh Imbau Jangan Pakai Pendekatan Kekerasan
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/20/417/706805/m-nuh-imbau-jangan-pakai-pendekatan-kekerasan

Sabtu, 20 Oktober 2012 14:12 wib
JAKARTA - Tragedi di Universitas Pamulang (Unpam), sangat disesalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud ) M Nuh. Menurut dia, ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa harus dengan kekerasan. Seperti diketahui, penembakan yang diduga dilakukan oleh oknum kepolisian menimpa mahasiswa Fakultas Hukum Unpam Heri Anggara, pada Kamis 18 Oktober lalu. Saat itu tengah terjadi bentrokan antara mahasiswa dan aparat kepolisian, yang dipicu aksi unjuk rasa menolak kedatangan Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna. Kedatangan Wakapolri untuk memberikan kuliah umum di kampus tersebut. "Kejadian seperti itu, jadi harus belajar tertib. Baik dari mahasiswa dan kepolisan. Yang jadi korban kan anak-anak kita sendiri," ujar M Nuh kepada Okezone saat menghadiri Temu Akbar Alumni Tehnik Elektro Institut Tehnologi Sepuluh November (ITS) di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (20/10/2012).

...dst

21 ) Kondisi Dua Mahasiswa Unpam Membaik
http://news.liputan6.com/read/445943/kondisi-dua-mahasiswa-unpam-membaik

Posted: 20/10/2012 13:04
Liputan6.com, Tangerang: Kondisi Jundi Fajrin dan Ferry Irawan, korban bentrokan antara mahasiswa dan polisi di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (20/10) mulai membaik. Keduanya dirawat di RSUD Pamulang. Jundi yang terkena pukulan benda tumpul di kepala bagian belakang sudah sadarkan diri meski belum bisa banyak bicara dan bergerak. Ia juga kerap kali mengeluhkan mual dan pusing. Sementara Ferry sudah menjalani operasi pengangkatan peluru yang bersarang di perutnya. Namun, ia belum mendapatkan hasil operasi apakah peluru karet atau peluru tajam yang ditembakkan aparat saat bentrokan berlangsung. Menurut informasi yang diterima SCTV, seluruh biaya perawatan keduanya ditanggung kampus mereka. Pascabentrokan antara mahasiswa dan polisi, Kamis lalu, kegiatan perkuliahan di Unpam hari ini sudah aktif kembali.(ADI/ADO)

...dst

22 ) Mahasiswa Bandung Berkelahi, 1 Tewas, 1 Kritis
http://regional.kompas.com/read/2012/10/19/17220014/Mahasiswa.Bandung.Berkelahi.1.Tewas.1.Kritis

Jumat, 19 Oktober 2012 | 17:22 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Perkelahian antar-mahasiswa terjadi di Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/10/2012). Insiden ini menyebabkan satu orang tewas dan satu kritis. Kepala Bagian Operasional Polrestabes Bandung AKBP Dani Kustoni menyebutkan, korban tewas adalah Yusuf Badi, mahasiswa Fisif Universitas Pasundan jurusan Hubungan Internasional. Yusuf tewas setelah ditusuk pisau oleh pelaku, Sepnat Karat (28), mahasiswa YPKP Jurusan Manajemen. Sedangkan korban luka adalah Ilyas, mahasiswa Institut Teknologi Nasional (Itenas) akibat terkena sabetan pisau pada salah satu bagian tubuhnya. "Satu korban tewas, satu lagi luka kritis. Kedua korban langsung diboyong ke Rumah Sakit Boromeous untuk diotopsi dan dirawat," jelas Dani kepada wartawan di lokasi kejadian di Jalan Cilaki, Bandung, Jumat, (19/10/2012). Ia menjelaskan, kasus ini bermula saat pertikaian di sebuah asrama mahasiswa di Jalan Cilaki, tadi pagi. Pertikaian sempat terhenti. Beberapa saat kemudian dilanjutkan di luar asrama dengan aksi kejar-kejaran dan berakhir penusukan. Peristiwa terjadi sekitar 11.30 WIB. "Belum diketahui motifnya seperti apa, kita dari pihak kepolisian sedang mendalami kronologinya seperti apa," tegas Dani.

...dst

23 ) Asia Paling Banyak Dilanda Bencana
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/20/05330585/asia.paling.banyak.dilanda.bencana

Sabtu, 20 Oktober 2012
Jakarta, Kompas - Benua Asia menempati peringkat pertama kawasan di dunia yang paling banyak dilanda bencana dalam setahun terakhir. Peringkat pertama ditempati Filipina yang dilanda 33 bencana, disusul China dengan 22 bencana, sedangkan Indonesia termasuk dalam 10 besar. Dari 302 bencana di dunia, 137 kejadian di antaranya terjadi di Asia. Di sisi nilai kerugian, dari 366 miliar dollar AS kerugian ekonomi akibat bencana di dunia, Asia mengalami kerugian hingga 294 miliar dollar AS. Dampak dan kerugian bencana ini akan menjadi agenda utama Konferensi Tingkat Menteri Se-Asia untuk Pengurangan Risiko Bencana (Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction/AMCDRR) Ke-5 yang akan digelar di Yogyakarta pada 22-25 Oktober 2012. Brigitte Leoni, Regional Communication Officer United Nations International Strategy for Disaster Risk Reduction (UNISDR) Asia Pacific Office, Jumat (19/10), mengatakan, 1.200 peserta, termasuk 49 pejabat setingkat menteri, diagendakan mengikuti pertemuan ini.

Tiga tema utama
Konferensi ini akan membahas tiga tema utama, yaitu mengintegrasikan pengurangan risiko bencana di tingkat lokal dan mengadaptasikan perubahan iklim ke rencana pembangunan nasional, mengkaji risiko dan pembiayaan di daerah, serta memperkuat tata kelola risiko daerah dan kemitraan. Indonesia adalah negara kelima yang menjadi tuan rumah pertemuan ini. Sebelumnya, konferensi serupa digelar di China (2005), India (2007), Malaysia (2008, dan Republik Korea (2010).

Kondisi Indonesia
Kepala Pusat Informasi, Data, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Asia memang merupakan kawasan rentan bencana dan Indonesia termasuk negara paling rentan. Walaupun pada 2011 Indonesia berada di urutan 10 besar negara Asia yang paling banyak dilanda bencana, pada tahun sebelumnya, Indonesia berada di urutan kedua. Selama tahun 2011, skala bencana di Indonesia relatif kecil, baik besaran maupun jumlah korbannya. Pada tahun itu, bencana yang menonjol adalah banjir bandang Garut, runtuhnya jembatan di Kalimantan Timur, dan banjir lahar hujan Merapi. Selama 2010, Indonesia didera tsunami Mentawai, banjir Wasior, dan erupsi Merapi.Sutopo menyebutkan, sejak tahun 2004 hingga 2011, dampak bencana terhadap ekonomi Indonesia cukup besar. Jika dihitung termasuk bencana- bencana kecil, seperti banjir, puting beliung, dan longsor, kerugian ekonomi diperkirakan lebih dari Rp 300 triliun, belum termasuk korban jiwa. (AIK)

***

24 ) Mencopet di rumah Allah ?
http://news.detik.com/read/2012/10/17/223315/2065513/10/jamaah-haji-indonesia-ditahan-polisi-arab-saudi-diduga-mencopet?nd771108bcj

...dst

25 ) TKI Korban Trafficking Bersaksi di PBB 
http://www2.tempo.co/read/news/2012/10/17/117436333/TKI-Korban-Trafficking-Bersaksi-di-PBB

Rabu, 17 Oktober 2012 | 20:22 WIB
TEMPO.CO, Wina - Seorang tenaga kerja wanita dari Indonesia yang menjadi korban perdagangan manusia bersaksi di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ia menjadi narasumber dalam salah satu acara dalam rangka Konferensi Negara Pihak Konvensi PBB Anti-Kejahatan Teroganisasi Lintas Negara. TKW dengan nama samaran Memey ini merupakan korban perdagangan manusia komplotan yang beroperasi di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Memey awalnya dijanjikan akan bekerja di restoran atau menjadi pembantu rumah tangga. "Ternyata saya disuruh melayani tamu," ujar perempuan 28 tahun itu di kantor PBB di Wina, Austria, Rabu, 17 Oktober 2012.

...dst

Tragedi Memey 1: Korban Trafficking Tampil di PBB
http://www2.tempo.co/read/news/2012/10/17/117436333/TKI-Korban-Trafficking-Bersaksi-di-PBB

Sabtu, 20 Oktober 2012 | 09:34 WIB
TEMPO.CO, Wina -- Suasana ruang rapat sebesar lapangan basket itu serentak berubah sendu. Film pendek tentang perjalanan hidup Memey, bukan nama sebenarnya, baru saja diputar. Sekitar 100 orang yang hadir terdiam, menunggu si Memey yang larut dalam tangis.
"Saya tidak mau ada Memey-Memey lain," kata Memey di forum diskusi yang digelar Kedutaan Besar Indonesia untuk Austria, dalam rangka Konferensi Negara Pihak Konvensi PBB Anti-Kejahatan Terorganisasi Lintas Negara, di Markas PBB Wina, Austria, Rabu lalu, 17 Oktober 2012. Wakil Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhamad Iqbal, mengatakan, Memey adalah korban trafficking atau perdagangan manusia pertama yang tampil di forum resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Lihat: TKI Korban Trafficking Bersaksi di PBB.

...dst

Selanjutnya:
Kisah Memey 2: Dari Pasar Secang Hingga Singapura
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/20/173436796/Kisah-Memey-2-Dari-Pasar-Secang-Hingga-Singapura
Kisah Memey 3: Tawaran Kilat nan Menggiurkan
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/20/173436798/Kisah-Memey-3-Tawaran-Kilat-nan-Menggiurkan
Kisah Memey 4: Saya Dijual Setelah Didandani
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/20/173436799/Kisah-Memey-4-Saya-Dijual-Setelah-Didandani
Kisah Memey 5: Polisi dan Pelanggan Baik Hati
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/20/173436800/Kisah-Memey-5-Polisi-dan-Pelanggan-Baik-Hati
Kisah Memey 6: Telepon Seluler yang Membebaskan
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/20/173436803/Kisah-Memey-6-Telepon-Seluler-yang-Membebaskan
Kisah Memey 7: Hidup Baru dengan HIV
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/20/173436804/Kisah-Memey-7-Hidup-Baru-dengan-HIV


 Berita Edukasi, 19 Oktober 2012

 1 ) Titipan Proyek Universitas, Anggota Komisi X DPR: Jangan Curigai Kami!
http://news.detik.com/read/2012/10/19/055452/2066632/10/titipan-proyek-universitas-anggota-komisi-x-dpr-jangan-curigai-kami?n990102mainnews

Jumat, 19/10/2012 05:54 WIB
Jakarta Anggota Komisi X DPR menyesalkan kesaksian Sesditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Harris Iskandar dalam sidang Angelina Sondakh di Pengadilan Tipikor. Anggota dewan keberatan dituding sering menitipkan proyek Kementerian Pendidikan. "Saya merasa keberatan kalau itu dikatakan Haris itu semua anggota komisi X," ujar anggota DPR Komisi X, Deddy Gumelar kepada detikcom, Kamis (18/10/2012) malam. Menurutnya, tidak semua anggota dewan berlaku seperti apa yang disebut Sesditjen Dikti Harris di persidangan Angie. Ia menegaskan tidak semua anggota komisi X melakukan seperti itu. "Jadi jangan dikatakan itu semua dilakukan oleh anggota komisis X karena saya sendiri anggota komisi X. Dan tidak semua sama anggota komisi X itu sama, jadi jangan dipukul rata semua anggota komisi X," tuturnya. Deddy yang akrab disapa Miing ini menjelaskan, dugaan adanya anggota dewan menitip usulan nama universitas terkait proyek pengadaan laboratorium. "Kalau kesaksian Harris yang di proses sidang angie itu pribadi masing," jelasnya.

...dst

2 ) Hampir Semua Anggota DPR 'Nitip' Proyek
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/18/15095349/Hampir.Semua.Anggota.DPR.Nitip.Proyek

Kamis, 18 Oktober 2012 | 15:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Haris Iskandar mengungkapkan, hampir semua anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat menitipkan proyek universitas kepada pihak pemerintah. Hal ini disampaikan Haris saat bersaksi dalam persidangan kasus dugaan penerimaan suap kepengurusan anggaran di Kementerian Pendidikan Nasional serta Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan terdakwa Angelina Sondakh, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (18/10/2012). "Yang bilang (nitip) banyak, titip ini, titip itu, tapi semuanya diusulkan," kata Haris. Awalnya, kepada majelis hakim, Haris mengungkapkan bahwa Angelina alias Angie pernah menitipkan proyek kepadanya dalam pertemuan makan siang di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta.

...dst

3 ) Tiga Politikus Aktif Urus Proyek Universitas
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/18/063436503/Tiga-Politikus-Aktif-Urus-Proyek-Universitas

Kamis, 18 Oktober 2012 | 16:46 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Dua saksi dalam sidang Angelina Sondakh, terdakwa suap pengurusan proyek wisma atlet dan universitas negeri, menyebut bahwa sejumlah anggota Komisi Olahraga Dewan Perwakilan Rakyat aktif mengurus proyek universitas 2010. Mereka yang disebut selain Angelina alias Angie, adalah politikus PDI Perjuangan Wayan Koster serta politikus Golkar Kahar Muzakkir dan Rully Chairul Azwar. "Mereka tim kecil yang dibentuk untuk mengoreksi usulan-usulan universitas yang akan mendapat dana," ujar Dadang Sudiyarto, Kepala Bagian Perencanaan dan Anggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dadang menjadi salah satu saksi Angelina di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis, 18 Oktober 2012. Dadang mengatakan, usulan dana universitas yang dibahas tim kecil itu tidak hanya berasal dari kementeriannya, tetapi juga dari DPR sendiri. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Harris Iskandar, saksi lainnya, mengatakan usulan banyak muncul dalam rapat dengar pendapat di komisi olahraga "Ada sekitar 20 proposal yang diusulkan DPR," ujar dia.

...dst

4 ) Angie: Saya Hanya Menyampaikan Permintaan Rektor di Daerah
http://news.detik.com/read/2012/10/18/152020/2066138/10/angie-saya-hanya-menyampaikan-permintaan-rektor-di-daerah?nd771108bcj

Kamis, 18/10/2012 15:20 WIB
Jakarta Beberapa kesaksian Sesditjen Dikti Harris Iskandar menyudutkan terdakwa Angelina Sondakh. Angie pun membantah bahwa dirinya melakukan penggiringan proyek di universitas-universitas. "Tidak benar saya melakukan penggiringan proyek. Tapi benar saya menjadi koordinator Pokja," ujar Angie di persidangan di pengadilan negeri Tipikor, Jl Rasuna Said, Jaksel, Kamis (18/10/2012). Angie mengakui bahwa dirinya memang melakukan pembahasan di Komisi X mengenai anggaran di Kemendikbud. Namun dia memastikan bahwa program universitas yang dibahas oleh komisi merupakan program yang telah lebih dulu diajukan pemerintah. "Semua yang dibahas merupakan usulan pemerintah," ujar Angie. Lalu mengenai pengakuan Harris yang menyebutkan bahwa dia pernah dititipi Angie mengenai program di universitas, Angie juga menyangkal. Menurut Angie, itu semata-mata untuk mengakomodir permintaan dari rektor di daerah.

...dst

5 ) 7 Mahasiswa Uji Materi UU Guru ke MK 
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/19/079436663/7-Mahasiswa-Uji-Materi-UU-Guru-ke-MK

Jum''at, 19 Oktober 2012 | 13:08 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Tujuh mahasiswa calon guru dari sejumlah daerah di Jawa Timur dan Jakarta mengajukan gugatan terhadap Pasal 9 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ke Mahkamah Konstitusi (MK). Melalui kuasa hukumnya, Muhammad Sholeh, para penggugat meminta MK untuk menguji pasal tersebut agar profesi guru hanya diperuntukkan bagi sarjana keguruan dan ilmu pendidikan. "Pasal tersebut memberi ruang bagi sarjana non-kependidikan untuk bisa menjadi guru," kata Sholeh saat ditemui seusai sidang perbaikan permohonan di gedung MK, Jumat, 19 Oktober 2012. Para penggugat tersebut, dua orang di antaranya dari Surabaya, yakni Aris Winarto dari Universitas Negeri Surabaya dan M. Khoirur Rosyid dari Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tiga mahasiswa berasal dari Malang, yakni Achmad Hawanto dari Universitas Negeri Malang, Heryono dari Universitas Kanjuruhan Malang, dan Siswanto dari Sekolah Tinggi Agama Islam Raden Rahmat Malang.

...dst

6 ) Unhas Terapkan Kawasan Bebas Korupsi
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/19/079436591/Unhas-Terapkan-Kawasan-Bebas-Korupsi

Jum''at, 19 Oktober 2012 | 05:32 WIB
TEMPO.CO , Makassar: Universitas Hasanuddin mencanangkan program kampus bebas korupsi. "Kami akan pasang seruan yang berisi kawasan bebas korupsi," kata Profesor Dekan Fakultas Hukum Profesor Aswanto, Kamis 18 Oktober 2012. Aswanto mengatakan program itu sudah lama dirancang, meski belum secara ditetapkan sebagai kawasan bebas korupsi. "Kami khawatir itu hanya sekadar slogan," ujarnya. Penerapan areal bebas korupsi itu dilakukan menyusul pembentukan lembaga Pusat Studi Hukum dan Anti Korupsi (Pusaka). Lembaga itu resmi diluncurkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto. Aswanto mengatakan, keberadaan lembaga tersebut akan mendorong sivitas akademika Universitas Hasanuddin memahami bahaya laten korupsi. Aswanto menargetkan upaya pemberantasan korupsi bisa dimulai dari dalam kampus. "Program ini menjadi bagian penting untuk membudayakan perilaku antikorupsi," kata dia.

...dst

7 ) Program Magister Hukum Perdagangan MTIC Hadir di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/19/12155864/Program.Magister.Hukum.Perdagangan.MTIC.Hadir.di.Indonesia

Jumat, 19 Oktober 2012 | 12:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, program pascasarjana bidang hukum perdagangan dibuka di Indonesia. Program bertajuk Masters of Law in Trade, Investment, Competition Law and Policy ini dibuka di Universitas Pelita Harapan (UPH) atas kerja sama dengan pemerintah Swiss. Ketua Program Studi Magister Hukum UPH, Henry Soelistyo Budi, mengatakan Indonesia makin diperhitungkan dalam perekonomian global. Oleh karena itu, program ini dibuka untuk memantapkan pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam kebijakan perdagangan internasional. "Kita memiliki konsen yang betul-betul ingin menjawab problem kebijakan hukum perdagangan kita. Itu masalah yang benar-benar kita sentuh langsung. Misalnya, persoalan negosiator. Dalam pengalaman saya di birokrasi selama 30 tahun, kita belum sampai pada tahap memiliki negosiator ulung," tuturnya di sela peluncuran program ini awal Oktober lalu. "Negosiator kita rata-rata adalah diplomat-diplomat tua yang sudah tidak update dengan problem-problem sekarang. Jadi itu (diplomat muda) menjadi kebutuhan di kalangan pemerintahan," tambahnya kemudian.

...dst

8 ) Hari Ini, Kongres Ilmu Hukum Indonesia di Semarang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/19/11450971/Hari.Ini.Kongres.Ilmu.Hukum.Indonesia.di.Semarang

Jumat, 19 Oktober 2012 | 11:45 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com- Impian Sosiolog Hukum Universitas Diponegoro Semarang Prof Satjipto Rahardjo (alm) untuk menggelar Kongres Ilmu Hukum Indonesia akhirnya tercapai. Hari ini, Jumat hingga Sabtu (20/10/2012) di Hotel Santika Semarang, Jateng, lebih dari 100 pakar hukum dari berbagai universitas termasuk aparat penegak hukum hadir dalam kongres ini. Kongres yang mengusung tema "Refleksi dan Rekonstruksi Ilmu Hukum Indonesia" digelar Asosiasi Sosiologi Hukum Indonesia (ASHI) dan Fakultas Hukum Undip Semarang, serta didukung Institut Satjipto Rahardjo. Kongres dibuka Rektor Undip Semarang Prof Dr Sudharto P Hadi MES, Jumat pagi. "Akhirnya kami bisa mewujudkan Kongres Ilmu Hukum Indonesia ini sebagai penghormatan kepada almarhum Prof Satjipto Rahardjo. Gagasan kongres ini sudah lama direncanakan beliau semasa hidup," jelas Ketua Panitia Kongres Ilmu Hukum Indonesia Prof Dr Esmi Warassih Pujirahayu SH MS.

...dst

9 ) Peserta kompetisi olah talenta IPB terus bertambah
http://www.antaranews.com/berita/339375/peserta-kompetisi-olah-talenta-ipb-terus-bertambah

Kamis, 18 Oktober 2012 21:33 WIB
Bogor (ANTARA News) - Peserta kompetisi olah talenta yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (HIMASIERA) FEMA IPB terus bertambah, khususnya dari kalangan pelajar SMA dan mahasiswa. Humas panitia kompetisi Himasiera Olah Talenta 2012, Ajeng Intan di Bogor, Kamis mengatakan saat ini sudah lebih dari 100 peserta yang mendaftar. "Peminat terbanyak adalah sudah kategori lomba disain, serta penulisan cerpen dan fotografi," kata Ajeng. Kategori lainnya yang diperlombakan adalah pembuatan film pendek, scriptnews, lomba debat, presenter dan penyiar radio. Di antara peserta, ada yang sudah berpengalaman dan bahkan pernah mengikuti kompetisi di luar negeri. Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa dan pelajar SLTA se-Jabodetabek. Tujuan kompetisi tersebut antara lain untuk menjaring potensi mahasiswa dan pelajar SLTA dalam bidang komunikasi, serta memperkenalkan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB kepada khalayak luas.

...dst

10 ) Undip Gelar Konferensi Internasional Bidang Teknik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/18/22501917/Undip.Gelar.Konferensi.Internasional.Bidang.Teknik

Kamis, 18 Oktober 2012 | 22:50 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang menjadi tuan rumah dalam acara 1th International Joint Conference on Advanced Engineering yang mengusung tema "Reach Up Green Technology". Acara yang berlangsung 18-19 Oktober 2012 di Gedung ICT Undip itu, dibuka Rektor Undip Semarang Prof Sudharto P Hadi, Kamis (18/10/2012). Konferensi tersebut di hadiri sejumlah dosen dari beberapa universitas seperti Malaysia, Belanda, Spanyol, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Dalam sambutannya, Sudharto menyampaikan ilmu pengetahuan dan teknologi didedikasikan untuk kesejahteraan, kemudahan, kebahagiaan, dan manusia. Selain Rektor Undip, hadir sebagai pembicara dalam pleno JICAE 2012 adalah Prof Dr Ir Saparudin bin Arifin (UTHM-Malaysia), Dr Ir Gagoek Hardiman (Undip), dan Prof Tetsuo Tezuka (Kyoto University).

...dst

11 ) Undip Tinjau Kerja Sama Sister Universities
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/19/202686/Undip-Tinjau-Kerja-Sama-Sister-Universities

19 Oktober 2012
SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) kembali meninjau MoU kerja sama yang pernah dijalani dengan Sister University dari enam negara. Tinjauan ini dilakukan melalui kegiatan 1th International Joint Conference on Advanced Engineering dengan tema ''Reach Up Green Technology'' yang diadakan Fakultas Teknik Undip, Kamis (18/10).
Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari upaya universitas menuju world class university. Kegiatan ini menjadi peluang positif bagi Undip untuk menunjukkan kepedulian terhadap teknologi ramah lingkungan. ''Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi pada dasarnya memberikan kemudahan, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi manusia. Namun, sains dan teknologi yang diterapkan ini semestinya juga ramah lingkungan agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan makhluk hidup,'' ujarnya. Kegiatan ini dihadiri dosen dari enam negara yang tergabung dalam Sister Universities, yakni Malaysia, Belanda, Spanyol, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Antara lain Prof Dr Ir Saparudin bin Arifin (UTHM-Malaysia) dan Prof Tetsuo Tezuka (Kyoto University).

...dst

12 ) Mahasiswa Pecinta Alam Seluruh Indonesia Gelar TWKM
http://www.metrotvnews.com/metronews/newsvideo/2012/10/19/161998/Mahasiswa-Pecinta-Alam-Seluruh-Indonesia-Gelar-TWKM/3

Jumat, 19 Oktober 2012 10:40 WIB
Metrotvnews.com, Cimahi: Mahasiswa pecinta alam seluruh Indonesia menggelar Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) ke-24 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat. Kegiatan tahunan tersebut berlangsung mulai 15 hingga 21 Oktober. Agenda utama temu wicara membahas revitalisasi peranan mahasiswa pecinta alam dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu juga membahas rancangan kurikulum konservasi untuk diaplikasikan dalam sistem pendidikan nasional. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan kenal medan berupa pendakian gunung di pegunungan Bandung utara, penelusuran gua di kawasan karst Sukabumi, pemanjatan tebing Parang di Purwakarta, serta arung jeram di Sungai Citarum, Citanduy, Cikandang. (Wtr4)

...dst

13 ) Kalla minta mahasiswa akhiri tawuran dan mulai wirausaha
http://www.antaranews.com/berita/339446/kalla-minta-mahasiswa-akhiri-tawuran-dan-mulai-wirausaha

Jumat, 19 Oktober 2012 13:17 WIB
Makassar (ANTARA News) - Mantan Presiden Muhammad Jusuf Kalla meminta para mahasiswa meninggalkan tawuran dan memulai kegiatan wirausaha. "Mari kita jaga baik-baik kampus kita, kampus itu rumah kita juga jangan dirusak-rusak, apalagi dengan berkelahi sesama mahasiswa," katanya saat memberikan kuliah umum tentang kewirausahaan di kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat. Pengusaha kelahiran Kota Makassar yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu menyemangati para mahasiswa untuk mulai menekuni dunia usaha. "Jiwa melekat di dunia usaha adalah utama bagi seluruh mahasiswa. Kultur kita berbeda dengan daerah lain, orang Jawa lebih berani kenapa kita tidak," katanya. Dia mengatakan, semangat adalah modal utama untuk memulai usaha dan bahwa pengusaha bisa menjadi sukses karena semangat yang besar, bukan hanya modal besar.

...dst

14 ) Tolak Wakapolri ke Kampus, Seorang Mahasiswa Tertembak
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/19/05173529/tolak.wakapolri.ke.kampus.seorang.mahasiswa.tertembak

19 Oktober 2012
Tangerang Selatan, Kompas - Penolakan kedatangan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Soekarna ke Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, berujung bentrokan, Kamis (18/10). Empat mahasiswa terluka, satu di antaranya terkena tembakan. Selain itu, lima polisi, wartawan, dan pedagang juga terluka. Mahasiswa yang tertembak bernama Feri Irawan. Perut depan sebelah kanannya berlubang. Sejak tergolek sekitar pukul 13.30 hingga 17.00 di RSUD Tangsel, ia belum dioperasi. "Saya tengah berlindung di balik papan, tiba-tiba perut perih dan keluar darah," kata Feri. Belum diketahui apakah ia terkena peluru tajam atau peluru karet. Kepala Polres Jakarta Selatan Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat membantah polisi memakai peluru tajam. Namun, Aweng, seorang rekan mahasiswa, mendengar polisi menekan dokter agar mengatakan tidak ada peluru. Dokter Muh Mursal, spesialis bedah umum di RSUD Tangsel, memastikan luka Feri akibat peluru. Namun, dari hasil rontgen, tidak terlihat adanya proyektil. Mahasiswa lain, Jundi Fajrin, juga terluka parah karena tulang tengkoraknya retak. Ia beberapa kali muntah darah. Sementara itu, polisi yang terluka, menurut petugas jaga UGD Puskesmas Pamulang, Ida Farida, adalah Briptu Dedi dan Aipda Syamsudin (luka sobek di kepala) serta Briptu Suryana dan Aiptu Supeno (luka sobek di kaki).

...dst

15 ) Tragedi Unpam, Mahasiswa Harusnya Kendalikan Emosi
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/18/417/706094/tragedi-unpam-mahasiswa-harusnya-kendalikan-emosi

Jum'at, 19 Oktober 2012 09:19 wib
JAKARTA - Fenomena aksi anarkis yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa tidak ada habisnya. Tragedi berdarah kembali terjadi, kali ini di Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan. Aksi brutal yang dilakukan para mahasiswa itu dikarenakan lantaran menolak kedatangan Wakapolri Nanan Sukarna yang akan memberikan kuliah umum di kampus Unpam. Bentrok antara mahasiswa dan polisi Kamis 18 Oktober sing ini pun tidak terhindarkan. Keduanya saling serang antara batu dan gas air mata yang mengakibatkan satu mahasiswa kena luka tembak dan luka pukul. Menurut pengamat pendidikan Utomo Dananjaya, banyaknya tragedi aksi kekerasan di kalangan kampus disebabkan ulah mahasiswanya yang menunjukan perilaku tidak baik di kampus. "Di Ternante misalnya, setelah disisir ditemukannya minuman keras dan di Makassar juga ditemukan sabu dan ganja. Itu berpengaruh kepada mahasiswanya, menjadi tidak bisa mengendalikan emosi," ujar pendiri Institute for Education Reform (IER) ini, saat dihubungi Okezone Kamis (18/10/2012).

...dst

16 ) Calo Rekrutmen CPNS Segera Diproses
http://regional.kompas.com/read/2012/10/18/22184828/Calo.Rekrutmen.CPNS.Segera.Diproses

Kamis, 18 Oktober 2012 | 22:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com  - Beberapa calo dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil segera diberi sanksi. Pegawai negeri sipil yang diketahui sudah beberapa kali menjadi calon akan diberhentikan dengan tidak hormat. "Di Kementerian Hukum dan HAM, ditemukan dua kasus. Untuk yang di Lampung, saya minta dipecat sebab sudah lebih berpengalaman dan ada niat meminta uang Rp 30 juta-Rp 200 juta. Untuk kasus di Yogyakarta, baru sekali ini melakukan jadi saya minta tidak dipecat, lagipula uangnya sudah dikembalikan kepada korban," tutur Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, Kamis (18/10/2012) di Jakarta. Dalam pantauan Ombudsman Republik Indonesia dan Indonesia Corruption Watch (ICW), masih banyak pengaduan terkait rekrutmen CPNS 2012. Ombudsman RI bersama tujuh kantor perwakilannya menerima 60 pengaduan terkait kejanggalan verifikasi administrasi, tindakan dikriminatif, sampai dugaan suap. Salah satunya praktik percaloan yang terjadi dalam penerimaan sipir oleh oknum Lembaga Pemasyarakatan di Sleman, Yogyakarta. Dalam pemeriksaan, oknum yang terdiri atas ayah dan anak mengaku menerima Rp 25 juta dari calon PNS. Jumlah itu merupakan bagian dari Rp 150 juta, harga yang harus dibayarkan. "Kasus seperti ini seharusnya diproses secara hukum, bukan hanya teguran atau sanksi administratif. Ini dugaan suap atau bahkan bisa juga pemerasan," tutur Budi, Selasa (16/10) di Jakarta. Lais Abid yang juga peneliti ICW menambahkan, dugaan manipulasi menguat karena pengumuman dibuat tidak jelas dan bisa berubah. Misalnya, kualifikasi pendidikan sarjana fisika bisa berubah menjadi sarjana sains untuk pos tertentu.

...dst

17  ) DPR Setujui RUU Pangan
Wapres: Impor Pangan Diupayakan Turun
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/19/04214523/dpr.setujui.ruu.pangan

19 Oktober 2012
Jakarta, Kompas - Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis (18/10), menyetujui Rancangan Undang- Undang Pangan disahkan menjadi undang-undang. Dengan undang-undang baru itu, Indonesia dapat mengatur kedaulatan, kemandirian, dan ketahanan pangan. Pengambilan keputusan atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Pangan itu diambil dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dipimpin Wakil Ketua DPR Pramono Anung Wibowo, di Jakarta, Kamis (18/10). Hadir pada rapat paripurna tersebut antara lain Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin. Ketua Komisi IV DPR Muhammad Romahurmuziy mengatakan, persetujuan DPR terhadap RUU Pangan menjadi UU pada hari ini merupakan kado terhadap peringatan Hari Pangan Sedunia yang tahun ini diselenggarakan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Menurut dia, melalui UU Pangan yang baru saja disahkan, bangsa Indonesia dapat mengatur kedaulatan, kemandirian, dan ketahanan pangan sendiri, yang tidak terpengaruh oleh negara lain. Salah satu pasal yang penting adalah pembangunan sistem peringatan dini dampak perubahan iklim. Dalam pasal ini, pemerintah wajib melakukan prakiraan iklim untuk mengantisipasi gagal panen.

...dst

18 ) Mengantisipasi Datangnya Sang Pembunuh
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/19/03540384/mengantisipasi.datangnya.sang.pembunuh

Oleh Didit Putra Erlangga Rahardjo
19 Oktober 2012
Aorta Life adalah sebuah aplikasi telepon seluler yang berfungsi memantau detak jantung seseorang, mengolah datanya, kemudian memberikan diagnosis sederhana mengenai kondisi jantung. Setiap indikasi masalah pada jantung bisa diketahui lebih cepat sehingga bisa diambil tindakan penanganan. Aplikasi ini dibuat oleh Newbee.Corp yang dijalankan tiga lulusan Institut Teknologi Telkom Bandung, Harland Firman Agus, Evan David Kristian, dan Emille Junior. Mereka memanfaatkan alat pembaca denyut jantung yang bisa dibaca telepon seluler (ponsel), lalu datanya dikirimkan ke server. Dari server, informasi dikirimkan kepada dokter pribadi atau anggota keluarga. Idenya berawal dari keprihatinan bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia dan menyumbang 29 persen dari kematian penduduk dunia setiap tahun. Di Indonesia, penyakit jantung berada di peringkat kedua, yang menyebabkan 26,8 persen kematian penduduk. "Mayoritas penderita penyakit jantung adalah penduduk berusia 65 tahun ke atas," kata Harland saat ditemui, awal Oktober. Kejadian yang paling sering adalah kakek atau nenek yang tinggal sendirian di rumah mendadak mengalami masalah pada jantung. Kerabat atau tetangga umumnya baru mengetahui beberapa jam kemudian dan biasanya berakhir fatal. Aorta Life dirancang dengan tujuan bisa memberikan peringatan jika kerabat mereka bermasalah dengan jantung. Aplikasi ini mendapat penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Barat dalam sebuah kompetisi yang digelar Bandung Digital Valley, September 2012. Saat ini, tiga sekawan itu tengah mengembangkan aplikasi menggunakan sistem operasi lain, Windows Mobile, agar bisa diikutsertakan dalam kompetisi internasional Microsoft Imagine Cup 2013.

...dst

19 ) 75 persen tanah Majapahit rusak
http://www.antaranews.com/berita/339370/75-persen-tanah-majapahit-rusak

Kamis, 18 Oktober 2012 20:58 WIB
Mojokerto (ANTARA News) - Saat ini sebanyak 75 persen wilayah pertanahan yang ada di peninggalan Kerajaan Majapahit di Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, sudah rusak akibat adanya pembuatan batu bata oleh warga sekitar, kata arkeolog Prof. Mundarjito "Saat ini sudah ada sekitar empat ribu linggan dengan menggali tanah di sekitar lokasi peninggalan Kerajaan Majapahit," ujarnya saat ditemui di Mojokerto, Kamis. Linggan adalah sebutan untuk tempat pembuatan batu bata. Ia mengemukakan, akibat aksi pembuatan batu-bata tersebut, maka sedikit-dikitnya 75 persen tanah dari wilayah peninggalan Kerajaan Majapahit rusak. "Tanah yang rusak tersebut adalah tanah lapisan atas sedalam dua sampai dengan tiga meter yang banyak digunakan sebagai pembuatan batu bata," katanya. Dalam membuat batu bata tersebut, menurut dia, seringkali ditemukan benda-benda cagar budaya, seperti tembikar dan keramik oleh pembuat batu bata. "Tetapi, banyak terjadi temuan-temuan tersebut tidak dilaporkan dan dijual secara pribadi sehingga sangat merugikan penelitian tentang sejarah Kerajaan Majapahit," tukasnya.

...dst

20 ) Dari Juara Menjadi Tersangka
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/19/12392162/Dari.Juara.Menjadi.Tersangka

Jumat, 19 Oktober 2012 | 12:39 WIB
KOMPAS.com — Siapa yang menyangka, seorang juara di SMP kelak menjadi tersangka kasus pembunuhan di jenjang SMA. Kisah FR—yang dituduh membacok Alawy Yusianto Putra dalam tawuran antara SMA Negeri 6 dan SMAN 70 Bulungan, Jakarta, 24 September lalu—menunjukkan betapa rapuhnya kepribadian seorang remaja. FR yang berasal dari SMPN 12 Kebayoran Baru, Jakarta, semula dikenal sebagai anak pintar. Ia lulus dengan nilai evaluasi tahap akhir nasional (ebtanas) murni rata-rata 9 lebih sehingga masuk peringkat keempat di sekolahnya. Wajarlah jika ia kemudian bisa menembus SMAN 70 yang tergolong rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). "NEM saya 38,15. Matematika 90,25, IPA 100, Bahasa Inggris 90,5, dan Bahasa Indonesia 90," kata FR, sebagaimana dikutip pengacaranya, Nazarudin Lubis, di Kepolisian Resor Jakarta Selatan, Selasa (16/10) siang lalu. Salah seorang gurunya di SMPN 12, yang menolak disebut namanya, mengakui FR adalah anak yang taat beribadah. "Ia sungguh-sungguh kalau mengikuti pelajaran agama," katanya kepada Kompas, Rabu (17/10).Pascaperistiwa pembunuhan Alawy dan Deni Yanuar, tersisa pertanyaan, apakah lingkungan sekolah telah "mengubah" mereka?

...dst

21 ) Pelajar Indonesia Berprestasi di Olimpiade Ilmu Kebumian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/19/16004098/Pelajar.Indonesia.Berprestasi.di.Olimpiade.Ilmu.Kebumian

Jumat, 19 Oktober 2012 | 16:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelajar Indonesia mengharumkan nama bangsa dengan mempersembahkan tiga medali perak dan satu medali perunggu dari ajang Olimpiade Ilmu Kebumian Internasional (International Earth Science Olympiad/IESO) di Olivaria, Buenos Aires, Argentina. Pelajar Indonesia juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Performance in Atmosphere dan Best Poster Presentation. IESO ke-6 yang berlangsung 8-12 Oktober itu diikuti empat pelajar Indonesia. IESO tahun ini diikuti peserta dari 20 negara. Tim Indonesia diwakili oleh Fenin Rega Randitama (SMAN 1 Banjarnegara), Ratika Benita Nareswar (SMA Dwi Warna Bogor), Thomas Teguh Wijaya (SMAK Petra 2 Surabaya), dan Dovian Emely Suteja (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta). Para siswa didampingi tim pembina, yaitu Hendra Amijaya (Teknik Geologi Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada), Zadrach L Dupe (Meteorologi Fakultas MIPA Institut Teknologi Bandung), Chatief Kunjaya (Fakultas MIPA ITB), serta observer dari Direktorat Pembinaan SMA Alex Fingadi.

...dst

22 ) Kemdikbud Berikan Dukungan Dana untuk Pengembangan Film Pendek
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/763

10/19/2012
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kegiatan Pendukungan Pembinaan dan Pengembangan Film Pendek di Dalam dan Luar Negeri sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap perkembangan kemajuan dan pembinaan film pendek Indonesia. "Kami ingin memberikan ruang kepada komunitas-komunitas film supaya tetap eksis," ujar Sulistyo Tirtokusumo, Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemdikbud, saat jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (19/10). Program Pendukungan Pembinaan dan Pengembangan Film Pendek di Dalam dan Luar Negeri bertujuan untuk meningkatkan mutu dan jumlah pelaksanaan festival dan pemutaran film pendek di Indonesia. Anggaran yang disediakan sebesar 250 juta rupiah, diperuntukkan bagi sepuluh festival atau komunitas film dalam menyelenggarakan kegiatannya. "Dukungan ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan rangsangan dalam membuat film pendek di berbagai daerah. Jadi kuantitas dan kualitas film pendek bisa naik secara signifikan," kata Sulistyo.

...dst

 Berita Edukasi, 18 Oktober 2012

 1 ) PT Cari Solusi Cegah Tawuran
Dibangun Solidaritas Angkatan, Bukan Fakultas
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/18/04402399/pt.cari.solusi.cegah.tawuran

Kamis, 18 Oktober 2012
jakarta, kompas - Sejumlah perguruan tinggi mencari cara untuk mencegah terjadinya tawuran antarmahasiswa di kampus. Kegiatan yang melibatkan mahasiswa antarfakultas dalam bentuk unit kegiatan mahasiswa dinilai efektif untuk menjalin kebersamaan dan mencegah tawuran. Di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, misalnya, unit kegiatan mahasiswa (UKM) dibentuk sebanyak-banyaknya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. UKM sebagai kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa biasanya diikuti mahasiswa antarfakultas. "Karena UKM diikuti mahasiswa antarfakultas, secara tidak langsung kebersamaan antarmahasiswa terjalin," kata Rektor UGM Pratikno di Yogyakarta, Rabu (17/10). Selain itu, untuk lebih mengenal dan menjalin kebersamaan, mulai tahun ini, mahasiswa baru UGM tidak langsung ditangani fakultas, tetapi memakai sistem gugus. Satu gugus terdiri atas mahasiswa 18 fakultas sehingga mahasiswa mengenal mahasiswa fakultas lain. "Yang ingin kami bangun adalah solidaritas satu angkatan beda fakultas," kata Pratikno. Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, Triyogi Yuwono menyatakan hal senada. UKM cukup efektif membuat mahasiswa berbeda fakultas saling mengenal. "Persoalan selanjutnya, mendorong mahasiswa ikut UKM sesuai dengan minatnya," ujar Triyogi. Untuk menambah kebersamaan, ITS juga kerap menjalin kegiatan bersama, seperti memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) yang membutuhkan peran bersama sivitas akademika. "Rasa bangga muncul jika berhasil memecahkan rekor Muri," katanya menambahkan.

...dst

2 ) Film Dokumenter Indonesia Diapresiasi Dunia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/18/18593183/Film.Dokumenter.Indonesia.Diapresiasi.Dunia

Kamis, 18 Oktober 2012 | 18:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Film dokumenter "Negeri di Bawah Kabut" dinominasikan sebagai film dokumenter terbaik di Jerman dan ajang Asia Pasific Screen Award. Setelah diputar pertama kali di  Dubai International Film Festival 2011  dan meraih Special Jury Prize , "Negeri di Bawah Kabut" (The Land Beneath the Fog) akan kembali berkompetisi di festival internasional. Kali ini film dokumenter yang berkisah tentang dua keluarga petani di Desa Genikan, sebuah desa di lerenggunung Merbabu, tersebut akan bersaing di  55th International Leipzig Festival Goethe-Institut for Documentary and Animated Film (Dok-Leipzig),  festival film dokumenter dan animasi terbesar di Jerman yang sangat terkemuka di dunia. Dengan seleksi yang ketat, dari 2.847 film yang didaftarkan 113 negara, terpilih 84 film dokumenter dan 114 film animasi pendek untuk diputar selama 29 Oktober- 4 November 2012. Kehormatan bagi "Negeri di Bawah Kabut" dapat bersaing di seksi International Young Documentary Talent , sebuah seksi yang ditujukan untuk sutradara yang baru membuat satu feature film. Selain Dok-Leipzig, film yang diproduksi atas dukungan  Goethe Institut Indonesien, Ford Foundation, Dewan Kesenian Jakarta  dan BluPost Asia , ini juga akan diputar di lima festival film pada bulan Oktober sampai Desember tahun ini.

...dst

3 ) Proposal 16 Universitas Tiba-tiba Muncul dalam Rapat di DPR
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/18/18024271/Proposal.16.Universitas.Tiba-tiba.Muncul.dalam.Rapat.di.DPR

Kamis, 18 Oktober 2012 | 18:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Haris Iskandar mengungkapkan kejanggalan dalam  proses pengajuan proposal proyek sarana dan prasarana perguruan tinggi. Menurut Haris, proposal dari 16 universitas tiba-tiba sudah ada di tangan anggota Dewan dan dibahas dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Pemerintah dan Komisi X DPR. Padahal setiap universitas seharusnya mengajukan proposal melalui Dikti, bukan kepada anggota DPR. "Pada saat RDP, ada anggota DPR yang sudah megang proposalnya sementara saya saja belum," kata Haris dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (18/10/2012). Dia diperiksa sebagai saksi untuk terdakwa kasus dugaan penerimaan suap penganggaran proyek di Kemendiknas serta Kementerian Pemuda dan Olahraga, Angelia Sondakh. Menurut Haris, ada sekitar 16 proposal tambahan yang dibawa anggota Dewan dan muncul dalam RDP. Nilai anggaran yang diajukan melalui proposal tersebut masing-masing minimal Rp 20 miliar. Dikatakannya, proposal yang tidak diketahui Dikti tersebut diberikan langsung oleh pihak universitas kepada anggota Dewan. "Proposal-proposal tambahan yang muncul, tapi kita tidak punya, itu kategori empat, yang tidak kita usulkan dan dalam dinamika RDP muncul," jelasnya.

...dst

4 ) Sesditjen Dikti: Angie Titip Program-program di Universitas Diprioritaskan
http://news.detik.com/read/2012/10/18/115251/2065873/10/sesditjen-dikti-angie-titip-program-program-di-universitas-diprioritaskan

17 Oktober 2012
Jakarta Sesditjen Dikti Kemendikbud Harris Iskandar bersaksi untuk terdakwa Angelina Sondakh. Harris mengaku pernah dititipi Angie mengenai program-program di universitas. "Pernah menitipkan program-program di universitas, waktu itu terdakwa bilang 'titip ya'," ujar Harris di Pengadilan Tipikor, Jl Rasuna Said, Jaksel, Kamis (18/10/2012). Harris menyatakan, Angie menitipkan program-program di universitas itu agar diprioritaskan oleh Ditjen Dikti. Progam-program itu merupakan program yang ada di APNP 2010. Mendapat titipan dari Angie, Harris mengaku hanya menjawab secara normatif. "Saya hanya jawab ya saja secara normatif," ujar Harris.Harris juga menyatakan, Angie meminta program-program universitas yang ada di Indonesia Timur diprioritaskan. Namun, Harris mengaku tidak ingat universitas mana saja yang disebut Angie."Bu Angie memprovokasi untuk program di Indonesia timur," kata Harris.(fjr/aan)

***

5 ) Unhas Luncurkan Lembaga Anti-korupsi Hari Ini
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/17/058436133/Unhas-Luncurkan-Lembaga-Anti-korupsi-Hari-Ini

Rabu, 17 Oktober 2012 | 05:37 WIB
TEMPO.CO , Makassar: Universitas Hasanuddin membentuk lembaga anti korupsi bernama Pusat Studi Ilmu Hukum dan Anti Korupsi Universitas Hasanuddin (PHuSAKA UNHAS). "Insya Allah akan launching pada Rabu (17 Oktober 2012) di ruang Prof Laica Marzuki fakultas hukum Unhas," kata salah seorang pengurus PHuSAKA UNHAS Bayu Arjuna, Selasa. Menurut Bayu, lembaga anti-korupsi ini fokus pada pengawasan institusi penegak hukum dan pemerintahan dalam bidang korupsi. "Lembaga ini juga akan bekerja sama dengan KPK dalam pencegahan tindak pidana korupsi," katanya. Bayu mengungkapkan, lembaga ini hadir sebagai bentuk kegelisahan dan kegerahan insan muda pemerhati hukum di Makassar terhadap maraknya tindak pidana korupsi di Indonesia dan efek yang ditimbulkannya. "Banyak tumpang tindih kewenangan serta tidak sinerginya lembaga penegak hukum dalam melakukan pemberantasan korupsi," ujarnya.

...dst

6 ) UNHCR Bahas Pengungsi di Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/18/373/706057/unhcr-bahas-pengungsi-di-unhas

Kamis, 18 Oktober 2012 18:45 wib
MAKASSAR – Indonesia dinilai United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) sebagai negara yang sangat kooperatif dan terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Di masa mendatang, Indonesia diproyeksikan menjadi sebuah negara yang penting dalam ranah internasional. Nilai dan proyeksi itu dikemukakan Manuel Jordao, Country Representative UNHCR Indonesia, di Makassar, Kamis (18/10/2012). Berbicara dalam forum cendekia yang dihadiri para mahasiswa dari berbagai jurusan yang sedang menempuh kuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas), Jordao menyatakan upaya penanggulangan pengungsi bencana menjadi penting untuk dibicarakan karena banyaknya krisis yang melanda pelbagai negara di dunia, terutama negara-negara Arab di Timur Tengah. "Konflik itu telah melahirkan korban yang tidak sedikit, masih ditambah pula dengan risiko bencana alam dan ketidakstabilan kondisi sosial ekonomi serta politik di negara-negara dunia yang juga turut andil dalam menambah jumlah pengungsi di seluruh dunia," ungkap Jordao.

...dst

7 ) Unair Tiru ''Indonesia Mengajar'' Ala Anis Baswedan 
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/17/079436263/Unair-Tiru-Indonesia-Mengajar-Ala-Anis-Baswedan

Rabu, 17 Oktober 2012 | 17:03 WIB
TEMPO.CO, Surabaya - Terinspirasi sukses gerakan Indonesia Mengajar yang digagas Rektor Universitas Paramadina, Anis Baswedan, sejumlah kampus meluncurkan program serupa. Salah satunya adalah Program Scolah Unair Mengajar yang dilakukan Universitas Airlangga, Surabaya. Dengan slogan "Memberi Harapan, Menebar Inspirasi, Membangun Mimpi" program ini diharapkan memberi warna pendidikan yang lebih segar bagi sekolah-sekolah yang berada di wilayah Jawa Timur. Pada angkatan pertama ini, Scolah Unair Mengajar menerjunkan 30 mahasiswa relawan pengajar muda. Mereka diseleksi dari beberapa jurusan yang ada di Unair. "Progam ini tidak ada hubungannya antara organisasi Indonesia Mengajar dengan Scolah Unair Mengajar, melainkan ada keterikatan emosional saling sharing dan harus saling mendukung," kata Ketua Yayasan Indonesia Mengajar, Anis Baswedan, saat peluncuran Scolah Unair Mengajar di kampus Unair, Rabu, 17 Oktober 2012. Turut hadir dalam acara ini tersebut para Pengajar Muda Indonesia Mengajar Angkatan II dari wilayah Jawa Timur.

...dst

8 ) "Kunci perbaikan pendidikan adalah guru"
http://www.antaranews.com/berita/339177/kunci-perbaikan-pendidikan-adalah-guru

Rabu, 17 Oktober 2012 20:24 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Intelektual muda Anies Baswedan menyatakan kunci perbaikan pendidikan di Indonesia adalah kualitas guru dan bukan ditentukan perbaikan kurikulum. "Kuncinya pada guru, bukan otak-atik kurikulum, sebab perbaikan kurikulum seperti apa pun tidak ada artinya bila guru tidak berkualitas," katanya kepada ANTARA di Surabaya, Rabu. Ia mengemukakan hal itu setelah berbicara dalam peluncuran gerakan "Scolah - Unair Mengajar" (School of Airlangga in Harmony - Unair Mengajar) yang digagas mahasiswa Unair. Menurut pendiri `Gerakan Indonesia Mengajar` itu, pemerintah harus fokus pada perbaikan kualitas guru untuk membenahi pendidikan di Indonesia. "Misalnya, pendidikan karakter itu nggak bisa dengan tulisan (teori), tapi sangat ditentukan teladan. Nah, teladan itu sangat ditentukan guru, tentunya guru yang berkualitas," katanya. Di hadapan para mahasiswa Unair yang merancang "Scolah - Unair Mengajar", Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu mengapresiasi gagasan "Scolah - Unair Mengajar" itu.

...dst

9 ) Mahasiswa UNS Akan Miliki Usaha EO, Hotel & Wisata
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/18/373/705941/mahasiswa-uns-akan-miliki-usaha-eo-hotel-wisata

Kamis, 18 Oktober 2012 16:05 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) menandatangani nota kesepahaman dalam layanan Unit Usaha Mandiri. "Kami kerjasama dengan BP Migas dalam Layanan Unit Usaha Mandiri di kampus UNS," ungkap Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS seusai acara penandatanganan di Auditorium UNS, Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/10/2012). Rektor UNS mengatakan bahwa layanan Unit Usaha Mandiri tersebut di antaranya meliputi jasa pariwisata, hotel dan restoran, jasa konsultasi, jasa layanan media promosi dan event organizer, jasa layanan kesehatan, jasa industri properti dan investasi, jasa industri otomotif dan perbengkelan, dan jasa perdagangan umum. Pelaksanaan kerjasama tersebut, menurut Ravik, berkaitan dengan ruang lingkup bidang kegiatan pendidikan dan penelitian, pengabdian masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

...dst

10 ) Berkat Arif, Kampung Tarak Papua Tak Lagi Gelap
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/17/373/705384/berkat-arif-kampung-tarak-papua-tak-lagi-gelap

Rabu, 17 Oktober 2012 15:50 wib
JAKARTA - Pengalaman adalah guru paling berharga. Untuk itu, mendapat kesempatan menjadi salah satu bagian Indonasia Mengajar besutan Rektor Paramadina Anies Baswedan tentu merupakan pengalaman yang luar biasa. Hal ini dirasakan oleh Pengajar Muda lulusan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Arif Lukman Hakim. Melalui program tersebut, Arif berkesempatan mengajar sebuah sekolah dasar di Kampung Tarak, Fakfak, Papua. Pada sekolah tersebut, kata Arif, hanya terdapat dua ruang kelas dan dua guru yang harus mengajar 100 siswa. "Karena gurunya hanya ada dua, saya jadi wali kelas 4, 5, dan 6," ujar Arif, seperti dikutip dari situs UGM, Rabu (17/10/2012). Salah satu pengalaman unik yang dialami Arif ketika mengajar siswa di sana adalah saat harus menjelaskan arti produksi dan konsumsi. Tidak kehilangan akal, untuk membantu anak-anak didiknya yang kesulitan memahami arti kedua kata tersebut, Arif menugaskan mereka untuk membawa buah-buahan esok harinya. "Ada yang bawa durian, kelapa, dan tebu," paparnya. Hal yang menarik, lanjutnya, sekolah tersebut terletak persis menghadap pantai. Di halaman depan sekolah berderet nyiur pohon kelapa, rumput yang menghijau, dan biru laut yang menambah pesona. Suasana itu kian menambah semangat Arif kendati arus listrik apalagi sinyal telepon tidak menjangkau Kampung Tarak.

...dst

11 ) 1.848 Kursi CPNS Tidak Terisi
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=143772

Kamis, 18 Oktober 2012 , 05:15:00
JAKARTA - Hasil pengolahan tes kompetensi dasar (TKD) ujian CPNS baru 2012 ternyata dari 166.080 peserta ujian hanya ada 44.216 peserta yang lolos passing grade. Meskipun yang lolos passing grade tadi di atas kuota lowongan yang tersedia, tetapi hasil rekapitulasi menyebutkan ada 1.848 kursi CPNS baru yang tidak terisi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar, Rabu (17/10) mengatakan, sejatinya formasi lowongan CPNS baru untuk instansi pusat dan daerah berjumlah 11.669 kursi. Dengan jumlah lowongan ini, maka terlihat jelas jika jumlah pelamar yang lolos passing grade jauh melebih kursi lowongan yang ditetapkan. "Tetapi akhirnya setelah direkapitulasi, ada 1.848 kursi CPNS baru yang tidak terisi," tutur Azwar. Dengan fenomena ini, Azwar mengatakan tidak semua CPNS baru yang memiliki nilai bagus tidak merata untuk semua bidang pekerjaan. Dia mengatakan jika ada bidang-bidang pekerjaan tertentu minim sekali pelamar yang memenuhi passing grade. Sementara untuk bidang pekerjaan tertentu lainnya, banyak penumpukan peserta yang lolos passing grade. Azwar menjerlakan jika penerapan passing grade untuk tes CPNS baru 2012 adalah yang pertama kali dalam sejarah penerimaan abdi negara di Indonesia. Dia menuturkan banyak pelajaran yang bisa dipetik dalam upaya ini. Diantaranya adalah, banyak peserta dengan nilai bagus untuk aspek tertentu tetap gagal pada aspek ujian lainnya. Menurut Azwar, ada tiga kelompok soal yang harus dikejar passing grade-nya oleh pelamar CPNS. Ketiga kelompok soal itu adalah karakteristik pribadi, intelegensi umum, dan wawasan kebangsaan. "Dari tiga itu, karakteristik pribadi merupakan faktor yang paling menentukan," tegas Azwar.

...dst

12 ) 2013, Pemerintah Rekrut 65.000 PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143375/2013,-Pemerintah-Rekrut-65.000-PNS-

Senin, 15 Oktober 2012 , 10:58:00
KENDARI - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) bakal merekrut pegawai baru sebanyak 65.000 orang pada tahun 2013 mendatang. Jumlah tersebut merupakan kuota nasional sehingga akan terdistribusi di seluruh provinsi Indonesia. Pembukaan lowongan tersebut, kata Azwar Abubakar seiring dengan banyaknya PNS yang pensiun akhir tahun 2012 ini. Sehingga untuk menutupi kekurangan harus ada perekrutan baru. Namun demikian, ia memastikan bahwa sistem perekrutan nantinya berbeda dengan yang berlaku sebelumnya. "Mekanismenya semakin ketat. Jika dulu pemerintah membuka secara umum tanpa mempertimbangkan kebutuhan, maka tahun depan (2013) penerimaan didasarkan pada analisa kebutuhan. Penempatannya dimana, tingkatannya apa, kualifikasi pendidikannya apa, dan sebagainya. Ini efektif untuk menghindari gemuknya birokrasi," ujar Menpan dan RB, Ir.H.Azwar Abubakar seperti yang dilansir Kendari Pos (JPNN Group), Senin (15/10).
   
...dst

13 ) Akhir Oktober, Kurikulum Dibahas Bersama Wapres
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/18/10593877/Akhir.Oktober.Kurikulum.Dibahas.Bersama.Wapres

Kamis, 18 Oktober 2012 | 10:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait polemik penghapusan mata pelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum Sekolah Dasar (SD) pada tahun ajaran 2013/2014, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa semua kemungkinan itu dapat terjadi. Kementerian sendiri masih sedang melakukan pembahasan yang ditargetkan rampung pada akhir Oktober, sebelum dibahas bersama Wakil Presiden RI, Boediono. "Nanti kami bawa ke Pak Wapres. Dari situ dikaji lagi sesuai atau belum. Kalau oke, nanti kami uji publik," kata Nuh, seusai bertemu dengan Rektor se-Indonesia di Gedung D Dikti, Senin (15/10/2012). Nuh menjelaskan bahwa pembahasan kurikulum ini terbagi dalam tiga fase, yaitu pembahasan di lingkungan kementerian, konsultasi dengan Wakil Presiden dan yang terakhir adalah uji publik. Bahasa Inggris sendiri direncanakan untuk dihapus, namun belum sampai pada tahap ketok palu.

...dst

14 ) Komisi X tak Tahu Menahu Soal Penghapusan Bahasa Inggris
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/18/mc38f2-komisi-x-tak-tahu-menahu-soal-penghapusan-bahasa-inggris

Kamis, 18 Oktober 2012, 19:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi X DPR mengaku tak tahu menahu terkait penghapusan perubahan kurikulum Bahasa Inggris baru tingkat SD dan integrasi IPA dan IPS ke pelajaran lain. Sebab, Pemerintah belum memberikan laporan resmi mengenai hal itu. "Pertanyaan ini sebaiknya ditanyakan kepada Mendikbud. Sampai saat ini DPR belum secara resmi diberi informasi soal perubahan kurikulum," ujar Anggota Komisi X Dedi Gumelar pada Republika, Kamis (18/10). Tak hanya itu, pemerintah pun jelas dia, belum meminta pendapat pada DPR terkait adanya perubahan kurikulum tersebut. DPR hanya mengetahui mengenai kurikulum Pancasila yang harus masuk dalam kurikulum semua jenjang, karena memang kurikulum diskresi pemerintah dalam hal ini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). "DPR belum pernah dilapori soal kurikulum atau diminta pendapat tentang hal ini. Kecuali kurikulum Pancasila yang  harus masuk dalam kurikulum semua jenjang," ungkap Politikus PDIP ini.

...dst

15 ) HIPMI Desak Kewirausahaan Masuk Kurikulum Sekolah
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/18/373/705934/hipmi-desak-kewirausahaan-masuk-kurikulum-sekolah

Kamis, 18 Oktober 2012 15:58 wib
DEPOK – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Depok mendesak  pemerintah agar materi kewirausahaan masuk kurikulum sekolah. Pasalnya, membentuk jiwa kewirausahaan harus dimulai sejak usia muda. Menurut Ketua HIPMI Kota Depok Mustofa, sudah saatnya kewirausahaan masuk dalam kurikulum sekolah. Terlebih lagi, lulusan SMA hanya sedikit yang bisa melanjutkan ke jenjang kuliah. Dengan memiliki jiwa kewirausahaan, lanjutnya,  seorang siswa akan memiliki  kemandirian. "Kami ingin agar materi tentang kewirausahaan masuk dalam kurikulum sekolah di tingkat SMA atau SMK. Peluang bagi pelajar untuk menjadi seorang wirausahawan terbuka lebar dan kita tanamkan sejak di bangku sekolah," kata Mustofa, di Depok, Kamis (18/10/2012). Mustofa menuturkan, berdasarkan data dari BPS pusat, saat ini hanya sedikit siswa yang bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Menurutnya, melalui wirausaha, seorang siswa di tingkat SMA bisa  memiliki penghasilan dan saat kuliah juga sudah mandiri.

...dst

16 ) Sekolah Sobat Bumi Tak Hanya Fokus Pendidikan, Tapi...
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/18/373/705891/sekolah-sobat-bumi-tak-hanya-fokus-pendidikan-tapi

Kamis, 18 Oktober 2012 14:54 wib
JAKARTA - Pertamina Foundation meluncurkan program Sekolah Sobat Bumi. Di tahun perdananya, program tersebut telah menghasilkan 17 Sekolah Sobat Bumi Champions yang terdiri atas tujuh SD, lima SMP, tiga SMA, dan dua SMK. Berbeda dari sekolah pada umumnya, Sekolah Sobat Bumi tidak hanya menitikberatkan pada pendidikan tapi juga memperhatikan kelestarian lingkungan. Maka, ke-17 Sekolah Sobat Bumi Champions yang tersebar di delapan provinsi tersebut wajib menjalankan empat pilar utama dalam mengembangkan mutu sekolah. Keempat pilar tersebut meliputi kepemimpinan kepala sekolah dan tenaga pendidik melalui program highly effective leadership. "Program ini sudah digulirkan dan semua kepala sekolah Sekolah Sobat Bumi Champions dan kepala sekolah binaan telah mendapat pelatihan ini," ujar Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina N Pramono, di Kantor Pertamina, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2012).

...dst

17 ) Usakti Memantapkan Diri Berubah jadi PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/10/18/143842/Usakti-Memantapkan-Diri-Berubah-jadi-PTN-

Kamis, 18 Oktober 2012 , 15:33:00
JAKARTA - Universitas Trisakti (Usakti) memantapkan diri menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Selain memiliki fasilitas belejar mengajar yang lengkap, Usakti juga didukung oleh tenaga pengajar yang berkompeten. "Usakti  memiliki aset yang sangat mendukung untuk menjadi PTN, dalam penyelenggaraan proses belajar Usakti didukung oleh 58 Guru Besar, 141 Dosen berjenjang akademik Doktor, 610 Dosen berjenjang akademik Magister dan 271 dosen dalam proses jenjang akademik Magister dan Doktor," kata Direktur Lembaga Penelitian Usakti, Prof. Dr. Dadan Umar Daihani kepada wartawan, Kamis (18/10). Dadan menjelaskan, Usakti kini dipercaya masyarakat yang dibuktikan dengan memiliki 22 ribu mahasiswa yang berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia. Para mahasiswa mulai dari jenjang Diploma, Sarjana, Doktoral dan Program Profesi. "Usakti telah mencetak lebih dari 100.000 lulusan berprestasi yang tersebar di seluruh perusahaan ternama dalam dan luar negeri serta berbagai Instansi Pemerintahan," jelasnya. Untuk aset Usakti yang berbentuk fisik, pengajar di Lemhanas ini mengatakan aset kekayaan Usakti terus berkembang. "Selain kampus-kampus yang dimiliki Universitas Trisakti, aset lainnya adalah berupa tanah yang luasnya ratusan hektar, dimana diatasnya dibangun berbagai fasilitas pendidikan seperti Laboratorium, Klinik Spesialis Gigi dan Umum, serta Rumah sakit," ucapnya.

...dst

18 ) PKKH UGM Dibuka untuk Umum
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/536214/

Thursday, 18 October 2012
YOGYAKARTA – Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosumantri (PKHH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun ini bakal dibuka untuk umum. Bangunan yang lebih dikenal dengan sebutan Purnabudaya tersebut nantinya diramaikan dengan pameran kesenian dan pentas budaya bagi kalangan seniman di Indonesia, khususnya DIY. "Saat ini seniman di Yogyakarta tengah mengalami kecemasan karena tidak ada fasilitas atau gedung yang cukup representatif bagi mereka menggelar karyanya. Selanjutnya UGM menjadikan PKKH sebagai ruang publik yang terbuka bagi siapa saja untuk berkiprah.Kami ingin PKKH benar-benar menjadi pusat kebudayaan, bukan saja warga UGM,tapi juga bagi seluruh seniman maupun budayawan," ujar budayawan UGM Farouk HT kemarin.Di tempat ini dipastikan ada empat kelompok budaya yang tampil satu kali setiap bulannya. Yaitu, kelompok seni pertunjukan, seni rupa, seni sastra, dan kelompok diskusi terutama yang mengangkat isuisu kebudayaan."Kami menggratiskan karena UGM benarbenar ingin memosisikan diri sebagai rumah budaya bagi para seniman,"jaminnya. ● ratih keswara

***

19 ) RI Kekurangan Tenaga Ahli Informasi Geospasial
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/17/356423/293/14/RI-Kekurangan-Tenaga-Ahli-Informasi-Geospasial

Rabu, 17 Oktober 2012 19:11 WIB   
JAKARTA--MICOM: Kepala Badan Informasi Geospasial Indonesia (BIG) Asep Karsidi mengeluhkan langkanya tenaga yang memahami soal informasi geospasial (informasi keruangan) di Indonesia. Lemahnya SDM ini menyebabkan informasi survei dan pemetaan geospasial di Indonesia sangat minim. "Saat ini kebutuhan di bidang informasi geospasial tinggi, tetapi kita masih kekurangan tenaga yang mumpuni," sebut Kepala BIG, di Jakarta, Rabu (17/10). Menurut Asep, anak muda malas bekerja pada bidang survei dan pemetaan lantaran masih beranggapan kerja di lapangan itu panas dan melelahkan. Padahal menurut dia, pikiran seperti itu sudah usang. Pasalnya di era teknologi informasi ini, kegiatan survei dan pemetaan tidak harus lagi dilakukan dengan cara pengukuran lahan meter per meter di lapangan. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini kegiatan geospasial tidak hanya membutuhkan tenaga geodesi dan geografi, tetapi juga ahli teknologi informasi (TI) dan planologi. Hal senada juga diucapkan oleh Ketua Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Budhy Hertantiyo. Dia mengatakan peminat jurusan geodesi di ITB sangat sedikit sekali. "Dulu dalam satu angkatan, mahasiswa geodesi ITB sangat sedikit sekali," ujar Budhy.

...dst

20 ) Indonesia Kekurangan Ahli Geriatrik   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/536218/

Thursday, 18 October 2012
YOGYAKARTA – Ahli di bidang geriatrik atau perawatan kesehatan dan penyakit manusia usia lanjut (lansia) di Indonesia dinilai masih sangat kurang. Padahal diperkirakan pada pada 2035 mendatang, jumlah lansia yang membutuhkan perawatan dan penanganan semakin bertambah banyak. Supaya tidak menjadi beban negara, jumlah ahli geriatric wajib ditingkatkan. Hal ini disampaikan oleh mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Djalal saat menjadi pembicara dalam seminar The Role of Higher Education Institutes to Promote Caring for Older Persons di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) kemarin. Menurut dia,saat ini jumlah ahli geriatrik di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah lansia. Pada 2012, jumlah lansia berusia 60 ke atas di Indonesia sebanyak 18.244.429 orang dari total penduduk 238.520.797 jiwa."Ke depan dibutuhkan ahli geriatrik yang memberikan layanan kesehatan di bidang obat, kesehatan masyarakat,psikologi,perawat, sosial dan lainnya karena pada 2020 jumlah itu meningkat menjadi 27.196.637 lansia dari jumlah penduduk 268.039.479 orang,"papar Fasli Djalal.

...dst

21 ) Wapres : masalah pangan masih belum bisa terpecahkan
http://www.antaranews.com/berita/339271/wapres--masalah-pangan-masih-belum-bisa-terpecahkan

Kamis, 18 Oktober 2012 13:28 WIB
Palangka Raya (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menyatakan, masalah bahan pangan merupakan hal yang paling mendasar belum bisa terpecahkan sampai sekarang dalam kelangsungan hidup manusia. "Hampir satu miliar umat manusia di dunia setiap harinya hidup dalam kondisi kekurangan pangan bahkan kelaparan, terutama yang tinggal di negara-negara berkembang serta yang mengalami konflik dan peperangan yang berkepanjangan," kata Boediono, di Palangka Raya, Kamis. Menurutnya penyebab dari kekurangan dan kerawanan pangan yang pertama adalah masalah politik dan keamanan yang tidak memungkinkan penduduk bekerja dan memenuhi pangannya. Penyebab kedua karena kebijakan sektor pertanian pangan yang salah arah, meskipun tidak ada konflik atau peperangan, tetapi tidak bisa menghasilkan pangan yang cukup bagi rakyat walau memiliki lahan pertanian yang cukup. Hal itu, ungkapnya terjadi karena pemerintahnya tidak membangun infrastruktur yang dibutuhkan, tidak mengembangkan lembaga pendukung pertanian yang seharusnya ada, tidak memberikan insentif yang cukup kepada para petani untuk mengusahakan pekerjaan pangan yang produktif serta tidak mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan guna meningkatkan produktivitas pertanian pangan.

...st

22 ) Sendratari Ramayana UGM Raih Rekor Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/17/373/705504/sendratari-ramayana-ugm-raih-rekor-dunia

Rabu, 17 Oktober 2012 19:13 wib
JAKARTA - Sendratari Ramayana Prambanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meraih rekor dunia Guiness World Records sebagai pentas tari Ramayana dengan penari terbanyak. Dalam pentasnya terdapat sejumlah 230 penari dan 30 Pengrawit yang turut meramaikan sendratari tersebut. Bukan hanya faktor penari terbanyak saja, tetapi juga sendratari Ramayana ini dianggap paling lama dan rutin mementaskan Tari Ramayana sejak 1961 sampai 2012. Penghargaan ini diberikan langsung oleh perwakilan Guinness World Records Lucia Sini Gagliesi kepada Direktur PT TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Purnomo Siswoprasedjo. Menurut Sutradara "Api Suci" sekaligus Pembina Sendratari Ramayana Prambanan dan dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM Timbul Haryono, penghargaan ini mendorong dirinya dan para seniman untuk menjaga kualitas dan eksistensi dalam melestarikan sendratari Ramayana. "Ini menjadi cambuk untuk meningkatkan kualitas ke depan agar Ramayana tetap eksis. Semoga bisa memicu dan memacu para generasi muda untuk lebih mencintai budaya bangsa," ujar Timbul, seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (17/10/2012).

...dst

23 ) Beasiswa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/17/17582654/Beasiswa.Bagi.Anak.Berkebutuhan.Khusus

Rabu, 17 Oktober 2012 | 17:58 WIB
YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga memiliki hak untuk memperoleh beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Uniknya, program beasiswa ini tak hanya diperuntukkan bagi ABK, tetapi juga bagi anak yang memiliki orang tua berkebutuhan khusus. Kementerian menyediakan beasiswa sebesar Rp 1 juta per tahun untuk setiap ABK atau anak dengan orangtua berkebutuhan khusus. Program ini sudah dimulai sejak tahun 2011 lalu dan dilaksanakan melalui kerjasama dengan asosiasi kecacatan Perkins Internasional. "Kami menggunakan dana dari APBN Perubahan untuk memberikan bantuan beasiswa bagi ABK ganda ini," kata Direktur Pembinaan dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar Kemendikbud, Dr Mudjito AK MSi dalam Workshop 'Pengembangan Kurikulum bagi Peserta Didik Tunanetra Ganda di Yogyakarta di SLB Helen Keller, Rabu (17/10/2012).

...dst

24 ) Penerima Bidik Misi UB Dapat Tambahan Biaya Rp200 Ribu
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/17/373/705500/penerima-bidik-misi-ub-dapat-tambahan-biaya-rp200-ribu

Rabu, 17 Oktober 2012 18:52 wib
JAKARTA - Jika besaran biaya beasiswa Bidik Misi yang diterima oleh mahasiswa adalah sebesar Rp600 ribu, maka mahasiswa penerima Bidik Misi di Universitas Brawijaya (UB) Malang memperoleh hal berbeda. Pasalnya, mereka menerima tambahan dana sebesar Rp200 ribu per bulan dari pihak kampus. Rektor UB Yogi Sugito menyebutkan, bantuan tambahan bagi para mahasiswa baru (maba) penerima Bidik Misi itu bersumber dari dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Saya tahu Anda pasti pusing memikirkan biaya kontrakan, kost, dan kebutuhan-kebutuhan kecil lain. Agar tidak mengganggu kuliah dan supaya lebih longgar, terhitung mulai bulan ini (Oktober 2012) sampai Anda lulus nanti, akan saya tambah bonus Rp200 ribu di rekening Anda," ujar Yogi, seperti dikutip dari situs resmi UB Prasetya Online, Rabu (17/10/2012). Dia berharap dengan beasiswa yang diterima, penerima bidik misi akan semakin lancar dalam menempuh pendidikan, menjadi yang terbaik, membanggakan almamater serta lulus dengan terbaik.

...st

25 ) Mahasiswa Harus Gemar Membaca Buku
http://regional.kompas.com/read/2012/10/18/10472678/Mahasiswa.Harus.Gemar.Membaca.Buku

Kamis, 18 Oktober 2012 | 10:47 WIB
RUTENG, KOMPAS.com - Mahasiswa diharapkan gemar membaca buku sehingga pengetahuan terus berkembang. Hal ini disampaikan Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng, Pr di hadapan ribuan mahasiswa STKIP Ruteng Nusa Tenggara Timur dan para dosen dalam peresmian Perpustakaan STKIP Ruteng, Rabu (17/10/2012). Bupati Manggarai Timur, Drs. Yoseph Tote turut hadir dalam acara peresmian ini. Uskup Leteng menegaskan, mahasiswa dan mahasiswi harus sungguh-sungguh memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber ilmu. Membaca lebih banyak buku membuat seseorang profesional dalam tugas hariannya, dalam pekerjaannya dan dalam berbagai kegiatannya. Uskup Leteng menjelaskan, keseimbangan antara iman dan ilmu membuat seseorang sangat cerdas dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Mahasisw dan mahasiswi yang kuliah di STKIP Santo Paulus Ruteng mewartakan iman dan ilmu kepada masyarakat ketika mereka mengabdikan hidupnya pada masyarakat dan dunia pendidikan.

...dst

26 ) Ada Salah Tafsir, Mendikbud Minta Maaf
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/18/13502631/Ada.Salah.Tafsir.Mendikbud.Minta.Maaf

Kamis, 18 Oktober 2012 | 13:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi permintaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia dan keluarga ASS agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) minta maaf atas ucapannya secara langsung, M Nuh menyampaikan permohonan maaf atas salah tafsir terhadap pernyataannya beberapa waktu lalu. "Saya kira saya sudah menyampaikannya. Saya tidak merasa karena saya berbicara begitu tidak mengarah pada siapapun. Saya mohon maaf atas penyataan saya yang disalahtafsirkan," kata Nuh saat dijumpai di Kantor Kemendikbud, Rabu (17/10/2012). "Naif kalau saya mengatakan seperti itu. Mereka anak-anak kita juga. Justru mereka harus diberikan dukungan dan semangat," imbuh Nuh.
Dalam kesempatan itu, dia kembali memaparkan kronologis kejadian terlontarnya pernyataan yang kemudian berujung menjadi salah paham. Ia mengaku dirinya belum memeriksa lebih dalam ketika ditanya masalah tersebut. "Jadi gini, waktu saya ditanya bab anak SMP di Depok, saya sampaikan belum memahami duduk perkaranya," ujar Nuh. Namun secara umum, ia mengungkapkan bahwa tiap anak punya hak untuk pelayanan pendidikan dalam keadaan seperti apapun. Kemudian, sekolah juga punya kewenangan untuk menegakkan disiplin mulai dari siswa yang bolos hingga melakukan aksi lain.

...dst

27 ) Korupsi IAIN Rugikan Negara Rp6,5 M
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/536043/

Thursday, 18 October 2012
BANDUNG– Kasus dugaan korupsi yang terjadi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon yang menyeret dua terdakwa mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp6,596 miliar. Dugaan korupsi itu terjadi pada periode 2007-2009 dalam kasus penyetoran dana penerimaan negarabukanpajak(PNBP) yang berasal dari biaya pendaftaran mahasiswa baru,biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) mahasiswa, serta biaya lainnya yang dilakukan mantan Kasubbag Kepegawaian dan Administrasi Nasikin dan Bendahara Penerima Nana Mulyana . Dalam surat dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) kemarin, kedua terdakwa didakwa merugikan negara Rp6,596 miliar. Menurut JPU Nur Latifah, kedua terdakwa atas sepengetahuan Ketua IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang kini telah meninggal dunia,Imron Abdullah, sengaja menurunkan nilai target PNBP yang harus disetorkan ke kas negara sehingga tidak sesuai dengan pendapatan institut yang pada 2007 masih bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) itu. Pada 2007,pendapatan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang berasal dari biaya pendaftaran mahasiswa baru tingkat sarjana dan pascasarjana,SPP mahasiswa, biaya praktikum, asuransi kesehatan,dan lainnya,sebesar Rp6,6 miliar. Sementara yang disetorkan ke kas negara hanya Rp2,753 miliar.

...dst

28 ) Korupsi Miliaran di IAIN Cirebon Disidangkan
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/17/063436345/Korupsi-Miliaran-di-IAIN-Cirebon-Disidangkan

Rabu, 17 Oktober 2012 | 21:35 WIB
TEMPO.CO, Bandung -Lagi, kasus korupsi di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon diadili di PN Tipikor Bandung, Rabu 17 Oktober 2012. Setelah Guru Besar Prof. Abdusalam didakwa korupsi dana pengadaan komputer Rp 815 juta, kini giliran Kepala Sub Bagian Keuangan dan Bendahara Penerimaan Institut itu, Nasikin dan Nana Mulyana, didakwa korupsi duit penerimaan negara dari iuran mahasiswa sekitar Rp 6,6 miliar. Jaksa penuntut Latifah mendakwa Nasikin dan Nana menilap duit Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari IAIN Syekh Nurjati tahun 2007, 2008, dan 2009. PNBP ini berasal dari Uang Daftar Ujian Masuk Calon Mahasiswa, iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), duit praktikum mahasiswa S1 dan S2. Juga Dana Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) S1, biaya perpustakaan serta wisuda mahasiswa S1 dan S2. Modus korupsi dilakukan secara kolutif bersama Ketua Institut Prof. Dr. Imron Abdullah. Namun Imron tak bisa ikut diadili karena sudah meninggal dunia sekitar setahun lalu. Korupsi dilakukan sistematis sejak penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) untuk target PNBP yang harus disetor ke kas negara dan dicantumkan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA ) IAIN Nurjati tiap tahun.

...dst

29 ) Kapolres Jaksel: Wakapolri Sudah Keluar dari Universitas Pamulang
http://news.detik.com/read/2012/10/18/114922/2065871/10/kapolres-jaksel-wakapolri-sudah-keluar-dari-universitas-pamulang?n991101605

Kamis, 18/10/2012 11:49 WIB 
Jakarta Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna sudah bisa pergi dari kawasan Universitas Pamulang. Sebelumnya ada ratusan mahasiswa yang menghalang-halangi rombongan Nanan."Sudah, sudah keluar," kata Kapolres Jaksel Kombes Pol Wahyu Hadiningrat saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (18/10/2012). Nanan, pagi tadi memberikan kuliah umum bertema Kepolisian di Universitas Pamulang. Namun, ketika hendak pergi meninggalkan kampus itu, sejumlah mahasiswa berunjuk rasa. Mereka menolak kedatangan Nanan. Bentrokan mahasiswa dan polisi pun pecah. Bahkan petugas sempat menembakkan gas air mata. Suara tembakan itu terdengar oleh warga sekitar. "Tidak ada korban jiwa," tambah Wahyu. Kondisi di sekitar Universitas Pamulang yang berseberangan dengan Polsek Pamulang, Jl Surya Kencana 1, saat ini masih tegang. Petugas yang berjaga di kawasan itu semakin banyak guna mengantisipasi aksi lanjutan mahasiswa. Batu-batu berserakan di sekitar kampus dan Polsek. (ndr/nrl)

***

30 ) Kantor Kejaksaan Tinggi Ternate Diduduki Mahasiswa
http://regional.kompas.com/read/2012/10/18/1509457/Kantor.Kejaksaan.Tinggi.Ternate.Diduduki.Mahasiswa

Kamis, 18 Oktober 2012 | 15:09 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Kelompok mahasiswa di Ternate dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Maluku Utara melakukan aksi demo, Kamis (18/10/2012), mendesak penyelesaian sejumlah dugaan kasus korupsi di Maluku Utara. Mereka menduduki Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut) karena kesal tidak bertemu dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Malut, Suhardi. Awalnya aksi demo dari mahasiswa yang menyebut dirinya "hijau hitam" ini sempat bersitegang dengan aparat kepolisiaan saat mereka beraksi di depan Kantor Polda Maluku Utara. Mahasiswa yang berkeinginan menerobos pintu masuk dilerai aparat. Aksi saling dorong pun terjadi yang mengakibatkan beberapa di antara adu mulut. Nyaris saja antara mahasiswa dan polisi itu bentrok menyusul insiden saling dorong. Mahasiswa kemudian beranjak ke Kantor Kejaksaan Tinggi Malut di Jalan Stadion. Di sana, mereka lantas melakukan aksi bakar ban mobil. Aksi ini juga lagi-lagi sempat diwarnai bersitegang dengan aparat yang terus mengawal mereka.

...dst

31 ) Pertemuan FSGI dan BPSDM Kemendikbud Berlangsung Panas
http://www.jpnn.com/read/2012/10/18/143859/Pertemuan-FSGI-dan-BPSDM-Kemendikbud-Berlangsung-Panas-

Kamis, 18 Oktober 2012 , 18:01:00
JAKARTA - Pertemuan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) dengan Ketua Badan Pengembangan SDM Pendidikan Kemendikbud, terkait permasalahan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) II, Kamis (18/10), berlangsung panas dan tidak menemukan solusi yang diinginkan FSGI. Dalam pertemuan itu, Ketua BPSDMP, Syawal Gultom menyatakan pihaknya menerima sejumlah poin tuntutan yang disampaikan FSGI, terutama yang sifatnya untuk perbaikan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Syawal mengakui bahwa tidak ada yang sempurna dalam pelaksanaan UKG, baik UKG gelombang 1 dan 2. Dia sepakat semua kekurangan itu sama-sama diperbaiki. "Saya terima laporan ini, karena memang tidak ada yang sempurna. Jadi mari kita saling bahu membahu," kata Syawal Gultom. Namun, pihaknya tidak terima dengan tuntutan FSGI mengenai pelaksanaan UKG yang tidak memiliki dasar hukum sebagaimana dikatakan Edy Gurning dari LBH Jakarta yang ikut dalam pertemuan itu bersama FSGI. "Dasar UKG, pertama UU 14 pasal 7, ayat 1 yang bunyinya guru wajib memiliki kompetensi dalam menjalan keprofesionalan," kata Syawal Gultom.

...dst

32 ) Asal Usul Kemampuan Bernafas Manusia Terungkap
http://sains.kompas.com/read/2012/10/17/21154132/Asal.Usul.Kemampuan.Bernafas.Manusia.Terungkap

Rabu, 17 Oktober 2012 | 21:15 WIB
FAIRBANKS, KOMPAS.com - Ilmuwan dari Universitas Alaska di Fairbanks berhasil mengungkap proses evolusi atau asal usul vertebrata, termasuk manusia, hingga bisa memiliki kemampuan bernafas.Hasil penelitian tersebut dipresentasikan di pertemuan tahunan Society for Neuroscience pada Rabu (17/10/2012) hari ini di New Orleans, Amerika Serikat. Michael Harris, pimpinan tim peneliti, mengungkapkan, "Untuk bernafas dengan paru-paru, Anda butuh lebih dari sekedar paru-paru. Anda perlu jejaring saraf yang peka terhadap karbon dioksida." Menurut Harris, jejaring saraf itulah yang membuat manusia atau golongan vertebrata lain mampu menghirup oksigen yang kemudian diubah oleh sel menjadi energi serta mengeluarkan karbon dioksida sebagai sisa metabolisme. Proses evolusi kemampuan bernafas manusia dan vertebrata lain tak lepas dari perkembangan jejaring saraf yang peka karbon dioksida, yang oleh Harris disebut "generator irama". Dalam penelitiannya, Harris mencoba mencari asal usul generator irama tersebut. Ia meyakini, kemampuan bernafas tidak berasal dari hewan yang sudah punya paru-paru tetapi yang memiliki generator irama.

...dst

 Berita Edukasi, 17 Oktober 2012

 1 ) Kampus Institut Teknologi Kalimantan Terbesar di Asia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/17/356298/293/14/Kampus-Institut-Teknologi-Kalimantan-Terbesar-di-Asia

Rabu, 17 Oktober 2012 09:28 WIB 
BALIKPAPAN--MICOM: Kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang menempati luas lahan hingga 300 hektare akan menjadi perguruan tinggi terbesar di kawasan Asia. "Bila sudah mencapai kapasitas penuh, kampus yang akan dibangun di Balikpapan Utara ini akan memiliki 26.000 mahasiswa," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan Suryanto di Balai Kota Balikpapan, Selasa (16/10). Saat ini, mahasiswa ITK baru 100 orang dan menumpang belajar di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Ia mengatakan, terbesar se-Asia itu pertama mulai dari luas lahan yang disediakan. Tahap pertama pembangunan dimulai November 2012. Sebagai tahap awal akan dibangun gedung empat lantai yang menempati area seluas 60 hektare. Ini adalah gedung perkantoran lima jurusan awal dan ruang perkuliahan. Gedung bakal rampung pada 2013 mendatang dan sudah bisa dipakai mulai semester ganjil tahun akademik 2013/2014. Lima jurusan ITK tersebut adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia.

...dst

2 ) UNS Terpilih Jadi Lembaga Penelitian Perguruan Tinggi Mandiri
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/17/373/705261/uns-terpilih-jadi-lembaga-penelitian-perguruan-tinggi-mandiri

Rabu, 17 Oktober 2012 13:28 wib
SOLO – Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2012 ini terpilih sebagai Lembaga Penelitian Perguruan Tinggi Mandiri. "LPPM UNS sebagai salah satu di antara 10 LPPM perguruan tinggi yang mandiri di Indonesia di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat," ungkap Kepala LPPM UNS Prof Dr. Sunardi, MS kepada Okezone, di Gedung LPPM UNS, Kampus Kentingan Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/10/2012). Prof. Sunardi mengatakan, sebelum terpilih mandiri, maka dana penelitian harus dikompetisikan di tingkat pusat. Dosen peneliti atau pengabdian masyarakat mengirim proposal penelitian ke Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, kemudian Dikti yang menyeleksi.Namun sejak menjadi mandiri, dana Dikti langsung masuk ke rekening universitas menurut prestasi masing-masing. Lalu oleh Dikti, pihak perguruan tinggi diberi wewenang untuk menyeleksi. Hanya saja, konsekuensinya perguruan tinggi harus memiliki program unggulan.

...dst

3 ) UGM Wujudkan Kampus Kebhinekaan   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535849/

Wednesday, 17 October 2012
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bercita-cita menjadi kampus cagar budaya kebhinekaan dan kepedulian. Cita-cita ini bertujuan agar Kampus Biru mampu menjadi ruang publik yang menampung keberagamaan, tanpa menghilangkan keunikan di antara civitas akademika. "UGM berkomitmen menjadi garda terdepan dalam membicarakan isu-isu pluralitas, mewadahi keaneragaman, dan persoalan keilmuan.UGM beranggapan pluralitas sebagai keniscayaan dan harus diakomodir secara benar dan elegan," ujar Ketua Dies Natalis ke-63 UGM Rizal Mustansyir di Gedung Pusat UGM kemarin. Dengan mengakomodasi berbagai disiplin ilmu, sambung dia, UGM tidak hanya menjadi kampus yang membanggakan. Tetapi juga dapat berperan dalam menyatukan keberagaman masyarakat. Sebagai lembaga akademis, juga UGM harus mampu menjadi cagar budaya yang tidak terkena erosi. Sekaligus peduli terhadap kemungkinan erosi budaya tersebut. "UGM sebagai bagian dari institusi pendidikan memiliki kontribusi dalam upaya memainkan peran agar budaya lokal tetap lentur di tengah arus globalisasi. Perjalanan UGM secara historis tidak dapat dilepaskan dari semangat kebhinekaan dan kepedulian,"papar Rizal.

...dst

4 ) AMIKOM-Bank Muamalat Lanjutkan Kerja Sama   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535824/

Wednesday, 17 October 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta dan Bank Muamalat Indonesia (BMI) melanjutkan kerja sama pengelolaan keuangan. Sebagai bentuk komitmen kerja sama tersebut ini, BMI Cabang Yogyakarta menyerahkan hibah mobil Daihatsu Avanza kepada pengelola Kampus Ungu. Branch Manager BMI Cabang Yogyakarta Herry Wahyudi secara simbolis menyerahkan mobil tersebut kepada Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta M Suyanto di kampus AMIKOM belum lama ini. Herry mengatakan pemberian hibah merupakan salah satu bentuk apresiasi sekaligus pelayanan terbaik kepada mitra yang ikut mempromosikan BMI. Dalam hal ini STMIK AMIKOM telah memercayakan BMI untuk mengelola keuangan kampusnya. "Atas kepercayaan itu, melalui Program Duta Promo, kami memberikan hibah mobil kepada AMIKOM," ujar Herry di sela-sela penyerahan hibah. Untuk pengelolaan keuangan, antara BMI dan AMIKOM juga sudah menjalin kerja sama yakni pada 12 Januari lalu. Dengan kerja sama itu, BMI tidak hanya terpromosikan melalui pengelolaan keuangan kampus, tapi brand-brand lain BMI juga ikut terdorong.

...dst

5 ) Dosen Unsoed Dituding Tipu Calon Mahasiswa 
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/16/079435992/Dosen-Unsoed-Dituding-Tipu-Calon-Mahasiswa

Selasa, 16 Oktober 2012 | 13:27 WIB
TEMPO.CO, Purwokerto - Seorang dosen dengan inisial BB diduga menipu orang tua calon mahasiswa Fakultas Kedoketaran Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Calon mahasiswa dijanjikan bisa kuliah di Fakultas Kedokteran Unsoed dengan menyetorkan sejumlah uang ke dosen tersebut. Mereka dimintai uang sebesar Rp 95 juta hingga Rp 200 juta agar bisa kuliah di Unsoed. "Namun saat SPMB berakhir, anak kami tidak diterima," kata TS, orang tua korban, Senin, 5 Oktober 2012. Ia mengatakan sedikitnya 12 orang tua calon mahasiswa juga tertipu BB. Menurut dia, BB menjanjikan anaknya bisa diterima asalkan orang tua mau menyerahkan sejumlah uang. Hingga kini, kata dia, ia bersama orang tua lainnya masih menunggu pengembalian uang itu. Jika tak dikembalikan, mereka akan menempuh jalur hukum. Ia mengatakan, setoran uang itu digunakan untuk berbagai kepentingan. Pada tahap pertama, orang tua diharuskan membayar uang sebesar Rp 45 juta. Calon mahasiswa juga diharuskan membayar biaya bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh BB. "Sisa uang pembayaran diberikan setelah pengumuman. Tapi kebanyakan sudah membayar sebelum ada pengumuman," katanya.

...dst

6 ) Pemkab Jambi Memberi 26 Beasiswa Luar Negeri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/16/17390326/Pemkab.Jambi.Memberi.26.Beasiswa.Luar.Negeri

Selasa, 16 Oktober 2012 | 17:39 WIB
JAMBI, KOMPAS.com - Pemerintah Jambi memberi beasiswa kepada 26 mahasiswa setempat yang saat ini sedang menyelesaikan program magister (S2) dan program doktor (S3) di berbagai perguruan tinggi di luar negeri, demikian dikatakan Kepala Dikbud Provinsi Jambi Idham Khalid. Ke 26 mahasiswa S2 dan S3 tersebut saat ini sedang menempuh pendidikan di Jepang, Belanda, Australia, Inggris dan Malaysia di berbagai jurusan dan disiplin ilmu. "Mereka merupakan mahasiswa S3 sebanyak tiga orang dan sisanya S2 yang berhasil lolos dalam seleksi administrasi dan akademik yang dilakukan oleh tim seleksi, bahkan beberapa orang langsung diwawancarai oleh Gubenur Jambi Hasan Basri Agus dengan menggunakan Skype," kata Idham Kahlid, Selasa (16/10/2012).

...dst

7 ) Laporan dari Jepang
Kisah Profesor Hisanori Kato, Dulu Kecopetan Kini Kangen Indonesia
http://news.detik.com/read/2012/10/17/072711/2064527/10/kisah-profesor-hisanori-kato-dulu-kecopetan-kini-kangen-indonesia?n991101605

Rabu, 17/10/2012 07:27 WIB
Jakarta Saat pertama kali tiba di Indonesia, Hisanori Kato, sangat sulit beradaptasi. Pria Jepang tersebut tak bisa berkomunikasi dan kerap menjadi bulan-bulanan penjahat jalanan. Tapi saat meninggalkan Indonesia, ada perasaan sedih yang luar biasa. Indonesia kini selalu dirindukan bak kekasih abadi. Kato, begitu ia biasa disapa, kini menjabat sebagai dosen di universitas di Sakai dan menjadi penasihat bagi pemerintah kota Sakai. Selama kegiatan ASEAN Weekly Committe yang diikuti detikcom, Kato bertindak sebagai pengarah acara sekaligus pemandu. Pria 48 tahun itu bisa berbahasa Indonesia dengan sangat lancar karena pernah berada di Tanah Air selama hampir 8 tahun. Dia juga mampu berbahasa Inggris dengan prima serta bahasa lain di ASEAN dengan cukup baik. Kato pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta pada tahun 1991 saat mengajar di Jakarta International School (JIS). Kala itu dia sangat kaget dengan kebiasaan di Tanah Air yang serba tak teratur. Kendala bahasa untuk berkomunikasi dengan masyarakat umum juga menjadi hambatan.

...dst

8 ) Soal Pangan, Indonesia Menyedihkan
http://sains.kompas.com/read/2012/10/16/22163765/Soal.Pangan.Indonesia.Menyedihkan

Selasa, 16 Oktober 2012 | 22:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati yang mampu mendukung pemenuhan kebutuhan pangan. Namun, keanekaragaman tersebut banyak yang tak termanfaatkan sehingga dalam soal pangan Indonesia justru tampak menyedihkan. Aliansi Desa Sejahtera pada Hari Pangan Sedunia, Selasa (16/10/2012), menyatakan, Indonesia memiliki 77 jenis sumber karbohidrat, 26 jenis kacang-kacangan, 389 jenis buah-buahan, 75 jenis sumber lemak, dan 273 jenis sayuran. Namun, dengan sumber pangan melimpah, Indonesia masih harus mengimpor bahan pangan. Sepanjang 2012, impor beras sudah mencapai 1,95 juta ton, jagung sebanyak 2 juta ton, kedelai sebanyak 1,9 juta ton, daging sapi setara 900.000 ekor sapi, gula sebanyak 3,06 juta ton, dan teh sebesar 11 juta dollar. Tejo Wahyu Jatmiko dari Aliansi Desa Sejahtera dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa hari ini, mengungkapkan perlunya kebijakan pangan yang cerdas dan berkeadilan.

...dst

9 ) Mahasiswa Unimed Bentrok
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/17/81669/mahasiswa_unimed_bentrok/#.UH5zIWfdZ6E

17 Oktober 2012 Pkl. 01:35 WIB
(Analisa/sutanta aditya) Mobil patroli aparat kepolisian masih berjaga di Jalan Williem Iskandar tepatnya di depan kampus Universitas Negeri Medan, Selasa (16/10) pasca kerusuhan yang terjadi antara mahasiswa Fakultas Teknik dan Olahraga kemarin. Medan, (Analisa). Senin (15/10) kemarin, sekitar pukul 12.00 WIB, Universitas Negeri Medan tiba-tiba geger. Pasalnya, sekelompok mahasiswa dari Fakultas Olahraga baku pukul dengan mahasiswa dari Fakultas Teknik. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Insiden itu berlangsung di lokasi Fakultas Teknik. Akibat insiden itu sedikitnya dua orang korban mengalami luka-luka. Sampai saat ini nama-nama korban belum bisa dikonfirmasi. Sejauh pantauan di lapangan, bentrok antar mahasiswa itu menyita perhatian sejumlah dosen dan mahasiswa yang saat itu tengah dalam proses belajar mengajar di kelas. Mereka terpaksa ikut menghambur keluar menyaksikan peristiwa tersebut. Tak pelak, ruas jalan di pintu masuk ke Fakultas Teknik padat disesaki manusia. Para dosen itu segera turun tangan menghentikan kerusuhan. Insiden itu sempat mereda. Namun, mahasiswa belum mau membubarkan diri. Sekitar lima menit kemudian, seorang pria tiba-tiba masuk dari pintu gerbang meluncur dengan keretanya, membuat suara bising dengan beberapa kali menggas keretanya. Aksi itu tak pelak ditangkap sejumlah mahasiswa yang masih larut dalam emosi sebagai bentuk penantangan. Emosi mereka terpancing.

...dst

10 ) Sikap Anggota DPR Asal Makassar Soal Tawuran yang Tewaskan Mahasiswa
http://news.detik.com/read/2012/10/16/202023/2064415/10/ini-sikap-anggota-dpr-asal-makassar-soal-tawuran-yang-tewaskan-mahasiswa

Selasa, 16/10/2012 20:29 WIB
Makassar Tawuran marak di Makassar, Sulsel. Terakhir, dua mahasiswa tewas usai tawuran di Univesitas Negeri Makassar (UNM). Berikut komentar anggota DPR asal Makassar, Jafar Hafsah. "Ketika kami masih mahasiswa dulu di Makassar, tidak pernah ada tawuran, apalagi bunuh-bunuhan. Kalau pun ada perkelahian, itu dilakukan secara jantan satu lawan satu dan tidak ada dendam setelahnya. Yang terjadi sekarang main keroyokan dan main badik," jelas Jafar yang merupakan alumnus Fakultas Pertanian Unhas angkatan 1968 ini. Jafar menyampaikan hal itu seusai menjadi pembicara pada seminar 'Empat Pilar Kebangsaan' di Universitas Hasanuddin, Makassar, Selasa (16/10/2012).

...dst

11 ) Mahasiswa Tewas Akibat Tawuran, Rektor UNM Makassar Siap Diberi Sanksi
http://news.detik.com/read/2012/10/16/181549/2064288/10/mahasiswa-tewas-akibat-tawuran-rektor-unm-makassar-siap-diberi-sanksi?nd771108bcj

Selasa, 16/10/2012 18:15 WIB
Makassar Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Arismunandar mengaku siap diberikan sanksi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh, terkait bentrokan yang menewaskan 2 mahasiswa. Hal ini disampaikan Arismunandar saat ditemui detikcom, di Restoran Djuku, Wisma Kalla, Makassar, Selasa (16/10/2012). "Tidak ada istilah tidak siap, ini konsekuensi dari tanggung jawab pekerjaan kami, yang penting hal ini terjadi bukan karena kesengajaan kami atau kami tidak melakukan apa-apa saat bentrokan terjadi. Faktanya kan kami mengupayakan agar bentrokan ini tidak melebar," ujar Arismunandar. Pada saat bentrokan, Arismunandar sedang mengikuti pertemuan rektor-rektor di Perancis sebagai utusan Kementerian Pendidikan, Kamis (11/10/2012). Ia mengaku kaget saat menerima SMS tentang jatuhnya korban tewas dalam bentrokan susulan di RS Haji Makassar. Sementara itu, terkait penetapan tersangka pada pelaku penusukan, yang merupakan mahasiswa Fakultas Seni Desain UNM, pihaknya menunggu dokumen kepolisian sebelum melakukan pemecatan. Selain itu, pihaknya akan senantiasa berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam rangka pengamanan kampus, baik pada saat terjadi tawuran atau dalam kondisi aman.

...dst

12 ) UMI Bubarkan Lembaga Kemahasiswaan Teknik
Sanksi Maksimal untuk Pelaku Tawuran
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/17/05523427/umi.bubarkan.lembaga.kemahasiswaan.teknik

17 Oktober 2012
MAKASSAR, KOMPAS - Rektorat Universitas Muslim Indonesia membubarkan dua lembaga kemahasiswaan di lingkup Fakultas Teknik yang terlibat dalam tawuran mahasiswa, 20 September lalu. Langkah tegas itu ditempuh karena tawuran massal itu menyebabkan satu mahasiswa tewas. Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Masrurah Mochtar, Selasa (16/10), mengatakan, dua lembaga yang dibubarkan itu adalah Teknik Pencinta Alam (Tekpala) dan Cakra Buana, lembaga pencinta alam di Jurusan Teknik Sipil. "Lembaga ini kami bubarkan karena telah beberapa kali terlibat tawuran," tuturnya. Menurut Masrurah, pihaknya juga membongkar sekretariat kedua lembaga itu karena menjadi tempat penyimpanan berbagai senjata tajam yang ditemukan polisi saat menyisir Kampus UMI. Tawuran massal mahasiswa teknik, September lalu, mengakibatkan tewasnya mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Muhammad Ibrahim Rauf. Masrurah memastikan, ST (22), mahasiswa Teknik Sipil yang telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuh Ibrahim, akan diberhentikan. Begitu pula tiga rekannya, NHJ (22), AH (24), dan MA (22), yang menemani pelarian ST ke Nunukan, Kalimantan Timur. "Kami juga tidak akan menoleransi 30 mahasiswa yang diduga terlibat tawuran massal bulan lalu. Semua akan dijatuhi sanksi maksimal," ujarnya. Tim pencari fakta UMI telah menyiapkan sanksi berupa skorsing 2-4 semester hingga drop out. Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Makassar Komisaris Besar Erwin Triwanto mengatakan, pihaknya tengah menelusuri dugaan adanya pihak yang MENDALANGI tawuran di UMI. Kemungkinan itu diperoleh dari pengakuan salah seorang mahasiswa yang ditahan.

...dst

13 ) Pekan Ini, Tim Independen Atasi Tawuran Diturunkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/16/16440869/Pekan.Ini.Tim.Independen.Atasi.Tawuran.Diturunkan

Selasa, 16 Oktober 2012 | 16:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul jatuhnya korban tawuran di Makassar beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menurunkan tim independen pada pekan ini untuk menghentikan masalah tawuran yang merebak di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa tim independen ini akan turun dan melihat langsung kondisi di lapangan. Tidak hanya itu, tim independen ini juga akan melakukan pendekatan dengan mahasiswa, dosen dan masyarakat. "Jadi nanti ketemu dengan mahasiswa, prodi dan masyarakat sehingga lengahnya ada dimana dapat diketahui lalu dilihat gimana solusinya," ujar Nuh, seusai bertemu dengan Rektor dari se-Indonesia, kemarin.

...dst

14 ) Cegah Tawuran, Tambah Poin Akreditasi
http://www.jpnn.com/read/2012/10/16/143507/Cegah-Tawuran,-Tambah-Poin-Akreditasi-

Selasa, 16 Oktober 2012 , 08:24:00
JAKARTA - Meletusnya aksi tawuran mahasiswa di Universitas Negeri Makassar (UNM) yang merenggut dua nyawa pekan lalu, berbuntut panjang. Untuk mencegah kejadian serupa terulang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menambah poin atau kriteria pengajuan akreditasi. Saat memimpin pertemuan seluruh rektor PTN dan Kopertis (koordinator perguruan tinggi swasta) di Jakarta kemarin, Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan sistem akreditasi saat ini luput tidak memantau potensi-potensi pecahnya tawuran di sebuah kampus. "Selama ini akreditasi masih menyangkut aspek-aspek akademik murni saja," katanya. Setelah ada insiden tawuran mahasiswa itu, Nuh menugaskan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk menyusun formulasi tambahan penentuan akreditasi kampus hingga program studi (prodi). Mantan rektor ITS itu mengatakan, poin akreditasi bisa ditambang dengan aspek kemampuan kampus mengelola lingkungan sosial, budaya, dan kemanusian mereka. Menurut Nuh, jika aspek-aspek tadi bisa dikelola dengan baik, maka potensi terjadinya tawuran mahasiswa bisa dicegah. Iklim akademik yang bagus, juga perlu ditopang suasana sosial dan kemanusiaan yang baik juga.

...dst

15 ) Kampus Harus Lakukan Deteksi Dini
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/17/202463/Kampus-Harus-Lakukan-Deteksi-Dini

17 Oktober 2012
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan segera memetakan kampus-kampus mana saja yang berpotensi terjadi tindak kekerasan di kalangan mahasiswa. Pasalnya, diyakini bahwa tindakan tersebut memiliki latar belakang yang kuat dan terjadi secara turun-menurun. "Harus segera diidentifikasi di kampus-kampus mana saja yang berpotensi terjadi kekerasan. Sebab, kekerasan itu bukan sesuatu yang terjadi begitu saja, pasti ada rentetannya," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Jakarta, kemarin. Dengan demikian, ketika ada benih-benih kekerasan, hal tersebut dapat segera diatasi. Ketika terindikasi ada potensi itu, pihak yang bersangkutan dapat segera memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para mahasiswa. "Kementerian melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi harus memiliki tim identifikasi. Harusnya kampus juga dapat melakukan identifikasi itu," tuturnya. Mantan Rektor ITS itu mengatakan, saat ini tindak kekerasan di kalangan pelajar dan mahasiswa sudah menunjukkan sinyal merah. Kekerasan tersebut sudah tidak dapat ditoleransi, karena telah menimbulkan korban jiwa. Buka Ruang Publik Dia menyarankan kepada pihak kampus untuk dapat membuka ruang publik dan membuat wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan semua potensi yang dimiliki sekaligus diberi pembinaan. "Buatlah kanal-kanal, sehingga kelebihan energi yang dimiliki mahasiswa bisa disalurkan dengan baik. Sudah saatnya kampus memberikan pendampingan yang lebih," ujar Mendikbud. Pernyataan senada diungkapkan Rektor Universitas Negeri Jakarta, Bejo Sujanto. Menurutnya, pembinaan di lingkungan kampus harus lebih dimaksimalkan.

...dst

16 ) Marak Tawuran, Menteri Siapkan Aturan
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143462/Marak-Tawuran,-Menteri-Siapkan-Aturan-

Senin, 15 Oktober 2012 , 20:28:00
JAKARTA - Maraknya aksi tawuran antar pelajar dan mahasiswa membuat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI berfikir membuatkan sebuah payung hukum untuk mengatur pemberian sanksi terhadap pelaku hingga institusi pendidikannya. Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dalam pertemuan dengan Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia di Kemendikbud, Senin (15/10). "Segera kami buatkan payung hukum. Siapapun yang kami anggap lalai mengelola kedisiplinan dalam kampus harus diberi hukuman," kata Nuh yang saat itu disampingi Dirjen Dikti, Djoko Santoso. Dijelaskannya bahwa hukuman itu nantinya berlaku tidak hanya bagi pelaku, namun juga institusinya. Bagi institusi, sanksinya direncanakan berupa penutupan salah satu program studi (Prodi) yang terlibat tawuran. "Tutup saja prodinya, baik sementara maupun ditutup permanen," kata Nuh dengan gamblang. Dia menuturkan bahwa sanksi itu diberikan setelah tim yang dibentuk Kementrian melakukan identifikasi kasus ke lapangan. Sehingga bisa diketahui apa permasalahan yang terjadi. Nuh menjamin tim dari Kementerian yang akan melakukan identifikasi itu bekerja secara profesional, melihat persoalan secara objektif serta memiliki kompetensi. Dengan demikian sanksi yang diberikan nantinya tidak asal-asalan.

...dst

17 ) Wapres: introspeksi kebijakan pendidikan nasional
http://www.antaranews.com/berita/338986/wapres-introspeksi-kebijakan-pendidikan-nasional

Selasa, 16 Oktober 2012 18:57 WIB
Semarang (ANTARA News) - Wakil Presiden Bediono mengajak semua pihak, terutama komunitas pendidikan, untuk melakukan introspeksi yang sungguh-sungguh mengenai kebijakan pendidikan dan pelaksanaannya secara menyeluruh. "Berikan bobot yang seimbang antara pengajaran `keterampilan lunak dan keterampilan keras` untuk semua jenjang pendidikan, sehingga anak-anak didik kita, generasi muda kita, nantinya menjadi pemimpin bangsa yang handal," kata Wapres Boediono di Semarang, Selasa. Hal tersebut disampaikan saat menyampaikan pidato dalam Dies Natalis Universitas Diponegoro ke-55 yang dihadiri Ibu Herawati Boediono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, serta Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Menurut Wapres, pembelajaran keterampilan lunak harus dimulai sejak usia dini, pada usia formatif. Materi dan metode pengajarannya tentu harus pula disesuaikan dengan setiap jenjang pendidikan. "Saya mendapatkan kesan bahwa pendidikan yang ada sekarang di tanah air belum memberikan tempat dan bobot yang semestinya bagi pengajarannya keterampilan lunak ini" kata Boediono.

...dst

18 ) Wapres Serukan Introspeksi Kurikulum Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/10/356211/293/14/Wapres_Serukan_Introspeksi_Kurikulum_Pendidikan

Selasa, 16 Oktober 2012 22:25 WIB 
SEMARANG--MICOM: Wakil Presiden Bediono mengajak semua pihak untuk melakukan introspeksi yang sungguh-sungguh mengenai kebijakan pendidikan dan pelaksanaan secara menyeluruh. "Berikan bobot yang seimbang antara pengajaran keterampilan lunak dan keterampilan keras untuk semua jenjang pendidikan, sehingga anak-anak didik kita, generasi muda kita, nantinya menjadi pemimpin bangsa yang handal," kata Wapres Boediono di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (16/10). Hal tersebut disampaikan saat menyampaikan pidato dalam Dies Natalis Universitas Diponegoro ke-55 yang dihadiri Herawati Boediono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, serta Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Menurut Wapres, pembelajaran keterampilan lunak harus dimulai sejak usia dini, pada usia formatif. Materi dan metode pengajarannya tentu harus pula disesuaikan dengan setiap jenjang pendidikan.  "Saya mendapatkan kesan bahwa pendidikan yang ada sekarang di Tanah Air belum memberikan tempat dan bobot yang semestinya bagi pengajarannya keterampilan lunak ini" kata Boediono. Keterampilan dan kompetensi lunak, kata Wapres, sangat esensial bagi terbentuknya pribadi yang baik, bagi tumbuhnya warga negara yang baik. "Kesemuanya ini akhirnya akan menentukan laju kemajuan dan tingkat peradaban yang dapat dicapai oleh bangsa kita," katanya.

...dst

19 ) Siswa Butuh Keteladanan, bukan Revisi Kurikulum
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/16/356212/293/14/Siswa-Butuh-Keteladanan-bukan-Revisi-Kurikulum

Selasa, 16 Oktober 2012 22:32 WIB 
JAKARTA--MICOM: Wakil Presiden Boediono dianggap tidak melihat kurikulum pendidikan secara komprehensif sehingga menilai sistem pendidikan kurang memberi porsi pengembangan soft skill anak. "Contohnya seperti pelajaran sejarah, pendidikan kewarganegaraan, dan IPS, intinya bagaimana mereka membangun nilai kebersamaan. IPA, mata pelajaran eksakta sebenarnya juga tidak hanya mengajarkan pelajaran kognitif. Ada hidden kurikulum, setiap guru wajib mendidik anak didik dengan baik, menanamkan nilai, walau pelajarannya bersifat eksakta," ujar pengamat pendidikan Suparman di Jakarta, Selasa (16/10). Pada dasarnya, sebut Suparman, kurikulum yang sudah dirancang selama ini sudah memberikan ruang kepada anak untuk mengembangkan soft skill dalam diri anak. Ia mengatakan di saat pendidikan tersebut sudah memadai, anak-anak justru berhadapan dengan nilai-nilai yang berlawanan di masyarakat. Banyak tindakan yang intoleran yang terjadi di masyarakat. "Orang-orang yang seharusnya mendapatkan keteladanan justru tidak mendapatkan contoh nyata di masyarakat. Di sekolah diajarkan banyak nilai-nilai, namun pada kenyataannya tidak ditemui di masyarakat," tegasnya. Ia mengatakan tidak sebaiknya kurikulum disalahkan. Kurikulum, sebaik apapun itu, tidak akan bisa bermanfaat jika manusianya tidak memperbaiki diri.

...dst

20 ) Anggaran Kemendikbud Dipertanyakan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/207623

Selasa, 16/10/2012 - 20:43
JAKARTA, (PRLM).- Kalangan DPR mengkritisi besarnya anggaran Kemendikbud dibandingkan dengan masih banyaknya peristiwa tawuran yang terjadi belakangan ini di tingkat sekolah menengah, baik yang terjadi di Jakarta, Makasar dan daerah lainnya. Kasus tawuran yang diantaranya menyebabkan meninggalkan siswa dan mahasiswa sangat memprihatinkan, kata Ketua FPPP DPR Hasrul Azwar dalam sambutan diskusi bertajuk 'Melacak Akar Tawuran Antarsiswa di Sekolah: Upaya Mencari Formula Kurikulum yang Ideal' di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/10). Dikemukakan, ketika terjadi tawuran antara siswa SMA 6 dan SMA 70 di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh sempat mengatakan cukuplah itu yang terakhir kali. Namun beberapa pekan kemudian terjadi tawuran mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan. "Kalau begini berarti tawuran di Jaksel itu bukan yang terakhir lagi, tegasnya. Kata Hasrul, sungguh ironis tawuran terjadi di tengah anggaran pendidikan yang terus meningkat. Lalu dimana fungsi anggaran. "Untuk tahun 2013 Kemendikbud anggarannya mencapai Rp 315 triliun," tegas Hasrul. Diskusi tersebut menampilkan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra, Dirjen Dikdas Kemdikbud Suyanto, pemerhati anak Seto Mulyadi (Kak Seto), dan anggota Komisi X Reni Marlinawati. Hasil diskusi diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk dunia pendidikan.

...dst

21 ) Aliansi Perempuan Tolak Audiensi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/17/15331665/Aliansi.Perempuan.Tolak.Audiensi

Rabu, 17 Oktober 2012 | 15:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Para demonstran yang berasal dari Aliansi Perempuan Tolak Pemerkosaan akhirnya membubarkan diri setelah sekitar satu jam melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebelumnya, pihak Kemendikbud membuka ruang untuk audiensi dengan para pengunjuk rasa. Namun, tawaran tersebut ditolak para demonstran yang sebagian besar perempuan ini karena tidak diperbolehkan membawa atribut ke dalam ruang audiensi. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud Ibnu Hamad mengatakan, pihaknya selalu menerima para pengunjuk rasa di Kemendikbud agar aspirasinya dapat tersampaikan. Karena itu, pihaknya meminta perwakilan dari Aliansi Perempuan Tolak Pemerkosaan agar bertemu dengan pihak Kemendikbud. "Sudah ditawarkan. Kami juga sudah siap untuk menerima. Tapi, mereka yang tidak mau karena sesuai aturan memang tidak boleh bawa atribut, poster, atau spanduk saat audiensi," kata Ibnu, ditemui di kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (17/10/2012). Ia juga mengungkapkan, perintah untuk menerima para pengunjuk rasa ini turun langsung dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Audiensi yang rencananya dilakukan di Gedung C tersebut bermaksud untuk menjelaskan duduk perkara terkait dengan pernyataan Mendikbud beberapa waktu lalu. "Kami ditelpon langsung oleh Pak Menteri untuk menerima mereka. Kami akan jelaskan duduk perkaranya dan dengarkan aspirasi mereka," jelas Ibnu.

...dst

 Berita Edukasi, 16 Oktober 2012

 1 ) Pimpinan Perguruan Tinggi Deklarasikan Anti Kekerasan di Lingkungan Kampus
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/757

10/16/2012
Jakarta --- Kasus tawuran mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan, yang menelan seorang korban jiwa pada akhir pekan lalu, merupakan kejadian yang tidak bisa ditolerir lagi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan, Kemdikbud bertekad untuk menghentikan segala bentuk tindakan kekerasan di lingkungan kampus dengan cara apapun, mulai dari pencegahan hingga pemberian sanksi. "Kami di kementerian membaca (kejadian ini) sudah sinyal merah, tidak bisa ditolerir. Ditambah lagi ada rentetan ditemukan senjata, ganja, minuman keras," ujar Mendikbud di hadapan rektor perguruan tinggi negeri dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) se-Indonesia, saat pertemuan di Gedung D Kemdikbud, Senin (15/10) sore. Karena itu Mendikbud mengucapkan terima kasih atas kehadiran mereka, meski undangan datang mendadak setelah ia melakukan tinjauan lapangan ke Makassar, Jumat lalu. Menteri Nuh menceritakan pengalamannya saat mengunjungi rumah Haryanto, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), yang menjadi korban tawuran mahasiswa yang terjadi pada Kamis lalu. "Kebetulan orang tuanya seorang petani, punya tujuh anak. Korban adalah anak ke-4, sedang di semester akhir. Harapannya luar biasa bagi keluarga tersebut," tuturnya.

...dst

2 ) Mendikbud: Jangan Sampai Ada Tawuran Lagi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/17355566/Mendikbud.Jangan.Sampai.Ada.Tawuran.Lagi

Senin, 15 Oktober 2012 | 17:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah tawuran pelajar di Jakarta memakan dua korban jiwa, aksi kekerasan antarmahasiswa di Makassar juga kembali menelan dua korban jiwa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, sejumlah insiden tawuran belakangan ini hendaknya dijadikan pelajaran dan tidak sepatutnya terulang lagi. Apalagi, tawuran seperti ini juga berdampak pada keluarga dan masyarakat. "Ada beberapa pilihan untuk masalah ini. Tapi yang harus dipilih adalah stop secepatnya. Jangan kembali ada kejadian seperti ini," kata Nuh, saat memberi sambutan di hadapan rektor se-Indonesia di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (15/10/2012). Dia mengungkapkan, setelah kunjungannya ke keluarga korban peristiwa tawuran mahasiswa di Makassar, dirinya melihat kondisi orang tua yang kehilangan anak yang menjadi tumpuan dan harapan masa depan harus meninggal dengan cara semacam itu. "Orangtua anak itu hanya petani. Dia sudah semester akhir, sebentar lagi lulus. Bayang

...dst

3 ) Sanksi Tawuran Segera Diterapkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/16/12281780/Sanksi.Tawuran.Segera.Diterapkan.

Selasa, 16 Oktober 2012 | 12:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Persoalan tawuran di kalangan pelajar dan mahasiswa akan disikapi secara serius atau all out oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karena itu, ketegasan untuk memberikan sanksi mulai disosialisasikan dan disiapkan payung hukumnya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta komitmen dari semua PT untuk menyetop tawuran yang terlihat semakin meningkat dan sadis, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. "Tawuran yang terjadi di sekolah menengah dan kampus sudah jadi sinyal merah. Tawuran tidak bisa ditolerir lagi. Kekerasan di kalangan pelajar/mahasiswa harus segera dihentikan dengan upaya apapun," kata Nuh di Jakarta, Selasa (16/10/2012). Nuh menjelaskan, intervensi Kemendikbud di kampus lebih bisa langsung dibandingkan di sekolah dasar dan menengah. Sebab, kewenangan PT masih di bawah Kemendikbud, sedangkan sekolah kewenangannya berada di kabupaten/kota.

...dst

4 ) Lima Kesepakatan Rektor Se-Indonesia tentang Tawuran
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704393/lima-kesepakatan-rektor-se-indonesia-tentang-tawuran

Senin, 15 Oktober 2012 19:59 wib
JAKARTA - Ratusan pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) dan Kopertis seluruh Indonesia sore tadi berkumpul di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membahas tindak kekerasan di lingkungan kampus. Usai pertemuan, para rektor sepakat mendeklarasikan lima kesepakatan mereka. Deklarasi yang diberi tajuk Deklarasi Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/Pemerintah dan Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia "Anti Kekerasan di Lingkungan Perguruan Tinggi" tersebut ditandatangani oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto, Koordinator Kopertis Wilayah II Diah Natalisa sebagai perwakilan rektor PTN dan Kopertis se-Tanah Air. Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso juga membubuhkan tanda tangan dalam deklarasi tersebut. Berikut bunyi lengkap deklarasi "Anti Kekerasan di Lingkungan Perguruan Tinggi" yang dibacakan di Gedung Dikti, Kemendikbud, Senin (15/10/2012).

...dst

5 ) Perguruan Tinggi Butuh Payung Hukum
Atasi Kekerasan Mahasiswa/Pelajar
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/16/202326/Perguruan-Tinggi-Butuh-Payung-Hukum

16 Oktober 2012
JAKARTA - Perguruan tinggi membutuhkan payung hukum yang dapat dijadikan sebagai landasan untuk mengimplementasikan semua aturan dan sanksi. "Perlu payung hukum untuk dijadikan dasar kami melaksanakan aturan dan sanksi kepada siapa pun yang melakukan pelanggaran di kampus. Dengan adanya payung hukum, ada dasar yang melindungi kami," ungkap Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Maswardi M Amin, dalam acara Deklarasi Antikekerasan di Lingkungan Kampus, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin. Menurutnya, dengan tidak adanya payung hukum, tidak tertutup kemungkinan pihaknya mendapatkan intervensi ketika memberikan sanksi kepada pihak yang dinilai melanggar. Padahal, sanksi dan aturan merupakan otoritas yang dimiliki setiap perguruan tinggi. Dia mengungkapkan, pihaknya mendapatkan intervensi dari pemerintah daerah ketika memberikan sanksi skorsing kepada mahasiswa yang melakukan pelanggaran. "Ada yang mengatakan bahwa otoritas kampus untuk memberikan sanksi itu dipandang arogan," ujarnya.

...dst

6 ) Rektor Unpad: Tak Tahu Hukum, Saling Senggol pun Bisa Tawuran
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/16/373/704738/rektor-unpad-tak-tahu-hukum-saling-senggol-pun-bisa-tawuran

Selasa, 16 Oktober 2012 15:04 wib
JAKARTA - Ada sekian banyak faktor penyebab tawuran di kalangan mahasiswa. Ketidaktahuan mahasiswa terhadap hukum positif yang berlaku turut menyumbang mencuatnya tindak kekerasan pada lingkup pendidikan tinggi tersebut. Rektor Universitas Padjajaran Ganjar Kurnia menganggap, tawuran kerap terjadi di kalangan mahasiswa karena masyarakat tidak pernah tahu hukum positif. "Penyebab tawuran juga bisa saling senggol antara mahasiswa satu dengan mahasiswa yang lain," ujar Ganjar, ketika berbincang dengan Okezone, Selasa (16/10/2012). Karena itulah, Ganjar menilai, langkah konkret yang harus dilakukan setiap perguruan tinggi untuk mencegah terjadinya tawuran dan tindak kekerasan di lingkup kampus adalah publisitas hukum. "Penting sekali menyosialisasikan pengetahuan tentang hukum-hukum," tuturnya. Ganjar mengimbuh, sosialisasi tersebut di antaranya tentang hukum yang berlaku atas tindakan kriminal yang terencana. Sosialisasi tentang hukum atas tindak kriminal ini, kata Ganjar, juga penting dilakukan kepada kalangan mahasiswa.

...dst

7 ) Mendikbud: Tawuran seperti Kehidupan Primitif...
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/16/1114437/Mendikbud.Tawuran.Seperti.Kehidupan.Primitif.

Selasa, 16 Oktober 2012 | 11:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi kekerasan di kalangan anak muda terus menjadi sorotan lantaran tawuran antar-pelajar ataupun antar-mahasiswa, yang memakan korban jiwa, tak kunjung berhenti. Belum habis masalah di satu tempat, kejadian serupa pecah kembali di tempat lain. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, civitas akademika harus mengedepankan nilai budaya dan akademik merupakan salah satu pencegahan tawuran antar-pelajar dan antar-mahasiswa yang marak terjadi belakangan ini. "Tawuran dan hantam-hantaman itu, maaf ya, seperti dalam kehidupan primitif. Era yang baru ini, kembangkan tradisi dan budaya," kata Nuh saat memberikan sambutan pada pertemuan rektor perguruan tinggi negeri se-Indonesia di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (15/10/2012). Nuh juga mengimbau agar para pimpinan perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa sebaiknya tidak lagi menggunakan pendekatan fisik. Saat ini, lanjutnya, adalah era demokrasi bahwa tiap-tiap orang memiliki pendapat yang bebas diungkapkan.

...dst

8 ) Ini Ancaman Sanksi untuk PT yang Terlibat Tawuran
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/16/09583410/Ini.Ancaman.Sanksi.untuk.PT.yang.Terlibat.Tawuran

Selasa, 16 Oktober 2012 | 09:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menegaskan bahwa sanksi penutupan program studi (prodi) yang mahasiswanya kerap terlibat tawuran akan segera diterapkan. Apalagi, bagi prodi yang diketahui secara turun temurun membudayakan tawuran. "Kalau sudah turun temurun dan sistemik, ya sudah tutup saja. Daripada dibiarkan malah merusak anak-anak yang baik menjadi anak-anak yang keras," katanya di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (15/10/2012). Nuh juga mengungkapkan bahwa bagi pimpinan perguruan tinggi yang tidak mampu menata dengan baik lingkungannya maka pimpinan tersebut akan diberi sanksi dari peringatan keras, pencopotan jabatan hingga penutupan prodi. "Karena untuk masalah perguruan tinggi ini, menteri bisa langsung ambil alih karena kami punya tanggung jawab langsung. Berbeda dengan sekolah," jelas Nuh.
Untuk itu, dia menyatakan jika ada kampus yang sudah menunjukkan gejala tidak beres maka langsung didahulukan untuk diurus. Nuh juga mengungkapkan bahwa yang dilihat dari kampus bukan hanya masalah akademik saja tetapi juga melihat mampu membina secara tradisi dan budaya.

...dst

9 ) Kekerasan di Perguruan Tinggi Tidak Bermartabat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/16/09300036/Kekerasan.di.Perguruan.Tinggi.Tidak.Bermartabat

Selasa, 16 Oktober 2012 | 09:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pascatawuran antarmahasiswa di Makassar beberapa waktu lalu, para rektor dari semua perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia berkumpul dan sepakat menandatangani deklarasi antikekerasan di lingkungan perguruan tinggi. Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhandiyanto mengatakan bahwa hal ini menjadi komitmen dari semua pimpinan perguruan tinggi negeri/pemerintah dan koordinator koordinasi perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia untuk menjunjung semangat antikekerasan di lingkungan perguruan tinggi. "Perilaku kekerasan di lingkungan perguruan tinggi adalah hal yang tidak bermartabat dan tidak sepatutnya terjadi," kata Herry saat pertemuan rektor seluruh Indonesia di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (15/10/2012).

...dst

10 ) Kampus Harus Selami Dinamika Kehidupan Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/18062527/Kampus.Harus.Selami.Dinamika.Kehidupan.Mahasiswa

Senin, 15 Oktober 2012 | 18:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meminta perguruan tinggi negeri dan swasta mulai serius menyelami dinamika kehidupan mahasiswa. Selain memberikan ruang publik atau kegiatan yang luas untuk menyalurkan ekspresi mahasiswa, perlu juga dilakukan pendampingan. Hal tersebut disampaikan Mendikbud dalam pertemuan dengan pimpinan PTN dan pimpinan Koordinasi perguruan tinggi swasta (Kopertis) di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Senin (15/10/2012). Pertemuan yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud ini untuk meminta komitmen kampus menghentikan aksi kekerasan antarmahasiswa di kampus. "Perguruan tinggi itu sebagai jenjang terakhir pendidikan. Kampus tidak hanya mengedepankan akademik, tetapi juga nonakademik. Termasuk semua pimpinan harus mau menyelami dinamika kehidupan kampus dan mendampingi mahasiswan" kata Nuh.

...dst

11 ) Kemdikbud Berencana Membuka Politeknik Negeri di Maluku Tengah
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/756

10/16/2012
Banda Naira, Maluku -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengunjungi Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan dan Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP Hatta-Syahrir), di Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, (13/10). Dalam kunjungan tersebut, turut hadir Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, dan Wakil Gubernur Maluku, Said Assegaf. Dalam sambutannya Muhammad Nuh mengatakan, sempat berdiskusi dengan pimpinan yayasan mengenai kemungkinan akan membuka politeknik negeri di Banda Naira, sebagai kepedulian  negara terhadap pendidikan. Diharapkan, perguruan tinggi tidak hanya ada di kota atau di pusat saja, melainkan di daerah juga. Ia menambahkan, negara harus memberikan perlakuan khusus bagi Banda Naira sebagai tanda hormat atas peran daerah itu dalam sejarah pembentukan bangsa. "Kalau tidak ada perlakuan khusus itu, berarti kita kurang menghormati peran penting Banda Naira," ujarnya. Menteri Nuh juga berpesan untuk menanamkan nilai kejujuran. "Dan kejujuran itu paling manjur harus dimulai dari sekolah," katanya. Menteri Nuh berharap STIP Hatta-Syahrir akan menjadi inspirasi bagi masyarakat Banda Naira.

...dst

12 ) Mendikbud Mohon Maaf atas Kesalahan Persepsi Terkait Kasus Perkosaan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/750

10/15/2012
Ambon --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan permintaan maaf atas pernyataan yang disampaikan berkait komentarnya ketika ditanya wartawan tentang kasus siswa yang diperkosa di salah satu SMP swasta di Depok, menimbulkan kesalahpahaman. "Saya menyampaikan maaf atas pernyataan saya yang dipahami keliru karena konteksnya tidak sebagaimana yang dimaksud dan tidak utuh disampaikan,  sehingga dipersepsi negatif oleh publik," kata Mendikbud Mohammad Nuh, sebelum membuka acara Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi) ke-12, tingkat Mahasiswa di Lapangan Merdeka, Ambon, Minggu (14/10) malam. Dijelaskan Nuh, apa yang disampaikannya ketika menjawab pertanyaan wartawan itu konteksnya bukan dalam menanggapi kasus di Depok, tapi disampaikannya dalam konteks yang umum dan lebih luas. "Saya diminta komentar tentang kasus Depok, lalu saya katakan, kalau saya belum mengetahui secara detail kasus tersebut dan belum bertemu secara langsung dengan korban,"katanya.

...dst

13 ) Kisruh UI Dibukukan
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/16/373/704691/kisruh-ui-dibukukan

Selasa, 16 Oktober 2012 14:05 wib
JAKARTA - Korupsi telah menjalar ke berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Maka, untuk memberantasnya hingga ke akar, diperlukan peran serta masyarakat kampus. Demikian diungkapkan aktivis Indonesian Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun dalam acara peluncuran buku Membangun di Atas Puing Integritas : Belajar dari Universitas Indonesia (UI) besutan sejumlah anggota gerakan UI Bersih di Fakultas Kedokteran UI Salemba, Jakarta Pusat. "Masyarakat kampus harus bergerak untuk melawan tumbuhnya korupsi di dunia  pendidikan yang sekarang menjadi sektor terkorup di Indonesia. Pada 2009, pendidikan adalah sektor terkorup nomor empat, pada 2010 menjadi nomor tiga, dan pada dua tahun terakhir menjadi sektor terkorup di Indonesia," ujar Tama, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (16/10/2012). Buku setebal 802 halaman ini merupakan karya bersama gerakan UI Bersih yang selama satu tahun terakhir berupaya membersihkan UI dari praktek mismanajemen dan korupsi. Dalam acara yang dihadiri sekira 250 peserta itu, Ekonom Faisal Basri, anggota Komisi X DPR Dedi Gumelar atau yang akrab disapa Miing, Hendriana Yadi (IJTI), serta perwakilan mahasiswa, yakni Andreas Senjaya didapuk sebagai pembicara.

...dst

14 ) Tatang Sulap Akar Wangi Jadi "Bokangi and Friend"
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/16/372/704595/tatang-sulap-akar-wangi-jadi-bokangi-and-friend

Selasa, 16 Oktober 2012 11:56 wib
JAKARTA - Mahasiswa tidak selalu identik dengan tawuran. Mahasiswa juga terkenal kaya akan kreativitas dalam berwirausaha. Berbekal kemampuan memanfaatkan kekayaan alam di Indonesia, Tatang Gunawan beserta rekan-rekannya di Institut Pertanian Bogor (IPB), membuat boneka berbahan dasar akar wangi berlabel "Bokangi and Friend". Industri kecil ini berfokus pada produksi dan pemasaran kerajinan berbahan baku akar wangi. Bokangi juga mengedepankan konsep pemberdayaan masyarakat. Akar wangi adalah tanaman khas tropica dengan wewangian khas. Tanaman yang menghasilkan minyak atsiri ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan kosmetik. Proyek Tatang dan timnya ini bertujuan mengembangkan komoditas pertanian lokal yaitu akar wangi, dengan disisipkan pesan-pesan universal. "Oleh karena itu inovasi produk Bokangi yang memanfaatkan akar wangi harus terus dikembangkan," ujar Tatang, seperti dikutip dari keterangan tertulis IPB kepada Okezone, Selasa (16/10/2012).

...dst

15 ) Bokangi, Boneka Wangi Kreasi IPB
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/16/mbyyjv-bokangi-boneka-wangi-kreasi-ipb

Selasa, 16 Oktober 2012, 11:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kini, semakin banyak inovasi yang dikembangkan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam ranah aksesoris atau pun suvenir. Tak hanya mengandalkan seni dan keelokan, tapi juga penggunaan bahan alamiah yang diperoleh dari alam sebagai tambahan manfaat. Tatang Gunawan adalah salah satunya. Mahasiswa Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB ini adalah penggiat selanjutnya dalam roda bisnis inovasi. Ia bersama kawan-kawannya mengembangkan industri kecil yang membuat boneka berbahan dasar akar wangi bertajuk "Bokangi and friend". "Tujuan didirikannya Bokangi yaitu untuk pengembangan komoditas pertanian lokal, seperti akar wangi," ujar Tatang. Bokangi hadir dalam rangka peningkatan nilai ekonomis akar wangi yang masih belum banyak berkembang di Indonesia. Bokangi yang mulai dibuat sejak Februari 2012 ini telah terjual sebanyak 650 produk hingga bulan Mei 2012 lalu. "Beberapa agen Bokangi pun telah tersebar di Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitasi Padjadjaran), Surabaya (Universitas Airlangga), Jakarta (Bina Sarana Informatika dan Universitas Indonesia), Garut (Universitas Garut dan Akademi Kebidanan Garut), Tasik (Universitas Siliwangi) dan Bogor (Universitas Djuanda dan IPB)" tutur Tatang.

...dst

16 ) Beras Analog IPB Terkendala Produksi
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/372/704316/beras-analog-ipb-terkendala-produksi

Senin, 15 Oktober 2012 18:11 wib
DEPOK – Gerakan diversifikasi pangan mengganti nasi dengan umbi-umbian yang digaungkan oleh Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kota Depok bersinergi dengan penemuan produksi beras analog yang diprakarsai Institut Pertanian Bogor (IPB). Penemu beras analog Slamet Budijanto mengatakan, produksi beras analog saat ini masih terbatas sekira 250 kg per bulan. Sementara itu, permintaan pasar untuk beras analog saat ini cukup besar. Misalnya saja, Pemerintah Kota Depok saat ini sudah menjadikan beras analog sebagai makanan One Day No Rice (ODNR). Permintaan beras analog ini mencapai 50 kg per hari. Hal itu membuktikan sosialisasi yang dilakukan cukup berhasil. "Peran Depok cukup sentral dalam permintaan beras analog, namun kami masih kewalahan dalam memenuhi permintaan itu. Belum lagi permintaan lainnya," ujar Slamet kepada wartawan di Balai Kota, Depok, Senin (15/10/2012). Menurut Slamet, perlu dibuat pabrik terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Saat ini sudah ada beberapa investor yang tertarik untuk memproduksi dan industri besar yang ingin memasarkan beras analog.

...dst

17 ) Tiga mahasiswa Undip ekspedisi ke Kilimanjaro
http://www.antaranews.com/berita/338813/tiga-mahasiswa-undip-ekspedisi-ke-kilimanjaro

Senin, 15 Oktober 2012 21:06 WIB
Semarang (ANTARA News) - Tiga mahasiswa pecinta alam Universitas Diponegoro Semarang akan melakukan ekspedisi pendakian ke Gunung Kilimanjaro, Tanzania, Afrika selama sekitar 20 hari. "Kami namakan tim pendakian ini `Diponegoro Expedition Part II`. Hari ini (15/10) kami berangkat ke sana (Tanzania, red.)," kata Irwan Hidayatullah (21), salah satu anggota tim ekspedisi, di Semarang, Senin. Ketiga mahasiswa itu, yakni Irwan Hidayatullah dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Umi Luthfiah (20) Fakultas Ilmu Budaya, dan Syarif Hidayatullah (20) mahasiswa D3 Fakultas Teknik Undip. Menurut dia, ekspedisi yang dilakukan itu tidak hanya pendakian gunung tertinggi di Benua Afrika, melainkan membawa misi kebudayaan yang akan dikenalkan kepada masyarakat di negara tersebut. Ia mengatakan tim ekspedisi yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Wapeala) Undip itu akan melakukan pameran batik di Universitas Dar Es Salaam, salah satu perguruan tinggi di Tanzania.

...dst

18 ) STP Bandung buka kelas internasional pada 2013
http://www.antaranews.com/berita/338926/stp-bandung-buka-kelas-internasional-pada-2013

Selasa, 16 Oktober 2012 13:08 WIB
Bandung (ANTARA News) - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung akan membuka kelas internasional pada 2013 dengan program dual degree bekerjasama dengan International Hotel Management Institute (IMI) di Luzern, Swiss. Ketua STP Bandung Noviendi Makalam di Bandung, Selasa, mengatakan saat ini masih dalam tahap penjajakan dengan IMI untuk membuka kelas internasional program studi kuliner pada 2013. "Setelah penjajakan yang telah berjalan enam bulan ini selesai, kami akan mengajukan ijin prinsip ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas. Begitu ijin keluar, kami berencana membuka kelas internasional itu pada Agustus 2013," tuturnya. Menurut Noviendi, jurusan kuliner sengaja dipilih untuk program kelas internasional guna mendukung perkembangan kuliner sebagai salah satu sektor ekonomi kreatif. "Kuliner saat ini sedang berkembang dengan pesat, dan sebagai sektor ke-15 dari program ekonomi kreatif tentu kami harus mendukung perkembangan sektor tersebut," ujarnya.

...dst

19 ) Minamas Bagi-Bagi Beasiswa Rp5,79 M
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/16/373/704665/minamas-bagi-bagi-beasiswa-rp5-79-m

Selasa, 16 Oktober 2012 13:34 wib
JAKARTA - Sebanyak 72 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari anak perusahaan Sime Darby, PT Minamas Gemilang (Minamas) dengan total Rp5,79 miliar. Mengacu pada tahun lalu, besaran beasiswa yang diberikan serta jumlah mahasiswa penerima beasiswa ini mengalami peningkatan 27 persen. Hal ini dilakukan karena Minamas ingin menjangkau lebih banyak lagi mahasiswa berprestasi di Indonesia, terutama mereka yang tengah menimba ilmu di universitas di luar wilayah Jawa. Tahun lalu, beasiswa senilai Rp4,61 miliar diterima oleh 55 mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan tingkat diploma serta sarjana di berbagai universitas terpilih di Indonesia. Bahkan, untuk membangun kesadaran publik akan program beasiswa ini, sosisaliasi dilakukan dengan lebih gencar termasuk di antaranya melakukan proses wawancara di luar Jakarta. Chairman Sime Darby yang juga merupakan Komisaris Utama PT Minamas Gemilang (Minamas) dan PT Anugerah Sumber Makmur Tun Musa Hitam menyebut, program beasiswa ini merupakan komitmen mereka terhadap pendidikan dan pengembangan generasi muda yang berbakat.

...dst

20 ) Candi Borobudur Dapat Sertifikat Guinness World Records
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/15/355824/293/14/Candi-Borobudur-Dapat-Sertifikat-Guinness-World-Records

Senin, 15 Oktober 2012 15:52 WIB   
MAGELANG--MICOM: Candi Borobudur mendapat sertifikat dari Guinness World Records sebagai situs arkeologis Candi Buddha terbesar di dunia.
Sertifikat diserahkan perwakilan Guinness World Records Ltd Ms Lusia Sinigagliesi kepada Direktur PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) Purnomo Siswoprasetjo di Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (15/10). Lusia mengatakan, Borobudur yang dibangun antara 750-842 M dengan volume 60 ribu meter kubik merupakan candi megah yang ukurannya tidak ada bandingannya. "Borobudur candi terbesar di dunia tidak hanya diakui Guinness World Records. Banyak buku yang menyebutkan hal tersebut," katanya. Menyinggung masuknya Borobudur dalam Guinness World Records akan berdampak bagi Candi Borobudur, dia mengatakan Guinness World Records mempunyai kekuatan dunia sehingga akan banyak tamu yang datang ke candi ini.

...dst

21 ) Sosialisasi Kisi-kisi UN 2013 Mundur ke November
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/16/13501726/Sosialisasi.Kisi-kisi.UN.2013.Mundur.ke.November

Selasa, 16 Oktober 2012 | 13:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013 masih terus disempurnakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Rencana sosialisasi kisi-kisi UN 2013 yang ditargetkan dilakukan bulan ini diundur hingga bulan November. Ketua BSNP, Aman Wirakartakusumah, mengatakan, kisi-kisi ini ditargetkan selesai pada pekan kedua atau pekan ketiga bulan November untuk selanjutnya segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah sehingga para guru dapat fokus mempersiapkan anak didiknya. "November dipastikan akan selesai. Tahun lalu juga pada akhir November. Tetapi dari tahun lalu tidak bergeser banyak," ujar Aman saat dihubungi, Selasa (16/10/2012). Dia mengungkapkan bahwa kisi-kisi UN 2013 ini telah dibuat sejak tahun 2012 ini. Pembuatannya juga didasarkan dan dikembangkan pada kurikulum yang tengah diajarkan guru pada anak didiknya. Untuk itu, pendalaman materi bagi anak didik sebenarnya dapat dilakukan tanpa menunggu kisi-kisi.

...dst

22 ) Mengenal Negara ASEAN Melalui ASESSLP
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/754

10/15/2012
Yogyakarta --- Menjadi peserta ASEAN Student Exchange at Secondary School Level Program (ASESSLP) merupakan pengalaman tersendiri bagi para duta ASEAN. Selain bisa berkenalan dan menyelami watak teman sebaya mereka yang berasal dari negara-negara ASEAN dan Timur Leste, mereka juga berbagi pengalaman. Meski secara langsung mereka belum pernah menginjakkan kaki ke negara-negara tersebut, setidaknya kegiatan bercerita tentang keunggulan negara masing-masing memberi informasi dan motivasi yang meningkatkan kesadaran dan solidaritas bangsa serumpun. Seluruh peserta ASESSLP memperkenalkan negaranya dalam acara yang disebut "Country Presentation" pada hari Senin (15/10) di Ballroom Grand Quality Yogyakarta. Presentasi dan atraksi yang ditampilkan peserta sangat beragam. Mulai dari memperkenalkan kekayaan budaya dan alamnya, hingga tarian kebanggaan bangsa. Acara presentasi ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai oleh presentasi dari Brunei Darussalam, Kamboja, Lao PDR, Malaysia, dan Filipina. Sesi kedua dilanjutkan Singapura, Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Indonesia.

...dst

23 ) Pertama, Planet dengan Empat "Matahari"
http://sains.kompas.com/read/2012/10/16/12441282/Pertama.Planet.dengan.Empat.Matahari.

Selasa, 16 Oktober 2012 | 12:44 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Penemuan planet dengan satu atau dua bintang sudah biasa. Kali ini, astronom menemukan planet yang akan membuat siapapun mengatakan "wow". Planet temuan baru tersebut disinari oleh empat bintang. Planet yang ditemukan mengorbit sepasang bintang ganda, dua bilang yang mengorbit satu sama lain. Sementara, nun jauh di orbit planet itu, ada sepasang bintang ganda lain yang juga eksis. Awalnya, tanda keberadaan planet ini disadari oleh volunteer situs web planethunters.org. Kemudian, temuan ditindaklanjuti dengan observasi oleh astronom di Keck Observatory. Publikasi penemuan telah masuk ke server Arxiv. Planet baru ini terletak pada jarak 5000 tahun cahaya dari Bumi, dinamai PH1, sesuai program Planet Hunter. PH1 diidentifikasi sebagai jenis planet gas raksasa dengan ukuran 6 kali Bumi. Dr Chris Lintott dari University of Oxford di Inggris mengatakan, "Keempat bintang membuat lingkungan planet menjadi kompleks. Namun, planet stabil pada orbitnya. Ini membingungkan dan yang juga membuat penemuan ini menyenangkan. Pastinya, ini tak terduga."

...dst


Berita Edukasi, 15 Oktober 2012

1 ) Berubah Nama jadi ASP, PNS Tak Terima Lagi Uang Pensiun
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143394/Berubah-Nama,-PNS-Tak-Terima-Lagi-Uang-Pensiun-

Senin, 15 Oktober 2012 , 11:55:00
MANOKWARI - Istilah Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera berganti nama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASP). Selain berubah nama, juga akan terjadi perubahan pada statusnya. Dalam ASP, para pamong tidak akan  menerima lagi uang pensiunan tapi hanya pesangon. Asisten II Sekda Provinsi Papua Barat,Nathaniel Mandacan menjelaskan,saat ini pemerintah pusat sedang membahas RUU (Rancangan Undang-Undang) tentang Aparatur Sipil Negera. Bila lancar,aturan baru ini akan dilaksanakan mulai 1 Januari 2013 mendatang. Ada  beberapa poin yang membedakan antara PNS dan ASN. Seperti soal gaji harus disesuaikan dengan kinerja. `'Misalnya kalau kerja satu tahu,dua tahun,tiga tahun gajinya sekian.Dia bisa keluar dan bisa kembali lagi untuk kerja,'' ujar mantan Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negera) Papua dan Papua Barat seperi yang dilansir Radar Sorong (JPNN Group), Senin (15/10). PNS yang ada sekarang ini akan berubah status menjadi ASN. Perubahan lainnya,soal pension. Kalau PNS,bila pensiun mendapat gaji  setiap bulan.Sedangkan ASN,pensiunan hanya sekali dibayar. `'Jumlahnya bisa sampai miliaran. Hanya dapat sekali. Sehingga anak cucu tidak dapat lagi. Kemungkina,bisa dilaksanakan pada Januari 2013 nanti,'' tandas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov Papua Barat ini.

...dst

2 ) Bagi yang membutuhkan RUU tentang ASN:
- RUU Tentang Aparatur Sipil Negara
http://www.dpr.go.id/id/ruu/Korpolkam/Komisi2/139/RUU-Tentang-Aparatur-Sipil-Negara
atau
http://www.dpr.go.id/uu/delbills/RUU_RUU_Tentang_Aparatur_Sipil_Negara.pdf

- NASKAH AKADEMIK RUU TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA
http://www.dpr.go.id/id/ruu/Korpolkam/Komisi2/149/NASKAH-AKADEMIK-RUU-TENTANG-APARATUR-SIPIL-NEGARA

***

3 ) Tunanetra Pendiri "Sekolah Kehidupan" Dianugerahi Undip Award
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/00154938/Tunanetra.Pendiri.Sekolah.Kehidupan.Dianugerahi.Undip.Award

Senin, 15 Oktober 2012 | 00:15 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Priskilla Smith Jully (34), perempuan tunanetra pendiri "Yayasan Sekolah Kehidupan" Semarang dianugerahi Universitas Diponegoro Semarang (Undip) Award karena dedikasinya terhadap sesama. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi di Semarang, Minggu mengungkapkan, Undip Award merupakan penghargaan bagi individu atau kelompok yang telah memberikan sumbangsih besar bagi lingkungan, pembangunan, dan masyarakat. "Priskilla terpilih sebagai penerima Undip Award 2012 karena dinilai sangat dedikasi dan komitmen dalam mengangkat derajat orang-orang yang 'terbuang' atau seperti sudah tidak diinginkan lagi oleh keluarganya," kata Sudharto, Minggu (14/10/2012). Ia menjelaskan pihaknya telah membentuk tim untuk mengkaji beberapa calon yang dianggap layak menerima Undip Award, dan Priskilla yang memiliki keterbatasan fisik itu ternyata terpilih sebagai penerima penghargaan.

...dst

4 ) Biaya SNMPTN Jalur Undangan Gratis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535185/
   
Monday, 15 October 2012
BANDA NEIRA – Pemerintah akan menggratiskan biaya pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) untuk jalur undangan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan,rencana tersebut akan dilakukan karena ada bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BO PTN). Menurut dia, tahun-tahun sebelumnya setiap calon mahasiswa yang ikut tes SNMPTN jalur undangan harus bayar, itu pun belum tentu diterima. Tetapi untuk saat ini, meskipun tidak semua mahasiswa diterima melalui SNMPTN, mereka tidak akan dibebani biaya apa pun. Sekadar diketahui, pada jalur undangan,calon mahasiswa sebelumnya dikenakan biaya Rp175.000 per pelamar.Mekanisme pembayaran pendaftaran melalui Bank Mandiri atau kantor pos terdekat. Setelah membayar, pendaftar akan diberikan personal identity number(PIN) sebagai kata kunci pendaftaran online di laman www.snmptn.ac.id. "Meski ada pos Bidik Misi (yang digratiskan),ada juga peserta yang tidak melalui jalur itu," jelas Mendikbud M Nuh seusai memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Sjahrir-Hatta, kemarin di Banda Neira Maluku.

...dst

5 ) Ini Dia, Beasiswa Fulbright Pascasarjana Bidang Pertanian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/10114642/Ini.Dia.Beasiswa.Fulbright.Pascasarjana.Bidang.Pertanian

Senin, 15 Oktober 2012 | 10:11 WIB
KOMPAS.com –  Tinggal di negara agraris seperti Indonesia merupakan anugerah, apalagi jika memiliki tekad untuk mengembangkan sektor agraria, khususnya pertanian. Salah satunya adalah tawaran dari The United States Agency for International Development (USAID) yang menyediakan beasiswa S-2 dan S-3 untuk bidang pertanian. Kesempatan ini dibuka untuk kandidat yang mengabdi di kampus negeri maupun swasta di Indonesia, serta belum pernah menerima beasiswa Fulbright. Untuk pelamar lulusan Sarjana (S-1) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00), silakan mengajukan aplikasi dengan melampirkan berkas skor minimal 550 untuk TOEFL ITP atau 79/80 untuk TOEFL IBT atau skor IELTS 6.0. Pastikan juga Anda memiliki kualitas kepemimpinan, pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional, serta memiliki kesediaan untuk kembali ke Indonesia. Sementara itu, pelamar program S-3 haruslah lulusan S-2 dengan IPK minimal 3,00 (skala 4,00). Kandidat juga harus memiliki tekad untuk mengambil posisi akademis di pendidikan tinggi setelah mereka kembali, juga memiliki pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional serta bersedia untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program. Jangan lupa, sertakan berkas skor TOEFL ITP minimal 575 atau TOEFL IBT minimal 90 atau skor IELTS 6.5.

...dst

6 ) Program Studi Terlibat Tawuran Akan Ditutup
Perlu Tindakan Tegas agar Tak Berlarut-larut
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/11224773/Tawuran.Sanksi.Berat.bagi.Pimpinan.PT

Senin, 15 Oktober 2012 | 11:22 WIB
Banda Naira, Kompas - Pemerintah akan membekukan atau mencabut izin program studi di perguruan tinggi mana pun jika ada mahasiswa yang terlibat tawuran. Sanksi itu berlaku untuk perguruan tinggi negeri dan swasta serta dapat berlaku sementara atau selamanya. "Penutupan program studi (prodi) dimungkinkan karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberi izin pendirian," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seusai mengunjungi Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Hatta-Sjahrir, Banda Naira, Maluku Tengah, Sabtu (13/10). Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso menambahkan, sanksi berlaku jika ada kelalaian yang menurunkan kredibilitas perguruan tinggi (PT). Selain itu, izin prodi akan dibekukan dan dicabut sementara. "Artinya, perguruan tinggi tak dapat menerima mahasiswa 1-2 tahun. Setelah itu, kami evaluasi lagi," ujarnya. Sanksi terberatnya adalah pencabutan izin permanen. Alasan pemberian sanksi ini, pemerintah meragukan kemampuan PT mendidik peserta didiknya. Nuh menjamin penutupan prodi itu tak akan mengurangi daya tampung prodi tertentu secara nasional. Daya tampung prodi yang ditutup dialihkan ke PT terdekat dengan prodi sama.

...dst

7 ) Tawuran di Perguruan Tinggi-Mahasiswa, Rektor, dan Kampus Kena Sanksi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535182/

Monday, 15 October 2012
BANDA NEIRA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menjatuhkan sanksi bagi mahasiswa,rektor,dan institusi yang membiarkan tawuran terjadi di kampus. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, khusus untuk Universitas Negeri Makassar (UNM),tim yang dipimpin Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) akan turun ke lapangan selama dua minggu ke depan untuk mengumpulkan bukti-bukti. Siapa yang terbukti lalai sehingga tawuran kemarin menelan korban, maka akan dijatuhkan sanksi.Dia menyatakan semua opsi dibuka untuk sanksi,karena sanksi yang tegas merupakan pintu menekan supaya kejadian yang sama tidak berulang. Bagi pimpinan UNM, jelasnya, karena surat keputusan (SK) pengangkatan rektor berada di bawah menteri maka penurunan jabatan dapat dilakukan. Bisa juga rektor dimutasi, namun jika sanksi yang dijatuhkan hanya sebatas kepada dekan maka rektor yang memimpin pemberhentian dekan tersebut. Sanksi juga akan diberikan kepada institusinya. Opsi yang akan dijatuhkan ialah penutupan program studi karena izin membuka program studi pun ada di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). "Kami ingin memotong budaya tawuran di kampus. Toh, mereka dapat dialihkan ke program studi lain," katanya seusai memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Hatta-Sjahrir di Banda Neira,Maluku kemarin. Mendikbud menyatakan, akreditasi kampus juga dapat diturunkan menjadi B dan C yang akan cukup membuat pengelola kampus kelimpungan.

...dst

8 ) Tak Tegas, Status Akan Diturunkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/15/202184/Tak-Tegas-Status-Akan-Diturunkan

15 Oktober 2012
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan sanksi tegas kepada perguruan tinggi yang tidak dapat menekan tindak kekerasan di kalangan mahasiswa. Sanksi tersebut berupa penutupan progran studi maupun penurunan status dalam akreditasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, hal tersebut nantinya akan berlaku bagi semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. "Jika ditutup sementara selama dua tahun, maka akan memutus rantai kaderisasi tawuran yang diturunkan dari para seniornya, sembari kita lakukan pembinaan," ungkap Nuh. Meski demikian, dia menjamin hal itu tidak akan memengaruhi jumlah calon mahasiswa yang masuk ke jurusan tertentu itu. Pasalnya, kuota tersebut akan dialihkan ke kampus perguruan tinggi lain yang memiliki jurusan yang sama. "Misalnya di kampus A ditutup, maka jumlah daya tampung di kampus lainnya akan ditambah, sehingga tidak akan mengganggu secara keseluruhan," ungkapnya.

...dst

9 ) Cegah Tawuran, Rektor Se-Indonesia Rapat Sore Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704178/cegah-tawuran-rektor-se-indonesia-rapat-sore-ini

Senin, 15 Oktober 2012 15:41 wib
JAKARTA - Mendikbud M Nuh memanggil pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) dan pimpinan Kopertis seluruh Indonesia untuk membahas kasus-kasus kekerasan di kampus. Langkah ini diambil mendikbud usai tewasnya dua mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) akibat ditusuk rekan satu kampusnya, pekan lalu. Mendikbud M Nuh menyatakan, isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan pukul 16.00 WIB sore nanti di Gedung Dikti Kemendikbud adalah bagaimana mencegah tindak kekerasan kembali terjadi di kampus. "Nanti akan dirumuskan bersama-sama langkah-langkah apa saja yang perlu diambil untuk mencegah peristiwa ini terulang," kata Nuh kepada Okezone, Senin (15/10/2012). Selain langkah antisipatif, Kemendikbud juga akan menekankan pentingnya koordinasi antara kampus dengan pihak-pihak terkait lainnya, seperti Kepolisian, dalam upaya pencegahan tindak kekerasan dan tawuran di kampus. Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengimbuh, kampus memiliki kewenangan sendiri dalam menentukan langkah apa yang akan mereka ambil dalam menangani masalah kekerasan di institusi mereka.

...dst

10 ) Taktik ITB Tetap Bersih dari Tawuran
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704217/taktik-itb-tetap-bersih-dari-tawuran

Senin, 15 Oktober 2012 16:23 wib
JAKARTA - Salah satu kampus yang terbilang bersih dari tawuran adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan, kampus yang terletak di Jalan Ganeca, Bandung, ini terkenal atas torehan beragam prestasi di berbagai bidang. Rektor ITB Akhmaloka menyatakan, anak-anak didiknya sudah terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan. Selain perkuliahan di ruang kelas, mereka juga harus mengikuti praktikum di laboratorium dan kegiatan-kegiatan lainnya di unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di kampus. "Karena itulah, mahasiswa kami enggak punya waktu untuk tawuran," kata Akhmaloka ketika berbincang dengan Okezone, Senin (15/10/2012). Akhmaloka menyebut, ada sekira 80 hingga 100 organisasi, termasuk UKM, yang bisa diikuti mahasiswa ITB. Begitu banyaknya, mahasiswa ITB pun dapat memilih organisasi atau UKM apa yang akan mendukung minat dan mendorong bakat mereka. Tidak terbatas pada kesenian, organisasi-organisasi itu juga diperuntukkan bagi mereka yang menyenangi olahraga, jurnalistik, penyiaran, teater, dan lainnya.

..dst

11 ) Rektor UNY: Konflik Antar-UKM Pencetus Tawuran di Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704184/rektor-uny-konflik-antar-ukm-pencetus-tawuran-di-kampus

Senin, 15 Oktober 2012 15:44 wib
JAKARTA - Salah satu penyebab merebaknya tawuran di kalangan mahasiswa adalah kuatnya idealisme kelompok yang mereka miliki. Hal ini ditengarai berpotensi menimbulkan konflik yang mencetuskan tawuran. Menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab, kunci menyelesaikan masalah tersebut adalah menciptakan kekompakan di lingkungan kampus. "Mulai dari pimpinan kampus. Mereka harus menciptakan suasana kepemimpinan yang kompak dan cair. Sehingga langkah ini bisa ditiru oleh pimpinan di unit-unit di bawah mereka, dan menjadi contoh positif bagi mahasiswa," kata Rochmat ketika berbincang dengan Okezone, Senin (15/10/2012). Rochmat mengimbuh, langkah lainnya adalah memberi perhatian yang merata kepada semua fakultas yang ada di kampus. Jangan sampai, karena fakultas-fakultas yang ada tersebar di beberapa lokasi kampus, pimpinan lantas mengistimewakan salah satu fakultas dan menganaktirikan yang lainnya.

...dst

12 ) Rektor Harus Tegakkan Kode Etik Kemahasiswaan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/15/202183/Rektor-Harus-Tegakkan-Kode-Etik-Kemahasiswaan

15 Oktober 2012
SEMARANG- Perkelahian antarmahasiswa Universitas Negeri Makassar yang menewaskan dua mahasiswa Fakultas Teknik, mengundang perhatian banyak pihak, termasuk para rektor. Ketua terpilih Forum Rektor Indonesia 2013 Prof Dr Laode M Kamaluddin mengungkapkan, tawuran sama sekali tidak mencerminkan jati diri bangsa. "Ada yang miss (kurang-Red) dalam pendidikan kita. Pendidikan yang hanya berfokus pada kompetensi dan akademik seolah mengabaikan betapa pendidikan karakter juga sebenarnya fundamental," kata Rektor Unissula ini usai menjadi pembicara pada diskusi panel yang digelar Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Sabtu (13/10), di Ruang Senat Undip, Kampus Pleburan. Menyikapi agar insiden itu tidak terulang, dia mengatakan, Rektor harus mampu menegakkan kode etik kemahasiswaan. Lantas apakah tindakan tegas dengan mengeluarkan pelaku tawuran mutlak dilakukan. Menurutnya, hal itu merupakan otonomi dari masing-masing perguruan tinggi. Yang pasti, pelaku tawuran adalah mereka yang kurang memiliki wawasan tentang masa depan.

...dst

13 ) Mahasiswa Kehilangan Orientasi Filosofi Pendidikan Tinggi
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/15/12093345/Mahasiswa.Kehilangan.Orientasi.Filosofi.Pendidikan.Tinggi

Senin, 15 Oktober 2012 | 12:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Anggota Komisi X DPR, Rohmani, meminta pemerintah untuk melakukan evaluasi pengelolaan pegurguruan tinggi. Tawuran yang terjadi di kalangan mahasiswa selama ini, menurut dia, tidak lepas dari buruknya pengelolaan perguruan tinggi. Dia menilai, pemerintah tidak bisa menyalahkan sepenuhnya mahasiswa yang sering tawuran. Ada persoalan yang lebih mendasar sebagai penyebab berulangnya tawuran mahasiswa. Hal ini yang harus diselesaikan pemerintah. "Sistem pengelolaan pendidikan tinggi kita tidak membuka ruang bagi mahasiswa untuk berkreasi. Sistem pendidikan tinggi memaksa mahasiswa untuk sekadar mengejar nilai ujian. Sistem yang ada memaksa mahasiswa untuk cepat lulus," kata Rohmani, Senin (15/10/2012). Menurut dia, ruang pembelajaran di ekstra kampus semakin minim. Mahasiswa didorong untuk sekadar mengejar nilai evaluasi pendidikan. Sementara kampus tidak mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan diri di kegiatan ekstra kampus. Sistem yanga ada memaksa mahasiswa untuk tidak aktif di organisasi kampus.

...dst

14 ) Kemdikbud Buka Politeknik Kelautan di Banda Naira
Penulis : Luki Aulia | Minggu, 14 Oktober 2012 | 20:08 WIB
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/14/20082186/Kemdikbud.Buka.Politeknik.Kelautan.di.Banda.Naira

Minggu, 14 Oktober 2012 | 20:08 WIB
BANDA NAIRA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka politeknik negeri bidang perikanan, untuk mengembangkan kekayaan laut Banda Naira, Maluku Tengah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan, di politeknik itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium perikanan untuk praktik. "Bentuk politekniknya, negeri atau swasta atau swasta yang di-negeri-kan terserah saja. Nanti kita bahas dengan pengelola pendidikan di Banda Naira," kata Nuh saat berkunjung ke Sekolah Tinggi Perikanan Hatta-Sjahrir di Banda Naira, Maluku Tengah, Sabtu (14/10/2012). Pendirian politeknik dimungkinkan, karena kemdikbud menangani pemberian izin politeknik. Berbeda halnya dengan pendirian universitas yang tidak bisa ditangani kemdikbud, karena membutuhkan izin dari presiden. "Wewenangnya ada di presiden," kata Nuh.

...dst

15 ) Mendikbud Apresiasi Mahasiswa IAIN Meriahkan Pesparawi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/00583193/Mendikbud.Apresiasi.Mahasiswa.IAIN.Meriahkan.Pesparawi

Senin, 15 Oktober 2012 | 00:58 WIB
AMBON, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengapresiasi keterlibatan kelompok paduan suara mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon yang memeriahkan Pesta Paduan Suara Gerejawi Mahasiswa Tingkat Nasional XII di Ambon, Maluku. Apresiasi itu disampaikan Mendikbud setelah paduan suara IAIN Ambon menyanyikan lagu Enggo Lari saat acara pembukaan Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional XII di Ambon, Minggu malam. Lagu yang mengawali rangkaian acara pembukaan Pesparawi itu mendapat tepuk tangan hadirin karena menunjukkan jalinan keharmonisan antarumat beragama di Maluku sebagai warisan leluhur. Di antara undangan, ada yang berdiri dan memberikan aplaus tepuk tangan maupun siulan karena terharu menyaksikan mahasiswa beragama Islam tersebut memeriahkan Pesparawi.

...dst

16 ) 97 Peserta Gugur Seleksi Dosen UNS
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/703983/97-peserta-gugur-seleksi-dosen-uns

Senin, 15 Oktober 2012 11:34 wib
SOLO – Sebanyak 97 peserta seleksi tahap kedua dosen Calon
Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dinyatakan gugur. Dua peserta di antaranya gugur karena tidak hadir saat ujian seleksi. "Seleksi tahap kedua tersebut telah dilakukan pada 10 Oktober lalu. Ada 34 peserta yang dimungkinkan lolos tahap selanjutnya untuk memperebutkan 27 formasi," jelas Pembantu Rektor II UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho, SH saat dikonfirmasi terkait hasil seleksi dosen CPNS UNS, di Solo, Jawa Tengah, Senin (15/10/2012). Prof. Jamal mengatakan bahwa hasil seleksi dosen CPNS di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berikutnya akan diumumkan pada 23 Oktober melalui website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan website uns.ac.id milik UNS. Seleksi ujian tahap kedua, menurut Prof Jamal, merupakan ujian kompetensi bidang yang dilaksanakan di fakultas masing-masing. Sebelum peserta dinyatakan lolos, mereka mesti menjalani ujian bahasa di Language Center UNS dan tes di program pendidikan serta dekanat. "Hasil seleksi kemudian akan diusulkan ke pusat," jelasnya.(rfa)

***

17 ) Tim Statuta UI Mulai Bekerja Persiapkan Pilrek
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704165/tim-statuta-ui-mulai-bekerja-persiapkan-pilrek

Senin, 15 Oktober 2012 15:35 wib
DEPOK - Tim statuta Universitas Indonesia (UI) yang dibentuk sebagai landasan dan acuan pemilihan rektor kini sudah mulai bekerja. Statuta UI dibentuk seiring ditundanya pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI) resmi ditunda menyusul keluarnya hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Keputusan tersebut keluar setelah adanya sengketa yang terjadi antara penggunaan PP 152 dan PP 66 yang digunakan oleh UI. Akibatnya tim transisi yang dibentuk oleh Mendikbud mengajukan gugatan ke PTUN bersama paguyuban. Hasilnya, PTUN memutuskan bahwa tim transisi yang dibentuk sudah cacat hukum. Sekretaris Universitas UI I Ketut Surajaya menjelaskan persiapan pemilihan rektor terus berjalan dengan mengacu pada Undang-Undang Dikti 2012 yang baru disahkan. Tim statuta tersebut terdiri dari 22 anggota yang mewakili semua unsur dan lembaga. "Pilrek berjalan terus tetap mengacu pada UU dikti, statuta disiapkan, ada 26 orang, sudah bekerja dan mewakili semua stakeholder, lembaga semua, Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik Universitas (SAU,) eksekutif ada, Dewan Guru Besar (DGB)," kata Ketut. Ketut menegaskan bahwa tim statuta bekerja keras dan menargetkan akhir Oktober draft sudah selesai. Namun dia memastikan, alotnya diskusi menjelang pemilihan rektor hanya terjadi di level atas, dan tak berpengaruh pada kegiatan akademik.

...dst

18 ) RS Akademik, Tempat Pematangan Pendidikan Dokter
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/14/355666/293/14/RS-Akademik-Tempat-Pematangan-Pendidikan-Dokter

Minggu, 14 Oktober 2012 23:47 WIB   
SLEMAN--MICOM: Wakil Menteri Kesehatan Prof dr Ali Ghufron menegaskan keberadaan Rumah Sakit Akademik, sangat diperlukan agar perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran bisa menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan lain yang terkait yang memiliki kompetensi yang sesuai standar. Pada kunjungannya di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada di Kronggahan, Sleman, Sabtu (13/10) lalu, Ali Ghufron mengemukakan, Rumah Sakit Akademik (RSA) diharapkan mampu menciptakan suasana pendidikan yang kondusif dan berkualitas. "Karena itu, RSA harus menjadi tempat penggemblengan tenaga kesehatan yang berkualitas terutama tenaga dokter," ujarnya. Ia menambahkan, RSA tidak hanya sebagai tempat pembelajaran tetapi juga  harus menjadi tempat yang memberikan pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian. RSA Universitas Gadjah Mada yang berada di Kronggahan Sleman itu, sudah dibuka sejak Maret lalu. Direktur RSA Universitas Akademik Arif Faisal menambahkan, kunjungan pasien rawat jalan sejak Maret 2012 hingga saat ini meningkat 300%. "Demikian pula pelayanan operasi gawat darurat dan rehabilitasi medik," ujarnya.

...dst

19 ) Belum Semua RS Pendidikan Beroperasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/13/mbtm7u-belum-semua-rs-pendidikan-beroperasi

Sabtu, 13 Oktober 2012, 14:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti mengatakan, belum semua rumah sakit pendidikan atau rumah sakit akademik (RSA) di Indonesia berfungsi secara maksimal. Bahkan ada diantaranya yang belum beroperasi. Saat ini, ada 19 unit RSA dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari jumlah itu ada yang baru mengajukan izin untuk beroperasi. "Ada juga yang sudah beroperasi lalu berhenti dan ada yang sudah beroperasi meskipun belum maksimal," ujarnya usai mengunjungi RSA Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (13/10). Diakuinya, keberadaan RSA sangat diperlukan dalam rangka menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan lain yang memiliki kompetensi dan standar yang diperlukan. Kompetensi standar ini bukan hanya untuk memenuhi tuntutan nasional tetapi juga global. RSA sendiri kata dia, merupakan wahana untuk proses penggemblengan tenaga kesehatan terutama dokter sehingga standar kompetensi bisa terpenuhi. RSA bukan hanya untuk pembelajaran, tapi juga untuk pendidikan dan penelitian.

...dst

20 ) Malaysia Buka 16 Rumah Sakit di Indonesia
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/14/109873/Malaysia-Buka-16-Rumah-Sakit-di-Indonesia/3

Minggu, 14 Oktober 2012 14:14 WIB
Metrotvnews.com, Pekanbaru: Malaysia telah membuka 16 kantor cabang Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (MMC) di Indonesia untuk layanan kesehatan bagi pasien-pasien dengan biaya terjangkau. "Kantor Cabang itu telah dibangun di Pekanbaru, Bali, Kalimantan, dan sejumlah cabang di Sumatera. Kami tidak membedakan layanan kesehatan bagi orang Malaysia maupun bukan," kata Eksekutif Pemasaran RS MMC Malaysia, Goh Pei Ru, di sela peluncuran Pusat Neurologis MMC, Pekanbaru, Riau, Ahad (14/10). Ia menjelaskan MMC milik perusahaan Healt Management International LTd (HMI) yang merupakan grup kesehatan berbasis di Singapura. "RS yang telah terdaftar di Singapura Exchange itu didirikan pada September 1994 dengan tujuan menyediakan layanan kesehatan terbaik dengan biaya terjangkau dan dapat diterima oleh masyarakat manapun," katanya.

...dst

21 ) Pop Up! Cara Seru Belajar Asal-Usul Kota
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/12/373/703320/pop-up-cara-seru-belajar-asal-usul-kota

Minggu, 14 Oktober 2012 09:04 wib
JAKARTA - Kreativitas merupakan harga mati yang harus dipegang oleh mereka yang memang menekuni dunia kreatif. Tidak hanya kreatif, kita pun ingin memiliki kekhasan dalam setiap karya yang dihasilkan sehingga setiap melihat karya tersebut orang akan tahu jika produk tersebut merupakan hasil karya kita. Berangkat dari keinginan untuk kreatif namun tetap memiliki keunikan, mahasiswa jurusan New Media School of Design Universitas Bina Nusantara (Binus) Oka Adrindra pun membuat karya yang 'tidak biasa.' Dia menciptakan sebuah buku yang bercerita tentang asal-usul nama kota di Tanah Air menggunakan ilustrasi pop up. "Sumber inspirasinya ingin mencari yang unik dan enggak semua orang bisa bikin. Biar beda, makanya bikin pop up karena tidak diajarkan oleh kampus," ujar Oka ketika berbincang dengan Okezone di sela acara Fresh n Brite 2012 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, kemarin.

...dst

22 ) STP Trisakti Sosialisasikan Kuliner Rendang
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/14/355727/293/14/STP-Trisakti-Sosialisasikan-Kuliner-Rendang

Minggu, 14 Oktober 2012 23:16 WIB   
JAKARTA--MICOM: Mahasiswa Program Beasiswa Unggulan Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti menyelenggarakan diskusi dan talkshow perkulineran Indonesia tentang makanan rendang. Dengan topik Rendang Journey (Rajou) 2012, merupakan rangkaian konsep kreatif event kuliner Indonesia yang mengangkat rendang bukan hanya sebagai masakan tetapi menempatkan rendang sebagai bagian dari budaya asli Indonesia. Rajou bisa juga berarti rajo ataupun raja, yang artinya adalah seorang pemimpin. Melalui event ini, sudah seharusnya kuliner Indonesia yaitu rendang, menjadi raja yang dihormati dan dicintai di negerinya sendiri di tanah Indonesia. Rangkaian kegiatan event kuliner Rendang Journey 2012 diselenggarakan di Jakarta, Minggu (14/10), melalui Seminar dan Talkshow yang bertajuk "The Uniqueness Of Food Culinary As The Gate Of Indonesia". Seminar dan Talkshow itu  dipandu presenter Metro TV Prita Laura, diikuti  lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan  mahasiswa, pelajar SMU/SMK.

...dst

23 ) Bank Mandiri Gerojok UNS Beasiswa Rp960 Juta   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535146/

Monday, 15 October 2012
SOLO– Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima beasiswa Mandiri Prestasi dari Bank Mandiri senilai Rp960 juta.Bantuan itu secara simbolis diberikan Director Institutional Bank Mandiri Abdul Rachman kepada Rektor UNS Solo Ravik Karsidi di Auditorium UNS Solo, Kamis (11/10). Beasiswa akan diberikan kepada 20 mahasiswa UNS Solo dengan besaran Rp12 juta/ tahun selama empat tahun ke depan. Mekanisme mahasiswa penerima beasiswa menjadi tanggung jawab dari Bidang III Kemahasiswaan yang berada di bawah naungan Pembantu Rektor III Dwi Tiyanto. "Mekanisme seleksi diurus PR III," ujar Rektor UNS Solo Ravik Karsidi dalam sambutannya di acara Stadium General Mandiri Edukasi bertajuk Inovasi Untuk Indonesia Mandiri di Auditorium UNS Solo.

...dst

24 ) Mendikbud Minta Maaf Atas Komentar Terhadap Korban Perkosaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/703872/mendikbud-minta-maaf-atas-komentar-terhadap-korban-perkosaan

Senin, 15 Oktober 2012 09:26 wib
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan permintaan maaf atas pernyataan yang disampaikan terkait komentarnya ketika ditanya wartawan tentang kasus siswa di sebuah SMP swasta di Depok yang merupakan korban perkosaan. Dia mengaku pernyataan tersebut tidak utuh sehingga menimbulkan kesalahpahaman. "Saya menyampaikan maaf atas pernyataan saya yang dipahami keliru karena konteksnya tidak sebagaimana yang dimaksud dan tidak utuh disampaikan, sehingga dipersepsi negatif oleh publik," kata M Nuh, sebelum membuka acara Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-12 tingkat Mahasiswa di Lapangan Merdeka, Ambon, kemarin malam. Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (15/10/2012) Dia menjelaskan, apa yang disampaikannya ketika menjawab pertanyaan wartawan saat itu memiliki konteks umum dan lebih luas bukan hanya menanggapi kasus di Depok. "Saya diminta komentar tentang kasus Depok, lalu saya katakan, kalau saya belum mengetahui secara detail kasus tersebut dan belum bertemu secara langusng dengan korban," paparnya.

...dst

25 ) Pemerintah Didesak Evaluasi BSNP
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143399/Pemerintah-Didesak-Evaluasi-BSNP-

Senin, 15 Oktober 2012 , 12:59:00
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar meminta pemerintah, khususnya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk menata kembali sistem pendidikan nasional terutama standar pembinaan bagi peserta didik. Ini sebagai evaluasi terhadap maraknya aksi tawuran di kalangan pelajar dan mahasiswa belakangan ini. Dijelaskan, standar pembinaan peserta didik merupakan acuan yang diharapkan bisa membangun iklim pendidikan yang sehat dari sisi sosial dan keagamaan. "Sistem juga itu diharapkan dapat menyentuh peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab dan rasa sosial, tidak mudah menyakiti orang lain, menghormati yang lebih tua termasuk guru dan bisa melahirkan semangat saling membantu dan bekerja sama dengan lingkungan sekitarnya," kata Raihan Iskandar, kepada JPNN, Senin (15/10). Politisi PKS itu menjelaskan, di dalam UU No. 20 Tahun 2003 pasal 58 disebutkan bahwa ada lembaga mandiri yang secara berkala melakukan evaluasi terhadap peserta didik, satuan pendidikan dan pengelola pendidikan secara menyeluruh. Nah, lembaga tersebut, sesuai dengan PP 19 Tahun 2005 diimplementasikan ke dalam bentuk BSNP.

...dst

26 ) Buku Kemendikbud Dinilai Porno
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143402/Buku-Kemendikbud-Dinilai-Porno-

Senin, 15 Oktober 2012 , 13:30:00
BENGKULU--Ketua Dewan Pendidikan Bengkulu H. Iqbal Bastari, S. Pd, MM menilai sudah saatnya Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi bertindak tegas. Bukan hanya Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan saja yang ditemukan berbau pornografi. Tapi juga juga pada buku pelajaran utama yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Buku yang dimaksud Iqbal merupakan buku panduan Olahraga Sekolah Dasar (SD) kelas V terbitan Pusat Perbukuan Kemendiknas. Di dalam buku, banyak penggunaan bahasa yang terlalu vulgar jika dikonsumsi pelajar bersangkutan (kelas V SD, red). Salah satu sampelnya, di halaman 61. Pada pertanyaan no.8 disebutkan, "Bila kita melakukan hubungan seksual, maka..."Makna kata "kita" itu kan seolah mereka (pelajar, red) sudah pernah melakukan hal tersebut (hubungan seksual, red). Sama halnya jika ada pertanyaan, Bila kita habis berolahraga, maka..., berarti kan sudah melakukan olahraga," papar Iqbal.

...dst

27 ) Inilah Berbagai Modus Korupsi PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143400/Inilah-Berbagai-Modus-Korupsi-PNS-

Senin, 15 Oktober 2012 , 13:07:00
JAMBI - Budaya korupsi sudah mewabah di lingkungan pegawai negeri sipil (PNS). Mulai pejabat tinggi hingga PNS golongan terendah, berpeluang melakukan korupsi jika ada kesempatan. Ada banyak celah korupsi. Mulai dari membuat SPPD fiktif, mengakali uang bensin, hingga berkolaborasi dengan anggota DPRD untuk memuluskan sebuah proyek. Praktisi Hukum Jambi Suratno Minggu (14/10) mengatakan, dana perjalanan dinas adalah yang paling rawan diselewengkan alias dikorupsi oleh oknum PNS. Biasanya, kata dia, anggaran perjalanan dinas tersebut digunakan untuk biaya hotel, transportasi dan akomodasi sesuai dengan golongan masing-masing. "Memang banyak perjalanan dinas fiktif. Karena banyak PNS yang melakukan perjalanan dinas tidak seperti yang mereka laporkan," jelasnya. Ia mencontohkan, ada oknum PNS yang melaporkan perjalanan dinas untuk 5 orang, namun nyatanya hanya 2 orang yang berangkat. Lalu jangka waktu perjalanan dinasnya juga dikorupsi, alias tidak dilaporkan sesuai dengan yang dilakukan. "Misalkan mereka cuma pergi dua hari tapi dilaporkan lima hari. Ini modus lama yang primitf, dan ini sudah ada sejak zaman Orba," imbuhnya. Ia menjelaskan, didorong ingin meraup keuntungan dari APBD, oknum PNS pun tak kehabisan akal. Bahkan mereka berani memanipulasi tiket-tiket perjalanan dengan membuat tiket palsu. "Saya sering nangani klien yang terjerat korupsi. Rupanya ada juga modus seperti itu. Pembuatan tiket dan dokumen palsu,"cetusnya.

...dst

28 ) 350 Juta Orang Menderita Depresi di Seluruh Dunia
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/15/81108/350_juta_orang_menderita_depresi_di_seluruh_dunia/#.UHvRjmfdZ6E

15 Oktober 2012
LEBIH 350 juta orang menderita depresi secara global, ungkap Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) Selasa (9/10), menjelang World Mental Health Day (Hari Kesehatan Jiwa Sedunia) Rabu. "Gangguan itu bukan penyakit negara-negara maju melainkan sebuah fenomena global. Depresi dialami kedua gender dan terdapat di populasi negara kaya dan miskin," tegas Dr Shekhar Saxena, kepala departemen WHO bidang kesehatan jiwa dan penyalahgunaan obat berbahaya kepada wartawan di Jenewa. Tidak ada wilayah yang bebas dari gangguan itu dan sekira lima persen dari populasi dunia menderita depresi dalam setahun, urai pakar kesehatan tadi. Limapuluh persen lebih wanita menderita symptom ketimbang pria, papar Saxena yang menambahkan depresi pasca melahirkan dialami satu dari lima ibu dan satu dalam 10 dari semua ibu muda di negara-negara maju. Menurut organisasi kesehatan global PBB itu, depresi lebih dari sekadar serangan kerisauan, sebaliknya merupakan "suatu perasaan sedih berkelanjutan selama dua pekan atau lebih" yang mengganggu "pekerjaan, sekolah atau kesibukan di rumah." Pada kondisi terburuknya, depresi dapat menggiring penderita melakukan bunuh diri, tegas pakar WHO itu, yang menyebutkan suatu "korelasi sangat jelas". Hampir sejuta orang nekat mengakhiri hayat sendiri setiap tahunnya dan lebih separuh dari mereka menderita depresi, singkap Saxena, meskipun dia menekankan masalah tersebut bukan penyebab tunggal.

...dst

Tidak ada komentar: