Cari Blog Ini

Minggu, Juli 14, 2013

Berita Edukasi 13 Juli 2013


1 ) Karya Mahasiswa Trunojoyo Pukau Masyarakat Internasional

Sabtu, 13 Juli 2013 17:07 wib
JAKARTA - Sebanyak empat mahasiswa asal Universitas Trunojoyo, Madura berhasil mengukir prestasi di tingkat internasional. Permainan karya mereka mampu mengungguli pelajar lain yang berasal dari berbagai negara. Permainanan bertajuk Save the Hamsters itu merupakan karya Asadullohil Ghalib Kubat (Team Leader), Miftah Alfian Syah (Programmer), Tony Wijaya (Graphic Designer), dan Mukhammad Bagus Muslim (Game Designer). Berlokasi di Alexandrinsky Theater, St. Petersburg, Rusia, tim bernama Solite Studio itu mampu menyabet juara dua dalam Imagine Cup 2013 Worldwide Finals.Keberhasilan tersebut menuai apresiasi dari President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro. Dia mengaku bangga dengan kemenenangan Solite Studio karena menjadi bukti jika developer Indonesia diakui di kancah internasional.
"Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa developer asal Indonesia sudah diakui bahkan yang berasal dari pulau kecil seperti Madura. Ini adalah pertama kalinya tim Imagine Cup dari Indonesia memenangkan penghargaan utama Imagine Cup di skala dunia," kata Andreas, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okeznoe, Sabtu (13/7/2013).

...dst

2 ) UU Pendidikan Kedokteran Integrasikan Peran Pendidikan dan Layanan Kesehatan

07/12/2013
akarta — Undang-Undang Pendidikan Kedokteran telah disahkan dalam rapat paripurna DPR kemarin (11/7). Mewakili Presiden Republik Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memberikan pidato dalam rapat paripurna DPR mengenai pertimbangan diperlukannya UU Pendidikan Kedokteran. Salah satunya adalah untuk mengintegrasikan peran pendidikan dan layanan kesehatan yang secara operasional dikelola oleh kementerian yang menangani sektor pendidikan serta kementerian yang menangani sektor kesehatan. UU Pendidikan Kedokteran juga akan memastikan terjadinya integrasi antara program akademik dengan program profesi, serta integrasi antara Fakultas Kedokteran atau Fakultas Kedokteran Gigi dengan rumah sakit pendidikan. Sedangkan dari sisi hukum, UU Pendidikan Kedokteran memberikan kepastian hukum yang kokoh selain UU yang sudah ada, yaitu UU No. 20 tahun 20013 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, dan UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

...dst

3 ) Terkuak Bukti Kerajaan Sriwijaya di Jambi

Jum'at, 12 Juli 2013 | 21:39 WIB
Metrotvnews.com, Depok: Guru Besar Arkeologi Universitas indonesia (UI)  Prof Agus Aris Munandar mengatakan Kerajaan Sriwijaya diduga berada di kawasan Muaro Jambi, Provinsi Jambi. "Kami menemukan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Sriwijaya serta petirtaan berupa sumur di Situs Kedaton, Kawasan Cagar Budaya Muaro Jambi, oleh 43 mahasiswa dan 5 dosen pembimbing yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Arkeologi Universitas Indonesia (UI) pada 16-28 Juni 2013," kata Agus Aris di Depok, Jawa Barat, Jumat (12/7). Kegiatan utama KKL Arkeolog UI pekan lalu tersebut adalah ekskavasi, sebuah metode arkeologi yang bertujuan menemukan kembali sisa-sisa kegiatan manusia masa lalu dengan cara melakukan penggalian. Proses ekskavasi dilakukan di 14 kotak gali di Situs Kedaton, Kawasan Cagar Budaya Muara Jambi. Kawasan tersebut berada sekitar 20 kilometer dari Kota Jambi, atau 30 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Muaro Jambi.Prof Agus mengatakan sebenarnya masih banyak bagian kawasan cagar budaya tersebut yang belum dijamah, termasuk yang berada di seberang Sungai Batanghari. Sedangkan arca-arca lepas yang ditemukan di Palembang bertuliskan ancaman-ancaman, maka dapat diartikan bahwa Palembang merupakan kota yang telah ditaklukan oleh Sriwijaya.

...dst

4 ) Masih Ada Kesempatan Masuk PTN

Sabtu, 13 Juli 2013 , 16:29:00
SURABAYA - Belum semua perguruan tinggi negeri (PTN) menutup pendaftaran. Bagi para calon mahasiswa yang masih berburu PTN, masih ada kesempatan untuk masuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan ITS. Tiga kampus negeri di Surabaya itu masih dan baru akan membuka jalur mandiri hingga akhir Juli. Pengganti Sementara (Pgs) Humas IAIN Abdullah Rofiq mengatakan, IAIN telah mempersiapkan kuota sebesar 50 persen dari pagu 2.500 kursi untuk mahasiswa jalur mandiri. Pendaftaran dibuka pada 15-26 Juli mendatang. "Kuota jalur mandiri yang kami sediakan sangat besar, peluang masuk juga sangat besar," ungkap Rofiq. Pelaksanaan pendaftaran jalur mandiri IAIN hampir sama dengan PTN lain. Yakni, proses seleksi menggunakan beberapa tes yang bakal dilaksanakan pada 1 Agustus. Di antaranya, tes kemampuan dasar agama Islam, tes kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab, serta tes potensi akademik. Dalam penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri itu, Rofiq menyatakan bahwa tidak ada biaya yang membedakan dengan mahasiswa yang masuk melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) maupun seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). Biaya yang dikenakan hanya uang kuliah tunggal (UKT). Sedangkan UKT yang dibayar calon mahasiswa baru paling tinggi Rp 1.525.000.

...dst

5 ) 1.471 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Masuk D-3 Undip

13 Juli 2013
SEMARANG- Hingga Jumat (12/7) pukul 12.44    sebanyak 1.471 calon mahasiswa terdaftar dalam ujian mandiri (UM) D-3 Undip. Tes penyaringan akan dilaksanakan Minggu (14/7) dan hasilnya diumumkan 18 Juli 2013. Tidak seperti UM S-1 Undip yang diadakan di beberapa kota, UM D-3 hanya akan dilaksanakan di kampus Undip, yakni di FSM, FT, FISIP, FIB, FPP, dan FEB. Menurut Rektor Undip Prof Sudharto PH MES PhD, pihaknya membuka peluang untuk calon mahasiswa baru mengikuti program D-3. `'Ada enam fakultas dan 22 program studi/jurusan diploma III. Ujian Mandiri D-3 adalah salah satu pintu masuk ke program diploma III Undip dengan menggunakan seleksi ujian tertulis,'' tuturnya. Dia mengatakan, program ini memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang tidak diterima di jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun UM S-1. Jenjang diploma memiliki perbedaan dengan jenjang sarjana. Diploma mempunyai kelebihan, karena dipersiapkan untuk terjun langsung ke dunia kerja. Lulusan D-3 tidak mendapat proporsi praktik 60% - 65%, sehingga setelah lulus diharapkan bisa bersaing di pasar kerja.

...dst

6 ) Trisakti Mau Jadi Negeri? Intip Dulu Syaratnya

Sabtu, 13 Juli 2013 12:22 wib
JAKARTA - Perlu adanya campur tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta lembaga lain, untuk menyelesaikan masalah sengketa lahan yang melanda Universitas Trisakti. Persoalan yang kembali mengemuka ini harus secepatnya diselesaikan, jangan sampai berlarut-larut. "Ada syarat yang harus dipenuhi sebuah perguruan tinggi swasta ketika berubah status menjadi negeri. Ya syaratnya pun terdiri dari syarat normatif maupun non normatif," kata Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djundjunan, dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Sabtu (13/7/2013). Begitupula dengan kasus sengketa yang melanda Universitas Trisakti. Dia menyarankan, apabila universitas tersebut hendak berubah status menjadi negeri, maka masalah-masalah yang mengganjal selama ini harus diselesaikan terlebih dahulu. Popong menilai, untuk menyelesaikan masalah tersebut harus ada pula perhatian dari Kemendikbud)dan lembaga lainnya. Sebab, apabila tidak diseriusi akan berimbas pada telantarnya kegiatan pendidikan di kampus tersebut. "Kasihan kan mahasiswa kalau sampai jadi korban. Mereka (mahasiswa) hanya akan menjadi korban dari kebijakan yayasan dan universitas yang tidak mau mengalah," tegasnya.

...dst

7 ) Empat Saksi Diperiksa untuk Tersangka Korupsi UI

Kamis, 11 Juli 2013 | 13:22 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan empat orang dari pihak swasta sebagai saksi terkait perkara dugaan korupsi dalam pengadaan instalasi teknologi informasi di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Kamis (11/7). Keempat saksi tersebut ialah Dery Sukma, Dedi Abdul Rahmat, Rizky Ananda, dan Agung Novian Arda. "Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TN," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi Priharsa Nugraha di Gedung KPK, Kamis (11/7) siang. Wakil Rektor UI Tafsir Nurhamid (TN) ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dan instalasi perpustakaan pusat UI tahun anggaran 2010-2011. TN selaku wakil rektor di bidang SDM, keuangan, dan administrasi diduga menggelembungkan anggaran proyek yang menyebabkan kerugian negara. Total nilai proyek itu mencapai Rp 21 miliar. Dia diduga melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan indikasi kerugian negara sebesar Rp35 miliar dalam pengadaan TI di perpustakaan baru UI. Sebelumnya, penyelidikan perkara dugaan korupsi TI UI merupakan tindak lanjut dari laporan kelompok akademisi yang tergabung dalam Save UI. Mereka telah melaporkan serta menyerahkan bukti-bukti dugaan korupsi pada proyek bernilai Rp21 miliar tersebut.

...dst

8 ) K Akan Bicara soal Masjid dan Teknologi di ITB

Minggu, 14 Juli 2013 | 07:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla (JK), akan menjadi pembicara dalam acara talkshow Ramadhan di Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (14/7/2013) pagi. Talkshow akan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen ITB, yang berjumlah sekitar 500 orang. "Dialog yang digelar seputar kebangsaan dan kenegarawanan, di antaranya soal loudspeaker masjid yang terlalu keras, kemakmuran serta pemakmuran masjid, dan kegiatan lainnya seperti pinjaman syariah bagi jemaah masjid," terang media officer Jusuf Kalla, Husain Abdullah, di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (14/7/2013). Menurut Husain, dialog dengan tema-tema seperti itu rutin dilakukan Kalla selama ini di berbagai tempat.

...dst

9 ) Insiden LP Tanjung Gusta Jadikan Indonesia "Mendunia"
http://nasional.kompas.com/read/2013/07/13/1934182/Insiden.LP.Tanjung.Gusta.Jadikan.Indonesia.Mendunia.
  
Sabtu, 13 Juli 2013 | 19:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai media internasional ikut menyoroti insiden kekacauan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan. Sebagaimana yang dimuat oleh harian New York Times, koran tersebut dengan panjang lebar mengulas insiden tersebut. Pada edisi cetak yang terbit hari ini, Sabtu (13/7/2013) di halaman A8, koran ini menuliskan kerusuhan yang dipicu matinya aliran listrik dan air itu mengganggu kekhusyukan umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa. New York Times juga mengutip penilaian pengamat, bahwa penyebab lain yang lebih mendasar adalah buruknya pengelolaan lembaga pemasyarakatan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Sementara itu, BBC juga ikut menyorot kasus ini, dan bahkan meng-up date berita berdasarkan perkembangan yang terjadi di lapangan. Kali ini, BBC mengutip juru bicara Polda Sumatra Utara, Heru Prakoso, yang mengatakan bahwa para penghuni LP menjadi marah karena listrik dan air tidak tersedia.

Tidak ada komentar: