Cari Blog Ini

Minggu, Januari 15, 2012

1 ) Wamendag Buka Seminar Internasional di ITB

Minggu, 15 Januari 2012 | 09:47 WIB
BANDUNG, - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Minggu (15/1/2012), hadir di Institut Teknologi Bandung untuk membuka seminar internasional yang diselenggarakan dalam rangka kompetisi internasional teknik industri (IECOM). Bayu menjadi pembicara utama dalam seminar internasional bertajuk "Strenghtening the Industrial Sector Based on Lean Thinking as a Platform for Technological Integration and Innovation." Seminar ini juga diikuti mahasiswa dari lima perguruan tinggi asal Filipina dan Thailand.

...dst

2 ) Bimasakti UGM Berlaga Lagi di Kompetisi Dunia

Sabtu, 14 Januari 2012 10:03 wib
JAKARTA - Mobil formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan kembali ikut serta dalam kompetisi The 10th Student Formula SAE Competition of Japan di Aino City, Shizuoka-ken, Jepang pada 3-7 September 2012. Karena merupakan partisipasi kedua kali, maka tim Bimasakti menambah kemampuan mobil formula tersebut melalui berbagai modifikasi. Salah satunya dengan menambah kapasitas mesin, dari 322 cc menjadi 600 cc. "Minimal kapasitas mesin bisa menyamai tim negara lain," kata ketua tim Bimasakti, Akmal Irfan Majid seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (14/1/2012). Selain memperbaharui mesin, tim Bimasakti yang beranggotakan 23 orang ini juga melakukan penambahan hasil rancangan dan performa kendaraan, terutama untuk desain rangka, sistem kopling dan persneling. "Ada modifikasi yang lebih baik karena kita belajar dari pengalaman dalam keikutsertaan yang lalu," katanya.

...dst

3 ) Kompetisi Universitas Asia Tenggara Garap Bandara yang Padat

Sabtu, 14 Januari 2012 | 11:47 WIB
BANDUNG, - Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung menggelar kompetisi internasional teknik industri (IECOM) ke-5 yang digelar sejak 14-20 Januari. Selain 10 universitas dari Indonesia, kompetisi ini juga diikuti lima universitas dari Filipina maupun Thailand. Yang menarik, subyek yang dilombakan dalam kompetisi ini adalah perusahaan jasa yakni PT XL Axiata serta PT Angkasa Pura II. Pasalnya, hingga kini citra jurusan teknik industri lekat dengan sektor manufaktur. "Kompetisi ini adalah pembuktian bahwa jurusan teknik industri juga kapabel dan kompeten untuk menangani sektor jasa. Bedanya, kami memulai dari desain dan perencanaan," kata Ketua Jurusan Teknik Industri ITB, Ari Samadhi, Sabtu (14/1/2012).

...dst

4 ) 16 tim robot bertarung di Unhas

Sabtu, 14 Januari 2012 17:50 WIB 
Makassar  - Sebanyak 16 tim robot mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Pulau Sulawesi bertarung dalam babak penyisihan "Celebes Robot Kontes 2012" di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sabtu. Di hari pertama kompetisi ketangkasan robot di gedung Pusat Kegiatan dan Penelitian (PKP), penyelenggara dari Organisasi Kemahasiswaan Jurusan Elektro (Okje) Fakultas Tekhnik Unhas mempertandingkan 60 lebih partai yang terbagi dalam empat grup.
Grup A diisi Robo Red dari Politeknik Negeri Ujungpandang (PNPU) Jurusan Elektro, Law 02 Team Politeknik Palu, Robotron 02 Universitas Negeri Makassar (UNM) Elektronika, Cokstro Elektro Unhas, DRC Child STMIK Dipanegara Makassar. Untuk grup B terdiri atas, TTR Promeru STMIK Dipanegara, Alpha Team Politeknik Palu, Robotron 1 UNM Jurusan Elektronika, Pataba Part 2 Tadulako, Robo Black PNUP Elektro.

...dst

5 ) UMS Wisuda 151 Mahasiswa Pascasarjana  

Sunday, 15 January 2012
SOLO – Sebanyak 151 mahasiswa dan mahasiswi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) diwisuda kemarin. Direktur Pascasarjana UMS Prof Dr Khudzaifah Dimyati, menyampaikan wisudaperiode I Tahun 2012 kali ini UMS diikuti oleh 151 orang. Terdiri dari 8 orang program studi (Prodi) Pemikiran Islam, 19 orang Prodi Magister Manajemen, 95 orang Prodi Manajemen Pendidikan,9 orang Prodi Ilmu Hukum, 2 orang Prodi Teknik Sipil, 12 orang Prodi Pengkajian Bahasa, dan 6 orang Prodi Sains Psikologi. Adapun lulusan yang mendapat predikat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi,dari Prodi Pemikiran Islam diraih oleh Muhammad Isa Anshory dengan IPK 3,67, Prodi Magister Manajemen diraih oleh Heni Susilowati dengan IPK 3,77, Prodi Manajemen Pendidikan diraih oleh Ratna Desy Natalia dengan IPK 3,73. 

...dst

6 ) 60 mahasiswa Jatim siap bantu korban bencana

Sabtu, 14 Januari 2012 13:20 WIB
Surabaya - Sebanyak 60 mahasiswa dari 30 universitas Jawa Timur siap membantu korban bencana di seluruh daerah, karena mereka sudah dilatih menjadi "Mahagana" (mahasiswa tanggap bencana).
"Kami sudah dilatih tim Basarnas dan Dinas Sosial Jatim di Tretes pada 14-16 Desember 2011," kata Menteri Humas BEM Unair Surabaya, David Furiangga, kepada ANTARA di Surabaya, Sabtu. Dalam pelatihan itu, kata mahasiswa FKM Unair itu, puluhan relawan Mahagana itu juga menunjuk Mahagana dari Unair sebagai koordinator Mahagana 2012 dan tahun berikutnya akan dipilih lagi. "Pelatihan di Tretes itu merupakan pelatihan tanggap bencana yang kedua, karena tahun lalu sudah dilatih tanggap bencana longsor, sedangkan di Tretes itu pelatihan tanggap bencana terkait penyelamatan hutan," katanya.

...dst

7 ) Wartawan senior jadi PR II UMP

Sabtu, 14 Januari 2012 18:50 WIB
Palangka Raya  - Wartawan senior dari Kantor Berita ANTARA dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), HM Yusuf S.Sos, M.Ap dilantik menjadi Pembantu Rektor (PR) II Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP), Kalimantan Tengah (Kalteng), Sabtu. Pelantikan tersebut berlangsung dalam Rapat Kerja Wilayah Majelis Kader serta Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pengurus Muhammadiyah Wilayah Kalteng, yang sekaligus juga melantik PR I, II dan III UMP. Pembantu Rektor I yang juga turut dilantik adalah Drs H Supardi, M.Pd, sedangkan PR III dijabat Dr Sunedi, M.Pd, yang kegiatannya disaksikan Wakil Gubernur Kalteng, Achmad Diran. Rektor UMP, Bulkani, mengatakan bahwa tiga figur yang dilantik tersebut merupakan salah satu kader terbaik yang dimiliki oleh Muhammadiyah sehingga dituntut untuk membawa perubahan yang baik dalam pendidikan di Universitas Muhammadiyah.

...dst

8 ) Eka Tjipta Foundation Perkuat Pendidikan Humaniora 

Sabtu, 14 Januari 2012 | 22:27 WIB
YOGYAKARTA,  -  Pura Pakualaman meluncurkan buku Warnasari Sistem Budaya Kadipaten Pakualaman Yogyakarta dalam acara yang dihadiri para mitra mereka di Bangsal Sewatama. Satu di antaranya adalah Eka Tjipta Foundation yang diwakili oleh Ketua Umum Eka Tjipta Foundation G. Sulistiyanto. Buku ini adalah wahana pendidikan sejarah dan humaniora, dalam hal ini terkait dinamika dan perkembangan Pura Pakualaman yang jika tidak didokumentasikan dengan baik, berpotensi untuk terlupakan dan hilang. "Itu sebabnya kami merasa terpanggil untuk terlibat memberikan dukungan," ujar G. Sulistiyanto di sela acara yang dibuka oleh KGPAA Paku Alam IX dengan didampingi para keluarga kerabat Keraton lainnya di Yogyakarta, Sabtu (14/1/2012).

...dst

9 ) Soal SMK, Pemerintah Diminta Tidak Latah

Sabtu, 14 Januari 2012 | 14:51 WIB
JAKARTA,  - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Rohmani meminta pemerintah tidak latah menyikapi hasil rakitan sekolah menengah kejuruan (SMK). Beberapa pekan belakangan, karya para siswa SMK memang tengah mendapatkan apresiasi, sejak Wali Kota Solo Joko Widodo memperkenalkan Kiat Esemka yang dirakit siswa SMK di Solo. Rohmani mengatakan, perhatian dan dukungan yang diberikan harus proporsional. "Kita mendukung SMK diperhatikan dan dikembangkan. Tapi, semuanya harus proporsional dan didukung perencanaan yang baik," kata Rohmani, Sabtu (14/1/2012), di Jakarta, seperti dikutip Antara. Ia menilai, sikap yang diberikan pemerintah menyikapi karya siswa SMK tidak proporsional. Perhatian dan kepedulian yang diberikan, menurutnya, karena terbawa arus opini publik.

...dst

10 ) Esemka-BUMN Belum Siap, Mobnas Dikaji Lagi  

Sunday, 15 January 2012
MADIUN – Pertemuan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di PT Industri Nasional Kereta Api (INKA) belum menghasilkan apa-apa bagi mobil nasional (mobnas). Alhasil, mobil Esemka yang digadang-gadang sebagai cikal bakal mobil nasional tampaknya layu sebelum berkembang. "Kalau mau buat mobil, tinggal beli saja daripada memproduksi semua suku cadang yang justru belum tentu menguntungkan," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Madiun, kemarin. Menurut Dahlan, BUMNBUMN yang bisa disinergikan belum memiliki kemampuan untuk menghasilkan sebuah industri mobil. Untuk sekadar membuat sebuah mobil di masa sekarang,sebenarnya bukan hal yang sulit.Ketersediaan suku cadang sudah sangat banyak, di dalam maupun luar negeri." Kalau memproduksi itu gampang. PT INKA bisa kok, termasuk membuat mesin" ungkapnya. 

...dst

11 ) Miras Renggut Nyawa 2,5 Juta Penduduk

Sabtu, 14 Januari 2012 , 16:08:00
JAKARTA - Kontroversi evaluasi terhadap sembilan perda miras mendapat tanggapan dari Dr.dr.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB. Mengutip catatan World Health Organization (WHO) pada tahun 2011, Ari menyebut 2,5 juta penduduk dunia meninggal akibat alkohol dan 9 persen kematian tersebut terjadi pada orang muda, yakni usia 15-29 tahun. Ari menganalisis aktor pendorong kenapa seseorang minum minuman alkohol. Antara lain karena alasan menjaga hubungan baik dengan relasi, baik untuk acara jamuan makan malam atau pesta. Alasan lain, minum alkohol untuk menghangatkan badan apalagi didalam musim penghujan saat ini.  Minum alkohol, katanya, juga untuk alasan lebih rileks dan melupakan beban berat atas permasalahan yang sedang dihadapi. Bahkan, untuk sebagian orang yang memang merasa rendah diri, dengan minum alkohol merasa dirinya menjadi lebih berharga dan sedikit lebih "berani". Buat sebagian anak muda alkohol sebagai pelarian karena menghadapi frustasi dalam kehidupan sehari-hari baik karena masalah pendidikan, masalah keluarga (Broken Home), karena pekerjaan dan masalah sosial lain dalam kehidupan bermasyarakat. "Minum alkohol bisa melupakan beban hidup sesaat dan tentu sifatnya semu belaka," kata Ari seperti dalam penjelasannya yang disampaikan kepada wartawan, Sabtu (14/1). 

...dst

12 ) Biayai Kuliah dari Hobi Menulis  

Sunday, 15 January 2012
SELAIN menjadi sutradara film, Tonny Trimarsanto ternyata memiliki bakat lain,yakni menulis. Pria kelahiran Klaten, 21 Oktober 1970 itu gemar menulis artikel di berbagai surat kabar dan majalah. Hal yang dikemukakan beragam mulai dari isu di televisi, budaya pop,opini hingga resensifilm." Hasildarimenulisitu dapat dipakai untuk membiayai kuliah. Selain itu, dia juga suka memotret," ujar Tonny sapaan akrab TonnyTrimarsanto. Honor yang didapatkan bervariasi antara Rp75.000- 225.000. Hobi menulis yang dilakukan sejak SMA itu sebenarnya tetap dilanjutkan meski telah berprofesi sebagai sutradara film.Tulisan mengenai seputar film ini dituangkan dan dikemas ke dalam bentuk buku.Sudah empat buku seputar film yang dibuat di antaranya berjudulRenita,Renitadan Pemula dalam film dokumenter gampang gampang susah. Hobi lainnya yang dilakukan sejak SMA adalah membuat gambar karikatur. 

...dst

13 ) Tonny Trimarsanto, Sutradara Film Dokumenter Asal Klaten-Advokasi Isu Sosial lewat Rol Kamera  

Sunday, 15 January 2012 
Nama Tonny Trimarsanto memang tidak setenar Garin Nugroho. Namun pria yang menggeluti profesi sebagai sutradara film dokumenter ini telah meraih berbagai penghargaan di kancah internasional. Segudang prestasi bergengsi berhasil diraih Tonny Trimarsanto saat bergelut di bidang film.Antara lain Best Art Director di Festival Film Kine Klub untuk film Daun di Atas Bantal karya Garin Nugroho, Best Film dan Best Picture dari film Gerabah Plastik di Festival Film Dokumenter (FFD) 2002, penghargaan Excellence Award dari film Tanah Impian di 12thEarth Vision International Film Festival 2003 Tokyo, Best Short Asia Film dari film Renita Renitadi 9th Cinemanila International Film Festival 2007 di Philipina. Berikut petikan wawancara SINDO dengan Tonny: 

...dst

14 ) Andrea Hirata tekankan riset bagi penulis pemula

Sabtu, 14 Januari 2012 19:04 WIB
Jakarta - Novelis terkemuka Indonesia, Andrea Hirata, menekankan pesan kepada penulis pemula untuk memperbanyak riset agar bisa menghasilkan sebuah karya yang menarik. "Tidak peduli mau mengangkat tema apa, atau mau ditujukan kepada anak-anak, remaja ataupun dewasa yang paling terpenting adalah melakukan riset sebanyak-banyaknya," katanya di Jakarta, Sabtu. Penulis yang namanya melejit berkat novel "Laskar Pelangi" itu mengatakan, terbiasa melakukan riset menulis. Contohnya, dia melakukan riset selama 3,5 tahun dan menuliskannya selama tiga minggu ketika menulis novel dwilogi "Padang Bulan dan Cinta Dalam Gelas".

...dst

15 ) Wamenpan & RB : Banyak APBD Tidak Pro Rakyat

Sabtu, 14 Januari 2012 , 23:23:00
JAKARTA - Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) harus bersumber dari hasil musrembang (musyawarah perencanaan pembangunan) di tingkat kelurahan. Pasalnya, banyak daerah yang RAPBD-nya disusun tanpa memperhatikan kebutuhan riil masyarakat di lapangan. "Banyak APBD yang ditetapkan tidak pro masyarakat. Itu kenapa? Karena perencanaannya bukan mewakili aspirasi masyarakat bawah, tapi lebih pada kepentingan elit politik maupun pejabat," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di Jakarta, Sabtu (14/1). Wajar saja kemudian, anggaran habis tapi hasil (outcome) tidak dirasakan masyarakat. Seharusnya, lanjut Eko Prasojo, musrembang dibicarakan di tingkat kelurahan, kemudian hasilnya dibawa ke tingkat kecamatan, dan terakhir di pemkot/pemkab. Hasil dari musrembang itu menjadi bahan RAPBD yang akan dibahas dengan DPRD dan selanjutnya disahkan menjadi APBD.

...dst

16 ) Reformasi Birokrasi di Daerah tak Sesuai Standar Nasional

Minggu, 15 Januari 2012 , 00:13:00
JAKARTA - Reformasi birokrasi di daerah yang sudah dimulai sejak 2011, kini semakin dimantapkan. Pemerintah daerah pun diminta secepatnya menyusun Perda (peraturan daerah) yang berkaitan dengan publik. Lantaran salah satu indikator dari berhasilnya pelaksanaan reformasi adalah tingkat layanan publik yang maksimal kepada masyarakat. "Percepatan reformasi birokrasi di daerah harus didukung oleh seluruh stakeholder di daerah juga. Kemenpan & RB pun terus mendorong agar pemda segera membuat Perda yang berhubungan dengan publik. Contohnya pelayanan pengurusan akte kelahiran, KTP, dan lain-lain," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di Jakarta, Sabtu (14/1).
Dia menyebut, banyak daerah sebenarnya sudah melakukan reformasi birokrasi meski standarnya belum sesuai grand design dan roadmap nasional. Sebagai imbalan terhadap pengetatan kinerja itu, pemda pun membelakukan tunjangan daerah.

...dst

17 ) Perda Pendidikan Terancam Mubah

Sabtu, 14 Januari 2012 , 10:27:00
PURBALINGGA–Munculnya Peraturan Menteri (Permen) nomor 60 tahun 2011 tentang larangan pungutan di tingkat SD dan SMP, membuat Perda Penyelenggaraan Pendidikan, yang baru saja ditetapkan DPRD Purbalingga teracam mubah alias tidak bisa dilaksanakan. Terdapat pertentangan di dua peraturan perundangan itu. Dalam Perda penyelenggaraan pendidikan disebutkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga masih mengizinkan pungutan yang dilakukan sekolah. Sedangkan, Permen melarang adanya pungutan karena jumlah dana BOS yang diberikan naik.

...dst

18 ) Aceh Belum Terima Edaran Wajib Toefl Bagi PNS

Sabtu, 14 Januari 2012 18:31 WIB
Banda Aceh, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh hingga kini belum menerima edaran dari Kementrian Perdagangan mengenai kewajiban Test of English as a Foreign Language (TOEFL) mencapai 600 bagi pegawai negeri sipil di lingkungan instansi itu.
"Tak ada itu, belum ada edaran bahwa PNS Disperindagkop dan UKM Aceh wajib memiliki sertifikat telah lulus tes TOEFL 600, saya yakin jika itu diterapkan di lingkungan dinas maka semua PNS di instansi ini tidak ada yang lulus uji," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Disperindagkop dan UKM Aceh Nurdin di Banda Aceh, Sabtu, (14/1). Dijelaskannya, hingga saat ini program yang dicanangkan oleh Kemendag terkait dengan adanya kewajiban PNS di lingkungan instansi tersebut untuk memiliki nilai TOEFL 600 adalah sesuatu hal yang tak mungkin dilakukan dan diterapkan saat ini. "Jangankan untuk PNS golongan bawah, pejabat eselon aja belum tentu dapat lulus dengan nilai TOEFL setinggi itu," tukasnya.

...dst

19 ) Disbudpar Garut: Piramida di Gunung Sadahurip Bohong!

Minggu, 15/01/2012 01:44 WIB
Garut - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut memastikan kabar keberadaan piramida di gunung Sadahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tidak benar. Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan penelitian. Kasi Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Garut, Warjita, mengatakan petunjuk yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian di gunung Sadahurip hanyalah berdasarkan petunjuk paranormal, bukan petunjuk ilmiah. Sebelumnya, di gunung itu diyakini terdapat piramida peninggalan masa prasejarah yang usianya melebihi piramida Giza. "Itu bohong, para peneliti melakukan penelitian atas pentujuk paranormal dan hal-hal gaib," ujar Warjita di Garut, Sabtu (14/1/2012) malam kepada wartawan

...dst

Tidak ada komentar: