Cari Blog Ini

Selasa, Oktober 09, 2012

Berita Edukasi, 01 - 09 Oktoeber 2012

Berita Edukasi, 09 Oktober 2012

1 ) Ilmuwan Indonesia berprestasi di Inggris pulang kampung
http://www.antaranews.com/berita/337416/ilmuwan-indonesia-berprestasi-di-inggris-pulang-kampung

Senin, 8 Oktober 2012 02:23 WIBLondon (ANTARA News) - Tidak semua ilmuwan Indonesia di luar negeri mau pulang ke tanah air untuk mengabdikan ilmunya di tanah air, berbagai alasan dan juga pertimbangan, namun tidak untuk Dr. Yanuar Nugroho, seorang peneliti dan pengajar senior asal Indonesia di Universitas Manchester, Inggris, yang memutuskan untuk mengabdi di tanah air. Pada awal Oktober, Mas Yanuar, demikian Dr Yanuar Nugroho biasa disapa rekan rekannya di Inggris menulis surat kepada seluruh rekan rekan yang dikenalnya yang mengabarkan bahwa ia akan pulang ke tanah air dan akan membantu di Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP atau UKP4) yang dipimpin Prof. Dr. Kuntoro Mangkusubroto. Banyak yang terkejut dengan pilihan Yanuar untuk kembali ke tanah air untuk mengabdi di yang baru di UKP4 yang nantinya Yanuar bertanggung jawab untuk menyiapkan pemetaan isu-isu strategis pembangunan Indonesia pasca 2014 seperti yang selama ini dilakukannya di Inggris dan Uni Eropa. "Saya memutuskan pulang dan bergabung dengan UKP4 meski pada saat yang sama hanya selisih lima hari sebelum saya dipromosikan sebagai Senior Lecturer di Manchester Business School (MBS)," ujarnya kepada ANTARA London, baru baru ini. Pada bulan Juni yang lalu karena prestasinya yang luar biasa Dr Yanuar Nugroho dipromosikan sebagai Senior Lecturer di Manchester Business School (MBS). Meski mendapat promosi luar biasa di MBS yang berarti juga meningkatnya kesejahteraan finansial, Dr Yanuar justru memilih bergabung dengan UKP4 karena merasa mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi secara lebih langsung dalam pembangunan di Indonesia.

...dst

2 ) Mahasiswa disain tas yang hasilkan energi listrik
http://www.antaranews.com/berita/337561/mahasiswa-disain-tas-yang-hasilkan-energi-listrik

Senin, 8 Oktober 2012 19:10 WIB
Surabaya (ANTARA News) - "Tiga serangkai" mahasiswi Jurusan Desain Manajemen Produk (Fakultas Industri Kreatif) dan Jurusan Teknik Industri (Fakultas Teknik) Universitas Surabaya menciptakan "backpack" (tas punggung) yang bisa menghasilkan energi listrik. "Pemakainya bisa menggunakan tas itu untuk mengisi ulang baterai alat-alat elektronik, seperti laptop, IPad, ponsel, atau lainnya," kata mahasiswi Jurusan Teknik Industri angkatan 2010, Evita Tania, Senin. Didampingi dua rekannya Stella Felicia (Desain Manajemen Produk 2010) dan Cindy Eleanora (Desain Manajemen Produk 2011), ia mengemukakan hal itu tentang karya mereka yang memenangkan gelar "Best of the Best" pada Lomba Perancangan Tas Nasional 2012 di Bandung pada awal Oktober 2012. "Listrik itu dihasilkan dari energi kinetik (gerakan tubuh pemakainya), karena itu tas listrik itu bisa saja disebut sebagai `green energy` (energy hijau), karena ramah lingkungan. Sebagai prototype, backpack ini diberi nama `Kinetic Ver 1.0` (Green Kinetic Energy Providing Electricity Backpack)," katanya.
Menurut Evita, banyak pengguna "backpack (khususnya mahasiswa) yang membawa laptop, handphone, charger, dan gadget lainnya dan masalah yang sering dihadapi adalah kebutuhan listrik untuk "men-charge" baterai gadget mereka.

...dst

3 ) Revisi UU Perlindungan Konsumen Mendesak
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/08/354207/293/14/Revisi-UU-Perlindungan-Konsumen-Mendesak

Senin, 08 Oktober 2012 22:46 WIB   
JAKARTA--MICOM: Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mendesak UU No8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (PK) agar direvisi atau diubah. Hal tersebut dikemukakan anggota BPKN Johannes Gunawan pada seminar Perubahan Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang Tentang Perlindungan Konsumen di Jakarta, Senin (8/10). Ia menyatakan pelaksanaan dan penegakan UU PK masih menghadapi berbagai kendala. Salah satu faktor adalah kekeliruan dan kelemahan pengaturan di dalam UU PK itu sendiri, seperti aspek gramatika undang-undang, sistematika undang-undang, pengaturan tanggung jawab pelaku usaha, penyelesaian sengketa konsumen dan kelembagaan. Karena itu, kata dia, penyusunan kembali UUPK didasarkan pada politik hukum perlindungan konsumen seperti tercantum pada UUD 45. Politik hukum perlindungan konsumen itu menentukan struktur perubahan UUPK. Dalam hal penyelesaian sengketa konsumen, kata Johanes, perubahan mendasar RUU PK ini adalah Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) melaksanakan penyelesaian melalui dua cara saja yaitu, pertama, mediasi pada tahap pertama dan kedua, arbitrase pada tahap kedua apabila mediasi tidak berhasil menyelesaikan sengketa konsumen. (Bay/OL-9)

***

4 ) Rektor UII: pengelolaan database di Indonesia belum maksimal
http://www.antaranews.com/berita/337612/rektor-uii-pengelolaan-database-di-indonesia-belum-maksimal

Selasa, 9 Oktober 2012 03:00 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Pengelolaan database di Indonesia hingga saat ini belum maksimal sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada lemahnya interkoneksi data yang ada, kata Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Edy Suandi Hamid. "Kondisi itu tidak hanya menjadi persoalan yang dihadapi oleh bidang industri, tetapi juga oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia," kata Edy di Yogyakarta, Senin, terkait pertemuannya dengan pimpinan Thesys Group Hungaria beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, menurut dia, Universitas Islam Indonesia (UII) sepakat menjalin kerja sama dengan Thesys Group. UII akan menjadi lembaga pendidikan tinggi pertama dalam implementasi kerja sama yang diinisiasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) dan Thesys Group. "Kerja sama yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut juga akan memperoleh perhatian dari pemerintah Indonesia dan Hungaria," kata Edy yang juga Ketua Umum Aptisi. Ia mengatakan lingkup kerja sama yang akan dilakukan di antaranya penyediaan koneksi antara universitas dalam satu jaringan, membangun sistem CRM bersama universitas yang telah terhubung, menciptakan database pendidikan tinggi, dan peramalan indikator akademik berdasarkan database yang telah dibangun.

...dst

5 ) Kedubes Australia Gelar Forum Peneliti Muda
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/09/354260/293/14/Kedubes-Australia-Gelar-Forum-Peneliti-Muda

Selasa, 09 Oktober 2012 04:50 WIB   
JAKARTA--MICOM: Forum peneliti muda (Young Researcher Forum) digelar oleh Kedutaan Besar Australia di Jakarta, bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan University of Western Australia. Peneliti papan atas Australia hadir untuk memberikan nasihat serta berbagi mengenai apa yang perlu dilakukan untuk menjadi peneliti papan atas. "Saya bangga menyambut baik para peneliti terdepan ini yang karya-karyanya telah memberi sumbangsih yang signifikan pada dunia dan lebih bahagia lagi menyaksikan mereka berbagi pengalaman dengan para peneliti muda Indonesia hari ini," ujar Duta Besar Australia, Greg Moriarty di Jakarta, Senin (8/10)."Prestasi para peneliti tersebut menjadi bukti kepada kita semua bahwa ketekunan adalah kunci keberhasilan dan saya harap forum ini akan mengilhami dan memotivasi generasi-generasi masa depan warga Indonesia untuk melanjutkan minat mereka dalam penelitian ilmiah," tutur Profesor Marzuki, Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang juga menjadi pembicara dalam acara tersebut.

...dst

6 ) Belum Disetujui DPR
Anggaran Ditjen Dikti Rp 36 Triliun Lebih
http://www.pikiran-rakyat.com/node/206596

Selasa, 09/10/2012 - 09:44
JAKARTA, (PRLM).- Komisi X DPR belum menyetujui usulan program/kegiatan, sasaran, satuan biaya, jenis belanja, dan pagu anggaran Ditjen Dikti Kemendikbud dalam RAPBN tahun anggaran 2013 sebesar Rp 36 triliun lebih. Komisi dan Dirjen Dikti Kemendikbud sepakat akan melakukan rapat dengar pendapat lanjutan untuk membahas perbaikan RKA-K/L RAPBN TA 2013 sebelum tanggal 17 Oktober 2012. "Untuk itu Ditjen Dikti Kemendikbud diminta memperbaiki usulan RKA-K/L RAPBN TA 2013 dengan memperhatikan beberapa hal serta dapat menyajikan secara terperinci sampai dengan satuan tiga," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Utut Adianto saat rapat dengan pendapat Komisi X DPR dengan Dirjen Dikti Djoko Santoso. Utut Adianto mengharapkan, dalam rangka perbaikan usulan RKA-K/l RAPBN TA 2013 Ditjen Dikti Kemendikbud diminta untuk melakukan upaya penghematan anggaran belanja perjalanan dinas sebesar 10-15% dari pagu anggaran dalam Nota keuangan RAPBN yang direlokasi untuk belanja modal. Menanggapi hal itu Dirjen Dikti Djoko Santoso mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan penghematan anggaran belanja perjalanan dinas sampai 33% bukan lagi penghematan 10-15% dari pagu anggaran dalam Nota keuangan RAPBN yang direlokasi untuk belanja modal. Utut Adianto juga mengemukakan, beberapa perencanaan penyusunan program dan alokasi anggaran yang diusulkan terdapat rujukan yang kurang memadai, untuk itu sangat perlu disusun kembali dengan rujukan (bench mark) yang jelas dan penentuan standar biaya yang rasional. Dia juga meminta, agar rencana pengembangan selanjutnya terhadap 106 Akademi Komunitas sebagaimana amanat UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi harus sudah melalui kajian dan pertimbangan yang komprehensif penentuan wilayah, kesiapan masing-masing daerah, penyediaan sarana dan prasarana dosen dan tenaga kependidikan, dan relevan dengan kebutuhan.

...dst

7 ) OSN Pertamina, UI Dominasi Seleksi DKI Jakarta
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/09/373/701142/osn-pertamina-ui-dominasi-seleksi-dki-jakarta

Selasa, 09 Oktober 2012 10:45 wib
DEPOK - Kompetisi Olimpiade Sains Pertamina Nasional (OSN) Pertamina 2012 kategori Teori dan Seleksi Regional 3 Kategori Science Project sudah masuk pada tahap final seleksi provinsi. Pengumuman pemenang seleksi provinsi dilaksanakan pada Senin (8/10) malam di Auditorium BSM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI), kampus Depok, dan dihadiri Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri UI, Sunardji beserta pimpinan UI lainnya dan Senior Officer bidang CSR PT Pertamina (persero) Ernayetti.
Para pemenang Seleksi provinsi DKI Jakarta OSN Pertamina 2012 yakni :
1. Aileen Jessica N (UI), 67,06
2. Davit Sipayung (UI)70,61,
3. Bayu Ardiansah (UI)71,61,
4. Abinubli T.M (UI)77,16
5. Arman Haqqi A (UI) 66,49,
6. Husen Ari Wibowo (Uni. Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka) 59,64,
7. Aldhi Kristianto (UI) 59,43,
8. Eny Mahfudhoh (UI) 73,20
9. Yoshua Yonathan (UI) 64,84,
10. Hendrik Ongki Suwito (UNJ) 55,24,
11. Fitriyanti Nuur Khasanah (UI) 55,76,
12. Erlin Febrianti (UI) 72,33

...dst

8 ) UGM Komitmen Kembangkan Biofuel
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/09/373/701112/ugm-komitmen-kembangkan-biofuel

Selasa, 09 Oktober 2012 10:13 wib
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) menegaskan komitmennya dalam pengembangan biofuel atau bahan bakar hayati sebagai energi alternatif terbarukan. Hal ini dibuktikan Fakultas MIPA bersama UGM yang selama ini telah berhasil mengubah limbah rumah tangga menjadi energi Fakultas Biologi. Sekaligus melakukan penelitian tanaman nyamplung sebagai sumber energi biofuel. "Tidak hanya itu, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Ilmu Budaya bersama-sama ikut mengembangkan sejumlah program untuk mengatasi masalah terkait sumber pangan penghasil biofuel dalam skala besar. Selain itu, Pusat Studi Energi (PSE) UGM juga telah banyak mengembangkan program penyediaan energi alternatif lain seperti energi surya," papar Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Suratman kemarin. Dalam Workshop Agriculture Beyond Food (ABF) Informing and Inspiring Each Other di UC UGM kemarin, selain memberikan ruang untuk pendidikan, kampus ini juga membuka ruang bagi mahasiswa belajar nasionalisme dan bertanggung jawab atas masa depan energi, kualitas hidup, serta lingkungan. Melalui pendidikan yang berkelanjutan diharapkan Indonesia akan mandiri di bidang ekonomi maupun energi. "Pendidikan kita memang dirancang agar bisa mandiri dan peduli terhadap isu sosial budaya, maupun lingkungan hidup," kata Suratman.

...dst

UGM beri ruang pengembangan biofuel
http://www.antaranews.com/berita/337590/ugm-beri-ruang-pengembangan-biofuel

Senin, 8 Oktober 2012 22:21 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memberikan ruang pengembangan biofuel atau bahan bakar hayati, sehingga beberapa fakultas dan pusat studi mengembangkan program energi alternatif tersebut. "Hal itu merupakan wujud komitmen Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam mengembangkan biofuel sebagai energi alternatif," kata Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Suratman di Yogyakarta, Senin.

...dst

9 ) Gandeng Theys Group, UII Kembangkan Jaringan Antaruniversitas
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/08/mbl2eq-gandeng-theys-group-uii-kembangkan-jaringan-antaruniversitas

Senin, 08 Oktober 2012, 23:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pengelolaan database di Indonesia hingga saat ini belum maksimal sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada lemahnya interkoneksi data yang ada, kata Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Edy Suandi Hamid. "Kondisi itu tidak hanya menjadi persoalan yang dihadapi oleh bidang industri, tetapi juga oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia," kata Edy di Yogyakarta, Senin, terkait pertemuannya dengan pimpinan Thesys Group Hungaria beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, menurut dia, Universitas Islam Indonesia (UII) sepakat menjalin kerja sama dengan Thesys Group. UII akan menjadi lembaga pendidikan tinggi pertama dalam implementasi kerja sama yang diinisiasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) dan Thesys Group. "Kerja sama yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut juga akan memperoleh perhatian dari pemerintah Indonesia dan Hungaria," kata Edy yang juga Ketua Umum Aptisi. Ia mengatakan lingkup kerja sama yang akan dilakukan di antaranya penyediaan koneksi antara universitas dalam satu jaringan, membangun sistem CRM bersama universitas yang telah terhubung, menciptakan database pendidikan tinggi, dan peramalan indikator akademik berdasarkan database yang telah dibangun.

...dst

10 ) Alumni Kenotariatan Undip Deklarasikan Ikanot
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/09/201540/Alumni-Kenotariatan-Undip-Deklarasikan-Ikanot

09 Oktober 2012
SEMARANG- Dalam sebuah profesi, keberadaan wadah organisasi mutlak diperlukan. Karena itu, baru-baru ini alumni kenotariatan Undip mendeklarasikan terbentuknya Ikanot. Penasihat Ikanot Syafran Sofyan SH SpN MHum mengatakan, pembentukan wadah alumni ini bisa berpengaruh terhadap penilaian akreditasi program Magister Kenotariatan. Pasalnya, Ikanot sudah terbentuk pada lima perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Airlangga. "Ikanot ini satu-satuya wadah alumni kenotariatan yang diakui dan disahkan DPP IKA Undip. Dalam profesi itu wadah harus satu dan standar profesi harus benar-benar ditegakkan," katanya, belum lama ini usai deklarasi Ikanot di Kampus Undip Jl Imam Bardjo. Bicara kemampuan alumni kenotariatan Undip, penggagas terbentuknya Ikanot ini menilai belum puas dan perlu ditingkatkan. Hal itu bisa dilihat dari ujian kode etik notaris. Tidak dimungkiri banyak alumni yang sukses, tapi tidak sedikt mereka bermasalah dengan hukum. Bagi mereka yang sukses diharapkan bisa membantu baik secara fisik maupun nonfisik. "Yang bermasalah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena itu, Ikanot wajib memberikan penyuluhan hukum melalui sosialisasi bagaimana menjadi notaris yang baik," ungkapnya.

...dst

11 ) Kampus Ramai-ramai Dukung KPK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/533598/38/
   
Tuesday, 09 October 2012
JAKARTA – Dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melawan kriminalisasi yang dilakukan Polri ditunjukkan berbagai kalangan masyarakat, termasuk kampus. Kemarin sejumlah alumni seperti Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII),Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IKA ITB), dan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) beramai- ramai menyampaikan dukungan terhadap perjuangan lembaga tersebut. Kedatangan alumni UII dipimpin langsung Ketua IKA UII M Mahfud MD.Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menegaskan, kedatangannya bukan untuk mendukung institusi, melainkan terhadap langkah pemberantasan korupsi karena musuh utama rakyat Indonesia adalah merajalelanya korupsi. "Kita sudah memberikan dukungan moral untuk memberantas korupsi dan membereskan yang menghalang- halangi," kata Mahfud saat konferensi pers bersamasama sejumlah pengurus IKA UII di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. Dia mengingatkan,di tengah situasi miskomunikasi antara Polri dan KPK, yang gembira dan bertepuk tangan adalah para koruptor dan orang yang jadi tersangka.Menurut Mahfud, IKA UII meyakini Polri dan KPK serta pemerintah memiliki niat baik untuk mengatasi masalah dalam memberantas korupsi.

...dst

12 ) Terima Kasih Presiden SBY
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/533597/38/
   
Tuesday, 09 October 2012
DENNY INDRAYANA
Wakil Menteri Hukum dan HAM, Guru Besar Hukum Tata Negara UGM
Ke mana Presiden kita? SBY di mana? Akhirakhir ini banyak pesan dengan isi senada menghiasi ruang publik,mulai dari media cetak dan elektronik, media sosial, hingga SMS dan BBM. Semuanya terkait dengan meruncingnya relasi KPK dan Polri. Saya akan menjelaskan Presiden tidak ke mana-mana. Presiden terus memantau dan berupaya mencari solusi terbaik agar persoalan KPK dan Polri tidak makin meruncing dan kontraproduktif.Memang tidak semua upaya Presiden tersebut dipublikasikan dan terbuka untuk pemberitaan. Tidak jarang strategi komunikasi untuk mendamaikan suasana justru kontraproduktif jika dipublikasikan. Saya dapat saja diam dan tidak mengungkapkan fakta tersebut karena pasti akan dituduh bersikap ABS. Namun, saya memilih untuk menjelaskan apa adanya.Saya tidak boleh diam dan hanya cari selamat misalnya demi citra di mata publik yang terus mengkritisi Presiden. Padahal Presiden yang telah bekerja terus mendapatkan cibiran dan perlakuan tidak fairdi ruang publik. Persoalan yang dihadapi KPK dengan beberapa lembaga negara berulangkali terjadi. Ikhtiar pemberantasan korupsi yang dilakukannya menyebabkan KPK tentu akan bergesekan dengan oknum koruptif di beberapa institusi. Salah satu gesekan yang terjadi beberapa kali adalah dengan Polri karena beberapa oknumnya terindikasi melakukan korupsi. Ketika muncul persoalan terbuka antara KPK dan Polri, dikenal dengan insiden "Cicak vs Buaya", Presiden langsung mengambil langkah-langkah penyelamatan. Pada 2009, karena persoalan hukum, tiga pimpinan KPK (Antasari Azhar, Chandra Hamzah, dan Bibit Samad Rianto) tidak aktif. 

...dst

13 ) BOS SMA Dikucurkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/09/09393840/BOS.SMA.Dikucurkan

Selasa, 9 Oktober 2012 | 09:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Bantuan operasional sekolah untuk SMA/SMK akan dikucurkan mulai Juli 2013. Alokasi bantuan ini untuk meningkatkan akses lulusan SMP melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK atau MA. Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan, rintisan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SMA/SMK sebenarnya sudah mulai dikucurkan tahun ini sebesar Rp 120.000 per siswa tiap tahun. Pada 2013, untuk Januari-Juni, tetap dikucurkan rintisan BOS SMA/SMK Rp 60.000 per siswa. Mulai Juli dikucurkan BOS untuk mendukung pendidikan menengah universal atau rintisan wajib belajar 12 tahun yang besarnya Rp 1 juta per siswa tiap tahun. "Tetapi, hitungannya dimulai tahun ajaran baru 2013, yakni Juli," kata Hamid.

...dst

14 ) Diprediksi Nilai UKG Tetap Kecil
http://www.jpnn.com/read/2012/10/09/142611/Diprediksi-Nilai-UKG-Tetap-Kecil-

Selasa, 09 Oktober 2012 , 06:18:00
JAKARTA - Uji kompetensi guru (UKG) gelombang II sudah berjalan satu pekan. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memperkirakan jika nilai ujian yang didapatkan guru masih kecil, tidak jauh berbeda dengan UKG gelombang I dulu. Prediksi ini dipaparkan oleh Ketua Umum PGRI Sulistyo kemarin (8/10). "Berkaitan dengan nilai, saya masih menganggap nilai UKG insyallah juga belum baik," kata dia. Seperti diketahui, rata-rata nilai guru pada UKG gelombang I dulu hanya 4,5. Artinya, sebagian besar guru salah dalam mengerjakan soal UKG. Kondisi ini terjadi karena memang masih banyak guru yang kemampuannya belum sesuai harapan pemerintah. Selain itu, Sulistyo juga mengatakan soal-soal yang diujikan dalam UKG belum sesuai benar dengan kisi-kisi yang disediakan untuk seluruh guru. "Untungnya nilai UKG ini hanya dijadikan sebagai pemetaan saja," kata dia. Jadi ketika nilai UKG tidak baik, bisa dijadikan cermin bagi pemerintah bahwa pendidikan dan pembinaan guru yang dijalankan pemerintah selama ini masih jauh dari sempurna. "Sebagai konsekuensi dari adanya hasil pemetaan tadi, pemerintah harus meningkatkan pembinaan guru," jelas pria yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu.

...dst

 Berita Edukasi, 08 Oktober 2012

1 ) Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan Sains di AS
http://internasional.kompas.com/read/2012/10/08/1320150/Mahasiswa.Indonesia.Raih.Penghargaan.Sains.di.AS

Senin, 8 Oktober 2012 | 13:20 WIB
KANSAS CITY, KOMPAS.com - Ali Khumaeni, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan doktor di Universitas Fukui Jepang, mendapat penghargaan ilmiah Great Scientific Exchange 2012 (SCIX 2012), di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat akhir pekan lalu berkat terobosan dalam bidang teknik analisis atom. SCIX 2012 adalah pertemuan ilmiah internasional terbesar untuk bidang sains analitik dan spektroskopi yang diselenggarakan oleh Federation of Analytical Chemistry and Spectroscopy Societies (FACSS) sejak 1973. Setiap tahun, FACSS memilih paper ilmiah terbaik oleh mahasiswa pasca sarjana. Tahun ini terpilih 1 mahasiswa penerima penghargaan FACSS dan 2 mahasiswa penerima beasiswa The Tomas Hirschfeld Scholar melalui proses seleksi yang sangat ketat. "Tercatat sejak 2006, penghargaan FACSS selalu diraih oleh mahasiswa dari Universitas di Amerika Serikat dan alhamdulillah tahun ini kita bisa meraihnya" kata Khumaeni dalam email pada BBC Indonesia.

...dst

2 ) UI Lahirkan Doktor Termuda Bidang Hukum
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/07/354004/293/14/UI-Lahirkan-Doktor-Termuda-Bidang-Hukum

Minggu, 07 Oktober 2012 23:35 WIB   
DEPOK--MICOM: Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan gelar Doktor Ilmu Hukum kepada Ariawan Gunadi sebagai doktor termuda berusia 27 tahun di lingkungan kampus kuning tersebut. Ariawan dikukuhkan saat menyampaikan disertasi Doktornya tentang Perjanjian Perdagangan Bebas Dalam Era Liberalisasi Perdagangan: Studi Mengenai Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) Yang Diikuti Indonesia di Fakultas Hukum UI, Depok. Ia berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan pada sidang disertasi yang dipimpin promotor atau penguji Agus Brotosusilo dan tim penguji Prof Ahmad Zen Umar, Prof Erman Rajagukguk, Prof Rosa Agustina, dan Dr Gunawan Wijaya di Kampus Fakultas Hukum UI, Depok, Sabtu (6/10). Dalam disertasinya, ia meminta Pemerintah Indonesia mengkaji kembali sejumlah perjanjian perdagangan internasional baik di kawasan ASEAN, dengan China serta negara lainnya. Ariawan menekankan dalam era globalisasi dan borderless dewasa ini, semakin banyak perjanjian internasional yang diikuti oleh negara, salah satunya perjanjian perdagangan bebas. Indonesia telah terikat dengan banyak perjanjian perdagangan bebas baik bilateral, regional, maupun multilateral, dan dirasakan Indonesia belum mendapat benefit atau keuntungan, khususnya dalam lingkup ACFTA.

...dst

3 ) Cegah Tawuran, ASKI Dibentuk
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700513/cegah-tawuran-aski-dibentuk

Senin, 08 Oktober 2012 09:05 wib
SEBANYAK 10 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia yang diwakili para penggiat studi kepemudaan mendeklarasikan Asosiasi Studi Kepemudaan Indonesia (ASKI) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, baru-baru ini. Ini adalah respons atas maraknya aksi tawuran oleh oknum pelajar maupun mahasiswa yang akhir-akhir ini mengundang keprihatinan banyak pihak. "Salah satu alasan pembentukan ASKI ialah sebagai bentuk keprihatinan dan merespons maraknya tawuran pelajar akhir-akhir ini. Bahkan dalam pertemuan kami, bentuk usulan yang muncul adalah perlunya riset sistematis dan komprehensif tentang fenomena perkelahian pelajar, khususnya di kota-kota besar," kata Direktur Youth Studies Centre (YouSure) UGM Najib Azca, kemarin.Ke-10 perguruan tinggi yang ikut mendeklarasikan ASKI ialah UGM, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Universitas Mataram (Unram), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang,dan Universitas Syah Kuala (Unsyiah).

...dst

4 ) Para Pemuda Komitmen Ciptakan Perdamaian Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700670/para-pemuda-komitmen-ciptakan-perdamaian-dunia

Senin, 08 Oktober 2012 16:04 wib
JAKARTA - Perbedaan adalah sebuah kenyataan yang tidak dapat dielakkan, baik itu perbedaan ras, adat istiadat dan kebudayaan, bahkan perbedaan keyakinan. Namun, ketika hal ini dapat dimaknai secara positif tentu akan menjadi kekayaan dan sebuah kekuatan tersendiri dalam mengusung tujuan dalam rangka turut serta menciptakan perdamaian dunia. Untuk itu, sekira 230 pemuda yang berasal dari 24 negara menghadiri Interfaith Summit 2012 yang berlangsung selama 4-7 Oktober 2012 di Universitas Hindhu Indonesia, Denpasar, Bali. Para peserta ini memiliki kesungguhan untuk terlibat aktif kampanye toleransi dan menciptakan perdamaian dunia. Pertemuan ini diharapkan menjadi sebuah `titik picu' dalam pembentukan sebuah resolusi baru menyikapi kehidupan keberagaman. Sehingga sesuai dengan tema acara International Interfaith Youth Leadership Confrence, yaitu New Paradigm in The 21'st Century.

...dst

5 ) Politeknik Dituntut Gesit Dekati Dunia Usaha
DiizinkanBekerjasama Mengembangkan Kurikulum
http://www.jpnn.com/read/2012/10/07/142374/Politeknik-Dituntut-Gesit-Dekati-Dunia-Usaha-

Minggu, 07 Oktober 2012 , 05:19:00
JAKARTA - Gairah pemerintah meningkatkan jumlah pendidikan tinggi vokasi atau politeknik, harus mendapatkan respon balik dari pihak pengelola. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta setiap politeknik harus gesit merajut jaringan dengan dunia usaha atau industri. Himbauan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso di Jakarta, Sabtu (6/10). Dia menuturkan jika setiap politeknik harus membangun kesadaran untuk menjalin link dengan dunia industri. Terutama dunia industri yang linier dengan keahlian yang diajarkan. Mantan rektor ITB itu mengatakan, pengelola politeknik tidak boleh belum-belum sudah menjauhi dunia usaha. "Jika ada yang kesulitan memulai membuat jaringan dengan dunia industri, kami (Kemendikbud, red) siap memfasilitasi," kata dia. Menjalin hubungan baik dengan dunia industri ini menurut Djoko bisa memiliki banyak manfaat. Pertama, bisa menjadi saluran untuk penempatan magang mahasiswa yang akan lulus. Manfaat kedua adalah, bisa menjadi saluran kerja pada alumni politeknik yang bersangkutan. Manfaat berikutnya adalah, pihak industri bisa ikut urun rembuk dalam pengembangan kurikulum. Djoko mengatakan, Kemendikbud mempersilahkan pihak politeknik bersama dunia industri untuk sama-sama mengembangkan kurikulum. Dengan demikian, materi ajar akan matching dengan kebutuhan nyata dunia usaha.

...dst

6 ) Kabupaten/Kota Kunci Peningkatan Kualitas Tenaga Ahli
http://kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/725

10/08/2012
Surabaya --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara ekonomi terbesar ke tujuh di dunia. Hal tersebut disampaikan Mendikbud berdasarkan hasil kajian Mc Kinsey Global Institute yang dikeluarkan pada September 2012. Bahwa Indonesia yang sekarang berada di posisi 16, akan naik berada di posisi 7 pada tahun 2030. Posisi Indonesia tersebut tentu semakin membuat kebutuhan tenaga kerja ahli meningkat. Pendidikan sebagai kata kunci dalam  peningkatan  kualitas  tenaga  kerja akan  semakin    membutuhkan  dukungan yang  besar  dari  semua sektor. Dan kabupaten/kota akan menjadi tumpuan untuk mencetak tenaga kerja ahli tersebut. "Pendidikan di Kabupaten/kota adalah kuncinya," demikian disampaikan Mendikbud usai menyerahkan trophy penghargaan otonomi award Provinsi Jawa Timur grand  kategori public service  terbaik kepada  Bupati Madiun, di Grand City Surabaya, Sabtu (6/10). Penghargaan  diserahkan  berbarengan dengan penyerahan penghargaan bidang politik dan keuangan bagi kabupaten/kota terbaik di Jawa Timur.

...dst

7 ) UGM: KPK harus diselamatkan
http://www.antaranews.com/berita/337564/ugm-kpk-harus-diselamatkan

Senin, 8 Oktober 2012 19:24 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus diselamatkan dari segala bentuk kriminalisasi untuk melindungi pemberantasan korupsi di Tanah Air, kata Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Pratikno. "Kita harus memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak dilemahkan, karena menyelamatkan KPK berarti juga menyelamatkan negeri ini dari kehancuran akibat korupsi," katanya, di Yogyakarta, Senin. Menurut dia ketegangan antara KPK dengan kepolisian membuat prihatin banyak pihak, termasuk kalangan perguruan tinggi. Ketegangan tersebut dinilai telah melemahkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, melemahkan kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian, dan menurunkan harapan serta optimisme masyarakat terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Menurut Pratikno, fenomena itu semakin menjauhkan dari keadaan yang dibutuhkan dalam pemberantasan korupsi, yang seharusnya "pertarungan" terjadi antara KPK termasuk kepolisian melawan koruptor. "Namun, masyarakat disuguhi `pertarungan` KPK dan kepolisian, yang seharusnya kedua institusi tersebut secara bersama-sama melawan koruptor," katanya.

...dst

8 ) 5 Tuntutan UGM Terkait KPK vs Polri
http://news.detik.com/read/2012/10/08/111017/2057076/10/5-tuntutan-ugm-terkait-kpk-vs-polri?nd771108bcj

Senin, 08/10/2012 11:10 WIB
Yogyakarta Mahasiswa, dosen, guru besar, dan Rektor UGM beramai-ramai menggelar aksi mendukung KPK. Mereka menyampaikan 5 tuntutan. "Pertama, pertarungan KPK dan Polri hanya akan menjadi kemenangan bagi para koruptor. Karenanya kami menolak berbagai bentuk tekanan terhadap anggota dan upaya pelemahan KPK," kata Rektor UGM Prof Dr Pratikno, di kantor Pusat Kajian Antikorupsi (PUKAT), kampus Bulaksumur, Yogyakarta, Senin (8/10/2012). Kedua, mendesak berbagai pihak menghentikan upaya pelemahan demi menjaga penegakan hukum antikorupsi dan menjaga optimisme rakyat. Ketiga, mendesak Presiden mengambil langkah cepat untuk mendukung KPK dan mengupayakan penguatan posisi KPK. Keempat, mendesak DPR menghentikan revisi UU KPK yang melemahkan KPK. "Kelima, meminta warga Indonesia waspada terhadap upaya kriminalisasi dan pelemahan gerakan pemberantasan korupsi yang bisa muncul sewaktu-waktu," katanya. Pratikno menandatangani kain putih yang nantinya dikirim ke KPK dan menulis 'Berantas Korupsi, Selamatkan KPK'. Selain Rektor, Guru Besar UGM, dosen, aktivis LSM, mahasiswa, dan lain-lain, ikut menandatangani dan menuliskan kalimat sebagai bentuk dukungan terhadap KPK.

...dst

9 ) Bentang Kain Putih, UGM Dukung KPK
http://regional.kompas.com/read/2012/10/08/12433541/Bentang.Kain.Putih.UGM.Dukung.KPK.

Senin, 8 Oktober 2012 | 12:43 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seusai membacakan pernyataan sikap di kantor Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat), Senin (8/10/2012), Rektor Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Pratikno, Direktur Pukat UGM Zainal Arifin Mukhtar, guru besar UGM beserta mahasiswa membubuhkan tanda tangan di atas kain putih. Tanda tangan di atas kain putih itu merupakan simbolisasi dari dukungan moral kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam fungsinya memberantas korupsi. "Rakyat menaruh harapan besar agar KPK terus melakukan tugasnya meski banyak upaya penggembosan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terancam karena gebrakan yang dilakukan oleh KPK selama ini," kata Zainal. Zainal menambahkan, UGM dan Pukat sebagai pusat kajian antikorupsi akan terus memantau dan berjuang bersama masyarakat dalam menyelamatkan Republik Indonesia ini dari para koruptor. "Korupsi secara tidak langsung telah memiskinkan rakyat. Tugas pemberantasan korupsi bukan lagi hanya menjadi tugas KPK. Namun, seluruh instansi dan masyarakat harus bersama-sama mengawal gebrakan ideologi antikorupsi yang sedang santer-santernya disuarakan di seluruh Indonesia," tegas Arie Sudjito dalam penyataan sikap UGM pagi tadi.

...dst

10 ) Civitas Academica Unika Atma Jaya Minta Pelemahan KPK Dihentikan
http://news.detik.com/read/2012/10/08/143143/2057307/10/civitas-academica-unika-atma-jaya-minta-pelemahan-kpk-dihentikan?n991102605

Senin, 08/10/2012 14:31 WIB
Jakarta Dukungan terus mengalir untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kali ini dukungan bagi KPK datang dari 300 orang civitas academica Universitas Katolik Atma Jaya. Mereka meminta agar segala bentuk upaya pelemahan KPK dihentikan. "Kami menolak pelemahan KPk dalam berbagai wujud termasuk dengan cara-cara intimidatif," kata Rektor Unika Atma Jaya Prof Lanny Pandjaitan dalam pernyataan sikapnya di Hall Karol Wojtyla, Universitas Atma Jaya, Semanggi, Jakarta, Senin (8/10/2012). Lanny meminta Presiden secara tegas membela KPK dari upaya pelemahan yang saat ini terjadi. Dia juga meminta agar seluruh elemen masyarakat ikut dalam upaya pemberantasan korupsi. "Kami mendukung KPK untuk terus mendapatkan legitimasi penuh secara legal untuk terus melakukan upaya-upaya yang semakin progresif, sistematis, dan objektif serta berdasarkan hukum dalam pemberantasan korupsi," tuturnya.

...dst

11 ) Atma Jaya desak Presiden bela KPK
http://www.antaranews.com/berita/337527/atma-jaya-desak-presiden-bela-kpk

Senin, 8 Oktober 2012 17:13 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Universitas Atma Jaya menyatakan member dukungan moral kepada upaya pemberantasan korupsi dengan salah satunya mendesak Presiden Republik Indonesia membela Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Meminta presiden baik sebagai Kepala Negara maupun sebagai kepala pemerintahan secara tegas menyatakan posisinya untuk membela KPK," kata Rektor Universitas Atma Jaya, Lenny Pandjaitan saat membacakan pernyataan sikap kampusnya, di Jakarta siang ini. Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Atma Jaya, Prasetyantoko Presiden seharusnya menyatakan dukungan eksplisit terhadap perseteruan Polisi dan KPK. Dia menganggap keadaan pemberantasan korupsi sudah begitu genting, terlebih lagi setelah upaya jemput paksa penyidik KPK oleh polisi Jumat malam pekan lalu. Selain mendesak Presiden RI, Universitas Atmajaya juga menyatakan akan mendukung KPK dalam mendapatkan legitimasi legal secara penuh dalam memberantas korupsi. Mereka juga menolak pelemahan KPK, serta mengajak seluruh elemen masyarakat sipil khususya kampus-kampus lain untuk ikut menyatakan dukungannya.

...dst

12 ) Alumni ITS Ajak Semua Pihak Dukung KPK
http://news.detik.com/read/2012/10/08/114223/2057099/10/alumni-its-ajak-semua-pihak-dukung-kpk?n991102605

Senin, 08/10/2012 11:42 WIB
Jakarta Dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengalir deras. Salah satunya dari Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ada di belakang KPK. "Mengajak semua kalangan masyarakat maupun elite politik untuk memberikan dukungan penuh kepada KPK, demi terbebasnya generasi mendatang dari budaya korupsi," ujar Sekretaris Jenderal IKA ITS, Bambang Joedopramono, dalam rilis yang diterima redaksi, Senin (8/10/2012). ITS mendukung penuh agar KPK tidak diganggu boleh kerjanya dalam menangani perkara korupsi. Mereka juga berharap, pemerintah bisa mengawal KPK agar tidak terhambat kinerjanya. "Mendesak pemerintah untuk tegas proaktif menghentikan tindakan aparat pemerintahan yang ingin menghambat kerja KPK, agar pemberantasan korupsi dapat berlangsung lebih efektif," tulisnya. Pengurus Besar Pemuda Al-Irsyad juga menyuarakan hal yang sama. Melalui Ketua Umumnya, Abdullah Hasyim Baraja, lembaga ini meminta supaya janji Presiden SBY bakal menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi dapat dibuktikan.

...dst

13 ) Mahfud MD beri dukungan kepada KPK
http://www.antaranews.com/berita/337470/mahfud-md-beri-dukungan-kepada-kpk

Senin, 8 Oktober 2012 11:30 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD datang ke KPK untuk memberikan dukungan untuk pemberantasan korupsi."Saya datang bukan atas nama MK, saya tidak pakai pin," kata Mahfud saat datang ke KPK Jakarta sekitar pukul 08.30 WIB pada Senin. Mahfud datang sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA-UII) Yogyakarta untuk memberikan dukungan terhadap pemberantasan korupsi. "Kami memberikan dukungan bukan pada institusi tapi pemberantasan korupsi karena musuh utama kita adalah merajalelanya korupsi," ungkap Mahfud. Ia mengungkapkan pihak yang bergembira dan bertepuk tangan adalah para koruptor. "Sebaiknya urusan salah-tidak salah dikesampingkan, seharusnya KPK dan Polri bersinergi, kami juga akan mendukung Polri untuk mendukung KPK, jangan soal teknis dijadikan alasan berkonflik," tambah Mahfud.
Dalam pemberantasan korupsi menurut Mahfud memiliki tiga pilihan: berkompetisi, bersinergi saling menguatkan dan konfrontasi. "Kami melihat saat ini ada konfrontasi tidak sehat, kedua institusi dapat menyelesaiakn masalah ini agar para koruptor tidak bercabang," jelas Mahfud.

...dst

14 ) "Pimpinan KPK tidak punya akun di media sosial"
http://www.antaranews.com/berita/337482/pimpinan-kpk-tidak-punya-akun-di-media-sosial

Senin, 8 Oktober 2012 12:57 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan hanya mempunyai satu akun Twitter resmi dan satu akun Facebook yang dikelola Biro Hubungan Masyarakat KPK. "Hingga saat ini, seluruh pimpinan KPK tidak memiliki akun twitter dan Facebook," sebut Juru Bicara KPK, Johan Budi, dalam situs resmi KPK. Johan menyebut KPK tidak tahu-menahu dan tidak bertanggung jawab atas informasi yang disampaikan oleh akun-akun yang mirip atau mengatasnamakan KPK atau pejabat KPK. Akun Twitter resmi yang diakui KPK adalah @KPK_RI sedangkan akun Fanspage Facebooknya adalah KomisiPemberantasanKorupsi. "Informasi yang dikelola terkait kegiatan, produk dan kebijakan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi, maupun hal-hal lain yang dipandang perlu untuk disampaikan kepada masyarakat," sebut Johan. KPK meminta masyarakat, terutama para pengguna media jejaring sosial Twitter dan Facebook agar melakukan verifikasi setiap informasi dan sumber informasi tentang lembaga itu.

...dst

15 ) 10 Mahasiswa Unnes Studi Sandwich-Like ke Amerika
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/08/201400/10-Mahasiswa-Unnes-Studi-Sandwich-Like-ke-Amerika

08 Oktober 2012
SEMARANG- Sepuluh mahasiswa program Doktor (S-3) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (10/10) akan bertolak ke Amerika untuk mengikuti program Sandwich-Like selama tiga bulan di Ohio State University (OSU) di Kota Columbus, negara bagian Ohio, Amerika Serikat.  Akhir pekan lalu mereka didampingi Direktur Pascasarjana (PPs) Unnes Prof Dr Samsudi MPd dan Asisten Direktur Bidang Akademik PPs Prof Dr Rernat Wahyu Hardyanto berpamitan kepada Rektor Unnes yang diwakili Pembantu Rektor IV (Bidang Pengembangan dan Kerja Sama) Prof Dr Fatkhur Rokhman MHum. Koordinator mahasiswa sandwich-like Unnes Wirawan Sumbodo mengatakan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut dibutuhkan proses panjang, mulai proses pendaftaran ke Dikti sekitar Maret 2012, seleksi administrasi, seleksi wawancara, hingga pengumuman dan pemeriksaan berkas. "Tidak selesai pada proses tersebut, kami melanjutkan untuk mengikuti pembekalan di Yogyakarta selama dua hari oleh Dikti dan pembuatan paspor, visa, serta surat-surat pendukung lainnya. Selama tiga bulan ke depan peserta akan dibiayai oleh Dikti dengan tujuan utama mendapat bimbingan tambahan oleh pembimbing (profesor) di Amerika guna pendalaman literatur, metodolog penelitian, melakukan seminar, dan sejumlah kegiatan akademik lainnya," ungkap  dosen Fakultas Teknik Unnes ini.

...dst

16 ) UGM Memasyarakatkan Teh Premium
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700523/ugm-memasyarakatkan-teh-premium

Senin, 08 Oktober 2012 10:06 wib
YOGYAKARTA – Teh di Indonesia masih dianggap minuman komoditas yang dapat dinikmati oleh siapa pun. Bahkan harganya di pasaran terbilang murah. Apalagi potensi teh premium di Tanah Air cukup besar dengan cita rasa yang tidak kalah dengan teh terbaik di dunia. Perlu diingat, bangsa ini menjadi negara keenam terbesar penghasil teh. Hal ini diungkapkan Ketua Bidang Industri Dewan Teh Nasional Rachmad Gunadi di sela-sela Festival Teh Internasional di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), kemarin. Pengembangan industri semakin hari harus kian maju karena biaya produktivitas teh juga semakin meningkat. "Kalau harga teh tetap murah dan biaya produksi makin tinggi, tentu produsen bahkan petani teh semakin sedikit keuntungannya. Inilah mengapa kemudian membuat kami terpikir memproduksi teh berkualitas baik dengan harga cukup tinggi," ungkap dosen Fakultas Pertanian UGM ini.

...dst

17 ) Mahasiswa UGM Gelar Aksi Simpatik Sambut 18 Dekan Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/08/mbkk98-mahasiswa-ugm-gelar-aksi-simpatik-sambut-18-dekan-baru

Senin, 08 Oktober 2012, 17:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Sebanyak 18 dekan baru dan Direktur Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dilantik oleg Rektor setempat, Pratikno di Balai Senat, Senin (8/10). Para dekan baru dan direktur sekolah vokasi ini merupakan hasil pemilihan dekan di fakultas masing-masing. Mereka akan bertugas dari 2012 hingga 2016 mendatang. Pelantikan dekan baru di tubuh kampus UGM ini juga mendapat dukungan dari para mahasiswa setempat. Ratusan mahasiswa dari berbagai elemen di kampus tersebut menggelar aksi simpatik di halaman Balairung setempat. Mereka mendesak para pimpinan baru UGM untuk menciptakan iklim demokrasi yang melibatkan mahasiswa secara penuh. Mereka juga berharap para dekan baru di UGM tersebut menyelesaikan berbagai masalah mahasiswa di kampus itu. "Kami berharap semua Dekan untuk membuka diri berdiskusi dengan para mahasiswa dan menyelesaikan masalah mahasiswa secara demokratis. Karena masalah mahasiswa adalah masalah kita semua," tandas Pratikno saat menemui para mahasiswa bersama para dekan baru di UGM tersebut. Mahasiswa UGM juga memberikan rangkaian bunga kepada para pimpinan baru UGM tersebut.

...dst

18 ) Guru Besar dari Teheran Beri Kuliah Umum di Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700968/guru-besar-dari-teheran-beri-kuliah-umum-di-unhas

Senin, 08 Oktober 2012 19:12 wib
MAKASSAR - Saat ini, 27 persen dari riset sains yang berkembang di dunia berasal dari Amerika Serikat. Sementara 12 persen lainnya berasal dari China. Padahal, pada hakikatnya, pengembangan sains ialah tanggung jawab dari semua pihak, bukan hanya sebagian orang saja. Lebih dari itu sains merupakan milik masyarakat, sehingga harus disebarluaskan. Dibubuhi pembahasan mengenai bagaimana pengembangan ilmu pengetahuan atau sains dapat makin disemarakkan di lingkungan perguruan tinggi, Prof. Ali Mosavi Movahedi dari Universitas Teheran memberi kuliah umum. Kuliah umum Prof. Ali digelar Universitas Hasanuddin di ruang rapat B, lantai 4, Gedung Rektorat, Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar, Senin (8/10/2012). Guru besar dari Universitas Teheran, Iran, tersebut tampil di muka majelis intelektual Unhas sebagai langkah awal bagi kedua perguruan tinggi itu untuk membangun upaya kerjasama. Kuliah umumnya dihadiri oleh mahasiswa S1 dan S2 dari Fakultas MIPA. Turut hadir, Wakil Rektor I Unhas, Prof. Dr. Dadang Suriamihardja.

...dst

19 ) UNY Perkenalkan Rumah Adat Lewat Lampu Hias
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/02222297/UNY.Perkenalkan.Rumah.Adat.Lewat.Lampu.Hias

Senin, 8 Oktober 2012 | 02:22 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memperkenalkan rumah adat di Indonesia melalui inovasi pembuatan lampu hias yang diberi nama Decorative Lighting Traditional House atau Delight TH. "Delight TH merupakan suatu karya inovatif yang memadukan desain rumah adat di Indonesia yang beraneka ragam yang dibuat dalam bentuk lampu hias berbahan dasar fiberglass," kata Ketua Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Desiana Nur Fajari di Yogyakarta, Minggu (7/10/2012). Menurut dia lampu hias berbahan dasar fiberglass itu memiliki banyak keunggulan di antaranya sangat fleksibel dan bisa dibuat menjadi bentuk apapun, ringan, kuat, berbentuk stabil, perawatannya mudah, dan tahan lama. "Delight TH selain sebagai lampu hias yang dapat digunakan untuk menghiasi interior rumah juga dapat digunakan sebagai alat pengenalan budaya khususnya rumah adat kepada masyarakat," kata mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) UNY itu.

...dst

20 ) Baru Berdiri, Satu Fakultas di Unipas Dihapus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/11221465/Baru.Berdiri.Satu.Fakultas.di.Unipas.Dihapus

Senin, 8 Oktober 2012 | 11:22 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Yayasan Perguruan Morotai yang mendirikan Universitas Pasifik (Unipas) di Morotai, Maluku Utara akhirnya menghapus sebuah fakultas dan satu program studi. Pengahpusan ini terkait dengan persyaratan mendirikan sebuah universitas. Fakultas yang dihapus itu yakni Fakultas Ilmu Kesehatan dan satu program studi yakni Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Politik. Ketua Yayasan Perguruan Morotai Mohdar S Arif belum lama ini mengatakan segala persyaratan administrasi untuk mendirikan sebuah universitas telah dipenuhi pihak yayasan. Namun ada sedikit kekeliruan dalam penempatan fakultas. Di mana seharusnya ada perbandingan antara jurusan eksata dan non eksata antara 30:70. "Kita memang sudah penuhi itu tapi ternyata dari Dikti tidak mengakui jurusan matematika dan sebagainya itu sebagai jurusan eksata karena dia tergabung dalam fakultas keguruan. Semestinya jurusan-jurusan ini tersendiri fakultasnya," ungkap Mohdar S Arif. Karena itu, untuk memenuhi kembali persyaratan tersebut, pihak yayasan terpaksa mengambil kebijakan dengan melebur beberapa jurusan dan menambahkan beberapa jurusan lagi. Meski ada fakultas dan program studi yang dihapus, namun ada pula beberapa jurusan yang akan ditambahkan, di antaranya jurusan Teknik Informatika, Teknik Hasil Perikanan dan Teknik Lingkungan. Jurusan-jurusan ini bernaung di bawah fakultas teknik.

...dst

21 ) Belum Kuliah, Mahasiswa Unipas Makin Membeludak
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/13443517/Belum.Kuliah.Mahasiswa.Unipas.Makin.Membeludak

Senin, 8 Oktober 2012 | 13:44 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Sedianya Universitas Pasifik (Unipas) yang baru dibuka di Kabupaten Pulau Morotai akan memulai aktivitas perkuliahannya mulai 8 September 2012 lalu. Namun, hingga kini belum juga terlaksana. Di sisi lain, jumlah calon mahasiswa semakin membeludak. Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unipas, Ramli Yaman, belum lama ini menyebutkan, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Unipas sudah mencapai lebih dari 1.600 orang. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah menyusul animo masyarakat yang berkeinginan kuliah di universitas baru tersebut. Dibanding total pendaftar yang resmi ditutup panitia saat penerimaan sejak 1-30 Juli 2012 lalu hanya sebanyak 1.024 orang. Seiring waktu, calon mahasiswa makin membeludak karena panitia masih tetap mengakomodasi pendaftar baru. "Sekarang sudah seribu enam ratus lebih karena setelah penutupan pendaftaran ternyata masih ada pendaftar lagi," ungkap Ramli Yaman.

...dst

22 ) Peneliti RI-Australia Saling Beberkan Pengalaman
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/373/700778/peneliti-ri-australia-saling-beberkan-pengalaman

Senin, 08 Oktober 2012 15:18 wib
JAKARTA - Menumbuhkan minat untuk melakukan penelitian dalam jiwa generasi muda saat ini bukanlah hal mudah. Apalagi untuk menjadi seorang peneliti yang sukses membutuhkan usaha dan niat yang kuat. Untuk itu, Kedutaan Besar (Kedubes) Australia bersama University of Western Australia menggelar Young Researcher Forum. Dalam kesempatan tersebut, para peneliti ahli dari Indonesia dan Australia membeberkan pengalaman mereka dalam menggeluti dunia penelitian.Duta Besar (Dubes) Australia Greg Moriarty mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak terutama dalam membantu generasi muda yang memang ingin terjun dan mencintai dunia penelitian. "Terima kasih kepada University of Western Australia yang mau berbagi bagaimana cara menjadi seorang peneliti yang sukses kepada para peneliti muda ini," ujar Moriarty di Kedubes Australia, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/10/2012).

...dst

23 ) Bebas Biaya Kuliah 45% di London, Siapa Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/08/368/700579/bebas-biaya-kuliah-45-di-london-siapa-mau

Senin, 08 Oktober 2012 11:05 wib
JAKARTA - Inggris masih menjadi salah satu negara tujuan favorit para pelajar asing untuk melanjutkan pendidikan. Sayangnya, biaya kuliah maupun biaya hidup yang sangat tinggi kerap kali membuat para pelajar mengurungkan niat untuk menempuh pendidikan di negeri tersebut. 
Beruntung, School of Business and Law (SBL) yang merupakan associate college dari University of Gloucestershire menyediakan program beasiswa bagi kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di UK. Program ini berbentuk beasiswa parsial sebesar 45 persen dari total biaya kuliah yang harus ditanggung oleh mahasiswa. Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (8/10/2012). Untuk program S-1 di bidang Business Studies dan Accounting, pelajar menempuh pendidikan selama dua tahun dengan memanfaatkan waktu libur menjadi waktu aktif belajar di kampus. Dengan adanya program beasiswa ini, pelajar hanya membayar sebesar 6.950 poundsterling atau Rp105 juta (Rp15 ribu per poundsterling) untuk meraih gelar sarjana di bidang bisnis dan akunting.

...dst

24 ) Wah, Ada 6 Beasiswa S-2 Humaniora di Oxford!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/10150820/Wah.Ada.6.Beasiswa.S-2.Humaniora.di.Oxford.

Senin, 8 Oktober 2012 | 10:15 WIB
KOMPAS.com - Universitas Oxford di Inggris menawarkan Mica and Ahmet Ertegun Graduate Scholarship Programme di bidang humaniora untuk tahun ajaran 2013-14. Progam beasiswa ini ditujukan untuk menumbuhkan dialog lintas disiplin akademik, lintas budaya, dan lintas generasi. Lulusan program beasiswa ini diharapkan siap menjadi pemimpin yang tidak hanya menguasai bidang yang dipilih, tetapi juga membentuk seorang pemimpin yang memiliki pemikiran, pandangan global, dan aksi positif untuk kemajuan umat manusia.Tersedia enam beasiswa untuk program pascasarjana satu atau dua tahun. Beasiswa ini akan menanggung seluruh biaya kuliah dan kebutuhan akademik serta memberikan uang saku untuk hidup sebesar 13.590 poundsterling. Penerima beasiswa juga berhak atas akses ke Ertegun House yang memberikan keleluasaan kepada penerima beasiswa untuk menulis dan melakukan penelitian, berpartisipasi dalam sejumlah acara sosial, kuliah umum, dan aktivitas lain untuk membangun kualitas lulusan beasiswa ini sesuai tujuan.

...dst

25 ) Evaluasi Kurikulum Pendidikan Masih Digodok
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/08/01020221/Evaluasi.Kurikulum.Pendidikan.Masih.Digodok

Senin, 8 Oktober 2012 | 01:02 WIB
PASURUAN, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, evaluasi kurikulum pendidikan nasional masih digodok. "Insya Allah pada Desember mendatang sudah bisa dipublikasikan," kata Mohammad Nuh saat mengunjungi Pondok Pesantren Terpadu Bayt Al Hikmah, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (7/10/2012). Ia mengatakan, publikasi materi kurikulum hasil evaluasi tersebut dimaksudkan untuk uji publik. Untuk itu, kata dia, semua pihak diharapkan bisa memberikan krirtik, serta saran sebagai masukan. Menurut dia, evaluasi kurikulum pendidikan nasional dilakukan karena ada penilaian bahwa kurikulum pendidikan saat ini terlalu membebani siswa. "Dari evaluasi nanti diharapkan bisa ditemukan formulasi sesuai standar kompetensi," katanya. Nuh mengunjungi Pondok Pesantren Terpadu Bayt Al Hikmah karena hubungan emosional. Ia sudah kali kesekian mengunjungi pondok pesantren asuhan KH Idris Abdul Chamid ini.

...dst

26 ) Mendikbud Buka Lomba Cipta Seni Pelajar
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/08/354087/293/14/Mendikbud-Buka-Lomba-Cipta-Seni-Pelajar

Senin, 08 Oktober 2012 12:14 WIB   
CIPANAS--MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh membuka lomba cipta seni pelajar 2012 di Hutan Jati Putih Kawasan Hutan Lindung, Istana Kepresidenan Cipanas, Jawa Barat, Senin (8/10). Lomba tersebut diikuti 231 peserta yang terdiri atas 99 orang di tingkat sekolah dasar dan 132 di tingkat menengah pertama yang telah lolos seleksi di tingkat provinsi. Dalam lomba cipta seni pelajar kali ini, lima kategori diperlombakan yaitu lomba cipta lagu, cipta puisi, cipta lukis, mendesain motif batik, dan membatik di kain mori.
Lomba cipta seni tersebut merupakan acara tahunan yang telah dimulai sejak 2006. Ini merupakan salah satu upaya untuk menyeimbangkan antara kemampuan logika, analisa, dengan estetika anak didik. Selain itu, menurut M Nuh, kegiatan lomba cipta seni tersebut dapat mengeskplorasi bakat dan potensi anak didik sehingga dapat berkembang dengan baik. Acara yang berlangsung di Istana Kepresidenan Cipanas tersebut akan ditinjau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono.

...dst

Berita Edukasi, 07 Oktober 2012

 1 ) Studi tentang Indonesia
Canberra Luncurkan Website untuk Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/07/08382893/Canberra.Luncurkan.Website.untuk.Indonesia

Minggu, 7 Oktober 2012 | 08:38 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com - Sebuah website yang menampung kepingan pemikiran para peneliti, akademisi dan praktisi yang tertarik studi tentang Indonesia dari seluruh dunia diluncurkan di Canberra (Australia).Menurut Ratih Maria Dhewi , mahasiswa tingkat doktoral di Universitas Canberra, selaku penggagas website ini menyebutkan bahwa website ini secara berkelanjutan akan mempublikasikan kepingan pemikiran para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam catatan kontribusi berbentuk opini berstandar penulisan karya ilmiah. "Saya menyadari bahwa setiap pemikiran yang konstruktif selalu memiliki arti. Oleh karena itu situs ini dipersembahkan untuk memberikan kontribusi pemikiran kepada bangsa Indonesia yang kita cintai bersama," kata Ratih yang juga Wakil Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia kepada koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya hari Minggu (7/10/2012). Sejak diluncurkan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Primo Alui Joelianto, 25 September lalu, situs ini telah menerima puluhan artikel dari berbagai kalangan peneliti mulai dari Guru Besar Institut Pertanian Bogor Profesor Sjafri Mangkupawira dan Profesor Musa Hubeis, Gede Arya Wiryana pemerhati masalah ketenagakerjaan Indonesia, hingga peneliti kelautan dari Universitas Gajah Mada, I Made Andi Arsana yang karyanya telah dipublikasikan dibanyak jurnal internasional.

...dst

2 ) Pemilihan Rektor UI
Iluni UI Dukung Pembuatan Statuta Pilrek
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/07/13402684/Iluni.UI.Dukung.Pembuatan.Statuta.Pilrek

Minggu, 7 Oktober 2012 | 13:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (UI) Chandra Motiq Yusuf mengatakan, pihaknya mendukung penuh rencana pembuatan statuta dalam proses pemilihan rektor periode 2012-2017. Ia berharap, pembuatan statuta itu dapat melibatkan dan menampung masukan positif dari semua elemen UI. "Menurut kami memang perlu dibuat statuta dalam pemilihan rektor ini. Tapi, semuanya harus dilibatkan agar ada paradigma baru," kata Chandra saat ditemui Kompas.com di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (7/10/2012). Sebelumnya, Chandra mewakili Iluni UI juga menyampaikan harapannya kepada rektor definitif yang nantinya akan memimpin UI sampai lima tahun ke depan. Iluni UI berharap semua pihak yang terkait dalam proses pemilihan rektor, khususnya Senat Akademik Universitas (SAU) UI dan Majelis Wali Amanat (MWA) UI sebagai pihak paling sentral yang menentukan rektor selanjutnya, agar dapat mengedepankan integritas sesuai dengan nilai luhur dunia pendidikan dan berlandaskan nurani.

...dst

3 ) Polisi vs KPK
Presiden Harus Selamatkan Institusi Kepolisian
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/07/14473259/Presiden.Harus.Selamatkan.Institusi.Kepolisian

Minggu, 7 Oktober 2012 | 14:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) Hikmahanto Juwana mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus segera turun tangan untuk menyelamatkan institusi kepolisian dari tindakan unsur pimpinan Polri. Permasalahan antara Polri dan KPK akan melunturkan kepercayaan publik terhadap institusi Polri. "Permasalahannya dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menggerus kepercayaan publik," kata Hikmahanto, di Jakarta, Minggu (7/10/2012). Hikmahanto mengungkapkan, setelah Kepolisian Daerah Bengkulu berencana membawa penyidik KPK asal Polri, Novel Baswedan, Jumat (5/10/2012) malam lalu, pers secara aktif membuktikan kebenaran sangkaan yang dikenakan kepada Novel. Seperti diketahui, Novel disangka melakukan penganiayaan sehingga menyebabkan seorang tahanan meninggal dunia pada 2004, saat ia menjabat Kasat Reserse Polda Bengkulu. "Polda Bengkulu saat ini belum menyampaikan siapa pelapor Novel yang menjadi alasan untuk mereka bergerak. Di saat bersamaan, pers sudah melakukan investigasi lapangan atas keluarga korban di Bengkulu. Sejauh ini belum ada yang mengaku sebagai pelapor," kata Hikmahanto. Polda Bengkulu telah menyampaikan kepada publik foto peluru yang mengenai korban. Akan tetapi, tidak ada foto yang memperlihatkan Komisaris Novel Baswedan melakukan penembakan.

...dst

4 ) Dukung KPK, UGM & LSM akan Turun ke Jalan Senin
http://news.detik.com/read/2012/10/07/145748/2056678/10/dukung-kpk-ugm-lsm-akan-turun-ke-jalan-senin?n991102605

Minggu, 07/10/2012 14:57 WIB
Jakarta Universitas Gadjah Mada (UGM) akan mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kisruh Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu UGM beserta elemen LSM di Yogyakarta, akan turun ke jalan. "Kami dan Rektor UGM akan ada pernyataan resmi mengenai masalah ini (KPK & Polri). Pukat, saya, dan Pak Rektor," ujar Direktur Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM Zainal Arifin Mochtar. Hal itu dikatakan Zainal saat dihubungi detikcom, Minggu (7/10/2012). Zainal mengatakan, kemungkinan pernyataan resmi itu akan diadakan di kantor Pukat UGM, Senin (8/10/2012) pukul 09.00 WIB. "Kemudian akan turun ke jalan, bersama LBH Yogya dan elemen lain," kata Zainal. Ketegangan antara KPK dan Polri kembali terjadi ketika personel Polda Bengkulu dan Polda Metro Jaya hendak menangkap penyidik asal Polri yang sudah menjadi penyidik tetap KPK, Novel Baswedan, di Gedung KPK pada Jumat (5/10/2012) malam. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menganggap penangkapan Novel adalah kriminalisasi terhadap komisinya.

...dst

5 ) Persilakan KPK-Polri Bertemu Senin, SBY Bersikap Paling Lambat Selasa
http://news.detik.com/read/2012/10/07/164053/2056721/10/persilakan-kpk-polri-bertemu-senin-sby-bersikap-paling-lambat-selasa?n991102605

Minggu, 07/10/2012 16:40 WIB
Jakarta Hingga kini pertemuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri belum bisa dilakukan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan kesempatan kepada kedua lembaga itu untuk menyelesaikan masalahnya lebih dulu. SBY akan bersikap bila pertemuan kedua lembaga dilakukan. "Presiden dilapori pertemuan Kapolri dan KPK belum dapat dilakukan. Mereka sudah berjanji (pertemuan) pimpinan KPK dan Kapolri akan dilaksanakan besok tanggal 8 Oktober," demikian dikatakan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi. Hal itu disampaikan Sudi dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2012) pukul 16.00 WIB. Sudi yang mengenakan kemeja batik dan berbicara di podium. Jubir Kepresidenan Julian Pasha terlihat hadir. Tidak ada sesi tanya jawab dalam keterangan pers yang merupakan buah dari arahan Presiden SBY ini.

...dst

6 ) Universitas Brawijaya Trauma Salurkan Kredit Mahasiswa Miskin
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/07/mbi0f3-universitas-brawijaya-trauma-salurkan-kredit-mahasiswa-miskin

Minggu, 07 Oktober 2012, 08:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, masih trauma untuk mengucurkan kredit untuk biaya kuliah bagi mahasiswa miskin yang menempuh pendidikan di kampus setempat. Rektor UB Prof Dr Yogi Sugito, Ahad (7/10) mengakui, pihaknya masih belum memikirkan skema apapun untuk membantu mahasiswa miskin, selain beasiswa Bidik Misi dan kemitraan dengan berbagai perusahaan. "Sampai saat ini kami masih belum memikirkan skema pengucuran kredit bagi mahasiswa kurang mampu untuk biaya kuliah mereka. Dulu program itu pernah dilaksanakan, namun banyak yang macet, bahkan hingga lulus pun masih belum lunas dan ijazah mereka juga tidak diambil," tegasnya.
Hanya saja, lanjutnya, jika peminat kredit tersebut cukup besar atau mahasiswa yang mengajukan cukup banyak, maka pihaknya akan memikirkannya melalui skema kredit yang baru dan bekerja sama dengan perbankan. Ia mengakui, prosedur dan proses pengucuran kredit bagi mahasiswa tersebut tidak mudah, meski ijazah mereka nanti sebagai jaminannya. Oleh kartena itu, hingga saat ini masih belum ada pemikiran untuk merealisasikan program yang disarankan oleh Kemendikbud belum lama ini.

...dst

7 ) WCF Bahas Isu Hak Cipta Warisan Budaya Bangsa
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/07/353882/293/14/WCF-Bahas-Isu-Hak-Cipta-Warisan-Budaya-Bangsa

Minggu, 07 Oktober 2012, 08:06 WIB
UBUD--MICOM: Isu perlindungan hak cipta atau karya intelektual akan diangkat menjadi pembahasan dalam ajang pertemuan tingkat dunia World Culture Forum (WCF) yang akan digelar di Bali tahun 2013. Masalah hak cipta, menjadi isu penting dalam pertemuan mendatang menyusul banyaknya persoalan klaim budaya atau kekayaan intelektual lainnya yang melibatkan antar negara. Aksi saling klaim seputar karya budaya leluhur terus mewarnai perjalanan hubungan Indonesia dan Malaysia. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Wiendu Nuryanti mengatakan, hak atas kekeayaan intelektual, harus menjadi perhatian serius semua pihak agar tidak terjadi saksi saling klaim seperti yang terjadi selama ini. "Masalahya sudah tuntas, klaim-klaim yang terjadi bisa diselesaikan dengan jalur diplomasi," ujar Wiendu usai pesamuan dialog budaya di Museum Rudana, Ubud, Gianyar, Bali, Minggu (7/10). Seperti diketahui hubungan Indonesia dengan Malaysia sempat diwarnai ketegangan menyusul aksi klaim terhadap beberapa karya budaya mulai tarian pendet hingga reog ponorogo. Dia menguraikan, bahwa hasil karya cipta seperti tarian itu berkaitan dengan kebudayan masyarakatnya.

...dst

Berita Edukasi.06 Oktober 2012

 1 ) Menteri Pendidikan Akan Buka Temu Redaktur Kebudayaan Media Cetak
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/06/79250/menteri_pendidikan_akan_buka_temu_redaktur_kebudayaan_media_cetak/#.UHAYE67dZ6E

06 Oktober 2012Pkl. 06:34 WIB
Jakarta , (Analisa). Rubrik seni budaya di masing-masing media cetak di Tanah Air, dikeluhkan banyak pihak, termasuk kalangan pers sendiri, yakni sedang mengalami penurunan dan kemunduran yang signifikan. Faktanya cukup banyak rubrik seni budaya terpaksa ditutup, dan digantikan rubrik lain yang lebih menguntungkan secara finansial. Akibatnya di tengah aneka macam kepungan informasi dari yang penting hingga remeh temah, banyak sekali event hingga pemikiran-pemikiran seni budaya terlantar, tidak bisa terkomunikasikan kepada masyarakat (pembaca). Bertolak dari keprihatinan atas hal itu, Ketua Departemen Film, Kebudayaan dan Pariwisata PWI Pusat Yusuf Susilo Hartono mengambil inisiatif menawarkan kepada Wakil Mendikbud bidang Kebudayaan Prof Wiendu Nuryanti untuk bersama melakukan langkah kecil yang diharapkan berdampak besar, berupa Temu Redaktur Kebudayaan se Indonesia 2012. Kegiatan yang baru pertama kali ada ini, kemudian menjadi hasil kerjasama Kemendikbud dan PWI Pusat. Diikuti oleh 100 orang, yang terdiri dari para redaktur kebudayaan media cetak dan utusan PWI Cabang dari seluruh provinsi, para wartawan senior, dan komunitas seni. Akan berlangsung di Jakarta, 9-11 Oktober 2012.

...dst

2 ) Guru besar olahraga Indonesia sepersepuluh China
http://www.antaranews.com/berita/337250/guru-besar-olahraga-indonesia-sepersepuluh-china

Sabtu, 6 Oktober 2012 18:14 WIB
Semarang (ANTARA News) - Sekretaris Forum Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) se-Indonesia Harry Pramono menyebutkan jumlah guru besar bidang olahraga di Indonesia saat ini masih sepersepuluhnya China. "Kalau mau dikumpulkan seluruh guru besar olahraga di Indonesia sekarang ini hanya 30 orang lebih sedikit, sementara China memiliki 300 guru besar bidang itu. Jauh sekali perbedaannya," kata Dekan FIK Universitas Negeri Semarang itu, usai "International Seminar on Sport Science 2012", Sabtu. Ia mengungkapkan pakar bidang olahraga turut memengaruhi majunya prestasi olahraga suatu negara karena perkembangan olahraga tidak bisa dipisahkan dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. "Untuk mencetak olahragawan-olahragawan yang berprestasi bergantung pada kualitas pendidikan yang diberikan. Secara keilmuan, jauh sekali kalau kita mau mengejar China. Pakar olahraganya sangat banyak," katanya. Menurut dia, kecenderungan yang terjadi di Indonesia menganggap olahraga hanya berkaitan dengan prestasi, sementara pengembangan sisi akademis atlet dikesampingkan, termasuk motivasi atlet dari sisi akademis.

...dst

3 ) Tinggi, Prestasi Mahasiswa dari Daerah Tertinggal
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/06/201182/Tinggi-Prestasi-Mahasiswa-dari-Daerah-Tertinggal
   
06 Oktober 2012
SEMARANG- Prestasi mahasiswa Program Pendididkan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), tergolong tinggi. Mereka juga dipandang efektif sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo mengungkapkan hal itu di sela-sela pembukaan program pengenalan akademik mahasiswa PPGT di kampus Sekaran, kemarin. Program itu diikuti 32 mahasiswa baru yang berasal dari Papua (18), Nusa Tenggara Timur (7), Kalimantan Timur (4), Aceh (2), dan Kepulauan Seribu (1). ''Dari 32 mahasiswa PPGT angkatan 2012, sebanyak 30 orang berindeks prestasi di atas 3,00. Hanya dua orang yang yang ber-IP di bawah 3,00. Itu pun tak kurang dari 2,90,'' ungkapnya. Rektor juga memuji keberhasilan mereka untuk merajut keindonesiaan dalam situasi kebhinnekaan. "Sekarang di kampus ini sudah bisa kita saksikan mahasiswa asal Papua menarikan tari saman Aceh, sebaliknya anak Aceh menarikan tari Yapen. Bukankah yang seperti ini efektif untuk merekatkan NKRI lewat pendidikan dan kebudayaan,'' katanya.

...dst

4 ) AMIKOM Rilis Lagi Lima Game Animasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532676/

Saturday, 06 October 2012
YOGYAKARTA – Amikom Game Dev (AGD) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta kembali merilis game animasi terbaru. Setelah merilis tiga gameanimasi,yaitu Jumping Granny, Panjat Pinang, dan Ular Tangga, kali ini mereka melepas game animasi terbaru.Tidak main-main,lima game sekaligus, yaitu Bubble Fish, Escape Galaxy, Cat Rider, Gatotkaca,dan Monkey Rocket. Game yang berbasis OS Android ini merupakan hasil lima tim yang mengikuti training AGD pada September lalu. Pembuatan game menjadi salah satu syarat menjadi anggota AGD STMIK AMIKOM. "Game tersebut memiliki kekhasan tersendiri dan yang jelas tetap mengedepankan budaya Indonesia," ungkap Project Manager AGD STMIK AMIKOM Agoes Tri Haryanto kemarin. Game Bubble Fish bercerita tentang seekor ikan terbang di dalam sebuah gelembung yang sedang berpetualang. Si ikan terbang ini akan berjuang menghindari beragam halangan dan rintangan. "Game Escape Galaxy bercerita pengembaraan pesawat jet luar angkasa," ujarnya. Kemudian, game Cat Rider berkisah tokoh Ket si Kucing Kuning.

...dst

5 ) UNY-UPSI Malaysia Bentuk Jurusan Kembar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/06/mbfqxm-unyupsi-malaysia-bentuk-jurusan-kembar

Sabtu, 06 Oktober 2012, 04:44 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta dan Jabatan Kimia Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia memperkuat kerja sama dengan membentuk 'twin department' atau jurusan kembar. "Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam 'twin department' antara lain pertukaran mahasiswa untuk praktik mengajar, pertukaran mahasiswa 'sit in' untuk masuk kuliah di kelas dan laboratorium, kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa, dan pertukaran penguji skripsi," kata Ketua Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY Hari Sutrisno di Yogyakarta, Jumat (5/10). Menurut dia, Ketua Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Ismail bin Zainol akan datang ke UNY sebagai pembicara kunci seminar pendidikan kimia pada 3 November 2012. Ketua Jabatan Kimia Fakultas Sains dan Matematika UPSI Azlan Kamari juga akan hadir sebagai 'guest lecturer' pada 2 November 2012.

...dst

6 ) FK Unissula Gelar Medical Expo   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532667/

Saturday, 06 October 2012
SEMARANG – Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang menggelar Medical Unissula Expo di halaman Balai Kota Semarang kemarin. Kegiatan yang berakhir Minggu (8/10) besok ini diharapkan bisa memberikan berbagai pengetahuan tentang kesehatan kepada masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Tengah Anung Sugihantono yang membuka acara mengapresiasi kegiatan tersebut."Tentunya sudah menjadi tugas bersama untuk membawa masyarakat Jawa Tengah ini sehat,"katanya. Angka kesehatan masyarakat di Jawa Tengah semakin membaik dari tahun ke tahun. Meski demikian, hal itu harus tetap dikawal. "Calon-calon dokter yang ada, seperti dari Unissula harus siap menggantikan kita-kita ini,"ujar Anung. Sejumlah alat-alat kesehatan ditampilkan dalam kegiatan itu. Para pengunjung yang mayoritas pelajar tampak antusias menanyakan berbagai fungsi alat-alat yang dipamerkan.

...dst

7 ) Pilrek UI Terkatung-katung
http://www.pikiran-rakyat.com/node/206178

Jumat, 05/10/2012 - 18:29
DEPOK, (PRLM).- Proses islah yang diupayakan Universitas Indonesia (UI) untuk menanggapi putusan Pengadilan Tata Usaha Negara tentang tim transisi, mengalami kegagalan. Hal itu menyebabkan proses pemilihan rektor Universitas Indonesia (Pilrek UI) kembali tertunda sampai terdapat ketetapan hukum. "Ditargetkan sekitar enam bulan prosesnya sudah selesai, dan kita bisa melanjutkan Pilrek UI," ujar Ketua Pansus Pilrek UI Endriartono Sutarto, saat konferensi pers di Perpustakaan Kampus UI, Depok, Jumat (5/10/12). Sebelumnya Senat Universitas (SU) UI memenangkan gugatan pada Kemendikbud di PTUN Jakarta. Dalam gugatan tersebut disebutkan bahwa tim transisi yang dibentuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam menangani kisruh UI akhir tahun lalu, tidak berdasar hukum. Dengan demikian, Pilrek seharusnya dilakukan oleh SU, bukan Majelis Wali Amanah (MWA) seperti yang terjadi saat ini. Endriartono mengatakan, UI sudah mengupayakan islah agar kedua pihak bisa mendapatkan titik temu di luar jalur hukum. Namun ternyata proses islah tersebut gagal sehingga Kemendikbud sebagai tergugat, mengajukan banding.

...dst

8 ) Pemilihan Rektor UI Menunggu PP dan UU Dikti
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/05/108782/Pemilihan-Rektor-UI-Menunggu-PP-dan-UU-Dikti/3

Jumat, 5 Oktober 2012 18:52 WIB
Metrotvnews.com, Depok: Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI) Endriartono Sutarto mengatakan, proses pemilihan rektor masih harus menunggu Peraturan Pemerintah (PP) dari Undang-Undang tentang Pendidikan Tinggi. "Kami memutuskan menggunakan UU Dikti sebagai data acuan dan mendorong penyelesaian statuta UI sesuai target yang ditetapkan," kata Endriartono di Depok, Jawa Barat, Jumat (5/10). Menurut dia, selama belum adanya statuta UI, maka proses pemilihan rektor masih ditunda. Namun, bakal calon rektor tetap diakui sejauh tidak mengundurkan diri. Ia mengatakan, untuk mengakomodasi pemilihan rektor maka Majelis Wali Amanat (MWA) mengusulkan pasal peralihan dalam statuta memuat tentang ketentuan pelaksanaan pemilihan rektor untuk pertama kalinya. Sementara itu, Sekretaris Pansus Pemilihan Rektor UI Corina Riantoputra mengatakan, statuta UI saat ini masih dibahas dengan melibatkan fakultas, mahasiswa, karyawan, dan lainnya. "Kami harapakan prosesnya sudah selesai akhir Oktober. Selanjutnya akan disinkronisasikan pada Desember untuk penyelesian akhir," katanya.

...dst

9 ) UI Kembali Menggelar Dialog Manajemen Telekomunikasi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/206191

Jumat, 05/10/2012 - 20:35
JAKARTA, (PRLM).- Program S2 Manajemen Telekomunikasi Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia (UI) kembali akan menyelenggarakan "Dialog Manajemen Telekomunikasi" Seri-2 dengan mengambil topik "Membangun Daya Saing Indonesia di Era Broadband", awal pekan mendatang. Ini melanjutkan dialog manajemen telekomunikasi seri-1 yang telah sukses diselenggarakan Juni lalu. Sebagaimana siaran pers yang diterima "PRLM" di Jakarta, Jumat (5/10/12), acara Dialog Manajemen Telekomunikasi seri-2 akan diselenggarakan pada Senin 8 Oktober 2012 di Ruang Rapat VIP Lantai 1 Gedung Perpustakaan Baru Kampus UI Depok, pukul 09.30-12.30 WIB. Acara ini mempertemukan empat pelaku utama sektor telekomunikasi nasional, yaitu operator, vendor, regulator dan akademisi. Disebutkan, peserta dialog yang direncanakan hadir di antaranya M Budi Setiawan (Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo), M. Mustaghfirin Amin (Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud), Riant Nugroho (Komisioner BRTI), jajaran manajemen industri selular nasional (Telkomsel, Indosat, Excelcomindo, Ericsson, Telkom FLEXI), serta kandidat doktor dan mahasiswa pascasarjana program Manajemen Telekomunikasi DTE UI.

...dst

10 ) Pemerintah Larang Film Horor Berbau Seks
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/06/79183/pemerintah_larang_film_horor_berbau_seks/#.UHAYeK7dZ6E

06 Oktober 2012
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mencanangkan gerakan antifilm murahan dengan memperkuat peran Lembaga Sensor Film (LSF). Wamendikbud bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, mengatakan film adalah ekspresi budaya yang dapat membangun karakter bangsa. Namun, masih banyak film tidak berkualitas bermunculan. Dia menyebutkan, film murahan itu seperti film horor berbau seks atau komedi seks yang sangat merusak moral dan karakter. Guru Besar Arsitektur UGM ini menjelaskan, untuk mendorong munculnya film berkualitas, Kemendikbud juga akan menggelar penghargaan Apresiasi Film Indonesia (AFI). Sedangkan film-film yang akan diperlombakan dalam AFI ialah yang selaras dengan tema AFI, yakni Nilai Budaya, Kearifan Lokal dan Pembangunan Karakter Bangsa. Film yang dapat menjadi peserta yakni, diproduksi dalam kurun waktu dua tahun. Pendaftaran film dimulai pada 5 Oktober-27 Oktober, penjurian 29 Oktober-14 November dan malam anugerah akan digelar pada 25 November mendatang. Dalam perkembangannya, industri film sejak tahun 1990-an mengalami masa suram, sehingga menyebabkan para penulis skenario dan produser film bertindak pragmatis dengan mengedepankan selera pasar dan mengabaikan mutu.

...dst

11 ) Ini Alasan untuk Lanjutkan Studi ke Selandia Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/06/16014741/Ini.Alasan.untuk.Lanjutkan.Studi.ke.Selandia.Baru

Sabtu, 6 Oktober 2012 | 16:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Selandia Baru dan Indonesia memiliki hubungan bilateral dalam sektor pendidikan tinggi yang makin baik. Usai menandatangani nota kesepahaman dengan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, beberapa waktu lalu, Selandia Baru akan menjadi salah satu negara tujuan yang diserbu para pelajar Indonesia. Salah satu kebijakan pemerintah Selandia Baru yang menguntungkan untuk mahasiswa internasional adalah standar biaya pendidikan yang akan disamakan dengan warga lokal. Dengan keunggulan yang sama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, biaya studi di Selandia Baru tergolong jauh lebih murah dibandingkan di Australia. "SPP di Selandia Baru sangat murah karena dianggap sama dengan mahasiswa domestik. Pemerintah memberikan subsidi untuk itu sehingga diharapkan dengan ini mahasiswa yang belajar di Selandia Baru semakin banyak," kata Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN, David Taylor di Gedung JICA Kemendikbud, Jakarta.

...dst

12 ) PB PGRI Sesalkan Kemdikbud
Tak Dilibatkan Bahas Kurikulum
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/06/201184/PB-PGRI-Sesalkan-Kemdikbud

06 Oktober 2012
JAKARTA - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyesalkan sikap pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yang tidak melibatkan guru dalam pembahasan perubahan kurikulum. Padalah gurulah yang kelak melaksanakan kurikulum tersebut. "Kami prihatin Kementerian tidak pernah mengajak bicara dalam merumuskan berbagai kebijakan sehingga kebijakan sering tidak sesuai dengan kondisi riil guru dan pendidikan. Kebijakan hanya mengawang-awang dan menggantung, hanya berdasarkan atas idealis para guru besar dengan mengatasnamakan kualitas," ujar Ketua Umum PB PGRI Sulistiyo, di Jakarta. Dia menegaskan, di sejumlah negara, guru selalu dilibatkan dalam pembahasan kurikulum pendidikan sehingga pemerintah bisa mendapatkan masukan dari orang yang akan melaksanakan kurikulum tersebut, dan dapat mengetahui kondisi yang ada di lapangan. "Harus disadari bahwa yang melaksanakan itu sesungguhnya guru. Hakikat kurikulum itu ada pada guru karena guru yang mengajar di depan kelas. Sebaik apa pun kurikulum, kalau tidak dilakukan oleh guru, tidak akan tercapai," tegasnya.

...dst

13 ) Menristek: industri alutsista Indonesia maju pesat
http://www.antaranews.com/berita/337124/menristek-industri-alutsista-indonesia-maju-pesat

Jumat, 5 Oktober 2012 22:30 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Pengembangan industri alat utama sistem persenjataan di Indonesia maju pesat, kata Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta. "Buktinya, salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) produksi dalam negeri Panser Anoa, kini telah dipesan oleh Malaysia," katanya usai memberikan kuliah umum di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat. Selain itu, menurut dia, pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) juga akan mengembangkan pesawat tanpa awak atau nir-awak yang kegunaannya sangat mendesak di Indonesia. Ia mengatakan Indonesia memiliki banyak gunung berapi serta luas lahan dan daerah pegunungan yang tidak bisa dijangkau manusia untuk melakukan sebuah penelitian. Oleh karena itu, menurut dia, dalam waktu dekat akan diproduksi pesawat tanpa awak. "Pembuatan pesawat tanpa awak juga sejalan dengan pengembangan pesawat tempur yang bekerja sama dengan Korea selatan, termasuk pengembangan pesawat yang nanti dapat digunakan oleh Polri," katanya.

...dst

14 ) Indonesia Kekurangan Dokter Ahli Jiwa
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/06/173434053/Indonesia-Kekurangan-Dokter-Ahli-Jiwa

Sabtu, 06 Oktober 2012 | 03:44 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, Diah Setia Utami, mengatakan Indonesia sangat kekurangan ahli kesehatan jiwa. Di seluruh Indonesia, hanya ada sekitar 600 psikiatri. Mereka harus menangani sekitar 240 juta warga Indonesia. "Betapa kecil perbandingannya, hanya satu banding 400 ribu," kata Diah di Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2012. Padahal, menurut Diah, di negara lain, satu psikiatri menangani 100 ribu orang. Menurut Diah, penyebab kekurangan ini antara lain minimnya minat dokter untuk menekuni kesehatan jiwa. Kekurangan minat ini karena stigma masyarakat. "Siapa sih yang mau repot-repot ngurusi orang sakit jiwa? Apalagi kami sering digodain ''nanti lama-lama mirip dengan pasiennya lho''," katanya. Selain stigma buruk masyarakat yang berlebihan terhadap gangguan jiwa, Diah menjelaskan, kurangnya minat dokter menekuni Ilmu Kesehatan Jiwa disebabkan kurangnya penghargaan masyarakat terhadap profesi psikiatri. "Kan beda tuh penghargaan terhadap psikiatri dibandingkan dengan yang lain," ujar dia.

...dst

15 ) Aku Bukan yang Terbaik
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/12/10/05/mbf5q9-aku-bukan-yang-terbaik

Jumat, 05 Oktober 2012, 19:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, oleh: Fifi Jubilae (Founder and Conseptor of Jakarta Islamic School)
Tumpukan surat berlembar-lembar bahkan berpuluh-puluh lembar menggeletak disamping meja kerjaku. Semuanya menarik untuk dibaca dan semuanya berisikan masalah. Masalah dan masalah orang-orang, ada sekitar 821 pertanyaan yang aku himpun sementara baru 646 yang aku jawab. Aku tersenyum dalam hati. Begitu banyak orang mempercayakan masalahnya untuk aku tanggulangi namun aku tetap punya semangat. walau belum tentu yang aku pikirkan itu benar, namun aku berusaha menghayati apa yang jadi masalah mereka dan membayangkan kalau aku jadi mereka. Namun aku juga tahu, dengan membaca bahwa masalah mereka ada yang bantu saja, itu merupakan ketenangan bagi mereka yang punya masalah. Paling tidak ada orang yang bisa berbagi, walaupun aku tidak kenal dengan semua mereka itu. Aku tetap bertekad untuk membantu mereka memecahkan masalah, sebagai teman sebagai saudara, sebagai apapun namanya.

...dst

16 ) Opini oleh M Abduhzen
Substansi Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/06/1138212/Substansi.Pendidikan

Sabtu, 6 Oktober 2012 | 11:38 WIB
Oleh Mohammad Abduhzen
Tulisan Boediono di harian ini, 29 Agustus 2012, sangat menarik disimak. Pertama, karena posisi penulisnya Wakil Presiden RI yang (konon) juga pemimpin Komite Pendidikan sehingga besar kemungkinan gagasan yang disampaikan tak berhenti semata dalam wacana. Kedua, tulisan itu menyoal substansi pendidikan yang—menurut penulisnya, dan saya sependapat—hingga kini belum jelas konsepsinya. Namun, tulisan itu—biarpun mengakui pendidikan sebagai kunci pembangunan— secara keseluruhan mengesankan bahwa pembangunan ekonomi dan politik lebih utama. Usulan mengenai pendidikan umum dan pendidikan khusus guna membekali murid soft skill dan hard skill terasa simplistis. Kurang mendasar dibandingkan ide Boediono ketika jadi Menteri Keuangan. Saat itu ia menekankan "revolusi pendidikan" dalam strategi pembangunan baru (Kompas, 23 Oktober 2003).

...dst

17 ) Skenario Pelemahan KPK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532832/38/

Saturday, 06 October 2012
MOH MAHFUD MD
Guru Besar Hukum Konstitusi
Ketika Jumat (28/9) pekanlalu JuniverGirsang dan Hotma Sitompoel, kuasa hukum Djoko Susilo,datang ke KPK dan menyampaikan bahwa kliennya tak akan hadir memenuhi panggilan KPK, karena masih menunggu fatwa dari MA tentang kewenangan memeriksa kasus simulator, banyak yang sontak mencibir, langkah itu merupakan bagian dari upaya melemahkan KPK. Tapi saya tak melihatnya seperti itu. Bagi saya langkah kedua pengacara itu lebih merupakan langkah formalitas yang perlu ditunjukkan bahwa sebagai kuasa hukum mereka harus melakukan langkah-langkah yang menguntungkan dan memberikan harapan kepada kliennya. Pengacara sekaliber Hotma dan Girsang mustahil tidak mengetahui bahwa menurut hukum dan pendirian resmi MA, sejak dulu permintaan fatwa hanya dapat dilakukan oleh lembaga negara, bukan oleh pengacara atau oleh pesakitan hukum. Hotma dan Girsang pasti tahu,upayanya untuk meminta fatwa ke MA akan sia-sia.Tapi sebagai pengacara, dia harus menunjukkan kepada kliennya bahwa dia sudah berusaha. Saya kenal dan pernah berdiskusi agak lama dengan Girsang. Dia itu sama dengan kita, merasakan keprihatinan dan kepedihan yang mendalam karena korupsi sangat merusak kehidupan bernegara kita. Dari pengalamannya membela kasus-kasus korupsi, Girsang tahu betapa mengerikan gurita dan monster korupsi di negeri ini. Dia ceritakan monster-monster dan gurita itu kepada saya dan dia pun berharap agar ada langkahlangkah yang kuat dan cepat dalam memberantas korupsi.

...dst

18 ) Keluarga korban bantah laporkan kasus Kompol Novel
http://www.antaranews.com/berita/337241/keluarga-korban-bantah-laporkan-kasus-kompol-novel

Sabtu, 6 Oktober 2012 16:45 WIB
Bengkulu (ANTARA News) - Keluarga Mulyan Johani, korban tewas yang diduga akibat penganiayaan oleh Kompol Novel pada 2004, membantah telah melaporkan pengusutan kasus itu ke Polda Bengkulu. "Kami tidak pernah melaporkan kasus itu ke Polda Bengkulu, karena sejak 2004 kami sudah menunggu janji polisi untuk mengusut kasus kematian adik kami, tapi sampai hari ini tidak jelas," kata Antoni Besmar, kakak kandung Mulyan Johani, saat dikonfirmasi mengenai kasus yang menimpa adiknya delapan tahun silam yang dikaitkan dengan peyidik KPK, Novel Baswedan, Sabtu. Menurut Antoni, pihak keluarga sangat setuju jika kasus itu diusut tuntas sehingga jelas kronologi pembunuhan adik keduanya itu. Namun, setelah delapan tahun menunggu, baru kini kasus tersebut muncul kembali dan ia mengaku sama sekali tidak pernah mendesak Polda Bengkulu untuk mengusut kasus tersebut. "Kalau mau diusut kami sangat mendukung, tapi jangan sampai keluarga kami dijadikan kambing hitam karena saat ini Novel sudah menjadi penyidik di KPK yang juga mengusut korupsi di Polri," tambahnya.

...dst

19 ) Masyarakat Bela KPK
Tidak Ada Perintah Kepala Polri
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/06/01414218/masyarakat.bela..kpk.
atau
http://www.kopertis12.or.id/2012/10/06/masyarakat-bela-kpk.html

06 Oktober 2012
Jakarta, Kompas - Upaya pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi terus terjadi. Jumat (5/10), sejumlah perwira polisi berusaha menjemput paksa para penyidik Polri yang bertugas di KPK. Semalam, masyarakat dan tokoh masyarakat mendatangi KPK untuk mendukung lembaga itu. Sekitar pukul 21.30, sejumlah perwira polisi berpakaian preman mulai masuk ke lobi Gedung KPK. Hal itu terjadi tidak lama setelah penyidik KPK memeriksa tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan simulator berkendara di Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Djoko Susilo. Hingga pukul 23.20, para perwira polisi yang mendatangi hendak menjemput paksa penyidik masih tetap tertahan di lobi. Mereka masih belum diizinkan naik ke tempat berkantornya penyidik KPK di lantai delapan gedung KPK. Saat ini memang ada 20 penyidik Polri yang habis masa tugasnya di KPK. "Dari 20 penyidik Polri di KPK yang selesai masa tugasnya, KPK baru mengirim surat untuk menghadapkan sebanyak 15 penyidik ke Polri. Yang lima belum," kata Kepala Bagian Penerangan Masyarakat Polri Komisaris Besar Agus Rianto, Jumat siang. Menanggapi upaya jemput paksa penyidik Polri itu, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, apabila ada yang tidak berkenan dengan tindakan KPK memberantas korupsi, selesaikan secara hukum. "Kami perlu mengingatkan siapa pun, apalagi penegak hukum. Selesaikan masalah dengan hukum, tidak dengan melawan hukum, apalagi cara yang potensial disebut teror. Cukup sudah pengalaman menyakitkan masa lalu dan jangan ulangi lagi itu," kata Bambang.

...dst

Berita Edukasi, 04 Oktober 2012

1 ) Ditjen Dikti Evaluasi Otonomi Perguruan Tinggi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/10/353249/293/14/Ditjen_Dikti_Evaluasi_Otonomi_Perguruan_Tinggi

Kamis, 04 Oktober 2012 14:05 WIB
BANDUNG--MICOM: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan tengah mengevaluasi otonomi perguruan tinggi, sebagaimana isi Undang-Undang (UU) Perguruan Tinggi atau PT Pasal 65 dan 66. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Djoko Santoso evaluasi tersebut bukan bentuk intervensi pemerintah terhadap penyelenggaraan Perguruan Tinggi (PT). "Kami perlu jelaskan (evaluasi) itu bukan bentuk intervensi terhadap penyelenggaraan PT," jelasnya di Bandung, Kamis (4/10). Djoko menambahkan di dalam isi UU disebutkan, statuta perguruan tinggi PT ditetapkan berdasarkan peraturan pemerintah (PP) atau peraturan menteri. "Di dalam Pasal 65 UU tersebut jelas disebutkan Menteri berwenang mengevaluasi otonomi perguruan tinggi. Bukannya intervensi," tuturnya. Djoko mengatakan evaluasi yang dimaksud dalam UU tersevbut, pemerintah berencana menaikkan kualitas PT dengan melakukan evaluasi. "Dengan hasil evaluasi ini, pemerintah berharap ke depan otonomi di PT bisa lebih tinggi (keberadaannya)," ujarnya. Ia mengatakan, selain itu setidaknya dapat mencegah terjadinya tindak korupsi intelektual serta turut mengendalikan mutu pendidikan. "UU tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap mutu dan kualitas pendidikan," kata Djoko.

***

2 ) ITB Kampus Pertama Pendidikan Anti Korupsi
http://www.jpnn.com/read/2012/10/04/142004/ITB-Kampus-Pertama-Pendidikan-Anti-Korupsi-

Kamis, 04 Oktober 2012 , 11:40:00
GANESA- Kerugian negara tahun 2011 senilai lebih dari Rp152 triliun yang disebabkan oleh korupsi sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk memberikan sekolah gratis kepada 271 juta siswa SD dan 221 siswa SMP dalam satu tahun. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPK, Abraham Samad dalam Kuliah Umum "Pendidikan Anti Korupsi" yang diselenggarakan ITB di Gedung Aula Timur Jalan Ganesa, Rabu (3/10). Dikatakannya, pada tahun 2011 lalu total aset dan kekayaan negara yang berhasil diselamatkan KPK lebih dari Rp152 triliun,"Setiap harinya KPK harus menangani 50 kasus korupsi di Indonesia. Kerugian karena korupsi itu kalau dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat bisa digunakan untuk berbagai hal," paparnya. Beberapa hal yang bisa dimanfaatkan  dari hasil korupsi itu dikatakan Samad yakni untuk memberikan 1,57 juta unit rumah sederhana gratis untuk yang membutuhkan, memberikan 14,3 miliar liter susu gratis kepada anak rawan gizi, memberikaan sekolah gratis kepada 271 juta anak SD selama setahun, memberikan sekolah gratis kepada 221 juta siswa SMP selama setahun, memberikan 18,5 miliar liter beras gratis bagi penduduk yang rawan pangan, membangun 1,24 juta unit ruang kelas SD atau membanhun 1,19 juta unit ruang kelas SMP serta memberikan 31,4 juta unit komputer untuk sekolah.

...dst

3 ) Program Pendidikan Karakter Cuma Sebatas Teori
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/04/353232/293/14/Program-Pendidikan-Karakter-Cuma-Sebatas-Teori

Kamis, 04 Oktober 2012 13:00 WIB 
JAKARTA--MICOM: Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Rohmani menilai pendidikan karakter yang selama ini digembar-gemborkan pemerintah jangan hanya sebatas teori. "Perlu program yang jelas untuk membangun karakter generasi muda bangsa," katanya di Jakarta, Kamis (4/10). Menurut dia, tawuran pelajar yang telah menelan korban jiwa 18 orang selama tahun 2012 menjadi bukti jika pendidikan karakter hanya sekadar wacana. "Hampir setiap kementerian ada program pendidikan karakter. Namun tak satu pun yang menyentuh persoalan," kata legislator yang membidangi masalah pendidikan, kebudayaan, olahraga dan pariwisata itu. Ia mengatakan, pihaknya mulai curiga jika pemerintah tidak memahami hubungan pendidikan karakter dengan esensi pendidikan. Wacana pendidikan karakter, menurut Rohmani, sudah berlangsung enam tahun, namun belum ada tanda-tanda bila hal tersebut mengarah pada perbaikan.

...dst

4 ) Kurikulum Pendidikan
Jangan Lakukan Kekerasan Lewat Kurikulum Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/15360683/Jangan.Lakukan.Kekerasan.Lewat.Kurikulum.Baru

Kamis, 4 Oktober 2012 | 15:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Lody Paat menilai pemberlakuan kurikulum pendidikan nasional yang tidak sesuai harapan bisa menjadi salah satu bentuk kekerasan simbolik. Pasalnya, kurikulum seperti pengetahuan kelompok tertentu yang dipaksakan untuk ditanam di kelompok lain. "Ada kekerasan simbolik dalam kurikulum saat kelompok tertentu memaksakan pengetahuannya pada kelompok lain, misalnya anak-anak di Papua yang dipaksa mempelajari Pangeran Diponegoro tetapi tak disuguhi pengetahuan mengenai pahlawan di daerahnya," kata Lody saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/10/2012). Aktivis Koalisi Pendidikan ini menjelaskan, baginya ada tiga bentuk kekerasan, yaitu kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan terakhir kekerasan simbolik. Kekerasan fisik dan psikis di dunia pendidikan sudah terjadi di awal mulainya peserta didik memasuki jenjang pendidikan yang baru, baik itu pada masa orientasi siswa di sekolah ataupun ospek di jenjang pendidikan tinggi. "Inilah yang harus dipahami betul para pembuat kebijakan di dunia pendidikan. Kurikulum memang perlu, tetapi tak bisa dipatok seluruhnya dari pusat," tandasnya.

...dst

5 ) Anggaran 20 Persen tidak Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/03/353067/293/14/Anggaran-20-Persen-tidak-Mampu-Tingkatkan-Kualitas-Pendidikan

Rabu, 03 Oktober 2012 19:59 WIB   
BANJARMASIN--MICOM: Upaya pemerintah meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan bagi warga negara dengan menetapkan anggaran pendidikan sebesar 20% tidak berhasil. "Hingga kini kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari sasaran dan di lapangan masih banyak kita jumpai masalah mahalnya pendidikan," kata Anggota Komisi X DPR RI ungkap Dedi Gumelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (3/10). Secara teori, dengan anggaran pendidikan yang begitu besar hingga 20% persen dari total APBN dan APBD, ujarnya, seharusnya seluruh jenjang pendidikan dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi, gratis. Dengan persentase sebesar itu, anggaran pendidikan saat ini mencapai Rp331,8 triliun. Namun, kata Dedi, anggaran sebesar itu tersebar sedikitnya pada 18 kementerian. Dari jumlah itu, Rp128 triliun habis untuk membayar gaji pegawai, termasuk guru. Sementara itu, besarnya anggaran pada Kementerian Pendidikan Nasional ditetapkan hanya Rp70 triliun. Seharusnya, anggaran pendidikan yang besar itu dipusatkan pada Kementerian Pendidikan.

***

6 ) Jagung hibrida UNIB lampaui produksi nasional
http://www.antaranews.com/berita/336748/jagung-hibrida-unib-lampaui-produksi-nasional

Kamis, 4 Oktober 2012 07:52 WIB
Bengkulu (ANTARA News) - Jagung hibrida temuan para penelitian Universitas Bengkulu bisa memproduksi 11 ton per hektare, mengalahkan produksi jagung nasional 4,5 ton per hektare. "Dalam teorinya produksi jagung nasional antara 10-11 ton per hektare, namun kenyataannya hanya 4,5 ton," kata peneliti jagung hibrida Universitas Bengkulu (Unib) Suprapto, Kamis. Ia mengatakan, hasil temuan penelitian Unib saat ini ada tiga jenis yaitu Sp1,Sp2 dan Supra 1, ketiga jenis jagung itu produksinya cukup tinggi dan hanya menggunakan pupuk organik. Berdasarkan hasil tanam pada lokasi subur yaitu di Rejang lebong dan Kabupaten Kepahiang produksi tiga jenis jagung unggul Unib itu menghasilkan 11 ton per hektare. Sedangkan bila ditanam pada lahan marginal atau lahan tidak subur varitas ini bisa memproduksi 6,5 ton per hektare. Produksi tersebut naik hampir tiga kali lipat dari varitas jagung yang ada di Bengkulu yang rata-rata cukup rendah . Mantan Dekan Fakultas Pertanian Unib itu mengatakan, untuk menghasilkan tiga varitas unggul itu pihaknya mengambil 17 unit sampel jagung.

...dst

7 ) Universitas Pasifik: Unipas, Bukan Unpas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/09023846/Universitas.Pasifik.Unipas.Bukan.Unpas

Kamis, 4 Oktober 2012 | 09:02 WIB
MOROTAI, KOMPAS.com - Yayasan Perguruan Morotai yang mendirikan Universitas Pasifik akhirnya mengganti nama pendek untuk menyebut universitas yang baru dibuka tersebut. Sedianya Universitas Pasifik disingkat dengan nama Unpas, namun belakangan diganti namanya menjadi Unipas. Alasan, singkatan Unpas sudah ada di Indonesia, yakni Universitas Pasundan, di Bandung. "Jangan sampai salah ya, bukan Unpas lagi tapi Unipas. Karena ada universitas yang juga disingkat Unpas sehingga singkatan nama universitas tidak boleh sama," ungkap Mohdar S Arif, Ketua Yayasan Perguruan Morotai, Kamis (4/10/2012). Mohdar menambahkan, dibukanya Universitas Pasifik di Morotai dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Pulau Morotai dan Maluku Utara pada umumnya sebagai daerah terluar maupun daerah perbatasan. Sehingga diharapkan angka putus sekolah dapat ditekan.

...dst

8 ) UNIPA Analisa Kesesuaian Lahan di Kuala Kencana
http://www.jpnn.com/read/2012/10/04/141949/UNIPA-Analisa-Kesesuaian-Lahan-di-Kuala-Kencana-

Kamis, 04 Oktober 2012 , 06:50:00
TIMIKA – Presentasi analisis kesesuaian lahan dan pengembangan wilayah pertanian di Distrik Kuala Kencana (KK) Kabupaten Mimika dilaksanakan Rabu (3/10) kemarin di ruang pertemuan Bappeda Mimika, Jalan Cenderawasih (SP 2). Presentasi tersebut dibawakan oleh tim peneliti dari Fakultas Pertanian UNIPA Manokwari yang diketuai oleh Ir Karyoto Sardiamat, MS. Hadir dalam kegiatan presentasi diantaranya Kepala Bappeda Mimika, Adolf Halley, SE MSi, perwakilan dari beberapa instansi teknis seperti Dinas Peternakan Tanaman Pangan dan Perkebunan (Disnaktanbun), Dinas Kehutanan (Dishut). Karyoto dalam presentasinya mengatakan, hal yang melatar belakangi timnya untuk melakukan analisi kesesuaian lahan dan pengembangan wilayah pertanian di Distrik KK adalah bahwa dalam perencanaan pembangunan pertanian suatu wilayah, harus mengoptimalkan Sumber Daya Alam (SDA).

...dst

9 ) Karya Ilmiah Sains & Matematika Undip Didorong Go Public
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/04/373/699075/karya-ilmiah-sains-matematika-undip-didorong-go-public

Kamis, 04 Oktober 2012 13:09 wib
JAKARTA - Tidak hanya mahasiswa, dosen pun harus aktif dalam penelitian dan publikasi karya ilmiah. Salah satu kampus yang aktif mendorong para dosennya meneliti dan mempublikasikan karya ilmiahnya adalah Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro. Dekan FSM Undip Dr. Muhammad Nur, DEA, menjelaskan, secara internal, pihaknya  giat mendorong para civitas academica FSM Undip untuk lebih aktif dalam bidang penelitian. Hal itu tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi juga internasional dan mencakup publikasi karya ilmiah hingga pengembangan kemitraan. Salah satu upaya ini ditunjukkan FSM Undip dengan menggelar International Seminar on New Paradigm and Innovation on Natural Sciences and its Application (ISNPINSA). Bahkan, kegiatan yang dihelat perdana pada 2011 lalu ini akan dijadikan agenda rutin tahunan guna pengembangan kerjasama dengan mitra baik dalam maupun luar negeri.

...dst

10 ) Cerdas, Mahasiswa Malang Bentuk Kampung Inggris
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/04/353208/293/14/Cerdas-Mahasiswa-Malang-Bentuk-Kampung-Inggris

Kamis, 04 Oktober 2012 11:07 WIB
MALANG--MICOM: Komunitas mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kota Malang, Jawa Timur, tergabung dalam Sanggar Malang Sinau berbagi kepintaran membentuk kampung Inggris. Mereka melakukan kegiatan mencerdaskan siswa SD, SMP, dan SMA/SMK, termasuk orangtua, dengan membekali materi pendidikan Bahasa Inggris, matematika, lingkungan, dan kesehatan. Bahkan, pendidikan agama dan pemberdayaan ekonomi juga digarap secara serius merambah sampai dengan tingkat rukun tetangga (RT) di setiap kelurahan. Koordinator Divisi Pendidikan Sanggar Malang Sinau Sahril Landare, Kamis (4/10), mengatakan mahasiswa yang terlibat aktif di komunitas ini diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang (dulu IKIP Malang), Universitas Islam Malang, Universitas Merdeka, Universitas Kanjuruhan, Universitas Muhammadiyah Malang, dan IKIP Budi Utomo.

...dst

11 ) Mahasiswa UII Studi Kasus Gempa di Bogor   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532030/

Thursday, 04 October 2012
YOGYAKARTA – Kontruksi bangunan yang dibuat tidak standar menjadi penyebab utama rusaknya rumah saat terjadi gempa bumi.Terutama, rumah berdinding batu bata. Apalagi batu bata yang digunakan tersebut juga tidak matang yakni tanpa pembakaran dan langsung ditempelkan. Hal itulah yang ditemukan 11 mahasiswa Manajemen Rekayasa Kegempaan dan Manajemen Konstruksi Magister Teknik Sipil,FTSP,Universitas Islam Indonesia( UII) penerimabeasiswa unggulan biro perencanaan dan kerjasama luar negeri (BPKLN) saat melakukan rekonaisan di Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jabar,Kamis (27/9) lalu.

...dst

12 ) Peneliti belum terpacu menghasilkan inovasi
http://www.antaranews.com/berita/336674/peneliti-belum-terpacu-menghasilkan-inovasi

Rabu, 3 Oktober 2012 20:11 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Para peneliti belum terpacu untuk menciptakan inovasi-inovasi riset yang menghasilkan paten, sehingga penelitian dilakukan sebatas agar naik pangkat saja. "Peneliti masih berpikir melakukan penelitian untuk naik pangkat, untuk mencari credit point saja. Sehingga mereka cuma menulis di jurnal lokal, presentasi hasil penelitian, dan seminar-seminar," kata Kepala Badan Litbang Kelautan dan Perikanan Prof. Rizald M Rompas, di Jakarta, Rabu. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa saat ini banyak peneliti Indonesia yang hanya berorientasi seperti itu karena insentif bagi peneliti untuk berinovasi masih sangat rendah. "Seharusnya kita bisa memberi bonus seperti halnya atlet sepakbola. Kalau menang nanti dikasih rumah," ujarnya mencontohkan. Namun tentu hal itu belum disa dilakukan oleh lembaga-lembaga riset pemerintah, imbuh Prof Rompas. Di sisi lain, peneliti mengaku insentif menghasilkan paten sangat rendah dalam hal pencapaian kredit kerja. "Paten itu kredit kerjanya hanya 5. Itu cuma seperlima dari poin untuk menulis di jurnal, yang diganjar 25 poin kredit kerja," kata Prof Riset Endang Sri Heruwati yang bersama timnya berhasil mematenkan Antilin, alat tes cepat deteksi formalin.

...dst

13 ) Yulianis Akui Proyek di 2 Kementerian Sudah Diatur Sebelum Tender
http://news.detik.com/read/2012/10/04/120711/2054409/10/yulianis-akui-proyek-di-2-kementerian-sudah-diatur-sebelum-tender?n991102605

Kamis, 04/10/2012 12:07 WIB
Jakarta Sidang kasus suap di Kementerian Pemuda dan Olah Raga dan Kementerian Pendidikan Nasional tahun anggaran 2010 dengan terdakwa Angelina Sondakh menghadirkan saksi Yulianis dan Oktarina Furi. Dalam sidang tersebut, Yulianis mengakui jika proyek-proyek di dua kementerian tersebut sudah diatur sebelum proses tender. Dalam persidangan yang berlangsung sejak pukul 10.15 WIB itu, mantan Wakil Direktur Keuangan Permai Group tersebut memberi keterangan seputar operasional perusahaannya. Dalam penjelasannya itu, Yulianis menyinggung soal adanya penggiringan proyek yang dilakukan Permai Group di dua kementerian. Pernyataan Yulianis ini lantas mengundang pertanyaan majelis hakim. Majelis hakim mencecar Yulianis soal maksud pernyataannya 'menggiring proyek'. "Apa yang dimaksud menggiring suatu proyek?" tanya ketua majelis hakim Sudjatmiko di Pengadilan Negeri Tipikor, Jalan HR Rasuna Said, Jaksel, Kamis (4/10/2012). "Semua proyek yang kita kelola sudah disetting dari awal. Marketing dengan pihak ketiga atau user sudah membicarakan dari awal. Penyetingan barang sudah dibicarakan dari awal," jawab Yulianis yang mengenakan pakaian serba tertutup dan bercadar.

...dst

14 ) Indonesia Mulai Dianggap Tidak Penting
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/12371023/Indonesia.Mulai.Dianggap.Tidak.Penting

Kamis, 4 Oktober 2012 | 12:37 WIB
KOMPAS.com — Menurunnya minat siswa dan mahasiswa di Australia untuk belajar bahasa ataupun kebudayaan Indonesia seharusnya menjadi bahan introspeksi diri bagi Pemerintah Indonesia. "Kondisi itu berarti kepedulian terhadap Indonesia menurun, dan Indonesia tidak lagi dianggap penting," kata Guru Besar Studi Asia Tenggara Universitas Murdoch, Australia David Hill, Rabu (3/10), di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, di sela-sela kegiatan Konferensi Internasional Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIP-BIPA).
Dalam konferensi itu terungkap, minat pelajar dan mahasiswa Australia belajar bahasa Indonesia terus menurun. (UTI)

...dst

15 ) Peminat Bahasa Indonesia di Australia Terus Turun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/03/10013656/Peminat.Bahasa.Indonesia.di.Australia.Terus.Turun

Rabu, 3 Oktober 2012 | 10:01 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Peminat bahasa Indonesia di Australia dari tahun ke tahun terus menurun. Selain dipengaruhi iklim politik, hal itu disebabkan maraknya penggunaan bahasa Inggris di Indonesia. Akibatnya, warga Australia tak lagi memandang penting bahasa Indonesia. George Quinn, pengajar Budaya, Sejarah, dan Bahasa dari Australian National University, mengungkapkan hal itu di Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (2/10). Quinn yang merupakan Ketua Australian Society of Indonesian Language Educators datang ke Salatiga menghadiri Konferensi Internasional Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Quinn menyebut realitas itu sebagai permasalahan serius di Australia selama 10 tahun terakhir. "Dari TK hingga setingkat SMA di Australia setiap tahun kehilangan 10.000 siswa yang memutuskan keluar dari kelas Bahasa Indonesia. Di universitas, peminat bahasa Indonesia turun 37 persen dibandingkan 10 tahun lalu," katanya.

...dst

16 ) Mahasiswa Serbia Minati Bahasa Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/04/mbcl96-mahasiswa-serbia-minati-bahasa-indonesia

Kamis, 04 Oktober 2012, 09:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bahasa Indonesia kian diminati masyarakat Serbia khususnya kalangan mahasiswa. Hal tersebut ditandai dengan pengajaran bahasa Indonesia di Fakultas Filologi Universitas Beograd. ''Kalangan mahasiswa umumnya sangat mengepresiasi bahasa Indonesia,'' ujar dosen Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Muhamad Adji, kepada Antara London, di Beograd, Kamis. Muhamad Adji mengatakan kerjasama antara Universitas Padjadjaran dan Universitas Beograd diawali pada 2010. Realisasi perjanjian tersebut diwujudkan melalui peran Dubes RI untuk Serbia, Semuel Samson, yang telah melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak Universitas Beograd. Sehingga, program pengajaran Bahasa Indonesia akhirnya dapat dilaksanakan.

...dst

17 ) Jangan Khawatir, Visa Pelajar ke AS Mudah Didapat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/11351521/Jangan.Khawatir.Visa.Pelajar.ke.AS.Mudah.Didapat

Kamis, 4 Oktober 2012 | 11:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pada tahun ini, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia menyatakan permohonan visa pelajar yang dikabulkan mencapai 90 persen. Oleh karena itu, jumlah pelajar Indonesia di AS terdongkrak hingga 20 persen dalam jangka waktu 10 tahun terakhir. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, mengatakan, Pemerintah AS terus mendukung semangat para pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk mengejar ilmu sampai ke "Negeri Paman Sam" itu. Dia pun mengimbau agar para calon pelajar untuk tak ragu lagi dalam mengajukan visa pelajar jika sudah diterima di institusi pendidikan di AS. "Jangan khawatir masalah visa karena kalau lulus di universitas tertentu, pasti akan dikeluarkan visanya," kata Scot saat membuka Pameran Pendidikan Tinggi Amerika Serikat di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

...dst

18 ) Berminat Belajar di AS? Simak 3 Hal Penting Ini
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/04/12120056/Berminat.Belajar.di.AS.Simak.3.Hal.Penting.Ini

Kamis, 4 Oktober 2012 | 12:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang mau mendapatkan kesempatan untuk menempuh studi di perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS)? Siapa pun bisa memulai mimpi untuk belajar di AS selama memerhatikan tiga hal utama berikut ini. Apa saja? 1. Tentu saja untuk belajar di Amerika, kemampuan bahasa Inggris merupakan syarat utama yang harus dikuasai. Hampir semua program di universitas yang ada di Amerika Serikat meminta hasil TOEFL sebagai salah satu syarat administrasi. Namun tidak semua jurusan yang dituju meminta angka hasil TOEFL yang sama. Untuk itu, sebagai calon mahasiswa harus jeli melihat jurusan dan program apa yang akan dipilih sehingga perlu mempersiapkan hasil TOEFL yang sesuai.

...dst

19 ) SD hanya Enam Mata Pelajaran Saja
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/04/mbbv94-sd-hanya-enam-mata-pelajaran-saja

Kamis, 04 Oktober 2012, 01:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN--Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan kurikulum pendidikan sekolah dasar akan segera diubah menjadi hanya enam mata pelajaran sehingga tidak terlalu memberatkan pelajar. Menurut Musliar usai acara nonton film inspiratif bersama ratusan siswa dan guru di Banjarmasin, Rabu, saat ini kurikulum pendidikan SD sangat luas dan cukup banyak, sehingga pendidikan menjadi tidak fokus atau seakan kehilangan arah. Selain itu, kata dia, siswa SD juga menjadi sangat terbebani dengan berbagai mata pelajaran yang cukup banyak, sehingga banyak kehilangan kesempatan untuk mengenali nilai-nilai lingkungan yang ada. "Saya pernah mendapatkan masukan dari salah seorang tokoh nasional bahwa cucunya yang masih SD setiap berangkat sekolah harus membawa buku satu koper, karena banyaknya mata pelajaran yang harus mereka terima," katanya.

...dst

20 ) Ketua MK Nilai Pelemahan KPK Terjadi Secara Sistematis   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532214/

Thursday, 04 October 2012
JAKARTA– Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai perilaku nyata untuk melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah terjadi secara sistematis dan berkelanjutan. Setidaknya, pelemahan KPK ini dapat dikatakan sistematis dan berkelanjutan jika ditelisik berdasarkan alur masalah yang dihadapi KKPK sejak kepemimpinan Antasari Azhar. "Jadi kalau kita ikuti alur sejarahnya ini tidak ada ke simpulan lain, bahwa pelemah an KPK itu memang terjadi secara sistematis dan berkelanjutan," tandas Mahfud MD saat ditemui SINDO dalam ruang kerjanya di gedung MK kemarin. Menurut Mahfud, memang tidak ada orang yang berani secara resmi mengatakan kalau dirinya akan melemahkan fungsi KPK dalam mem berantas tindak pidana korupsi. "Tapi perilakunya itu terlihat sebagai langkah nyata untuk melemahkan KPK itu banyak," lanjut Mahfud. Mantan Menteri Pertahanan ini menerangkan, setidaknya ada tiga cara yang digunakan untuk melemahkan KPK hingga saat ini. Mahfud menerangkan cara-cara ini terlihat dari upaya dalam memerangi Undang-undangnya (UU) yang diujikan ke MK, lalu mengurangi forum pimpinannya dengan masalah legalitas pemimpin hingga merevisi UU nya seperti sekarang ini.

...dst

21 ) 3 Jurus Melumpuhkan KPK
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/04/063433632/3-Jurus-Melumpuhkan-KPK

Kamis, 04 Oktober 2012 | 05:13 WIB
TEMPO.CO , Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD membeberkan jalan untuk ''menggoyang'' kedudukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Salah satu caranya adalah dengan melibatkan Mahkamah Konstitusi," kata Mahfud saat ditemui di Gedung MK, Rabu 3 Oktober 2012. Jurus pertama, seperti yang telah disebutkan Mahfud, adalah dengan mengajukan uji materilUndang-undang No 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Hingga kini, Mahfud mencatat sudah 14 kali UU KPK diuji supaya dibatalkan karena dinilai inkonstitusional. "Tapi 14 kali pula MK menyatakan KPK sah, konstitusional dan harus didukung," kata Mahfud. Cara kedua, dengan mempermasalahkan legitimasi pimpinan KPK. Di dalam UU KPK, kata Mahfud, disebutkan KPK dipimpin lima orang secara kolektif kolegial. Namun realitanya, menurut dia, kepemimpinan itu dikecilkan. Pengecilan kepemimpinan KPK yang dimaksud Mahfud, misalnya terjadi saat mantan Ketua KPK Antashari Azhar ditahan atas kasus pembunuhan. Pasca-kejadian itu, kata Mahfud, DPR lewat Komisi III langsung menyatakan bahwa KPK sudah tidak punya legitimasi lagi karena kolektif kolegialnya habis.

...dst

22 ) KPK Selamatkan Rp 150 Triliun dari Koruptor 
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/03/063433520/KPK-Selamatkan-Rp-150-Triliun-dari-Koruptor

Rabu, 03 Oktober 2012 | 16:04 WIB
TEMPO.CO, Bandung - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Abraham Samad, mengatakan KPK sudah menyelamatkan sedikitnya Rp 153 triliun uang negara yang berpotensi dikorupsi sepanjang 2011. Selebihnya, di kantong koruptor, diperkirakan masih tercatat triliunan rupiah. Jika dikonversi, Rp 153 triliun yang berpotensi dikorupsi itu bisa dipakai untuk meringankan beban hidup masyarakat. Dari hitung-hitungan Bidang Penelitian dan Pengembangan KPK, uang sebanyak itu bisa diwujudkan dalam bentuk 1,5 juta rumah sederhana gratis. Duit itu bisa juga untuk pembagian 14,3 miliar liter susu gratis bagi anak kurang gizi. "Bisa pula dipakai untuk alokasi sekolah gratis buat 271 anak SD selama setahun, atau 221 juta siswa SMP," kata Abraham saat memberi kuliah umum di Aula Timur Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, Rabu, 3 Oktober 2012.

...dst

23 ) ADB: Pertumbuhan Indonesia 6,3 Persen pada 2012
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/04/78630/adb_pertumbuhan_indonesia_63_persen_pada_2012/#.UG1HvK7dZ6E

04 Oktober 2012 Pkl.00:12 WIB
(Ant/Herka Yanis Pangaribowo). Pekerja mengerjakan pembangunan sebuah pusat perbelanjaan di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/10). Asia Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2012 mencapai 6,3% dengan asumsi pertumbuhan pada kuartal IV/2012 ini dapat melaju cepat, sedangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2013 diprediksi ADB dapat mencapai 6,6%. Jakarta, (Analisa). Bank Pembangunan Asia (ADB) mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2012 dari sebelumnya 6,4 persen menjadi 6,3 persen karena terjadi perlambatan ekonomi di kawasan Asia. "Karena pengaruh perkembangan ekonomi global dan kawasan Asia yang mengalami perlambatan, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan sedikit melambat," ujar Ekonom Senior ADB Edimon Ginting dalam pemaparan di Jakarta, Rabu (3/10). Edimon mengatakan pertumbuhan turun karena adanya perlambatan ekspor karena pengaruh Eropa, namun investasi diperkirakan membaik yang disertai optimisme terhadap perbaikan iklim bisnis. "Pertumbuhan ekspor yang melemah digantikan dengan cepat oleh pertumbuhan investasi, baik swasta maupun pemerintah," ujarnya. Menurut dia, tren pertumbuhan investasi yang cukup tinggi diperkirakan akan terus berlanjut pada 2013 karena tingkat kepercayaan dari sektor dunia usaha masih tetap tinggi.

...dst

Berita Edukasi, 03 Oktober 2012

1 ) UGM Jadi Juara Umum Statistika Ria 2012
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/03/14134738/UGM.Jadi.Juara.Umum.Statistika.Ria.2012

Rabu, 3 Oktober 2012 | 14:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam ajang Statistika Ria (SR) ke-8 yang digelar oleh Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 29-30 September lalu, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyabet predikat juara umum dan berhak atas piala bergilir Andi Hakim Nasution yang sebelumnya dipegang oleh IPB. UGM berhasil menumbangkan 16 perguruan tinggi lain yang juga mengikuti kompetisi ini. Kompetisi kali ini diikuti oleh 17 Perguruan Tinggi di Indonesia termasuk UGM. Gelaran tahunan ini sendiri terdiri dari Kompetisi Nasional Statistika (KSN), Kompetisi Statistika Dasar (KSD), Kompetisi Esai Nasional (KEN), dan Seminar Nasional Statistika. UGM mengirimkan empat peserta, yaitu Camelia Falisa, Endah Putrihadia, Febtio Adi Wibawanto dan Hamid Dimyati untuk KEN, serta lima peserta masing-masing Ignatius Ezra Putranda, Adha Rozak, Atika Pusptasari W, Wahyu Kartika dan Rika Fitriani untuk KSN.

...dst

2 ) Beasiswa Bisnis di Singapura, Dubai, atau Sydney, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/03/09164772/Beasiswa.Bisnis.di.Singapura.Dubai.atau.Sydney.Mau

Rabu, 3 Oktober 2012 | 09:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - SP Jain School of Global Management menawarkan beasiswa parsial di jurusan Global Business Administration untuk program S-1 dan S-2. Program ini menyediakan bantuan beasiswa sebesar 25-75 persen dari biaya pendidikan sekolah bisnis di tiga negara, yakni Singapura, Dubai, dan Sydney di Australia. Siswa SMA yang tertarik untuk mengikuti aplikasi program beasiswa S1 ini dapat mendaftar dengan menunjukkan nilai rapor kelas 1,2 dan 3. Perwakilan SP Jain, Scott Anthony, mengatakan persyaratan bagi siswa SMA adalah nilai rata-rata di atas 7,5. "Jika reputasi sekolah di Indonesia sangat baik, itu juga akan menentukan Anda. Tetapi jangan menyerah, selain sisi akademik, kami juga akan pertimbangkan pula untuk anak-anak yang aktif di kegiatan non-akademik," ujar Scott saat membuka pameran kampusnya di Hotel Ciputra beberapa waktu lalu. Dia juga menjelaskan biaya pendidikan untuk program S-1 berkisar antara 18.000 dollar AS per tahun ditambah biaya hidup sebesar 6.000 dollar AS. "Jika mendapat beasiswa ini, maka siswa hanya akan menanggung biaya pendidikan separuhnya saja. Beasiswa juga dapat ditingkatkan menjadi di atas 75 persen dengan menunjukan prestasi seperti tiga teratas atau menjadi nomor satu di sekolah. Kampus dapat menambah 5-10 persen beasiswa yang kisarannya bisa melebihi 75 persen biaya pendidikan," tambahnya.

...dst

3 ) Indonesia-AS Kerja Sama Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/03/11501961/Indonesia-AS.Kerja.Sama.Pendidikan

Rabu, 3 Oktober 2012 | 11:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Badan untuk Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dalam program peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Kerja sama ini melibatkan 18 lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan, 1.400 SD/MI dan SMP/MTs di 60 daerah mitra, 20.000 guru, dan lebih dari 300.000 siswa. Peluncuran kerja sama yang dinamakan Prioritizing Reform, Innovation, Oppurtunities for Reaching Indonesia's Teacher, Administrators, and Students (PRIORITAS) dilaksanakan di Kantor Kemdikbud di Jakarta, Rabu (3/10/2012).

...dst

4 ) AS Kucuri Pendidikan RI Rp803,2 Miliar
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/03/373/698598/as-kucuri-pendidikan-ri-rp803-2-miliar

Rabu, 03 Oktober 2012 14:19 wib
JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat melalui Misi Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) mengucurkan USD83,7 juta atau sekira Rp803,2 miliar (Rp9.596 per USD) untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Dana tersebut disalurkan melalui program Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia's Teacher, Administrators, and Students (Prioritas). Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel mengungkap, program ini akan menyentuh lebih dari 300 ribu siswa di berbagai daerah di Tanah Air. Sasaran program ini adalah 1.400 sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan madrasah di 110 kabupaten/kota dengan fokus pada daerah berpenghasilan rendah. Marciel menyebut, program Prioritas akan difokuskan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Banten, Jawa Tengah,  Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Papua,  Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.Dia berharap, melalui keterlibatan dalam program ini, sekolah-sekolah tersebut dapat menyediakan pendidikan dengan standar internasional kepada generasi muda Indonesia.

...dst

5 ) Kemendikbud Bentuk Tim Kurikulum
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/03/373/698386/kemendikbud-bentuk-tim-kurikulum

Rabu, 03 Oktober 2012 09:10 wib
JAKARTA– Pemerintah telah membentuk tim perubahan kurikulum untuk mematangkan kualitas proses pembelajaran para siswa. Tim ini akan menjaring aspirasi dari berbagai kalangan yang dinilai memiliki kapasitas. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Khairil Anwar mengatakan, revisi kurikulum akan melibatkan para pakar di bidangnya seperti mantan Mendiknas Juwono Sudarsono, budayawan Goenawan Muhammad, Romo Magnis Suseno, pakar fisika Yohanes Surya, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, dan pakar pendidikan Ratna Megawangi. "Tim perubahan kurikulum akan bekerja hingga Desember 2012, lalu akan ada uji publik dan Juni 2013 baru disahkan," kata Khairil di Jakarta, kemarin. Menurut Khairil, tim penyusun juga akan mengevaluasi kurikulum yang berlaku saat ini, di antaranya jumlah mata pelajaran, jam sekolah, rendahnya kemampuan siswa berbahasa asing, dan mengkaji penyebab siswa terlibat tawuran. Dia menegaskan perubahan kurikulum tersebut untuk penyederhanaan mata pelajaran dan perubahan sikap siswa dalam belajar. Guru Besar Statistik IPB ini mencontohkan, untuk tingkatan SD, mata pelajaran IPA dan IPS akan disederhanakan atau diintegrasikan dengan empat mata pelajaran utama yaitu PKN, Agama, Matematika, dan Bahasa Indonesia.

...dst

6 ) Mahasiswi UNY Juarai Lomba Fashion se-DIY   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/531692/

Wednesday, 03 October 2012
YOGYAKARTA – Dua mahasiswi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),yakni Syarifah Mutma'inah Asseggaff dan Filcha Yolanda Kadoena berhasil menjuarai lomba Fashion Design. Lomba merancang dan membuat busana kaum hawa ini merupakan bagian dari kegiatan "Pengembangan Industri Kreatif Mandiri" yang diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) DIY. "Lomba ini bertujuan mendorong peningkatan kreasi desainer dalam hal desain, tren, dan kualitas produk fashion tanpa meninggalkan bahan tradisional seperti batik dan tenun. Oleh karena itu, dalam pembuatannya peserta lomba diwajibkan menggunakan salah satu batik atau tenun hasil karya para perajin Disperindagkop DIY," kata Syarifah Mutma'inah Asseggaff –Ina sapaan akrabnya– kemarin.

...dst

7 ) Melon Pantai ala UGM
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/03/372/698478/melon-pantai-ala-ugm

Rabu, 03 Oktober 2012 11:29 wib
YOGYAKARTA - Siapa sangka, daerah sekitar bibir pantai, tidak hanya bisa ditanami pohon kelapa. Di tangan kreator intelektual Universitas Gadjah Mada (UGM), daerah pantai di kawasan pariwisata Gunung Kidul disulap menjadi lahan pertanian potensial. Sejak empat bulan lalu, civitas academica Fakultas Biologi bersama LPPM dan MM UGM berjibaku dalam ujicoba penanaman melon jenis Gama Melon Basket (GMB) di kawasan Pantai Porok, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Tidak disangka, kawasan yang identik dengan pohon kelapa ini mampu menghasilkan melon bermutu bagus. Bahkan, sejak menanam Juni lalu, para pegiat pertanian UGM dan masyarakat setempat telah dua kali memanen melon. Salah satu warga Dusun Watu Belah, Desa Kemadang, yang ikut terlibat dalam proyek ini, Karyo Suwito mengaku, mereka hanya butuh sekira dua bulan untuk memanen melon. Menurut Ranu, demikian dia biasa disapa, bila menanam jagung dan padi, maka para petani butuh waktu tiga hingga 3,5 bulan hingga masa panen.  Selain itu, mereka juga meraup untung dari segi harga.

...dst

8 ) 43 Mahasiswa Baru Unair Mahasiswa Asing
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/02/mb9vo8-43-mahasiswa-baru-unair-mahasiswa-asing

Rabu, 03 Oktober 2012, 00:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Universitas Airlangga Surabaya menyambut 43 mahasiswa asing yang baru memulai perkuliahan di perguruan tinggi itu melalui "welcoming party" di Rektorat Unair Surabaya, Selasa. Acara yang digelar "International Office and Partenership" Universtas Airlangga (IOP) Unair itu dihadiri 100 mahasiswa asing, karena ada puluhan mahasiswa asing yang kuliah di universitas lain di Surabaya juga datang. Beberapa mahasiswa asing dari universitas lain di Surabaya yang datang itu antara lain dari Universitas Petra Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya, dan Universitas Negeri Surabaya. Seratus mahasiswa asing itu disambut oleh Wakil Rektor III Universitas Airlangga Prof dr Soetjipto PhD serta beberapa dekan dan wakil dekan di lingkungan Unair. "Khusus 43 mahasiswa asing yang baru di Unair itu terdiri dari tujuh mahasiswa penerima Beasiswa Darmasiswa, enam mahasiswa penerima Beasiswa KNB, dan tiga mahasiswa penerima Beasiswa Avans untuk Belanda," kata ketua panitia kegiatan, Moch Jalal SS MSi.

...dst

9 ) Ultah, Kedokteran Unissula Membuat 15.000 Jus Sehat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/03/200791/Ultah-Kedokteran-Unissula-Membuat-15.000-Jus-Sehat

03 Oktober 2012
SEMARANG - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Unissula mengadakan berbagai kegiatan memperingati Milad Ke-49 fakultas itu, yang dipusatkan di lapangan Mapolda Jateng, Minggu (30/9). Kegiatan itu yakni sepeda santai yang diikuti lebih dari 2.500 peserta, bersepatu roda massal yang diikuti lebih dari 1.000 orang, senam massal, serta pembuatan dan pembagian 15.000 jus sehat. Gubernur Bibit Waluyo yang hadir dalam acara itu mencoba jus hasil kreasi mahasiswa Fakultas Kedokteran. Pembuatan dan pembagian jus mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) yang diserahkan langsung oleh perwakilan pengelola museum itu kepada Gubernur yang selanjutnya menyerahkan kepada Dekan Dr dokter H Taufiqurahman R Nasichun SpAnd. Pada kesempatan diadakan pembagian doorprize berupa tiga motor, lima sepeda, 10 BlackBerry, dan sebagainya.

...dst

10 ) Mahasiswa, Dosen, Karyawan Percaya Diri Berlenggak-lenggok    http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/531695/

Wednesday, 03 October 2012
Suasana ruangan Gedung Prof Sudarto kemarin tak seperti biasannya. Sangat meriah! Gemuruh tepuk tangan menggema dalam ruangan yang penuh sesak dengan seluruh sivitas akademika Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Teriakan,gelak tawa, hingga cibiran ikut membuat suasana ruangan tempat dihelatnya pembukaan Dies Natalis ke-55 Undip itu semakin seru.Mahasiswa, dosen,dan pegawai kampus larut dalam acara yang kental dengan seni dan budaya tersebut. Pidato dari jajaran pimpinan Undip mulai dari Rektor Undip Sudharto P Hadi dan Ketua Panitia Dies Natalis Tinuk Istiarti menyelipkan geguritanhingga puisi yang membuat acara semakin ramai. Mantan Rektor Undip Eko Budihardjo juga didaulat naik panggung ikut memeriahkan acara dengan puisi-puisi andalannya.Eko Budiharjo yang pernah jadi rektor dua periode itu pun memuji habis acara dies natalis tahun ini."Sepanjang pelaksanaan Dies Natalis Undip, inilah dies natalis yang paling meriah,"ujar Eko Budiharjo di hadapan sivitas akademika Undip. Tidak sampai di situ,acara semakin semarak dengan pertunjukan fashion show yang melibatkan mahasiswa, pegawai,dan dosen.

...dst

11 ) Pelaku Penyimpangan Perjalanan Dinas Harus Ditindak
Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail
http://www.menpan.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=360:pelaku-penyimpangan-perjalanan-dinas-harus-ditindak&catid=1:berita-terbaru

03 October 2012 11:36
JAKARTA- Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar menyatakan tidak kaget dengan temuan BPK terkait dengan masih ditemukannya penyimpangan perjalanan dinas. Tetapi yang lebih penting, pelakunya harus segera diberi sanksi, untuk memberikan efek jera. Sebenarnya, kalau dibanding dengan anggaran perjalanan dinas PNS yang mencapai Rp 20 triliun lebih, penyimpangan sebesar 78 miliar persentasenya relatif kecil. Namun hal itu tidak boleh dibiarkan, dan berlanjut di tahun-tahun mendatang. "Uangnya dikembalikan, orangnya harus dihukum, jangan dibiarkan," ujarnya di sela-sela acara workshop RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta, Rabu (03/10). Menjawab wartawan, Menteri mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat edaran kepada para Menteri dan pimpinan LPNK agar melakukan pengurangan biaya perjalanan dinas di instansinya masing-masing. Para menteri juga sepakat, dan ada yang mengurangi 10 persen hingga 30 persen. "Kementerian PAN dan RB tahun 2012 ini juga memotong sekitar 30 persen biaya perjalanan dinas," sergahnya. Sebelumnya, lanjut Azwar, pihaknya telah minta Kepala BPKP untuk melakukan pengkajian mengenai perjalanan dinas di kementerian/ lembaga, sejauh mana efisiensi dan efektivitasnya. Berdasarkan temuan BPKP, masih  ada peluang untuk mengurangi biaya perjalanan dinas. "Hasilnya juga sudah dikirim ke kementerian/lembaga," ujarnya.

...dst

12 ) Mahfud: Jangan Ganggu KPK!
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/03/18012563/Mahfud.Jangan.Ganggu.KPK.

Rabu, 3 Oktober 2012 | 18:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai berlebihan jika ada upaya memasukkan kelembagaan Komisi Pemberantasan Korupsi ke dalam konstitusi. Jika hal tersebut dimungkinkan terjadi, hal itu lebih sebatas sebagai politik konstitusi. "Jelas itu berlebihan karena KPK adalah instrumen (negara). Sebenarnya KPK bukan prinsip UUD 1945, tapi lebih sebagai prinsip dari UUD 1945. Oleh sebab itu, KPK saat ini sebenarnya tidak perlu diganggu," kata Mahfud di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (3/10/2012). Mahfud menjelaskan, KPK tidak perlu dimasukkan ke konstitusi sebab konstitusi hanya memuat hal-hal yang penting. Sementara itu, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK sudah kuat dan melindungi KPK dari serangan pihak yang mencoba melemahkan KPK. Menurut Mahfud, UU KPK tersebut sudah sangat efektif menangkis serangan pelemahan kewenangan KPK. Selain itu, MK juga masih berdiri di belakang KPK untuk menggugurkan niat jahat pihak yang berusaha meredam pemberantasan korupsi.

...dst

13 ) KPK Buka Pendaftaran Penyidik Jadi Pegawai Tetap 
http://www.tempo.co/read/news/2012/10/03/063433549/KPK-Buka-Pendaftaran-Penyidik-Jadi-Pegawai-Tetap

Rabu, 03 Oktober 2012 | 17:27 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Johan Budi S.P., mengatakan Komisi membuka pendaftaran penyidik menjadi pegawai tetap. "Pendaftaran alih status ini kami buka untuk semua pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK, tidak hanya dari Polri," kata Johan, Rabu, 3 Oktober 2012. Alih status tersebut dilakukan berdasarkan Pasal 7 Peraturan Pemerintah 63 Tahun 2005. Ayat 1 pasal itu berbunyi, pegawai negeri yang dipekerjakan KPK dapat beralih status menjadi pegawai tetap sesuai persyaratan yang ditetapkan dalam peraturan Komisi. Kemudian, di ayat 2 disebutkan, pegawai negeri yang diangkat menjadi pegawai tetap pada Komisi diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri. Johan mengatakan peraturan tersebut tidak berbenturan dengan ketentuan di Kepolisian. Sehingga penyidik Polri boleh menjadi pegawai tetap KPK. Sejak pendaftaran ini dibuka, Tempo memperoleh informasi belasan penyidik Polri telah memilih menjadi pegawai tetap. Johan yang dikonfirmasi belum bersedia menjelaskannya. "Saya cek dulu, apa ada sudah yang mendaftar atau tidak."

...dst

Berita Edukasi, 02 Oktober 2012

1 ) Dikti Adopsi Pendidikan Karakter UMI
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/02/373/697785/dikti-adopsi-pendidikan-karakter-umi

Selasa, 02 Oktober 2012 08:46 wib
MAKASSAR - Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Masrurah Mokhtar mengaku, sistem pendidikan karakter yang dikembangkan kampus swasta terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) tersebut sudah dilirik oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal tersebut disampaikan Masrorah saat memberikan sambutan dalam seminar nasional Pembangunan Karakter Bangsa kerjasama antara MPR RI-UMI di Hotel Swiss Bel Inn Makassar, kemarin. Dalam acara yang dibuka Wakil Ketua MPR Farhan Hamid menghadirkan beberapa pemateri seperti, Akbar Faisal (Hanura), Rahadi Zakaria, SH (PDI P), Ketua BAN/Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI Prof. Mansyur Ramly, Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mochtar, Guru besar di bidang Hukum/Dosen PPs UMI Prof. Dr. Hambali Thalib SH. MH., dan Wakil Rektor IV UIN Alauddin Prof. Dr. Kamaruddin Amin.

...dst

2 ) Indonesia Berpartisipasi dalam Konferensi Tahunan Forum Pendidikan untuk Asia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/713

10/02/2012
Beijing --- Konferensi Tahunan Forum Pendidikan untuk Asia tahun 2012 atau 2012 Education Forum for Asia Annual Conference berlangsung pada tanggal 21-23 September lalu. Dalam forum internasional ini, Indonesia berperan serta menjadi peserta, bahkan Atase Pendidikan KBRI Beijing menjadi salah satu pembicaranya. Acara yang diselenggarakan di  Hotel Jin Jiang Chengdu ini disponsori banyak pihak, di antaranya Kementerian Pendidikan RRC dan Komisi Nasional RRC untuk UNESCO. Konferensi kali ini mengusung tema "Towards a More Prosperous and Better Future" yang mendiskusikan peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Asia sebagai topik utama bahasan konferensi.  Konferensi diikuti 500 peserta dari berbagai negara di dunia seperti Amerika Serikat, India, Filipina, Nepal, Malaysia, Indonesia, Iran, Pakistan, New Zealand,  Taiwan, Srilangka, dan China. Peserta terdiri dari pejabat tinggi China, para mantan pemimpin negara, pendidik, diplomat, perwakilan organisasi internasional, para pemimpin perguruan tinggi serta perusahaan juga media masa. Di antara tamu VIP terdapat Irina Bokova, Sekjen UNESCO.

...dst

3 ) Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation Dibuka!
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/02/368/697800/beasiswa-sobat-bumi-pertamina-foundation-dibuka

Selasa, 02 Oktober 2012 09:22 wib
JAKARTA - Pertamina Foundation menyediakan 205 beasiswa bagi mahasiwa di 17 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Tidak hanya berprestasi secara akademik, para pendaftar juga harus memiliki wawasan dan budaya lingkungan. Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono menegaskan, pihaknya memang ingin memberikan kesempatan lahirnya calon-calon pemimpin bangsa yang mampu menerapkan dan mengajak orang lain untuk berbudaya lingkungan. "Sesuai dengan tujuan tersebut, maka program ini dinamakan Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation, dan dihadirkan untuk mendukung terwujudnya kehidupan dan budaya ramah lingkungan di kalangan mahasiswa," kata Nina, dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Selasa (2/10/2012). Ke-17 PTN yang digandeng Pertamina Foundation dalam program beasiswa ini adalah:

...dst

4 ) Mahasiswa Fast Track Unsoed Tingkatkan Skill Bahasa Inggris
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/373/697623/mahasiswa-fast-track-unsoed-tingkatkan-skill-bahasa-inggris

Senin, 01 Oktober 2012 18:01 wib
JAKARTA - Mahasiswa Program Fast-Track Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mengikuti seminar online yang digelar oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC). Seminar ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa program fast track dalam menggunakan bahasa Inggris dan internet untuk publikasi karya ilmiah. Seminar Fast Track Online ini diikuti oleh enam Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mereka adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Pada kesempatan tersebut, penerima beasiswa unggulan program Fast Track melakukan presentasi secara online yang disaksikan oleh mahasiswa dari universitas lainnya, kemudian dilakukan sesi tanya jawab. Ajang diskusi ini merupakan salah satu kewajiban dan bentuk solidaritas penerima beasiswa unggulan terhadap komunitasnya. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa penerima beasiswa unggulan terhadap masalah sosial atau isu-isu aktual. Demikian, seperti dilansir dari situs Unsoed, Senin (1/10/2012).

...dst

5 ) ITS siap bantu uji sistem KRI Klewang
http://www.antaranews.com/berita/336256/its-siap-bantu-uji-sistem-kri-klewang

Senin, 1 Oktober 2012 19:05 WIB
Surabaya (ANTARA News) - Para pakar perkapalan dan kelautan ITS Surabaya menilai terbakarnya KRI Klewang (28/9) akibat kurang didukung dengan uji sistem dan prosedur baku secara laboratoris, karena itu ITS siap membantu kelanjutan program itu. "Kami memiliki tim konsorsium kapal perang yang bekerja sama dengan Kemhan sejak 2012 dan tim investigasi yang mendapat sertifikasi KNKT," kata pakar transportasi laut ITS Dr RO Saut Gurning ST MSc di Surabaya, Senin. Dalam diskusi pakar di Rektorat ITS Surabaya itu, ia menjelaskan pihaknya siap membantu untuk melakukan uji sistem kapal dan prosedur baku secara laboratoris serta juga desain kapal ke depan untuk kelanjutan program itu. "Ke depan, program itu harus dilanjutkan, tapi jangan semata-mata program, melainkan program itu harus berdampak pada dua hal yakni peningkatan kemampuan teknologi bangsa dan penguatan industri perkapalan di sektor hulu," katanya. Senada dengan itu, anggota Konsorsium Kapal Perang ITS Dr Subchan menegaskan bahwa terbakarnya KRI Klewang hendaknya tidak membuat pemerintah dan TNI menjadi patah arang. "Yang namanya tahap awal itu selalu ada kecelakaan, karena itu program itu harus terus dilanjutkan, apalagi teknologi yang dimiliki KRI Klewang itu hanya dimiliki 3-4 negara," katanya.

...dst

6 ) Fakultas Kedokteran Unpatti Atasi Kekurangan Medis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/02/16214296/Fakultas.Kedokteran.Unpatti.Atasi.Kekurangan.Medis

Selasa, 2 Oktober 2012 | 16:21 WIB
AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu optimistis kehadiran Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon bakal mengatasi kekurangan tenaga medis di daerahnya. "Saya telah meresmikan peningkatan status Program Pendidikan Kedokteran menjadi Fakultas Kedokteran Unpatti pada 28 September 2012, makanya paling lambat lima tahun ke depan kekurangan tenaga dokter di Maluku teratasi," kata Gubernur, ketika dikonfirmasi Antara, di Ambon, Selasa (2/10/2012). Gubernur Ralahalu pada 28 September 2012 didampingi Rektor Unpatti Ambon Prof. Dr. Thomas Pentury juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pendidikan setempat. "Jadi Unpatti Ambon pada 2012 akan menelorkan 50 sarjana kedokteran dan berdasarkan rekrutmen setiap tahun akademika, maka lima tahun ke depan akan meluluskan 250 tenaga medis," ujarnya. Gubernur berbesar hati dengan kepedulian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono maupun Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan untuk meningkatkan status Program Pendidkan Kedokteran menjadi Fakultas Kedokteran, termasuk pembangunan sarana, prasarana maupun peralatan dan sumber daya manusia (SDM).

...dst

7 ) Mahasiswa Undip Tak Kenal Diponegoro   
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/531345/

Tuesday, 02 October 2012
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan merayakan hari jadinya yang ke-55. Pada dies natalis tahun ini,kampus ini bertekad menjadi universitas unggul dan berkarakter. Sayangnya, banyak mahasiswa di kampus ini yang tak kenal dengan ketokohan Pangeran Diponegoro. Rektor Undip Sudharto P Hadi menegaskan lulusan Undip harus lebih unggul dibandingkan universitas lainnya. "Kami tidak ingin hanya unggul di level lokal maupun nasional, tapi juga di level regional dan internasional," katanya kemarin. Melalui dies natalis tahun ini, pihaknya menekankan kepada seluruh mahasiswa dan sivitas akademika Undip untuk memahami betul karakter Pangeran Diponegoro. "Sesuai nama kampus kita ini, setidaknya semuanya harus mengenal karakter dari Diponegoro, sehingga lulusan akan memiliki karakter yang kuat," kata Sudharto.

...dst

8 ) Undip: Hanya Sedikit Mahasiswa yang Paham Sosok Diponegoro
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/01/mb7soj-undip-hanya-sedikit-mahasiswa-yang-paham-sosok-diponegoro

Senin, 01 Oktober 2012, 19:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Universitas Diponegoro Semarang mengakui, hingga saat ini hanya sedikit mahasiswa di lingkup perguruan tinggi itu yang memahami dengan baik sosok dan perjuangan Pangeran Diponegoro. "Kami sempat melakukan survei kecil di lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip, khususnya kalangan mahasiswa baru," kata Ketua Panitia Dies Natalis Ke-55 Undip Tinuk Istiarti di Semarang, Senin. Dekan FKM Undip itu menyebutkan dari sebanyak 450 mahasiswa baru fakultas tersebut ternyata hanya sembilan persen mahasiswa yang betul-betul memahami atas sosok dan perjuangan Pangeran Diponegoro. Ia mengatakan, para mahasiswa baru tersebut diuji dengan menanyakan segala yang berkaitan dengan pahlawan nasional yang namanya diabadikan sebagai nama kampus itu, khususnya biografi dan nilai-nilai perjuangan. "Misalnya, saat ditanya kota kelahiran Pangeran Diponegoro banyak yang tidak tahu. Ada yang menjawab Jawa saja, ada yang menjawab Jawa Tengah, padahal lahirnya kan di Yogyakarta. Apalagi karakter Diponegoro," katanya.

...dst

9 ) Kesadaran Riset di Indonesia Masih Sangat Rendah
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/02/373/697999/kesadaran-riset-di-indonesia-masih-sangat-rendah

Selasa, 02 Oktober 2012 14:04 wib
JAKARTA - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana menjelaskan penelitian di Indonesia masih sangat rendah kesadarannya baik dalam tingkat anggaran maupun dalam tingkat lapangan. "Contohnya dalam pembuatan legislasi, makalah akademis harus dibuat sebelum RUU disahkan," tutur Denny di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2012). Dikatakan olehnya, Indonesia menempati posisi di bawah Arab Saudi dengan menduduki peringkat 20 dalam penelitian. "Saya teringat saat bapak presiden mempresentasikan bahwa kita berada di peringkat ke-20 (dalam penelitian). Peringkat ke-19, kalau tidak salah, adalah Arab Saudi," imbuhnya. Menurut Denny, penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian. Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan. Dia mengatakan, masyarakat luas harus dilibatkan untuk bisa menjangkau masyarakat berbasis pengetahuan seperti dalam penelitian.

...dst

10 ) RI-Australia kerjasama penguatan kapasitas riset
http://www.antaranews.com/berita/336379/ri-australia-kerjasama-penguatan-kapasitas-riset

Selasa, 2 Oktober 2012 13:32 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Republik Indonesia dan Australia bersepakat untuk bekerjasama memperkuat kapasitas riset para peneliti dan lembaga penelitian di Tanah Air, agar hasil riset mereka bisa digunakan sebagai landasan pengambilan kebijakan. "Kerjasama di sektor pengetahuan ini sangat penting bagi Australia dan Indonesia, karena Indonesia sedang berada di posisi peralihan dan perlu dicegah dari jebakan negeri pendapatan menengah," kata Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Greg Moriarty, kepada pers, di Jakarta, Selasa. Lebih lanjut Dubes Moriarty menjelaskan bahwa kerjasama di bidang pengetahuan diharapkan bisa membantu Indonesia menemukan solusi-solusi lokal untuk mengurangi angka kemiskinan dan meneruskan pembangunan yang berkesinambungan. Sementara itu Kepala AusAid Indonesia Jacqui De Lacy mengatakan bahwa program hibah AusAid senilai Rp1 triliun untuk program berdurasi lima tahun ini akan memusatkan upaya peningkatan kualitas dan pengemasan riset. "AusAid tidak akan terlibat secara langsung dalam hal penentuan apa-apa yang akan diteliti. Yang akan didukung AusAid lewat program ini adalah meningkatkan fasilitas riset, pengemasan riset agar dibaca oleh pengambil kebijakan, dan meningkatkan konektifitas intelektual antara para peneliti dengan pengambil kebijakan," kata Jacqui.

...dst

11 ) UGM dekatkan riset dengan pengambilan kebijakan publik
http://www.antaranews.com/berita/336418/ugm-dekatkan-riset-dengan-pengambilan-kebijakan-publik

Selasa, 2 Oktober 2012 16:46 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan terus mengupayakan agar riset semakin relevan terhadap pengambilan kebijakan, kata Rektor UGM Profesor Pratikno, di Jakarta, Selasa. Menurut Prof Pratikno, setiap tahunnya UGM memproduksi lebih dari 10.000 hasil riset berupa skripsi, tesis, dan desertasi. Belum lagi ribuan penelitian yang dihasilkan oleh para dosen. "Yang perlu dilakukan adalah membuat riset lebih relevan terhadap pengambilan kebijakan. Kami akan mendorong peneliti untuk berhubungan dengan para pembuat kebijakan," kata dia saat jumpa pers peluncuran program kerjasama riset antara Indonesia dan Australia. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa UGM akan menguatkan struktur insentif bagi peneliti untuk meneliti bidang-bidang yang relevan terhadap kebijakan publik. "Peneliti akan didukung secara lebih bila risetnya relevan dengan pengambilan kebijakan," ujar dia. Prof. Pratikno juga mencermati persoalan yang terjadi di dunia penelitian di Tanah Air.

...dst

12 ) "Pengambilan keputusan berdasarkan kepentingan politik"
http://www.antaranews.com/berita/336388/pengambilan-keputusan-berdasarkan-kepentingan-politik

Selasa, 2 Oktober 2012 14:15 WIB
Jakarta (ANTARA News) - Rektor Universitas Gadjah Mada, Profesor Pratikno, mengatakan bahwa kebijakan publik harus berbasis riset yang berkualitas, bukan kepentingan politik kelompok dan sesaat. "Saat ini di Indonesia, pengambilan keputusan berdasarkan kepentingan politik dan kebijakan yang populer, bukan berdasarkan riset yang bisa menghasilkan kebijakan efektif dan efisien," kata Prof Pratikno, seusai pembukaan acara "Menyusuri Jejak Baru Indonesia: Revitalisasi Pengetahuan untuk Pengentasan Kemiskinan", di Jakarta, Selasa. Pratikno mengatakan, baik para peneliti maupun pengambil kebijakan perlu untuk bersama-sama membuka diri guna menghasilkan keputusan yang lebih baik dan bukan sekedar menghasilkan kebijakan populer tapi untuk kepentingan jangka pendek. "Para peneliti harus meningkatkan kapasitas dan membuat penelitian yang lebih relevan bagi para pengambil kebijakan. Sementara para pengambil kebijakan diharapkan bisa membuka diri untuk menggunakan hasil penelitian tersebut untuk mengambil kebijakan meskipun tidak populer," kata Pratikno, saat peluncuran program kerjasama riset Indonesia-Australia.

...dst

13 ) UI Kembali Gelar Indonesia MUN
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/02/373/698120/ui-kembali-gelar-indonesia-mun

Selasa, 02 Oktober 2012 17:02 wib
DEPOK - Interupsi, pimpinan sidang, anggota sidang, deadlock dan walk out. Istilah-istilah ini sering kita dengar di persidangan. Bayangkan apabila sidang internasional setaraf Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ada di Indonesia, apalagi dilakukan oleh mahasiswa. Untuk ketiga kalinya, Universitas Indonesia (UI) menghadirkan simulasi sidang PBB. Acara besutan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI ini bertajuk "Indonesia Model of United Nations (MUN) 2012.  Kali ini, panitia berharap sidang yang akan digelar pada 2-5 Oktober mendatang itu dihadiri oleh 240 delegasi mahasiswa. Ketua Panitia Indonesia MUN 2012, Gadis berujar, kegiatan ini tidak tertutup untuk mahasiswa FISIP, khususnya jurusan Hubungan Internasional (HI) saja. "Model United Nations merupakan kegiatan yang terbuka untuk semua orang. Oleh karena itu kami menawarkan sederet komite yang sekiranya dapat memenuhi ketertarikan para delegasi," kata Gadis, seperti dikutip dari keterangan tertulis FISIP UI kepada Okezone, Selasa (2/10/2012).

...dst

14 ) Program Wirausaha Bagi Napi Antar Unnes Juara Pertama
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/02/373/698224/program-wirausaha-bagi-napi-antar-unnes-juara-pertama

Selasa, 02 Oktober 2012 18:23 wib
JAKARTA - Tim Peneliti Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menuai prestasi dalam National Research Competition (Narration) di Universitas Indonesia (UI) belum lama ini. Pada kesempatan itu, mereka berhasil meraih jawara pertama pada kategori ilmu sosial dan humaniora. Tim yang beranggotakan Arif Prasetyo dan Ridwan Arifin ini mengalahkan lima finalis lainnya yang terdiri dari Tim Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes, Fakultas Teknik (FT) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan UI. Pada kesempatan tersebut, mereka mengajukan penelitian dengan tema Pembekalan Keahlian Pembuatan Wayang Koran Pada Narapidana di Rutan Kelas II B Wonosobo sebagai Pilot Project Lapas Kreatif Berbasis Peningkatan Usaha Local Wisdom Narapidana di Indonesia. Ternyata, penelitian ini mampu memikat para dewan juri dalam ajang tersebut. Salah satu dewan juri yang merupakan peneliti dari Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Desriani mengungkapkan, hasil penelitian dua mahasiswa Unnes tersebut sangat kreatif dan dapat diaplikasikan. "Hasil penelitian tersebut luar biasa dan sangat mungkin bisa diterapkan untuk seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia," kata Desriani, seperti dikutip dari laman Unnes, Selasa (2/10/2012).

...dst

15 ) Mahasiswa Kedokteran Gigi Layani Masyarakat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/01/18470183/Mahasiswa.Kedokteran.Gigi.Layani.Masyarakat

Senin, 1 Oktober 2012 | 18:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta melaksanakan Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut (BKGN) 2012), dengan menyediakan layanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat. Kegiatan yang dimulai pada Senin (1/10/2010) hingga Rabu (3/10/2012) itu, melibatkan sebanyak 64 dokter gigi yang didampingi sekitar 224 mahasiswa kedokteran gigi dan 13 perawat gigi dari Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama). Pada kesempatan itu, masyarakat akan mendapatkan pelayanan berupa penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi (menggunakan bahan tambal amalgam, komposit, atau glass lonomer), pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, pembersihan karang gigi, dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride atau fissure sealant.

...dst

16 ) Obati Diabetes dengan Biji Pala
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/02/372/697976/obati-diabetes-dengan-biji-pala

Selasa, 02 Oktober 2012 13:38 wib
JAKARTA - Umumnya orang mengonsumsi buah pala dalam bentuk manisan, sementara bijinya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Tetapi, biji pala ternyata memiliki khasiat lebih dari sekadar bumbu dapur, ia dapat mengobati diabetes. Menurut Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., biji pala (Myristica fragrans Hout) memiliki kandungan agonis ganda PPAR alfa dan PPAR gamma, yang bermanfaat untuk penyakit diabetes. Penelitian pengajar di Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) ini menunjukkan, penderita diabetes akan mendapatkan khasiat biji pala yang lebih baik jika mengonsumsi ekstraknya dalam bentuk tablet. Sebab, buah pala juga mengandung zat myritisin dan safrol yang menyebabkan kantuk. "Untuk itu zat myritisin dan safrol harus dibuang, diperlukan teknik ekstraksi secara farmasi untuk memisahkan zat tersebut," ujar Keri, seperti dilansir situs Unpad, Selasa (2/10/2012).

...dst

17 ) Asing Lirik Pembelajara Cyber Law Universitas Islam Sultan Agung
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/01/mb7m6f-asing-lirik-pembelajara-cyber-law-universitas-islam-sultan-agung

Senin, 01 Oktober 2012, 17:23 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Pembelajaran Cyberlaw di Universitas Islam Sultan Agung banyak diminati perguruan tinggi lain di luar negeri. Kerjasama akademis pun dijalin Unissula dengan 24 perguruan tinggi di 13 negara. Promosi bermula saat delegasi Unissula yang dipimpin rektor menghadiri Indo-Global Education Summit di Banglora India. Pada kesempatan tersebut, Unissula melakukan penjajakan kerjasama dengan berbagai universitas di dunia. Salah satunya dengan Departement of Computer Science Saurashtra University yang sangat tertarik dengan bidang cyber di Unissula. Rektor Unissula, Laode Kamaludin mengatakan, PT di dunia belum banyak mengangkat isu cyberlaw. Unissula pun kemudian ingin dikenal sebagai cyber university dan cyberlaw. "Mereka terkejut bahwa IT beluk mampu mengintegrasikan cyberlaw. Universitas lain biasanya fokus teknik dan teknologi. Namun kita ingin mengangkat tentang cyberlaw," ujarnya.

...dst

18 ) UKG Online Gelombang Kedua Lancar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/02/15310921/UKG.Online.Gelombang.Kedua.Lancar

Selasa, 2 Oktober 2012 | 15:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) online gelombang kedua yang dimulai, Selasa (2/10/12), di sejumlah daerah relatif lancar. Hal ini karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah pelaksanaan UKG online berdasarkan kesiapan daerah dan tempat uji kompetensi (TUK). "Sejauh ini yang kami pantau pelaksanaan UKG online hari pertama lancar. Saya berkunjung di beberapa tempat di Jawa Tengah yang pada UKG gelombang pertama bermasah, sekarang bisa lancar. Kami mengapresiasi pelaksanaan UKG gelombang kedua yang lebih baik," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo.

...dst

19 ) Tawuran Pelajar Memprihatinkan
Kemendikbud Setuju Sekolah Turut Bertanggung Jawab
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/02/20551287/Kemendikbud.Setuju.Sekolah.Turut.Bertanggung.Jawab

Selasa, 2 Oktober 2012 | 20:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong pihak yang terlibat dalam tawuran terlebih sampai mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang untuk dibawa ke jalur hukum. Langkah ini tidak hanya berlaku untuk siswa pelaku tawuran, namun seluruh pihak yang terlibat, baik itu alumni, guru, hingga kepala sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, tindakan untuk menekan aksi tawuran harus tegas dan tanpa pandang bulu, meskipun pelaku anak pejabat atau masih usia anak. "Kita harus tegas. Jika salah dan melakukan tindakan kriminal, harus dihukum, tidak peduli apakah itu masih anak-anak, atau anak pejabat sekalipun," kata Nuh, sesaat sebelum menghadiri silaturahmi dengan Kapolda, tokoh agama, dan sekolah SMA-SMK se-DKI Jakarta, Selasa (2/10/2012) malam, di Jakarta. Akan tetapi, lanjutnya, jika anak tersebut diproses secara hukum atau masuk penjara sekalipun, makahak-haknya sebagai anak harus tetap diperhatikan tanpa harus mengurangi bobot kesalahannya.

...dst
 

Berita Edukasi, 1 Oktober 2012

1 ) Mendikbud: Jangan Sekadar Hafal Sila Pancasila
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/01/10460743/Mendikbud.Jangan.Sekadar.Hafal.Sila.Pancasila

Senin, 1 Oktober 2012 | 10:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak terjebak pada formalitas pendidikan Pancasila dengan hanya menghafal seluruh sila tetapi tidak mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. "Jangan terjebak pada formalitas, harus fokus dan mengimplementasikan value-nya, dan ini terus kita tata," kata Nuh seusai menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10/2012). Sejalan dengan itu, Nuh mengatakan, mata pelajaran terkait Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan akan lebih digalakkan dalam kurikulum pendidikan nasional baru yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2013-2014, termasuk standar kompetensi kelulusan (SKL) yang ingin dicapai dari penanaman mata pelajaran Pancasila. "Misalnya siswa lulusan SD, apakah hanya sekadar bisa menghafal semua sila? Tentunya tidak. Makanya sedang kita formulasikan semuanya," ujar Nuh.

...dst

2 ) Internalisasi Pancasila pada Tataran Nilai, Bukan Formalitas
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/709

10/01/2012
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, mengatakan, Pancasila yang sudah dirumuskan para pejuang sebagai ideologi negara Indonesia harus dipertahankan. Bukan sekadar dalam makna Pancasila saja, tapi internalisasinya mutlak dilakukan.
"Pancasila yang sudah dirumuskan para sesepuh harus dipertahankan. Disaat batas-batas negara tidak jelas, dan pengaruh media internasional begitu kuat, maka internalisasi nilai menjadi mutlak," demikian disampaikan Mendikbud usai upacara Peringatan Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Senin (1/10).
Mendikbud menegaskan, internalisasi Pancasila jangan sampai terjebak pada formalitas semata. Tapi harus dilihat dari segi nilai. Untuk itu, dalam penyempurnaan kurikulum yang akan dilakukan pada 2013 mendatang, akan dirumuskan kembali mata pelajaran yang terkait dengan nilai-nilai Pancasila. Urusan ideologi dan internalisasi Pancasila akan ditata kembali dan disempurnakan. "Misal lulusan SD, mereka diharapkan setelah lulus SD kompetensinya apa? Apa hanya hafal Pancasila saja? Tentu tidak. Itu yang saya maksud jangan terjebak formalitas yang hanya hafalan saja," katanya. Empat hal dikemukakan Mendikbud tentang kurikulum. Yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi. Dalam standar kompetensi, ada tiga aspek yang terkait yaitu, attitude, skill, dan knowledge atau disingkat ASK.

...dst

3 ) Kabinet tidak Satu Suara Tanggapi Bobroknya Sistem Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/01/352357/293/14/Kabinet-tidak-Satu-Suara-Tanggapi-Bobroknya-Sistem-Pendidikan

Senin, 01 Oktober 2012 07:56 WIB   
JAKARTA--MICOM: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Linda Amalia Sari Gumelar menyatakan pemberian materi pendidikan karakter di Indonesia tidak ideal. Pasalnya, siswa hanya dijejali dengan teori tapi minim praktik nyata dalam penerapan.
Komentar Menteri tersebut guna menanggapi maraknya aksi tawuran pelajar di Jakarta yang marak. Terakhir dalam bentrok antara SMAN 6 dengan SMA 70, Alawy Yusianto-siswa SMA 6, tewas ditusuk oleh FR, pelajar kelas XI SMA 70. Selang dua hari, Deni Yanuar-pelajar SMA Yayasan Karya 66 tewas ditusuk oleh siswa SMK Kartika Zeni berinisial AD. Linda juga menilai beban materi pelajaran yang diterima siswa sekolah pada saat ini terlampau berat. Hal ini menyebabkan anak mudah stres dan waktu berkomunikasi dengan orang tua dan guru semakin sedikit. "Di negara maju, beban pelajaran tidak seberat di negara kita," kata Linda yang juga alumnus SMA 6, Minggu (30/9). Ia menambahkan, saat ini semakin minim tempat bagi remaja untuk menunjukan eksistensi atau ekspresi mereka. Walhasil untuk menunjukkan diri mereka eksis, mereka menunjukan ekpresi mereka dalam bentuk negatif seperti tawuran.

...dst

4 ) Mendikbud: Tidak Ada Kompromi dalam Pemberian Sanksi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/707

10/01/2012
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan tidak akan ada kompromi dalam pemberian sanksi dalam kasus tawuran pelajar. Saat ini Kemdikbud masih menunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian. Selain itu, Kemdikbud juga telah membentuk satgas atau tim khusus di luar kepolisian yang terdiri dari berbagai unsur, untuk melakukan analisis dan menemukan fakta-fakta di lapangan. "Seandainya terbukti nanti, ada guru, kepala sekolah, atau siapapun yang terlibat, hukum harus ditegakkan," tegas Mendikbud M. Nuh, usai jumpa pers yang juga dijadikan ajang mediasi antara SMA N 70 dan SMA N 6 pada Jumat (28/9) lalu. Jika terbukti nanti ada oknum-oknum yang mencoba ingin mengabadikan kebiasaan kekerasan, harus dihentikan. Karena tidak seharusnya sekolah dijadikan sebagai lahan untuk membentuk karakter negatif. Ia menambahkan, Setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan untuk menciptakan kondisi sekolah kembali kondusif pascatawuran. Pertama, menegakkan disiplin di setiap sekolah, dan memberikan sanksi terhadap siapapun yang melakukan pelanggaran. Kedua, mengembangkan kegiatan bersama antara dua sekolah. Ketiga, menegakkan hukum. "Kalau sudah terbukti, kawannya siapa, orang internal yang terlibat siapa, masukkan dan sekolahkan mereka di Prodeo University," katanya.

...dst

5 ) Pencairan Bantuan Operasional PTN Molor
Dicairkan di DIPA Masing-masing Kampus
http://www.jpnn.com/read/2012/10/01/141485/Pencairan-Bantuan-Operasional-PTN-Molor-

Senin, 01 Oktober 2012 , 06:04:00
JAKARTA - Target Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencairkan bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BO PTN) senilai Rp 1,4 triliun pada September meleset. Akibatnya seluruh kampus negeri yang mendapatkan alokasi BO PTN, wajib menalangi dulu biaya operasional dari uang mereka sendiri. Keterlambatan pencairan BO PTN ini dipicu dari pembahasan antara Kemendikbud dengan Komisi X DPR yang cukup lama. Duit untuk BO PTN ini sendiri, diambilkan dari anggaran pendidikan yang terdapat dalam APBN-P 2012. Tujuan pengucuran BO PTN ini untuk menekan biaya kuliah yang setiap tahun cenderung naik. Setelah dana ini turun, kampus negeri dilarang menaikkan SPP untuk mahasiswa reguler. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso kemarin (30/9) menjelaskan, pembahasan APBN-P 2012 dengan Komisi X DPR sudah tuntas. Djoko mengatakan, saat ini anggaran BO PTN sudah dimasukkan dalam DIPA (daftar isilan pelaksanaan anggaran) masing-masing kampus. Pencairan DIPA ke setiap kampus, masih dalam pembahasan anggaran Kemendikbud dengan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). "Jika DIPA ini sudah bisa dicairkan, otomatis BO PTN juga sudah bisa digunakan kampus," kata mantan rektor ITB itu. Jajaran Kemendikbud berharap kampus penerima BO PTN untuk bersabar. Diantara PTN yang mendapatkan alokasi BO PTN adalah ITB (Institut Teknologi Bandung). Rektor ITB Akhmaloka menuturkan, kampusnya mendapatkan alokasi BO PTN sekitar Rp 70 miliar. Dana ini digunakan untuk membantu pendanaan biaya operasional kampus. "Diantaranya untuk penelitian dan pengabdian masyarakat," katanya. Karena dana BO PTN belum cair, dia menuturkan pembiayaan operasional masih penuh ditanggung kampus.

...dst

6 ) Bahan Ajar Animasi Tidak Hanya Pecahkan Rekor Indonesia, Tapi Rekor Dunia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/710

10/01/2012
Jakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendapat penghargaan dari Museum Rekor Muri Indonesia (MURI) untuk Kategori Bahan Ajar Berbasis Film Animasi Pertama di Indonesia yang Disusun Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua MURI, Jaya Suprana, kepada Mendikbud Mohammad Nuh, pada Senin (1/10) siang di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta. Dalam laporannya, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Suyanto, mengatakan film animasi untuk bahan ajar tersebut dikemas secara menghibur sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter dan nilai-nilai bangsa Indonesia. "Tujuannya adalah mempermudah siswa dalam memahami pelajaran, dan meningkatkan kreativitas guru dalam menambah jenis bahan ajar," katanya. Suyanto juga mengatakan, banyak siswa SMP yang sangat menyukai film animasi. Film-film animasi tersebut biasanya merupakan produksi luar negeri, yang isinya kadang tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter bangsa. Karena itu dibuatlah bahan ajar berbasis film animasi untuk memenuhi kebutuhan siswa menonton film animasi dan mengurangi nilai-nilai asing yang negatif dan bertentangan dengan pendidikan karakter.

...dst

7 ) IPB Hibah Komersialisasi Inovasi Rp1 Miliar
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/01/352328/293/14/IPB-Hibah-Komersialisasi-Inovasi-Rp1-Miliar

Senin, 01 Oktober 2012 03:28 WIB   
BOGOR--MICOM: Penutupan Dies Natalis Institut Pertanian Bogor ke-49 ditandai dengan pemberian dana hibah komersialisasi inovasi senilai Rp1 miliar untuk dua orang peneliti perguruan tinggi tersebut.
"Dana ini bersumber dari IPB sendiri. Pemberian dana ini untuk mendukung optimalisasi inovasi yang telah dihasilkan IPB di tengah masyarakat melalui hibah komersialisasi inovasi," kata Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto seusai acara penutupan Dies Natalisdi Gedung Graha Widya Wisuda Kampus Dramaga, Bogor, Minggu (30/9). Dana hibah dengan total nilai Rp1 miliar diberikan kepada dua peneliti IPB yakni Prof Indrajaya yang menciptakan mesin penghitung benih ikan dan Prof Latifa K Darusman pembuat inovasi ekstrak tabat barito untuk antitumor. Masing-masing peneliti mendapat dana hibah senilai Rp500 juta. Dana tersebut diperuntukkan untuk membantu komersialisasi inovasi IPB yang telah dihasilkan agar dapat diimplementasikan di masyarakat. Menurut Rektor, IPB telah banyak melahirkan inovasi. Selama lima tahun berturut-turut, IPB telah mencatat sebanyak 179 inovasi dalam 510 karya inovasi paling prospektif di Indonesia menurut Kementerian Riset dan Teknologi.

...dst

8 ) UNY Siapkan KBK Berbasis KKNI
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/373/697410/uny-siapkan-kbk-berbasis-kkni

Senin, 01 Oktober 2012 14:06 wib
JAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tengah menyiapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk program studi (prodi) Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Teknik Elektro, dan Pendidikan Teknik Mesin. Untuk itu, UNY menggelar lokakarya dengan mengundang pakar di bidang kurikulum pendidikan tinggi. Pardjono dari Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNY menyampaikan, KBK merupakan kurikulum yang dikembangkan berdasarkan kompetensi lulusan yang memenuhi standar dunia kerja dan masyarakat sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia yang harus mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. "Konsep kompetensi yang berubah dari waktu ke waktu disebabkan perkembangan persyaratan dunia kerja ataupun masyarakat secara umum. Perubahan konsep ini berimplikasi pada perubahan kurikulum, baik tujuannya maupun strukturnya, serta perubahan pada delivery system," ujar Pardjono, seperti disitat dari situs UNY, Senin (1/10/2012).

...dst

9 ) Batan - Universitas Pancasila Kerjasama Riset Gempa
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/373/697323/batan-universitas-pancasila-kerjasama-riset-gempa

Senin, 01 Oktober 2012 11:16 wib
DEPOK – Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kegempaan yang relatif tinggi. Indonesia juga disebut Ring of Fire karena terletak di antara tiga lempeng yaitu lempeng Eurasia, Hindia-Australia, dan Pasifik. Karena posisinya inilah, Indonesia rentan terhadap gempa, gunung api, dan tsunami. Ancaman bahaya alam ini pun menjadi tantangan dalam membangun instalasi dan bangunan beresiko tinggi. Untuk menjawab tantangan ini, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bersama Universitas Pancasila (UP) menandatangani kerjasama (MoU) dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila Fauzi Fahimuddin mengatakan, dunia pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabidan masyarakat, dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang  berguna bagi masyarakat (user). Karena itu, lanjutnya, banyak generasi muda yang diharapkan mampu mengembangkan iptek terutama soal kegempaan dan mitigasi masalah bahaya alam akibat kegempaan. "Perjanjian kerjasama ini menunjukkan bahwa kami saling membutuhkan dengan Pusat Pengembangan Energi Nuklir Batan. Isi MoU akan saling mendukung, iptek, dan energi, gunakan sarana dan prasarana, dan banyak hal lainnya," jelasnya kepada wartawan, akhir pekan ini.

...dst

10 ) UNS Akan Buka Beasiswa Mahasiswa Asing
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/373/697296/uns-akan-buka-beasiswa-mahasiswa-asing

Senin, 01 Oktober 2012 10:32 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan membuka Program Beasiswa bagi mahasiswa asing yang melanjutkan studi di UNS. Beasiswa akan mulai dilaksanakan pada 2013 mendatang. "Kuota awal, berjumlah sekira 25 mahasiswa," ungkap Kepala International Office (IO) UNS, Taufiq Al Makmun. Taufiq berujar, dari tahun ke tahun, minat mahasiswa asing untuk melakukan studi di UNS meningkat. Seperti halnya pada program Orientation Week yang digelar belum lama ini, tercatat 66 mahasiswa asing berpartisipasi. "Bahkan 28 mahasiswa di antaranya berasal dari Libya mengunakan Program Swadana. Artinya biaya kuliah maupun tinggal di kota Solo menggunakan dana mereka sendiri," jelasnya. Selain 66 mahasiswa asing yang sudah terdaftar, menurut Taufiq, masih akan bertambah lagi 47 mahasiswa yang kini masih menyelesaikan beberapa proses seperti keimigrasian. Dia mengimbuh, selama ini di UNS memang ada 10 mahasiswa asing program beasiswa, tetapi beasiswa dari negaranya sendiri seperti China, Bangladesh, Thailand, Vietnam, Kenya, Tanzania, Madagaskar, dan Ethiopia.

...dst

11 ) Lotion Anti Nyamuk Ramah Lingkungan dari UNY
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/372/697398/lotion-anti-nyamuk-ramah-lingkungan-dari-uny

Senin, 01 Oktober 2012 13:15 wib
JAKARTA - Produk obat anti nyamuk yang beredar luas di pasaran saat ini tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari obat nyamuk bakar, semprot, sampai berbentuk lotion. Meski tergolong produk yang digemari, produk lotion anti nyamuk saat ini mengandung bahan-bahan berbahaya bagi manusia. Sebut saja zat-zat berbahaya seperti propoxur, transfluthrin, dan diethyltoluamide atau DEET. DEET sangat korosif sehingga produk lotion anti nyamuk tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan minggu akan mengikis lapisannya. Menyadari hal tersebut, mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yaitu Maisel Priskila Sisilia dan Dwi Sutanti dari jurusan Pendidikan IPA, serta Arief Noviartara dari jurusan Kimia pun tergerak melakukan inovasi baru. Mereka membuat lotion anti nyamuk dengan bahan tanaman tembelek (Lantana camara) yang aman untuk kulit.

...dst

12 ) Mahasiswa UMK Mogok Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/01/14461322/Mahasiswa.UMK.Mogok.Kuliah

Senin, 1 Oktober 2012 | 14:46 WIB
KUDUS, KOMPAS.com - Sekitar 100 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK), Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mogok kuliah, Senin (1/10/2012). Mereka memprotes pemilihan rektor yang dinilai kurang transparan dan tidak mengusung aspirasi mahasiswa. Perwakilan mahasiswa Fakultas Teknik UMK Abdul Wahab mengatakan, mahasiswa meminta yayasan dan senat UMK meninjau kembali proses pemilihan dan penjaringan rektor UMK. Pasalnya berdasarkan Statuta UMK, rektor hanya bisa menjabat dua periode. "Pemilihan dan penjaringan rektor harus ada. Jangan pihak yayasan dan senat saja yang menetapkan atau menentukan. Apalagi rektor yang ditetapkan sekarang sudah menjabat selama dua periode," kata dia. Pembantu Rektor I dan juga Sekretaris Penjaringan Rektor UMK Masruri mengemukakan, penetapan Prof Sarjadi sebagai rektor UMK pada periode ketiga sudah sesuai aturan. Panitia telah menjaring dan memilih calon rektor. Ada dua nama yang muncul, Prof Sarjadi dan Dr Suparyo. Kemudian, senat menyepakai keputusan penetapan rektor diserahkan ke Yayasan yang akhirnya memilih kembali Prof Sarjadi.

...dst

13 ) Rektor Unhalu Dukung Calon Golkar jadi Gubernur Sultra
http://www.jpnn.com/read/2012/10/01/141545/Rektor-Unhalu-Dukung-Calon-Golkar-jadi-Gubernur-Sultra-

Senin, 01 Oktober 2012 , 13:48:00
KENDARI - Masyarakat Muna Kota Kendari (MMKK) menggelar acara silaturahmi bersama Ridwan BAE di salah satu hotel di Kendari. Acara itu, dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi, termasuk Prof DR Ir Usman Rianse MS sebagai ketua dewan penasehat MMKK. Sekitar seribuan orang anggota MMKK hadir dan mengikuti dialog dengan Ridwan BAE seputar pencalonannya sebagai Cagub Sultra. Ridwan mendapat banyak masukan dalam kesempatan ini. Salah satu di antaranya ialah tentang citra selama ini masih terus membayanginya. Misalnya saja malasalah jati Muna yang habis, hingga sekarang masyarakat Muna beranggapan bahwa jati Muna habis di era Ridwan jati Bupati Muna. Namun terkait hal itu Ridwan BAE menampiknya dengan tegas. "Haram uang jati Muna dimakan keluarga saya," tegasnya. "Dulu sebelum saya menjabat isu jati masih diam-diam saja. Itu karena para pembalak jati masih didiamkan. Tapi saat saya menjabat, saya lawan pembalak itu dan mencuatlah isu jati. Namun anehnya saat ini, kenapa harus saya yang dituding bertanggung jawab atas habisnya jati Muna," jelasnya. 
Kata Ridwan, saat ini dirinya akan memperbaiki pencitraan. Sebab selama ini banyak hal yang tidak benar ditudingkan kepada dirinya. Untuk itu, ia mengajak masyarakat Muna, khususnya yang berada di Kendari untuk bersama bertarung di Pilgub November mendatang.

...dst

14 ) Indonesia Butuh 200.000 Tenaga Ekonomi Syariah
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/01/77836/indonesia_butuh_200000_tenaga_ekonomi_syariah/#.UGlKX67dZ6E

01 Oktober 2012 Pkl. 00:06 WIB
Jakarta, (Analisa). Pertumbuhan industri keuangan dan perbankan syariah rupanya belum diiringi dengan ketersediaan sumber daya manusia di bidang tersebut. Ketua Dewan Pakar Ekonomi Syariah Indonesia Aries Mufti menyatakan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap perbankan syarih berdampak pada tingginya pertumbuhan industri keuangan dan perbankan syariah. Pertumbuhan rata-ratanya sebesar 30-40 persen, jauh di atas rata-rata pertumbuhan bisnis keuangan dan perbankan konvensional yang hanya tumbuh sekitar 10 persen. Sayangnya, pertumbuhan bisnis tersebut tidak dibarengi dengan ketersediaan sumber daya manusia. "Kenyataan di lapangan 90 persen SDM di sektor perbankan dan keuangan dan keuangan syariah berlatar belakang ekonomi konvensional," ujarnya dalam acara peresmian Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan (STEBANK) Islam Sjafruddin Prawiranegara di Jalan Kramat Pulo Gundul, Jakarta, Minggu (30/9). Aries menambahkan sebagai negara dengan pemeluk Islam terbesar di dunia dan populasi mencapai 240 juta jiwa, Indonesia masih memiliki lulusan di bidang keuangan dan perbankan syariah yang masih minim. Institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program studi ekonomi syariah baru mencapai 25-30 perguruan tinggi. (dtc)

...dst

15 ) UKG Tahap II Dimulai Serentak Besok di 33 Provinsi
http://kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/708

10/01/2012
Jakarta --- Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) tahap kedua dimulai serentak 2 Oktober besok hingga 2 November mendatang di 33 propinsi, menggunakan sebanyak 1.649 tempat uji kompetensi (TUK) di 437 kabupaten/kota. Untuk Jakarta dilaksanakan pada 9 Oktober 2012. Secara nasional, jumlah peserta yang mengikuti UKG tahap II sebanyak 283.919 orang dari data yang terdaftar sejumlah 393.713 orang. Rincian jumlah peserta tes, meliputi guru TK 6.001 orang; guru SD 93.397 orang, guru SMP 82.892 orang, guru SMA 46.579 orang, guru SMK 51.442 orang, dan guru PLB sebanyak 3.628 orang.  Demikian disampaikan Abi Sudjak, Sekretaris Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (1/10) siang. Diungkapkan Abi, secara nasional jumlah mata pelajaran (Mapel) yang diujikan pada UKG tahap II berjumlah 139 Mapel (sudah termasuk Guru Kelas di TK dan SD). Dari jumlah tersebut, jenis tes untuk guru TK sebanyak satu Mapel, guru SD 7 Mapel, guru SMP 15 Mapel. guru SMA 25 jenis Mapel, guru SMK 88 Mapel, dan guru PLB 3 jenis Mapel.

...dst

16 ) Wamendikbud: Jangan Jadi Guru Bila tak Sanggup
http://www.jpnn.com/read/2012/10/01/141492/Wamendikbud:-Jangan-Jadi-Guru-Bila-tak-Sanggup-

Senin, 01 Oktober 2012 , 06:53:00
BANDUNG-Pendidikan memang perlu dievaluasi saat ini, terutama adanya contoh yang tidak baik, seperti tawuran dan lainnya. Hal ini harus dicermati oleh para mahasiswa yang merupakan calon pendidik di masa mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri (Wamen) Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia  Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS, dalam Kuliah Umum Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Balai Pertemuan Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudi No. 229 Bandung, kemarin. "Sudah menjadi tujuan pendidikan untuk menghasilkan insan cerdas yang komprehensif.  Sudah menjadi tugas  semua lembaga pendidikan untuk mampu menyumbangkan ilmu. Bertugas menghasilkan tenaga kerja yang mandiri. Pendidik juga harus menghasilkan lulusan yang berkarakter baik. Selain itu perlu dipahami pula tugas perguruan tinggi  saat berjalannya proses pendidikan untuk menghasilkan layanan akademik agar dapat mengembangkannya sesuai keilmuannya, mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi, dan mampu mengembangkan kewirausahaan, melakukan pendidikan karakter, mengembangkan semangat kebangsaan (NKRI) agar bisa memajukan bangsa," paparnya.

...dst

17 ) Kemendikbud: IPA-IPS SD Tak Dihapus
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/373/697286/kemendikbud-ipa-ips-sd-tak-dihapus

Senin, 01 Oktober 2012 10:14 wib
GUNUNGKIDUL –  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencoba meluruskan informasi penghapusan mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD). Kedua mata pelajaran tersebut tidak akan dihapus dan tetap akan diajarkan di tingkat SD. Bantahan mengenai kedua mata pelajaran yang akan dihapus tersebut disampaikan langsung Wakil Mendikbud Bidang Budaya Wiendu Nuryanti saat mengikuti nonton bareng Film Inspiratif yang digelar Kemendikbud di Wonosari, kemarin. Menurut Wiendu, mata pelajaran tersebut hanya akan digabungkan dan tetap akan diajarkan di sekolah dasar. "Jadi tidak dihapus, hanya digabungkan dan tidak ada dikotomi IPA dan IPS. Kalau dihapus kan sama artinya tidak ada. Jadi ini digabungkan," terangnya kepada wartawan, akhir pekan ini. Diakui Wiendu, hingga saat ini, masih terjadi perdebatan besar antara memasukkan IPA dan IPS bagi siswa. Namun demikian memang diperlukan upaya untuk tidak mendikotomikan pelajaran seperti IPA dan IPS.

...dst

Tidak ada komentar: